Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 22

Pengusaha Dawood: Tragedi Kapal Titan di Laut

0
pengusaha

Kisah keluarga pengusaha Dawood adalah cerita sukses, inovasi, dan tragedi. Keluarga ini membangun Engro Corporation menjadi salah satu konglomerat terbesar di Pakistan, namun telah mengalami kehilangan tragis karena kecelakaan kapal selam Titan. Artikel ini akan mengulas sejarah keluarga, jejak bisnis dan filantropi Shahzada Dawood dan Hussain Dawood, serta detail tragis kecelakaan yang merenggut hidup Shahzada dan putranya, Suleman Dawood. Dilansir dari BBC, TheNews, DailyMail, berikut pembahasan selengkapnya. Mari kita simak.

pengusaha

Tentang Keluarga Pengusaha Dawood

Keluarga Dawood dikenal sebagai salah satu dari 22 keluarga terkaya di Pakistan. Shahzada Dawood, wakil ketua konglomerat besar Pakistan, Engro Corporation, dan putranya, Suleman Dawood, merupakan anggota penting dari keluarga ini. Tragisnya, mereka berdua tewas dalam kecelakaan kapal selam Titan saat melihat reruntuhan kapal Titanic di lautan Newfoundland, Kanada.

Pengusaha berusia 49 tahun ini, yang merupakan wakil ketua konglomerat besar Pakistan, Engro Corporation, dan putranya adalah salah satu dari lima awak kapal yang berada di kapal nahas tersebut. Kapal yang dimiliki oleh OceanGate Expeditions ini meledak di bawah air di Samudra Atlantik Utara, seperti yang dikonfirmasi oleh Penjaga Pantai Amerika Serikat sehari sebelumnya.

Titan pertama kali dilaporkan hilang pada hari Minggu 18 Juni 2023, ketika hilang kontak sekitar satu jam dan 45 menit setelah menyelam, sekitar 300 mil dari pantai pulau Newfoundland, Kanada.

Hari-hari berikutnya adalah operasi pencarian massal dengan tim penyelamat dari seluruh dunia mencari kapal selam tersebut. Kapal selam tersebut ditemukan di dasar laut pada hari Kamis 22 Juni 2023, sekitar 1.600 kaki (487 meter) dari haluan kapal Titanic.

Jejak Pengusaha Shahzada Dawood di Dunia Bisnis dan Filantropi

Shahzada Dawood, putra dari Hussain Dawood, adalah seorang figur terkemuka dalam bisnis Pakistan yang juga dikenal atas kontribusinya dalam berbagai bidang seperti pendidikan dan filantropi. Shahzada mendapatkan gelar MSc di bidang Pemasaran Tekstil dari Universitas Philadelphia dan Sarjana Hukum dari Universitas Buckingham di Inggris.

Sebagai bagian dari Engro Corporation, sebuah perusahaan pupuk besar di Pakistan sejak tahun 2003, Shahzada berperan penting dalam pertumbuhan dan inovasi berbagai perusahaan terbuka di sektor tekstil, pupuk, makanan, dan energi. Pengusaha ini juga dikenal sebagai pelopor dalam mengadvokasi jaringan dan koneksi internasional yang penting, menjadikan Engro sebagai perusahaan Pakistan pertama yang menandatangani perjanjian di bawah naungan Dewan Bisnis Internasional Forum Ekonomi Dunia (WEF).

Sebagai wakil ketua Engro Corporation, Shahzada berperan penting dalam mendorong merger dan akuisisi untuk menciptakan peluang pertumbuhan. Beliau telah menjadi pelopor dalam mengadvokasi pelembagaan jaringan dan koneksi internasional yang penting. Shahzada juga memimpin delegasi Engro ke forum Global Plastic Action Partnership (GPAP), yang mempromosikan ekonomi sirkular.

Selain perannya di Engro, ia juga menjabat sebagai wali amanat di dewan Dawood Foundation. Ia juga merupakan anggota Dewan Penasihat Global Prince Trust International, sebuah organisasi yang didirikan oleh Raja Charles III. Beliau bekerja dengan Dawood Foundation milik keluarganya, serta SETI Institute, sebuah organisasi penelitian yang berbasis di California.

pengusaha

Jejak Ayahanda Pengusaha Hussain Dawood di Dunia Bisnis dan Filantropi

Hussain Dawood, ayah Shahzada, adalah ketua Dawood Foundation, yang berfokus pada promosi pendidikan dan merupakan kepala Engro Corporation dan Dawood Hercules Group. Sebagai tokoh utama dalam grup ini, dia telah mendorong investasi Dawood Hercules Group sejak tahun 2002, terutama di bidang sains dan teknologi, teknik, seni, dan matematika. Hussain Dawood juga telah memainkan peran penting dalam pengembangan sektor kesehatan lokal dan terlibat dalam berbagai institusi seperti Karachi Education Initiative (KEI) dan Islamabad Policy Research Institute (IPRI). Komitmennya terhadap pengembangan manusia tercermin dalam perannya sebagai pendiri dan ketua dewan gubernur Karachi School of Business and Leadership (KSBL).

Semua anggota keluarga Dawood – termasuk Hussain yang diakui oleh dunia atas jasa-jasa nasionalnya – telah berpartisipasi secara aktif di tengah-tengah tantangan yang muncul akibat COVID-19 di seluruh dunia.

Pemerintah Italia menganugerahi Hussain dengan Ordine al Merito della Repubblica Italiana. Ia meraih gelar Master of Business Administration (MBA) dari Northwestern University’s Kellogg School of Management, di Amerika Serikat serta gelar pascasarjana di bidang studi meteorologi dari Sheffield University di Inggris.

Pengusaha Shahzada Dawood: Seorang Ayah yang Tidak Akan Membahayakan Keluarganya

Seorang teman dekat Shahzada Dawood menegaskan bahwa Shahzada tidak akan pernah membahayakan putranya dengan pergi dengan kapal selam Titan jika dia mengetahui adanya dugaan masalah keamanan. Menurut teman tersebut, Richard Hawkes, Shahzada sangat mencintai keluarganya dan anak-anak sangat menyukainya. Tragedi ini adalah sebuah kejutan yang tidak terduga bagi semua orang yang mengenal Shahzada.

Hawkes mengenal Dawood, yang tinggal di Surbiton, London barat daya, melalui British Asian Trust (BAT), di mana Hawkes adalah kepala eksekutifnya. Hawkes ingat pertemuan pertamanya dengan Dawood, karena pertemuan itu menurutnya berbeda dengan saat pertama kali bertemu dengan orang lain. Mereka berbicara hal-hal menarik, termasuk tentang pekerjaan British Asian Trust. Dawood benar-benar ingin tahu soal itu.

“Setiap kali saya bertemu dengannya, kami akan berbincang-bincang tentang berbagai aspek sejarah, berbagai hal yang terjadi di dunia – dia adalah salah satu orang yang menarik yang dapat Anda ajak bicara tentang hampir semua hal dan dia memiliki pengetahuan tentang hal itu.”

“Keluarga ini telah sukses, tetapi mereka sangat dermawan. Mereka mendukung berbagai kegiatan amal dan pengembangan. Mereka benar-benar ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik,” kata Hawkes.

Tragedi Kapal Selam Titan: Kehilangan yang Menyayat Hati

Berikut adalah informasi mengenai tiga orang lainnya yang berada di atas kapal wisata selam Titan, yang hilang dalam pelayaran menuju bangkai kapal Titanic di lepas pantai Kanada.

Stockton Rush

Stockton Rush adalah kepala eksekutif dan pendiri OceanGate Expeditions. Dia awalnya dilatih sebagai pilot dan menjadi pilot dengan peringkat transportasi jet termuda di dunia pada usia 19 tahun di tahun 1981. Selain berkarir sebagai pilot, Rush juga dikenal sebagai penjelajah dan ilmuwan kelautan yang mengawasi pengembangan sejumlah perusahaan dan penemuan.

Salah satu komentar tentang Rush datang dari Oisin Fanning: “Stockton Rush dan Paul-Henri Nargeolet bukan orang yang baru pertama kali melakukan perjalanan, mereka adalah orang-orang yang sangat profesional.”

Setelah mendirikan OceanGate pada tahun 2009, Rush telah memimpin ekspedisi berawak ke lokasi samudra terpencil termasuk Titanic.

Menurut biografi Ocean Gate, Rush membangun pesawatnya sendiri, yang ia terbangkan sendiri, dan telah melakukan lebih dari 30 kali penyelaman dengan kapal selam yang dimodifikasi untuk dua orang.

Dia mengatakan kepada Sky News pada bulan Februari bahwa dia terpukau dengan betapa “indahnya” Titanic pada kunjungan sebelumnya.

Rush berkata: “Yang benar-benar mengejutkan Anda adalah betapa indahnya kapal ini. Anda biasanya tidak melihat hal itu di kapal karam.

 “Ini adalah bangkai kapal yang luar biasa indah.”

Paul-Henri Nargeolet

Paul-Henri Nargeolet adalah seorang mantan komandan angkatan laut Prancis yang telah menjabat selama 25 tahun dan pilot kapal selam asal Prancis. Nargeolet telah memimpin pengambilan barang-barang dari kapal Titanic dalam berbagai ekspedisi dan dikenal sebagai “pilot operator kapal selam yang sangat cakap”.

Tahun lalu, Nargeolet menerbitkan sebuah buku di Prancis tentang pengalamannya dengan Titanic yang berjudul Dans Les Profondeurs Du Titanic (Di Kedalaman Titanic).

Dalam sebuah wawancara dengan Irish Examiner pada tahun 2019, ia mengatakan: “Jika Anda berada di kedalaman 11 meter atau 11 kilometer, jika sesuatu yang buruk terjadi, hasilnya akan sama.

“Ketika berada di air yang sangat dalam, Anda akan mati sebelum menyadari bahwa ada sesuatu yang salah, jadi itu bukan masalah.”

Hamish Harding

Hamish Harding adalah seorang miliarder dan pilot asal Inggris yang berbagi di akun Instagram-nya bahwa ia telah bergabung dengan ekspedisi OceanGate sebagai “spesialis misi”. Harding dikenal sebagai penjelajah dunia dan pemegang beberapa rekor dunia Guinness, termasuk mengelilingi bumi tercepat melalui Kutub Utara dan Selatan dengan pesawat terbang.

Pada Maret 2021, ia dianugerahi rekor untuk waktu terlama melintasi bagian terdalam samudra dalam satu kali penyelaman, bersama Victor Vescovo, yaitu empat jam 15 menit di dasar laut Challenger Deep di Samudra Pasifik bagian barat.

Dia mengatakan bahwa dia sering membawa putranya, Giles, dalam perjalanan-perjalanan termasuk perjalanan yang memecahkan rekor dunia ke Kutub Selatan saat Giles, yang berusia 12 tahun, menjadi orang termuda yang pernah mengunjunginya.

Tahun lalu, ia juga ikut serta dalam penerbangan luar angkasa manusia kelima yang dilakukan oleh perusahaan kedirgantaraan Jeff Bezos, Blue Origin, menurut Sky News.

Kesimpulan

Tragedi kapal selam Titan telah merenggut nyawa anggota penting keluarga pengusaha Dawood, namun warisan mereka tetap hidup dalam kontribusi mereka terhadap bisnis dan filantropi di Pakistan. Meski dikenang karena kekayaan dan sukses mereka, keluarga Dawood juga akan diingat karena kontribusi mereka kepada masyarakat dan dedikasi mereka terhadap pembangunan berkelanjutan. Mereka adalah contoh nyata bahwa sukses dan kemakmuran bukan hanya tentang kekayaan material, tetapi juga tentang memberikan kembali kepada masyarakat.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Wirausahawan: Mitos vs Fakta Pengusaha Bisnis!

0
wirausahawan

Sebagai mesin inovasi dan pertumbuhan lapangan kerja, kewirausahaan telah disadari sebagai tulang punggung setiap perekonomian. Namun, ada banyak kesalahpahaman dan mitos tentang wirausahawan dan jalur mereka. Mitos-mitos ini sering kali mendukung ekspektasi yang tidak realistis dan menghalangi orang untuk mengikuti impian kewirausahaan mereka. Dilansir dari entrepreneursdata, berikut pembahasan mitos-mitos dan fakta selengkapnya. Mari disimak!

wirausahawan

1. Wirausahawan Selalu Sukses

Mitos bahwa semua wirausahawan atau pengusaha selalu sukses sering disebarkan dan cukup menyesatkan. Ini dapat membuat harapan yang tidak realistis, mempertimbangkan bahwa banyak bisnis yang tidak berhasil sebelum mencapai tujuannya. Misalnya, Mark Cuban. Ia meraih keberhasilan melalui serangkaian usaha bisnis yang berhasil, mendirikan HDNet, sebuah jaringan televisi. Meskipun mendapat pujian, namun kesulitan menarik pemirsa dan akhirnya dijual ke AXS TV pada 2012. Contoh lainnya Reid Hoffman. Ia mendirikan Pterodactyl, sebuah jaringan sosial online untuk profesional pada awal 2000an. Perusahaan ini kesulitan mencetak pendapatan dan akhirnya ditutup, tetapi dia kemudian menjadi salah satu pendiri LinkedIn.

2. Terlahir dengan Seperangkat Keterampilan Tertentu

Ada banyak pengusaha sukses yang memulai tanpa keunggulan atau keterampilan bawaan. Pengusaha dapat mempelajari dan mengembangkan keterampilan mereka seiring waktu. Misalnya Bill Gates, adalah anak yang pemalu dan introvert yang kesulitan berbicara di depan umum. Oprah Winfrey, memiliki bakat alami untuk berbicara di depan umum, tetapi tidak memiliki keahlian atau pengalaman khusus dalam kewirausahaan ketika memulai karirnya. Brian Chesky, salah satu pendiri Airbnb, tidak memiliki pengalaman di industri perhotelan atau memulai bisnis saat memulai.

3. Hanya Termotivasi Oleh Uang

Banyak pengusaha termotivasi oleh berbagai faktor lainnya seperti keinginan untuk otonomi, semangat untuk pekerjaan mereka, dan keinginan untuk memberikan dampak positif pada dunia. Misalnya Elon Musk, adalah pendiri SpaceX dan Tesla Motors. Blake Mycoskie adalah pendiri TOMS Shoes, dan Anita Roddick adalah pendiri The Body Shop. Semua pengusaha ini telah menghasilkan uang melalui bisnis mereka, tetapi motivasi utama mereka adalah menciptakan perusahaan yang dapat memberikan dampak positif di dunia.

4. Wirausahawan Selalu Menjadi Inovator

Banyak pengusaha sukses membangun bisnis mereka dengan mengambil ide-ide yang sudah ada dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang baru dan kreatif. Misalnya Mark Zuckerberg, memperbaiki model yang sudah ada dengan menciptakan platform yang lebih user-friendly dan lebih menguntungkan dengan Facebook. Jeff Bezos, menciptakan pasar online yang lebih efisien dan mudah diakses daripada toko konvensional. Ray Kroc berinovasi dengan model bisnisnya dengan menciptakan sistem waralaba yang memungkinkan perluasan McDonald’s dengan cepat.

5. Selalu Self-Employed

Banyak pengusaha sukses membangun bisnis mereka sambil bekerja untuk perusahaan lain dan bahkan menciptakan peluang baru di dalam perusahaan tersebut. Contohnya, Apple didirikan oleh Steve Jobs, yang menjabat sebagai CEO selama beberapa tahun sebelum Tim Cook mengambil alih. Cook berperan penting dalam ekspansi dan pengembangan perusahaan, memberikan kontribusi dalam memperluas kehadiran global Apple dan memperkenalkan produk baru. Tony Hsieh, yang memulai karirnya di Microsoft, mengundurkan diri dari posisinya dan memulai bisnisnya sendiri.

6. Selalu Berusia Muda

Banyak pengusaha sukses memulai usahanya di usia yang lebih tua. Ray Kroc, Harland Sanders, Vera Wang, dan Jeff Bezos adalah beberapa contoh. Mereka membuktikan bahwa kewirausahaan tidak terbatas pada generasi muda. Pengalaman dan kebijaksanaan yang dikumpulkan seiring waktu bisa menjadi aset berharga dalam membangun bisnis yang sukses.

7. Selalu Ekstrovert

Banyak pengusaha sukses adalah introvert, merasa lebih nyaman dan produktif dalam lingkungan yang lebih tenang atau lebih terisolasi. Misalnya Bill Gates, dikenal dengan kecintaannya terhadap membaca dan merenung dalam kesendirian. Elon Musk dikenal karena fokus dan dorongannya yang kuat. Sara Blakely, pendiri Spanx, mengatasi kecemasannya dan menjadi salah satu pengusaha paling sukses dalam industri fashion. Mark Zuckerberg lebih suka bekerja secara mandiri atau dalam kelompok kecil.

8. Wirausahawan Selalu Percaya Diri

Pengusaha seperti Howard Schultz dan Arianna Huffington secara terbuka membahas tentang perjuangan mereka melawan keraguan diri. Schultz menghadapi banyak penolakan saat pertama kali mengusulkan ide untuk jaringan kedai kopi di Amerika Serikat. Huffington juga pernah berjuang melawan ketidakpastian dan keraguan diri. Sementara itu, Oprah Winfrey berhasil mengatasi keraguan diri dan membangun kerajaan media. Richard Branson, pendiri Virgin Group, juga berbicara tentang tantangan-tantangan yang dihadapinya sebagai pengusaha, namun ia berhasil menciptakan salah satu bisnis paling sukses di dunia.

9. Selalu Mengambil Risiko

Beberapa pengusaha sukses seperti Warren Buffett, Jeff Bezos, Sara Blakely, dan Bill Gates tidak selalu berani mengambil risiko. Buffett dikenal karena pendekatannya yang berhati-hati dan penelitian yang cermat dalam membuat investasi. Spanx, didirikan oleh Blakely, dibangun secara bertahap dan metodis, bermain aman dengan bereksperimen pada konsep dan produk sebelum memperluas pasarnya. Bill Gates, pendiri Microsoft, juga membangun bisnisnya dengan teliti, mempelajari industri dengan cermat dan melihat prospek pertumbuhannya.

10. Tidak Membutuhkan Pendidikan Formal

Banyak pengusaha sukses seperti Elon Musk, Oprah Winfrey, Mark Zuckerberg, dan Reed Hastings yang memiliki latar belakang pendidikan formal. Winfrey lulus dengan gelar Sarjana Komunikasi dari Tennessee State University. Musk meraih gelar sarjana di bidang Fisika dan Ekonomi dari University of Pennsylvania dan juga Stanford University. Zuckerberg adalah mantan mahasiswa Harvard University dan datang dengan konsep Facebook saat di sana. Reed Hastings, dengan latar belakang pendidikan di bidang komputer dan matematika dari Stanford University dan Bowdoin College, memiliki keahlian yang diperlukan untuk menciptakan layanan streaming sukses.

wirausahawan

11. Memiliki Kendali Penuh Atas Bisnis Mereka

Karena adanya elemen-elemen seperti investor, klien, konsumen, hukum, dan tekanan pasar, pengusaha mungkin tidak memiliki kendali penuh atas bisnis mereka. Sebagai imbalan atas investasi, investor mungkin menyerahkan sebagian kekuasaan. Pelanggan harus memperhatikan saran mereka dan memodifikasi barang atau jasa mereka. Pengusaha harus mematuhi norma atau standar tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Kekuatan pasar seperti persaingan dan tren ekonomi harus diperhitungkan saat membuat keputusan bisnis. Jadi kontrol penuh atas bisnis mereka adalah mitos.

12. Wirausahawan Bekerja Lebih Keras Daripada Orang Lain

Wirausahawan sukses memahami pentingnya faktor-faktor keseimbangan kehidupan kerja, delegasi dan outsourcing, serta efisiensi produktivitas, dan fokus untuk memaksimalkan waktu dan sumber daya mereka untuk menyelesaikan pekerjaan seefektif mungkin. Mark Zuckerberg. CEO Facebook ini dikenal karena etos kerjanya. Dia mengambil waktu istirahat, mengatakan bahwa dia mengambil satu hari libur setiap minggu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-temannya.

13. Melakukan Semuanya Sendiri

Pengusaha sukses memahami pentingnya bekerja dengan tim dan membangun hubungan. Mengalihdayakan tugas kepada penyedia atau kontraktor pihak ketiga dapat membebaskan waktu dan fokus pada tugas-tugas yang lebih tinggi. Mentor dan penasihat dapat memberikan arahan dan dukungan saat wirausahawan memandu tantangan dalam membangun perusahaan. Misalnya Steve Jobs, ia dibimbing oleh mantan eksekutif Intel, Tom Alberg, pada tahun-tahun awal Amazon.

14. Selalu Mencari Hal Besar Berikutnya

Model bisnis yang berkelanjutan, pasar khusus, dan kewirausahaan sosial adalah contoh-contoh wirausahawan yang menemukan kesuksesan dengan berfokus pada sesuatu yang berbeda daripada menciptakan hal besar berikutnya. Sebagai contoh, CEO Patagonia, Yvon Chouinard, telah menciptakan bisnis yang menyeimbangkan tanggung jawab lingkungan dan sosial dengan profitabilitas. Blake Mycoskie, pendiri TOMS Shoes, menciptakan model bisnis yang menyumbangkan sepasang sepatu untuk anak yang membutuhkan untuk setiap pasang sepatu yang dibeli.

15. Memiliki Visi yang Jelas Tentang Tujuan Mereka

Perencanaan yang didorong oleh penemuan menekankan pembelajaran coba-coba untuk meningkatkan tujuan dan taktik dari waktu ke waktu. Perputaran kewirausahaan memerlukan perubahan model bisnis dalam menanggapi umpan balik pelanggan atau situasi yang berkembang. Strategi yang muncul memerlukan penyesuaian tujuan dan rencana dalam menanggapi peluang dan perubahan kondisi pasar. Penyempurnaan tujuan memerlukan permulaan dengan konsep atau tujuan yang luas dan mengasahnya dari waktu ke waktu seiring dengan berkembangnya bisnis dan menghadapi kesulitan-kesulitan baru.

16. Wirausahawan Nyaman Dengan Kegagalan

Tidak semua pengusaha merasa nyaman dengan pemikiran tentang kegagalan. Contohnya adalah dampak emosional, kerugian finansial, rasa malu secara sosial, dan pelajaran yang didapat dari kegagalan. Sebagai contoh, setelah menyelesaikan investigasi post-mortem yang mendetail, Dom Hofmann, pencipta situs jejaring sosial Peach, merasa sulit untuk menentukan penyebab kegagalan startup-nya. Contoh-contoh ini menyoroti nilai dari mengambil risiko, nilai dari pelajaran kegagalan, dan biaya emosional dan finansial dari kegagalan.

17. Memiliki Banyak Pendanaan

Bootstrapping adalah ketika para pengusaha memulai usaha mereka dengan modal kecil atau tanpa modal eksternal. Mereka mempercayai sumber daya yang mereka miliki atau meminjam dana dari teman dan keluarga. Crowdfunding adalah cara yang terkenal bagi pemilik bisnis untuk mengumpulkan uang untuk usaha mereka. Kemitraan strategis melibatkan pembentukan kemitraan strategis dengan perusahaan atau organisasi lain. Metodologi startup ramping, yang menekankan eksperimen dan pengulangan yang cepat, dapat membantu pengusaha menghemat sumber daya mereka dan menguji ide-ide mereka dengan investasi minimal.

18. Wirausahawan Memulai Bisnis Mereka Dari Awal

Pengusaha tidak sering meluncurkan perusahaan mereka dari nol. Salah satu pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak, mendirikan bisnis mereka dengan memanfaatkan sumber daya dan keahlian mereka. Jobs menyumbangkan keahlian bisnis dan pengetahuan pemasarannya. Wozniak membawa pengetahuan teknis dan keahliannya di bidang elektronik. Salah satu pendiri Airbnb adalah Brian Chesky dan Joe Gebbia. Kasur udara pertama kali disewakan oleh mereka kepada para peserta konferensi di San Francisco saat mereka tinggal di rumah mereka. 

19. Fokus Hanya Pada Bisnis Mereka

Pengusaha biasanya memprioritaskan keseimbangan kehidupan kerja dan mengejar minat dan kegiatan di luar bisnis mereka. Kegiatan-kegiatan ini memungkinkan mereka mencapai keseimbangan kehidupan kerja dan memberikan motivasi dan pandangan baru untuk usaha mereka. Hal ini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dalam berwirausaha dan manfaat potensial dari mengejar minat dan aktivitas yang beragam.

20. Wirausahawan Tidak Memiliki Keseimbangan Kehidupan Kerja

Banyak pengusaha sukses yang memprioritaskan keseimbangan kehidupan kerja. Mereka memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan fisik dan emosional. Pengusaha seperti Tony Hsieh, mendiang CEO Zappos, dan Arianna Huffington, pencipta The Huffington Post dan Thrive Global, semuanya telah menerapkan prosedur untuk menjaga kesehatan diri mereka sendiri.  Hal ini menggarisbawahi bahwa menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi tidak hanya mungkin dilakukan, namun juga dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

Kesimpulan

Kewirausahaan adalah elemen penting dalam pertumbuhan ekonomi, namun seringkali terdapat mitos dan kesalahpahaman seputar dunia ini. Mitos bahwa wirausahawan selalu sukses, terlahir dengan seperangkat keterampilan tertentu, hanya termotivasi oleh uang, selalu menjadi inovator, selalu bekerja sendiri, dan selalu berusia muda. Faktanya, banyak pengusaha sukses yang memulai usaha mereka pada usia yang lebih tua, banyak yang introvert, dan banyak yang tidak memiliki pendidikan formal. Selain itu, pengusaha tidak selalu memiliki kendali penuh atas bisnis mereka, tidak selalu bekerja lebih keras daripada orang lain, dan tidak selalu melakukan segalanya sendiri. Mereka juga tidak selalu mencari hal besar berikutnya, tidak selalu memiliki visi yang jelas tentang tujuan mereka, dan tidak selalu nyaman dengan kegagalan. Meski beberapa memulai bisnis mereka dari awal, tidak semua memiliki banyak pendanaan, dan banyak yang memprioritaskan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Elon Musk vs Mark Zuckerberg: Arena UFC atau Pertemuan CEO?

0
elon musk

Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla, bersama Mark Zuckerberg, CEO Meta, kini tampaknya bersiap untuk berhadapan dalam sebuah pertarungan di arena. Meski belum jelas apakah Zuckerberg dan Musk benar-benar serius atau hanya bercanda mengenai pertarungan ini, satu hal yang pasti adalah bahwa publik dan para pakar bela diri tampaknya sangat terbagi dalam memprediksi pemenang potensial. Mengingat keahlian dan kekuatan mereka yang berbeda-beda, pertarungan antara Musk dan Zuckerberg pasti akan menjadi tontonan yang seru. Dilansir dari CNN, Businessinsider, Dailymail, Tempo, berikut pembahasan selengkapnya. Yuk disimak!

elon musk

Perseteruan Miliarder Teknologi

Diskusi mengenai pertarungan antara Zuckerberg dan Musk dimulai ketika Musk, yang merupakan pemilik Twitter, merespons sebuah cuitan tentang Meta yang dilaporkan sedang bersiap merilis pesaing baru Twitter yang disebut ‘Threads’.

Dia merasa sinis tentang ide bahwa dunia akan ‘secara eksklusif berada di bawah kekuasaan Zuck tanpa ada alternatif lain’ – namun kemudian, seorang pengguna Twitter dengan bercanda memperingatkan Musk tentang latihan jiu jitsu yang dijalani Zuckerberg. 

“Saya siap untuk bertanding di arena jika dia mau,” tanggapan tweet Musk.

Zuckerberg segera merespons – dan tampaknya menerima tantangan Musk.

‘Berikan saya lokasi,’ tulis Zuckerberg di Instagram story, menampilkan tangkapan layar tweet Musk beserta dengan respon pengguna lain yang mendesak pemilik Twitter untuk ‘mulai berlatih’.

Menanggapi permintaan lokasi dari Zuckerberg, Elon Musk menyarankan Vegas Octagon. Dia kemudian bercanda tentang kemampuan bertarung dan rutinitas latihannya, menunjukkan bahwa pertarungan itu mungkin tidak serius.

Elon Musk vs. Mark Zuckerberg: Pertarungan di Arena?

“Saya punya gerakan khusus ‘The Walrus’. Saya menyebutnya seperti itu, di mana saya hanya berbaring di atas lawan dan tidak melakukan apa-apa,” salah satu tweet Musk, yang kemudian mengklaim bahwa dia bisa melawan Zuckerberg dengan satu tangan.

Referensi Musk terhadap “Vegas Octagon” – arena di Las Vegas yang menjadi tuan rumah Ultimate Fighting Championship (UFC) – memperkuat dugaan tentang pertarungan potensial antara kedua tokoh bisnis teknologi ini. Meskipun Musk secara fisik lebih besar dari Zuckerberg, namun sang pemimpin Meta ini berlatih jiu-jitsu (seni bela diri asal Brazil) dan memenangkan emas dan perak dalam sebuah turnamen pada bulan Mei. 

Ajang Taruhan: Siapa yang Akan Menang?

Bursa taruhan telah dimulai mengenai hasil potensial dari pertarungan ini. Bandar taruhan Paddy Power berpendapat bahwa pertandingan tidak akan pernah terjadi, namun jika terjadi, keduanya memiliki peluang yang sama untuk menang. Dalam pernyataan mereka, perusahaan Irlandia tersebut mengatakan, “Jika pertarungan ini benar-benar terjadi, dengan sedikit keberuntungan, mereka berdua akan saling mengalahkan satu sama lain.”

Oddspedia, sebuah platform taruhan olahraga, mengumpulkan peluang dari beberapa bandar taruhan yang berbeda, termasuk Bovada, Bet Online dan Ladbrokes, dan menyimpulkan bahwa Zuckerberg memiliki peluang 83% untuk memenangkan pertandingan.

DraftKings, salah satu sportsbook yang lebih dikenal di AS, merinci peluang potensial yang mencantumkan Zuckerberg sebagai favorit di -160, yang berarti Anda harus bertaruh $160 pada CEO Meta untuk memenangkan $100. Sementara itu, Musk terdaftar sebagai underdog +140, yang berarti taruhan $100 pada mantan CEO Twitter untuk menang, akan menghasilkan $140.

“Zuckerberg 12 tahun lebih muda dan telah mengikuti tantangan intensif di mana ia berlari sejauh satu mil, menyelesaikan 100 pull-up, 200 press-up, dan 300 squat, sebelum berlari sejauh satu mil lagi, semuanya sambil mengenakan rompi berbobot 9 kg,” kata Johnny Avello, Direktur Operasi Balap & Olahraga DraftKings dalam sebuah pernyataan.

Elon Musk berusia 51 tahun, sedangkan Mark Zuckerberg 39 tahun.

Bovada, sportsbook online lainnya, memiliki peluang yang sama – hanya saja terbalik. Dalam prediksinya, Musk adalah favorit -150, yang berarti Anda harus bertaruh $150 untuk memenangkan $100, sementara Zuckerberg adalah underdog +110, yang berarti taruhan $100 akan menghasilkan $110.

“Kami dapat menghargai bahwa Zuck memiliki latar belakang BJJ (Brazilian jiu-jitsu), namun di dalam ring kami mungkin akan mengunggulkan Musk sebagai kelas berat,” kata juru bicara Bovada kepada Insider. “Zuck mungkin lebih kuat dan memiliki tinggi badan yang lebih tinggi, namun dengan jangkauan dan latihan sebelumnya, kami lebih menyukai Musk sebagai favorit -150.”

“Agar seorang pemain dapat memenangkan uang dalam jangka panjang pada taruhan -150, mereka harus mengharapkan taruhan tersebut menang lebih dari 60%,” tambah juru bicara tersebut. “Untuk +110 angka itu akan menjadi 47,62%, 7,62% ekstra di atas 100% mewakili kepemilikan rumah atau margin di pasar – berapa persentase uang yang dipertaruhkan yang diharapkan akan dimenangkan jika semua dolar yang dipertaruhkan didistribusikan secara merata relatif terhadap harga pembayarannya.”

Beberapa orang mengatakan bahwa kepala Facebook akan memberikan ‘pukulan Zucker’, sementara yang lain memprediksi bahwa ia akan ‘hancur’ jika bertemu di atas ring dengan Musk yang lebih besar. Meski tidak dapat bertaruh pada pertarungan ini sekarang, Dana White, presiden UFC, telah menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan acara bayar-per-tayang jika Musk dan Zuckerberg serius tentang pertarungan ini.

Elon Musk & Mark Zuckerberg: Perseteruan Masa Lalu

Musk dan Zuckerberg memiliki sejarah perseteruan. Pada tahun 2017, mereka berbeda pendapat secara terbuka mengenai masa depan kecerdasan buatan. Musk cenderung kritis tentang AI, dan beberapa kali memperingatkan tentang bahayanya, sedangkan Zuckerberg memiliki pandangan yang lebih optimis tentang itu. 

Musk menggeser Zuckerberg dari posisi nomor tiga di Bloomberg Billionaires Index pada tahun 2020, sebelum menjadi orang terkaya di dunia segera setelah itu. Dia sempat digulingkan dari posisi teratas pada bulan Desember oleh Bernard Arnault, ketua perusahaan raksasa barang mewah asal Prancis, LVMH (LVMHF), sebelum akhirnya merebut kembali posisinya pada bulan Mei. Zuckerberg sekarang berada di posisi ke-10.

elon musk

Opini Publik dan Ahli Pertarungan

Secara umum, publik terbagi dalam prediksi mereka. Pendapat tentang siapa yang akan menang dalam pertarungan fisik antara dua miliarder ini bervariasi. Beberapa pakar mendukung Zuckerberg karena hasratnya yang besar untuk Brazilian jiu-jitsu, di mana ia baru-baru ini memenangkan medali. Sementara yang lain memprediksi Musk akan menang berkat perawakannya yang lebih besar. Mereka yang mendukung Musk menunjuk ke perawakannya yang lebih besar, sementara mereka yang mendukung Zuckerberg menyoroti hasratnya untuk Brazilian jiu-jitsu.

Dukungan Untuk Elon Musk

Colby Covington, seorang seniman bela diri campuran profesional Amerika yang saat ini berkompetisi di divisi kelas welter Ultimate Fighting Championship, mendukung Elon Musk untuk memenangkan kontes potensial tersebut. Dia mengatakan bahwa Musk memiliki energi alfa dan membawa semangat rakyat. Ia juga menekankan bahwa ukuran tubuh Musk sangat penting dan memprediksi bahwa jika Musk meninju Zuckerberg, dia akan hancur.

Setelah berita tentang pertarungan itu tersebar di media sosial, Musk menulis tweet: “Saya hampir tidak pernah berolahraga, kecuali menggendong anak-anak saya dan melempar mereka ke udara.”

Di masa lalu, Elon Musk pernah membagikan foto dirinya saat bertarung dengan pegulat sumo. Ia juga pernah menyatakan bahwa ia telah berlatih karate Kyokushin, taekwondo, judo, dan ‘Brazilian Jiu-Jitsu secara singkat’ sepanjang hidupnya.

Dukungan Untuk Mark Zuckerberg

Di sisi lain, Michael Chandler, seorang petarung kelas ringan UFC, mengatakan bahwa ia akan bertaruh pada Zuckerberg untuk menjadi pemenang. Dia berpendapat bahwa Zuckerberg memiliki lebih banyak kemampuan karena latihan bela diri campuran yang intensif. Pakar UFC lainnya juga mendukung Zuckerberg, merujuk pada pengalaman bertarungnya yang telah terbukti, usianya yang masih muda, dan tingkat kebugarannya yang mengesankan.

“Zuckerberg berlatih tinju, dia berlatih kick boxing. Dan saya berbicara dengan Dana White hari ini. Ia mengatakan bahwa pertarungan ini nyata, dan pertarungan ini akan terjadi. Ini akan menjadi pertarungan terbesar – tidak hanya dalam sejarah UFC, tetapi juga dalam sejarah olahraga tarung – saya pikir ya, Elon adalah orang yang lebih besar, tetapi Elon adalah orang yang lebih tua. Itu semua tergantung pada siapa yang benar-benar bisa tampil di malam pertarungan, dan menguji kemampuannya, dan Zuckerberg memiliki lebih banyak kemampuan.

“Adalah kemungkinan (bahwa Musk bisa menang). Elon adalah seorang pria yang sangat tangguh, namun Zuckerberg sebenarnya berada di sana untuk bertarung dengan para petarung kelas dunia, praktisi BJJ, setiap hari – dan ia memiliki keunggulan usia.” ujarnya.

Zuckerberg telah menyelesaikan ‘tantangan Murph’, sebuah tes fisik yang intens di mana peserta berlari sejauh satu mil, melakukan 100 kali pull-up, 200 kali press-up dan 300 kali squat, sebelum berlari sejauh satu mil lagi – semua dilakukan sambil mengenakan rompi berat 20 kg.

Dia mengatakan bahwa dia menyelesaikannya dalam waktu 39 menit dan 58 detik – sebuah prestasi yang mengesankan. Salah satu pengguna menyebut bahwa ini akan menempatkannya dalam 1 persen orang teratas yang menyelesaikan tes ini.

Dia juga diketahui dapat berlari sejauh 5K (3,1 mil) dalam waktu kurang dari 20 menit.

Dukungan yang Terbagi

Joel Snape, seorang pakar kebugaran dan pemegang sabuk hitam Brazilian jiu-jitsu, juga mendukung Zuckerberg, sekaligus menyatakan keraguannya atas pertarungan yang akan terjadi.

CEO Meta, menurutnya, ‘telah berlatih seni bela diri campuran (MMA), dan baru-baru ini berkompetisi dalam turnamen Brazilian jiu-jitsu di mana ia memenangkan dua medali.

“Sebagai atlet BJJ selama dua dekade dengan beberapa pertarungan MMA amatir di bawah sabuk hitam saya, saya tahu betapa sulitnya itu,” tambah Snape, sebelum mendesak kedua pasangan tersebut untuk fokus pada isu-isu yang lebih besar, seperti, menurutnya, “siapa yang dapat mengatasi krisis iklim dengan cara paling efektif”.

Billy Quarantillo, seorang petarung kelas bulu MMA, juga mengatakan bahwa ia merasa Zuckerberg akan menang, meskipun ia mengakui bahwa ia lebih suka melihat Musk menang.

“Logika saya, Zuckerberg yang telah berlatih BJJ selama sekitar satu tahun (rasanya) akan menang. Namun Musk adalah favorit saya dan saya akan bertaruh padanya. Saya tidak yakin apakah saya boleh bertaruh. Siapa yang akan kalian pilih?” tanyanya kepada para followernya.

Dua seniman bela diri campuran asal Brasil terbagi dalam kompetisi ini, dengan Renato Moicano mengatakan bahwa ia akan ‘bertaruh pada Tesla’ (Musk), sementara rekannya, Gilbert Burns, mengatakan bahwa ia akan ‘bertaruh pada Zuck’.

Update Awal Juli

Sesi latihan yang dilakukan oleh para bos platform media sosial yang paling populer, Elon Musk dan Mark Zuckerberg, memanaskan rumor tentang kemungkinan pertarungan di antara mereka. Apa yang awalnya terdengar seperti gossip, tampaknya semakin mendekati kenyataan, seiring dengan kedua sosok tersebut saling pamer sesi latihan mereka bersama para petarung profesional.

Mark Zuckerberg, pemimpin Meta, baru-baru ini terlihat berlatih bersama dua petarung UFC, yakni Israel Adesanya dan Alexander Volkanovski. Hal ini terbuka lebar berkat unggahan Adesanya di media sosial pribadinya, @stylebender, di mana ia menandai akun Instagram Mark Zuckerberg. Adesanya menulis, “Tidak ada kepalsuan bersama Mark. Ini bisnis serius.”

Sebagai informasi, Adesanya dan Volkanovski adalah atlet profesional Mixed Martial Arts, dengan Adesanya menjadi juara kelas menengah dan Volkanovski menjadi juara kelas bulu UFC.

Namun, sebelum Zuckerberg menunjukkan keterampilan bela dirinya, Elon Musk, CEO Twitter, telah terlebih dahulu terlihat berlatih bersama legenda UFC yang kini pensiun, Georges St-Pierre. St-Pierre membagikan momen tersebut di Instagram, memposting foto latihan bersama Musk dan menulis, “Sesi pelatihan yang hebat dengan 3 pria yang sangat saya kagumi. Kombinasi IQ di foto ini adalah 1000. Tidak termasuk saya.”

Meski belum ada konfirmasi pasti tentang apakah pertarungan antara Elon Musk dan Mark Zuckerberg benar-benar akan terjadi, ketegangan antara kedua eksekutif ini tampaknya terus berlanjut. Pasalnya, perusahaan yang mereka pimpin tengah saling berkompetisi untuk mendominasi dunia media sosial.

Tidak lama lalu, Musk menyalurkan frustrasinya melalui dua tweet, di mana dia menyebut Zuckerberg sebagai “cuck” dan menantang CEO Meta untuk lomba pengukuran alat kelamin. Ini terjadi pada hari yang sama ketika Meta dan Zuckerberg mengumumkan akan merilis Threads, platform baru yang dirancang untuk bersaing dengan Twitter. Dalam seminggu setelah diluncurkan, Threads telah berhasil diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Musk, yang tampaknya merasa tersaingi, menuduh Meta telah menyalahgunakan “rahasia dagang dan kekayaan intelektual lainnya” pada aplikasi tersebut, yang merupakan hasil pengembangan Instagram. Dia juga mengancam akan memburu mantan karyawan Twitter yang bergabung dengan Instagram untuk mengembangkan aplikasi yang ia sebut “peniru” tersebut.

Meskipun belum jelas apa yang mungkin terjadi selanjutnya, suhu antara dua CEO ini tampaknya terus meningkat, dan banyak yang menantikan apa yang akan terjadi berikutnya dalam saga ini.

Update Awal Agustus

Dilansir dari CNN, duel yang ditunggu-tunggu antara Elon Musk, CEO X (dahulunya adalah Twitter) dan Mark Zuckerberg, bos dari Meta, tampaknya tertunda. Musk mengungkapkan melalui akun X pribadinya bahwa dia mungkin memerlukan operasi, setelah menjalani MRI untuk leher dan punggung atasnya. Meskipun Zuckerberg sebelumnya menunjukkan kesiapannya untuk berduel pada 26 Agustus, Musk belum memberikan konfirmasi resmi.

Rivalitas keduanya bukanlah sesuatu yang baru. Keduanya telah sering kali menyatakan pandangan berlawanan mengenai berbagai topik, dari politik hingga kecerdasan buatan. Namun, konflik meningkat ketika Meta meluncurkan Threads, aplikasi yang menawarkan fitur mirip dengan Twitter. Persaingan semakin memanas ketika kedua titan teknologi sepakat untuk menggelar pertarungan, inisiatif yang pertama kali diusulkan oleh Musk di X. Interaksi keduanya sering kali dilihat melalui tangkapan layar yang dibagikan oleh para follower mereka.

Selain perselisihan tentang platform apa yang akan digunakan untuk menyiarkan duel (dengan Musk yang mengusulkan X dan Zuckerberg menyarankan platform yang lebih andal untuk penggalangan dana amal), keduanya juga menunjukkan persiapan masing-masing. Zuckerberg mengakui minatnya pada olahraga mixed martial arts (MMA), sementara Musk baru-baru ini membagikan video dirinya mengangkat beban di kantor X. Meskipun begitu, dengan perbedaan usia yang cukup signifikan, banyak yang bertanya-tanya apakah duel ini akan benar-benar terwujud.

Kesimpulan

Apakah Elon Musk dan Mark Zuckerberg akan benar-benar naik ke atas ring atau tidak, masih belum dapat dipastikan – terutama karena Musk sering mengungkapkan rencana sebelum waktunya atau tanpa menindaklanjutinya. Namun, Dana White, promotor UFC, telah menyatakan bahwa pertarungan akan berlangsung. Meski persetujuan pertandingan mereka tampaknya hanya sebagai lelucon, olok-olok tersebut telah menarik perhatian, dengan deretan meme dan unggahan ‘pilih petarung Anda’ yang tak kunjung berhenti.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Optimalkan Bisnis Dropship dengan Shopify!

0
bisnis dropship

Shopify, sejak diluncurkan pada 2006, telah menjadi salah satu platform ecommerce terkemuka untuk membangun toko online. Dropship, model bisnis yang mengizinkan outsourcing penanganan dan pengiriman produk, sangat menguntungkan dan cocok bagi pengusaha baru. Dilansir dari techradar.com, mari kita bahas cara melakukan bisnis dropship dengan Shopify, model bisnis yang telah terbukti sebagai salah satu cara efektif menghasilkan uang secara online. Yuk disimak!

Bisnis Dropship

bisnis dropship

Dropship adalah model bisnis di mana individu menjual produk tanpa perlu memegang inventaris fisik. Ini memfasilitasi pengiriman produk langsung dari pemasok ke pelanggan, menghilangkan logistik dan manajemen inventaris bagi penjual. Konsep ini telah mempopulerkan bisnis online, terutama bagi mereka yang mencari cara efisien dan berisiko rendah untuk memulai. Dalam model ini, pemasok adalah pihak ketiga yang bertanggung jawab atas stok dan pengiriman barang. dropship telah merombak e-commerce, memungkinkan bisnis online dengan investasi minimum dan risiko rendah. Model ini juga mengurangi beban operasional, seperti pengiriman dan pengemasan, serta memungkinkan akses ke berbagai produk dari berbagai pemasok.

Platform Shopify

Shopify adalah platform e-commerce yang memungkinkan pengusaha mendirikan toko online mereka. Diluncurkan pada 2006 oleh Tobias Lütke, Daniel Weinand, dan Scott Lake, platform ini memfasilitasi penjualan melalui web, seluler, dan toko fisik. Shopify menyediakan berbagai alat dan antarmuka yang mudah digunakan, membantu pengguna mengelola produk, pengiriman, pembayaran, dan analisis penjualan. Platform ini juga mendukung penjualan multichannel, termasuk melalui media sosial. Sejumlah besar toko online sukses di hosting di Shopify, yang juga menawarkan infrastruktur hosting aman. Fitur SEO-nya memungkinkan pengguna mengoptimalkan situs mereka untuk mesin pencari, meningkatkan penjualan dan lalu lintas.

Bisnis Dropship Melalui Shopify

dropship melalui Shopify menawarkan beragam manfaat. Biaya awal rendah merupakan daya tarik utama. Berbeda dengan bisnis tradisional yang membutuhkan etalase dan gudang, dropship hanya membutuhkan toko online dan pemasok. Shopify memberi kita akses ke beragam produk dari berbagai pemasok, yang memungkinkan peningkatan penjualan dan profitabilitas. Proses memulainya mudah: cukup pilih produk, cari tempat pemasaran, dan tunggu pesanan pelanggan.

Shopify menghapus beban logistik dari bahu kita; pengiriman dan stok ditangani oleh pemasok. Platform ini juga menawarkan dukungan pelanggan 24/7 dan akses ke alat-alat pemasaran yang beragam. Risikonya rendah, karena tidak ada kebutuhan untuk investasi inventaris awal atau gudang fisik. Dengan Shopify, kita dapat mencapai pasar global dan fokus pada kebutuhan pelanggan serta strategi pemasaran kita. Akhirnya, integrasi dengan aplikasi pihak ketiga memperluas fungsionalitas toko kita dan memaksimalkan upaya pemasaran kita.

Keuntungan Bisnis Dropship Melalui Shopify

dropship dengan Shopify menawarkan banyak keuntungan. Shopify yang ramah pengguna memudahkan kita mengatur toko tanpa kemampuan teknis khusus. Manajemen produk yang efektif memungkinkan kita menambah dan menghapus produk, serta menyesuaikan harga dengan mudah. Proses pemesanan dapat diotomatiskan, sehingga pemasok langsung diberitahu tentang pesanan dan menangani pengiriman, menghilangkan beban manajemen inventaris dan logistik.

Shopify mendukung banyak gateway pembayaran, menjamin pembayaran yang fleksibel dan lancar serta memastikan pelanggan dari berbagai negara dapat melakukan pembelian. Alat SEO bawaan dan fitur pemasaran seperti kode diskon, kartu hadiah, dan integrasi media sosial, memungkinkan kita mengoptimalkan toko dan meningkatkan penjualan dan lalu lintas. Keamanan dan hosting yang handal memastikan toko kita selalu diakses oleh pelanggan dan tetap aman.

bisnis dropship

Bagaimana Memilih Ide Bisnis Dropship

Memilih ide bisnis dropship membutuhkan pemikiran mendalam dan pertimbangan cermat. Pertimbangkan minat dan ketertarikan kita terlebih dahulu, ini dapat membantu kita memilih jenis produk yang beresonansi dengan audiens kita. Selanjutnya, teliti permintaan pasar untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati dan memahami pesaing kita. Selain itu, pilih produk dengan keuntungan tinggi dan kualitas baik, dan perhatikan ketersediaan serta sumber produk tersebut. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan biaya dan waktu pengiriman. 

Produk ramah lingkungan, pakaian, perlengkapan hewan peliharaan, mug, dan aksesori permainan adalah beberapa ide bisnis dropship yang bisa dipertimbangkan. Memahami ini akan membantu kita memilih ide yang paling tepat dan berpotensi menguntungkan.

Memulai Bisnis Dropship

Memulai bisnis dropship membutuhkan pemahaman mengenai target audiens, analisis pesaing, pemilihan produk, dan pemasok yang handal. Kenali audiens kita, tentukan produk, dan lakukan riset pasar untuk mendapatkan gambaran yang jelas. Pemasaran produk kita lebih efektif ketika kita mengerti siapa audiens kita.

  1. Pelajari strategi pesaing kita; ini memberikan wawasan penting untuk strategi pemasaran kita sendiri. Mengenali kekuatan dan kelemahan pesaing dapat memberikan keuntungan.
  2. Mulailah dengan beberapa produk yang kita anggap bermanfaat bagi audiens kita. Ini membantu fokus dan mengurangi kompleksitas. kita juga bisa mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien dan membangun otoritas dalam niche tertentu.
  3. Pilih pemasok yang dapat diandalkan. Pemasok kita berperan penting dalam pengiriman produk, menangani pertanyaan pelanggan, dan komunikasi. Pastikan pemasok kita memiliki reputasi baik dan dapat memenuhi kebutuhan kita.
  4. Pilih platform ecommerce dengan bijak. Shopify direkomendasikan karena antarmuka ramah pengguna dan responsif seluler, serta fitur keamanan dan hosting.
  5. Buat konten berkualitas tinggi, termasuk halaman ‘Tentang Kami’ yang unik, foto produk berkualitas tinggi, video informatif, dan deskripsi produk yang menggambarkan fitur dan manfaat dengan baik.
  6. Atur keuangan kita dengan hati-hati. Hindari menggabungkan dana pribadi dan perusahaan, gunakan akun bank terpisah dan jaga akuntansi yang rapi.

Akhirnya, tetap sabar dan tekun. Bisnis dropship memerlukan waktu dan usaha untuk berhasil. Berani bereksperimen, belajar dari kesalahan, dan terus maju.

Mempersiapkan Shop di Platform Shopify

Berikut panduan singkat untuk mempersiapkan toko Shopify kita:

  1. Buat akun Shopify: Kunjungi www.shopify.com dan ikuti langkah-langkah pembuatan akun. Jangan lupa masukkan alamat email yang berfungsi, buat kata sandi yang aman, dan pilih nama unik untuk toko kita.
  2. Pilih Tema: Setelah masuk ke akun Shopify, pilih “Toko Online” lalu “Tema” di menu admin. Eksplor dan pilih tema yang cocok, lalu pasang dan sesuaikan tema tersebut.
  3. Sesuaikan Desain dan Merek: Tambahkan desain khusus ke toko kita, sesuaikan header dan footer, ubah warna dan jenis huruf, serta sesuaikan halaman produk kita.
  4. Atur Gateway Pembayaran dan Opsi Pengiriman: Aktifkan gateway pembayaran Shopify melalui halaman pembayaran di pengaturan, dan tentukan mata uang toko kita.

Penting untuk memastikan semua informasi yang kita berikan akurat, dan selalu ada opsi untuk melakukan penyesuaian kapan saja. Menyiapkan toko Shopify kita dengan cermat akan memastikan toko kita berjalan lancar dan sukses.

Tips Menemukan Produk untuk Dijual

Berikut panduan singkat cara menemukan produk yang layak untuk dijual:

  1. Identifikasi niche yang Menguntungkan: kita perlu memilih niche pasar yang spesifik dan dapat memberikan keuntungan. Jadi, fokuslah untuk menjadi ahli dalam niche tersebut dan mengidentifikasi masalah yang dapat kita selesaikan. Contoh niche yang menguntungkan bisa meliputi kesehatan, perawatan pribadi, pakaian, dan lainnya.
  2. Riset Produk: Setelah menemukan niche kita, risetlah untuk mencari produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens target kita. kita bisa mencari produk di situs-situs seperti Amazon, Etsy, dan eBay.
  3. Pilih Produk dengan Permintaan dan Margin Keuntungan Tinggi: Fokus pada produk yang diminati dan memiliki margin keuntungan tinggi. Produk ini bukan hanya populer, tetapi juga memberikan keuntungan yang signifikan dari setiap penjualan.

Pada akhirnya, kita harus berusaha memahami kebutuhan pelanggan dan memastikan bahwa produk yang kita pilih dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Kesimpulan

Bisnis dropship melalui Shopify membuka peluang bisnis dengan biaya awal yang rendah dan risiko minimal. Shopify membantu memudahkan manajemen produk, mengurangi beban logistik dan operasional, serta menawarkan alat pemasaran yang efektif. Memilih produk dan pemasok yang tepat, serta pemahaman mendalam tentang audiens target, menjadi kunci sukses bisnis. Semoga informasi ini berguna ya!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Google Ads: Strategi Bisnis untuk Audiens Tepat!

0
google ads

Google Ads adalah metode periklanan online yang sangat efektif yang memungkinkan bisnis untuk menjangkau siapa saja yang menggunakan Google untuk mencari informasi, produk, dan layanan secara online. Namun, periklanan Google lebih dari sekadar platform iklan; alat ini juga memungkinkan kita untuk lebih memahami audiens kita dan memberikan kontrol penuh atas biaya. Dilansir dari business.com, jumpfly, dan theguardian, berikut pembahasan selengkapnya. Yuk disimak!

Apa Itu Google Ads?

google ads

Google Ads adalah alat pemasaran digital yang memanfaatkan platform Google untuk membantu bisnis menjangkau audiens yang tepat. Melalui periklanan ini, bisnis dapat membuat berbagai jenis iklan seperti iklan teks di Google Penelusuran, iklan banner di situs web mitra Google, iklan video di YouTube, hingga iklan produk di Google Shopping. Dalam model pembayarannya lebih mengutamakan keefektifan, di mana kita hanya membayar ketika pengguna berinteraksi dengan iklan, seperti mengklik iklan untuk mengunjungi situs web kita atau menghubungi bisnis kita.

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Menggunakan periklanan ini dalam strategi pemasaran digital kita dapat memberikan beberapa manfaat. Berikut daftar manfaatnya.

1. Meningkatkan Prospek dan Pelanggan.

Google Ads adalah alat efektif untuk menghasilkan prospek. Jika kampanye diatur dengan tepat, bisa mengirim prospek bertarget ke situs web, formulir keikutsertaan, atau platform online lainnya.

Periklanan Google ini memungkinkan kita untuk fokus pada orang-orang yang mencari apa yang ditawarkan bisnis kita. Ini berarti kita dapat terus menyaring pencarian kita sehingga hanya orang yang ingin membeli produk atau layanan kita yang dikirim ke situs web kita melalui platform ini.

2. Fleksibilitas dalam Menyesuaikan Kampanye.

Siapa pun yang menggunakan periklanan Google ini secara teratur akan memberitahu kita bahwa ini adalah alat pemasaran yang sangat fleksibel. Cocok untuk semua jenis dan ukuran organisasi. kita benar-benar dapat mengaktifkan dan menonaktifkan lalu lintas internet menggunakan sistem ini. Sistem ini juga kompatibel dengan berbagai platform pemasaran dan sistem perangkat lunak lainnya.

Kita dapat menargetkan orang berdasarkan lokasi misalnya, jenis perangkat yang mereka gunakan, dan situs web milik Google yang mereka akses (mis. Google Penelusuran, Google Maps, YouTube).

Kita juga dapat menetapkan anggaran kita sendiri untuk area tertentu dalam kampanye. Misalnya, kita dapat menetapkan anggaran harian dan batas jumlah yang ingin kita belanjakan untuk klik untuk kata kunci tertentu.

3. Laba atas Investasi yang Tinggi

Salah satu keuntungan menggunakan alat ini adalah ia hanya membuat kita membayar untuk iklan yang diklik audiens. Setelah kita mengoptimalkan kampanyenya, kita bisa mendapatkan laba atas investasi yang tinggi, yang mungkin tidak dapat dilakukan dengan strategi pemasaran lainnya.

Saat kita menemukan area kampanye yang memberikan laba atas investasi yang baik, kita harus memfokuskan upaya dan anggaran pada area tersebut. Jika sebuah kampanye atau bagian dari kampanye hanya menghabiskan uang kita tanpa memberikan hasil, buang saja. Investasikan penghematan tersebut ke dalam kampanye yang berhasil dan kampanye yang akan kita uji di masa depan.

4. Hasil yang Cepat dan Transparan

Google Ads terkenal karena kemampuannya dalam memberikan hasil dan laporan yang cepat dan langsung dari setiap kampanye. Kita dapat dengan mudah menganalisis kemajuan kampanye kita karena dasbor memberikan semua informasi yang terkait dengan setiap kampanye, seperti iklan yang diklik, kata kunci yang dimasukkan pengunjung situs web, dan biaya klik. Fitur-fitur ini membuatnya menjadi sistem yang sangat transparan dan intuitif.

5. Traffic yang Besar dan Berkualitas 

Karena dominasi pasar Google dan basis pelanggan yang sangat besar, raksasa pencarian ini dapat mengirimkan traffic dalam jumlah besar kepada bisnis setiap hari, jika bisnis tersebut memiliki anggaran untuk itu.

Google membanggakan diri dalam menampilkan konten dan iklan yang relevan, dan perusahaan ini terus berevolusi dan meningkatkan algoritme mesin pencarinya untuk menghasilkan hasil pencarian dan iklan yang paling relevan. Hal ini berdampak positif bagi bisnis yang beriklan melalui periklanan Google, karena iklan ini mengirimkan prospek dan pengunjung berkualitas tinggi ke situs web, toko e-commerce, formulir keikutsertaan, atau aset online lainnya. Orang-orang yang dikirim Google kepada kita lebih mungkin untuk menjadi pelanggan, bergabung ke daftar email kita, meminta informasi, atau melakukan tindakan apa pun yang kita inginkan.

6. Mengetahui Lebih Banyak tentang Market

Sangat penting untuk masuk ke dalam pikiran pelanggan ideal kita. Memahami audiens kita akan membuat kita lebih mudah dalam menangani pelanggan dan mengetahui apa yang mereka inginkan.

Google Ads memberikan informasi tentang kebiasaan dan kebutuhan pelanggan yang mungkin hanya bisa diimpikan oleh pemilik bisnis generasi sebelumnya. Beberapa data berharga yang dapat kita pelajari termasuk kata kunci yang mereka gunakan untuk menemukan situs web kita, lokasi mereka, perangkat yang mereka gunakan, serta waktu dan hari yang mereka telusuri.

Kita dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan produk dan layanan kita, serta menyempurnakan upaya pemasaran kita sehingga kita tidak membuang-buang uang untuk mengiklankan kepada orang-orang yang tidak tertarik dengan apa yang kita tawarkan. 

Cara Kerja

Google Ads bekerja dengan cara yang cukup kompleks, di balik layar, menggunakan algoritma yang canggih untuk menargetkan iklan kepada audiens yang tepat. Prosesnya dimulai ketika kita sebagai pengiklan menentukan kata kunci dan lokasi target untuk iklan kita. Ketika pengguna mencari kata kunci yang ditargetkan di Google, algoritmanya mengevaluasi sejumlah faktor, seperti relevansi iklan kita dengan kata kunci, relevansi situs web kita dengan iklan, dan besarnya tawaran kita untuk kata kunci tersebut. Ini disebut sebagai proses lelangnya.

Berdasarkan hasil lelang, iklan kita kemudian dapat muncul di hasil pencarian Google atau di situs web mitra Google. Namun, penayangan iklan tidak hanya bergantung pada tawaran, tetapi juga pada kualitas iklan kita. Periklanan Google ini menggunakan sistem penilaian yang dikenal sebagai ‘Quality Score’ atau ‘Skor Kualitas’, yang memperhitungkan relevansi dan kualitas iklan kita. Dengan skor kualitas yang tinggi, iklan kita bisa mendapatkan posisi yang lebih baik atau biaya per klik yang lebih rendah.

Selain itu, alat pemasaran digital ini juga menawarkan penargetan demografis dan berdasarkan minat untuk meningkatkan efektivitas kampanye. kita dapat menyesuaikan kampanye berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, bahkan berdasarkan minat dan perilaku pengguna, sehingga iklan kita menjangkau audiens yang paling relevan. 

Jenis-jenis

Ada beberapa jenis iklan yang dapat kita buat di Google Ads, masing-masing dengan fungsinya sendiri:

1. Kampanye Jaringan Penelusuran (Search Network Campaign)

Ini adalah jenis kampanye yang paling umum dan mengacu pada iklan teks yang muncul di hasil penelusuran Google. Ketika pengguna mencari kata kunci yang ditargetkan oleh kita, iklan kita dapat muncul di posisi atas atau bawah halaman hasil pencarian.

2. Kampanye Display (Display Network Campaign) 

Kampanye ini memungkinkan iklan kita tampil dalam berbagai format (teks, gambar, video) di jaringan situs mitra Google, termasuk situs web, blog, dan aplikasi. Iklan jenis ini efektif untuk meningkatkan kesadaran merek.

3. Kampanye Video (Video Campaign)

Kampanye ini digunakan untuk menampilkan iklan video kita di YouTube dan situs web lain di Jaringan Display Google. Iklan video dapat membantu dalam meningkatkan keterlibatan dan kesadaran merek.

4. Kampanye Aplikasi (App Campaign)

Kampanye ini dirancang khusus untuk meningkatkan instalasi aplikasi mobile kita atau interaksi dalam aplikasi yang sudah diinstal. Iklan dapat ditampilkan di Google Play, Jaringan Penelusuran, Jaringan Display, dan YouTube.

5. Kampanye Shopping (Shopping Campaign)

Jenis kampanye ini memungkinkan iklan produk kita tampil di Google Shopping dan sebelah hasil penelusuran Google. Kampanye Shopping efektif untuk bisnis e-commerce yang ingin menampilkan produk secara visual langsung di hasil pencarian.

Bedanya Dengan Google AdSense

Secara sederhana, Google Ads adalah untuk mereka yang ingin memasang iklan, sedangkan Google AdSense adalah untuk mereka yang ingin menampilkan iklan di situs web atau blog mereka dan mendapatkan pendapatan dari tampilan atau klik iklan tersebut

Biaya

google ads

Dengan alat ini, kita memiliki kontrol penuh atas biaya. Jika kita menetapkan anggaran, alat periklanan ini tidak akan pernah melampauinya.

Menyiapkan Kampanye 

Menyiapkan kampanye di alat ini melibatkan serangkaian langkah yang saling berhubungan. Berikut ini adalah detail lebih lanjut tentang langkah-langkah tersebut:

  1. Menentukan Tujuan Iklan: Tujuan iklan kita haruslah spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batas waktu (SMART). Misalnya, kita mungkin ingin meningkatkan penjualan online, mendapatkan lebih banyak panggilan ke bisnis kita, atau mendorong pelanggan untuk mengunjungi toko fisik kita.
  2. Memilih Jenis Kampanye: Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada berbagai jenis kampanye di pemasaran Google ini, seperti Kampanye Jaringan Penelusuran, Kampanye Jaringan Display, Kampanye Video, Kampanye Aplikasi, dan Kampanye Shopping. Pilihan jenis kampanye harus didasarkan pada tujuan iklan kita.
  3. Menentukan Audiens Target: kita bisa menargetkan audiens berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, minat, dan lainnya. Misalnya, jika kita menjual perlengkapan hiking, kita mungkin ingin menargetkan orang yang tertarik pada kegiatan outdoor dan tinggal di daerah yang memiliki banyak lokasi hiking.
  4. Menetapkan Anggaran: kita harus menetapkan anggaran harian untuk kampanye kita. Anggaran ini adalah jumlah maksimum yang kita ingin habiskan setiap hari untuk iklan kita. Periklanan Google ini akan mengoptimalkan penayangan iklan kita untuk mendapatkan hasil terbaik dalam batas anggaran kita.
  5. Membuat Iklan kita: Iklan kita harus mencakup judul yang menarik, deskripsi yang jelas dan singkat tentang produk atau layanan kita, dan URL situs web kita. kita juga bisa menambahkan ekstensi seperti nomor telepon atau lokasi bisnis kita untuk memberikan informasi tambahan kepada pelanggan potensial.

Setiap langkah dalam proses ini memainkan peran penting dalam menentukan seberapa efektif kampanye iklan kita. Dengan perencanaan dan strategi yang tepat, kita bisa mendapatkan hasil maksimal dari kampanye kita.

Fitur Baru!

Google Ads telah memperkenalkan dua fitur baru yang memungkinkan kita untuk melihat pengaturan kampanye dengan cepat dan memperkenalkan aset teks tingkat kampanye untuk iklan penelusuran responsif. 

Akses Cepat Pengaturan Kampanye

Fitur ini memungkinkan kita untuk melihat dan mengubah pengaturan dengan sangat cepat, menghemat banyak klik tambahan dan meningkatkan alur kerja kita.  

Aset Teks Tingkat Kampanye untuk Iklan Penelusuran Responsif

Fitur ini memungkinkan kita menambahkan judul dan deskripsi di tingkat kampanye, menjadikan tajuk utama dan deskripsi dapat kita kaitkan dengan kampanye dan diterapkan ke semua iklan yang diaktifkan di dalam kampanye tersebut.

Berita Terbaru: Periklanan Google dan Regulasi Uni Eropa

Uni Eropa telah memerintahkan Google untuk menjual sebagian bisnis periklanannya. Google diminta untuk menjual karena regulator persaingan usaha di blok tersebut hendak meningkatkan penegakan hukumnya terhadap monopoli perusahaan teknologi besar. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan persaingan yang sehat dan melindungi hak-hak pengguna dalam era digital. Komisi persaingan usaha menuduh Google mengunggulkan layanan teknologi periklanan display online-nya sendiri sehingga merugikan para penyedia layanan teknologi periklanan, pengiklan, dan penerbit online lainnya. 

Google harus membuat sistem iklan mereka lebih transparan dan adil bagi pesaing. Ini mungkin berarti pengguna periklanan Google ini akan melihat perubahan dalam cara kerja platform, seperti pengenalan lebih banyak opsi penargetan atau perubahan dalam tata cara penawaran.

Untuk pengiklan, keputusan ini bisa berarti lebih banyak kesempatan untuk bersaing dalam pasar iklan online. Meskipun ini mungkin mengharuskan mereka untuk menyesuaikan strategi periklanan mereka, perubahan ini juga bisa membuka peluang baru untuk inovasi dan sukses dalam kampanye periklanan mereka.

Kesimpulan

Google Ads adalah platform periklanan online yang efektif dan fleksibel, yang memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens yang tepat melalui Google. Dengan berbagai jenis kampanye, seperti Kampanye Jaringan Penelusuran, Kampanye Jaringan Display, Kampanye Video, Kampanye Aplikasi, dan Kampanye Shopping, alat pemasaran digital ini menawarkan berbagai cara untuk meningkatkan visibilitas dan mencapai konversi. Biaya yang dikeluarkan hanya untuk iklan yang diklik, membuatnya memberikan ROI yang tinggi. Fitur penargetan dan pelacakan yang kuat memungkinkan pengiklan untuk mengoptimalkan kampanye mereka dan mendapatkan wawasan berharga tentang pasar mereka. Meskipun ada tantangan regulasi, seperti yang terlihat dari tindakan Uni Eropa, alat ini tetap menjadi alat yang berharga dalam toolbox pemasaran digital setiap bisnis.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Bisnis Global: Pertemuan Bill Gates dan Presiden Tiongkok

0
bisnis global

Bill Gates, pendiri Microsoft, bertemu dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dalam sebuah pertemuan yang membahas perkembangan bisnis global Microsoft dan peranan teknologi AI. Pertemuan ini mencerminkan keterbukaan Tiongkok terhadap investasi teknologi AI dari perusahaan Amerika, meski di tengah-tengah ketegangan hubungan antara kedua negara. Meski Gates telah mengundurkan diri dari dewan direksi Microsoft pada tahun 2020, ia tetap memiliki perhatian besar pada kemajuan teknologi dan dampaknya pada masyarakat global. Dilansir dari Reuters, NYTimes, CNN, berikut pembahasan selengkapnya. Mari disimak!

bisnis global

Pertemuan Bill Gates dan Xi Jinping

Dalam sebuah pertemuan yang jarang terjadi dengan seorang tokoh bisnis Amerika, pemimpin Tiongkok Xi Jinping, bertemu dengan Bill Gates pada hari Jumat, 16 Juni 2023. Pada pertemuan yang berlangsung di Beijing, Xi dan Gates tidak hanya membahas teknologi AI, tetapi juga perkembangan bisnis global Microsoft di Tiongkok.

Gates, salah satu pendiri Microsoft dan orang terkaya kelima di dunia, berada di Beijing minggu ini untuk kunjungan pertamanya ke ibu kota Tiongkok sejak kunjungan terakhir di tahun 2019, sebelum pandemi. Gates tiba di Beijing pada hari Rabu untuk mengunjungi mitra-mitra kesehatan dan pembangunan untuk yayasannya, seperti yang ia ungkapkan di Twitter. 

Pertemuan Bill Gates dan Xi Jinping menandai pertemuan empat mata pertama yang diketahui oleh pemimpin Tiongkok tersebut dengan seorang tokoh bisnis dari Amerika dalam beberapa tahun terakhir.

Ini bukanlah pertemuan pertama bagi Gates dan Xi. Mereka bertemu pada Maret 2015 dalam sebuah konferensi tahunan para pejabat dan pemimpin bisnis asing di provinsi pulau Hainan, dan sekali lagi pada tahun yang sama di Seattle ketika Xi berada di Amerika untuk kunjungan kenegaraan pertamanya. Pada bulan-bulan awal pandemi Covid-19, Xi mengirim surat kepada Gates untuk berterima kasih kepada Gates dan yayasannya yang telah menyumbangkan dana untuk memerangi pandemi di Tiongkok. 

Dalam pertemuan terbaru ini, Xi menyatakan kesediaannya untuk menyambut perusahaan-perusahaan AS, termasuk Microsoft, yang membawa teknologi AI mereka ke Tiongkok. Xi juga mengatakan bahwa ia ingin membangun hubungan yang lebih kuat dengan organisasi filantropi milik Gates, Bill and Melinda Gates Foundation, untuk membantu memberikan bantuan kepada negara-negara berkembang.

Xi sebelumnya telah menegaskan bahwa Tiongkok perlu memanfaatkan peluang untuk menggunakan AI guna mendorong pembangunan ekonomi. Namun, ia juga mengingatkan tentang potensi risiko AI, terutama dalam konteks undang-undang baru tentang teknologi dan aturan untuk AI generatif.

Bisnis Global: Hubungan AS-Tiongkok

Pertemuan ini terjadi dalam konteks hubungan AS-Tiongkok yang sedang tegang, di mana AI menjadi titik perdebatan utama. AS telah memberlakukan serangkaian kontrol ekspor yang bertujuan membatasi pengembangan AI Tiongkok, sementara Tiongkok telah mengejutkan komunitas bisnis asing dengan tindakan keras terhadap beberapa penjualan oleh pembuat chip AS, Micron.

Bulan lalu, Microsoft memperingatkan bahwa peretas yang didukung pemerintah Tiongkok kemungkinan besar sedang mengejar kemampuan yang dapat digunakan untuk “mengganggu komunikasi penting” antara Amerika Serikat dan Asia Pasifik jika terjadi krisis AS-Tiongkok di masa depan.

Peretas Tiongkok telah aktif sejak pertengahan 2021 dan menargetkan organisasi infrastruktur penting di wilayah AS di Guam dan di bagian lain Amerika Serikat sebagai bagian dari kampanye mata-mata dan pengumpulan informasi, kata Microsoft dalam sebuah laporan. Organisasi yang ditargetkan para hacker itu antara lain organisasi di sektor maritim, komunikasi, transportasi, utilitas, dan pemerintah.

Beberapa Platform Menutup Aplikasinya di Tiongkok

Pada bulan Mei, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan menutup aplikasi mereka di Tiongkok, dengan alasan persaingan yang ketat dan tantangan ekonomi makro, tetapi mengatakan bahwa mereka akan tetap hadir di negara tersebut.

Kunjungan Gates juga dilakukan sebulan setelah LinkedIn menarik diri dari Tiongkok. Pada bulan Mei, jejaring sosial milik Microsoft ini mengumumkan bahwa mereka memangkas lebih dari 700 pekerjaan dan menutup aplikasi kariernya di daratan Tiongkok.

Meskipun akan tetap hadir di sana, perusahaan telah beralih dengan menutup versi lokal layanannya pada tahun 2021 untuk platform baru yang hanya ada di Tiongkok, dengan alasan lingkungan operasi yang menantang. Sekarang platform baru itu juga akan dihapus.

bisnis global

Bisnis Global Microsoft dan Tiongkok: Peran dalam Pengembangan AI dan Internet

Microsoft, sebagai pendukung OpenAI, telah membantu memicu kemajuan AI di seluruh dunia, termasuk di Tiongkok. Perusahaan ini telah beroperasi di Tiongkok selama lebih dari 30 tahun dan memiliki pusat penelitian yang besar di negara tersebut. Portal Bing-nya adalah satu-satunya mesin pencari asing yang dapat diakses dari dalam Tembok Besar Tiongkok, meski hasil pencarian tentang topik-topik sensitif seringkali disensor.

OpenAI dan ChatGPT sendiri tidak diblokir oleh pihak berwenang Tiongkok, tetapi OpenAI tidak mengizinkan pengguna di beberapa negara, termasuk Tiongkok daratan dan Hong Kong, untuk masuk.

Bill Gates adalah salah satu pemimpin bisnis asing terkemuka yang telah berhasil menembus pasar Tiongkok. Bisnis global Microsoft masih bertahan di sana ketika perusahaan-perusahaan teknologi Barat lainnya sudah tidak ada lagi. Ia telah memiliki laboratorium penelitian yang sangat berpengaruh di Tiongkok dalam waktu yang cukup lama.

Raksasa teknologi AS ini telah menghadapi masalah di Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir karena negara ini memperketat kontrolnya atas sektor internet.

Gates mengundurkan diri dari perannya sebagai chairman Microsoft hampir satu dekade yang lalu, dan meninggalkan dewan direksi pada tahun 2020.

Tiongkok dan Pandemi

Kebijakan pandemi yang ketat di Tiongkok sebagian besar telah menutup perbatasan negara itu, mencegah pertemuan antara eksekutif multinasional dan para pemimpin tertinggi Tiongkok. Perjalanan Xi ke Asia Tengah pada bulan September lalu merupakan pertama kalinya ia meninggalkan negara tersebut dalam lebih dari dua tahun terakhir.

Sejak Xi tiba-tiba mencabut periode pembatasan “zero Covid” yang berkepanjangan pada bulan Desember, sejumlah pemimpin bisnis global Amerika telah kembali ke Tiongkok, termasuk kepala eksekutif Tesla, Elon Musk, dan Tim Cook, kepala eksekutif Apple. Tak satupun dari mereka berdua bertemu dengan Presiden Xi. 

Bulan lalu, selain Elon Musk, JPMorgan, dan Starbucks semuanya terbang ke Tiongkok untuk bertemu dengan para menteri dan pejabat negara. Hal ini menyusul kunjungan serupa dalam beberapa bulan terakhir yang dilakukan oleh para pemimpin Apple, Samsung, Aramco, Volkswagen, dan lain-lain.

Gates dan Xi: Meningkatkan Hubungan AS-Tiongkok

Xi dan Gates, dalam pertemuan mereka, membahas cara-cara untuk meningkatkan hubungan AS-Tiongkok. Xi menyebut Gates sebagai “teman Amerika pertama yang saya temui di Beijing tahun ini.” Pertemuan ini bertepatan dengan ketegangan yang meningkat terkait masa depan AI, semikonduktor canggih, penggerebekan oleh pejabat Tiongkok terhadap perusahaan-perusahaan internasional, dan meningkatnya kekhawatiran bahwa Tiongkok dapat menyerang Taiwan.

Ini bukan pertama kalinya Xi meminta para pemimpin bisnis Amerika untuk membantu meningkatkan hubungan antara kedua negara. Pada tahun 2021, Xi menulis surat kepada mantan ketua dan CEO Starbucks (SBUX) Howard Schultz, menyarankan agar ia membantu mempromosikan hubungan bilateral, menurut media pemerintah Tiongkok. Xi Jinping ingin Starbucks dan Howard Schultz membantu memperbaiki hubungan AS-Tiongkok.

Usaha Bill Gates Mempertahankan Hubungan dan Bisnis Global

Gates mempertahankan hubungan dengan Tiongkok melalui Gates Foundation. Baru-baru ini, ia menjanjikan sejumlah dana dalam kemitraan baru dengan pemerintah kota Beijing dan sebuah universitas ternama di Tiongkok. Dia mulai mundur dari Microsoft pada tahun 2008, mencurahkan lebih banyak waktunya untuk proyek-proyek filantropinya, dan meninggalkan dewan direksi Microsoft pada tahun 2020. Dia tetap menjadi pemegang saham individu terbesar di Microsoft dengan nilai saham sekitar $35 miliar, menurut perusahaan data keuangan FactSet.

Pertemuan Gates dengan pemimpin negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini terjadi sehari setelah yayasan keluarganya menjanjikan dana sebesar 50 juta dolar AS untuk penelitian di Tiongkok untuk penemuan obat dan pengobatan “penyakit menular seperti tuberkulosis dan malaria, yang secara tidak proporsional mempengaruhi masyarakat miskin di dunia,” menurut pernyataan dari Gates Foundation.

Kesimpulan

Pertemuan antara Bill Gates, pendiri Microsoft, dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, menggarisbawahi keterbukaan Tiongkok terhadap investasi teknologi AI dari perusahaan Amerika, meskipun terjadi ketegangan hubungan antara kedua negara. Dalam diskusi ini, mereka membahas perkembangan bisnis global Microsoft di Tiongkok dan potensi teknologi AI. Xi menegaskan kesiapannya untuk menyambut perusahaan AS yang membawa teknologi AI ke Tiongkok dan berharap membangun hubungan yang lebih kuat dengan Bill and Melinda Gates Foundation. Walaupun adanya tantangan, seperti serangan cyber dari Tiongkok dan penutupan beberapa platform AS di negara tersebut, Microsoft tetap bertahan dan berkontribusi pada pengembangan AI dan internet di Tiongkok. 

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Platform Streaming Spotify: Investasi dan Dampak Bisnis

0
streaming

Spotify, perusahaan platform streaming asal Swedia, mengalami kerugian besar dari investasi mereka dalam podcast yang melibatkan selebriti terkenal. Salah satunya adalah ‘Archetypes’, sebuah podcast yang telah dipandu oleh Meghan Markle dan Pangeran Harry. Inisiatif ini, yang dibayar dengan biaya besar oleh Spotify, telah berdampak negatif pada perusahaan, mengakibatkan pemecatan massal, kegagalan menghasilkan keuntungan, dan perombakan strategi bisnis. Dilansir dari Investopedia, FOXbusiness, Firstpost, Dailymail, Express, berikut ulasan lengkapnya. Mari disimak!

streaming

Investasi Platform Streaming Spotify pada Podcast

Spotify, perusahaan platform streaming asal Swedia, telah menginvestasikan dana besar untuk membangun unit podcastnya. Investasi ini termasuk kontrak dengan selebriti seperti Pangeran Harry dan Meghan Markle serta penyiar Amerika Joe Rogan.

Pada 2021, Meghan Markle dan Pangeran Harry dikabarkan telah menerima lebih dari $18 juta dari Spotify untuk podcast ‘Archetypes’. Meski mendapatkan berbagai kontroversi, podcast ini berhasil memenangkan penghargaan di Gracie Awards tahunan ke-48. Namun, hasil dari investasi yang diharapkan tidak sesuai dengan ekspektasi. 

Meskipun diluncurkan pada Agustus 2022 dan sempat mencapai puncak tangga lagu podcast Spotify pada minggu pertama perilisannya, podcast ini gagal mempertahankan posisi di minggu-minggu selanjutnya dan tidak menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Hal ini menjadi dampak negatif bagi perusahaan, yang kini harus merumahkan sekitar 200 pegawai dan mengubah strategi operasional mereka. 

Dampak Keuangan dan Strategi untuk Investasi dalam Podcast

Dalam beberapa tahun terakhir, platform streaming Spotify telah menginvestasikan dana besar untuk membangun unit podcastnya, termasuk kontrak dengan Pangeran Harry dan Meghan serta penyiar Amerika Joe Rogan. Namun, strategi ini malah mengakibatkan kerugian untuk perusahaan hingga €156 juta pada kuartal pertama. 

Sejak debutnya pada Agustus 2022, podcast ‘Archetypes’ telah merilis 12 episode dan berjuang untuk tetap di puncak, hingga akhirnya podcast itu dihentikan dan tidak dilanjutkan ke musim kedua. Sementara podcast Rogan juga mengalami serangkaian kontroversi, mulai dari disinformasi (informasi yang salah) tentang vaksin dan Covid-19 hingga penggunaan kata-kata penghinaan rasial dan anti-semit.

Perusahaan belum menerima hasil yang diharapkan dari investasi ini, yang malah menjadi beban dan memicu pemotongan pekerjaan serta restrukturisasi internal. 

Spotify berencana untuk memusatkan lebih banyak upaya pada pengembangan podcast orisinal, sebuah langkah strategis yang bertujuan mendorong pertumbuhan audiens dan peningkatan pendapatan. Langkah ini juga diharapkan dapat membentuk bisnis yang bernilai dan bermargin tinggi.

Restrukturisasi Strategi Platform Streaming Spotify 

Sebagai bagian dari perombakan strategi, Spotify memutuskan untuk tidak melanjutkan podcast ‘Archetypes’ untuk musim kedua. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari restrukturisasi strategi podcast perusahaan. 

Kepala Eksekutif Spotify, Daniel Ek, mengakui bahwa investasi besar dalam podcast telah membebani perusahaan dan menyebabkan restrukturisasi. Spotify mengalami kerugian operasional sebesar €156 juta (£134 juta) pada kuartal pertama karena lonjakan pengeluaran operasional ini, dibandingkan dengan kerugian operasional sebesar €6 juta (£5 juta) pada tahun sebelumnya. 

Dawn Ostroff, yang berperan penting dalam penandatanganan kontrak dengan Duke dan Duchess of Sussex, juga mengundurkan diri dari perusahaan. Pengumuman ini datang di tengah pemutusan hubungan kerja massal di perusahaan. Ms. Ostroff bertanggung jawab atas investasi layanan streaming di bidang podcasting, termasuk seri “Archetypes” dan kontrak dengan komedian dan pembawa acara podcast populer Joe Rogan.

Menanggapi kegagalan ini, Spotify telah bergerak cepat untuk melakukan penataan ulang strategis grup mereka. Sahar Elhabashi, kepala bisnis podcast Spotify, mengumumkan pemecatan 200 pegawai sebagai bagian dari rencana restrukturisasi grup mereka. Keputusan ini, meski sulit, diharapkan bisa membantu perusahaan mencapai pertumbuhan audiens dan monetisasi yang lebih baik.

Keputusan ini muncul hanya lima bulan setelah perusahaan mengurangi 600 posisi lainnya, yang menunjukkan dampak berat dari investasi podcast bagi perusahaan.

Spotify berencana untuk menata ulang dan merampingkan operasi podcast internal mereka, dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang mencapai 2 persen dari total tenaga kerja mereka. Kepala Eksekutif Daniel Ek menyatakan bahwa restrukturisasi ini akan memastikan “efisiensi, pengendalian biaya, dan mempercepat pengambilan keputusan”.

streaming

Pasca Kerajaan: Harry & Meghan dalam Media & Bisnis

Meski telah melepaskan peran kerajaan, Harry dan Meghan masih bisa mempertahankan gelar Duke dan Duchess of Sussex. Gelar ini adalah gelar yang diberikan pada hari pernikahan mereka oleh Ratu Elizabeth.

Pada Maret 2021, dalam wawancara dengan Oprah, Harry mengungkapkan bahwa ia dan Meghan mengandalkan warisan dari Putri Diana setelah mereka memutuskan untuk meninggalkan kerajaan dan pindah ke AS. Sementara itu, Markle menghasilkan sekitar $2 juta dari karirnya sebagai aktris, terutama berkat perannya sebagai Rachel Zane di serial TV ‘Suits’.

Setelah pindah ke Los Angeles AS pada tahun 2020, Duke dan Duchess of Sussex ini juga menandatangani kesepakatan konten dengan Netflix. Kesepakatan ini melibatkan produksi berbagai konten, seperti film dokumenter, acara berbasis naskah, film layar lebar, dan program anak-anak. 

Raksasa streaming video Netflix telah merilis film dokumenter “Harry & Meghan” yang menceritakan kisah hubungan mereka dan peristiwa yang memicu perpisahan mereka dengan keluarga kerajaan. Pasangan ini telah membuat sejumlah film dokumenter yang menyingkap alasan-alasan mereka memutuskan untuk meninggalkan tugas kerajaan. Film dokumenter mereka, ‘Harry & Meghan’, berhasil mencetak rekor penayangan dengan total 81,55 juta jam penayangan global dalam minggu pertama peluncurannya.

Pangeran Harry juga baru-baru ini merilis memoarnya, “Spare,” yang mengungkapkan rincian kehidupannya di keluarga kerajaan. Memoar Harry ‘Spare’ berhasil terjual lebih dari 3,2 juta kopi di seluruh dunia dalam format cetak, audio, dan digital pada minggu pertama penerbitannya. Buku ini kabarnya bagian dari kesepakatan multi-buku senilai $20 juta. Harry juga menyumbangkan $1,5 juta dari hasil penjualan buku tersebut kepada organisasi Sentebale, yang mendukung anak-anak dan remaja yang terkena dampak HIV.

Di sisi lain, rumor perceraian dan keputusan mereka untuk berhenti dari dunia hiburan menjadi topik panas yang mewarnai karir mereka. Keputusan mereka untuk mengundurkan diri dari industri hiburan dan tidak menulis lebih banyak memoar diambil untuk mencegah serangan lebih lanjut terhadap keluarga kerajaan dan untuk mencegah pengungkapan detail tambahan tentang alasan mereka mundur dari tugas kerajaan.

Setelah penghentian podcast, juru bicara Archewell Productions, perusahaan media milik Markle, mengumumkan bahwa ia akan tetap menciptakan konten untuk pendengar “Archetypes” melalui platform lain.

Harry dan Meghan saat ini tinggal di kota Montecito, California Selatan, di sebuah rumah yang dibeli dengan harga $14,7 juta.

Kesimpulan

Spotify, platform streaming asal Swedia menghadapi kerugian finansial dan strategis signifikan akibat investasi besar-besaran dalam podcast yang melibatkan selebriti, termasuk “Archetypes” oleh Meghan Markle dan Pangeran Harry. Penurunan kinerja podcast ini serta dampak keuangan dari berinvestasi dalam podcast telah memicu pemotongan pekerjaan dan restrukturisasi internal di Spotify. Meski podcast tersebut telah dihentikan, Spotify berencana untuk melakukan penataan ulang strategis dan fokus pada pengembangan podcast orisinal sebagai cara untuk memacu pertumbuhan audiens dan monetisasi.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Sam Altman: Kerjasama Global Dalam Mitigasi Risiko AI

0
Sam Altman

Sam Altman, CEO OpenAI pengembang ChatGPT, mengemban misi penting untuk mendorong koordinasi global dalam bidang kecerdasan buatan (AI). Dalam perjalanannya, ia berkunjung ke Indonesia untuk berbicara di forum tentang AI dan memperluas pemahaman masyarakat tentang teknologi ini. Altman mencatat bahwa ketertarikan yang tinggi terhadap Generatif AI dan dampaknya terhadap regulasi teknologi yang berkembang pesat adalah tema penting dalam perjalanannya ke berbagai negara kali ini. Dilansir dari Kompas, Tempo, Voi, berikut pembahasan selengkapnya. Yuk disimak!

sam altman

ChatGPT dari OpenAI

ChatGPT adalah sebuah program bot berbasis AI yang dikembangkan oleh OpenAI. Ini merupakan program komputer AI yang didirikan pada tahun 2015 oleh beberapa tokoh teknologi terkemuka seperti Sam Altman, Elon Musk, Greg Brockman, dan Ilya Sutskever dan dirilis ke publik pada November 2022. Program ini membantu berbagai jenis pekerjaan manusia, seperti terjemahan teks dan penulisan otomatis, dan dapat digunakan sebagai asisten virtual untuk membantu pengguna menyelesaikan tugas-tugas tertentu.ChatGPT dapat dilatih dan membantu mempercepat proses produksi dan meningkatkan efisiensi suatu pekerjaan. Sejumlah negara sedang mempertimbangkan peraturan baru mengenai teknologi kecerdasan buatan, termasuk G7. 

Sam Altman dan Tur Global

Mungkin tidak ada yang lebih berarti bagi CEO OpenAI, Sam Altman, selain ketika ribuan peneliti dan pemimpin industri teknologi dalam sebuah surat terbuka pada akhir Maret lalu menyerukan moratorium pengembangan kecerdasan buatan (AI) yang lebih canggih dari GPT-4.

Potensi GPT-4, chatGPT versi 4, dianggap memiliki kemampuan untuk mengubah dunia secara drastis, sehingga memicu kesadaran akan urgensi regulasi AI.

Tak lama setelah surat terbuka tersebut beredar, Altman merencanakan sebuah tur keliling dunia. 

Altman meyakini bahwa AI adalah salah satu revolusi teknologi yang sangat berdampak dalam sejarah manusia. Meski berpotensi merubah dunia, ia berpendapat bahwa AI harus dipandu dan diarahkan dengan baik. Ini menjadi dasar dari perjalanannya di berbagai negara, berusaha meyakinkan dunia tentang potensi revolusi AI dan pentingnya regulasi AI. Dia berargumen bahwa AI tidak bisa, dan tidak boleh, dihentikan. 

Dia mencoba meyakinkan dunia tentang potensi revolusi AI. Ia telah bertemu dengan Kongres Amerika Serikat, Komisi Eropa, Presiden Prancis, Perdana Menteri India, Presiden Israel, dan Presiden Korea Selatan. Indonesia menjadi negara ke-21 yang ia kunjungi dalam satu bulan terakhir.

Setelah Korea Selatan dan Jepang, Altman mengunjungi Singapura, Indonesia, dan Australia. Altman berharap untuk membangun optimisme mengenai koordinasi global dalam bidang kecerdasan buatan (AI). Dengan dukungan dari Microsoft Corp, OpenAI berusaha untuk memanfaatkan minat yang meningkat pada AI generatif dan mendorong pengaturan yang tepat bagi teknologi yang berkembang dengan pesat ini.

Sam Altman: Kerjasama Global dalam Mitigasi Risiko

Altman percaya bahwa kerjasama global dalam mitigasi risiko yang mungkin timbul dari AI bisa terwujud. Eksistensial seperti apa yang dimaksud? Misalnya, bagaimana cara kita mengatur dan menyesuaikan peraturan saat ini untuk menampung potensi AI, khususnya dalam menciptakan teks dan gambar, sebuah kemampuan yang mendorong antusiasme sekaligus kekhawatiran dalam berbagai industri.

Menyesuaikan peraturan untuk mengakomodasi perkembangan teknologi AI merupakan tantangan utama yang dihadapi oleh regulator saat ini. Uni Eropa dan Amerika Serikat telah mengambil tindakan dalam menangani masalah ini, dengan masing-masing bergerak cepat untuk merancang undang-undang baru atau menyesuaikan peraturan yang sudah ada. Mereka berupaya merumuskan pedoman baru untuk mengatur penggunaan AI generatif, yang memiliki potensi untuk mengubah berbagai industri. 

Pada awal kunjungan ini, Altman mengakui skeptisnya tentang kemungkinan kerjasama global untuk mengurangi risiko eksistensial AI dalam jangka pendek. Namun, setelah berinteraksi dengan berbagai pemangku kepentingan di seluruh dunia, optimisme Altman tumbuh. Dia percaya bahwa masyarakat global dapat bekerja sama untuk membentuk arah AI, sebuah pandangan yang dia bagikan saat berbicara dengan mahasiswa di Tokyo.

Selama kunjungannya ke Jepang pada bulan April, Sam Altman bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida. Altman juga menunjukkan ketertarikan untuk membuka kantor OpenAI di negara itu. Meskipun Jepang mungkin tertinggal dalam layanan AI yang saat ini populer di kalangan konsumen, Altman menghargai komitmen perusahaan manufaktur besar Jepang terhadap teknologi otomasi dan melihat potensi kerjasama yang besar.

Kunjungan Altman juga mencakup Jakarta, dimana dia berbicara tentang AI dalam forum “Conversation with Sam Altman” yang diselenggarakan oleh Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Buatan (KORIKA).

KORIKA sendiri adalah sebuah organisasi quad-helix yang terdiri dari pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, dan komunitas yang bekerja sama untuk mengakselerasi inovasi AI di Indonesia. Altman, sebagai salah satu tokoh terkemuka dalam teknologi dan pencipta ChatGPT, berbagi pemikiran dan pengetahuannya tentang AI di acara tersebut. 

sam altman

Sam Altman dan Diskusi Publik di Jakarta

Dalam acara “Conversation with Sam Altman” yang diselenggarakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Altman yang mengenakan kemeja batik, ciri khas Indonesia,  menyampaikan berbagai pendapatnya mengenai masa depan pendidikan, apa saja yang masih menjadi kelemahan GPT-4, dan upaya kolektif yang dapat dilakukan oleh masyarakat dunia untuk memastikan penggunaan AI yang aman bagi peradaban manusia.

Sesi tanya jawab dengan Altman berlangsung selama satu jam dan dimoderatori oleh Ketua Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Buatan (Korika), Prof. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim, juga secara langsung mengajukan pertanyaan kepada Altman.

Berikut ini adalah petikan tanya jawab dengan Altman. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dikumpulkan dari audiens sebelumnya. Percakapan ini telah diedit untuk mempersingkatnya.

Q: Menurut Anda, siapakah yang ‘memiliki’ kreasi AI? Apa yang dimaksud dengan pemodel AI? Masyarakat penghasil data yang digunakan untuk melatih model AI, atau orang yang memberikan perintah kepada AI?

A: Menurut saya, kita membutuhkan skema baru untuk mengatasi masalah ini. Bagi saya, penting bahwa ada manfaat yang dibagikan kepada komunitas yang datanya telah membantu melatih model AI. Jika Anda adalah seorang kreator yang karyanya digunakan untuk melatih AI, saya rasa Anda juga berhak mendapatkan keuntungan.

Namun, di sisi lain, jika Anda sebagai pengguna dapat memberikan perintah atau perintah unik, hasil keluaran dari AI juga harus menjadi milik pemberi perintah.

Q: Bagaimana Anda melihat masa depan pendidikan? Para guru saat ini sedang panik tentang bagaimana cara menilai kemajuan siswa ketika mereka menggunakan AI.

A: Pendidikan akan berubah secara dramatis. Namun, perubahan yang signifikan seperti itu bukanlah cerita baru. Sepanjang sejarah, masyarakat sering kali mengkhawatirkan masa depan pendidikan setiap kali teknologi baru muncul. Kekhawatiran seperti itu juga muncul dengan munculnya kalkulator dan mesin pencari.

Sama seperti pengenalan kalkulator atau mesin pencari, guru perlu mengubah cara mereka mengevaluasi murid-muridnya. Kami juga akan mengajar siswa dengan cara yang berbeda.

Akan sangat aneh jika saat ini siswa kalkulus tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator selama ujian. Jadi, jika guru masih memaksa siswa mereka untuk menggunakan metode tradisional tanpa bantuan AI, itu juga tidak biasa. Sebab, ketika mereka lulus, jika tidak terbiasa menggunakan alat bantu AI, mereka tidak akan mampu bersaing.

Untuk anak-anak yang mulai belajar tahun ini, saya rasa mereka akan jauh lebih mampu dari kita di masa depan karena mereka belajar dengan alat yang lebih baru dan lebih baik. Inilah bagaimana peradaban manusia terus berkembang.

Q: Menurut Anda, apa yang sangat penting bagi umat manusia, tetapi belum bisa dilakukan oleh AI?

A: Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru. Sebagai contoh, Newton menghabiskan banyak waktu untuk belajar dan berdiskusi untuk meningkatkan kemampuan matematikanya. Model AI kami, bisa dikatakan, juga melakukan hal yang sama.

Namun, tidak peduli berapa banyak buku yang dia baca, dia tidak bisa membuat kalkulus dengan iseng. Newton mampu berpikir dan menggunakan daya kreatifnya untuk menemukan hal-hal baru.

Nah, ini adalah sesuatu yang belum bisa dilakukan oleh AI. Untuk berpikir dan menghasilkan ide-ide baru yang belum pernah ada sebelumnya. Jadi saya rasa ini adalah langkah selanjutnya; bagaimana kita bisa mengajarkan AI untuk melakukan hal tersebut.

Q: Sebenarnya, siapa yang menentukan jawaban yang dihasilkan oleh AI? Konsensus para ahli atau panel khusus? Bagaimana dengan bias dari jawaban yang ada?

A: Siapa yang menentukan nilai moral yang dipegang oleh sistem AI, siapa yang menentukan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh AI, akan menjadi sangat penting dan bisa diperdebatkan.

Tapi saya pikir, setiap negara mungkin memiliki aturan yang berbeda mengenai AI. AI bisa saja diinstruksikan untuk membaca undang-undang di Indonesia dan diminta untuk mematuhinya. Kita juga bisa meminta AI untuk mengikuti nilai-nilai moral pribadi kita.

Namun, untuk regulasi skala besar, saya rasa tidak harus ditentukan hanya oleh OpenAI. Saat ini, nilai-nilai dalam ChatGPT ditentukan oleh para peneliti di OpenAI. Namun, di masa depan, kami ingin membuat proses ini sedemokratis mungkin.

Saya juga percaya bahwa perlu ada sikap global yang disepakati oleh semua negara. Menciptakan kesepakatan global ini tentu saja akan sulit, tetapi kita telah berhasil melakukan hal serupa sebelumnya. Seperti misalnya perjanjian tentang hal-hal seperti bom atom dan senjata biologis.

Q: Apa yang telah dan akan dilakukan OpenAI untuk meningkatkan kemampuannya dalam memproses bahasa Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan inklusivitas secara global?

A: Ini memang tujuan kami. Kemampuan bahasa Inggris dari GPT-3 sudah cukup baik, tetapi hanya cukup untuk bahasa lainnya. GPT-4 dapat memahami 20 persen bahasa terpopuler di dunia dengan baik, namun mungkin masih kurang untuk 80 persen bahasa lainnya.

Kami berharap GPT-5 dapat memahami bahasa-bahasa lain di dunia dengan baik, termasuk dialek-dialek tertentu. Kami membutuhkan bantuan untuk itu.

Bila Indonesia dapat memberikan datasetnya kepada kami, kami akan dengan senang hati menerimanya dan mengintegrasikannya ke dalam model AI kami berikutnya. Model AI berikutnya akan sangat berguna bagi masyarakat Indonesia, dan kami akan sangat senang untuk berkolaborasi dalam hal ini.

Kesimpulan

Kunjungan Sam Altman, CEO OpenAI, ke berbagai negara termasuk Indonesia, untuk mendorong pemahaman dan regulasi global mengenai teknologi kecerdasan buatan (AI),  membahas tentang urgensi regulasi AI, terutama seiring dengan kemunculan model AI yang lebih canggih seperti GPT-4. Altman percaya bahwa AI memiliki potensi untuk mengubah dunia, namun harus dipandu dan diarahkan dengan baik. Dia berpendapat bahwa AI tidak bisa dan tidak boleh dihentikan, tetapi harus diatur dengan tepat. Altman juga berbicara tentang kerjasama global dalam mitigasi risiko yang mungkin timbul dari AI dan pentingnya untuk menyesuaikan peraturan saat ini untuk menampung potensi AI.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!