Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Buat kamu yang berkecimpung dalam dunia pemasaran, tentu familiar dengan berbagai teori yang bisa dijadikan pegangan dalam merancang kampanye. Salah satu teori yang kerap menjadi rujukan adalah prinsip-prinsip dalam pemasaran yang mampu membangun kerangka kerja aplikatif dalam berbagai proyek, dan tentunya, meningkatkan penjualan. Dengan memahami dan menerapkan metode ini, tim perusahaan dapat berkolaborasi dan menciptakan pendekatan yang efektif demi meraih kesuksesan kampanye pemasaran. Nah, dilansir dari indeed.com, di artikel ini kita akan berbincang tentang marketing mix 7P, apa saja kegunaannya, dan bagaimana ia berbeda dari marketing 4P. Kami juga akan memberikan beberapa contoh bagaimana prinsip-prinsip ini dapat diterapkan. Yuk disimak!
Daftar Isi
Apa saja Marketing Mix 7P?
Marketing mix 7P adalah metode yang terdiri dari tujuh prinsip berbeda. Prinsip-prinsip ini bisa dipakai oleh para profesional pemasaran untuk menciptakan dan menerapkan strategi yang mampu menarik pelanggan, memacu penjualan, dan meningkatkan pendapatan. E. Jerome McCarthy, pencetus 7P pemasaran, meluncurkan konsep ini pada tahun 1960. Prinsip ini mencakup tiga prinsip tambahan yang memperkaya konsep asli dari empat P pemasaran. Yuk, kita bahas setiap elemen dari tujuh P ini dan bagaimana kamu bisa mengaplikasikannya dalam strategi pemasaranmu:
Product (Produk)
Produk adalah representasi dari barang atau layanan fisik yang ditawarkan oleh suatu merek. Produk fisik memerlukan pertimbangan terkait penampilan dan fitur, sementara layanan biasanya berfokus pada kualitas dan hubungan dengan pelanggan. Bagian ini membantu konsumen mengetahui bagaimana produk atau layanan merek dapat menyelesaikan masalah mereka dan mengapa mereka sebaiknya memilihnya. Misalnya, kamu bisa menggunakan SEO, menulis blog atau artikel, atau memanfaatkan influencer marketing untuk memperkenalkan produkmu dalam strategi pemasaran digital.
Price (Harga)
Harga berarti strategi penetapan harga yang digunakan perusahaan untuk produk atau layanannya. Prinsip ini bisa diterapkan dengan meneliti pesaing, menganalisis biaya, dan menetapkan harga produk. Saat menentukan harga, pikirkan berapa yang diharapkan konsumen akan bayar untuk produk tersebut. Misalnya, kamu bisa menawarkan pilihan langganan untuk produk atau layananmu yang memberikan diskon, atau menggunakan email marketing untuk menawarkan kupon dan diskon kepada pelanggan.
Place (Tempat)
Tempat merujuk pada di mana perusahaan menyediakan produknya, bisa jadi di toko fisik atau situs web e-commerce. Pemasar menentukan tempat dengan melihat tren pembelian konsumen dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi siklus pembelian. Siklus pembelian adalah kesadaran konsumen akan tantangan mereka, meneliti produk atau layanan untuk menyelesaikannya, mempertimbangkan pilihan mereka berdasarkan penelitian mereka, memilih dan membeli produk atau layanan dan menilai apakah pembelian tersebut membantu masalah mereka dan apakah konsumen dapat kembali.
Promotion (Promosi)
Pada ranah pemasaran, prinsip promosi memiliki peran penting dalam menentukan di mana dan bagaimana cara pemasar menyebarkan informasi produk atau layanan mereka kepada para pelanggan sasaran. Misalnya, mereka harus mempertimbangkan strategi promosi dan aktivitas pelayanan pelanggan yang tepat dalam menentukan media yang paling efektif untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Di dalam strategi pemasaran sebuah perusahaan, berbagai metode promosi, baik secara langsung di toko maupun secara online, dapat dipilih untuk menarik minat konsumen. Beberapa contoh strategi promosi online yang bisa dipertimbangkan antara lain siaran langsung, interaksi melalui fitur chat, atau penyelenggaraan acara eksklusif di media sosial.
Physical Evidence (Bukti Fisik sebagai Validasi)
Bukti fisik dalam konteks ini merujuk pada upaya dalam membentuk reputasi perusahaan, membangun citra merek, dan menegaskan kualitas produk dan layanan, serta meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen secara menyeluruh. Kesadaran merek ini penting bagi konsumen saat mereka mencari solusi untuk tantangan yang mereka hadapi dan mempertimbangkan tempat untuk melakukan pembelian. Bukti fisik dapat dikumpulkan melalui berbagai cara, seperti pembuatan dan distribusi kartu nama perusahaan. Di samping itu, bukti fisik juga dapat berupa bukti transaksi pelanggan, seperti tanda terima digital atau fisik, email follow-up yang mengkonfirmasi pembelian produk, dan faktur.
Misalnya, jika ini adalah toko fisik, bukti fisik dapat mencakup tampilan toko, seragam staf, signage, atau bahkan nota belanja. Untuk bisnis online, ini bisa berupa desain situs web, ulasan pelanggan, atau komunikasi email.
People (Peran Individu dalam Perusahaan)
Elemen ‘orang’ dalam pemasaran merujuk pada individu-individu yang memiliki keahlian dan pengetahuan mendalam, yang membentuk tim pemasaran dan penjualan perusahaan. Elemen ini juga bisa merujuk pada teknologi seperti chatbot di situs web perusahaan, yang dapat membantu konsumen dengan pertanyaan mereka selama berinteraksi online. Para profesional ini bertugas memberikan dukungan kepada pelanggan, membangun relasi dengan mereka, dan menerapkan strategi untuk meningkatkan semua aspek pengalaman pelanggan. Dengan memastikan tim layanan pelanggan berperilaku sopan dan profesional, dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Jika konsumen memiliki pengalaman positif dengan perusahaan, mereka cenderung merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain, yang secara langsung dapat mendukung proses penjualan.
Process (Pentingnya Proses)
Elemen ‘proses’ merujuk pada serangkaian prosedur yang dilakukan oleh perusahaan dalam menghasilkan produk dan layanan mereka, termasuk proses promosi dan penjualan produk baru. Menggunakan prinsip ini, operasi produksi dapat lebih efisien, aktivitas promosi dapat ditingkatkan, dan proses penjualan produk bisa berlangsung lebih cepat. Saat merancang proses bisnis, penting untuk memastikan bahwa proses tersebut sejalan dengan nilai-nilai yang dipegang perusahaan. Misalnya, perusahaan pakaian yang mendapatkan sumber daya dari tempat yang etis harus memastikan bahwa operasinya berkelanjutan dan ramah lingkungan.
Mengapa Marketing Mix 7P Penting dalam Bisnis?
Konsep marketing mix 7P sangat vital karena membantu perusahaan dalam meninjau dan merevisi strategi pemasaran mereka. Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka menerapkan teknik-teknik terbaik dan segera mengidentifikasi jika ada tantangan yang harus diatasi. Selain itu, mengaplikasikan teori pemasaran dalam aktivitas bisnis anda akan memberikan berbagai manfaat seperti:
- Menyadari dan mengikuti tren pasar terbaru untuk terus memenuhi kebutuhan pelanggan
- Memperkuat posisi perusahaan di pasar dan industri
- Meningkatkan jangkauan pasar dan memperoleh pelanggan baru
- Membangun minat di pasar baru dan meningkatkan kesadaran merek
- Meningkatkan penjualan produk, penjualan silang, dan mempertahankan pelanggan
Perbedaan Antara Marketing Mix 7P dan 4P dalam Pemasaran
Tujuh P merupakan pengembangan lebih lanjut dari konsep 4P pemasaran, namun ada beberapa perbedaan utama. Dalam konsep 4P, fondasi pemasaran hanya mencakup produk, harga, tempat, dan promosi. Sementara itu, 7P menambahkan tiga prinsip lagi: proses, orang, dan bukti fisik. Perbedaan lainnya adalah 4P biasanya lebih sesuai untuk bisnis yang menjual produk fisik, sedangkan tambahan prinsip dalam 7P memungkinkannya untuk diterapkan dalam bisnis berbasis layanan.
Contoh Pengaplikasian Marketing Mix 7P dalam Bisnis
Berikut beberapa contoh bagaimana bisnis berbasis produk dan layanan dapat menerapkan konsep 7P dalam strategi pemasaran mereka:
Contoh Marketing Mix 7P (1)
Vanessa’s Aromatherapy Shop menjual campuran aromaterapi melalui toko online. Tim pemasaran menerapkan tujuh P pada setiap aspek pengembangan produk dan siklus penjualan:
Produk: Bisnis ini berfokus pada label dan desain khusus yang indah untuk produk dan toko online serta menyediakan campuran khusus dari permintaan pelanggan.
Price (Harga): Merek ini menganalisis harga pesaing dan membangun strategi penetapan harga untuk produk yang tersedia dan campuran khusus.
Tempat Vanessa’s Aromatherapy Shop adalah bisnis kecil yang menyediakan produknya di toko fisik dan online. Bisnis ini hanya menyediakan bahan-bahan segar dan menyimpan produk dalam jangka waktu yang lebih pendek, yang berarti bisnis ini dapat menghasilkan lebih banyak penjualan online daripada di dalam toko.
Promosi: Kegiatan promosi untuk merek dapat mencakup taktik pemasaran digital dan fisik, seperti iklan media sosial, strategi konten, dan acara pameran kerajinan lokal untuk membangun kesadaran di sekitar bisnis.
Proses: Tim pemasaran bisnis menentukan waktu rata-rata yang dibutuhkan pengrajin untuk membuat produk dan mengidentifikasi waktu dalam memperkenalkan produk baru dan pembelian pelanggan. Informasi ini dapat membantu menghasilkan strategi yang efektif untuk mengurangi waktu penjualan.
Orang: Perusahaan mempekerjakan dua pengrajin yang membuat produk aromaterapi, empat profesional tim pemasaran, tiga spesialis penjualan, tim layanan pelanggan, seorang desainer grafis, pengembang web, spesialis TI, dan pemegang buku.
Bukti fisik: Untuk membangun kesadaran merek, para pemasar membuat penawaran khusus, menghadiri pameran dagang langsung, dan membangun jaringan dengan para profesional perawatan kesehatan dan terapis pijat. Para profesional juga menerapkan beberapa strategi pemasaran digital untuk membangun reputasi positif dan meningkatkan pengaruh di pasar.
Contoh Marketing Mix 7P (2)
Spring City Computer Repair adalah bisnis kecil yang menawarkan layanan perbaikan dan pemecahan masalah komputer. Tim promosi bisnis ini menggunakan tujuh P untuk mengevaluasi operasi, kualitas layanan, dan efisiensi dalam menghasilkan pendapatan:
Produk: Tim pemasaran menganalisis penawaran bisnis, yang mencakup perbaikan komputer yang cepat dan andal. Perusahaan ini juga berfokus pada kualitas, memberikan waktu hingga tiga bulan kepada pelanggan untuk menguji perbaikan dan meminta layanan tambahan.
Harga: Spring City Computer Repair memiliki harga yang kompetitif, sering kali lebih rendah daripada toko-toko lokal lainnya. Merek ini mungkin mengenakan harga yang lebih tinggi untuk pekerjaan semalam atau komputer dengan suku cadang yang tidak biasa.
Tempat: Perusahaan perbaikan ini memiliki satu lokasi di dekat perguruan tinggi komunitas kotanya dan satu lagi di Main Street. Tim pemasarannya mengevaluasi persepsi pelanggan terhadap etalase untuk memastikan lingkungan yang bersih dan aman.
Promosi: Satu lokasi toko menggunakan papan reklame dan papan nama lokal untuk mengiklankan layanan perbaikan, sementara lokasi lainnya mengadakan malam permainan untuk mempromosikan layanan perbaikan dan pemeliharaan komputer pribadi berkecepatan tinggi. Bisnis ini juga mempertahankan kehadiran media sosial yang aktif, dan tim TI mengadakan podcast online setiap minggu untuk menjawab pertanyaan dan mempromosikan layanannya.
Proses: Perusahaan memiliki beberapa prosedur untuk menjawab klaim layanan perbaikan secara langsung dan online. Tim pemasaran menerapkan prinsip proses untuk memastikan pelanggan mengalami proses yang sederhana dalam menjawab pertanyaan, meminta perbaikan, dan membayar tagihan layanan.
Orang: Merek ini memastikan stafnya memiliki pengetahuan dan informasi terkini tentang tren teknologi, pendekatan solusi, dan aplikasi perbaikan dan diagnostik komputer terkini. Merek ini mempekerjakan spesialis TI bersertifikat, pengembang perangkat lunak dan perangkat keras, teknisi dukungan pelanggan, dan profesional akuntansi.
Bukti fisik: Spring City Computer Repair menggunakan metode promosi digital dan offline untuk membangun kesadaran, memperkenalkan diskon layanan, dan terlibat dengan komunitas. Bisnis ini mempertahankan kehadiran media sosial dan melibatkan pelanggan saat ini dan masa lalu yang memberikan ulasan pada platform ulasan bisnis online utama.
Kesimpulan
Pemasaran adalah aspek penting dari setiap bisnis yang berfokus pada produk dan/atau layanan. Pendekatan marketing mix 7P dalam pemasaran mencakup prinsip-produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang, dan proses. Prinsip ini membantu bisnis dalam mengatur strategi mereka, memahami pelanggan, dan mencapai tujuan mereka. Selain itu, 7P juga membantu perusahaan dalam mengenali dan mengikuti tren pasar, memperkuat posisi mereka di pasar dan industri, meningkatkan jangkauan pasar, memperoleh pelanggan baru, membangun minat di pasar baru, dan meningkatkan penjualan produk. Semoga informasi ini berguna ya!
Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.