Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 110

Perusahaan Dagang : Contoh, Pengertian, dan Karakteristik

0
perusahaan dagang

Istilah perusahaan perdagangan sudah tidak asing dalam dunia bisnis dan ekonomi. Akan tetapi istilah ini mungkin membingungkan masyarakat awam yang mengenal perusahaan serta dagang sebagai dua hal yang berdiri sendiri. Lantas, apa yang dimaksud dengan perusahaan perdagangan?

Perusahaan perdagangan selama ini telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Anda mungkin tidak menyadari jika selama ini Anda membeli barang-barang kebutuhan di perusahaan perdagangan. Dari namanya, Anda bisa menerka bahwa secara sederhananya, perusahaan dagang adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan.

Yuk cari tahu jawabannya di ulasan lengkap perihal pengertian perusahaan perdagangan, karakteristik perusahaan dagang, hingga contoh-contoh dari perusahaan dagang berikut ini!

Mengenal Pengertian Perusahaan Dagang

perusahaan-dagang

Perusahaan perdagangan terdiri dari dua kata yakni “perusahaan” dan “dagang”. Arti dari kedua kata ini membangun pengertian perusahaan perdagangan itu sendiri. Perusahaan merupakan tempat berkumpulnya keseluruhan faktor produksi dengan tujuan memperoleh suatu keuntungan. Perusahaan juga merupakan suatu usaha yang bersifat tetap sebab dikelola menggunakan suatu sistem organisasi secara terus-menerus. Sementara arti kata “dagang” adalah proses menjual suatu barang kepada konsumen.

Menarik benang merah dari arti kedua kata tersebut, maka perusahaan dagang adalah suatu perusahaan yang menjual barang untuk mendapatkan keuntungan. Perusahaan ini membeli barang dari produsen atau distributor untuk jual kembali kepada konsumen. Barang yang dijual pun tidak diubah sama sekali baik bentuk maupun kualitasnya.

Ada berbagai ragam dan jenis perusahaan ini di sekitar kita yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Contoh perusahaan dagang yang bertebaran di masyarakat ada banyak sekali, seperti supermarket, mal, dan toko kelontong. Supermarket, mal dan toko-toko kelontong biasanya membeli barang dagangan mereka di suatu pemasok barang. Barang-barang tersebut disimpan, kemudian dijual kembali ke konsumen dengan harga yang berbeda. Barang-barang dijual juga sama sekali tidak berubah bentuk serta kualitasnya.

Itulah gambaran dari perusahaan perdagangan yang sebenarnya telah sering Anda kunjungi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mengetahui Karakteristik Perusahaan Dagang

Setelah memahami pengertian perusahaan dagang, kini saatnya mengenal karakteristik perusahaan dagang. Perusahaan ini memiliki karakteristik serta ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dari jenis usaha dagang yang lain.

Terdapat dua hal mendasar yang menjadi karakteristik perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan. Dua hal tersebut adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan serta kegiatan akuntansi.

Karakteristik Usaha yang Dilakukan

Perusahaan tipe ini membeli barang dagangan dari pemasok  barang (produsen atau distributor), untuk dijual kembali kepada produsen. Barang yang dijual tidak mengalami proses pengolahan atau perubahan sama sekali dari pihak perusahaan penjual. Oleh karenanya, barang-barang sampai ke tangan konsumen dengan kualitas serta bentuk yang sama seperti hasil produksi.

Karakteristik Berdasarkan Kegiatan Akuntansi

Karakteristik berikutnya adalah berdasarkan kegiatan akuntansi. Perusahaan ini menjalankan bisnisnya menggunakan akun persediaan barang dagangan. Dalam akun tersebut terdapat perhitungan harga pokok jual serta laporan pendapatan, keuntungan dan kerugian. Bentuk-bentuk laporan ini terdapat dalam bentuk single step dan multiple step.

Namun selain dua tipe tadi, masih banyak ciri-ciri perusahaan dagang yang lain. Adapun ciri-ciri perusahaan dagang adalah sebagai berikut.

  1. Perusahaan ini termasuk salah satu perantara dari produsen ke konsumen.
  2. Perusahaan ini tidak membuat atau mengolah barang dagangannya, sehingga metode usaha yang digunakan disebut niaga murni.
  3. Keuntungan bersih yang didapatkan dari perusahaan ini adalah total penjualan dikurangi modal dan biaya operasional.
  4. Satu-satunya pendapatan yang diperoleh perusahaan ini adalah melalui penjualan barang.
  5. Memiliki sistem akuntansi yang memuat akun persediaan stok dagangan.

Itulah sejumlah ciri dan karakteristik yang membedakan perusahaan perdagangan dengan perusahaan lain. Apabila ada perusahaan yang memenuhi kriteria serta ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan.

Contoh-Contoh Perusahaan Dagang

contoh-perusahaan-dagang

Ada banyak sekali contoh perusahaan dagang. Di bawah ini sudah kami rangkum 5 contoh perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan yang ada di sekitar Anda. Contoh-contoh ini akan membantu Anda untuk lebih memahami perusahaan perdagangan yang ada.

Perusahaan Barang Produksi

Contoh perusahaan perdagangan yang pertama adalah perusahaan barang produksi. Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan jenis ini melakukan proses jual beli bahan baku untuk membuat produk olahan. Contoh barang dagangannya seperti hasil tani berupa beras, tepung, gula, hingga bahan baku untuk bangunan seperti kayu, paku, pasir, dan lainnya.

Perusahaan barang produksi juga biasanya menjual alat-alat yang digunakan untuk mengolah produk, seperti gergaji, perabotan masak, dan lainnya. Konsumen yang biasa berbelanja di perusahaan barang produksi adalah masyarakat atau pemilik usaha lain yang membutuhkan bahan baku.

Perusahaan Barang Jadi

Berbeda dengan tipe sebelumnya, perusahaan perdagangan jenis ini menjual produk hasil olahan jadi ke konsumen. Perusahaan tipe ini tidak menjual bahan baku, sehingga konsumen yang berbelanja akan langsung mendapatkan barang siap pakai. Sejumlah contoh barang yang dijual di toko ini adalah beragam kebutuhan manusia seperti televisi, kulkas, sepatu, sabun cuci piring, mesin cuci, dan lainnya.

Perusahaan Wholesaler (Perusahaan Perdagangan Besar)

Perusahaan tipe wholesaler adalah perusahaan dengan skala jual beli yang besar. Perusahaan wholesaler membeli produk dari produsen atau pemasok dalam skala besar. Kemudian, barang-barang tersebur dijual kembali kembali dengan besaran skala yang sama besarnya. Target dari perusahaan wholesaler biasanya adalah para pedagang lain yang lebih kecil atau para distributor. Contoh dari perusahaan wholesaler sendiri yakni pedagang grosir.

Perusahaan Middleman (Dagang Perantara)

Contoh perusahaan keempat adalah perusahaan middleman. Berbeda dari pedagang wholesaler, perusahaan middleman Ukuran jual dari perusahaan middleman berada di tengah-tengah; lebih kecil dari wholesaler, akan tetapi masih lebih besar dari retailer.

Meskipun berbeda secara skala, namun sistem perusahaan middleman masih serupa dengan wholesaler. Perusahaan middleman membeli barang dari produsen dalam skala besar. Bedanya, perusahaan jenis ini akan menjual barang-barang kembali dengan skala sedang. Target konsumen dari perusahaan perdagangan jenis ini yakni pedagang pengecer, distributor, dan masyarakat biasa. Contoh dari perusahaan middleman adalah toko subgrosir.

Perusahaan Retailer (Pengecer)

Pernah mendengar istilah pedagang retail? Istilah tersebut memiliki arti sebagai perusahaan pengecer. Perusahaan retailer adalah perusahaan perdagangan yang terkecil jika dibandingkan dengan wholesaler dan middleman.

Jumlah perusahaan retailer atau pengecer pun sangat banyak bertebaran di sekitar kita. Contoh perusahaan retailer sendiri adalag toko, kios, warung, minimarket dan supermarket. Sistem kerja dari perusahaan retailer adalah dengan membeli produk dalam jumlah tertentu dari pemasok. Kemudian, perusahaan retailer akan menjualnya secara eceran ke konsumen. Perusahaan retailer juga bisa jadi pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis.

Itulah ulasan lengkap mengenai definisi, contoh hingga ciri-ciri perusahaan dagang. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda terkait perusahaan perdagangan, ya!
[business-about]

Wirausaha Sukses : 7 Tokoh Kisah Sukses Wirausaha

0
wirausaha sukses

Banyak orang mengidam-idamkan dirinya bisa menjadi pelaku wirausaha sukses. Karir sebagai wirausaha sukses dan ternama memang terdengar menggiurkan, terlebih ketika seseorang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Dibandingkan dengan dulu saat pekerjaan sebagai pegawai negeri adalah primadona di mata masyarakat, sekarang kebanyakan orang memilih banting setir menjadi bos atas bisnisnya sendiri.

Namun perjuangan di dunia wirausaha memang tidak segampang bayangannya. Banyak wirausahawan harus memulai bisnis dari titik nol, kemudian mengalami jatuh bangun sebelum memiliki bisnis yang besar, sukses dan terkenal. Ada banyak tokoh wirausaha sukses dengan sepak terjang kisah kesuksesan berbeda-beda.

Penasaran dengan kisahnya? Berikut ini kisah-kisah inspiratif dari sejumlah wirausahawan sukses di bidang kerajinan yang telah kami rangkum secara khusus. Orang-orang ini adalah wirausahawan sukses di bidang kerajinan yang kisah perjuangannya bisa Anda teladani.

7 Kisah Inspiratif Tokoh Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan

pebisnis sukses

Bidang kerajinan memberi banyak peluang menguntungkan di bidang wirausaha. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak tokoh wirausahawan sukses yang lahir dari bidang kerajinan. Di bawah ini adalah tujuh kisah inspiratif pelaku wirausaha sukses di bidang kerajinan yang telah kami rangkum spesial untuk Anda.

Komang Adi, Sang Pelukis Beromzet 175 Juta Sebulan

pelukis

Kisah wirausaha sukses di bidang kerajinan pertama datang dari Pulau Dewata. Ialah Komang Adi, seorang pelukis terkenal hingga kancah internasional. Pria lulusan Sekolah Menengah Seni Rupa ini mengawali karirnya dari titik nol di tahun 1997. Komang Adi  memulai karir sebagai penjual pigura lukisan dan foto. Tidak mudah bagi Komang Adi untuk mewujudkan mimpinya sebab seni lukis pada masa tersebut masih sepi peminat. Akan tetapi Komang Adi tetap tidak menyerah.

Tiga tahun kemudian, Komang turut menjual lukisannya bersama dengan pigura. Komang melakukan usaha keras mempromosikan bisnisnya. Strategi promosi jitu pilihan Komang yakni melalui kerjasama dengan tour guide. Tujuannya tak lain agar para tour guide mengajak turis berlibur ke tempatnya menjual lukisan.

Seiring berjalannya waktu, lukisan Komang mulai terkenal. Bisnisnya berkembang berkat lukisan buatan Komang yang berkualitas baik. Hingga pada akhirnya, pria asal Gianyar tersebut sukses membangun galeri lukisan miliknya sendiri. Lukisan-lukisan buatannya telah laku terjual ke berbagai negara seperti Perancis, Jerman, Amerika dan Australia dengan omzet hingga 175 juta sebulan.

Nur Handiyah, Pengusaha Sampah Kulit Kerang Bernilai Jutaan Rupiah

kerang

Kisah ini datang dari Nur Handiyah, sang pengusaha sampah kulit kerang beromzet jutaan rupiah. Kisah kesuksesan Nur berawal ketika ia dan sang suami melihat banyak tumpukan sampah kerang. Mereka pun punya ide mengolah sampah kerang menjadi kerajinan tangan. Di tangan kreatifnya, kulit-kulit kerang tersebut disulap menjadi barang pajangan antik seperti vas bunga, lampu, hiasan rumah, piring dan lain sebagainya.

Kesuksesan Nur tidak datang begitu saja. Ia mengaku berbisnis dengan modal nekat dan memanfaatkan modal seadanya. Mereka berdua pun sampai nekat berhenti dari pekerjaan masing-masing untuk fokus menekuni bisnis. Berkat usaha dan kreativitasnya, bisnis kerang Nur pun diminati oleh Pemerintah Cirebon. Sejak saat itu, bisnis Nur melejit drastis. Hingga saat ini, keramik kerajinan Nur telah diekspor ke berbagai negara di belahan Eropa, Timur Tengah, dan Asia.

Diah Rahmalita, Sukses Meraih Jutaan Rupiah Berkat Piring Bekas

Diah Rahmalita adalah pemilik tangan kreatif selanjutnya yang bisa Anda teladani. Diah menggunakan kemampuan seni melukisnya ke barang-barang bekas yang ada di rumahnya. Beragam gelas, piring serta botol ia lukis sehingga layak dijual kembali sebagai suvenir.

Di awal bisnisnya, Diah hanya menggunakan modal seadanya yakni cat, kertas tisu, dan barang-barang bekas. Sempat ada keraguan dan ketakutan dalam benak Diah, terlebih karena ia merasa tak memiliki bakat seni lukis. Namun ia tetap nekat menjalankan usaha. Jatuh bangun ia jalani, termasuk saat-saat mengalami kebingungan mencari pasar.

Akan tetapi bisnisnya masih berkembang sampai sekarang dan di luar perkiraannya. Karya seninya dilirik oleh pemerintah dan Diah kerap mengikuti pameran seni. Sekarang, Diah Rahmalita sanggup meraih omzet penjualan sebesar 10 sampai 20 juta per bulannya.

Eni Aryani, Pebisnis Kaleng Bekas yang Merambah Pasar Australia

Wirausaha sukses di bidang kerajinan lainnya adalah Eni Aryani. Wanita kelahiran Yogyakarta tahun 1979 ini sukses mengolah sampah kaleng hingga menjadi barang unik dan bermanfaat seperti tempat kue, ember, vas bunga, dan lainnya. Setiap barang yang diproduksi oleh Eni memiliki kualitas baik dan oleh karena itu, satu item kerajinan tangan Eni mampu menembus harga hingga 1,2 juta rupiah.

Saat mengawali bisnisnya, Eni berbekalkan modal hanya sebesar 5 juta rupiah. Modal tersebut ia gunakan untuk membeli cat akrilik dan barang bekas sebagai bahan baku dari dagangannya. Seluruh usaha Eni kerahkan untuk memasarkan bisnisnya, mulai dari promosi via online, mengikuti pameran,  hingga akhirnya mampu mendirikan galeri sendiri di daerah Kemang. Kini bisnisnya telah sukses merambah berbagai kawasan di Indonesia hingga ekspor ke Australia.

Made Sutamaya, Sang Pengepul Kayu Berpenghasilan 300 Juta

Kisah wirausaha sukses lain datang dari Bali yakni dari Kioski Gallery. Galeri seni kayu ini dimiliki oleh Made Sutamaya. Uniknya, Made membuat karya seni desain interior senilai jutaan rupiah dari sampah kayu yang ia kumpulkan sendiri.

Made hanyalah seorang lulusan SMA, namun ia mendapatkan skill mengolah kayu berkat pengalamannya selama 23 tahun bekerja sebagai pegawai mebel. Bisnisnya dimulai ketika Made melihat ada banyak sampah kayu berserakan di tepi pantai. Ia pun terpikir untuk mengolahnya menjadi kerajinan. Berbekal paku, gergaji dan lem kayu, Made merintis bisnisnya.

Bisnis Made tidak langsung berjalan dengan lancar. Pada awalnya, galeri Made sangat sepi pembeli. Setiap hari Made menunggu pembeli yang tak kunjung datang. Namun ia tidak cepat putus asa. Akhirnya ia memutuskan mengikuti pameran kesenian dan memperkenalkan produknya di sana.

Setelah itu, Made gencar melakukan promosi di media sosial Facebook.  Usaha gigihnya membuahkan hasil. Made telah menjual banyak olahan kayu seperti meja, kursi, kaca, gantungan lampu dan lainnya di galerinya. Harga produknya pun bervariasi hingga jutaan rupiah. Yang lebih menakjubkannya lagi, Made mampu meraup omzet hingga 300 juta di setiap bulannya.

Naomi Setiono, Menemukan Sukses Lewat Batik

Di usianya yang hampir kepala lima, Naomi adalah wirausaha kerajinan batik yang luar biasa sukses. Bisnisnya didasarkan pada semangat tinggi Naomi untuk melestarikan sekaligus mengembangkan Batik Lasem. Naomi adalah keturunan orang terpandang, namun jalan hidupnya dipenuhi lika-liku kesulitan. Di masa gadisnya, Naomi pernah bekerja sebagai tukang cuci, pemotong batang rokok, hingga kernet bus. Pekerjaan kasar yang ia ambil pun menuai banyak cemooh dari keluarga ningratnya.

Akan tetapi, Naomi tetap mempertahankan sikap baik terhadap keluarganya. Di tengah masa-masa sulitnya, Naomi belajar cara membuat Batik Lasem dari awal. Hingga di tahun 1990, Naomi berkesempatan untuk meneruskan bisnis batik keluarganya.

Ketika memegang bisnis tersebut, Naomi melakukan banyak perubahan sistem, salah satunya adalah memperlakukan para pengrajin batik dengan setara alias rekan kerja. Kala itu Naomi memilih menekuni bisnis Batik Lasem sebab jenis batik tersebut belum terlalu dikenal. Jadilah ia semakin menguatkan tekad untuk memperkenalkan jenis batik tersebut.

Berkat tekad, kegigihan dan doa yang tak putus-putus, Naomi berhasil mewujudkan mimpinya dalam memperkenalkan Batik Lasem. Batik-batik hasil produksinya pun telah laris dipasarkan hingga daerah lain di Jawa seperti Serang, Surabaya dan Medan. Kisah Naomi menjadi bukti bahwa menjadi pengusaha sukses pun bisa didasari dengan modal keinginan memperkenalkan budaya seluas-luasnya.

Fauziah, Si Pengusaha Kain Songket dari Palembang

Tokoh wirausaha sukses di bidang kerajinan yang terakhir adalah Fauziah. Ia menekuni bidang kerajinan kain songket berkat warisan keahlian dari orang tuanya. Sedari kecil Fauziah diajarkan cara membuat kain songket. Kemudian, ketika beranjak dewasa Fauziah pun diberikan kesempatan untuk meneruskan bisnis kain songket milik kedua orang tuanya.

Perjuangan Fauziah dalam mempertahankan bisnisnya patut diacungi jempol. Bisnisnya sempat terhenti dikarenakan masalah modal. Akan tetapi masalah tersebut berhasil teratasi berkat bantuan dana yang ia dapatkan dari PLN sebesar 21 juta. Fauziah tak mudah menyerah.

Ia terus berkarya dan memastikan produk kain songketnya memiliki kualitas terbaik. Hingga saat ini, Fauziah mampu meraih untung bersih hingga 100 juta rupiah per bulannya. Kain songket buatannya pun sudah dijual hingga Jakarta dan Medan. Fauziah juga dikenal sebagai pengrajin kain songket terbaik di Palembang.

Itulah kisah inspiratif dari tokoh wirausahawan sukses di bidang kerajinan. Pengalaman mereka membuktikan bahwa mimpi bisa dicapai jika dibarengi keberanian, tekad, dan kegigihan dalam mewujudkannya. Semoga kisah mereka mampu menjadi inspirasi bagi Anda.

Yuk follow website MARKEY di https://markey.id/ dan dapatkan ratusan artikel tips bisnis  gratis setiap hari! Bisa juga download MARKEY app di Google Play dan Apple Store untuk kenyamanan membaca yang lebih baik.

Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya!

Waralaba Adalah | Jenis-Jenis Waralaba

0
waralaba adalah

Apakah Anda pernah mendengar istilah waralaba? Jika Anda adalah seseorang yang bergerak dalam dunia bisnis pastinya sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Waralaba adalah salah satu bisnis yang dianggap sangat menguntungkan untuk dijalankan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak terkait waralaba, Anda membaca artikel yang tepat karena kali ini kami akan membahas berbagai hal terkait waralaba yang wajib Anda ketahui. Berikut ulasannya.

Waralaba Adalah?

waralaba, waralaba adalah

Dalam bahasa Prancis, waralaba disebut franchise yang berarti hak atau kebebasan. Selain itu, dalam Wikipedia Inggris, waralaba juga bisa didefinisikan sebagai hak-hak untuk menjual produk baik barang ataupun jasa.

Sementara menurut pemerintah Indonesia, pengertian waralaba adalah perikatan di mana salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan serta menggunakan hak kekayaan intelektual atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan mendapat imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain dalam rangka penyediaan atau penjualan produk barang dan jasa.

Sederhananya, pengertian waralaba adalah hubungan kerja sama yang mempunyai kontrak atau perjanjian di antara pemilik waralaba atau franchisor dengan penerima atau franchise. Seringnya, bisnis waralaba dijalankan dalam bentuk pertukaran uang berdasarkan perjanjian kontrak dengan rentang atau jangka waktu tertentu.

Dalam aktivitasnya, waralaba adalah bagian yang bertugas menjual produk atau jasa sesuai dengan ketetapan bersama dengan franchisor. Sedangkan franchisor akan bertugas melakukan pengembangan terkait dengan bisnis.

Jenis-jenis Waralaba

waralaba adalah

Waralaba dibedakan berdasarkan kriteria produk yang ditawarkan dan jenis waralaba menurut asalnya. Berikut penjelasannya.

1. Waralaba Berdasarkan Kriteria Produk

Berdasarkan kriteria produk yang ditawarkan, waralabakembali dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan produknya. Berikut beberapa jenis waralaba berdasarkan kriteria dari produk yang ditawarkan.

1. Waralaba Produk

Waralaba produk adalah waralaba yang menjual produk dalam bentuk barang sepeti makanan. Contoh jenis waralaba makanan adalah produk Mc Donald, KFC, Cakekinia, Kebab Turki, dan banyak lainnya.

2. Waralaba Jasa

Waralaba jasa adalah waralaba yang menjual produk dalam bentuk layanan jasa. Contohnya ialah dalam bidang jasa pendidikan, jasa foto, jasa agen penjualan, jasa travel, serta jasa agen pembayaran, juga banyak lainnya.

3. Waralaba Gabungan

Waralaba jenis ini adalah waralaba dengan kriteria produk dalam bentuk gabungan dari kedua jenis waralaba sebelumnya. Produk yang dijual dalam jenis waralaba ini adalah dalam bentuk barang dan jasa.

2. Waralaba Berdasarkan Asalnya

Selain berdasarkan kriteria produk, waralaba juga dibedakan berdasarkan asal dari bisnis tersebut. Berikut adalah beberapa jenis waralaba berdasarkan asal dari bisnis waralaba tersebut.

1. Waralaba Dalam Negeri

Dalam jenis ini, waralaba adalah kategori bisnis yang termasuk dalam pilihan investasi untuk seseorang yang ingin menjadi pengusaha dengan cepat namun terkendala kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana mengawali dan melanjutkan usaha waralaba.

Dalam jenis waralaba satu ini akan lebih mudah untuk bergabung dan tidak perlu gencar melakukan promosi karena sudah terkenal dan memiliki nama. Contoh waralaba ini ialah waralaba makanan restoran cepat saji.

2. Waralaba Luar Negeri

Waralaba yang satu ini cenderung lebih disukai oleh masyarakat dan konsumen karena waralaba ini telah memiliki sistem yang jelas serta merk perusahaan yang terkenal di seluruh dunia. Selain itu, karena berasal dari luar negeri maka dinilai lebih bergengsi. Contoh waralaba luar negeri adalah Mc Donald dan KFC.

Daftar Bisnis Waralaba Makanan yang Trend 2020

waralaba makanan, waralaba adalah

Bisnis makanan tidak ada matinya, oleh karena itu waralaba makanan merupakan bisnis yang sangat digemari bagi pelaku bisnis pemula. Kegemaran makan banyak orang menjadi alasan mengapa usaha waralaba makanan menjadi pilihan tepat. Apalagi jika makanan yang Anda jual adalah makanan yang terkenal, maka Anda tidak perlu susah membangun dan melakukan promosi dari nol.

Sayangnya, di balik ramainya usaha waralaba makanan, tidak banyak yang mampu bertahan dalam waktu lama. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri sebagai pertimbangan. Namun, jangan berkecil hati karena banyak juga yang mampu bertahan dan menjadi usaha jangka panjang. Untuk itu, berikut beberapa waralaba manakan yang popular dan harus Anda coba sekarang.

1. Kebab Baba Rafi

Waralaba makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing bagi Anda karena sudah sangat terkenal sejak didirikan pada 2005 lalu. Sejak awal berdiri, waralaba makanan satu ini sudah menawarkan sistem waralaba hingga sekarang telah terkenal tidak hanya di seluruh Indonesia bahkan sampai ke Malaysia dan Filiphina. Tentunya dapat Anda simpulkan sendiri betapa popular dan suksesnya makanan satu ini.

Jika Anda ingin bermitra dengan Kebab Baba Rafi, Anda harus menyediakan modal setidaknya Rp75juta. Dengan modal itu, Anda akan mendapatkan kedai dari model gerobak hingga container, karyawan, bahkan akan dicarikan lokasi yang strategis untuk berjualan.

Untuk pendapatan, waralaba ini bersumber dari websitenya, rata-rata pendapatan yang diterima Kebab Baba Rafi setiap harinya ialah Rp650 ribu yang artinya setiap bulan omset yang didapatkan dapat mencapai Rp19.5 juta.

2. Sabana Fried Chicken

Bagi Anda penggemar ayam goreng tentu tidak asing dengan waralaba makanan yang satu ini. Mirip KFC, Sabana Fried Chicken memiliki penggemar tersendiri dengan produk yang dijual dengan harga murah, yaitu Rp15 ribu dengan menu ayam plus nasi.

Untuk bermitra dengan waralaba ini dibutuhkan modal Rp17 juta dan akan diasisteni selama tiga bulan untuk memantau perkembangan usaha Anda. Jika berhasil, satu bulannya Anda akan menerima omset hingga Rp20 juta.

3. Martabak San Fransisco

Meski bernama Martabak San Fransisco, waralaba makanan yang satu ini asli dibuat oleh orang Indonesia yang sudah ada bahkan sejak tahun 1965. Bermula dari Bandung, makanan ini sudah tersebar di wilayah Jabodetabek sampai beberapa kota besar di Sumatera.

Nilai investasi untuk bermitra dengan waralaba yang satu ini cukup besar, yakni dimulai dari Rp90 juta. Namun tidak perlu khawatir karena dalam waktu sebulan saja, Anda akan meraup omset mencapai Rp30 juta. Ini berarti hanya dalam waktu tiga bulan, Anda akan mendapat kembali modal yang sebelumnya di investasikan.

Daftar Bisnis Waralaba Minuman yang Trend 2020

Selain waralaba makanan, waralaba minuman juga digandrungi banyak orang. Banyak minuman kekinian yang dilirik orang. Fenomena ini menjadi isnpirasi untuk mengembangkan usaha minuman dengan peluang yang cukup besar. Saat inipun, banyak perusahaan yang membuat waralaba minuman kekinian agar mencapai berbagai penjuru pangsa pasar.

Waralaba minuman ini menjadi semakin menarik karena modal yang dibutuhkan tidak terlampau besar. Bagi Anda yang berminat, berikut beberapa jenis waralaba minuman yang dapat Anda coba.

1. Waralaba Eight Ice Blend dan Squash

Waralaba minuman ini berdiri semenjak 2014 lalu di kota Cirebon. Kini waralaba minuman ini dapat Anda temukan di beberapa kota besar di Indonesia. Sesuai Namanya, minuman ini terdiri dari 8 rasa untuk menu ice blend serta 6 rasa untuk squash.

Variasi rasa inilah yang menjadi daya tarik waralaba ini sehingga mampu bertahan hingga saat ini. Untuk memulai bisnis ini Anda memerlukan modal sekita 3-7 juta tergantung jenis minuman serta booth yang dipilih.

2. Waralaba Cappucino Cincau Tempo Doeloe

Waralaba berikutnya yang laris ialah waralaba minuman. Walaupun ini adalah waralaba yang sudah ada sejak lama, namun masih popular hingga saat ini dengan semakin banyaknya modifikasi atau variasi cincau dengan minuman jenis lain. Untuk Anda yang ingin membuka waralaba minuman yang satu ini, cukup menyiapkan modal 2 juta rupiah saja. Ini karena peralatan yang digunakan tidak begitu banyak dan ribet.

3. Waralaba Mang Kacau

Waralaba minuman Mang Kacau ini menggunakan bahan dasar parutan cincau atau buble yang kemudian di blend dengan es. Minuman ini memiliki 11 rasa yang tentu disukai semua orang mulai dari Thai Milk tea, green tea latte, taro, white coffee, dark chocolate, matcha, strawberry, chocolate mocca, dan banyak lainnya.

Minuman ini juga telah mendapat label halal dari MUI serta dibuat tanpa pengawat. Modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp5 juta untuk mendaptkan bahan-bahan persachet serta cup dengan booth mini yang eye catching.

Nah, itulah dia berbagai penjelasan terakit waralaba. Waralaba merupakan bisnis yang sangat mudah dan dapat menguntungkan bagi Anda. Kunci sukses bisnis waralaba adalah ketekunan dan keahlian memilih waralaba yang cocok dengan Anda, memiliki kualitas baik dan brandnya sudah terkenal. Waralaba menjadi bisnis yang sangat cocok untuk memulai bisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Promosi Adalah : Pengertian Para Ahli, Tujuan, dan Jenis

0
promosi adalah

Promosi adalah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Terlebih bagi Anda yang memiliki usaha atau menjadi karyawan pada suatu bidang usaha. Ini juga berlaku bagi Anda yang sering membaca blog seperti Markey.id, tentunya sudah sangat sering melihat kata yang satu ini. Namun apakah Anda telah benar-benar memahami pengertian promosi?

Walaupun sudah sering didengar atau dilihat dalam berbagai kesempatan seperti pada saat berbincang dengan teman atau saudara, membaca media cetak, melihat papan-papan reklame di jalan, mendengar radio, menonton televisi, sampai internet dan lainnya, masih banyak orang yang belum memiliki pemahaman yang baik tentang promosi.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, kami akan membahas berbagai informasi terkait pengertian promosi, jenisnya, serta tujuan promosi. Ini semua perlu kita pelajari karena promosi adalah hal yang sangat penting sebagai upaya pengembangan usaha bisnis Anda.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

promosi, promosi adalah

Harper Boyd

Menurut pria yang merupakan ahli pemasaran ini, promosi adalah upaya membujuk seseorang untuk mau menerima produk, konsep, dan gagasan.

Sistaningrum

Menurut Sistaningrum, Promosi adalah upaya atau kegiatan suatu perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual ataupun konsumen potensial dengan tujuan agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan baik saat ini atau dimasa mendatang.

Boone dan Kurtz

Menurut mereka, pengertian promosi adalah suatu proses memberikan informasi, membujuk, dan mempengaruhi keputusan pembelian seseorang.

Rambat Lupiyonoadi

Menurutnya, promosi adalah salah satu variable di dalam bauran pemasaran yang sangat penting untuk dilaksanakan perusahaan dalam memasarkan produk berupa jasa. Promosi bukan saja kegiatan yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara konsumen dengan perusahaan, melainkan juga sebagai alat mempengaruhi konsumen dalam pembelian atau pemakaian jasa sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.

Stanton

Menurut Stanto, promosi adalah kegiatan untuk memberikan informasi kepada kosumen guna memengaruhi dan menghimbau khalayak ramai.

Sesungguhnya banyak sekali pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli di seluruh dunia, namun intinya tetap sama. Dari berbagai pendapat ahli tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian promosi adalah kegiatan menyebarkan informasi produk atau jasa kepada calon konsumen atau target pasar dengan tujuan agar calon konsumen memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan.

Tujuan Promosi Adalah

promotion, promosi adalah

Memberikan Informasi

Promosi yang Anda lakukan dapat menambah nilai suatu barang dengan memberikan informasi terbaik tentang produk Anda terkait harga, kelebihan, manfaat serta kondisi lainnya kepada konsumen. Tanpa adanya penyampaian informasi ini, orang akan segan untuk membeli produk Anda karena tidak mengetahui seperti apa produk Anda.

Komunikasi tentu merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan informasi antara penjual dan pembeli. Manfaat promosi sebagai penyampai informasi ini adalah memberi tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh kedua pihak. Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan masing-masing maka akan terjadi pertukaran atau pembelian yang memuaskan sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

Membujuk dan Mempengaruhi

Selain bermanfaat sebagai media penyampaian informasi, manfaat promosi lainnya ialah untuk membujuk calon konsumen potensial untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan menguraikan berbagai kelebihan produk Anda dibanding produk lainnya, maka akan mempengaruhi calon pelanggan agar yakin untuk memilih produk Anda sebagai jawaban kebutuhan mereka.

Menciptakan Image

Manfaat berikutnya dari promosi yang Anda lakukan ialah memberikan image atau kesan tersendiri kepada calon pembeli. Oleh karena itu, bagian pemasaran Anda harus mampu menciptakan strategi pemasaran yang menarik dan menciptakan image tersebut.

Contohnya seperti menggunakan warna, ilustrasi, dan bentuk yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jargon-jargon yang unik. Ini akan membuat pelanggan Anda mengenali produk perusahaan Anda.

Alat Mencapai Tujuan

Manfaat terakhir promosi ialah digunakan sebagai cara untuk menapai tujuan, yaitu agar terjadi pertukaran atau pembelian yang dilakukan pelanggan sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan. Dalam hal ini, komunikasi menjadi cara yang dapat menunjukkan bagaimana pertukaran itu saling memuaskan antara pelanggan dan penjual yang dalam hal ini perusahaan.

Jenis-Jenis Promosi

promosi adalah

1. Periklanan atau Advertising

Periklanan atau advertising merupakan bentuk promosi non personal yang menggunakan media dengan tujuan untuk merangsang pelanggan melakukan pembelian. Periklanan berguna untuk menawarkan produk kepada pelanggan dengan memberikan berbagai alasan logis mengapa produk yang ditawarkan adalah pilihan tepat bagi pelanggan.

2. Personal Selling

Penjualan tatap muka atau personal selling termasuk dalam jenis promosi di mana promosi dilakukan secara personal dengan presentasi secara lisan dalam suatu percakapan bersama calon pembeli dengan tujuan merangsang pembelian.

Ini juga dapat diartikan sebagai kegiatan mempromosikan produk dengan cara mendatangi langsung tempat konsumen berada yang dilakukan oleh seorang wiraniaga atau salesperson. Dengan terjadinya kontak langsung ini maka akan terjalin komunikasi dua arah sehingga baik pelanggan maupun salesperson mengetahui keinginan masing-masing.

Adapaun tugas seorang wiraniaga atau salesperson adalah:

  1. Memberikan informasi terkait produk pada konsumen
  2. Menjelaskan manfaat serta berbagai hal terkait produk pada konsumen
  3. Mejawab argumentasi atau pertanyaan yang diajukan konsumen
  4. Mengarahkan konsumen untuk melakukan transaksi
  5. Memberikan layanan purna jual

Adapun sifat penjualan tatap muka ialah :

  1. Dilakukan secara personal atau terjadinya kontak langsung dengan konsumen
  2. Tanggapan diberikan secara langsung atas pertanyaan atau reaksi konsumen
  3. Mempererat hubungan antara konsumen dengan perusahaan, tentunya apabila layanan diberikan dengan memuaskan.

3. Publicity

Yang termasuk dalam jenis promosi berikutnya ialah publicity atau publisitas yang merupakan bentuk promosi non personal terkait pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan mengulas berbagai informasi mengenai produk yang pada umumnya bersifat ilmiah. Ini juga merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk dengan cara non personal yang bersifat komersial.

Produk akan diiklankan melalui media cetak dan media elektronik serta hasil wawancara yang ditampilkan melalui media terkait. Cara ini sangat tepat sebagai ajang memperkenalkan perusahaan atau produk yang dihasilkan. Ini karena publisitas dapat mencapai pembeli potensial yang tidak dapat dicapai hanya dengan advertising dan personal selling.

4. Sales Promotion

Jenis promosi selanjutnya ialah promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Promosi penjualan atau sales promotion melakukan penawaran produk dengan memberikan perangsang supaya terjadi pembelian. Perangsang ini dapat berupa uang, barang, ataupun pelayanan tambahan lain yang biasanya tidak disertakan bersama produk tersebut. Pada umumnya, sales promotion dilakukan untuk hal berikut ini:

Meluncurkan Produk Baru Perusahaan

Cara promosi dengan memberikan insentif jangka pendek dapat Anda gunakan untuk membantu peluncuran produk baru atau formula baru dari produk yang ada sebelumnya. Ini berguna untuk memberi efek jangka panjang, produk yang diluncurkan harus menjanjikan manfaat yang menguntungkan konsumen, jika tidak demikian pembelian ulang tidak akan terjadi.

Membangun Pola Belanja

Dengan membujuk para pembeli pertama melakukan pembelian ulang, maka keberhasilan terletak dan bergantung pada produk. Semakin menguntungkan produk yang dijanjikan, maka semakin besar promosi yang dilakukan dan membuat terjadinya pembelian ulang produk. Nantinya, pola belanja konsumen atas produk tersebut terbentuk dengan sendirinya.

Meningkatkan Penjualan Produk Pengiring

Sales promotion tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk utama, tapi juga produk pendukung dari produk utama tersebut. Misalnya ketika melakukan promosi produk roti dan terjadi peningkatan penjualan, maka selai sebagai produk pendukung juga akan mengalami peningkatan.

Meningkatkan Pemakaian Produk

Memperkenalkan penggunaan produk baru atau tambahan produk yang ada melalui promosi penjualan, maka akan membuat pemakaian dapat mengalami peningkatan.

Menetralisir Promosi Pesaing

Promosi penjualan juga dapat dilakukan sebagai cara untuk mengimbangi kegiatan promosi yang dilakukan pesaing, khususunya pesaing yang menggunakan kampenye efektif. Tujuan kegiatan ini adalah memelihara konsumen yang ada saat ini. Perusahaan market leader memiliki kepentingan untuk melindungi market share terhadap serangan dari luar, ini dilakukan dengan menggunakan promosi penjualan.

Itulah berbagai informasi terkait promosi yang harus Anda ketahui untuk memasarkan produk Anda. berbagai jenis promosi di atas dapat Anda terapkan agar manfaat promosi dapat Anda rasakan karena promosi adalah cara utama untuk melakukan penjualan. Semoga beruntung!

Mari temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sayonara!

Baca juga

10 Jenis Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

0
ide usaha, ide usaha rumahan, ide usaha sampingan

Sebelum memulai usaha seorang pengusaha harus dapat menganalisa peluang usaha yang jarang dilirik oleh orang lain dan belum banyak pesaingnya. Sehingga jenis ide usaha yang langka memiliki peluang yang besar untuk memajukan usaha dan berkembang besar karena masih jarang peminatnya dan pastinya jarang rugi.

Kali ini kami akan membahas 10 jenis ide usaha yang langka tapi menguntungkan di tahun ini. Jenis usaha ini punya nilai ekonomi yang tinggi. Coba sekarang!

10 Jenis Ide Usaha yang Langka

ide usaha, ide usaha rumahan, ide usaha sampingan

Jenis usaha ini cocok sekali buat Anda yang tidak suka dengan persaingan bisnis yang ketat. Masih jarang sekali yang menjalankan jenis usaha dibawah ini sehingga dapat menghasilkan untung yang maksimal di tahun pertama memulai usaha Anda. Berikut penjelasannya.

Usaha Ternak Cacing

Usaha ternak cacing ini merupakan salah satu ide usaha yang langka tapi menguntungkan yang pertama. Usaha ini sangat cocok sekali buat Anda yang tidak suka usaha yang ribet. Usaha ini cukup dilakukan dirumah dan beberapa kotak tempat membudidayakan cacing.

Cacing ini sangat mudah sekali hidup dan tumbuh subur. Cacing tidak memerlukan perawatan khusus karana cukup dibiarkan saja cacing sudah tumbuh dengan sendirinya, cocok sekali buat Anda yang jarang memiliki waktu luang. Anda hanya perlu tanah yang gembur.

Untuk mendapatkan tanah yang subur Anda bisa mengolahnya sendiri dengan penambahan pupuk dan zat unsur hara. Yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi budidaya harus terlindung dari panas, hal ini karena cacing tidak bisa hidup dalam kondisi panas.

Pakan yang diberikan dapat berupa sari dari makanan sisa. Anda dapat menjual hasil cacing Anda kepada peternak maupun peracik jamu herbal. Modal yang Anda perlukan juga sedikit yaitu sekitar 2 jutaan dengan keuntungan sebulannya mencapai 9 jutaan. Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas Anda bisa menggunakan box yang ditumpuk.

Budidaya Pohon Gaharu

Usaha yang langka tapi menguntungkan yang kedua yaitu usaha pohon gaharu, ide usaha sampingan ini jarang sekali dilakukan oleh orang lain karena modal awal yang cukup besar. Usaha ini cocok sekali buat Anda yang tidak suka usaha dengan banyak pesaing. Walaupun modal awal besar tetapi keuntungannya jauh lebih besar. Dari daun hingga kayu pohon gaharu memiliki nilai jual yang mahal. Satu kilogram daun gaharu dijual dengan harga 30 ribu, sedangkan kayunya perkilogram memiliki harga jual mencapai sepuluh juta, fantastic bukan?

Anda bisa menjualnya dengan pabrik parfum karena batangnya biasanya diolah sebagai parfum. Dan daunnya bisa diolah menjadi teh yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan sulingan minyak daun gaharu dijual sangat mahal permili liternya.

Modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah sekitar 30 juta dengan keuntungan hampir 150 juta tiap bulannya jika sudah panen. Anda bisa mengekspornya keluar negeri terutama daerah timur tengah karena pohon ini banyak diminati didaerah ini.

Usaha Pembuatan Pakan Ternak

ide usaha, ide usaha rumahan, ide usaha sampingan

Usaha ini merupakan ide usaha rumahan yang langka tapi menguntungkan. Memiliki prospek tinggi untuk Anda. Pakan ternak merupakan barang yang dibutuhkan oleh banyak peternak bahkan masyarakat biasa yang memiliki peliharaan unggas.

Anda juga bisa membuat berbagai jenis pakan seperti pakan ikan, pakan ayam, pakan burung dan lainnya. Usaha yang langka tapi menguntungkan ini hanya memerlukan modal 5 juta untuk membeli bahan pakan ternak dan sewa lahan, namun jika Anda sudah memiliki lahan yang luas Anda bisa menggunakan lahan sendiri dengan omset perbulan mencapai 11 jutaan.

Anda bisa bekerja sama dengan berbagai peternak untuk menyuplai produk pakan ternak Anda. Anda juga bisa menjualnya ke distributor penjual pakan ternak dan pupuk yang telah banyak dipasar. Anda bisa mempelajari jenis pakan ternak yang akan Anda produksi ataupun mempekerjakan orang yang ahli dibidangnya tersebut untuk dapat menghasilkan pakan ternak yang berkualitas tinggi, sehingga banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli.

Usaha Kopra

Ide usaha rumahan yang langka tapi menguntungkan berikutnya adalah usaha kopra. Usaha kopra ini mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Kopra adalah daging kelapa yang telah dikeringkan. Usaha kopra ini sangatlah menguntungkan karena pasarnya sangat luas hingga keluar negeri.

Kopra juga memiliki permintaan yang tinggi seiring meningkatnya pengelolaan minyak kelapa. Untuk mendapatkan satu kilogram kopra Anda hanya memerlukan 3 sampai 4 butir. Harga perbutir kelapa sekitar 1000-1500 dengan harga jual kopra perkilo mencapai 30 ribu.  Proses pengeringannya bisa melalui pembakaran ataupun penjemuran dibawah sinar matahari langsung.

Biasanya kopra yang dihasilkan dari penjemuran dibawah matahari langsung memiliki kualitas yang lebih baik dari pada proses pembakaran namun memerlukan waktu yang lebih lama yaitu 4 sampai 5 hari. Keuntungan bersih jika Anda menjualnya secara lokal keuntungannya mencapai 8 juta perbulan.

Jika Anda mengekspornya tentu saja keuntungan yang Anda dapatkan jauh lebih tinggi. Modal awal yang diperlukan untuk usaha ini sangat minim yaitu hanya 4 jutaan saja. Jika Anda menekuni hal ini tidak diragukan lagi Anda pasti berhasil karena proses produksinya yang mudah, pasar yang luas dan pesaing yang sedikit. Anda tertarik dengan usaha langka tapi menguntungkan ini?

Usaha Arang Tempurung Kelapa

ide usaha, ide usaha rumahan, ide usaha sampingan

Arang tempurung kelapa sangat banyak diburu oleh pelaku usaha restoran maupun angkringan dan tukang sate. Namun ide usaha sampingan ini masih langka dan ini bisa dimanfaatkan oleh Anda sebagai usaha dengan pesaing yang sangat sedikit, bahkan arang tempurung kelapa ini banyak dibutuhkan diluar negeri.

Arang tempurung kelapa dari Indonesia ini sangat diminati oleh pasar globar karena arangnya memiliki kalori yang tinggi yaitu 6700-7100 kkal sehingga mempercepat pembakaran dan tidak menghasilkan abu. Kesempatan buat Anda untuk mengekspor arang tempurung kelapa sehingga dapat meningkatkan keuntungan Anda.

Anda hanya memerlukan modal mesin cetak briket seharga 18 juta sampai 20 juta. Dan untuk bahan baku tempurung kelapa Anda bisa bekerja sama dengan berbagai penjual kelapa dipasar. Modal awal usaha yang Anda butuhkan sekitar 24 juta dengan pengeluaran perbulan 8 juta dan penghasilan tiap bulannya mencapai 50 juta.

Untuk membuat arang tempurung kelapa atau briket tidaklah rumit. Pertama arang tempurung kelapa dihaluskan lalu dicampur dengan air dan tambahkan tepung tapioca. Kemudian diaduk hingga tercampur merata. Adonan tersebut kemudian diletakan ditempat cetakan yang sudah disiapkan dan dipotong sesuai bentuk yang diinginkan, bisa kotak atau persegi panjang ataupun lainnya.

Lalu dioven hingga bentuknya berubah menjadi keras. Dan briket siap untuk dipasarkan. Anda bisa menjualnya dengan harga pasaran 6000 sampai 7000 per kilogram dan jika diekspor memiliki harga jual 1, 3 US$ perkilonya. Anda harus memastikan bahwa briket Anda berkualitas baik yaitu tidak mudah hancur dan tidak berbau.

Jasa Print 3D

Pernahkah Anda mendengar jasa print tiga dimensi? Jasa print di kertas (2D) tentu sudah biasa. Namun kecanggihan teknologi kini melahirkan printer jenis baru yang bisa mencetak item 3D.

Membuka jasa print 3D adalah ide usaha rumahan yang menarik dan dijamin laris manis karena masih jarang ada di manapun. Ada banyak item yang bisa Anda buat dengan printer 3D, contohnya merchandise custom, gantungan kunci, case HP, miniatur, standee akrilik dan beragam jenis mainan.

Jasa Desain Seserahan Pernikahan

Ide usaha rumahan “jasa desain seserahan” terbilang menarik karena banyak adat lokal mensyaratkan adanya seserahan, alhasil jasa desain seserahan sejatinya cukup banyak dicari. Namun masih sedikit orang yang membuka jasa ini.

Seserahan pernikahan adalah item wajib yang diberikan mempelai pria dalam sesi lamaran dan akad. Isinya bisa bermacam-macam, tergantung pada permintaan mempelai wanita dan kesepakatan antar keluarga. Jadi Anda bisa berkonsultasi dengan klien sebelum mendesain seserahan sesuai keinginan mereka.

Ide usaha sampingan ini sangat cocok bagi Anda yang suka merangkai hampers atau memiliki jiwa seni dan kreasi yang tinggi. Beberapa contoh seserahan yang sering dibutuhkan warga Indonesia adalah uang mahar dan buket kustom berisi kain kebaya, seperangkat alat sholat, emas, dll.

Tak menutup kemungkinan juga untuk melebarkan target pasar bisnis ini ke warga negara asing yang menyelenggarakan pesta pernikahan di Indonesia. Anda bisa bekerja sama dengan wedding organizer untuk memperoleh klien.

Mengikuti Quiz Berbayar

Mengikuti quiz berbayar adalah ide usaha sampingan menarik yang bisa sekaligus mengisi waktu luang Anda. Sebab selain menghibur, quiz online tentunya menyediakan beragam hadiah seru mulai dari saldo uang, voucher belanja, sampai barang-barang kebutuhan sehari-hari yang bagus.

Anda bisa mengikuti sebanyak-banyaknya lomba-lomba online yang sedang berlangsung di website, aplikasi maupun sosial media. Menariknya lagi, ide usaha rumahan ini bisa Anda kerjakan kapanpun saat Anda memiliki waktu luang. Jadi tidak perlu takut sampai mengganggu aktivitas utama Anda seperti bekerja, mengurus rumah atau sekolah.

Namun ingatlah untuk selalu membaca syarat dan ketentuan quiz sebelum bergabung. Hal ini penting mengingat sekarang ada banyak kasus penipuan berkedok sayembara online. Akan lebih baik lagi jika ada bukti testimoni dari peserta atau pemenang sebelumnya dari kuis yang Anda ikuti.

Jasa Curhat / Teman Ngobrol Online

Apakah Anda memiliki passion di bidang konsultasi atau suka mengobrol dengan orang lain? Ide usaha sampingan ini pastinya akan cocok dengan Anda yang suka mendengar cerita dari seseorang.

Curhat atau berkeluh kesah adalah salah satu kebutuhan masyarakat di zaman modern. Sayangnya, tidak semua orang beruntung bisa punya teman curhat yang baik. Maka dari itu, bisnis jasa curhat online atau teman ngobrol mulai banyak dicari orang-orang masa kini.

Ide usaha rumahan satu ini nyaris tidak menuntut banyak modal, kecuali skill komunikasi dari Anda selaku penyedia layanan. Anda dapat menawarkan jasa mendengarkan curhat online dengan tarif bayaran per jam. Pilihan paket pun bisa dibuat sevariatif mungkin sesuai kebutuhan konsumen; misalnya ada pilihan paket chat, telepon, video call dan voice note.  

Bisnis Kreasi Makanan Unik

Rekomendasi ide usaha sampingan yang terakhir adalah bisnis kreasi makanan unik ciptaan sendiri. Masih ingat dengan fenomena Es Kepal Milo yang viral? Atau, makanan-makanan tenar lainnya seperti mie pedas berlevel, bolu batik, dan risol mayo mozza lumer? Nah, semua bisnis makanan tersebut sejatinya lahir dari resep kreasi ciptaan sendiri di rumah.

Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan emas dengan mencoba menjual makanan lezat yang Anda ciptakan dari dapur di rumah. Anda juga bisa menjual masakan dengan resep khas keluarga yang diwariskan turun-temurun. Nilai otentik dari makanan-makanan tersebut pastinya akan membuat konsumen penasaran dan tertarik untuk memesan. Selamat mencoba!

Nah itu dia 10 jenis ide usaha yang langka tapi menguntungkan. Apakah Anda tertarik mencobanya? Semoga bermanfaat.

Modal Adalah | Jenis-jenis Modal, Sumber dan Manfaat Modal

0
modal adalah

Selama ini, jika kita membicarakan mengenai bisnis, usaha, investasi, dan berbagai cara mendapatkan penghasilan, maka tidak akan terlepas dari modal. Modal adalah satu bagian yang tidak terpisahkan karena semua hal yang akan orang lakukan memerlukan modal.

Contohnya adalah ketika melakukan usaha Anda butuh modal, ketika ingin membeli sesuatu Anda juga butuh modal berupa uang, bahkan untuk tidur saja Anda butuh modal berupa tempat tidur, bantal, dan selimut, Bukankah begitu?

Modal adalah hal dasar yang kita perlukan untuk melakukan berbagai aktifitas, bahkan untuk hal paling sederhana sekalipun. Namun, tahukan Anda apakah modal yang sesungguhnya, apa saja macam-macam modal?

Nah, Kali ini kita akan mempelajari apa sebenarnya dan mengapa modal sangat penting, bagaimana cara mendapatkan modal, dan berbagai informasi yang berkaitan dengan modal dan wajib Anda ketahui.

Modal yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan modal yang diperlukan untuk keperluan bisnis. Bagi Anda yang bercita-cita membangun sebuah bisnis, informasi ini akan sangat berguna sebab sebelum memulai bisnis Anda perlu mengumpulkan modal terlebih dahulu. Modal tidak hanya berupa materi saja, karena ada juga modal nonmateri. Langsung saja, berikut penjelasan lengkapnya.

Modal adalah

modal yang dimiliki, modal adalah

Modal dapat diartikan sebagai sekumpulan dana baik dalam bentuk barang maupun uang yang dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Capital atau modal adalah segala sesuatu yang dihasilkan baik oleh manusia atau alam yang dimanfaatkan untuk membantu proses produksi produk lainnya dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Modal adalah sesuatu yang dikatakan sebagai nyawa sebuah perusahaan. Dengan tersedianya modal dalam jumlah yang cukup, perusahaan dapat menjalankan usahanya secara maksimal karena segala aktivitas produksi perusahaan baik barang maupun jasa dapat terlaksana sesuai yang diharapkan.

Sebaliknya, jika modal yang tersedia tidak memadai, maka proses produksi perusahaan tidak akan berjalan baik sehingga membawa risiko kerugian. Tanpa adanya modal berupa uang, kegiatan perusahaan masih dapat berjalan. Namun aktivitas yang dapat dikerjakan sangat terbatas.

Dari pengertian modal serta penjelasan di atas, Anda tentu telah memahami fungsi vital modal dalam berjalannya suatu bisnis. Tanpa modal, maka usaha yang Anda jalankan tidak akan berkembang sesuai keinginan Anda. Tidak hanya bisnis besar, bisnis kecil pun sangat terpengaruh oleh modal. Intinya, modal adalah aset utama perusahaan dalam bentuk barang maupun jasa.

Jenis-jenis Modal

jenis-jenis modal, modal adalah

Modal atau capital terbagi menjadi tiga jenis yaitu berdasarkan sumbernya, berdasarkan wujud, serta berdasarkan fungsinya. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis modal yang harus Anda ketahui.

1. Modal Berdasarkan Sumber Modal

Modal berdasarkan sumbernya dibagi menjadi dua yaitu modal internal dan modal eksternal. Berikut penjelasannya.

a. Modal Internal

Modal internal ialah modal yang bersumber atau didapatkan dari perusahaan itu sendiri yang umumnya berasal dari hasil penjualan produk. Modal ini sulit jika digunakan untuk mengembangkan bisnis karena modal internal terbatas serta sulit meningkat dengan signifikan

b. Modal Eksternal

Sumber modal selanjutnya berasal dari luar perusahaan (eksternal). Modal jenis ini diperoleh dari kreditur maupun pemegang saham yang mengambil bagian dalam perusahaan. Modal eksternal ini sangat dibutuhkan karena modal internal yang terbatas. Terbatasnya modal internal membuat perusahaan membutuhkan dana dari luar yang jumlahnya tidak terbatas.

Umumnya, modal eksternal bisa Anda dapatkan melalui pinjaman bank, koperasi, dan sumber modal lain yang memungkinkan ataupun dari investor yang menanamkan modal pada perusahaan Anda.

Biasanya investor akan berdatangan atau dapat Anda ajukan sendiri ketika perusahaan Anda mengadakan suatu acara atau mengeluarkan produk unggulan baru. Semakin baik kinerja perusahaan Anda, semakin besar pula kemungkinan investor yang turut menanamkan modal.

2. Modal Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, modal dibagi menjadi dua yaitu modal perseorangan dan modal sosial, berikut ulasannnya.

a. Modal Perseorangan

Modal perseorangan adalah modal yang bersumber dari seseorang dengan tujuan memudahkan aktivitas perusahaan dan memberikan keuntungan atau laba kepada pemilik perusahaan. Contoh modal perseorangan ialah deposito, saham, dan property pribadi.

b. Modal Sosial

Maksud dari modal sosial ialah modal yang dimiliki masyarakat, dimana modal ini akan memberikan keuntungan bagi masyarakat. Keuntungan yang diperoleh dapat dinikmati bersama oleh masyarakat untuk memudahkan kegiatan sehari-hari dalam melakukan kegiatan produksi. Modal ini berupa fasilitas umum seperti jalan raya, pasar, pelabuhan, dan fasilitas umum lainnya.

3. Modal Berdasarkan Wujud

Jenis modal yang satu ini terbagi atas modal konkret dan modal abstrak. Ini penjelasaanya.

a. Modal Konkret

Modal konkret atau modal aktif yang berarti modal ini dapat dilihat secara kasat mata atau berwujud. Modal konkret ini seperti bahan baku, tempat, mesin, kendaraan, dan lain-lainnya. Sederhananya, modal konkret ini berupa sarana prasana perusahaan.

b. Modal Abstrak

Jika modal konkret dapat dilihat secara kasat mata, maka modal abstrak atau modal pasif adalah kebalikannya, karena tidak memiliki wujud serta tidak dapat terlihat secara kasat mata. Namun, modal ini sama pentingnya dengan modal konkret. Modal yang termasuk dalam jenis ini adalah hak cipta, skill tenaga kerja, dan hal pendirian perusahaan.

Sumber Modal

sumber modal, modal adalah

Seperti telah dijelaskan pada uraian sebelumnya dalam jenis-jenis modal, sumber modal terdiri dari dua sumber yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal adalah modal yang berasal dari keuntungan yang diperoleh perusahaan itu sendiri atas produksi yang dilakukan. Sementara modal eksternal berasal dari luar perusahaan seperti dari investor.

Manfaat Modal Bagi Perusahaan

Dari pengertian modal Anda telah melihat gambaran umum dari manfaat modal bagi berlangsungnya aktivitas perusahaan. Modal adalah hal vital yang harus dimiliki perusahaan untuk dapat menjalankan bisnisnya. Berikut manfaat modal dalam membantu aktivitas produksi perusahaan untuk mendapat keuntungan.

1. Menyediakan Bahan Baku

Dalam proses produksi tentunya bahan baku adalah hal utama yang harus ada karena merupakan objek produksi perusahaan. Modal dibutuhkan untuk menyediakan bahan baku produksi. Dalam bisnis yang bergerak dibidang penyedia produk berupa barang tentu akan membutuhkan berbagai peralatan penunjang produksi, seperti mesin. Segala kebutuhan ini akan terpenuhi dengan adanya modal.

2. Sewa Tempat

Jika Anda tidak memiliki lahan untuk memulai bisnis Anda, maka mau tidak mau Anda harus menyewa tempat. Hal ini karena tempat merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Jika tidak ada tempat, bagaimana aktivitas perusahaan dapat berjalan? Oleh karena itu ketersediaan modal untuk menyewa lahan sebelum perusahaan Anda mampu membeli lahan tersebut sangatlah penting.

3. Menggaji Karyawan

Dalam bisnis, terutama bisnis yang sudah berkembang, tentu saja membutuhkan pekerja atau karyawan untuk membantu aktivitas operasional perusahaan. Anda memiliki kewajiban untuk memberikan hak-hak pegawai, terutama gaji serta tunjangan lainnya. Maka dari itu, modal adalah apa yang Anda butuhkan untuk memenuhi hal tersebut.

4. Simpanan Perusahaan

Setelah memenuhi berbagai kebutuhan operasional perusahaan, Anda harus mengalokasikan modal Anda dalam bentuk simpanan. Simpanan ini akan sangat berguna untuk mengantisipasi risiko yang mungkin akan dihadapi perusahaan di masa mendatang.

Resiko yang mungkin Anda hadapi seperti kekurangan biaya operasiona, defisit, serta kemungkinan terjadinya peningkatan permintaan pasar karena suatu hal. Anda harus benar-benar siap menghadapi segala kemungkinan terburuk.

Lainnya Terkait Modal

Untuk menjalakan bisnis, modal berupa materi, sarana dan prasarana memang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Namun, ada modal lain yang tidak kalah penting yaitu modal yang harus dimiliki seorang pebisnis.

Modal yang harus Anda miliki dalam diri Anda ialah modal ilmu pengetahuan, sifat kerja keras, pantang menyerah, wawasan yang luas, mental yang siap, serta jaringan dengan orang-orang, seperti rekan bisnis dan pelanggan. Modal ini tidak akan Anda dapatkan dengan uang melainkan dengan pengalaman dan jam terbang. Ketika modal ini sudah Anda miliki, kesuksesan akan berada di tangan Anda.

Demikianlah penjelasan terkait modal yang perlu diketahui dalam berbisnis. Modal adalah hal vital yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai usaha bisnis Anda karena modal menjadi penunjang berbagai kegiatan operasional perusahaan. Segera mulai bisnis Anda dan semoga berhasil!

Distributor Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Jenis

0
distributor adalah

Sewaktu pelajaran ekonomi di bangku sekolah, Anda mungkin diajarkan mengenai tiga jenis aspek pemasaran. Tiga aspek tersebut terdiri dari produksi, distribusi dan konsumsi. Aspek produksi dilaksanakan oleh produsen; distribusi dilakukan oleh distributor; dan terakhir, aspek konsumsi dilakoni oleh konsumen. Mungkin Anda sudah familiar dengan istilah produsen dan konsumen, akan tetapi, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan distributor?

Artikel kali ini akan mengupas tuntas perihal seluk beluk dari distributor, mulai dari apa yang dimaksud dengan distributor, tugas distributor, jenis distributor, hingga kunci menjadi seorang distributor yang sukses. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Distributor

distributor-1

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan distributor? Pengertian distributor dapat ditarik dari kegiatan distribusi itu sendiri. Kegiatan distribusi adalah memasarkan hasil produksi. Oleh karena itu, arti distributor adalah pelaku yang memasarkan hasil produksi tersebut. Distributor adalah perseorangan ataupun perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran hasil produksi.

Distributor adalah jembatan utama antara produsen dan konsumen. Otomatis tanpa distributor, Anda selaku konsumen tidak akan dapat membeli serta menggunakan hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan. Semisal, produsen tepung tidak akan dapat mengedarkan tepung yang ia buat ke konsumen tanpa bantuan distributor. Karenanya, arti distributor sangat penting bagi mata rantai pemasaran dan perekonomian.

Ada begitu banyak distributor di sekitar Anda yang mungkin belum Anda sadari selama ini. Distributor adalah para pedagang grosir, toko-toko, warung, kios, dan tempat perbelanjaan lainnya di mana Anda biasa membeli beragam barang kebutuhan. Dikarenakan tugasnya yang vital sebagai penyalur barang kebutuhan, pekerjaan distributor adalah peluang bagi Anda untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Siapa pun bisa menjadi distributor, termasuk Anda sendiri. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memanfaatkan peluang berbisnis dengan menjadi distributor barang kebutuhan.

Tugas Seorang Distributor

kantor-distributor

Sesuai dengan arti distributor, maka tugas utama distributor adalah menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Seorang distributor bisa membeli produk ke produsen untuk kemudian menjualnya kembali ke konsumen langsung atau ke pedagang lainnya seperti pengecer atau warung dan kios.

Secara ringkas, tugas seorang distributor adalah sebagai berikut:

  1. Membeli barang dari produsen.
  2. Menyimpan produk yang telah dibeli sebelum menyalurkannya kepada konsumen.
  3. Membuat klasifikasi produk berdasarkan ukuran, kualitas dan jenisnya sebelum dipasarkan.
  4. Memberikan informasi sekaligus melakukan promosi produk ke konsumen.
  5. Menjual sekaligus otomatis menjadi pengangkut barang yang telah dibeli dari produsen ke konsumen atau pedagang eceran lain.

Tiga Jenis Utama Distributor

Pada umumnya, distributor dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Pengelompokan distributor dilakukan berdasarkan proses distribusi yang dilakukan. Tipe distributor apa yang ingin Anda lakoni? Yuk, cari tahu lebih dalam tentang jenis-jenis distributor di bawah ini.

1. Distributor Barang

Sesuai dengan namanya, distributor ini melakukan proses distribusi barang hasil produksi ke konsumen atau pihak lain seperti pengecer. Barang-barang yang disalurkan oleh distributor ini adalah barang nyata seperti hasil tani, pakaian, hasil ternak, dan masih banyak lainya. Bentuk distributor barang biasanya berupa perusahaan.

2. Distributor Jasa

Berbeda dengan distributor barang, distributor jasa menyalurkan jasa kepada konsumen. Proses distribusi yang dilakukan distributor jasa biasanya langsung ke konsumen, alias tanpa ikut campur pihak ketiga lainnya. Contoh dari distributor jasa adalah sistem distribusi jasa keuangan pada perusahaan multi finance ke nasabah. Bentuk distributor jasa juga biasanya berupa perusahaan.

3. Distributor Perorangan

Selain perusahaan, jenis lain distributor adalah distributor perorangan. Istilah distributor perorangan lebih familier dengan sebutan bisnis MLM atau multi-level marketing. Pada dasarnya, distributor perorangan juga bergerak di bidang jasa. Gambaran singkat distributor tipe perorangan yakni sebagai berikut:

  1. Produsen menyalurkan barang kepada distributor.
  2. Distributor perorangan menyalurkan barang kepada konsumen akhir.
  3. Konsumen mendapatkan barang yang dibeli dari distributor perorangan.

Kunci Menjadi Seorang Distributor Sukses

distributor-terpercaya

Distributor adalah peluang bagi Anda yang kreatif dalam mencari pundi-pundi rupiah. Untuk bisa menjadi seorang distributor yang sukses, Anda akan membutuhkan tips dan trik yang tepat. Berikut ini kami sajikan sejumlah kunci yang bisa membukakan pintu kesuksesan sebagai distributor.

Memiliki Harga dan Kualitas Terbaik di Pasar

Cara terampuh untuk menarik minat konsumen adalah dengan menawarkan harga murah dan kualitas produk yang terbaik. Sudah menjadi pengetahuan semua orang bahwa pasar menginginkan produk berkualitas tinggi dengan harga rendah. Apabila Anda menjadi seorang distributor, maka Anda harus memerhatikan kunci pertama ini dengan baik, sebab ada begitu banyak distributor pesaing lainnya.

Cara terbaik agar bisnis Anda tetap berjalan adalah dengan memiliki harga dan kualitas paling baik daripada yang lain. Usahakan untuk menyeimbangkan ketiga elemen tadi, sebab produk terbaik sekalipun tidak akan laris manis apabila harga produk Anda kalah dari harga yang ditawarkan pesaing Anda. Begitu pun sebaliknya. Percuma menawarkan produk dengan harga murah tetapi kualitasnya buruk.

Membangun Jaringan untuk Distributor Lain

Kelebihan sebagai seorang distributor adalah kemampuan Anda untuk membuka jaringan distribusi baru. Selaku distributor, Anda dapat menjualkan produk langsung kepada konsumen atau kepada tenaga penyalur lainnya. Keuntungan yang Anda dapatkan pun bisa datang dari mana saja berkat fleksibilitas ini. Anda dapat mempromosikan toko Anda sebagai distributor yang siap menyediakan bahan baku kebutuhan masyarakat. Iklan tersebut bisa menarik minat pedagang eceran atau distributor lainnya agar membeli stok dagangan mereka di tempat Anda.

Menyediakan Pelayanan Terbaik

Salah satu tips yang ampuh membuat konsumen atau pembeli setia berbelanja di toko Anda adalah pelayanan yang baik. Sebagai seorang distributor, Anda harus senantiasa menyediakan manajemen logistik yang baik. Manajemen logistik itu sendiri terdiri dari tata cara pengemasan produk, penyimpanan, hingga pengiriman produk secara tepat waktu ke konsumen. Anda harus selalu memastikan perusahaan distribusi Anda mampu mengirimkan produk pesanan ke alamat konsumen secara tepat waktu. Jika Anda sering terlambat mengirimkan barang, besar kemungkinan konsumen akan merasa tidak puas dan memilih berbelanja di tempat lain.

Strategi Pemasaran Tepat Sasaran

Pemasaran atau promosi merupakan kunci terbaik agar toko Anda cepat diketahui masyarakat dan didatangi pembeli. Namun agar pemasaran berjalan dengan efektif, Anda membutuhkan pengetahuan terkait cara promosi yang baik dan benar. Amati dan tentukan target konsumen Anda, kemudian pelajari cara terbaik untuk memasarkan produk kepada konsumen. Sistem promosi sekarang pun sudah tergolong sangat mudah berkat bantuan teknologi digital. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti sosial media untuk memasarkan produk-produk yang tersedia di toko distribusi Anda.

Itulah ulasan ringkas bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam perihal pengertian distributor, dilengkapi dengan tugas, jenis serta trik jitu untuk menjadi distributor sukses. Semoga bermanfaat!

[marketing-about]

Tips Ubah Hobi Jadi Sumber Peluang Usaha yang Menguntungkan

0
sumber peluang usaha, peluang usaha

Setiap orang di dunia tentunya memiliki sesuatu yang disukai dan dikerjakan di setiap waktu luangnya, Hal tersebut biasa disebut dengan hobi. Hobi setiap orang berbeda satu sama lainnya. Ada yang hobi yang bisa dilakukan seperti melukis, menulis, membaca, bernyanyi, menggambar, memasak, dan banyak lainnya. Pernahkan Anda berpikir hobi yang Anda miliki dapat menjadi sumber peluang usaha? Bisakah?

Sebenarnya sudah tidak asing menjadikan hobi sebagai cara mendapatkan pendapatan. Yang paling sering kita jumpai mungkin adalah penyanyi. Anda dapat mengambil kesimpulan dari hal itu dan mulai mengubah hobi Anda sukai menjadi sumber peluang usaha yang menjanjikan.

Tidak hanya berdampak secara finansial, jika Anda menjadikan hobi yang disukai sebagai pekerjaan maka Anda akan dapat menikmati pekerjaan yang Anda lakukan. Pekerjaan yang bagi orang lain berat akan menjadi ringan dan menyenangkan untuk Anda. banyak orang terbebani dengan pekerjaan mereka karena tidak menyukai hal tersebut. Menjadikan mereka terbebani dan melakukan pekerjaan secara terpaksa karena tuntutan pekerjaan. Seseorang yang sukses dalam suatu hal karena mereka menyukai dan mengerti betul apa yang mereka kerjakan. Jika sesuatu ini adalah hobi Anda, tentu Anda mengetahui dengan baik hal tersebut.

Tips Mengubah Hobi Jadi Sumber Peluang Usaha

sumber peluang usaha, peluang usaha

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah hobi menjadi sumber peluang usaha yang akan kami bahas pada kesempatan ini. Berikut ulasannya.

Ajari Orang Lain Hobi yang Anda Sukai

Cara mengubah hobi menjadi sumber peluang usaha ini adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan dan akan menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk Anda. Anda bisa membuka kursus sesuai hobi yang Anda miliki. Jika Anda hobi menulis, maka Anda bisa membuka kursus menulis. Atau jika Anda pandai melukis, maka Anda dapat membuka kelas melukis dan mengajarkan anak-anak sekolah atau orang dewasa. Begitu juga untuk kelas memasak, karate, biola, dan berbagai hobi lainnya.

Pilih Hobi yang Memiliki Peluang Usaha Terbaik

Setiap orang biasanya memiliki lebih dari satu hobi. Jika Anda termasuk bagian dari kategori satu ini, maka pilih hobi yang sekiranya memiliki potensi yang lebih besar dalam menghasilkan keuntungan. Misalnya Anda memiliki hobi yaitu menyanyi dan melukis. Maka pilih hobi yang paling Anda kuasai dan sukai untuk dijadikan sumber peluang usaha. Namun, jika Anda memiliki hobi tertentu yang umukan disukai orang lain seperti hobi memancing, Anda dapat menjual berbagai keperluan memancing. Memiliki hobi memancing tentu membuat Anda mempunyai pengetahuan tentang peralatan memancing.

Mulai dari sekarang tentukan hobi yang dapat menjadi sumber peluang usaha Anda. Jadilah orang berikutnya yang membuktikan kesuksesan dengan menjadikan hobi sebagai pekerjaan.

Cari Tahu Lebih Jauh Pengetahuan Mengenai Hobi Anda

Selanjutnya adalah mengkombinasikan hobi Anda sukai tersebut dengan keterampilan melihat peluang usaha lainnya. Dengan kata lain, Anda harus menggunakan pengetahuan yang Anda miliki untuk mengembangkan suatu bisnis. Misalnya Anda memiliki hobi di bidang desain. Jangan berhenti hanya dengan membuka jasa desain. Anda dapat juga bisa mendesain baju dari hasil desain Anda dan menjualnya.

Berpikirlah untuk selalu menciptakan berbagai macam peluang yang mungkin bisa Anda lakukan untuk membantu mengembangkan usaha Anda. Selanjutnya hubungkan ide yang Anda dapatkan tersebut dengan hobi yang Anda miliki lalu bukalah sebuah cabang bisnis baru.

Lakukan Branding

sumber peluang usaha, peluang usaha

Bagaimanapun, tidak bisa dipungkiri bahwa pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam usaha mengembangkan bisnis Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menciptakan brand Anda sendiri. Ini penting untuk membuat pelanggan mengenali usaha Anda.

Anda dapat mempromosikan Brand Anda melalui media sosial seperti Instagram maupun Facebook. Anda juga bisa membuat blog atau website pribadi agar usaha Anda terlihat lebih profesional. Dengan melakukan hal ini maka dapat dipastikan usaha Anda akan lebih cepat berkembang dan memiliki banyak pelanggan tetap.

Kenali Pasar Anda

Berbekal pengetahuan mengenai hobi Anda, tentunya Anda memahami apa yang diminati atau tidak diminati oleh pelanggan maupun calon pelanggan. Terus ikuti perkembangan hobi Anda. Misalnya Anda memiliki hobi photography, maka Anda harus selalu update mengenai kamera-kamera keluaran terbaru serta model-model kamera yang tengah laris di pasaran. Juga berbagai aksesoris yang dibutuhkan oleh orang-orang yang juga memiliki hobi di bidang ini. Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda mengetahui kebutuhan pasar serta akan menambah peluang mendapatkan keuntungan menjanjikan dari hobi Anda yang menjadi sumber peluang usaha ini.

Bangun Komunitas

Sekumpulan orang dengan hobi yang sama biasanya akan membentuk komunitas bersama. Ini merupakan potensi yang sangat potensial untuk memulai atau mengembangkan usaha Anda. Oleh karena itu, jika tidak memiliki komunitas, maka Anda harus mulai membangun komunitas Anda. Selain itu mendapatkan pelanggan, ini juga akan memperluas jaringan Anda. Selain itu juga dapat menambah pengetahuan Anda mengenai hobi yang Anda punya serta mengetahui trend terbaru terkait hobi Anda tersebut.

Mampu Bersaing

Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa dalam menjalankan bisnis kita akan selalu memiliki pesaing. Begitu juga dalam usaha yang satu ini. Hal ini dikarenakan oleh setiap orang pasti ingin melakukan bisnis. Banyak sekali orang menjalankan bisnis yang sama dengan orang lainnya. Mulai dari orang yang tidak kita kenal, sampai orang terdekat kita bisa saja memiliki usaha yang sama. Untuk menanggulangi hal ini agar usaha Anda tidak mandek, maka Anda harus mempunyai nilai yang berbeda dan menjadi keunggulan usaha Anda.

Berinovasi dan Kreatif

Jika ingin usaha Anda tetap eksis dan bertahan lama, Anda harus mampu berinovasi dan kreatif. Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi tentu sangat penting. Cobalah mencari ide-ide baru yang mungkin bisa Anda terapkan pada usaha Anda. Misalnya, jika hobi Anda adalah memasak, Anda bisa menciptakan resep-resep baru yang belum ada di pasaran. Atau jika Anda menyukai desain, Anda bisa menciptakan desain yang unik dan berbeda dari yang lain.

Memanfaatkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi sangatlah penting di era digital ini. Jika Anda memiliki hobi yang bisa dijadikan bisnis, teknologi bisa membantu Anda dalam menjalankan usaha. Anda bisa membuat website atau media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Selain itu, teknologi juga bisa membantu Anda untuk mempermudah proses bisnis, seperti pembuatan invoice, pengelolaan stok, dan lainnya.

Konsistensi dan Kepercayaan

Setelah Anda memulai usaha berdasarkan hobi Anda, Anda harus konsisten dalam menjalankannya. Jika Anda tidak konsisten, pelanggan Anda mungkin akan kecewa dan berpindah ke kompetitor Anda. Selain itu, kepercayaan juga sangat penting dalam bisnis. Anda harus bisa membuat pelanggan Anda percaya dengan produk atau jasa Anda. Cara membangun kepercayaan antara lain dengan memberikan produk atau jasa yang berkualitas, pelayanan yang baik, dan harga yang wajar.

Inspirasi Hobi yang Dapat Menjadi Sumber Peluang Usaha

Berikut beberapa inspirasi hobi yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan sebagai sumber peluang usaha:

  • Fotografi: Kecintaan terhadap fotografi bisa dijadikan sebagai bisnis fotografi pernikahan, fotografi produk untuk e-commerce, atau bahkan membuat workshop fotografi bagi pemula.
  • Bercocok Tanam: Jika Anda memiliki hobi berkebun, Anda bisa menjual tanaman hias, biji tanaman, atau buah-buahan organik. Selain itu, workshop bercocok tanam juga banyak dicari.
  • Menulis: Menulis blog, buku, atau menjadi penulis lepas (freelance writer) untuk berbagai media online dapat menjadi sumber penghasilan.
  • Kuliner: Hobi memasak atau membuat kue bisa dijadikan bisnis rumahan, katering, atau bahkan membuka restoran atau kafe.
  • Crafting: Membuat perhiasan handmade, dekorasi rumah, atau kerajinan lainnya bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan terutama di platform online seperti Etsy.
  • Traveling: Jika Anda suka berpergian, Anda bisa menjadi travel blogger, membuat vlog perjalanan, atau bahkan membuka biro perjalanan wisata.
  • Fashion: Bagi yang hobi mendesain pakaian, Anda bisa memulai dengan brand fashion sendiri atau menjual karya desain Anda kepada produsen besar.
  • Makeup dan Kecantikan: Anda dapat menjadi beauty vlogger, makeup artist profesional, atau bahkan membuat produk kecantikan sendiri.
  • Musik: Mengajar alat musik, menjadi DJ, atau bahkan memproduksi musik bisa menjadi sumber pendapatan bagi pecinta musik.
  • Desain Grafis: Dengan kemahiran dalam perangkat desain seperti Photoshop atau Illustrator, Anda bisa menerima proyek desain logo, poster, atau media promosi lainnya.
  • Olahraga: Mengajar yoga, menjadi pelatih gym pribadi, atau bahkan membuka studio senam bisa menjadi pilihan bagi mereka yang suka berolahraga.
  • Board Games atau Video Games: Anda dapat mengorganisir turnamen, menjadi streamer game, atau bahkan merancang game Anda sendiri.
  • Perawatan Hewan: Bagi yang suka binatang, membuka jasa penitipan hewan, grooming, atau klinik hewan bisa menjadi peluang usaha.

Anda dapat memberikan berbagai promosi menarik untuk usaha Anda. Yang tidak kalah penting ialah memberikan pelayanan terbaik dan juga kualitas produk yang mumpuni. Ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan Anda sehingga akan tetap membeli berbagai kebutuhan di usaha yang Anda jalankan.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan hobi sebagai sumber peluang usaha. Apapun hobi Anda dapat Anda jadikan inspirasi untuk membuka usaha. Selain menyenangkan dan membuat Anda mengerjakannya sepenuh hati, Anda akan memiliki lebih banyak waktu mengerjakan hal yang Anda sukai. Jangan ragu untuk mencoba dan semoga berhasil!
[business-about]