Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 110

Promosi Penjualan : Tujuan dan Jenis Promosinya

0
promosi penjualan

Sebagai seorang pebisnis, Anda akan akrab dengan istilah promosi penjualan. Istilah ini adalah aktivitas memasarkan produk jualan Anda kepada konsumen. Aktivitas promosi biasanya melibatkan aksi persuasif dari penjual dengan tujuan merangsang konsumen untuk membeli produk. Kata “persuasif” merupakan nyawa dalam kegiatan promosi.

Persuasif sendiri merupakan bentuk komunikasi yang digunakan untuk meyakinkan atau memengaruhi orang lain. Oleh karena itu, tanpa sifat persuasif, aktivitas pemasaran Anda otomatis tidak akan berhasil.

Promosi penjualan juga dikenal dengan istilah sales promotion. Untuk mencapai keberhasilan pemasaran, aktivitas promosi dirancang oleh seperangkat instrumen atau alat insentif yang berguna untuk merangsang pembelian produk.

Tenggang waktu promosi pun rata-rata hanya dalam jangka pendek, sebab aktivitas ini menginginkan hasil berupa penjualan produk dalam dalam waktu yang cepat. Ingin tahu lebih lanjut perihal promosi penjualan? Cari tahu selengkapnya dalam ulasan tuntas mengenai tujuan dan jenis-jenis promosi di bawah ini.

5 Tujuan Promosi Penjualan

promosi, promosi penjualan

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa tujuan promosi penjualan adalah untuk meningkatkan jumlah pembelian konsumen. Semakin tinggi tingkat kesuksesan promosi yang Anda lakukan, maka konsumen yang berbelanja di toko Anda akan semakin banyak.

Akan tetapi, tujuan dari perancangan promosi sesungguhnya bervariasi. Di bawah ini adalah 5 tujuan promosi yang biasa dilakukan oleh para pebisnis.

Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

Promosi sangat ampuh untuk meningkatkan hasil penjualan dalam jangka pendek. Aktivitas promosi disusun menggunakan elemen insentif yang berfokus pada peningkatan pembelian konsumen dalam waktu dekat. Angka pendapatan bisnis akan meningkat seiring dengan naiknya angka penjualan.

Menyebarluaskan Informasi Produk

Konsumen tentunya tidak akan datang ke toko Anda jika mereka tidak tahu produk apa yang Anda jual. Melalui promosi, Anda bisa menyebarluaskan informasi terkait produk beserta penawaran-penawaran lain seperti diskon ke calon konsumen. Setelah mengetahui informasi produk Anda beserta keunggulannya, konsumen pun akan mulai berdatangan ke toko Anda.

Mendapatkan Konsumen Baru

Era digital saat ini memungkinkan Anda untuk melakukan promosi dengan lebih fleksibel. Promosi terkait produk Anda kini sudah bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia, bahkan ke luar negeri, hanya dengan bermodalkan jejaring dunia maya. Hal ini otomatis membuka kesempatan bagi bisnis Anda untuk menjaring konsumen baru.

Mengunggulkan Produk dari Pesaing

Promosi juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana untuk bersaing secara sehat. Di sini, Anda akan dituntut untuk pintar-pintar dalam menyusun promosi. Iklan yang gencar, unik dan menarik mampu meyakinkan masyarakat bahwa produk Anda memiliki kualitas terbaik dibandingkan produk keluaran toko lainnya.

Membangun Branding Produk

Kualitas suatu produk tidak akan sampai ke telinga masyarakat dengan sendirinya. Anda akan membutuhkan promosi sebagai sarana pengedukasi masyarakat terkait kelebihan serta manfaat produk sebelum meyakinkan mereka untuk membeli. Oleh karena itu, promosi dilakukan oleh banyak pebisnis untuk menumbuhkan branding produk mereka di mata masyarakat.

Jenis-Jenis Promosi Penjualan Pilihan

promosi, promosi penjualan

Ada beragam jenis promosi yang bisa Anda temui dalam aktivitas sehari-hari. Jenis promosi yang diterapkan oleh satu pebisnis dengan lainnya bisa berbeda. Ini dikarenakan jenis, cara dan media promosi yang dipilih akan selalu menyesuaikan dengan target pasar serta jenis produk yang dijual.

Terdapat 3 jenis promosi penjualan yang menjadi pilihan banyak pebisnis hingga saat ini, yakni promosi langsung (fisik), dengan media tradisional dan dengan media digital.

Promosi Penjualan Secara Langsung (Fisik)

Promosi secara langsung atau fisik dilakukan oleh pelaku promosi di lingkungan sekitar tempatnya berjualan. Pelaku promosi bisa sang pemilik usaha sendiri atau melalui tenaga sales promotion boy atau girl (SPB/SPG).

Promosi secara fisik dapat ditemukan pada acara atau event yang diselenggarakan oleh pihak tertentu. Contohnya adalah bazzar, festival, pameran dan konser. Para pedagang yang berjualan di acara-acara tersebut biasanya memiliki suatu booth atau stand untuk menampilkan dan menawarkan produk dagangan kepada peserta event.

Selain itu, bentuk promosi secara langsung bisa Anda amati di pasar tradisional. Anda bisa melihat beragam pedagang saling berlomba-lomba menawarkan produk jualannya kepada para pembeli yang melintas di tengah pasar. Sama halnya dengan pedagang yang berkontribusi di event seperti festival dan pameran, pedagang pasar juga memiliki booth masing-masing untuk menampilkan barang dagangan.

Promosi secara fisik masih menjadi pilihan bagi banyak pedagang hingga saat ini, dikarenakan keuntungannya tersendiri. Kelebihan dari promosi secara langsung yakni:

  • Pedagang bisa menjangkau dan membujuk konsumen secara langsung untuk berbelanja.
  • Konsumen dapat melihat secara langsung barang yang dijual.
  • Konsumen dapat bertanya secara langsung mengenai produk.
  • Aktivitas tawar-menawar antara konsumen dan pedagang dapat berlangsung secara mudah.

Namun, promosi secara langsung juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah jangkauan promosi yang terbatas, sebab pelaku promosi hanya dapat menawarkan produk di lingkungan sekitar tempatnya berjualan.

Promosi Penjualan dengan Media Tradisional

Selain secara langsung, promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan media tradisional. Media tradisional yang dimaksud seperti media cetak (koran, majalah, buletin), media elektronik (radio dan televisi), serta media publik (papan reklame, billboard, iklan banner).

Promosi dengan cara ini masih banyak dilakukan oleh para pebisnis karena media-media tersebut masih mampu menarik perhatian masyarakat. Meskipun internet sedang berkembang pesat, masih ada banyak orang yang suka menonton televisi, membaca koran, dan melihat papan reklame yang terpasang di jalan raya.

Promosi dengan media tradisional memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sisi baiknya, promosi menggunakan media tradisional dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen mulai dari lokal hingga nasional. Namun sayangnya, promosi dengan media tradisional memakan biaya yang sangat besar. Anda harus menyiapkan budget besar jika ingin memasang iklan di televisi nasional, papan reklame dan media tradisional lainnya.

Promosi Penjualan dengan Media Digital

Tipe promosi penjualan dengan media digital sedang naik daun di kalangan masyarakat kekinian. Banyak orang menilai promosi lewat jejaring dunia maya sebagai cara paling efektif dan menguntungkan.

Saat ini, ada lebih dari 2,7 miliar orang di seluruh belahan dunia menggunakan internet dan sosial media dalam kehidupan sehari-hari mereka. Makanya tak mengherankan jika strategi pemasaran bisnis banyak dilaksanakan di media sosial.

Banyak pebisnis beralih mempromosikan usaha mereka lewat media digital. Cara promosi ini tergolong sederhana, mudah dan tidak memakan biaya besar. Anda hanya cukup memposting iklan di akun media sosial bisnis Anda secara rutin, dan orang-orang dapat melihat iklan Anda melalui layar smartphone, tablet, atau laptop mereka. Mudah sekali bukan?

Dengan internet, iklan Anda dapat menjangkau calon konsumen baik dari dalam maupun luar negeri. Kelebihan lainnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memasang iklan. Anda hanya membutuhkan gadget dan koneksi internet saja.

Namun kekurangan promosi dengan media ini adalah banyaknya pesaing yang turut mempromosikan usaha mereka di sana. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis di internet, maka Anda dituntut untuk mampu membuat konten iklan yang unik dan kreatif. Berikan usaha ekstra agar bisnis Anda bisa lebih menonjol dibanding para kompetitor Anda.

Itulah ulasan lengkap mengenai pengertian, tujuan dan jenis promosi penjualan yang ada di sekitar kita. Semoga dapat menjadi pedoman Anda dalam menyusun promosi bisnis, ya!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Target Pasar : Manfaat, Faktor Penentu dan Contohnya

0
Target Pasar

Setiap pebisnis pasti menginginkan agar usaha yang tengah ia jalankan diterima oleh masyarakat agar dapat berkembang sesuai harapan. Untuk mencapai hal tersebut tentu hal yang sangat penting untuk dilakukan ialah memasarkan produk kepada konsumen dengan tujuan agar produk yang diproduksi perusahaan dikenal oleh masyarakat sehingga akhirnya dilakukan pembelian.

Pemasaran yang dilakukan harus tepat dan efektif, salah satu hal terpenting ialah dalam menentukan target pasar. Tujuannya adalah membuat segmentasi (pengelompokan) konsumen berdasarkan sifat yang sama. Mengapa segmentasi konsumen harus dilakukan? Oleh karena itu kali ini kami menyajikan informasi terkait target pasar, manfaat, faktor penentu, serta contohnya. Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Target Pasar

pengertian-target-pasar

Target pasar ialah suatu kelompok konsumen atau pembeli yang menjadi target pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang perusahaan tawarkan. Sederhananya merupakan kelompok yang akan perusahaan Anda layani sebagai konsumen. Umumnya dikelompokkan berdasarkan umur, tempat, kebutuhan yang sama, serta tingkat ekonomi.

Penentuan ini merupakan hal yang sangat penting karena perusahaan tidak akan bisa melayani atau menyediakan beragamnya kebutuhan dan keinginan konsumen di pasar. Dengan demikian, perlu melakukan identifikasi bagian pasar mana yang akan perusahaan Anda layani sebagai target pasar Anda.

Manfaat Target Pasar

Setelah menentukan dan menerapkan target pasar, perusahaan akan dapat mengembangkan produknya serta strategi marketing untuk setiap target yang dipilih. Lebih lanjut, berikut manfaatnya :

Memudahkan Penyesuaian

Akan memudahkan Anda melakukan penyesuaian produk serta strategi marketing mix atau bauran pemasaran yang perusahaan Anda lakukan. Dengan begitu konsumen dapat dilayani dengan baik dan efektif sehingga produk Anda memiliki posisi baik di pasar.

Mengantisipasi Pesaing

Anda akan mengetahui sekiranya pesaing seperti apa yang akan Anda hadapi sehingga Anda dapat menyediakan strategi terbaik sehingga para pesaing yang bermunculan dapat Anda atasi. Atau sekurang-kurangnya Anda tidak terjatuh dan dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan.

Efektifitas Sumber Daya

Apabila sumber daya yang dimiliki perusahaan Anda terbatas, dengan menetapkan sasaran pasar maka Anda dapat memanfaatkan sumber daya yang terbatas ini secara efektif dan efisien.

Menciptakan Daya Tarik Pemasaran

Dengan mengetahui kebutuhan konsumen serta mengetahui tipe dan sifat konsumen Anda, Anda dapat menerapkan strategi pasar terbaik yang akan menarik bagi konsumen. Tentunya ini akan menjadi daya tarik perusahaan Anda terutama dalam pemasaran produk.

Menemukan dan Membandingkan Kesempatan Pasar

Dengan melakukan identifikasi, analisa pasar, serta pengelompokan konsumen, Anda akan mengetahui kelompok mana yang sekiranya sesuai untuk menjadi sasaran pasar dari produk yang perusahaan Anda produksi. Jika ada beberapa kelompok potensial, Anda dapat melakukan perbandingan kelompok mana yang paling memberikan peluang dan kesempatan lebih besar.

Meningkatkan Kualitas Produk

Anda dapat melakukan evaluasi produk baik dengan meminta review dari konsumen Anda terkait produk. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan produk serta produk seperti apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, Anda dapat melakukan perbaikan serta meingkatkan kualitas produk Anda.

Memposisikan Perusahaan Lebih Baik

Jika konsumen Anda terpuaskan atas pelayanan yang Anda berikan, maka dengan sendirinya perusahaan Anda akan memiliki posisi atau tempat tersendiri di hati para konsumen. Dengan begitu posisi perusahaan Anda semakin kuat yang ditandai dengan banyaknya konsumen, baik konsumen lama maupun konsumen baru yang terus berdatangan karena kepercayaan konsumen.

Faktor Penentu

Sebelum menentukan segmen yang akan Anda tuju untuk menentukan target pasar, berikut faktor-faktor yang harus Anda ketahui.

Ukuran Segmen

Apakah perusahaan Anda adalah perusahaan baru dan masih kecil? Atau perusahaan Anda merupakan perusahaan besar dan telah berkembang? Jika perusahaan Anda masih dalam tahap pengembangan atau baru maka tuju lah segmen pasar kecil, sebaliknya jika perusahaan Anda telah berkembang maka tujulah segmen pasar yang besar. Penentuan ukuran segmen ini bertujuan agar perusahaan dapat menyesuaikan sasaran pasar dengan kemampuan yang dimiliki perusahaan.

Pertumbuhan Segmen

Melakukan analisis pertumbuhan segmen wajib Anda lakukan sebelum penentuan target pasar. Dengan memperhatikan pertumbuhan segmen yang dituju bertujuan melihat kemungkinan bisnis Anda akan berkembang di masa mendatang. Walaupun awalnya ukuran segmen sangat kecil, tidak menutup kemungkinan akan berkembang menjadi besar di masa yang akan datang. Sebenarnya, segmen kecil adalah segmen pasar yang potensial.

Analisis Situasi

Anda harus melakukan analisa situasi dengan teliti dan cermat sebelum menentukan target pasar yang dituju. Ini berhubungan dengan konsumen, pemasok, dan distributor yang dapat dilakukan menggunakan analisis SWOT (Strengh, Weaknesses, Opportunities, and Threats).

Sumber Daya Perusahaan

Memerhatikan kemampuan atau sumber daya perusahaan yang didapat perusahaan, penting Anda perhatikan. Terutama bila sumber daya perusahaan Anda dapatkan dari kerja sama dengan pihak luar, karena keuntungan dan risiko yang mungkin Anda dapat akan ditanggung bersama.

Dana yang Tersedia

Perhatikan dana yang dimiliki perusahaan Anda, apabila dana yang dimiliki terbatas jangan ambil risiko dengan menetapkan target pasar yang besar. Usahakan keseimbangan antara dana yang dimiliki dengan sasaran pasar yang menjadi sasaran perusahaan.

Tujuan yang Sesuai

Setelah menetapkan segmen pasar, perusahaan sebaiknya tetap fokus pada segmen tersebut. Usahakan juga tidak beralih ke segmen pasar lain yang memang tidak Anda rencanakan sebelumnya. Ini untuk menghindari resiko kerugian perusahaan.

Cara Efektif Menentukan Target Pasar

menentukan-target-pasar

Setelah mempelajari pengertian, manfaat, serta faktor yang mempengaruhi sasaran pasar, selanjutnya ialah mengetahui bagaimana menentukan sasaran pasar tersebut.

Tentukan Konsumen Anda

 

Setelah memiliki produk yang akan ditawarkan, tentukan konsumen berdasarkan segementasi geografi, demografi, dan psikologi. Geografi merupakan segmentasi pasar berdasarkan lokasi atau tempat konsumen Anda berada dengan harapan setiap daerah berbeda kebutuhannya sehingga dapat dicocokkan dengan karakteristik tertentu.

Demografi ialah segmentasi pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat Pendidikan, serta pendapatan. Ini bertujuan mengetahui apakah produk sesuai dengan klasifikasi tersebut atau tidak. Lalu segmentasi psikologi, yang merupakan pembagian pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian, serta kebiasaan gaya hidup.

Segmentasi ini berdasarkan teori bahwa pilihan dibuat seseorang saat akan membeli produk merupakan cerminan dari preferensi gaua hidup atau sosio ekonomi

Mengetahui Kebutuhan

Setelah menentukan konsumen, Anda harus mengetahui keinginan dan kebutuhan mereka. Ini dapat Anda lakukan dengan tes produk. Anda dapat mengikut bazar untuk melakukannya sebagai media pengenalan produk.

Evaluasi

Evaluasi kebutuhan dan ketertarikan konsumen perlu Anda lakukan terhadap produk yang Anda pasarkan. Ini penting untuk menentukan langkah strategis berikutnya apakah akan melanjutkan dan mengembangkan usaha atau tidak. Jangan sampai setelah memulai bisnis namun ternyata penentuan konsumennya salah.

Strategi Pasar

Lakukan strategi yang tepat dalam pemasaran produk karena setiap segmentasi pasar yang Anda pilih mempunyai sifat dan gaya berbeda sehingga strategi yang Anda terapkan juga harus berbeda antara segmentasi satu dengan yang lainnya.

Evaluasi Respon Pasar

Cara terakhir ialah dengan mengevaluasi respon pasar terkait strategi yang Anda terapkan apakah berjalan efektif atau tidak. Jika tidak, Anda dapat merubah strategi pemasaran produk. Ini dapat Anda lakukan apabila penjualan mulai berjalan serta telah menghasilkan. Ini bertujuan mempertahankan dan meningkatkan penjualan.

Contoh Target Pasar

Pakaian Anak-anak

Produk yang dijual: pakaian anak-anak yang dijual online

Target tempat: kota besar seperti wilayah Jabodetabek, Semarang, Surabaya, dan kota lain di pulau Jawa yang dapat dijangkau kurir maksimal dalam 4 hari pengiriman

Target Demografi: Ibu rumah tangga berusia 23-40 tahun yang memiliki anak kecil usia 3-10 tahun. Berpenghasilan 3-5 juta sebulan.

Karakter psikologis pelanggan: terbiasa dengan internet, komputer, dan sosial media. Mengikuti trend fashion anak dan hobi membaca majalah anak.

Pakaian Wanita

Produk yang dijual: pakaian wanita yang dijual online

Target lokasi: kota besar seperti wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Palembang, dan lainnya. Yang dapat dijangkau kurir dengan lama pengiriman maksimal 3 hari.

Target demografi: wanita usia 17-35 tahun dengan penghasilan 2-3 juta sebulan

Karakter psikologis pelanggan: terbiasa dengan internet dan sosial media serta mengikuti perkembangan trend fashion.

Produk Kecantikan

Produk yang dijual : Produk kecantikan wanita yang dijual online dan offline

Target lokasi : di kota tempat perusahaan berlokasi serta kota-kota besar potensial seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan lain-lain yang dapat dijangkau dengan waktu maksimal pengiriman 4 hari

Target demografi : wanita berusia 17-30 tahun dengan penghasilan 2-4 juta sebulan

Karakter psikologi pelanggan : memperhatikan kesehatan dan kecantikan diri, terbiasa menggunakan internet, dan aktif di sosial media serta mengikuti trend kecantikan terbaru.

Sekian informasi terkait target pasar yang wajib Anda ketahui sebelum memulai bisnis atau tengah mengembangkan bisnis. Ini penting untuk Anda ketahui untuk mengetahui sasaran konsumen produk Anda. Selain itu, penting untuk selalu memperhatikan perubahan dan perkembangan sasaran pasar Anda untuk menyesuaikan dengan perkembangan perusahaan.

Lakukan segmentasi pasar secara tepat agar sasaran pasar yang Anda tuju dapat memberikan keuntungan maksimal bagi perusahaan Anda. Jangan lupa untuk terus fokus pada segmen yang telah Anda pilih dan jangan mudah mengubahnya agar usaha Anda tidak mengalami kerugian karena kesalahan yang tidak seharusnya dilakukan. Semangat mencari dan semoga berhasil.

Yuk ikuti terus MARKEY di https://markey.id/ supaya tidak ketinggalan info, tips dan inovasi menarik untuk mengembangkan bisnis online. Baca gratis langsung dari web atau via app MARKEY (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

10 Strategi Promosi untuk Meningkatkan Laba Penjualan

0
strategi promosi

Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa pendapatan bisnis Anda hanya mentok segitu-segitu saja? Nyatanya, berbisnis tak cukup hanya dengan mengandalkan kemampuan serta pengetahuan seadanya.

Jika Anda hanya terfokus dan mengandalkan taktik berbinis yang monoton, maka dijamin bisnis Anda akan sulit untuk berkembang. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi promosi yang tepat agar bisnis Anda berkembang pesat dan mampu meraup untung berlipat ganda.

Apa itu strategi promosi? Strategi promosi merupakan tahapan-tahapan yang harus Anda pertimbangkan saat menjalankan kegiatan manajemen dari bisnis Anda. Strategi promosi mencakup segala aktivitas dalam bisnis khususnya di bidang pemasaran produk kepada konsumen. Aktivitas pemasaran tersebut biasanya berupa komunikasi atau interaksi dengan konsumen seperti memberikan informasi terhadap produk, hingga meyakinkan konsumen untuk mencoba atau membeli produk yang ditawarkan.

Lantas, bagaimana caranya mengaplikasikan strategi promosi yang tepat untuk bisnis? Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini kami sajikan 10 strategi promosi terbaik sekaligus mudah untuk Anda terapkan. Strategi-strategi promosi di bawah ini dijamin ampuh untuk membuat keuntungan bisnis Anda membengkak!

Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga : Promosi Adalah : Pengertian Para Ahli, Tujuan, dan Jenis

3 Unsur Wajib Pembentuk Strategi Promosi

unsur-strategi-promosi

Pada dasarnya, strategi promosi merupakan rencana dan cara yang ditempuh untuk menarik minat serta perhatian konsumen. Tujuannya tentu saja, agar terdapat semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba atau membeli produk Anda. Dengan demikian, bisnis Anda pun akan mendapatkan keuntungan penjualan yang semakin banyak.

Strategi pemasaran yang baik dan manjur haruslah mengandung 3 unsur penting di dalam perumusannya. 3 unsur tersebut dikenal dengan “K-I-I”, yaitu :

Komunikasi

Komunikasi merupakan kunci utama dari strategi pemasaran produk Anda. Dekati calon konsumen sasaran dari bisnis Anda dan berikan informasi terkait produk yang dapat menarik perhatian mereka.

Insentif

Berikan pelayanan terbaik dan secara khusus kepada calon konsumen. Pelayanan dengan kualitas nomor satu tentunya akan menanamkan yang kesan baik sekaligus menumbuhkan rasa nyaman bagi calon konsumen Anda.

Invitation

Unsur terakhir adalah invitation. Setelah mendapatkan perhatian dan kenyamanan dari konsumen, saatnya bagi Anda untuk mengundang para konsumen membeli produk yang ditawarkan.

Meraih Keuntungan Besar dengan 10 Strategi Promosi Termanjur

meraih-keuntungan-strategi-promosi

Setelah mengetahui 3 unsur yang wajib ada dalam strategi promosi Anda, yuk simak 10 tips strategi promosi termanjur berikut ini! Strategi-strategi promosi ini dijamin ampuh untuk membuat keuntungan bisnis Anda berlipat ganda.

Memanfaatkan Media Sosial dan Platform Toko Online

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini, apapun sudah serba online. Setiap hari, hampir semua orang pasti akan mengecek dan memperbaharui sosial media mereka. Internet menjadi sarana hiburan yang sangat digemari oleh masyarakat kekinian. Bahkan kegunaan internet pun bertambah hingga digunakan oleh masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, memanfaatkan internet sebagai sarana utama promosi bisnis pun patut untuk Anda coba.

Internet memberikan keuntungan yang sangat besar bagi para pebisnis untuk melakukan strategi pemasaran. Dengan internet, Anda bisa melakukan promosi bisnis setiap hari tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Anda cukup memanfaatkan media sosial yang digunakan oleh banyak masyarakat seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Selain itu, memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia juga dapat menjadi pilihan alternatif untuk memasarkan bisnis Anda, sebab aktivitas berbelanja online dinilai oleh banyak orang lebih praktis.

Meluncurkan Inovasi Baru secara Musiman

Konsumen menggemari adanya produk-produk baru yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan secara berkala atau musiman. Inovasi-inovasi baru pada bisnis masih dinilai sangat ampuh untuk menarik minat konsumen. Hal ini disebabkan oleh rasa penasaran konsumen terhadap produk baru dari bisnis Anda yang akan mengundang mereka untuk datang dan berbelanja. Selalu pastikan juga bahwa inovasi baru yang Anda tawarkan memiliki keunikan plus keuntungan bagi konsumen, ya!

Memasang Iklan Cara Baru (Paid Promote, Endorsement)

Jika pada zaman dahulu, iklan biasanya hanya dipasang di televisi, koran, atau berupa brosur. Namun sekarang, sudah ada cara baru yang lebih segar untuk beriklan. Anda bisa memasang iklan di media sosial melalui sistem paid promote atau endorsement dari teman-teman, keluarga, hingga selebriti di jagat maya.

Sistem paid promote dan endorsement mengaplikasikan sistem “word of mouth” yang memiliki nilai kefektifan tinggi. Sistem “word of mouth” sendiri masih sangat ampuh untuk meyakinkan calon pembeli agar berbelanja. Konsumen selalu lebih mudah merasa yakin terhadap suatu produk setelah mendengar testimonial, review, atau mendapat rekomendasi dari orang lain yang mereka kenal.

Menjadi Sponsor Acara

Suatu acara yang bersifat umum seperti seminar nasional, fun bike, jalan sehat, dan lainnya selalu membutuhkan sponsor. Anda bisa memanfaatkan acara-acara ini sebagai sarana promosi bisnis. Dengan menjadi sponsor acara, maka produk dari bisnis Anda akan ikut dipasarkan ke peserta acara yang terlibat. Bisnis Anda pun juga akan semakin dikenal berkat bantuan sounding atau promosi yang dilakukan oleh pihak penyelenggara acara.

Mengadakan Program Give Away alias Bagi-Bagi Produk Gratis

Siapa yang tidak suka produk gratis? Saat ini, banyak sekali perseorangan bahkan toko online yang rutin mengadakan program give away alias bagi-bagi produk gratis di media sosial. Tujuan setiap orang mengadakan give away pun beragam, salah satunya adalah memasarkan produk yang mereka jual.

Anda bisa mengadakan give away sejumlah barang dagangan untuk menarik minat calon konsumen. Tidak perlu membagi banyak barang, Anda bisa memilih beberapa produk yang menarik. Program give away saat ini dinilai ampuh untuk membuat banyak orang “mampir” ke bisnis online Anda.

Memberikan Diskon Besar-Besaran

Hampir semua konsumen menyukai diskon, apalagi diskon besar-besaran. Mengadakan program diskon besar-besaran terbukti meningkatkan jumlah pembelian konsumen terhadap suatu produk. Akan tetapi, Anda harus tetap memperhitungkan dengan baik persentase diskon yang bisa Anda tawarkan terlebih dahulu.

Contohnya, Anda bisa mulai dengan menawarkan diskon kecil seperti 5-10%. Jika feedback dari konsumen cukup baik, tingkatkan persentase diskon Anda. Paket diskon besar-besaran cocok untuk diterapkan jika target Anda adalah untuk menghabiskan stok barang dagangan yang tersisa.

Mengadakan Program Loyalitas Pelanggan

Selain kualitas dan harga barang yang kompetitif, Anda tidak boleh melupakan pelayanan terhadap konsumen. Anda bisa menerapkan program loyalitas pelanggan untuk mempertahankan kenyamanan pelanggan di toko Anda. Program loyalitas pelanggan pun bisa beragam bentuknya, seperti menyediakan banyak penawaran spesial dan bonus jika pelanggan memiliki kartu member di toko Anda. Program loyalitas pelanggan ini dinilai sebagai suatu ide yang brilian sebab telah terbukti ampuh mempertahankan kesetiaan pelanggan untuk berbelanja di toko yang sama.

Menganalisa Target Market

Kondisi pasar bisa selalu berubah-ubah dan akan mempengaruhi bisnis Anda. Oleh karena itu, strategi pemasaran secara berkala yang Anda terapkan harus diseimbangkan dengan analisa target market. Selalu cek seberapa efektif sistem promosi yang Anda jalankan mampu menjaring minat konsumen, seberapa luas kira-kira daya jangkau promosi, serta besar penjumlahan calon konsumen baru yang dapat diraih oleh sistem promosi Anda. Apabila sistem promosi Anda dirasa kurang membuahkan hasil, segera ganti dengan sistem lain yang lebih efektif.

Mengadakan Buy One Get One Free

Program beli satu gratis satu atau buy one get one free adalah salah satu bentuk penawaran lain yang tak kalah menarik dibandingkan diskon dan give away. Malahan tidak sedikit toko yang menjalankan program buy one get one free berbarengan dengan diskon dan give away. Menjual dua produk dengan harga satu produk selalu berhasil meningkatkan daya beli konsumen. Program buy one get one free juga memberikan rasa puas terhadap konsumen sebab bisa mendapatkan lebih banyak barang dengan harga murah.

Memberikan Gratis Ongkos Kirim

Tips terakhir yakni menerapkan sistem gratis ongkos kirim. Strategi pemasaran ini wajib dijalankan bagi Anda pemilik toko online. Sistem ini telah terbukti manjur. Kebanyakan konsumen merasa enggan kalau harus membayar lebih untuk ongkos kirim dari barang belanjaan mereka. Memberikan gratis ongkos kirim terhadap konsumen menjadi solusi terbaik agar konsumen mau berbelanja di toko Anda.

Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan yakni memberikan gratis ongkos kirim dengan minimal jumlah pembelanjaan tertentu. Hal ini dijamin akan mendorong konsumen melakukan pembelian dengan jumlah yang lebih banyak. Otomatis, pendapatan dari bisnis Anda pun akan meningkat.

Itulah 10 strategi promosi yang dijamin ampuh untuk membuat keuntungan bisnis Anda berlipat ganda. Semoga bermanfaat, ya!

Perusahaan Dagang : Contoh, Pengertian, dan Karakteristik

0
perusahaan dagang

Istilah perusahaan perdagangan sudah tidak asing dalam dunia bisnis dan ekonomi. Akan tetapi istilah ini mungkin membingungkan masyarakat awam yang mengenal perusahaan serta dagang sebagai dua hal yang berdiri sendiri. Lantas, apa yang dimaksud dengan perusahaan perdagangan?

Perusahaan perdagangan selama ini telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Anda mungkin tidak menyadari jika selama ini Anda membeli barang-barang kebutuhan di perusahaan perdagangan. Dari namanya, Anda bisa menerka bahwa secara sederhananya, perusahaan dagang adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan.

Yuk cari tahu jawabannya di ulasan lengkap perihal pengertian perusahaan perdagangan, karakteristik perusahaan dagang, hingga contoh-contoh dari perusahaan dagang berikut ini!

Mengenal Pengertian Perusahaan Dagang

perusahaan-dagang

Perusahaan perdagangan terdiri dari dua kata yakni “perusahaan” dan “dagang”. Arti dari kedua kata ini membangun pengertian perusahaan perdagangan itu sendiri. Perusahaan merupakan tempat berkumpulnya keseluruhan faktor produksi dengan tujuan memperoleh suatu keuntungan. Perusahaan juga merupakan suatu usaha yang bersifat tetap sebab dikelola menggunakan suatu sistem organisasi secara terus-menerus. Sementara arti kata “dagang” adalah proses menjual suatu barang kepada konsumen.

Menarik benang merah dari arti kedua kata tersebut, maka perusahaan dagang adalah suatu perusahaan yang menjual barang untuk mendapatkan keuntungan. Perusahaan ini membeli barang dari produsen atau distributor untuk jual kembali kepada konsumen. Barang yang dijual pun tidak diubah sama sekali baik bentuk maupun kualitasnya.

Ada berbagai ragam dan jenis perusahaan ini di sekitar kita yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Contoh perusahaan dagang yang bertebaran di masyarakat ada banyak sekali, seperti supermarket, mal, dan toko kelontong. Supermarket, mal dan toko-toko kelontong biasanya membeli barang dagangan mereka di suatu pemasok barang. Barang-barang tersebut disimpan, kemudian dijual kembali ke konsumen dengan harga yang berbeda. Barang-barang dijual juga sama sekali tidak berubah bentuk serta kualitasnya.

Itulah gambaran dari perusahaan perdagangan yang sebenarnya telah sering Anda kunjungi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mengetahui Karakteristik Perusahaan Dagang

Setelah memahami pengertian perusahaan dagang, kini saatnya mengenal karakteristik perusahaan dagang. Perusahaan ini memiliki karakteristik serta ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dari jenis usaha dagang yang lain.

Terdapat dua hal mendasar yang menjadi karakteristik perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan. Dua hal tersebut adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan serta kegiatan akuntansi.

Karakteristik Usaha yang Dilakukan

Perusahaan tipe ini membeli barang dagangan dari pemasok  barang (produsen atau distributor), untuk dijual kembali kepada produsen. Barang yang dijual tidak mengalami proses pengolahan atau perubahan sama sekali dari pihak perusahaan penjual. Oleh karenanya, barang-barang sampai ke tangan konsumen dengan kualitas serta bentuk yang sama seperti hasil produksi.

Karakteristik Berdasarkan Kegiatan Akuntansi

Karakteristik berikutnya adalah berdasarkan kegiatan akuntansi. Perusahaan ini menjalankan bisnisnya menggunakan akun persediaan barang dagangan. Dalam akun tersebut terdapat perhitungan harga pokok jual serta laporan pendapatan, keuntungan dan kerugian. Bentuk-bentuk laporan ini terdapat dalam bentuk single step dan multiple step.

Namun selain dua tipe tadi, masih banyak ciri-ciri perusahaan dagang yang lain. Adapun ciri-ciri perusahaan dagang adalah sebagai berikut.

  1. Perusahaan ini termasuk salah satu perantara dari produsen ke konsumen.
  2. Perusahaan ini tidak membuat atau mengolah barang dagangannya, sehingga metode usaha yang digunakan disebut niaga murni.
  3. Keuntungan bersih yang didapatkan dari perusahaan ini adalah total penjualan dikurangi modal dan biaya operasional.
  4. Satu-satunya pendapatan yang diperoleh perusahaan ini adalah melalui penjualan barang.
  5. Memiliki sistem akuntansi yang memuat akun persediaan stok dagangan.

Itulah sejumlah ciri dan karakteristik yang membedakan perusahaan perdagangan dengan perusahaan lain. Apabila ada perusahaan yang memenuhi kriteria serta ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan.

Contoh-Contoh Perusahaan Dagang

contoh-perusahaan-dagang

Ada banyak sekali contoh perusahaan dagang. Di bawah ini sudah kami rangkum 5 contoh perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan yang ada di sekitar Anda. Contoh-contoh ini akan membantu Anda untuk lebih memahami perusahaan perdagangan yang ada.

Perusahaan Barang Produksi

Contoh perusahaan perdagangan yang pertama adalah perusahaan barang produksi. Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan jenis ini melakukan proses jual beli bahan baku untuk membuat produk olahan. Contoh barang dagangannya seperti hasil tani berupa beras, tepung, gula, hingga bahan baku untuk bangunan seperti kayu, paku, pasir, dan lainnya.

Perusahaan barang produksi juga biasanya menjual alat-alat yang digunakan untuk mengolah produk, seperti gergaji, perabotan masak, dan lainnya. Konsumen yang biasa berbelanja di perusahaan barang produksi adalah masyarakat atau pemilik usaha lain yang membutuhkan bahan baku.

Perusahaan Barang Jadi

Berbeda dengan tipe sebelumnya, perusahaan perdagangan jenis ini menjual produk hasil olahan jadi ke konsumen. Perusahaan tipe ini tidak menjual bahan baku, sehingga konsumen yang berbelanja akan langsung mendapatkan barang siap pakai. Sejumlah contoh barang yang dijual di toko ini adalah beragam kebutuhan manusia seperti televisi, kulkas, sepatu, sabun cuci piring, mesin cuci, dan lainnya.

Perusahaan Wholesaler (Perusahaan Perdagangan Besar)

Perusahaan tipe wholesaler adalah perusahaan dengan skala jual beli yang besar. Perusahaan wholesaler membeli produk dari produsen atau pemasok dalam skala besar. Kemudian, barang-barang tersebur dijual kembali kembali dengan besaran skala yang sama besarnya. Target dari perusahaan wholesaler biasanya adalah para pedagang lain yang lebih kecil atau para distributor. Contoh dari perusahaan wholesaler sendiri yakni pedagang grosir.

Perusahaan Middleman (Dagang Perantara)

Contoh perusahaan keempat adalah perusahaan middleman. Berbeda dari pedagang wholesaler, perusahaan middleman Ukuran jual dari perusahaan middleman berada di tengah-tengah; lebih kecil dari wholesaler, akan tetapi masih lebih besar dari retailer.

Meskipun berbeda secara skala, namun sistem perusahaan middleman masih serupa dengan wholesaler. Perusahaan middleman membeli barang dari produsen dalam skala besar. Bedanya, perusahaan jenis ini akan menjual barang-barang kembali dengan skala sedang. Target konsumen dari perusahaan perdagangan jenis ini yakni pedagang pengecer, distributor, dan masyarakat biasa. Contoh dari perusahaan middleman adalah toko subgrosir.

Perusahaan Retailer (Pengecer)

Pernah mendengar istilah pedagang retail? Istilah tersebut memiliki arti sebagai perusahaan pengecer. Perusahaan retailer adalah perusahaan perdagangan yang terkecil jika dibandingkan dengan wholesaler dan middleman.

Jumlah perusahaan retailer atau pengecer pun sangat banyak bertebaran di sekitar kita. Contoh perusahaan retailer sendiri adalag toko, kios, warung, minimarket dan supermarket. Sistem kerja dari perusahaan retailer adalah dengan membeli produk dalam jumlah tertentu dari pemasok. Kemudian, perusahaan retailer akan menjualnya secara eceran ke konsumen. Perusahaan retailer juga bisa jadi pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis.

Itulah ulasan lengkap mengenai definisi, contoh hingga ciri-ciri perusahaan dagang. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda terkait perusahaan perdagangan, ya!
[business-about]

Wirausaha Sukses : 7 Tokoh Kisah Sukses Wirausaha

0
wirausaha sukses

Banyak orang mengidam-idamkan dirinya bisa menjadi pelaku wirausaha sukses. Karir sebagai wirausaha sukses dan ternama memang terdengar menggiurkan, terlebih ketika seseorang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Dibandingkan dengan dulu saat pekerjaan sebagai pegawai negeri adalah primadona di mata masyarakat, sekarang kebanyakan orang memilih banting setir menjadi bos atas bisnisnya sendiri.

Namun perjuangan di dunia wirausaha memang tidak segampang bayangannya. Banyak wirausahawan harus memulai bisnis dari titik nol, kemudian mengalami jatuh bangun sebelum memiliki bisnis yang besar, sukses dan terkenal. Ada banyak tokoh wirausaha sukses dengan sepak terjang kisah kesuksesan berbeda-beda.

Penasaran dengan kisahnya? Berikut ini kisah-kisah inspiratif dari sejumlah wirausahawan sukses di bidang kerajinan yang telah kami rangkum secara khusus. Orang-orang ini adalah wirausahawan sukses di bidang kerajinan yang kisah perjuangannya bisa Anda teladani.

7 Kisah Inspiratif Tokoh Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan

pebisnis sukses

Bidang kerajinan memberi banyak peluang menguntungkan di bidang wirausaha. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak tokoh wirausahawan sukses yang lahir dari bidang kerajinan. Di bawah ini adalah tujuh kisah inspiratif pelaku wirausaha sukses di bidang kerajinan yang telah kami rangkum spesial untuk Anda.

Komang Adi, Sang Pelukis Beromzet 175 Juta Sebulan

pelukis

Kisah wirausaha sukses di bidang kerajinan pertama datang dari Pulau Dewata. Ialah Komang Adi, seorang pelukis terkenal hingga kancah internasional. Pria lulusan Sekolah Menengah Seni Rupa ini mengawali karirnya dari titik nol di tahun 1997. Komang Adi  memulai karir sebagai penjual pigura lukisan dan foto. Tidak mudah bagi Komang Adi untuk mewujudkan mimpinya sebab seni lukis pada masa tersebut masih sepi peminat. Akan tetapi Komang Adi tetap tidak menyerah.

Tiga tahun kemudian, Komang turut menjual lukisannya bersama dengan pigura. Komang melakukan usaha keras mempromosikan bisnisnya. Strategi promosi jitu pilihan Komang yakni melalui kerjasama dengan tour guide. Tujuannya tak lain agar para tour guide mengajak turis berlibur ke tempatnya menjual lukisan.

Seiring berjalannya waktu, lukisan Komang mulai terkenal. Bisnisnya berkembang berkat lukisan buatan Komang yang berkualitas baik. Hingga pada akhirnya, pria asal Gianyar tersebut sukses membangun galeri lukisan miliknya sendiri. Lukisan-lukisan buatannya telah laku terjual ke berbagai negara seperti Perancis, Jerman, Amerika dan Australia dengan omzet hingga 175 juta sebulan.

Nur Handiyah, Pengusaha Sampah Kulit Kerang Bernilai Jutaan Rupiah

kerang

Kisah ini datang dari Nur Handiyah, sang pengusaha sampah kulit kerang beromzet jutaan rupiah. Kisah kesuksesan Nur berawal ketika ia dan sang suami melihat banyak tumpukan sampah kerang. Mereka pun punya ide mengolah sampah kerang menjadi kerajinan tangan. Di tangan kreatifnya, kulit-kulit kerang tersebut disulap menjadi barang pajangan antik seperti vas bunga, lampu, hiasan rumah, piring dan lain sebagainya.

Kesuksesan Nur tidak datang begitu saja. Ia mengaku berbisnis dengan modal nekat dan memanfaatkan modal seadanya. Mereka berdua pun sampai nekat berhenti dari pekerjaan masing-masing untuk fokus menekuni bisnis. Berkat usaha dan kreativitasnya, bisnis kerang Nur pun diminati oleh Pemerintah Cirebon. Sejak saat itu, bisnis Nur melejit drastis. Hingga saat ini, keramik kerajinan Nur telah diekspor ke berbagai negara di belahan Eropa, Timur Tengah, dan Asia.

Diah Rahmalita, Sukses Meraih Jutaan Rupiah Berkat Piring Bekas

Diah Rahmalita adalah pemilik tangan kreatif selanjutnya yang bisa Anda teladani. Diah menggunakan kemampuan seni melukisnya ke barang-barang bekas yang ada di rumahnya. Beragam gelas, piring serta botol ia lukis sehingga layak dijual kembali sebagai suvenir.

Di awal bisnisnya, Diah hanya menggunakan modal seadanya yakni cat, kertas tisu, dan barang-barang bekas. Sempat ada keraguan dan ketakutan dalam benak Diah, terlebih karena ia merasa tak memiliki bakat seni lukis. Namun ia tetap nekat menjalankan usaha. Jatuh bangun ia jalani, termasuk saat-saat mengalami kebingungan mencari pasar.

Akan tetapi bisnisnya masih berkembang sampai sekarang dan di luar perkiraannya. Karya seninya dilirik oleh pemerintah dan Diah kerap mengikuti pameran seni. Sekarang, Diah Rahmalita sanggup meraih omzet penjualan sebesar 10 sampai 20 juta per bulannya.

Eni Aryani, Pebisnis Kaleng Bekas yang Merambah Pasar Australia

Wirausaha sukses di bidang kerajinan lainnya adalah Eni Aryani. Wanita kelahiran Yogyakarta tahun 1979 ini sukses mengolah sampah kaleng hingga menjadi barang unik dan bermanfaat seperti tempat kue, ember, vas bunga, dan lainnya. Setiap barang yang diproduksi oleh Eni memiliki kualitas baik dan oleh karena itu, satu item kerajinan tangan Eni mampu menembus harga hingga 1,2 juta rupiah.

Saat mengawali bisnisnya, Eni berbekalkan modal hanya sebesar 5 juta rupiah. Modal tersebut ia gunakan untuk membeli cat akrilik dan barang bekas sebagai bahan baku dari dagangannya. Seluruh usaha Eni kerahkan untuk memasarkan bisnisnya, mulai dari promosi via online, mengikuti pameran,  hingga akhirnya mampu mendirikan galeri sendiri di daerah Kemang. Kini bisnisnya telah sukses merambah berbagai kawasan di Indonesia hingga ekspor ke Australia.

Made Sutamaya, Sang Pengepul Kayu Berpenghasilan 300 Juta

Kisah wirausaha sukses lain datang dari Bali yakni dari Kioski Gallery. Galeri seni kayu ini dimiliki oleh Made Sutamaya. Uniknya, Made membuat karya seni desain interior senilai jutaan rupiah dari sampah kayu yang ia kumpulkan sendiri.

Made hanyalah seorang lulusan SMA, namun ia mendapatkan skill mengolah kayu berkat pengalamannya selama 23 tahun bekerja sebagai pegawai mebel. Bisnisnya dimulai ketika Made melihat ada banyak sampah kayu berserakan di tepi pantai. Ia pun terpikir untuk mengolahnya menjadi kerajinan. Berbekal paku, gergaji dan lem kayu, Made merintis bisnisnya.

Bisnis Made tidak langsung berjalan dengan lancar. Pada awalnya, galeri Made sangat sepi pembeli. Setiap hari Made menunggu pembeli yang tak kunjung datang. Namun ia tidak cepat putus asa. Akhirnya ia memutuskan mengikuti pameran kesenian dan memperkenalkan produknya di sana.

Setelah itu, Made gencar melakukan promosi di media sosial Facebook.  Usaha gigihnya membuahkan hasil. Made telah menjual banyak olahan kayu seperti meja, kursi, kaca, gantungan lampu dan lainnya di galerinya. Harga produknya pun bervariasi hingga jutaan rupiah. Yang lebih menakjubkannya lagi, Made mampu meraup omzet hingga 300 juta di setiap bulannya.

Naomi Setiono, Menemukan Sukses Lewat Batik

Di usianya yang hampir kepala lima, Naomi adalah wirausaha kerajinan batik yang luar biasa sukses. Bisnisnya didasarkan pada semangat tinggi Naomi untuk melestarikan sekaligus mengembangkan Batik Lasem. Naomi adalah keturunan orang terpandang, namun jalan hidupnya dipenuhi lika-liku kesulitan. Di masa gadisnya, Naomi pernah bekerja sebagai tukang cuci, pemotong batang rokok, hingga kernet bus. Pekerjaan kasar yang ia ambil pun menuai banyak cemooh dari keluarga ningratnya.

Akan tetapi, Naomi tetap mempertahankan sikap baik terhadap keluarganya. Di tengah masa-masa sulitnya, Naomi belajar cara membuat Batik Lasem dari awal. Hingga di tahun 1990, Naomi berkesempatan untuk meneruskan bisnis batik keluarganya.

Ketika memegang bisnis tersebut, Naomi melakukan banyak perubahan sistem, salah satunya adalah memperlakukan para pengrajin batik dengan setara alias rekan kerja. Kala itu Naomi memilih menekuni bisnis Batik Lasem sebab jenis batik tersebut belum terlalu dikenal. Jadilah ia semakin menguatkan tekad untuk memperkenalkan jenis batik tersebut.

Berkat tekad, kegigihan dan doa yang tak putus-putus, Naomi berhasil mewujudkan mimpinya dalam memperkenalkan Batik Lasem. Batik-batik hasil produksinya pun telah laris dipasarkan hingga daerah lain di Jawa seperti Serang, Surabaya dan Medan. Kisah Naomi menjadi bukti bahwa menjadi pengusaha sukses pun bisa didasari dengan modal keinginan memperkenalkan budaya seluas-luasnya.

Fauziah, Si Pengusaha Kain Songket dari Palembang

Tokoh wirausaha sukses di bidang kerajinan yang terakhir adalah Fauziah. Ia menekuni bidang kerajinan kain songket berkat warisan keahlian dari orang tuanya. Sedari kecil Fauziah diajarkan cara membuat kain songket. Kemudian, ketika beranjak dewasa Fauziah pun diberikan kesempatan untuk meneruskan bisnis kain songket milik kedua orang tuanya.

Perjuangan Fauziah dalam mempertahankan bisnisnya patut diacungi jempol. Bisnisnya sempat terhenti dikarenakan masalah modal. Akan tetapi masalah tersebut berhasil teratasi berkat bantuan dana yang ia dapatkan dari PLN sebesar 21 juta. Fauziah tak mudah menyerah.

Ia terus berkarya dan memastikan produk kain songketnya memiliki kualitas terbaik. Hingga saat ini, Fauziah mampu meraih untung bersih hingga 100 juta rupiah per bulannya. Kain songket buatannya pun sudah dijual hingga Jakarta dan Medan. Fauziah juga dikenal sebagai pengrajin kain songket terbaik di Palembang.

Itulah kisah inspiratif dari tokoh wirausahawan sukses di bidang kerajinan. Pengalaman mereka membuktikan bahwa mimpi bisa dicapai jika dibarengi keberanian, tekad, dan kegigihan dalam mewujudkannya. Semoga kisah mereka mampu menjadi inspirasi bagi Anda.

Yuk follow website MARKEY di https://markey.id/ dan dapatkan ratusan artikel tips bisnis  gratis setiap hari! Bisa juga download MARKEY app di Google Play dan Apple Store untuk kenyamanan membaca yang lebih baik.

Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya!

Waralaba Adalah | Jenis-Jenis Waralaba

0
waralaba adalah

Apakah Anda pernah mendengar istilah waralaba? Jika Anda adalah seseorang yang bergerak dalam dunia bisnis pastinya sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Waralaba adalah salah satu bisnis yang dianggap sangat menguntungkan untuk dijalankan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak terkait waralaba, Anda membaca artikel yang tepat karena kali ini kami akan membahas berbagai hal terkait waralaba yang wajib Anda ketahui. Berikut ulasannya.

Waralaba Adalah?

waralaba, waralaba adalah

Dalam bahasa Prancis, waralaba disebut franchise yang berarti hak atau kebebasan. Selain itu, dalam Wikipedia Inggris, waralaba juga bisa didefinisikan sebagai hak-hak untuk menjual produk baik barang ataupun jasa.

Sementara menurut pemerintah Indonesia, pengertian waralaba adalah perikatan di mana salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan serta menggunakan hak kekayaan intelektual atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan mendapat imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain dalam rangka penyediaan atau penjualan produk barang dan jasa.

Sederhananya, pengertian waralaba adalah hubungan kerja sama yang mempunyai kontrak atau perjanjian di antara pemilik waralaba atau franchisor dengan penerima atau franchise. Seringnya, bisnis waralaba dijalankan dalam bentuk pertukaran uang berdasarkan perjanjian kontrak dengan rentang atau jangka waktu tertentu.

Dalam aktivitasnya, waralaba adalah bagian yang bertugas menjual produk atau jasa sesuai dengan ketetapan bersama dengan franchisor. Sedangkan franchisor akan bertugas melakukan pengembangan terkait dengan bisnis.

Jenis-jenis Waralaba

waralaba adalah

Waralaba dibedakan berdasarkan kriteria produk yang ditawarkan dan jenis waralaba menurut asalnya. Berikut penjelasannya.

1. Waralaba Berdasarkan Kriteria Produk

Berdasarkan kriteria produk yang ditawarkan, waralabakembali dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan produknya. Berikut beberapa jenis waralaba berdasarkan kriteria dari produk yang ditawarkan.

1. Waralaba Produk

Waralaba produk adalah waralaba yang menjual produk dalam bentuk barang sepeti makanan. Contoh jenis waralaba makanan adalah produk Mc Donald, KFC, Cakekinia, Kebab Turki, dan banyak lainnya.

2. Waralaba Jasa

Waralaba jasa adalah waralaba yang menjual produk dalam bentuk layanan jasa. Contohnya ialah dalam bidang jasa pendidikan, jasa foto, jasa agen penjualan, jasa travel, serta jasa agen pembayaran, juga banyak lainnya.

3. Waralaba Gabungan

Waralaba jenis ini adalah waralaba dengan kriteria produk dalam bentuk gabungan dari kedua jenis waralaba sebelumnya. Produk yang dijual dalam jenis waralaba ini adalah dalam bentuk barang dan jasa.

2. Waralaba Berdasarkan Asalnya

Selain berdasarkan kriteria produk, waralaba juga dibedakan berdasarkan asal dari bisnis tersebut. Berikut adalah beberapa jenis waralaba berdasarkan asal dari bisnis waralaba tersebut.

1. Waralaba Dalam Negeri

Dalam jenis ini, waralaba adalah kategori bisnis yang termasuk dalam pilihan investasi untuk seseorang yang ingin menjadi pengusaha dengan cepat namun terkendala kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana mengawali dan melanjutkan usaha waralaba.

Dalam jenis waralaba satu ini akan lebih mudah untuk bergabung dan tidak perlu gencar melakukan promosi karena sudah terkenal dan memiliki nama. Contoh waralaba ini ialah waralaba makanan restoran cepat saji.

2. Waralaba Luar Negeri

Waralaba yang satu ini cenderung lebih disukai oleh masyarakat dan konsumen karena waralaba ini telah memiliki sistem yang jelas serta merk perusahaan yang terkenal di seluruh dunia. Selain itu, karena berasal dari luar negeri maka dinilai lebih bergengsi. Contoh waralaba luar negeri adalah Mc Donald dan KFC.

Daftar Bisnis Waralaba Makanan yang Trend 2020

waralaba makanan, waralaba adalah

Bisnis makanan tidak ada matinya, oleh karena itu waralaba makanan merupakan bisnis yang sangat digemari bagi pelaku bisnis pemula. Kegemaran makan banyak orang menjadi alasan mengapa usaha waralaba makanan menjadi pilihan tepat. Apalagi jika makanan yang Anda jual adalah makanan yang terkenal, maka Anda tidak perlu susah membangun dan melakukan promosi dari nol.

Sayangnya, di balik ramainya usaha waralaba makanan, tidak banyak yang mampu bertahan dalam waktu lama. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri sebagai pertimbangan. Namun, jangan berkecil hati karena banyak juga yang mampu bertahan dan menjadi usaha jangka panjang. Untuk itu, berikut beberapa waralaba manakan yang popular dan harus Anda coba sekarang.

1. Kebab Baba Rafi

Waralaba makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing bagi Anda karena sudah sangat terkenal sejak didirikan pada 2005 lalu. Sejak awal berdiri, waralaba makanan satu ini sudah menawarkan sistem waralaba hingga sekarang telah terkenal tidak hanya di seluruh Indonesia bahkan sampai ke Malaysia dan Filiphina. Tentunya dapat Anda simpulkan sendiri betapa popular dan suksesnya makanan satu ini.

Jika Anda ingin bermitra dengan Kebab Baba Rafi, Anda harus menyediakan modal setidaknya Rp75juta. Dengan modal itu, Anda akan mendapatkan kedai dari model gerobak hingga container, karyawan, bahkan akan dicarikan lokasi yang strategis untuk berjualan.

Untuk pendapatan, waralaba ini bersumber dari websitenya, rata-rata pendapatan yang diterima Kebab Baba Rafi setiap harinya ialah Rp650 ribu yang artinya setiap bulan omset yang didapatkan dapat mencapai Rp19.5 juta.

2. Sabana Fried Chicken

Bagi Anda penggemar ayam goreng tentu tidak asing dengan waralaba makanan yang satu ini. Mirip KFC, Sabana Fried Chicken memiliki penggemar tersendiri dengan produk yang dijual dengan harga murah, yaitu Rp15 ribu dengan menu ayam plus nasi.

Untuk bermitra dengan waralaba ini dibutuhkan modal Rp17 juta dan akan diasisteni selama tiga bulan untuk memantau perkembangan usaha Anda. Jika berhasil, satu bulannya Anda akan menerima omset hingga Rp20 juta.

3. Martabak San Fransisco

Meski bernama Martabak San Fransisco, waralaba makanan yang satu ini asli dibuat oleh orang Indonesia yang sudah ada bahkan sejak tahun 1965. Bermula dari Bandung, makanan ini sudah tersebar di wilayah Jabodetabek sampai beberapa kota besar di Sumatera.

Nilai investasi untuk bermitra dengan waralaba yang satu ini cukup besar, yakni dimulai dari Rp90 juta. Namun tidak perlu khawatir karena dalam waktu sebulan saja, Anda akan meraup omset mencapai Rp30 juta. Ini berarti hanya dalam waktu tiga bulan, Anda akan mendapat kembali modal yang sebelumnya di investasikan.

Daftar Bisnis Waralaba Minuman yang Trend 2020

Selain waralaba makanan, waralaba minuman juga digandrungi banyak orang. Banyak minuman kekinian yang dilirik orang. Fenomena ini menjadi isnpirasi untuk mengembangkan usaha minuman dengan peluang yang cukup besar. Saat inipun, banyak perusahaan yang membuat waralaba minuman kekinian agar mencapai berbagai penjuru pangsa pasar.

Waralaba minuman ini menjadi semakin menarik karena modal yang dibutuhkan tidak terlampau besar. Bagi Anda yang berminat, berikut beberapa jenis waralaba minuman yang dapat Anda coba.

1. Waralaba Eight Ice Blend dan Squash

Waralaba minuman ini berdiri semenjak 2014 lalu di kota Cirebon. Kini waralaba minuman ini dapat Anda temukan di beberapa kota besar di Indonesia. Sesuai Namanya, minuman ini terdiri dari 8 rasa untuk menu ice blend serta 6 rasa untuk squash.

Variasi rasa inilah yang menjadi daya tarik waralaba ini sehingga mampu bertahan hingga saat ini. Untuk memulai bisnis ini Anda memerlukan modal sekita 3-7 juta tergantung jenis minuman serta booth yang dipilih.

2. Waralaba Cappucino Cincau Tempo Doeloe

Waralaba berikutnya yang laris ialah waralaba minuman. Walaupun ini adalah waralaba yang sudah ada sejak lama, namun masih popular hingga saat ini dengan semakin banyaknya modifikasi atau variasi cincau dengan minuman jenis lain. Untuk Anda yang ingin membuka waralaba minuman yang satu ini, cukup menyiapkan modal 2 juta rupiah saja. Ini karena peralatan yang digunakan tidak begitu banyak dan ribet.

3. Waralaba Mang Kacau

Waralaba minuman Mang Kacau ini menggunakan bahan dasar parutan cincau atau buble yang kemudian di blend dengan es. Minuman ini memiliki 11 rasa yang tentu disukai semua orang mulai dari Thai Milk tea, green tea latte, taro, white coffee, dark chocolate, matcha, strawberry, chocolate mocca, dan banyak lainnya.

Minuman ini juga telah mendapat label halal dari MUI serta dibuat tanpa pengawat. Modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp5 juta untuk mendaptkan bahan-bahan persachet serta cup dengan booth mini yang eye catching.

Nah, itulah dia berbagai penjelasan terakit waralaba. Waralaba merupakan bisnis yang sangat mudah dan dapat menguntungkan bagi Anda. Kunci sukses bisnis waralaba adalah ketekunan dan keahlian memilih waralaba yang cocok dengan Anda, memiliki kualitas baik dan brandnya sudah terkenal. Waralaba menjadi bisnis yang sangat cocok untuk memulai bisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Promosi Adalah : Pengertian Para Ahli, Tujuan, dan Jenis

0
promosi adalah

Promosi adalah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Terlebih bagi Anda yang memiliki usaha atau menjadi karyawan pada suatu bidang usaha. Ini juga berlaku bagi Anda yang sering membaca blog seperti Markey.id, tentunya sudah sangat sering melihat kata yang satu ini. Namun apakah Anda telah benar-benar memahami pengertian promosi?

Walaupun sudah sering didengar atau dilihat dalam berbagai kesempatan seperti pada saat berbincang dengan teman atau saudara, membaca media cetak, melihat papan-papan reklame di jalan, mendengar radio, menonton televisi, sampai internet dan lainnya, masih banyak orang yang belum memiliki pemahaman yang baik tentang promosi.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, kami akan membahas berbagai informasi terkait pengertian promosi, jenisnya, serta tujuan promosi. Ini semua perlu kita pelajari karena promosi adalah hal yang sangat penting sebagai upaya pengembangan usaha bisnis Anda.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

promosi, promosi adalah

Harper Boyd

Menurut pria yang merupakan ahli pemasaran ini, promosi adalah upaya membujuk seseorang untuk mau menerima produk, konsep, dan gagasan.

Sistaningrum

Menurut Sistaningrum, Promosi adalah upaya atau kegiatan suatu perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual ataupun konsumen potensial dengan tujuan agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan baik saat ini atau dimasa mendatang.

Boone dan Kurtz

Menurut mereka, pengertian promosi adalah suatu proses memberikan informasi, membujuk, dan mempengaruhi keputusan pembelian seseorang.

Rambat Lupiyonoadi

Menurutnya, promosi adalah salah satu variable di dalam bauran pemasaran yang sangat penting untuk dilaksanakan perusahaan dalam memasarkan produk berupa jasa. Promosi bukan saja kegiatan yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara konsumen dengan perusahaan, melainkan juga sebagai alat mempengaruhi konsumen dalam pembelian atau pemakaian jasa sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.

Stanton

Menurut Stanto, promosi adalah kegiatan untuk memberikan informasi kepada kosumen guna memengaruhi dan menghimbau khalayak ramai.

Sesungguhnya banyak sekali pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli di seluruh dunia, namun intinya tetap sama. Dari berbagai pendapat ahli tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian promosi adalah kegiatan menyebarkan informasi produk atau jasa kepada calon konsumen atau target pasar dengan tujuan agar calon konsumen memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan.

Tujuan Promosi Adalah

promotion, promosi adalah

Memberikan Informasi

Promosi yang Anda lakukan dapat menambah nilai suatu barang dengan memberikan informasi terbaik tentang produk Anda terkait harga, kelebihan, manfaat serta kondisi lainnya kepada konsumen. Tanpa adanya penyampaian informasi ini, orang akan segan untuk membeli produk Anda karena tidak mengetahui seperti apa produk Anda.

Komunikasi tentu merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan informasi antara penjual dan pembeli. Manfaat promosi sebagai penyampai informasi ini adalah memberi tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh kedua pihak. Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan masing-masing maka akan terjadi pertukaran atau pembelian yang memuaskan sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

Membujuk dan Mempengaruhi

Selain bermanfaat sebagai media penyampaian informasi, manfaat promosi lainnya ialah untuk membujuk calon konsumen potensial untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan menguraikan berbagai kelebihan produk Anda dibanding produk lainnya, maka akan mempengaruhi calon pelanggan agar yakin untuk memilih produk Anda sebagai jawaban kebutuhan mereka.

Menciptakan Image

Manfaat berikutnya dari promosi yang Anda lakukan ialah memberikan image atau kesan tersendiri kepada calon pembeli. Oleh karena itu, bagian pemasaran Anda harus mampu menciptakan strategi pemasaran yang menarik dan menciptakan image tersebut.

Contohnya seperti menggunakan warna, ilustrasi, dan bentuk yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jargon-jargon yang unik. Ini akan membuat pelanggan Anda mengenali produk perusahaan Anda.

Alat Mencapai Tujuan

Manfaat terakhir promosi ialah digunakan sebagai cara untuk menapai tujuan, yaitu agar terjadi pertukaran atau pembelian yang dilakukan pelanggan sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan. Dalam hal ini, komunikasi menjadi cara yang dapat menunjukkan bagaimana pertukaran itu saling memuaskan antara pelanggan dan penjual yang dalam hal ini perusahaan.

Jenis-Jenis Promosi

promosi adalah

1. Periklanan atau Advertising

Periklanan atau advertising merupakan bentuk promosi non personal yang menggunakan media dengan tujuan untuk merangsang pelanggan melakukan pembelian. Periklanan berguna untuk menawarkan produk kepada pelanggan dengan memberikan berbagai alasan logis mengapa produk yang ditawarkan adalah pilihan tepat bagi pelanggan.

2. Personal Selling

Penjualan tatap muka atau personal selling termasuk dalam jenis promosi di mana promosi dilakukan secara personal dengan presentasi secara lisan dalam suatu percakapan bersama calon pembeli dengan tujuan merangsang pembelian.

Ini juga dapat diartikan sebagai kegiatan mempromosikan produk dengan cara mendatangi langsung tempat konsumen berada yang dilakukan oleh seorang wiraniaga atau salesperson. Dengan terjadinya kontak langsung ini maka akan terjalin komunikasi dua arah sehingga baik pelanggan maupun salesperson mengetahui keinginan masing-masing.

Adapaun tugas seorang wiraniaga atau salesperson adalah:

  1. Memberikan informasi terkait produk pada konsumen
  2. Menjelaskan manfaat serta berbagai hal terkait produk pada konsumen
  3. Mejawab argumentasi atau pertanyaan yang diajukan konsumen
  4. Mengarahkan konsumen untuk melakukan transaksi
  5. Memberikan layanan purna jual

Adapun sifat penjualan tatap muka ialah :

  1. Dilakukan secara personal atau terjadinya kontak langsung dengan konsumen
  2. Tanggapan diberikan secara langsung atas pertanyaan atau reaksi konsumen
  3. Mempererat hubungan antara konsumen dengan perusahaan, tentunya apabila layanan diberikan dengan memuaskan.

3. Publicity

Yang termasuk dalam jenis promosi berikutnya ialah publicity atau publisitas yang merupakan bentuk promosi non personal terkait pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan mengulas berbagai informasi mengenai produk yang pada umumnya bersifat ilmiah. Ini juga merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk dengan cara non personal yang bersifat komersial.

Produk akan diiklankan melalui media cetak dan media elektronik serta hasil wawancara yang ditampilkan melalui media terkait. Cara ini sangat tepat sebagai ajang memperkenalkan perusahaan atau produk yang dihasilkan. Ini karena publisitas dapat mencapai pembeli potensial yang tidak dapat dicapai hanya dengan advertising dan personal selling.

4. Sales Promotion

Jenis promosi selanjutnya ialah promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Promosi penjualan atau sales promotion melakukan penawaran produk dengan memberikan perangsang supaya terjadi pembelian. Perangsang ini dapat berupa uang, barang, ataupun pelayanan tambahan lain yang biasanya tidak disertakan bersama produk tersebut. Pada umumnya, sales promotion dilakukan untuk hal berikut ini:

Meluncurkan Produk Baru Perusahaan

Cara promosi dengan memberikan insentif jangka pendek dapat Anda gunakan untuk membantu peluncuran produk baru atau formula baru dari produk yang ada sebelumnya. Ini berguna untuk memberi efek jangka panjang, produk yang diluncurkan harus menjanjikan manfaat yang menguntungkan konsumen, jika tidak demikian pembelian ulang tidak akan terjadi.

Membangun Pola Belanja

Dengan membujuk para pembeli pertama melakukan pembelian ulang, maka keberhasilan terletak dan bergantung pada produk. Semakin menguntungkan produk yang dijanjikan, maka semakin besar promosi yang dilakukan dan membuat terjadinya pembelian ulang produk. Nantinya, pola belanja konsumen atas produk tersebut terbentuk dengan sendirinya.

Meningkatkan Penjualan Produk Pengiring

Sales promotion tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk utama, tapi juga produk pendukung dari produk utama tersebut. Misalnya ketika melakukan promosi produk roti dan terjadi peningkatan penjualan, maka selai sebagai produk pendukung juga akan mengalami peningkatan.

Meningkatkan Pemakaian Produk

Memperkenalkan penggunaan produk baru atau tambahan produk yang ada melalui promosi penjualan, maka akan membuat pemakaian dapat mengalami peningkatan.

Menetralisir Promosi Pesaing

Promosi penjualan juga dapat dilakukan sebagai cara untuk mengimbangi kegiatan promosi yang dilakukan pesaing, khususunya pesaing yang menggunakan kampenye efektif. Tujuan kegiatan ini adalah memelihara konsumen yang ada saat ini. Perusahaan market leader memiliki kepentingan untuk melindungi market share terhadap serangan dari luar, ini dilakukan dengan menggunakan promosi penjualan.

Itulah berbagai informasi terkait promosi yang harus Anda ketahui untuk memasarkan produk Anda. berbagai jenis promosi di atas dapat Anda terapkan agar manfaat promosi dapat Anda rasakan karena promosi adalah cara utama untuk melakukan penjualan. Semoga beruntung!

Mari temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sayonara!

Baca juga

10 Jenis Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

0
ide usaha, ide usaha rumahan, ide usaha sampingan

Sebelum memulai usaha seorang pengusaha harus dapat menganalisa peluang usaha yang jarang dilirik oleh orang lain dan belum banyak pesaingnya. Sehingga jenis ide usaha yang langka memiliki peluang yang besar untuk memajukan usaha dan berkembang besar karena masih jarang peminatnya dan pastinya jarang rugi.

Kali ini kami akan membahas 10 jenis ide usaha yang langka tapi menguntungkan di tahun ini. Jenis usaha ini punya nilai ekonomi yang tinggi. Coba sekarang!

10 Jenis Ide Usaha yang Langka

ide usaha, ide usaha rumahan, ide usaha sampingan

Jenis usaha ini cocok sekali buat Anda yang tidak suka dengan persaingan bisnis yang ketat. Masih jarang sekali yang menjalankan jenis usaha dibawah ini sehingga dapat menghasilkan untung yang maksimal di tahun pertama memulai usaha Anda. Berikut penjelasannya.

Usaha Ternak Cacing

Usaha ternak cacing ini merupakan salah satu ide usaha yang langka tapi menguntungkan yang pertama. Usaha ini sangat cocok sekali buat Anda yang tidak suka usaha yang ribet. Usaha ini cukup dilakukan dirumah dan beberapa kotak tempat membudidayakan cacing.

Cacing ini sangat mudah sekali hidup dan tumbuh subur. Cacing tidak memerlukan perawatan khusus karana cukup dibiarkan saja cacing sudah tumbuh dengan sendirinya, cocok sekali buat Anda yang jarang memiliki waktu luang. Anda hanya perlu tanah yang gembur.

Untuk mendapatkan tanah yang subur Anda bisa mengolahnya sendiri dengan penambahan pupuk dan zat unsur hara. Yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi budidaya harus terlindung dari panas, hal ini karena cacing tidak bisa hidup dalam kondisi panas.

Pakan yang diberikan dapat berupa sari dari makanan sisa. Anda dapat menjual hasil cacing Anda kepada peternak maupun peracik jamu herbal. Modal yang Anda perlukan juga sedikit yaitu sekitar 2 jutaan dengan keuntungan sebulannya mencapai 9 jutaan. Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas Anda bisa menggunakan box yang ditumpuk.

Budidaya Pohon Gaharu

Usaha yang langka tapi menguntungkan yang kedua yaitu usaha pohon gaharu, ide usaha sampingan ini jarang sekali dilakukan oleh orang lain karena modal awal yang cukup besar. Usaha ini cocok sekali buat Anda yang tidak suka usaha dengan banyak pesaing. Walaupun modal awal besar tetapi keuntungannya jauh lebih besar. Dari daun hingga kayu pohon gaharu memiliki nilai jual yang mahal. Satu kilogram daun gaharu dijual dengan harga 30 ribu, sedangkan kayunya perkilogram memiliki harga jual mencapai sepuluh juta, fantastic bukan?

Anda bisa menjualnya dengan pabrik parfum karena batangnya biasanya diolah sebagai parfum. Dan daunnya bisa diolah menjadi teh yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan sulingan minyak daun gaharu dijual sangat mahal permili liternya.

Modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah sekitar 30 juta dengan keuntungan hampir 150 juta tiap bulannya jika sudah panen. Anda bisa mengekspornya keluar negeri terutama daerah timur tengah karena pohon ini banyak diminati didaerah ini.

Usaha Pembuatan Pakan Ternak

ide usaha, ide usaha rumahan, ide usaha sampingan

Usaha ini merupakan ide usaha rumahan yang langka tapi menguntungkan. Memiliki prospek tinggi untuk Anda. Pakan ternak merupakan barang yang dibutuhkan oleh banyak peternak bahkan masyarakat biasa yang memiliki peliharaan unggas.

Anda juga bisa membuat berbagai jenis pakan seperti pakan ikan, pakan ayam, pakan burung dan lainnya. Usaha yang langka tapi menguntungkan ini hanya memerlukan modal 5 juta untuk membeli bahan pakan ternak dan sewa lahan, namun jika Anda sudah memiliki lahan yang luas Anda bisa menggunakan lahan sendiri dengan omset perbulan mencapai 11 jutaan.

Anda bisa bekerja sama dengan berbagai peternak untuk menyuplai produk pakan ternak Anda. Anda juga bisa menjualnya ke distributor penjual pakan ternak dan pupuk yang telah banyak dipasar. Anda bisa mempelajari jenis pakan ternak yang akan Anda produksi ataupun mempekerjakan orang yang ahli dibidangnya tersebut untuk dapat menghasilkan pakan ternak yang berkualitas tinggi, sehingga banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli.

Usaha Kopra

Ide usaha rumahan yang langka tapi menguntungkan berikutnya adalah usaha kopra. Usaha kopra ini mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Kopra adalah daging kelapa yang telah dikeringkan. Usaha kopra ini sangatlah menguntungkan karena pasarnya sangat luas hingga keluar negeri.

Kopra juga memiliki permintaan yang tinggi seiring meningkatnya pengelolaan minyak kelapa. Untuk mendapatkan satu kilogram kopra Anda hanya memerlukan 3 sampai 4 butir. Harga perbutir kelapa sekitar 1000-1500 dengan harga jual kopra perkilo mencapai 30 ribu.  Proses pengeringannya bisa melalui pembakaran ataupun penjemuran dibawah sinar matahari langsung.

Biasanya kopra yang dihasilkan dari penjemuran dibawah matahari langsung memiliki kualitas yang lebih baik dari pada proses pembakaran namun memerlukan waktu yang lebih lama yaitu 4 sampai 5 hari. Keuntungan bersih jika Anda menjualnya secara lokal keuntungannya mencapai 8 juta perbulan.

Jika Anda mengekspornya tentu saja keuntungan yang Anda dapatkan jauh lebih tinggi. Modal awal yang diperlukan untuk usaha ini sangat minim yaitu hanya 4 jutaan saja. Jika Anda menekuni hal ini tidak diragukan lagi Anda pasti berhasil karena proses produksinya yang mudah, pasar yang luas dan pesaing yang sedikit. Anda tertarik dengan usaha langka tapi menguntungkan ini?

Usaha Arang Tempurung Kelapa

ide usaha, ide usaha rumahan, ide usaha sampingan

Arang tempurung kelapa sangat banyak diburu oleh pelaku usaha restoran maupun angkringan dan tukang sate. Namun ide usaha sampingan ini masih langka dan ini bisa dimanfaatkan oleh Anda sebagai usaha dengan pesaing yang sangat sedikit, bahkan arang tempurung kelapa ini banyak dibutuhkan diluar negeri.

Arang tempurung kelapa dari Indonesia ini sangat diminati oleh pasar globar karena arangnya memiliki kalori yang tinggi yaitu 6700-7100 kkal sehingga mempercepat pembakaran dan tidak menghasilkan abu. Kesempatan buat Anda untuk mengekspor arang tempurung kelapa sehingga dapat meningkatkan keuntungan Anda.

Anda hanya memerlukan modal mesin cetak briket seharga 18 juta sampai 20 juta. Dan untuk bahan baku tempurung kelapa Anda bisa bekerja sama dengan berbagai penjual kelapa dipasar. Modal awal usaha yang Anda butuhkan sekitar 24 juta dengan pengeluaran perbulan 8 juta dan penghasilan tiap bulannya mencapai 50 juta.

Untuk membuat arang tempurung kelapa atau briket tidaklah rumit. Pertama arang tempurung kelapa dihaluskan lalu dicampur dengan air dan tambahkan tepung tapioca. Kemudian diaduk hingga tercampur merata. Adonan tersebut kemudian diletakan ditempat cetakan yang sudah disiapkan dan dipotong sesuai bentuk yang diinginkan, bisa kotak atau persegi panjang ataupun lainnya.

Lalu dioven hingga bentuknya berubah menjadi keras. Dan briket siap untuk dipasarkan. Anda bisa menjualnya dengan harga pasaran 6000 sampai 7000 per kilogram dan jika diekspor memiliki harga jual 1, 3 US$ perkilonya. Anda harus memastikan bahwa briket Anda berkualitas baik yaitu tidak mudah hancur dan tidak berbau.

Jasa Print 3D

Pernahkah Anda mendengar jasa print tiga dimensi? Jasa print di kertas (2D) tentu sudah biasa. Namun kecanggihan teknologi kini melahirkan printer jenis baru yang bisa mencetak item 3D.

Membuka jasa print 3D adalah ide usaha rumahan yang menarik dan dijamin laris manis karena masih jarang ada di manapun. Ada banyak item yang bisa Anda buat dengan printer 3D, contohnya merchandise custom, gantungan kunci, case HP, miniatur, standee akrilik dan beragam jenis mainan.

Jasa Desain Seserahan Pernikahan

Ide usaha rumahan “jasa desain seserahan” terbilang menarik karena banyak adat lokal mensyaratkan adanya seserahan, alhasil jasa desain seserahan sejatinya cukup banyak dicari. Namun masih sedikit orang yang membuka jasa ini.

Seserahan pernikahan adalah item wajib yang diberikan mempelai pria dalam sesi lamaran dan akad. Isinya bisa bermacam-macam, tergantung pada permintaan mempelai wanita dan kesepakatan antar keluarga. Jadi Anda bisa berkonsultasi dengan klien sebelum mendesain seserahan sesuai keinginan mereka.

Ide usaha sampingan ini sangat cocok bagi Anda yang suka merangkai hampers atau memiliki jiwa seni dan kreasi yang tinggi. Beberapa contoh seserahan yang sering dibutuhkan warga Indonesia adalah uang mahar dan buket kustom berisi kain kebaya, seperangkat alat sholat, emas, dll.

Tak menutup kemungkinan juga untuk melebarkan target pasar bisnis ini ke warga negara asing yang menyelenggarakan pesta pernikahan di Indonesia. Anda bisa bekerja sama dengan wedding organizer untuk memperoleh klien.

Mengikuti Quiz Berbayar

Mengikuti quiz berbayar adalah ide usaha sampingan menarik yang bisa sekaligus mengisi waktu luang Anda. Sebab selain menghibur, quiz online tentunya menyediakan beragam hadiah seru mulai dari saldo uang, voucher belanja, sampai barang-barang kebutuhan sehari-hari yang bagus.

Anda bisa mengikuti sebanyak-banyaknya lomba-lomba online yang sedang berlangsung di website, aplikasi maupun sosial media. Menariknya lagi, ide usaha rumahan ini bisa Anda kerjakan kapanpun saat Anda memiliki waktu luang. Jadi tidak perlu takut sampai mengganggu aktivitas utama Anda seperti bekerja, mengurus rumah atau sekolah.

Namun ingatlah untuk selalu membaca syarat dan ketentuan quiz sebelum bergabung. Hal ini penting mengingat sekarang ada banyak kasus penipuan berkedok sayembara online. Akan lebih baik lagi jika ada bukti testimoni dari peserta atau pemenang sebelumnya dari kuis yang Anda ikuti.

Jasa Curhat / Teman Ngobrol Online

Apakah Anda memiliki passion di bidang konsultasi atau suka mengobrol dengan orang lain? Ide usaha sampingan ini pastinya akan cocok dengan Anda yang suka mendengar cerita dari seseorang.

Curhat atau berkeluh kesah adalah salah satu kebutuhan masyarakat di zaman modern. Sayangnya, tidak semua orang beruntung bisa punya teman curhat yang baik. Maka dari itu, bisnis jasa curhat online atau teman ngobrol mulai banyak dicari orang-orang masa kini.

Ide usaha rumahan satu ini nyaris tidak menuntut banyak modal, kecuali skill komunikasi dari Anda selaku penyedia layanan. Anda dapat menawarkan jasa mendengarkan curhat online dengan tarif bayaran per jam. Pilihan paket pun bisa dibuat sevariatif mungkin sesuai kebutuhan konsumen; misalnya ada pilihan paket chat, telepon, video call dan voice note.  

Bisnis Kreasi Makanan Unik

Rekomendasi ide usaha sampingan yang terakhir adalah bisnis kreasi makanan unik ciptaan sendiri. Masih ingat dengan fenomena Es Kepal Milo yang viral? Atau, makanan-makanan tenar lainnya seperti mie pedas berlevel, bolu batik, dan risol mayo mozza lumer? Nah, semua bisnis makanan tersebut sejatinya lahir dari resep kreasi ciptaan sendiri di rumah.

Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan emas dengan mencoba menjual makanan lezat yang Anda ciptakan dari dapur di rumah. Anda juga bisa menjual masakan dengan resep khas keluarga yang diwariskan turun-temurun. Nilai otentik dari makanan-makanan tersebut pastinya akan membuat konsumen penasaran dan tertarik untuk memesan. Selamat mencoba!

Nah itu dia 10 jenis ide usaha yang langka tapi menguntungkan. Apakah Anda tertarik mencobanya? Semoga bermanfaat.