Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 111

Modal Adalah | Jenis-jenis Modal, Sumber dan Manfaat Modal

0
modal adalah

Selama ini, jika kita membicarakan mengenai bisnis, usaha, investasi, dan berbagai cara mendapatkan penghasilan, maka tidak akan terlepas dari modal. Modal adalah satu bagian yang tidak terpisahkan karena semua hal yang akan orang lakukan memerlukan modal.

Contohnya adalah ketika melakukan usaha Anda butuh modal, ketika ingin membeli sesuatu Anda juga butuh modal berupa uang, bahkan untuk tidur saja Anda butuh modal berupa tempat tidur, bantal, dan selimut, Bukankah begitu?

Modal adalah hal dasar yang kita perlukan untuk melakukan berbagai aktifitas, bahkan untuk hal paling sederhana sekalipun. Namun, tahukan Anda apakah modal yang sesungguhnya, apa saja macam-macam modal?

Nah, Kali ini kita akan mempelajari apa sebenarnya dan mengapa modal sangat penting, bagaimana cara mendapatkan modal, dan berbagai informasi yang berkaitan dengan modal dan wajib Anda ketahui.

Modal yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan modal yang diperlukan untuk keperluan bisnis. Bagi Anda yang bercita-cita membangun sebuah bisnis, informasi ini akan sangat berguna sebab sebelum memulai bisnis Anda perlu mengumpulkan modal terlebih dahulu. Modal tidak hanya berupa materi saja, karena ada juga modal nonmateri. Langsung saja, berikut penjelasan lengkapnya.

Modal adalah

modal yang dimiliki, modal adalah

Modal dapat diartikan sebagai sekumpulan dana baik dalam bentuk barang maupun uang yang dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Capital atau modal adalah segala sesuatu yang dihasilkan baik oleh manusia atau alam yang dimanfaatkan untuk membantu proses produksi produk lainnya dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Modal adalah sesuatu yang dikatakan sebagai nyawa sebuah perusahaan. Dengan tersedianya modal dalam jumlah yang cukup, perusahaan dapat menjalankan usahanya secara maksimal karena segala aktivitas produksi perusahaan baik barang maupun jasa dapat terlaksana sesuai yang diharapkan.

Sebaliknya, jika modal yang tersedia tidak memadai, maka proses produksi perusahaan tidak akan berjalan baik sehingga membawa risiko kerugian. Tanpa adanya modal berupa uang, kegiatan perusahaan masih dapat berjalan. Namun aktivitas yang dapat dikerjakan sangat terbatas.

Dari pengertian modal serta penjelasan di atas, Anda tentu telah memahami fungsi vital modal dalam berjalannya suatu bisnis. Tanpa modal, maka usaha yang Anda jalankan tidak akan berkembang sesuai keinginan Anda. Tidak hanya bisnis besar, bisnis kecil pun sangat terpengaruh oleh modal. Intinya, modal adalah aset utama perusahaan dalam bentuk barang maupun jasa.

Jenis-jenis Modal

jenis-jenis modal, modal adalah

Modal atau capital terbagi menjadi tiga jenis yaitu berdasarkan sumbernya, berdasarkan wujud, serta berdasarkan fungsinya. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis modal yang harus Anda ketahui.

1. Modal Berdasarkan Sumber Modal

Modal berdasarkan sumbernya dibagi menjadi dua yaitu modal internal dan modal eksternal. Berikut penjelasannya.

a. Modal Internal

Modal internal ialah modal yang bersumber atau didapatkan dari perusahaan itu sendiri yang umumnya berasal dari hasil penjualan produk. Modal ini sulit jika digunakan untuk mengembangkan bisnis karena modal internal terbatas serta sulit meningkat dengan signifikan

b. Modal Eksternal

Sumber modal selanjutnya berasal dari luar perusahaan (eksternal). Modal jenis ini diperoleh dari kreditur maupun pemegang saham yang mengambil bagian dalam perusahaan. Modal eksternal ini sangat dibutuhkan karena modal internal yang terbatas. Terbatasnya modal internal membuat perusahaan membutuhkan dana dari luar yang jumlahnya tidak terbatas.

Umumnya, modal eksternal bisa Anda dapatkan melalui pinjaman bank, koperasi, dan sumber modal lain yang memungkinkan ataupun dari investor yang menanamkan modal pada perusahaan Anda.

Biasanya investor akan berdatangan atau dapat Anda ajukan sendiri ketika perusahaan Anda mengadakan suatu acara atau mengeluarkan produk unggulan baru. Semakin baik kinerja perusahaan Anda, semakin besar pula kemungkinan investor yang turut menanamkan modal.

2. Modal Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, modal dibagi menjadi dua yaitu modal perseorangan dan modal sosial, berikut ulasannnya.

a. Modal Perseorangan

Modal perseorangan adalah modal yang bersumber dari seseorang dengan tujuan memudahkan aktivitas perusahaan dan memberikan keuntungan atau laba kepada pemilik perusahaan. Contoh modal perseorangan ialah deposito, saham, dan property pribadi.

b. Modal Sosial

Maksud dari modal sosial ialah modal yang dimiliki masyarakat, dimana modal ini akan memberikan keuntungan bagi masyarakat. Keuntungan yang diperoleh dapat dinikmati bersama oleh masyarakat untuk memudahkan kegiatan sehari-hari dalam melakukan kegiatan produksi. Modal ini berupa fasilitas umum seperti jalan raya, pasar, pelabuhan, dan fasilitas umum lainnya.

3. Modal Berdasarkan Wujud

Jenis modal yang satu ini terbagi atas modal konkret dan modal abstrak. Ini penjelasaanya.

a. Modal Konkret

Modal konkret atau modal aktif yang berarti modal ini dapat dilihat secara kasat mata atau berwujud. Modal konkret ini seperti bahan baku, tempat, mesin, kendaraan, dan lain-lainnya. Sederhananya, modal konkret ini berupa sarana prasana perusahaan.

b. Modal Abstrak

Jika modal konkret dapat dilihat secara kasat mata, maka modal abstrak atau modal pasif adalah kebalikannya, karena tidak memiliki wujud serta tidak dapat terlihat secara kasat mata. Namun, modal ini sama pentingnya dengan modal konkret. Modal yang termasuk dalam jenis ini adalah hak cipta, skill tenaga kerja, dan hal pendirian perusahaan.

Sumber Modal

sumber modal, modal adalah

Seperti telah dijelaskan pada uraian sebelumnya dalam jenis-jenis modal, sumber modal terdiri dari dua sumber yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal adalah modal yang berasal dari keuntungan yang diperoleh perusahaan itu sendiri atas produksi yang dilakukan. Sementara modal eksternal berasal dari luar perusahaan seperti dari investor.

Manfaat Modal Bagi Perusahaan

Dari pengertian modal Anda telah melihat gambaran umum dari manfaat modal bagi berlangsungnya aktivitas perusahaan. Modal adalah hal vital yang harus dimiliki perusahaan untuk dapat menjalankan bisnisnya. Berikut manfaat modal dalam membantu aktivitas produksi perusahaan untuk mendapat keuntungan.

1. Menyediakan Bahan Baku

Dalam proses produksi tentunya bahan baku adalah hal utama yang harus ada karena merupakan objek produksi perusahaan. Modal dibutuhkan untuk menyediakan bahan baku produksi. Dalam bisnis yang bergerak dibidang penyedia produk berupa barang tentu akan membutuhkan berbagai peralatan penunjang produksi, seperti mesin. Segala kebutuhan ini akan terpenuhi dengan adanya modal.

2. Sewa Tempat

Jika Anda tidak memiliki lahan untuk memulai bisnis Anda, maka mau tidak mau Anda harus menyewa tempat. Hal ini karena tempat merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Jika tidak ada tempat, bagaimana aktivitas perusahaan dapat berjalan? Oleh karena itu ketersediaan modal untuk menyewa lahan sebelum perusahaan Anda mampu membeli lahan tersebut sangatlah penting.

3. Menggaji Karyawan

Dalam bisnis, terutama bisnis yang sudah berkembang, tentu saja membutuhkan pekerja atau karyawan untuk membantu aktivitas operasional perusahaan. Anda memiliki kewajiban untuk memberikan hak-hak pegawai, terutama gaji serta tunjangan lainnya. Maka dari itu, modal adalah apa yang Anda butuhkan untuk memenuhi hal tersebut.

4. Simpanan Perusahaan

Setelah memenuhi berbagai kebutuhan operasional perusahaan, Anda harus mengalokasikan modal Anda dalam bentuk simpanan. Simpanan ini akan sangat berguna untuk mengantisipasi risiko yang mungkin akan dihadapi perusahaan di masa mendatang.

Resiko yang mungkin Anda hadapi seperti kekurangan biaya operasiona, defisit, serta kemungkinan terjadinya peningkatan permintaan pasar karena suatu hal. Anda harus benar-benar siap menghadapi segala kemungkinan terburuk.

Lainnya Terkait Modal

Untuk menjalakan bisnis, modal berupa materi, sarana dan prasarana memang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Namun, ada modal lain yang tidak kalah penting yaitu modal yang harus dimiliki seorang pebisnis.

Modal yang harus Anda miliki dalam diri Anda ialah modal ilmu pengetahuan, sifat kerja keras, pantang menyerah, wawasan yang luas, mental yang siap, serta jaringan dengan orang-orang, seperti rekan bisnis dan pelanggan. Modal ini tidak akan Anda dapatkan dengan uang melainkan dengan pengalaman dan jam terbang. Ketika modal ini sudah Anda miliki, kesuksesan akan berada di tangan Anda.

Demikianlah penjelasan terkait modal yang perlu diketahui dalam berbisnis. Modal adalah hal vital yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai usaha bisnis Anda karena modal menjadi penunjang berbagai kegiatan operasional perusahaan. Segera mulai bisnis Anda dan semoga berhasil!

Distributor Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Jenis

0
distributor adalah

Sewaktu pelajaran ekonomi di bangku sekolah, Anda mungkin diajarkan mengenai tiga jenis aspek pemasaran. Tiga aspek tersebut terdiri dari produksi, distribusi dan konsumsi. Aspek produksi dilaksanakan oleh produsen; distribusi dilakukan oleh distributor; dan terakhir, aspek konsumsi dilakoni oleh konsumen. Mungkin Anda sudah familiar dengan istilah produsen dan konsumen, akan tetapi, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan distributor?

Artikel kali ini akan mengupas tuntas perihal seluk beluk dari distributor, mulai dari apa yang dimaksud dengan distributor, tugas distributor, jenis distributor, hingga kunci menjadi seorang distributor yang sukses. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Distributor

distributor-1

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan distributor? Pengertian distributor dapat ditarik dari kegiatan distribusi itu sendiri. Kegiatan distribusi adalah memasarkan hasil produksi. Oleh karena itu, arti distributor adalah pelaku yang memasarkan hasil produksi tersebut. Distributor adalah perseorangan ataupun perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran hasil produksi.

Distributor adalah jembatan utama antara produsen dan konsumen. Otomatis tanpa distributor, Anda selaku konsumen tidak akan dapat membeli serta menggunakan hasil produksi untuk memenuhi kebutuhan. Semisal, produsen tepung tidak akan dapat mengedarkan tepung yang ia buat ke konsumen tanpa bantuan distributor. Karenanya, arti distributor sangat penting bagi mata rantai pemasaran dan perekonomian.

Ada begitu banyak distributor di sekitar Anda yang mungkin belum Anda sadari selama ini. Distributor adalah para pedagang grosir, toko-toko, warung, kios, dan tempat perbelanjaan lainnya di mana Anda biasa membeli beragam barang kebutuhan. Dikarenakan tugasnya yang vital sebagai penyalur barang kebutuhan, pekerjaan distributor adalah peluang bagi Anda untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Siapa pun bisa menjadi distributor, termasuk Anda sendiri. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memanfaatkan peluang berbisnis dengan menjadi distributor barang kebutuhan.

Tugas Seorang Distributor

kantor-distributor

Sesuai dengan arti distributor, maka tugas utama distributor adalah menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Seorang distributor bisa membeli produk ke produsen untuk kemudian menjualnya kembali ke konsumen langsung atau ke pedagang lainnya seperti pengecer atau warung dan kios.

Secara ringkas, tugas seorang distributor adalah sebagai berikut:

  1. Membeli barang dari produsen.
  2. Menyimpan produk yang telah dibeli sebelum menyalurkannya kepada konsumen.
  3. Membuat klasifikasi produk berdasarkan ukuran, kualitas dan jenisnya sebelum dipasarkan.
  4. Memberikan informasi sekaligus melakukan promosi produk ke konsumen.
  5. Menjual sekaligus otomatis menjadi pengangkut barang yang telah dibeli dari produsen ke konsumen atau pedagang eceran lain.

Tiga Jenis Utama Distributor

Pada umumnya, distributor dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Pengelompokan distributor dilakukan berdasarkan proses distribusi yang dilakukan. Tipe distributor apa yang ingin Anda lakoni? Yuk, cari tahu lebih dalam tentang jenis-jenis distributor di bawah ini.

1. Distributor Barang

Sesuai dengan namanya, distributor ini melakukan proses distribusi barang hasil produksi ke konsumen atau pihak lain seperti pengecer. Barang-barang yang disalurkan oleh distributor ini adalah barang nyata seperti hasil tani, pakaian, hasil ternak, dan masih banyak lainya. Bentuk distributor barang biasanya berupa perusahaan.

2. Distributor Jasa

Berbeda dengan distributor barang, distributor jasa menyalurkan jasa kepada konsumen. Proses distribusi yang dilakukan distributor jasa biasanya langsung ke konsumen, alias tanpa ikut campur pihak ketiga lainnya. Contoh dari distributor jasa adalah sistem distribusi jasa keuangan pada perusahaan multi finance ke nasabah. Bentuk distributor jasa juga biasanya berupa perusahaan.

3. Distributor Perorangan

Selain perusahaan, jenis lain distributor adalah distributor perorangan. Istilah distributor perorangan lebih familier dengan sebutan bisnis MLM atau multi-level marketing. Pada dasarnya, distributor perorangan juga bergerak di bidang jasa. Gambaran singkat distributor tipe perorangan yakni sebagai berikut:

  1. Produsen menyalurkan barang kepada distributor.
  2. Distributor perorangan menyalurkan barang kepada konsumen akhir.
  3. Konsumen mendapatkan barang yang dibeli dari distributor perorangan.

Kunci Menjadi Seorang Distributor Sukses

distributor-terpercaya

Distributor adalah peluang bagi Anda yang kreatif dalam mencari pundi-pundi rupiah. Untuk bisa menjadi seorang distributor yang sukses, Anda akan membutuhkan tips dan trik yang tepat. Berikut ini kami sajikan sejumlah kunci yang bisa membukakan pintu kesuksesan sebagai distributor.

Memiliki Harga dan Kualitas Terbaik di Pasar

Cara terampuh untuk menarik minat konsumen adalah dengan menawarkan harga murah dan kualitas produk yang terbaik. Sudah menjadi pengetahuan semua orang bahwa pasar menginginkan produk berkualitas tinggi dengan harga rendah. Apabila Anda menjadi seorang distributor, maka Anda harus memerhatikan kunci pertama ini dengan baik, sebab ada begitu banyak distributor pesaing lainnya.

Cara terbaik agar bisnis Anda tetap berjalan adalah dengan memiliki harga dan kualitas paling baik daripada yang lain. Usahakan untuk menyeimbangkan ketiga elemen tadi, sebab produk terbaik sekalipun tidak akan laris manis apabila harga produk Anda kalah dari harga yang ditawarkan pesaing Anda. Begitu pun sebaliknya. Percuma menawarkan produk dengan harga murah tetapi kualitasnya buruk.

Membangun Jaringan untuk Distributor Lain

Kelebihan sebagai seorang distributor adalah kemampuan Anda untuk membuka jaringan distribusi baru. Selaku distributor, Anda dapat menjualkan produk langsung kepada konsumen atau kepada tenaga penyalur lainnya. Keuntungan yang Anda dapatkan pun bisa datang dari mana saja berkat fleksibilitas ini. Anda dapat mempromosikan toko Anda sebagai distributor yang siap menyediakan bahan baku kebutuhan masyarakat. Iklan tersebut bisa menarik minat pedagang eceran atau distributor lainnya agar membeli stok dagangan mereka di tempat Anda.

Menyediakan Pelayanan Terbaik

Salah satu tips yang ampuh membuat konsumen atau pembeli setia berbelanja di toko Anda adalah pelayanan yang baik. Sebagai seorang distributor, Anda harus senantiasa menyediakan manajemen logistik yang baik. Manajemen logistik itu sendiri terdiri dari tata cara pengemasan produk, penyimpanan, hingga pengiriman produk secara tepat waktu ke konsumen. Anda harus selalu memastikan perusahaan distribusi Anda mampu mengirimkan produk pesanan ke alamat konsumen secara tepat waktu. Jika Anda sering terlambat mengirimkan barang, besar kemungkinan konsumen akan merasa tidak puas dan memilih berbelanja di tempat lain.

Strategi Pemasaran Tepat Sasaran

Pemasaran atau promosi merupakan kunci terbaik agar toko Anda cepat diketahui masyarakat dan didatangi pembeli. Namun agar pemasaran berjalan dengan efektif, Anda membutuhkan pengetahuan terkait cara promosi yang baik dan benar. Amati dan tentukan target konsumen Anda, kemudian pelajari cara terbaik untuk memasarkan produk kepada konsumen. Sistem promosi sekarang pun sudah tergolong sangat mudah berkat bantuan teknologi digital. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti sosial media untuk memasarkan produk-produk yang tersedia di toko distribusi Anda.

Itulah ulasan ringkas bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam perihal pengertian distributor, dilengkapi dengan tugas, jenis serta trik jitu untuk menjadi distributor sukses. Semoga bermanfaat!

[marketing-about]

Tips Ubah Hobi Jadi Sumber Peluang Usaha yang Menguntungkan

0
sumber peluang usaha, peluang usaha

Setiap orang di dunia tentunya memiliki sesuatu yang disukai dan dikerjakan di setiap waktu luangnya, Hal tersebut biasa disebut dengan hobi. Hobi setiap orang berbeda satu sama lainnya. Ada yang hobi yang bisa dilakukan seperti melukis, menulis, membaca, bernyanyi, menggambar, memasak, dan banyak lainnya. Pernahkan Anda berpikir hobi yang Anda miliki dapat menjadi sumber peluang usaha? Bisakah?

Sebenarnya sudah tidak asing menjadikan hobi sebagai cara mendapatkan pendapatan. Yang paling sering kita jumpai mungkin adalah penyanyi. Anda dapat mengambil kesimpulan dari hal itu dan mulai mengubah hobi Anda sukai menjadi sumber peluang usaha yang menjanjikan.

Tidak hanya berdampak secara finansial, jika Anda menjadikan hobi yang disukai sebagai pekerjaan maka Anda akan dapat menikmati pekerjaan yang Anda lakukan. Pekerjaan yang bagi orang lain berat akan menjadi ringan dan menyenangkan untuk Anda. banyak orang terbebani dengan pekerjaan mereka karena tidak menyukai hal tersebut. Menjadikan mereka terbebani dan melakukan pekerjaan secara terpaksa karena tuntutan pekerjaan. Seseorang yang sukses dalam suatu hal karena mereka menyukai dan mengerti betul apa yang mereka kerjakan. Jika sesuatu ini adalah hobi Anda, tentu Anda mengetahui dengan baik hal tersebut.

Tips Mengubah Hobi Jadi Sumber Peluang Usaha

sumber peluang usaha, peluang usaha

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah hobi menjadi sumber peluang usaha yang akan kami bahas pada kesempatan ini. Berikut ulasannya.

Ajari Orang Lain Hobi yang Anda Sukai

Cara mengubah hobi menjadi sumber peluang usaha ini adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan dan akan menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk Anda. Anda bisa membuka kursus sesuai hobi yang Anda miliki. Jika Anda hobi menulis, maka Anda bisa membuka kursus menulis. Atau jika Anda pandai melukis, maka Anda dapat membuka kelas melukis dan mengajarkan anak-anak sekolah atau orang dewasa. Begitu juga untuk kelas memasak, karate, biola, dan berbagai hobi lainnya.

Pilih Hobi yang Memiliki Peluang Usaha Terbaik

Setiap orang biasanya memiliki lebih dari satu hobi. Jika Anda termasuk bagian dari kategori satu ini, maka pilih hobi yang sekiranya memiliki potensi yang lebih besar dalam menghasilkan keuntungan. Misalnya Anda memiliki hobi yaitu menyanyi dan melukis. Maka pilih hobi yang paling Anda kuasai dan sukai untuk dijadikan sumber peluang usaha. Namun, jika Anda memiliki hobi tertentu yang umukan disukai orang lain seperti hobi memancing, Anda dapat menjual berbagai keperluan memancing. Memiliki hobi memancing tentu membuat Anda mempunyai pengetahuan tentang peralatan memancing.

Mulai dari sekarang tentukan hobi yang dapat menjadi sumber peluang usaha Anda. Jadilah orang berikutnya yang membuktikan kesuksesan dengan menjadikan hobi sebagai pekerjaan.

Cari Tahu Lebih Jauh Pengetahuan Mengenai Hobi Anda

Selanjutnya adalah mengkombinasikan hobi Anda sukai tersebut dengan keterampilan melihat peluang usaha lainnya. Dengan kata lain, Anda harus menggunakan pengetahuan yang Anda miliki untuk mengembangkan suatu bisnis. Misalnya Anda memiliki hobi di bidang desain. Jangan berhenti hanya dengan membuka jasa desain. Anda dapat juga bisa mendesain baju dari hasil desain Anda dan menjualnya.

Berpikirlah untuk selalu menciptakan berbagai macam peluang yang mungkin bisa Anda lakukan untuk membantu mengembangkan usaha Anda. Selanjutnya hubungkan ide yang Anda dapatkan tersebut dengan hobi yang Anda miliki lalu bukalah sebuah cabang bisnis baru.

Lakukan Branding

sumber peluang usaha, peluang usaha

Bagaimanapun, tidak bisa dipungkiri bahwa pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam usaha mengembangkan bisnis Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menciptakan brand Anda sendiri. Ini penting untuk membuat pelanggan mengenali usaha Anda.

Anda dapat mempromosikan Brand Anda melalui media sosial seperti Instagram maupun Facebook. Anda juga bisa membuat blog atau website pribadi agar usaha Anda terlihat lebih profesional. Dengan melakukan hal ini maka dapat dipastikan usaha Anda akan lebih cepat berkembang dan memiliki banyak pelanggan tetap.

Kenali Pasar Anda

Berbekal pengetahuan mengenai hobi Anda, tentunya Anda memahami apa yang diminati atau tidak diminati oleh pelanggan maupun calon pelanggan. Terus ikuti perkembangan hobi Anda. Misalnya Anda memiliki hobi photography, maka Anda harus selalu update mengenai kamera-kamera keluaran terbaru serta model-model kamera yang tengah laris di pasaran. Juga berbagai aksesoris yang dibutuhkan oleh orang-orang yang juga memiliki hobi di bidang ini. Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda mengetahui kebutuhan pasar serta akan menambah peluang mendapatkan keuntungan menjanjikan dari hobi Anda yang menjadi sumber peluang usaha ini.

Bangun Komunitas

Sekumpulan orang dengan hobi yang sama biasanya akan membentuk komunitas bersama. Ini merupakan potensi yang sangat potensial untuk memulai atau mengembangkan usaha Anda. Oleh karena itu, jika tidak memiliki komunitas, maka Anda harus mulai membangun komunitas Anda. Selain itu mendapatkan pelanggan, ini juga akan memperluas jaringan Anda. Selain itu juga dapat menambah pengetahuan Anda mengenai hobi yang Anda punya serta mengetahui trend terbaru terkait hobi Anda tersebut.

Mampu Bersaing

Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa dalam menjalankan bisnis kita akan selalu memiliki pesaing. Begitu juga dalam usaha yang satu ini. Hal ini dikarenakan oleh setiap orang pasti ingin melakukan bisnis. Banyak sekali orang menjalankan bisnis yang sama dengan orang lainnya. Mulai dari orang yang tidak kita kenal, sampai orang terdekat kita bisa saja memiliki usaha yang sama. Untuk menanggulangi hal ini agar usaha Anda tidak mandek, maka Anda harus mempunyai nilai yang berbeda dan menjadi keunggulan usaha Anda.

Berinovasi dan Kreatif

Jika ingin usaha Anda tetap eksis dan bertahan lama, Anda harus mampu berinovasi dan kreatif. Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi tentu sangat penting. Cobalah mencari ide-ide baru yang mungkin bisa Anda terapkan pada usaha Anda. Misalnya, jika hobi Anda adalah memasak, Anda bisa menciptakan resep-resep baru yang belum ada di pasaran. Atau jika Anda menyukai desain, Anda bisa menciptakan desain yang unik dan berbeda dari yang lain.

Memanfaatkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi sangatlah penting di era digital ini. Jika Anda memiliki hobi yang bisa dijadikan bisnis, teknologi bisa membantu Anda dalam menjalankan usaha. Anda bisa membuat website atau media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Selain itu, teknologi juga bisa membantu Anda untuk mempermudah proses bisnis, seperti pembuatan invoice, pengelolaan stok, dan lainnya.

Konsistensi dan Kepercayaan

Setelah Anda memulai usaha berdasarkan hobi Anda, Anda harus konsisten dalam menjalankannya. Jika Anda tidak konsisten, pelanggan Anda mungkin akan kecewa dan berpindah ke kompetitor Anda. Selain itu, kepercayaan juga sangat penting dalam bisnis. Anda harus bisa membuat pelanggan Anda percaya dengan produk atau jasa Anda. Cara membangun kepercayaan antara lain dengan memberikan produk atau jasa yang berkualitas, pelayanan yang baik, dan harga yang wajar.

Inspirasi Hobi yang Dapat Menjadi Sumber Peluang Usaha

Berikut beberapa inspirasi hobi yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan sebagai sumber peluang usaha:

  • Fotografi: Kecintaan terhadap fotografi bisa dijadikan sebagai bisnis fotografi pernikahan, fotografi produk untuk e-commerce, atau bahkan membuat workshop fotografi bagi pemula.
  • Bercocok Tanam: Jika Anda memiliki hobi berkebun, Anda bisa menjual tanaman hias, biji tanaman, atau buah-buahan organik. Selain itu, workshop bercocok tanam juga banyak dicari.
  • Menulis: Menulis blog, buku, atau menjadi penulis lepas (freelance writer) untuk berbagai media online dapat menjadi sumber penghasilan.
  • Kuliner: Hobi memasak atau membuat kue bisa dijadikan bisnis rumahan, katering, atau bahkan membuka restoran atau kafe.
  • Crafting: Membuat perhiasan handmade, dekorasi rumah, atau kerajinan lainnya bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan terutama di platform online seperti Etsy.
  • Traveling: Jika Anda suka berpergian, Anda bisa menjadi travel blogger, membuat vlog perjalanan, atau bahkan membuka biro perjalanan wisata.
  • Fashion: Bagi yang hobi mendesain pakaian, Anda bisa memulai dengan brand fashion sendiri atau menjual karya desain Anda kepada produsen besar.
  • Makeup dan Kecantikan: Anda dapat menjadi beauty vlogger, makeup artist profesional, atau bahkan membuat produk kecantikan sendiri.
  • Musik: Mengajar alat musik, menjadi DJ, atau bahkan memproduksi musik bisa menjadi sumber pendapatan bagi pecinta musik.
  • Desain Grafis: Dengan kemahiran dalam perangkat desain seperti Photoshop atau Illustrator, Anda bisa menerima proyek desain logo, poster, atau media promosi lainnya.
  • Olahraga: Mengajar yoga, menjadi pelatih gym pribadi, atau bahkan membuka studio senam bisa menjadi pilihan bagi mereka yang suka berolahraga.
  • Board Games atau Video Games: Anda dapat mengorganisir turnamen, menjadi streamer game, atau bahkan merancang game Anda sendiri.
  • Perawatan Hewan: Bagi yang suka binatang, membuka jasa penitipan hewan, grooming, atau klinik hewan bisa menjadi peluang usaha.

Anda dapat memberikan berbagai promosi menarik untuk usaha Anda. Yang tidak kalah penting ialah memberikan pelayanan terbaik dan juga kualitas produk yang mumpuni. Ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan Anda sehingga akan tetap membeli berbagai kebutuhan di usaha yang Anda jalankan.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan hobi sebagai sumber peluang usaha. Apapun hobi Anda dapat Anda jadikan inspirasi untuk membuka usaha. Selain menyenangkan dan membuat Anda mengerjakannya sepenuh hati, Anda akan memiliki lebih banyak waktu mengerjakan hal yang Anda sukai. Jangan ragu untuk mencoba dan semoga berhasil!
[business-about]

Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta, Yuk Coba Sekarang!

0
usaha modal 1 juta, usaha modal 1 jutaan

Apa yang menjadi hambatan terbesar Anda untuk memulai sebuah bisnis selama ini? Apakah karena terbatasnya modal yang Anda miliki? Modal memang merupakan hal penting yang harus dimiliki untuk memulai usaha, dan seringkali orang membatalkan ide memulai usaha karena merasa tidak memiliki modal yang cukup. Namun tahukah Anda? Ada banyak bisnis yang dapat Anda jalankan meski dengan modal terbatas. Berapa modal yang Anda miliki saat ini? Apakah 20 juta? Atau 10 juta? Atau lebih kecil dari itu, 5 juta? Berapa target yang ingin Anda gunakan untuk mulai merintis bisnis? Apakah 30 juta atau 50 juta? Atau bahkan 100 juta? Tetapi sesungguhnya usaha modal 1 juta dapa dibangun dengan mudah.

Mulai sekarang, Anda harus menyadari bahwa sebuah bisnis dapat dibangun dengan menggunakan modal yang sangat kecil. Dengan uang 1 juta Anda sudah dapat membuka usaha sendiri. Keuntungannya pun sangat menjanjikan tergantung usaha yang akan Anda jalankan dengan catatan Anda tekun menjalankannya.

Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta Terbaik

Kali ini kami akan membahas usaha modal 1 jutaan yang dapat menjadi ide brilian untuk bisnis Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu ragu untuk memulai bisnis hanya karena kekurangan modal. Selain bermanfaat untuk orang di sekitar Anda karena membuka lapangan pekerjaan baru, terlebih jika usaha Anda sudah semakin berkembang nantinya. Berikut ulasannya.

Menjual Aksesoris

aksesoris, usaha modal 1 juta, usaha modal 1 jutaan

Aksesoris dibutuhkan oleh semua orang baik wanita maupun pria.Aksesoris ini dapat berupa perhiasan seperti gelang, kalung, cincin, anting dan lain-lain. Dapat juga berupa jam tangan, gantungan kunci, hiasan dinding, dan masih banyak lainnya. Anda dapat membuat sendiri aksesoris yang Anda jual atau membeli dari pabrik pembuatnya langsung. Dengan menekuni bisnis ini Anda memiliki peluang pasar yang sangat besar, karena jika kualitas produk Anda bagus, Anda dapat menjual produk Anda tidak hanya di dalam negeri. Anda dapat melebarkan sayap usaha Anda ke luar negeri.

Untuk melancarkan usaha modal 1 jutaan ini, Anda dapat menjualnya di marketplace khusus seperti Etsy.com untuk pasar internasional atau Qlapa.com untuk menjual di dalam negeri atau pasar local. Kunci suksesnya adalah kerja keras, marketing yang baik, serta kejelian Anda memilih supplier atau kemampuan Anda memproduksi aksesoris yang menarik.

Event Organizer

event-organizer, usaha modal 1 juta, usaha modal 1 jutaan

Apakah Anda merupakan seseorang yang senang untuk merencanakan konsep dari suatu pesta atau acara? Jika demikian, maka usaha event organizer sangat cocok untuk Anda. Usaha ini bisa Anda jalankan dengan modal kurang dari satu juta. Anda dapat menggunakan uang panjar dari klien untuk menutupi biaya operasional dalam acara yang Anda urus.

Usaha modal 1 juta yang satu ini memiliki potensi yang sangat besar karena potensi pasar yang juga sangat besar. Saat akan mengadakan suatu perayaan, saat ini orang-orang lebih memilih menggunakan jasa EO untuk melancarkan acara mereka. Mulai dari acara ulang tahun, anniversary, bridal shower, pernikahan, seminar atau workshop bisa Anda selenggarakan. Setidaknya Anda akan mendapatkan 1 juta sampai 4 juta rupiah untuk satu kegiatan. Keuntungan akan semakin besar jika acara yang Anda handle adalah acara publik seperti workshop.

Menjadi Agen Bukalapak

agen bukalapak, usaha modal 1 juta, usaha modal 1 jutaan

Bukalapak adalah salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia. Anda dapat menemukan berbagai jenis produk dan kebutuhan pada e-commerce satu ini. Mulai dari barang elektronik sampai perlengkapan bayi, berbagai produk fashion, sampai barang digital seperti pulsa, paket data, tagihan listrik, PDAM, berbagai tiket seperti; kereta, pesawat, dan event, voucher game, dan banyak lainnya.

Jika Anda memiliki hobi berjualan, Anda sudah bisa berjualan ratusan bahkan ribuan produk dalam berbagai kategori. Anda dapat memulainya bahkan dengan tanpa modal. Anda dapat mereferensikan produk-produk tersebut kepada kenalan Anda dan mendapatkan komisi dari Bukalapak. Komisi yang diberikan pun berbeda tergantung jenis produk yang Anda jual. Misalnya barang fisik untuk semua kategori, Anda mendapatkan komisi 5%. Untuk pulsa & paket data dan token listrik Anda akan mendapat komisi berupa potongan harga langsung.

Perusahaan ini tidak hanya menguntungkan Anda karena perusahaan modal 1 juta ini juga membantu orang lain untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan barang berkualitas dengan harga yang sama atau bahkan lebih murah dibandingkan dengan membeli di toko fisik.

Membuka Laundry

laundry, usaha modal 1 juta, usaha modal 1 jutaan

Usaha laundry saat ini merupakan usaha yang dibutuhkan oleh banyak orang karena mencuci, mengeringkan, serta menyetrika baju bukan hal yang disukai banyak orang dan memakan banyak waktu. Usaha ini akan semakin bagus jika berada di tempat strategis seperti kost-kostan, apartemen, dan lingkungan pekerja atau karyawan kantoran.

Memulai usaha laundry ini dapat Anda jalankan di rumah dengan modal 1 jutaan saja. Yang Anda butuhkan ialah mesin cuci dan setrika saja. Saat ini, tidak sulit lagi untuk mendapatkan mesin cuci dengan harga satu jutaan saja. Setrika dapat Anda beli dengan harga 100 ribuan saja. Untuk memperkenalkan usaha Anda, Anda dapat membagikan selebaran promosi ke tempat-tempat yang strategis.

Bisnis Pre-Order

pre-order, usaha modal 1 juta, usaha modal 1 jutaan

Usaha modal 1 jutaan yang satu ini sangat menarik untuk dijalankan. Bisnis Pre-Order adalah jenis usaha di mana pelanggan memesan terlebih dahulu produk yang Anda jual. Pelanggan bisa me-request seperti apa produk yang diinginkan. Keuntungan bisnis ini adalah tidak akan terjadi penumpukan barang karena barang yang diproduksi hanya barang yang sudah dipesan. Ini akan mengurangi resiko kerugian yang mungkin akan Anda alami.

Kemampuan yang harus Anda miliki ialah kreativitas dan marketing yang mumpuni. Ilmu marketing Anda sangat berguna untuk mencari pelanggan. Selain itu Anda juga harus kreatif merancang produk. Misalnya Anda berjualan kaos, maka Anda harus kreatif dalam membuat desain agar menarik hati pelanggan. Usaha modal 1 jutaan ini sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Katering

katering, usaha modal 1 juta, usaha modal 1 jutaan

Jika Anda memiliki hobi memasak, Anda dapat menjadikannya sebagai salah satu peluang bisnis. Anda tidak perlu khawatir karena ini bisa menjadi usaha modal 1 jutaan saja. Anda tidak perlu membuka toko atau warung karena bisnis ini bisa Anda jadikan bisnis catering. Yap, Anda hanya harus memasak makanan ketika ada pelanggan yang memesan katering saja.

Bisnis ini sangat menjanjikan karena akan selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari acara nikahan, lamaran, ulang tahun, syukuran, berbagai kegiatan kantor maupun di instansi Pendidikan pasti membutuhkan jasa catering. Untuk memperluas usaha Anda, Anda dapat bekerja sama dengan EO (event organizer) di daerah Anda.

Membuka Angkringan

usaha modal 1 juta, usaha modal 1 jutaan

Bisnis makanan sendiri memang menjadi sebuah bisnis yang tidak akan pernah sepi dari peminat. Hal ini karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan utama setiap orang. Usaha modal 1 juta yang satu ini akan penuh oleh anak muda yang memang suka menghabiskan waktu dengan nongkrong di angkringan karena makanan yang dijual cenderung lebih murah.

Bisnis ini akan semakin menguntungkan jika makanan yang Anda jual adalah masakan Anda sendiri. Anda hanya perlu menyesuaikan jam buka angkringan Anda dengan waktu perkiraan pelanggan akan banyak datang. Biasanya orang-orang akan berdatangan pada malam hari. Dengan begitu, jika Anda memiliki pekerjaan tetap lainnya, maka bisnis ini tidak akan mengganggu jam kerja Anda. Untuk memudahkan pekerjaan Anda, Anda dapat mengajak kerabat Anda untuk membantu berjualan.

Membuka Kedai Kopi Kecil

Kopi adalah salah satu minuman paling populer. Di era digital saat ini, banyak orang memilih kedai kopi sebagai tempat untuk bekerja, belajar, atau sekadar bersantai sambil menikmati secangkir kopi. Dengan modal 1 juta, Anda bisa memulai usaha kedai kopi sederhana di depan rumah Anda. Anda bisa memulai dengan menyediakan beberapa varian kopi hitam dan susu, serta beberapa cemilan untuk menemani.

Keberhasilan kedai kopi bukan hanya ditentukan oleh kualitas kopinya saja, tetapi juga suasana yang nyaman. Jadi, sediakan meja dan kursi yang nyaman, serta Wi-Fi jika memungkinkan. Anda juga bisa menyediakan berbagai board game atau buku untuk ditemani sambil menikmati kopi.

Jasa Pengetikan dan Fotokopi

Dalam era digital, masih banyak orang yang membutuhkan jasa pengetikan dan fotokopi, terutama bagi pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantoran. Anda bisa memulai usaha ini dengan memiliki komputer atau laptop, serta mesin fotokopi. Tentu saja, untuk modal 1 jutaan, Anda bisa memulai dengan jasa pengetikan terlebih dahulu. Jika bisnis Anda sudah berkembang, Anda bisa menambahkan mesin fotokopi sebagai layanan tambahan.

Tidak hanya menyediakan jasa pengetikan atau fotokopi, Anda juga bisa menawarkan jasa print dan scan dokumen. Jangan lupa untuk menyiapkan tempat strategis yang mudah dijangkau oleh pelanggan.

Penjualan Tanaman Hias

Belakangan ini, tren tanaman hias semakin meningkat. Banyak orang yang menggemari tanaman hias untuk mempercantik ruangan di rumah atau kantor mereka. Dengan modal 1 jutaan, Anda bisa memulai usaha ini dengan membeli beberapa jenis tanaman hias yang sedang digemari, seperti sukulen, kaktus, atau monstera.

Tidak hanya menjual tanaman hias, Anda juga bisa menawarkan pot atau wadah tanaman yang unik dan menarik. Promosikan usaha Anda melalui media sosial atau platform jual beli online. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang perawatan tanaman, Anda juga bisa menawarkan konsultasi gratis kepada pelanggan Anda.

Bisnis Es Krim

Siapa yang tidak suka es krim? Es krim adalah makanan yang disukai oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Dengan modal 1 juta, Anda bisa memulai bisnis es krim rumahan dengan rasa yang unik dan berbeda. Anda bisa memulai dengan menjual beberapa rasa favorit, seperti coklat, vanilla, dan stroberi, kemudian tambahkan rasa-rasa unik lainnya seperti durian, teh hijau, atau tiramisu.

Promosikan bisnis Anda melalui media sosial dan tawarkan promo menarik untuk menarik pelanggan. Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat es krim sendiri, Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal yang jauh lebih sedikit.

Bisnis Sabun Handmade

Dengan kesadaran akan kesehatan dan keindahan kulit yang meningkat, banyak orang mencari alternatif produk kebersihan yang alami dan bebas bahan kimia. Sabun handmade adalah salah satu solusi untuk itu. Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal 1 jutaan untuk membeli bahan-bahan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, pewangi alami, dan pewarna alami. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti oatmeal, madu, atau lidah buaya untuk memberikan nilai tambah pada produk Anda.

Untuk memasarkan produk ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial dan platform jual beli online. Anda juga bisa menawarkan kemasan yang unik dan ramah lingkungan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Itulah usaha modal 1 jutaan yang dapat Anda jalankan. Anda tidak perlu ragu untuk mulai membuka usaha karena dengan modal minim Anda dapat membuka usaha dengan berbagai pilihan di atas. Anda hanya perlu yakin dan mencoba lalu menjalankan usaha modal kecil ini dengan penuh keyakinan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Surat Perjanjian Kerjasama Usaha : Ciri-ciri dan Contohnya

0
surat perjanjian kerjasama usaha, surat perjanjian kerjasama

Salah satu cara untuk memajukan bisnis Anda adalah dengan menjalin kerjasama dengan bisnis atau perusahaan lain dengan menggunakan surat perjanjian kerjasama usaha. Semisal Anda adalah seorang pemilik dari rumah makan atau restoran. Untuk dapat memaksimalkan perdagangan Anda, Anda dapat menjalin sebuah kerjasama dengan perusahan ojek online sehingga rumah makan Anda bisa melayani pembelian makanan secara online.

Contoh lainnya, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan uang digital. Pembeli pun bisa melakukan pembayaran di restoran Anda dengan lebih mudah menggunakan uang digital serta mendapatkan promo cashback.

Penting untuk diingat bahwa menjalin kerjasama dengan perusahaan maupun bisnis lainnya memerlukan suatu bukti yang dapat mengikat kedua belah pihak. Bukti tersebut biasanya dikenal sebagai surat perjanjian kerjasama usaha. Kalau Anda belum paham apa yang dimaksud dengan surat perjanjian tersebut, yuk simak penjelasan dan contohnya di bawah ini!

Mengenal Surat Perjanjian Kerjasama Usaha

surat perjanjian kerjasama usaha, surat perjanjian kerjasama

Sebelum menelisik lebih dalam mengenai isi dari perjanjian ini, ada baiknya Anda memahami definisinya terlebih dahulu. Surat perjanjian kerjasama usaha memiliki nama lain yakni MoU (Memorandum of Understanding). Kalau Anda pernah mendengar istilah MoU, sebenarnya, surat satu ini dan MoU memiliki arti yang sama.

Surat ini merupakan suatu instrumen yang sangat vital dalam jalinan kerjasama antara sebuah perusahaan dengan bisnis lainnya. Surat ini merupakan suatu bukti yang mengikat sekumpulan perusahaan yang telah sepakat untuk menjalin hubungan kerjasama. Surat MoU biasanya memuat penjelasan atau deskripsi pekerjaan dan/atau proyek yang dilakukan bersama-sama oleh para pebisnis. Selain itu, terdapat pula pembagian kewajiban kerja serta hak yang akan didapatkan oleh masing-masing pelaku pekerjaan yang terlibat.

Kalau Anda ingin mengembangkan bisnis dengan menjalin kerjasama bersama perusahaan lain, penting bagi Anda untuk mempersiapkan surat kontrak kerjasama terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melindungi aktivitas kerjasama yang dijalin agar tidak terjadi pelanggaran di dalamnya. Selain deskripsi pekerjaan, kewajiban dan hak, surat kontrak kerjasama juga bisa berisi larangan dan ketentuan hukum yang akan diterapkan apabila terjadi pelanggaran kerja.

Sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila membuat surat perjanjian kerjasama usaha adalah:

  1. Jaminan rasa aman saat bekerja yang didapatkan baik oleh Anda maupun partner kerjasama bisnis Anda.
  2. Adanya acuan untuk menyelesaikan permasalahan atau konflik yang muncul saat hubungan kerjasama berlangsung.
  3. Memberikan gambaran yang jelas terkait sistem kerjasama yang akan diberlakukan, sehingga tidak akan ada pihak yang tertipu.
  4. Memberikan Anda kesempatan untuk mempertimbangkan jalinan kerjasama sebelum membuat keputusan akhir.

Ciri-ciri Surat Perjanjian Kerjasama Usaha yang Benar dan Sah

surat perjanjian kerjasama usaha, surat perjanjian kerjasama

Surat perjanjian kerjasama usaha merupakan dokumen yang bersifat fundamental dalam jalinan kerjasama antar bisnis. Oleh karena itu, membuat surat ini pun tidak bisa secara asal-asalan. Sebelum membuat surat kontrak kerjasama Anda sendiri, tentunya Anda harus mengetahui ciri-ciri yang benar dari surat satu ini.

Untuk lebih jelasnya, simak ciri-ciri surat perjanjian kerjasama usaha yang benar, sah dan legal berikut ini.

  1. Surat bersifat ringkas. Jangan membuat surat kontrak kerjasama yang terlalu bertele-tele apalagi sampai menggunakan banyak halaman. Cantumkan poin-poin yang penting, seperti tanggal surat dibuat, informasi kontak, nama pekerjaan, dan kontribusi pihak-pihak yang terlibat dalam perjanjian.
  2. Surat dimulai dengan pendahuluan, kemudian isi, lalu terakhir adalah penutup. Di bagian akhir terdapat kolom tanda tangan. Kolom tersebut akan ditandatangani oleh kedua pihak apabila kesepakatan kerjasama sudah disepakati.
  3. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan jelas. Hindari penggunaan kata-kata atau kalimat yang menimbulkan ambigu.
  4. Setiap isi dari surat kerjasama harus dibuat menurut pada Undang-Undang serta norma yang berlaku. Tidak boleh ada ketentuan yang melanggar aturan-aturan hukum.
  5. Gunakan materai di kolom tanda tangan surat kontrak Anda. Penggunaan materai akan membuat surat Anda sah dan legal. Selain materai, Anda juga bisa menggunakan kertas bersegel.

Tips Menyusun Surat Perjanjian Kerjasama Usaha

Pahami Kebutuhan Anda: Sebelum Anda mulai menyusun surat perjanjian, pastikan Anda telah memahami apa yang Anda inginkan dan apa yang diharapkan dari partner bisnis Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun poin-poin dalam perjanjian.

  1. Konsultasi dengan Ahli Hukum: Meskipun Anda mungkin memiliki pemahaman dasar tentang perjanjian kerjasama, selalu baik untuk berkonsultasi dengan ahli hukum. Mereka dapat membantu Anda memastikan bahwa semua poin dalam perjanjian sesuai dengan hukum yang berlaku.
  2. Jelaskan Detail dengan Baik: Pastikan Anda menjelaskan setiap poin dalam perjanjian dengan jelas dan detail. Penjelasan detail yang baik berguna agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.
  3. Sertakan Klausul Penyelesaian Sengketa: Meskipun Anda berharap semua berjalan dengan lancar, konflik bisa saja terjadi. Sertakan klausul mengenai bagaimana menyelesaikan konflik atau perselisihan yang mungkin muncul di kemudian hari.
  4. Tinjau Ulang Surat Perjanjian: Sebelum surat perjanjian ditandatangani oleh kedua pihak, tinjau kembali seluruh isi surat untuk memastikan semua poin telah dicantumkan dan tidak ada hal yang terlewatkan.

Manfaat Menyusun Surat Perjanjian Kerjasama Usaha dengan Baik

Membuat surat perjanjian kerjasama usaha memang memerlukan waktu, upaya, dan perhatian yang detail. Namun, ada sejumlah manfaat besar yang bisa diperoleh dari proses tersebut:

  1. Perlindungan Hukum: Salah satu manfaat utama dari surat perjanjian kerjasama usaha adalah memberikan perlindungan hukum bagi kedua belah pihak. Jika salah satu pihak melanggar ketentuan yang telah disepakati, maka pihak lainnya dapat mengambil langkah hukum.
  2. Ketegasan dan Kejelasan Tanggung Jawab: Dengan adanya surat perjanjian, kedua belah pihak akan memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang diharapkan dari mereka, apa yang mereka harus lakukan, dan apa yang tidak boleh mereka lakukan.
  3. Mencegah Kesalahpahaman: Surat perjanjian yang ditulis dengan jelas dan detail akan mencegah terjadinya kesalahpahaman antara kedua belah pihak di kemudian hari.
  4. Meningkatkan Kepercayaan: Dengan adanya surat perjanjian yang jelas, kedua belah pihak akan merasa lebih aman dan percaya satu sama lain, yang pada akhirnya bisa meningkatkan produktivitas kerjasama.
  5. Kontrol dan Pemantauan: Surat perjanjian yang baik akan mencakup klausul tentang bagaimana kerjasama akan dipantau dan dievaluasi. Hal ini memastikan bahwa kedua belah pihak tetap pada jalurnya dan mematuhi apa yang telah disepakati.

Hal-hal yang Perlu Dihindari Saat Menyusun Surat Perjanjian Kerjasama Usaha

Berikut beberapa hal yang perlu dihindari oleh pebisnis saat menyusun surat perjanjian kerjasama usaha.

  • Mengabaikan Detail: Meskipun Anda mungkin ingin segera menyelesaikan surat perjanjian dan memulai kerjasama, jangan terburu-buru. Pastikan untuk memeriksa dan mempertimbangkan setiap detail.
  • Tidak Menyertakan Konsultasi Hukum: Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sangat penting untuk berkonsultasi dengan ahli hukum saat menyusun surat perjanjian.
  • Tidak Adanya Klausul Keluar: Terkadang, kerjasama mungkin tidak berjalan sebagaimana mestinya atau salah satu pihak ingin keluar dari perjanjian. Pastikan surat perjanjian Anda mencakup klausul tentang bagaimana salah satu pihak dapat keluar dari perjanjian dengan cara yang adil.
  • Mengabaikan Perubahan: Dunia bisnis selalu berubah. Pastikan surat perjanjian Anda fleksibel dan memungkinkan untuk peninjauan ulang dan modifikasi jika diperlukan.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha

surat perjanjian kerjasama usaha, surat perjanjian kerjasama

Surat kontrak kerjasama memiliki banyak variasi bentuk serta tujuan dari pembuatannya. Berikut ini contoh surat kontrak kerjasama usaha sederhana yang bisa Anda praktekkan cara membuatnya untuk mendukung perkembangan bisnis Anda.

SURAT KONTRAK KERJASAMA USAHA PERCETAKAN SABLON

Nomor Surat: 08-PS/Kontrak/V/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini, pada hari Jumat tanggal satu bulan Mei, tahun dua ribu dua puluh (2 Mei 2020) bertempat di Kota Denpasar:

Nama               : Fitria Pratiwi
No KTP            : 310967004210009
Alamat             : Jalan Raya Sesetan No 13, Denpasar

Bertindak atas nama pribadi, dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama               : Wayan Juki
No KTP            : 3109542006620005
Alamat             : Jalan Pulau Nias No 5, Denpasar

Bertindak atas PT. SABLON ORIGINAL, selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA merupakan pribadi yang bermaksud untuk berinvestasi (menanamkan modal) kepada PIHAK KEDUA. PIHAK KEDUA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang sablon (tas, baju, umbul-umbul, dll). Kedua belah pihak setuju menjalin kerjasama investasi dengan ketentuan sebagai berikut:

PASAL 1
MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan dari perjanjian ini adalah PIHAK PERTAMA sepakat untuk berinvestasi menanamkan modal kepada PIHAK KEDUA. Kemudian PIHAK KEDUA sepakat untuk memberikan keuntungan sebesar persentase yang telah ditentukan di setiap bulannya kepada PIHAK PERTAMA.

PASAL 2
OBJEK PERJANJIAN

Objek perjanjian kerjasama ini merupakan permodalan untuk produksi sablon (tas, baju, umbul-umbul, dll).

PASAL 3
RUANG LINGKUP

Ruang lingkup perjanjian kerjasama ini adalah:

PIHAK PERTAMA menyediakan permodalan sebesar 50.000.000 (lima puluh juta rupiah). Kemudian PIHAK KEDUA akan memaksimalkan serta mengoptimalkan produksi, distribusi serta jaringan usaha.

PASAL 4
HAK DAN KEWAJIBAN

PIHAK PERTAMA memiliki kewajiban:

  1. Menyediakan dana usaha sebesar 50.000.000,00 (lima lima juta rupiah) untuk kebutuhan pengelolaan usaha.
  2. Menyerahkan kewenangan sepenuhnya kepada PIHAK KEDUA untuk mengatur pembiayaan sablon dan percetakan lainnya.

PIHAK PERTAMA memiliki hak:

  1. Menerima bagi hasil sebesar 3,0 % (tiga persen) dari total modal yaitu sebesar Rp 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu) di setiap bulannya.

PIHAK KEDUA memiliki kewajiban:

  1. Melakukan kegiatan percetakan sablon, distribusi dan penjualan hasil produksi.
  2. Mentransfer bagi hasil kepada PIHAK PERTAMA setiap tanggal 1 sejumlah yang telah ditentukan, dimulai sejak tanggal 1 Juni 2020 sampai perjanjian ini berakhir.
  3. Mengembalikan total modal dari PIHAK PERTAMA sebesar Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) pada saat perjanjian ini berakhir.

PIHAK KEDUA memiliki hak:

  1. Mendapat kewenangan untuk mengatur biaya operasional produksi percetakan sepenuhnya.
  2. Menerima keuntungan dari percetakan dan penjualan hasil produksi sepenuhnya.

PASAL 5
PELAKSANAAN

PIHAK PERTAMA mempersiapkan dana modal dan dana tersebut dikeluarkan sesuai dengan keperluan PIHAK KEDUA untuk proses pengelolaann bisnis.

PASAL 6
BAGI HASIL

PIHAK PERTAMA  akan mendapatkan bagi hasil penjualan sebesar 3,0% dari total modal.

PASAL 7
JANGKA WAKTU

Surat kontrak kerjasama ini berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun, terhitung dari tanggal 1 Juni 2020 dan berakhir pada tanggal 1 Juni 2025.

PASAL 8
BERAKHIRNYA PERJANJIAN

Perjanjian ini dinyatakan berakhir dalam kondisi:

  1. Jangka waktu Perjanjian Kerjasama telah habis dan tidak adanya perpanjangan kembali.
  2. Terdapat salah satu pihak yang tidak memenuhi salah satu ketentuan dalam pasal serta ayat dalam surat kontrak kerjasama ini.
  3. Force Majeur yang menyebabkan perjanjian kerjasama ini tidak mungkin untuk dilaksanakan kembali.

PASAL 9
PENYELESAIAN KONFLIK

Apabila timbul konflik atau kendala dalam pelaksanaan kerjasama, KEDUA BELAH PIHAK sepakat untuk menyelesaikannya melalui musyawarah dan mufakat. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, KEDUA BELAH PIHAK sepakat untuk menyelesaikan konflik menggunakan hukum yang berlaku.

PASAL 10
PENUTUP DAN KETENTUAN LAIN

Ketentuan yang belum tercantum dalam perjanjian ini akan dicantumkan dalam perjanjian terpisah di kemudian hari dan disepakati oleh KEDUA BELAH PIHAK yang terlibat.

 

Denpasar, 2 Mei 2020

PIHAK PERTAMA                                                                  PIHAK KEDUA

 

(Fitria Pratiwi)                                                                           (Wayan Juki)

Itulah definisi, ciri-ciri serta contoh surat kontrak kerjasama usaha yang Anda dapat praktekkan sendiri cara membuatnya. Semoga bermanfaat bagi Anda untuk menjalin kerjasama demi mengembangkan bisnis, ya!

Apa itu Unicorn Dalam Bisnis? Apa Syarat untuk Mendapatkan Gelar Itu?

0
apa itu unicorn dalam bisnis

Apa itu Unicorn dalam bisnis? Apa yang terlintas pertama kali di benak Anda saat mendengar kata “Unicorn”?

Jika Anda adalah pelaku bisnis startup, atau senantiasa meng-update informasi dan berita di bidang bisnis, mungkin Anda sudah tahu apa itu Unicorn dalam bisnis. Akan tetapi bagi orang awam, istilah Unicorn mungkin akan mengingatkan pada seekor kuda bertanduk dalam cerita anak-anak. Kali ini, Unicorn yang dibahas merupakan suatu “harta karun” yang menjadi target incaran pelaku bisnis startup.

Di kalangan pebisnis rintisan alias startup, Unicorn merupakan tanda kehormatan sekaligus kebanggaan yang bisa dicapai oleh perusahaan mereka. Maka dari itu, tak heran jika para pebisnis startup saling berlomba-lomba agar bisnis mereka bisa mendapatkan gelar Unicorn. Perusahaan dengan predikat Unicorn tentunya dikenal sebagai perusahaan besar, ternama dan memiliki pendapatan miliaran. Di Indonesia sendiri sudah terdapat beberapa perusahaan startup bergelar Unicorn yakni Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak.

Apakah Anda ingin bisnis startup Anda mendapatkan gelar Unicorn? Tentu saja, Anda pun dapat mewujudkan keinginan itu! Yuk, simak apa itu Unicorn dalam bisnis dan rumus jitu untuk menggapai gelar tersebut!

Apa itu Unicorn dalam Bisnis?

unicorn-startup

Sebelum menjalankan bisnis startup, ada baiknya bagi Anda mengenal sejumlah istilah yang lekat dalam dunia startup itu sendiri. Salah satunya adalah Unicorn. Apa itu Unicorn dalam bisnis? Mengapa Unicorn sangat penting di kalangan pebisnis?

Unicorn merupakan sebuah gelar atau istilah yang disematkan kepada perusahaan rintisan (startup) swasta yang memiliki nilai melebihi US$ 1 miliar. Nilai yang dimaksud adalah nilai dari startup itu sendiri. Nilai bisnis startup Anda merupakan hal yang penting, sebab nilai tersebut digunakan untuk mengukur besar-kecilnya potensi bisnis Anda.

Istilah Unicorn diperkenalkan ke dunia startup oleh Aileen Lee melalui tulisan artikelnya yang bertajuk, “Welcome to The Unicorn Club”. Tulisan tersebut terbit pertama kali di tahun 2013. Aileen Lee sendiri merupakan investor dan perintis dari bisnis bernama Cowboy Ventures.

Dalam artikel tersebut dikatakan jika gelar Unicorn diambil dari nama kuda bertanduk satu yang kerap muncul dalam cerita anak-anak. Tokoh tersebut dipilih sebab dalam cerita dongeng tentangnya, Unicorn dikisahkan sebagai suatu hewan langka yang sulit untuk ditemukan. Hal tersebutlah yang menginspirasi munculnya gelar Unicorn di dunia startup. Gelar tersebut melambangkan sulitnya bagi suatu perusahaan startup untuk menembus angka US$1 miliar. Tetapi sekarang, mendapatkan gelar Unicorn bukan lagi mitos di kalangan pebisnis startup.

Gelar Unicorn Sudah Tak Sulit Dicapai

bisnis-startup

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan digital yang semakin kencang, ratusan hingga ribuan bisnis startup berdiri hampir di mana-mana. Di Indonesia sendiri tentunya ada banyak sekali bisnis startup. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sudah terdapat beberapa perusahaan startup di Indonesia yang menyandang gelar Unicorn yakni Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak.

Gelar Unicorn kini sudah tidak sulit lagi untuk dicapai. Seiring berjalannya waktu, gelar ini justru sudah semakin mudah untuk dicapai di kalangan pebisnis startup. Saat ini, perusahaan startup bergelar Unicorn di seluruh dunia terus bertambah jumlahnya. Maka dari itu, mulai muncul istilah lain yang juga akrab di dunia bisnis startup yaitu Decacorn dan Hectocorn. Kedua istilah ini berada di atas gelar Unicorn.

Pada dasarnya, Unicorn, Decacorn dan Hectocorn sama-sama dinilai dari besarnya nilai bisnis startup yang Anda jalankan. Perbedaan dari ketiga gelar tersebut terletak pada besaran nilai yang bisnis startup Anda miliki. Jika Unicorn memiliki besaran nilai US$1 miliar, maka Decacorn memiliki nilai lebih dari US$10 miliar. Sementara Hectocorn merupakan gelar yang paling tinggi nilainya yakni lebih dari US$100 miliar.

Tentu saja bukan hal yang mustahil bagi siapapun, termasuk Anda, untuk mencapai gelar Unicorn, Decacorn, maupun Hectocorn. Selain memiliki keuntungan besar, perusahaan berlabel Unicorn membawa banyak keuntungan tersendiri. Beberapa di antaranya yakni membuka kesempatan untuk ekspansi bisnis hingga seluruh pelosok dunia, berpotensi menarik banyak investor ke bisnis Anda, hingga mendukung UMKM dalam negeri.

Apakah Anda ingin agar bisnis Anda bisa mendapatkan gelar Unicorn? Tentunya Anda akan memerlukan usaha, dedikasi dan pengetahuan yang tepat agar bisnis startup Anda bisa mencapai gelar Unicorn. Berikut ini sejumlah rumus jitu yang dapat menjadikan bisnis startup Anda bergelar Unicorn.

Sukses Menggapai Unicorn dengan Rumus “5 Mampu”!

pebisnis sukses

Para pebisnis startup kreatif tentunya memiliki tips dan trik khusus untuk meraih gelar Unicorn. Setelah Anda mengetahui apa itu Unicorn dalam bisnis, yuk simak rumus “5 Mampu” yang bisa bikin perusahaan Anda masuk ke dalam kategori Unicorn!

1. Mampu Menganalisa Arah Pasar dengan Cepat

Sebagai perusahaan rintisan yang bergerak berdasarkan kebutuhan pasar, bisnis startup akan selalu bersinggungan dengan arah pergerakan pasar. Pada hakikatnya pun, bisnis startup merupakan suatu usaha yang masih dalam tahap perkembangan. Oleh karena itu, agar terus berhasil dan memiliki daya saing yang baik, bisnis startup Anda harus mampu menganalisa kemana arah pasar target Anda.

Tak dapat dipungkiri bahwa pasar keinginan dan kebutuhan konsumen selalu bergerak secara dinamis dan cepat. Suatu benda yang sangat laku di pasaran hari ini bisa jadi tidak diminati lagi pada keesokan harinya. Maka dari itu, bisnis startup Anda harus selalu memperhatikan arah pergerakan pasar.

Selain itu, Anda harus mampu menganalisa hal-hal penting terkait kebutuhan pasar yang menjadi target. Anda bisa melakukan survey terhadap pasar untuk mendapatkan jawaban terkait minat dan kebutuhan pasar. Hasil survey dapat Anda aplikasikan kemudian pada startup. Apabila bisnis startup Anda sudah sesuai dengan arah pasar, dapat dipastikan bahwa bisnis Anda akan bertahan dan berkembang.

2. Mampu Memperluas Cakupan Pasar

Setiap bisnis startup memiliki targetnya sendiri-sendiri. Jika bisnis startup Anda memiliki target pencapaian melebihi US$1 miliar, maka Anda harus memiliki pasar sasaran yang luas. Untuk memajukan bisnis startup, Anda harus memperlebar bisnis ke cakupan pasar yang luas demi menggaet sebanyak-banyaknya pelanggan atau konsumen.

Anda juga harus memastikan bahwa produk yang ditawarkan oleh bisnis startup Anda juga dibutuhkan oleh banyak kalangan masyarakat. Dengan demikian, semakin banyak orang yang mampu menggunakan atau membeli produk dari bisnis startup Anda.

Pendapatan Anda pun akan senantiasa bertambah dengan menawarkan produk yang digunakan oleh banyak orang. Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba dengan memperluas pasar di ranah lokal. Anda pun dapat menjalin relasi dengan perusahaan lain dalam negeri yang bermanfaat bagi bisnis Anda. Kemudian perlahan-lahan, kembangkan sayap bisnis startup Anda hingga ke luar negeri.

3. Mampu Mencari Investor yang Tepat

Hampir semua bisnis startup memiliki investor yang mendanai perusahaan mereka. Tanpa dana modal, jelas mustahil bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis. Maka dari itu, Anda perlu mencoba mencari investor yang tepat untuk mengembangkan bisnis startup. Pastikan bahwa bisnis startup Anda mampu membawa keuntungan dan meyakinkan sehingga menarik minat investor untuk menanamkan modal pada perusahaan Anda.

Untuk mendapatkan perhatian investor, Anda dapat mulai dengan rajin melakukan promosi bisnis startup Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa bisnis startup Anda memiliki keunikan daripada bisnis startup lainnya. Kuncinya adalah kemampuan pada startup Anda untuk meyakinkan investor bahwa perusahaan Anda dapat memberikan keuntungan yang banyak. Semakin banyak investor yang tertarik menanamkan modal pada usaha Anda, maka semakin cepat perusahaan Anda berkembang dan bisa mencapai gelar Unicorn.

4. Mampu Membangun Jaringan Relasi yang Luas

Poin penting lain dalam dunia bisnis startup terletak pada relasi yang perusahaan Anda miliki. Semakin luas hubungan kerjasama yang Anda bangun dengan perusahaan pendukung lain, maka semakin besar kemungkinan bagi bisnis startup Anda untuk berkembang di masyarakat.

Sebagai contoh, jika bisnis startup Anda bergerak di bidang jual beli, maka Anda dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan startup di bidang pembayaran online dan perusahaan jasa antar barang. Bisnis Anda pun dapat berjalan dengan maksimal berkat bantuan dari perusahaan lain yang bekerja sama dengan Anda.

5. Mampu Bekerjasama Sebagai Team yang Solid

Ide-ide brilian Anda tidak akan mampu terlaksana jika tidak didukung dengan sebuah tim kerja yang solid. Hampir semua startup dijalankan oleh sekumpulan orang yang tergabung dalam satu tim kerja. Kerjasama tim yang solid dan produktif merupakan fondasi yang mampu menggerakkan bisnis startup Anda untuk mencapai target. Tanpa tim, sudah pasti ide dan cita-cita Anda mewujudkan bisnis startup berlabel Unicorn akan sirna.

Demikian ulasan mengenai apa itu Unicorn dalam bisnis dan rumus jitu yang membuat bisnis startup Anda menembus predikat Unicorn. Semoga bermanfaat!

 
[business-about]

Top 10 Komponen Perencanaan Usaha Utama

0
komponen perencanaan usaha

Ada banyak jalan untuk mendapatkan uang, salah satunya dengan bisnis. Sekarang Anda pun bisa memulai bisnis sendiri. Untuk menjadi pebisnis sukses, diperlukan perencanaan awal yang matang dan jitu agar bisnis Anda berkembang pesat. Tidak perlu khawatir jika Anda masih belum tahu cara merancang bisnis. Yuk simak cara merancang komponen perencanaan usaha bagi pemula di sini!

Perencanaan usaha juga dikenal sebagai business plan. Ibarat rumah, perencanaan usaha merupakan fondasi dasar yang kokoh. Apabila perencanaan usaha Anda tidak dibuat dengan baik, maka bisnis Anda dapat kehilangan arah di tengah jalan. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi, ‘kan?

Sebuah rencana usaha mengandung semua rincian, strategi dan segala aspek yang akan Anda butuhkan saat menjalankan bisnis. Business plan yang baik haruslah lengkap, jelas dan mudah untuk dipahami. Pastikan juga perencanaan usaha Anda memuat hal-hal mendasar seperti tujuan, target, gambaran bisnis, strategi dan upaya untuk menjalankan bisnis. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah komponen perencanaan usaha terbaik untuk menyusun business plan Anda.

10 Komponen Perencanaan Usaha Terbaik untuk Bisnis Anda

rencana bisnis

Membuat sebuah perencanaan usaha tidaklah sulit. Saat menyusun perencanaan usaha, Anda hanya membutuhkan kemampuan menganalisa kondisi pasar dan cara mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, sangat diperlukan pemahaman mengenai komponen perencanaan usaha. Berikut ini adalah sepuluh komponen perencanaan usaha penting yang harus ada dalam usaha Anda. Dijamin akan membuat perencanaan usaha milik Anda sukses besar!

1. Tujuan Bisnis yang Kuat

Apa tujuan Anda mendirikan bisnis? Ini adalah pertanyaan pertama yang harus Anda jawab. Tujuan kuat berguna agar bisnis Anda tidak mudah goyah saat mengalami pasang surut di kemudian hari.

2. Deskripsi Bisnis yang Terperinci

Bisnis seperti apa yang akan Anda buat? Tentukan terlebih dahulu bisnis di bidang apa yang Anda inginkan. Anda juga bisa memikirkan keunikan yang bisa ditawarkan kepada konsumen agar bisnis Anda tidak terlihat “pasaran”

3. Taktik Pemasaran Terperinci

strategi pemasaran

Komponen perencanaan usaha selanjutnya adalah menentukan target konsumen dari bisnis Anda dengan survey. Cari tahu platform mana yang paling sering diperhatikan oleh target pasar Anda. Nantinya Anda bisa memasarkan produk di sana.

4. Perencanaan Waktu Sesuai Porsi

Tabel perencanaan waktu akan sangat berguna sebab Anda harus menyelesaikan banyak kegiatan dalam upaya merealisasikan bisnis. Tentukan porsi waktu ideal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu agenda dalam business plan Anda.

5. Strategi Operasional dan Manajemen yang Tepat

Tentukan pembagian kerja tim, prosedur penugasan, dan cara-cara lainnya agar setiap tim dalam bisnis Anda dapat berjalan berkesinambungan.

6. Perencanaan Pengembangan Produk

Tahapan ini memberikan Anda gambaran perencanaan produk saat proses pengembangannya. Anda akan dapat mengetahui perkiraan anggaran biaya produksi yang dibutuhkan.

7. Perkiraan Biaya yang Realistis

price1000

Buatlah anggaran perkiraan biaya yang realistis. Pertimbangkan sumber dana yang Anda bisa gunakan serta modal yang dibutuhkan. Tentukan juga cara terbaik untuk mengatur anggaran yang dibutuhkan namun tetap dalam jumlah yang efisien.

8. Analisa Pesaing dengan Cermat

Menganalisa pesaing dapat mengungkap kekuatan serta kelemahan usaha bisnis lainnya. Lalu, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan lebih baik lagi sehingga menjadi yang paling unggul.

9. Memantau Proses Pengembangan Produk

Senantiasa pantau bagaimana produk Anda berkembang di pasaran. Proses ini memberitahu kendala serta keuntungan dari produk yang Anda jual. Apabila terjadi masalah, Anda bisa segera mendeteksi serta memperbaikinya.

10. Menuliskan Kesimpulan Usaha

Tarik suatu benang merah dari rancangan Anda. Anda juga dapat mencetak rancangan usaha Anda untuk dibaca-baca kembali.

 Contoh Perencanaan Usaha

Ini adalah contoh perencanaan usaha yang dapat Anda buat sendiri sebelum memulai berbinis. Yuk disimak!

Perencanaan Usaha “YOGHURT DILAN”

I. Rincian Bisnis

A. Deskripsi Perusahaan

Nama: Yoghurt “DILAN”

Tempat: Jl. Jaya Giri No 2A, Renon

Phone: 089745135203

Bentuk usaha: Bisnis UMKM

Alasan dan tujuan usaha: Prospek minuman sehat yoghurt sedang memiliki peluang baik dan sangat menjanjikan, terutama saat ini sedang mewabah virus di masyarakat. Masyarakat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan serta minuman sehat, termasuk yoghut. Yoghurt memiliki kandungan gizi yang baik dan mudah dibuat.

B. Operasi dan Manajemen

1. Pimpinan (Manager)

Bertanggung jawab teradap jalannya seluruh proses bisnis.

2. Bagian Produksi

Bertanggung jawab terhadap seluruh proses produksi yang terdiri dari persiapan, produksi, hingga pengemasan.

3. Bagian Pengadaan Bahan Baku

Melakukan pencarian, pembelian dan penyimpanan bahan baku.

4. Bagian Keuangan

Bertanggung jawab atas segala proses keuangan dan administrasi perusahaan.

5.Bagian Pemasaran

Mempromosikan serta memasarkan produk ke konsumen hingga mencapai target penjualan.

II. ANALISIS PEMASARAN

  1. Produk

Produk yang direncanakan adalah yoghurt. Yoghurt yang diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas dalam botol 250ml berlabel “Yoghurt DILAN”.

  1. Lokasi/Distribusi

Usaha ini berlokasi di Jl. Jaya Giri No 2A, Renon. Adapun sasaran pasar poduk yoghurt ini adalah warung dan toko-toko di seputar kota Denpasar.

  1. Harga

Rencana harga jual produk adalah Rp. 5.000 @ 250ml.

  1. Promosi

Promosi dilakukan dengan menempel pamflet di tempat strategis dan melalui akun sosial media “Yoghurt DILAN”.

III. ANALISIS OPERASIONAL

Desain Produk

Yoghurt akan dipasarkan dalam bentuk kemasan botol yang rapi dan rapat untuk menjaga kehigenisan produk. Selain itu, kemasan diberi label dan warna yang menarik minat konsumen. Pada kemasan akan tertera informasi produk seperti tanggal kadaluarsa, nama dan logo perusahaan, serta berat dan volume produk.

Proses Produksi

  • Bahan
  1. i) 1L susu sapi murni
    ii) 50ml atau 2sdm bibit yoghurt
    iii) Sirup buah-buahan
  • Cara Produksi
  1. i) Susu dipanaskan dengan api kecil sambil diaduk selama 30 menit.
    ii) Bibit yoghurt dimasukkan lalu aduk rata.
    iii) Larutan disimpan dalam wadah tertutup selama 2×24 jam.
    iv) Aduk kembali hingga larutan yoghurt tercampur rata.
    v) Tambahkan sirup buah-buahan dan kemas ke dalam botol steril.

ANALISIS PELUANG PASAR & PESAING

Analisis Peluang Pasar

Yoghurt memiliki peluang pasar yang besar sebab saat ini banyak masyarakat sudah memulai gerakan hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat. Produk ini pun dapat dikonsumsi semua golongan karena harganya yang terjangkau dan tak memiliki batasan untuk dikonsumsi oleh siapapun. Target utama produk ini adalah masyarakat umum dan anak-anak yang biasanya gemar mengonsumsi cemilan sehat beraneka rasa.

Analisis Pesaing

Pesaing yang akan menyaingi produk ini masih belum terlihat secara khusus sebab hampir semua toko dan warung di Denpasar masih menjual minuman sejenis teh, kopi, susu dan minuman bersoda.

ANALISIS KEUANGAN

Analisa Biaya Usaha

Biaya tetap
No Uraian Jumlah (unit) Harga (Rp) Jumlah harga (Rp) Masa pakai (Th)
1 Rumah produksi 1 20.000.000 20.000.000 10
2 Kain 1 meter 5 3.000 15.000 1
3 Gunting 6 5.000 30.000 2
4 Bak 10 17.000 170.000 2
5 Keranjang 5 25.000 125.000 2
6 Kompor 4 300.000 1.200.000 6
7 Panci 8 75.000 600.000 6
Total 22.140.000

 

Biaya Variabel
No Uraian Jumlah(unit) Harga( Rp) Jumlah harga (Rp)
1 Bahan baku
Susu Sapi 5 L 10.000 50.000
Bibit Yoghurt 2 kg 7.000 14.000
Sirup Buah 2 botol 15.000 30.000
Sirup Coklat 2 botol 15.000 30.000
2 Bahan pendukung
Gas LPG 2 tabung 17.500 35.000
Plastik label 1 bendel 5.000 5.000
Botol ukuran 250 ml 1000 pcs 60 60.000
Sablon label plastik 1 bendel 3.000 3.000
3 Tenaga kerja
Bagian Produksi 8 orang 10.000 80.000
Bagian Pemasaran 10 orang 7.500 75.000
Administrasi keuangan 2 orang 15.000 30.000
Bagian Pengadaan Bahan Baku 5 orang 9.000 45.000
Total 457.000

Biaya variabel perbulan : Rp. 457.000 x 30 = Rp. 13.710.000

 

Biaya Lain-Lain
no Uraian Volume Harga per unit Jumlah harga
Jumlah Unit
1 Transportasi 1 Bln 150.000 150.000
2 Promosi 1 Bln 70.000 70.000
3 Listrik 1 Bln 100.000 100.000
Total 320.000

 

Jumlah Total Biaya Usaha
No Jenis biaya Jumlah biaya (Rp/bln)
1 Biaya tetap 22.140.000
2 Biaya variabel 13.710.000
3 Lain – lain 320.000
Total 36.170.000

 

Laba dan R/C Ratio Usaha
No Jumlah produksi Harga perunit (Rp) Penerimaan per hari (Rp) Penerimaan per bulan (Rp)
1000 pcs 5000 5.000.000 150.000.000
Total 150.000.000

Keuntungan (Laba) perbulan = total revenue – total cost

= 150.000.000 – 36.170.000

= 113.830.000

R/C ratio = total revenue : total cost

= 150.000.000 : 36.170.000

= 4.147

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penghitungan biaya didapat bahwa bisnis “Yoghurt  DILAN” layak untuk dijalankan karena dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan dimana R/C ratio > 1. Itulah pembahasan mengenai komponen perencanaan usaha utama yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

 

Panduan Cara Membuat Whatsapp Bisnis Mudah Lengkap

0
cara membuat whatsapp bisnis, membuat whatsapp bisnis

Sejak muncul pada 2009 lalu, WhatsApp menjadi aplikasi komunikasi yang sangat populer. Sudah ada banyak orang yang menggunakan dan memanfaatkan WhatsApp Bisnis sebagai sarana komunikasi dan mencari cara membuat Whatsapp Bisnis karena kemudahan serta kenyamanan yang disuguhkan untuk penggunanya. 

Pada zaman digitalisasi ini, siapa sih di antara orang-orang yang Anda kenal tidak memiliki WhatsApp atau bisa disingkat WA? Tentu persentase kemungkinan untuk menemukannya sangat kecil.

Bukan hanya karena sekedar suka, namun karena WA sudah menjadi kebutuhan semua orang. Ketika ingin menghubungi seseorang, orang akan meminta kontak WA alih-alih nomor telepon biasa. Hal ini karena WA bisa sekaligus digunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk teks, gambar, video, audio, bahkan file dokumen sekaligus. 

Namun, tahukah Anda bahwa WhatsApp memiliki aplikasi WhatsApp Bisnis? Nah, tak hanya sekedar komunikasi, melihat perkembangan dunia bisnis, pada Januari 2018 WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business. Untuk Anda yang belum tahu namun ingin memanfaatkan fitur yang satu ini, artikel kali ini akan berisi panduan cara membuat WhatsApp Bisnis dengan mudah.

Tidak hanya cara membuatnya, dalam artikel ini juga akan dibahas penjelasan mengenai WhatsApp Bisnis, Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger, juga alasan mengapa Anda harus membuat dan menggunakan WhatsApp Bisnis untuk memulai dan mengembangkan bisnis Anda.

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

cara membuat whatsapp bisnis, membuat whatsapp bisnis

WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi komunikasi yang difokuskan untuk membantu mengelola bisnis yang dimiliki pengguna. Oleh karena itu, WhatsApp Bisnis akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki bisnis, baik itu usaha kecil menengah (UKM) maupun bisnis yang sedang berkembang. Aplikasi ini akan memberikan pengalaman menarik dalam usaha bisnis Anda, baik bisnis online maupun offline.

Selain itu, WhatsApp Bisnis juga dilengkapi dengan fitur-fitur khusus bisnis yang tidak tersedia dalam WhatsApp Messenger biasa. Anda dapat membuat profil bisnis yang mencakup informasi seperti alamat, jam operasional, dan deskripsi singkat, sehingga pelanggan potensial dapat dengan mudah menemukan dan menghubungi bisnis Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur pesan otomatis untuk memberikan tanggapan cepat kepada pelanggan atau mengirim pesan selamat datang yang personal. Semua ini menyebabkan WhatsApp Bisnis menjadi alat yang kuat dalam membangun dan mengelola hubungan dengan pelanggan Anda, serta meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis Anda di platform ini.

Perbedaan WhatsApp Messenger dan WhatsApp Bisnis

cara membuat whatsapp bisnis, membuat whatsapp bisnis

Bagi Anda yang belum begitu familiar dengan WhatsApp Bisnis dan masih bingung akan perbedaannya dengan WhatsApp Messenger yang sudah biasa Anda gunakan, berikut ulasannya.

Logo Aplikasi

Hal pertama yang membedakannya ialah logo aplikasinya. Jika di WhatsApp Messenger menggunakan gambar berupa gagang telepon, WhatsApp Business menggunakan gambar huruf abjad “B” kapital yang mengacu pada kata “Business”. Backgroundnya masih menggunakan warna hijau sebagai ciri khas WhatsApp.

Logo WhatsApp Business yang menggambarkan huruf “B” kapital ini jelas menunjukkan fokus aplikasi ini pada aspek bisnis. Dengan desain yang sederhana namun mudah dikenali, logo tersebut memberikan kesan profesional dan cocok digunakan oleh bisnis, baik yang berskala kecil maupun besar. 

Warna hijau yang tetap dipertahankan sebagai ciri khas juga memperkuat identitas merek WhatsApp dalam konteks bisnis, sehingga mudah diidentifikasi oleh pengguna.

Profil

Jika info profil pada WhatsApp Messenger hanya menampilkan nama, informasi singkat, serta nomor telepon, maka WhatsApp Bisnis menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai bisnis Anda. Informasi tersebut berupa deskripsi bisnis, lokasi atau alamat bisnis Anda, email, kategori, dan juga website bisnis Anda. Informasi ini akan bermanfaat untuk calon konsumen Anda.

Dengan adanya informasi yang lebih lengkap ini, calon konsumen Anda dapat dengan mudah mengenali dan memahami bisnis Anda secara lebih detail. Mereka dapat melihat lokasi fisik Anda, menghubungi Anda melalui email, mengunjungi website bisnis Anda, dan mengetahui kategori bisnis Anda, bahkan semua produk yang anda tawarkan. Semua ini ngebantu banget para konsumen dalam mengenali produk yang anda jual.

Nama Akun Pengguna

Anda dapat mengubah nama pengguna Anda sesuka dan sesering yang Anda mau di WhatsApp Messenger, namun tidak begitu dengan WhatsApp Bisnis. Oleh karena itu pastikan nama yang Anda gunakan sudah benar saat mendaftar.

Ketidakbisaan untuk mengubah nama pengguna secara bebas di WhatsApp Business merupakan salah satu perbedaan penting antara kedua platform tersebut. Ini menggarisbawahi pentingnya memilih dengan cermat nama pengguna bisnis Anda saat pertama kali mendaftar, karena nama tersebut akan menjadi representasi online bisnis Anda di WhatsApp Business. 

Jika Anda ingin melakukan perubahan pada nama bisnis, Anda harus membuat akun baru, yang dapat mengakibatkan kerugian dalam hal kontak dan pelanggan yang sudah Anda miliki.

Nomor Telepon Rumah atau Kantor Dapat Digunakan

Selain menggunakan nomor ponsel, Anda juga dapat menambahkan nomor telepon rumah atau kantor Anda. Gunakan nomor yang pasti dan tetap karena Anda tidak dapat mengganti nomor yang sudah terdaftar. Tenang saja, Anda dapat menggunakan kedua aplikasi WhatsApp ini di satu ponsel.

Pesan Otomatis

WhatsApp Bisnis menyediakan fitur pesan otomatis yang tidak dimiliki WhatsApp Messenger. Anda hanya mengaktifkan fitur Away Message, maka pada luar jam kerja pun calon konsumen akan mendapat balasan pesan.

Selain itu ada juga fitur Greeting Message yang dapat Anda gunakan secara otomatis untuk menyambut pesan dari konsumen. Ini juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk menawarkan produk baru Anda. Selanjutnya Quick Replies yang dapat Anda gunakan untuk membalas pesan yang sama ke beberapa orang sekaligus.

Kategori Bisnis

Ini merupakan kategori yang dapat Anda pilih sesuai dengan kategori bisnis yang Anda jalankan, yang tentunya tidak terdapat di WhatsApp Messenger.

Pilihan kategori bisnis ini membantu WhatsApp Business untuk memahami jenis bisnis Anda dan memberikan rekomendasi yang lebih relevan kepada pengguna. Hal ini juga mempermudah calon pelanggan dalam menemukan bisnis Anda ketika mereka mencari layanan atau produk yang sesuai dengan kategori yang Anda tentukan. 

Dengan demikian, pemilihan kategori bisnis yang tepat dapat meningkatkan visibilitas dan konektivitas bisnis Anda di platform WhatsApp Business.

Statistik

Pada WhatsApp Bisnis Anda dapat meninjau jumlah pesan yang masuk dan keluar juga jenis pesannya. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengetahui pesan yang efektif.

Analisis pesan yang masuk dan keluar juga memungkinkan Anda untuk memahami pola komunikasi dengan pelanggan Anda. Anda dapat menentukan waktu paling sibuk untuk berkomunikasi, jenis pesan yang paling sering diterima atau direspon oleh pelanggan, dan melihat tren yang dapat membantu Anda meningkatkan strategi komunikasi bisnis Anda. Semua ini membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan efektif di platform WhatsApp Bisnis.

Tanda Centang Hijau

Anda akan mendapatkan verifikasi dari WhatsApp Bisnis jika nomor yang Anda daftarkan memang merupakan nomor telepon suatu perusahaan.

Verifikasi ini merupakan banget, dan merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa akun WhatsApp Business benar-benar mewakili sebuah entitas bisnis yang sah. Ini juga memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa mereka berkomunikasi dengan bisnis yang resmi dan dapat dipercaya. 

Oleh karena itu, pastikan bahwa nomor yang Anda daftarkan sesuai dengan perusahaan yang Anda miliki, sehingga Anda dapat memanfaatkan semua fitur WhatsApp Business dengan baik.

Pesan Berlabel

Terdapat fitur pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp Bisnis saja, fitur ini akan mempermudah komunikasi dengan konsumen. Pengelompokan pesan ini berdasarkan prospek, pesan baru, pesan selesai, menunggu pembayaran, dan terbayar.

Pengelompokan pesan ini membantu Anda mengatur dan memantau percakapan dengan pelanggan Anda dengan lebih baik. Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi pesan yang perlu ditindaklanjuti, pesan yang sudah selesai, atau pesan yang membutuhkan pembayaran. 

Hal ini dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam menjalankan bisnis Anda melalui WhatsApp Business. Untuk lebih memahami cara membuat WhatsApp Bisnis, berikut saya akan menjelaskan cara membuatnya dengan langkah-langkah yang mudah.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

cara membuat whatsapp bisnis, membuat whatsapp bisnis

1. Install Aplikasi

Sebelum memulai dengan WhatsApp Bisnis, Anda harus mengunduh dan menginstall aplikasinya yang bisa ditemukan di Play Store atau App Store.

2. Mendaftar

Langkah berikutnya dalam proses pembuatan WhatsApp Business mirip dengan WhatsApp Messenger, di mana Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Disarankan untuk menggunakan nomor ponsel yang telah Anda alokasikan secara khusus. Untuk membedakan urusan bisnis dengan urusan pribadi.

Anda akan mendapat SMS yang berisi kode verifikasi dari WhatsApp. Biasanya setelah SMS masuk ke gadget Anda, kode akan terisi otomatis. Namun jika tidak, Anda dapat mengetikkan sendiri kode tersebut.

3. Penamaan Akun

Buatlah profil yang baik dengan mencantumkan informasi bisnis Anda. Masuklah pada menu Settings, lalu Business Setting, kemudian pilih Profil. Pastikan informasi yang Anda cantumkan akurat seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Fitur

Langkah berikutnya untuk cara membuat WhatsApp Bisnis setelah profil Anda terisi ialah, Anda dapat mengakses Settings, lalu Business Setting untuk memeriksa dan memilih fitur yang tersedia. Dalam fitur ini terdapat menu Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies. Anda dapat menggunakan fitur-fitur di atas sesuai kebutuhan Anda.

Alasan Menggunakan WhatsApp Bisnis

Setelah mengetahui cara membuat WhatsApp Bisnis, berikut alasan mengapa Anda harus menggunakan aplikasi yang satu ini,

Komunikasi Lebih Baik

Komunikasi merupakan aspek penting dalam berbagai hal, termasuk bisnis. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan lebih mudah menjalin komunikasi, apalagi ditambah dengan berbagai fitur yang sangat membantu.

Terpercaya

Kepercayaan merupakan hal utama yang harus Anda dapatkan dari konsumen, namun demikian tidak mudah mendapatkannya. Dengan verifikasi bisnis dari WhatsApp, kepercayaan pelanggan akan lebih mudah diperoleh. Ditambah dengan mengisi profil bisnis yang memang diwajibkan WhatsApp Bisnis, tentunya akan menambah kepercayaan konsumen.

Promosi Produk

Dengan WhatsApp Business, melakukan hal ini akan menjadi lebih sederhana karena tersedia fitur seperti Pesan Sambutan yang memungkinkan Anda untuk mengenalkan produk dan memberikan penawaran kepada pelanggan.

Dapat Aktif Kapanpun

Dengan fitur seperti Away Message, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan kesempatan mendapatkan pelanggan di luar jam kerja. Pelanggan akan selalu mendapat balasan otomatis dari WhatsApp Bisnis.

Nah itulah uraian mengenai cara membuat WhatsApp Bisnis dan juga hal-hal terkait WhatsApp Bisnis yang perlu Anda ketahui. Manfaatkan sekarang juga, semoga bermanfaat!