Last Updated on February 16, 2023 by
Promotion mix adalah kunci rahasia di balik kesuksesan suatu promosi bisnis. Strategi ini kerap terbukti manjur mengefektifkan kampanye marketing sekaligus meningkatkan sales growth.
Tak sampai di situ saja, strategi mix promotion juga bisa Anda manfaatkan untuk memperluas target konsumen dan leads dengan mudah. Namun tentunya Anda harus mengetahui apa itu mix promotion serta kiat-kiat optimalisasinya pada aktivitas marketing.
Penasaran? Yuk langsung simak ulasan lengkap terkait promotion mix yang telah kami rangkum berikut ini!
Daftar Isi
Definisi Promotion Mix Adalah
Arti promotion mix adalah optimalisasi iklan melalui berbagai metode pendekatan kepada target konsumen. Strategi marketing ini mempunyai nama lain yaitu mix promotion, bauran promosi dan promosi gabungan.
Sesuai namanya, konsep bauran promosi ini menggabungkan beragam komponen pemasaran yang dirasa tepat untuk mencapai target. Komponen yang dimaksud bisa berupa media (channel), alat-alat dan teknik marketing tertentu.
Contohnya seperti menggabungkan kampanye pemasaran di sosial media dengan strategi direct marketing, public relation dan iklan berbayar. Pun tidak ada batasan bagi seseorang untuk menggabungkan berapa jenis strategi marketing; yang terpenting Anda sudah merencanakannya dengan matang.
Lebih jauh lagi, mix promotion masih berhubungan dengan konsep marketing mix 7P. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran elemen marketing 4P + 3P dalam mix promotion, yakni:
- Product (produk/barang dagangan).
- Place (lokasi pemasaran).
- Price (harga produk).
- Process (proses bisnis).
- Promotion (aktivitas pemasaran).
- People (target konsumen).
- Physical Evidence (bukti sosial dari pemasaran).
Nah, jika sebelumnya Anda sudah menguasai konsep marketing mix, maka menjalankan mix promotion secara otomatis akan terasa mudah.
4 Komponen Promotion Mix yang Paling Penting
Tidak seperti konsep marketing mix yang lengkap dengan tujuh elemen, dalam mix promotion hanya terdapat empat komponen saja yang wajib Anda pikirkan. Adapun keempat komponen tersebut adalah:
1. Product (Barang Dagangan)
Komponen pertama adalah product alias komoditi utama yang Anda tawarkan kepada konsumen. Item tersebut bisa berupa produk (barang) maupun layanan (jasa).
Pemilihan product beserta nilainya menjadi hal penting dalam promosi karena sangat menentukan minat belanja konsumen. Jika produk/jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan seseorang, maka sudah pasti ia akan segera membelinya—begitupun sebaliknya.
Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh agar Anda tidak salah pilih barang dagangan, misalnya:
- Meriset kebutuhan dan permintaan target konsumen.
- Memerhatikan tren yang berkembang di masyarakat.
- Mengecek nilai produk dan orientasi pasar terhadapnya secara berkala.
2. Price (Harga Jual Produk)
Berikutnya adalah price atau harga jual produk ke masyarakat. Faktor harga juga tak kalah krusial sebagai penentu transaksi. Inilah mengapa menetapkan harga jual yang tepat selalu menjadi tantangan besar bagi perusahaan.
Harga yang tepat tidak selalu berarti murah, melainkan sepadan dengan manfaat dan nilai yang ditawarkan produk/jasa. Jika harga produk dirasa kurang cocok, maka konsumen akan memilih mencari alternatif barang yang lain.
Sama seperti saat meriset jenis produk, ada beragam cara untuk mengetahui kisaran harga jual produk yang tepat, misalnya:
- Menilai dari harga yang ditawarkan kompetitor.
- Mencari tahu harga pasaran untuk suatu jenis produk/jasa.
- Memahami nilai dan manfaat yang dimiliki produk/jasa Anda.
- Menetapkan margin profit produk.
3. Place (Lokasi Pemasaran)
Place atau lokasi pemasaran juga tak kalah penting dalam metode mix promotion. Jenis tempat pemasaran saat ini ada bermacam-macam, mulai dari yang online (seperti sosial media, website, podcast dan YouTube) hingga offline (seperti TV, radio, baliho dan brosur).
Pastikan untuk memilih tempat pemasaran terbaik di mana target konsumen Anda sering berkumpul setiap harinya. Dengan cara inilah Anda bisa memperbesar peluang iklan disimak oleh audiens.
Contohnya jika mayoritas konsumen Anda suka menghabiskan waktu di Facebook, maka berpromosilah di sana.
4. Promotion (Aktivitas Pemasaran)
Elemen bauran promosi yang terakhir adalah promotion atau aktivitas pemasaran secara keseluruhan, baik yang online maupun offline. Contohnya adalah agenda-agenda marketing yang Anda rencanakan, seperti iklan, diskon, flash sale, diskon musiman, penawaran terbatas (limited edition) dan lain-lain.
5 Manfaat Promotion Mix bagi Perusahaan
Mengapa penting bagi kita untuk mengoptimalkan pemasaran dengan metode mix promotion? Tentunya ada banyak keunggulan yang bisa kita raih lewat strategi yang satu ini, seperti:
1. Lebih Mudah Menetapkan Target Konsumen
Anda dapat mengidentifikasi calon konsumen potensial terbaik dari lapisan masyarakat yang luas, sekaligus mengungkap kebutuhan, minat dan channel marketing terbaik untuk menjangkau mereka.
2. Memaksimalkan Popularitas dan Brand Awareness
Aktivitas promosi tentunya bisa meningkatkan popularitas dan brand awareness bisnis di masyarakat. Namun promosi tersebut harus dilakukan dengan tepat supaya menyasar audiens yang benar-benar membutuhkan penawaran Anda.
Jika memanfaatkan mix promotion, maka sudah pasti nama brand Anda lebih cepat terkenal di kalangan konsumen potensial.
3. Mengefektifkan Iklan Perusahaan
Inilah tujuan utama strategi promosi gabungan. Mix promotion dibuat untuk mengefektifkan iklan perusahaan agar tidak memakan terlalu banyak modal, waktu dan tenaga Anda. Jadi Anda dapat meraih pemasukan lebih banyak dengan biaya seefisien mungkin.
4. Menonjolkan Diri di Mata Konsumen
Ada juga perusahaan yang sukses tampil menonjol berkat optimalisasi mix promotion. Ini
karena produk/jasa mereka dipromosikan pada platform dan waktu terbaik. Alhasil iklan tersebut banyak dilihat masyarakat.
Namun promosi tersebut ada baiknya dikombinasikan dengan strategi brand character untuk memperkuat image bisnis. Hasilnya, masyarakat akan lebih mudah mengingat nama perusahaan Anda, termasuk produk-produk yang ditawarkan.
5. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Konsumen
Manfaat promosi gabungan yang terakhir adalah meningkatkan kualitas hubungan brand Anda dengan konsumen. Dengan mencoba berbagai metode promosi, maka Anda bisa mengetahui jenis pendekatan dan komunikasi mana yang paling disukai konsumen. Lalu cukup maksimalkan saja strategi tersebut demi memperkuat loyalitas pembeli pada brand.
Contoh Promotion Mix di Kehidupan Sehari-Hari
Sejauh ini kita sudah memahami bahwa mix promotion adalah gabungan beragam metode pemasaran demi mendapatkan hasil marketing terbaik. Lalu seperti apa contoh bauran promosi tersebut di kehidupan nyata?
Buat Anda yang masih bingung, inilah beberapa contoh sederhana dari mix promotion:
- Personal Selling: penjual mendatangi calon konsumen dan menawarkan produk/jasanya secara langsung. Contohnya konter-konter atau booth branddi supermarket.
- Direct Selling: perusahaan memberikan penawaran kepada konsumen di berbagai platform, mulai dari email marketing, sosial media marketing, SMS, website, aplikasi dan seterusnya.
- Advertising(Iklan): bentuk promosi paling umum. Perusahaan memasang iklan di tempat-tempat strategis dengan tujuan menarik perhatian konsumen.
- Public Relation(Humas): strategi membangun citra perusahaan melalui serangkaian cerita menarik terkait brand. Metode marketing ini dikelola oleh tim humas perusahaan.
- Sales Promotion: promosi jangka pendek untuk memaksimalkan angka penjualan. Contohnya pemberian diskon harga, voucher, giveaway, flash sale, bundling, dan lain-lain.
6 Strategi Promotion Mix Termudah untuk Pemula
Sekarang tiba waktunya menerapkan mix promotion dalam kampanye marketing Anda! Bagaimana caranya? Tidak perlu bingung, Anda bisa mulai dengan 6 strategi mix promotion sederhana berikut ini:
1. Mengetahui Tujuan Promosi
Selalu awali strategi marketing Anda dengan menetapkan tujuan promosi. Memiliki sebuah goal itu penting agar proses kampanye berjalan lebih terarah dan mudah diukur hasilnya. Apalagi jika Anda akan menerapkan metode bauran promosi yang mencakup lebih dari satu strategi pemasaran.
Secara umum ada dua jenis tujuan marketing, yakni goal jangka pendek dan goal jangka panjang. Anda bebas menentukan sendiri tipe dan rincian goal marketing. Misalnya seperti menambah angka penjualan, menarik followers baru, mendapat lebih banyak engagement, dan lain-lain.
2. Membuat Rancangan Garis Besar Promosi
Lalu lanjutkan dengan merancang garis besar strategi promosi bisnis. Anda dapat memanfaatkan empat komponen mix promotion yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk mempermudah: product, price, place dan promotion.
Tentukan produk/jasa apa yang mau Anda jual, lengkap dengan harganya, tempat promosinya, dan jenis-jenis pemasaran yang mau dicoba. Tak lupa tentukan juga people alias siapa target konsumen Anda, ya!
Contohnya sebagai berikut:
Komponen Bauran Promosi | Rencana/Target |
Product | Skincare organik anti jerawat |
People | Orang-orang dengan masalah kulit berjerawat |
Price | 20,000 – 50,000 tergantung jenis produknya (sabun, serum, lotion, toner, bedak) |
Place | Social media (Instagram, Twitter, TikTok), website dan aplikasi ecommerce |
Promotion | Social media marketing, SEO dan SEM |
3. Memperhatikan Variabel Promotion Mix
Strategi bauran promosi juga mempunyai sejumlah variabel penting yang hendaknya diperhatikan dan dipenuhi. Adapun variabel-variabel tersebut adalah:
- Ads (advertising): iklan produk/jasa mencakup isi pesan penawaran, bentuk (digital atau cetak), desain visual dan cara pengemasannya.
- Personal selling: jalur distribusi produk kepada konsumen. Semakin mudah konsumen mendapatkan info pemesanan dan membeli produk Anda, maka semakin baik.
- Public relation: nilai hubungan brand dengan konsumennya, mencakup nilai pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas.
- Sales promotion: aneka stimulus yang diberikan kepada konsumen supaya mereka termotivasi untuk membeli produk/jasa Anda.
Pastikan untuk memenuhi seluruh variabel tersebut demi mendapatkan hasil promosi terbaik.
4. Melakukan Uji Coba (Trial and Error)
Setelah selesai membuat rencana marketing, sekarang tiba waktunya untuk mengeksekusi rancangan tersebut. Namun penting untuk perhatikan bahwa aktivitas ini tergolong trial and error alias uji coba.
Faktanya, kita tidak pernah tahu metode pemasaran mana yang paling disukai calon konsumen. Pun di berbagai kasus, banyak metode promosi yang kerap gagal atau tidak membuahkan hasil sesuai ekspektasi. Tapi ingat, semua ini adalah fenomena yang wajar.
Jadi janganlah takut mencoba dan gagal, sebab dari pengalamanlah Anda akan belajar dan mengetahui strategi pemasaran terbaik bagi perusahaan.
5. Mengumpulkan Feedback dari Konsumen
Cari tahu pendapat konsumen seputar pelayanan dan iklan Anda melalui survei! Hal ini penting agar strategi promosi bauran yang Anda terapkan bisa tetap relevan dengan selera pasar.
Feedback konsumen juga bermanfaat sebagai ladang inspirasi dan inovasi bagi perusahaan untuk berbenah. Dari sini pula kita bisa mengetahui hal-hal yang disukai konsumen dan yang tidak.
Nah, Anda kini bisa mengumpulkan feedback konsumen dengan berbagai aplikasi canggih dan gratis. Misalnya dengan Google Form, email, fitur komentar dan polling di sosmed, serta kolom testimoni di website ecommerce.
6. Melakukan Evaluasi secara Berkala
Langkah terakhir dari penerapan bauran promosi adalah mengadakan evaluasi secara berkala. Evaluasi sangat penting dilakukan guna mengetahui hasil kampanye Anda: apakah sudah sukses sesuai target atau masih ada hal yang perlu diperbaiki.
Evaluasi bisa dilakukan memakai data-data sesuai indikator penilaian. Contohnya feedback konsumen, rekapan laporan hasil penjualan, serta insight data performa akun bisnis.
Demikianlah pembahasan lengkap terkait strategi bauran promosi, mulai dari arti, manfaat ragam jenis, contoh dan strategi pelaksanaannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda, ya!
Temukan lebih banyak tips digital marketing terbaik lainnya hanya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbaru kami di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.