Last Updated on May 27, 2022 by appkey
Pengoptimalan toko aplikasi atau App Store Optimization (ASO) menjadi sesuatu yang sering diabaikan oleh banyak pengembang dan pemasar aplikasi.
Biasanya setelah tahap pengembangan awal selesai dan aplikasi telah diunggah ke semua app store, pemasar cenderung menaruh fokus mereka pada teknik pemasaran lainnya.
Contohnya seperti blogging, media sosial, iklan berbayar, dan cara lain yang memungkinkan mereka untuk mengarahkan calon pelanggan ke halaman app store optimization yang dimiliki.
Memang betul semua cara di atas bekerja dengan sangat efektif bagi bisnis Anda, tetapi pernahkah Anda mempertimbangkan bahwa dari semua kerja keras yang telah dilakukan dalam memunculkan aplikasi di hadapan pelanggan, kemungkinan nantinya akan menjadi dampak buruk yang membuat mereka memilih untuk tidak melanjutkan atau mengunduh aplikasi Anda?
Itu semua adalah faktor-faktor yang mempengaruhi ASO Anda dan menjadi tahap terakhir dari saluran pemasaran aplikasi yang tentunya menjadi hal yang paling penting.
Jika Anda memiliki keinginan untuk meningkatkan visibilitas aplikasi Anda kepada pengguna secara relevan di app store dan menghasilkan peningkatan unduhan, tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk teknik pemasaran maka ASO menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.
Baca juga : App Store Optimization : 7 Cara Menaikkan Rating Aplikasi di Playstore
Daftar Isi
Mengapa App Store Optimization Menjadi Strategi Pemasaran yang Penting?
Saat ini lebih dari 2 juta aplikasi yang tersedia di app store utama, dan untuk menghadirkan aplikasi Anda di hadapan pengguna yang tepat di tengah kompetisi yang ketat ini menjadi salah satu masalah besar yang harus Anda hadapi.
Nyatanya saat ini sebagian besar pemilik aplikasi belum melakukan investasi dalam app store optimization. Sungguh sangat disayangkan, karena mereka bisa saja kehilangan peluang besar untuk aplikasi yang mereka miliki.
Berdasarkan penelitian dari Forrester, sebanyak 63% aplikasi berhasil dijangkau penggunanya melalui pencarian. Hal tersebut membuat pencarian di app store menjadi metode umum yang paling sering digunakan untuk menemukan aplikasi dan kemudian mengunduhnya.
Terakhir kali Ankit Jain di Google I/O melaporkan bahwa rata rata kegiatan pencarian di app store akan di akhiri dengan menginstal aplikasi.
Jika halaman app store Anda tidak dioptimalkan dengan baik maka halaman tersebut akan gagal muncul di dalam pencarian yang relevan dan sebagai hasilnya Anda akan kehilangan ratusan hingga ribuan potensi unduhan pengguna.
Namun Anda bisa meluangkan waktu dan upaya dalam satu minggu untuk meningkatkan dan memperbarui app store Anda yang nantinya akan memungkinkan Anda menuai keuntungan dalam jangka waktu panjang, dan membuat unduhan organik tetap masuk.
Sementara itu, Brittany Armor dari Clearbridge Mobile memaparkan app store optimization akan membantu Anda untuk memastikan aplikasi Anda terlihat di App Store dan juga akan membantu memperkuat upaya pemasaran Anda yang lain.
Dari penjelasan di atas tentu sudah jelas manfaat app store optimization bagi bisnis Anda. App Store Optimization akan membantu Anda mengembangkan bisnis tanpa perlu mengeluarkan uang.
Apa yang di Maksud dengan ASO?
App store optimization merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengoptimalisasikan aplikasi mobile agar mendapatkan peringkat pada hasil pencarian. Nantinya jika semakin tinggi peringkat aplikasi Anda di hasil penelusuran App Store, maka akan semakin terlihat pula aplikasi tersebut oleh calon pelanggan.
Tujuan utama dari app store optimization sebenarnya adalah untuk memegang kendali agar lalu lintas pengunjung di app store tertuju tepat pada halaman sebuah aplikasi mobile, sehingga nantinya pengunjung dapat mengambil tindakan yang spesifik, seperti mengunduh aplikasi tersebut.
Sebetulnya cara kerja ASO sama dengan cara kerja SEO. Jika SEO bekerja untuk mendapatkan peringkat di Google atau mesin pencari internet lainnya, maka ASO bekerja untuk mendapatkan peringkat di app store.
Pada app store saat akan memutuskan aplikasi mana yang akan muncul pertama kali dalam hasil pencarian mereka, tentu ada beberapa indikator penting yang menjadi pertimbangan mereka, seperti kata kunci aplikasi, pengunaan aplikasi, unduhan aplikasi, pencopotan pemasangan, dan ulasan yang diberikan oleh pengguna pada aplikasi tersebut.
Secara sederhana, ASO terlibat secara terus menerus mengubah dan memperbarui halaman apikasi Anda di semua app store sehingga memastikannya mendapatkan peringkat setinggi mungkin dan dapat dilihat oleh semua orang.
Mekanisme ASO Seperti Apa?
Mekanisme ASO terbagi menjadi dua kelompok, yaitu faktor utama dan faktor sekunder. Faktor utama meliputi judul dan kata kunci.
Alangkah baiknya jika judul yang akan Anda gunakan terselip pula kata kunci yang telah Anda pilih. Sebelum itu, pastikan Anda telah memilih kata kunci yang memiliki lalu lintas terpadat.
Sedangkan untuk faktor sekunder terdapat total unduhan serta peringkat dan ulasan. Lakukan berbagai upaya untuk mendorong pengguna memberikan peringkat dan ulasan yang positif terhadap aplikasi Anda.
Apa Sih Manfaat ASO?
Penginstalan Organik
Ini menjadi salah satu hal terbaik dalam ASO, jika Anda menjalankan strategi dengan baik, maka penginstalan organik Anda akan meningkat dan Anda tidak akan mengeluarkan biaya sama sekali.
Setelah selesai dioptimalkan, aplikasi Anda akan mulai memberikan peringkat yang lebih tinggi untuk hasil pencarian yang berbeda, meningkatkan visibilitas Anda dan meningkatkan unduhan organik Anda sambil menekan biaya akuisisi.
Menampilkan Aplikasi Dihadapan Pengguna yang Relevan
Tidak ada gunanya membuat aplikasi Anda dilihat oleh banyak orang yang bahkan tidak mencarinya, maka di sinilah peran ASO dibutuhkan. Jika Anda menggunakan kata kunci yang tidak sama dengan yang digunakan oleh pengguna target Anda atau deskripsi aplikasi.
Anda tidak menjelaskan dengan baik apa kegunaan aplikasi Anda, atau bahkan Anda memilih kategori yang salah, tentu akan mengurangi peluang aplikasi Anda muncul di depan pengguna yang tepat.
Banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar aplikasi Anda dapat muncul di halaman yang relevan. Pastikan seluruh indikator tersebut sesuai dengan aplikasi yang Anda miliki.
Peningkatan Pendapatan
Jika Anda ingin meningkatkan pendapatan dengan cara memonetisasi aplikasi Anda dengan cara apa pun, seperti iklan, langganan, pembelian dalam aplikasi, dan lain-lain, maka ASO akan menguntungkan Anda. Pendapatan akan meningkat yang mana bersumber dari semua unduhan tambahan aplikasi yang Anda terima.
Stabilitas
Dengan adanya unduhan tambahan dan peningkatan pendapatan pada aplikasi tentu akan memberikan masa depan yang jauh lebih stabil pada aplikasi Anda. Namun bagaimana dengan cara mengeluarkan seluruh anggaran ke dalam teknik pemasaran berbayar? Langkah tersebut terbukti mampu memberikan banyak pengguna baru.
Ya betul, tetapi itu bukanlah perbaikan dalam jangka waktu panjang. Nanti setelah unduhan aplikasi Anda melambat, Anda mungkin akan berpikir untuk menaikkan anggaran pemasaran lebih lanjut, dan fase seperti itu akan terus berlanjut.
Nyatanya pilihan tersebut tidak selalu menjadi opsi yang menguntungkan, bahkan sebaliknya anggaran bisnis Anda akan semakin berkurang hanya untuk meningkatkan pemasaran lebih lanjut.
Anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan upaya terus menerus dan dengan penyesuaian berkala pada laman app store Anda, sehingga membuat unduhan organik terus datang secara konsisten dari waktu ke waktu dengan meningkatkan atau mempertahankan peringkat Anda di penelusuran app store.
Ingin dapat lebih banyak tips dan trik sukses mengelola bisnis online gratis setiap hari? Ayo follow website MARKEY sekarang juga di https://markey.id/ !
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.