Last Updated on August 19, 2022 by
Di dunia bisnis mungkin Anda telah sering mendengar tentang istilah pasar, pemasaran dan juga pemasar. Tetapi, apakah Anda pernah bertanya-tanya, apakah pasar, pemasaran dan pemasar itu memiliki arti yang sama?
Pasar sendiri mengacu pada tempat, di mana pembeli dan penjual dapat melakukan kontak satu sama lain. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga dapat memperdagangkan barang dan jasa untuk mendapatkan nilai. Fungsi utamanya adalah untuk menentukan harga komoditas, dengan bantuan faktor permintaan dan penawaran.
Sedangkan untuk pemasaran, berasal dari istilah pasar. Pemasaran menyiratkan suatu proses yang melibatkan beberapa kegiatan yang menciptakan nilai bagi pelanggan, klien dan masyarakat secara keseluruhan. Ini mencakup promosi bisnis atau produk serta layanannya sehingga dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan.
Dan pemasar adalah seseorang yang melakukan pencarian sumber daya dari orang lain dan mereka mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika terdapat satu pihak yang lebih aktif dalam mencari pertukaran dari pihak lain, pihak pertama bisa menjadi pemasar/distributor dan pihak kedua akan menjadi calon pembeli.
Baca juga : Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)
Daftar Isi
Definisi Pasar, Pemasaran dan Pemasar
Berikut ini kami jabarkan satu persatu pengertian dari pasar, pemasaran dan pemasar.
Pengertian Pasar
Istilah pasar didefinisikan sebagai tempat dimana para pihak bertemu dan bertukar barang, layanan, dan informasi mereka untuk dipertimbangkan. Pembelian dan penjualan komoditas antar pihak dikenal sebagai transaksi. Dua pihak yang terlibat dalam pertukaran adalah pembeli dan penjual.
Transaksi dapat dilanjutkan, baik secara langsung atau melalui perantara seperti agen atau institusi. Ada banyak pembeli dan penjual di pasar. Mereka memainkan peran penting dalam menetapkan harga barang dan jasa. Pembeli memutuskan permintaan, sedangkan penjual menentukan persediaan. Ini adalah pengaturan dimana perdagangan mudah disimpulkan, dan sumber daya dialokasikan, di antara anggota masyarakat yang berbeda.
Pasar saat ini, tidak terbatas pada lokasi fisik saja, melainkan telah memiliki cakupan yang luas termasuk juga pasar media hingga pasar internet (e-commerce). Jenis pasar dibagi menjadi tiga yaitu pasar lokal, nasional dan global. Ini termasuk pasar dalam jangka pendek atau jangka panjang. Pasar juga dapat dibagi sebagai pasar grosir, pasar ritel, pasar keuangan dan sebagainya.
Baca juga : Analisa Pemasaran Adalah? 6 Cara untuk Kuasai Pasar Bisnis
Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah tentang menganalisis, mengidentifikasi, dan memuaskan kebutuhan konsumen. Ini mengacu pada serangkaian kegiatan dimana perusahaan terlibat dalam meneliti, memastikan, menciptakan, berkomunikasi dan memasok produk yang menciptakan alat bantu bagi pelanggan.
Tujuan pemasaran adalah untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan sehingga seluruh organisasi akan mendapat manfaat. Hal ini menciptakan tautan antara perusahaan dan pelanggan.
Kegiatan pemasaran dibagi menjadi empat, yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Ini adalah kegiatan sosial di mana individu dan masyarakat mendapatkan apa yang mereka minta, dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar serta penyediaan.
Pemasar Adalah?
Pemasar adalah seseorang yang tugasnya meliputi identifikasi barang dan jasa yang diinginkan oleh sekelompok konsumen, serta pemasaran barang dan jasa tersebut atas nama perusahaan. Bisa dibilang jika pemasar adalah individu yang melakukan kegiatan pemasaran.
Pemasar adalah orang yang membantu meningkatkan penjualan produk dan layanan, yang pada gilirannya meningkatkan pendapatan bagi organisasi dengan menciptakan strategi pemasaran yang efektif.
Tugas-Tugas Pemasar
Ada beberapa pekerjaan atau tugas seorang pemasar. Termasuk menetapkan tujuan, mensegmentasi target pelanggan, mempelajari persaingan, menangani audiens target melalui komunikasi, memelihara hubungan dengan pelanggan, membuat konten, anggaran, hingga menetapkan prioritas dan merancang kampanye.
Berikut 6 (enam) jenis pemasar adalah sebagai berikut.
Pemasar Merek
Pemasar Merek berupaya membangun nama merek yang baik untuk bisnis. Dia memastikan bahwa nilai persepsi pelanggan terhadap merek adalah optimal. Dia dapat menggunakan pemasaran online dan offline untuk tujuan tersebut.
Pemasar Produk
Pemasar produk bertanggung jawab untuk memasarkan barang dan jasa perusahaan dengan merencanakan dan meluncurkan acara pemasaran. Bekerja sama dengan perusahaan periklanan untuk melaksanakan pengenalan produk di luar.
Pemasar Konten
Pemasar Konten sedikit lebih khusus. Tugasnya adalah membuat konten berkualitas tinggi dengan cara yang meningkatkan kemampuan pencarian dan keberadaan online perusahaan.
Pemasar Inbound
Pemasar Inbound berkepentingan dengan mengubah pelanggan potensial menjadi pelanggan yang membayar dengan memberikan informasi yang berguna dalam bentuk template, bahan, e-book, posting blog ke segmen pelanggan target.
Pemasar Media Sosial
Pemasar Media Sosial berspesialisasi dalam mengelola berbagai akun sosial perusahaan. Memastikan pembaruan terus-menerus dan menerapkan strategi pemasaran untuk memperoleh lebih banyak pengikut.
Digital Marketer
Seorang pemasar digital berurusan dengan aspek pemasaran online mulai dari mengelola akun sosial perusahaan. Mereka juga merancang acara pemasaran online hingga mengirim email pemasaran ke calon pelanggan potensial.
Pemasar Adalah Orang Penting untuk Keberhasilan Sebuah Perusahaan
Keberhasilan finansial organisasi mana pun tergantung pada kemampuan pemasar untuk melakukan pemasaran. Keuangan, operasi, dan operasi bisnis lainnya tidak akan menjadi masalah jika tidak ada cukup permintaan untuk produk dan layanannya yang ditangani oleh pemasar.
Semakin banyak orang tahu tentang suatu produk atau layanan, semakin mereka tertarik untuk membelinya. Pemasar adalah orang yang membantu membangun ekuitas merek menggunakan kombinasi logo merek, ikon, nama, keterangan, dan lain sebagainya. Melalui saluran online dan offline.
Pemasar membantu dalam meningkatkan kualitas hidup dengan menyebarkan kesadaran di antara orang-orang tentang produk dan layanan organisasi. Tanpanya, orang mungkin tidak mengetahui keberadaan produk atau layanan tertentu yang tersedia di pasar.
Pemasar adalah orang yang bekerja untuk mengidentifikasi kebutuhan, keinginan dan permintaan pelanggan. Identifikasi kebutuhan pasar itulah yang mengarah pada inovasi dan pengenalan ribuan produk dan layanan baru di pasar setiap saat.
Beberapa tanggung jawab utama seorang pemasar adalah untuk mendorong penjualan, memperkenalkan strategi, menemukan pasar baru, menumbuhkan merek, hingga mempublikasikan produk/layanan. Hubungan komunikasi yang baik antara pemasar dan pelanggan setiap saat adalah kunci keberhasilan strategi.
Pemasar adalah orang yang memahami kebutuhan dan persyaratan pelanggan adalah prioritas tertinggi. Penting bagi seorang pemasar untuk memahami pasar dan bersiap tergantung pada kebutuhan pelanggan dan skenario persaingan. Pemasar adalah orang yang mampu menargetkan pasar, produk, melakukan promosi, distribusi, menentukan harga, dan layanan pendukung.
Keuntungan & Kerugian dari Pemasar Adalah Sebagai Berikut
Dari segi keuntungan, seorang pemasar dapat membantu dalam mempromosikan sebuah bisnis. Ini membantu untuk mencapai sasaran kelompok pelanggan yang tepat untuk produk dan layanan organisasi. Dengan meningkatkan visibilitas produk dan layanan di pasar, seorang pemasar juga dapat membantu meningkatkan pendapatan melalui peningkatan penjualan produk dan layanannya.
Namun pemasar juga bisa menyebabkan kerugian. Seorang pemasar mungkin akhirnya menargetkan audiens yang salah atau menggunakan saluran pemasaran yang salah untuk pemasaran produk atau layanannya, dimana mungkin memiliki harga tinggi bagi organisasi. Dan juga, waktu yang dihabiskan dalam riset pasar dan pengembangan strategi pemasaran sangat besar dan tidak terikat untuk memberikan hasil yang pasti seperti yang diharapkan.
Kunjungi terus situs Markey dan dapatkan selalu update terbaru mengenai dunia marketing.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.