Last Updated on May 4, 2022 by
Tidak harus menjual produk di e-commerce, saat ini Anda bisa sukses berbisnis dan jadi jutawan dengan membuka jasa web developer. Jasa web developer adalah layanan khusus pembuatan website untuk berbagai keperluan.
Mulai dari masyarakat biasa yang ingin membuka toko online hingga perusahaan yang butuh website profesional, semua bisa didapatkan dengan praktis melalui jasa web developer.
Apalagi di era kekinian yang serba teknologi. Mengingat semua aktivitas bisnis sekarang berlangsung online, maka kebutuhan website berkualitas pun terus meningkat di pasaran. Alhasil, jasa web developer mulai banyak dibutuhkan dan berpeluang memperoleh omset jutaan.
Kabar gembiranya, siapapun kini bisa membuka jasa web developer termasuk Anda. Peluang kerja satu ini sangat menjanjikan bagi Anda yang lulusan sekolah ilmu komputer atau memiliki minat, skill dan pengetahuan mendalam di bidang IT. Tetapi agar usaha ini bisa laris manis, maka Anda wajib menambah pengetahuan terkait cara promosi website paling efektif.
Apa sajakah cara promosi website paling efektif tersebut? Bagaimana cara mempraktekkannya? Daripada bingung, yuk langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini. Selamat membaca!
Daftar Isi
8 Cara Promosi Website Paling Efektif untuk Mendapatkan Konsumen Sebanyak-Banyaknya
Masih banyak pebisnis awam yang tidak tahu bahwa setiap jenis bisnis online mempunyai strategi promosinya masing-masing. Begitupun dengan bisnis web developer. Anda harus tahu bagaimana strategi dan kata-kata promosi website yang efektif agar bisnis ini selalu ramai konsumen.
Bisnis web developer adalah usaha yang bergerak di bidang jasa. Agar sukses, Anda wajib tahu bagaimana caranya meyakinkan konsumen untuk mau memakai jasa Anda. Melalui promosilah masyarakat bisa mengetahui berbagai keunggulan serta reputasi usaha Anda.
Sayangnya terkadang, sekadar mengiklankan usaha dengan kata-kata promosi website saja tidak cukup untuk meyakinkan masyarakat. Lebih baik, cobalah menarik konsumen dengan mengaplikasikan 8 cara promosi website paling efektif berikut ini:
1. Menawarkan Layanan Gratis untuk Calon Konsumen
Daripada hanya sekadar mengiklankan kata-kata promosi website, akan lebih baik jika Anda menyertakan layanan gratis untuk calon konsumen. Sebab siapa, sih, yang tidak suka tawaran layanan gratis?
Anda bisa menawarkan uji coba layanan gratis untuk menarik perhatian calon konsumen. Semisal Anda menghadirkan layanan konsultasi gratis tentang website, beberapa tema website gratis, ataupun diskon potongan harga khusus untuk konsumen yang pertama kali membeli website di tempat Anda.
Jadi Anda bisa berpromosi sekaligus mengajarkan aneka manfaat dan cara pakai website kepada masyarakat yang belum begitu paham tentang website. Orang-orang pun akan senang karena bisa mendapat voucher, diskon atau promo menarik lainnya secara cuma-cuma.
2. Tawarkan Jasa Selengkap-Lengkapnya
Usahakan untuk menawarkan jasa layanan pengembangan website selengkap-lengkapnya kepada konsumen. Mengapa demikian?
Kebanyakan konsumen bukan tipe yang mau repot-repot belanja produk di berbagai toko. Anda sendiri juga pastinya malas jika diminta mendatangi beberapa toko berbeda untuk belanja kebutuhan, bukan? Berbelanja di toko serba ada jauh lebih praktis, nyaman dan hemat!
Di sisi lain, banyak masyarakat awam tidak memahami bagaimana cara kerja website. Mereka mengira sebuah website bisa bekerja tanpa memerlukan banyak komponen. Nyatanya, website memerlukan hal-hal tambahan seperti domain, hosting dan server agar bisa bekerja. Dan biasanya komponen-komponen tersebut dijual terpisah.
Oleh sebab mereka tidak tahu seluk-beluk website itulah maka konsumen akan cenderung bertanya sedetil mungkin. Mereka ingin memastikan apa saja yang diperlukan untuk membuat toko online sendiri dan apakah toko Anda menyediakan seluruh kebutuhan tersebut.
Jika konsumen tahu bahwa jasa web Anda tidak menyediakan semua kebutuhan secara lengkap, mereka akan memilih jasa lainnya.
3. Berpromosi ke Kelompok yang Tepat
Tips berikutnya, berpromosilah ke kelompok masyarakat yang tepat agar bisnis website Anda semakin cepat memperoleh konsumen pertama.
Yang dimaksud dengan “kelompok masyarakat yang tepat” di sini adalah orang-orang yang mungkin memerlukan sebuah website. Semisal para pemilik UMKM yang belum beralih ke sistem online, perusahaan yang belum punya website, atau pebisnis-pebisnis rumahan yang ingin memperbesar sayap usahanya ke dunia internet.
Menawarkan jasa ke kelompok masyarakat yang tepat akan memperbesar peluang keberhasilan iklan. Orang-orang yang tadinya tidak tahu apa saja kegunaan website bisa lebih mudah teryakinkan untuk mencoba memakai jasa web Anda.
Kesuksesan ini juga dikarenakan mereka punya kebutuhan untuk sukses berbisnis online dengan website, tetapi tidak tahu bagaimana bisa membuat web sendiri. Yuk tawarkan jasa Anda sebagai solusi terbaik bagi mereka!
4. Mengandalkan Promosi Sosial Media
Saat ini, 80% masyarakat terbukti menggunakan sosial media untuk berbelanja. Orang-orang mengandalkan sosial media untuk mencari rekomendasi berbagai produk ataupun jasa, termasuk jasa pengembangan website.
Promosi di sosial media adalah salah satu pilihan yang baik untuk dicoba. Ada banyak sekali keuntungan mempromosikan jasa website di sosial media, seperti:
- Gratis 100%. Anda bisa berpromosi di sosial media tanpa dipungut biaya sama sekali.
- Bisa menjangkau masyarakat seluas-luasnya dari berbagai wilayah, kalangan dan usia.
- Iklan Anda bisa menyebar lebih cepat melalui promosi mulut-ke-mulut. Semisal ada konsumen yang puas dengan layanan jasa web Anda, kemudian dia mempromosikannya di media sosial. Hasilnya akan ada lebih banyak orang tertarik untuk mencoba jasa Anda.
- Anda bisa lebih mudah berinteraksi dengan calon konsumen menggunakan fitur balas komentar atau live chat. Rajin-rajinlah membalas pertanyaan konsumen dengan detil dan memberikan penawaran jasa terbaru kepada mereka agar bisnis Anda semakin laris.
5. Memulai Bisnis dengan Jasa Freelance
Sebagian pebisnis jasa website memulai karir mereka dengan menjadi seorang pekerja lepas (freelance). Dengan menawarkan jasa freelance untuk pembuatan website, Anda bisa memperoleh lebih banyak konsumen. Konsumen juga berkesempatan memberikan ulasan kepuasan serta kinerja Anda. Manfaatkanlah ulasan tersebut untuk membangun reputasi bisnis sedini mungkin.
Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mengembangkan usaha freelance menjadi bisnis sungguhan yang lebih profesional dan mencakup layanan yang lebih komplit. Menawarkan jasa freelance bisa menjadi “batu loncatan” Anda saja untuk ke jenjang berikutnya.
Bingung bagaimana caranya memulai bisnis freelance? Sebagai permulaan, Anda bisa bergabung dengan beberapa website freelance berikut ini:
Dan masih banyak lagi informasi website penyedia jasa freelance di Google yang bisa Anda coba bergabung ke dalamnya.
6. Jangkau Konsumen dengan Email Marketing
Langkah promosi efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan email marketing. Email marketing adalah trik menawarkan layanan, promo dan diskon menarik ke konsumen via email.
Meskipun media “email” terkesan kuno semenjak adanya sosial media, nyatanya hampir 75% konsumen Indonesia lebih menyukai penawaran yang dikirim dengan email marketing. Email marketing mampu membangun komunikasi personal dengan konsumen sekaligus tetap menjaga usaha tetap tampak profesional.
Isi dari email marketing umumnya disesuaikan dengan kebutuhan setiap konsumen secara personal. Langkah inilah yang sukses mendorong calon konsumen untuk mencoba memakai jasa Anda, karena mereka merasa Anda menghadirkan solusi terbaik sekaligus paling sesuai dengan kebutuhan terkini.
Catatan penting: saat Anda mencoba menjalankan email marketing ini, ingatlah untuk menerapkan skill copywriting yang mumpuni agar konsumen tertarik membaca isi email.
7. Gencarkan Strategi Promosi Kode Referral
Pernahkah Anda mendengar istilah kode referral sebelumnya? Belakangan ini, kode referral sedang menjadi perbincangan banyak masyarakat karena keunikannya.
Sistem promosi referral adalah strategi bisnis online yang unik. Dalam sistem ini, Anda melakukan “kerja sama” dengan pelanggan setia Anda sendiri. Setiap konsumen lama berhak mendapat beragam hadiah jika mereka mampu mempromosikan jasa Anda menggunakan kode referral masing-masing.
Untuk lebih jelasnya, beginilah skema sistem promosi referral:
- Konsumen mendaftar akun dan menjadi pelanggan di bisnis website Anda. Saat mereka mendaftar akun, mereka akan secara otomatis mendapat kode referral.
- Konsumen tersebut mempromosikan jasa web Anda ke masyarakat lainnya lengkap dengan kode referral tersebut.
- Konsumen baru tertarik dengan penawaran yang diberikan. Ia pun akhirnya membuat akun baru di website bisnis Anda menggunakan kode referral konsumen lama.
- Anda selaku pemilik bisnis mendapatkan keuntungan berupa calon pembeli baru. Sedangkan konsumen lama bisa mendapat beragam hadiah, cashback, voucher dan lain-lain karena kode referralnya digunakan oleh orang lain.
Cara yang cukup praktis bukan? Dengan sistem kode referral ini, Anda tidak perlu repot melakukan promosi secara manual. Orang lain akan dengan suka rela ikut mempromosikan bisnis Anda juga!
8. Aktif Bergabung di Banyak Forum Sosial Media
Tips terakhir, cobalah untuk aktif bergabung di berbagai forum sosial media. Cara ini cocok untuk memperluas koneksi bisnis Anda dan bisa mendatangkan banyak konsumen dari berbagai kalangan.
Saat ini sudah ada banyak forum seru dan menyenangkan yang bisa Anda ikuti, seperti forum tanya jawab Quora, Kaskus, Yahoo Answer, Facebook dan sebagainya. Di sini Anda bisa bergabung dengan beraneka jenis komunitas serta menjawab berbagai pertanyaan yang bisa menarik perhatian audiens.
Aktivitas promosi tidak melulu harus berupa iklan. Anda bisa melakukan promosi secara “terselubung” atau soft-selling dengan menjawab berbagai pertanyaan masyarakat di internet. Gunakanlah nama bisnis Anda ketika Anda berkomentar di dunia maya atau membagikan artikel informasi berwawasan seputar dunia IT.
Hampir semua orang nyatanya senang mendapatkan informasi baru yang bisa menambah wawasan mereka. Jika bisnis Anda rajin menghadirkan beragam konten bermanfaat sejenis tips dan trik IT, dijamin nama bisnis Anda akan lebih cepat populer. Pada akhirnya, mungkin saja beberapa pembaca konten Anda tertarik mencoba memakai jasa Anda dan berlangganan.
Demikianlah 8 tips simpel dan efektif untuk mempromosikan bisnis jasa website Anda. Semoga artikel kali ini mampu menambah wawasan Anda, ya. Selamat mencoba dan nantikan juga lebih banyak artikel seru menarik lainnya seputar bisnis online dari MARKEY!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.