Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 8 Tips Cara Efektif dan Benar Menjalankan Guerilla Marketing

8 Tips Cara Efektif dan Benar Menjalankan Guerilla Marketing

-

Guerilla marketing adalah trik promosi penuh kejutan yang bisa menjadi alternatif terbaik bagi perusahaan Anda untuk memasarkan produk.

Kita telah membahas dan mengenal Guerilla digital marketing pada artikel sebelumnya yang bertajuk “Kelebihan dan Kekurangan Guerilla Marketing untuk Promosi Sosmed” dan cek link artikelnya https://markey.id/blog/marketing/internet-marketing/guerilla-marketing-adalah-2 .

Kali ini, kita akan melihat seperti apa tips Guerilla marketing yang baik. Tips guerilla marketing berikut ini akan membantu Anda untuk menyusun strategi Guerilla digital marketing yang baik, tidak menimbulkan stigma negatif, dan sukses meraih engagement tinggi. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya!

Contoh-Contoh Pemasaran Gerilya Unik

Guerilla digital marketing juga dikenal dengan nama ‘pemasaran gerilya’. Sesungguhnya tidak sulit untuk menemukan contoh-contoh pemasaran gerilya unik yang ada di sekitar kita. Sebab, Guerilla marketing adalah salah satu strategi yang banyak diaplikasikan oleh perusahaan.

Untuk Anda yang sama sekali belum memiliki gambaran seperti apa cara melaksanakan pemasaran gerilya ini, Anda dapat menjadikan contoh-contoh pemasaran gerilya berikut ini sebagai inspirasi:

Bangku KitKat

Contoh pertama Guerilla marketing adalah bangku taman yang dimodifikasi menjadi bentuk snack KitKat. Trik ini disengaja oleh perusahaan KitKat untuk menarik perhatian dan rasa penasaran dari masyarakat yang sedang berjalan melewati taman.

Hasilnya pun luar biasa efektif, di mana warga yang tertarik tak ragu-ragu untuk duduk dan berfoto di kursi unik KitKat lalu membagikannya di media sosial.

Balon Merah “IT” di Pipa Air

Production house film juga bisa menggunakan strategi Guerilla marketing untuk mempromosikan film yang akan dirilis, lho! Guerilla marketing adalah taktik yang dipilih oleh tim produksi dan pemasaran film legendaris “IT” di tahun 2017 silam.

IT adalah film horror tentang seorang bocah bernama Georgie yang menjadi korban dari sesosok monster badut ‘Pennywise’ yang menyeretnya ke bawah saluran air.

Saat promosi film berlangsung, seluruh tim produksi film sengaja menarik perhatian masyarakat umum dengan cara mengikat balon merah khas film IT di saluran air. Perpaduan balon merah dan saluran air ini terbukti sukses mengingatkan masyarakat bahwa film legendaris IT di tahun 1990 akan dirilis ulang dalam versi terbaru. Cara yang unik, ya!

Pedang Rel Kereta Api Indonesia

Contoh lain Guerilla marketing adalah rambu peringatan tertib aturan milik Kereta Api Indonesia (KAI). Pihak KAI dengan sengaja memasang gerbang pembatas rel dengan bentuk pisau bertuliskan ‘jangan nekat kalau mau selamat’.

Cara unik ini sukses melancarkan aksi kampanye taat aturan berlalu lintas dari KAI. Kalau Anda saat ini juga sedang mencari cara unik untuk melancarkan kampanye bisnis, bisa saja Guerilla marketing adalah solusi terbaik untuk digunakan!

Artikel terkait  Apa Itu Visual Search? Hal yang Wajib Diketahui Pebisnis Digital Kekinian

7 Tips Guerilla Marketing Terbaik untuk Brand

geurilla-marketing-1

Menjalankan Guerilla marketing adalah persoalan yang susah-susah gampang. Untuk bisa menciptakan engagement positif yang tinggi di masyarakat, maka konten promosi Anda pun haruslah memuat unsur kejutan dengan nilai positif.

Tetapi, Anda tidak perlu cemas jika masih belum tahu bagaimana cara menjalankan Guerilla marketing. Berikut ini kami sajikan 7 tips Guerilla marketing terbaik untuk brand:

1. Berpikir Kreatif ‘Out of the Box’

Tips pertama dari menjalankan Guerilla marketing adalah berpikir kreatif ‘out of the box’. Anda bebas berekspresi dan berkarya menggabungkan kreativitas musik, seni, budaya, humor, hingga isu-isu sosial yang sedang ramai di masyarakat saat ini.

Semua perancangan ide konten harus dibuat dengan baik, matang dan penuh perhitungan agar konten bisa menjadi sangat menarik, mengejutkan namun tetap menuai reaksi positif. Jangan sekali-sekali Anda sengaja membuat konten melanggar norma, SARA atau melecehkan orang lain hanya demi meraih engagement.

2. Bertarget Mengenai Kedua Sisi Otak Audiens

Tips selanjutnya dari Guerilla marketing adalah menyebarkan konten iklan yang sukses mengenai kedua sisi otak audiens. Iklan-iklan Guerilla yang efektif bisa dilihat dari seberapa kuat ia mampu memengaruhi sisi otak kiri dan kanan dari pemirsanya.

Ada 2 tipe audiens yang bisa dibedakan berdasarkan daya pemikirannya, yakni orang dengan sisi otak kanan dan orang dengan sisi otak kiri.

Orang dengan sisi otak kanan lebih menyukai seni, emosional, aestetik dan mudah dipikat dengan konten-konten promosi Guerilla yang penuh emosional. Sementara orang dengan sisi otak kiri cenderung memahami hal-hal yang berbau logika, urutan dan merespon informasi yang disusun berdasar fakta.

Jadi, pastikan konten Guerilla Anda tidak hanya sekadar heboh, melainkan tetap mampu mencapai kedua sisi otak dari manusia tersebut. Dengan begini, maka akan semakin banyak orang yang tertarik dengan iklan Anda.

3. Menyelipkan CTA

Iklan Guerilla Anda juga bisa menyelipkan CTA (Call To Action) untuk mendapatkan hasil promosi yang optimal. Contoh pengaplikasian CTA semisal pada pemberian kupon diskon dan hadiah gratis setelah mengisi data diri di kolom yang disediakan pada website.

Atau, Anda bisa mengadakan giveaway hadiah menarik untuk followers yang memfollow akun media sosial bisnis Anda. Dijamin, postingan Anda akan kebanjiran engagement karena siapa yang tidak ingin hadiah gratis?

4. Mengikuti Trend

Unsur utama pada promosi Guerilla adalah kejutan dengan trend terbaru. Hal-hal terbaru sering kali efektif dalam menumbuhkan rasa terkejut dan tertarik dibandingkan isu-isu lama yang sudah diketahui banyak orang alias basi.

Jadi, cara termudah untuk bisa mendapatkan inspirasi konten Guerilla marketing adalah dengan rajin menyimak trend terbaru di masyarakat saat ini.

Rajin-rajinlah menyimak topik apa saja yang sedang ramai di media sosial. Semisal saat ini trend demam Korea sedang melanda banyak remaja Indonesia. Anda pun bisa memanfaatkan situasi dengan menggandeng artis Korea sebagai brand ambassador perusahaan, misalnya. Dalam hitungan sekejap saja, brand Anda akan langsung menjadi topik perbincangan di kalangan warganet!

Artikel terkait  Sulit Untuk Meminta Referensi Kepada Pelanggan? Berikut Beberapa Langkah Mudah yang Bisa Anda Coba!

5. Pesan Iklan ‘To The Point’

guerilla-marketing-2

Jangan buat iklan Guerilla yang bertele-tele. Sampaikan inti iklan Anda secara lugas, jelas, singkat dan to the point. Audiens dapat lebih mudah menangkap pesan iklan yang disampaikan secara singkat dibandingkan iklan yang pesannya bertele-tele.

Anda juga bisa mempertegas isi iklan melalui sisipan call to action diseimbangkan dengan cara komunikasi terbaik. Intinya, hindarilah kerumitan penyampaian pesan atau menggunakan simbol-simbol yang tidak relevan dalam iklan Anda.

6. Fokus ke Kelompok Kecil

Kampanye iklan yang tepat sasaran menyasar kelompok-kelompok kecil untuk meningkatkan keefektivitasan pemasaran. Selain itu, promosi yang menyasar kebutuhan kelompok kecil lebih berpotensi untuk disambut lebih hangat, lebih mudah dilakukan, mampu menumbuhkan ikatan baru dengan konsumen, dan akhirnya mampu meningkatkan jumlah penjualan.

7. Konten Iklan Sesuai dengan Bisnis

Jangan sekadar membuat konten promosi yang viral! Ada beberapa jenis Guerilla marketing, seperti viral marketing, ambient marketing, ambush marketing dan stealth marketing. Pastikan trik marketing yang Anda pilih sudah sesuai dengan tipe bisnis serta kebutuhan.

Selain itu, isi konten iklan juga harus sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Semisal Anda mempunyai perusahaan kemeja batik. Anda bisa membuat flyer promosi unik yang bentuknya menyerupai kemeja batik juga.

Artikel terkait  Sekarang Tidak Perlu Repot Lagi Jual Hasil Karya Seni dan Handmade Anda, Berkat Moselo!

8. Selalu Siap Menerima Kritik

Ingat, Guerilla marketing adalah strategi promosi yang beresiko cukup tinggi karena bisa diinterpretasikan/dimaknai berbeda-beda oleh audiens. Bisa saja konten promosi Anda yang sudah dibuat sebaik-baiknya masih dimaknai sebagai hal yang menyinggung sebagian orang. Untuk itu, perusahaan Anda harus selalu siap menerima kritik dari publik.

Selalu tampung dan bersikap terbuka untuk setiap masukan dan feedback dari audiens. Anda pun bisa menjawab pertanyaan atau kritik audiens jika dirasa perlu. Gunakan feedback positif maupun negatif sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi, ya!

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang tips dan cara mempraktekkan Guerilla Marketing terbaik untuk brand. Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Anda, ya!

Jangan lupa untuk melengkapi pemahaman Anda seputar tips bisnis digital lainnya hanya dari website Markey. Sampai jumpa lagi di artikel seru lainnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya