Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 89

Adnow Adalah ? Hasilkan Uang Jutaan dari Blog Dengan Adnow Ads

0
adnow

Di zaman sekarang ini, dimana teknologi internet berkembang dengan pesat, terdapat kemudahan dalam menyebarkan sekaligus mengakses informasi. Bahkan sekarang internet sudah merambah efektivitas dalam dunia periklanan, media iklan di televisi sudah digeser oleh iklan di media internet.

Biaya iklan di internet lebih murah jika dibandingkan dengan iklan di media lain seperti televisi, selain itu juga memberikan banyak keuntungan bagi para pengiklan. Siapa saja dapat beriklan di internet, baik itu perusahaan besar dengan budget melimpah, hingga perusahaan kecil.

Bagi perusahaan kecil, internet dapat dengan mudah mengiklankan produk mereka sekaligus mendapatkan konversi tinggi dengan budget yang bisa disesuaikan pula! Tentunya fakta yang satu ini menjadi ladang penghasilan bagi para blogger maupun webmaster!

Sebut saja Google AdSense! Anda pasti familiar dengan program periklanan milik perusahaan raksasa Google yang satu ini! Tetapi ada juga, lho, salah satu program periklanan lain yang patut untuk diperhitungkan, dikenal dengan nama AdNow!

Apa itu AdNow?

iklan-online

AdNow adalah program periklanan yang berbasis widget dengan tipe Native Ads atau iklan asli yang sangat populer yang menyediakan Pay-Per-Click atau PPC dan Iklan CPM. Iklan di program iklan ini berupa widget dan ditampilkan layaknya bagian dari konten, yaitu related content, banner dan Hybrid Ads. Tentunya merupakan sebuah format iklan yang unik, dikarenakan menggabungkan iklan dengan konten situs menarik lainnya demi meningkatkan keterlibatan pengguna!

Terdapat beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui mengenai AdNow!

Iklan dengan tipe Native Ads ini lebih efisien sekaligus efektif jika dibandingkan dengan tipe banner. Sebab, iklan AdNow dapat menyesuaikan dengan tampilan website tersebut, mulai dari segi font, warna font, hingga bentuk iklannya!

Jadi, iklan di website Anda lebih bervariasi dan tidak membosankan, dibandingkan dengan iklan banner dimana orang-orang biasa melihat iklan yang sama dan akhirnya jatuh pada kebutaan iklan. Hal ini dapat menurunkan potensi pendapatan sekaligus minat pengunjung.

Selain itu, bentuk iklan di program iklan ini adalah Native Advertising, yaitu teknik periklanan yang cocok sekali dengan bentuk dan fungsi pada platform dimana iklan itu muncul.

Iklan di program ini bisa secara otomatis menyesuaikan ukurannya dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses suatu situs. Saat Anda mengaksesnya melalui laptop, tampilannya akan besar, namun akan tetap mengecil saat diakses melalui handphone dikarenakan menyesuaikan ukuran layar.

Menurut studi terbaru, Native Ads menarik perhatian enam puluh persen lebih banyak dibandingkan metode tradisional atau iklan. Pengunjung juga dapat berinteraksi lebih efektif dengan penemuan konten dan rekomendasi produk!

Program iklan ini juga berusaha untuk menggabungkan iklan dengan isi konten website Anda demi meningkatkan traffic pengunjung. Dengan kata lain, jika blog Anda membahas mengenai smartphone, maka iklan yang ditampilkan tidak akan jauh dari smartphone.

Pertama kali didirikan oleh tim pemasaran digital Big Data, media buying, RTB, Pay-Per-Click Campaigns, hingga mobile advertising, di tahun 2014, dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun! Kini program iklan yang satu ini mendukung 107 negara seperti Malaysia, Jepang, Brazil, China, hingga negara-negara besar lainnya!

Cara Kerja AdNow!

adnow-1

Layanan iklan ini sudah banyak digunakan oleh para blogger, atau biasa disebut dengan para publisher!

Iklan ditempatkan pada situs-situs blog para publisher sebagai widget yang terlihat seperti konten asli dengan model posting terkait!

Bagaimana para publisher meraih keuntungan dari layanan iklan ini?

Yaitu setiap terjadi click yang diikuti dengan pengamatan pada konten pengiklan pada situs web mereka! Untuk menghasilkan pendapatan yang besar dari search engine ke situs milik Anda, Anda harus selalu melakukan update artikel berkualitas secara teratur! Apabila situs Anda mampu menghasilkan lalu lintas yang tinggi Anda dapat menambahkan iklan PPC alias Pay-Per-Click dari AdNow!

Bagaimana? Menarik, bukan?

Oleh karena itu, optimasi SEO maupun dari sosial media sangat dibutuhkan!

Program iklan ini menawarkan iklan dengan tag Js sehingga tidak bertentangan dengan jaringan iklan lain seperti AdSense. Dengan demikian, aman sekali untuk menggunakan program iklan ini secara bersamaan dengan program lain. Tidak akan menyalahi aturan sekaligus merugikan pihak publisher.

Selain itu, program iklan ini juga menawarkan pembayaran mingguan, dukungan multibahasa dan kemudahan dalam kustomisasi widget konten sesuai dengan keinginan Anda!

Cara Daftar Publisher AdNow!

Apabila Anda seorang blogger Anda dapat menghasilkan uang melalui program iklan ini! Caranya yaitu:

  1. Kunjungi situs program iklan ini kemudian pilih Sign Up AdNow untuk registrasi!
  2. Anda akan disuguhi oleh dua pilihan, apakah menjadi Advertiser atau Publisher! Karena Anda adalah blogger maka silahkan pilih Publisher!
  3. Isi formulir pendaftaran, yang terdiri dari nama, email, dan hal-hal lainnya, kemudian beri tanda centang pernyataan, I accept and agree with Terms of Use and I confirm that I have read Privacy Police;
  4. Jangan lupa juga untuk memberi centang pernyataan, I confirm that I have read Privacy Policy;
  5. Anda juga akan diminta memberi tanda centang pada pernyataan, I’m not a robot untuk mengisi re-Captcha, kemudian pilih Submit;
  6. Setelah itu Anda akan mendapatkan email balasan dari program iklan ini untuk melakukan verifikasi. Buka email Anda dan pilih link verifikasi yang dikirim oleh AdNow Network!
  7. Setelah diverifikasi email milik Anda telah terverifikasi, Anda bisa melakukan AdNow login melalui akun Dashboard AdNow Anda!
  8. Selamat! Anda telah berhasil menjadi Publisher di AdNow!

Apa Saja Kelebihan AdNow Native Ads?

Apa yang membuat AdNow begitu digandrungi? Berikut ini seluruh kelebihannya!

  1. Bisa dijalankan dengan program periklanan lain. Anda dapat menggabungkan program iklan ini dengan AdSense, atau dengan program lainnya, dikarenakan tidak ada konflik kode dengan sistem iklan lainnya! Dengan begitu pemasukan blog Anda tidak datang dari satu sumber saja!
  2. Tak perlu trafik tinggi, artinya blog dengan trafik rendah pun dapat mendaftar ke program iklan ini!
  3. Proses pengajuan cepat dan mudah. Dibandingkan dengan program iklan lain, proses pengajuan program iklan yang satu ini relatif cepat dan mudah!
  4. Pencairan dana rendah! Dana dari program iklan ini dapat Anda cairkan apabila penghasilan mencapai $20. Ini tentunya lebih menguntungkan dibandingkan dengan AdSense yang membutuhkan minimal pencairan $100.
  5. Menerima website selain yang berbahasa Inggris. Kebanyakan program iklan lain hanya menerima website berbahasa Inggris yang berada di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, hingga Australia!
  6. Adanya pengelola akun pribadi! Anda akan diberikan pengelola akun pribadi yang juga mendukung bahasa Indonesia ataupun bahasa lokal dari negara lain!
  7. Bebas virus dan malware, sebab semua iklan di program iklan ini udah diseleksi sehingga Anda tidak akan menemukan virus atau malware di dalamnya;
  8. Dan tidak kalah menguntungkannya, Anda dapat melakukan customation widget iklan, artinya Anda dapat mengatur ukuran, warna, jumlah iklan di halaman tertentu dan masih banyak lainnya;
  9. Melacak performa secara real time, artinya, Anda dapat melacak pendapatan sekaligus performa Anda secara akurat dan real time;
  10. Program referral, Anda bisa mendapatkan komisi lima persen per hari dari penghasilan publisher yang menggunakan referral milik Anda.

Ada banyak lagi keuntungan dari menggunakan program iklan ini yang Anda dapatkan! Seperti, pendaftaran yang bersifat gratis, mendukung Pay Pal dan Wire Transfer, dan masih banyak lainnya. Selain itu, program iklan ini juga memberikan keuntungan pada pihak lain seperti Advertiser, seperti analisis lalu lintas yang baik dan tidak ada penipuan, hingga iklan asli yang tampak seperti bagian dari content yang berdampak pada tingginya CTR dan lalu lintas yang terlibat!

Demikian informasi mengenai program iklan yang satu ini yang tentunya akan memberikan pilihan terbaru bagi Anda dalam menggunakan program periklanan selain AdSense! Tentunya Anda dapat menentukan pilihan Anda sendiri setelah membaca informasi yang satu ini!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Memahami Cara Kerja Virtual Credit Card

0
virtual credit card

Virtual Credit Card adalah nomor kartu kredit unik yang memungkinkan Anda untuk bertransaksi di akun kartu kredit utama Anda tanpa menggunakan atau mengekspos nomor rekening kartu kredit utama Anda. Anda dapat membatasi nomornya untuk digunakan di satu merchant.

Penerbit nomor Virtual Credit Card memungkinkan Anda untuk mengunci atau menghapus nomor akun virtual tertentu. Ini membantu mencegah pembelian yang curang tanpa memengaruhi akun kartu kredit utama Anda. Kemudian, Anda dapat membuat nomor akun virtual baru untuk terus melakukan pembelian di pedagang itu.

Semua ini memberi Anda kemampuan untuk mencoba melindungi informasi akun kartu kredit utama Anda di dunia di mana pelanggaran data merupakan kenyataan yang tidak menguntungkan.

Apa Itu Virtual Credit Cards?

credit-card-1

Virtual Credit Card, juga dikenal sebagai ‘nomor pembayaran terkontrol’, adalah nomor 16 digit sementara yang dihasilkan secara acak yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembayaran online.

Nomor tersebut ditautkan dengan kartu kredit Anda, tetapi dirancang untuk mempersulit vendor atau penjahat online yang tidak bermoral melakukan penipuan dengan cara yang sama seperti mereka dengan nomor kartu kredit normal.

Virtual Credit Card biasanya dikelola melalui dompet digital seperti Apple Pay , Samsung Pay, atau Google Pay .

Ketika Anda siap untuk check out atau melakukan pembayaran, di mana Anda biasanya memasukkan nomor kartu kredit reguler Anda, Anda cukup memasukkan nomor Virtual Credit Card Anda dan melanjutkan seperti biasa.

Bergantung pada penyedia, Anda mungkin dapat menetapkan batas kredit dan tanggal kedaluwarsa terpisah untuk Virtual Credit Card untuk semakin mengurangi peluang Anda menjadi korban penipuan kartu kredit.

Siapa Yang Menawarkan Virtual Credit Cards?

Virtual Credit Card telah tersedia untuk konsumen selama beberapa tahun lamanya, tetapi sejauh ini mereka tampaknya telah gagal untuk menarik perhatian populasi yang lebih luas. Kembali di Aplikasi Tunai 2016 (lalu dikenal sebagai Square Cash) memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran menggunakan Virtual Credit Card, tetapi pengumuman tersebut gagal mengumpulkan banyak daya tarik.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan Virtual Credit Card, Anda mungkin dapat mendaftar melalui bank atau lembaga keuangan yang menyediakan kartu kredit Anda, jika mereka menawarkan Virtual Credit Card.

Atau, Anda bisa menggunakan layanan pihak ketiga untuk menghasilkan Virtual Credit Card untuk Anda.

Berikut adalah dua produk kartu kredit yang menawarkan Virtual Credit Card dan apa yang perlu Anda ketahui tentang setiap program.

Capital One Eno

Capital One menawarkan Virtual Credit Card melalui asisten daringnya, Eno. Capital One Eno adalah ekstensi browser yang tersedia untuk browser Google Chrome, Microsoft Edge dan Mozilla Firefox.

Setelah ekstensi diinstal, Anda dapat menggunakannya untuk berbelanja seperti biasa. Saat Anda siap untuk check out, klik tombol ekstensi browser dan hasilkan VCC untuk digunakan di merchant tersebut.

Ekstensi juga dapat mengarahkan Anda ke situs web Capital One di mana Anda dapat mengelola, melihat, mengunci, atau menghapus nomor akun virtual Anda yang ada.

Citi Number Virtual Account

Citi menawarkan nomor akun virtual melalui alat berbasis web atau program yang dapat diunduh untuk PC. Dengan alat Citi Anda dapat menghasilkan nomor akun virtual dengan batas dolar dan menetapkan tanggal kedaluwarsa.

Anda juga dapat melihat informasi nomor akun virtual individu, pembelian yang dilakukan dengan nomor akun virtual, dan sisa saldo pada nomor akun tertentu. Seperti yang lain, Anda juga dapat menutup nomor akun virtual individual dengan alat ini dari Citi.

Perhatikan bahwa nomor akun virtual Citi hanya dapat digunakan untuk transaksi online dan telepon.

Kelebihan Virtual Credit Cards

Manfaat utama yang terkait dengan Virtual Credit Card adalah keamanan. Menggunakannya menempatkan tingkat pemisahan antara pedagang online dan perincian kartu kredit Anda yang sebenarnya, yang berarti Anda lebih kecil kemungkinannya menjadi korban penipuan kartu kredit. Selain itu, kemampuan untuk memilih batas kredit dan tanggal kedaluwarsa untuk Virtual Credit Card Anda dapat mengurangi risiko penipuan.

Kemampuan untuk mengelola VCC melalui dompet digital pilihan Anda juga menjadikannya pilihan pembayaran yang nyaman – daripada harus mengeluarkan kartu dari dompet Anda, Anda mungkin dapat dengan mudah mengambil telepon Anda dan melakukan pembayaran dari sana.

Selain itu berikut kelebihan VCC yang lainnya :

  • Keuntungan lain dari VCC adalah seseorang dapat menetapkan batas untuk pembelian dan transaksi online tertentu yang ingin mereka lakukan. Keuntungan Virtual Credit Card ini memastikan bahwa pedagang tidak mengenakan biaya lebih banyak untuk pembelian dan transaksi online. Oleh karena itu VCC membantu orang mengendalikan keuangan mereka dengan memastikan bahwa mereka tetap dalam anggaran keuangan mereka.
  • Virtual Creditcard memiliki keunggulan lain yaitu kartu tersebut diakui secara luas dan dapat digunakan oleh siapa saja secara online untuk melakukan transaksi online dan pembelian online. Sebagian besar pedagang menerima Virtual Creditcard memberikan kebebasan pembelanja online. Karenanya VCC memungkinkan pembelian online dari seluruh dunia.
  • Keamanan data adalah keuntungan lain dari Virtual Creditcard karena nomor rekening sebenarnya dari kartu kredit tersebut tidak dapat dilihat oleh pedagang atau pada sistem pembayaran online. Oleh karena itu informasi ini tidak dapat digunakan oleh penipu untuk melakukan pembelian dan transaksi online curang lainnya. Ini membuat transaksi online dan pembelian online menggunakan Virtual Creditcard aman dan keuntungan besar.
  • Keuntungan lain dari VCC adalah memberikan kebebasan pembeli online karena mereka tidak khawatir bahwa informasi kartu kredit mereka yang sebenarnya akan digunakan secara curang.
  • Keuntungan lain menggunakan VCC adalah ada fleksibilitas dalam penggunaan Virtual Credit Card ini karena hanya dapat digunakan ketika ada kebutuhan untuk melakukan pembelian online. Karena nomor yang dihasilkan untuk Virtual Creditcard bersifat sementara maka pembeli online menggunakannya hanya ketika mereka siap untuk melakukan pembelian online.

Kekurangan Virtual Credit Cards

Mengembalikan item yang Anda pesan online ke lokasi fisik dapat menjadi tantangan dengan Virtual Credit Card. Beberapa toko mengharuskan Anda memasukkan atau menggesek kartu yang Anda gunakan untuk pembelian untuk memproses pengembalian dana Anda ke kartu Anda.

Ini jelas tidak mungkin dilakukan dengan VCC. Dalam kasus ini, Anda mungkin harus menerima kartu hadiah toko alih-alih menerima uang kembali pada kartu kredit Anda.

Meskipun VCC berpotensi menjadi cara yang lebih aman untuk melakukan transaksi online daripada kartu kredit fisik Anda, Virtual Creditcard itu tidak sepenuhnya anti penipuan. Jadi, saat menggunakan VCC dapat membantu menjaga uang Anda tetap aman saat Anda berbelanja online, ada baiknya Anda memastikan dulu bahwa kartu kredit Anda dilengkapi dengan asuransi perlindungan penipuan.

Berikut ini kekurangan VCC adalah diantaranya :

  • Salah satu kelemahan VCC adalah transfer dana dari akun pembeli online ke akun pedagang membutuhkan waktu dan kadang-kadang barang dikirimkan sebelum pembayaran aktual ke pedagang dilakukan.
  • Kerugian lain dari Virtual Creditcard adalah meskipun VCC diterima secara luas, beberapa pedagang masih skeptis dan belum sepenuhnya menerima Virtual Creditcard tersebut.
  • Virtual Credit Card yang memiliki tanggal kedaluwarsa pendek dapat menyebabkan masalah berlangganan. Agar langganan Anda aktif, Anda harus memperbarui nomor Virtual Credit Card setiap kali berakhir. Jika Anda lupa, langganan Anda dapat terganggu.

Kesimpulan

Virtual Creditcard mungkin memberi Anda ketenangan pikiran saat melakukan pembelian online atau di telepon. Jika nomor VCC Anda dikompromikan, Anda biasanya dapat menghapus atau menguncinya dengan klik dan terus menggunakan kartu kredit utama Anda.

Jika Anda ingin fokus membatasi pengeluaran Anda dengan pedagang tertentu, Virtual Credit Card juga bisa membantu. Tergantung pada penerbit kartu Anda, Anda mungkin dapat mengatur nomor akun virtual dengan batas pengeluaran yang ada dalam pikiran Anda. Setelah Anda mencapai batas itu, Anda tidak akan dapat membuat tagihan lagi dengan nomor akun itu.

Yuk gali terus beragam info menarik seputar digital marketing hanya dari MARKEY. Baca sekarang ratusan artikelnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sampai bertemu lagi!       

Kenali Lebih Jelas Sistem Cash On Delivery artinya dan Fungsi

0
cash on delivery

Seiring dengan perkembangan teknologi seperti internet dan smartphone, semakin banyak juga bermunculan berbagai istilah baru. Termasuk dalam kegiatan transaksi jual beli. Salah satu istilah dalam jual beli yang belakangan ini sangat trend adalah COD atau cash on delivery. Cash on delivery artinya ketika Anda melakukan pembelian, terutama pembelian secara online, Anda hanya harus membayar ketika barang sudah sampai di tangan Anda.

COD adalah cara baru dalam bertransaksi yang akan sangat membantu Anda karena dapat meminimalisir terjadinya penipuan. Apalagi belanja online memang rentan dengan penipuan sehingga Anda harus sangat selektif dan berhati-hati ketika berbelanja berbagai kebutuhan Anda.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas berbagai hal terkait cash on delivery artinya kami juga akan membahas berbagai tips belanja dengan metode ini agar lebih aman serta kelebihannya. Jadi terus baca artikel ini hingga akhir ya!

Baca juga : Yuk Kenali 7 Cara Kerja E-Commerce Terbaru Tahun Ini!

Pengertian COD (Cash on Delivery)

COD

Cash on Delivery  atau COD adalah salah satu metode pembayaran dalam online bisnis di mana pembeli akan melakukan pembayaran kepada penjual pada saat pengiriman produk. Cash on delivery artinya Anda bayar di tempat pengiriman langsung atau ketika produk yang Anda beli telah sampai. COD dapat pula diartikan sebagai kesepakatan yang dilakukan antara penjual dan pembeli untuk hanya melakukan pembayaran apabila barang telah sampai kepada alamat si pembeli. Dengan cash on delivery artinya pembeli dapat memeriksa terlebih dahulu barang yang di pesan.

Metode satu ini sangat membantu dalam menjawab keresahan konsumen yang sering memanfaatkan transaksi secara online ini. Salah satu masalah yang kerap kali ditemukan oleh konsumen adalah keamanan dan keaslian produk yang di beli.

Pembeli harus memiliki keyakinan apakah produk yang dibeli benar-benar akan sampai ke tujuan, apakah sesuai dengan detail atau penjelasan produk yang dicantumkan penjual, dan apakah produk tersebut memang asli atau malah palsu.

Dengan metode cash on delivery artinya penjual memiliki kesempatan lebih besar untuk meyakinkan konsumen atau calon konsumen untuk berbelanja di toko onlinenya. Jika konsumen puas dan merasa senang, tentunya yang akan diuntungkan adalah si penjual.

Dengan kepercayaan konsumen maka penjual akan memiliki reputasi yang baik, dan bukan mustahil konsumen akan merekomendasikan toko tersebut kepada calon konsumen lain secara sukarela. Konsumen juga tidak akan keberatan memberikan testimoni yang baik untuk produk Anda sehingga semakin meningkatkan kepercayaan calon konsumen lainnya.

Berbagai hal di atas lah yang kemudian membuat metode COD menjadi sangat penting dan bermanfaat dalam dunia bisnis online ini. Apalagi memang pembeli hanya akan membayar apabila barang sudah sampai dengan baik dan sesuai dengan deskripsi produk.

Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran COD

COD-1

Setiap hal tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, Cash on delivery artinya juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Berikut ulasannya.

1. Kelebihan

Ada berbagai kelebihan yang akan Anda dapatkan, bukan hanya untuk pembeli saja. Cash on delivery artinya juga memberikan keuntungan bagi pihak penjual. Apa saja itu?

a. Untuk Pembeli

Keutungan yang akan didapatkan oleh pembeli ketika memilih menggunakan metode pembayaran COD adalah kenyamanan yang akan dirasakannya. Hal ini karena pembeli dapat memeriksa terlebih dahulu kondisi barang yang dibeli secara langsung. Dengan begitu pembeli dapat terhindar dari penipuan berupa barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan.

b. Untuk Penjual

Keuntungan yang akan dirasakan oleh pihak penjual dengan menggunakan metode pembayaran COD adalah meningkatnya penjualan produk, karena secara tidak langsung metode ini menjadi strategi pemasaran yang cukup efektif.

Dalam banyak kasus, COD adalah cara untuk menaikkan tingkat kepercayaan calon konsumen. Sehingga dengan sendirinya reputasi toko milik penjual akan semakin baik.

2. Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan metode cash on delivery yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih metode pembayaran satu ini.

a. Layanan Terbatas

Cash on delivery artinya memiliki jangkauan yang terbatas, sebab hanya dapat dilakukan bila pembeli dan penjual berada di wilayah atau kota yang sama.

b. Resiko Pembatalan Pesanan

Kekurangan satu ini dapat merugikan pihak penjual karena pembeli bisa saja membatalkan transaksi ketika barang telah dikirim oleh penjual. Padahal tentunya penjual telah meluangkan waktu, biaya, dan juga tenaga selama proses pengantaran barang.

c. Resiko Penipuan

Penggunaan transaksi COD yang umumnya menggunakan uang kertas memiliki kemungkinan penjual mengalami penipuan yang bisa saja dilakukan oleh konsumen dengan menggunakan uang palsu.

Dalam hal ini metode COD tentu lebih rentan, sebab jika dengan metode lain lebih menjamin keaslian uang karena dibantu pihak bank ataupun marketplace yang digunakan.

Tips Aman Melakukan Transaksi dengan Metode COD

Melihat berbagai resiko yang mungkin akan dihadapi oleh penjual ataupun pembeli dengan menggunakan metode COD, berikut tips yang dapat Anda terapkan agar transaksi Anda lebih aman.

1. Tips untuk Penjual

  1. Gunakanlah pakaian dan jaga kerapihan penampilan Anda agar menunjukkan image yang baik dan dapat dipercaya.
  2. Bersikaplah ramah kepada konsumen agar mereka merasa nyaman pada saat bertransaksi dengan Anda. Gunakan kata yang sopan dan jangan lupa untuk tersenyum.
  3. Pastikan Anda selalu tepat waktu mengantarkan dan sampai di tempat yang Anda sepakati dengan konsumen, bila memungkinkan datanglah lebih awal
  4. Pastikan ponsel Anda selalu aktif agar dapat dihubungi oleh konsumen
  5. Siapkan uang pecahan yang lebih kecil, Anda harus berjaga-jaga siapa tahu Anda harus memberikan kembalian pada konsumen.
  6. Pilihlah tempat untuk bertemu dengan konsumen berada di tempat yang aman dan netral.
  7. Setelah bertemu dengan konsumen Anda, berikan mereka penjelasan singkat terkait produk yang Anda jual.
  8. Pastikan Anda menerima uang asli dengan cara mengeceknya, akan sangat baik jika Anda memiliki alat pendeteksi.
  9. Terimalah pembayaran sesuai dengan jumlah yang telah disepakati, jangan lupa untuk meninggalkan kesan baik dengan cara mengucapkan terima kasih.

2. Tips untuk Pembeli

  1. Pilih dan pastikan tempat untuk bertemu dengan penjual adalah tempat yang aman dan netral, seperti di tempat umum. Akan lebih baik jika Anda ditemani oleh seseorang pada saat melakukan transaksi dengan COD ini.
  2. Pastikan untuk Anda melakukan pemeriksaan sebelum melakukan pembayaran. Pastikan barang Anda sudah sesuai dengan spesifikasi yang dicantumkan penjual di toko online-nya. Pastikan juga barang tersebut kondisinya masih baik.
  3. Bayarlah pesanan Anda sesuai dengan kesepakatan awal dengan penjual. Jangan lupa meninggalkan kesan baik dengan mengucapkan terima kasih.

Itulah tadi penjelasan terkait cash on delivery khusus untuk Anda. Cash on delivery atau COD adalah metode pembayaran yang saat ini cukup populer dan menjadi alternative pembayaran yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan.

Kemudahan dan kenyamanan yang diberikan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk menggunakan metode satu ini. Meski memang biasanya ongkos kirim atau ongkir menjadi sedikit lebih mahal. Kendati demikian masih banyak yang menggunakannya karena manfaat yang diberikan sebanding dengan uang yang dikeluarkan.

Dengan melakukan cash on delivery artinya Anda telah mengetahui syarat serta ketentuannya. Juga dengan membaca artikel ini Anda mendapat pengetahuan lebih banyak dan juga tips yang akan bermanfaat untuk Anda ketika melakukan COD, jadi tidak ada salahnya untuk membagikan artikel ini kepada kenalan Anda agar mengetahui lebih jauh terkait COD. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, semoga membantu!

 

Pre Order adalah : Yuk Ketahui Lebih Jelasnya!

0
pre order adalah

Pernahkah Anda melihat fitur pre order dalam Tokopedia atau mungkin dalam kesempatan yang lain? Jika benar, fitur yang satu ini tentunya sangat bermanfaat dan layak untuk dipergunakan, baik dari sisi produsen sekaligus konsumen!

Mengapa begitu?

Dikarenakan sistemnya. Seorang pembeli tidak perlu ketakutan tidak bisa mendapatkan barang yang diinginkannya dikarenakan sudah melakukan pemesanan di awal bahkan membayar biayanya.

Bahkan untuk seorang pembeli yang memiliki bisnis tidak perlu takut kehabisan stock apalagi sampai bersaing untuk mendapatkan suatu barang, karena barang yang diinginkan sudah dipesan di awal. Sehingga begitu barang datang, dapat langsung didistribusikan kepada pelanggan-pelanggannya.

Lalu, bagaimana sistem pre order tersebut di mata penjual? Simak liputannya yang satu ini!

Baca juga : Yuk Kenali 7 Cara Kerja E-Commerce Terbaru Tahun Ini!

Definisi Pre-Order!

pre-order-1

Pre order adalah suatu sistem dalam e-commerce dimana barang tidak tersedia secara langsung diawal namun pembeli dapat memesan sekaligus membayar terlebih dahulu di awal sebelum penjual memesan atau memproduksi barang tersebut, sehingga terdapat waktu tunggu hingga barang ini selesai diproduksi atau dipesan oleh penjual. Begitu barang sudah selesai diproduksi ataupun dipesan, barang tersebut dapat langsung dibagi-bagikan kepada pelanggan-pelanggannya.

Pada umumnya, penjual yang menerapkan kebijakan pre order memberikan batas waktu pemesanan kepada pembeli. Rata-rata waktu yang diberikan untuk pemesanan adalah berbeda dari setiap produsen, bisa dua sampai tiga minggu, bahkan tiga puluh hari.

Mengenai pembayaran, seorang pembeli dapat membayar DP alias down payment sebanyak lima puluh persen dari total keseluruhan belanja di awal, sebelum melunasi sisanya setelah barang datang. Bahkan ada juga produsen yang menetapkan pembayaran full di awal sebelum barang diselesaikan dan dibagikan kepada konsumen.

Dalam dunia e-commerce terdapat dua istilah, yaitu sistem pre order dan sistem ready stock, dimana kedua istilah tersebut berbeda satu sama lain.

Sistem ready stock adalah sistem penjualan barang dimana barang sudah tersedia atau terdapat stock barang di tangan penjual, sehingga barang yang sudah dipesan dan dibayar oleh pembeli dapat langsung dikirimkan oleh penjual, alias tidak terdapat waktu tunggu.

Tentunya arti pre order berbeda sekali dengan arti ready stock yang dipaparkan sebelumnya! Pre order artinya, pada intinya, adalah pemesanan di awal, sementara ready stock adalah pengiriman barang secara langsung!

Tips Membangun Bisnis dengan Sistem Pre order

pre-order-2

Sistem bisnis pre order adalah sistem yang cukup digandrungi oleh para pengusaha muda alias pemula, khususnya pebisnis online. Dikarenakan sistem bisnis pre order ini, sistem bisnis yang membuat bisnis Anda tidak membutuhkan modal banyak atau bahkan bisa tanpa modal. Para pengusaha muda ini cukup men-desain produk sekaligus membuat copywriting yang baik, dan memiliki koneksi internet yang baik!

Berikut ini akan dibahas tips membangun bisnis Anda dengan menggunakan sistem bisnis tersebut!

1. Berikan Alur Pemesanan yang Jelas!

Tips yang satu ini dapat memudahkan konsumen untuk mengerti sekaligus memahami sistem pre order yang Anda jalankan. Selain itu Anda sebagai seorang produsen juga dapat memperoleh kepercayaan konsumen. Beberapa prosedur terkait hal ini seperti jadwal buka dan tutup pemesanan, jumlah minimal pemesanan, lama produksi sekaligus pengiriman, hingga sistem pembayaran.

2. Tentukan Jadwal Pre order

Ada baiknya buat PO alias pre order di setiap akhir bulan hingga awal bulan, sebab di tanggal-tanggal tersebut biasanya orang-orang sudah mulai gajian dan mulai mencari barang-barang yang diinginkannya! Faktor memiliki uang tentunya dapat memudahkan Anda untuk menarik perhatian konsumen!

3. Buat Alasan agar Konsumen Mengikuti Pre-order!

Buat alasan yang menarik perhatian! Sebagai contoh, Anda dapat memberikan bonus, menginformasikan stock barang yang terbatas hingga memberikan diskon. Alasan-alasan tersebut dapat menjadi alasan kuat mengapa seorang konsumen harus ikut PO produk yang Anda tawarkan!

4. Cara Berkomunikasi dengan Konsumen

Komunikasi yang baik harus menjadi prioritas utama Anda sebab komunikasi ini akan menumbuhkan kepercayaan konsumen. Sebagai contoh, merespon pertanyaan dan keluhan konsumen untuk produk Anda, menjelaskan alur yang harus dilewati untuk melakukan pemesanan barang, dan banyak hal lainnya. Dan semua hal itu dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi, seperti sosial media, email, telepon, hingga WhatsApp!

5. Catat Pesanan dan Perhatikan Jumlah Pesanan!

Catat pesanan secara tepat dan detail, seperti nama konsumen, alamat, nomor telepon, hingga detail pesanan seperti jenis, ukuran, warna, dan sebagainya! Jangan sampai salah mencatat sebab konsumen dapat memberikan complaint dikarenakan kecewa!

Dan jangan lupa untuk memperhatikan jumlah pesanan, sebab ini berkaitan dengan kemampuan produksi Anda. Jangan terobsesi dengan jumlah pesanan yang banyak tetapi tidak diiringi dengan kemampuan produksi yang mumpuni, sebab kepercayaan konsumen menjadi taruhannya.

Selain tips-tips yang berkaitan dengan konsumen seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, Anda juga harus melakukan tips-tips yang harus Anda lakukan sendiri untuk diri Anda!

6. Tentukan Target Penjualan!

Target penjualan harus berkorelasi dengan kapasitas produksi yang dimiliki sekarang. Saat mendapatkan pesanan dalam jangka waktu tertentu, Anda harus bisa memperkirakan jangka waktu produksi dan kapasitas produksi sehingga barang dapat dibuat atau diproses tepat waktu, dan pre order adalah sistem bisnis yang membuat Anda dapat memahami hal itu! Anda dapat memperhatikan sumber daya manusia, aset produksi barang, termasuk vendor, untuk menghasilkan suatu kapasitas produksi dan membandingkannya dengan waktu produksi Anda, demi mencapai target penjualan Anda!

7. Pemilihan Vendor!

Jalinlah kerja sama dengan vendor yang sudah terpercaya kredibilitasnya! Pastikan mereka dapat memproduksi produk-produknya tepat waktu! Anda dapat melakukan pengamatan terlebih dahulu dan membanding-bandingkannya dengan vendor-vendor lain, seperti kelebihan dan kelemahan masing-masing vendor!

8. Perhatikan Kualitas Produk

Sistem bisnis pre-order adalah sistem bisnis yang menuntut seorang konsumen untuk sabar menunggu. Oleh karena itu, Anda harus dapat memastikan Anda menjual produk dengan kualitas yang baik agar tidak mengecewakan konsumen! Selain itu, dengan produk yang berkualitas Anda akan lebih percaya diri untuk menawarkan produk Anda!

9. Perhatikan Sumber Daya Manusia

Sistem bisnis pre-order adalah sistem bisnis yang membutuhkan sumber daya manusia alias SDM yang tangguh! Sebab, manusia lah yang menjalankan aktivitas-aktivitas seperti aktivitas produksi, pemesanan, administrasi, dan sebagainya.

Sebagai contoh, jika Anda menargetkan target penjualan yang besar, Anda harus memiliki SDM yang terdiri dari tim produksi, tim administrasi perkantoran, marketing dan sebagainya!

Bagaimana? Tentunya penjelasan diatas sudah baik untuk menjawab pertanyaan apa itu pre order! Dan Anda akan semakin tertarik untuk melakukan bisnis dengan sistem ini setelah membaca informasi yang satu ini!

Kelebihan Sistem Bisnis Pre Order!

Arti pre order tentulah dalam dikarenakan manfaatnya bagi penjual maupun pembeli! Berikut ini akan dibahas kelebihan pre order dari sisi penjual! Diantaranya:

  1. Jenis produk yang dijual bervariasi dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan produk ready stock;
  2. Penjual tidak perlu khawatir apabila barang tidak laku di pasaran, sebab jumlah barang yang dimiliki atau diproduksi sama dengan jumlah barang yang dipesan oleh pembeli, sehingga tidak ada yang namanya stock barang!
  3. Penjual dapat melakukan penjualan tanpa perlu mengeluarkan modal awal sehingga minim resiko kerugian, dikarenakan modal yang dikeluarkan oleh penjual sama dengan jumlah pemesanan dari pembeli!
  4. Terkadang pembeli dapat melakukan pemesanan barang sesuai dengan keinginannya, atau biasa disebut dengan custom barang!

Kapan Sebaiknya Sistem Bisnis Pre Order Dijalankan?

Ada baiknya tidak melakukan sistem ini di setiap peluncuran. Sistem pre order adalah sistem yang lebih bagus untuk produk yang benar-benar baru, produk yang dapat membuat seseorang harus memilikinya sejak awal dibandingkan orang lain!

Ada banyak waktu sekaligus kerja keras yang diberikan demi menjalankan sistem pre order yang baik. Oleh karena itu, sangat cocok sekali dengan acara besar perusahaan ataupun peluncuran produk, yaitu:

  1. UMKM yang baru saja meluncurkan jenis bisnis baru ke pasaran;
  2. Produk premium terbaru milik Anda;
  3. Produk edisi terbatas;
  4. Promosi atau diskos besar-besaran untuk produk Anda!

Demikian informasi mengenai sistem bisnis pre order dan tentunya pre order adalah sistem bisnis yang memiliki kelebihan tersendiri untuk memasarkan produk bisnis Anda! Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya dari sekarang!

Proforma Invoice : Kupas Tuntas Perbedaannya Dengan Invoice

0
proforma invoice, proforma invoice adalah, apa itu proforma invoice

Saat berbisnis, Anda pasti akan menggunakan invoice untuk kebutuhan pembayaran produk. Invoice menjadi sebuah perantara yang berisikan rincian dari tagihan yang harus dibayar. Pemberian invoice juga biasanya mencerminkan keprofesionalitasan transaksi di toko Anda.Di samping invoice, ternyata ada juga catatan transaksi lain yang bernama proforma invoice.

Apa itu proforma invoice? Apa perbedaan proforma invoice dengan invoice biasa? Mari cari tahu jawabannya, termasuk cara membuat invoice guna kelancaran transaksi perusahaan, dalam artikel berikut ini!

Proforma Invoice versus Invoice

proforma invoice, proforma invoice adalah, apa itu proforma invoice

Serupa tapi tak sama, itulah proforma invoice dan invoice. Meski sama-sama mengandung kata “invoice”, kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda.

Proforma invoice adalah sebuah faktur transaksi yang disiapkan terlebih dahulu sebelum pengiriman produk dilakukan oleh pihak supplier barang. Pembeli akan menerima proforma invoice tersebut sebelum menerima barang yang dibeli, sehingga pembeli bisa mengetahui berapa besaran total biaya yang harus dibayarkan nanti ketika menerima barang.

Proforma invoice dikenal juga sebagai faktur sementara. Faktur sementara ini dapat diberikan kepada konsumen yang barang pesanannya dikirim secara bertahap. Begitu pengiriman barang selesai sepenuhnya, proforma invoice akan ditukarkan dengan faktur utuh.

Jika proforma invoice berperan sebagai slip transaksi sementara sebelum pengiriman barang, maka invoice adalah kebalikannya. Invoice akan diterima oleh konsumen setelah proses pengiriman barang yang dibeli telah selesai. Selain itu, invoice juga umumnya ditandatangani pembeli sebagai tanda bukti bahwa transaksi telah diselesaikan. Invoice juga bisa menjadi bukti transaksi secara kredit.

Sama halnya dengan proforma invoice, invoice memuat rincian tagihan pesanan secara mendetail. Pada umumnya invoice sendiri terdiri dari 3 lembar, di mana 1 lembar copy diberikan pada konsumen, 1 lembar copy digunakan untuk arsip penjualan perusahaan, dan 1 lembar copy sisanya digunakan untuk data laporan keuangan perusahaan.

Ciri-Ciri Proforma Invoice dan Invoice

Proforma invoice dan invoice memiliki ciri-ciri yang berbeda. Sebagai seorang pebisnis, Anda setidaknya harus memahami ciri-ciri dari masing-masing catatan transaksi ini agar tidak tertukar satu sama lain saat menggunakannya.

Secara ringkas, berikut adalah ciri-ciri proforma invoice:

  • Digunakan untuk mencatat seluruh detail pesanan termasuk berat, nilai barang, dan ongkos kirim.
  • Proforma invoice adalah catatan transaksi yang masih berupa draft. Draft ini harus dikonfirmasi nanti menjadi invoice atau faktur utuh.
  • Bersifat sebagai fraktur sementara.
  • Invoice proforma dikirim kepada konsumen yang melakukan pembelian sebelum pengiriman barang dilakukan.

Sementara ciri-ciri invoice adalah:

  • Konsumen bisa mengajukan perbaikan jika rincian nilai produk tidak sesuai dengan kondisi barang yang dikirimkan sesungguhnya.
  • Invoice bisa menjadi bukti yang sah jika barang yang telah dibeli akan dijual kembali, atau menjadi bukti transaksi ketika akan dicatat ke dalam laporan pembukuan pada perusahaan.
  • Invoice dapat dipakai sebagai bukti sah faktur pajak.
  • Merupakan catatan informasi terkait pesanan pelanggan beserta nilai tagihan yang harus dibayar pasca pengiriman.

Kelebihan dan Kekurangan Proforma Invoice dan Invoice

Sebagai seorang pebisnis, memahami kelebihan dan kekurangan dari proforma invoice dan invoice bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memilih metode pencatatan transaksi yang paling tepat.

Kelebihan Proforma Invoice:

  • Ketepatan Informasi: Proforma invoice dapat memberikan gambaran awal kepada pelanggan tentang biaya yang akan mereka keluarkan sehingga mereka bisa mempersiapkan dana.
  • Fleksibilitas: Jika terjadi perubahan harga atau biaya tambahan, proforma invoice bisa dengan mudah diperbarui.
  • Pencegahan Kesalahan: Sebelum transaksi final, kedua belah pihak bisa melakukan koreksi jika ada kesalahan.

Kekurangan Proforma Invoice:

  • Tidak Sah Secara Hukum: Proforma invoice tidak bisa dianggap sebagai dokumen resmi dalam hukum karena bersifat sementara.
  • Kurangnya Kepastian: Karena bersifat sementara, harga dan rincian dalam proforma invoice bisa berubah.

Kelebihan Invoice:

  • Legalitas: Invoice dianggap sebagai dokumen resmi dan sah secara hukum.
  • Kepastian: Setelah invoice diterbitkan, harga dan rincian tidak dapat diubah.
  • Pembayaran: Dengan invoice, pelanggan diberi tahu bahwa saatnya untuk melakukan pembayaran.

Kekurangan Invoice:

  • Risiko Kesalahan: Jika ada kesalahan dalam invoice dan sudah diterbitkan, proses perbaikannya bisa menjadi rumit.
  • Ketergantungan: Jika pelanggan membutuhkan perubahan pada pesanan, mengubah invoice sudah diterbitkan bisa merepotkan.

Cara Membuat Invoice

proforma invoice, proforma invoice adalah, apa itu proforma invoice

Pada prakteknya, invoice memiliki bentuk dan kelengkapan yang berbeda sesuai kebutuhan perusahaan. Semisal di transaksi besar, invoice diajukan beserta kwitansi dan surat tagihan kepada konsumen. Sedangkan untuk transaksi kecil, invoice dapat dipakai sebagai tagihan langsung.

Namun pada dasarnya, setiap invoice disusun oleh komponen yang sama. Apa sajakah komponen invoice? Berikut jawabannya:

1. Judul

Komponen invoice pertama adalah judul yang terletak di bagian atas tengah. Judul ditulis secara kapital untuk memudahkan konsumen mengenali invoice Anda dari dokumen lain yang mereka terima. Dengan begini, konsumen dapat mengenali invoice Anda dan bisa mendahulukan proses pelunasan tagihan. Contoh judul invoice: INVOICE ORDERAN BAJU PT. FASHIONISTA BALI

2. Nomor Invoice

Selanjutnya, Anda bisa mencantumkan nomor invoice jika dibutuhkan. Opsi ini sesungguhnya bersifat opsional saja. Pemberian nomor bertujuan untuk memudahkan perusahaan saat mengarsipkan invoice ke laporan penjualan.

3. Tanggal

Saat membuat invoice, jangan sampai Anda lupa mencantumkan tanggal, ya! Tanggal merupakan komponen penting dalam invoice sebab menjadi penanda kapan tagihan dikeluarkan. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan tanggal maksimal pelunasan tagihan dan tanggal pembelian produk. Proses pengarsipan juga akan lebih mudah dilakukan jika invoice Anda memiliki tanggal yang jelas.

4. Identitas Konsumen

Unsur invoice berikutnya adalah rincian identitas konsumen. Cantumkan dengan jelas nama konsumen, alamat rinci, dan bila perlu no telepon konsumen dalam invoice Anda. Jika konsumen adalah perusahaan atau instansi, maka yang dicantumkan adalah identitas perusahaan tersebut. Rincian identitas akan membantu pelanggan mengecek kembali jika invoice memang ditujukan kepada mereka.

5. Identitas Penjual

Sama seperti identitas konsumen, tidak kalah penting juga untuk Anda mencantumkan identitas diri sebagai penjual. Tulis dengan jelas nama dan alamat pihak penerima pembayaran, sehingga pembeli bisa mengirimkan uang dengan benar dan mudah.

6. Rincian Pesanan

Inti dari invoice adalah rincian pesanan. Tuliskan pesanan pelanggan, baik barang ataupun jasa, secara rinci. Sebagai contoh, Anda bisa membuat rincian detail berupa nama produk atau jasa, harga per unit, jumlah pesanan, dan total pembayaran. Untuk mempermudah saat membaca isi invoice, Anda bisa memakai format tabel dengan kolom.

7. Tata Cara dan Ketentuan Pembayaran

Komponen terakhir dalam invoice adalah tata cara dan ketentuan pembayaran. Informasi ini penting agar tidak ada kesalahan komunikasi antar kedua pihak yang bertransaksi. Di bagian ini Anda bisa mencantumkan kapan batas akhir pelunasan tagihan dan metode pembayaran.

Sebagai contoh, semisal invoice Anda harus dibayar maksimal 20 hari setelah invoice dikeluarkan. Umumnya, perusahaan akan mencantumkan kode “Net 20” pada invoice. Sementara untuk metode pembayaran, jika dilakukan dengan sistem transfer maka Anda bisa mencantumkan alamat rekening yang dapat digunakan untuk pembayaran.

Setelah memahami komponen invoice, selanjutnya Anda harus mempelajari cara membuat invoice. Cara membuat invoice sesungguhnya tidak sulit. Anda bisa membuat invoice dengan 2 cara mudah yakni secara manual atau dengan bantuan aplikasi.

1. Membuat Invoice Manual

Banyak perusahaan masih menggunakan teknik manual sebagai cara membuat invoice. Cara manual dilakukan dengan memakai Microsoft Word atau Microsoft Power Point. Cara manual memungkinkan Anda untuk bebas berkreasi membuat template invoice sesuai dengan gaya khas perusahaan. Di sisi lain, teknik ini memiliki kekurangan yang cukup signifikan seperti susah dilacak dan bisa terjadi salah input data.

2. Membuat Invoice dengan Aplikasi

Kini sudah ada sejumlah aplikasi pembuatan invoice yang dinilai lebih praktis, mudah dan aman untuk pembuatan invoice. Pembuatan invoice dengan aplikasi dinilai lebih baik, khususnya jika perusahaan Anda harus membuat invoice yang banyak dan dalam waktu singkat.

Contoh aplikasi pembuatan invoice yang bisa Anda coba secara gratis adalah Selly. Aplikasi satu ini tersedia secara gratis di App Store dan Google Play. Selly bisa membantu Anda membuat invoice, melacak pelunasan, sekaligus merekap aktivitas penjualan.

Template Invoice Contoh untuk Perusahaan

Sebagai pelengkap pemahaman Anda, yuk simak invoice contoh berikut ini! Template invoice contoh ini bisa Anda pakai juga untuk kebutuhan invoice perusahaan.

INVOICE PT GROSIR JAYA ABADI
No. Invoice:

INV-06/2020/0005

Tanggal Invoice:

28 Juli 2020

Tanggal Pelunasan:

28 Aug 2020

 

Catatan:

* Pelunasan bisa dilakukan via transfer / cash kepada kurir

Nama Perusahaan:

PT. GROSIR JAYA ABADI

Alamat:

Jl. Sudirman No 13

Penerima:

Irwan Setiadi (Toko Roti Matahari; Jl. Raya Gatsu No 5)

RINCIAN PESANAN
No Item Jumlah Harga Per Item (kg) Total
1. Beras 15 50.000 750.000
2. Gandum 20 71.500 1.430.000
TOTAL= 2.180.000

Mengoptimalkan Penggunaan Proforma Invoice dan Invoice dalam Bisnis Anda

Menggunakan proforma invoice dan invoice dengan benar dapat memaksimalkan aliran kas dan hubungan dengan pelanggan. Berikut beberapa langkah untuk mengoptimalkan keduanya:

1. Komunikasi yang Jelas dengan Pelanggan:

Sebelum mengirim proforma invoice atau invoice, diskusikan terlebih dahulu dengan pelanggan mengenai semua detail transaksi. Ini akan mengurangi kemungkinan kesalahan dan ketidaksesuaian informasi pada faktur.

2. Penentuan Waktu yang Tepat:

Kirim proforma invoice tepat setelah kesepakatan dengan pelanggan, dan kirimkan invoice sesegera mungkin setelah pengiriman barang atau pemberian jasa. Hal ini memastikan bahwa pelanggan memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan pembayaran.

3. Pembaruan Sistem:

Pertimbangkan untuk menggunakan sistem manajemen invoice yang otomatis. Ini mempermudah pelacakan invoice yang belum dibayar dan memberikan notifikasi otomatis kepada pelanggan.

4. Pelatihan Staf:

Pastikan staf Anda memahami perbedaan antara proforma invoice dan invoice serta kapan harus menggunakan masing-masing. Pelatihan yang memadai akan mengurangi kemungkinan kesalahan dalam proses penagihan.

5. Konsistensi:

Gunakan format dan template yang konsisten untuk semua dokumen. Ini tidak hanya meningkatkan keprofesionalan tetapi juga memudahkan pelanggan dan staf Anda dalam memahami dan mengelola invoice.

6. Kebijakan Kredit yang Jelas:

Jika Anda menawarkan pembayaran kredit kepada pelanggan, pastikan untuk memiliki kebijakan kredit yang jelas dan diterapkan dengan konsisten. Informasikan pelanggan mengenai denda atau bunga jika pembayaran terlambat.

Menghadapi Tantangan dalam Penggunaan Proforma Invoice dan Invoice

Walaupun penggunaan proforma invoice dan invoice memiliki banyak manfaat, ada beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi:

  • Pembayaran yang Tertunda: Meskipun Anda telah mengirimkan invoice, ada kemungkinan beberapa pelanggan tertunda dalam melakukan pembayaran. Untuk itu, penting memiliki strategi penagihan yang efektif.
  • Kesalahan dalam Penagihan: Terkadang bisa terjadi kesalahan dalam penagihan, baik dari sisi jumlah, produk, maupun detail lainnya. Penting untuk selalu melakukan double-check sebelum mengirimkan invoice.
  • Pelanggan yang Meminta Perubahan: Mungkin ada pelanggan yang meminta perubahan pada pesanan setelah proforma invoice dikirim. Dalam hal ini, komunikasi yang baik dengan pelanggan sangat penting.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait invoice. Semoga artikel kali ini bermanfaat, ya!

Customer Retention adalah? Serta Tips Cara Mempertahankan Pelanggan

0
retention

Konsumen adalah sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan, sebab mendapatkan konsumen dapat dikatakan sebagai tujuan utama sebuah perusahaan. Oleh karena itu setiap perusahaan selalu mengupayakan berbagai hal agar mendapatkan konsumen baru. Tidak hanya itu, perusahaan juga melakukan berbagai cara dan menyusun banyak strategi agar konsumen sebelumnya melakukan pembelian ulang secara berkelanjutan.

Customer retention adalah salah satu cara yang dilakukan sebuah perusahaan untuk menarik konsumen agar kembali berbelanja di toko atau perusahaannya. Retention adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan dalam sebuah perusahaan, sayangnya banyak perusahaan yang hanya fokus untuk menarik pelanggan namun tidak memperhatikan bagaimana cara mempertahankan pelanggan mereka.

Nah, artikel kali ini kami akan membahas apa itu customer retention dan juga bagaimana tips untuk mempertahankan pelanggan. Jadi, terus ikuti artikel ini hingga akhir ya.

Baca juga : Promosi Adalah : Pengertian Para Ahli, Tujuan, dan Jenis

Customer Retention Adalah?

customer-retention

Pengertian customer retention adalah sebuah cara yang dilakukan untuk menarik pelanggan agar membeli kembali produk di sebuuh toko atau perusahaan. Customer retention ini fokus pada bagaimana cara untuk menghasilkan keuntungan lebih dari pelanggan yang sebelumnya sudah pernah berbelanja atau bertransaksi di toko maupun layanan jasa Anda miliki.

Pada umumnya strategi marketing fokus pada bagaimana mendapatkan lebih banyak konsumen baru. Sementara retention adalah strategi yang fokus pada bagaimana caranya membuat pelanggan sebelumnya agar mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Sayangnya sedikit sekali perusahaan yang menerapkan strategi ini. Padahal customer retention adalah penghasil pendapatan yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan cara driving sales. 25%-40% total pendapatan perusahaan yang telah stabil ternyata bersumber dari returning customer.

Selain itu, repeat customer juga mampu melipatgandakan pendapatan perusahaan hingga 3-7 kali lebih banyak daripada hanya dari one-time buyer. Selain itu, cara ini juga secara tidak langsung akan mengurangi biaya pemasaran dan iklan.

Namun kemudian mendapatkan konsumen tidaklah tidak penting untuk dilakukan. Akan tetap Anda harus menyadari bahwa yang jauh lebih penting adalah mempertahankan konsumen lama agar tetap menjadi pelanggan perusahaan Anda. Semakin tinggi customer retention pada perusahaan Anda, maka sudah pasti jumlah profit Anda juga akan semakin tinggi.

Bagaimana cara melakukan customer retention? Ada banyak cara yang dapat dipilih oleh perusahaan. Mulai dari email marketing, memanfaatkan sosial media hingga email automation. Berikut ulasannya.

Baca juga : Testimoni adalah : Inilah Cara Menjual Testimoni Pembeli yang Benar

Email Marketing

Email media komunikasi yang bersifat personal atau pribadi dan menjadi salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk terus terhubung dengan konsumennya. Bahkan menurut Whitepaper, 80% pelaku bisnis memanfaatkan email untuk melakukan customer retention.

Sosial Media

Sosial media memang menjadi solusi paling tepat untuk berinteraksi dengan pelanggan. Masih dari sumber yang sama, Whitepaper menemukan 44% pelaku bisnis mengemukakan bahwa sosial media dapat mendorong terjadinya customer retention.

Email Automation

Cara satu ini mampu memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan customer retention. Email automation bekerja dengan cara mengirimkan pesan yang lebih personal kepada konsumen. Dengan begitu maka konsumen yang mendapat informasi terkait produk secara rinci kemungkinan besar untuk kembali melakukan pembelian di perusahaan Anda.

Baca juga : 15 Contoh Service Excellence di Berbagai Usaha Kekinian

Tips Mempertahankan Pelanggan

customer-retention-2

Customer retention adalah sesuatu yang sangat menguntungkan ketika dijalankan oleh sebuah perusahaan. Bahkan, cukup dengan peningkatan sebesar 5% saja mampu menaikkan profit perusahaan Anda hingga 125%.

Ketika perusahaan Anda mulai fokus menerapkan cara ini maka Anda akan merasakan sendiri bagaimana strategi ini akan membawa dampak yang sangat baik bagi perusahaan Anda. Lalu bagaimana agar perusahaan dapat mempertahankan pelanggan? Berikut caranya:

Membangun Hubungan yang Kuat Dengan Konsumen

Apabila perusahaan Anda gagal dalam usaha membangun customer relationship yang kuat, setidaknya sebesar 20% dari mereka akan meninggalkan dan melupakan perusahaan Anda. Bahkan untuk beberapa industri persentasenya bisa lebih tinggi dari itu.

Hasil dari menerapkan customer retention adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat dalam sekejap. Artinya perlu waktu dan bertahap, sekecil apapun perubahan dalam retention dapat menghasilkan pengaruh yang cukup besar. Oleh karena itu, penting untuk mampu membangun komunikasi yang kuat dengan konsumen Anda. Berikan mereka layanan yang ramah dan memuaskan.

Data Konsumen Tidak Aktif

Memang hampir seluruh perusahaan menginvestasikan uang dan waktu untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Akibatnya, seringkali hal ini mereka lupakan ketika ada initial sale. Padahal seperti yang telah beberapa kali disebutkan, mempertahankan konsumen lama adalah cara termudah mengembangkan bisnis sebuah perusahaan.

Hal yang harus Anda lakukan untuk mulai melakukan customer retention adalah dengan melakukan pendataan berapa banyak jumlah konsumen Anda yang tidak lagi aktif, jarang membeli produk Anda, lalu lakukan upaya untuk memperbaiki customer relationship dengan para konsumen tersebut.

Tarik Kembali Konsumen yang Sudah Pergi

Jika Anda mampu melakukan pendekatan yang tepat, maka membawa dan menarik kembali konsumen lama yang sudah tidak aktif untuk kembali membangun hubungan dengan perusahaan tidaklah sulit, karena mereka akan senang hati menerima Anda.

Menarik kembali konsumen lama merupakan cara tercepat meningkatkan jumlah penjualan perusahaan Anda, karena konsumen lama sudah tentu pernah menggunakan produk yang Anda sediakan sebelumnya. Sehingga, pada dasarnya mereka memang memiliki ketertarikan pada produk yang Anda tawarkan. Langsung saja hubungi pelanggan tersebut, cari tahu apa yang membuat mereka tidak lagi membeli produk tersebut pada perusahaan Anda. Tunjukkan perhatian Anda dan rasa senang Anda apabila mereka kembali membeli pada Anda.

Berikan Layanan Terbaik

Meski terkesan sederhana dan sudah sering di bahas, namun memberikan layanan terbaik memang menjadi cara terbaik untuk mempertahankan konsumen Anda. Berikan mereka layanan terbaik dan luar biasa sehingga mereka tidak akan melupakannya.

Cara ini juga sekaligus akan mendatangkan Anda konsumen baru secara gratis. Sebab konsumen lama akan menjadi royal pada perusahaan dengan menceritakan dan merekomendasikan perusahaan Anda tanpa diminta kepada kerabat atau kenalannya. Oleh sebab itu penting untuk memberikan layanan terbaik dan komitmen untuk mempertahankannya. Ini akan menjadi investasi yang akan menguntungkan Anda.

Nah, sampai di sini pembahasan terkait customer retention sekaligus tips mempertahankan pelanggan khusus untuk Anda. Retention adalah cara terbaik untuk meningkatkan profit perusahaan Anda. Ingatlah bahwa mencari konsumen baru adalah hal yang penting, akan tetapi mempertahankan dan memelihara pelanggan lama jauh lebih penting dan urgent untuk dilakukan dan akan membawa keuntungan untuk masa mendatang.

Selain menghemat biaya untuk pemasaran dan iklan. Yang juga penting adalah bagaimana mempertahankan pelanggan Anda dengan empat cara di atas. Pelayanan terbaik menjadi kuncinya, karena dengan begitu pelanggan Anda akan tetap setia pada perusahaan Anda sekaligus memiliki kemungkinan besar mendatangkan pelanggan baru untuk Anda. Terima kasih telah membaca hingga akhir, sampai berjumpa di artikel berikutnya hanya di situs Markey. Semoga bermanfaat.

Bagaimanakah Cara Melacak Belanjaan Online yang Dikirim Melalui Go-Send? Yuk Ikuti Langkah Berikut!

0
tracking go send

Aplikasi ojek online yang diprakarsai oleh perusahaan Gojek semakin banyak diminati oleh para pelanggan, terutama dengan banyaknya fitur yang semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan berbagai aktivitas.

Ada salah satu layanan berupa Go Send yang menawarkan jasa pengiriman paket atau barang yang telah dibeli melalui E-Commerce ataupun barang kiriman pelanggan ke keluarganya. Dalam jasa pengiriman ini ada beberapa cara tracking Go Send yang akan dijelaskan pada artikel berikut.

Go Send

tracking-system-1

Go Send merupakan salah satu layanan besutan Gojek dimana Anda dapat melakukan penerimaan barang yang telah Anda beli melalui toko online ketika Anda membeli saat itu juga.

Layanan ini telah diaplikasikan ke berbagai marketplace mulai dari Shopee, Lazada, Tokopedia, Buka Lapak, Blibli, Elevenia, hingga Matahari Mall. Karena pengiriman yang termasuk berbeda dari jasa pengiriman yang lain, banyak pelanggan yang masih bingung bagaimana cara tracking Go Send dengan resi yang telah dimiliki.

Tokopedia menyediakan layanan instan delivery yang sama dengan Lazada, Elevenia, dan Matahari Mall, berbeda dengan Buka Lapak yang menyediakan layanan pengiriman same day delivery, yang sangat mempermudah dan memanjakan pembeli yang masih dalam satu kota yang sama dengan penjual. Layanan Go Send hanya menyediakan pengantaran dalam kota dengan ukuran barang kecil (maksimal 70 x 50 x 50).

Perbedaan Go Send dengan Pengiriman Lainnya

tracking-system

Layanan pengiriman Go Send ini termasuk dalam kategori baru, dengan jangkauan layanan yang sangat terbatas. Namun layanan ini sangat membantu pelanggan yang ingin barang yang telah mereka beli melalui online agar segera sampai ke rumah.

Pengiriman melalui Go Send berbeda dengan jasa pengiriman lainnya. Karena resi yang telah diterima tidak bisa tracking Go Send melalui website resmi. Sedangkan jasa pengiriman lainnya seperti TIKI, JNE, JNT dan lainnya dapat langsung mengecek resi yang telah diterima pada website resmi cek resi, jadi pembeli dapat dengan mudah mengetahui posisi barang dimana.

Cara Memesan Pengiriman Melalui Go Send

Sebelum Anda mempelajari cara tracking Go Send ada baiknya Anda juga belajar cara memesan pengiriman melalui Go Send. Berikut caranya

  1. Apabila Anda sudah memiliki Aplikasi Gojek, buka Aplikasinya dan pilih menu Go Send. Apabila Anda belum memiliki Aplikasi Gojek Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui Google Playstore ataupun App Store.
  2. Pastikan paket yang akan dikirim sudah dibungkus dengan rapi dan aman.
  3. Isilah detail pengiriman seperti alamat penerima, detail lokasi, dan nomor telepon penerima. Penting untuk diisi agar driver dapat menghubungi penerima untuk konfirmasi
  4. Isilah detail pengambilan paket seperti alamat pengambilan paket, nomor telepon pengirim, dan apabila ada patokan lokasi lebih bagus.
  5. Pilih layanan yang Anda inginkan. Terdapat dua layanan yang pertama Go Send instan di mana layanan ini menjadi prioritas karena urgent, pengiriman ini akan segera dikirim tanpa penundaan. Lalu ada layanan Go Send same day di mana layanan ini tidak akan segera dikirim atau terjadi penundaan sebentar, namun keduanya tetap dikirim dan sampai dalam satu hari.
  6. Terakhir Anda dapat langsung melakukan pembayaran, sebelum itu pastikan semua data yang Anda isi sudah benar, lalu pilih metode pembayaran dapat berupa tunai atau melalui Gopay.

Cara Tracking Go Send

Apabila Anda masih baru dalam penggunaan Go Send, setiap melakukan pengiriman melalui Go Send Anda akan diberikan resi yang berfungsi untuk tracking Go Send yaitu melacak posisi barang Anda sudah sampai di mana, resi ini tidak dapat dicek melalui website resmi cek resi akan tetapi melalui tiga cara berikut:

Melalui Aplikasi Gojek

Mengecek resi untuk tracking Go Send dapat melalui aplikasi gojek. Akan tetapi cara ini hanya dapat dilakukan apabila Anda membeli barang online tidak melalui beberapa e-commerce tertentu. Sehingga Anda akan jauh lebih mudah menemukan lokasi driver yang sedang mengantarkan pengiriman. Simak penjelasan cara tracking Go Send melalui aplikasi gojek tanpa layanan e-commerce.

  1. Pastikan aplikasi Gojek yang Anda miliki sudah terupgrade versi terbaru.
  2. Kemudian buka aplikasi Gojek.
  3. Lalu pilihlah menu Go Send yang terdapat di halaman utama.
  4. Isilah seluruh data penerima
  5. Lalu klik lanjutkan
  6. Isilah seluruh data pengirim
  7. Kemudian klik lanjut
  8. Pilih menu Go Send yang Anda inginkan
  9. Lalu pilih opsi pembayaran barang (melalui tunai atau gopay)
  10. Pastikan barang yang Anda beli sudah diterima oleh driver.
  11. Kembali ke halaman utama gojek
  12. Pilihlah menu pesanan yang ada dibagian bawah layar
  13. Di sana Anda akan dapat melihat lokasi driver Anda sudah berada di mana

Melalui Pesan Link

Apabila Anda berbelanja melalui situs e-commerce dan memilih jasa pengantaran dengan menggunakan Go Send Anda dapat langsung melacak lokasi barang Anda saat ini. Biasanya aplikasi e-commerce yang banyak dipakai adalah Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Berikut penjelasan cara tracking Go Send dengan menggunakan layanan e-commerce.

  1. Pastikanlah untuk pengiriman belanja online Anda melalui e-commerce dikirim dengan pilihan pengiriman Go Send.
  2. Tunggulah beberapa waktu hingga Gojek mengirimkan pesan ke nomor telepon Anda.
  3. Di dalam pesan tersebut terdapat informasi berupa barang Anda sudah di proses oleh driver Gojek beserta dengan link yang digunakan untuk melacak lokasi barang Anda.
  4. Kemudian untuk tracking Go Send Anda dapat klik link yang terdapat di pesan tersebut.
  5. Apabila link sudah dibuka di dalamnya akan terdapat informasi berupa nomor pesanan, alamat penerima, deskripsi, perkiraan barang tiba, waktu pengambilan, dan waktu ketika pemesanan barang.
  6. Di dalam link tersebut juga Anda dapat mengetahui informasi mengenai pesanan yang telah dikonfirmasi, driver yang sudah mengambil barang dan mengantarkan barang, pick up telah selesai, dan barang yang dikirimkan telah sampai dilokasi penerima.

Melalui Call Center Gojek

Cara ketiga untuk tracking Go Send adalah melalui layanan call center Gojek dengan menelpon mereka. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan. Berikut cara tracking Go Send melalui layanan call center Gojek :

  1. Buka menu panggilan yang ada di Smartphone Anda.
  2. Kemudian ketiklah nomor berikut (021) 50849000.
  3. Kemudian tekan tombol telepon.
  4. Tunggu beberapa saat sampai customer service merespon panggilan Anda.
  5. Apabila customer service sudah merespon panggilan Anda, Anda dapat langsung menanyakan status pengiriman Anda kepada customer service.
  6. Pastikan Anda mengetahui resi pengiriman barang Anda secara detail agar customer service Gojek dapat membantu Anda melacak lokasi pesanan.

Kesimpulan

Adanya layanan jasa pengiriman Go Send ini tentunya sangat membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas pengiriman barang sehingga pengiriman akan jauh lebih cepat sampai tanpa menunggu keesokan harinya.

Selain itu pengiriman melalui Go Send ini sangatlah aman sehingga Anda tidak perlu khawatir barang yang Anda pesan akan terjadi kerusakan atau kehilangan barang.

Go Send adalah layanan yang akan memberikan kemudahan dan membantu banyak orang untuk melakukan pengiriman secara cepat dengan membutuhkan waktu hanya beberapa jam saja. Namun sayangnya pengiriman dengan Go Send ini hanya dapat dilakukan dalam kota saja. Berikut penjelasan mengenai cara tracking Go Send semoga beberapa cara di atas dapat membantu.

[application-about]

Mengenal Lebih Jelas Tentang Node js | Fungsi, Kekurangan dan Kelebihannya

0
node js

Seperti yang diketahui JavaScript sebagai bahasa untuk menulis sekali dan berjalan di mana saja. JavaScript mulai naik dengan browser, di mana Node JS adalah bahasa yang menjadi bahasa standar untuk memanipulasi halaman web. Setelah itu, ia pindah ke sisi server dan memantapkan dirinya di server web.

Banyak perusahaan besar yang membangun aplikasi dengan memanfaatkan Node Js seperti LinkedIn, Uber, Walmart hingga NASA. Kenapa Node JS? Karena Node.js menggunakan metode eksekusi server dengan berbasiskan event, serta tidak menggunakan eksekusi multithread di PHP.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara detail apa itu Node JS, fungsi, kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Node.JS

node-js-1

Node JS adalah open source, platform Java Script menggunakan lingkungan runtime untuk mengembangkan aplikasi sisi server & aplikasi jaringan dengan sangat mudah. Dibangun pada mesin Java Script V8 Chrome, Node.js menggunakan model input input yang non-blocking dan dikendalikan oleh event, sehingga membuatnya efisien dan ringan. Npm, ekosistem paket Node JS dianggap sebagai salah satu perpustakaan open source terbesar di dunia.

Node JS adalah Open Source lingkungan runtime lintas platform untuk mengembangkan sisi server dan aplikasi jaringan. Aplikasi Node.js dibuat dalam JavaScript, dan dapat dijalankan dengan runtime Node.js di Microsoft Windows, OS X, dan Linux.

Node.js = Runtime Environment + JavaScript Library

Bagaimana Cara Kerjanya?

Inti dari teknologi ini adalah mesin server yang dapat disesuaikan menggunakan model input/output berbasis peristiwa yang tidak menghalangi. Membuat semacam terjemahan JS ke dalam bahasa mesin yang memberikan peningkatan kinerja dan kelincahan.

Sebagai hasilnya, Anda akan mendapatkan lingkungan run-time, di mana kode JS bergerak cepat ke arah server-ke-klien. Dengan Node JS, JavaScript meningkatkan kemampuannya dari hanya membangun situs web interaktif ke ruang lingkup kasus penggunaan yang lebih luas yang akan ditinjau nanti.

Jika Anda membuka kap Node JS, Anda akan menemukan ranah loop peristiwa. Teknik penyajian web tradisional menetapkan utas terpisah untuk setiap permintaan. Untuk selanjutnya, memori akses acak (RAM) mengalami beban yang sangat besar. Sedangkan untuk pengembangan web Node.js, model input/output non-blocking membutuhkan utas tunggal untuk mendukung beberapa permintaan bersamaan dalam loop-event tanpa menyumbat RAM.

Sederhananya, ketika data ada, itu hanya dikirimkan tanpa permintaan konstan. Semua tugas asinkronik diambil oleh event-loop, yang memastikan tingkat responsif yang tinggi dan kecepatannya.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Node.JS

node-js

Menurut survei terbaru yang dibuat oleh Node.js Foundation, aplikasi web adalah kasus penggunaan teratas dengan pangsa 85%. Mempertimbangkan semua kelebihan dan kekurangan lingkungan run-time JS ini, berikut daftar solusi langsung di mana Anda dapat memanfaatkan teknologi ini.

SPA kompleks

A Single Page APP (SPA) melibatkan alokasi seluruh aplikasi pada satu halaman, sedangkan UX mirip dengan aplikasi desktop. Jenis produk ini populer untuk membangun alat gambar/teks online, jejaring sosial atau solusi surat, dan banyak situs web serbaguna. Dalam hal ini, pengembangan aplikasi Node.js sangat cocok untuk membuat SPA karena aliran data yang tidak sinkron di backend.

RTA

Bagi mereka yang keluar dari langkah, RTA mengacu pada aplikasi real-time. Saya yakin sebagian besar dari Anda menggunakan jenis aplikasi ini setiap hari. Untuk beberapa nama, Google Doc/Spreadsheets, serta Slack, mewakili use case ini. Sebagai aturan, layanan kolaboratif, alat manajemen proyek, solusi konferensi video/audio dan RTA lainnya memerlukan operasi input/output yang berat.

Ruang Obrolan

Kasus penggunaan ini adalah RTA paling umum. Selain itu, sudah pasti sweet-spot ketika kita berbicara tentang implementasi Node.js. Jika Anda membidik produk jenis ini, Anda cenderung menetapkan persyaratan seperti kapasitas lalu lintas tinggi, ringan, serta aliran data yang intens.

Semua ini dapat dicapai secara penuh menggunakan Node.js yang dikombinasikan dengan beberapa kerangka kerja JS seperti Express.js di backend. Soket web yang telah disebutkan memainkan peran penting dalam menerima/meneruskan pesan dalam lingkungan ruang obrolan.

Game Browser

Ruang obrolan tidak banyak diminati secara independen kecuali untuk implementasinya sebagai komponen dalam game online. Pengembangan game Node.js adalah kasus penggunaan lain yang menarik.

Sebenarnya, kombinasi teknologi dengan HTML5 dan JS tooling (Socket.io, Express.js, dll.) Memungkinkan Anda untuk membuat game browser RT seperti Ancient Beast, PaintWar, shooting voxel, Anagrammatix dan banyak lainnya.

Aplikasi Streaming Data

Jenis produk lain tempat Node.js digunakan adalah aplikasi streaming. Titik penjualan teknologi adalah kemampuan untuk memproses data selama waktu pengunggahan.

Dengan menggunakannya, Anda dapat mentransmisikan bagian tertentu dari konten dan menjaga koneksi tetap terbuka untuk mengunduh komponen lain bila perlu. Dalam konteks itu, aplikasi streaming Node.js tidak hanya menangani data video dan audio. Formulir lain juga tersedia untuk input/output secara real time.

API REST

Antarmuka pemrograman aplikasi (API) berdasarkan transfer status representasional (REST) ​​memegang posisi mendasar dalam membangun arsitektur perangkat lunak perusahaan modern.

Alasannya adalah penggunaan yang luas dari protokol HTTP. Selain itu, API REST sedang diminati mengingat kecenderungan pola desain layanan mikro. Ekosistem Node.js menawarkan kerangka Express.js untuk membangun REST API yang ringan dan cepat.

Pemrograman Perangkat Keras

Pemrograman perangkat keras adalah jawaban lain untuk pertanyaan “Apa yang dilakukan Node.js?”

Robotika juga merupakan area yang menarik, yang sekarang terbuka untuk mereka yang memiliki pengetahuan dasar JavaScript. Dengan Node.js dan kerangka kerja yang sesuai (Johnny-Five, Cylon.js), Anda memiliki kesempatan untuk mempelajari robot pemrograman dan perangkat yang dikendalikan JS seperti NodeBots.

Kelebihan Dan Kekurangan Node.JS

 

Kelebihan dari Node.Js

Sumber Terbuka

Node js adalah lingkungan runtime open source, Jadi gratis untuk digunakan di bawah lisensi MIT. Node.js adalah cross-platform yang berjalan di windows, mac, Linux. Ada juga banyak modul open source yang didukung oleh Node.js.

Bahasa Java Script

Bahasa Javascript digunakan untuk mengkode dalam Node js untuk frontend dan backend. Sebagai pengembang, Anda tidak diharuskan mempelajari bahasa pemrograman sisi server baru untuk Node.js. Bahkan pengembang java pemula dapat menemukannya mudah untuk bekerja di platform simpul js.

Semua lapisan dari Front-End ke Back-End mendukung Format Data yang sama yaitu JSON (Java Script Object Notation). Ul Layer Angular JS Mendukung Format JSON, Server-Side Script yang ditulis dalam Express JS mendukung Format JSON dan MongoDB Back-end mendukung Format JSON yang sama.

Node.js Cepat

Node.js menggunakan mesin V8 yang dikembangkan oleh Google untuk chrome. V8 mengkompilasi JavaScript ke dalam kode mesin asli secara langsung yang mengarah pada kecepatan yang lebih cepat dan eksekusi kode yang efisien.

Asynchronous I/O

Node menggunakan pemrograman asinkron. Setiap operasi I/O bersifat non blocking, Anda dapat melakukan beberapa operasi sekaligus. Pengguna dapat dengan mudah mengirim banyak surat, operasi basis data, dan membaca file secara bersamaan.

Dukungan komunitas aktif

Komunitas Node.js adalah jaringan pengembang inklusif yang berkumpul untuk membahas, mempelajari, dan berkontribusi pada berbagai proyek. Komunitas ini juga aktif di GitHub.

Istirahat API

Platform Node.js mendukung pengembangan API Layanan Web RESTful dengan sangat mudah.

Modul Caching

Modul Node.js di-cache setelah dimasukkan ke dalam aplikasi untuk pertama kali. Beberapa panggilan untuk memuat modul mungkin tidak menyebabkan kode modul dieksekusi beberapa kali.

Kurang Masalah dengan Konkurensi

Node JS tidak mengikuti arsitektur Multi-Thread. Ini mengikuti Thread tunggal dengan Arsitektur Lingkaran Peristiwa. Ini melayani sejumlah permintaan tanpa masalah.

Node.JS tidak perlu menangani poooling permintaan ke set thread. Itu sebabnya ia memiliki lebih sedikit overhead untuk menangani beberapa permintaan secara bersamaan.

Streaming Data

Kita dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi data berbasis Streaming dengan menggunakan Node.js.

Kerugian Node.Js

Tidak efektif dengan aplikasi skala besar

Node.js tidak mendukung pemrograman multi-utas. Ini adalah alasan mengapa ia hanya disukai untuk aplikasi yang ringan (game online, chat). Jika Anda menggunakannya untuk aplikasi berat, pilihan Anda salah.

Tidak konsisten

Node.js API memiliki beberapa masalah konsistensi. Sebagian besar waktu API baru datang dengan banyak perubahan mundur, maka programmer diminta untuk membuat perubahan dalam kode untuk membuatnya kompatibel.

Tidak cocok untuk tugas-tugas intensif CPU

Perulangan Acara adalah fitur utama Node.js, dan mungkin ada terlalu banyak panggilan kembali yang berjalan dalam kode Anda. Jadi Node js juga tidak cocok untuk tugas-tugas intensif CPU, jika Anda melakukannya dapat memperlambat aplikasi Anda.

Kurang didukung ke database relasional

Sebagian besar database relasional berperilaku aneh saat bekerja dengan simpul JS. Jika masalah berlanjut, pengembang dapat menggunakan database No SQL (mongoDB) di Node.js. Dibutuhkan upaya ekstra untuk mempelajari basis data baru.

[application-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!