Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 88

Daftar Layanan Indonesia Payment Gateway Terbaik

0
indonesia payment gateway

Perkembangan era digitalisasi serta teknologi canggih memberikan dampak positif yang menjadikan hidup kita semakin mudah dalam berbagai aspek. Salah satu aspek kehidupan yang semakin maju dan praktis berkat teknologi adalah dunia bisnis. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya beragam marketplace atau e-commerce yang menjadi gaya hidup baru setiap orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Berkat adanya e-commerce, seseorang bisa berbelanja apa saja secara online. Kemudahan ini membuat siapapun tidak perlu untuk susah payah pergi mendatangi toko untuk berbelanja. Dengan koneksi internet dan smartphone saja, transaksi bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja.

Kemudahan berbelanja ini juga harus diikuti dengan perkembangan cara pembayaran yang mudah, praktis dan aman. Untuk itu, Indonesia sudah memulai mengembangkan sistem pembayaran digital khusus bernama “Indonesia Payment Gateway”. Aneka aplikasi Indonesia Payment Gateway memungkinkan masyarakat untuk membayar semua jenis tagihan dengan aman dan praktis.

Dampak kehadiran Indonesia Payment Gateway tergolong luar biasa di masyarakat. Setelah berbagai aplikasi digital payment ini lahir, para pengusaha maupun pembeli menjadi semakin leluasa dan nyaman bertransaksi secara online.

Anda pun tidak perlu cemas dalam menggunakan Indonesia Payment Gateway karena sistem transaksi online ini telah didukung oleh Bank Indonesia melalui Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Diluncurkan pada tahun 2017, sistem GPN melokalisasi seluruh transaksi yang dilakukan secara online di Indonesia, yang sebelumnya hanya dilakukan oleh Visa dan Mastercard.

Ingin tahu apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan bertransaksi memakai sistem Payment Gateway? Atau, Anda ingin tahu apa saja rekomendasi layanan jasa Payment Gateway Indonesia terbaik di tahun ini?

Anda beruntung karena kami sudah menyediakan pembahasannya secara lengkap dan mendetil di artikel ini! Yuk langsung saja kita simak sampai tuntas uraiannya, selamat membaca!

Mengenal Payment Gateway, Metode Pembayaran Digital Masa Kini

indonesia-payment-gateway-1

Dengan kata sederhana, “Payment Gateway” adalah sarana untuk menerima atau melakukan pembayaran. Sistem ini memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran dari pelanggan atau menuntaskan tagihan milik konsumen.

Payment Gateway juga merupakan perangkat lunak yang memungkinkan transfer data transaksi dari pedagang ke bank penerima. Seluruh proses pembayaran berisi pihak-pihak yang terlibat untuk memungkinkan transfer pembayaran: konsumen, toko (perusahaan) dan bank. Jadi, Payment Gateway bertindak sebagai media untuk mengirimkan permintaan tagihan dan proses pelunasan.

Tak berhenti sampai di sana, Payment Gateway bahkan memfasilitasi perlindungan transaksi pembeli dan penjual dengan menjadi mediator antara keduanya. Sistem digital pihak ketiga memungkinkan data-data transaksi terlindungi dengan lebih baik sekaligus mengecilkan kemungkinan penjual untuk melakukan aksi penipuan atau sebaliknya. Selain itu terdapat pula beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumen. Jadi, pelanggan bisa merasa lebih aman dan membayar dengan cara apa pun yang mereka inginkan.

Ada banyak contoh mekanisme pembayaran digital yang berlaku di Indonesia, seperti Kartu Kredit, Kartu Debit, Wallet, QR Code, UPI/Bhim, dan sebagainya. Dengan semua mekanisme Payment Gateway di atas, pelanggan dapat melakukan pembayaran online dari gadget mereka seperti komputer, laptop, smartphone, dan tak peduli mereka sedang berada di wilayah mana saja.

Kesimpulannya, payment gateway merupakan sebuah layanan aplikasi online yang disediakan oleh e-commerce yang dapat mengesahkan proses pembayaran dengan kartu kredit maupun pembayaran langsung untuk kliennya dalam sebuah aktivitas online bisnis.

Sistem Kerja dari Payment Gateway

Setelah memahami apa itu payment gateway, selanjutnya bagaimana cara kerja dari mekanisme transaksi digital satu ini? Payment gateway memproses pembayaran dari pelanggan ke merchant yang melibatkan banyak pihak backend di dalamnya sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih oleh pelanggan.

Alur kerja dari payment gateway secara rinci dapat dijabarkan seperti di bawah ini:

  1. Setelah pelanggan memilih produk/layanan di situs web, mereka melanjutkan ke keranjang dan memasukkan detail dasar yang diperlukan seperti Nama, Informasi Kontak, Alamat, dll untuk pengiriman.
  2. Setelah itu, mereka akan melanjutkan ke halaman checkout dengan mengklik ‘Bayar Sekarang’ (atau opsi atau tombol lain yang setara sesuai situs web) dan mengisi detail yang diperlukan di sana seperti Nama, ID Email dan Nomor Kontak dan ID Pesanan dibuat di payment gateway.
  3. Pelanggan memilih metode pembayaran. Halaman dialihkan ke server tersebut dengan cara yang diamankan oleh payment gateway. Dan permintaan pembayaran dikirim dengan cara yang aman ke tempat pembayaran pelanggan setelah payment gateway mendapat persetujuan pembayaran.
  4. Permintaan otorisasi dikirim ke bank pelanggan yang berarti akan memeriksa apakah ada saldo yang tersedia dan juga menunggu otorisasi untuk memotongnya.
  5. Setelah otorisasi diterima dari bank, jumlah yang sama dipotong dan ditransfer ke Gateway Pembayaran dan dalam periode waktu penyelesaian yang telah ditentukan ke rekening bank pedagang. Atau, bisa membayar di merchant yang sudah ditunjuk sebelumnya.

Sistem Keamanan Payment Gateway

payment-gateway-1

Yang paling penting dari sistem payment gateway adalah sarana yang memungkinkan pengiriman uang dengan cara yang aman dan terlindungi. Sebab, sebuah transaksi juga akan mencakup detail informasi rahasia yang bisa dicuri oleh oknum tak bertanggung jawab dalam kasus penipuan online.

Jadi bagi baik pedagang maupun pelanggan setia bisnis online, maka pastikan sistem pembayaran yang digunakan memiliki sistem keamanan canggih yang mampu men-cover informasi pembayaran sensitif serta dana yang terlibat dalam proses tersebut. Jangan sembarangan memilih layanan payment gateway.

Pun demi alasan keamanan di atas, maka Anda harus selektif dalam memilih layanan payment gateway terbaik. Saat menentukan sebuah layanan, pastikan sistem transaksi digital pilihan sudah mengikuti standar keamanan berikut:

  • Mengikuti standar keamanan PCI DSS, melindungi data pemegang kartu dari segala jenis kebocoran data informasi sensitif dan penipuan pembayaran online.
  • Memakai pendekatan Enkripsi AES 256. Sistem yang dilindungi dengan sistem enkripsi di atas sudah terbukti melindungi aneka data yang dikirim dan diterima. Sistem enkripsi sendiri adalah sebuah metode keamanan yang bisa mengubah pesan asli menjadi teks terenkripsi. Alhasil, isi pesan menjadi terlalu rumit untuk dipahami dan sulit bagi peretas untuk memecahkan kode-kodenya.

Pentingnya Memakai Indonesia Payment Gateway untuk Bisnis Modern Abad Ini

Indonesia Payment Gateway penting untuk digunakan dalam sistem transaksi saat ini, sebab memungkinkan kita menerima pembayaran online dengan beberapa opsi pembayaran yang praktis. Hal ini juga berarti memberikan keleluasaan baru terhadap pebisnis dalam mengelola usaha.

Ketika beralih ke sistem pembayaran digital, Anda dapat mengelola usaha sepraktis mungkin dengan memantau dasbor pedagang di app masing-masing saja. Pun segala sesuatu yang terkait dengan pembayaran akan diterima melalui dasbor tersebut. Jadi, Anda turut bisa menganalisis data, merencanakan dan mengimprovisasi bisnis dengan lebih baik.

Kemudian, jika terjadi permasalahan antara penjual dan pembeli yang berkaitan dengan sistem transaksi, maka Anda bisa menyelesaikan masalah di pusat penyelesaian sengketa atau support center yang tersedia langsung dalam app.

Payment Gateway adalah sarana untuk melakukan transfer pembayaran yang mudah, sangat aman, dari mana saja dan mampu menjangkau secara global pada jam berapa pun di sepanjang hari. Payment Gateway ini dapat diintegrasikan dengan situs web / aplikasi e-commerce Anda khususnya pada tombol checkout dan pembayaran produk.

Berkaitan dengan proses teknis tersebut, perusahaan gateway pembayaran sudah menyediakan Plugin, SDK, dan modul siap pakai yang membuat proses instalasi menjadi sangat mudah. Anda juga tidak perlu khawatir jika tidak memiliki website, sebab Anda tetap dapat memberikan pembayaran kepada pelanggan Anda melalui link pembayaran dan link master. Tautan tersebut bisa di salin/tempel pada tempat strategis di lapak Anda, atau dapat dikirim ke pelanggan melalui messenger, obrolan, media sosial, dan sebagainya.

Jadi sudah sangat jelas bahwa payment gateway adalah layanan transaksi terbaik untuk bisnis online di e-commerce ataupun toko fisik tradisional. Pun ada banyak sekali jenis payment gateway yang bisa Anda pakai, selengkapnya ada di pembahasan selanjutnya.

Rekomendasi Indonesia Payment Gateway Terbaik untuk Usaha

payment-gateway-2

Saat ini sudah tersedia banyak pilihan Indonesia payment gateway sebagai sarana transaksi digital. Berikut ini kami sudah siapkan sejumlah rekomendasi Indonesia payment gateway yang cocok untuk dipadukan dengan e-commerce maupun bisnis fisik tradisional:

1. DOKU

Pertama adalah DOKU yang dikenal sebagai salah satu marketplace pertama lokal milik Indonesia dan sudah beroperasi selama 12 tahun lamanya. Sampai hari ini, DOKU menyediakan banyak jenis pembayaran digital dan sudah berafiliasi dengan lebih dari 150 merchant di seluruh Indonesia.

DOKU menyediakan banyak metode pembayaran digital seperti transfer antar bank, e-wallet, mini market dan internet banking (m-banking). Untuk mulai menggunakan jasa DOKU, Anda hanya perlu mendownload aplikasi iOS dan android secara gratis di Apple App Store atau Google Play. Lebih canggihnya lagi, DOKU sudah dilengkapi dengan fitur transaksi valuta / mata uang asing, lho! Dengan begini, bisnis Anda bisa lebih mudah untuk go internasional.

2. FirstPay

Firstpay adalah layanan payment gateway yang memfasilitasi transaksi digital real time. Alhasil, pembayaran apapun dengan FirstPay dapat dilakukan dengan lancar, mudah, cepat dan pastinya aman. Anda tidak perlu meragukan kualitas dari FirstPay karena sistem pembayaran digital ini dibuat oleh PT. Indobest Artha Kreasi dan sudah terdaftar di OJK Indonesia.

Pun FirstPay sudah bekerjasama dengan banyak bank ternama di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI, dan sebagainya untuk memuluskan beragam transaksi Anda dan konsumen.

Tak semata-mata sistem bank saja, tahun ini FirstPay sudah menyediakan lebih banyak metode pembayaran lengkap seperti transfer VA (virtual account), e-money, e-wallet, internet banking, pembayaran gerai ritel modern, payment code, dan seterusnya. Sangat lengkap, bukan?

Kalau Anda tertarik untuk bekerjasama dengan FirstPay, maka Anda bisa mengunjungi website resmi mereka dan mendaftar menjadi merchant. Anda juga tidak akan dikenakan biaya tambahan seperti biaya pemeliharaan dan pemasangan layanan di kios.

3. iPay88

Jasa layanan payment gateway yang satu ini sangat populer di Asia, termasuk Indonesia. iPay88 adalah Indonesia Payment Gateway yang juga menyediakan aneka sistem pembayaran online praktis seperti kartu kredit, kartu debit, iBanking, e-wallet, QR Payment, transfer antar bank, serta penarikan uang di merchant.

Konsumen luar negeri juga bisa melakukan transaksi dengan iPay88 karena sistem pembayaran ini menerima pembayaran debit dan kredit berlogo khusus Visa dan Mastercard.

4. iPaymu

iPaymu juga tak mau ketinggalan dari daftar rekomendasi Indonesia Payment Gateway terbaik untuk bisnis. iPaymu adalah startup fintech yang sudah berdiri sejak 2021 sampai hari ini. Sekarang, aplikasi ini telah digunakan lebih dari 80 ribu merchant bisnis online se-Tanah Air dan menyediakan beragam metode pembayaran baik digital maupun tunai.

iPaymu memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi perbelanjaan online, transfer saldo, hingga memberi donasi ke yayasan amal dan menarik uang ke rekening bank. Untuk mempermudah transaksi, iPaymu menghadirkan fitur mobile payment QR Code.

Dengan QR Code, konsumen bisa membayar tagihan dengan semudah menscan barcode saja. Nantinya, uang yang dikirim akan langsung masuk ke rekening atau akun penjual. Sistem ini sengaja dibuat demi menekan kesan negatif belanja online yang rawan penipuan.

Selain sistem barcode, iPaymu juga menyediakan metode pembayaran aman lainnya via ATM, link prima, mastercard, m-banking, pos Indonesia, internet banking, pembayaran di gerai Alfamart dan Indomaret, dan setor tunai di bank nasional maupun internasional. Sangat canggih!

5. Midtrans

Berikutnya ada layanan digital payment Midtrans yang merupakan versi baru dari Veritrans Indonesia. Midtrans merupakan Indonesia Payment Gateway yang mengutamakan kemudahan sistem integrasi dan pengelolaan transaksi sebab semua data dan pengelolaan terhimpun dalam satu dashboard.

Kepraktisan ini memang sengaja dirancang karena Midtrans berfokus untuk membantu perkembangan bisnis online yang menjadi mitranya.

Dari segi keamanan, Midtrans menggunakan sistem proteksi anti-fraud, aegis, dan pattern detection system yang merupakan sistem proteksi tingkat tinggi. Dijamin sangat aman! Inilah kenapa Midtrans pun sukses menggaet lebih dari 3000 bisnis online dan UMKM online dari seluruh Indonesia sebagai merchant. Beberapa pembayaran online yang terkenal difasilitasi oleh Midtrans antara lain ShopeePay, BRIVA dan BCA VA.

Dibandingkan sistem Indonesia Payment Gateway lainnya, Midtrans juga menawarkan produk tambahan selain transfer online seperti sistem analisa data bisnis, live chat pendukung transaksi merchant, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk mencoba menjadi merchant Midtrans?

6. Finpay

Pernahkah Anda menggunakan jasa pembayaran digital QRIS? Tahukah Anda bahwa QRIS adalah produk terbaru dari jasa layanan transaksi digital Finpay?

Indonesia patut berbangga karena punya sistem Indonesia Payment Gateway milik anak negeri. Aplikasi tersebut bernama Finpay yang sudah dirilis sejak 2006 silam. Sangat lama, ya? Meskipun demikian, Finpay masih tetap eksis sampai hari ini dan sudah bermitra dengan lebih dari 90 bank, mempunyai 800 online merchant dan 100 ribu lebih offline merchant.

Finpay adalah sistem Indonesia Payment Gateway yang masih merupakan turunan dari PT. Telekomunikasi Indonesia. Finpay sangat cocok dan selalu menjadi rekomendasi terbaik untuk fasilitas pembayaran online bisnis online e-commerce dan startup. Berbeda dengan layanan payment gateway lainnya pun, Finpay juga bisa digunakan untuk melunasi tagihan internet, listrik, air, TV, hingga membeli tiket jasa parkir, KRL, transbus, e-toll dan lain-lain.

Finpay mempunyai banyak sekali produk pendukung pembayaran digital, mulai dari finpay link, finpay invoice, hingga yang terbaru dan terlaris di tahun ini adalah QRIS. Baik pedagang maupun konsumen pun bisa dengan leluasa memilih sendiri hendak menggunakan metode pembayaran yang mana.

7. Winpay

Terakhir adalah Winpay yang sudah beroperasi sejak 2018 dan dimiliki oleh PT Bimasakti Multi Sinergi. Winpay sudah mengantongi lisensi resmi dari Bank Indonesia, sehingga keamanannya pun sudah terjamin. Sampai tahun ini, sistem transaksi digital Winpay sudah bekerjasama dengan lebih dari 150 bank se-Indonesia demi memaksimalkan layanannya ke masyarakat.

Winpay juga menghadirkan banyak fitur canggih yang tak kalah lengkap dari layanan lainnya terkait sistem pembayaran online. Dengan Winpay, Anda bisa melakukan aneka jenis pembayaran seperti Visa, kartu kredit, internet banking, e-money, payment code, mastercard, gerai ritel modern indomaret/alfamart, virtual account, dan toko-toko atau merchant FastPay.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar Indonesia Payment Gateway, mulai dari manfaatnya untuk bisnis, alur kerja sistem pembayaran dan rekomendasi payment gateway terbaik untuk mendukung bisnis.

Semoga artikel edisi kali ini bisa menambah wawasan Anda, ya! Terima kasih sudah mengunjungi Markey, nantikan lebih banyak artikel menarik lainnya seputar dunia digital marketing. Sampai jumpa lagi.

Pengertian Apache | Lalu Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya

0
apache

Web server adalah salah satu materi bahasan yang tidak bisa dilewatkan dalam dunia komputer dan internet. Web server adalah software yang memberikan respon terhadap request yang dikirimkan user melalui browser.

Singkat kata, web server bertugas menghubungkan Anda selaku user dengan server website yang hendak dikunjungi. Otomatis, tanpa web server, maka aktivitas berjejaring internet juga tidak mungkin terjadi.

Ada banyak web server yang berkembang dan populer saat ini. Salah satu web server “legendaris” bernama Apache. Web server Apache adalah server terpopuler sekaligus terlama yang pernah diciptakan.

Ingin tahu lebih mendalam terkait Apache? Yuk simak artikel kali ini untuk mengupas tuntas perihal Apache: definisi, fungsi dan cara menggunakan, serta kelebihan dan kekurangannya dibandingkan web server lain!

Mengenal Web Server Apache: Definisi dan Cara Kerja

apache

Ada banyak jenis server yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan, seperti web server, file server, database server, atau bahkan mail server. Untuk menjalankan fungsi dan tugasnya, setiap jenis server memakai software server yang berbeda. Semisal contoh mail server adalah Sendmail; contoh file server adalah Drive; lalu Apache adalah contoh dari web server.

Apache HTTP Server atau Apache adalah nama web server yang paling populer sekaligus memiliki sejarah perjalanan terpanjang dibandingkan yang lain. Web server ini dirilis pertama kali oleh Apache Software Foundation di tahun 1995 dan masih tetap digunakan banyak orang sampai hari ini.

Awalnya, Apache adalah software yang diciptakan sebagai software web server open-source yang bisa disinkronisasikan dan kompatibel dengan banyak jenis sistem operasi komputer (Windows, Unix, dan lainnya).

Tujuan pengembangan Apache adalah menjadi sebuah web server yang bisa bekerja efisien, aman, sekaligus mudah dikembangkan. Tujuan tersebut kini telah tercapai. Sederhananya, Apache bekerja untuk menghubungkan server website dengan browser milik user (pengguna). Dengan kata lain, Apache adalah “jembatan” yang membantu Anda agar bisa mengunjungi beragam situs yang ada di dunia maya.

Semisal Anda ingin mengakses website WordPress melalui browser pada smartphone atau laptop. Ketika Anda mengetik alamat URL WordPress ke tab browser lalu menekan tombol enter atau “cari”, selanjutnya browser akan mengirimkan hal tersebut ke web server selaku “request” dari Anda.

Kemudian, web server akan memproses request dengan mencari data-data web WordPress. Begitu selesai, server mengirimkan HTTP response balik, lalu menampilkan halaman website di browser sebagai bentuk respon atas request sebelumnya.

Apache memiliki beberapa modul yang mendukung pengoptimalan kinerjanya, seperti mod_ssl yang mendukung koneksi TLS dan SSL, dan MPM untuk tugas mode multi-processing. Sedangkan fitur-fitur yang dapat Anda jumpai di Apache adalah SSL, FTP, WebDAV, .htaccess, PHP, Perl, dan masih banyak lagi.

Menggunakan Apache sebagai web server pilihan bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih, Apache telah digunakan oleh banyak perusahaan ternama seperti LinkedIn, Facebook, Adobe, Salesforce, eBay, Cisco dan lainnya. Bahkan ada banyak penyedia jasa panel control, terkhusus cPanel, yang menjatuhkan pilihan web server pada Apache.

Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan Apache sehingga ia layak untuk digunakan sebagai web server pilihan? Daripada penasaran, yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya!

Kelebihan dan Kekurangan Apache

web-server

Setiap web server memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk Apache. Kelebihan Apache yang wajib Anda ketahui sebelum menggunakannya sebagai web server pilihan antara lain:

  1. Bersifat lintas platform serta mendukung sistem WordPress.
  2. Bersifat open source atau berlisensi gratis.
  3. Mudah untuk dikonfigurasi.
  4. Software bersifat lebih stabil dan patch security yang sering diupdate.
  5. Mempunyai dokumentasi lengkap serta komunitas besar.

Sementara kekurangan dari Apache adalah:

  1. Performa website bisa terganggu dalam kondisi trafik tinggi ke sebuah website.
  2. Masih ada sejumlah konfigurasi yang belum dioptimalkan, sehingga berdampak pada keamanan yang agak rentan.

Membandingkan Apache dan Web Server Lain, Siapa Juaranya?

Setiap web server memiliki tantangan untuk mengelola beragam jenis request dalam jumlah banyak dan di waktu yang bisa bersamaan. Sebuah web server juga harus mampu memproses beragam file dan laman dalam berbagai bahasa pemrograman. Untuk itu, setiap web server saling berlomba-lomba menghadirkan fitur-fitur unggulan agar bisa bekerja sebaik mungkin.

Selain Apache, ada dua web server lain yang populer digunakan, seperti Nginx dan LiteSpeed Web. Seperti apa kinerja dari Nginx dan LiteSpeed Web jika dibandingkan dengan Apache? Berikut ini kami berikan ulasan lengkap perbandingan antara Apache, Nginx dan LiteSpeed Web. Ulasan berikut dapat Anda gunakan sebagai dasar pertimbangan untuk memilih server web pilihan.

1) Apache dan Nginx

Web server pertama yang dibandingkan dengan Apache adalah Nginx. Nginx dirilis pada tahun 2004, beberapa tahun setelah Apache. Hingga hari ini, Nginx masih menjadi server web populer dan disukai banyak user karena bisa memproses ribuan request dalam satu waktu tanpa hambatan.

Beberapa perbandingan Nginx dengan Apache adalah:

Nginx Memiliki Skalabilitas yang Lebih Baik

Dari segi performa, Nginx mampu bekerja dengan lebih baik sekaligus efisien. Nginx mampu memproses semua request yang masuk menggunakan single thread dan model event-driven. Cara ini dinilai jauh lebih efisien ketimbang Apache yang memproses request dengan beberapa thread. Alhasil, kinerja ini pun menciptakan skalabilitas yang jauh lebih baik.

Nginx Lebih Kuat Memproses Trafik Tinggi

Salah satu kelemahan Apache adalah tidak mampu memproses trafik tinggi dalam satu waktu. Namun, Nginx bisa. Perbedaan ini terletak kembali pada sistem thread yang dijelaskan pada poin sebelumnya. Web Server Apache menjadi “kewalahan” untuk memproses trafik tinggi, karena untuk memproses satu request saja server ini membutuhkan sejumlah thread. Akan tetapi Nginx tidak demikian karena pemrosesan requestnya yang lebih sederhana dalam single thread saja.

Apache Lebih Mudah Dikelola

Mayoritas pengguna awam pasti akan memilih untuk memakai Apache ketimbang Nginx. Hal ini dikarenakan Apache jauh lebih mudah dikonfigurasi serta dikelola. Tak hanya sampai di situ pun, Apache turut menyediakan beragam modul tambahan untuk mendukung pengoperasian.

2 Apache dan LiteSpeed Web

LiteSpeed Web merupakan web server yang tergolong baru namun sudah sangat populer di masyarakat. Nama LiteSpeed melejit karena web server yang satu ini mampu mengungguli Apache di beberapa aspek:

Keamanan LiteSpeed Terjamin

Dibandingkan Apache yang rentan terkena crash, LiteSpeed masih mampu memanajemen ancaman crash dengan lebih baik. Meski demikian, kinerja pemrosesan Distributed Denial-of-Service (DDos) Apache dan LiteSpeed masih serupa.

LiteSpeed Bekerja Lebih Baik

LiteSpeed bisa bekerja hingga 6x lebih cepat dibanding Apache. Selain itu, LiteSpeed juga memiliki nilai kualitas performa 50% lebih baik dari Apache. Lebih jauh lagi, LiteSpeed bisa menangangi trafik tinggi dengan sangat baik seperti halnya Nginx. Performa Magneto dan PHP pun berlangsung dengan lebih optimal di LiteSpeed ketimbang Apache.

Bagaimana? Apakah Anda sudah bisa menilai web server mana yang terbaik antara Apache, Nginx dan LiteSpeed web? Perbandingan di atas tidak dimaksudkan untuk mengunggulkan salah satu jenis web server, melainkan hanya menjadi referensi terkait kualitas masing-masing web server. Kembali lagi, Anda bebas menggunakan web server manapun yang sesuai dengan kebutuhan.

Itulah pembahasan kali ini terkait Web Server Apache. Menarik sekali bukan? Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan Anda terkait Web Server Apache, ya! Sampai jumpa di artikel informatif lainnya seputar dunia teknologi internet dari kami.

[application-about]

Shopeepay Adalah : Berbagai Keuntungan dan Kelebihannya

0
shopeepay adalah

Halo pembaca setiap blog Markey, semoga bahagia hari ini. Belakangan ini belanja online menjadi kegiatan menyenangkan yang dilakukan oleh banyak orang. Mungkin Anda salah satunya. Adanya sistem belanja online ini memang memudahkan kita dalam melakukan kegiatan jual beli.

Saat ini orang tidak harus keluar rumah dan bertemu penjual untuk dapat memiliki suatu barang, sebab sambil rebahan di rumahpun Anda sudah bisa berbelanja berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pakaian, tas, sepatu, hingga berbagai barang elektrok maupun kebutuhan olahraga. Kehadiran cara baru dalam berbelanja ini didukung dengan banyaknya marketplace yang bermunculan. Mulai dari Lazada, Tokopedia, Akulaku, Shopee dan banyak masih banyak lainnya, mana nih favorit Anda?

Jika Anda adalah pengguna setia Shopee, tentunya Anda sudah tidak asing dengan sistem pembayaran marketplace satu ini. Yup, shopeepay adalah salah satu sistem pembayaran yang tersedia di antara pilihan pembayaran Shoope lainnya. Shopeepay adalah bahasan artikel kali ini.

Kami akan menjelaskan kelebihan metode pembayaran Shopee ini. Jadi, untuk Anda para pengguna Shopee atau yang tertarik menggunakannya simak artikel ini hingga akhir ya.

Shopeepay Adalah?

shopee-pay

Shopeepay adalah salah satu cara pembayaran di marketplace Shopee dengan cara menggunakan uang virtual yang disediakan oleh Shopee, akan tetapi agar dapat menggunakannya pembeli atau pengguna harus melakukan pengisian saldo terlebih dahulu.

Dapat dikatakan juga Shopeepay adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran online di Shopee, offline merchat Shopeepay, serta dapat juga dimanfaatkan untuk menampung pengembalian dana. Beberapa fitur yang terdapat dalam Shopeepay adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan Top Up, jumlah top up untuk akun yang belum terverifikasi adalah maksimal Rp2.000.000.00 sementara itu bagi akun yang telah terverifikasi mencapai hingga Rp10.00.000.00
  2. Melakukan pembayaran untuk berbagai transaksi online yang Anda lakukan di Shopee
  3. Melakukan pembayaran untuk transaksi offline yang Anda lakukan di berbagai merchant Shopee
  4. Anda juga dapat mentransfer saldo Shopeepay Anda ke teman Anda atau penggguna lainnya.
  5. Anda juga dapat melakukan penarikan saldo atau dana dari Shopeepay dengan catatan Anda telah melakukan verifikasi identitas Anda.

Kenapa Harus Menggunakan Shopeepay?

shopee-1

Apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan Shopeepay? Atau malah tidak sama sekali? Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan fitur dari Shopee ini, ada baiknya Anda memahai apa saja manfaat, kelebihan, serta keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan fitur ini. Berikut rangkumannya khusus untuk Anda.

1. Belanja Jauh Lebih Mudah

Keuntungan pertama yang akan Anda rasakan setelah menggunakan Shopeepay adalah kemudahan dalam berbelanja online di Shoope. Dengan fitur ini, belanja online yang memang sudah memudahkan Anda menjadi jauh lebih mudah lagi. Jika sebelumnya setelah selesai memilih barang belanjaan Anda harus mentransfer bank atau melalui alfamart sebagai metode pembayaran yang Anda pilih, dengan Shopeepay Anda tidak perlu repot lagi melakukannya. Sebab pembayaran juga dapat Anda lakukan melalui aplikasi Shopee.

Ketika memilih metode pembayaran pada saat check out Anda hanya perlu memilih Shopeepay. Maka belanjaan Anda akan langsung diproses oleh penjual. Tentunya barang Anda akan sampai lebih cepat. Hanya saja, Anda harus memastikan saldo Shopeepay Anda mencukupi untuk membayar belanjaan Anda, ya.

2. Kemungkinan Mendapat Gratis Ongkir

Salah satu yang menjadi daya tarik Shopee yang membuat banyak orang berbelanja menggunakan marketplace satu ini adalah adanya promo gratis ongkir atau ongkos kirim. Bahkan ini menjadi salah satu ciri khas Shopee.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena promo yang terbatas jika sudah menggunakan fitur Shoopepay. Sebab salah satu kelebihan Shopeepay adalah dapat Anda gunakan untuk menambah voucher gratis ongkos kirim Anda di Shopee. Untuk mendapatkan voucher tersebut Anda cukup melakukan klaim voucher di fitur Cashback & Voucher. Selanjutnya klaim voucher gratis ongkos kirim Anda Shopeepay Anda. Tidak sulit bukan?

3. Anda akan Mendapat Lebih Banyak Promo

Shopee memang selalu memanjakan penggunanya dengan berbagai promo menarik yang sangat sulit untuk dilewatkan. Jika Anda adalah pemburu promo, maka Anda wajib menggunakan fitur Shopeepay. Karena kelebihan lain yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Shopeepay adalah Anda akan mendapatkan semakin banyak promo menarik dari Shopee yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satu promo yang akan banyak Anda dapatkan ialah berupa cashback.

Cashback yang diberikanpun sangat bervariasi dan memang hanya dapat Anda dapatkan jika menggunakan transaksi pembayaran dengan Shopeepay. Cashback yang Anda dapatkan nantinya akan dikembalikan dan menambah saldo Shopeepay Anda. Dengan begitu tentunya Anda dapat membeli lebih banyak barang lainnya. Keuntungan ini juga tentunya lebih menghemat pengeluaran Anda, karena tak jarang Shopee memberikan cashback hingga di atas 70%. Wah, ini sih tidak boleh Anda lewatkan.

4. Dapat Anda Gunakan Disaat Mendesak

Kelebihan terakhir yang akan Anda rasakan jika menggunakan fitur Shopeepay adalah dapat Anda gunakan disaat Anda memiliki kebutuhan mendesak yang harus segera Anda penuhi. Maksudnya, dengan menggunakan Shopeepay Anda dapat melakukan transaksi kapanpun di manapun dengan cepat.

Contohnya ketika Anda butuh pulsa atau paket kuota untuk ponsel akan segera habis yang membuat Anda harus secepat mungkin mengisi kembali sementara Anda tidak dapat keluar atau tidak ada konter atau tempat membeli pulsa di dekat Anda berada. Namun karena Anda telah menggunakan Shopeepay maka Anda dapat mengisi ulang pulsa atau paket kuota dengan mudah dan cepat di Shopee.

Begitu juga dengan jika Anda harus mengisi token listrik ketika listrik di rumah Anda tiba-tiba mati, Anda dapat langsung mengisinya. Tidak perlu lagi untuk mentrasfernya ke bank atau minimarket. Jadi, Shopeepay akan memberikan Anda kemudahan untuk melakukan transaksi di waktu-waktu krisis Anda.

Kekurangan Shopeepay

Apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan Shopeepay saat ini? Sebelum menjawabnya, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa kekurangan Shopeepay agar Anda tidak membuat keputusan yang salah. Kelemahan pertama Shopeepay adalah Anda belum bisa melakukan top up di Alfamart maupun Indomaret. Saat ini Shopeepay dapat Anda to up dengan rekening tabungan, padahal tidak semua orang memiliki rekening tabungan.

Kedua, dengan menggunakan Shopeepay Anda hanya dapat menggunakannya untuk transaksi di Shopee saja. Artinya transaksi selain di Shopee tidak dapat diproses dengan menggunakan Shopeepay. Padahal Anda saja Shopeepay dapat digunakan untuk berbagai transaksi tentunya akan lebih menyenangkan dan praktis untuk pembayaran Anda.

Kekurangan terkahir Shopeepay adalah ketika Anda ingin mencairkan saldo Shopeepay Anda ke rekening memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika memang saldo Shopeepay Anda tidak terpakai dan Anda ingin menyimpan uang Anda di tabungan.

Sampai di sini penjelasan terkait Shopeepay kali ini. Shopeepay adalah opsi yang sangat bagus bagi Anda jika memang Anda adalah pengguna setia Shopee dan jarang menggunakan jasa marketplace lainnya. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan tentunya menjadi pertimbangan yang cukup menggiurkan bagi Anda pengguna Shopee, terutama bagi Anda yang memang lebih sering berbelanja online.

Namun jangan lupa untuk memperhatikan dan menjadikan kekurangan Shopeepay sebagai pertimbangan Anda. Dengan begitu Anda tidak menyesal di akhir. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel berikutnya hanya di Markey. Semoga membantu!

B2B Marketing : Kupas Tuntas Perbedaanya dengan B2C dan C2C

0
b2b adalah, b2b marketing, b2b marketing adalah

Tak sedikit pelajar menemukan hambatan saat mempelajari ilmu marketing dikarenakan banyaknya istilah yang dirasa sulit. Beberapa istilah tersebut di antaranya adalah istilah B2C, C2C dan B2B marketing. Padahal, dengan memahami istilah-istilah akan sangat membantu Anda memanajemen bisnis dengan lebih baik dibandingkan orang lain.

Apa itu istilah B2C, C2C dan B2B marketing? Apa perbedaan ketiganya? Artikel kali ini akan memberikan pemahaman lengkap dan mudah terkait B2B, B2C dan C2C. Selamat belajar!

B2B Marketing Adalah?

b2b adalah, b2b marketing, b2b marketing adalah

B2B marketing adalah istilah yang sering kita temui dalam ilmu manajemen. B2B adalah singkatan dari Business to Business yang berarti suatu sistem marketing yang terjadi antar perusahaan.

Ciri khas dari B2B terletak pada konsumennya. Berbeda dengan penjualan dari perusahaan ke masyarakat biasa, jenis konsumen B2B marketing adalah perusahaan lain. Jadi, bisnis berlangsung antar sesama perusahaan. Gampangnya, konsep sistem B2B adalah:

Perusahaan A menawarkan produk atau jasa yang berguna untuk mendongkrak pelayanan perusahaan lain. Perusahaan B tertarik menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Hasilnya, transaksi perdagangan terjadi antara perusahaan A dan B.

Contoh Perusahaan B2B di Indonesia

B2B adalah istilah yang populer di era perdagangan online. Ada banyak contoh B2B marketplace Indonesia ternama, seperti:

Mbiz

Mbiz adalah B2B marketplace Indonesia yang muncul pertama kali pada tahun 2016. Mbiz adalah salah satu platform yang membawahi B2C dari Matahari Mall dan memiliki beragam kategori produk seperti alat percetakan, makanan, peralatan telekomunikasi, dan lain-lain.

Infotrading.com

Infotrading.com adalah B2B marketplace Indonesia yang berorientasi pada pelayanan jasa terhadap UMKM di tanah air. Marketplace satu ini menawarkan layanan yang berkaitan dengan ranah IT seperti website, SEO, SEM, Google Adwords, dan lain-lain.

Indonesiaproduct.com

Contoh B2B marketplace Indonesia ketiga adalah Indonesiaproduct.com. Marketplace yang berdiri di bawah naungan PT Indonesia Product Global ini berorientasi pada promosi UKM dan UMKM lokal ke pasar internasional.

Sedangkan bentuk-bentuk produk atau jasa yang diperdagangkan dalam marketplace B2B adalah layanan konsultasi dari profesional ke perusahaan umum; jasa layanan IT seperti website dan aplikasi; atau penjualan bahan baku.

Perbedaan B2B dengan B2C dan C2C

b2b adalah, b2b marketing, b2b marketing adalah

Selain B2B marketing, ada pula istilah sistem marketing lain yakni B2C dan C2C. Setelah memahami tentang B2B Indonesia, kini waktunya berkenalan dengan B2C dan C2C.

B2C adalah singkatan dari Business to Consumer. Penjualan B2C terjadi dari perusahaan ke konsumen. Beberapa contoh B2C di masyarakat seperti usaha toko kelontong, restoran, laundry, salon, dan lainnya.

Sementara C2C adalah kependekan dari Customer to Customer. Sesuai namanya, perdagangan C2C terjadi antara sesama konsumen. Jadi, individu A bisa membeli barang lalu menjualnya kembali kepada individu B. Sistem ini dapat dijumpai pada e-commerce kekinian seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, dan lainnya.

Perbedaan utama B2B Indonesia dengan B2C dan C2C terletak pada target konsumen. Selain itu, masih terdapat beberapa perbedaan di antara ketiga tipe marketing ini yakni

Relasi dengan Konsumen

Perbedaan pertama strategi marketing B2C dan C2C dengan B2B adalah relasi atau hubungan yang mereka jalin dengan konsumen. Umumnya, konsumen bisnis B2B Indonesia memiliki relasi jangka panjang dengan perusahaan penyedia layanan yang mereka gunakan.

Perbedaan ini terjadi dikarenakan proses penyelesaian dari sebuah masalah atau kebutuhan yang bisa memakan waktu yang panjang serta rumit. Selain itu, mayoritas klien bisnis B2B marketing bersifat langganan. Konsumen yang puas dengan pelayanan perusahaan memiliki kemungkinan besar bertahan menjadi pelanggan tetap.

Berbeda halnya dengan B2C dan C2C. Hubungan yang terjadi pada kedua istilah tersebut umumnya bersifat lebih pendek karena sama-sama berhubungan dengan konsumen secara langsung. Di sini, transaksi dan kesepakatan yang terjadi tidak bersifat rumit dan cepat.

Ditambah pula, konsumen mudah untuk berpaling ke toko lainnya karena ada banyak tipe produk, diskon dan promo yang berseliweran di pasaran. Meski demikian, konsumen yang puas masih berkemungkinan besar menjadi pelanggan tetap.

Prospek Pasar

Perbedaan kedua yakni prospek pasar yang begitu mencolok antara B2B, B2C dan C2C. Perbedaan ini difaktori oleh tipe konsumen target. B2B marketing memiliki prospek pasar yang lebih kecil dan sempit mengingat mereka menyasar kelompok perusahaan dengan kebutuhan tertentu. Di lain sisi, prospek pasar B2B adalah yang paling spesifik dan efektif sebab bersifat tepat sasaran.

Sementara B2C dan C2C memiliki potensi pasar yang besar dan luas. Sistem B2C dan C2C bisa menawarkan apa saja kepada sebanyak mungkin individu yang tinggal di suatu negara atau bahkan dunia. Pasar yang besar pun otomatis akan menghasilkan hasil yang besar.

Jumlah dan Harga Penjualan

Perbedaan ketiga terletak pada jumlah dan harga komoditi yang dijual. Di sistem B2B marketing, harga produk yang ditawarkan umumnya bernilai sangat tinggi per unitnya. Oleh sebab itu, jumlah penjualan B2B biasanya terjadi dalam skala kecil. Namun masih tetap terdapat kemungkinan untuk sebuah marketplace B2B menjual produk atau jasanya dalam skala besar.

Di lain sisi, B2B dan C2C cenderung menjual produk berharga murah dengan target bisa laku terjual sebanyak-banyaknya. Semakin besar skala penjualan yang terjadi, maka keuntungan yang didapat akan semakin banyak; berbeda dengan sistem B2B yang dalam sekali penjualan bisa langsung meraup puluhan atau ratusan juta.

Persaingan

Persaingan dalam sistem B2B marketing terjadi dalam bentuk peningkatan kualitas, reputasi, portofolio, serta koneksi yang dimiliki untuk menggaet konsumen. Reputasi yang baik dan dikenal oleh khalayak ramai akan mendatangkan konsumen dengan sendirinya. Alhasil, perusahaan Anda bisa bertahan di tengah badai persaingan.

Sementara B2C dan C2C melakukan persaingan dengan cara berlomba-lomba menawarkan produk yang menarik plus aneka diskon. Persaingan yang dilakukan antar marketplace B2C dan C2C jauh lebih beragam seperti membuat beragam promo harga miring, menggunakan brand ambassador, hingga meluncurkan produk baru yang inovatif. dengan cara inilah marketplace B2C dan C2C bisa mendapat pasar.

Motivasi dan Pembuatan Keputusan

Perbedaan terakhir antara sistem B2B, B2C dan C2C terletak pada motivasi dan pembuatan keputusan dari konsumen. Konsumen sistem B2B tidak berbelanja semata-mata karena faktor emosional, melainkan terdapat banyak pertimbangan logis dan matang di dalamnya seperti keinginan investasi, memaksimalkan keuntungan perusahaan, dan efisiensi pekerjaan.

Alhasil dalam proses pembuatan keputusannya, konsumen B2B marketing sering meminta pertimbangan dari banyak pihak seperti manajer, direktur, badan legal, dan tim marketing. Maka dari itu, proses pembuatan keputusan hingga transaksi dari seorang klien B2B cenderung berlangsung dalam waktu lama.

Sedangkan konsumen B2C dan C2C memiliki motif yang lebih sederhana dan proses pembuatan keputusan belanja yang cenderung lebih cepat. Konsumen B2C dan C2C mempunyai banyak motif saat berbelanja seperti melepas stress, memanfaatkan promo, mencoba produk baru, atau menyukai barang-barang yang dilihatnya. Pada dasarnya, semua motif belanja konsumen B2C dan C2C dilandasi oleh faktor emosional.

Maka dari itu, pembelian yang dilakukan konsumen B2C dan C2C hanya melibatkan keputusan individu saja. Sehingga, proses persetujuan pembelian dan prosesnya berlangsung dalam jangka waktu lebih cepat dibandingkan sistem B2B.

Perbedaan-perbedaan di atas tak semata-mata menjadikan satu tipe marketing lebih baik dibandingkan yang lain. Perbedaan-perbedaan di atas hanyalah menunjukkan karakteristik yang berbeda untuk mencapai tujuan masing-masing pengusaha. Anda masih bebas memilih mau menerapkan sistem marketing B2B, B2C ataupun C2C bergantung pada tujuan berbisnis dan kemampuan sumber daya yang dimiliki.

Strategi Pemasaran B2B, B2C dan C2C

Agar sukses dalam dunia bisnis, setiap pengusaha harus memahami berbagai strategi pemasaran yang sesuai dengan tipe marketing yang diterapkan, apakah itu B2B, B2C, atau C2C.

Strategi Pemasaran B2B

  • Kualitas dan Reputasi: Sebagaimana telah disebutkan, reputasi memainkan peranan penting dalam B2B marketing. Maka, perusahaan harus fokus pada pembangunan brand yang kuat, dengan menekankan pada kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Relasi Jangka Panjang: Perusahaan harus membangun hubungan yang erat dan berkesinambungan dengan pelanggannya, memberikan dukungan penuh, dan solusi atas setiap permasalahan yang mungkin muncul.
  • Penawaran Terukur: Dalam B2B marketing, harga dan penawaran harus kompetitif dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

Strategi Pemasaran B2C

  • Promosi dan Diskon: Mengingat kompetisi yang tinggi dalam B2C, perusahaan harus terus menerus menawarkan promosi dan diskon menarik untuk menarik konsumen.
  • Kemudahan Transaksi: Dengan perkembangan teknologi, konsumen kini menginginkan proses pembelian yang mudah dan cepat. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa platform mereka user-friendly.
  • Feedback dan Ulasan: Dalam dunia B2C, ulasan konsumen sangat berpengaruh. Maka dari itu, perusahaan harus memastikan pelayanan yang prima agar mendapatkan feedback positif.

Strategi Pemasaran C2C

  • Platform Aman dan Terpercaya: Kepercayaan menjadi kunci dalam C2C. Platform harus menjamin keamanan transaksi bagi kedua belah pihak.
  • Komunikasi yang Efektif: Mengingat C2C melibatkan dua konsumen, platform harus memfasilitasi komunikasi yang mudah dan efisien di antara mereka.
  • Fee Kompetitif: Biaya atau fee transaksi harus kompetitif agar menarik lebih banyak pengguna.

Memahami perbedaan dan strategi pemasaran B2B, B2C, dan C2C tentunya akan memudahkan pengusaha dalam merancang rencana bisnis yang tepat. Dengan demikian, Anda tidak hanya memahami target pasar tetapi juga cara efektif untuk menjangkaunya.

Manfaat Memahami Tipe Pemasaran: B2B, B2C, dan C2C

Memahami tipe-tipe pemasaran tidak hanya penting untuk mengetahui cara kerjanya saja, tetapi juga memberikan manfaat strategis bagi bisnis.

  • Penentuan Sasaran Pasar yang Tepat: Setiap tipe pemasaran memiliki sasaran pasar yang berbeda. Dengan memahami perbedaannya, perusahaan dapat menentukan sasaran pasar yang tepat dan menyusun strategi yang sesuai.
  • Pengalokasian Sumber Daya dengan Efisien: Dengan memahami tipe pemasaran yang diterapkan, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya (baik waktu, tenaga kerja, maupun keuangan) dengan lebih efisien.
  • Pembuatan Konten Marketing yang Tepat: Strategi konten untuk B2B marketing tentunya berbeda dengan B2C atau C2C. Perusahaan dapat menciptakan konten yang resonan dengan audiensnya.
  • Pengoptimalan Anggaran Pemasaran: Memahami tipe pemasaran memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan pengeluaran. Misalnya, B2B mungkin membutuhkan investasi lebih pada seminar atau pameran, sedangkan B2C mungkin lebih pada iklan online.
  • Meningkatkan Retensi Pelanggan: Dengan mengetahui apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pelanggan pada masing-masing tipe pemasaran, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan.

Itulah pembahasan kali ini terkait sistem B2B, B2C dan C2C. Semoga pembahasan dalam artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda, ya!

Apa itu Pingler? Bagaimana Cara Menggunakannya untuk SEO Website Anda?

0
pingler

Pemasaran dan blog online dibangun di seputar konten dan lalu lintas. Jika Anda tidak memiliki traffic Anda tidak dapat menjual produk. Dan jika Anda tidak memiliki konten Anda tidak bisa membuat orang kembali ke situs web Anda. Bagi mereka yang mencari cara yang lebih baik untuk mengeluarkan konten mereka kepada publik, pingler adalah tempatnya.

Pingler adalah cara yang relatif baru untuk menghubungkan konten blog Anda di web dan mengirimkannya untuk dikonsumsi semua orang. Ini memiliki lebih dari 80 server berbeda tempat posting blog Anda akan dikirim. Setiap kali Anda memperbarui blog Anda atau memposting video baru di pingler ping server itu.

Ini akan memberi tahu mereka tentang konten baru Anda. Ini juga memperbarui mesin pencari dan membuat mereka tahu bahwa Anda telah memposting konten baru. Pingler pada dasarnya bertindak sebagai perantara yang mengeluarkan pemberitahuan bahwa blog Anda memiliki konten segar.

Apa Itu Pingler?

content

Pingler adalah layanan berbasis web yang memungkinkan pemasar Internet memiliki kemampuan untuk melakukan ping blog mereka. Plugin ini digunakan untuk secara otomatis Ping posting baru ke berbagai blog online. Pingler adalah alat SEO premium yang dapat digunakan untuk melakukan ping secara manual ke beberapa layanan sindikasi. Pada dasarnya cara menghubungkan blog Anda di seluruh web dengan ribuan pelanggan dan server yang berbeda.

Ini secara instan memberi tahu server pengindeksan blog teratas tentang konten baru Anda. Sementara versi gratis Pingler membutuhkan pengajuan URL secara manual, meningkatkan ke akun premium menambah dukungan untuk pengiriman otomatis ke lebih dari 1000 crawler blog.

Saat Anda mengirim foto baru, atau video, Pingler menelurkan mesin pencari dan server tentang konten blog atau situs web baru Anda. Server ping bagaimanapun juga akan membantu mesin pencari memberi peringkat konten Anda dan mendapatkan pengunjung ke situs web atau blog Anda. Jadi, setelah Anda selesai mengunggah konten, blog, atau URL baru maka Anda dapat menyerahkan sisa tanggung jawab kepada Pingler.

Pingler dapat menghasilkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari untuk kata kunci yang ditentukan. Layanan ini adalah cara yang lebih cepat untuk diindeks. Salah satu alasan terbaik untuk menggunakan Pingler adalah karena mereka memberi Anda cara yang sah untuk menentukan peringkat situs web, URL, dan blog Anda. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh mesin pencari seperti Google. Tidak seperti banyak layanan SEO lainnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Pingler Untuk Meningkatkan SEO?

traffic-web

Mari kita lihat tiga tips efektif untuk meningkatkan SEO menggunakan Pingler adalah:

Publikasikan konten terperinci

Untuk meningkatkan lalu lintas dan menegakkan merek Anda sebagai ahli, Anda harus memiliki konten yang diperkaya kuantitas. Untuk ini, Anda harus memasukkan penjelasan yang tepat dan informasi yang memadai berdasarkan pada topik yang relevan dari bisnis Anda. Sehingga memberikan pandangan terperinci kepada pelanggan tentang apa konten itu dan apa artinya. Itu juga membangun kepercayaan di hati pelanggan dan pengunjung Anda.

Memiliki konten terperinci dari subjek Anda maka Pingler akan menggunakannya dalam melayani Anda dengan lalu lintas yang sangat besar dan akan memberi Anda peringkat tinggi di mesin pencari. Selain itu, karena SEO menawarkan beberapa taktik untuk perusahaan Anda dan menghasilkan strategi yang kuat apakah itu terkait dengan membuat konten terperinci atau membuat peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Lakukan riset kata kunci

Jika Anda terhubung dengan bisnis dan blog, maka Anda harus tahu pentingnya kata kunci dalam meningkatkan bisnis Anda. Kata kunci adalah strategi utama yang digunakan bisnis dalam mengembangkan SEO merek mereka. Kata kunci yang sempurna untuk merek Anda dapat memberi Anda jutaan pelanggan.

Menentukan kata kunci untuk merek Anda, sambil tetap mengingat poin-poin penting yang umumnya dilakukan orang untuk melakukan penelitian, adalah pekerjaan yang sulit. Jadi, jika situs web atau blog Anda memiliki kata kunci yang biasanya orang lakukan pencarian terkait untuk itu dapat memperluas lalu lintas di situs Anda.

Melalui server ini, karena mereka menggunakan penelitian terkait kata kunci baru ini di situs-situs mesin pencari seperti fitur saran otomatis Google. Dengan ini semakin banyak pelanggan yang cenderung mengunjungi situs web Anda yang pada gilirannya akan membuat peringkat Anda lebih tinggi di mesin pencari. Karenanya, dengan cara ini server tersebut dapat meningkatkan SEO Anda.

Target pada relevansi

Mengoptimalkan SEO Anda, tidak hanya tergantung pada mengundang sejumlah besar pelanggan. Tetapi juga tergantung pada berapa banyak waktu yang telah mereka investasikan di situs web Anda. Banyak pelanggan kehilangan minat mereka pada bagian awal konten. Ini dapat dianggap berbahaya dalam meningkatkan SEO situs web Anda.

Peringkat tinggi tergantung pada relevansi. Pengunjung yang tidak tertarik dengan konten Anda dapat mengurangi peringkat Anda. Untuk membuat pembaca Anda tertarik pada konten Anda dan tetap di situs web untuk jangka waktu yang lebih lama, Anda perlu menargetkan konten yang membuat pengunjung menemukan apa yang mereka cari.

Di sini akan menyajikan konten ke server yang berbeda. Jadi ketika orang mengunjungi, itu membuat peringkat mesin pencari Anda lebih tinggi dan bahkan dapat meningkatkan SEO Anda.

Kesimpulan

Alat berbasis web yang memungkinkan penggunaan gratis, atau membayar biaya bulanan yang sangat kecil untuk melakukan ping ke blog dan tautan situs Anda. Versi gratisnya berfungsi dengan baik. Tetapi umumnya Anda tidak dapat melakukan ping ke URL sebanyak versi yang berbayar.

Setelah Anda memahami cara kerja Pingler, Anda mungkin ingin tahu cara menggunakannya untuk bisnis Anda. Faktor kunci tentang hal itu adalah meningkatkan paparan blog Anda yang membawa lebih banyak lalu lintas ke blog Anda.

Lalu lintas mengarah ke penjualan dan pelanggan tetap. Setelah Anda mendapatkan lalu lintas ke situs Anda, Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan dan menjual produk Anda. Selain paparan, backlink baru ke situs web Anda juga dapat  membantu Anda mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih baik dan nilai PR Google yang lebih tinggi. Semua ini sesederhana stroke mouse atau keyboard. Cukup kirimkan konten Anda dan biarkan pingler mengerjakan sisanya.

Jika Anda ingin mempertimbangkan untuk menggunakan pingler, pertimbangkan beberapa faktor. Dari segi biaya, menjangkau lebih dari 80 server. Atau Anda dapat memilih yang spesifik yang ingin Anda ping dan itu pasti akan meningkatkan lalu lintas ke situs Anda. Sebagai bisnis Anda ingin orang tahu siapa Anda dan bagaimana menghubungi Anda.

Sistem ini seperti menambahkan lampu dan panah yang menunjuk langsung ke bisnis Anda, sementara pesaing Anda menunggu backlink individu dan pelanggan serius sesekali untuk mengunjungi situs mereka. Secara keseluruhan, ini adalah alat yang hebat dan harus digunakan oleh setiap bisnis yang ingin mempromosikan blognya dan mendapatkan pelanggan baru.

Adnow Adalah ? Hasilkan Uang Jutaan dari Blog Dengan Adnow Ads

0
adnow

Di zaman sekarang ini, dimana teknologi internet berkembang dengan pesat, terdapat kemudahan dalam menyebarkan sekaligus mengakses informasi. Bahkan sekarang internet sudah merambah efektivitas dalam dunia periklanan, media iklan di televisi sudah digeser oleh iklan di media internet.

Biaya iklan di internet lebih murah jika dibandingkan dengan iklan di media lain seperti televisi, selain itu juga memberikan banyak keuntungan bagi para pengiklan. Siapa saja dapat beriklan di internet, baik itu perusahaan besar dengan budget melimpah, hingga perusahaan kecil.

Bagi perusahaan kecil, internet dapat dengan mudah mengiklankan produk mereka sekaligus mendapatkan konversi tinggi dengan budget yang bisa disesuaikan pula! Tentunya fakta yang satu ini menjadi ladang penghasilan bagi para blogger maupun webmaster!

Sebut saja Google AdSense! Anda pasti familiar dengan program periklanan milik perusahaan raksasa Google yang satu ini! Tetapi ada juga, lho, salah satu program periklanan lain yang patut untuk diperhitungkan, dikenal dengan nama AdNow!

Apa itu AdNow?

iklan-online

AdNow adalah program periklanan yang berbasis widget dengan tipe Native Ads atau iklan asli yang sangat populer yang menyediakan Pay-Per-Click atau PPC dan Iklan CPM. Iklan di program iklan ini berupa widget dan ditampilkan layaknya bagian dari konten, yaitu related content, banner dan Hybrid Ads. Tentunya merupakan sebuah format iklan yang unik, dikarenakan menggabungkan iklan dengan konten situs menarik lainnya demi meningkatkan keterlibatan pengguna!

Terdapat beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui mengenai AdNow!

Iklan dengan tipe Native Ads ini lebih efisien sekaligus efektif jika dibandingkan dengan tipe banner. Sebab, iklan AdNow dapat menyesuaikan dengan tampilan website tersebut, mulai dari segi font, warna font, hingga bentuk iklannya!

Jadi, iklan di website Anda lebih bervariasi dan tidak membosankan, dibandingkan dengan iklan banner dimana orang-orang biasa melihat iklan yang sama dan akhirnya jatuh pada kebutaan iklan. Hal ini dapat menurunkan potensi pendapatan sekaligus minat pengunjung.

Selain itu, bentuk iklan di program iklan ini adalah Native Advertising, yaitu teknik periklanan yang cocok sekali dengan bentuk dan fungsi pada platform dimana iklan itu muncul.

Iklan di program ini bisa secara otomatis menyesuaikan ukurannya dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses suatu situs. Saat Anda mengaksesnya melalui laptop, tampilannya akan besar, namun akan tetap mengecil saat diakses melalui handphone dikarenakan menyesuaikan ukuran layar.

Menurut studi terbaru, Native Ads menarik perhatian enam puluh persen lebih banyak dibandingkan metode tradisional atau iklan. Pengunjung juga dapat berinteraksi lebih efektif dengan penemuan konten dan rekomendasi produk!

Program iklan ini juga berusaha untuk menggabungkan iklan dengan isi konten website Anda demi meningkatkan traffic pengunjung. Dengan kata lain, jika blog Anda membahas mengenai smartphone, maka iklan yang ditampilkan tidak akan jauh dari smartphone.

Pertama kali didirikan oleh tim pemasaran digital Big Data, media buying, RTB, Pay-Per-Click Campaigns, hingga mobile advertising, di tahun 2014, dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun! Kini program iklan yang satu ini mendukung 107 negara seperti Malaysia, Jepang, Brazil, China, hingga negara-negara besar lainnya!

Cara Kerja AdNow!

adnow-1

Layanan iklan ini sudah banyak digunakan oleh para blogger, atau biasa disebut dengan para publisher!

Iklan ditempatkan pada situs-situs blog para publisher sebagai widget yang terlihat seperti konten asli dengan model posting terkait!

Bagaimana para publisher meraih keuntungan dari layanan iklan ini?

Yaitu setiap terjadi click yang diikuti dengan pengamatan pada konten pengiklan pada situs web mereka! Untuk menghasilkan pendapatan yang besar dari search engine ke situs milik Anda, Anda harus selalu melakukan update artikel berkualitas secara teratur! Apabila situs Anda mampu menghasilkan lalu lintas yang tinggi Anda dapat menambahkan iklan PPC alias Pay-Per-Click dari AdNow!

Bagaimana? Menarik, bukan?

Oleh karena itu, optimasi SEO maupun dari sosial media sangat dibutuhkan!

Program iklan ini menawarkan iklan dengan tag Js sehingga tidak bertentangan dengan jaringan iklan lain seperti AdSense. Dengan demikian, aman sekali untuk menggunakan program iklan ini secara bersamaan dengan program lain. Tidak akan menyalahi aturan sekaligus merugikan pihak publisher.

Selain itu, program iklan ini juga menawarkan pembayaran mingguan, dukungan multibahasa dan kemudahan dalam kustomisasi widget konten sesuai dengan keinginan Anda!

Cara Daftar Publisher AdNow!

Apabila Anda seorang blogger Anda dapat menghasilkan uang melalui program iklan ini! Caranya yaitu:

  1. Kunjungi situs program iklan ini kemudian pilih Sign Up AdNow untuk registrasi!
  2. Anda akan disuguhi oleh dua pilihan, apakah menjadi Advertiser atau Publisher! Karena Anda adalah blogger maka silahkan pilih Publisher!
  3. Isi formulir pendaftaran, yang terdiri dari nama, email, dan hal-hal lainnya, kemudian beri tanda centang pernyataan, I accept and agree with Terms of Use and I confirm that I have read Privacy Police;
  4. Jangan lupa juga untuk memberi centang pernyataan, I confirm that I have read Privacy Policy;
  5. Anda juga akan diminta memberi tanda centang pada pernyataan, I’m not a robot untuk mengisi re-Captcha, kemudian pilih Submit;
  6. Setelah itu Anda akan mendapatkan email balasan dari program iklan ini untuk melakukan verifikasi. Buka email Anda dan pilih link verifikasi yang dikirim oleh AdNow Network!
  7. Setelah diverifikasi email milik Anda telah terverifikasi, Anda bisa melakukan AdNow login melalui akun Dashboard AdNow Anda!
  8. Selamat! Anda telah berhasil menjadi Publisher di AdNow!

Apa Saja Kelebihan AdNow Native Ads?

Apa yang membuat AdNow begitu digandrungi? Berikut ini seluruh kelebihannya!

  1. Bisa dijalankan dengan program periklanan lain. Anda dapat menggabungkan program iklan ini dengan AdSense, atau dengan program lainnya, dikarenakan tidak ada konflik kode dengan sistem iklan lainnya! Dengan begitu pemasukan blog Anda tidak datang dari satu sumber saja!
  2. Tak perlu trafik tinggi, artinya blog dengan trafik rendah pun dapat mendaftar ke program iklan ini!
  3. Proses pengajuan cepat dan mudah. Dibandingkan dengan program iklan lain, proses pengajuan program iklan yang satu ini relatif cepat dan mudah!
  4. Pencairan dana rendah! Dana dari program iklan ini dapat Anda cairkan apabila penghasilan mencapai $20. Ini tentunya lebih menguntungkan dibandingkan dengan AdSense yang membutuhkan minimal pencairan $100.
  5. Menerima website selain yang berbahasa Inggris. Kebanyakan program iklan lain hanya menerima website berbahasa Inggris yang berada di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, hingga Australia!
  6. Adanya pengelola akun pribadi! Anda akan diberikan pengelola akun pribadi yang juga mendukung bahasa Indonesia ataupun bahasa lokal dari negara lain!
  7. Bebas virus dan malware, sebab semua iklan di program iklan ini udah diseleksi sehingga Anda tidak akan menemukan virus atau malware di dalamnya;
  8. Dan tidak kalah menguntungkannya, Anda dapat melakukan customation widget iklan, artinya Anda dapat mengatur ukuran, warna, jumlah iklan di halaman tertentu dan masih banyak lainnya;
  9. Melacak performa secara real time, artinya, Anda dapat melacak pendapatan sekaligus performa Anda secara akurat dan real time;
  10. Program referral, Anda bisa mendapatkan komisi lima persen per hari dari penghasilan publisher yang menggunakan referral milik Anda.

Ada banyak lagi keuntungan dari menggunakan program iklan ini yang Anda dapatkan! Seperti, pendaftaran yang bersifat gratis, mendukung Pay Pal dan Wire Transfer, dan masih banyak lainnya. Selain itu, program iklan ini juga memberikan keuntungan pada pihak lain seperti Advertiser, seperti analisis lalu lintas yang baik dan tidak ada penipuan, hingga iklan asli yang tampak seperti bagian dari content yang berdampak pada tingginya CTR dan lalu lintas yang terlibat!

Demikian informasi mengenai program iklan yang satu ini yang tentunya akan memberikan pilihan terbaru bagi Anda dalam menggunakan program periklanan selain AdSense! Tentunya Anda dapat menentukan pilihan Anda sendiri setelah membaca informasi yang satu ini!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Memahami Cara Kerja Virtual Credit Card

0
virtual credit card

Virtual Credit Card adalah nomor kartu kredit unik yang memungkinkan Anda untuk bertransaksi di akun kartu kredit utama Anda tanpa menggunakan atau mengekspos nomor rekening kartu kredit utama Anda. Anda dapat membatasi nomornya untuk digunakan di satu merchant.

Penerbit nomor Virtual Credit Card memungkinkan Anda untuk mengunci atau menghapus nomor akun virtual tertentu. Ini membantu mencegah pembelian yang curang tanpa memengaruhi akun kartu kredit utama Anda. Kemudian, Anda dapat membuat nomor akun virtual baru untuk terus melakukan pembelian di pedagang itu.

Semua ini memberi Anda kemampuan untuk mencoba melindungi informasi akun kartu kredit utama Anda di dunia di mana pelanggaran data merupakan kenyataan yang tidak menguntungkan.

Apa Itu Virtual Credit Cards?

credit-card-1

Virtual Credit Card, juga dikenal sebagai ‘nomor pembayaran terkontrol’, adalah nomor 16 digit sementara yang dihasilkan secara acak yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembayaran online.

Nomor tersebut ditautkan dengan kartu kredit Anda, tetapi dirancang untuk mempersulit vendor atau penjahat online yang tidak bermoral melakukan penipuan dengan cara yang sama seperti mereka dengan nomor kartu kredit normal.

Virtual Credit Card biasanya dikelola melalui dompet digital seperti Apple Pay , Samsung Pay, atau Google Pay .

Ketika Anda siap untuk check out atau melakukan pembayaran, di mana Anda biasanya memasukkan nomor kartu kredit reguler Anda, Anda cukup memasukkan nomor Virtual Credit Card Anda dan melanjutkan seperti biasa.

Bergantung pada penyedia, Anda mungkin dapat menetapkan batas kredit dan tanggal kedaluwarsa terpisah untuk Virtual Credit Card untuk semakin mengurangi peluang Anda menjadi korban penipuan kartu kredit.

Siapa Yang Menawarkan Virtual Credit Cards?

Virtual Credit Card telah tersedia untuk konsumen selama beberapa tahun lamanya, tetapi sejauh ini mereka tampaknya telah gagal untuk menarik perhatian populasi yang lebih luas. Kembali di Aplikasi Tunai 2016 (lalu dikenal sebagai Square Cash) memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran menggunakan Virtual Credit Card, tetapi pengumuman tersebut gagal mengumpulkan banyak daya tarik.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan Virtual Credit Card, Anda mungkin dapat mendaftar melalui bank atau lembaga keuangan yang menyediakan kartu kredit Anda, jika mereka menawarkan Virtual Credit Card.

Atau, Anda bisa menggunakan layanan pihak ketiga untuk menghasilkan Virtual Credit Card untuk Anda.

Berikut adalah dua produk kartu kredit yang menawarkan Virtual Credit Card dan apa yang perlu Anda ketahui tentang setiap program.

Capital One Eno

Capital One menawarkan Virtual Credit Card melalui asisten daringnya, Eno. Capital One Eno adalah ekstensi browser yang tersedia untuk browser Google Chrome, Microsoft Edge dan Mozilla Firefox.

Setelah ekstensi diinstal, Anda dapat menggunakannya untuk berbelanja seperti biasa. Saat Anda siap untuk check out, klik tombol ekstensi browser dan hasilkan VCC untuk digunakan di merchant tersebut.

Ekstensi juga dapat mengarahkan Anda ke situs web Capital One di mana Anda dapat mengelola, melihat, mengunci, atau menghapus nomor akun virtual Anda yang ada.

Citi Number Virtual Account

Citi menawarkan nomor akun virtual melalui alat berbasis web atau program yang dapat diunduh untuk PC. Dengan alat Citi Anda dapat menghasilkan nomor akun virtual dengan batas dolar dan menetapkan tanggal kedaluwarsa.

Anda juga dapat melihat informasi nomor akun virtual individu, pembelian yang dilakukan dengan nomor akun virtual, dan sisa saldo pada nomor akun tertentu. Seperti yang lain, Anda juga dapat menutup nomor akun virtual individual dengan alat ini dari Citi.

Perhatikan bahwa nomor akun virtual Citi hanya dapat digunakan untuk transaksi online dan telepon.

Kelebihan Virtual Credit Cards

Manfaat utama yang terkait dengan Virtual Credit Card adalah keamanan. Menggunakannya menempatkan tingkat pemisahan antara pedagang online dan perincian kartu kredit Anda yang sebenarnya, yang berarti Anda lebih kecil kemungkinannya menjadi korban penipuan kartu kredit. Selain itu, kemampuan untuk memilih batas kredit dan tanggal kedaluwarsa untuk Virtual Credit Card Anda dapat mengurangi risiko penipuan.

Kemampuan untuk mengelola VCC melalui dompet digital pilihan Anda juga menjadikannya pilihan pembayaran yang nyaman – daripada harus mengeluarkan kartu dari dompet Anda, Anda mungkin dapat dengan mudah mengambil telepon Anda dan melakukan pembayaran dari sana.

Selain itu berikut kelebihan VCC yang lainnya :

  • Keuntungan lain dari VCC adalah seseorang dapat menetapkan batas untuk pembelian dan transaksi online tertentu yang ingin mereka lakukan. Keuntungan Virtual Credit Card ini memastikan bahwa pedagang tidak mengenakan biaya lebih banyak untuk pembelian dan transaksi online. Oleh karena itu VCC membantu orang mengendalikan keuangan mereka dengan memastikan bahwa mereka tetap dalam anggaran keuangan mereka.
  • Virtual Creditcard memiliki keunggulan lain yaitu kartu tersebut diakui secara luas dan dapat digunakan oleh siapa saja secara online untuk melakukan transaksi online dan pembelian online. Sebagian besar pedagang menerima Virtual Creditcard memberikan kebebasan pembelanja online. Karenanya VCC memungkinkan pembelian online dari seluruh dunia.
  • Keamanan data adalah keuntungan lain dari Virtual Creditcard karena nomor rekening sebenarnya dari kartu kredit tersebut tidak dapat dilihat oleh pedagang atau pada sistem pembayaran online. Oleh karena itu informasi ini tidak dapat digunakan oleh penipu untuk melakukan pembelian dan transaksi online curang lainnya. Ini membuat transaksi online dan pembelian online menggunakan Virtual Creditcard aman dan keuntungan besar.
  • Keuntungan lain dari VCC adalah memberikan kebebasan pembeli online karena mereka tidak khawatir bahwa informasi kartu kredit mereka yang sebenarnya akan digunakan secara curang.
  • Keuntungan lain menggunakan VCC adalah ada fleksibilitas dalam penggunaan Virtual Credit Card ini karena hanya dapat digunakan ketika ada kebutuhan untuk melakukan pembelian online. Karena nomor yang dihasilkan untuk Virtual Creditcard bersifat sementara maka pembeli online menggunakannya hanya ketika mereka siap untuk melakukan pembelian online.

Kekurangan Virtual Credit Cards

Mengembalikan item yang Anda pesan online ke lokasi fisik dapat menjadi tantangan dengan Virtual Credit Card. Beberapa toko mengharuskan Anda memasukkan atau menggesek kartu yang Anda gunakan untuk pembelian untuk memproses pengembalian dana Anda ke kartu Anda.

Ini jelas tidak mungkin dilakukan dengan VCC. Dalam kasus ini, Anda mungkin harus menerima kartu hadiah toko alih-alih menerima uang kembali pada kartu kredit Anda.

Meskipun VCC berpotensi menjadi cara yang lebih aman untuk melakukan transaksi online daripada kartu kredit fisik Anda, Virtual Creditcard itu tidak sepenuhnya anti penipuan. Jadi, saat menggunakan VCC dapat membantu menjaga uang Anda tetap aman saat Anda berbelanja online, ada baiknya Anda memastikan dulu bahwa kartu kredit Anda dilengkapi dengan asuransi perlindungan penipuan.

Berikut ini kekurangan VCC adalah diantaranya :

  • Salah satu kelemahan VCC adalah transfer dana dari akun pembeli online ke akun pedagang membutuhkan waktu dan kadang-kadang barang dikirimkan sebelum pembayaran aktual ke pedagang dilakukan.
  • Kerugian lain dari Virtual Creditcard adalah meskipun VCC diterima secara luas, beberapa pedagang masih skeptis dan belum sepenuhnya menerima Virtual Creditcard tersebut.
  • Virtual Credit Card yang memiliki tanggal kedaluwarsa pendek dapat menyebabkan masalah berlangganan. Agar langganan Anda aktif, Anda harus memperbarui nomor Virtual Credit Card setiap kali berakhir. Jika Anda lupa, langganan Anda dapat terganggu.

Kesimpulan

Virtual Creditcard mungkin memberi Anda ketenangan pikiran saat melakukan pembelian online atau di telepon. Jika nomor VCC Anda dikompromikan, Anda biasanya dapat menghapus atau menguncinya dengan klik dan terus menggunakan kartu kredit utama Anda.

Jika Anda ingin fokus membatasi pengeluaran Anda dengan pedagang tertentu, Virtual Credit Card juga bisa membantu. Tergantung pada penerbit kartu Anda, Anda mungkin dapat mengatur nomor akun virtual dengan batas pengeluaran yang ada dalam pikiran Anda. Setelah Anda mencapai batas itu, Anda tidak akan dapat membuat tagihan lagi dengan nomor akun itu.

Yuk gali terus beragam info menarik seputar digital marketing hanya dari MARKEY. Baca sekarang ratusan artikelnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sampai bertemu lagi!       

Kenali Lebih Jelas Sistem Cash On Delivery artinya dan Fungsi

0
cash on delivery

Seiring dengan perkembangan teknologi seperti internet dan smartphone, semakin banyak juga bermunculan berbagai istilah baru. Termasuk dalam kegiatan transaksi jual beli. Salah satu istilah dalam jual beli yang belakangan ini sangat trend adalah COD atau cash on delivery. Cash on delivery artinya ketika Anda melakukan pembelian, terutama pembelian secara online, Anda hanya harus membayar ketika barang sudah sampai di tangan Anda.

COD adalah cara baru dalam bertransaksi yang akan sangat membantu Anda karena dapat meminimalisir terjadinya penipuan. Apalagi belanja online memang rentan dengan penipuan sehingga Anda harus sangat selektif dan berhati-hati ketika berbelanja berbagai kebutuhan Anda.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas berbagai hal terkait cash on delivery artinya kami juga akan membahas berbagai tips belanja dengan metode ini agar lebih aman serta kelebihannya. Jadi terus baca artikel ini hingga akhir ya!

Baca juga : Yuk Kenali 7 Cara Kerja E-Commerce Terbaru Tahun Ini!

Pengertian COD (Cash on Delivery)

COD

Cash on Delivery  atau COD adalah salah satu metode pembayaran dalam online bisnis di mana pembeli akan melakukan pembayaran kepada penjual pada saat pengiriman produk. Cash on delivery artinya Anda bayar di tempat pengiriman langsung atau ketika produk yang Anda beli telah sampai. COD dapat pula diartikan sebagai kesepakatan yang dilakukan antara penjual dan pembeli untuk hanya melakukan pembayaran apabila barang telah sampai kepada alamat si pembeli. Dengan cash on delivery artinya pembeli dapat memeriksa terlebih dahulu barang yang di pesan.

Metode satu ini sangat membantu dalam menjawab keresahan konsumen yang sering memanfaatkan transaksi secara online ini. Salah satu masalah yang kerap kali ditemukan oleh konsumen adalah keamanan dan keaslian produk yang di beli.

Pembeli harus memiliki keyakinan apakah produk yang dibeli benar-benar akan sampai ke tujuan, apakah sesuai dengan detail atau penjelasan produk yang dicantumkan penjual, dan apakah produk tersebut memang asli atau malah palsu.

Dengan metode cash on delivery artinya penjual memiliki kesempatan lebih besar untuk meyakinkan konsumen atau calon konsumen untuk berbelanja di toko onlinenya. Jika konsumen puas dan merasa senang, tentunya yang akan diuntungkan adalah si penjual.

Dengan kepercayaan konsumen maka penjual akan memiliki reputasi yang baik, dan bukan mustahil konsumen akan merekomendasikan toko tersebut kepada calon konsumen lain secara sukarela. Konsumen juga tidak akan keberatan memberikan testimoni yang baik untuk produk Anda sehingga semakin meningkatkan kepercayaan calon konsumen lainnya.

Berbagai hal di atas lah yang kemudian membuat metode COD menjadi sangat penting dan bermanfaat dalam dunia bisnis online ini. Apalagi memang pembeli hanya akan membayar apabila barang sudah sampai dengan baik dan sesuai dengan deskripsi produk.

Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran COD

COD-1

Setiap hal tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, Cash on delivery artinya juga memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Berikut ulasannya.

1. Kelebihan

Ada berbagai kelebihan yang akan Anda dapatkan, bukan hanya untuk pembeli saja. Cash on delivery artinya juga memberikan keuntungan bagi pihak penjual. Apa saja itu?

a. Untuk Pembeli

Keutungan yang akan didapatkan oleh pembeli ketika memilih menggunakan metode pembayaran COD adalah kenyamanan yang akan dirasakannya. Hal ini karena pembeli dapat memeriksa terlebih dahulu kondisi barang yang dibeli secara langsung. Dengan begitu pembeli dapat terhindar dari penipuan berupa barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan.

b. Untuk Penjual

Keuntungan yang akan dirasakan oleh pihak penjual dengan menggunakan metode pembayaran COD adalah meningkatnya penjualan produk, karena secara tidak langsung metode ini menjadi strategi pemasaran yang cukup efektif.

Dalam banyak kasus, COD adalah cara untuk menaikkan tingkat kepercayaan calon konsumen. Sehingga dengan sendirinya reputasi toko milik penjual akan semakin baik.

2. Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan metode cash on delivery yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih metode pembayaran satu ini.

a. Layanan Terbatas

Cash on delivery artinya memiliki jangkauan yang terbatas, sebab hanya dapat dilakukan bila pembeli dan penjual berada di wilayah atau kota yang sama.

b. Resiko Pembatalan Pesanan

Kekurangan satu ini dapat merugikan pihak penjual karena pembeli bisa saja membatalkan transaksi ketika barang telah dikirim oleh penjual. Padahal tentunya penjual telah meluangkan waktu, biaya, dan juga tenaga selama proses pengantaran barang.

c. Resiko Penipuan

Penggunaan transaksi COD yang umumnya menggunakan uang kertas memiliki kemungkinan penjual mengalami penipuan yang bisa saja dilakukan oleh konsumen dengan menggunakan uang palsu.

Dalam hal ini metode COD tentu lebih rentan, sebab jika dengan metode lain lebih menjamin keaslian uang karena dibantu pihak bank ataupun marketplace yang digunakan.

Tips Aman Melakukan Transaksi dengan Metode COD

Melihat berbagai resiko yang mungkin akan dihadapi oleh penjual ataupun pembeli dengan menggunakan metode COD, berikut tips yang dapat Anda terapkan agar transaksi Anda lebih aman.

1. Tips untuk Penjual

  1. Gunakanlah pakaian dan jaga kerapihan penampilan Anda agar menunjukkan image yang baik dan dapat dipercaya.
  2. Bersikaplah ramah kepada konsumen agar mereka merasa nyaman pada saat bertransaksi dengan Anda. Gunakan kata yang sopan dan jangan lupa untuk tersenyum.
  3. Pastikan Anda selalu tepat waktu mengantarkan dan sampai di tempat yang Anda sepakati dengan konsumen, bila memungkinkan datanglah lebih awal
  4. Pastikan ponsel Anda selalu aktif agar dapat dihubungi oleh konsumen
  5. Siapkan uang pecahan yang lebih kecil, Anda harus berjaga-jaga siapa tahu Anda harus memberikan kembalian pada konsumen.
  6. Pilihlah tempat untuk bertemu dengan konsumen berada di tempat yang aman dan netral.
  7. Setelah bertemu dengan konsumen Anda, berikan mereka penjelasan singkat terkait produk yang Anda jual.
  8. Pastikan Anda menerima uang asli dengan cara mengeceknya, akan sangat baik jika Anda memiliki alat pendeteksi.
  9. Terimalah pembayaran sesuai dengan jumlah yang telah disepakati, jangan lupa untuk meninggalkan kesan baik dengan cara mengucapkan terima kasih.

2. Tips untuk Pembeli

  1. Pilih dan pastikan tempat untuk bertemu dengan penjual adalah tempat yang aman dan netral, seperti di tempat umum. Akan lebih baik jika Anda ditemani oleh seseorang pada saat melakukan transaksi dengan COD ini.
  2. Pastikan untuk Anda melakukan pemeriksaan sebelum melakukan pembayaran. Pastikan barang Anda sudah sesuai dengan spesifikasi yang dicantumkan penjual di toko online-nya. Pastikan juga barang tersebut kondisinya masih baik.
  3. Bayarlah pesanan Anda sesuai dengan kesepakatan awal dengan penjual. Jangan lupa meninggalkan kesan baik dengan mengucapkan terima kasih.

Itulah tadi penjelasan terkait cash on delivery khusus untuk Anda. Cash on delivery atau COD adalah metode pembayaran yang saat ini cukup populer dan menjadi alternative pembayaran yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan.

Kemudahan dan kenyamanan yang diberikan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk menggunakan metode satu ini. Meski memang biasanya ongkos kirim atau ongkir menjadi sedikit lebih mahal. Kendati demikian masih banyak yang menggunakannya karena manfaat yang diberikan sebanding dengan uang yang dikeluarkan.

Dengan melakukan cash on delivery artinya Anda telah mengetahui syarat serta ketentuannya. Juga dengan membaca artikel ini Anda mendapat pengetahuan lebih banyak dan juga tips yang akan bermanfaat untuk Anda ketika melakukan COD, jadi tidak ada salahnya untuk membagikan artikel ini kepada kenalan Anda agar mengetahui lebih jauh terkait COD. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, semoga membantu!