Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 11

Apa Itu Liabilitas? Pengusaha Atau Pebisnis Wajib Tahu!

0
liabilitas

Untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis atau ingin menjalani bisnis pasti sangat perlu sekali yang namanya aset. Untuk mendapatkan aset tersebut tidak jarang sebuah perusahaan akan berhutang. Nah hutang inilah yang dapat dikatakan sebagai liabilitas. Hutangnya tidak hanya berbentuk uang tapi bisa berbentuk barang atau jasa bergantung apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Ingin tahu lebih jelas tentang liabilitas? Yuk simak dibawah ini!

liabilitas

Apa Itu Liabilitas?

Liabilitas adalah sebuah kewajiban atau hutang yang harus dibayar oleh sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Ketika sebuah perusahaan memiliki aset yang kecil, liabilitas ini menjadi salah satu cara yang diambil untuk memajukan perusahaan dengan cepat. Jika hanya memakai aset perusahaan seadanya, perusahaan akan berjalan lambat untuk perkembangannya.

Anda sebagai pebisnis atau pengusaha memang tidak wajib untuk mengambil liabilitas ini. Jika Anda sudah memiliki aset yang banyak, itu sudah aman, Anda tidak perlu berhutang untuk memenuhi aset perusahaan. Namun jika Anda memiliki aset yang sedikitpun juga tidak masalah untuk tidak mengambil langkah liabilitas. Tapi kemungkinan perkembangan bisnis Anda dapat berjalan lambat.

Para pengusaha yang mengambil liabilitas biasanya ingin memajukan perusahaan mereka dengan aset yang sedikit. Mendirikan perusahaan atau berbisnis juga pasti harus memiliki modal yang banyak, tentu tidak semua pebisnis langsung memiliki modal yang banyak bukan? Oleh karena itu untuk mengatasinya biasanya para pebisnis mengambil langkah liabilitas.

Hutang disini tidak hanya uang saja melainkan dapat berupa jasa, barang atau manfaat yang berhubungan dengan ekonomi. Liability juga bisa bersumber dari bermacam-macam transaksi seperti hubungan bisnis, pertukaran aset atau hal-hal lain yang menguntungkan secara ekonomi.

Beban dan Liabilitas

Dengan pengertian diatas, Anda pasti bertanya-tanya bukankah jadinya mirip dengan beban? Sekilas tentu hampir sama namun bedanya adalah terletak pada tujuannya. Liabilitas cenderung berhutang demi memajukan operasional dari perusahaan tersebut. Jadi tidak ada profit nyata yang didapatkan.

Berbeda dengan beban yaitu pembayaran yang dilakukan untuk suatu hal yang tanpa atau tidak ada nilai nyatanya. Pembayaran beban biasanya demi profit atau keuntungan si pemilik usaha.

Jenis Liabilitas

Dibawah ini adalah beberapa jenis liabilitas yang umum diketahui.

Long Term Liability

Seperti namanya, long term liability adalah liabilitas dalam jangka yang panjang. Ini artinya jangka waktu pembayaran hutang adalah lebih dari satu tahun. Nama lain dari jenis ini adalah liabilitas tidak lancar. Contohnya adalah:

Hutang Bank

Hutang ini biasanya timbul ketika perusahaan meminjam sejumlah uang kepada bank untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dan tentunya harus dibayar kepada pihak bank dengan waktu yang telah ditentukan.

Hutang Obligasi

Adalah surat janji perusahaan untuk membayar pokok utang dan bunga kepada pihak pembeli obligasi dalam jangka waktu tertentu.

Hutang Sewa Dana

Untuk membeli aset, perusahaan harus membayar utang sewa dana kepada perusahaan asing.

Hutang Pemegang Saham

Hutang ini adalah hutang yang harus dibayar jika perusahaan memiliki anak perusahaan. Hutang ini wajib diberikan kepada anak perusahaan untuk modal operasional dan lainnya.

Hutang Hipotik

Adalah hutang yang harus dibayar dengan memberikan jaminan dalam jangka waktu yang lama berupa aset.

Kewajiban Pajak Tangguhan

Adalah pajak yang harus dibayar oleh suatu perusahaan tetapi belum dibayar. Ketika pendapatan buku perusahaan berbeda dari pendapatan kena pajaknya, perusahaan tersebut menjadi wajib pajak tangguhan.

Uang Muka Pelanggan yang Belum Dikirim

Adalah uang muka pelanggan yang belum dikirim untuk barang atau jasa yang belum diterima. Uang muka pelanggan ini biasanya dicatat sebagai utang di neraca perusahaan.

Short Term Liability

Kebalikan dari long term liability. Jangka waktu yang pendek. Jangka waktu dari kewajiban ini harus diselesaikan kurang dari satu tahun. Nama lainnya adalah liabilitas lancar. Contoh dari short term liability adalah:

Hutang Dagang

Adalah kewajiban suatu perusahaan untuk membayar supplier atau vendor. Biasanya tenggat waktu pembayarannya adalah 15 sampai 45 hari dari diterimanya invoice. Contoh dari hutang dagang yaitu keperluan bahan baku atau barang-barang lain yang mendukung penjualan perusahaan.

Hutang Gaji

Perusahaan biasanya tidak bisa bergerak sendiri. Mereka memerlukan karyawan untuk membantu jalannya perusahaan. Tentu setiap perusahaan harus atau berkewajiban membayar gaji karyawan karena itu adalah hak dari karyawan. Jika perusahaan belum membayar gaji karyawannya, tentu itu akan masuk ke dalam hutang.

Hutang Pajak

Hutang ini adalah hutang yang wajib dibayar berdasarkan undang-undang perpajakan di Indonesia. Pajak ini dapat berupa pajak wajib. Tapi selain itu dapat juga dalam bentuk sanksi, denda atau bunga.

Hutang Wesel

Adalah kewajiban untuk membayar pinjaman dengan memakai bukti tertulis. Pihak peminjam tidak diberikan jaminan atau syarat apapun. Contohnya adalah surat berharga.

liabilitas

Karakteristik

Untuk mengetahui lebih lanjut berikut adalah beberapa karakteristik liabilitas.

  1. Adalah hutang yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan bisnis atau pribadi. Hutangnya dapat diselesaikan dalam jangkan waktu pendek maupun panjang.
  2. Adalah kewajiban atau tanggung jawab kepada pihak lain. Dapat diselesaikan dengan cara menggunakan transaksi yang dapat memberikan manfaat ekonomi, mentransfer atau menggunakan aset di kemudian hari (masa depan).
  3. Kewajiban ini menjadikan terikatnya satu pihak dengan pihak lain dengan sedikit kebijaksanaan. Dapat juga mengikat peristiwa yang telah terjadi.
  4. Contoh yang umum adalah hutang bank, hutang obligasi, pajak penghasilan, pinjaman dana dan lain sebagainya.
  5. Memiliki tenggat waktu pembayaran.

Kesimpulan

Liabilitas adalah salah satu langkah yang biasanya diambil oleh pebisnis untuk memajukan bisnis mereka dengan cepat meski dengan aset yang terbatas. Liabilitas masuk ke dalam hutang yang harus dibayarkan kepada pihak pemberi hutang dalam jangka waktu tertentu. Sekilas tampak sama dengan beban namun beban bertujuan untuk meningkatkan profit atau income.

Ada dua jenis liabilitas yaitu long term liability dan short term liability. Contoh dari long term liability adalah hutang bank, obligasi, dewa dana, pemegang saham, hipotik, kewajiban pajak tangguhan, uang muka pelanggan yang belum dikirim.

Sedangkan contoh dari short term liability adalah hutang dagang, hutang gaji, hutang pajak dan hutang wesel. Karakteristiknya adalah dilakukan untuk meningkatkan pendapatan bisnis, tanggung jawab yang dibayarkan kepada pihak lain, mengikat satu pihak dengan pihak lain dan dapat juga mengikat suatu peristiwa yang telah terjadi. Selain itu juga memiliki tenggat waktu pembayaran.

Liabilitas mungkin awalnya terdengar sangat menakutkan untuk dilakukan karena erat kaitannya dengan hutang. Namun kalau kita belum mencoba atau tidak berani untuk mengambil resiko mungkin kelajuan bisnis akan terus jalan di tempat yang sama.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik

Apa Itu Boikot dan Dampaknya Terhadap Bisnis

0
boikot

Boikot adalah suatu kata yang akhir-akhir ini muncul sebagai perhatian masyarakat Indonesia terhadap negara Palestina yang kini sedang diporakporandakan oleh Israel. Boikot menurut KBBI merupakan persekongkolan untuk menolak bekerja sama baik itu berbicara, urusan dagang, ikut serta dan lainnya. Kita secara serentak menolak sesuatu agar dapat menekan permasalahan yang terjadi di dalamnya. Ingin tahu lebih jelas mengenai apa itu boikot dan dampaknya terhadap bisnis? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

boikot

Apa Itu Boikot?

Seperti yang tertulis diatas, boikot adalah persekongkolan untuk menolak bekerja sama. Dengan adanya pemboikotan diharapkan agar salah satu pihak dapat mengalami kerugian dan menyerah untuk melakukan suatu hal tertentu.

Menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan) boikot adalah suatu tindakan untuk mencegah keberlangsungan sebuah bisnis dengan memaksa untuk tidak membeli barang atau produk dari suatu perusahaan tersebut dan suatu tindakan yang memaksa seseorang untuk tidak melakukan kegiatan bisnis dengan pihak tertentu.

Boikot biasanya dilakukan secara terencana dengan memperhatikan berbagai konsekuensi yang ada. Tidak melibatkan kekerasan atas tujuan memaksa si yang diboikot mau untuk mengubah suatu peraturan atau kebijakan. Boikot memiliki kekuatan dan bisa berdampak pada bisnis bahkan bisa meruntuhkan rezim seperti yang telah terjadi pada rezim apartheid di Afrika Selatan.

Sejarah 

Istilah boikot bermula karena kemarahan petani di Irlandia pada abad ke-19. Pada saat itu sebagian besar tanah pertanian dimiliki oleh tuan tanah berkewarganegaraan Inggris. Kebanyakan pemilik tanah atau tuan tanah itu tidak tinggal langsung di Irlandia dan menyerahkan urusan tanah termasuk menagih uang sewa kepada manajer lahan.

Salah satu nama dari manajer tersebut adalah Charles Boycott yang bekerja untuk seorang aristokrat Inggris bernama Earl of Erne. Pada tahun 1880-an terjadi gagal panen yang parah sehingga para petani meminta uang sewa diturunkan sebesar 25% untuk sekedar meringankan beban para petani.

Tapi Earl of Erne hanya mau menurunkan sebesar 10 persen saja dan memerintahkan Boycott untuk mengusir petani yang tidak membayar sewa. Karena para penduduk lokal khususnya para petani tidak terima, mereka memutuskan untuk tidak mau berurusan segala hal dengan Boycott.

Boycott dikucilkan oleh masyarakat. Penduduk sudah tidak mau lagi mengurus lahan, pelayan yang bekerja di rumahnya berhenti dan tidak ada lagi yang mau mengirimkan surat-surat padanya. Tukang cuci pakaiannya berhenti, perempuan lokal menolak untuk membuatkan roti untuknya dan tidak ada lagi pebisnis yang mau menjual apapun pada Boycott.

Memang Boycott tidak dicederai atau disiksa oleh masyarakat sekitar tapi lama-kelamaan dia tidak bisa bertahan hidup jika diperlakukan seperti itu. Akhirnya Charles Boykott meninggalkan Irlandia.

Pada tahun 1888 kata boikot resmi masuk ke kamus Oxford dan pada tahun 1950 sampai tahun 1960, istilah boikot populer dipakai di Amerika dalam pergerakan untuk memperjuangkan hak-hak sipil Amerika.

Bentuk Boikot

Ada beberapa bentuk boikot, yaitu:

  • Boikot Business to Business

Boikot mungkin lebih dikenal sebagai balas dendam antar bisnis. Bentuk boikot ini adalah tindakan yang dilakukan sebagai suatu upaya perlindungan suatu bisnis terhadap bisnis lainnya. Contoh nyatanya yaitu pemboikotan Apple di China saat berlangsungnya perang dagang antara Amerika dan Tiongkok.

  • Boikot Konsumen

Tindakan masyarakat umum yang disuruh untuk tidak membeli atau menggunakan produk dari suatu perusahaan yang jadi target pemboikotannya. Objeknya adalah masyarakat atau konsumen. Tujuan dari boikot ini adalah sebagai protes atas suatu ketidakadilan.

  • Boikot Employee Walkout

Mungkin boikot ini lebih terkenal dengan istilah pemogokan buruh. Biasanya boikot ini dilakukan dengan aktivitas mogok kerja sebagai protes terhadap perusahaan. Mungkin contoh seperti ini sudah sangat banyak terjadi di Indonesia salah satunya pemogokan buruh akibat gaji yang tidak kunjung dibayar.

boikot

Faktor yang Dapat Menentukan Keberhasilan Boikot

Pemboikotan biasanya dilakukan untuk meruntuhkan suatu hal yang memiliki dampak luas dan menyangkut kepentingan orang banyak. Oleh karena itu tentu yang dilawan merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berpengaruh atau istilah lainnya adalah orang besar. Oleh karena itu pemboikotan yang dilakukan bisa saja tidak berhasil terjadi. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menentukan keberhasilan boikot.

  • Jumlah Partisipan

Tentu jumlah pemboikot harus banyak dan dengan segenap hati melakukan pemboikotan agar dampaknya bisa terasa. Jika hanya dilakukan oleh hanya satu atau dua orang saja, tidak akan mengubah apapun. Kerugian yang dirasakan oleh pihak yang diboikotpun tidak berarti apa-apa. Semakin banyak yang ikut, semakin tinggi tujuan dari pemboikotan akan tercapai.

  • Melakukan Riset

Kita harus melakukan riset agar dapat menemukan sasaran yang pas atas tindakan ini. Jangan hanya asal melakukannya saja tapi justru hal yang diboikot salah sasaran dan hanya akan menjadi suatu tindakan tidak berarti. Malah akan merugikan diri sendiri.

  • Melibatkan Tokoh atau Organisasi

Orang yang berpengaruh atau organisasi yang berpengaruh tentu dipercaya oleh masyarakat sehingga akan mudah untuk ikut dalam aksi boikot. Oleh karena itu jika Anda ingin melakukan boikot tidak ada salahnya untuk melibatkan tokoh masyarakat atau organisasi, tentunya melakukan boikot dengan tujuan yang baik. Tidak merusak toleransi dalam kehidupan bermasyarakat atau hal lainnya yang menyudutkan ras atau agama tertentu.

Dampak Terhadap Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan, boikot tentu memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap bisnis. Bila banyak orang yang protes atau melancarkan aksi untuk tidak membeli produk Anda, otomatis nama perusahaan Anda akan menjadi buruk juga produk Anda akan semakin tidak laku.

Dengan ketidaklakukan ini, pemasukan akan semakin sedikit dan bisnis Anda akan menjadi bangkrut. Kemungkinan bisa untuk menyelamatkan bisnis Anda dengan barang baru, namun nama perusahaan yang sudah buruk tentunya akan sangat sulit untuk dikembalikan citra baiknya lagi.

Kesimpulan

Boikot adalah salah satu kata yang akhir-akhir ini diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Baik di media massa, media sosial bahkan pergosipan ibu-ibu komplek sekalipun. Istilah ini mengacu pada penolakan untuk berbisnis, bekerja sama, ikut serta dan lainnya terhadap pihak yang diboikot. Adapun tujuannya adalah agar pihak yang diboikot mau untuk mengubah peraturan atau kebijakan yang merugikan masyarakat luas.

Sejarahnya  berawal dari protes para petani di Irlandia. Terdapat tiga bentuk boikot yaitu business to business, konsumen dan employee walkout. Pada artikel ini terdapat tiga faktor yang menentukan keberhasilan pemboikotan yaitu jumlah partisipan, melakukan riset dan melibatkan tokoh masyarakat atau organisasi.

Kalau ditanya soal dampak boikot terhadap bisnis, pebisnis bukan hanya mengalami kerugian secara materi namun nama baiknya juga akan tercoreng. Nama baik adalah hal fundamental yang sangat sulit untuk dibersihkan sekalipun dengan mengubah nama. Tetaplah semangat berbisnis dan jangan merugikan orang banyak jika tidak ingin diboikot.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik

Apa Itu Sales Pipeline dan Bagaimanakah Langkah-Langkahnya?

0
sales pipeline

Kegiatan promosi saat ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan brand atau produk tertentu. Baik perusahaan besar maupun kecil dengan tujuan menarik pelanggan. Namun, tidak semua promosi yang dilakukan berjalan dengan lancar karena berbagai faktor. Lalu, apakah penyebab kegagalan tersebut? Jika Anda bingung, maka penting untuk Anda mengetahui Sales Pipeline yang menjadi salah satu aspek penting dari penjualan.

Istilah ini menuju pada gambaran proses penjualan mulai dari mencari prospek pelanggan hingga berhasil mengakuisisi pelanggan tersebut. Sales Pipeline juga dapat membantu perusahaan menemukan kendala dan meningkatkan efisiensi kerja dari perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Nah, kami akan membahas pengertian, jenis hingga cara membuatnya untuk Anda. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah!

sales pipeline

Apa itu Sales Pipeline?

Sales Pipeline adalah urutan tindakan yang perlu dilakukan oleh tim penjualan dalam satu perusahaan agar dapat mengonversi prospek baru menjadi seorang pelanggan. Alur tindakannya dimulai dari identifikasi dilanjutkan ke kualifikasi, pengajuan proposal, negosiasi dengan pelanggan, closing dan memelihara hubungan dengan pelanggan tersebut agar berkelanjutan.

Kata pipeline pada istilah ini diluar dari penjualan atau bisnis mengacu pada rangkaian tahapan yang tertruktur untuk dapat mencapai sebuah tujuan. Pipeline membuat urutan menjadi jelas karena digambarkan sebagai sebuah pipa. Selain untuk penjualan, prinsip ini dapat diterapkan di berbagai bidang lain seperti, manufaktur dan lain sebagainya.

Karena konsep dari keduanya yang sama, dalam kacamata sales, hal ini kemudian diadopsi untuk dapat menghubungkan seluruh tahapan pengkonversian prospek baru hingga menjadi pelanggan setia dari perusahaan Anda.

Fungsi Utama Sales Pipeline

Setelah memahami pengertian diatas, mungkin sudah sedikit tergambar apa saja fungsi utama dari sales pipeline. Berikut beberapa fungsi utama dari sales pipeline yang perlu Anda perhatikan.

  • Mengidentifikasi prospek potensial,
  • Memaksimalkan lead management,
  • Meningkatkan efisiensi promosi,
  • Mempererat hubungan dengan pelanggan,
  • Mempermudah evaluasi strategi marketing,

Manfaat Adanya Sales Pipeline

Selain memiliki fungsi yang beragam, sales pipeline juga memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam penjualan. Lalu. apa saja manfaatmya? Berikut beberapa manfaat dari adanya pipa penjualan yang dapat dirasakan.

  • Meningkatkan penjualan produk atau layanan,
  • Memaksimalkan strategi penjualan,
  • Mengoptimalkan capaian target revenue,
  • Meningkatkan pengalaman customer,
  • Memaksimalkan produktivitas tim,
  • Mempermudah pengambilan keputusan,
  • Membantu melihat peluang,

Urutan Langkah-langkah dalam Sales Pipeline

Banyak terdapat kendala atau kesulitan yang dialami oleh tim penjualan pada suatu perusahaan. Contoh kendala yang sangat sering dialami oleh tim sales seperti: tim sales susah mencari prospek baru, kesusahan dalam mengajukan penawaran, hingga tim kesulitan dalam melakukan negosiasi hingga terjadi closing. Oleh karena itu, diperlukan penilaian yang dilakukan untuk mengukur performa dari penjualan perusahaan.

Penilaian atau pengukuran performa dapat dilakukan dengan menggunakan enam tahapan yang ada pada sales pipeline untuk bisa mengetahui dan memahami permasalahan apa saja yang dialami oleh tim sales. Berikut adalah langkah-langkah dari tahapan sales pipeline yang bisa Anda ikuti.

Prospecting

Prospecting atau dalam arti lain adalah menentukan prospek. Tahap ini ditunjukkan atau ditandai dengan seorang sales atau tim sales yang telah menemukan prospek yaitu calon pelanggan yang ingin membeli layanan atau produk. Prospek disini bisa didapatkan dari saluran yang telah disediakan oleh bisnis atau dari berbagai sumber.

Qualifying

Qualifiying berarti melakukan kualifikasi. Pada tahapan ini sales atau tim sales melakukan kualifikasi pada prospek yang mereka dapatkan. Tahapan ini sangat penting untuk menentukan prospek yang potensial mana yang tidak dengan tujuan agar waktu dari tim sales tidak terbuang percuma.

Cara sederhana untuk menentukan kualifikasi prospek tersebut adalah dengan melakukan survei kecil-kecilan mengenai keinginan prospek tersebut dan latar belakangnya. Kemudian dari sana tim sales bisa menentukan atau memperkirakan apakah produk yang dimiliki telah sesuai dengan keinginan dari prospek tersebut.

sales pipeline

Contacting

Contacting, seperti namanya yaitu melakukan kontak. Tim sales menghubungi prospek potensial dengan berbagai cara yaitu bisa telepon langsung, menggunakan media sosial (seperti WhatsApp atau Telegram), pesan singkat atau email.

Building Relationship

Building relationship atau membangun hubungan dapat berarti bagaimana cara kita untuk membangun hubungan dengan prospek (pelanggan). Setelah sebelumnya sudah dapat menghubungi prospek, selanjutnya adalah bagaimana cara kita untuk menjaga komunikasi dengan baik. Tentu dengan tujuan agar terbangunnya kepercayaan dari para prospek ke produk Anda. Jika kepercayaan dapat terbentuk, kedepannya Anda akan mudah menawarkan produk kepada pelanggan tersebut.

Proposal Made

Langkah selanjutnya adalah proposal made atau membuat proposal. Pada tahap ini tim sales memberikan proposal kepada prospek. Anda kemudian menjelaskan apa keunggulan dari produk Anda dari milik kompetitor dan jangan lupa untuk menjelaskan keuntungan yang akan didapat oleh prospek.

Oleh karena itu di dalam proposal Anda wajib mencantumkan kedua hal itu untuk menarik minat prospek Anda. Setelah ini Anda tinggal menunggu jawaban dari prospek yang akan membuat keputusan selanjutnya.

Closing

Apabila Anda telah mencapai tahap ini, selamat, perjuangan Anda akan sedikit lagi berakhir. Tahapan ini ditandai dengan prospek yang telah membuat keputusan. Jika mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda, itu artinya Anda telah berhasil melakukan penjualan. Kalau misalnya ditolak, Anda harus mencari prospek baru dan memulai tahapan dari awal.

Cara Membuat Sales Pipeline

Setelah Anda mengetahui tahapan dari sales pipeline dan Anda mulai untuk tertarik mencobanya, bagaimana jika Anda menyimak cara membuat sales pipeline dibawah ini.

Membuat Daftar Prospek

Hal yang paling utama adalah Anda harus mengetahui siapa prospek Anda, kepada siapa Anda harus menawarkan produk atau layanan Anda. Selanjutnya buatlah daftar calon prospek yang sekiranya berpotensi untuk melakukan transaksi. Jangan lupa juga untuk mencatat nomor dari prospek yang bisa dihubungi.

Buat Rencana Penjualan

Target penjualan yang tinggi, tentunya membuat tim sales merasa tidak fokus karena terlalu khawatir. Untuk menguranginya, tim sales harus menyusun rencana penjualan. Buatlah dengan rinci dan mudah dipahami sehingga tidak terjadinya miss dalam komunikasi.

Sempurnakan Tahapan Sales Pipeline dengan Bertahap

Jangan cepat puas dengan sales pipeline yang telah Anda buat sebelumnya. Lakukanlah trial error agar Anda bisa mengetahui keefektifannya. Pada intinya teruslah untuk berproses.

Melakukan Perbaruan

Lakukanlah perbaruan terhadap setiap kegiatan pada sales pipeline. Dengan begitu Anda akan mengetahui sudah berapa banyak pelanggan atau prospek yang telah dihubungi, diberi proposal dan menunggu keputusan. Selain itu akan lebih mudah memantau aktivitas penjualan dan apa saja yang telah dilakukan oleh tim.

Kesimpulan

Kegiatan promosi merupakan salah satu cara yang ampuh untuk memperkenalkan brand produk atau layanan kepada masyarakat. Jika Anda bingung untuk memulainya seperti apa, cobalah untuk melakukan sales pipeline.

Sales pipeline memiliki beberapa fungsi utama dan manfaat. Urutan langkah-langkah dari sales pipeline ada enam yaitu prospecting, qualifying, contacting, building relationship, proposal made dan closing.

Untuk cara membuat sales pipeline ada empat yaitu membuat daftar prospek, membuat rencana penjualan, menyempurnakan tahapan sales pipeline dengan bertahap dan melakukan pembaruan. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencobanya! Semangat!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by katemangostar on Freepik

Faktur Pajak Adalah: Fungsi Bagi Konsumen dan Perusahaan

0
faktur pajak adalah

Faktur pajak adalah bukti pungutan pajak. Pajak menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dibayar karena dari pajaklah negara mendapatkan uang untuk membiayai infrastruktur suatu negara atau hal-hal lainnya demi kesejahteraan masyarakat. Jadi kita sebagai warga negara yang baik harus taat membayar pajak. Dengan kita membayar pajak, negara akan menjadi maju, sejahtera dan terdepan.

Tapi tentu saja dengan adanya isu-isu penyelewengan pajak yang dilakukan oleh oknum-oknum berkuasa yang tidak bertanggung jawab menjadikan kita untuk ragu bahkan merasa tidak perlu untuk membayar pajak karena hanya akan “menggendutkan” salah satu pihak saja, sedangkan kita sebagai warga negara yang selalu menyisihkan uang yang sangat berarti dari kerja keras hanya dapat menerima lelah saja tanpa adanya pembuktian dari janji manis pemerintah.

Bagi Anda yang geram ataupun marah, sabar, tidak semua orang sejahat itu. Tidak semua penguasa jahat dan semua orang yang jahat dan mengambil hak orang lain, pastinya suatu saat Tuhan akan memperlihatkan keadilan. Orang-orang jahat pasti suatu saat tertangkap walau kita harus menunggu waktu yang lama. Tapi percayalah Tuhan tidak akan pernah tidur.

faktur pajak adalah

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk kita masuk ke pembahasan mengenai apa itu faktur pajak.

Apa Itu Faktur Pajak?

Faktur pajak adalah sebuah bukti dari pungutan pajak yang diberlakukan atau dikenai oleh pengusaha kena pajak (PKP) yang melakukan transaksi atau penyerahan barang (BKP) atau jasa kena pajak (JKP). Pengusaha kena pajak tersebut bisa badan usaha, seorang pengusaha atau perusahaan yang menjual atau menyediakan jasa yang akan dikenakan pajak pertambahan nilai.

Faktur pajak adalah sebagai bukti jika pengusaha telah melakukan pungutan PPN dari si pembeli sehingga selain membayar dengan harga barang atau jasa, si pembeli juga harus membayar pajak yang dikenakan.

Faktur pajak biasanya berisi tentang detail barang atau jasa yang dibeli seperti misalnya nama barang atau jasa, jumlah, harga dan informasi pajak yang dikenakan.

Jenis Faktur Pajak

Berikut adalah beberapa jenis faktur pajak.

Faktur Pajak Masukan

Adalah faktur pajak yang didapatkan oleh pengusaha kena pajak pada saat melakukan pembelian pada barang atau jasa kena pajak dari pengusaha kena pajak lainnya.

Faktur Pajak Pengganti

Adalah faktur pajak yang sebelumnya telah terbit tapi karena ada kesalahan pengisian, jadi harus diadakannya revisian sesuai dengan keadaan atau informasi yang sebenarnya.

Faktur Pajak Pengeluaran

Adalah faktur pajak yang dibuat pada saat melakukan kegiatan penjualan. Baik itu saat menjual barang kena pajak, jasa kena pajak atau barang kena pajak yang mewah.

Faktur Pajak Cacat

Adalah faktur pajak yang tidak baik isinya. Artinya, informasi yang terdapat pada faktur pajak itu ada yang tidak diisi secara benar, lengkap, jelas atau tidak berisi tanda tangan. Juga terdapat kesalahan pada pengisian nomor seri dan kode. Untuk menanganinya dikeluarkanlah faktur pajak pengganti.

Faktur Pajak Gabungan

Adalah faktur pajak yang berisi semua penyerahan yang dilakukan oleh pembeli yang sama selama satu bulan.

Faktur Pajak Digungung

Adalah faktur pajak yang tidak berisi identitas secara jelas yang hanya dibuat oleh pedagang eceran.

Faktur Pajak Batal

Adalah faktur pajak yang tidak jadi dikirim atau dibatalkan dikarenakan adanya pembatalan transaksi.

Fungsi Faktur Pajak

Berikut adalah beberapa fungsi dari faktur pajak.

Sebagai Bukti Pungutan Pajak

Faktur pajak dapat menjadi bukti bahwa pengusaha kena pajak sudah memungut pajak, baik itu pajak pertambahan nilai atau PPN, pajak penjualan barang mewah (PPnBM), barang kena pajak atau BKP dan jasa kena pajak atau JKP.

Sebagai Dokumen Pembukuan

Faktur pajak dapat digunakan sebagai dasar pencatatan dalam pembukuan.

Sebagai Bukti Transaksi

Faktur pajak dapat digunakan sebagai bukti transaksi sewaktu-waktu bila terjadi masalah sengketa atau gugatan.

Dapat Mengurasi Risiko Pajak

Bisnis juga dapat mengurangi risiko pajak dengan mengelola faktur pajak yang baik. Dengan mematuhi peraturan pajak yang berlaku dan memiliki catatan faktur yang akurat, bisnis dapat menghindari audit pajak yang merugikan.

Dapat Mengatur Keuangan Lebih Baik

Salah satu elemen penting dalam manajemen keuangan adalah faktur pajak. Faktur pajak membantu dalam pelacakan pendapatan, pengeluaran, dan kewajiban pajak, dan data ini memungkinkan para pebisnis untuk mengelola uang mereka dengan lebih baik.

Pengambilan Keputusan

Pemahaman akan faktur pajak yang baik akan membantu Anda untuk mengambil keputusan tentang investasi, strategi bisnis dan harga produk atau layanan yang lebih baik.

faktur pajak adalah

Cara Membuat Faktur Pajak

Untuk membuat faktur pajak, tidak terlalu susah, Anda hanya perlu membuatnya secara online melalui aplikasi e-Faktur. Berikut adalah langkah-langkah dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Yang harus dipersiapkan ketika akan membuat faktur pajak adalah:

  • Mempunyai NPWP
  • Punya sertifikat elektronik
  • Memiliki komputer yang kompatibel dan memenuhi standar yang direkomendasikan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masukkan kode seri atau kode faktur pajak, selain itu Anda harus memasukkan nama, NPWP, alamat perusahaan yang memberikan BKP atau JKP pada kolom pengusaha kena pajak.
  • Pada kolom yang terdapat pembeli barang kena pajak atau penerima jasa kena pajak, isilah dengan alamat, nama juga NPWP perusahaan yang membeli.
  • Masukkan nama BKP atau JKP yang diserahkan dan nomor urut sesuai dengan urutan jumlah.
  • Input nominal harga pada kolom harga jual, penggantian atau uang muka, dan termin input.
  • Mengisi harga jual, penggantian, uang muka, atau termin pada kolom.
  • Nilai potongan BKP/JKP ditulis setelah potongan harga dikurangi.
  • Dalam hal penyerahan BKP/JKP, kolom nilai uang muka yang telah diterima menunjukkan jumlah uang yang diterima.
  • Penggantian, harga jual, uang muka, atau harga akhir dikurangi dengan potongan harga dan uang muka yang diterima, yang tercantum dalam kolom dasar pengenaan pajak.
  • Mengisi kolom dengan PPN = 10% x Dasar Pengenaan Pajak, yang sama dengan jumlah PPN 10% yang terutang.
  • Kolom PPnBM, atau Pajak Penjualan Atas Barang Mewah, hanya dapat diisi apabila terjadi penyerahan dari penjualan barang mewah.
  • Selanjutnya, masukkan nama, tanda tangan, dan stempel dari pejabat yang ditunjuk perusahaan ke dalam kolom.

Kesimpulan

Faktur pajak adalah bukti pungutan pajak yang dikenakan pada pengusaha kena pajak. Terdapat tujuh jenis faktur pajak yaitu faktur pajak masukkan, pengganti, pengeluaran, cacat, gabungan digunggung dan faktur pajak batal.

Faktur pajak memiliki beberapa fungsi, yaitu dokumen pembukuan, bukti transaksi, mengurangi risiko pajak, mengatur keuangan lebih baik dan dapat digunakan untuk mengambil keputusan ketika Anda ingin berinvestasi dan memilih strategi bisnis.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Storyset on Freepik

Greenwashing: Klaim Ramah Lingkungan Namun Merusak

0
greenwashing

“Ramah lingkungan”, “Sustainable” atau kata-kata lain dari suatu barang yang dipromosikan dari suatu perusahaan yang mendukung penghijauan dan kesehatan lingkungan pasti sudah sangat sering Anda dengar ‘bukan? Namun apakah Anda yakin jika perusahaan tersebut benar-benar berniat melakukan penghijauan dan menyelamatkan lingkungan dengan menggunakan barang daur ulang dan tanpa polusi? Yuk kita simak mengenai Greenwashing, sebuah promosi yang membranding suatu produk ramah lingkungan namun justru tidak terbukti kebenarannya!

greenwashing

 

Apa Itu Greenwashing?

Greenwashing adalah salah satu promosi yang menyesatkan dimana suatu perusahaan mengklaim bahwa produknya ramah lingkungan. Mereka rela menghabiskan uang untuk berusaha membuat kesan baik produknya terhadap lingkungan daripada benar-benar mengganti produknya dengan bahan-bahan yang dapat didaur ulang dan ramah terhadap lingkungan.

Greenwashing dapat dikatakan adalah tindakan yang kotor dan menyesatkan para konsumen, terutama konsumen yang benar-benar berprinsip untuk menghijaukan dan merawat lingkungan. Mungkin perusahaan memang melakukan beberapa tindakan untuk mendukung ramah lingkungan tapi seringkali perusahaan sangat melebih-lebihkan dan menggembar-gemborkannya tanpa bukti yang jelas.

Kita sangat sulit menemukan bukti pada perusahaan yang melakukan greenwashing terhadap apa saja yang mereka lakukan kepada produk mereka agar produk mereka ramah lingkungan.

Apa yang mereka lakukan tidak pernah diperlihatkan secara transparan sehingga “ramah lingkungan” tekadang hanyalah sebuah kata pemanis untuk membuat kesan yang positif dan mendukung lingkungan yang sehat padahal dibalik itu mereka tidak melakukan apa-apa bahkan bisa saja produk mereka jutru merusak lingkungan.

Jika perusahaan transparan terhadap klaimnya, berilah keterangan dengan jelas. Seperti misalnya jika ingin mencantumkan kata ramah lingkungan pada produk entah itu pada bagian bungkusnya atau lainnya, perjelaslah apanya yang ramah lingkungan, entah itu kemasannya atau produknya. Bisa jadi isinya ramah lingkungan tapi dilapisi oleh bungkus-bungkus plastik, bukankah itu tidak ramah lingkungan?

Atau bungkusnya ramah lingkungan dan dapat didaur ulang, namun isinya dapat merusak bahkan membuat limbah penyebab rusaknya suatu ekosistem bila dipakai dalam jumlah yang banyak atau sedikit.

Seringkali di kemasan produk tertentu hanya berisi kata “ramah lingkungan” saja, tanpa penjelasan yang jelas tentang apanya yang “ramah lingkungan” sehingga kata-kata ini membuat keambiguan dan konsumen yang tidak teliti dan percaya-percaya saja, akan membelinya dengan menaruh harapan bahwa produk itu dapat benar-benar membuat lingkungan sehat dan tidak tercemar.

Ciri-Ciri Perusahaan yang Melakukan Greenwashing

Supaya Anda lebih peka terhadap tindakan greenwashing ini, atau mungkin Anda yang memiliki perusahaan tidak peka dengan salah satu promosi menyesatkan ini? Yuk kita lihat apa saja ciri-ciri dari greenwashing.

Selalu Menggunakan Kata-Kata yang Berlebihan

Selain dengan kata-kata yang membuat harapan Anda menjadi tinggi terhadap kesehatan lingkungan, penggunaan nada suara juga berperan dalam hal ini. Misalnya dengan menggunakan kata-kata “produk kami sangat ramah lingkungan dan mampu membuat dunia menjadi terselamatkan”.

Bila kita telaah, agak mustahil jika hanya dengan menggunakan produk tersebut, dunia akan menjadi bersih. Selain itu juga untuk membuat dunia bersih, tidak hanya bisa dari satu faktor saja, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk membuat dunia bersih.

Lebih Mementingkan Kesan Konsumen

Perusahaan yang melakukan greenwashing hanya ingin membuat kesan bahwa produk mereka adalah produk yang positif dan tidak akan merusak apapun. Mereka hanya mementingkan kesan dari para konsumen daripada benar-benar menyelamatkan lingkungan. Bahkan niatpun tidak ada.

Sulit Memeriksa Klaim Perusahaannya

Karena perusahaan yang melakukan praktek greenwashing ini tidak transparan mengenai apa kontribusi mereka dalam menyelamatkan atau menjaga lingkungan, sulit bagi orang lain untuk membuktikan klaim itu.

Pemalsuan Warna Hijau

Anda harus berhati-hati dengan kemasan produk yang berwarna hijau atau ada gambar pohon-pohonnya pada produk yang jelas-jelas berbahaya. Warna hijau sengaja dipakai oleh para pelaku greenwashing untuk lebih menekankan kepada konsumen bahwa produk yang diproduksi benar-benar aman. Warna hijau sendiri memiliki makna kesehatan atau berkaitan dengan alam. Sehingga jika konsumen melihat warna hijau, mereka akan tersugesti bahwa produk tersebut aman.

Misalnya dengan melihat iklan coca-cola yang berisi warna hijau pada kemasannya, seperti yang kita ketahui coca-cola merupakan produk minuman manis dan mengandung gula yang cukup banyak, selain itu pabrik cola-cola juga sering menggunakan plastik sekali pakai sehingga sama sekali tidak ramah lingkungan dan tidak aman.

greenwashing

 

Greenwashing dan Green Marketing

Keduanya hampir mirip sehingga hampir tidak terlihat perbedaannya. Untuk lebih jelas mengetahui perbedaan greenwashing dan green marketing ini yuk kita ketahui dulu apa itu green marketing.

Green marketing adalah salah satu upaya perusahaan untuk menciptakan dan memperkenalkan produk mereka yang ramah lingkungan. Tapi bedanya dengan greenwashing, green marketing ini sangat transparan terhadap apa yang mereka klaim. Mulai dari kegiatan, bahan produk yang digunakan sampai penjelasan-penjelasan lain yang sangat rinci.

Sebagai contoh, Samsung yang meluncurkan Samsung Galaxy S23 Series 5G yang mereka klaim menggunakan bahan daur ulang, bahkan mereka juga dapat sertifikasi yang menjamin pengurangan terhadap dampak lingkungan.

Contoh lain PT Uni-Charm Indonesia Tbk, misalnya, meluncurkan produk pembalut wanita Charm Herbal Ansept+ Bio yang menggunakan bahan bio dari tumbuhan tebu untuk mengurangi penggunaan plastik berbahan dasar minyak bumi.

Karena green marketing ini memfokuskan pada produksi produk yang ramah lingkungan, seringkali juga muncul resiko greenwashing. Greenwashing tidak hanya dapat menyebabkan rusaknya kepercayaan konsumen, tapi juga dapat merusak citra perusahaan yang benar-benar melakukan green marketing.

Oleh karena itu kita sebagai para perintis bisnis atau calon-calon pengusaha, janganlah sekalipun melakukan upaya greenwashing karena akan merugikan orang lain dan ujung-ujungnya akan dirasakan sendiri akibatnya. Memang, awalnya menguntungkan kita sebagai pengusaha atau pebisnis namun akan lebih baik hidup di tempat yang subur daripada hidup di lingkungan mati meskipun banyak terdapat uang di dalamnya.

Uang bisa membeli apa saja, tapi jika sudah tidak ada hal yang dapat dijual, uang tidak akan ada artinya.

Kesimpulan

Kata “ramah lingkungan” atau “suistainable” sering kali dapat kita temui pada kemasan produk tertentu, namun benarkah mereka benar-benar dapat menjaminnya? Bisa saja itu Greenwashing yang dimana perusahaan hanya melebih-lebihkan apa yang mereka janjikan dari kata “ramah lingkungan” itu. Bahkan bisa saja itu hanyalah hiasan semata untuk mengelabui konsumen.

Ciri-ciri dari greenwashing adalah selalu menggunakan kata-kata yang berlebihan, lebih mementingkan kesan konsumen, sulit memeriksa klaim perusahaannya dan pemalsuan warna hijau.

Greenwashing seringkali hampir disamakan dengan green marketing. Tapi bedanya adalah terletak pada transparasi kegiatan perusahaannya, bahan produknya dan hal-hal detil lainnya.

Anda sebagai pengusaha atau pebisnis, janganlah mengelabui seseorang dengan janji baik tanpa pembuktian, hal ini bisa saja membuat perusahaan yang sebenarnya memakai green marketing dianggap melakukan greenwashing.

Sayangilah lingkungan dan bumi kita tercinta ini!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id  atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik

Inilah Beberapa Keuntungan Bisnis Online, Berani Mulai?

0
keuntungan bisnis online

Bisnis online sudah sangat menjamur belakangan ini. Ditambah waktu ini dunia terjangkiti oleh virus korona, menjadikan bisnis online meningkat sangat pesat. Para pedagang yang dulunya hanya mengandalkan penghasilan melalui para pelanggan yang datang langsung ke warung atau toko, beralih untuk berjualan secara online oleh paksaan keadaan pada masa covid. Sekarang, meski corona sudah selesai pun, banyak yang tidak meninggalkan berjualan secara online. Keuntungan bisnis online sangat terasa sehingga selain berjualan secara langsung, mereka juga berjualan secara online agar barang mereka lebih dikenal terjual habis.

Banyak juga yang mulai membuka bisnis online, melihat banyaknya masyarakat yang lambat laun lebih memilih belanja dari rumah untuk menghindari lelah, debu, sinar UV dan panas. Lalu apa saja keuntungan bisnis online ini? Yuk kita simak bersama-sama dibawah ini!

keuntungan bisnis online

 

Keuntungan Bisnis Online

Dibawah ini akan dijelaskan keuntungan bisnis online.

Tidak Memerlukan Modal yang Banyak

Yang namanya online tidak memerlukan tempat khusus untuk berjualan, asal barangnya ada dan berkualitas, Anda bisa untuk membuka bisnis online. Biasanya jika Anda berbisnis dengan cara yang biasa, kalian harus menghabiskan uang untuk biaya sewa tempat, memikirkan untuk membayar air, listrik dan hal lainnya yang menunjang kebutuhan berjualan.

Lainnya juga perlu izin dari wilayah setempat dan menyediakan lahan untuk tempat parkir. Kalau dihitung-hitung, perlu uang yang banyak agar itu terwujud.

Bisa saja Anda membuat bisnis biasa dengan memanfaatkan lahan atau tempat dirumah untuk penghematan, tapi tentunya Anda harus merenovasi sedemikian rupa agar layak untuk dijadikan tempat berbisnis, itu perlu yang namanya biaya juga.

Lain halnya dengan bisnis online, Anda cukup memiliki barang atau jasa yang akan dijual. Anda tidak perlu menyiapkan tempat untuk menampung pelanggan Anda yang akan datang, Anda hanya cukup untuk menyiapkan tempat barang yang layak agar kualitas dapat terjaga.

Jangkauan Luas

Siapapun pasti memiliki yang namanya smartphone. Perkembangan internet yang sangat pesat menghancurkan dinding keterbatasan dalam interaksi sesama manusia. Dari smartphone, Anda dapat melihat berita maupun informasi tertentu dari berbagai wilayah dan negara.

Karena hal itu, untuk memasarkan barang Anda sejauh-jauhnya, Anda hanya perlu memanfaatkan smartphone milik Anda. Lakukan promosi dan siapa saja dari belahan wilayah manapun dapat dengan mudah mengakses dan membeli barang Anda.

Dengan begini Anda akan mendapatkan pelanggan yang jumlahnya banyak daripada hanya berbisnis biasa. Kalau berbisnis biasa, pelanggan yang datang pasti hanya disekitaran wilayah itu saja jadi barang yang bisa terjual hanya sedikit bahkan dapat mengalami penurunan imbas dari keinginan dan kebosanan dari pelanggan.

Menghemat Waktu

Melakukan aktivitas berbisnis dengan bisnis online dapat menghemat waktu Anda. Promosi cukup hanya menuliskannya, detail barang tidak perlu Anda sebutkan berulang-ulang karena sudah dapat ditulis sekali, pembayaran dapat dilakukan online dan pengirimanpun dapat menggunakan jasa kirim. Menghemat waktu bukan?

Mudah Untuk Melakukannya

Untuk Anda yang sudah fasih menggunakan smartphone, tentu saja berbisnis online bukan hal yang sulit. Anda tidak perlu kesana kemari menyiapkan segala sesuatu untuk membuka usaha. Anda hanya perlu mencari e-commerce yang tepat dan mengisi segala ketentuan yang diperlukan. Anda hanya perlu memasukan foto barang atau jasa yang Anda jual, mengisi keterangannya dan lainnya. Jadi secara sederhana Anda hanya perlu click and sell saja.

Tidak Terbatas Oleh Waktu

Jika biasanya toko mematok jam buka dan tutup, dengan bisnis online pelanggan bisa memesan atau melihat barang atau jasa Anda kapan saja dan dimana saja. Pelanggan juga dapat melakukan transaksi pembayaran langsung saat itu juga. Anda dapat mengatur pula kapan barang akan dikirim sehingga sangat fleksibel untuk Anda yang memiliki pekerjaan yang banyak.

Tapi jangan sengaja dilama-lamakan ya, nanti justru Anda akan mendapatkan protes jika barang terlalu lama tidak dikirim. Rata-rata e-commerce memiliki fitur pelacakan sehingga pelanggan Anda dapat melihat sudah sampai mana proses yang Anda lakukan terhadap barang yang dipesan tersebut.

Terhindar Dari Kecurangan Gaib

Mungkin ini sudah menjadi rahasia umum kalau masih banyak orang dimasa sekarang yang menjatuhkan usaha seseorang dengan jalan gaib. Anda tentunya pernah mendengar, melihat atau merasakan sendiri kecurangan ini. Biasanya orang yang merasa tersaingi akan mendatangi dukun untuk meminta supaya usaha bisnis korban jatuh. Dukun biasanya akan membuat toko atau tempat usaha menjadi sepi pembeli karena dengan kekuatan gaibnya seolah-olah toko atau tempat usaha tersebut terlihat tutup.

Ciri-ciri dari kecurangan gaib ini yaitu:

  • Toko atau tempat usaha yang dulu ramai sekali tiba-tiba menjadi sepi pembeli
  • Terdapat aroma-aroma tertentu yang tidak pernah tercium sebelumnya
  • Terdapat tanah asing yang tersebar disekeliling toko atau tempat usaha
  • Selain tanah, ditandai dengan adanya bunga-bunga yang ditebar
  • Yang paling ketara adalah ketika pelanggan setia mengatakan kalau toko atau tempat usaha selalu terlihat tutup.

Kecurangan seperti ini tentu sangat merugikan bahkan bisa menjadi bangkrut jika korban tidak tersadar akan hal itu. Namanya gaib pasti tidak terlihat secara kasat mata bahkan untuk melaporkan kejahatan ini pula susah karena barang buktinya cenderung tidak terlihat dan belum ada undang-undang tentang kejahatan gaib. Selain itu banyak juga masyarakat yang denial dengan hal-hal gaib seperti hantu, keberadaan jin dan sejenisnya.

Jika Anda melakukan bisnis secara online, kejahatan gaib tidak dapat menembusnya. Terlebih karena Anda tidak memerlukan lapak atau toko untuk berbisnis online, jadi Anda akan sangat aman dan pelanggan Anda tidak akan hilang.

keuntungan bisnis online

Kesimpulan

Bisnis online menjadi berkembang sejak adanya pandemi corona yang memaksa semua orang untuk berjaga jarak dan diam di rumah. Karena aktivitas yang terbatas dan keperluan yang setiap harinya harus selalu terpenuhi, menjadikan orang terpaksa untuk memesan secara online demi menjaga jarak.

Meski kita semua sangat kesal dengan hal ini, tanpa sadar kita disadarkan oleh perkembangan teknologi dan cara baru untuk berjualan. Bahkan lebih praktis dan mendulang keuntungan yang fantastis.

Beberapa keuntungan bisnis online yaitu tidak memerlukan modal yang banyak untuk menyewa lapak atau toko serta hal lain yang menyangkut pembukaan bisnis, jangkauan luas yang dimana pelanggan tidak hanya datang dari wilayah Anda saja, menghemat waktu untuk melakukan kegiatan promosi, pembayaran dan pengiriman, mudah untuk melakukannya dengan smartphone, tidak terbatas oleh waktu yang dimana pelanggan atau pembeli Anda bisa kapan saja untuk melakukan pembelian barang dan tidak adanya kecurangan gaib yang membuat toko atau usaha Anda yang dulunya sangat ramai tiba-tiba sepi pembeli.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pikisuperstar on Freepik

UMKM: Masalah yang Sering Menghambat Untuk Berkembang

0
umkm

Kata UMKM pasti sangat terdengar akrab banget di telinga Anda, Ya, UMKM itu Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Apakah ada diantara Anda yang sedang menjalankan bisnis UMKM saat ini? Kalau iya, mungkin artikel ini akan berguna bagi Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Yuk simak selengkapnya!

umkm

 

Apa Itu UMKM?

UMKM, seperti yang telah disebutkan diatas adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sebuah usaha yang produktif kepunyaannya dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha yang sudah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Ciri-ciri dari UMKM yaitu:

  • Barangnya berganti sewaktu-waktu alias tidak tetap
  • Tempat usahanya juga berpindah sewaktu-waktu
  • Keuangan usaha dan pribadi masih disatukan
  • SDM nya belum mumpuni
  • Tingkat pendidikannya masih rendah
  • Biasanya belum memiliki akses perbankan
  • Memiliki NPWP atau surat izin usaha

Contoh UMKM yaitu toko kelontong, warung makan, pedagang di pasar, warung, penjual makanan keliling, jasa cuci mobil atau motor, toko sparepart kendaraan bermotor dan masih banyak yang lainnya. UMKM juga memiliki beberapa kriteria yaitu:

  • Mikro

Usaha dapat dikriteriakan mikro jika aset yang dimiliki berjumlah maksimal Rp. 50.000.000 dan jumlah omzet maksimal Rp.300.000.000.

  • Kecil

Adalah usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha dengan jumlah aset maksimal lebih dari Rp.50.000.000 sampai Rp.500.000.000 dan omzet maksimal lebih dari Rp.300.000.000 sampai Rp.2.500.000.000.

  • Menengah

Adalah usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha dengan jumlah aset maksimal lebih dari Rp.500.000.000 sampai Rp.10.000.000.000 dan omzet maksimal Rp.2.500.000.000. sampai Rp.50.000.000.000.

Masalah yang Sering Menghambat UMKM

Tentunya dalam mengembangkan usaha yang belum besar, terdapat banyak sekali hambatan yang datang menerjang. Dibawah ini adalah hambatan yang sering ditemui.

Modal

Tentu saja ini adalah masalah yang menjangkiti usaha manapun atau dapat dikatakan ini adalah masalah klasik. Tanpa modal, Anda tentunya tidak bisa untuk sekedar menyewa toko atau bahkan menyiapkan barang apa yang akan dijual. Belum lagi masalah air, listrik atau faktor pendukung lain yang memerlukan uang.

Banyak diantara para pelaku bisnis yang mempunyai banyak ide namun terhalang oleh biaya. Apalagi masa pasca covid begini, walaupun keadaan terlihat membaik, namun masih banyak yang merasakan pendapatan tidak sebanding dengan pengeluaran. Harga-harga barang melonjak naik namun tidak diiringi dengan pemasukan yang naik pula.

Kesulitan untuk meminjam uang di bank juga menjadi masalah para pelaku bisnis, selain karena keribetan syarat untuk melakukan pinjaman, ada beberapa hal yang juga membuat para pelaku bisnis pada akhirnya tidak mendapat pinjaman uang.

Kurang Inovasi

Tentu banyak yang memiliki keinginan untuk membuka usaha dan ketika sukses tidak ingin lagi bekerja dibawah tekanan orang lain. Namun sayangnya, banyak yang membuka usaha dikarenakan hanya ikut-ikutan trend sehingga ketika trend nya hilang, usaha tersebut selanjutkan akan menuju kehancuran.

Misalnya ketika Anda tinggal di dekat kost-kostan, pasti Anda akan melihat peluang untuk membuka usaha laundry. Tentu saja Anda berfikir usaha itu pasti akan laku karena jumlah mahasiswa/siswi yang tinggal disana banyak, orang lain pun bisa saja sama berfikiran seperti Anda. Lalu tiba-tiba Anda melihat di sekeliling Anda membuka usaha laundry juga. Hari pertama mungkin Anda akan mendapat beberapa pelanggan, namun bagaimana dengan hari kedua dan seterusnya?

Anda melihat salah satu tempat laudry yang sangat ramai sekali sedangkan laundry Anda hanya mendapat pelanggan satu atau dua saja. Tentu Anda akan merasa heran bukan? Jangan berpikir tempat laundry yang ramai tersebut memakai penglaris, tolong jauhkan pikiran Anda tentang itu. Coba Anda amati apa yang membuat tempat tersebut selalu ramai? Entah karena komunikasinya yang bagus, entah pelayanannya atau kenyamanan tempatnya.

Jika Anda sudah mendapat jawabannya, buatlah inovasi yang dapat membedakan laundry milik Anda atau milik orang lain. Ini akan membuat usaha Anda mengalami peningkatan dan minimal bisa bertahan sampai beberapa tahun kedepan. Sayangnya banyak para pelaku usaha yang susah mendapat ide atau malas untuk melakukan inovasi sehingga usahanya menjadi berjalan di tempat kemudian duduk dan berhenti.

umkm

 

Gagap Teknologi

Di era jualan online saat ini, tentunya jika Anda hanya mengandalkan orang-orang datang ke tempat Anda melakukan usaha, barang Anda yang laku sangat sedikit atau bahkan tidak terjual sama sekali. Saat ini banyak pelaku usaha yang tidak mau tahu soal teknologi, tidak mau ribet memahami teknologi atau tidak terlalu cepat bisa menangkap perkembangan teknologi. Hal ini bisa dikarenakan usia, wilayah, kondisi ekonomi dan lainnya.

Komunikasi yang Kurang Efektif

Kurangnya komunikasi yang kurang efektif juga dapat menyebabkan terhambatnya kemajuan UMKM. Karena kesadaran atau tidak memiliki pengetahuan yang dalam mengenai bisnis, pelaku usaha seringkali tidak dapat berkomunikasi dengan pelanggan atau karyawan secara efektif. Akibatnya, loyalitas pelanggan akan menjadi hilang.

Pembukuan Manual

Di zaman yang sudah menggunakan teknologi untuk membantu pekerjaan manusia, saat ini sudah banyak yang tidak melakukan pembukuan secara manual. Jika pembukuan manual terjadi kerusakan, kehilangan atau kehilangan data, tentunya proses penjualan menjadi tertunda.

Oleh karena itu jika Anda tidak mau hal itu terjadi, gunakanlah pembukuan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi atau sistem yang mumpuni. Sehingga hal-hal yang menghambat proses penjualan bisa dicegah.

Suka Menunda-Nunda

Seperti yang kita ketahui, kebiasaan menunda bukanlah hal yang baik untuk dipelihara. Ketika kita menunda pekerjaan, tugas kita akan menjadi menumpuk dan bahkan kita akan melewatkan kesempatan berharga.

Maksud dari suka menunda disini adalah misalnya Anda memiliki usaha jasa memperbaiki ledeng air. Ketika Anda ditelfon dan berjanji akan berkunjung ke rumah pelanggan untuk memeriksa kebocoran air pada jam empat di keesokan hari dan ketika waktunya tiba, Anda tidak lekas datang atau bahkan tidak datang di waktu yang telah ditentukan. Tentu hal tersebut akan membuat pelanggan marah dan tidak percaya dengan Anda lagi.

Hal ini sangat sering terjadi. Selain masalah waktu, bahkan terkadang ada beberapa pelaku usaha yang tidak benar-benar menjaga barangnya dengan baik dengan alasan harus menghabiskan semuanya baru membeli barang yang baru. Sehingga tidak jarang para pelanggan akhirnya mendapat barang/produk yang kadaluarsa. Sekali pembeli belanja akan langsung merasa kapok.

Kesimpulan

UMKM adalah usaha perorangan atau badan usaha dengan skala bisnis yang tidak luas. UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menegah. Terdapat tiga kriteria dari UMKM yaitu usaha mikro, kecil dan menengah.

Beberapa hal yang membuat UMKM tidak berkembang adalah modal yang sedikit, kurang inovasi, gagap teknologi, komunikasi yang kurang efektif, pembukuan manual dan suka menunda-nunda.

Dengan adanya artikel ini diharapkan Anda dapat menjadikan ini sebagai panduan atau pertimbangan ketika ingin membuat bisnis UMKM atau Anda yang sedang struggle dengan bisnis Anda. Tetap semangat dan jangan menyerah!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Ide Niche YouTube: Buat Channel Anda Berkembang

0
youtube

Apakah kalian sedang ingin membuka chanel YouTube? Youtube adalah salah satu platform paling kuat untuk menghasilkan uang secara online. Bahkan banyak pengusaha beralih ke YouTube sebagai pekerjaan penuh waktu mereka.

Namun, untuk mencapai titik tersebut memerlukan dedikasi dan kerja keras yang cukup. Salah satu bagian yang paling sulit adalah memilih niche yang tepat. Anda perlu menemukan niche tanpa banyak pesaing dan dengan peminat yang cukup tinggi. Yuk simak dibawah ini!

youtube

 

Apa Itu niche Youtube?

Niche Youtube adalah ketika Anda fokus pada sub bagian yang lebih kecil dari pasar yang lebih besar. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat akun Youtube tentang permainan, membuat saluran yang difokuskan pada permainan tertentu seperti “Minecraft” akan menjadi ide niche Youtube yang bagus.

Dengan mempersempit pasar, Anda akan dapat menemukan area dengan lebih sedikit pesaing. Selain itu ketika Anda memilih niche audiens Anda menjadi lebih kecil tetapi mereka akan lebih berinteraksi dengan konten Anda, lebih cenderung untuk membagikannya dan kembali untuk mendapatkan konten yang lebih banyak lagi. Itulah mengapa saluran Youtube dengan niche khusus adalah ide yang bagus.

Bagaimana Cara Menemukan Niche-Niche Youtube?

Hal yang paling pertama adalah dengan melakukan penelitian mengenai niche. Jika Anda ingin menemukan niche YouTube terbaik, Anda harus melakukan beberapa hal penting berikut ini:

  1. Melakukan analisis pasar niche. Ini akan membantu Anda menemukan peluang dan pasar yang mungkin berkembang. Pertama, Anda perlu memastikan bahwa pasar yang ingin Anda sasar menggunakan platform ini.
  2. Periksa tren niche. Tren dapat membantu Anda mengetahui apa yang diminati oleh orang dari waktu ke waktu.
  3. Pelajari pesaing niche Anda. Dengan mempelajari pesaing Anda, Anda dapat mengetahui niche mana yang berhasil dan yang tidak. Selain itu, beberapa niche mungkin memiliki pesaing besar, jadi sebaiknya Anda menghindari ini.
  4. Sasar audiens yang tepat. Basis audiens Youtube berada dalam rentang usia 18 hingga 49 tahun. Ini berarti jika Anda ingin menargetkan audiens yang lebih tua, mungkin platform ini bukan pilihan yang tepat.

Setelah Anda menemukan niche yang sesuai dengan persyaratan di atas, Anda akan lebih dekat untuk menemukan niche Youtube yang menguntungkan.

Memilih niche Youtube yang akan menjaga Anda termotivasi untuk membuat konten berkualitas setiap hari juga penting. Saluran YouTube paling sukses biasanya membuat beberapa video dalam seminggu, jadi Anda perlu konsisten untuk meningkatkan peluang Anda.

Bagaimana Memilih Niche Terbaik Untuk Kanal Youtube Anda?

Niche Youtube yang baik adalah di mana orang dapat menemukan Anda di antara pesaing dan merek bersedia mengeluarkan uang untuk eksposur yang pada akhirnya akan membantu Anda tumbuh lebih cepat dan menghasilkan uang dari akun Youtube Anda.

Selain itu, niche yang baik akan memberi Anda audiens aktif yang akan berlangganan ke saluran Anda dan kemungkinan besar akan menggunakan layanan dan produk yang Anda rekomendasikan.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita lakukan untuk menilai niche Youtube yang baik sehingga Anda dapat melakukan hal yang sama.

  • Menggunakan Google Trends untuk menganalisis tren. Anda kemudian bisa menyaring nilai berdasarkan tren “seluruh dunia” selama 5 tahun terakhir. Kemudian berdasarkan “pencarian di Youtube.” Ini akan memberi Anda gambaran jelas minat tren ini di kalangan audiens dan apakah layak dikejar.
  • Selanjutnya menggunakan alat yang memungkinkan untuk memeriksa kata kunci YouTube dengan persaingan yang lebih rendah dan menemukan niche dengan keseimbangan yang baik antara persaingan dan volume. Rekomendasi untuk ini yaitu Tubebuddy.

Penting untuk memahami beberapa hal. Pertama, tren baru kemungkinan besar tidak akan menunjukkan volume yang layak saat ini. Tetapi itu tidak berarti mereka tidak akan mencapainya. Itulah mengapa penelitian niche akan membantu.

Beberapa niche ini sekarang memiliki momentum besar, dan saya pikir meninggalkannya akan menjadi kesalahan. Anda hanya perlu lebih mendalam dalam niche untuk menemukan tempat Anda dalam niche yang kurang jenuh dan mencari niche YouTube yang berbeda.

Ide Niche YouTube

Berikut adalah beberapa ide niche yang bisa menjadi inspirasimu!

  1. ASMR
  2. Virtual Reality (VR) Gaming
  3. Olah Raga di Rumah dan Fitness
  4. Gaya Hidup Berkelanjutan dan Praktik Ramah Lingkungan
  5. Masakan dan Resep Diet Khusus
  6. Keuangan Pribadi dan Investasi
  7. Strategi Pemasaran Digital dan Media Sosial
  8. Minimalis dan Rapi
  9. Meditasi
  10. Travel
  11. Perbaikan dan Renovasi Rumah DIY
  12. Resensi dan Rekomendasi Buku
  13. Belajar Bahasa
  14. Pengembangan Pribadi dan Konten Motivasi
  15. Review Teknologi dan Gadget
  16. Fashion dan Gaya Hidup
  17. Kesehatan dan Kebugaran
  18. Pengasuhan Anak
  19. Perawatan dan Pelatihan Hewan Peliharaan
  20. Kejahatan dan Misteri Sebenarnya

10 Niche YouTube Terbaik dengan Persaingan Rendah Tahun 2023

Dengan mempertimbangkan niche diatas, berikut beberapa niche terbaik untuk YouTube pada tahun 2023.

youtube

 

1. Gaming.

Jika ada niche yang bisa berkembang secara masive, itu adalah niche gaming. Tren ini melonjak selama wabah Covid, tetapi jangan khawatir, tren ini akan tetap stabil adanya. Gaming adalah niche YouTube yang sangat kompetitif, dengan 6,2 juta video dan 1 juta channel. Jadi Anda mungkin ingin memikirkan strategi Anda sebelum memilih niche ini. Seperti yang bisa Anda lihat, persaingannya sangat tinggi.

Dengan begitu banyak game baru dan menarik, banyak YouTuber masih membuat channel untuk berbagi pengalaman bermain game, melakukan streaming dan memberikan tips. Beberapa channel gaming YouTube paling populer didedikasikan untuk game tertentu.

Ini adalah ide hebat untuk mempersempit niche dari gaming dan menghilangkan ribuan pesaing.

2. Fitness Fashion.

Dua niche paling dominan di internet adalah kebugaran dan fashion. Itulah mengapa menggabungkannya adalah taruhan pasti yang semakin diminati.

Meskipun minat ini tumbuh perlahan, sudah mulai tumbuh lebih cepat di platform lain seperti Instagram. Dan dengan merek-merek yang semakin fokus pada fashion kebugaran, ini akan segera menjadi niche YouTube yang bagus.

Volume mungkin belum sangat tinggi, tetapi sudah cukup untuk memulai saluran YouTube yang menguntungkan dalam topik dengan minat di mana persaingannya saat ini cukup rendah.

Beberapa ide fashion kebugaran untuk saluran Anda bisa mencakup rutinitas latihan dengan berbagai pakaian tergantung pada aktivitas, gaya berbusana saat berlatih dan sebagainya.

3. Camilan sehat

Niche makanan adalah salah satu niche besar di YouTube. Secara khusus, makanan sehat sangat diminati di mesin pencari YouTube.

Itulah mengapa memilih niche dan fokus pada camilan sehat bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi beberapa pesaing sambil tetap memiliki volume yang lebih dari cukup. Selain itu, ini adalah tren yang terus berkembang seiring berjalannya waktu jadi ini bisa menjadi peluang bagus saat ini.

Dengan volume besar tetapi persaingan yang tinggi, mungkin akan baik untuk mempersempit niche ke level lain untuk mengurangi beberapa pesaing. Sebagai contoh, Anda bisa mengurangi pesaing dengan fokus pada topik-topik yang lebih spesifik seperti:

  • Camilan sehat untuk anak-anak
  • Camilan sehat untuk menurunkan berat badan
  • Camilan sehat untuk di tempat kerja
  • Ide camilan sehat
  • Camilan sehat selama kehamilan

Dengan memilih topik yang lebih spesifik, Anda tidak hanya dapat mengurangi beberapa pesaing tetapi juga akan membantu Anda membangun saluran Anda lebih cepat.

4. Vlog perjalanan/wisata

Mungkin ada yang mengatakan bahwa akun YouTube pertama yang populer adalah vlog perjalanan. Kenyataannya adalah bahwa ini adalah niche di mana minat seiring berjalannya waktu tidak pernah berhenti tumbuh.

Namun, ini adalah niche dengan persaingan YouTube yang tinggi karena popularitasnya, jadi Anda perlu membuat konten yang luar biasa jika Anda ingin memiliki peluang.

Video YouTube dalam niche ini biasanya dalam orang pertama, dan pelancong terhubung dengan audiens dengan menceritakan petualangan mereka. Tetapi ini bisa dilakukan dengan begitu banyak cara berbeda, itulah mengapa inovasi dan konten segar selalu memiliki peluang untuk berhasil di platform media sosial ini, terutama dalam niche ini.

Selain itu, Anda selalu bisa menemukan niche YouTube yang kurang kompetitif dengan membuat vlog perjalanan yang khusus untuk tempat tinggal Anda, misalnya, “Vlog Perjalanan Pulau Bali.”

5.    Mode/Fashion

Tren lain yang semakin populer adalah niche vlogging fashion. Dengan merek-merek besar dan kecil semakin banyak menciptakan mode yang lebih etis dan berkelanjutan serta masyarakat yang lebih sadar, niche ini diperkirakan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun mendatang.

Beberapa ide untuk niche ini misalnya:

  • Pengangkutan fesyen yang ramah lingkungan
  • Tips mode ramah lingkungan
  • Ide fashion berkelanjutan
  • Fashion ramah lingkungan yang murah

6. Diet Nabati

Kita telah membahas pentingnya makan dengan baik dan menjaga kesehatan. Itulah mengapa diet berbasis tanaman menjadi niche YouTube yang bagus untuk pecinta makanan. Dengan tren yang sangat stabil dan pertumbuhan selama beberapa tahun terakhir, tampaknya adalah ide hebat untuk memulai saluran YouTube.

7. Perawatan Kulit Pria

Perawatan kulit adalah niche yang sangat populer di kalangan wanita dan sangat kompetitif. Namun, pria sekarang lebih memperhatikan kulit mereka daripada sebelumnya sehingga dapat membuka peluang bisnis baru.

8. Pemasaran AI

Pemasaran digital mungkin merupakan salah satu niche yang paling cepat tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Dan dengan pengenalan terbaru mengenai pemasaran berbasis kecerdasan buatan (AI) menjadikan ini adalah ide niche YouTube yang menguntungkan.

Membahas topik seperti tren, tips atau alat pemasaran berbasis AI bisa menjadi beberapa ide untuk memulai dalam niche ini.

9. Pola Makan Mediterania.

Jika Anda ingin membuat saluran YouTube dalam niche makanan, maka niche diet Mediterania mungkin dapat kami sarankan. Tren ini telah meningkat dalam popularitas selama beberapa tahun terakhir dan masih terus berkembang.

10. PS5 VR.

VR adalah tren dengan banyak naik dan turun. Namun jika Anda memilih platform VR yang tepat, Anda dapat memanfaatkan tren ini. Karena ini adalah tren yang relatif baru, volume belum sangat tinggi, begitu pula dengan tingkat persaingan. Seiring berjalannya waktu, teknologi VR dan permainan baru kemungkinan akan membuat niche ini lebih kompetitif.

Terakhir, Anda harus menyesuaikan strategi konten Anda dengan platform dan teknologi baru untuk berhasil dalam niche ini. Misalnya, jika PS6 diluncurkan, pasar dan minat kemungkinan akan beralih dari PS5 VR ke PS6 VR. Seperti dalam setiap niche, kunci di sini adalah selalu mengikuti tren dan memberikan audiens Anda dengan yang terbaru.

Kesimpulan

Memulai channel yang menguntungkan dapat memungkinkan jika Anda memilih niche yang tepat dan konsisten dalam pembuatan video niche. Dengan memilih salah satu niche yang telah kami rekomendasikan diatas, diharapkan Anda dapat mudah untuk memutuskan dan membuat channel Anda bisa berkembang dengan baik.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Storyset on Freepik