Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 11

Greenwashing: Klaim Ramah Lingkungan Namun Merusak

0
greenwashing

“Ramah lingkungan”, “Sustainable” atau kata-kata lain dari suatu barang yang dipromosikan dari suatu perusahaan yang mendukung penghijauan dan kesehatan lingkungan pasti sudah sangat sering Anda dengar ‘bukan? Namun apakah Anda yakin jika perusahaan tersebut benar-benar berniat melakukan penghijauan dan menyelamatkan lingkungan dengan menggunakan barang daur ulang dan tanpa polusi? Yuk kita simak mengenai Greenwashing, sebuah promosi yang membranding suatu produk ramah lingkungan namun justru tidak terbukti kebenarannya!

greenwashing

 

Apa Itu Greenwashing?

Greenwashing adalah salah satu promosi yang menyesatkan dimana suatu perusahaan mengklaim bahwa produknya ramah lingkungan. Mereka rela menghabiskan uang untuk berusaha membuat kesan baik produknya terhadap lingkungan daripada benar-benar mengganti produknya dengan bahan-bahan yang dapat didaur ulang dan ramah terhadap lingkungan.

Greenwashing dapat dikatakan adalah tindakan yang kotor dan menyesatkan para konsumen, terutama konsumen yang benar-benar berprinsip untuk menghijaukan dan merawat lingkungan. Mungkin perusahaan memang melakukan beberapa tindakan untuk mendukung ramah lingkungan tapi seringkali perusahaan sangat melebih-lebihkan dan menggembar-gemborkannya tanpa bukti yang jelas.

Kita sangat sulit menemukan bukti pada perusahaan yang melakukan greenwashing terhadap apa saja yang mereka lakukan kepada produk mereka agar produk mereka ramah lingkungan.

Apa yang mereka lakukan tidak pernah diperlihatkan secara transparan sehingga “ramah lingkungan” tekadang hanyalah sebuah kata pemanis untuk membuat kesan yang positif dan mendukung lingkungan yang sehat padahal dibalik itu mereka tidak melakukan apa-apa bahkan bisa saja produk mereka jutru merusak lingkungan.

Jika perusahaan transparan terhadap klaimnya, berilah keterangan dengan jelas. Seperti misalnya jika ingin mencantumkan kata ramah lingkungan pada produk entah itu pada bagian bungkusnya atau lainnya, perjelaslah apanya yang ramah lingkungan, entah itu kemasannya atau produknya. Bisa jadi isinya ramah lingkungan tapi dilapisi oleh bungkus-bungkus plastik, bukankah itu tidak ramah lingkungan?

Atau bungkusnya ramah lingkungan dan dapat didaur ulang, namun isinya dapat merusak bahkan membuat limbah penyebab rusaknya suatu ekosistem bila dipakai dalam jumlah yang banyak atau sedikit.

Seringkali di kemasan produk tertentu hanya berisi kata “ramah lingkungan” saja, tanpa penjelasan yang jelas tentang apanya yang “ramah lingkungan” sehingga kata-kata ini membuat keambiguan dan konsumen yang tidak teliti dan percaya-percaya saja, akan membelinya dengan menaruh harapan bahwa produk itu dapat benar-benar membuat lingkungan sehat dan tidak tercemar.

Ciri-Ciri Perusahaan yang Melakukan Greenwashing

Supaya Anda lebih peka terhadap tindakan greenwashing ini, atau mungkin Anda yang memiliki perusahaan tidak peka dengan salah satu promosi menyesatkan ini? Yuk kita lihat apa saja ciri-ciri dari greenwashing.

Selalu Menggunakan Kata-Kata yang Berlebihan

Selain dengan kata-kata yang membuat harapan Anda menjadi tinggi terhadap kesehatan lingkungan, penggunaan nada suara juga berperan dalam hal ini. Misalnya dengan menggunakan kata-kata “produk kami sangat ramah lingkungan dan mampu membuat dunia menjadi terselamatkan”.

Bila kita telaah, agak mustahil jika hanya dengan menggunakan produk tersebut, dunia akan menjadi bersih. Selain itu juga untuk membuat dunia bersih, tidak hanya bisa dari satu faktor saja, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk membuat dunia bersih.

Lebih Mementingkan Kesan Konsumen

Perusahaan yang melakukan greenwashing hanya ingin membuat kesan bahwa produk mereka adalah produk yang positif dan tidak akan merusak apapun. Mereka hanya mementingkan kesan dari para konsumen daripada benar-benar menyelamatkan lingkungan. Bahkan niatpun tidak ada.

Sulit Memeriksa Klaim Perusahaannya

Karena perusahaan yang melakukan praktek greenwashing ini tidak transparan mengenai apa kontribusi mereka dalam menyelamatkan atau menjaga lingkungan, sulit bagi orang lain untuk membuktikan klaim itu.

Pemalsuan Warna Hijau

Anda harus berhati-hati dengan kemasan produk yang berwarna hijau atau ada gambar pohon-pohonnya pada produk yang jelas-jelas berbahaya. Warna hijau sengaja dipakai oleh para pelaku greenwashing untuk lebih menekankan kepada konsumen bahwa produk yang diproduksi benar-benar aman. Warna hijau sendiri memiliki makna kesehatan atau berkaitan dengan alam. Sehingga jika konsumen melihat warna hijau, mereka akan tersugesti bahwa produk tersebut aman.

Misalnya dengan melihat iklan coca-cola yang berisi warna hijau pada kemasannya, seperti yang kita ketahui coca-cola merupakan produk minuman manis dan mengandung gula yang cukup banyak, selain itu pabrik cola-cola juga sering menggunakan plastik sekali pakai sehingga sama sekali tidak ramah lingkungan dan tidak aman.

greenwashing

 

Greenwashing dan Green Marketing

Keduanya hampir mirip sehingga hampir tidak terlihat perbedaannya. Untuk lebih jelas mengetahui perbedaan greenwashing dan green marketing ini yuk kita ketahui dulu apa itu green marketing.

Green marketing adalah salah satu upaya perusahaan untuk menciptakan dan memperkenalkan produk mereka yang ramah lingkungan. Tapi bedanya dengan greenwashing, green marketing ini sangat transparan terhadap apa yang mereka klaim. Mulai dari kegiatan, bahan produk yang digunakan sampai penjelasan-penjelasan lain yang sangat rinci.

Sebagai contoh, Samsung yang meluncurkan Samsung Galaxy S23 Series 5G yang mereka klaim menggunakan bahan daur ulang, bahkan mereka juga dapat sertifikasi yang menjamin pengurangan terhadap dampak lingkungan.

Contoh lain PT Uni-Charm Indonesia Tbk, misalnya, meluncurkan produk pembalut wanita Charm Herbal Ansept+ Bio yang menggunakan bahan bio dari tumbuhan tebu untuk mengurangi penggunaan plastik berbahan dasar minyak bumi.

Karena green marketing ini memfokuskan pada produksi produk yang ramah lingkungan, seringkali juga muncul resiko greenwashing. Greenwashing tidak hanya dapat menyebabkan rusaknya kepercayaan konsumen, tapi juga dapat merusak citra perusahaan yang benar-benar melakukan green marketing.

Oleh karena itu kita sebagai para perintis bisnis atau calon-calon pengusaha, janganlah sekalipun melakukan upaya greenwashing karena akan merugikan orang lain dan ujung-ujungnya akan dirasakan sendiri akibatnya. Memang, awalnya menguntungkan kita sebagai pengusaha atau pebisnis namun akan lebih baik hidup di tempat yang subur daripada hidup di lingkungan mati meskipun banyak terdapat uang di dalamnya.

Uang bisa membeli apa saja, tapi jika sudah tidak ada hal yang dapat dijual, uang tidak akan ada artinya.

Kesimpulan

Kata “ramah lingkungan” atau “suistainable” sering kali dapat kita temui pada kemasan produk tertentu, namun benarkah mereka benar-benar dapat menjaminnya? Bisa saja itu Greenwashing yang dimana perusahaan hanya melebih-lebihkan apa yang mereka janjikan dari kata “ramah lingkungan” itu. Bahkan bisa saja itu hanyalah hiasan semata untuk mengelabui konsumen.

Ciri-ciri dari greenwashing adalah selalu menggunakan kata-kata yang berlebihan, lebih mementingkan kesan konsumen, sulit memeriksa klaim perusahaannya dan pemalsuan warna hijau.

Greenwashing seringkali hampir disamakan dengan green marketing. Tapi bedanya adalah terletak pada transparasi kegiatan perusahaannya, bahan produknya dan hal-hal detil lainnya.

Anda sebagai pengusaha atau pebisnis, janganlah mengelabui seseorang dengan janji baik tanpa pembuktian, hal ini bisa saja membuat perusahaan yang sebenarnya memakai green marketing dianggap melakukan greenwashing.

Sayangilah lingkungan dan bumi kita tercinta ini!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id  atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik

Inilah Beberapa Keuntungan Bisnis Online, Berani Mulai?

0
keuntungan bisnis online

Bisnis online sudah sangat menjamur belakangan ini. Ditambah waktu ini dunia terjangkiti oleh virus korona, menjadikan bisnis online meningkat sangat pesat. Para pedagang yang dulunya hanya mengandalkan penghasilan melalui para pelanggan yang datang langsung ke warung atau toko, beralih untuk berjualan secara online oleh paksaan keadaan pada masa covid. Sekarang, meski corona sudah selesai pun, banyak yang tidak meninggalkan berjualan secara online. Keuntungan bisnis online sangat terasa sehingga selain berjualan secara langsung, mereka juga berjualan secara online agar barang mereka lebih dikenal terjual habis.

Banyak juga yang mulai membuka bisnis online, melihat banyaknya masyarakat yang lambat laun lebih memilih belanja dari rumah untuk menghindari lelah, debu, sinar UV dan panas. Lalu apa saja keuntungan bisnis online ini? Yuk kita simak bersama-sama dibawah ini!

keuntungan bisnis online

 

Keuntungan Bisnis Online

Dibawah ini akan dijelaskan keuntungan bisnis online.

Tidak Memerlukan Modal yang Banyak

Yang namanya online tidak memerlukan tempat khusus untuk berjualan, asal barangnya ada dan berkualitas, Anda bisa untuk membuka bisnis online. Biasanya jika Anda berbisnis dengan cara yang biasa, kalian harus menghabiskan uang untuk biaya sewa tempat, memikirkan untuk membayar air, listrik dan hal lainnya yang menunjang kebutuhan berjualan.

Lainnya juga perlu izin dari wilayah setempat dan menyediakan lahan untuk tempat parkir. Kalau dihitung-hitung, perlu uang yang banyak agar itu terwujud.

Bisa saja Anda membuat bisnis biasa dengan memanfaatkan lahan atau tempat dirumah untuk penghematan, tapi tentunya Anda harus merenovasi sedemikian rupa agar layak untuk dijadikan tempat berbisnis, itu perlu yang namanya biaya juga.

Lain halnya dengan bisnis online, Anda cukup memiliki barang atau jasa yang akan dijual. Anda tidak perlu menyiapkan tempat untuk menampung pelanggan Anda yang akan datang, Anda hanya cukup untuk menyiapkan tempat barang yang layak agar kualitas dapat terjaga.

Jangkauan Luas

Siapapun pasti memiliki yang namanya smartphone. Perkembangan internet yang sangat pesat menghancurkan dinding keterbatasan dalam interaksi sesama manusia. Dari smartphone, Anda dapat melihat berita maupun informasi tertentu dari berbagai wilayah dan negara.

Karena hal itu, untuk memasarkan barang Anda sejauh-jauhnya, Anda hanya perlu memanfaatkan smartphone milik Anda. Lakukan promosi dan siapa saja dari belahan wilayah manapun dapat dengan mudah mengakses dan membeli barang Anda.

Dengan begini Anda akan mendapatkan pelanggan yang jumlahnya banyak daripada hanya berbisnis biasa. Kalau berbisnis biasa, pelanggan yang datang pasti hanya disekitaran wilayah itu saja jadi barang yang bisa terjual hanya sedikit bahkan dapat mengalami penurunan imbas dari keinginan dan kebosanan dari pelanggan.

Menghemat Waktu

Melakukan aktivitas berbisnis dengan bisnis online dapat menghemat waktu Anda. Promosi cukup hanya menuliskannya, detail barang tidak perlu Anda sebutkan berulang-ulang karena sudah dapat ditulis sekali, pembayaran dapat dilakukan online dan pengirimanpun dapat menggunakan jasa kirim. Menghemat waktu bukan?

Mudah Untuk Melakukannya

Untuk Anda yang sudah fasih menggunakan smartphone, tentu saja berbisnis online bukan hal yang sulit. Anda tidak perlu kesana kemari menyiapkan segala sesuatu untuk membuka usaha. Anda hanya perlu mencari e-commerce yang tepat dan mengisi segala ketentuan yang diperlukan. Anda hanya perlu memasukan foto barang atau jasa yang Anda jual, mengisi keterangannya dan lainnya. Jadi secara sederhana Anda hanya perlu click and sell saja.

Tidak Terbatas Oleh Waktu

Jika biasanya toko mematok jam buka dan tutup, dengan bisnis online pelanggan bisa memesan atau melihat barang atau jasa Anda kapan saja dan dimana saja. Pelanggan juga dapat melakukan transaksi pembayaran langsung saat itu juga. Anda dapat mengatur pula kapan barang akan dikirim sehingga sangat fleksibel untuk Anda yang memiliki pekerjaan yang banyak.

Tapi jangan sengaja dilama-lamakan ya, nanti justru Anda akan mendapatkan protes jika barang terlalu lama tidak dikirim. Rata-rata e-commerce memiliki fitur pelacakan sehingga pelanggan Anda dapat melihat sudah sampai mana proses yang Anda lakukan terhadap barang yang dipesan tersebut.

Terhindar Dari Kecurangan Gaib

Mungkin ini sudah menjadi rahasia umum kalau masih banyak orang dimasa sekarang yang menjatuhkan usaha seseorang dengan jalan gaib. Anda tentunya pernah mendengar, melihat atau merasakan sendiri kecurangan ini. Biasanya orang yang merasa tersaingi akan mendatangi dukun untuk meminta supaya usaha bisnis korban jatuh. Dukun biasanya akan membuat toko atau tempat usaha menjadi sepi pembeli karena dengan kekuatan gaibnya seolah-olah toko atau tempat usaha tersebut terlihat tutup.

Ciri-ciri dari kecurangan gaib ini yaitu:

  • Toko atau tempat usaha yang dulu ramai sekali tiba-tiba menjadi sepi pembeli
  • Terdapat aroma-aroma tertentu yang tidak pernah tercium sebelumnya
  • Terdapat tanah asing yang tersebar disekeliling toko atau tempat usaha
  • Selain tanah, ditandai dengan adanya bunga-bunga yang ditebar
  • Yang paling ketara adalah ketika pelanggan setia mengatakan kalau toko atau tempat usaha selalu terlihat tutup.

Kecurangan seperti ini tentu sangat merugikan bahkan bisa menjadi bangkrut jika korban tidak tersadar akan hal itu. Namanya gaib pasti tidak terlihat secara kasat mata bahkan untuk melaporkan kejahatan ini pula susah karena barang buktinya cenderung tidak terlihat dan belum ada undang-undang tentang kejahatan gaib. Selain itu banyak juga masyarakat yang denial dengan hal-hal gaib seperti hantu, keberadaan jin dan sejenisnya.

Jika Anda melakukan bisnis secara online, kejahatan gaib tidak dapat menembusnya. Terlebih karena Anda tidak memerlukan lapak atau toko untuk berbisnis online, jadi Anda akan sangat aman dan pelanggan Anda tidak akan hilang.

keuntungan bisnis online

Kesimpulan

Bisnis online menjadi berkembang sejak adanya pandemi corona yang memaksa semua orang untuk berjaga jarak dan diam di rumah. Karena aktivitas yang terbatas dan keperluan yang setiap harinya harus selalu terpenuhi, menjadikan orang terpaksa untuk memesan secara online demi menjaga jarak.

Meski kita semua sangat kesal dengan hal ini, tanpa sadar kita disadarkan oleh perkembangan teknologi dan cara baru untuk berjualan. Bahkan lebih praktis dan mendulang keuntungan yang fantastis.

Beberapa keuntungan bisnis online yaitu tidak memerlukan modal yang banyak untuk menyewa lapak atau toko serta hal lain yang menyangkut pembukaan bisnis, jangkauan luas yang dimana pelanggan tidak hanya datang dari wilayah Anda saja, menghemat waktu untuk melakukan kegiatan promosi, pembayaran dan pengiriman, mudah untuk melakukannya dengan smartphone, tidak terbatas oleh waktu yang dimana pelanggan atau pembeli Anda bisa kapan saja untuk melakukan pembelian barang dan tidak adanya kecurangan gaib yang membuat toko atau usaha Anda yang dulunya sangat ramai tiba-tiba sepi pembeli.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pikisuperstar on Freepik

UMKM: Masalah yang Sering Menghambat Untuk Berkembang

0
umkm

Kata UMKM pasti sangat terdengar akrab banget di telinga Anda, Ya, UMKM itu Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Apakah ada diantara Anda yang sedang menjalankan bisnis UMKM saat ini? Kalau iya, mungkin artikel ini akan berguna bagi Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Yuk simak selengkapnya!

umkm

 

Apa Itu UMKM?

UMKM, seperti yang telah disebutkan diatas adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sebuah usaha yang produktif kepunyaannya dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha yang sudah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Ciri-ciri dari UMKM yaitu:

  • Barangnya berganti sewaktu-waktu alias tidak tetap
  • Tempat usahanya juga berpindah sewaktu-waktu
  • Keuangan usaha dan pribadi masih disatukan
  • SDM nya belum mumpuni
  • Tingkat pendidikannya masih rendah
  • Biasanya belum memiliki akses perbankan
  • Memiliki NPWP atau surat izin usaha

Contoh UMKM yaitu toko kelontong, warung makan, pedagang di pasar, warung, penjual makanan keliling, jasa cuci mobil atau motor, toko sparepart kendaraan bermotor dan masih banyak yang lainnya. UMKM juga memiliki beberapa kriteria yaitu:

  • Mikro

Usaha dapat dikriteriakan mikro jika aset yang dimiliki berjumlah maksimal Rp. 50.000.000 dan jumlah omzet maksimal Rp.300.000.000.

  • Kecil

Adalah usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha dengan jumlah aset maksimal lebih dari Rp.50.000.000 sampai Rp.500.000.000 dan omzet maksimal lebih dari Rp.300.000.000 sampai Rp.2.500.000.000.

  • Menengah

Adalah usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha dengan jumlah aset maksimal lebih dari Rp.500.000.000 sampai Rp.10.000.000.000 dan omzet maksimal Rp.2.500.000.000. sampai Rp.50.000.000.000.

Masalah yang Sering Menghambat UMKM

Tentunya dalam mengembangkan usaha yang belum besar, terdapat banyak sekali hambatan yang datang menerjang. Dibawah ini adalah hambatan yang sering ditemui.

Modal

Tentu saja ini adalah masalah yang menjangkiti usaha manapun atau dapat dikatakan ini adalah masalah klasik. Tanpa modal, Anda tentunya tidak bisa untuk sekedar menyewa toko atau bahkan menyiapkan barang apa yang akan dijual. Belum lagi masalah air, listrik atau faktor pendukung lain yang memerlukan uang.

Banyak diantara para pelaku bisnis yang mempunyai banyak ide namun terhalang oleh biaya. Apalagi masa pasca covid begini, walaupun keadaan terlihat membaik, namun masih banyak yang merasakan pendapatan tidak sebanding dengan pengeluaran. Harga-harga barang melonjak naik namun tidak diiringi dengan pemasukan yang naik pula.

Kesulitan untuk meminjam uang di bank juga menjadi masalah para pelaku bisnis, selain karena keribetan syarat untuk melakukan pinjaman, ada beberapa hal yang juga membuat para pelaku bisnis pada akhirnya tidak mendapat pinjaman uang.

Kurang Inovasi

Tentu banyak yang memiliki keinginan untuk membuka usaha dan ketika sukses tidak ingin lagi bekerja dibawah tekanan orang lain. Namun sayangnya, banyak yang membuka usaha dikarenakan hanya ikut-ikutan trend sehingga ketika trend nya hilang, usaha tersebut selanjutkan akan menuju kehancuran.

Misalnya ketika Anda tinggal di dekat kost-kostan, pasti Anda akan melihat peluang untuk membuka usaha laundry. Tentu saja Anda berfikir usaha itu pasti akan laku karena jumlah mahasiswa/siswi yang tinggal disana banyak, orang lain pun bisa saja sama berfikiran seperti Anda. Lalu tiba-tiba Anda melihat di sekeliling Anda membuka usaha laundry juga. Hari pertama mungkin Anda akan mendapat beberapa pelanggan, namun bagaimana dengan hari kedua dan seterusnya?

Anda melihat salah satu tempat laudry yang sangat ramai sekali sedangkan laundry Anda hanya mendapat pelanggan satu atau dua saja. Tentu Anda akan merasa heran bukan? Jangan berpikir tempat laundry yang ramai tersebut memakai penglaris, tolong jauhkan pikiran Anda tentang itu. Coba Anda amati apa yang membuat tempat tersebut selalu ramai? Entah karena komunikasinya yang bagus, entah pelayanannya atau kenyamanan tempatnya.

Jika Anda sudah mendapat jawabannya, buatlah inovasi yang dapat membedakan laundry milik Anda atau milik orang lain. Ini akan membuat usaha Anda mengalami peningkatan dan minimal bisa bertahan sampai beberapa tahun kedepan. Sayangnya banyak para pelaku usaha yang susah mendapat ide atau malas untuk melakukan inovasi sehingga usahanya menjadi berjalan di tempat kemudian duduk dan berhenti.

umkm

 

Gagap Teknologi

Di era jualan online saat ini, tentunya jika Anda hanya mengandalkan orang-orang datang ke tempat Anda melakukan usaha, barang Anda yang laku sangat sedikit atau bahkan tidak terjual sama sekali. Saat ini banyak pelaku usaha yang tidak mau tahu soal teknologi, tidak mau ribet memahami teknologi atau tidak terlalu cepat bisa menangkap perkembangan teknologi. Hal ini bisa dikarenakan usia, wilayah, kondisi ekonomi dan lainnya.

Komunikasi yang Kurang Efektif

Kurangnya komunikasi yang kurang efektif juga dapat menyebabkan terhambatnya kemajuan UMKM. Karena kesadaran atau tidak memiliki pengetahuan yang dalam mengenai bisnis, pelaku usaha seringkali tidak dapat berkomunikasi dengan pelanggan atau karyawan secara efektif. Akibatnya, loyalitas pelanggan akan menjadi hilang.

Pembukuan Manual

Di zaman yang sudah menggunakan teknologi untuk membantu pekerjaan manusia, saat ini sudah banyak yang tidak melakukan pembukuan secara manual. Jika pembukuan manual terjadi kerusakan, kehilangan atau kehilangan data, tentunya proses penjualan menjadi tertunda.

Oleh karena itu jika Anda tidak mau hal itu terjadi, gunakanlah pembukuan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi atau sistem yang mumpuni. Sehingga hal-hal yang menghambat proses penjualan bisa dicegah.

Suka Menunda-Nunda

Seperti yang kita ketahui, kebiasaan menunda bukanlah hal yang baik untuk dipelihara. Ketika kita menunda pekerjaan, tugas kita akan menjadi menumpuk dan bahkan kita akan melewatkan kesempatan berharga.

Maksud dari suka menunda disini adalah misalnya Anda memiliki usaha jasa memperbaiki ledeng air. Ketika Anda ditelfon dan berjanji akan berkunjung ke rumah pelanggan untuk memeriksa kebocoran air pada jam empat di keesokan hari dan ketika waktunya tiba, Anda tidak lekas datang atau bahkan tidak datang di waktu yang telah ditentukan. Tentu hal tersebut akan membuat pelanggan marah dan tidak percaya dengan Anda lagi.

Hal ini sangat sering terjadi. Selain masalah waktu, bahkan terkadang ada beberapa pelaku usaha yang tidak benar-benar menjaga barangnya dengan baik dengan alasan harus menghabiskan semuanya baru membeli barang yang baru. Sehingga tidak jarang para pelanggan akhirnya mendapat barang/produk yang kadaluarsa. Sekali pembeli belanja akan langsung merasa kapok.

Kesimpulan

UMKM adalah usaha perorangan atau badan usaha dengan skala bisnis yang tidak luas. UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menegah. Terdapat tiga kriteria dari UMKM yaitu usaha mikro, kecil dan menengah.

Beberapa hal yang membuat UMKM tidak berkembang adalah modal yang sedikit, kurang inovasi, gagap teknologi, komunikasi yang kurang efektif, pembukuan manual dan suka menunda-nunda.

Dengan adanya artikel ini diharapkan Anda dapat menjadikan ini sebagai panduan atau pertimbangan ketika ingin membuat bisnis UMKM atau Anda yang sedang struggle dengan bisnis Anda. Tetap semangat dan jangan menyerah!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Ide Niche YouTube: Buat Channel Anda Berkembang

0
youtube

Apakah kalian sedang ingin membuka chanel YouTube? Youtube adalah salah satu platform paling kuat untuk menghasilkan uang secara online. Bahkan banyak pengusaha beralih ke YouTube sebagai pekerjaan penuh waktu mereka.

Namun, untuk mencapai titik tersebut memerlukan dedikasi dan kerja keras yang cukup. Salah satu bagian yang paling sulit adalah memilih niche yang tepat. Anda perlu menemukan niche tanpa banyak pesaing dan dengan peminat yang cukup tinggi. Yuk simak dibawah ini!

youtube

 

Apa Itu niche Youtube?

Niche Youtube adalah ketika Anda fokus pada sub bagian yang lebih kecil dari pasar yang lebih besar. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat akun Youtube tentang permainan, membuat saluran yang difokuskan pada permainan tertentu seperti “Minecraft” akan menjadi ide niche Youtube yang bagus.

Dengan mempersempit pasar, Anda akan dapat menemukan area dengan lebih sedikit pesaing. Selain itu ketika Anda memilih niche audiens Anda menjadi lebih kecil tetapi mereka akan lebih berinteraksi dengan konten Anda, lebih cenderung untuk membagikannya dan kembali untuk mendapatkan konten yang lebih banyak lagi. Itulah mengapa saluran Youtube dengan niche khusus adalah ide yang bagus.

Bagaimana Cara Menemukan Niche-Niche Youtube?

Hal yang paling pertama adalah dengan melakukan penelitian mengenai niche. Jika Anda ingin menemukan niche YouTube terbaik, Anda harus melakukan beberapa hal penting berikut ini:

  1. Melakukan analisis pasar niche. Ini akan membantu Anda menemukan peluang dan pasar yang mungkin berkembang. Pertama, Anda perlu memastikan bahwa pasar yang ingin Anda sasar menggunakan platform ini.
  2. Periksa tren niche. Tren dapat membantu Anda mengetahui apa yang diminati oleh orang dari waktu ke waktu.
  3. Pelajari pesaing niche Anda. Dengan mempelajari pesaing Anda, Anda dapat mengetahui niche mana yang berhasil dan yang tidak. Selain itu, beberapa niche mungkin memiliki pesaing besar, jadi sebaiknya Anda menghindari ini.
  4. Sasar audiens yang tepat. Basis audiens Youtube berada dalam rentang usia 18 hingga 49 tahun. Ini berarti jika Anda ingin menargetkan audiens yang lebih tua, mungkin platform ini bukan pilihan yang tepat.

Setelah Anda menemukan niche yang sesuai dengan persyaratan di atas, Anda akan lebih dekat untuk menemukan niche Youtube yang menguntungkan.

Memilih niche Youtube yang akan menjaga Anda termotivasi untuk membuat konten berkualitas setiap hari juga penting. Saluran YouTube paling sukses biasanya membuat beberapa video dalam seminggu, jadi Anda perlu konsisten untuk meningkatkan peluang Anda.

Bagaimana Memilih Niche Terbaik Untuk Kanal Youtube Anda?

Niche Youtube yang baik adalah di mana orang dapat menemukan Anda di antara pesaing dan merek bersedia mengeluarkan uang untuk eksposur yang pada akhirnya akan membantu Anda tumbuh lebih cepat dan menghasilkan uang dari akun Youtube Anda.

Selain itu, niche yang baik akan memberi Anda audiens aktif yang akan berlangganan ke saluran Anda dan kemungkinan besar akan menggunakan layanan dan produk yang Anda rekomendasikan.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita lakukan untuk menilai niche Youtube yang baik sehingga Anda dapat melakukan hal yang sama.

  • Menggunakan Google Trends untuk menganalisis tren. Anda kemudian bisa menyaring nilai berdasarkan tren “seluruh dunia” selama 5 tahun terakhir. Kemudian berdasarkan “pencarian di Youtube.” Ini akan memberi Anda gambaran jelas minat tren ini di kalangan audiens dan apakah layak dikejar.
  • Selanjutnya menggunakan alat yang memungkinkan untuk memeriksa kata kunci YouTube dengan persaingan yang lebih rendah dan menemukan niche dengan keseimbangan yang baik antara persaingan dan volume. Rekomendasi untuk ini yaitu Tubebuddy.

Penting untuk memahami beberapa hal. Pertama, tren baru kemungkinan besar tidak akan menunjukkan volume yang layak saat ini. Tetapi itu tidak berarti mereka tidak akan mencapainya. Itulah mengapa penelitian niche akan membantu.

Beberapa niche ini sekarang memiliki momentum besar, dan saya pikir meninggalkannya akan menjadi kesalahan. Anda hanya perlu lebih mendalam dalam niche untuk menemukan tempat Anda dalam niche yang kurang jenuh dan mencari niche YouTube yang berbeda.

Ide Niche YouTube

Berikut adalah beberapa ide niche yang bisa menjadi inspirasimu!

  1. ASMR
  2. Virtual Reality (VR) Gaming
  3. Olah Raga di Rumah dan Fitness
  4. Gaya Hidup Berkelanjutan dan Praktik Ramah Lingkungan
  5. Masakan dan Resep Diet Khusus
  6. Keuangan Pribadi dan Investasi
  7. Strategi Pemasaran Digital dan Media Sosial
  8. Minimalis dan Rapi
  9. Meditasi
  10. Travel
  11. Perbaikan dan Renovasi Rumah DIY
  12. Resensi dan Rekomendasi Buku
  13. Belajar Bahasa
  14. Pengembangan Pribadi dan Konten Motivasi
  15. Review Teknologi dan Gadget
  16. Fashion dan Gaya Hidup
  17. Kesehatan dan Kebugaran
  18. Pengasuhan Anak
  19. Perawatan dan Pelatihan Hewan Peliharaan
  20. Kejahatan dan Misteri Sebenarnya

10 Niche YouTube Terbaik dengan Persaingan Rendah Tahun 2023

Dengan mempertimbangkan niche diatas, berikut beberapa niche terbaik untuk YouTube pada tahun 2023.

youtube

 

1. Gaming.

Jika ada niche yang bisa berkembang secara masive, itu adalah niche gaming. Tren ini melonjak selama wabah Covid, tetapi jangan khawatir, tren ini akan tetap stabil adanya. Gaming adalah niche YouTube yang sangat kompetitif, dengan 6,2 juta video dan 1 juta channel. Jadi Anda mungkin ingin memikirkan strategi Anda sebelum memilih niche ini. Seperti yang bisa Anda lihat, persaingannya sangat tinggi.

Dengan begitu banyak game baru dan menarik, banyak YouTuber masih membuat channel untuk berbagi pengalaman bermain game, melakukan streaming dan memberikan tips. Beberapa channel gaming YouTube paling populer didedikasikan untuk game tertentu.

Ini adalah ide hebat untuk mempersempit niche dari gaming dan menghilangkan ribuan pesaing.

2. Fitness Fashion.

Dua niche paling dominan di internet adalah kebugaran dan fashion. Itulah mengapa menggabungkannya adalah taruhan pasti yang semakin diminati.

Meskipun minat ini tumbuh perlahan, sudah mulai tumbuh lebih cepat di platform lain seperti Instagram. Dan dengan merek-merek yang semakin fokus pada fashion kebugaran, ini akan segera menjadi niche YouTube yang bagus.

Volume mungkin belum sangat tinggi, tetapi sudah cukup untuk memulai saluran YouTube yang menguntungkan dalam topik dengan minat di mana persaingannya saat ini cukup rendah.

Beberapa ide fashion kebugaran untuk saluran Anda bisa mencakup rutinitas latihan dengan berbagai pakaian tergantung pada aktivitas, gaya berbusana saat berlatih dan sebagainya.

3. Camilan sehat

Niche makanan adalah salah satu niche besar di YouTube. Secara khusus, makanan sehat sangat diminati di mesin pencari YouTube.

Itulah mengapa memilih niche dan fokus pada camilan sehat bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi beberapa pesaing sambil tetap memiliki volume yang lebih dari cukup. Selain itu, ini adalah tren yang terus berkembang seiring berjalannya waktu jadi ini bisa menjadi peluang bagus saat ini.

Dengan volume besar tetapi persaingan yang tinggi, mungkin akan baik untuk mempersempit niche ke level lain untuk mengurangi beberapa pesaing. Sebagai contoh, Anda bisa mengurangi pesaing dengan fokus pada topik-topik yang lebih spesifik seperti:

  • Camilan sehat untuk anak-anak
  • Camilan sehat untuk menurunkan berat badan
  • Camilan sehat untuk di tempat kerja
  • Ide camilan sehat
  • Camilan sehat selama kehamilan

Dengan memilih topik yang lebih spesifik, Anda tidak hanya dapat mengurangi beberapa pesaing tetapi juga akan membantu Anda membangun saluran Anda lebih cepat.

4. Vlog perjalanan/wisata

Mungkin ada yang mengatakan bahwa akun YouTube pertama yang populer adalah vlog perjalanan. Kenyataannya adalah bahwa ini adalah niche di mana minat seiring berjalannya waktu tidak pernah berhenti tumbuh.

Namun, ini adalah niche dengan persaingan YouTube yang tinggi karena popularitasnya, jadi Anda perlu membuat konten yang luar biasa jika Anda ingin memiliki peluang.

Video YouTube dalam niche ini biasanya dalam orang pertama, dan pelancong terhubung dengan audiens dengan menceritakan petualangan mereka. Tetapi ini bisa dilakukan dengan begitu banyak cara berbeda, itulah mengapa inovasi dan konten segar selalu memiliki peluang untuk berhasil di platform media sosial ini, terutama dalam niche ini.

Selain itu, Anda selalu bisa menemukan niche YouTube yang kurang kompetitif dengan membuat vlog perjalanan yang khusus untuk tempat tinggal Anda, misalnya, “Vlog Perjalanan Pulau Bali.”

5.    Mode/Fashion

Tren lain yang semakin populer adalah niche vlogging fashion. Dengan merek-merek besar dan kecil semakin banyak menciptakan mode yang lebih etis dan berkelanjutan serta masyarakat yang lebih sadar, niche ini diperkirakan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun mendatang.

Beberapa ide untuk niche ini misalnya:

  • Pengangkutan fesyen yang ramah lingkungan
  • Tips mode ramah lingkungan
  • Ide fashion berkelanjutan
  • Fashion ramah lingkungan yang murah

6. Diet Nabati

Kita telah membahas pentingnya makan dengan baik dan menjaga kesehatan. Itulah mengapa diet berbasis tanaman menjadi niche YouTube yang bagus untuk pecinta makanan. Dengan tren yang sangat stabil dan pertumbuhan selama beberapa tahun terakhir, tampaknya adalah ide hebat untuk memulai saluran YouTube.

7. Perawatan Kulit Pria

Perawatan kulit adalah niche yang sangat populer di kalangan wanita dan sangat kompetitif. Namun, pria sekarang lebih memperhatikan kulit mereka daripada sebelumnya sehingga dapat membuka peluang bisnis baru.

8. Pemasaran AI

Pemasaran digital mungkin merupakan salah satu niche yang paling cepat tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Dan dengan pengenalan terbaru mengenai pemasaran berbasis kecerdasan buatan (AI) menjadikan ini adalah ide niche YouTube yang menguntungkan.

Membahas topik seperti tren, tips atau alat pemasaran berbasis AI bisa menjadi beberapa ide untuk memulai dalam niche ini.

9. Pola Makan Mediterania.

Jika Anda ingin membuat saluran YouTube dalam niche makanan, maka niche diet Mediterania mungkin dapat kami sarankan. Tren ini telah meningkat dalam popularitas selama beberapa tahun terakhir dan masih terus berkembang.

10. PS5 VR.

VR adalah tren dengan banyak naik dan turun. Namun jika Anda memilih platform VR yang tepat, Anda dapat memanfaatkan tren ini. Karena ini adalah tren yang relatif baru, volume belum sangat tinggi, begitu pula dengan tingkat persaingan. Seiring berjalannya waktu, teknologi VR dan permainan baru kemungkinan akan membuat niche ini lebih kompetitif.

Terakhir, Anda harus menyesuaikan strategi konten Anda dengan platform dan teknologi baru untuk berhasil dalam niche ini. Misalnya, jika PS6 diluncurkan, pasar dan minat kemungkinan akan beralih dari PS5 VR ke PS6 VR. Seperti dalam setiap niche, kunci di sini adalah selalu mengikuti tren dan memberikan audiens Anda dengan yang terbaru.

Kesimpulan

Memulai channel yang menguntungkan dapat memungkinkan jika Anda memilih niche yang tepat dan konsisten dalam pembuatan video niche. Dengan memilih salah satu niche yang telah kami rekomendasikan diatas, diharapkan Anda dapat mudah untuk memutuskan dan membuat channel Anda bisa berkembang dengan baik.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Storyset on Freepik

Jamu Nyonya Meneer: Penerapan Segmentasi Pasar Sukses

0
jamu nyonya meneer

Strategi Segmentasi merupakan strategi pemasaran yang pastinya sudah tidak asing terdengar di telinga atau jika kalian baru pertama kali mendengarnya, kalian berada di artikel yang tepat karena kali ini kita akan membahas mengenai strategi segmentasi dan salah satu contoh perusahaan yang memakai strategi ini yaitu Jamu Nyonya Meneer. Meskipun perusahaan jamu nyonya meneer sudah tutup saat ini, ingatlah bawa jamu ini pernah jaya pada masanya dan menjadi legenda di masyarakat Indonesia.

Tanpa berlama-lama lagi yuk simak selengkapnya di bawah ini!

jamu nyonya meneer

 

Apa Itu Strategi Segmentasi?

Strategi Segmentasi yaitu sebuah istilah yang tentunya sudah sangat tidak asing dalam dunia pemasaran atau marketing. Segmentasi pasar menitikberatkan pada pembagian kelompok-kelompok dari pasar yang luas menjadi kelompok yang kecil berdasarkan karakteristik dan kebutuhan yang sama. Tentu saja melibatkan analisis mendalam berdasarkan berbagai faktor seperti misalnya faktor perilaku konsumen, demografi dan geografi.

Dengan mengelompokkan kebutuhan-kebutuhan konsumen ini, kita akan lebih mudah untuk memberikan produk atau layanan yang sesuai sehingga target penjualan akan mudah pula untuk tercapai. Semakin kita mengerti akan kebutuhan konsumen, maka semakin membuat bisnis kalian terarah dengan baik. Terutama dalam mengarahkan dana dan usaha ke dalam ranah yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

Langkah-Langkah Segmentasi Pasar

Setelah kita mengetahui apa itu strategi segmentasi, tidak lengkap jika tanpa menyertakan bagaimana langkah-langkah agar segmentasi pasar mendapatkan hasil yang baik. Menurut Tjiptono (dalam Rusmawati, 2017: 916) ada tiga tahap dalam menentukan segmentasi pasar. Berikut adalah ketiga tahapnya.

  1. Tahap Survey

Perusahaan melakukan wawancara untuk memperoleh masukan mengenai perilaku konsumen, motivasi dan sikap.

  1. Tahap Analisis

Pada tahap ini perusahaan menggunakan alat analisis factorial pada data untuk membuang variabel yang berkorelasi tinggi kemudian menggunakan analisis kluser untuk melakukan penetapan sejumlah segmen yang saling berbeda satu sama lain.

  1. Tahap Pembentukan

Masing-masing kluser dibentuk dengan persyaratan perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikografis dan kebiasaan konsumsi media mereka.

Manfaat Segmentasi Pasar

Berikut adalah beberapa manfaat segmentasi pasar.

  1. Mengspesifikkan Target Pasar

Dengan menerapkan segmentasi pasar, kalian dapat dengan mudah mengarahkan pemasaran secara lebih spesifik dan dengan demikian perusahaan dapat mengeluarkan dana dan usaha dengan lebih efisien, mencapai hasil yang baik juga tentunya tercapainya target.

  1. Memahami Pelanggan

Segmentasi dapat membantu perusahaan memahami dengan lebih baik dan tepat tentang kebutuhan, motivasi dan perilaku pelanggan. Ini dapat membuat perusahaan mengembangkan strategi pemasaran dengan lebih relevan, memberikan pengalaman yang lebih baik dan dapat menyesuaikan produk atau layanan.

  1. Mengembangkan Inovasi

Segmentasi ini membantu perusahaan dalam melihat peluang dan kebutuhan yang belum terpenuhi. Dalam memahami perbedaan dalam kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan baru yang lebih inovatif dan memenuhi kebutuhan segmen yang spesifik.

  1. Peluang Pasar Baru

Segmentasi dapat membantu perusahaan untuk melihat peluang pasar yang belum terpenuhi atau kurang dilayani. Ini memberikan peluang untuk mengembangkan produk atau layanan yang baru. Sehingga dapat memperluas pangsa pasar dan keunggulan kompetitif.

Jamu Nyonya Meneer

Jamu Nyonya Meneer diproduksi oleh PT Nyonya Meneer yang sudah berdiri sejak tahun 1919 di Semarang, Jawa Tengah. Jamu ini diciptakan oleh seorang wanita keturuhan Tionghoa bernama Lauw Ping Nio yang lahir di Sidoarjo, Jawa Timur, pada tahun 1895 dan wafat tahun 1978.

Lauw Ping Nio sendiri memiliki julukan lain yaitu Meneer karena ibunya mengidam beras Menir saat mengandung Law Ping Nio dan akhirnya Law Ping Nio lebih akrab dipanggil dengan nama Menir lalu namanya mengikuti tulisan Belanda menjadi Meneer dan akhirnya panggilan Nyonya Meneer pun tercipta.

jamu nyonya meneer

 

Pada saat Lauw Ping Nio masih kecil, sebenarnya sudah berdiri sekolah-sekolah formal, namun untuk mendapatkan aksesnya sangat sulit karena pada masa itu terdapat paham bahwa pendidikan yang paling baik untuk perempuan adalah pendidikan yang berkaitan dengan keterampilan rumah tangga. Alhasil Lauw Ping Nio tidak bersekolah. Namun meski begitu, Ibunya mengajarkannya segala jenis keterampilan rumah tangga dan tata cara menanam tanaman herbal.

Lalu ketika Lauw Ping Nio remaja, dia dipersunting oleh seorang pedagang bernama Ong Bian Wan dan kemudian menikah. Tidak lama setelah mereka menikah, Lauw Ping Nio menghadapi masa sulit dimana suaminya mengalami sakit perut luar biasa yang diduga sariawan usus. Pada masa itu fasilitas kesehatan dan tenaga medis sangat terbatas. Tidak mudah pula bagi orang non eropa untuk mendapat fasilitas kesehatan yang memadai.

Ditengah kebingungannya, Law Ping Nio teringat dengan keterampilan meracik tanaman herbal yang telah diajarkan ibunya. Alhasil dia mulai meracik dan memberikannya kepada suaminya. Suaminya pun berangsur-angsur membaik dan ini membuktikan racikan obat herbal yang dibuat oleh Law Ping Nio berhasil dan berkhasiat.

Sejak saat itu Law Ping Nio mulai meracik-racik obat herbal lalu diberikan kepada keluarganya yang sedang sakit. Lama-lama racikan Law Ping Nio mulai dikenal masyarakat luas dan banyak tetangga dan orang-orang berdatangan untuk meminta tolong kepada Law Ping Nio untuk dibuatkan racikan obat.

Melihat permintaan racikan obat herbal semakin banyak, Law Ping Nio pun mulai membuka usaha jamu yang awalnya diberi nama Jamu Cap Potret Nyonya Meneer. Awalnya ketika jamu buatannya selesai, Law Ping Nio sendiri yang akan mengantarkan pesanan tersebut tapi karena pesanan jamu juga sampai berasal dari kota-kota yang jauh diputuskanlah untuk menambahkan foto dirinya sendiri agar orang-orang tahu bahwa jamu ini asli dan khasiatnya masih terjaga meskipun tidak langsung diantarkan oleh Law Ping Nio sendiri.

Terdapat paham bahwa jika bukan Law Ping Nio sendiri yang mengantarkan racikan obat herbal tersebut, maka khasiatnya akan hilang.

Menambahkan foto diri pada kemasan produk merupakan hal yang tidak pernah dilakukan oleh siapapun sehingga dapat dikatakan ini merupakan terobosan baru dalam dunia pemasaran. Law Ping Nio sengaja mengenakan pakaian jawa dan berdandan seperti orang jawa, melepaskan identitasnya sebagai orang Tionghoa agar masyarakat percaya bahwa jamu yang dia jual adalah jamu asli jawa dan bukan dari dataran China.

Bisnis Jamu Nyonya Meneer mengalami awal kehancuran ketika anak pertama dari Law Ping Nio disusul oleh Law Ping Nio yang berpulang. Setelah itu anak Law Ping Nio yang lainnya tidak ada yang mau melanjutkan bisnis Jamu Nyonya Meneer sehingga bisnis tersebut jatuh kepada cucu-cucunya. Sayangnya cucu-cucu Law Ping Nio tidak ada yang akur dan memutuskan untuk berpisah.

Akhirnya bisnis ini jatuh ke tangan salah satu cucu Law Ping Nio dan kemudian berujung pada pailit yang menyebabkan bisnis ini tutup total pada tahun 2017.

Kesimpulan

Jika kita melihat usaha Law Ping Nio dalam mengawali bisnisnya, terdapat beberapa hal yang dapat menyimpulkan bahwa Law Ping Nio melakukan strategi segmentasi pada usaha yang didirikannya.

Pertama Law Ping Nio melihat bahwa ketidakmungkinan masyarakat non Eropa mendapat penanganan medis yang layak sehingga ia pun berinisiatif untuk membuka bisnis jamu. Kita dapat melihat Law Ping Nio memanfaatkan kebutuhan yang serupa diantara masyarakat.

Kedua, karena Law Ping Nio melihat masyarakat pada masa itu benar-benar mempercayai jika bukan Law Ping Nio sendiri yang mengantarnya maka dipercayai jamunya tidak berkhasiat,  Law Ping Nio memanfaatkan prefensi masyarakat untuk mempertahankan kepercayaan mereka dengan memasang foto dirinya sebagai perwakilan sehingga menjamin bahwa jamu itu berkhasiat.

Ketiga, jika kita melihat dari sudut geografi, Law Ping Nio rela melepaskan identitasnya sebagai orang tionghoa, mengenakan pakaian dan berdandan ala perempuan Jawa agar masyarakat percaya bahwa jamu ini adalah jamu asli dari jawa bukan dari dataran China juga harganya yang terjangkau. Karena pada masa itu orang Tionghoa dianggap memiliki status yang lebih tinggi daripada pribumi.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail Picture: Image by pch.vector on Freepik

5 Contoh Key Performance Indicator (KPI), Lengkap dengan Panduan

0
kpi

KPI adalah salah satu alat yang paling penting dalam pengukuran keberhasilan sebuah organisasi.

KPI membantu perusahaan untuk memahami sejauh mana mereka telah mencapai tujuan mereka dan apakah mereka sedang bergerak ke arah yang benar.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan pengertian KPI, mengapa mereka penting, serta beberapa contoh KPI yang umum digunakan.

Key Performance Indicator

 

Apa Itu KPI?

KPI atau Key Performance Indicator, adalah angka, rasio, atau metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja organisasi, departemen, atau individu terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Kehadirannya membantu dalam memantau perkembangan dan mengevaluasi pencapaian tujuan strategis. KPI dapat berbeda-beda tergantung pada jenis organisasi dan tujuan yang ingin dicapai.

KPI dapat berkaitan dengan berbagai aspek bisnis seperti keuangan, operasi, pemasaran, layanan pelanggan, dan sumber daya manusia.

Mengapa KPI Penting?

KPI menjadi komponen penting dalam mengukur performa karyawan. Dengan KPI, perusahaan mengetahui sejauh mana efektivitas dan efisiensi karyawan dalam bekerja dan mencapai tujuan bisnis.

Tak hanya itu, perusahaan juga dapat merumuskan strategi yang tepat jika karyawan tak berhasil mencapai KPI yang telah ditetapkan.

Mulai dari mengumpulkan feedback dari karyawan untuk memahami tantangan yang dihadapi saat bekerja, hingga menyusun program training untuk mengasah kemampuan yang dapat menunjang pekerjaan.

Berikut ini manfaat lain yang ditawarkan dengan menentukan KPI bagi setiap karyawan:

  1. Mengukur sejauh mana karyawan dan organisasi telah mencapai tujuan mereka. Tanpa KPI, sulit untuk menentukan apakah strategi yang diterapkan berhasil atau tidak.
  2. Membantu manajemen untuk mengambil keputusan dengan tepat. Data yang KPI dapat membantu mengidentifikasi area yang perlu perbaikan dan dikembangkan pada karyawan.
  3. Membantu perusahaan untuk fokus pada hal-hal yang bersifat prioritas guna mencapai tujuan mereka.
  4. Dapat digunakan sebagai alat motivasi bagi karyawan. Ketika karyawan memiliki target yang terukur, mereka lebih mungkin termotivasi untuk mencapainya.

Key Performance Indicator

 

Contoh KPI di Berbagai Bidang

Berikut adalah contoh KPI di beberapa bidang:

  1. Pendapatan Bersih: Bertujuan untuk mengukur seberapa banyak pendapatan yang tersisa setelah mengurangkan semua biaya.
  2. Customer Satisfaction Score (CSAT): Digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan perusahaan.
  3. Persentase Kehadiran Karyawan: Mengukur tingkat kehadiran dan keterlambatan karyawan
  4. Return on Investment (ROI): KPI ini digunakan untuk mengukur seberapa besar keuntungan yang dihasilkan dari investasi tertentu
  5. Employee Turnover Rate: Mengukur berapa banyak karyawan yang meninggalkan suatu perusahaan atau organisasi.

Cara Mengukur KPI dengan Tepat

1.    Tetapkan Tujuan yang Jelas

Sebelum mengukur KPI, Anda perlu memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini harus spesifik, terukur, tercapai, relevan, dan berbatasan waktu (SMART).

Misalnya, jika bekerja dalam departemen pemasaran, tujuan Anda mungkin adalah meningkatkan jumlah lead sebesar 100 persen dari kampanye social media marketing dalam 6 bulan.

2.    Gunakan Alat dan Metode yang Tepat

Untuk memantau KPI karyawan dengan mudah, Anda bisa beralih dari cara manual yang konvensional ke software digital yang lebih efisien.

Salah satu yang banyak digunakan ialah software performance management yang saat ini tersedia di Indonesia.

Dengan berbagai modul dan fitur yang saling terintegrasi, Anda dapat menjalankan manajemen performa karyawan dengan lebih mudah.

3.    Pilih Metrik yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih metrik yang tepat untuk mengukur KPI. Untuk divisi social media marketing, tentunya metrik yang relevan di antaranya engagement, click link, atau followers. Ini bisa disesuaikan juga dengan bidang masing-masing.

4.    Pantau Secara Berkala

Pemantauan adalah kunci dalam mengukur KPI. Anda perlu mengumpulkan data yang relevan secara berkala, misalnya harian, mingguan, atau bulanan. Selanjutnya, bandingkan data yang Anda kumpulkan dengan target yang telah ditetapkan.

5.    Evaluasi dan Susun Rencana Tindak Lanjut

Ketika Anda memiliki data yang cukup, evaluasi pencapaian KPI Anda. Jika Anda mencapai target, pertimbangkan untuk mengidentifikasi faktor apa yang berkontribusi pada kesuksesan Anda.

Jika Anda tidak mencapai target, tindak lanjuti dengan melakukan perubahan strategi atau tindakan perbaikan yang diperlukan.

Kesimpulan

Mengukur KPI adalah langkah kunci dalam mengelola dan meningkatkan kinerja organisasi.

Dengan tujuan yang jelas, pemilihan KPI yang relevan, dan pemantauan yang berkala, Anda dapat memastikan bahwa karyawan dan perusahaan selalu bergerak untuk mencapai tujuan.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Inilah Bisnis Franchise yang Paling Menjanjikan, Yuk Dicoba!

0
franchise

Apakah Anda berfikir untuk membuka usaha saat ini? Tapi tidak tahu usaha apa yang ingin Anda jalani? Sangat susah untuk menentukan konsep baru dalam bisnis? Bagaimana jika Anda mencoba franchise? Mungkin terdengar mustahil untuk mendapatkan untung yang besar dari bisnis kecil-kecilan ini, namun percayalah bahwa jika Anda memilih franchise yang tepat disertai dengan pemilihan tempat, suasana dan waktu yang tepat, Anda akan mendapat keuntungan dengan bisnis kecil tersebut.

Sebelum kita lanjut kepada bisnis franchise apa saja yang paling menjanjikan di tahun ini, yuk kita remind kembali apa itu franchise!

franchise

 

Pengertian Franchise

Franchise dalam bahasa Indonesia artinya waralaba. Menurut KBBI waralaba adalah kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai kesepakatan yang mencakup dengan hak kelola serta hak pemasaran. Franchise adalah hak yang dimiliki seseorang atau badan usaha terhadap ciri khas usaha dalam memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti dapat dimanfaatkan atau dipakai orang lain dan terikat dengan perjanjian.

Terdapat dua istilah lain dalam dunia franchise yaitu franchisor dan franchisee. Franchisor adalah badan usaha atau perseorangan yang memberikan hak kepada penerima waralaba untuk memakai atau memanfaatkan waralaba yang dimilikinya. Sedangkan franchisee adalah badan usaha atau perseorangan yang diberikan hak oleh franchisor untuk memanfaatkan atau memakai waralaba yang dimiliki.

Di Indonesia, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menunjukkan hal tersebut franchise atau tidak.

  • Usaha tersebut harus memiliki ciri khas
  • Memberikan keuntungan dan itu telah terbukti
  • Memiliki standar pelayanan
  • Mudah untuk diajarkan dan diaplikasikan
  • Dukungan yang berkesinambungan
  • Hak Intelektualnya sudah terdaftar

Beberapa contoh bisnis franchise di Indonesia yang terkenal yaitu Kebab Baba Rafi, Janji Jiwa, Panties Pizza, Lotte Grosir, Indomaret, Es Teh Indonesia, Mixue Ice Cream and Tea, Geprek Bensu, dan masih banyak lagi.

Bisnis Franchise yang Paling Menjanjikan

Berikut adalah beberapa bisnis franchise yang menjanjikan.

Minuman Kekinian

Minuman kekinian banyak digemari oleh kalangan muda. Seperti boba, thai tea, kopi dan lainnya. Kecenderungan anak muda untuk meng-upload segala sesuatu di media sosial menjadikan minuman kekinian sebagai salah satu franchise yang lumayan sukses dan mendapatkan untung yang banyak.

Istilahnya untuk anak jaman sekarang yaitu “jika belum mencoba, Anda terlihat ketinggalan zaman” atau banyak diantara mereka yang tergiur dengan tampilan dari minuman kekinian tersebut sehingga mereka tergoda untuk membelinya juga pastinya karena harganya yang murah dan dapat dijangkau oleh berbagai kalangan.

Contoh franchise minuman kekinian adalah Dum Dum yang memfokuskan penjualan pada minuman thai tea dengan citarasa dan pembuatannya sama dengan aslinya di Thailand. Lalu ada Chatime yang merupakan minuman asal Taiwan yang menggunakan daun teh pilihan terbaik dan berkualitas tinggi. Janji jiwa yang memfokuskan pada minuman kopi lokal Indonesia dan trendi. Kopi kenangan yang memfokuskan pada penjualan kopi dengan harga yang sangat terjangkau. Dan masih banyak lainnya.

Korean Food

Merebaknya gelombang budaya korea di Indonesia menjadikan bisnis ini adalah salah satu yang lumayan laris. Apalagi banyak masyarakat Indonesia yang menyukai drama Korea dan di dalamnya terdapat banyak adegan makan-makan ataupun jajanan Korea yang menggoda menjadikan keinginan untuk mencobanya menjadi tinggi.

Apalagi harga yang murah dan rasa yang sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia, menjadikannya nilai plus. Contoh makanan Korea yang terkenal di Indonesia diantaranya adalah Tteokbokki, kimbab, ramyun, odeng dan lain-lain.

Contoh nama franchise korean food di Indonesia yaitu Holdak yang menjual berbagai makanan Korea seperti Korean Chiken, Kimchi, Tteokbokki dan lainnya. Lalu ada Bokki Bowl, Kimbab Ina, Posarang dan Simhae.

Dimsum

Dimsum adalah makanan yang berasal dari China. Dimsum merupakan makanan yang dikukus atau digoreng dan didalamnya berisi seafood, daging dan sayuran. Dimsum menjadi makanan yang disukai oleh Indonesia karena harganya yang murah, alternatif makanan sehat, jenisnya bervariasi, enak dan bentuknya yang unik.

Karena isi dari dimsum kebanyakan adalah makanan yang ramah bagi masyarakat Indonesia menjadikan dimsum sangat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Awalnya dimsum hanya tersedia pada restoran-restoran mahal sehingga dahulu hanya orang-orang tertentu yang dapat menikmatinya. Lalu pelaku bisnis mulai membuat dimsum yang lumayan enak dan dengan harga yang murah sehingga semua orang dengan berbagai kalangan bisa menikmatinya.

Minimarket

Siapa yang tidak tahu Indomaret dan Alfamart? Dengan merebaknya minimarket tersebut menunjukkan bahwa bisnis franchise ini sangat diminati dan menguntungkan. Dengan kebutuhan masyarakat Indonesia akan kebutuhan sehari-hari yang tidak ada habisnya dan mudah dijangkau serta lengkap, menjadikan franchise ini adalah yang paling menjanjikan.

Selain Indomaret dan Alfamart, berikut adalah beberapa franchise minimarket yang terkenal di Indonesia.

  • Lotte Grosir
  • Alfamidi
  • Socamart
  • Yomart

Laundry

Mencuci baju merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. Orang yang sibuk dengan pekerjaannya pastinya tidak akan sempat untuk mencuci baju sehingga lebih memilih untuk mempercayakan cucian kepada laundry terpercaya. Tidak hanya orang yang bekerja saja, mahasiswa yang memiliki jadwal segudangpun juga lebih memilih untuk melaundry baju.

Berikut adalah beberapa nama franchise laundry yang lumayan terkenal.

  • Simply Fresh
  • LaundryKlin
  • Laundry Kiloan SuperWash
  • Laundry Bamboo
  • Laundry Mr Klin
  • Laundry Service Netto
  • Melia Laundry & Dry Cleaning
  • Cleanlite Laundry
  • Dressed Laundry
  • Koin Laundry
  • Londria Coin Express

franchise

 

Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis namun bingung berbisnis apa dan tidak tahu harus menjual produk apa? Franchise adalah solusinya. Tentu modal yang dikeluarkan tergantung pada seberapa besar franchise yang dipilih, oleh karena itu penting untuk memilih franchise mana yang sesuai dengan modal yang dimiliki.

Tentu semua pelaku usaha pasti tidak ingin jika franchise yang dipilihnya adalah franchise yang sepi dan ternyata akhirnya tidak laku. Jadi kami menyarankan beberapa bisnis franchise yang menjanjikan diantaranya adalah: minuman kekinian, Korean food, dimsum, minimarket dan laundry yang dimana semuanya memiliki harga yang terjangkau untuk para konsumen.

Alasan mengapa franchise yang disebutkan diatas dapat menjanjikan yaitu:

  • Minuman kekinian

Ini dikarenakan kecenderungan kaula muda yang suka bermain medsos juga karena tampilan minuman yang disajikan sangat menarik sehingga menarik kaula muda untuk mencobanya.

  • Korean Food

Ini dikarenakan masuknya budaya Korea melalui drama yang di adegannya terdapat adegan makan-makan serta jajanan korea yang terlihat enak dan memanjakan mata.

  • Dimsum

Ini dikarenakan isian dari dimsum sangat ramah terhadap lidah masyarakat Indonesia sehingga dimsum sangat mudah diterima masyarakat. Selain itu harganya yang murah menjadi pemicunya.

  • Minimarket

Kebutuhan masyarakat akan barang sehari-hari menjadikan minimarket adalah salah satu franchise yang menjanjikan.

  • Laundry

Pekerja yang sibuk dan mahasiswa yang banyak jadwal lebih memilih untuk mencuci baju mereka di laundry.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Cara Mencapai 1 Juta Subscriber YouTube Dalam 5 Tahun

0
subscriber youtube

Di YouTube, tidak ada yang lebih memuaskan daripada mendapatkan 1 juta subscriber. Setelah bertahun-tahun melakukan pengambilan gambar, menyunting dan mengunggah video, melihat saluran kita berkembang dari nol menjadi hebat adalah momen yang bak roaler coaster. Bahkan mendapatkan subscriber organik pertama (yang bukanlah robot atau agen sub4sub) adalah sesuatu yang sangat berharga.

Tapi apa yang diperlukan untuk mengembangkan audiens dan menerima plakat emas YouTube yang terkenal itu?

subscriber youtube

 

Jadi, apakah kamu siap untuk membesarkan kanal Youtube mu?

Dalam pembahasan kita kali ini, kami akan berbagi tips untuk membantu para kreator dari berbagai ukuran kanal untuk mencapai 1 juta subscriber. Terlepas dari apapun niche kanal Anda, kami akan berbagi rahasia bagaimana menumbuhkan kanal dengan lebih cepat.

Pertama, Bagi Tujuan 1 Juta Subscriber Anda Menjadi Bagian-Bagian Lebih Kecil

Satu juta adalah angka yang besar dan mengintimidasi. Untuk mencapai jumlah subscriber sebanyak itu di YouTube, kita sebaiknya memecah angka tersebut menjadi tujuan-tujuan kecil yang lebih mudah diolah dan realistis. Sebagai contoh, kamu bisa merencanakan pertumbuhan kanalmu sebagai berikut:

  • Mulailah dengan mendapatkan 100 subscriber pertama di YouTube.
  • Selanjutnya, tarik 1,000 subscriber pertama Anda.
  • Setelah itu, tetapkan tujuan untuk mencapai 10,000.
  • Dari situ, set tujuan baru untuk mencapai 20,000 subscriber; 30,000; 40,000, dan seterusnya.

Membagi-bagi tujuan ini akan membuat kita tetap fokus dan termotivasi. Alih-alih berpikir, saya harus mencapai 1 juta subscriber secepat mungkin, dengan begini kita bisa membebaskan diri dari harapan yang terlalu tinggi.

11 Strategi untuk mendapat satu juta subscriber di Youtube

Meningkatkan jumlah subscriber di YouTube sebenarnya cukup terstruktur. Meskipun beberapa kreator mengembangkan audiens mereka dengan topik-topik yang berbeda, satu hal yang tetap pasti adalah kita harus menarik perhatian pemirsa, memberikan nilai yang mereka inginkan dan meyakinkan mereka untuk kembali di lain waktu. Lakukan tiga hal ini dan akan akan mengubah pemirsa yang hanya sekadar menonton menjadi subscriber setia.

Berikut adalah 10 tugas yang dapat kita lakukan untuk membuat perjalanan ini menjadi lebih mudah.

1. Temukan niche Anda di Youtube

Kanal YouTube Anda perlu memiliki niche yang jelas, terlepas dari konten yang diunggah. Hal ini memang terdengar sulit, tetapi orang tidak akan berlangganan jika kita terus-menerus mengubah tema kanal. Bahkan, mereka mungkin tidak akan kembali jika kita beralih dari konten gaya hidup ke komentar olahraga, berkebun atau mata uang kripto. Audiens Anda akan bertanya, “Di mana video yang saya berlangganan untuk ditonton?”

Sebagian besar kanal yang telah memiliki pelanggan jutaan mencapai 1 juta subscriber mereka dengan menemukan niche dan tetap berpegang pada itu. Kita harus sepenuhnya fokus pada niche dan orang-orang berlangganan karena kita terus-menerus berbagi konten yang sesuai dengan minat mereka.

Satu lagi, jangan ragu-ragu untuk memulai kanal Anda dan tetapkan niche segera setelah Anda siap.

2. Buatlah Saluran Berbasis Layanan yang Membantu Pemirsa Untuk Sukses

Semakin kita melayani audiens semakin besar kanal kita akan tumbuh di YouTube.Jadi, ketika Anda membuat saluran, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan yang jujur seperti  “Apa nilai spesifik yang bisa saya berikan kepada pemirsa?”

Tidak ada jawaban yang salah atau benar. Namun, ketahuilah bahwa untuk mendapatkan 1 juta subscriber, kita perlu memiliki jawaban tertentu. Kita tidak membuat konten untuk memuaskan diri sendiri, tapi kita sedang mencoba untuk memecahkan masalah dalam kehidupan pemirsa, entah itu kebosanan ekstrem mereka atau kebutuhan untuk membeli rumah satu keluarga dengan anggaran yang terbatas. Semua itu tergantung pada niche dan masalah yang dihadapi oleh orang-orang. Bagaimana kita bisa membantu mereka untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

3. Menguasai Duo Ultimate YouTube: Judul Video + Gambar Mini (Thumbnail)

Pemirsa biasanya menghabiskan kurang dari tiga detik untuk memutuskan video mana yang akan mereka tonton. Bagaimana Anda akan membuat konten yang menonjol di YouTube setelah mendengar hal itu?

Kali ini hanya ada satu jawaban yang benar. Untuk mendapatkan lebih banyak subscriber, Anda memerlukan gambar mini (thumbnail) YouTube yang menarik dan judul video yang membangkitkan emosi (yang klikbait). Kedua item tersebut adalah sumber kehidupan kanal dan gabungan keduanya ini akan menarik pemirsa bahkan sebelum kita sadari.

Kedua hal ini bekerja layaknya umpan di Instagram. Konten dengan judul dan thumbnail yang menarik akan membuat seseorang yang melihatnya menghentikan tindakan menggulir yang sedang dilakukannya. Begitulah cara YouTube bekerja!

4. Tambahkan Tombol Berlangganan YouTube Ke Video

Cara tercepat untuk mendapatkan subscriber adalah dengan menampilkan watermark yang bertuliskan “Subscribe” pada semua video kita. Ketika pemirsa mengklik tombol ini, mereka tidak memiliki pilihan lain selain… yah, berlangganan. Cukup sederhana, bukan?

Setelah memiliki gambar yang ingin digunakan sebagai tombol berlangganan, yang perlu kita lakukan hanyalah mengunggahnya ke bagian branding di kanal kita.

Berikut Cara Menambahkan Watermark Tersebut Ke Video YouTube.

  1. Akseslah YouTube Studio dan klik Customization di menu sebelah kiri. Jika Anda menggunakan perangkat mobile, Anda perlu mengunduh aplikasi YouTube Studio yang terpisah dengan aplikasi Youtube.
  2. Klik tab Branding di dekat bagian atas halaman.
  3. Gulir ke bawah ke bagian Video Watermark.
  4. Unggah gambar Anda dan pilih kapan Anda ingin gambar tersebut muncul dalam video Anda: pada tanda waktu kustom, di akhir video Anda atau sepanjang video.

Dan Ini Adalah Ketentuan Untuk Watermark YouTube

  • Ukuran gambar: 150 x 150 pixels
  • Bukan animasi
  • Format file PNG, GIF, BMP, or JPEG files dengan ukuran maksimal 1MB

5. Gunakan YouTube End Screens Untuk Mempromosikan Video Anda

End screens atau layar akhir adalah fitur membantu kita bisa mendapatkan lebih banyak tampilan di YouTube dan menarik subscriber. Layar akhir interaktif ini muncul di akhir video dan memungkinkan pemirsa mengklik konten tambahan dari kanal. Jadi, daripada seseorang hanya menonton satu video, kita mendorong mereka untuk menonton dua – mungkin tiga jika video berikutnya juga memiliki layar akhir.

Ketika Anda merekomendasikan lebih banyak konten, pemirsa mulai memahami nilai dari video Anda. Ini membangun argumen yang meyakinkan mengapa seseorang seharusnya berlangganan kanal kita. Jika kita juga menambahkan tombol berlangganan ke semua layar akhir video, itu juga akan memantapkan keputusan tersebut.

Tapi ada tips: Alih-alih menampilkan dua atau tiga video di layar akhir (ditambah tombol berlangganan), tampilkan hanya satu video agar video Anda tidak terkesan cerewet yang justru akan membuat pemirsa kita bingung. Dengan hanya menambahkan satu video, kita bisa membatasi pilihan pemirsa.

subscriber youtube

 

6. Berkomunikasi Dengan Pemirsa di YouTube Untuk Menjaga Para Penonton

Jika ingin mengembangkan kanal hingga mencapai 1 juta subscriber, kita sebaiknya membuat konten yang diminati oleh orang. Itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi Anda dapat berhasil dengan fokus pada satu metrik YouTube, yaitu retensi audiens.

Sebuah video memiliki tiga “bagian” penting yang bisa digunakan sebagai patokan untuk mempertahankan pemirsa:

  1. Pengantar (intro): Berapa banyak orang yang masih menonton setelah 30 detik pertama?
  2. Bab (chapters): Saat video kita beralih dari satu adegan ke adegan lain, apakah pemirsa tetap tinggal atau pergi?
  3. Penutup (outro): Apakah orang-orang tinggal sampai di akhir untuk mengklik layar akhir dan menonton lebih banyak konten?

Panjang video Anda tidak terlalu penting jika seluruhnya menghibur. Untuk mencapainya, tingkatkan perlahan-lahan durasi rata-rata tontonan. Ini adalah persentase yang menunjukkan berapa lama rata-rata pemirsa menonton video.
Jadi berapa pun panjang video kita, buat orang-orang menonton video tersebut selama mungkin.

7. Manfaatkan Topik-Topik Tren di YouTube

Ingin memperkenalkan konten Anda kepada calon subscriber? Ikuti topik-topik yang sedang tren dalam niche yang Anda pilih, lalu buat video tentang topik yang penting bagi audiens. Jika kita bisa menyertakan kata kunci dengan volume tinggi yang tidak terlalu kompetitif, video Anda bisa benar-benar sukses.

Anda mungkin akan melihat sesuatu seperti ini di YouTube Studio jika hal itu terjadi:

Kuncinya di sini adalah mengutamakan tumpang tindih audiens. Pastikan tren tersebut memiliki beberapa tumpang tindih antara pemirsa saat ini dan mereka yang antusias tentang tren tersebut. Kedua audiens harus memiliki tujuan yang serupa – belajar memasak, menemukan musik baru, dll. – sehingga subscriber baru memiliki alasan untuk menonton video yang tidak berhubungan dengan tren.

8. Upload Video YouTube Secara Konsisten

Tips ini cukup sederhana tetapi mudah terlupakan.

Buat jadwal unggah dan patuhi itu, tidak peduli apa yang terjadi. Mengunggah video secara konsisten akan membantu kita mempertahankan subscriber yang sudah kita dapatkan dalam perjalanan menuju 1 juta.

Jika kita mengabaikan dan menjadi tidak aktif di kanal kita, pemirsa akan mengandalkan kreator lain untuk menjadi sumber hiburan atau edukasi mereka. Hal ini akan membuat kita mundur sepuluh langkah saat kita sedang mengembangkan saluran.

9. Jangan Takut Untuk Merubah Konten

Video yang menarik 10.000 subscriber pertama Anda layak untuk dirayakan, tetapi mereka tidak akan menarik 100.000 berikutnya. Selain itu, video yang membantu Anda mencapai 500.000 tidak akan membawa Anda sejauh 1 juta – dan itu tidak masalah.

Di YouTube, minat pemirsa berubah seiring waktu. Jadi kita seharusnya menjelajahi ide-ide video baru untuk menarik subscriber baru dan tetap mempertahankan yang lama secara bersamaan.

Tidak peduli seberapa baik suatu metode memberikan manfaat pada kanal kita, selalu lakukan eksperimen. Uji konsep video baru untuk mencapai lebih banyak pemirsa dan membuat saluran kita ditemukan.

10. Alihkan Pekerjaan yang Tidak Dapat Kita Tangani Sendiri

Dapatkah Anda mengembangkan saluran YouTube hingga mencapai 1 juta subscriber tanpa bantuan? Tentu saja, itu mungkin.

Tetapi bayangkan berapa banyak subscriber yang akan kita miliki jika kita mengalihkan pekerjaan ekstra yang sulit kita kerjakan sendiri. Dengan tim video editor, penulis naskah dan ilustrator untuk membuat thumbnail, kita mungkin saja akan mendapatkan jutaan subscriber dengan lebih cepat.

Banyak kreator yang kesulitan untuk melepaskan kontrol terhadap kontennya. Namun, hal ini harus dilakukan jika kita sudah mencapai ukuran komunitas.

Setelah Anda memiliki 500.000 subscriber atau lebih, saatnya untuk memeriksa ulang alur kerja kita. Tanyakan kembali pada diri kita, apa satu hal yang menghambat produktivitas? Siapa yang bisa kita sewa untuk meringankan beban itu?

11. Hampir Mencapai 1 Juta Subscriber? Siarkan Langsung Saat-Saat Terakhirnya

Misalkan saluran Anda berada di angka 980.000 subscriber dan perlahan-lahan mendekati satu juta. Dalam situasi seperti ini, ada dua hal yang dapat kita lakukan:

  1. Biarkan orang berlangganan dengan kecepatan alami (dalam beberapa minggu).
  2. Siarkan langsung pengalaman tersebut untuk mencapai 1 juta dalam beberapa hari.

Di sini kita bisa memilih untuk menyiarkan saat-saat terakhir tersebut, dan percayalah, banyak yang berhasil. Pemirsa bergabung biasanya adalah mereka yang ikut merayakan dan mulai berlangganan untuk membantu kita mencapai tujuan.

Anda dapat mencapai hal yang sama menggunakan plug-in streaming yang yang terhubung ke kamera virtual.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Mencapai 1 Juta Subscriber di YouTube?

Tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini. Ada yang memerlukan waktu bertahun-tahun ada juga yang sebentar

Saluran Anda mungkin berbeda, dan sebagai hasilnya, tidak akan tumbuh dalam jangka waktu yang sama. Anda mungkin bisa mencapai tonggak itu dalam satu tahun atau bahkan sepuluh tahun; itu hanya tergantung pada niche Anda dan seberapa agresif Anda di YouTube. Mengikuti tips di atas pasti akan mempercepat prosesnya.

Jika Anda bertujuan untuk mencapai 1 juta subscriber, kemungkinan Anda ingin beralih ke karier penuh waktu di YouTube.

Kesimpulan

1 juta subscriber mungkin terlihat sangat mustahil, namun dengan tips-tips ini akan membantu Anda untuk mencapainya. Memang tidak langsung tercapai dalam beberapa bulan, jika Anda konsisten, hal yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin.

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencapai 1 juta subscriber adalah Pertama, bagi tujuan 1 juta subscriber Anda menjadi bagian-bagian lebih kecil lalu temukan niche Anda di Youtube, buat saluran berbasis layanan, menguasai duo ultimate Youtube, tambahkan tombol berlangganan, gunakan Youtube end screens, berkomunikasi dengan pemirsa di Youtube, manfaatkan topik-topik tren, upload video secara konsisten, jangan takut merubah konten, minta bantuan jika ada pekerjaan yang tidak dapat ditangani sendiri, siarkan langsung saat-saat terakhir mencapai 1 juta subscriber.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!