Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 12

Ide Niche YouTube: Buat Channel Anda Berkembang

0
youtube

Apakah kalian sedang ingin membuka chanel YouTube? Youtube adalah salah satu platform paling kuat untuk menghasilkan uang secara online. Bahkan banyak pengusaha beralih ke YouTube sebagai pekerjaan penuh waktu mereka.

Namun, untuk mencapai titik tersebut memerlukan dedikasi dan kerja keras yang cukup. Salah satu bagian yang paling sulit adalah memilih niche yang tepat. Anda perlu menemukan niche tanpa banyak pesaing dan dengan peminat yang cukup tinggi. Yuk simak dibawah ini!

youtube

 

Apa Itu niche Youtube?

Niche Youtube adalah ketika Anda fokus pada sub bagian yang lebih kecil dari pasar yang lebih besar. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat akun Youtube tentang permainan, membuat saluran yang difokuskan pada permainan tertentu seperti “Minecraft” akan menjadi ide niche Youtube yang bagus.

Dengan mempersempit pasar, Anda akan dapat menemukan area dengan lebih sedikit pesaing. Selain itu ketika Anda memilih niche audiens Anda menjadi lebih kecil tetapi mereka akan lebih berinteraksi dengan konten Anda, lebih cenderung untuk membagikannya dan kembali untuk mendapatkan konten yang lebih banyak lagi. Itulah mengapa saluran Youtube dengan niche khusus adalah ide yang bagus.

Bagaimana Cara Menemukan Niche-Niche Youtube?

Hal yang paling pertama adalah dengan melakukan penelitian mengenai niche. Jika Anda ingin menemukan niche YouTube terbaik, Anda harus melakukan beberapa hal penting berikut ini:

  1. Melakukan analisis pasar niche. Ini akan membantu Anda menemukan peluang dan pasar yang mungkin berkembang. Pertama, Anda perlu memastikan bahwa pasar yang ingin Anda sasar menggunakan platform ini.
  2. Periksa tren niche. Tren dapat membantu Anda mengetahui apa yang diminati oleh orang dari waktu ke waktu.
  3. Pelajari pesaing niche Anda. Dengan mempelajari pesaing Anda, Anda dapat mengetahui niche mana yang berhasil dan yang tidak. Selain itu, beberapa niche mungkin memiliki pesaing besar, jadi sebaiknya Anda menghindari ini.
  4. Sasar audiens yang tepat. Basis audiens Youtube berada dalam rentang usia 18 hingga 49 tahun. Ini berarti jika Anda ingin menargetkan audiens yang lebih tua, mungkin platform ini bukan pilihan yang tepat.

Setelah Anda menemukan niche yang sesuai dengan persyaratan di atas, Anda akan lebih dekat untuk menemukan niche Youtube yang menguntungkan.

Memilih niche Youtube yang akan menjaga Anda termotivasi untuk membuat konten berkualitas setiap hari juga penting. Saluran YouTube paling sukses biasanya membuat beberapa video dalam seminggu, jadi Anda perlu konsisten untuk meningkatkan peluang Anda.

Bagaimana Memilih Niche Terbaik Untuk Kanal Youtube Anda?

Niche Youtube yang baik adalah di mana orang dapat menemukan Anda di antara pesaing dan merek bersedia mengeluarkan uang untuk eksposur yang pada akhirnya akan membantu Anda tumbuh lebih cepat dan menghasilkan uang dari akun Youtube Anda.

Selain itu, niche yang baik akan memberi Anda audiens aktif yang akan berlangganan ke saluran Anda dan kemungkinan besar akan menggunakan layanan dan produk yang Anda rekomendasikan.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita lakukan untuk menilai niche Youtube yang baik sehingga Anda dapat melakukan hal yang sama.

  • Menggunakan Google Trends untuk menganalisis tren. Anda kemudian bisa menyaring nilai berdasarkan tren “seluruh dunia” selama 5 tahun terakhir. Kemudian berdasarkan “pencarian di Youtube.” Ini akan memberi Anda gambaran jelas minat tren ini di kalangan audiens dan apakah layak dikejar.
  • Selanjutnya menggunakan alat yang memungkinkan untuk memeriksa kata kunci YouTube dengan persaingan yang lebih rendah dan menemukan niche dengan keseimbangan yang baik antara persaingan dan volume. Rekomendasi untuk ini yaitu Tubebuddy.

Penting untuk memahami beberapa hal. Pertama, tren baru kemungkinan besar tidak akan menunjukkan volume yang layak saat ini. Tetapi itu tidak berarti mereka tidak akan mencapainya. Itulah mengapa penelitian niche akan membantu.

Beberapa niche ini sekarang memiliki momentum besar, dan saya pikir meninggalkannya akan menjadi kesalahan. Anda hanya perlu lebih mendalam dalam niche untuk menemukan tempat Anda dalam niche yang kurang jenuh dan mencari niche YouTube yang berbeda.

Ide Niche YouTube

Berikut adalah beberapa ide niche yang bisa menjadi inspirasimu!

  1. ASMR
  2. Virtual Reality (VR) Gaming
  3. Olah Raga di Rumah dan Fitness
  4. Gaya Hidup Berkelanjutan dan Praktik Ramah Lingkungan
  5. Masakan dan Resep Diet Khusus
  6. Keuangan Pribadi dan Investasi
  7. Strategi Pemasaran Digital dan Media Sosial
  8. Minimalis dan Rapi
  9. Meditasi
  10. Travel
  11. Perbaikan dan Renovasi Rumah DIY
  12. Resensi dan Rekomendasi Buku
  13. Belajar Bahasa
  14. Pengembangan Pribadi dan Konten Motivasi
  15. Review Teknologi dan Gadget
  16. Fashion dan Gaya Hidup
  17. Kesehatan dan Kebugaran
  18. Pengasuhan Anak
  19. Perawatan dan Pelatihan Hewan Peliharaan
  20. Kejahatan dan Misteri Sebenarnya

10 Niche YouTube Terbaik dengan Persaingan Rendah Tahun 2023

Dengan mempertimbangkan niche diatas, berikut beberapa niche terbaik untuk YouTube pada tahun 2023.

youtube

 

1. Gaming.

Jika ada niche yang bisa berkembang secara masive, itu adalah niche gaming. Tren ini melonjak selama wabah Covid, tetapi jangan khawatir, tren ini akan tetap stabil adanya. Gaming adalah niche YouTube yang sangat kompetitif, dengan 6,2 juta video dan 1 juta channel. Jadi Anda mungkin ingin memikirkan strategi Anda sebelum memilih niche ini. Seperti yang bisa Anda lihat, persaingannya sangat tinggi.

Dengan begitu banyak game baru dan menarik, banyak YouTuber masih membuat channel untuk berbagi pengalaman bermain game, melakukan streaming dan memberikan tips. Beberapa channel gaming YouTube paling populer didedikasikan untuk game tertentu.

Ini adalah ide hebat untuk mempersempit niche dari gaming dan menghilangkan ribuan pesaing.

2. Fitness Fashion.

Dua niche paling dominan di internet adalah kebugaran dan fashion. Itulah mengapa menggabungkannya adalah taruhan pasti yang semakin diminati.

Meskipun minat ini tumbuh perlahan, sudah mulai tumbuh lebih cepat di platform lain seperti Instagram. Dan dengan merek-merek yang semakin fokus pada fashion kebugaran, ini akan segera menjadi niche YouTube yang bagus.

Volume mungkin belum sangat tinggi, tetapi sudah cukup untuk memulai saluran YouTube yang menguntungkan dalam topik dengan minat di mana persaingannya saat ini cukup rendah.

Beberapa ide fashion kebugaran untuk saluran Anda bisa mencakup rutinitas latihan dengan berbagai pakaian tergantung pada aktivitas, gaya berbusana saat berlatih dan sebagainya.

3. Camilan sehat

Niche makanan adalah salah satu niche besar di YouTube. Secara khusus, makanan sehat sangat diminati di mesin pencari YouTube.

Itulah mengapa memilih niche dan fokus pada camilan sehat bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi beberapa pesaing sambil tetap memiliki volume yang lebih dari cukup. Selain itu, ini adalah tren yang terus berkembang seiring berjalannya waktu jadi ini bisa menjadi peluang bagus saat ini.

Dengan volume besar tetapi persaingan yang tinggi, mungkin akan baik untuk mempersempit niche ke level lain untuk mengurangi beberapa pesaing. Sebagai contoh, Anda bisa mengurangi pesaing dengan fokus pada topik-topik yang lebih spesifik seperti:

  • Camilan sehat untuk anak-anak
  • Camilan sehat untuk menurunkan berat badan
  • Camilan sehat untuk di tempat kerja
  • Ide camilan sehat
  • Camilan sehat selama kehamilan

Dengan memilih topik yang lebih spesifik, Anda tidak hanya dapat mengurangi beberapa pesaing tetapi juga akan membantu Anda membangun saluran Anda lebih cepat.

4. Vlog perjalanan/wisata

Mungkin ada yang mengatakan bahwa akun YouTube pertama yang populer adalah vlog perjalanan. Kenyataannya adalah bahwa ini adalah niche di mana minat seiring berjalannya waktu tidak pernah berhenti tumbuh.

Namun, ini adalah niche dengan persaingan YouTube yang tinggi karena popularitasnya, jadi Anda perlu membuat konten yang luar biasa jika Anda ingin memiliki peluang.

Video YouTube dalam niche ini biasanya dalam orang pertama, dan pelancong terhubung dengan audiens dengan menceritakan petualangan mereka. Tetapi ini bisa dilakukan dengan begitu banyak cara berbeda, itulah mengapa inovasi dan konten segar selalu memiliki peluang untuk berhasil di platform media sosial ini, terutama dalam niche ini.

Selain itu, Anda selalu bisa menemukan niche YouTube yang kurang kompetitif dengan membuat vlog perjalanan yang khusus untuk tempat tinggal Anda, misalnya, “Vlog Perjalanan Pulau Bali.”

5.    Mode/Fashion

Tren lain yang semakin populer adalah niche vlogging fashion. Dengan merek-merek besar dan kecil semakin banyak menciptakan mode yang lebih etis dan berkelanjutan serta masyarakat yang lebih sadar, niche ini diperkirakan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun mendatang.

Beberapa ide untuk niche ini misalnya:

  • Pengangkutan fesyen yang ramah lingkungan
  • Tips mode ramah lingkungan
  • Ide fashion berkelanjutan
  • Fashion ramah lingkungan yang murah

6. Diet Nabati

Kita telah membahas pentingnya makan dengan baik dan menjaga kesehatan. Itulah mengapa diet berbasis tanaman menjadi niche YouTube yang bagus untuk pecinta makanan. Dengan tren yang sangat stabil dan pertumbuhan selama beberapa tahun terakhir, tampaknya adalah ide hebat untuk memulai saluran YouTube.

7. Perawatan Kulit Pria

Perawatan kulit adalah niche yang sangat populer di kalangan wanita dan sangat kompetitif. Namun, pria sekarang lebih memperhatikan kulit mereka daripada sebelumnya sehingga dapat membuka peluang bisnis baru.

8. Pemasaran AI

Pemasaran digital mungkin merupakan salah satu niche yang paling cepat tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Dan dengan pengenalan terbaru mengenai pemasaran berbasis kecerdasan buatan (AI) menjadikan ini adalah ide niche YouTube yang menguntungkan.

Membahas topik seperti tren, tips atau alat pemasaran berbasis AI bisa menjadi beberapa ide untuk memulai dalam niche ini.

9. Pola Makan Mediterania.

Jika Anda ingin membuat saluran YouTube dalam niche makanan, maka niche diet Mediterania mungkin dapat kami sarankan. Tren ini telah meningkat dalam popularitas selama beberapa tahun terakhir dan masih terus berkembang.

10. PS5 VR.

VR adalah tren dengan banyak naik dan turun. Namun jika Anda memilih platform VR yang tepat, Anda dapat memanfaatkan tren ini. Karena ini adalah tren yang relatif baru, volume belum sangat tinggi, begitu pula dengan tingkat persaingan. Seiring berjalannya waktu, teknologi VR dan permainan baru kemungkinan akan membuat niche ini lebih kompetitif.

Terakhir, Anda harus menyesuaikan strategi konten Anda dengan platform dan teknologi baru untuk berhasil dalam niche ini. Misalnya, jika PS6 diluncurkan, pasar dan minat kemungkinan akan beralih dari PS5 VR ke PS6 VR. Seperti dalam setiap niche, kunci di sini adalah selalu mengikuti tren dan memberikan audiens Anda dengan yang terbaru.

Kesimpulan

Memulai channel yang menguntungkan dapat memungkinkan jika Anda memilih niche yang tepat dan konsisten dalam pembuatan video niche. Dengan memilih salah satu niche yang telah kami rekomendasikan diatas, diharapkan Anda dapat mudah untuk memutuskan dan membuat channel Anda bisa berkembang dengan baik.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Storyset on Freepik

Jamu Nyonya Meneer: Penerapan Segmentasi Pasar Sukses

0
jamu nyonya meneer

Strategi Segmentasi merupakan strategi pemasaran yang pastinya sudah tidak asing terdengar di telinga atau jika kalian baru pertama kali mendengarnya, kalian berada di artikel yang tepat karena kali ini kita akan membahas mengenai strategi segmentasi dan salah satu contoh perusahaan yang memakai strategi ini yaitu Jamu Nyonya Meneer. Meskipun perusahaan jamu nyonya meneer sudah tutup saat ini, ingatlah bawa jamu ini pernah jaya pada masanya dan menjadi legenda di masyarakat Indonesia.

Tanpa berlama-lama lagi yuk simak selengkapnya di bawah ini!

jamu nyonya meneer

 

Apa Itu Strategi Segmentasi?

Strategi Segmentasi yaitu sebuah istilah yang tentunya sudah sangat tidak asing dalam dunia pemasaran atau marketing. Segmentasi pasar menitikberatkan pada pembagian kelompok-kelompok dari pasar yang luas menjadi kelompok yang kecil berdasarkan karakteristik dan kebutuhan yang sama. Tentu saja melibatkan analisis mendalam berdasarkan berbagai faktor seperti misalnya faktor perilaku konsumen, demografi dan geografi.

Dengan mengelompokkan kebutuhan-kebutuhan konsumen ini, kita akan lebih mudah untuk memberikan produk atau layanan yang sesuai sehingga target penjualan akan mudah pula untuk tercapai. Semakin kita mengerti akan kebutuhan konsumen, maka semakin membuat bisnis kalian terarah dengan baik. Terutama dalam mengarahkan dana dan usaha ke dalam ranah yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

Langkah-Langkah Segmentasi Pasar

Setelah kita mengetahui apa itu strategi segmentasi, tidak lengkap jika tanpa menyertakan bagaimana langkah-langkah agar segmentasi pasar mendapatkan hasil yang baik. Menurut Tjiptono (dalam Rusmawati, 2017: 916) ada tiga tahap dalam menentukan segmentasi pasar. Berikut adalah ketiga tahapnya.

  1. Tahap Survey

Perusahaan melakukan wawancara untuk memperoleh masukan mengenai perilaku konsumen, motivasi dan sikap.

  1. Tahap Analisis

Pada tahap ini perusahaan menggunakan alat analisis factorial pada data untuk membuang variabel yang berkorelasi tinggi kemudian menggunakan analisis kluser untuk melakukan penetapan sejumlah segmen yang saling berbeda satu sama lain.

  1. Tahap Pembentukan

Masing-masing kluser dibentuk dengan persyaratan perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikografis dan kebiasaan konsumsi media mereka.

Manfaat Segmentasi Pasar

Berikut adalah beberapa manfaat segmentasi pasar.

  1. Mengspesifikkan Target Pasar

Dengan menerapkan segmentasi pasar, kalian dapat dengan mudah mengarahkan pemasaran secara lebih spesifik dan dengan demikian perusahaan dapat mengeluarkan dana dan usaha dengan lebih efisien, mencapai hasil yang baik juga tentunya tercapainya target.

  1. Memahami Pelanggan

Segmentasi dapat membantu perusahaan memahami dengan lebih baik dan tepat tentang kebutuhan, motivasi dan perilaku pelanggan. Ini dapat membuat perusahaan mengembangkan strategi pemasaran dengan lebih relevan, memberikan pengalaman yang lebih baik dan dapat menyesuaikan produk atau layanan.

  1. Mengembangkan Inovasi

Segmentasi ini membantu perusahaan dalam melihat peluang dan kebutuhan yang belum terpenuhi. Dalam memahami perbedaan dalam kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan baru yang lebih inovatif dan memenuhi kebutuhan segmen yang spesifik.

  1. Peluang Pasar Baru

Segmentasi dapat membantu perusahaan untuk melihat peluang pasar yang belum terpenuhi atau kurang dilayani. Ini memberikan peluang untuk mengembangkan produk atau layanan yang baru. Sehingga dapat memperluas pangsa pasar dan keunggulan kompetitif.

Jamu Nyonya Meneer

Jamu Nyonya Meneer diproduksi oleh PT Nyonya Meneer yang sudah berdiri sejak tahun 1919 di Semarang, Jawa Tengah. Jamu ini diciptakan oleh seorang wanita keturuhan Tionghoa bernama Lauw Ping Nio yang lahir di Sidoarjo, Jawa Timur, pada tahun 1895 dan wafat tahun 1978.

Lauw Ping Nio sendiri memiliki julukan lain yaitu Meneer karena ibunya mengidam beras Menir saat mengandung Law Ping Nio dan akhirnya Law Ping Nio lebih akrab dipanggil dengan nama Menir lalu namanya mengikuti tulisan Belanda menjadi Meneer dan akhirnya panggilan Nyonya Meneer pun tercipta.

jamu nyonya meneer

 

Pada saat Lauw Ping Nio masih kecil, sebenarnya sudah berdiri sekolah-sekolah formal, namun untuk mendapatkan aksesnya sangat sulit karena pada masa itu terdapat paham bahwa pendidikan yang paling baik untuk perempuan adalah pendidikan yang berkaitan dengan keterampilan rumah tangga. Alhasil Lauw Ping Nio tidak bersekolah. Namun meski begitu, Ibunya mengajarkannya segala jenis keterampilan rumah tangga dan tata cara menanam tanaman herbal.

Lalu ketika Lauw Ping Nio remaja, dia dipersunting oleh seorang pedagang bernama Ong Bian Wan dan kemudian menikah. Tidak lama setelah mereka menikah, Lauw Ping Nio menghadapi masa sulit dimana suaminya mengalami sakit perut luar biasa yang diduga sariawan usus. Pada masa itu fasilitas kesehatan dan tenaga medis sangat terbatas. Tidak mudah pula bagi orang non eropa untuk mendapat fasilitas kesehatan yang memadai.

Ditengah kebingungannya, Law Ping Nio teringat dengan keterampilan meracik tanaman herbal yang telah diajarkan ibunya. Alhasil dia mulai meracik dan memberikannya kepada suaminya. Suaminya pun berangsur-angsur membaik dan ini membuktikan racikan obat herbal yang dibuat oleh Law Ping Nio berhasil dan berkhasiat.

Sejak saat itu Law Ping Nio mulai meracik-racik obat herbal lalu diberikan kepada keluarganya yang sedang sakit. Lama-lama racikan Law Ping Nio mulai dikenal masyarakat luas dan banyak tetangga dan orang-orang berdatangan untuk meminta tolong kepada Law Ping Nio untuk dibuatkan racikan obat.

Melihat permintaan racikan obat herbal semakin banyak, Law Ping Nio pun mulai membuka usaha jamu yang awalnya diberi nama Jamu Cap Potret Nyonya Meneer. Awalnya ketika jamu buatannya selesai, Law Ping Nio sendiri yang akan mengantarkan pesanan tersebut tapi karena pesanan jamu juga sampai berasal dari kota-kota yang jauh diputuskanlah untuk menambahkan foto dirinya sendiri agar orang-orang tahu bahwa jamu ini asli dan khasiatnya masih terjaga meskipun tidak langsung diantarkan oleh Law Ping Nio sendiri.

Terdapat paham bahwa jika bukan Law Ping Nio sendiri yang mengantarkan racikan obat herbal tersebut, maka khasiatnya akan hilang.

Menambahkan foto diri pada kemasan produk merupakan hal yang tidak pernah dilakukan oleh siapapun sehingga dapat dikatakan ini merupakan terobosan baru dalam dunia pemasaran. Law Ping Nio sengaja mengenakan pakaian jawa dan berdandan seperti orang jawa, melepaskan identitasnya sebagai orang Tionghoa agar masyarakat percaya bahwa jamu yang dia jual adalah jamu asli jawa dan bukan dari dataran China.

Bisnis Jamu Nyonya Meneer mengalami awal kehancuran ketika anak pertama dari Law Ping Nio disusul oleh Law Ping Nio yang berpulang. Setelah itu anak Law Ping Nio yang lainnya tidak ada yang mau melanjutkan bisnis Jamu Nyonya Meneer sehingga bisnis tersebut jatuh kepada cucu-cucunya. Sayangnya cucu-cucu Law Ping Nio tidak ada yang akur dan memutuskan untuk berpisah.

Akhirnya bisnis ini jatuh ke tangan salah satu cucu Law Ping Nio dan kemudian berujung pada pailit yang menyebabkan bisnis ini tutup total pada tahun 2017.

Kesimpulan

Jika kita melihat usaha Law Ping Nio dalam mengawali bisnisnya, terdapat beberapa hal yang dapat menyimpulkan bahwa Law Ping Nio melakukan strategi segmentasi pada usaha yang didirikannya.

Pertama Law Ping Nio melihat bahwa ketidakmungkinan masyarakat non Eropa mendapat penanganan medis yang layak sehingga ia pun berinisiatif untuk membuka bisnis jamu. Kita dapat melihat Law Ping Nio memanfaatkan kebutuhan yang serupa diantara masyarakat.

Kedua, karena Law Ping Nio melihat masyarakat pada masa itu benar-benar mempercayai jika bukan Law Ping Nio sendiri yang mengantarnya maka dipercayai jamunya tidak berkhasiat,  Law Ping Nio memanfaatkan prefensi masyarakat untuk mempertahankan kepercayaan mereka dengan memasang foto dirinya sebagai perwakilan sehingga menjamin bahwa jamu itu berkhasiat.

Ketiga, jika kita melihat dari sudut geografi, Law Ping Nio rela melepaskan identitasnya sebagai orang tionghoa, mengenakan pakaian dan berdandan ala perempuan Jawa agar masyarakat percaya bahwa jamu ini adalah jamu asli dari jawa bukan dari dataran China juga harganya yang terjangkau. Karena pada masa itu orang Tionghoa dianggap memiliki status yang lebih tinggi daripada pribumi.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail Picture: Image by pch.vector on Freepik

5 Contoh Key Performance Indicator (KPI), Lengkap dengan Panduan

0
kpi

KPI adalah salah satu alat yang paling penting dalam pengukuran keberhasilan sebuah organisasi.

KPI membantu perusahaan untuk memahami sejauh mana mereka telah mencapai tujuan mereka dan apakah mereka sedang bergerak ke arah yang benar.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan pengertian KPI, mengapa mereka penting, serta beberapa contoh KPI yang umum digunakan.

Key Performance Indicator

 

Apa Itu KPI?

KPI atau Key Performance Indicator, adalah angka, rasio, atau metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja organisasi, departemen, atau individu terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Kehadirannya membantu dalam memantau perkembangan dan mengevaluasi pencapaian tujuan strategis. KPI dapat berbeda-beda tergantung pada jenis organisasi dan tujuan yang ingin dicapai.

KPI dapat berkaitan dengan berbagai aspek bisnis seperti keuangan, operasi, pemasaran, layanan pelanggan, dan sumber daya manusia.

Mengapa KPI Penting?

KPI menjadi komponen penting dalam mengukur performa karyawan. Dengan KPI, perusahaan mengetahui sejauh mana efektivitas dan efisiensi karyawan dalam bekerja dan mencapai tujuan bisnis.

Tak hanya itu, perusahaan juga dapat merumuskan strategi yang tepat jika karyawan tak berhasil mencapai KPI yang telah ditetapkan.

Mulai dari mengumpulkan feedback dari karyawan untuk memahami tantangan yang dihadapi saat bekerja, hingga menyusun program training untuk mengasah kemampuan yang dapat menunjang pekerjaan.

Berikut ini manfaat lain yang ditawarkan dengan menentukan KPI bagi setiap karyawan:

  1. Mengukur sejauh mana karyawan dan organisasi telah mencapai tujuan mereka. Tanpa KPI, sulit untuk menentukan apakah strategi yang diterapkan berhasil atau tidak.
  2. Membantu manajemen untuk mengambil keputusan dengan tepat. Data yang KPI dapat membantu mengidentifikasi area yang perlu perbaikan dan dikembangkan pada karyawan.
  3. Membantu perusahaan untuk fokus pada hal-hal yang bersifat prioritas guna mencapai tujuan mereka.
  4. Dapat digunakan sebagai alat motivasi bagi karyawan. Ketika karyawan memiliki target yang terukur, mereka lebih mungkin termotivasi untuk mencapainya.

Key Performance Indicator

 

Contoh KPI di Berbagai Bidang

Berikut adalah contoh KPI di beberapa bidang:

  1. Pendapatan Bersih: Bertujuan untuk mengukur seberapa banyak pendapatan yang tersisa setelah mengurangkan semua biaya.
  2. Customer Satisfaction Score (CSAT): Digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan perusahaan.
  3. Persentase Kehadiran Karyawan: Mengukur tingkat kehadiran dan keterlambatan karyawan
  4. Return on Investment (ROI): KPI ini digunakan untuk mengukur seberapa besar keuntungan yang dihasilkan dari investasi tertentu
  5. Employee Turnover Rate: Mengukur berapa banyak karyawan yang meninggalkan suatu perusahaan atau organisasi.

Cara Mengukur KPI dengan Tepat

1.    Tetapkan Tujuan yang Jelas

Sebelum mengukur KPI, Anda perlu memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini harus spesifik, terukur, tercapai, relevan, dan berbatasan waktu (SMART).

Misalnya, jika bekerja dalam departemen pemasaran, tujuan Anda mungkin adalah meningkatkan jumlah lead sebesar 100 persen dari kampanye social media marketing dalam 6 bulan.

2.    Gunakan Alat dan Metode yang Tepat

Untuk memantau KPI karyawan dengan mudah, Anda bisa beralih dari cara manual yang konvensional ke software digital yang lebih efisien.

Salah satu yang banyak digunakan ialah software performance management yang saat ini tersedia di Indonesia.

Dengan berbagai modul dan fitur yang saling terintegrasi, Anda dapat menjalankan manajemen performa karyawan dengan lebih mudah.

3.    Pilih Metrik yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih metrik yang tepat untuk mengukur KPI. Untuk divisi social media marketing, tentunya metrik yang relevan di antaranya engagement, click link, atau followers. Ini bisa disesuaikan juga dengan bidang masing-masing.

4.    Pantau Secara Berkala

Pemantauan adalah kunci dalam mengukur KPI. Anda perlu mengumpulkan data yang relevan secara berkala, misalnya harian, mingguan, atau bulanan. Selanjutnya, bandingkan data yang Anda kumpulkan dengan target yang telah ditetapkan.

5.    Evaluasi dan Susun Rencana Tindak Lanjut

Ketika Anda memiliki data yang cukup, evaluasi pencapaian KPI Anda. Jika Anda mencapai target, pertimbangkan untuk mengidentifikasi faktor apa yang berkontribusi pada kesuksesan Anda.

Jika Anda tidak mencapai target, tindak lanjuti dengan melakukan perubahan strategi atau tindakan perbaikan yang diperlukan.

Kesimpulan

Mengukur KPI adalah langkah kunci dalam mengelola dan meningkatkan kinerja organisasi.

Dengan tujuan yang jelas, pemilihan KPI yang relevan, dan pemantauan yang berkala, Anda dapat memastikan bahwa karyawan dan perusahaan selalu bergerak untuk mencapai tujuan.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Inilah Bisnis Franchise yang Paling Menjanjikan, Yuk Dicoba!

0
franchise

Apakah Anda berfikir untuk membuka usaha saat ini? Tapi tidak tahu usaha apa yang ingin Anda jalani? Sangat susah untuk menentukan konsep baru dalam bisnis? Bagaimana jika Anda mencoba franchise? Mungkin terdengar mustahil untuk mendapatkan untung yang besar dari bisnis kecil-kecilan ini, namun percayalah bahwa jika Anda memilih franchise yang tepat disertai dengan pemilihan tempat, suasana dan waktu yang tepat, Anda akan mendapat keuntungan dengan bisnis kecil tersebut.

Sebelum kita lanjut kepada bisnis franchise apa saja yang paling menjanjikan di tahun ini, yuk kita remind kembali apa itu franchise!

franchise

 

Pengertian Franchise

Franchise dalam bahasa Indonesia artinya waralaba. Menurut KBBI waralaba adalah kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai kesepakatan yang mencakup dengan hak kelola serta hak pemasaran. Franchise adalah hak yang dimiliki seseorang atau badan usaha terhadap ciri khas usaha dalam memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti dapat dimanfaatkan atau dipakai orang lain dan terikat dengan perjanjian.

Terdapat dua istilah lain dalam dunia franchise yaitu franchisor dan franchisee. Franchisor adalah badan usaha atau perseorangan yang memberikan hak kepada penerima waralaba untuk memakai atau memanfaatkan waralaba yang dimilikinya. Sedangkan franchisee adalah badan usaha atau perseorangan yang diberikan hak oleh franchisor untuk memanfaatkan atau memakai waralaba yang dimiliki.

Di Indonesia, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menunjukkan hal tersebut franchise atau tidak.

  • Usaha tersebut harus memiliki ciri khas
  • Memberikan keuntungan dan itu telah terbukti
  • Memiliki standar pelayanan
  • Mudah untuk diajarkan dan diaplikasikan
  • Dukungan yang berkesinambungan
  • Hak Intelektualnya sudah terdaftar

Beberapa contoh bisnis franchise di Indonesia yang terkenal yaitu Kebab Baba Rafi, Janji Jiwa, Panties Pizza, Lotte Grosir, Indomaret, Es Teh Indonesia, Mixue Ice Cream and Tea, Geprek Bensu, dan masih banyak lagi.

Bisnis Franchise yang Paling Menjanjikan

Berikut adalah beberapa bisnis franchise yang menjanjikan.

Minuman Kekinian

Minuman kekinian banyak digemari oleh kalangan muda. Seperti boba, thai tea, kopi dan lainnya. Kecenderungan anak muda untuk meng-upload segala sesuatu di media sosial menjadikan minuman kekinian sebagai salah satu franchise yang lumayan sukses dan mendapatkan untung yang banyak.

Istilahnya untuk anak jaman sekarang yaitu “jika belum mencoba, Anda terlihat ketinggalan zaman” atau banyak diantara mereka yang tergiur dengan tampilan dari minuman kekinian tersebut sehingga mereka tergoda untuk membelinya juga pastinya karena harganya yang murah dan dapat dijangkau oleh berbagai kalangan.

Contoh franchise minuman kekinian adalah Dum Dum yang memfokuskan penjualan pada minuman thai tea dengan citarasa dan pembuatannya sama dengan aslinya di Thailand. Lalu ada Chatime yang merupakan minuman asal Taiwan yang menggunakan daun teh pilihan terbaik dan berkualitas tinggi. Janji jiwa yang memfokuskan pada minuman kopi lokal Indonesia dan trendi. Kopi kenangan yang memfokuskan pada penjualan kopi dengan harga yang sangat terjangkau. Dan masih banyak lainnya.

Korean Food

Merebaknya gelombang budaya korea di Indonesia menjadikan bisnis ini adalah salah satu yang lumayan laris. Apalagi banyak masyarakat Indonesia yang menyukai drama Korea dan di dalamnya terdapat banyak adegan makan-makan ataupun jajanan Korea yang menggoda menjadikan keinginan untuk mencobanya menjadi tinggi.

Apalagi harga yang murah dan rasa yang sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia, menjadikannya nilai plus. Contoh makanan Korea yang terkenal di Indonesia diantaranya adalah Tteokbokki, kimbab, ramyun, odeng dan lain-lain.

Contoh nama franchise korean food di Indonesia yaitu Holdak yang menjual berbagai makanan Korea seperti Korean Chiken, Kimchi, Tteokbokki dan lainnya. Lalu ada Bokki Bowl, Kimbab Ina, Posarang dan Simhae.

Dimsum

Dimsum adalah makanan yang berasal dari China. Dimsum merupakan makanan yang dikukus atau digoreng dan didalamnya berisi seafood, daging dan sayuran. Dimsum menjadi makanan yang disukai oleh Indonesia karena harganya yang murah, alternatif makanan sehat, jenisnya bervariasi, enak dan bentuknya yang unik.

Karena isi dari dimsum kebanyakan adalah makanan yang ramah bagi masyarakat Indonesia menjadikan dimsum sangat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Awalnya dimsum hanya tersedia pada restoran-restoran mahal sehingga dahulu hanya orang-orang tertentu yang dapat menikmatinya. Lalu pelaku bisnis mulai membuat dimsum yang lumayan enak dan dengan harga yang murah sehingga semua orang dengan berbagai kalangan bisa menikmatinya.

Minimarket

Siapa yang tidak tahu Indomaret dan Alfamart? Dengan merebaknya minimarket tersebut menunjukkan bahwa bisnis franchise ini sangat diminati dan menguntungkan. Dengan kebutuhan masyarakat Indonesia akan kebutuhan sehari-hari yang tidak ada habisnya dan mudah dijangkau serta lengkap, menjadikan franchise ini adalah yang paling menjanjikan.

Selain Indomaret dan Alfamart, berikut adalah beberapa franchise minimarket yang terkenal di Indonesia.

  • Lotte Grosir
  • Alfamidi
  • Socamart
  • Yomart

Laundry

Mencuci baju merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. Orang yang sibuk dengan pekerjaannya pastinya tidak akan sempat untuk mencuci baju sehingga lebih memilih untuk mempercayakan cucian kepada laundry terpercaya. Tidak hanya orang yang bekerja saja, mahasiswa yang memiliki jadwal segudangpun juga lebih memilih untuk melaundry baju.

Berikut adalah beberapa nama franchise laundry yang lumayan terkenal.

  • Simply Fresh
  • LaundryKlin
  • Laundry Kiloan SuperWash
  • Laundry Bamboo
  • Laundry Mr Klin
  • Laundry Service Netto
  • Melia Laundry & Dry Cleaning
  • Cleanlite Laundry
  • Dressed Laundry
  • Koin Laundry
  • Londria Coin Express

franchise

 

Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis namun bingung berbisnis apa dan tidak tahu harus menjual produk apa? Franchise adalah solusinya. Tentu modal yang dikeluarkan tergantung pada seberapa besar franchise yang dipilih, oleh karena itu penting untuk memilih franchise mana yang sesuai dengan modal yang dimiliki.

Tentu semua pelaku usaha pasti tidak ingin jika franchise yang dipilihnya adalah franchise yang sepi dan ternyata akhirnya tidak laku. Jadi kami menyarankan beberapa bisnis franchise yang menjanjikan diantaranya adalah: minuman kekinian, Korean food, dimsum, minimarket dan laundry yang dimana semuanya memiliki harga yang terjangkau untuk para konsumen.

Alasan mengapa franchise yang disebutkan diatas dapat menjanjikan yaitu:

  • Minuman kekinian

Ini dikarenakan kecenderungan kaula muda yang suka bermain medsos juga karena tampilan minuman yang disajikan sangat menarik sehingga menarik kaula muda untuk mencobanya.

  • Korean Food

Ini dikarenakan masuknya budaya Korea melalui drama yang di adegannya terdapat adegan makan-makan serta jajanan korea yang terlihat enak dan memanjakan mata.

  • Dimsum

Ini dikarenakan isian dari dimsum sangat ramah terhadap lidah masyarakat Indonesia sehingga dimsum sangat mudah diterima masyarakat. Selain itu harganya yang murah menjadi pemicunya.

  • Minimarket

Kebutuhan masyarakat akan barang sehari-hari menjadikan minimarket adalah salah satu franchise yang menjanjikan.

  • Laundry

Pekerja yang sibuk dan mahasiswa yang banyak jadwal lebih memilih untuk mencuci baju mereka di laundry.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Cara Mencapai 1 Juta Subscriber YouTube Dalam 5 Tahun

0
subscriber youtube

Di YouTube, tidak ada yang lebih memuaskan daripada mendapatkan 1 juta subscriber. Setelah bertahun-tahun melakukan pengambilan gambar, menyunting dan mengunggah video, melihat saluran kita berkembang dari nol menjadi hebat adalah momen yang bak roaler coaster. Bahkan mendapatkan subscriber organik pertama (yang bukanlah robot atau agen sub4sub) adalah sesuatu yang sangat berharga.

Tapi apa yang diperlukan untuk mengembangkan audiens dan menerima plakat emas YouTube yang terkenal itu?

subscriber youtube

 

Jadi, apakah kamu siap untuk membesarkan kanal Youtube mu?

Dalam pembahasan kita kali ini, kami akan berbagi tips untuk membantu para kreator dari berbagai ukuran kanal untuk mencapai 1 juta subscriber. Terlepas dari apapun niche kanal Anda, kami akan berbagi rahasia bagaimana menumbuhkan kanal dengan lebih cepat.

Pertama, Bagi Tujuan 1 Juta Subscriber Anda Menjadi Bagian-Bagian Lebih Kecil

Satu juta adalah angka yang besar dan mengintimidasi. Untuk mencapai jumlah subscriber sebanyak itu di YouTube, kita sebaiknya memecah angka tersebut menjadi tujuan-tujuan kecil yang lebih mudah diolah dan realistis. Sebagai contoh, kamu bisa merencanakan pertumbuhan kanalmu sebagai berikut:

  • Mulailah dengan mendapatkan 100 subscriber pertama di YouTube.
  • Selanjutnya, tarik 1,000 subscriber pertama Anda.
  • Setelah itu, tetapkan tujuan untuk mencapai 10,000.
  • Dari situ, set tujuan baru untuk mencapai 20,000 subscriber; 30,000; 40,000, dan seterusnya.

Membagi-bagi tujuan ini akan membuat kita tetap fokus dan termotivasi. Alih-alih berpikir, saya harus mencapai 1 juta subscriber secepat mungkin, dengan begini kita bisa membebaskan diri dari harapan yang terlalu tinggi.

11 Strategi untuk mendapat satu juta subscriber di Youtube

Meningkatkan jumlah subscriber di YouTube sebenarnya cukup terstruktur. Meskipun beberapa kreator mengembangkan audiens mereka dengan topik-topik yang berbeda, satu hal yang tetap pasti adalah kita harus menarik perhatian pemirsa, memberikan nilai yang mereka inginkan dan meyakinkan mereka untuk kembali di lain waktu. Lakukan tiga hal ini dan akan akan mengubah pemirsa yang hanya sekadar menonton menjadi subscriber setia.

Berikut adalah 10 tugas yang dapat kita lakukan untuk membuat perjalanan ini menjadi lebih mudah.

1. Temukan niche Anda di Youtube

Kanal YouTube Anda perlu memiliki niche yang jelas, terlepas dari konten yang diunggah. Hal ini memang terdengar sulit, tetapi orang tidak akan berlangganan jika kita terus-menerus mengubah tema kanal. Bahkan, mereka mungkin tidak akan kembali jika kita beralih dari konten gaya hidup ke komentar olahraga, berkebun atau mata uang kripto. Audiens Anda akan bertanya, “Di mana video yang saya berlangganan untuk ditonton?”

Sebagian besar kanal yang telah memiliki pelanggan jutaan mencapai 1 juta subscriber mereka dengan menemukan niche dan tetap berpegang pada itu. Kita harus sepenuhnya fokus pada niche dan orang-orang berlangganan karena kita terus-menerus berbagi konten yang sesuai dengan minat mereka.

Satu lagi, jangan ragu-ragu untuk memulai kanal Anda dan tetapkan niche segera setelah Anda siap.

2. Buatlah Saluran Berbasis Layanan yang Membantu Pemirsa Untuk Sukses

Semakin kita melayani audiens semakin besar kanal kita akan tumbuh di YouTube.Jadi, ketika Anda membuat saluran, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan yang jujur seperti  “Apa nilai spesifik yang bisa saya berikan kepada pemirsa?”

Tidak ada jawaban yang salah atau benar. Namun, ketahuilah bahwa untuk mendapatkan 1 juta subscriber, kita perlu memiliki jawaban tertentu. Kita tidak membuat konten untuk memuaskan diri sendiri, tapi kita sedang mencoba untuk memecahkan masalah dalam kehidupan pemirsa, entah itu kebosanan ekstrem mereka atau kebutuhan untuk membeli rumah satu keluarga dengan anggaran yang terbatas. Semua itu tergantung pada niche dan masalah yang dihadapi oleh orang-orang. Bagaimana kita bisa membantu mereka untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

3. Menguasai Duo Ultimate YouTube: Judul Video + Gambar Mini (Thumbnail)

Pemirsa biasanya menghabiskan kurang dari tiga detik untuk memutuskan video mana yang akan mereka tonton. Bagaimana Anda akan membuat konten yang menonjol di YouTube setelah mendengar hal itu?

Kali ini hanya ada satu jawaban yang benar. Untuk mendapatkan lebih banyak subscriber, Anda memerlukan gambar mini (thumbnail) YouTube yang menarik dan judul video yang membangkitkan emosi (yang klikbait). Kedua item tersebut adalah sumber kehidupan kanal dan gabungan keduanya ini akan menarik pemirsa bahkan sebelum kita sadari.

Kedua hal ini bekerja layaknya umpan di Instagram. Konten dengan judul dan thumbnail yang menarik akan membuat seseorang yang melihatnya menghentikan tindakan menggulir yang sedang dilakukannya. Begitulah cara YouTube bekerja!

4. Tambahkan Tombol Berlangganan YouTube Ke Video

Cara tercepat untuk mendapatkan subscriber adalah dengan menampilkan watermark yang bertuliskan “Subscribe” pada semua video kita. Ketika pemirsa mengklik tombol ini, mereka tidak memiliki pilihan lain selain… yah, berlangganan. Cukup sederhana, bukan?

Setelah memiliki gambar yang ingin digunakan sebagai tombol berlangganan, yang perlu kita lakukan hanyalah mengunggahnya ke bagian branding di kanal kita.

Berikut Cara Menambahkan Watermark Tersebut Ke Video YouTube.

  1. Akseslah YouTube Studio dan klik Customization di menu sebelah kiri. Jika Anda menggunakan perangkat mobile, Anda perlu mengunduh aplikasi YouTube Studio yang terpisah dengan aplikasi Youtube.
  2. Klik tab Branding di dekat bagian atas halaman.
  3. Gulir ke bawah ke bagian Video Watermark.
  4. Unggah gambar Anda dan pilih kapan Anda ingin gambar tersebut muncul dalam video Anda: pada tanda waktu kustom, di akhir video Anda atau sepanjang video.

Dan Ini Adalah Ketentuan Untuk Watermark YouTube

  • Ukuran gambar: 150 x 150 pixels
  • Bukan animasi
  • Format file PNG, GIF, BMP, or JPEG files dengan ukuran maksimal 1MB

5. Gunakan YouTube End Screens Untuk Mempromosikan Video Anda

End screens atau layar akhir adalah fitur membantu kita bisa mendapatkan lebih banyak tampilan di YouTube dan menarik subscriber. Layar akhir interaktif ini muncul di akhir video dan memungkinkan pemirsa mengklik konten tambahan dari kanal. Jadi, daripada seseorang hanya menonton satu video, kita mendorong mereka untuk menonton dua – mungkin tiga jika video berikutnya juga memiliki layar akhir.

Ketika Anda merekomendasikan lebih banyak konten, pemirsa mulai memahami nilai dari video Anda. Ini membangun argumen yang meyakinkan mengapa seseorang seharusnya berlangganan kanal kita. Jika kita juga menambahkan tombol berlangganan ke semua layar akhir video, itu juga akan memantapkan keputusan tersebut.

Tapi ada tips: Alih-alih menampilkan dua atau tiga video di layar akhir (ditambah tombol berlangganan), tampilkan hanya satu video agar video Anda tidak terkesan cerewet yang justru akan membuat pemirsa kita bingung. Dengan hanya menambahkan satu video, kita bisa membatasi pilihan pemirsa.

subscriber youtube

 

6. Berkomunikasi Dengan Pemirsa di YouTube Untuk Menjaga Para Penonton

Jika ingin mengembangkan kanal hingga mencapai 1 juta subscriber, kita sebaiknya membuat konten yang diminati oleh orang. Itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi Anda dapat berhasil dengan fokus pada satu metrik YouTube, yaitu retensi audiens.

Sebuah video memiliki tiga “bagian” penting yang bisa digunakan sebagai patokan untuk mempertahankan pemirsa:

  1. Pengantar (intro): Berapa banyak orang yang masih menonton setelah 30 detik pertama?
  2. Bab (chapters): Saat video kita beralih dari satu adegan ke adegan lain, apakah pemirsa tetap tinggal atau pergi?
  3. Penutup (outro): Apakah orang-orang tinggal sampai di akhir untuk mengklik layar akhir dan menonton lebih banyak konten?

Panjang video Anda tidak terlalu penting jika seluruhnya menghibur. Untuk mencapainya, tingkatkan perlahan-lahan durasi rata-rata tontonan. Ini adalah persentase yang menunjukkan berapa lama rata-rata pemirsa menonton video.
Jadi berapa pun panjang video kita, buat orang-orang menonton video tersebut selama mungkin.

7. Manfaatkan Topik-Topik Tren di YouTube

Ingin memperkenalkan konten Anda kepada calon subscriber? Ikuti topik-topik yang sedang tren dalam niche yang Anda pilih, lalu buat video tentang topik yang penting bagi audiens. Jika kita bisa menyertakan kata kunci dengan volume tinggi yang tidak terlalu kompetitif, video Anda bisa benar-benar sukses.

Anda mungkin akan melihat sesuatu seperti ini di YouTube Studio jika hal itu terjadi:

Kuncinya di sini adalah mengutamakan tumpang tindih audiens. Pastikan tren tersebut memiliki beberapa tumpang tindih antara pemirsa saat ini dan mereka yang antusias tentang tren tersebut. Kedua audiens harus memiliki tujuan yang serupa – belajar memasak, menemukan musik baru, dll. – sehingga subscriber baru memiliki alasan untuk menonton video yang tidak berhubungan dengan tren.

8. Upload Video YouTube Secara Konsisten

Tips ini cukup sederhana tetapi mudah terlupakan.

Buat jadwal unggah dan patuhi itu, tidak peduli apa yang terjadi. Mengunggah video secara konsisten akan membantu kita mempertahankan subscriber yang sudah kita dapatkan dalam perjalanan menuju 1 juta.

Jika kita mengabaikan dan menjadi tidak aktif di kanal kita, pemirsa akan mengandalkan kreator lain untuk menjadi sumber hiburan atau edukasi mereka. Hal ini akan membuat kita mundur sepuluh langkah saat kita sedang mengembangkan saluran.

9. Jangan Takut Untuk Merubah Konten

Video yang menarik 10.000 subscriber pertama Anda layak untuk dirayakan, tetapi mereka tidak akan menarik 100.000 berikutnya. Selain itu, video yang membantu Anda mencapai 500.000 tidak akan membawa Anda sejauh 1 juta – dan itu tidak masalah.

Di YouTube, minat pemirsa berubah seiring waktu. Jadi kita seharusnya menjelajahi ide-ide video baru untuk menarik subscriber baru dan tetap mempertahankan yang lama secara bersamaan.

Tidak peduli seberapa baik suatu metode memberikan manfaat pada kanal kita, selalu lakukan eksperimen. Uji konsep video baru untuk mencapai lebih banyak pemirsa dan membuat saluran kita ditemukan.

10. Alihkan Pekerjaan yang Tidak Dapat Kita Tangani Sendiri

Dapatkah Anda mengembangkan saluran YouTube hingga mencapai 1 juta subscriber tanpa bantuan? Tentu saja, itu mungkin.

Tetapi bayangkan berapa banyak subscriber yang akan kita miliki jika kita mengalihkan pekerjaan ekstra yang sulit kita kerjakan sendiri. Dengan tim video editor, penulis naskah dan ilustrator untuk membuat thumbnail, kita mungkin saja akan mendapatkan jutaan subscriber dengan lebih cepat.

Banyak kreator yang kesulitan untuk melepaskan kontrol terhadap kontennya. Namun, hal ini harus dilakukan jika kita sudah mencapai ukuran komunitas.

Setelah Anda memiliki 500.000 subscriber atau lebih, saatnya untuk memeriksa ulang alur kerja kita. Tanyakan kembali pada diri kita, apa satu hal yang menghambat produktivitas? Siapa yang bisa kita sewa untuk meringankan beban itu?

11. Hampir Mencapai 1 Juta Subscriber? Siarkan Langsung Saat-Saat Terakhirnya

Misalkan saluran Anda berada di angka 980.000 subscriber dan perlahan-lahan mendekati satu juta. Dalam situasi seperti ini, ada dua hal yang dapat kita lakukan:

  1. Biarkan orang berlangganan dengan kecepatan alami (dalam beberapa minggu).
  2. Siarkan langsung pengalaman tersebut untuk mencapai 1 juta dalam beberapa hari.

Di sini kita bisa memilih untuk menyiarkan saat-saat terakhir tersebut, dan percayalah, banyak yang berhasil. Pemirsa bergabung biasanya adalah mereka yang ikut merayakan dan mulai berlangganan untuk membantu kita mencapai tujuan.

Anda dapat mencapai hal yang sama menggunakan plug-in streaming yang yang terhubung ke kamera virtual.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Mencapai 1 Juta Subscriber di YouTube?

Tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini. Ada yang memerlukan waktu bertahun-tahun ada juga yang sebentar

Saluran Anda mungkin berbeda, dan sebagai hasilnya, tidak akan tumbuh dalam jangka waktu yang sama. Anda mungkin bisa mencapai tonggak itu dalam satu tahun atau bahkan sepuluh tahun; itu hanya tergantung pada niche Anda dan seberapa agresif Anda di YouTube. Mengikuti tips di atas pasti akan mempercepat prosesnya.

Jika Anda bertujuan untuk mencapai 1 juta subscriber, kemungkinan Anda ingin beralih ke karier penuh waktu di YouTube.

Kesimpulan

1 juta subscriber mungkin terlihat sangat mustahil, namun dengan tips-tips ini akan membantu Anda untuk mencapainya. Memang tidak langsung tercapai dalam beberapa bulan, jika Anda konsisten, hal yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin.

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencapai 1 juta subscriber adalah Pertama, bagi tujuan 1 juta subscriber Anda menjadi bagian-bagian lebih kecil lalu temukan niche Anda di Youtube, buat saluran berbasis layanan, menguasai duo ultimate Youtube, tambahkan tombol berlangganan, gunakan Youtube end screens, berkomunikasi dengan pemirsa di Youtube, manfaatkan topik-topik tren, upload video secara konsisten, jangan takut merubah konten, minta bantuan jika ada pekerjaan yang tidak dapat ditangani sendiri, siarkan langsung saat-saat terakhir mencapai 1 juta subscriber.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Risiko Usaha Adalah: Pahami Masalah Pada Bisnis Anda

0
risiko usaha adalah

Yang namanya menjalankan bisnis pasti suatu saat akan menemui yang namanya masalah pada bisnis. Baik itu masalah internal atau eksternal. Hal itulah yang dinamakan dengan Risiko Usaha. Risiko Usaha adalah potensi masalah pada perusahaan yang dapat menyebabkan kerugian. Pencegahan dan penanganan dari risiko usaha ini sangat perlu diperhatikan agar Anda tidak mengalami kerugian bahkan pailit. Mau tahu apa itu risiko usaha? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

risiko usaha adalah

Risiko Usaha Adalah

Risiko usaha adalah kegiatan atau usaha yang menunjukkan beberapa masalah dan kerugian pada jangka waktu tertentu. Ada banyak penyebab yang dapat menjadi penyebab dari risiko usaha ini baik itu masalah internal dan eksternal. Masalah internal ini misalnya masalah produk yang tidak laku atau korupsi sedangkan masalah eksternal misalnya tanah longsor, banjir atau hal lainnya diluar perusahaan itu sendiri.

Jika kita sebagai pemilik usaha tidak memperhitungkan hal tersebut, maka akan menyebabkan kerugian bahkan sampai penutupan usaha. Jadi sangat penting bagi kita untuk memiliki kemampuan mendeteksi, mengelola bahkan mengantisipasi risiko usaha tersebut.

Faktor Penyebab Risiko Usaha

Seperti yang telah dijelaskan diatas, penyebab risiko usaha adalah berasal dari internal maupun eksternal. Internal dari perusahaan itu sendiri sedangkan eksternal berasal dari hal-hal diluar perusahaan. Berikut adalah penjelasannya.

Keadaan Ekonomi

Keadaan ekonomi yang dimaksud tidak hanya keadaan ekonomi di dalam perusahaan itu sendiri, namun juga keadaan ekonomi di luar perusahaan. Tentu saja keadaan ekonomi di dalam perusahaan harus ditinjau secara serius agar tidak terjadi yang namanya korupsi atau hal lainnya. Semakin baik kondisi ekonomi perusahaan, maka semakin baik perusahaan tersebut dapat berjalan dan dikenal banyak orang.

Masalah ekonomi yang terjadi di luar perusahaan yang dapat diperhatikan seperti harga bahan utama pembuatan produk, kemampuan daya beli masyarakat, nilai tukar mata uang dan lainnya. Tentu kalian masih belum lupa tentang merebaknya virus korona yang menyebabkan kondisi keuangan cukup terganggu secara signifikan. Dan tentu saja kita tidak akan mengetahui secara pasti kapan pandemi akan terjadi. Meskipun keadaan ekonomi sekarang sudah sedikit membaik dari sebelumnya, tetap saja guncangan ekonomi itu masih terasa hingga sekarang.

Setelah masalah pandemi tersebut kita juga dapat belajar untuk memperhatikan bagaimana cara mengelola usaha jika pandemi akan terulang kembali. Karena jika pandemi terjadi masalah kita tidak hanya tentang naiknya harga bahan pokok atau kenaikan bbm di negara ini saja namun menjadi masalah semua orang di dunia yang tentu saja kita tidak bisa berlari atau meminta pertolongan kemanapun. Seluruh dunia mengalami kesusahan.

Kondisi Alam

Bagi beberapa bidang usaha, kondisi alam sangat memengaruhi pertumbuhan bisnis terutama dalam hal memproduksi suatu barang. Dengan kata lain jika kondisi alam baik, produk yang dihasilkan juga baik. Produk-produk yang baik ini menarik pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut sehingga perusahaan menghasilkan keuntungan.

Sayangnya kondisi alam saat ini sering berubah secara bertahap yang mengakibatkan produk yang dihasilkan perusahaan tidak mencapai tingkat optimalnya. Jika ini terus berlanjut perusahaan akan mengalami kerugian secara bertahap karena produknya tidak laris dipasaran.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan meningkatkan target pasar. Semakin banyak orang yang mengenal produk suatu perusahaan, semakin besar kemungkinan mereka akan membeli produk tersebut.

risiko usaha adalah

Perubahan Gaya Hidup

Tidak bisa dipungkiri bahwa evolusi zaman akan memengaruhi perubahan gaya hidup manusia mulai dari pakaian hingga makanan yang dimakan. Perubahan gaya hidup biasanya diikuti oleh trend saat ini dan setiap orang akan selalu berusaha untuk beradaptasi dengan perubahan ini.

Begitu pula dengan bisnis dan wirausahawan yang harus mengikuti tren saat ini. Perusahaan dapat mengalami kerugian jika tidak dapat menyesuaikan diri dengan gaya hidup manusia. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa perubahan gaya hidup adalah salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan risiko usaha.

Bisnis atau wirausahawan harus terus berinovasi untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh perubahan gaya hidup manusia. Inovasi ini dapat mencakup produk baru, strategi pemasaran dan sumber daya manusia.

Strategi yang Salah

Strategi pemasaran biasanya digunakan oleh perusahaan atau wirausahawan untuk meningkatkan produk dan mengembangkan perusahaan. Mereka juga dapat menggunakan media sosial untuk promosi saat ini.

Sebaliknya strategi pemasaran yang salah dapat menyebabkan risiko bisnis yang akan memengaruhi pertumbuhan perusahaan dan produk yang dihasilkannya. Oleh karena itu salah satu penyebab risiko bisnis adalah penggunaan strategi pemasaran yang salah.

Karena itu saat merancang strategi pemasaran, perusahaan atau wirausahawan harus membentuk tim khusus untuk mengurangi risiko bisnis.

Solusi

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab dari risiko usaha, berikut adalah beberapa solusi yang dapat digunakan untuk menjadi pertimbangan Anda dalam langkah menghadapi risiko usaha.

Memperkirakan Kerugian Usaha

Jika kalian ingin memulai usaha, perkirakan terlebih dahulu kerugian-kerugian yang akan terjadi jika Anda ingin membangun suatu usaha tersebut. Pastinya kalian juga harus mengetahui seluk beluk usaha yang Anda ingin bangun. Anda bisa membuat daftar kerugian yang akan terjadi. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan hal mana yang paling penting untuk diatasi terlebih dahulu.

Menyusun Rencana Bisnis Sematang Mungkin

Sebelum memulai bisnis, Anda harus membuat rencana tindakan yang mencakup risiko untuk mengetahui kegiatan mana yang memiliki risiko tinggi dan harus dihentikan segera.

Cek Kematangan Produk

Berikutnya, mengevaluasi tingkat kematangan produk adalah cara untuk mengidentifikasi risiko usaha. Perusahaan harus mempersiapkan diri untuk membuat produk baru untuk diversifikasi sebelum penjualan produk turun karena kejenuhan pelanggan. Sehingga jika satu produk tersebut sudah tidak diminati, Anda dapat menjual produk lainnya yang sudah dipersiapkan.

Mencatat Proses dengan Baik

Mencatat proses dengan baik sangat penting untuk mencegah masalah seperti kesalahan proses dan kegagalan produksi. Secara teratur, laporan perusahaan mencatat semua rencana strategi dan tindakan yang telah dilakukan perusahaan. Ini membantu Anda meminimalkan risiko dan menganalisis tindakan yang berhasil.

Belajar Dari Kesalahan

Langkah terakhir dalam mengatasi risiko usaha adalah menghindari masalah yang sama lagi. Setiap masalah yang sudah terjadi harus dipelajari secara menyeluruh supaya Anda dapat menangani masalah yang sama yang muncul di kemudian hari.

Kesimpulan

Setiap perusahaan pasti akan mengalami yang namanya risiko usaha. Namun jika Anda sebagai pemilik usaha mengenali risiko usaha dengan baik, Anda dapat melewati segala permasalahan dengan aman. Risiko usaha adalah kegiatan atau usaha yang menunjukkan beberapa masalah dan kerugian pada jangka waktu tertentu. Ada banyak penyebab yang dapat menjadi penyebab dari risiko usaha ini baik itu masalah internal dan eksternal.

Beberapa faktor penyebab dari risiko usaha ini adalah kondisi ekonomi, baik kondisi ekonomi di dalam perusahaan atau di luar perusahaan itu sendiri. Lalu kondisi alam, perubahan gaya hidup dan strategi yang salah.

Solusi yang dapat kami berikan untuk risiko usaha ini diantaranya adalah memperkirakan kerugian usaha, menyusun rencana bisnis sematang mungkin, cek kematangan produk, mencatat proses dengan baik dan belajar dari kesalahan.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Peran Inovasi Dalam Strategi Bisnis Anda

0
inovasi

Lanskap persaingan bisnis saat ini sangat bergantung pada inovasi. Hampir setiap pemilik bisnis selalu terlihat mencari cara berbeda untuk berinovasi atau mengotomatisasi tugas rutin mereka. Karena cukup sulit bagi mereka untuk menyelesaikan permasalahan bisnis modern dengan solusi lama.

Selain itu, inovasi juga memainkan peran penting dalam penciptaan yang cepat dan efisien strategi bisnis (tujuan, visi, rencana, dll).

Dalam postingan blog kali ini, saya akan membahas peran inovasi dalam strategi bisnis secara lengkap. Jadi, mari kita mulai dengan pengenalan inovasi.

inovasi

Apa Itu Inovasi?

Inovasi dalam bisnis mengacu pada penerapan atau adopsi teknologi canggih untuk menyederhanakan tugas-tugas bisnis. Sehingga perusahaan dapat memberikan nilai baik kepada pelanggan maupun pemangku kepentingan.

Terkadang, ini juga disebut sebagai otomatisasi tugas bisnis rutin bagi karyawan, sehingga menghemat waktu dan tenaga yang perlu dikeluarkan untuk menyelesaikan tugas kantor secara manual.

Namun perlu diingat, Inovasi adalah penggunaan teknologi canggih. Kita semua tahu bahwa teknologi hanya bisa berguna jika dipadukan dengan beberapa jenis alat atau perangkat lunak. Artinya, jika sebuah bisnis ingin menghadirkan inovasi, maka bisnis tersebut harus mulai menggunakan perangkat lunak atau alat modern.

Anda kini sudah paham apa itu inovasi, saatnya beralih ke topik utama kita.

Peran Inovasi Dalam Strategi Bisnis

Inovasi memainkan peran penting dalam strategi bisnis. Hal ini memungkinkan organisasi untuk menyederhanakan proses pembuatan strategi bisnis yang padat karya dan memakan waktu dengan akurasi maksimum.

Dalam model bisnis modern, inovasi sangat penting karena beberapa alasan. Berikut adalah beberapa alasan utamanya.

Akurasi Maksimum

Membuat rencana bisnis secara manual (dengan bantuan karyawan) akan selalu memiliki peluang terjadinya kesalahan manusia. Memiliki kesalahan (tidak peduli apakah itu terlalu kecil atau besar) dapat menimbulkan konsekuensi serius seperti hilangnya pendapatan, pelanggan, pemangku kepentingan, rusaknya reputasi, dan banyak lagi.

Namun, tidak demikian halnya dengan inovasi. Dengan memanfaatkan alat atau perangkat lunak berteknologi canggih, perusahaan hampir dapat menghilangkan risiko melakukan kesalahan.

Dapatkan Keunggulan Kompetitif Dibandingkan Pesaing

Salah satu tujuan utama setiap bisnis di dunia adalah untuk menonjol di antara segala peluang pasar. Untuk mencapai tujuan ini, mereka mempekerjakan para profesional sehingga mereka dapat memiliki rencana strategi bisnis terbaik.

Namun, jika para profesional memanfaatkan alat atau perangkat lunak berteknologi canggih, maka mereka dapat menciptakan strategi pemasaran yang lebih komprehensif. Hal ini pada akhirnya akan membantu dalam mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing.

Peningkatan Pendapatan Dan Pengurangan Biaya

Inilah salah satu alasan utama mengapa inovasi sangat penting dalam bisnis saat ini. Ketika sebuah perusahaan memanfaatkan teknologi canggih, kemungkinan besar perusahaan tersebut dapat menawarkan nilai kepada pelanggannya, sehingga menghasilkan peningkatan pendapatan.

Terlebih lagi, ketika sebuah organisasi memanfaatkan teknologi terkini, mereka tidak perlu mempekerjakan lebih banyak tenaga kerja, sehingga mengurangi biaya.

Peningkatan Produktivitas

Terakhir, mengadopsi inovasi dalam bisnis juga dapat meningkatkan produktivitas pekerja.

Ketika karyawan memanfaatkan teknologi modern, mereka dapat melakukan tugas bisnis rutin dengan cepat dan efisien. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga mereka yang berharga, memungkinkan mereka untuk fokus pada tugas-tugas penting lainnya, sehingga menghasilkan peningkatan produktivitas.

Sekarang, Anda mungkin mendapatkan gambaran bagus tentang peran inovasi dalam strategi bisnis. Lalu bagaimana perusahaan dapat memanfaatkannya untuk menyederhanakan proses strategi bisnis?

inovasi

Bagaimana Memanfaatkan Inovasi Dalam Strategi Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan, inovasi dalam bisnis adalah penerapan atau adopsi teknologi canggih untuk menyederhanakan tugas-tugas bisnis. Jadi, semua poin yang disebutkan di bawah ini berada dalam konteks tools yang akan membantu Anda membuat strategi bisnis Anda baik dan efektif.

Membuat Proposal Bisnis

Proposal bisnis adalah dokumen terperinci berbentuk panjang yang menjelaskan bagaimana produk atau layanan suatu organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Panjang dokumen ini bervariasi dari dua halaman hingga beberapa halaman. Dari segi kata, harus berkisar antara 2.500 kata hingga 10.000 kata.

Jadi, jika sebuah perusahaan mempekerjakan orang khusus yang akan menulis proposal rinci untuknya, maka hal ini tidak hanya membutuhkan waktu yang cukup tetapi juga memiliki kemungkinan terjadinya kesalahan.

Untungnya, inovasi telah memberikan solusi untuk hal ini. Sekarang ada beberapa alat pembuatan konten canggih yang tersedia yang dapat dengan cepat membuat konten sesuai dengan instruksi yang diberikan. Mereka bekerja pada beragam algoritma Natural Processing Language dan Machine Learning untuk memahami masukan manusia secara efisien dan kemudian menghasilkan respons yang akurat terhadap masukan tersebut.

Perusahaan dapat menggunakan alat-alat semacam ini untuk membuat proposal jangka panjang dengan cepat dan efektif, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mempekerjakan orang khusus.

Membuat Presentasi

Setelah proposal selesai dibuat, tim kemudian perlu membuat slide presentasi yang efektif, sehingga dapat dipresentasikan kepada otoritas yang lebih tinggi. Sama seperti proposal, ada puluhan slide untuk satu strategi bisnis.

Membuat beberapa slide PPT yang bagus pasti membutuhkan waktu (beberapa hari). Tim juga menghadapi masalah ketika tenggat waktu yang ketat.

Namun, dengan memanfaatkan alat inovasi, tim dapat membuat slide yang terlihat profesional dalam hitungan menit. Ada banyak alat presentasi tingkat lanjut yang tersedia yang dilengkapi dengan template presentasi siap pakai.

Tim dapat memilih templat presentasi dari templat yang telah dibuat sebelumnya atau membuatnya sendiri. Salah satu hal terbaiknya adalah Anda hanya perlu memberikan instruksi tentang jenis slide yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengatur jumlah slide. Setelah ini, alat-alat ini akan segera datang dengan jumlah slide PPT yang diperlukan disesuaikan dengan instruksi yang diberikan.

Membuat Template Email yang Menarik

Membuat email yang menarik dan menarik juga merupakan bagian penting dari setiap strategi bisnis. Perusahaan meminta tim untuk membuat beberapa templat email, dan kemudian setelah berdiskusi dengan staf, satu atau dua di antaranya diselesaikan.

Templat yang telah diselesaikan ini digunakan untuk mendekati pelanggan. Namun, tim biasanya menghadapi masalah dalam menghasilkan template dengan kualitas terbaik. Ini karena mereka harus menjaga konten tetap pada intinya sekaligus tetap menarik bagi pembaca. Untuk melakukan hal ini, mereka hanya perlu menulis informasi yang relevan dan menggunakan kata-kata yang lebih menarik daripada kata-kata slang.

Jika hal ini tidak memungkinkan, jangan khawatir, inovasi punya solusinya. Ada banyak alat pengoptimalan konten tingkat lanjut yang tersedia. Hal ini akan memungkinkan tim bisnis untuk Parafrase online konten email agar menarik dan menarik.

Alat-alat ini bekerja secara efisien dengan memahami teks yang diberikan dan kemudian memparafrasekannya dengan menghilangkan kata-kata yang tidak perlu dan mengganti kata-kata slang atau kata-kata biasa dengan sinonimnya yang lebih menarik.

Jadi, dengan memanfaatkan alat semacam ini, tim dapat dengan cepat menghasilkan template email berkualitas yang mungkin menarik perhatian pembaca.

Kesimpulan

Inovasi telah menjadi bagian penting dari bisnis saat ini. Hal ini memungkinkan organisasi untuk menyederhanakan tugas-tugas yang memakan waktu seperti strategi bisnis.

Pada artikel kali ini telah dijelaskan peran inovasi dalam strategi bisnis secara lengkap. Selanjutnya, telah dijelaskan juga bagaimana memanfaatkannya untuk membuat strategi yang efektif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk strategi bisnis Anda.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/  atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Tips Menghasilkan Uang Secara Online Tanpa Bayar Iklan

0

Apakah mungkin menghasilkan uang secara online tanpa keluar modal? Jawabannya adalah Bisa! Akan tetapi, ini adalah hal yang sulit dan membuat frustrasi jika kita tidak tahu apa yang dilakukan. Itu sebabnya ribuan marketer kesulitan mendapatkan uang pertama mereka secara online.

Mungkin sebagian besar dari kita ragu untuk menginvestasikan uang sebelum kita yakin akan melihat hasilnya. Hal ini bisa dimengerti karena sebagian besar dari kita pasti mengalami hal semacam itu. Maka dari itu pada artikel ini kita akan membahas cara menghasilkan uang secara online tanpa modal.

menghasilkan uang secara online

1.) Menghasilkan Uang Secara Online dengan Pemasaran Video

Salah satu rekomendasi dari kami adalah dengan cara pemasaran video ini. Anda bisa keluar dari zona nyaman Anda karena pemasaran video adalah salah satu cara terampuh dan tercepat untuk menghasilkan uang secara online.

Melalui video, Anda bisa memberi nilai lebih. Dan tidak hanya itu, Anda akan membangun kepercayaan audiens Anda. Tahukah Anda kapan sebagian besar penjualan terjadi? Iya benar! Saat orang-orang sudah mulai percaya.! Melalui video Anda bisa menunjukkan kepedulian Anda dengan memberikan banyak solusi yang bisa membantu pemirsa Anda menyelesaikan permasalahan mereka.

Jika konten video Anda berguna bagi mereka maka lain kali jika mereka mengalami masalah maka akan mengingat Anda.

Berikut adalah di mana kita bisa menggunakan video marketing.

  • Youtube
  • Facebook Live (di profil, halaman, grup)
  • Story Facebook
  • Story Instagram
  • Berbagi tautan ke video Anda di platform media sosial lainnya
  • Berbagi tautan ke video Anda melalui email

2.) Mencari Keuntungan dengan Memanfaatkan Media Sosial

Jangan remehkan kekuatan media sosial karena inilah alat terpenting untuk mencapai kesuksesan dalam dunia online. Kini berkomunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah dan lebih cepat daripada sebelumnya. Bayangkan jika Anda harus mengirim surat fisik yang dimana Anda tidak dapat mengirimkannya sekaligus atau bahkan mengirimnya secara manual. Pasti membutuhkan biaya dan effort yang lebih.

Tetapi jika Anda ingin memanfaatkan media sosial, harap diingat untuk jangan melakukan spam.

Untuk berhasil mendapatkan uang tambahan secara online, Anda wajib mematuhi beberapa aturan. Memang ada aturan yang terasa menggurui tetapi ini adalah satu hal yang sangat penting. Tidak ada yang suka dengan spammer terutama di platform media sosial.

Berikut adalah step sederhana yang perlu Anda lakukan.

  • Bagikan informasi yang bermanfaat untuk membantu audiens Anda.
  • Tunjukkan gaya hidup Anda sehingga orang-orang dapat mengenal Anda dengan lebih baik.
  • Jangan takut untuk membuat orang tertawa karena itu dapat membangun kepercayaan dengan cepat.
  • Ceritakan pengalaman Anda sendiri atau cerita inspiratif dari orang lain.
  • Buat inspirasi dan motivasi bagi orang lain.

Anda bisa menggunakan beberapa platform media sosial sekaligus tetapi perlu diingat bahwa ini memerlukan lebih banyak waktu.

menghasilkan uang secara online

3.) Berinteraksi dengan Postingan dan Video Orang Lain

Cobalah salah satu metode yang mungkin terdengar unik tapi sebenarnya efektif satu ini. Mulailah berinteraksi dengan postingan dan video orang lain di berbagai platform. Ingat, ini bukan tentang spamming atau memaksa orang untuk melihat tautan Anda.

Caranya cukup sederhana, yaitu tunjukkan dukungan dengan memberikan komentar positif dan relevan. Kemudian Anda bisa berbagi cerita Anda sendiri. Dengan begitu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dan memperluas jaringan Anda secara alami.

Misalkan seseorang membuat postingan tentang berhasil menurunkan berat badannya.

Langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Ucapkan selamat dan beri tahu mereka betapa bangganya Anda padanya.
  • Ceritakan kisah penurunan berat badan Anda dengan emosi, tetapi jangan sebutkan nama produk yang Anda gunakan biarkan mereka penasaran.
  • Jika ada tanggapan dari orang lain, berikan balasan, tetapi tetap rahasiakan produk tersebut.
  • Periksa pesan pribadi Anda, karena beberapa orang mungkin ingin berbicara lebih lanjut.
  • Sambut dengan hangat dan bangun hubungan serta kepercayaan.
  • Barulah jika Anda merasa sudah siap, Anda bisa mempertimbangkan untuk memperkenalkan produk Anda.

4.) Hasilkan Uang Secara Online dengan Memberikan Barang Gratis

Mungkin Anda bingung bagaimana memberikan barang gratis dapat menghasilkan uang. Mungkin Anda akan berpikir jika memberikan barang gratis ke orang lain, justru akan mengakibatkan kerugian. Kami akan menjelaskan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Ketika Anda menciptakan freebie atau hadiah gratis, Anda sebenarnya memberikan nilai kepada audiens Anda. Ini karena Anda membantu mereka mengatasi masalah atau kendala tertentu dan dengan ajaib ini membuat mereka lebih percaya pada Anda. Ingatlah orang lebih cenderung membeli dari seseorang yang mereka percayai.

Meskipun Anda memberikan nilai besar dalam freebie Anda, Anda juga bisa menyertakan tautan ke beberapa produk yang telah membantu Anda. Dengan cara ini Anda tidak hanya memberi tetapi juga memiliki peluang untuk menghasilkan pendapatan melalui produk yang relevan dengan kebutuhan mereka.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat freebie yang efektif.

  • Kenali tantangan utama mereka
  • Lakukan riset untuk memahami apa yang paling sulit bagi audiens Anda.
  • Mulailah membuat E-book gratis atau buat kursus video yang bermanfaat.
  • Ceritakan pengalaman pribadi anda seperti bagaimana produk ini memberikan manfaat dan sertakan tautan.
  • Sertakan tips dan sumber daya gratis.
  • Selalu tulis dengan sentuhan emosi karena inilah cara orang membuat orang lain membuat keputusan pembelian.

Kesimpulan

Seseorang dapat menghasilkan uang secara online tanpa perlu menginvestasikan modal. Meskipun terkadang dianggap sulit dan dapat menimbulkan frustrasi, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini.

Beberapa metode tersebut meliputi pemasaran video, memanfaatkan media sosial, berinteraksi dengan postingan dan video orang lain serta dapat juga memberikan barang gratis sebagai freebie.

Pemasaran video misalnya dapat membangun kepercayaan dengan audiens dan memperkuat hubungan dengan mereka. Media sosial merupakan alat yang kuat untuk berkomunikasi dan membangun jaringan tetapi harus digunakan dengan bijak dan tanpa melakukan spam.

Interaksi yang autentik dengan konten orang lain juga dapat memperkuat hubungan dan membangun kepercayaan. Selain itu memberikan barang gratis atau freebie dapat menarik perhatian dan membangun kepercayaan dengan audiens yang pada akhirnya dapat meningkatkan potensi penjualan.

Pada intinya untuk menghasilkan uang secara online yang terpenting adalah bagaimana Anda dapat membangun kepercayaan orang lain kepada Anda. Anda pun terkadang jika ingin membeli sesuatu atau menggunakan jasa dari orang lain apalagi dalam konteks online dan tidak pernah bertemu sebelumnya pasti benar-benar melihat terlebih dahulu apakah seseorang ini dapat dipercaya? Apakah dia akan menipu? Atau apakah barang yang diperkenalkannya ampuh untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari?

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!