Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 10

Cara Membuat Email Newsletter Untuk Bisnis Anda

0
newsletter

Cara untuk menjangkau pelanggan saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan promosi lewat iklan, promosi di media sosial, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua cara tersebut dapat menjangkau pelanggan secara langsung. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjangkau pelanggan secara langsung adalah dengan newsletter

Apakah Anda pernah mendapatkan email tentang informasi terkait perusahaan? Nah, email itulah yang disebut dengan newsletter. Cara ini dianggap efektif dalam marketing karena performanya yg baik dan dapat meningkatkan ROI dari perusahaan. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara membuatnya dengan baik dan benar. Mengetahui cara membuat jenis email marketing satu ini sangat penting untuk bisnis perusahaan Anda.

Jangan khawatir karena kali ini kami akan menyajikan ulasan lengkap tentang pengertian, manfaat dan cara membuat salah satu jenis email marketing dengan performa tinggi ini. Jadi, tunggu apa lagi, langsung saja simak pembahasannya hingga akhir dibawah ini!

Apa itu Newsletter?

newsletter

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, newsletter didefinisikan sebagai sebuah lembaran cetak yang berupa pamflet atau surat kabar. Ini biasanya berisi informasi terkait informasi terbaru dari perusahaan. Selain pengertian tersebut, email ini juga dikatakan sebagai media informasi berupa siaran berita singkat yang ditujukan untuk pelanggan. Pelanggan yang dituju biasanya pelanggan yang sibuk dan tak sempat membaca berita panjang.

Dari kedua pengertian diatas, tentu Anda sudah bisa menyimpulkan pengertian dari jenis email marketing satu ini. Jadi, Newsletter adalah siaran berita singkat yang menghubungkan pelanggan dengan perusahaan untuk berbagi berita terbaru dan menarik seputar perusahaan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, menggunakan tools ini dapat membantu perusahaan untuk menjangkau pelanggan secara langsung. Dengan tools ini, konten-konten menarik mengenai marketing dapat dikirim dengan mudah. Konten tersebut dapat berupa promosi produk dan event, engaging content, ataupun survei untuk mengetahui minat dari pelanggan.

Newsletter biasanya berbentuk sebuah email campaign. Hal tersebut membuat perusahaan lebih mudah dalam melakukan evaluasi. Melalui email yang dikirim ke seluruh pelanggan, perusahaan dapat mengkategorikan jenis pelanggan. Terdapat dua kategori pelanggan, pertama adalah kategori pelanggan yang rutin membuka email. Sementara, kategori kedua adalah pelanggan yang tidak membuka email.

Manfaat Penggunaan Newsletter

Terdapat berbagai manfaat yang bisa diambil oleh perusahaan dan bisnis. Manfaat tersebut dapat membantu meningkatkan performa bisnis dari perusahaan. Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil oleh perusahaan ketika menggunakan toos ini.

Mampu Menjangkau Audiens Lebih Banyak

Jika Anda ingin perusahaan terhubung secara langsung dengan pelanggan, maka newsletter adalah jawaban yang tepat. Email jenis ini dapat dikirim pada semua pelanggan dari perusahaan secara rutin. Seluruh pelanggan potensial, baik itu pelanggan baru maupun lama dapat dikirimkan email ini tanpa terkecuali.

Para pelanggan tidak selalu memiliki waktu untuk membuka dan mengecek informasi terbaru dari website tertentu setiap hari. Sehingga, menggunakan jenis email marketing satu ini akan membuat pelanggan mengetahui seluruh info terbaru. Informasi tersebut biasanya berupa promo terbaru, event, produk baru dirilis, dan lainnya. 

Memudahkan Pelanggan Mengetahui Update Terbaru

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi paling utama dari tools ini adalah membantu pelanggan untuk tidak ketinggalan semua informasi terbaru. Pelanggan yang telah dikirimkan email tersebut merupakan pelanggan potensial yang setia. Hal itu karena perusahaan tidak mungkin memiliki email dari pelanggan tanpa adanya transaksi dari pelanggan tersebut.

Selain adanya transaksi, pelanggan yang mensubscribe perusahaan juga menjadi faktor yang membuat perusahaan mengetahui email pelanggan. Untuk tetap terhubung dengan pelanggan tersebut, peran dari newsletter sangat penting untuk mewujudkan promosi yang tepat sasaran.

Membantu Menentukan Segmentasi dan Profil Pelanggan

Selain sebagai media promosi, tools ini juga dapat digunakan sebagai media untuk survei. Survei disini dilakukan untuk mengetahui minat pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Selain itu, hasil dari survei yang dilakukan dapat menjadi sumber data untuk personalisasi perusahaan.

Meningkatkan Hubungan Pelanggan

Relasi atau hubungan yang baik dengan pelanggan adalah hal yang paling penting. Oleh karena itu, newsletter dapat membantu mewujudkan hal tersebut. Tool ini dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan seluruh pelanggan. Dengan membaca email dari perusahaan, pelanggan akan senantiasa ingat dengan perusahaan tersebut dan engagement perusahaan akan bertambah.

Membantu menambah Konversi Penjualan

Manfaat terakhir yang bisa diperoleh perusahaan adalah meningkatnya konversi penjualan. Hal tersebut karena elemen seperti Call to Action akan membantu mengarahkan pelanggan pada pembelian. Biasanya, CTA pada email akan mengarah pada laman yang berisi produk dari perusahaan.

Cara Membuat Newsletter yang Baik Untuk Perusahaan

newsletter

Saat ini banyak perusahaan yang telah menggunakan fitur ini untuk melakukan promosi. Namun, tidak semua perusahaan mengetahui bagaimana bentuk newsletter yang baik dan benar. Nah, maka dari itu, berikut beberapa cara untuk membuat jenis email marketing ini dengan baik dan benar.

Pilih Alat Untuk Membuat Newsletter

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih alat untuk membuat email marketing ini. Ada banyak alat yang bisa dipilih untuk digunakan oleh perusahaan. Namun, agar dapat berjalan dengan baik, sesuaikan alat dengan kebutuhan perusahaan. Kebutuhan mendasar seperti tujuan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan sangatlah penting.

Selain tujuan, menyesuaikan dana yang dimiliki perusahaan saat memilih alat yang digunakan juga tak kalah penting. Jika dana perusahaan cukup besar, maka Anda bisa memilih alat yang canggih dengan banyak fitur. Namun sebaliknya, ketika dana yang dimiliki tidak terlalu besar, Anda dapat memilih alat yang sesuai dengan jumlah budget itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang dialami perusahaan.

Jika alat yang dipilih sudah sesuai dengan tujuan dan budget, jangan lupa untuk memperhatikan faktor teknis dalam memilihnya. Sesuaikan skill teknis dari SDM yang dimiliki perusahaan agar output yang dihasilkan dapat maksimal. 

Cari Tahu Tujuan Newsletter

Sebelum Anda mulai menyusun kata-kata, pastikan untuk mengetahui tujuan dari email tersebut. Sesuaikan dengan strategi konten yang telah ada pada perusahaan agar tidak melenceng. Setelah mengetahui tujuan dan mengambil keputusan, catat indikator kinerja dari sasaran yang ditetapkan dan kaitkan dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.

Untuk mengetahui bagaimana kinerja dari email, Anda bisa melihat jumlah pelanggan yang membuka email yang Anda kirim. Hal tersebut akan menunjukan tingkat kinerja dari email tersebut. Semakin tinggi jumlah keterbukaan email, maka email yang Anda kirimkan telah sukses.

Pilih dan Personalisasikan Template Newsletter

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih dan mengatur template email yg akan Anda gunakan. Pilih template yang menarik dan sesuai dengan preferensi perusahaan Anda. Dengan menggunakan template yang menarik, pelanggan akan tertarik dan membuka email yang telah Anda kirimkan.

Setelah memilih template mana yang akan Anda gunakan, mulailah mengatur template tersebut agar sesuai dan tak berlebihan. Sesuaikan semua bagian pada template seperti header, body, ukuran,  serta jangan lupa untuk memaksimalkan CTA pada email Anda. Setelah semua selesai, jangan lupa untuk menyimpan template tersebut agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

Maksimalkan Body Email

Setelah mengatur template, Anda dapat mulai mengatur isi dari email Anda. Maksimalkan konten pada body email Anda. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat tertarik dengan penawaran dalam email yang dikirimkan.Usahakan menggunakan bahasa marketing yang sopan dan tepat. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan gambar agar email Anda semakin menarik.

Pilih Subject dan Nama Pengirim

Sebelum mulai mengirimkan email ke seluruh pelanggan, jangan lupakan hal terpenting dalam sebuah email yaitu subject. Pilihlah subject yang tepat untuk email Anda.Gunakan subject yang menarik dan bisa mengundang pelanggan untuk mengklik dan membaca email Anda. Hal tersebut akan membuat kinerja email Anda menjadi semakin baik.

Selain memilih subject, tambahkan juga email pengirim pada newsletter yang akan dikirim. Gunakan email pengirim dengan nama sebenarnya agar tidak menimbulkan kecurigaan pada pelanggan Anda. Dengan menggunakan nama pengirim yg benar, kepercayaan pelanggan dapat meningkat dan hubungan dengan pelanggan akan semakin baik.

Lakukan Testing di Device Berbeda

Setelah semua siap, lakukan testing pada beberapa device dan platform yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar tampilan email Anda sesuai pada semua device maupun platform. Anda dapat melakukan testing pada penyedia layanan email seperti Gmail, Outlook dan lainnya dan pastikan semua sudah baik dan sesuai.

Kirim Email

Nah, setelah melakukan testing, tahap selanjutnya adalah mengirimkan email ke seluruh pelanggan. Pastikan Anda mengecek kembali daftar pelanggan yang akan dikirimkan email tersebut. Usahakan agar tidak ada yang terlewat saat proses mengirim dilakukan.

Lakukan Analisa Kembali

Tahapan terakhir yang perlu Anda lakukan adalah melakukan analisis secara berulang terhadap email yang telah Anda kirim. Cek performa dari email yang telah Anda kirim mulai dari jumlah klik dan jumlah balasan yang didapatkan melalui email tersebut. Lakukan hal ini secara berulang dan terus menerus untuk melihat efektifitas kinerja dari email tersebut.

Kesimpulan

Nah, itu dia ulasan mengenai newsletter yang perlu Anda ketahui. Jenis email marketing yg satu ini merupakan siaran berita yang digunakan untuk menghubungkan perusahaan dengan pelanggan yang berisi informasi terbaru terkait perusahaan. Penerapannya pada bisnis Anda dapat membantu untuk meningkatkan kinerja dari perusahaan. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan selamat mencoba!

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Market Positioning, Manfaat dan Cara Kerja

0
market positioning

Anda pasti sering melihat beberapa produk atau barang yang sejenis beredar di pasaran bukan? Seperti mobil, yang diproduksi tidak hanya dari satu brand saja namun ada banyak brand-brand mobil yang bertebaran. Diantara banyaknya mobil yang ada di pasaran, pasti hanya ada beberapa brand yang memiliki “nama” di masyarakat ‘bukan? Hal ini berkaitan dengan salah satu strategi dalam pemasaran yaitu market positioning. Penasaran? Yuk simak selengkapnya!

market positioning

Apa Itu Market Positioning?

Market positioning adalah kemampuan dari suatu perusahaan untuk membuat persepsi pelanggan tentang produk yang dimiliki perusahaan yang sama dengan kompetitor. Atau lebih mudahnya bagaimana suatu perusahaan dapat membuat identitas dari produk mereka sehingga bisa bersaing dengan kompetitor yang memiliki produk serupa.

Dengan memakai strategi ini, akan membantu sebuah perusahaan untuk memiliki produk yang kualitasnya bisa mengalahkan kompetitor. Kemenangan itu bisa dicapai dengan meneliti tren di pasaran secara kontinu.

Contoh dari market positioning ini adalah seperti air Le Minerale yang membangun citra sebagai air yang kaya akan mineral, ditandai dengan rasa air yang ada manis-manisnya. Atau seperti produk smartphone Xiaomi yang membangun citra sebagai smartphone murah merakyat dengan kualitas setara dengan smartphone mahal.

Contoh lainnya lagi yaitu Apple yang memposisikan produk-produknya sebagai produk yang inovatif dan stylish. Nike memposisikan produk-produknya sebagai produk yang sporty, fashionable dan unggul. Mercedes-Benz yang membangun citra pada produknya sebagai produk yang mewah dan elegan.

Manfaat Market Positioning

Market Positioning dilakukan dengan tujuan memberikan kesan kepada masyarakat terhadap produk yang dijual. Berikut adalah beberapa manfaat dari market positioning.

  1. Menyampaikan Manfaat

Dengan market positioning, perusahaan dapat dan memiliki kesempatan untuk menyampaikan manfaat apa yang dimiliki pada jasa atau produk perusahaan.

  1. Komunikasi Efektif

Perusahaan dapat dengan mudah mendorong komunikasi yang efektif dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

  1. Target Pasar Lebih Jelas

Strategi ini memungkinkan untuk menentukan target pasar yang jelas karena ada beberapa manfaat yang dapat dinikmati pelanggan dari produk yang ditawarkan perusahaan. Dengan begitu perusahaan dapat dengan mudah untuk memfokuskan produk atau layanannya pada target pasar secara khusus.

  1. Meningkatkan Penjualan

Dengan membangun citra tertentu, membuat pelanggan akan semakin yakin pada produk dari perusaahaan Anda. Orang yang bingung untuk memilih pun akan terdorong untuk mencoba produk Anda atas citra yang telah terbentuk tersebut sehingga Anda akan mendapat pelanggan baru. Tentu ini akan meningkatkan penjualan.

  1. Perusahaan Menjadi Unggul

Dengan membangun citra yang bagus, perusahaan dapat menjadi lebih unggul dan produknya akan dicintai dan dibutuhkan oleh pasar secara kontinu.

market positioning

Cara Kerja Market Positioning

Setelah Anda mengetahui manfaatnya, mungkin Anda akan bertanya-tanya bagaimana cara kerja dari market positioning. Yuk simak dibawah ini!

  1. Identifikasi Keunggulan dari Kompetitor

Agar Anda bisa membuat produk yang lebih unggul dari kompetitor, cari tahu lebih dahulu apa saja keunggulan dari kompetitor tersebut. Tidak mungkin ‘kan Anda ingin membuat produk yang lebih unggul tapi Anda sendiri tidak tahu apa saja keunggulan produk yang dimiliki kompetitor. Oleh karena itu Anda harus bisa mengidentifikasi dengan cermat.

  1. Analisis Posisi

Tahapan ini sangat dibutuhkan karena akan membantu untuk mendapatkan informasi terkait tren pasar, kompetitor, pergeseran ekonomi dan kecenderungan pembelian para pelanggan di luar sana. Manfaat dari analisis ini adalah dapat membantu perusahaan untuk menetapkan keputusan yang tepat.

  1. Analisis Kompetitor

Anda perlu menganalisis posisi kompetitor dalam pasar. Ini penting karena akan membantu perusahaan dalam menemukan kekuatan dan kelemahan kompetitor di pasar. Dengan cara ini perusahaan akan dapat menemukan lubang yang belum ditempati oleh perusahaan lain sehingga dapat diisi oleh perusahaan Anda.

  1. Buat Strategi dan Tentukan Apa yang Pelanggan Butuhkan

Langkah ini dapat dilakukan dengan mengembangkan strategi setelah mendapatkan informasi tentang posisi, kekuatan dan peluang dari perusahaan. Memahami kebutuhan pelanggan adalah salah satu langkah cerdas agar proses membentuk citra perusahaan menjadi mudah.

Kesalahan yang Biasa Terjadi

Namanya belajar pasti akan ada saja kesalahan yang tidak dapat diprediksi atau mungkin tidak mengetahui bahwa yang sedang dilakukan itu merupakan kesalahan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang biasa terjadi pada saat menerapkan strategi bisnis ini.

  1. Belum Membangun Citra yang Baik

Terkadang ada beberapa orang yang ingin cepat-cepat untuk memasarkan produknya tanpa meneliti lebih jelas kondisi pasar sehingga produk yang ditawarkan belum terbangun citranya dengan baik. Anda harus benar-benar melakukan riset agar tidak salah langkah.

  1. Cakupan yang Sempit

Perusahaan malah membangun citra produk pada ruang lingkup yang sempit sehingga membuat pelanggan menjadi kurang berminat walaupun pelanggan tersebut masuk ke dalam kategori target pasar.

  1. Tidak Didukung dengan Bukti

Salah satu hal yang dapat membuat produk Anda dipercaya adalah adanya pembuktian. Misalnya Anda membangun produk detergen dengan citra “dapat membunuh kuman dan menghilangkan noda dengan cepat”. Anda harus dapat membuktikannya pada produk Anda agar tidak meninggalkan kesan meragukan.

Jangan pula terlalu dilebih-lebihkan atau menambah atribut tertentu pada produk, itu justru akan menimbulkan pertanyaan dan membuat pelanggan bertanya-tanya “masa hanya dengan produk itu saja bisa sih”, bukannya dipercaya malah justru diragukan dan akhirnya tidak ada yang akan mencoba membeli produk Anda.

Kesimpulan

Menjadikan bisnis sukses adalah suatu hal yang tidak bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan. Apalagi ketika kita akan menciptakan suatu produk baru. Terkadang kita akan berlabuh pada produk yang tentunya sebenarnya sudah ada tapi ingin menciptakan produk sama dengan kualitas yang berbeda. Barang dengan merk baru tentu saja tidak langsung mendapat hati dari pelanggan, apalagi jika belum ada yang mencobanya. Ibarat ketika kita bertemu dengan teman baru, kita tidak akan secepat itu percaya dengannya ‘bukan?

Untuk membuat barang atau jasa Anda menjadi dikenal banyak orang, Anda perlu membangun citra yang baik pada produk atau jasa. Anda dapat menerapkan market positioning untuk itu. Market positioning adalah kemampuan dari suatu perusahaan untuk membuat persepsi pelanggan tentang produk yang dimiliki perusahaan yang sama dengan kompetitor.

Manfaat dari market positioning adalah perusahaan dapat menyampaikan manfaat produk atau jasa, membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, target pasar lebih jelas, meningkatkan penjualan dan perusahaan menjadi unggul. Cara kerjanya ada empat yaitu mengindentifikasi keunggulan dari kompetitor, analisis posisi, analisis kompetitor, buat strategi dan tentukan apa yang pelanggan butuhkan.

Dalam menjalankannya ada beberapa kesalahan yang biasa terjadi, diantaranya adalah belum membangun citra yang baik, cakupan yang sempit dan keunggulan produk tidak didukung dengan bukti.

Ingin tahu lebih banyak strategi jitu berbisnis online? Ikuti terus MARKEY karena kami punya ratusan update tips dan trik bisnis menarik khusus untuk Anda! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore sekarang juga. Sampai bertemu lagi!

Thumbnail by Freepik

Apa Itu Talent Management? Buat Bisnis Anda Makin Sukses

0
talent management

Karyawan atau talent adalah salah satu komponen atau aset penting dalam perusahaan. Mungkin ada diantara Anda yang memiliki karyawan namun selalu melakukan kesalahan dalam bekerja atau tidak semangat bekerja dengan posisinya saat ini? Mungkin bisa saja hal yang dia kerjakan tidak sesuai dengan kemampuannya atau tidak sesuai dengan posisinya sehingga kinerja perusahaan tidak meningkat, oleh karena itu Anda perlu mengetahui apa itu talent management.

talent management

Apa Itu Talent Management

Talent Management adalah proses atau suatu pendekatan untuk merekrut, mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas dan berbakat. Hal ini mencakup pengembangan keterampilan, pengelolaan kinerja, identifikasi bakat dan pengakuan atas pencapaian kerja. Tujuannya adalah memastikan karyawan sudah ditempatkan di posisi yang tepat sehingga kinerjanya akan menjadi lebih baik.

Selain itu arti lain dari talent management adalah metode untuk menilai setiap orang dengan akurat di suatu perusahaan. Penilaiannya akan digunakan sebagai pertimbangan apakah orang itu dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan dan targetnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja SDM (Sumber Daya Manusia) perusahaan tersebut.

Tujuan Talent Management

Ada banyak tujuan dari adanya talent management ini, berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Pengembangan Skill Karyawan

Dengan adanya manajemen bakat, skill karyawan menjadi terasah. Sehingga kinerja karyawan akan menjadi lebih baik.

  1. Meningkatnya Interaksi Antara Karyawan dan Atasan

Sistem ini dapat memfasilitasi komunikasi yang baik antara karyawan dan atasan sehingga karyawan dapat lebih produktif dalam bekerja dan terbuka pada atasannya.

  1. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Tim yang Efektif

Kerja tim merupakan hal yang sangat krusial pada suatu perusahaan. Bayangkan saja jika satu tim tidak bisa berkomunikasi yang efektif atau mungkin salah satu anggotanya tidak bisa berkomunikasi yang baik, ini akan menyebabkan runtuhnya satu kesatuan tim dan membuat pekerjaan menjadi kacau. Ujungnya tujuan perusahaan tidak dapat tercapai dengan baik.

  1. Prosedur Rekrutmen Tanpa Salah Sasaran

Talent management dapat membantu HRD untuk menemukan SDM yang berbakat dan prospektif sehingga harapannya akan menjadi karyawan yang produktif, berkualitas dan berdedikasi dalam bidang masing-masing.

  1. Mempertahankan Karyawan yang Berbakat

Dengan adanya management training, Anda dapat mempertahankan karyawan Anda yang yang memiliki bakat dan performa yang bagus. HRD dapat dimudahkan untuk memantau ulasan dan kontribusi kerja karyawan. Memberikan promosi untuk jenjang karir dapat Anda lakukan sebagai penghargaan untuk karyawan yang memiliki kinerja yang baik tersebut.

Manfaat Talent Management

Setelah mengetahui tujuan dari talent management tersebut, yuk kita beralih ke manfaat dari adanya talent management. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan dengan adanya talent management ini, berikut adalah beberapa diantaranya.

Manfaat Bagi Perusahaan

Berikut adalah beberapa manfaat talent management bagi perusahaan.

  1. Mengoptimalkan prosedur seleksi dan rerukment perusahaan.

Dengan adanya manajemen talenta, perusahaan akan mudah untuk merekrut kandidat.

  1. Meningkatkan partisipasi karyawan

Dengan ditempatkan pada posisi yang sesuai, karyawan akan mudah untuk berpatisipasi untuk memajukan perusahaan.

  1. Mengurangi biaya untuk mencari staf

Tentu dengan betahnya karyawan pada perusahaan, perusahaan tidak perlu lagi menghabiskan biaya dan waktu untuk mencari staf baru.

  1. Meningkatnya produktivitas perusahaan

Meningkatnya skill dan bakat karyawan menjadikan perusahaan semakin produktif

  1. Menganalisis risiko

Jika ada karyawan yang minggat dari perusahaan, Anda dapat menganalisis risiko jika karyawan tersebut tidak ada.

Manfaat Bagi Karyawan

Manfaat talent management juga tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, namun juga dirasakan oleh para karyawan. Berikut adalah beberapa manfaat talent management bagi karyawan.

  1. Peluang dalam jenjang karir dan pengalaman

Semakin bagus kinerja karyawan tidak akan menutup kemungkinan untuk jenjang karir dan otomatis pengalaman yang diterima dapat lebih banyak.

  1. Meningkatkan skill dan bakat karyawan

Belajar tidak hanya di bangku sekolah dan kuliah saja, diluar itupun karyawan bisa belajar berbagai macam hal yang tentunya sangat berguna untuk diri sendiri baik ketika masih di dalam perusahaan tersebut atau ketika sudah keluar nantinya.

  1. Meningkatnya dedikasi dan termotivasi

Dengan pelatihan yang baik, kinerja semakin baik, tentunya karyawan akan termotivasi untuk terus melakukan yang terbaik juga dapat berdedikasi pada perusahaan.

  1. Jenjang karir yang jelas

Sangat bermanfaat untuk karyawan agar mendapatkan kehidupan yang semakin baik.

talent management

Proses Talent Management

Talent management tidak dapat serta merta dikerjakan tanpa adanya proses. Demi meningkatkan kualitas karyawan ada beberapa proses dalam talent management, berikut adalah diantaranya.

  1. Perencanaan

Pada tahap ini ada banyak hal yang perlu untuk diidentifikasi, seperti membuat jobdesk berdasarkan posisi yang saat ini dibutuhkan, persyaratan lamaran kerja dan sebagainya.

  1. Menarik Pelamar

Pada tahap ini yang ditarik adalah minat pelamarnya. Jika perusahaan sangat butuh orang dari luar perusahaan untuk mengisi suatu posisi dalam arti kekurangan karyawan, HRD perlu untuk membuat informasi lowongan di platform media sosial atau website perusahaan.

Tidak jarang ‘kan melihat lowongan pekerjaan dengan rate gaji tertentu misalnya dari 3,5 juta sampai 4,5 juta untuk mengisi posisi sebagai staf. Tentu bagi pelamar sangat tergoda dengan ‘kemungkinan’ gaji 4,5 juta tersebut. Walau sebenarnya nanti ujung-ujungnya akan dibayar hanya dengan 3 juta saja. Tapi ini juga tergantung pintar-pintarnya pencari kerja untuk bernegosiasi. Mungkin tidak semua juga perusahaan seperti itu namun kebanyakan seperti itu.

Setelah mendapat beberapa talent yang masuk, talent tersebut akan diidentifikasi dan dengan pendekatan branding perusahaan, akan sangat mudah untuk mengetahui potensi dari pelamar secara keseluruhan.

  1. Seleksi

Tahap ini terdiri dari serangkaian tes juga pemeriksaan untuk menemukan kandidat atau talent yang memenuhi persyaratan. Biasanya akan terdiri dari tes wawancara, tes tulis, diskusi kelompok dan lainnya.

  1. Mengembangkan Karyawan

Tahap ini dapat membantu karyawan untuk mengembangkan diri sehingga dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk perusahaan. Selain itu pada tahap ini karyawan akan difasilitasi dengan pengembangan loyalitas dari karyawan juga meningkatkan partisipasi karyawan dalam semua operasional bisnis.

  1. Mempertahaan Karyawan

Untuk mencapai kesuksesan, perusahaan harus dapat mempertahankan karyawan terbaik yang bekerja saat ini. Misalnya dengan peluang jenjang karir atau melalui promosi.

  1. Transisi

Proses talent management harus berfokus pada kemajuan perusahaan dan transformasi kolektif melalui pertumbuhan karyawan secara individual. Dengan demikian, karyawan akan merasa sebagai bagian penting dari organisasi. Wawancara keluar, perencanaan karir, dan tunjangan pensiun adalah bagian dari proses transisi ini.

Kesimpulan

Tanpa karyawan, perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik, itulah sebabnya karyawan merupakan aset yang sangat berharga. Untuk mencapai karyawan yang memiliki kinerja yang bagus, cobalah untuk melakukan talent management. Talent managemet adalah proses untuk menilai, merekrut, mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas.

Tujuan dari talent management adalah pengembangan skill karyawan, meningkatnya interaksi antara karyawan dan atasan, mengembangkan kemampuan komunikasi tim yang efektif, prosedur rekrutmen tanpa salah sasaran dan mempertahankan karyawan yang berbakat.

Manfaatnya terbagi menjadi dua yaitu manfaat bagi perusahaan dan karyawan. Manfaat bagi perusahaan yaitu mengoptimalkan prosedur seleksi dan rerukment perusahaan, meningkatkan partisipasi karyawan, mengurangi biaya untuk mencari staf, meningkatnya produktivitas perusahaan dan menganalisis risiko.

Lalu manfaat bagi karyawan yaitu peluang dalam jenjang karir, meningkatkan skill dan bakat dan meningkatnya dedikasi dan motivasi. Proses talent management meliputi perencanaan, menarik pelamar, seleksi, mengembangkan karyawan, mempertahankan karyawan dan transisi.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by katemangostar on Freepik

Inilah Alasan Mengapa Bisnis Properti Sangat Menguntungkan

0
bisnis properti

Bisnis properti dapat dikatakan sebagai bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi saat ini harga serba naik sehingga pendapatan dari bisnis inipun kemungkinan akan semakin naik. Saat mendengar nama bisnis properti pasti Anda langsung terbayang dengan rumah juga tanah ‘bukan? Rumah yang mewah atau tanah yang tersebar dimana-mana.

Secara umum arti properti adalah tanah, bangunan atau sarana prasarana yang tidak terpisahkan dari tanah atau bangunan hak milik yang dimaksud. Rumah biasa dan tanah sepetakpun sudah bisa dianggap sebagai properti. Jadi tidak mesti rumah yang mewah atau tanah yang berhektar-hektar.

Jika dalam bisnis, properti yang dipakai harus sudah jelas kepemilikannya, sebab jika kepemilikannya belum jelas tidak akan menutup kemungkinan aset atau properti tersebut akan kena sengketa dan terjadi perselisihan. Memang mengurusi segala macam dokumennya membuat kepala akan menjadi pusing. Tapi akan lebih baik dan tenang jika segalanya telah terurus.

Properti merupakan barang atau aset yang mahal sehingga Anda harus bisa memastikan semuanya legal dan jelas.

bisnis properti

Contoh Properti Untuk Bisnis Properti

Berikut adalah contoh properti yang biasanya dimanfaatkan untuk bisnis.

Bangunan Khusus

Merupakan sebuah gedung atau bangunan dengan tujuan pembangunannya adalah untuk fasilitas umum seperti tempat hiburan, terminal, sekolah, bandara dan sebagainya.

Bangunan Komersil

Merupakan sebuah bangunan yang digunakan untuk bisnis atau perusahaan. Biasanya pemilik akan menyewakan bangunannya untuk rumah sakit, hotel, pusat perbelanjaan, perkantoran, ruko dan lainnya. Biasanya bangunan ini terletak di tengah kota.

Bangunan Residen

Seperti namanya, bangunan ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat tinggal atau hunian. Contohnya seperti apartemen, kost, asrama, villa, perumahan, rumah tinggal dan lain sebagainya. Pastinya kita pernah menjumpai orang yang memiliki jumlah rumah lebih dari satu di berbagai wilayah di Indonesia. Kebanyakan selain ditinggali, rumah tersebut dijadikan sebagai investasi.

Semakin hari tanah semakin sempit sehingga berpotensi meningkatkan harga properti dari tahun ke tahun. Tapi pertimbangkan juga dengan kemampuan daya beli masyarakat saat ini. Bisa saja harga meningkat namun jika daya beli masyarakat makin menurun, pastinya harga properti mau tidak mau mengikuti harga yang mampu untuk dibeli oleh masyarakat.

Bangunan Industri

Bangunan ini adalah bangunan yang digunakan untuk pengembangan industri seperti pabrik, laboratorium, pergudangan dan lain sebagainya. Biasanya bangunan jenis ini berada sangat jauh dari pemukiman warga.

Manfaat Memiliki Properti

Dengan harganya yang lumayan mahal, tentu memiliki properti sangat bermanfaat dengan nilai yang besar. Berikut adalah beberapa manfaat dari memiliki properti:

Dijadikan Jaminan Bank

Saat kita meminjam uang kepada bank, biasanya bank akan meminta jaminan dengan nilai yang serupa dengan pinjaman yang kita inginkan. Properti merupakan salah satu jaminan yang paling dipertimbangkan bank untuk menerima atau menyetujui pinjaman nasabahnya.

Penghasilan yang Relatif Tetap

Properti merupakan aset yang sangat ideal untuk disewakan dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Hal inilah yang dapat membuat Anda mendapatkan penghasilan pasif yang tetap.

Tidak Terlalu Terpengaruh Pada Inflasi

Properti adalah aset yang sangat kebal terhadap inflasi. Harga properti akan naik setiap tahunnya.

bisnis properti

Keuntungan Bisnis Properti

Setelah kita mengetahui manfaat dari memiliki properti, mari kita lihat apa sajakah manfaat dari bisnis properti.

Risiko yang Rendah

Untuk memulai bisnis properti tentu harus memiliki modal yang lumayan besar. Tapi berbicara soal risiko, bisnis properti punya risiko yang rendah. Ini dikarenakan harga properti tidak mudah jatuh. Meski begitu Anda harus dengan benar merawat properti Anda dengan baik agar tetap berkualitas dan bernilai.

Sangat Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

Untuk Anda yang sangat memikirkan masa depan karena banyaknya keperluan, bisnis ini sangat cocok untuk itu. Tentunya untuk dapat membuat aset Anda tetap bernilai, Anda harus merawat aset Anda seperti mengecat rumah, membenarkan genteng yang bocor, plafon yang koyak, kelancaran aliran air, listrik, kebersihan yang tentunya Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan tersebut.

Tidak Terpengaruh Inflasi

Inflasi tentunya akan terus selalu ada. Lihat saja pada jajanan yang dulu sangat banyak atau besar dengan harga lima ratus rupiah, menjadi sangat kecil ukurannya meskipun dengan harga yang sama. Lalu juga harga bensin yang naik terus menerus hingga hampir sebagian besar gaji hanya ditujukan untuk membeli bensin demi dapat pergi bekerja setiap harinya.

Properti adalah salah satu aset yang tidak terlalu terpengaruh terhadap inflasi, bahkan setiap tahun akan selalu bisa naik melebihi persentase inflasi dengan bentuk atau ukuran yang tetap sama. Dapat dikatakan properti akan menyelamatkan Anda dari inflasi yang terus menerus menggerogoti kondisi keuangan.

Minat Terhadap Properti yang Masih Besar

Salah satu keuntungan dari bisnis properti adalah masih banyaknya masyarakat yang berminat pada properti dan akan selalu ada. Tentunya dengan jumlah masyarakat yang terus meningkat dan angka kelahiran yang terus menerus ada, memiliki rumah menjadi sangat penting. Begitu juga untuk para pengusaha yang memerlukan kantor untuk melakukan kegiatan bisnisnya.

Meskipun harga properti semakin mahal, tidak akan membuat para pengincar properti untuk patah semangat. Seperti katanya, sandang pangan papan adalah tiga hal yang sangat krusial untuk kehidupan seseorang. Jadi setiap saat banyak orang yang menginginkan bangunan sebagai tempat untuk berteduh dan berkeluarga atau berbisnis.

Aset Produktif

Kenapa dapat dikatakan sebagai aset yang produktif? Hal ini karena fungsi dan ketahanan aset tersebut dapat bertahan lama. Juga perawatannya yang mudah sehingga tetap dalam kondisi baik dan harga sewanya pun tetap stabil.

Kesimpulan

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang tampak menjanjikan jika berbicara mengenai pendapatan. Mungkin ketika mendengar nama properti Anda akan langsung terbayang dengan rumah mewah dan tanah yang banyak padahal rumah biasa dan tanah sepetakpun sudah dapat dikatakan sebagai properti.

Contoh bangunan yang biasanya dijadikan bisnis properti yaitu bangunan khusus seperti terminal, rumah sakit, sekolah, bandara dan sebagainya. Bangunan komersil yang biasa digunakan untuk bisnis atau perusahaan. Bangunan residen untuk hunian seperti kost, villa, apartemen dan lainnya. Bangunan industry seperti pabrik atau pergudangan.

Manfaat memiliki properti antara lain dapat dijadikan jaminan sangat meminjam uang di bank. Penghasilan yang relatif tetap dan tidak terpengaruh pada inflasi. Dari manfaat memiliki properti kita jadi tahu kalau keuntungan dari bisnis properti adalah risiko yang rendah karena harga properti selalu naik, tentunya ini dibarengi dengan usaha untuk merawat properti.

Sangat cocok untuk investasi jangka panjang, hal ini dikarenakan properti merupakan aset yang kuat dan tahan lama. Tidak terpengaruh inflasi, minat terhadap properti yang masih besar, ini dikarenakan setiap tahunnya semakin banyak orang yang membutuhkan tempat untuk tinggal atau berbisnis. Terakhir dari keuntungan bisnis properti adalah aset yang produktif.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik

Apa Itu Liabilitas? Pengusaha Atau Pebisnis Wajib Tahu!

0
liabilitas

Untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis atau ingin menjalani bisnis pasti sangat perlu sekali yang namanya aset. Untuk mendapatkan aset tersebut tidak jarang sebuah perusahaan akan berhutang. Nah hutang inilah yang dapat dikatakan sebagai liabilitas. Hutangnya tidak hanya berbentuk uang tapi bisa berbentuk barang atau jasa bergantung apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Ingin tahu lebih jelas tentang liabilitas? Yuk simak dibawah ini!

liabilitas

Apa Itu Liabilitas?

Liabilitas adalah sebuah kewajiban atau hutang yang harus dibayar oleh sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Ketika sebuah perusahaan memiliki aset yang kecil, liabilitas ini menjadi salah satu cara yang diambil untuk memajukan perusahaan dengan cepat. Jika hanya memakai aset perusahaan seadanya, perusahaan akan berjalan lambat untuk perkembangannya.

Anda sebagai pebisnis atau pengusaha memang tidak wajib untuk mengambil liabilitas ini. Jika Anda sudah memiliki aset yang banyak, itu sudah aman, Anda tidak perlu berhutang untuk memenuhi aset perusahaan. Namun jika Anda memiliki aset yang sedikitpun juga tidak masalah untuk tidak mengambil langkah liabilitas. Tapi kemungkinan perkembangan bisnis Anda dapat berjalan lambat.

Para pengusaha yang mengambil liabilitas biasanya ingin memajukan perusahaan mereka dengan aset yang sedikit. Mendirikan perusahaan atau berbisnis juga pasti harus memiliki modal yang banyak, tentu tidak semua pebisnis langsung memiliki modal yang banyak bukan? Oleh karena itu untuk mengatasinya biasanya para pebisnis mengambil langkah liabilitas.

Hutang disini tidak hanya uang saja melainkan dapat berupa jasa, barang atau manfaat yang berhubungan dengan ekonomi. Liability juga bisa bersumber dari bermacam-macam transaksi seperti hubungan bisnis, pertukaran aset atau hal-hal lain yang menguntungkan secara ekonomi.

Beban dan Liabilitas

Dengan pengertian diatas, Anda pasti bertanya-tanya bukankah jadinya mirip dengan beban? Sekilas tentu hampir sama namun bedanya adalah terletak pada tujuannya. Liabilitas cenderung berhutang demi memajukan operasional dari perusahaan tersebut. Jadi tidak ada profit nyata yang didapatkan.

Berbeda dengan beban yaitu pembayaran yang dilakukan untuk suatu hal yang tanpa atau tidak ada nilai nyatanya. Pembayaran beban biasanya demi profit atau keuntungan si pemilik usaha.

Jenis Liabilitas

Dibawah ini adalah beberapa jenis liabilitas yang umum diketahui.

Long Term Liability

Seperti namanya, long term liability adalah liabilitas dalam jangka yang panjang. Ini artinya jangka waktu pembayaran hutang adalah lebih dari satu tahun. Nama lain dari jenis ini adalah liabilitas tidak lancar. Contohnya adalah:

Hutang Bank

Hutang ini biasanya timbul ketika perusahaan meminjam sejumlah uang kepada bank untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dan tentunya harus dibayar kepada pihak bank dengan waktu yang telah ditentukan.

Hutang Obligasi

Adalah surat janji perusahaan untuk membayar pokok utang dan bunga kepada pihak pembeli obligasi dalam jangka waktu tertentu.

Hutang Sewa Dana

Untuk membeli aset, perusahaan harus membayar utang sewa dana kepada perusahaan asing.

Hutang Pemegang Saham

Hutang ini adalah hutang yang harus dibayar jika perusahaan memiliki anak perusahaan. Hutang ini wajib diberikan kepada anak perusahaan untuk modal operasional dan lainnya.

Hutang Hipotik

Adalah hutang yang harus dibayar dengan memberikan jaminan dalam jangka waktu yang lama berupa aset.

Kewajiban Pajak Tangguhan

Adalah pajak yang harus dibayar oleh suatu perusahaan tetapi belum dibayar. Ketika pendapatan buku perusahaan berbeda dari pendapatan kena pajaknya, perusahaan tersebut menjadi wajib pajak tangguhan.

Uang Muka Pelanggan yang Belum Dikirim

Adalah uang muka pelanggan yang belum dikirim untuk barang atau jasa yang belum diterima. Uang muka pelanggan ini biasanya dicatat sebagai utang di neraca perusahaan.

Short Term Liability

Kebalikan dari long term liability. Jangka waktu yang pendek. Jangka waktu dari kewajiban ini harus diselesaikan kurang dari satu tahun. Nama lainnya adalah liabilitas lancar. Contoh dari short term liability adalah:

Hutang Dagang

Adalah kewajiban suatu perusahaan untuk membayar supplier atau vendor. Biasanya tenggat waktu pembayarannya adalah 15 sampai 45 hari dari diterimanya invoice. Contoh dari hutang dagang yaitu keperluan bahan baku atau barang-barang lain yang mendukung penjualan perusahaan.

Hutang Gaji

Perusahaan biasanya tidak bisa bergerak sendiri. Mereka memerlukan karyawan untuk membantu jalannya perusahaan. Tentu setiap perusahaan harus atau berkewajiban membayar gaji karyawan karena itu adalah hak dari karyawan. Jika perusahaan belum membayar gaji karyawannya, tentu itu akan masuk ke dalam hutang.

Hutang Pajak

Hutang ini adalah hutang yang wajib dibayar berdasarkan undang-undang perpajakan di Indonesia. Pajak ini dapat berupa pajak wajib. Tapi selain itu dapat juga dalam bentuk sanksi, denda atau bunga.

Hutang Wesel

Adalah kewajiban untuk membayar pinjaman dengan memakai bukti tertulis. Pihak peminjam tidak diberikan jaminan atau syarat apapun. Contohnya adalah surat berharga.

liabilitas

Karakteristik

Untuk mengetahui lebih lanjut berikut adalah beberapa karakteristik liabilitas.

  1. Adalah hutang yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan bisnis atau pribadi. Hutangnya dapat diselesaikan dalam jangkan waktu pendek maupun panjang.
  2. Adalah kewajiban atau tanggung jawab kepada pihak lain. Dapat diselesaikan dengan cara menggunakan transaksi yang dapat memberikan manfaat ekonomi, mentransfer atau menggunakan aset di kemudian hari (masa depan).
  3. Kewajiban ini menjadikan terikatnya satu pihak dengan pihak lain dengan sedikit kebijaksanaan. Dapat juga mengikat peristiwa yang telah terjadi.
  4. Contoh yang umum adalah hutang bank, hutang obligasi, pajak penghasilan, pinjaman dana dan lain sebagainya.
  5. Memiliki tenggat waktu pembayaran.

Kesimpulan

Liabilitas adalah salah satu langkah yang biasanya diambil oleh pebisnis untuk memajukan bisnis mereka dengan cepat meski dengan aset yang terbatas. Liabilitas masuk ke dalam hutang yang harus dibayarkan kepada pihak pemberi hutang dalam jangka waktu tertentu. Sekilas tampak sama dengan beban namun beban bertujuan untuk meningkatkan profit atau income.

Ada dua jenis liabilitas yaitu long term liability dan short term liability. Contoh dari long term liability adalah hutang bank, obligasi, dewa dana, pemegang saham, hipotik, kewajiban pajak tangguhan, uang muka pelanggan yang belum dikirim.

Sedangkan contoh dari short term liability adalah hutang dagang, hutang gaji, hutang pajak dan hutang wesel. Karakteristiknya adalah dilakukan untuk meningkatkan pendapatan bisnis, tanggung jawab yang dibayarkan kepada pihak lain, mengikat satu pihak dengan pihak lain dan dapat juga mengikat suatu peristiwa yang telah terjadi. Selain itu juga memiliki tenggat waktu pembayaran.

Liabilitas mungkin awalnya terdengar sangat menakutkan untuk dilakukan karena erat kaitannya dengan hutang. Namun kalau kita belum mencoba atau tidak berani untuk mengambil resiko mungkin kelajuan bisnis akan terus jalan di tempat yang sama.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik

Apa Itu Boikot dan Dampaknya Terhadap Bisnis

0
boikot

Boikot adalah suatu kata yang akhir-akhir ini muncul sebagai perhatian masyarakat Indonesia terhadap negara Palestina yang kini sedang diporakporandakan oleh Israel. Boikot menurut KBBI merupakan persekongkolan untuk menolak bekerja sama baik itu berbicara, urusan dagang, ikut serta dan lainnya. Kita secara serentak menolak sesuatu agar dapat menekan permasalahan yang terjadi di dalamnya. Ingin tahu lebih jelas mengenai apa itu boikot dan dampaknya terhadap bisnis? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

boikot

Apa Itu Boikot?

Seperti yang tertulis diatas, boikot adalah persekongkolan untuk menolak bekerja sama. Dengan adanya pemboikotan diharapkan agar salah satu pihak dapat mengalami kerugian dan menyerah untuk melakukan suatu hal tertentu.

Menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan) boikot adalah suatu tindakan untuk mencegah keberlangsungan sebuah bisnis dengan memaksa untuk tidak membeli barang atau produk dari suatu perusahaan tersebut dan suatu tindakan yang memaksa seseorang untuk tidak melakukan kegiatan bisnis dengan pihak tertentu.

Boikot biasanya dilakukan secara terencana dengan memperhatikan berbagai konsekuensi yang ada. Tidak melibatkan kekerasan atas tujuan memaksa si yang diboikot mau untuk mengubah suatu peraturan atau kebijakan. Boikot memiliki kekuatan dan bisa berdampak pada bisnis bahkan bisa meruntuhkan rezim seperti yang telah terjadi pada rezim apartheid di Afrika Selatan.

Sejarah 

Istilah boikot bermula karena kemarahan petani di Irlandia pada abad ke-19. Pada saat itu sebagian besar tanah pertanian dimiliki oleh tuan tanah berkewarganegaraan Inggris. Kebanyakan pemilik tanah atau tuan tanah itu tidak tinggal langsung di Irlandia dan menyerahkan urusan tanah termasuk menagih uang sewa kepada manajer lahan.

Salah satu nama dari manajer tersebut adalah Charles Boycott yang bekerja untuk seorang aristokrat Inggris bernama Earl of Erne. Pada tahun 1880-an terjadi gagal panen yang parah sehingga para petani meminta uang sewa diturunkan sebesar 25% untuk sekedar meringankan beban para petani.

Tapi Earl of Erne hanya mau menurunkan sebesar 10 persen saja dan memerintahkan Boycott untuk mengusir petani yang tidak membayar sewa. Karena para penduduk lokal khususnya para petani tidak terima, mereka memutuskan untuk tidak mau berurusan segala hal dengan Boycott.

Boycott dikucilkan oleh masyarakat. Penduduk sudah tidak mau lagi mengurus lahan, pelayan yang bekerja di rumahnya berhenti dan tidak ada lagi yang mau mengirimkan surat-surat padanya. Tukang cuci pakaiannya berhenti, perempuan lokal menolak untuk membuatkan roti untuknya dan tidak ada lagi pebisnis yang mau menjual apapun pada Boycott.

Memang Boycott tidak dicederai atau disiksa oleh masyarakat sekitar tapi lama-kelamaan dia tidak bisa bertahan hidup jika diperlakukan seperti itu. Akhirnya Charles Boykott meninggalkan Irlandia.

Pada tahun 1888 kata boikot resmi masuk ke kamus Oxford dan pada tahun 1950 sampai tahun 1960, istilah boikot populer dipakai di Amerika dalam pergerakan untuk memperjuangkan hak-hak sipil Amerika.

Bentuk Boikot

Ada beberapa bentuk boikot, yaitu:

  • Boikot Business to Business

Boikot mungkin lebih dikenal sebagai balas dendam antar bisnis. Bentuk boikot ini adalah tindakan yang dilakukan sebagai suatu upaya perlindungan suatu bisnis terhadap bisnis lainnya. Contoh nyatanya yaitu pemboikotan Apple di China saat berlangsungnya perang dagang antara Amerika dan Tiongkok.

  • Boikot Konsumen

Tindakan masyarakat umum yang disuruh untuk tidak membeli atau menggunakan produk dari suatu perusahaan yang jadi target pemboikotannya. Objeknya adalah masyarakat atau konsumen. Tujuan dari boikot ini adalah sebagai protes atas suatu ketidakadilan.

  • Boikot Employee Walkout

Mungkin boikot ini lebih terkenal dengan istilah pemogokan buruh. Biasanya boikot ini dilakukan dengan aktivitas mogok kerja sebagai protes terhadap perusahaan. Mungkin contoh seperti ini sudah sangat banyak terjadi di Indonesia salah satunya pemogokan buruh akibat gaji yang tidak kunjung dibayar.

boikot

Faktor yang Dapat Menentukan Keberhasilan Boikot

Pemboikotan biasanya dilakukan untuk meruntuhkan suatu hal yang memiliki dampak luas dan menyangkut kepentingan orang banyak. Oleh karena itu tentu yang dilawan merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berpengaruh atau istilah lainnya adalah orang besar. Oleh karena itu pemboikotan yang dilakukan bisa saja tidak berhasil terjadi. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menentukan keberhasilan boikot.

  • Jumlah Partisipan

Tentu jumlah pemboikot harus banyak dan dengan segenap hati melakukan pemboikotan agar dampaknya bisa terasa. Jika hanya dilakukan oleh hanya satu atau dua orang saja, tidak akan mengubah apapun. Kerugian yang dirasakan oleh pihak yang diboikotpun tidak berarti apa-apa. Semakin banyak yang ikut, semakin tinggi tujuan dari pemboikotan akan tercapai.

  • Melakukan Riset

Kita harus melakukan riset agar dapat menemukan sasaran yang pas atas tindakan ini. Jangan hanya asal melakukannya saja tapi justru hal yang diboikot salah sasaran dan hanya akan menjadi suatu tindakan tidak berarti. Malah akan merugikan diri sendiri.

  • Melibatkan Tokoh atau Organisasi

Orang yang berpengaruh atau organisasi yang berpengaruh tentu dipercaya oleh masyarakat sehingga akan mudah untuk ikut dalam aksi boikot. Oleh karena itu jika Anda ingin melakukan boikot tidak ada salahnya untuk melibatkan tokoh masyarakat atau organisasi, tentunya melakukan boikot dengan tujuan yang baik. Tidak merusak toleransi dalam kehidupan bermasyarakat atau hal lainnya yang menyudutkan ras atau agama tertentu.

Dampak Terhadap Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan, boikot tentu memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap bisnis. Bila banyak orang yang protes atau melancarkan aksi untuk tidak membeli produk Anda, otomatis nama perusahaan Anda akan menjadi buruk juga produk Anda akan semakin tidak laku.

Dengan ketidaklakukan ini, pemasukan akan semakin sedikit dan bisnis Anda akan menjadi bangkrut. Kemungkinan bisa untuk menyelamatkan bisnis Anda dengan barang baru, namun nama perusahaan yang sudah buruk tentunya akan sangat sulit untuk dikembalikan citra baiknya lagi.

Kesimpulan

Boikot adalah salah satu kata yang akhir-akhir ini diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Baik di media massa, media sosial bahkan pergosipan ibu-ibu komplek sekalipun. Istilah ini mengacu pada penolakan untuk berbisnis, bekerja sama, ikut serta dan lainnya terhadap pihak yang diboikot. Adapun tujuannya adalah agar pihak yang diboikot mau untuk mengubah peraturan atau kebijakan yang merugikan masyarakat luas.

Sejarahnya  berawal dari protes para petani di Irlandia. Terdapat tiga bentuk boikot yaitu business to business, konsumen dan employee walkout. Pada artikel ini terdapat tiga faktor yang menentukan keberhasilan pemboikotan yaitu jumlah partisipan, melakukan riset dan melibatkan tokoh masyarakat atau organisasi.

Kalau ditanya soal dampak boikot terhadap bisnis, pebisnis bukan hanya mengalami kerugian secara materi namun nama baiknya juga akan tercoreng. Nama baik adalah hal fundamental yang sangat sulit untuk dibersihkan sekalipun dengan mengubah nama. Tetaplah semangat berbisnis dan jangan merugikan orang banyak jika tidak ingin diboikot.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik

Apa Itu Sales Pipeline dan Bagaimanakah Langkah-Langkahnya?

0
sales pipeline

Kegiatan promosi saat ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan brand atau produk tertentu. Baik perusahaan besar maupun kecil dengan tujuan menarik pelanggan. Namun, tidak semua promosi yang dilakukan berjalan dengan lancar karena berbagai faktor. Lalu, apakah penyebab kegagalan tersebut? Jika Anda bingung, maka penting untuk Anda mengetahui Sales Pipeline yang menjadi salah satu aspek penting dari penjualan.

Istilah ini menuju pada gambaran proses penjualan mulai dari mencari prospek pelanggan hingga berhasil mengakuisisi pelanggan tersebut. Sales Pipeline juga dapat membantu perusahaan menemukan kendala dan meningkatkan efisiensi kerja dari perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Nah, kami akan membahas pengertian, jenis hingga cara membuatnya untuk Anda. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah!

sales pipeline

Apa itu Sales Pipeline?

Sales Pipeline adalah urutan tindakan yang perlu dilakukan oleh tim penjualan dalam satu perusahaan agar dapat mengonversi prospek baru menjadi seorang pelanggan. Alur tindakannya dimulai dari identifikasi dilanjutkan ke kualifikasi, pengajuan proposal, negosiasi dengan pelanggan, closing dan memelihara hubungan dengan pelanggan tersebut agar berkelanjutan.

Kata pipeline pada istilah ini diluar dari penjualan atau bisnis mengacu pada rangkaian tahapan yang tertruktur untuk dapat mencapai sebuah tujuan. Pipeline membuat urutan menjadi jelas karena digambarkan sebagai sebuah pipa. Selain untuk penjualan, prinsip ini dapat diterapkan di berbagai bidang lain seperti, manufaktur dan lain sebagainya.

Karena konsep dari keduanya yang sama, dalam kacamata sales, hal ini kemudian diadopsi untuk dapat menghubungkan seluruh tahapan pengkonversian prospek baru hingga menjadi pelanggan setia dari perusahaan Anda.

Fungsi Utama Sales Pipeline

Setelah memahami pengertian diatas, mungkin sudah sedikit tergambar apa saja fungsi utama dari sales pipeline. Berikut beberapa fungsi utama dari sales pipeline yang perlu Anda perhatikan.

  • Mengidentifikasi prospek potensial,
  • Memaksimalkan lead management,
  • Meningkatkan efisiensi promosi,
  • Mempererat hubungan dengan pelanggan,
  • Mempermudah evaluasi strategi marketing,

Manfaat Adanya Sales Pipeline

Selain memiliki fungsi yang beragam, sales pipeline juga memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam penjualan. Lalu. apa saja manfaatmya? Berikut beberapa manfaat dari adanya pipa penjualan yang dapat dirasakan.

  • Meningkatkan penjualan produk atau layanan,
  • Memaksimalkan strategi penjualan,
  • Mengoptimalkan capaian target revenue,
  • Meningkatkan pengalaman customer,
  • Memaksimalkan produktivitas tim,
  • Mempermudah pengambilan keputusan,
  • Membantu melihat peluang,

Urutan Langkah-langkah dalam Sales Pipeline

Banyak terdapat kendala atau kesulitan yang dialami oleh tim penjualan pada suatu perusahaan. Contoh kendala yang sangat sering dialami oleh tim sales seperti: tim sales susah mencari prospek baru, kesusahan dalam mengajukan penawaran, hingga tim kesulitan dalam melakukan negosiasi hingga terjadi closing. Oleh karena itu, diperlukan penilaian yang dilakukan untuk mengukur performa dari penjualan perusahaan.

Penilaian atau pengukuran performa dapat dilakukan dengan menggunakan enam tahapan yang ada pada sales pipeline untuk bisa mengetahui dan memahami permasalahan apa saja yang dialami oleh tim sales. Berikut adalah langkah-langkah dari tahapan sales pipeline yang bisa Anda ikuti.

Prospecting

Prospecting atau dalam arti lain adalah menentukan prospek. Tahap ini ditunjukkan atau ditandai dengan seorang sales atau tim sales yang telah menemukan prospek yaitu calon pelanggan yang ingin membeli layanan atau produk. Prospek disini bisa didapatkan dari saluran yang telah disediakan oleh bisnis atau dari berbagai sumber.

Qualifying

Qualifiying berarti melakukan kualifikasi. Pada tahapan ini sales atau tim sales melakukan kualifikasi pada prospek yang mereka dapatkan. Tahapan ini sangat penting untuk menentukan prospek yang potensial mana yang tidak dengan tujuan agar waktu dari tim sales tidak terbuang percuma.

Cara sederhana untuk menentukan kualifikasi prospek tersebut adalah dengan melakukan survei kecil-kecilan mengenai keinginan prospek tersebut dan latar belakangnya. Kemudian dari sana tim sales bisa menentukan atau memperkirakan apakah produk yang dimiliki telah sesuai dengan keinginan dari prospek tersebut.

sales pipeline

Contacting

Contacting, seperti namanya yaitu melakukan kontak. Tim sales menghubungi prospek potensial dengan berbagai cara yaitu bisa telepon langsung, menggunakan media sosial (seperti WhatsApp atau Telegram), pesan singkat atau email.

Building Relationship

Building relationship atau membangun hubungan dapat berarti bagaimana cara kita untuk membangun hubungan dengan prospek (pelanggan). Setelah sebelumnya sudah dapat menghubungi prospek, selanjutnya adalah bagaimana cara kita untuk menjaga komunikasi dengan baik. Tentu dengan tujuan agar terbangunnya kepercayaan dari para prospek ke produk Anda. Jika kepercayaan dapat terbentuk, kedepannya Anda akan mudah menawarkan produk kepada pelanggan tersebut.

Proposal Made

Langkah selanjutnya adalah proposal made atau membuat proposal. Pada tahap ini tim sales memberikan proposal kepada prospek. Anda kemudian menjelaskan apa keunggulan dari produk Anda dari milik kompetitor dan jangan lupa untuk menjelaskan keuntungan yang akan didapat oleh prospek.

Oleh karena itu di dalam proposal Anda wajib mencantumkan kedua hal itu untuk menarik minat prospek Anda. Setelah ini Anda tinggal menunggu jawaban dari prospek yang akan membuat keputusan selanjutnya.

Closing

Apabila Anda telah mencapai tahap ini, selamat, perjuangan Anda akan sedikit lagi berakhir. Tahapan ini ditandai dengan prospek yang telah membuat keputusan. Jika mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda, itu artinya Anda telah berhasil melakukan penjualan. Kalau misalnya ditolak, Anda harus mencari prospek baru dan memulai tahapan dari awal.

Cara Membuat Sales Pipeline

Setelah Anda mengetahui tahapan dari sales pipeline dan Anda mulai untuk tertarik mencobanya, bagaimana jika Anda menyimak cara membuat sales pipeline dibawah ini.

Membuat Daftar Prospek

Hal yang paling utama adalah Anda harus mengetahui siapa prospek Anda, kepada siapa Anda harus menawarkan produk atau layanan Anda. Selanjutnya buatlah daftar calon prospek yang sekiranya berpotensi untuk melakukan transaksi. Jangan lupa juga untuk mencatat nomor dari prospek yang bisa dihubungi.

Buat Rencana Penjualan

Target penjualan yang tinggi, tentunya membuat tim sales merasa tidak fokus karena terlalu khawatir. Untuk menguranginya, tim sales harus menyusun rencana penjualan. Buatlah dengan rinci dan mudah dipahami sehingga tidak terjadinya miss dalam komunikasi.

Sempurnakan Tahapan Sales Pipeline dengan Bertahap

Jangan cepat puas dengan sales pipeline yang telah Anda buat sebelumnya. Lakukanlah trial error agar Anda bisa mengetahui keefektifannya. Pada intinya teruslah untuk berproses.

Melakukan Perbaruan

Lakukanlah perbaruan terhadap setiap kegiatan pada sales pipeline. Dengan begitu Anda akan mengetahui sudah berapa banyak pelanggan atau prospek yang telah dihubungi, diberi proposal dan menunggu keputusan. Selain itu akan lebih mudah memantau aktivitas penjualan dan apa saja yang telah dilakukan oleh tim.

Kesimpulan

Kegiatan promosi merupakan salah satu cara yang ampuh untuk memperkenalkan brand produk atau layanan kepada masyarakat. Jika Anda bingung untuk memulainya seperti apa, cobalah untuk melakukan sales pipeline.

Sales pipeline memiliki beberapa fungsi utama dan manfaat. Urutan langkah-langkah dari sales pipeline ada enam yaitu prospecting, qualifying, contacting, building relationship, proposal made dan closing.

Untuk cara membuat sales pipeline ada empat yaitu membuat daftar prospek, membuat rencana penjualan, menyempurnakan tahapan sales pipeline dengan bertahap dan melakukan pembaruan. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencobanya! Semangat!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by katemangostar on Freepik

Faktur Pajak Adalah: Fungsi Bagi Konsumen dan Perusahaan

0
faktur pajak adalah

Faktur pajak adalah bukti pungutan pajak. Pajak menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dibayar karena dari pajaklah negara mendapatkan uang untuk membiayai infrastruktur suatu negara atau hal-hal lainnya demi kesejahteraan masyarakat. Jadi kita sebagai warga negara yang baik harus taat membayar pajak. Dengan kita membayar pajak, negara akan menjadi maju, sejahtera dan terdepan.

Tapi tentu saja dengan adanya isu-isu penyelewengan pajak yang dilakukan oleh oknum-oknum berkuasa yang tidak bertanggung jawab menjadikan kita untuk ragu bahkan merasa tidak perlu untuk membayar pajak karena hanya akan “menggendutkan” salah satu pihak saja, sedangkan kita sebagai warga negara yang selalu menyisihkan uang yang sangat berarti dari kerja keras hanya dapat menerima lelah saja tanpa adanya pembuktian dari janji manis pemerintah.

Bagi Anda yang geram ataupun marah, sabar, tidak semua orang sejahat itu. Tidak semua penguasa jahat dan semua orang yang jahat dan mengambil hak orang lain, pastinya suatu saat Tuhan akan memperlihatkan keadilan. Orang-orang jahat pasti suatu saat tertangkap walau kita harus menunggu waktu yang lama. Tapi percayalah Tuhan tidak akan pernah tidur.

faktur pajak adalah

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk kita masuk ke pembahasan mengenai apa itu faktur pajak.

Apa Itu Faktur Pajak?

Faktur pajak adalah sebuah bukti dari pungutan pajak yang diberlakukan atau dikenai oleh pengusaha kena pajak (PKP) yang melakukan transaksi atau penyerahan barang (BKP) atau jasa kena pajak (JKP). Pengusaha kena pajak tersebut bisa badan usaha, seorang pengusaha atau perusahaan yang menjual atau menyediakan jasa yang akan dikenakan pajak pertambahan nilai.

Faktur pajak adalah sebagai bukti jika pengusaha telah melakukan pungutan PPN dari si pembeli sehingga selain membayar dengan harga barang atau jasa, si pembeli juga harus membayar pajak yang dikenakan.

Faktur pajak biasanya berisi tentang detail barang atau jasa yang dibeli seperti misalnya nama barang atau jasa, jumlah, harga dan informasi pajak yang dikenakan.

Jenis Faktur Pajak

Berikut adalah beberapa jenis faktur pajak.

Faktur Pajak Masukan

Adalah faktur pajak yang didapatkan oleh pengusaha kena pajak pada saat melakukan pembelian pada barang atau jasa kena pajak dari pengusaha kena pajak lainnya.

Faktur Pajak Pengganti

Adalah faktur pajak yang sebelumnya telah terbit tapi karena ada kesalahan pengisian, jadi harus diadakannya revisian sesuai dengan keadaan atau informasi yang sebenarnya.

Faktur Pajak Pengeluaran

Adalah faktur pajak yang dibuat pada saat melakukan kegiatan penjualan. Baik itu saat menjual barang kena pajak, jasa kena pajak atau barang kena pajak yang mewah.

Faktur Pajak Cacat

Adalah faktur pajak yang tidak baik isinya. Artinya, informasi yang terdapat pada faktur pajak itu ada yang tidak diisi secara benar, lengkap, jelas atau tidak berisi tanda tangan. Juga terdapat kesalahan pada pengisian nomor seri dan kode. Untuk menanganinya dikeluarkanlah faktur pajak pengganti.

Faktur Pajak Gabungan

Adalah faktur pajak yang berisi semua penyerahan yang dilakukan oleh pembeli yang sama selama satu bulan.

Faktur Pajak Digungung

Adalah faktur pajak yang tidak berisi identitas secara jelas yang hanya dibuat oleh pedagang eceran.

Faktur Pajak Batal

Adalah faktur pajak yang tidak jadi dikirim atau dibatalkan dikarenakan adanya pembatalan transaksi.

Fungsi Faktur Pajak

Berikut adalah beberapa fungsi dari faktur pajak.

Sebagai Bukti Pungutan Pajak

Faktur pajak dapat menjadi bukti bahwa pengusaha kena pajak sudah memungut pajak, baik itu pajak pertambahan nilai atau PPN, pajak penjualan barang mewah (PPnBM), barang kena pajak atau BKP dan jasa kena pajak atau JKP.

Sebagai Dokumen Pembukuan

Faktur pajak dapat digunakan sebagai dasar pencatatan dalam pembukuan.

Sebagai Bukti Transaksi

Faktur pajak dapat digunakan sebagai bukti transaksi sewaktu-waktu bila terjadi masalah sengketa atau gugatan.

Dapat Mengurasi Risiko Pajak

Bisnis juga dapat mengurangi risiko pajak dengan mengelola faktur pajak yang baik. Dengan mematuhi peraturan pajak yang berlaku dan memiliki catatan faktur yang akurat, bisnis dapat menghindari audit pajak yang merugikan.

Dapat Mengatur Keuangan Lebih Baik

Salah satu elemen penting dalam manajemen keuangan adalah faktur pajak. Faktur pajak membantu dalam pelacakan pendapatan, pengeluaran, dan kewajiban pajak, dan data ini memungkinkan para pebisnis untuk mengelola uang mereka dengan lebih baik.

Pengambilan Keputusan

Pemahaman akan faktur pajak yang baik akan membantu Anda untuk mengambil keputusan tentang investasi, strategi bisnis dan harga produk atau layanan yang lebih baik.

faktur pajak adalah

Cara Membuat Faktur Pajak

Untuk membuat faktur pajak, tidak terlalu susah, Anda hanya perlu membuatnya secara online melalui aplikasi e-Faktur. Berikut adalah langkah-langkah dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Yang harus dipersiapkan ketika akan membuat faktur pajak adalah:

  • Mempunyai NPWP
  • Punya sertifikat elektronik
  • Memiliki komputer yang kompatibel dan memenuhi standar yang direkomendasikan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masukkan kode seri atau kode faktur pajak, selain itu Anda harus memasukkan nama, NPWP, alamat perusahaan yang memberikan BKP atau JKP pada kolom pengusaha kena pajak.
  • Pada kolom yang terdapat pembeli barang kena pajak atau penerima jasa kena pajak, isilah dengan alamat, nama juga NPWP perusahaan yang membeli.
  • Masukkan nama BKP atau JKP yang diserahkan dan nomor urut sesuai dengan urutan jumlah.
  • Input nominal harga pada kolom harga jual, penggantian atau uang muka, dan termin input.
  • Mengisi harga jual, penggantian, uang muka, atau termin pada kolom.
  • Nilai potongan BKP/JKP ditulis setelah potongan harga dikurangi.
  • Dalam hal penyerahan BKP/JKP, kolom nilai uang muka yang telah diterima menunjukkan jumlah uang yang diterima.
  • Penggantian, harga jual, uang muka, atau harga akhir dikurangi dengan potongan harga dan uang muka yang diterima, yang tercantum dalam kolom dasar pengenaan pajak.
  • Mengisi kolom dengan PPN = 10% x Dasar Pengenaan Pajak, yang sama dengan jumlah PPN 10% yang terutang.
  • Kolom PPnBM, atau Pajak Penjualan Atas Barang Mewah, hanya dapat diisi apabila terjadi penyerahan dari penjualan barang mewah.
  • Selanjutnya, masukkan nama, tanda tangan, dan stempel dari pejabat yang ditunjuk perusahaan ke dalam kolom.

Kesimpulan

Faktur pajak adalah bukti pungutan pajak yang dikenakan pada pengusaha kena pajak. Terdapat tujuh jenis faktur pajak yaitu faktur pajak masukkan, pengganti, pengeluaran, cacat, gabungan digunggung dan faktur pajak batal.

Faktur pajak memiliki beberapa fungsi, yaitu dokumen pembukuan, bukti transaksi, mengurangi risiko pajak, mengatur keuangan lebih baik dan dapat digunakan untuk mengambil keputusan ketika Anda ingin berinvestasi dan memilih strategi bisnis.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel terbaru terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Storyset on Freepik