Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 9

Tingkatkan Promosi Bisnis dengan Kata Kata Iklan Menarik

0
promosi, kata kata iklan menarik

Dalam berbisnis tentu saja Anda mengharapkan larisnya produk atau layanan dan mendapatkan untung yang besar bukan? Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan melakukan promosi. Melakukan promosi hingga mendapatkan pelanggan yang tertarik dan kemudian menjadi pelanggan tetap tidaklah mudah, selain mungkin karena produk atau jasa masih baru, bisa juga produk atau jasa tersebut kurang didengar namanya oleh orang lain, sehingga ketika Anda melakukan promosi, Anda harus bisa memikat hati pelanggan dengan kata kata iklan menarik.

Lalu bagaimana cara membuat kata kata iklan menarik dan contohnya? Simak pembahasan dibawah ini. Namun sebelum masuk pada pembahasan tersebut, ada baiknya untuk mengetahui apa itu promosi, tujuan dari promosi dan cara promosi.

Apa Itu Promosi

Promosi adalah suatu kegiatan yang berupaya untuk meningkatkan popularitas dan meningkatkan penjualan dari suatu produk atau jasa melalui berbagai media dan cara. Promosi juga dapat diartikan sebagai upaya untuk menawarkan dan memberitahu produk atau jasa kepada calon konsumen agar mereka terdorong untuk membeli atau menggunakannya.

Sebenarnya ada banyak arti dari promosi, namun yang jelas semuanya memiliki arti yang sama yaitu upaya agar produk atau jasa mereka dapat dikenali dan dikonsumsi oleh masyarakat luas. Biasanya promosi akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu dengan berbagai penawaran menarik dan memikat. Entah pembelian satu gratis satu pada pembelian pertama atau harga hadiah tertentu jika memakai suatu jasa.

Tujuan Promosi

Tujuan promosi adalah untuk memikat orang lain untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa Anda, itu menandakan promosi Anda sudah sangat baik dan efektif. Orang-orang yang telah menggunakan jasa atau membeli produk Anda pun bisa merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada orang lain sehingga setelah waktu promosi berakhir, produk atau jasa Anda tetap didengar oleh orang lain.

Tujuan lainnya adalah untuk mendapatkan untung yang besar. Kalau ini sudah pasti, semakin produk atau jasa Anda laku maka keuntungan yang didapatkan semakin besar. Promosi juga berguna untuk mendapatkan pelanggan baru dan pelanggan tetap.

Dengan promosi, Anda juga dapat memberitahu keunggulan produk atau jasa Anda sehingga membedakannya dari pesaing. Lalu, promosi juga dapat membangun citra bisnis dan mengubah tingkah laku konsumen.

promosi, kata kata iklan menarik

Image by Rawpixel on Freepik

Cara Melakukan Promosi

Ada banyak cara untuk melakukan promosi, apalagi sekarang era yang apapun serba online. Anda bisa melakukan promosi dengan berbagai media seperti iklan, SMS ataupun media sosial. Cara tradisional seperti menggunakan selebaran, pamphlet, brosur atau dengan reklame juga saat ini masih banyak digunakan. Sekarang tinggal menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Jika Anda tidak terlalu memiliki budget yang banyak, bisa menggunakan cara promosi dengan media sosial, jika sebaliknya, bisa menggunakan iklan atau reklame lalu tempatkan dimana orang-orang sering melihatnya saat menonton televisi atau melihatnya ketika berkendara. Semakin sering intensitas orang lain melihat promosi iklan Anda, tidak menutup kemungkinan orang-orang akan semakin tertarik untuk mencoba produk atau jasa bisnis Anda.

Cara Membuat Kata Kata Iklan Menarik

Salah satu kunci penting dalam keberhasilan kegiatan promosi adalah penggunaan kata-katanya. Penggunaan kata kata iklan yang menarik dan persuasif menjadi kunci untuk mempengaruhi dan mendorong orang lain untuk menggunakan jasa atau membeli produk Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat kata kata iklan menarik.

Hook

Hook adalah aspek yang mengarah pada teks promosi untuk menarik perhatian bagi yang melihatnya. Jika hook tidak kuat, promosi Anda akan terlewatkan dan diabaikan begitu saja. Biasanya hook dalam promosi dikemas dalam kata yang singkat namun sangat kuat, mengundang seseorang untuk bertanya karena penasaran dan penyajian informasi menarik.

Storytelling

Storytelling lebih kepada menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan. Biasanya memakai cerita yang sangat menyentuh, mampu untuk membangun kepercayaan dan merangsang rasa atau emosi pembeli. Teknik ini lebih kepada pelanggan secara personal dengan menyampaikan cerita yang relevan atau kejadian yang sama dengan mereka. Penggunaan kata-kata yang tepat, efektif dan menarik menjadi kunci pada teknik ini.

Misalnya penjual minuman sehat menceritakan pengalaman sebelum meminum minuman sehat tersebut dan bagaimana efeknya ketika sudah meminumnya, serta kehidupan yang berubah karena khasiat dari minuman sehat tersebut. Dengan cerita yang kuat dan sedikit emosional, pelanggan akan merasa terhubung dan penasaran dengan produk minuman sehat yang dipromosikan.

Offer

Seperti namanya, teknik ini lebih merujuk kepada penawaran tertentu jika pembeli membeli produk atau jasa yang dipromosikan. Misalnya diskon, hadiah, harga khusus dan bonus lainnya. Misalnya “beli satu gratis satu”, “gratis biaya kirim jika melakukan pembelian diatas 500.000”, “Beli dua item dapat hadiah piring cantik” dan masih banyak yang lainnya.

promosi, kata kata iklan menarik

Image by Rawpixel on Freepik

Contoh Kata Kata Iklan Menarik

Penjelasan tanpa adanya contoh tentu agak kurang bukan? berikut adalah contoh kata kata iklan menarik yang bisa Anda jadikan referensi.

  • Perut keroncongan di tanggal tua? Segera datang ke outlet kami!
  • Cemilan untuk lapar tingkat dewa
  • Susu ini yang paling tinggi kalsiumnya dan berprotein
  • Tampil gaya dan percaya diri dengan produk fashion kami
  • Nikmati kelezatan dan kenikmatan produk makanan kami
  • Dapatkan produk elektronik terbaru dengan harga terjangkau
  • Shampoo yang bagus dan diluar prediksi perkiraan cuaca
  • Kecap dengan kedelai yang dibesarkan seperti anak sendiri
  • Kuaci dengan tinggi serat, vitamin E dan zat besi
  • Big Sale 8.8 promo terbesar tahun ini
  • Ekstrak kulit manggis pilihan yang menyehatkan
  • Krim dengan 10x kekuatan pencerah dan buat dirimu nampak 10 tahun lebih muda
  • Shampoo bayi aman jika terkena mata. Jangan khawatir!
  • Ini adalah minyak goreng yang bening dan bisa diminum
  • Menghilangkan 99% kuman dengan sekali bilas. Yuk dicoba!
  • Suarakan dirimu dengan berbagai rasa. Berani buktikan?
  • Keluar negeri lebih mudah, murah dan banyak diskon. Yuk mulai perjalananmu!
  • Enaknya sosis rasa ayam buat kamu merindu dan teringat terus!
  • Disini semua ada, banyak diskon dan bonus lainnya!
  • Nikmati dengan gayamu dengan kopi nge hits ini!
  • Ini pertama kali teh dan yogurt bersatu, berani coba?

Kesimpulan

Menjalankan bisnis tanpa disertai dengan promosi bagai sayur tanpa garam dan rujak tanpa sambal. Melakukan promosi yang efektif dan megundang banyak pelanggan tidak segampang membalikkan telapak tangan, oleh karena itu pemilihan kata kata iklan menarik menjadi salah satu hal yang penting.

Tujuan dari promosi adalah menawarkan produk, mendapatkan untung yang besar, mendapatkan pelanggan baru, menciptakan pelanggan tetap, memberitahu keunggulan produk anda, membangun citra dan mengubah perilaku konsumen.

Cara melakukan promosi ada banyak baik dengan melakukannya secara online ataupun tradisional. Ada tiga teknik untuk membuat iklan menarik yaitu dengan hook, storytelling dan offer.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by vectorjuice on Freepik

Dampak Slogan yang Dapat Meningkatkan Bisnis Anda

0
slogan, bisnis

Ketika Anda mendengar iklan dari suatu bisnis perusahaan pasti Anda seringkali mendengar slogan atau kata yang pendek mewakili dari produk yang sedang ditayangkan tersebut. Karena pendek dan sering diucapkan berulang, lama-kelamaan Anda mengingatnya dan setiap Anda melihat produk tersebut, tanpa sengaja Anda mengingat slogan yang sering muncul pada iklan yang telah Anda lihat.

Misalnya saja “life is never flat” dari cemilan Chitato atau “just do it” dari Nike. Slogan dari kedua produk menggambarkan produk yang dituju. Misalnya “life is never flat” yang dalam bahasa Indonesia berarti “hidup itu tidak pernah datar” yang menunjukkan kalau cemilan kentang Chitato memiliki bentuk yang bergelombang, tidak seperti cemilan kentang pada umumnya yang memiliki permukaan datar.

slogan, bisnis

Image by rochashukla on freepik

Nike dengan kata andalannya yaitu “just do it” yang dalam bahasa Indonesia berarti “lakukan saja” yang menggambarkan produk mereka yaitu berkaitan dengan olahraga. Produk mereka nyaman dan kuat untuk dipakai berolahraga sehingga jangan ragu untuk melakukan aktivitas khususnya olahraga.

Selanjutnya bagaimana slogan ini sangat berpengaruh pada bisnis Anda? dan bagaimana cara untuk membuat slogan yang baik untuk bisnis Anda? yuk simak selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Sebelum itu yuk kita pahami dulu apa itu slogan!

 

Apa Itu Slogan?

Slogan adalah suatu kalimat pendek yang dikemas dengan menarik, unik dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu, juga dapat dipakai untuk menjelaskan tujuan atau jenis dari suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, produk dan sebagainya.

Memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya adalah pendek dan ringkas, jadi orang lain mudah untuk mengingat dan mengucapkannya. Menarik juga mencolok sehingga orang lain akan tertarik. Memiliki makna yang jelas dan tegas, sehingga mudah dipahami dan tidak menimbulkan keambiguan. Mengandung ajakan atau imbauan, sehingga orang lain akan terpengaruh untuk membeli sesuatu.

Slogan dapat digunakan tidak hanya satu keperluan saja namun dapat juga untuk berbagai keperluan, diantaranya adalah iklan produk atau jasa dari perusahaan, promosi kegiatan atau acara dari organisasi tertentu, ajakan untuk melakukan sesuatu, misalnya menjaga kebersihan, disiplin berlalu lintas atau mencegah narkoba. Pengenalan identitas suatu perusahaan, organisasi atau lembaga.

Dampak Slogan Untuk Bisnis

Meskipun terlihat sangat remeh, slogan memiliki kekuatan tersendiri untuk bisnis Anda. Terutama ketika akan memasarkan, mengiklankan dan mengkomunikasikan produk atau jasa Anda. Menggunakan slogan sangat efektif karena waktu manusia sangat terbatas sehingga Anda hanya memiliki beberapa menit bahkan detik untuk meyakinkan calon pelanggan Anda. Berikut adalah dampaknya untuk bisnis Anda.

Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Slogan yang menonjol, mudah diingat dan menarik dapat membantu meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Ketika sebuah slogan terus-menerus terpakai dalam kampanye pemasaran, hal tersebut dapat menjadi pengingat yang kuat bagi konsumen mengenai merek tersebut. Masyarakat menjadi sadar dan tahu bahwa merek ini ada di pasaran.

Menciptakan Citra Merek

Slogan yang tepat dapat membantu menciptakan citra merek yang diinginkan. Citra dapat membantu orang lain untuk menggambarkan baik secara visual atau informasi mengenai produk dan pribadi perusahaan. Misalnya, slogan “Indomie, seleraku” menciptakan citra merek Indomie sebagai produk yang lezat dan banyak disukai orang.

Mengembangkan Hubungan dengan Konsumen

Slogan yang menginspirasi, menyenangkan dan mempengaruhi emosi dapat membantu mengembangkan hubungan dengan konsumen karena dapat terhubung dengan konsumen secara mendalam. Misalnya slogan “Bersatu, kita bisa!” yang digunakan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa menciptakan rasa kebersamaan, persatuan dan gotong royong di kalangan masyarakat.

slogan, bisnis

Image by pvproductions on freepik

Meningkatkan Penjualan

Slogan yang baik dan membekas di hati konsumen dapat membantu meningkatkan penjualan. Karena dapat menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Misalnya slogan “Pasti Enak, Pasti Sedap” yang digunakan oleh Indofood mendorong konsumen untuk membeli produk-produk Indofood karena jaminan kualitasnya.

Menjadi Beda dari Pesaing

Pasti saja ada satu atau dua perusahaan yang menyediakan jenis produk atau jasa yang sama. Namun bagaimana caranya supaya produk Anda terlihat berbeda? Selain dengan layanan atau dari komposisi produk, slogan dapat membantu bisnis Anda terasa berbeda daripada yang lainnya.

Cara Membuat Slogan Untuk Bisnis Anda

Jika Anda kini merasa slogan sangat penting untuk bisnis Anda dan berniat untuk membuatnya, Anda dapat melihat tips dibawah ini sebagai referensi. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat slogan yang baik dan efektif.

  • Pilihlah kata yang mudah diingat dan diucapkan. Slogan yang terlalu panjang atau rumit akan sulit diingat oleh orang. Usahakan agar slogan hanya terdiri dari dua sampai delapan kata saja. Semakin pendek akan semakin bagus.
  • Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Hindari menggunakan jargon atau istilah yang sulit dipahami oleh orang banyak karena tidak semua orang memiliki kamus kata yang baik. Hindari juga menggunakan bahasa daerah jika Anda ingin memasarkannya ke seluruh Indonesia.
  • Tentukan tujuan slogan. Apa yang ingin Anda capai dengan slogan tersebut? Apakah untuk menarik perhatian, menciptakan citra atau mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu? Slogan merupakan aset jangka panjang, jika tidak diperhitungkan dengan baik, akan berakibat fatal untuk seterusnya.
  • Lakukan riset. Luangkan waktu dan cari tahu apa yang disukai dan tidak disukai oleh target audiens Anda. Hal ini akan membantu Anda membuat slogan yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Berikut adalah beberapa contoh slogan dari beberapa produk perusahaan dan lainnya.

“Indomie, seleraku” (Indomie)

“Pasti Enak, Pasti Sedap” (Indofood)

“Just Do It” (Nike)

“Think Different” (Apple)

“Open Happiness” (Coca-Cola)

“I’m Lovin’ It” (McDonald’s)

“Don’t Be Evil” (Google)

“Let’s Go Places” (Toyota)

“Jagalah kebersihan lingkungan!”

“Merdeka Belajar” (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

“Bersatu, kita bisa!” (Persatuan Bangsa-Bangsa)

“Membangun Indonesia, dari desa!” (Pemerintah Desa)

Kalau Anda perhatikan, slogan-slogan diatas memiliki beberapa ciri-ciri yang sama.

  • Pendek dan ringkas. Semua slogan tersebut hanya terdiri dari beberapa kata saja dan tidak panjang.
  • Mudah diingat dan diucapkan. Slogan-slogan tersebut mudah diucapkan dan diingat oleh orang banyak.
  • Memiliki makna yang jelas. Slogan-slogan tersebut memiliki makna yang jelas, mudah dipahami dan tidak ambigu.
  • Dapat mempengaruhi orang. Rata-rata dari slogan-slogan tersebut memiliki makna yang dalam dan dapat mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu.

Kesimpulan

Slogan merupakan sekumpulan kata yang menarik, menonjol dan mudah untuk diingat. Biasanya digunakan untuk memberitahukan informasi dan mengiklankan sesuatu. Meskipun slogan terlihat seperti hal yang remeh temeh, pengaruhnya sangat memiliki dampak terutama ketika memasarkan dan mengkomunikasikan produk. Slogan dibuat pendek dan menarik bertujuan untuk meninggalkan kesan pertama yang baik terutama dengan waktu yang sangat singkat.

Beberapa dampak slogan pada bisnis yaitu meningkatkan kesadaran merek, menciptakan citra merek, mengembangkan hubungan dengan konsumen, meningkatkan penjualan dan menjadi berbeda dari pesaing.

Cara untuk membuat slogan yang baik adalah mulai dari memilih kata yang mudah diingat, menggunakan bahasa yang sederhana, menentukan tujuan dan luangkan waktu untuk meriset apa yang disukai oleh target audiens Anda.

Beberapa contoh dari slogan yang terkenal adalah “Indomie, seleraku” dari Indomie, Pasti Enak, Pasti Sedap dari Indofood, Just Do It dari Nike, Think Different dari Apple, Open Happiness dari Coca-Cola, I’m Lovin’ It dari McDonald’s, Don’t Be Evil dari Google, Let’s Go Places dari Toyota dan masih banyak yang lainnya.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik

Strategi Visual Merchandising yang Akan Membantu Bisnis Anda

0

Pernahkah Anda ketika berjalan di mall atau di depan toko tertentu, Anda tertarik untuk memasukinya karena penataan dan visual dari mall atau toko tersebut menarik minat Anda? Padahal barang yang dijual sama saja dengan toko atau mall lainnya. Bisa jadi mereka menggunakan strategi visual merchandising dengan maksud untuk mendorong lebih banyak pengunjung untuk berkunjung. Penasaran dan ingin lebih tahu mengenai visual merchandising? Yuk simak selengkapnya!

visual merchandising

Image by jcstudio on Freepik

Apa Itu Visual Merchandising?

Visual Merchandising adalah suatu seni yang berguna untuk mengatur elemen visual dalam toko atau bisnis Anda. Elemen visual yang dimaksud seperti pencahayaan, penataan produk, tata letak toko dan lainnya. Upaya ini dilakukan untuk menarik minat pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan. Strategi ini juga dapat berguna untuk membangun identitas merek yang kuat.

Jadi jika Anda menerapkan visual merchandising ini, pelanggan yang lewat akan merasa tertarik dan terdorong untuk memasuki toko Anda dan strategi ini juga akan menciptakan dorongan yang kuat untuk pelanggan Anda menjelajahi dan berbelanja di toko Anda.

Alasan Mengapa Visual Merchandising Penting

Mungkin ada beberapa diantara Anda yang merasa visual tidak terlalu penting dibandingkan dengan harga dan kualitas dari barang tersebut. Mungkin Anda juga harus mempertimbangkan alasan mengapa visual merchandising itu penting pada penjelasan dibawah ini.

Dapat Menarik Perhatian Pelanggan

Visual merchandising dapat menarik perhatian pelanggan yang sedang lewat di depan toko Anda dan terdorong untuk memasuki toko. Hal ini dapat terwujud dengan menggunakan elemen-elemen seperti penataan produk yang menarik dan tidak ribet, pencahayaan yang tepat, dan penggunaan warna yang cerdas.

Menciptakan Pengalaman Berbelanja yang Menyenangkan

Penerapan visual merchandising yang baik menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memuaskan bagi pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat produk mudah dilihat dan dijangkau dan memberikan informasi yang relevan serta tidak ambigu kepada pelanggan.

Dapat Meningkatkan Penjualan

Visual merchandising membantu meningkatkan penjualan dengan meningkatkan kesadaran merek, mendorong pembelian impulsif dan mendorong pelanggan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di toko.

Membangun Merek

Visual merchandising dapat membantu membangun merek dengan menciptakan citra yang konsisten dan menarik bagi pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan elemen-elemen seperti warna, gaya dan suasana yang konsisten di seluruh toko. Dengan membangun merek, para pelanggan akan merasa kalau barang yang mereka beli merupakan barang eksklusif yang tidak ada pada toko lain.

Contoh Merek yang Menerapkan Strategi Visual Merchandising

Setelah kita mengetahui apa itu visual merchandising, tidak akan pas kalau kita tidak tahu contoh merek yang menerapkan strategi ini. Contoh dibawah ini bisa juga Anda jadikan referensi kalau Anda ingin menerapkan strategi ini untuk kemajuan bisnis Anda. Yuk kita simak!

Apple

Siapa sih yang tidak tahu apple? Sebuah perusahaan yang merancang, mengembangkan dan menjual barang elektronik. Produk-produknya banyak dipakai masyarakat di seluruh dunia. Bahkan sekarang menggunakan produk apple bisa menjadi tolak ukur untuk melihat status seseorang. Kalau memakai produk apple berarti dia adalah orang berada. Tapi jangan ditiru ya konsep pemikiran seperti ini.

Visual merchandising dari apple menerapkan konsep untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang mewah dan eksklusif, ya, sebanding dengan harga-harga yang ditawarkan untuk produk ini. Toko-toko Apple dirancang dengan sentuhan modern dan minimalis, dengan pencahayaan yang lembut dan musik yang menenangkan. Produk-produk Apple dipajang dengan cara yang menarik dan mudah dijangkau dan staf toko selalu siap untuk membantu pelanggan.

Nike

Nike adalah perusahaan yang menjual sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga. Karena menjual barang yang berhubungan dengan olahraga, mereka menggunakan visual merchandising untuk menciptakan atmosfer yang energik dan sporty. Toko-toko Nike biasanya didominasi oleh warna-warna cerah dan desain yang berani. Produk-produk Nike dipajang dengan cara yang menarik dan menggugah.

IKEA

IKEA adalah perusahaan yang menyediakan perabot rumah juga furniture kantor. Visual merchandising yang digunakan oleh IKEA dirancang dengan tata letak yang jelas dan intuitif, dengan produk-produk yang dipajang dengan cara yang mudah dilihat dan dijangkau. IKEA juga menggunakan berbagai elemen visual untuk menarik perhatian pelanggan, seperti signage yang jelas, instalasi yang menarik dan musik yang menenangkan.

KKV

KKV dapat dikatakan sebuah toko serba ada dan terkenal karena penataannya yang estetik. Visual merchandising yang digunakan oleh KKV adalah berfokus pada warna dan titik fokus. Penataan warna yang menggunakan warna kuning dan sebagian warna pastel menciptakan suasana yang terkesan cerah, friendly dan dapat menarik pelanggan terutama kalangan muda.

Titik fokus seperti pada penataan yang hanya terfokus untuk make up saja, atau untuk mi instant saja memberikan pengalaman belanja yang efektif karena dengan melihatnya saja, pelanggan akan langsung tahu pada spot tersebut berisi apa saja tanpa harus repot untuk bertanya kepada staf.

Produk pada KKV juga ditata dengan mengelompokkan warna yang sama sehingga terlihat sangat estetik dan memanjakan mata. Logo juga didesain dengan sangat simple dan senada dengan ciri khas warna mereka yaitu kuning. Penerapannya bisa Anda lihat pada tas belanja mereka, sehingga menimbulkan kesan mewah dan unik setelah berbelanja dari sana.

visual merchandising

Image by jcstudio on Freepik

Kekurangan dari Strategi Visual Merchandising

Meskipun strategi ini memiliki banyak kelebihan dan keuntungan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda, ada beberapa kekurangan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan, berikut adalah diantaranya.

Biaya

Untuk menciptakan penampilan toko yang baik, tidak jarang kita harus mempertimbangkan banyak hal, salah satunya biaya. Terutama jika menggunakan elemen-elemen seperti pencahayaan khusus, desain toko yang rumit atau instalasi yang menarik. Anda perlu mempertimbangkan anggaran sebelum mengembangkan strategi visual merchandising.

Waktu

Untuk menciptakan penampilan, desain toko yang menarik dan memahami keinginan, mood dan perilaku pelanggan cukup memerlukan banyak waktu. Anda perlu meluangkan waktu untuk merencanakan dan mengimplementasikan strategi ini.

Perubahan Selera

Tren dan perubahan selera merupakan hal yang lumrah terjadi. Sehingga Anda perlu terus memperbarui tampilan toko untuk tetap relevan. Anda perlu mengikuti tren visual merchandising terbaru untuk memastikan tampilan toko Anda tetap menarik bagi pelanggan. Namun jika Anda telah sukses untuk membangun merek Anda sendiri, Anda tidak perlu takut untuk mengadapi tantangan ini.

Kesimpulan

Salah satu strategi yang dapat Anda gunakan untuk menarik minat pelanggan menuju ke toko Anda adalah strategi visual merchandising. Strategi ini menitikberatkan pada visual penataan toko yang menarik sehingga orang yang lewat akan merasa tertarik dan terdorong untuk memasuki toko Anda.

Alasan mengapa visual merchandising itu penting adalah karena dapat menarik perhatian pelanggan, menciptakan pengalaman pekerjaan yang menyenangkan, dapat meningkatkan penjualanan serta dapar membangun merek.

Contoh merek yang menerapkan strategi visual merchandising ini adalah Apple, Nike, IKEA dan KKV, tentu masih banyak merek lainnya yang memakai strategi ini. Meskipun kita dapat melihat banyaknya keuntungan dari strategi ini, tidak luput juga dari kekurangan. Kekurangan dari strategi ini diantaranya adalah biaya yang banyak, pengorbanan waktu dan perubahan selera.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by vectorjuice on Freepik

Tools Management Business yang Dapat Membantu Bisnis Anda

0
management business

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau akan menjalankan bisnis, management business menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang jalannya bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu menggunakan tools management business untuk membuat bisnis Anda berjalan lebih cepat dan efisien, lalu apa saja rekomendasi tools management business yang dapat membantu bisnis Anda? yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Sebelum kita mengarah ke pembahasan tools management business, yuk kita bahas terlebih dahulu apa itu pengertian management business!

management business

Image by Freepik

Apa Itu Management Business?

Management business adalah suatu proses perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian kegiatan suatu organisasi atau bisnis untuk mencapai suatu tujuan. Melibatkan semua pengawasan bisnis, dimulai dari pemasaran, keuangan, pemecahan masalah dan harus mampu mengambil keputusan strategis dan tepat yang mendorong keberhasilan bisnis atau organisasi.

Manajemen bisnis dapat membantu perusahaan atau market untuk mengelola dan menjalankan bisnis secara efektif dan tepat sesuai dengan target dan tujuan. Terdapat beberapa tipe tools management yang dapat membuat bisnis Anda berkembang.

Ketika Anda telah mengetahui atau menitikberatkan aspek mana yang ingin Anda capai dalam bisnis, Anda bisa mulai untuk mencari opsi tools mana yang akan membantu Anda dan bisnis Anda. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa tipe business tools yang dapat membuat bisnis Anda berjalan dengan efisien dan efektif.

Tipe Tools Management Business

Semua aspek dalam bisnis tentu saja merupakan hal yang sangat penting. Namun pasti ada saja yang di satu aspek bagus, namun di aspek lain sangat kurang dan perlu ditingkatkan lagi. Tentu Anda pasti akan mencari solusi atas masalah tersebut bukan? berikut adalah beberapa tipe business tools yang dapat membantu Anda.

Tools Task Management Business

Tools ini memungkinkan untuk membantu Anda merencanakan, mengatur dan memprioritaskan tugas agar dapat dilakukan secara efisien dan tidak lewat sampai batas waktu yang ditentukan. Alat ini dapat dikatakan sangat membantu Anda yang baru memulai bisnis bersama karena tools ini sudah dirancang untuk memanajemen project bersama partner secara real time.

Contoh alat ini adalah Asana dan Trello yang dapat membantu Anda mengetahui daftar project, target, kemajuan project Anda dan deadline. Anda dapat mengaturnya untuk mengirim pemberitahuan otomatis sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk memeriksa pekerjaan kecil secara manual.

Alat ini juga dapat dijadikan sebagai alat kolaboratif sehingga semua orang di tim dapat mengetahui sudah sampai mana pekerjaan dilakukan, apa saja pencapaian yang telah didapatkan dan dapat membagi tugas dengan mudah.

Tools Kolaborasi Dokumen

Seperti namanya, alat ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan banyak orang. Tools ini dapat memastikan Anda dapat bekerja dari versi dokumen yang sama. Anda bisa bekerja secara real time atau masuk untuk melihat pekerjaan yang telah ditambahkan oleh orang lain.

Tools Merencanakan Meeting

Menyiapkan rapat pastinya agak sedikit ribet karena harus mengirim email atau pemberitahuan ke orang yang ikut rapat bukan? tools ini dapat membantu Anda untuk menyiapkannya dengan mudah. Contoh dari tools ini adalah Calendly dan Acuity yang dapat membantu Anda mengotomatiskan proses pengaturan rapat.

Anda hanya perlu untuk mengirim link kepada orang lain dan biarkan mereka untuk memilih waktu yang tersedia untuk melakukan meeting bersama.

Tools Pembayaran dan Penagihan Digital

Apabila Anda memiliki bisnis yang sudah memiliki supplier tetap dalam mengembangkan dan mengelolanya, tentunya Anda perlu alat untuk membuat transaksi menjadi lebih gampang dan efisien. Salah satu contoh dari tools ini adalah Paypal, Stripe, Square dan lainnya.

Mungkin untuk di Indonesia, pembayaran online yang banyak digunakan adalah qris. Jadi usahakan bisnis Anda juga mendukung pembayaran menggunakan qris dan e-wallet lainnya.

Sales Tools

Anda yang memiliki bisnis, tentu memiliki pegawai yang setiap harinya menjalankan tugas banyak dan hampir tidak punya waktu untuk beristirahat. Tools ini dapat membantu pegawai Anda untuk dapat lebih mengoptimalkan kegiatan penjualan sehingga dapat mencapai hasil yang baik.

Sales tools dapat membantu para sales untuk memahami keberhasilan produk atau layanan perusahaan. Contoh dari sales tools ini adalah software CRM dan sales analytics.

management business

Image by Rawpixel on Freepik

Tools Management Business

Setelah kita melihat beberapa tipe dari tools management business, yuk kita simak penjelasan dari tools tersebut.

Asana

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Asana merupakan salah satu tools business yang dapat membantu untuk mengatur tugas. Alat ini dirancang untuk membantu individu dalam melacak tugas, memantau progress, berkomunikasi secara real time dan lainnya. Asana memastikan project Anda selesai tepat waktu. Asana menawarkan beberapa fitur yang dapat digunakan, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Task List: Membuat dan menyimpan daftar tugas untuk proyek maupun individu
  • Boards: Memvisualisasikan kemajuan proyek
  • Calendar: Menjadwalkan tugas atau event untuk tim
  • Forms: Mengumpulkan informasi melalui formulir online
  • Reports: Dapatkan laporan terkait dengan produktivitas dan proyek

Trello

Trello juga hampir sama seperti Asana yaitu digunakan untuk mengolah dan mengatur tugas. Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki Trello.

  • Power Ups: Add-on pihak ketiga yang dapat memperluas fungsi dengan fitur tambahan seperti pelacakan waktu, voting dan integrasi dengan layanan lain
  • Calendar: Memungkinkan Anda untuk dapat melihat tanggal jatuh tempo dan deadline
  • Automation: Membantu Anda untuk menghemat waktu dan tetap teratur.
  • Kolaborasi: Memudahkan untuk bekerja sama. Anda dapat menambahkan anggota tim, juga meninggalkan komentar dan lampiran.

Google Docs

Tools ini masuk ke dalam kategori tipe tools kolaborasi dokumen. Google Docs merupakan tools pengolah kata online dari Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit dan berkolaborasi pada dokumen secara real-time. Google Docs gratis untuk digunakan dan dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.

Confluence

Tools ini hampir mirip dengan google docs. Confluence adalah aplikasi manajemen pengetahuan berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit juga berkolaborasi pada dokumen, halaman dan wiki.

Confluence tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Menawarkan berbagai fitur lanjutan seperti integrasi dengan aplikasi lain dan manajemen versi.

Calendly

Calendly adalah platform yang berguna untuk mengatur rapat dan membantu individu, tim juga bisnis dari semua ukuran untuk mengatur pertemuan dengan cara yang lebih efisien.

Calendly menggunakan algoritma canggih untuk menemukan waktu luang yang cocok bagi Anda dan orang yang Anda ajak. Pengundang dapat memilih waktu luang dari opsi yang tersedia, memesan pertemuan di kalender mereka sendiri juga menerima semua detail yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan Calendly.

  • Penjadwalan rapat penjualan
  • Konsultasi klien
  • Wawancara kerja
  • Webinar
  • Pertemuan tim
  • Pelatihan

Paypal

PayPal adalah tools yang memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima dan menyimpan uang secara online. PayPal didirikan pada tahun 1998 oleh Elon Musk, Peter Thiel, Max Levchin, Luke Nosek, dan Yu Pan. Perusahaan ini berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat.

PayPal menawarkan berbagai layanan pembayaran, yaitu:

  • Membayar: PayPal memungkinkan pengguna untuk membayar barang dan jasa secara online di jutaan situs web dan aplikasi.
  • Menerima pembayaran: PayPal memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran dari pelanggan secara online.
  • Menyimpan uang: PayPal menawarkan rekening giro dan tabungan yang dapat digunakan untuk menyimpan uang secara online.
  • Pembayaran internasional: PayPal memudahkan untuk mengirim dan menerima uang dari seluruh dunia.

Stripe

Stripe menyediakan infrastruktur pembayaran untuk internet sehingga memungkinkan bisnis Anda dapat menerima pembayaran secara online dan di tempat, mengirim pembayaran, mengotomatiskan proses keuangan dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan.

Stripe menawarkan berbagai layanan pembayaran, yaitu:

  • Pembayaran online: Stripe memungkinkan bisnis Anda menerima pembayaran secara online dengan kartu kredit, debit dan metode pembayaran lainnya.
  • Pembayaran di tempat: Stripe menawarkan solusi pembayaran di tempat untuk bisnis yang ingin menerima pembayaran dari pelanggan dengan kartu kredit, debit atau kartu hadiah.
  • Pembayaran berulang: Stripe memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran berulang dari pelanggan, seperti langganan atau pembayaran bulanan.
  • Pembayaran internasional: Stripe memudahkan bisnis untuk menerima pembayaran dari pelanggan di seluruh dunia.

Software CRM

Software CRM adalah sebuah sistem yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola hubungan atau interaksi dengan pelanggan. Tools ini dapat melakukan berbagai tugas, seperti:

  • Melacak pelanggan potensial
  • Mencatat interaksi pelanggan
  • Menganalisis data untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan
  • Mengelola komunikasi dengan pelanggan
  • Menyederhanakan proses penjualan
  • Memberikan dukungan pelanggan

Kesimpulan

Management business atau manajemen bisnis adalah hal yang penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Untuk melakukan manajemen bisnis, tentu Anda tidak bisa melakukannya sendirian dan jika sudah tidak sendirian pun terkadang akan menemui beberapa kesulitan. Oleh karena itu artikel ini membahas berbagai tools management business yang dapat membantu Anda untuk mengolah bisnis Anda agar lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Tools Manajemen bisnis tersebut beberapa diantaranya adalah Asana, Trello, Google Docs, Confluence, Calendly, Paypal, Stripe dan Software CRM.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Rawpixel on Freepik

Social Commerce : Ulasan Lengkap Manfaat Hingga Contohnya

0
social commerce

Kemajuan pesat dari teknologi membawa angin segar dan perubahan yang cukup signifikan pada berbagai bidang. Salah satu bidang yang mendapatkan perubahan besar akibat adanya teknologi adalah bisnis. Anda sering menggunakan platform media sosial? Jika benar, Anda pasti sering melihat platform media sosial tersebut menambahkan toko didalamnya. Nah, hal tersebut disebut dengan social commerce.

Social commerce  merupakan sebuah solusi yang bisa menjadi tren kedepannya bagi para pelaku bisnis. Hal tersebut bisa terjadi karena pelaku bisnis dapat lebih mudah menjangkau konsumen di seluruh belahan dunia dengan sosial media dan internet. Selain itu, bukan hanya pelaku bisnis yang mendapat kemudahan tersebut. Pelanggan juga mendapat kemudahan untuk bertransaksi. Lalu apa manfaat dan contohnya?

Nah, kebetulan sekali, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Artikel kali ini akan membahas pengertian, manfaatnya, kelebihannya, serta contohnya yang ada di Indonesia. Jadi, tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasannya hingga akhir. Yuk simak dibawah ini!

Apa itu Social Commerce?

social commerce

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya untuk membahas pengertiannya terlebih dahulu. Social commerce adalah usaha perdagangan dengan menggunakan media elektronik dan internet secara online. Media yang dimaksud bisa berupa platform media sosial yang saat ini ramai digunakan oleh orang-orang. Penggunaan media ini bertujuan untuk memudahkan menjangkau seluruh konsumen di berbagai belahan dunia.

Dengan banyaknya pengguna media sosial di seluruh dunia, ini membuat penggunaan social commerce untuk bisnis bisa menjadi solusi ampuh saat ini. Selain memudahkan Anda sebagai pelaku bisnis, pelanggan juga kan mendapatkan kemudahan dengan adanya media ini. Pelanggan saat ini dapat semakin mudah untuk mencari maupun membeli suatu produk karena dapat langsung bertransaksi di platform media ini.

Manfaat Utama Social Commerce

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan baik bagi pelaku bisnis maupun konsumen. Adanya manfaat tersebut membuat media ini bisa menjadi solusi efektif untuk bisnis. Berikut beberapa manfaat utama dari media ini yang harus Anda ketahui.

Memperluas Target Konsumen Potensial 

Adanya social commerce membuat Anda dengan mudah dapat menjangkau konsumen potensial bisnis. Anda dapat menjangkaunya secara online dengan berbagai sosial media yang tersedia. Selain itu, hal ini juga dapat mendorong peningkatan pada penjualan produk dari bisnis yang dikembangkan tersebut.

Meningkatkan Awareness dan Image Brand 

Karena memanfaatkan media sosial untuk bisnis, tentunya Anda akan menyajikan konten menarik seperti foto, video hingga iklan. Hal ini akan membuat kesan brand bisnis Anda menjadi baik dan kesadaran konsumen akan brand Anda juga meningkat.

Transaksi yang Mudah dan Cepat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, transaksi yang dilakukan pelanggan langsung di salam platform. Hal ini membuat pelanggan bisa langsung melakukan pembelian tanpa berpindah ke aplikasi tersendiri. Pengalaman transaksi yang mudah dan cepat akan memberikan pengalaman pengguna yang baik untuk pelanggan dan mendorong adanya pembelian lainnya di kemudian hari.

Adanya Jejak Digital yang Terekam 

Banyak yang mengatakan jika seorang pembeli bisa mempengaruhi calon pembeli lainnya. Hal ini terjadi karena adanya jejak digital berupa ulasan dari pembeli sebelumnya. Dengan adanya ulasan ini, target pembeli potensial dapat melihat ulasan tersebut yang akan mempengaruhi keputusan dalam membeli produk.

Kelebihan Social Commerce

Memanfaatkan platform ini untuk bisnis dapat memberikan berbagai kelebihan untuk Anda. Kelebihan tersebut dapat memberikan banyak dampak positif bagi bisnis yang dijalankan. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki media ini yang wajib Anda ketahui.

Kemudahan

Melakukan segala sesuatu dengan mudah adalah hal yang diidamkan oleh setiap orang. Tak terkecuali adanya kemudahan ketika berbelanja. Social commerce menghadirkan kemudahan tersebut bagi pelanggan. Saat berbelanja pada media ini, Anda dapat melakukan transaksi tanpa perlu meninggalkan platform tersebut. Kemudahan ini membuat pelanggan lebih memilih media ini dibanding dengan yang lainnya.

Interaksi Sosial

Kelebihan lainnya yang mencolok dari platform satu ini adalah adanya interaksi sosial. Media satu ini memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk berinteraksi, baik ke pelaku bisnis maupun ke sesama pelanggan lainnya. Hal ini kan membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi atau rekomendasi yang tepat, Informasi dan rekomendasi tersebut dapat berupa informasi produk serta ulasan dari pelanggan lainnya.

Kepercayaan

Berkaitan dengan yang sebelumnya, kelebihan ini bisa menjadi faktor kunci dari media ini. Adanya ulasan dari pelanggan lainnya akan mempengaruhi keputusan pembelian dari calon pelanggan. Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan terhadap bisnis maupun produk milik Anda. 

Personalisasi

Kelebihan selanjutnya dari platform ini adalah personalisasi konten bagi pelanggan. Platform ini mengumpulkan dan menggunakan data dari pengguna untuk memberikan rekomendasi produk. Rekomendasi produk tersebut disesuaikan dengan preferensi individu dari pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja.

Potensi Viral

Produk maupun layanan yang Anda upload di sosial media dapat menarik perhatian banyak pengguna. Hal ini dapat meningkatkan kepopuleran produk maupun bisnis Anda hingga menjadi viral. Keviralan tersebut dapat meningkatkan dan menciptakan pertumbuhan bisnis yang cepat dan signifikan.

Potensi Ekspansi Global

Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh platform satu ini adalah adanya potensi untuk melakukan ekspansi secara global. Hal ini karena platform ini tidak terbatas pada geografis akibat dilakukan secara online. Dengan hal tersebut, potensi untuk menembus pasar global akan jauh lebih mudah.

Contoh Platform Social Commerce yang Ada di Indonesia

social commerce

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak terdapat platform satu ini. Beragam platform mengalami ciri khas dan kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa platform terbaik yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda.

Instagram

Siapa tidak kenal dengan platform satu ini? Instagram merupakan platform media sosial yang sangat terkenal saat ini. Platform satu ini memiliki kekuatan dalam hal konten seperti cerita, foto maupun video. Dengan adanya hal tersebut, membuat platform ini sangat cocok untuk memasarkan bisnis Anda. Selain itu, platform ini juga bagus untuk membangun brand image dari produk bisnis Anda.

Hal ini juga didukung dengan adanya fitur instagram shop terbaru pada platform tersebut. Fitur ini dapat membantu Anda untuk membuka toko online dan menjangkau pelanggan potensial pada platform ini. Anda bisa menghubungkan toko anda dengan Facebook dan juga website toko Anda sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah katalog, membuat kategori dan deskripsi serta menyematkan harga produk.

Tiktok

Tiktok saat ini menjadi platform hiburan yang sangat terkenal dan populer saat ini. Hampir semua orang kini memiliki aplikasi Tiktok di smartphone mereka. Selain itu, Tiktok kini juga menjadi salah satu platform social commerce yang sangat besar dan populer. Hal ini terbukti karena adanya Tiktok shop yang menjadi tempat belanja yang booming saat ini. Aplikasi ini juga menyediakan Tiktok livestream untuk berjualan secara live.

Berjualan live tersebut akhir-akhir ini menjadi strategi marketing baru yang sangat menjanjikan. Ini bisa menjadi solusi bagi pedagang untuk menjangkau target pelanggan baru yang suka menonton live tersebut untuk belanja secara langsung. Anda juga bisa menautkan website atau e-commerce pada tombol “Shop Now” yang ada di bio. 

Untuk mendukung semua itu, Anda juga bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan social commerce milik Anda. Anda bisa meminta para influencer untuk melakukan promosi pada video mereka. Dengan adanya promosi tersebut, produk dan brand Anda akan semakin dikenal dan penjualan juga akan meningkat.

Facebook

Platform satu ini kini telah menjadi salah satu platform sosial media terlengkap. meskipun sudah lengkap, Facebook kini juga telah berevolusi menjadi platform social commerce. Salah satu contohnya adalah dengan meluncurkan fitur Facebook bisnis. Fitur satu ini memberikan Anda keleluasaan dalam mengelola toko Anda.

Pada Facebook bisnis, Anda dapat mengubah dan membuat katalog dari produk yang ingin Anda pasarkan. Kemudian, Facebook akan menampilkannya pada pelanggan Anda sesuai dengan preferensi mereka masing-masing. Selain itu, transaksi juga dapat dilakukan secara langsung melalui halaman Facebook Anda sendiri maupun diarahkan ke website e-commerce Anda.

Kesimpulan

Itu dia ulasan lengkap mengenai social commerce mulai dari pengertian hingga contoh platformnya di Indonesia. Platform ini menjadi solusi yang bagus di tengah gempuran media sosial yang semakin marak. Anda dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan memanfaatkan media sosial tersebut. Memanfaatkan platform ini adalah cara terbaik untuk bersaing di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat. Semoga bermanfaat!

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pch.vector on Freepik

Strategi Bisnis Teh Poci yang Tidak Lekang Oleh Waktu

0
bisnis teh poci

Sudah lama teh menjadi minuman dalam keseharian masyarakat Indonesia. Ketika ada tamu, ketika sakit, ketika bersantai sambil menikmati suasana rumah, teh adalah salah satu minuman yang paling banyak dipilih. Selain aromanya yang enak dan menenangkan, teh juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Maka dari itu tidak heran jika bisnis teh akan selalu laku walau tahun dan tren terus berganti. Salah satu bisnis teh yang selalu kita dapat lihat eksistensinya hingga kini adalah bisnis teh poci. Penasaran dengan sejarah dan strategi bisnisnya? Yuk kita simak selengkapnya.

bisnis teh poci

Photo by jcomp by Freepik

Sejarah Teh Poci

Sejarah teh poci berawal dari abad ke-17 dengan membawa pengaruh dari Tiongkok. Pada masa itu tanaman teh belum ada di Indonesia jadi didatangkan langsung dari Tiongkok. Lalu pada tahun 1830-an tanaman teh mulai menjadi komoditas utama melalui proyek tanam paksa atau Cultuurstelsel pada masa penjajahan.

Teh tersebut ditanam di kota Slawi, Tegal dan sejak saat itu kota Slawi menjadi tempat berawalnya bisnis teh yang terkenal seperti Teh Sosro, Teh Tong Tji dan Teh Poci. Masing-masing dari teh tersebut memiliki rasa yang khas dan bertahan hingga saat ini.

Teh Poci merupakan produk dari Rekso Grup dimana kemitraannya dikelola oleh PT Poci Kreasi Mandiri. Teh Poci memiliki rasa yang khas dimana aroma melati menjadi ciri khas dari teh ini. Jika melihat dari tradisi masyarakat Tegal, teh poci selalu disuguhkan setiap hari terutama saat kumpul keluarga. Ciri khas nya adalah teh yang pekat, kental dan disuguhkan langsung dari poci yang terbuat dari tanah liat.

Aroma melati yang meruak ketika dituangkan langsung dari poci juga menjadi ciri khas dari teh poci. Gula yang digunakan juga menggunakan gula batu, namun ketika mencelupkannya, tidak boleh diaduk. Makna filososi dari penyajian teh poci ini adalah awalnya kehidupan memang terasa pahit, namun ketika kita bersabar, manisnya kehidupan pasti akan kita rasakan.

Poci bekas dari minuman teh yang sebelumnya juga tidak dicuci, hanya dibasuh dengan air lalu dibiarkan. Hal ini dilakukan karna dipercaya kerak dari teh yang sebelumnya akan membuat rasa tehnya akan semakin otentik dan enak.

Kini perusahaan teh cap poci melakukan berbagai inovasi seperti rasa teh yang tidak hanya melati saja, namun juga ada rasa vanila dan buah-buahan. Teh poci dijual dalam kemasan kotak yang berisi bubuk daun teh atau teh celup. Kini teh poci mulai memiliki franschisenya sendiri. Mereka menyediakan teh poci siap minum dengan harga yang dapat dikatakan sangat murah.

Franchise Teh Poci

Franchise teh poci telah hadir bagi Anda yang ingin melakukan bisnis teh poci. Melihat teh sendiri merupakan minuman yang tidak lekang oleh waktu, tentu saja menjadikan bisnis ini sangat menguntungkan. Harga jualnya yang tergolong murah dan bisa dibeli mulai dari anak-anak sekolah dasar hingga dewasa. Biasanya harga jualnya adalah dari 2500 sampai dengan 3500 rupiah.

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha minuman teh ini adalah mulai dari lima juta sampai sebelas juta. Yang membedakannya adalah ukuran booth nya. Semakin banyak modalnya, semakin besar dan lengkap juga alat-alat yang diberikan.

Keuntungan yang diperoleh tidak dibagi dengan mitra, itu artinya Anda mendapatkan 100% keuntungan jualan. Anda hanya perlu membeli bahan bakunya langsung ke mitra. Hal ini dilakukan agar cita rasa teh poci tetap terjaga.

bisnis teh poci

Photo by wirestock on Freepik

Strategi Bisnis Teh Poci

Kalau Anda bertanya-tanya mengapa bisnis teh poci masih sangat eksis hingga kini, tentu karena minuman teh sangat digemari dan tidak akan lekang oleh waktu. Tapi selain itu ada beberapa hal yang menjadi keunggulan bisnis ini. Yuk kita bahas!

Rasa

Dengan membawakan sensasi rasa teh yang disuguhkan dari poci asli beraroma melati membuat siapapun merasakan kesegaran dan pengalaman minum teh yang unik. Seperti yang dijelaskan diatas, teh poci tidak hanya beraroma melati saja, tapi juga memiliki rasa vanila dan rasa buah-buahan yang pastinya disukai mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain itu penjual bisa berkreasi sendiri karena teh ini juga bisa dicampur dengan menambahkan susu, menambahkan rasa cokelat dan lainnya.

Kemasan Menarik

Kemasan dari teh poci didesain dengan baik dan menarik sehingga membuat siapapun menjadi tertarik untuk membelinya. Selain itu dengan menggunakan cup, teh ini sangat praktis dibawa kemana-mana.

Tempat

Franchise teh poci tidak memerlukan tempat yang luas. Hanya dengan modal beberapa petak tempat saja, Anda sudah bisa menjalakan bisnis ini. Hal inilah yang membuat bisnis ini cukup digemari. Tentu tidak semua orang yang ingin berbisnis memiliki cukup modal untuk menyewa tempat, membayar karyawan dan menyediakan segala fasilitas penunjang bukan?

Modal yang Tergolong Murah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, modal untuk memiliki bisnis ini berkisar antara lima juta sampai sebelas juta. Atau mungkin lebih murah lagi tergantung dengan ukuran booth yang diinginkan.

Harga Jual yang Murah

Bisnis ini menyasar semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa sehingga harga jual dari teh ini tidak menguras kantong. Karena itu, teh ini sangat laris apalagi disaat panas terik menyerang.

Tantangan dalam Bisnis Teh Poci

Semua bisnis pasti memiliki tantangan, tak terkecuali bisnis teh poci ini. Berikut adalah tantangan dalam bisnis ini.

Persaingan

Bisnis minuman yang semakin berkembang tentu saja akan mempengaruhi pemasukan. Apalagi jika ada minuman yang sedang tren, pasti orang-orang akan fokus untuk membeli minuman itu.

Selain itu karena franchise teh poci harganya sangat bersahabat, tidak menutup kemungkinan akan banyak yang membuka bisnis yang sama. Oleh karena itu jika Anda ingin berbisnis teh poci, usahakanlah mencari tempat yang strategis dan jarang menjual minuman dengan jenis yang sama.

Musim

Jika musim panas, tentu orang-orang akan mencari minuman dingin untuk melepas dahaga dan panas di dalam tubuh. Disaat inilah minuman es akan sangat laku terjual. Tapi bagaimana pada saat musim hujan? Pasti orang-orang akan lebih memilih untuk membeli minuman hangat untuk menghangatkan tubuh bukan?

Pertimbangkanlah untuk menyediakan teh hangat atau minuman hangat lain pada menu Anda, ini akan membuat penjualanan Anda tetap stabil meski musim berganti.

Kualitas

Teh poci memiliki rasa dengan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan teh lainnya. Pertahankan dan jaga kualitas minuman agar selalu sama enaknya dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Bisnis teh merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Selain teh merupakan minuman dalam keseharian masyarakat Indonesia, teh juga merupakan salah satu minuman yang tidak lekang oleh waktu, karena itu berbisnis teh poci bisa menjadi opsi pilihan yang bisnis yang tepat.

Beberapa strategi dari bisnis ini adalah mulai dari rasa yang unik, kemasan cup yang menarik dan praktis dibawa kemana-mana, tidak perlu tempat yang luas, modal yang tergolong murah serta harga jual yang murah dan menyasar berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Tantangan dalam bisnis ini adalah persaingan yang ketat antara bisnis minuman yang lain, musim yang silih berganti dan tantangan dalam menjaga kualitas.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pch.vector on Freepik

Point Coffee : Strategi Pemasaran dan Penjualan Produknya

0
point coffee, pemasaran

Siapa yang tidak suka dengan kopi? Semakin hari jika Anda perhatikan kedai kopi atau coffee shop sangat menjamur dimana-mana. Gaya hidup yang berubah terutama dari kaum milenial dari beberapa tahun lalu menjadi salah satu penyebab mengapa bisnis kopi menjadi hal yang sangat menjanjikan. Salah satu merek kopi terkenal yang menyasar kaum milenial adalah Point Coffee.

Penasaran kan mengapa merek ini sangat terkenal dan memiliki banyak cabang dimana-mana? Yuk simak bagaimana cara pemasaran dan penjualan Point Coffee dibawah ini!

Pertama-tama ada baiknya kita ketahui bagaimana sejarah dan pendiri dari merek ini.

Sejarah dan Pendiri Point Coffee

point coffee, pemasaran

Point Coffee pertama kali didirikan pada 30 Mei tahun 2016. Resep dari kopinya dibuat oleh seorang juri barista Indonesia bersetifikat internasional yang bernama Hendri Kurniawan. Pada tahun 2019, Point Coffee bekerjasama dengan Indomaret sehingga Anda bisa lihat mengapa Point Coffee selalu berada di Indomaret dan jarang terlihat memiliki kedai sendiri.

Point coffee hanya menyewa sekitar 8meter sampai 10meter persegi di dalam Indomaret. Sehingga jika Anda ingin menikmati segelas kopi sembari ingin membeli barang yang lainnya, Indomaret Point menjadi salah satu solusi yang tepat. Tidak heran jika penempatan Indomaret Point berapa di tempat-tempat strategis seperti di pom bensin, dekat bandara, stasiun kereta dan lainnya.

Karena resep kopi dibuat oleh seorang juri barista, tidak heran cita rasa dari kopi ini benar-benar berbeda dibandingkan dengan kedai kopi lain. Selain itu harganya yang murah membuat siapapun bisa mencicipi kopi ini. Murah, kualitas dan memiliki rasa yang mewah, tentu siapapun tidak akan melewatkannya.

Ada banyak menu dari point coffee yang dijual. Tidak hanya minuman kopi saja, minuman non coffee juga tersedia disini. Dengan membayar mulai dari 15 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati menu mereka. Selain menjual minuman dan kopi, mereka juga menjual kue dan onigiri yang rasanya tidak kalah enak seperti kopinya.

Berikut adalah beberapa menu yang dijual.

Coffee Series

  • Long Black (Iced)
  • Palm Sugar Latte (Iced)
  • Cappuccino (Iced)
  • Mocha (Iced)
  • Dan masih banyak lagi

Non-Coffee

  • Iced Lemon Tea
  • Iced Earl Grey
  • Hot Brewed Peach Tea
  • Sakura Milk Tea
  • Dan masih banyak lagi

Point Coffee juga memiliki inovasi baru seperti Kopi Baper (Bawa Pergi) dan Kopi Saku yang kemasannya kecil dan bisa muat di saku. Ini bisa menjadi solusi jika Anda ingin kopi namun tidak ingin menunggu lama.

Strategi Pemasaran Point Coffee

Mungkin makanan dan minuman dengan kualitas baik dan rasa yang mewah, pebisnis manapun bisa untuk mengusahakannya, namun salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis tidak hanya tentang rasa, tapi bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan sehingga produk tersebut bisa diketahui oleh khalayak ramai. Jadi mari kita belajar dari kesuksesan Point Coffee.

Konsep

Konsep yang diusung oleh Point Coffee adalah Grab and Go. Mereka tidak menyediakan kopi dalam gelas kaca atau gelas estetik seperti kedai kopi lainnya karena mereka fokus untuk menjual kopi yang bisa dibawa langsung oleh pembeli, fast serve dan simple.

Mereka tidak melayani dine in. Namun meski begitu, mereka juga menyediakan kursi yang diperbolehkan untuk ditempati ketika menunggu atau ingin menikmati kopi sambil beristirahat sejenak.

Penempatan Gerai

Point coffee kebanyakan terdapat di tempat peristirahatan (rest area), bandara, pom bensin dan lainnya yang menjadikan merek ini laku keras. Selain itu menggandeng Indomaret yang selalu banyak dikunjungi oleh orang-orang dan eksklusif hanya bekerja sama dengan Indomaret menjadikannya terlihat berkualitas.

Kualitas Produk

Rasa dan kualitas produk yang fresh menjadikan Point sebagai merek yang dapat bersaing dengan produk kopi manapun. Kopi yang dibuat juga langsung berasal dari biji kopi kualitas tinggi dari Indonesia yang diproses saat itu juga. Kita pun ketika membeli bisa melihat sendiri bagaimana biji kopi itu diproses hingga diolah menjadi minuman yang sampai ke tangan kita.

Penggunaan bahan untuk membuat kopi juga disediakan beberapa jenis, misal bahan susu. Mereka tidak hanya menyediakan susu biasa, namun juga menyediakan oat milk dan bisa menambah additional menu seperti menambah topping.

Strategi Penjualan Point Coffee

point coffee, pemasaran

Setelah kita mengetahui bagaimana Point Coffee membangun nilai jualnya, yuk kita cari tahu bagaimana cara Point Coffee menjual produk mereka hingga produknya bisa terjual lebih dari satu juta cup setiap bulannya.

Membuat Akun Sosial Media

Mungkin hampir semua kedai atau toko, tidak hanya kopi saja yang membuat akun media sosial sebagai salah satu strategi penjualan mereka. Point Coffee memanfaatkan media sosial mereka untuk memperkenalkan produk, event-event dan give away yang rutin dilakukan. Hal ini tentu mengundang perhatian dari pengguna media sosial sehingga mereka penasaran dan akhirnya mencoba produk.

Mengadakan Promosi Rutin

Untuk beberapa produk di hari-hari tertentu akan mendapatkan diskon sebesar 40%. Promosi yang dilakukan tidak hanya pada hari atau perayaan tertentu, namun dilakukan setiap minggu dengan berbagai jargon unik yang dikemas dengan desain simple. Misalnya jargon “I dont like monday mistery”

Mereka paham jika hari senin biasanya adalah hari yang berat dan memberikan promosi untuk minuman paling mahal di menu merupakan salah satu langkah bagus untuk menarik minat pembeli. Sehingga tidak heran jika Point Coffee memiliki pelanggan setia dimana-mana dan mungkin akan semakin bertambah seiring waktu.

Perbedaan dengan Kedai Kopi Lainnya

Point coffee tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan kedai kopi lain seperti kopi kenangan ataupun fore. Yang menjadi titik unggul mereka adalah penempatan gerai yang strategis dan konsep yang anti ribet. Meski begitu, mereka banyak mengembangkan berbagai macam menu yang sangat enak dan worth untuk dibeli.

Kesimpulan

Akhir-akhir ini kehadiran coffee shop sangat menjamur dimana-mana. Kebanyakan menyasar ke kaum milenial yang tidak bisa lepas dari kopi dalam kesehariannya. Salah satu coffee shop yang terkenal di Indonesia yaitu Point Coffee.

Didirikan sekitar tujuh tahun yang lalu tepatnya pada 30 Mei 2016 oleh seorang barista terkenal bernama Hendri Kurniawan. Resepnya pun dibuat oleh Hendri sendiri sehingga tidak heran rasa kopinya begitu otentik.

Point tidak hanya menjual minuman kopi saja, namun juga menjual minuman non coffee, kue bahkan onigiri. Harganya pun juga terjangkau, mulai dari harga lima belas ribu, Anda sudah bisa menikmati menu mereka.

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Point adalah pertama dari konsep mereka. Konsep mereka yaitu grab and go dimana mereka menyajikan kopi yang bisa dibawa langsung oleh pembeli, fast serve dan simple, lalu penempatan gerai yang menyasar tempat strategis dan kualitas produk yang fresh.

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Point adalah dengan membuat akun sosial media dan mengadakan promosi sebesar 40% untuk produk tertentu.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Repeat Order dan Tips Untuk Mewujudkannya

0
repeat order

Bagi Anda yang memiliki bisnis, pasti akan sangat berharap jika pelanggan Anda melakukan pemesanan terus-menerus atau memiliki pelanggan tetap bukan? Dengan melihat pelanggan Anda melakukan pemesanan terus menerus bahkan memiliki pelanggan tetap, itu menandakan bisnis Anda akan berjalan lancar, sukses dan berumur panjang. Pemesanan yang dilakukan pelanggan berulang-ulang disebut dengan istilah repeat order. Penasaran apa itu repeat order dan bagaimana manfaat serta tipsnya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Repeat Order

Dari kata “repeat order” kita dapat mengartikannya sebagai pemesanan kembali. Hal ini dapat terjadi jika pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang dijual. Repeat order juga dapat diartikan sebagai aktivitas pemesanan atau pembelian kembali pada toko atau tempat yang sama berulang kali.

Repeat order tidak hanya memudahkan pebisnis atau pengusaha untuk menjual produknya tapi juga sebagai bukti bahwa ia berhasil untuk meyakinkan konsumen bahwa produk atau jasa yang dijual adalah produk yang baik sehingga pelanggan yang sama membeli kembali produk atau jasa yang dijual.

Selain memudahkan untuk menjual produk, berikut adalah beberapa alasan lain mengapa repeat order disukai oleh pebisnis.

Pendapatan yang Stabil

Pelanggan yang terus menerus melakukan repeat order tentu akan membuat pendapatan perusahaan menjadi stabil karena pasti dalam kurun waktu tertentu pelanggan setia tersebut akan memesan kembali.

Menunjukkan Kepercayaan

Pelanggan yang melakukan pemesanan kembali dapat menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Biaya Operasional yang Lebih Rendah

Repeat order dapat membuat biaya operasional menjadi rendah karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencari pelanggan baru.

Meningkatkan Reputasi

Dengan adanya pelanggan setia tentu produk atau layanan Anda memiliki kualitas yang bagus dan worth untuk dibeli. Ini bisa meningkatkan reputasi bisnis Anda karena tidak menutup kemungkinan pelanggan setia Anda akan merekomendasikan produk atau layanan Anda ke orang lain.

repeat order

 

Manfaat Repeat Order

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengapa para pebisnis menyukai repeat order, tentu saja ada manfaat yang dapat diterima oleh para pebisnis. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari repeat order.

Meningkatkan Pangsa Pasar

Sebelum melakukan pembelian, tentu para pelanggan akan memikirkan terlebih dahulu kemana sebaiknya mereka menghabiskan uang untuk sesuatu yang memiliki kualitas dan nilai. Melakukan suatu pembelian bukanlah hal yang dapat dilakukan secara asal-asalan tapi didasarkan dari pengalaman dan perasaan pelanggan saat melakukan pembelian barang atau jasa.

Jika pelanggan merasakan pengalaman yang baik pada bisnis Anda, maka pelanggan akan datang kembali untuk membeli barang Anda. Pelanggan yang loyal biasanya akan merekomendasikan produk bisnis Anda secara sukarela mulai kepada keluarga, tetangga, teman kantor atau di media sosial. Hal inilah yang dapat meningkatkan pangsa pasar dari bisnis Anda.

Mempertahankan Pelanggan

Banyaknya pelanggan yang melakukan repeat order menunjukkan bahwa produk atau jasa Anda sangat bagus dan memiliki kualitas sehingga pelanggan merasa puas. Kepuasan pelanggan merupakan strategi jangka panjang bagi bisnis Anda agar semakin kecil kemungkinan pelanggan akan meninggalkan bisnis Anda.

Menekan Biaya

Repeat order dapat menekan biaya pemasaran dan operasional bisnis Anda. Agar produk Anda dapat diketahui masyarakat dan dibeli, tentu Anda akan melakukan yang namanya promosi bukan? Melakukan promosi sangat membutuhkan biaya yang besar sehingga jika pelanggan Anda melakukan repeat order, secara tidak langsung Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sebuah transaksi.

Seperti halnya pemasaran tadi, biaya operasional juga tidak akan membengkak jika pelanggan melakukan repeat order. Sehingga dana dapat dialokasikan untuk keperluan lain seperti melengkapi sarana dan prasarana bisnis Anda atau memberikan bonus kepada karyawan Anda agar kerjanya lebih bersemangat lagi.

Untuk mendapatkan pelanggan yang setia, kesan pertama merupakan hal yang sangat penting. Berikanlah pelayanan dan kualitas barang yang baik kepada pelanggan Anda sehingga pelanggan Anda tidak berfikir dua kali jika akan membeli kepada Anda kembali.

Modal Cepat Berputar

Pelanggan yang melakukan repeat order secara tidak langsung membantu bisnis Anda untuk mendapatkan uang lebih cepat sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan.

Bisnis Dapat Bertahan Lama

Dengan banyaknya pelanggan yang mencari barang atau jasa, tentu bisnis Anda akan terus mendapatkan pendapatan dan keuntungan sehingga akan menjadi stabil dan berumur panjang.

Menjadi Tolak Ukur

Pelanggan yang melakukan repeat order pasti memiliki alasan kenapa mereka ingin membeli kembali produk Anda. Ini bisa menjadi tolak ukur untuk meningkatkan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda jadi tahu apa produk atau layanan yang disukai pelanggan sehingga penjualan akan terus meningkat.

repeat order

 

Tips Agar Pelanggan Anda Melakukan Repeat Order

Setelah kita mengetahui apa itu repeat order dan manfaatnya bagi bisnis Anda, yuk kita simak bagaimana cara untuk membuat pelanggan Anda melakukan repeat order.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Langkah pertama dan penting adalah kesan pertama pada saat membeli barang atau menikmati layanan. Buatlah pelanggan Anda nyaman dan merasa tidak disusahkan dengan pelayanan Anda. Kesan pertama yang baik akan menentukan apakah pelanggan akan datang kembali atau tidak.

Jika mereka sangat puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan, kemungkinan besar mereka akan kembali lagi jika membutuhkan barang yang sama. Jadi, usahakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Memberikan Penawaran Menarik

Mungkin akan ada rasanya untuk sulit membuat pelanggan baru merasa nyaman. Jangan khawatir, Anda bisa memberikan penawaran menarik kepada pelanggan Anda. Misalnya dengan memberikan harga khusus kepada pelanggan setia, beli satu gratis satu atau metode gratis ongkos kirim.

Membuat Media Sosial

Cara ini juga bisa dijadikan salah satu metode untuk “dekat dengan pelanggan”. Dengan menggunakan media sosial, Anda akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan pelanggan, memberikan informasi mengenai promo dan memperkenalkan produk atau layanan Anda.

Selain itu Anda juga dapat dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan yang penasaran dengan produk Anda. Jawablah dengan solutif dan sopan.

Kesimpulan

Pemesanan berulang atau repeat order adalah salah satu hal terpenting ketika menjalankan bisnis. Repeat order berarti pemesanan kembali. Repeat order dapat dikatakan sebagai aktivitas pemesanan kembali oleh pelanggan yang sama pada tempat atau toko yang sama.

Alasan mengapa repeat order sangat disukai oleh pebisnis adalah memudahkan untuk menjual produk, pendapatan yang stabil, menunjukkan kepercayaan, biaya operasional yang lebih rendah dan meningkatkan reputasi.

Manfaat dari repeat order adalah meningkatkan pangsa pasar, mempertahankan pelanggan, menekan biaya, modal cepat berputar, bisnis dapat bertahan lama dan menjadi tolok ukur untuk meningkatkan pelayanan bisnis.

Tips yang dapat Anda lakukan agar pelanggan Anda melakukan repeat order adalah memberikan pelayanan terbaik, memberikan penawaran menarik dan membuat media sosial.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik