Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 9

Social Commerce : Ulasan Lengkap Manfaat Hingga Contohnya

0
social commerce

Kemajuan pesat dari teknologi membawa angin segar dan perubahan yang cukup signifikan pada berbagai bidang. Salah satu bidang yang mendapatkan perubahan besar akibat adanya teknologi adalah bisnis. Anda sering menggunakan platform media sosial? Jika benar, Anda pasti sering melihat platform media sosial tersebut menambahkan toko didalamnya. Nah, hal tersebut disebut dengan social commerce.

Social commerce  merupakan sebuah solusi yang bisa menjadi tren kedepannya bagi para pelaku bisnis. Hal tersebut bisa terjadi karena pelaku bisnis dapat lebih mudah menjangkau konsumen di seluruh belahan dunia dengan sosial media dan internet. Selain itu, bukan hanya pelaku bisnis yang mendapat kemudahan tersebut. Pelanggan juga mendapat kemudahan untuk bertransaksi. Lalu apa manfaat dan contohnya?

Nah, kebetulan sekali, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Artikel kali ini akan membahas pengertian, manfaatnya, kelebihannya, serta contohnya yang ada di Indonesia. Jadi, tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasannya hingga akhir. Yuk simak dibawah ini!

Apa itu Social Commerce?

social commerce

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya untuk membahas pengertiannya terlebih dahulu. Social commerce adalah usaha perdagangan dengan menggunakan media elektronik dan internet secara online. Media yang dimaksud bisa berupa platform media sosial yang saat ini ramai digunakan oleh orang-orang. Penggunaan media ini bertujuan untuk memudahkan menjangkau seluruh konsumen di berbagai belahan dunia.

Dengan banyaknya pengguna media sosial di seluruh dunia, ini membuat penggunaan social commerce untuk bisnis bisa menjadi solusi ampuh saat ini. Selain memudahkan Anda sebagai pelaku bisnis, pelanggan juga kan mendapatkan kemudahan dengan adanya media ini. Pelanggan saat ini dapat semakin mudah untuk mencari maupun membeli suatu produk karena dapat langsung bertransaksi di platform media ini.

Manfaat Utama Social Commerce

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan baik bagi pelaku bisnis maupun konsumen. Adanya manfaat tersebut membuat media ini bisa menjadi solusi efektif untuk bisnis. Berikut beberapa manfaat utama dari media ini yang harus Anda ketahui.

Memperluas Target Konsumen Potensial 

Adanya social commerce membuat Anda dengan mudah dapat menjangkau konsumen potensial bisnis. Anda dapat menjangkaunya secara online dengan berbagai sosial media yang tersedia. Selain itu, hal ini juga dapat mendorong peningkatan pada penjualan produk dari bisnis yang dikembangkan tersebut.

Meningkatkan Awareness dan Image Brand 

Karena memanfaatkan media sosial untuk bisnis, tentunya Anda akan menyajikan konten menarik seperti foto, video hingga iklan. Hal ini akan membuat kesan brand bisnis Anda menjadi baik dan kesadaran konsumen akan brand Anda juga meningkat.

Transaksi yang Mudah dan Cepat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, transaksi yang dilakukan pelanggan langsung di salam platform. Hal ini membuat pelanggan bisa langsung melakukan pembelian tanpa berpindah ke aplikasi tersendiri. Pengalaman transaksi yang mudah dan cepat akan memberikan pengalaman pengguna yang baik untuk pelanggan dan mendorong adanya pembelian lainnya di kemudian hari.

Adanya Jejak Digital yang Terekam 

Banyak yang mengatakan jika seorang pembeli bisa mempengaruhi calon pembeli lainnya. Hal ini terjadi karena adanya jejak digital berupa ulasan dari pembeli sebelumnya. Dengan adanya ulasan ini, target pembeli potensial dapat melihat ulasan tersebut yang akan mempengaruhi keputusan dalam membeli produk.

Kelebihan Social Commerce

Memanfaatkan platform ini untuk bisnis dapat memberikan berbagai kelebihan untuk Anda. Kelebihan tersebut dapat memberikan banyak dampak positif bagi bisnis yang dijalankan. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki media ini yang wajib Anda ketahui.

Kemudahan

Melakukan segala sesuatu dengan mudah adalah hal yang diidamkan oleh setiap orang. Tak terkecuali adanya kemudahan ketika berbelanja. Social commerce menghadirkan kemudahan tersebut bagi pelanggan. Saat berbelanja pada media ini, Anda dapat melakukan transaksi tanpa perlu meninggalkan platform tersebut. Kemudahan ini membuat pelanggan lebih memilih media ini dibanding dengan yang lainnya.

Interaksi Sosial

Kelebihan lainnya yang mencolok dari platform satu ini adalah adanya interaksi sosial. Media satu ini memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk berinteraksi, baik ke pelaku bisnis maupun ke sesama pelanggan lainnya. Hal ini kan membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi atau rekomendasi yang tepat, Informasi dan rekomendasi tersebut dapat berupa informasi produk serta ulasan dari pelanggan lainnya.

Kepercayaan

Berkaitan dengan yang sebelumnya, kelebihan ini bisa menjadi faktor kunci dari media ini. Adanya ulasan dari pelanggan lainnya akan mempengaruhi keputusan pembelian dari calon pelanggan. Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan terhadap bisnis maupun produk milik Anda. 

Personalisasi

Kelebihan selanjutnya dari platform ini adalah personalisasi konten bagi pelanggan. Platform ini mengumpulkan dan menggunakan data dari pengguna untuk memberikan rekomendasi produk. Rekomendasi produk tersebut disesuaikan dengan preferensi individu dari pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja.

Potensi Viral

Produk maupun layanan yang Anda upload di sosial media dapat menarik perhatian banyak pengguna. Hal ini dapat meningkatkan kepopuleran produk maupun bisnis Anda hingga menjadi viral. Keviralan tersebut dapat meningkatkan dan menciptakan pertumbuhan bisnis yang cepat dan signifikan.

Potensi Ekspansi Global

Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh platform satu ini adalah adanya potensi untuk melakukan ekspansi secara global. Hal ini karena platform ini tidak terbatas pada geografis akibat dilakukan secara online. Dengan hal tersebut, potensi untuk menembus pasar global akan jauh lebih mudah.

Contoh Platform Social Commerce yang Ada di Indonesia

social commerce

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak terdapat platform satu ini. Beragam platform mengalami ciri khas dan kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa platform terbaik yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda.

Instagram

Siapa tidak kenal dengan platform satu ini? Instagram merupakan platform media sosial yang sangat terkenal saat ini. Platform satu ini memiliki kekuatan dalam hal konten seperti cerita, foto maupun video. Dengan adanya hal tersebut, membuat platform ini sangat cocok untuk memasarkan bisnis Anda. Selain itu, platform ini juga bagus untuk membangun brand image dari produk bisnis Anda.

Hal ini juga didukung dengan adanya fitur instagram shop terbaru pada platform tersebut. Fitur ini dapat membantu Anda untuk membuka toko online dan menjangkau pelanggan potensial pada platform ini. Anda bisa menghubungkan toko anda dengan Facebook dan juga website toko Anda sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah katalog, membuat kategori dan deskripsi serta menyematkan harga produk.

Tiktok

Tiktok saat ini menjadi platform hiburan yang sangat terkenal dan populer saat ini. Hampir semua orang kini memiliki aplikasi Tiktok di smartphone mereka. Selain itu, Tiktok kini juga menjadi salah satu platform social commerce yang sangat besar dan populer. Hal ini terbukti karena adanya Tiktok shop yang menjadi tempat belanja yang booming saat ini. Aplikasi ini juga menyediakan Tiktok livestream untuk berjualan secara live.

Berjualan live tersebut akhir-akhir ini menjadi strategi marketing baru yang sangat menjanjikan. Ini bisa menjadi solusi bagi pedagang untuk menjangkau target pelanggan baru yang suka menonton live tersebut untuk belanja secara langsung. Anda juga bisa menautkan website atau e-commerce pada tombol “Shop Now” yang ada di bio. 

Untuk mendukung semua itu, Anda juga bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan social commerce milik Anda. Anda bisa meminta para influencer untuk melakukan promosi pada video mereka. Dengan adanya promosi tersebut, produk dan brand Anda akan semakin dikenal dan penjualan juga akan meningkat.

Facebook

Platform satu ini kini telah menjadi salah satu platform sosial media terlengkap. meskipun sudah lengkap, Facebook kini juga telah berevolusi menjadi platform social commerce. Salah satu contohnya adalah dengan meluncurkan fitur Facebook bisnis. Fitur satu ini memberikan Anda keleluasaan dalam mengelola toko Anda.

Pada Facebook bisnis, Anda dapat mengubah dan membuat katalog dari produk yang ingin Anda pasarkan. Kemudian, Facebook akan menampilkannya pada pelanggan Anda sesuai dengan preferensi mereka masing-masing. Selain itu, transaksi juga dapat dilakukan secara langsung melalui halaman Facebook Anda sendiri maupun diarahkan ke website e-commerce Anda.

Kesimpulan

Itu dia ulasan lengkap mengenai social commerce mulai dari pengertian hingga contoh platformnya di Indonesia. Platform ini menjadi solusi yang bagus di tengah gempuran media sosial yang semakin marak. Anda dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan memanfaatkan media sosial tersebut. Memanfaatkan platform ini adalah cara terbaik untuk bersaing di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat. Semoga bermanfaat!

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pch.vector on Freepik

Strategi Bisnis Teh Poci yang Tidak Lekang Oleh Waktu

0
bisnis teh poci

Sudah lama teh menjadi minuman dalam keseharian masyarakat Indonesia. Ketika ada tamu, ketika sakit, ketika bersantai sambil menikmati suasana rumah, teh adalah salah satu minuman yang paling banyak dipilih. Selain aromanya yang enak dan menenangkan, teh juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Maka dari itu tidak heran jika bisnis teh akan selalu laku walau tahun dan tren terus berganti. Salah satu bisnis teh yang selalu kita dapat lihat eksistensinya hingga kini adalah bisnis teh poci. Penasaran dengan sejarah dan strategi bisnisnya? Yuk kita simak selengkapnya.

bisnis teh poci

Photo by jcomp by Freepik

Sejarah Teh Poci

Sejarah teh poci berawal dari abad ke-17 dengan membawa pengaruh dari Tiongkok. Pada masa itu tanaman teh belum ada di Indonesia jadi didatangkan langsung dari Tiongkok. Lalu pada tahun 1830-an tanaman teh mulai menjadi komoditas utama melalui proyek tanam paksa atau Cultuurstelsel pada masa penjajahan.

Teh tersebut ditanam di kota Slawi, Tegal dan sejak saat itu kota Slawi menjadi tempat berawalnya bisnis teh yang terkenal seperti Teh Sosro, Teh Tong Tji dan Teh Poci. Masing-masing dari teh tersebut memiliki rasa yang khas dan bertahan hingga saat ini.

Teh Poci merupakan produk dari Rekso Grup dimana kemitraannya dikelola oleh PT Poci Kreasi Mandiri. Teh Poci memiliki rasa yang khas dimana aroma melati menjadi ciri khas dari teh ini. Jika melihat dari tradisi masyarakat Tegal, teh poci selalu disuguhkan setiap hari terutama saat kumpul keluarga. Ciri khas nya adalah teh yang pekat, kental dan disuguhkan langsung dari poci yang terbuat dari tanah liat.

Aroma melati yang meruak ketika dituangkan langsung dari poci juga menjadi ciri khas dari teh poci. Gula yang digunakan juga menggunakan gula batu, namun ketika mencelupkannya, tidak boleh diaduk. Makna filososi dari penyajian teh poci ini adalah awalnya kehidupan memang terasa pahit, namun ketika kita bersabar, manisnya kehidupan pasti akan kita rasakan.

Poci bekas dari minuman teh yang sebelumnya juga tidak dicuci, hanya dibasuh dengan air lalu dibiarkan. Hal ini dilakukan karna dipercaya kerak dari teh yang sebelumnya akan membuat rasa tehnya akan semakin otentik dan enak.

Kini perusahaan teh cap poci melakukan berbagai inovasi seperti rasa teh yang tidak hanya melati saja, namun juga ada rasa vanila dan buah-buahan. Teh poci dijual dalam kemasan kotak yang berisi bubuk daun teh atau teh celup. Kini teh poci mulai memiliki franschisenya sendiri. Mereka menyediakan teh poci siap minum dengan harga yang dapat dikatakan sangat murah.

Franchise Teh Poci

Franchise teh poci telah hadir bagi Anda yang ingin melakukan bisnis teh poci. Melihat teh sendiri merupakan minuman yang tidak lekang oleh waktu, tentu saja menjadikan bisnis ini sangat menguntungkan. Harga jualnya yang tergolong murah dan bisa dibeli mulai dari anak-anak sekolah dasar hingga dewasa. Biasanya harga jualnya adalah dari 2500 sampai dengan 3500 rupiah.

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha minuman teh ini adalah mulai dari lima juta sampai sebelas juta. Yang membedakannya adalah ukuran booth nya. Semakin banyak modalnya, semakin besar dan lengkap juga alat-alat yang diberikan.

Keuntungan yang diperoleh tidak dibagi dengan mitra, itu artinya Anda mendapatkan 100% keuntungan jualan. Anda hanya perlu membeli bahan bakunya langsung ke mitra. Hal ini dilakukan agar cita rasa teh poci tetap terjaga.

bisnis teh poci

Photo by wirestock on Freepik

Strategi Bisnis Teh Poci

Kalau Anda bertanya-tanya mengapa bisnis teh poci masih sangat eksis hingga kini, tentu karena minuman teh sangat digemari dan tidak akan lekang oleh waktu. Tapi selain itu ada beberapa hal yang menjadi keunggulan bisnis ini. Yuk kita bahas!

Rasa

Dengan membawakan sensasi rasa teh yang disuguhkan dari poci asli beraroma melati membuat siapapun merasakan kesegaran dan pengalaman minum teh yang unik. Seperti yang dijelaskan diatas, teh poci tidak hanya beraroma melati saja, tapi juga memiliki rasa vanila dan rasa buah-buahan yang pastinya disukai mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain itu penjual bisa berkreasi sendiri karena teh ini juga bisa dicampur dengan menambahkan susu, menambahkan rasa cokelat dan lainnya.

Kemasan Menarik

Kemasan dari teh poci didesain dengan baik dan menarik sehingga membuat siapapun menjadi tertarik untuk membelinya. Selain itu dengan menggunakan cup, teh ini sangat praktis dibawa kemana-mana.

Tempat

Franchise teh poci tidak memerlukan tempat yang luas. Hanya dengan modal beberapa petak tempat saja, Anda sudah bisa menjalakan bisnis ini. Hal inilah yang membuat bisnis ini cukup digemari. Tentu tidak semua orang yang ingin berbisnis memiliki cukup modal untuk menyewa tempat, membayar karyawan dan menyediakan segala fasilitas penunjang bukan?

Modal yang Tergolong Murah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, modal untuk memiliki bisnis ini berkisar antara lima juta sampai sebelas juta. Atau mungkin lebih murah lagi tergantung dengan ukuran booth yang diinginkan.

Harga Jual yang Murah

Bisnis ini menyasar semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa sehingga harga jual dari teh ini tidak menguras kantong. Karena itu, teh ini sangat laris apalagi disaat panas terik menyerang.

Tantangan dalam Bisnis Teh Poci

Semua bisnis pasti memiliki tantangan, tak terkecuali bisnis teh poci ini. Berikut adalah tantangan dalam bisnis ini.

Persaingan

Bisnis minuman yang semakin berkembang tentu saja akan mempengaruhi pemasukan. Apalagi jika ada minuman yang sedang tren, pasti orang-orang akan fokus untuk membeli minuman itu.

Selain itu karena franchise teh poci harganya sangat bersahabat, tidak menutup kemungkinan akan banyak yang membuka bisnis yang sama. Oleh karena itu jika Anda ingin berbisnis teh poci, usahakanlah mencari tempat yang strategis dan jarang menjual minuman dengan jenis yang sama.

Musim

Jika musim panas, tentu orang-orang akan mencari minuman dingin untuk melepas dahaga dan panas di dalam tubuh. Disaat inilah minuman es akan sangat laku terjual. Tapi bagaimana pada saat musim hujan? Pasti orang-orang akan lebih memilih untuk membeli minuman hangat untuk menghangatkan tubuh bukan?

Pertimbangkanlah untuk menyediakan teh hangat atau minuman hangat lain pada menu Anda, ini akan membuat penjualanan Anda tetap stabil meski musim berganti.

Kualitas

Teh poci memiliki rasa dengan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan teh lainnya. Pertahankan dan jaga kualitas minuman agar selalu sama enaknya dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Bisnis teh merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Selain teh merupakan minuman dalam keseharian masyarakat Indonesia, teh juga merupakan salah satu minuman yang tidak lekang oleh waktu, karena itu berbisnis teh poci bisa menjadi opsi pilihan yang bisnis yang tepat.

Beberapa strategi dari bisnis ini adalah mulai dari rasa yang unik, kemasan cup yang menarik dan praktis dibawa kemana-mana, tidak perlu tempat yang luas, modal yang tergolong murah serta harga jual yang murah dan menyasar berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Tantangan dalam bisnis ini adalah persaingan yang ketat antara bisnis minuman yang lain, musim yang silih berganti dan tantangan dalam menjaga kualitas.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pch.vector on Freepik

Point Coffee : Strategi Pemasaran dan Penjualan Produknya

0
point coffee, pemasaran

Siapa yang tidak suka dengan kopi? Semakin hari jika Anda perhatikan kedai kopi atau coffee shop sangat menjamur dimana-mana. Gaya hidup yang berubah terutama dari kaum milenial dari beberapa tahun lalu menjadi salah satu penyebab mengapa bisnis kopi menjadi hal yang sangat menjanjikan. Salah satu merek kopi terkenal yang menyasar kaum milenial adalah Point Coffee.

Penasaran kan mengapa merek ini sangat terkenal dan memiliki banyak cabang dimana-mana? Yuk simak bagaimana cara pemasaran dan penjualan Point Coffee dibawah ini!

Pertama-tama ada baiknya kita ketahui bagaimana sejarah dan pendiri dari merek ini.

Sejarah dan Pendiri Point Coffee

point coffee, pemasaran

Point Coffee pertama kali didirikan pada 30 Mei tahun 2016. Resep dari kopinya dibuat oleh seorang juri barista Indonesia bersetifikat internasional yang bernama Hendri Kurniawan. Pada tahun 2019, Point Coffee bekerjasama dengan Indomaret sehingga Anda bisa lihat mengapa Point Coffee selalu berada di Indomaret dan jarang terlihat memiliki kedai sendiri.

Point coffee hanya menyewa sekitar 8meter sampai 10meter persegi di dalam Indomaret. Sehingga jika Anda ingin menikmati segelas kopi sembari ingin membeli barang yang lainnya, Indomaret Point menjadi salah satu solusi yang tepat. Tidak heran jika penempatan Indomaret Point berapa di tempat-tempat strategis seperti di pom bensin, dekat bandara, stasiun kereta dan lainnya.

Karena resep kopi dibuat oleh seorang juri barista, tidak heran cita rasa dari kopi ini benar-benar berbeda dibandingkan dengan kedai kopi lain. Selain itu harganya yang murah membuat siapapun bisa mencicipi kopi ini. Murah, kualitas dan memiliki rasa yang mewah, tentu siapapun tidak akan melewatkannya.

Ada banyak menu dari point coffee yang dijual. Tidak hanya minuman kopi saja, minuman non coffee juga tersedia disini. Dengan membayar mulai dari 15 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati menu mereka. Selain menjual minuman dan kopi, mereka juga menjual kue dan onigiri yang rasanya tidak kalah enak seperti kopinya.

Berikut adalah beberapa menu yang dijual.

Coffee Series

  • Long Black (Iced)
  • Palm Sugar Latte (Iced)
  • Cappuccino (Iced)
  • Mocha (Iced)
  • Dan masih banyak lagi

Non-Coffee

  • Iced Lemon Tea
  • Iced Earl Grey
  • Hot Brewed Peach Tea
  • Sakura Milk Tea
  • Dan masih banyak lagi

Point Coffee juga memiliki inovasi baru seperti Kopi Baper (Bawa Pergi) dan Kopi Saku yang kemasannya kecil dan bisa muat di saku. Ini bisa menjadi solusi jika Anda ingin kopi namun tidak ingin menunggu lama.

Strategi Pemasaran Point Coffee

Mungkin makanan dan minuman dengan kualitas baik dan rasa yang mewah, pebisnis manapun bisa untuk mengusahakannya, namun salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis tidak hanya tentang rasa, tapi bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan sehingga produk tersebut bisa diketahui oleh khalayak ramai. Jadi mari kita belajar dari kesuksesan Point Coffee.

Konsep

Konsep yang diusung oleh Point Coffee adalah Grab and Go. Mereka tidak menyediakan kopi dalam gelas kaca atau gelas estetik seperti kedai kopi lainnya karena mereka fokus untuk menjual kopi yang bisa dibawa langsung oleh pembeli, fast serve dan simple.

Mereka tidak melayani dine in. Namun meski begitu, mereka juga menyediakan kursi yang diperbolehkan untuk ditempati ketika menunggu atau ingin menikmati kopi sambil beristirahat sejenak.

Penempatan Gerai

Point coffee kebanyakan terdapat di tempat peristirahatan (rest area), bandara, pom bensin dan lainnya yang menjadikan merek ini laku keras. Selain itu menggandeng Indomaret yang selalu banyak dikunjungi oleh orang-orang dan eksklusif hanya bekerja sama dengan Indomaret menjadikannya terlihat berkualitas.

Kualitas Produk

Rasa dan kualitas produk yang fresh menjadikan Point sebagai merek yang dapat bersaing dengan produk kopi manapun. Kopi yang dibuat juga langsung berasal dari biji kopi kualitas tinggi dari Indonesia yang diproses saat itu juga. Kita pun ketika membeli bisa melihat sendiri bagaimana biji kopi itu diproses hingga diolah menjadi minuman yang sampai ke tangan kita.

Penggunaan bahan untuk membuat kopi juga disediakan beberapa jenis, misal bahan susu. Mereka tidak hanya menyediakan susu biasa, namun juga menyediakan oat milk dan bisa menambah additional menu seperti menambah topping.

Strategi Penjualan Point Coffee

point coffee, pemasaran

Setelah kita mengetahui bagaimana Point Coffee membangun nilai jualnya, yuk kita cari tahu bagaimana cara Point Coffee menjual produk mereka hingga produknya bisa terjual lebih dari satu juta cup setiap bulannya.

Membuat Akun Sosial Media

Mungkin hampir semua kedai atau toko, tidak hanya kopi saja yang membuat akun media sosial sebagai salah satu strategi penjualan mereka. Point Coffee memanfaatkan media sosial mereka untuk memperkenalkan produk, event-event dan give away yang rutin dilakukan. Hal ini tentu mengundang perhatian dari pengguna media sosial sehingga mereka penasaran dan akhirnya mencoba produk.

Mengadakan Promosi Rutin

Untuk beberapa produk di hari-hari tertentu akan mendapatkan diskon sebesar 40%. Promosi yang dilakukan tidak hanya pada hari atau perayaan tertentu, namun dilakukan setiap minggu dengan berbagai jargon unik yang dikemas dengan desain simple. Misalnya jargon “I dont like monday mistery”

Mereka paham jika hari senin biasanya adalah hari yang berat dan memberikan promosi untuk minuman paling mahal di menu merupakan salah satu langkah bagus untuk menarik minat pembeli. Sehingga tidak heran jika Point Coffee memiliki pelanggan setia dimana-mana dan mungkin akan semakin bertambah seiring waktu.

Perbedaan dengan Kedai Kopi Lainnya

Point coffee tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan kedai kopi lain seperti kopi kenangan ataupun fore. Yang menjadi titik unggul mereka adalah penempatan gerai yang strategis dan konsep yang anti ribet. Meski begitu, mereka banyak mengembangkan berbagai macam menu yang sangat enak dan worth untuk dibeli.

Kesimpulan

Akhir-akhir ini kehadiran coffee shop sangat menjamur dimana-mana. Kebanyakan menyasar ke kaum milenial yang tidak bisa lepas dari kopi dalam kesehariannya. Salah satu coffee shop yang terkenal di Indonesia yaitu Point Coffee.

Didirikan sekitar tujuh tahun yang lalu tepatnya pada 30 Mei 2016 oleh seorang barista terkenal bernama Hendri Kurniawan. Resepnya pun dibuat oleh Hendri sendiri sehingga tidak heran rasa kopinya begitu otentik.

Point tidak hanya menjual minuman kopi saja, namun juga menjual minuman non coffee, kue bahkan onigiri. Harganya pun juga terjangkau, mulai dari harga lima belas ribu, Anda sudah bisa menikmati menu mereka.

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Point adalah pertama dari konsep mereka. Konsep mereka yaitu grab and go dimana mereka menyajikan kopi yang bisa dibawa langsung oleh pembeli, fast serve dan simple, lalu penempatan gerai yang menyasar tempat strategis dan kualitas produk yang fresh.

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Point adalah dengan membuat akun sosial media dan mengadakan promosi sebesar 40% untuk produk tertentu.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Repeat Order dan Tips Untuk Mewujudkannya

0
repeat order

Bagi Anda yang memiliki bisnis, pasti akan sangat berharap jika pelanggan Anda melakukan pemesanan terus-menerus atau memiliki pelanggan tetap bukan? Dengan melihat pelanggan Anda melakukan pemesanan terus menerus bahkan memiliki pelanggan tetap, itu menandakan bisnis Anda akan berjalan lancar, sukses dan berumur panjang. Pemesanan yang dilakukan pelanggan berulang-ulang disebut dengan istilah repeat order. Penasaran apa itu repeat order dan bagaimana manfaat serta tipsnya? Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Repeat Order

Dari kata “repeat order” kita dapat mengartikannya sebagai pemesanan kembali. Hal ini dapat terjadi jika pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang dijual. Repeat order juga dapat diartikan sebagai aktivitas pemesanan atau pembelian kembali pada toko atau tempat yang sama berulang kali.

Repeat order tidak hanya memudahkan pebisnis atau pengusaha untuk menjual produknya tapi juga sebagai bukti bahwa ia berhasil untuk meyakinkan konsumen bahwa produk atau jasa yang dijual adalah produk yang baik sehingga pelanggan yang sama membeli kembali produk atau jasa yang dijual.

Selain memudahkan untuk menjual produk, berikut adalah beberapa alasan lain mengapa repeat order disukai oleh pebisnis.

Pendapatan yang Stabil

Pelanggan yang terus menerus melakukan repeat order tentu akan membuat pendapatan perusahaan menjadi stabil karena pasti dalam kurun waktu tertentu pelanggan setia tersebut akan memesan kembali.

Menunjukkan Kepercayaan

Pelanggan yang melakukan pemesanan kembali dapat menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Biaya Operasional yang Lebih Rendah

Repeat order dapat membuat biaya operasional menjadi rendah karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencari pelanggan baru.

Meningkatkan Reputasi

Dengan adanya pelanggan setia tentu produk atau layanan Anda memiliki kualitas yang bagus dan worth untuk dibeli. Ini bisa meningkatkan reputasi bisnis Anda karena tidak menutup kemungkinan pelanggan setia Anda akan merekomendasikan produk atau layanan Anda ke orang lain.

repeat order

 

Manfaat Repeat Order

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengapa para pebisnis menyukai repeat order, tentu saja ada manfaat yang dapat diterima oleh para pebisnis. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari repeat order.

Meningkatkan Pangsa Pasar

Sebelum melakukan pembelian, tentu para pelanggan akan memikirkan terlebih dahulu kemana sebaiknya mereka menghabiskan uang untuk sesuatu yang memiliki kualitas dan nilai. Melakukan suatu pembelian bukanlah hal yang dapat dilakukan secara asal-asalan tapi didasarkan dari pengalaman dan perasaan pelanggan saat melakukan pembelian barang atau jasa.

Jika pelanggan merasakan pengalaman yang baik pada bisnis Anda, maka pelanggan akan datang kembali untuk membeli barang Anda. Pelanggan yang loyal biasanya akan merekomendasikan produk bisnis Anda secara sukarela mulai kepada keluarga, tetangga, teman kantor atau di media sosial. Hal inilah yang dapat meningkatkan pangsa pasar dari bisnis Anda.

Mempertahankan Pelanggan

Banyaknya pelanggan yang melakukan repeat order menunjukkan bahwa produk atau jasa Anda sangat bagus dan memiliki kualitas sehingga pelanggan merasa puas. Kepuasan pelanggan merupakan strategi jangka panjang bagi bisnis Anda agar semakin kecil kemungkinan pelanggan akan meninggalkan bisnis Anda.

Menekan Biaya

Repeat order dapat menekan biaya pemasaran dan operasional bisnis Anda. Agar produk Anda dapat diketahui masyarakat dan dibeli, tentu Anda akan melakukan yang namanya promosi bukan? Melakukan promosi sangat membutuhkan biaya yang besar sehingga jika pelanggan Anda melakukan repeat order, secara tidak langsung Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sebuah transaksi.

Seperti halnya pemasaran tadi, biaya operasional juga tidak akan membengkak jika pelanggan melakukan repeat order. Sehingga dana dapat dialokasikan untuk keperluan lain seperti melengkapi sarana dan prasarana bisnis Anda atau memberikan bonus kepada karyawan Anda agar kerjanya lebih bersemangat lagi.

Untuk mendapatkan pelanggan yang setia, kesan pertama merupakan hal yang sangat penting. Berikanlah pelayanan dan kualitas barang yang baik kepada pelanggan Anda sehingga pelanggan Anda tidak berfikir dua kali jika akan membeli kepada Anda kembali.

Modal Cepat Berputar

Pelanggan yang melakukan repeat order secara tidak langsung membantu bisnis Anda untuk mendapatkan uang lebih cepat sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan.

Bisnis Dapat Bertahan Lama

Dengan banyaknya pelanggan yang mencari barang atau jasa, tentu bisnis Anda akan terus mendapatkan pendapatan dan keuntungan sehingga akan menjadi stabil dan berumur panjang.

Menjadi Tolak Ukur

Pelanggan yang melakukan repeat order pasti memiliki alasan kenapa mereka ingin membeli kembali produk Anda. Ini bisa menjadi tolak ukur untuk meningkatkan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda jadi tahu apa produk atau layanan yang disukai pelanggan sehingga penjualan akan terus meningkat.

repeat order

 

Tips Agar Pelanggan Anda Melakukan Repeat Order

Setelah kita mengetahui apa itu repeat order dan manfaatnya bagi bisnis Anda, yuk kita simak bagaimana cara untuk membuat pelanggan Anda melakukan repeat order.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Langkah pertama dan penting adalah kesan pertama pada saat membeli barang atau menikmati layanan. Buatlah pelanggan Anda nyaman dan merasa tidak disusahkan dengan pelayanan Anda. Kesan pertama yang baik akan menentukan apakah pelanggan akan datang kembali atau tidak.

Jika mereka sangat puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan, kemungkinan besar mereka akan kembali lagi jika membutuhkan barang yang sama. Jadi, usahakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Memberikan Penawaran Menarik

Mungkin akan ada rasanya untuk sulit membuat pelanggan baru merasa nyaman. Jangan khawatir, Anda bisa memberikan penawaran menarik kepada pelanggan Anda. Misalnya dengan memberikan harga khusus kepada pelanggan setia, beli satu gratis satu atau metode gratis ongkos kirim.

Membuat Media Sosial

Cara ini juga bisa dijadikan salah satu metode untuk “dekat dengan pelanggan”. Dengan menggunakan media sosial, Anda akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan pelanggan, memberikan informasi mengenai promo dan memperkenalkan produk atau layanan Anda.

Selain itu Anda juga dapat dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan yang penasaran dengan produk Anda. Jawablah dengan solutif dan sopan.

Kesimpulan

Pemesanan berulang atau repeat order adalah salah satu hal terpenting ketika menjalankan bisnis. Repeat order berarti pemesanan kembali. Repeat order dapat dikatakan sebagai aktivitas pemesanan kembali oleh pelanggan yang sama pada tempat atau toko yang sama.

Alasan mengapa repeat order sangat disukai oleh pebisnis adalah memudahkan untuk menjual produk, pendapatan yang stabil, menunjukkan kepercayaan, biaya operasional yang lebih rendah dan meningkatkan reputasi.

Manfaat dari repeat order adalah meningkatkan pangsa pasar, mempertahankan pelanggan, menekan biaya, modal cepat berputar, bisnis dapat bertahan lama dan menjadi tolok ukur untuk meningkatkan pelayanan bisnis.

Tips yang dapat Anda lakukan agar pelanggan Anda melakukan repeat order adalah memberikan pelayanan terbaik, memberikan penawaran menarik dan membuat media sosial.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by Freepik

Ulasan Brainstorming dan Pentingnya Untuk Bisnis

0
brainstorming

Dalam sebuah bisnis, ide-ide kreatif sangat diperlukan untuk pengembangan usaha atau bisnis ke arah yang lebih baik. Biasanya, Ide-ide tersebut bisa muncul secara spontan. Saat seseorang berpikir, tanpa disengaja sebuah ide yg kreatif akan muncul tiba-tiba. Namun, saat ide tersebut tidak muncul, apa yang bisa dilakukan? Nah, solusinya adalah dengan melakukan brainstorming.

Metode ini sangat berguna sekali untuk memunculkan sebuah pembaruan saat bisnis yang kita jalankan sedang buntu atau stagnan. Kebetulan sekali, kali ini kami akan membahas tentang pengertian metode ini, mengapa penting untuk bisnis dan cara untuk melakukannya dengan efektif. Jadi, tunggu apa lagi? Mari simak pembahasan berikut ini hingga akhir!

brainstorming

 

Apa itu Brainstorming?

Brainstorming adalah suatu cara yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang muncul dengan sebuah solusi kreatif. Kata ini dalam bahasa indonesia sendiri bisa disebut sebagai “curah pendapat”. Sesuai dengan arti kata tersebut, brainstorming bisa diartikan sebagai wadah untuk menampung kumpulan pendapat yang telah diutarakan. Namun, sebenarnya kata ini sendiri tidak memiliki definisi yang baku atau pasti.

Istilah ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1942 oleh Alex Faickney Osborn selaku pendiri perusahaan periklanan BBOD. Osborn mencetuskan istilah ini dari hasil pengamatannya pada suasana kerja di kantornya. ia melihat minimnya ide dan solusi kreatif yang muncul saat rapat. Kemudian, ia pun menerapkan cara baru karena Osborn percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menjadi orang yang kreatif.

Dari berbagai definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa brainstorming berarti sebuah teknik yang digunakan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang muncul dengan cara mengumpulkan ide kreatif yang diutarakan secara spontan. Teknik ini dapat diterapkan dalam berbagai bidang, terutama dalam bisnis. Dengan menerapkannya dalam bisnis, seluruh tim dalam perusahaan bisa berkreasi untuk membantu mengembangkan usaha.

Pentingnya Brainstorming Dalam Bisnis

Adanya ide baru untuk menjalankan bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan bisnis. Ide baru melahirkan inovasi dan menjadikan bisnis terus berkembang semakin pesat. Ide baru dan inovasi bisa datang dari siapa saja jadi bagi Anda para pemilik bisnis, jangan batasi bawahan Anda untuk memberikan pemikiran mereka kepada Anda. Berikut adalah pentingnya brainstorming dalam bisnis.

Lahirnya Inovasi Baru

Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda, hal inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk mencari inovasi baru, apalagi jika Anda memiliki bawahan tentu mereka akan lebih tahu titik lemah dan titik unggul dari perusahaan Anda karena mereka yang terjun langsung untuk bisnis Anda. Mungkin ide-ide mereka akan terdengar konyol atau mustahil tapi cobalah dengar dan pertimbangkan.

Memecahkan Masalah Bisnis

Dengan saling tukar pandangan dan pemikiran, Anda bisa menemukan jawaban atas masalah-masalah dalam bisnis yang dihadapi. Semakin mengasah pikiran untuk lebih kritis, tentu jawaban yang diperlukan akan datang semakin cepat. Mungkin perlu waktu untuk menemukan jawabannya, namun dengan berpikir bersama, lambat laun akan ditemukan jawabannya.

Saling Mengetahui Kesulitan Masing-Masing

Dalam suatu pemecahan, tentu akan dicari terlebih dahulu apa saja poin-poin yang menghambat suatu divisi atau poin yang menghambat pekerjaan bisnis sehingga semua anggota akan mengetahui apa kesulitan masing-masing dari semua anggota dalam suatu tim. Sehingga lahirlah kerjasama dan pengutaraan ide kreatif bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut.

Menjadi Lebih Dekat Satu Sama Lain

Dengan melakukan curah pendapat ini, tentu kita akan semakin sering untuk berbicara dan bertukar pikiran sehingga rasa “tidak enakan” atau “canggung” akan hilang. Dengan begitu, dalam pekerjaan pun akan semakin cepat untuk dilaksanakan.

brainstorming

 

Cara Melakukan Brainstorming

Melakukan brainstorming yang tepat akan lebih terasa manfaatnya. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.

Tentukanlah Tujuan

Dalam melakukan brainstorming, sangat perlu adanya tujuan. Dalam satu sesi tentu kita tidak bisa untuk memecahkan semua masalah sekaligus apalagi masalah yang lumayan besar dan pemecahannya perlu waktu yang lama. Oleh karena itu dalam satu sesi perlu adanya tujuan untuk bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan maksimal. Misalnya “bagaimana cara membranding produk dengan baik?” atau “bagaimana cara masyarakat agar membeli produk terus menerus?”

Persiapkan Tim

Jika perusahaan besar tentu tidak semua akan Anda ajak untuk melakukan brainstorming bukan? setelah menentukan tujuan, pilihlah siapa yang sekiranya dibutuhkan. Misalnya tentang pemasaran, tentu Anda sebaiknya melibatkan orang marketing atau sales. Tapi bukan berarti dilarang untuk memasukkan orang yang tidak berhubungan ya, tentu boleh, siapa tahu mereka juga punya ide kreatif yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Tentukan Tempat dan Waktu

Setiap orang tentu memiliki kesibukan masing-masing sehingga penting untuk menentukan waktu yang baik agar semua berjalan lancar. Penentuan tempat pun juga harus dipertimbangkan agar nyaman dan bisa berpikir dengan jernih.

Pilih Pemimpin

Agar berjalan dengan teratur, harus dipilih salah satu orang yang dapat memimpin jalannya diskusi. Orang yang dipilih haruslah orang yang mampu memimpin jalannya diskusi, memahami kondisi, merumuskan pertanyaan, mendorong orang untuk mengemukakan pendapat dan lainnya.

Melakukan Diskusi

Inti dari kegiatan ini adalah melakukan diskusi untuk ide-ide kreatif. Sediakanlah waktu untuk mengumpulkan ide dan waktu untuk mendiskusikan ide-ide yang telah terkumpul.

Jangan Mengkritik

Selama proses brainstorming hindari untuk melakukan kritik, ini akan membuat anggota yang lain jadi mengurungkan niatnya untuk mengeluarkan idenya serta terciptanya batasan.

Catat Semua Ide

Jangan sampai ada satupun ide yang telah dilontarkan terlewat, catatlah dengan rapi agar dapat menyimpulkan semuanya dengan mudah, dengan begitu Anda akan dapat menarik kesimpulan dan menyusun rencana dari kegiatan brainstorming tersebut.

Kesimpulan

Brainstorming adalah salah satu metode yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan cara mengajak tim untuk curah pendapat dengan mengutarakan ide-ide kreatif. Cara ini awalnya ditemukan oleh Alex Faickney Osborn pada tahun 1942 karena ia melihat minimnya ide dan solusi kreatif saat rapat kemudian ia mencetuskan ide ini karena ia percaya setiap orang itu memiliki pemikiran yang kreatif.

Mengapa brainstorming penting dalam bisnis? Itu karena dapat melahirkan inovasi baru, dapat memecahkan masalah dalam berbisnis, saling mengetahui kesulitan masing-masing dan menjadi dekat satu sama lain.

Cara melakukan brainstorming adalah pertama Anda harus menetapkan tujuan dari brainstorming tersebut, mempersiapkan tim, menentukan tempat dan waktu untuk melakukan brainstorming, pilih seseorang untuk memimpin jalannya diskusi, melakukan diskusi, jangan mengkritik karena bisa saja dengan mendengar banyak kritikan anggota lain jadi enggan untuk mengeluarkan pendapatnya dan terakhir catat semua ide yang telah dikeluarkan oleh para anggota.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pikisuperstar on Freepik

Apa Itu Google Business Profile: Tingkatkan Penjualan Anda

0
Google Business Profile

Bagi Anda pemilik bisnis, apakah Anda sudah mendaftarkan bisnis Anda pada Google Business Profile? Jika belum mungkin sekaranglah saatnya untuk itu. Google Business Profile adalah alat yang dapat memudahkan Anda untuk mengatur kehadiran secara online di google. Bisnis Anda akan dapat dengan mudah diketahui sehingga nantinya Anda akan mendapatkan banyak audiens dan otomatis pelanggan Anda akan bertambah. Penasaran selengkapnya? Yuk simak!

Google Business Profile

Apa Itu Google Business Profile?

Google profil bisnis adalah alat yang memudahkan Anda untuk mengelola kehadiran di Internet pada Google. Biasanya digunakan oleh organisasi atau untuk bisnis. Dengan memakai ini, Anda dapat mengelola tampilan bisnis Anda di seluruh google seperti penelusuran dan maps.

Jika Anda melayani pelanggan hanya di lokasi tertentu, bisnis profile akan memudahkan orang lain untuk menemukan lokasi bisnis Anda.

Bisnis yang telah terverifikasi akan lebih dianggap memiliki reputasi dibandingkan dengan yang tidak, sehingga bisnis Anda akan memungkinkan mengalami kenaikan dua kali lipat.

Manfaat Google Business Profile

Berikut adalah beberapa manfaat dari Google Bussiness Profile.

Promosi Bisnis Secara Gratis

Google Business Profile gratis untuk digunakan. Tentu saja sangat menguntungkan sekali bukan? Ke-gratis-an nya tidak terbatasi, baik untuk kepemilikan pribadi, korporasi, perseroan terbatas ataupun kemitraan. Mendaftar dan menggunakannya pun juga sangat mudah karena Anda akan mendapatkan petunjuk secara detail.

Menambahkan Bisnis ke Google Maps

Salah satu manfaat lainnya adalah Anda dapat menambahkan lokasi bisnis Anda ke google Maps. Keuntungannya adalah pelanggan akan menemukan alamat bisnis Anda tanpa harus membuka situs resmi web Anda.

Mengelola Informasi

Anda dapat mengelola informasi yang ditemukan pengguna saat menelusuri produk atau layanan yang Anda tawarkan dan saat menelusuri bisnis yang Anda kelola. Saat pengguna google menemukan bisnis Anda, mereka dapat dengan mudah menemukan informasi seperti jam buka, alamat dan situs Anda.

Berinteraksi dengan Pelanggan

Anda dapat menanggapi berbagai ulasan yang dikirim oleh pelanggan Anda. Dengan memposting foto yang memperlihatkan apa yang bisnis Anda tawarkan, dapat meningkatkan permintaan sebanyak 42% di google maps dan 35% lebih banyak ketika mengklik situs Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Anda dapat membaca dan merespon ulasan dari pelanggan Anda. Dengan cara ini orang-orang juga akan mempertimbangkan keyalakan bisnis Anda dari bagaimana cara Anda merespon, apakah sopan atau tidak, solutif atau tidak dan lainnya.

Jika Anda merespon dengan kata-kata yang baik dan sopan, tentu para pelanggan akan merasa percaya bahwa layanan bisnis Anda sangat baik. Jika sebaliknya, tentu saja mereka tidak akan mau menerima layanan bisnis Anda karena merasa jengkel dan “tidak niat” untuk membuka bisnis.

Respon kepada pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan, jadi berhati-hatilah dengan kata yang Anda ucapkan atau Anda ketik karena itu sangat mempengaruhi.

Memahami dan Memperluas Kehadiran Bisnis Anda

Pahami cara pelanggan menelusuri bisnis Anda dan dari mana pelanggan Anda berasal. Ketahui seberapa banyak seseorang menelpon bisnis Anda dari nomor telepon yang terpampang di Maps dan lainnya.

Google Business Profile

Cara Menggunakan dan Mendaftarkan Google Business Profile

Menggunakan google business profile, tentu akan sangat membantu sekali untuk perkembangan bisnis Anda., apalagi sekarang kebanyakan orang menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan google business profile, berikut adalah beberapa caranya.

Masuk ke Google Business Profile

Jika Anda telah memiliki akun google, Anda hanya perlu masuk ke Google Business Profile Manager secara otomatis. Jika Anda belum punya akun google, disarankan untuk membuatnya terlebih dahulu.

Mulai Tambahkan Bisnis Anda

Masukkan nama bisnis Anda dengan mengklik “Add your Business to Google” lalu selanjutnya pilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda setelah itu klik Next.

Masukkan Lokasi

Setelah memasukkan informasi nama bisnis dan kategori, mulai masukkan lokasi yang dapat dikunjungi oleh pelanggan. Pilih “ya” atau “yes”. Mungkin Anda juga akan diminta untuk menambahkan penanda untuk lokasi bisnis Anda di peta. Jika bisnis Anda tidak memiliki lokasi fisik tapi menawarkan layanan berupa pengiriman, Anda bisa membubuhkan area layanan bisnis Anda. Setelah itu klik next.

Informasi Kontak

Masukkan nomor telepon bisnis agar mudah untuk dihubungi saat pelanggan ingin menanyakan sesuatu mengenai bisnis Anda. Juga jangan lupa untuk mencantumkan alamat situs web bisnis Anda agar pelanggan dapat memiliki gambaran tentang bisnis apa yang Anda jalankan, selain itu agar dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh pelanggan. Setelah selesai, klik next.

Masukkan Physical Address Bisnis Anda

Physical Adress tidak akan ditampilkan pada google business profile Anda ataupun terlihat di publik, jadi isi dengan sebenar-benarnya. Tujuannya hanya untuk memverifikasi bisnis Anda, jika sudah lengkap, Anda bisa meng-klik next dan akan masuk ke verify your business.

Physical Business mendapatkan postcard melalui mail untuk memverifikasi lokasi, sedangkan service-area business dapat terkirim melalui alamat email. Setelah itu Anda akan mendapat kode verifikasi lima digit dan masukkan kode tersebut di halaman berikutnya. Lalu Anda akan mendapatkan konfirmasi.

Sesuaikan Profil Bisnis

Setelah semuanya selesai, Anda dapat melengkapi profil bisnis Anda. Isi jam kerja, deskripsi, foto bisnis Anda dan lainnya. Aturlah agar dapat memberikan penjelasan lengkap mengenai bisnis Anda. Lalu klik “lanjutkan” atau “continue” setelah itu Anda akan beralih ke halaman dasbor pengelola profil bisnis.

Setelah mengisi semua data yang diperlukan, profil bisnis Anda akan muncul pada hasil pencarian di google.

Kesimpulan

Google Business Profile dapat dikatakan adalah salah satu cara yang mudah untuk meningkatkan nilai bisnis Anda dan dapat menambah pelanggan yang datang. Membuat akunnya pun cukup simple dan Anda hanya perlu untuk mengisi informasi-informasi mengenai bisnis Anda dengan rinci.

Google Business Profile biasanya digunakan untuk organisasi atau bisnis yang bertujuan untuk memudahkan mengelola kehadiran Anda di internet. Jika Anda hanya melayani pelanggan di tempat tertentu, bisnis profile akan memudahkan orang lain untuk menemukan bisnis Anda.

Beberapa manfaat dari Google Business Profile adalah dapat mempromosikan bisnis secara gratis, menambahkan bisnis ke google maps, mengelola informasi, berinteraksi dengan pelanggan, memahami dan memperluas jaringan bisnis Anda.

Cara menggunakan dan mendaftarkan Google Business Profile adalah masuk ke google business profile, mulai tambahkan bisnis Anda berupa nama perusahaan dan pilih kategori bisnis Anda, masukkan lokasi bisnis dan penanda lokasi bisnis Anda, menambahkan informasi berupa kontak bisnis Anda, masukkan alamat fisik Anda dan terakhir sesuaikan profil bisnis Anda.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pikisuperstar on Freepik

Simak Tips Hemat Biaya Sewa Kantor Berikut!

0

Memulai bisnis tentu saja tidak mudah, apalagi jika ingin memilih lokasi yang strategis di pusat kota. Di satu sisi memulai bisnis juga butuh yang namanya kantor, mana jika ingin membeli sebuah kantor maka biayanya tidak murah. Maka dari itu alternatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyewa kantor untuk menekan biaya dan bisa mendapatkan ruang kantor yang baik dan ideal untuk kenyamanan para karyawan.

Salah satu pilihan gedung kantor yang nyaman untuk disewa area Jakarta Selatan, maka kamu bisa pilih sewa kantor Tebet. Kamu akan mendapatkan fasilitas kantor yang nyaman dan juga berada di lokasi strategis. Memilih sewa kantor saja sudah menguntungkan karena biaya sewanya jauh lebih murah, namun apakah kamu tahu bahwa ada beberapa cara lagi untuk semakin menghemat biaya sewa kantor terutama bagi yang memiliki budget terbatas.

Tips Hemat Sewa Kantor

sewa kantor tebet

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya sewa kantor.

1. Riset Lokasi Kantor

Terlebih dahulu kamu bisa riset lokasi kantor dengan cara mengunjungi berbagai platform atau website yang menghadirkan kemudahan untuk memilih sewa kantor di area yang tepat. Lokasi kantor terbaik adalah mudah diakses dan dekat dengan berbagai fasilitas publik untuk kenyamanan para karyawan dan juga pelanggan.

2. Manfaatkan Teknologi

Agar lebih hemat biaya, kamu tentu bisa memanfaatkan teknologi saat sewa kantor. Bisa memanfaatkan teknologi video conference dan teleconference agar kebutuhan untuk memiliki kantor besar yang mahal bisa terpenuhi.

Bisa juga memanfaatkan aplikasi kolaborasi yang efektif untuk tim jadi tidak perlu berkumpul di satu ruangan.

3. Sharing Kantor

Maksudnya adalah dengan memilih sewa kantor lalu berbagi kantor dengan bisnis lainnya. Seperti diketahui, sewa kantor adalah sistem di mana kamu memilih sewa bangunan siap pakai yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung di dalamnya. Saat sewa kantor kamu akan diberikan satu gedung tanpa berbagi dengan orang lain.

Sehingga jika kamu ingin melakukan sharing kantor dengan bisnis lain tentu dapat menghemat biaya sewa dan juga di satu sisi dapat memperluas jaringan bisnis. Kamu bisa sharing dengan memilih mitra bisnis jadi saling menguntungkan satu sama lain.

4. Sewa Kantor Jangka Panjang

Memilih sewa kantor jangka panjang tentu saja dapat menghemat biaya sewa. Namun hal ini terbilang cukup riskan bagi kamu yang baru memulai bisnis. Kamu bisa memilih sewa kantor jangka panjang jika memang yakin bahwa bisnis tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jangan coba-coba untuk bisnis baru karena  akan sangat merugikan jika bisnis macet, sementara waktu sewa kantor masih panjang.

5. Manfaatkan Diskon

sewa kantor tebet

Diskon tidak hanya bisa kamu dapatkan jika belanja pakaian atau barang elektronik. Ketika kamu sewa kantor juga bisa mendapatkan diskon, bahkan kamu bisa langsung meminta diskon khusus bagi penyewa. Biasanya diskon berlaku dengan beberapa ketentuan seperti biaya diskon jika memilih untuk sewa dalam jangka waktu yang panjang.

Diskon juga bisa kamu dapatkan ketika memperpanjang kontrak atau membayar uang muka yang besar. Untuk menghemat biaya, tentu kamu tidak boleh sungkan menanyakan diskon atau tawaran khusus yang menarik.

6. Pahami Kontrak Sewa

Saat menyewa kantor pastikan kamu harus deh tahu isi dari kontrak sewa sebelum tanda tangan. Baca secara detail dan teliti setiap klausul dalam kontrak jangan sampai ada yang merugikan kamu secara sepihak. Apalagi jika sampai ada biaya tersembunyi yang harus kamu bayarkan, hanya karena kamu terlalu sepele dengan isi kontrak sewa.

Jika kamu merasa ada hal-hal yang merugikan dari sisi kamu sebagai penyewa maka bisa langsung negosiasi dengan pemilik gedung untuk mengurangi biaya ataupun meminimalisir tingkat kerugian.

7. Tidak Boleh Terjebak Merk

Artinya bahwa dalam memilih sewa kantor tidak boleh selalu terjebak dalam merek kantor yang terkenal dan mahal. Maka dari itu disebutkan sebelumnya bahwa kamu harus lakukan survei agar bisa mempertimbangkan dan menemukan merek area gedung kantor yang kurang dikenal namun punya fasilitas yang bagus dan sama bagusnya dengan merek mahal.

Umumnya sewa kantor pada merek yang kurang terkenal akan menghemat biaya, karena harganya tentu tidak semahal gedung-gedung kantor yang sudah populer di area tersebut.

8. Pertimbangkan Mobilitas Karyawan

Di era digital seperti sekarang sangat memungkinkan untuk para karyawan bekerja dari jarak jauh. Ini merupakan solusi tepat untuk mengurangi jumlah karyawan yang perlu datang ke kantor setiap hari. Pada akhirnya kamu bisa menghemat biaya sewa kantor karena tidak perlu ruangan kantor yang begitu luas. Setiap gedung kantor yang disewa tentu punya ukuran masing-masing di mana semakin luas gedung yang disewa maka biaya sewa juga akan lebih mahal.

Apalagi didukung dengan banyaknya karyawan yang saat ini lebih suka bekerja dari rumah atau tempat lain. Karena dirasa lebih fleksibel dan bisa mengurangi rasa jenuh akibat berada di kantor selama sehari penuh. 

Sekarang kamu tentu sudah tahu apa saja cara yang bisa dicoba untuk mengurangi biaya sewa kantor. Bagi yang sedang bingung untuk mencari kantor yang ingin disewa maka bisa memanfaatkan SewaKantorCBD yang merupakan konsultan penyewaan kantor. Kamu sebagai penyewa akan dihubungkan dengan ruang kantor yang tepat di manapun berada sesuai kebutuhan terutama di area Jakarta.

SewaKantorCBD punya lebih dari 500 gedung perkantoran di databasenya dengan data terkini untuk melayani kebutuhan para penyewa dan pemilik gedung. Kunjungi sewakantorcbd.com sekarang juga untuk into lebih lengkap.

Bisnis Skincare: Tips dan Cara Bagaimana Untuk Memulai

0
bisnis skincare

Skincare merupakan salah satu komponen dalam kehidupan yang penting, terutama bagi para kaum hawa. Hampir semua orang menggunakan skincare dalam kesehariannya apalagi Indonesia memiliki cuaca yang sangat panas dan paparan sinar matahari serta debu jalanan yang menghiasi kota jika tidak menggunakan skincare, kulit akan terasa kusam dan kering. Oleh karena itu bisnis skincare menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan akan skincare tidak akan pernah putus.

Lalu bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis skincare, yuk simak pembahasan artikel ini sampai habis!

Apa Itu Skincare?

Skincare adalah perawatan kulit yang menggunakan serangkaian produk pendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Tujuannya adalah menjaga kulit agar selalu terjaga dan terawat. Selain itu dapat memperbaiki masalah pada kulit seperti jerawat, bintik hitam, bekas jerawat dan lainnya. Contoh dari skincare seperti pembersih wajah, tabir surya, pelembab, toner wajah, serum dan masih banyak lainnya.

Untuk memilih skincare yang bagus dan cocok untuk kulit Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu Anda harus mengetahui apa jenis kulit Anda. Apakah kulit Anda sensitif, normal atau berminyak karena itu sangat berpengaruh. Kedua, lihat apakah Anda juga memiliki masalah pada kulit Anda. Apakah Anda berjerawat, memiliki pori-pori yang besar, bekas jerawat dan lainnya. Tujuannya adalah agar Anda bisa menentukan produk mana yang sesuai untuk kulit Anda. Jangan nanti niatnya menjaga dan merawat malah tambah merusak.

Lalu perhatikan komposisi produk dan kegunaan produk. Apakah produk itu diperuntukan untuk kulit berminyak atau lainnya. Terakhir pastikan produk skincare Anda sudah ber BPOM, jangan asal memilih skincare dengan harga yang murah tapi malah membuat wajah Anda makin rusak karena wajah adalah salah satu aset yang penting.

bisnis skincare

Keuntungan Bisnis Skincare

Selain karena skincare adalah komponen penting penunjang kegiatan sehari-hari dan pasti dibutuhkan, berikut adalah beberapa keuntungan dari bisnis skincare.

Cenderung Memiliki Keuntungan yang Tinggi

Bahan baku yang digunakan untuk membuat skincare biasanya relatif murah dan harga jualnya yang biasanya tinggi. Hal ini bisa memungkinkan bisnis skincare menghasilkan keuntungan.

Produk Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Tidak hanya fashion yang memiliki tren, skincare pun juga memiliki tren. Ketika ada suatu tren skincare, Anda bisa menyesuaikan produk Anda dengan tren tersebut.

Diminati Pria maupun Wanita

Skincare memiliki tujuan untuk menjaga dan memelihara kulit sehingga bukan hanya wanita saja yang minta terhadap skincare, pria pun juga minat.

bisnis skincare

Tips dan Cara Memulai Bisnis Skincare

Berikut adalah tips dan cara untuk memulai bisnis Skincare Anda.

Lakukan Riset

Sebelum memulai, tentunya kita harus tahu apa saja tren dan kebutuhan masyarakat terhadap skincare. Selain itu kenali para pesaing Anda agar Anda bisa memberikan pelayanan dan kualias yang lebih dari pesaing Anda. Analisis produk yang beredar di pasaran, lihat kelemahan dan kekurangan dari produk tersebut agar Anda bisa memberikan kelebihan pada produk Anda.

Tentukan Niche Bisnis Skincare

Skincare merupakan salah satu industri yang luas, jadi Anda harus menentukan segmen pasar atau niche yang spesifik untuk bisnis Anda. Bisa fokus pada jenis produk yang khusus seperti perawatan kulit sensitif, skincare organik, anti-aging dan sebagainya.

Dengan cara seperti ini Anda akan dapat memfokuskan upaya pemasaran dan dapat menarik minat pelanggan. Cobalah untuk mencari niche yang memiliki minat tinggi tapi sedikit persaingan.

Buat Rencana Bisnis Skincare

Membuat rencana yang rinci bisa mendatangkan Anda pada kesuksesan bisnis skincare Anda. Rencana bisnis akan mengatur panduan dan kerangka kerja yang jelas. Jangan lupa juga untuk memberikan tujuan jangka pendek dan jangka panjang agar Anda dapat dengan mudah untuk menilai keberhasilan bisnis Anda.

Buat Produk yang Berkualitas

Kualitas adalah salah satu kunci penting dalam berbisnis. Buatlah produk dengan bahan-bahan yang memiliki kualitas tinggi, aman dan melalui uji coba yang tepat sebelum Anda meluncurkan produk ke pasaran. Jangan ragu untuk meminta saran pada ahli kosmetik untuk membimbing bagaimana caranya untuk mengembangkan produk Anda.

Dan pastikan Anda sudah mengikuti peraturan dalam industri skincare seperti nilai dan identitas bisnis, label yang jelas dan pastinya ber-BPOM.

Branding yang Kuat

Memiliki branding yang kuat merupakan salah satu faktor yang dapat membuat produk Anda dapat berbeda dari pesaing. Masalah branding tidak hanya penting bagi perusahaan besar, sebagai perintis, Anda juga perlu membangun branding. Buatlah nama merk yang unik, logo yang menarik dan desain yang ramah di mata.

Gunakan Media Untuk Mempromosikan Produk Anda

Di zaman teknologi yang serba canggih ini, semua dapat dipermudah. Manfaatkanlah media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer atau bisa juga beauty vlogger yang memiliki pemirsa atau audiens relevan dengan produk Anda.

Selain dengan media sosial, Anda juga bisa memasarkan secara tradisional seperti dengan menggunakan brosur, pameran skincare, iklan cetak dan lainnya. Mungkin Anda sangsi dengan cara seperti ini, tapi ketahuilah tidak semua orang melek teknologi juga tidak semua orang memiliki waktu untuk bermain sosial media.

Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Layani pelanggan dengan sepenuh hati dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih ketika pelanggan telah membeli produk Anda. Pertimbangkan juga untuk memberikan diskon untuk pelanggan setia Anda atau ketika pembeli membeli barang Anda dengan jumlah yang banyak. Tentu pelanggan akan merasa istimewa dan memiliki keinginan yang tinggi untuk kembali memberi produk Anda.

Jika ada pembeli yang bertanya mengenai produk Anda, layanilah dan jawab dengan baik agar dapat meninggalkan kesan ramah. Dengarkan dengan baik feedback yang diberikan oleh pelanggan agar Anda bisa meningkatkan produk Anda menjadi lebih baik.

Rangkumlah testimoni dari setiap pelanggan yang membeli produk Anda karena akan memperluas jaringan bisnis.

Kesimpulan

Skincare merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari untuk mejaga dan merawat kulit setiap hari. Masalah seperti jerawat, bitnik hitam, bekas jerawat akan bisa diatasi dengan menggunakan skincare. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan memiliki skincare. Pertama kenali jenis kulit wajah, lalu pahami masalah kulit Anda, komposisi produk dan pastikan apakah produk sudah memiliki sertifikat BPOM atau belum.

Ada beberapa keuntungan bisnis skincare yaitu keuntungan yang tinggi, produk bisa disesuaikan dengan kebutuhan, diminati pria maupun wanita. Tips untuk memulai bisnis skincare adalah lakukan riset, menentukan niche, buat rencana bisnis, buat produk yang berkualitas, branding kuat, gunakan media untuk promosi dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Thumbnail by pch.vector on Freepik