Last Updated on December 30, 2023 by APPKEY-YOGI
Pernahkah Anda ketika berjalan di mall atau di depan toko tertentu, Anda tertarik untuk memasukinya karena penataan dan visual dari mall atau toko tersebut menarik minat Anda? Padahal barang yang dijual sama saja dengan toko atau mall lainnya. Bisa jadi mereka menggunakan strategi visual merchandising dengan maksud untuk mendorong lebih banyak pengunjung untuk berkunjung. Penasaran dan ingin lebih tahu mengenai visual merchandising? Yuk simak selengkapnya!
Image by jcstudio on Freepik
Daftar Isi
Apa Itu Visual Merchandising?
Visual Merchandising adalah suatu seni yang berguna untuk mengatur elemen visual dalam toko atau bisnis Anda. Elemen visual yang dimaksud seperti pencahayaan, penataan produk, tata letak toko dan lainnya. Upaya ini dilakukan untuk menarik minat pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan. Strategi ini juga dapat berguna untuk membangun identitas merek yang kuat.
Jadi jika Anda menerapkan visual merchandising ini, pelanggan yang lewat akan merasa tertarik dan terdorong untuk memasuki toko Anda dan strategi ini juga akan menciptakan dorongan yang kuat untuk pelanggan Anda menjelajahi dan berbelanja di toko Anda.
Alasan Mengapa Visual Merchandising Penting
Mungkin ada beberapa diantara Anda yang merasa visual tidak terlalu penting dibandingkan dengan harga dan kualitas dari barang tersebut. Mungkin Anda juga harus mempertimbangkan alasan mengapa visual merchandising itu penting pada penjelasan dibawah ini.
Dapat Menarik Perhatian Pelanggan
Visual merchandising dapat menarik perhatian pelanggan yang sedang lewat di depan toko Anda dan terdorong untuk memasuki toko. Hal ini dapat terwujud dengan menggunakan elemen-elemen seperti penataan produk yang menarik dan tidak ribet, pencahayaan yang tepat, dan penggunaan warna yang cerdas.
Menciptakan Pengalaman Berbelanja yang Menyenangkan
Penerapan visual merchandising yang baik menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memuaskan bagi pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat produk mudah dilihat dan dijangkau dan memberikan informasi yang relevan serta tidak ambigu kepada pelanggan.
Dapat Meningkatkan Penjualan
Visual merchandising membantu meningkatkan penjualan dengan meningkatkan kesadaran merek, mendorong pembelian impulsif dan mendorong pelanggan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di toko.
Membangun Merek
Visual merchandising dapat membantu membangun merek dengan menciptakan citra yang konsisten dan menarik bagi pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan elemen-elemen seperti warna, gaya dan suasana yang konsisten di seluruh toko. Dengan membangun merek, para pelanggan akan merasa kalau barang yang mereka beli merupakan barang eksklusif yang tidak ada pada toko lain.
Contoh Merek yang Menerapkan Strategi Visual Merchandising
Setelah kita mengetahui apa itu visual merchandising, tidak akan pas kalau kita tidak tahu contoh merek yang menerapkan strategi ini. Contoh dibawah ini bisa juga Anda jadikan referensi kalau Anda ingin menerapkan strategi ini untuk kemajuan bisnis Anda. Yuk kita simak!
Apple
Siapa sih yang tidak tahu apple? Sebuah perusahaan yang merancang, mengembangkan dan menjual barang elektronik. Produk-produknya banyak dipakai masyarakat di seluruh dunia. Bahkan sekarang menggunakan produk apple bisa menjadi tolak ukur untuk melihat status seseorang. Kalau memakai produk apple berarti dia adalah orang berada. Tapi jangan ditiru ya konsep pemikiran seperti ini.
Visual merchandising dari apple menerapkan konsep untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang mewah dan eksklusif, ya, sebanding dengan harga-harga yang ditawarkan untuk produk ini. Toko-toko Apple dirancang dengan sentuhan modern dan minimalis, dengan pencahayaan yang lembut dan musik yang menenangkan. Produk-produk Apple dipajang dengan cara yang menarik dan mudah dijangkau dan staf toko selalu siap untuk membantu pelanggan.
Nike
Nike adalah perusahaan yang menjual sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga. Karena menjual barang yang berhubungan dengan olahraga, mereka menggunakan visual merchandising untuk menciptakan atmosfer yang energik dan sporty. Toko-toko Nike biasanya didominasi oleh warna-warna cerah dan desain yang berani. Produk-produk Nike dipajang dengan cara yang menarik dan menggugah.
IKEA
IKEA adalah perusahaan yang menyediakan perabot rumah juga furniture kantor. Visual merchandising yang digunakan oleh IKEA dirancang dengan tata letak yang jelas dan intuitif, dengan produk-produk yang dipajang dengan cara yang mudah dilihat dan dijangkau. IKEA juga menggunakan berbagai elemen visual untuk menarik perhatian pelanggan, seperti signage yang jelas, instalasi yang menarik dan musik yang menenangkan.
KKV
KKV dapat dikatakan sebuah toko serba ada dan terkenal karena penataannya yang estetik. Visual merchandising yang digunakan oleh KKV adalah berfokus pada warna dan titik fokus. Penataan warna yang menggunakan warna kuning dan sebagian warna pastel menciptakan suasana yang terkesan cerah, friendly dan dapat menarik pelanggan terutama kalangan muda.
Titik fokus seperti pada penataan yang hanya terfokus untuk make up saja, atau untuk mi instant saja memberikan pengalaman belanja yang efektif karena dengan melihatnya saja, pelanggan akan langsung tahu pada spot tersebut berisi apa saja tanpa harus repot untuk bertanya kepada staf.
Produk pada KKV juga ditata dengan mengelompokkan warna yang sama sehingga terlihat sangat estetik dan memanjakan mata. Logo juga didesain dengan sangat simple dan senada dengan ciri khas warna mereka yaitu kuning. Penerapannya bisa Anda lihat pada tas belanja mereka, sehingga menimbulkan kesan mewah dan unik setelah berbelanja dari sana.
Image by jcstudio on Freepik
Kekurangan dari Strategi Visual Merchandising
Meskipun strategi ini memiliki banyak kelebihan dan keuntungan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda, ada beberapa kekurangan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan, berikut adalah diantaranya.
Biaya
Untuk menciptakan penampilan toko yang baik, tidak jarang kita harus mempertimbangkan banyak hal, salah satunya biaya. Terutama jika menggunakan elemen-elemen seperti pencahayaan khusus, desain toko yang rumit atau instalasi yang menarik. Anda perlu mempertimbangkan anggaran sebelum mengembangkan strategi visual merchandising.
Waktu
Untuk menciptakan penampilan, desain toko yang menarik dan memahami keinginan, mood dan perilaku pelanggan cukup memerlukan banyak waktu. Anda perlu meluangkan waktu untuk merencanakan dan mengimplementasikan strategi ini.
Perubahan Selera
Tren dan perubahan selera merupakan hal yang lumrah terjadi. Sehingga Anda perlu terus memperbarui tampilan toko untuk tetap relevan. Anda perlu mengikuti tren visual merchandising terbaru untuk memastikan tampilan toko Anda tetap menarik bagi pelanggan. Namun jika Anda telah sukses untuk membangun merek Anda sendiri, Anda tidak perlu takut untuk mengadapi tantangan ini.
Kesimpulan
Salah satu strategi yang dapat Anda gunakan untuk menarik minat pelanggan menuju ke toko Anda adalah strategi visual merchandising. Strategi ini menitikberatkan pada visual penataan toko yang menarik sehingga orang yang lewat akan merasa tertarik dan terdorong untuk memasuki toko Anda.
Alasan mengapa visual merchandising itu penting adalah karena dapat menarik perhatian pelanggan, menciptakan pengalaman pekerjaan yang menyenangkan, dapat meningkatkan penjualanan serta dapar membangun merek.
Contoh merek yang menerapkan strategi visual merchandising ini adalah Apple, Nike, IKEA dan KKV, tentu masih banyak merek lainnya yang memakai strategi ini. Meskipun kita dapat melihat banyaknya keuntungan dari strategi ini, tidak luput juga dari kekurangan. Kekurangan dari strategi ini diantaranya adalah biaya yang banyak, pengorbanan waktu dan perubahan selera.
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Thumbnail by vectorjuice on Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.