Last Updated on December 26, 2023 by APPKEY-HERI
Kemajuan pesat dari teknologi membawa angin segar dan perubahan yang cukup signifikan pada berbagai bidang. Salah satu bidang yang mendapatkan perubahan besar akibat adanya teknologi adalah bisnis. Anda sering menggunakan platform media sosial? Jika benar, Anda pasti sering melihat platform media sosial tersebut menambahkan toko didalamnya. Nah, hal tersebut disebut dengan social commerce.
Social commerce merupakan sebuah solusi yang bisa menjadi tren kedepannya bagi para pelaku bisnis. Hal tersebut bisa terjadi karena pelaku bisnis dapat lebih mudah menjangkau konsumen di seluruh belahan dunia dengan sosial media dan internet. Selain itu, bukan hanya pelaku bisnis yang mendapat kemudahan tersebut. Pelanggan juga mendapat kemudahan untuk bertransaksi. Lalu apa manfaat dan contohnya?
Nah, kebetulan sekali, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Artikel kali ini akan membahas pengertian, manfaatnya, kelebihannya, serta contohnya yang ada di Indonesia. Jadi, tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasannya hingga akhir. Yuk simak dibawah ini!
Daftar Isi
Apa itu Social Commerce?
Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya untuk membahas pengertiannya terlebih dahulu. Social commerce adalah usaha perdagangan dengan menggunakan media elektronik dan internet secara online. Media yang dimaksud bisa berupa platform media sosial yang saat ini ramai digunakan oleh orang-orang. Penggunaan media ini bertujuan untuk memudahkan menjangkau seluruh konsumen di berbagai belahan dunia.
Dengan banyaknya pengguna media sosial di seluruh dunia, ini membuat penggunaan social commerce untuk bisnis bisa menjadi solusi ampuh saat ini. Selain memudahkan Anda sebagai pelaku bisnis, pelanggan juga kan mendapatkan kemudahan dengan adanya media ini. Pelanggan saat ini dapat semakin mudah untuk mencari maupun membeli suatu produk karena dapat langsung bertransaksi di platform media ini.
Manfaat Utama Social Commerce
Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan baik bagi pelaku bisnis maupun konsumen. Adanya manfaat tersebut membuat media ini bisa menjadi solusi efektif untuk bisnis. Berikut beberapa manfaat utama dari media ini yang harus Anda ketahui.
Memperluas Target Konsumen Potensial
Adanya social commerce membuat Anda dengan mudah dapat menjangkau konsumen potensial bisnis. Anda dapat menjangkaunya secara online dengan berbagai sosial media yang tersedia. Selain itu, hal ini juga dapat mendorong peningkatan pada penjualan produk dari bisnis yang dikembangkan tersebut.
Meningkatkan Awareness dan Image Brand
Karena memanfaatkan media sosial untuk bisnis, tentunya Anda akan menyajikan konten menarik seperti foto, video hingga iklan. Hal ini akan membuat kesan brand bisnis Anda menjadi baik dan kesadaran konsumen akan brand Anda juga meningkat.
Transaksi yang Mudah dan Cepat
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, transaksi yang dilakukan pelanggan langsung di salam platform. Hal ini membuat pelanggan bisa langsung melakukan pembelian tanpa berpindah ke aplikasi tersendiri. Pengalaman transaksi yang mudah dan cepat akan memberikan pengalaman pengguna yang baik untuk pelanggan dan mendorong adanya pembelian lainnya di kemudian hari.
Adanya Jejak Digital yang Terekam
Banyak yang mengatakan jika seorang pembeli bisa mempengaruhi calon pembeli lainnya. Hal ini terjadi karena adanya jejak digital berupa ulasan dari pembeli sebelumnya. Dengan adanya ulasan ini, target pembeli potensial dapat melihat ulasan tersebut yang akan mempengaruhi keputusan dalam membeli produk.
Kelebihan Social Commerce
Memanfaatkan platform ini untuk bisnis dapat memberikan berbagai kelebihan untuk Anda. Kelebihan tersebut dapat memberikan banyak dampak positif bagi bisnis yang dijalankan. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki media ini yang wajib Anda ketahui.
Kemudahan
Melakukan segala sesuatu dengan mudah adalah hal yang diidamkan oleh setiap orang. Tak terkecuali adanya kemudahan ketika berbelanja. Social commerce menghadirkan kemudahan tersebut bagi pelanggan. Saat berbelanja pada media ini, Anda dapat melakukan transaksi tanpa perlu meninggalkan platform tersebut. Kemudahan ini membuat pelanggan lebih memilih media ini dibanding dengan yang lainnya.
Interaksi Sosial
Kelebihan lainnya yang mencolok dari platform satu ini adalah adanya interaksi sosial. Media satu ini memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk berinteraksi, baik ke pelaku bisnis maupun ke sesama pelanggan lainnya. Hal ini kan membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi atau rekomendasi yang tepat, Informasi dan rekomendasi tersebut dapat berupa informasi produk serta ulasan dari pelanggan lainnya.
Kepercayaan
Berkaitan dengan yang sebelumnya, kelebihan ini bisa menjadi faktor kunci dari media ini. Adanya ulasan dari pelanggan lainnya akan mempengaruhi keputusan pembelian dari calon pelanggan. Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan terhadap bisnis maupun produk milik Anda.
Personalisasi
Kelebihan selanjutnya dari platform ini adalah personalisasi konten bagi pelanggan. Platform ini mengumpulkan dan menggunakan data dari pengguna untuk memberikan rekomendasi produk. Rekomendasi produk tersebut disesuaikan dengan preferensi individu dari pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja.
Potensi Viral
Produk maupun layanan yang Anda upload di sosial media dapat menarik perhatian banyak pengguna. Hal ini dapat meningkatkan kepopuleran produk maupun bisnis Anda hingga menjadi viral. Keviralan tersebut dapat meningkatkan dan menciptakan pertumbuhan bisnis yang cepat dan signifikan.
Potensi Ekspansi Global
Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh platform satu ini adalah adanya potensi untuk melakukan ekspansi secara global. Hal ini karena platform ini tidak terbatas pada geografis akibat dilakukan secara online. Dengan hal tersebut, potensi untuk menembus pasar global akan jauh lebih mudah.
Contoh Platform Social Commerce yang Ada di Indonesia
Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak terdapat platform satu ini. Beragam platform mengalami ciri khas dan kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa platform terbaik yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda.
Siapa tidak kenal dengan platform satu ini? Instagram merupakan platform media sosial yang sangat terkenal saat ini. Platform satu ini memiliki kekuatan dalam hal konten seperti cerita, foto maupun video. Dengan adanya hal tersebut, membuat platform ini sangat cocok untuk memasarkan bisnis Anda. Selain itu, platform ini juga bagus untuk membangun brand image dari produk bisnis Anda.
Hal ini juga didukung dengan adanya fitur instagram shop terbaru pada platform tersebut. Fitur ini dapat membantu Anda untuk membuka toko online dan menjangkau pelanggan potensial pada platform ini. Anda bisa menghubungkan toko anda dengan Facebook dan juga website toko Anda sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah katalog, membuat kategori dan deskripsi serta menyematkan harga produk.
Tiktok
Tiktok saat ini menjadi platform hiburan yang sangat terkenal dan populer saat ini. Hampir semua orang kini memiliki aplikasi Tiktok di smartphone mereka. Selain itu, Tiktok kini juga menjadi salah satu platform social commerce yang sangat besar dan populer. Hal ini terbukti karena adanya Tiktok shop yang menjadi tempat belanja yang booming saat ini. Aplikasi ini juga menyediakan Tiktok livestream untuk berjualan secara live.
Berjualan live tersebut akhir-akhir ini menjadi strategi marketing baru yang sangat menjanjikan. Ini bisa menjadi solusi bagi pedagang untuk menjangkau target pelanggan baru yang suka menonton live tersebut untuk belanja secara langsung. Anda juga bisa menautkan website atau e-commerce pada tombol “Shop Now” yang ada di bio.
Untuk mendukung semua itu, Anda juga bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan social commerce milik Anda. Anda bisa meminta para influencer untuk melakukan promosi pada video mereka. Dengan adanya promosi tersebut, produk dan brand Anda akan semakin dikenal dan penjualan juga akan meningkat.
Platform satu ini kini telah menjadi salah satu platform sosial media terlengkap. meskipun sudah lengkap, Facebook kini juga telah berevolusi menjadi platform social commerce. Salah satu contohnya adalah dengan meluncurkan fitur Facebook bisnis. Fitur satu ini memberikan Anda keleluasaan dalam mengelola toko Anda.
Pada Facebook bisnis, Anda dapat mengubah dan membuat katalog dari produk yang ingin Anda pasarkan. Kemudian, Facebook akan menampilkannya pada pelanggan Anda sesuai dengan preferensi mereka masing-masing. Selain itu, transaksi juga dapat dilakukan secara langsung melalui halaman Facebook Anda sendiri maupun diarahkan ke website e-commerce Anda.
Kesimpulan
Itu dia ulasan lengkap mengenai social commerce mulai dari pengertian hingga contoh platformnya di Indonesia. Platform ini menjadi solusi yang bagus di tengah gempuran media sosial yang semakin marak. Anda dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan memanfaatkan media sosial tersebut. Memanfaatkan platform ini adalah cara terbaik untuk bersaing di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat. Semoga bermanfaat!
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Thumbnail by pch.vector on Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.