Last Updated on December 2, 2023 by APPKEY-HERI
Memulai bisnis tentu saja tidak mudah, apalagi jika ingin memilih lokasi yang strategis di pusat kota. Di satu sisi memulai bisnis juga butuh yang namanya kantor, mana jika ingin membeli sebuah kantor maka biayanya tidak murah. Maka dari itu alternatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyewa kantor untuk menekan biaya dan bisa mendapatkan ruang kantor yang baik dan ideal untuk kenyamanan para karyawan.
Salah satu pilihan gedung kantor yang nyaman untuk disewa area Jakarta Selatan, maka kamu bisa pilih sewa kantor Tebet. Kamu akan mendapatkan fasilitas kantor yang nyaman dan juga berada di lokasi strategis. Memilih sewa kantor saja sudah menguntungkan karena biaya sewanya jauh lebih murah, namun apakah kamu tahu bahwa ada beberapa cara lagi untuk semakin menghemat biaya sewa kantor terutama bagi yang memiliki budget terbatas.
Daftar Isi
Tips Hemat Sewa Kantor
Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya sewa kantor.
1. Riset Lokasi Kantor
Terlebih dahulu kamu bisa riset lokasi kantor dengan cara mengunjungi berbagai platform atau website yang menghadirkan kemudahan untuk memilih sewa kantor di area yang tepat. Lokasi kantor terbaik adalah mudah diakses dan dekat dengan berbagai fasilitas publik untuk kenyamanan para karyawan dan juga pelanggan.
2. Manfaatkan Teknologi
Agar lebih hemat biaya, kamu tentu bisa memanfaatkan teknologi saat sewa kantor. Bisa memanfaatkan teknologi video conference dan teleconference agar kebutuhan untuk memiliki kantor besar yang mahal bisa terpenuhi.
Bisa juga memanfaatkan aplikasi kolaborasi yang efektif untuk tim jadi tidak perlu berkumpul di satu ruangan.
3. Sharing Kantor
Maksudnya adalah dengan memilih sewa kantor lalu berbagi kantor dengan bisnis lainnya. Seperti diketahui, sewa kantor adalah sistem di mana kamu memilih sewa bangunan siap pakai yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung di dalamnya. Saat sewa kantor kamu akan diberikan satu gedung tanpa berbagi dengan orang lain.
Sehingga jika kamu ingin melakukan sharing kantor dengan bisnis lain tentu dapat menghemat biaya sewa dan juga di satu sisi dapat memperluas jaringan bisnis. Kamu bisa sharing dengan memilih mitra bisnis jadi saling menguntungkan satu sama lain.
4. Sewa Kantor Jangka Panjang
Memilih sewa kantor jangka panjang tentu saja dapat menghemat biaya sewa. Namun hal ini terbilang cukup riskan bagi kamu yang baru memulai bisnis. Kamu bisa memilih sewa kantor jangka panjang jika memang yakin bahwa bisnis tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jangan coba-coba untuk bisnis baru karena akan sangat merugikan jika bisnis macet, sementara waktu sewa kantor masih panjang.
5. Manfaatkan Diskon
Diskon tidak hanya bisa kamu dapatkan jika belanja pakaian atau barang elektronik. Ketika kamu sewa kantor juga bisa mendapatkan diskon, bahkan kamu bisa langsung meminta diskon khusus bagi penyewa. Biasanya diskon berlaku dengan beberapa ketentuan seperti biaya diskon jika memilih untuk sewa dalam jangka waktu yang panjang.
Diskon juga bisa kamu dapatkan ketika memperpanjang kontrak atau membayar uang muka yang besar. Untuk menghemat biaya, tentu kamu tidak boleh sungkan menanyakan diskon atau tawaran khusus yang menarik.
6. Pahami Kontrak Sewa
Saat menyewa kantor pastikan kamu harus deh tahu isi dari kontrak sewa sebelum tanda tangan. Baca secara detail dan teliti setiap klausul dalam kontrak jangan sampai ada yang merugikan kamu secara sepihak. Apalagi jika sampai ada biaya tersembunyi yang harus kamu bayarkan, hanya karena kamu terlalu sepele dengan isi kontrak sewa.
Jika kamu merasa ada hal-hal yang merugikan dari sisi kamu sebagai penyewa maka bisa langsung negosiasi dengan pemilik gedung untuk mengurangi biaya ataupun meminimalisir tingkat kerugian.
7. Tidak Boleh Terjebak Merk
Artinya bahwa dalam memilih sewa kantor tidak boleh selalu terjebak dalam merek kantor yang terkenal dan mahal. Maka dari itu disebutkan sebelumnya bahwa kamu harus lakukan survei agar bisa mempertimbangkan dan menemukan merek area gedung kantor yang kurang dikenal namun punya fasilitas yang bagus dan sama bagusnya dengan merek mahal.
Umumnya sewa kantor pada merek yang kurang terkenal akan menghemat biaya, karena harganya tentu tidak semahal gedung-gedung kantor yang sudah populer di area tersebut.
8. Pertimbangkan Mobilitas Karyawan
Di era digital seperti sekarang sangat memungkinkan untuk para karyawan bekerja dari jarak jauh. Ini merupakan solusi tepat untuk mengurangi jumlah karyawan yang perlu datang ke kantor setiap hari. Pada akhirnya kamu bisa menghemat biaya sewa kantor karena tidak perlu ruangan kantor yang begitu luas. Setiap gedung kantor yang disewa tentu punya ukuran masing-masing di mana semakin luas gedung yang disewa maka biaya sewa juga akan lebih mahal.
Apalagi didukung dengan banyaknya karyawan yang saat ini lebih suka bekerja dari rumah atau tempat lain. Karena dirasa lebih fleksibel dan bisa mengurangi rasa jenuh akibat berada di kantor selama sehari penuh.
Sekarang kamu tentu sudah tahu apa saja cara yang bisa dicoba untuk mengurangi biaya sewa kantor. Bagi yang sedang bingung untuk mencari kantor yang ingin disewa maka bisa memanfaatkan SewaKantorCBD yang merupakan konsultan penyewaan kantor. Kamu sebagai penyewa akan dihubungkan dengan ruang kantor yang tepat di manapun berada sesuai kebutuhan terutama di area Jakarta.
SewaKantorCBD punya lebih dari 500 gedung perkantoran di databasenya dengan data terkini untuk melayani kebutuhan para penyewa dan pemilik gedung. Kunjungi sewakantorcbd.com sekarang juga untuk into lebih lengkap.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.