Last Updated on February 10, 2023 by
Mempunyai marketing skill adalah tuntutan jika Anda ingin sukses berkarir di perusahaan maupun mengelola bisnis sendiri. Nah, khusus di tahun ini pun ada serangkaian skill marketing yang wajib Anda kuasai. Apa sajakah skill-skill tersebut?
Banyak orang mengira bahwa jenis-jenis keterampilan marketing hanya itu-itu saja. Padahal dunia marketing selalu berkembang di setiap tahunnya. Otomatis, marketing skill pun ikut berevolusi menyesuaikan diri dengan trend, strategi bisnis, dan pola perilaku masyarakat terkini.
Pastinya Anda sudah penasaran dengan aneka ragam keterampilan marketing yang banyak digunakan tahun ini, bukan? Yuk langsung simak rekomendasi marketing skill terpenting serta cara-cara mudah mempelajarinya di bawah ini!
Daftar Isi
15+ Marketing Skill Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula (Soft Skill dan Hard Skill)
Secara umum terdapat dua jenis skill yakni soft dan hard skill. Sudah tahu apa perbedaannya?
Soft skill adalah keterampilan pribadi mencakup aspek emosional dan perilaku seseorang. Ciri-ciri soft skill adalah mengedepankan kemampuan interaksi seseorang dengan dirinya sendiri maupun orang lain. Contohnya seperti kemampuan komunikasi, pengelolaan emosi, gaya kepemimpinan, dan critical thinking.
Sedangkan hard skill lebih mengarah pada pengetahuan kognitif seseorang. Seluruh ilmu yang Anda dapatkan di bangku sekolah akan membentuk marketing skill satu ini. Contohnya adalah kemampuan berhitung, membaca komprehensif, dan penguasaan berbagai ilmu teoritis.
Kedua jenis skill tersebut bisa kita jumpai dalam kehidupan marketing sehari-hari. Terdapat beberapa jenis soft dan hard skill marketing yang wajib dikuasai setiap marketer atau pebisnis, yakni sebagai berikut:
1. Kemampuan Memecahkan Masalah
Keterampilan marketing yang pertama adalah kemampuan memecahkan masalah (problem solving). Tentunya akan ada berbagai jenis masalah yang bisa menghampiri bisnis Anda sewaktu-waktu. Oleh sebab itulah kemampuan ini akan sangat dibutuhkan.
Problem solving merupakan salah satu soft skill yang cukup sering dicari berbagai perusahaan. Pun terdapat cukup banyak aspek penilaian skill ini, mulai dari penyelesaian masalah personal, internal (semisal dengan rekan kerja), hingga eksternal dari luar perusahaan.
2. Kemampuan SEO dan SEM
Pesatnya perkembangan teknologi ecommerce masa kini menuntut setiap marketer untuk menguasai teknik SEO dan SEM. Bukan tanpa alasan, SEO dan SEM adalah metode-metode paling ampuh untuk menguasai strategi digital marketing tahun ini.
Sebuah website bisnis tidak akan menduduki ranking 1 Google dengan sendirinya. Dibutuhkan optimalisasi web secara berkala memakai kiat-kiat SEO dan SEM supaya situs olshop Anda mulai laris dan dikenal banyak orang. Akibatnya, skill pemasaran ini tidak boleh terlewat dari daftar pembelajaran Anda.
3. Komunikasi
Komunikasi selalu menjadi soft skill yang dibutuhkan dalam berbagai ranah, termasuk dunia marketing. Ini karena kita sebagai makhluk sosial pasti melakukan komunikasi dengan sesama demi memenuhi kebutuhan/tujuan tertentu.
Terdapat setidaknya dua jenis komunikasi yang lumrah ditemukan dalam suatu bisnis, yakni komunikasi internal (dengan sesama rekan kerja) dan eksternal (dengan klien atau konsumen). Keduanya harus diseimbangkan demi mencapai harmoni kerja sesuai yang diharapkan.
Namun, skill komunikasi tidak hanya mencakup kemampuan mengutarakan maksud dan pikiran melalui tuturan saja. Anda juga harus tahu bagaimana cara mendengar dan memahami keinginan lawan bicara demi mencapai kesepakatan dalam komunikasi.
4. Desain Grafis
Marketing skill yang laris manis berikutnya adalah desain grafis. Anda akan merasakan perubahan yang luar biasa jika mampu menguasai teknik pemasaran ini—terutama dari sisi pembuatan konten marketing.
Tak dapat dipungkiri bahwa konten-konten dengan tampilan visual estetik lebih mencuri perhatian audiens saat ini. Di sinilah dibutuhkan keterampilan desain grafis untuk menciptakan aneka karya yang memukau.
Desain grafis juga merupakan skill marketing serba guna. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat konten iklan bisnis, mendesain produk sendiri, hingga menjadi penyedia jasa dengan tarif bayaran tinggi.
5. Kemampuan Berpikir Kreatif
Pernahkah Anda mendengar ungkapan “thinking out of the box”? Inti arti dari kalimat tersebut adalah mengajak kita untuk selalu berpikir kreatif dari sisi yang berbeda.
Tentunya skill marketing ini bisa mengantarkan Anda ke beragam bentuk keuntungan. Misalnya Anda jadi lebih mudah menyelesaikan masalah, mencetuskan ide-ide pemasaran terbaru, serta menemukan beragam peluang bisnis terbaik di pasaran.
6. Kemampuan Berpikir Analitis
Selain berpikir kreatif, Anda juga akan dituntut untuk berpikir mendalam atau analitis demi menyelesaikan sebuah kasus. Soft skill marketing ini dapat membuka perspektif Anda terkait banyak hal, sehingga masalah bisnis dapat tuntas tanpa perlu diskusi yang berlarut-larut.
Banyak inovasi marketing menarik juga bisa lahir dari kemampuan berpikir analitis. Misalnya Anda bisa melihat akar permasalahan utama konsumen yang belum dijawab oleh perusahaan; atau lebih mampu menggali plus dan minus dari sebuah rencana pemasaran.
7. Kemampuan Membuat Strategi Konten
Tahukah Anda bahwa setiap konten marketing selalu direncanakan terlebih dahulu? Ya, konten-konten pemasaran yang Anda lihat di internet tidak hanya sekadar diposting. Tim marketer brand selalu menyusun rencana atau strategi konten mereka dari jauh-jauh hari.
Dalam hal ini kita memerlukan suatu keterampilan marketing bernama content strategy. Orang-orang dengan kemampuan ini tahu bagaimana caranya merumuskan strategi konten terbaik demi mencapai tujuan utama bisnis.
8. Kemampuan Copywriting
Copywriting adalah teknik kepenulisan persuasif untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk/jasa Anda. Oleh sebab itu skill marketing ini cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Ciri khas dari strategi copywriting adalah dilengkapi Call To Action (CTA) yang mengajak pembaca untuk bertindak. Contohnya:
- Klaim tiketmu di sini.
- Daftar sekarang dengan menekan tombol ini.
- Download aplikasinya sekarang.
- Tunggu apa lagi? Segera check outsebelum kehabisan.
- Jangan lupa subscribedan nyalakan lonceng notifikasinya.
9. Kemampuan Editing dan Proofreading
Tidak hanya jago menulis konten, marketer juga harus tahu bagaimana cara mengedit dan menilai tulisan mereka sebelum dipublikasikan. Minimal Anda harus mengerti aturan ejaan PUEBI (untuk artikel bahasa Indonesia), grammar (untuk artikel Inggris), dan pemakaian tanda baca yang benar. Tak lupa selalu cek apakah tulisan Anda masih mengandung kesalahan kata (typo) sebelum diterbitkan.
10. Rasa Penasaran terhadap Hal Baru
Penting bagi seorang marketer untuk selalu penasaran dengan hal-hal baru. Perasaan ini akan memotivasi seseorang untuk terus belajar mengembangkan usahanya. Mereka tidak akan ketinggalan zaman akibat terlalu lama berada di “zona nyaman”.
Kejatuhan raja ponsel Nokia adalah contoh yang baik dalam kasus marketing skill ini. Saat berada di puncak kejayaannya, perusahaan Nokia justru enggan berinovasi dan mempelajari hal-hal baru. Akibatnya teknologi ponsel mereka pun kalah saing dengan Samsung dan Apple.
11. Kemampuan Multitasking
Multitasking adalah keterampilan berikutnya yang wajib dikuasai semua orang di tahun ini. Walaupun kemampuan kerja ini juga masih kerap menjadi bahan perdebatan di masyarakat.
Dari segi positifnya, kemampuan multitasking dianggap mampu menambah kontribusi bagi perusahaan dan memungkinkan seseorang bekerja lebih cepat. Namun di sisi lain, multitasking turut menyebabkan burn out di kalangan pekerja.
12. Kemampuan Analisis Data
Setiap bisnis pun memerlukan seseorang yang menguasai cara analisis data. Hard skill ini akan sangat berguna untuk memahami hal-hal penting terkait marketing, seperti performa iklan, consumer insight, dan popularitas bisnis di masyarakat.
Sejatinya ada cukup banyak metode analisis data di dunia bisnis. Namun untuk level pemula, Anda hanya perlu menguasai cara analisis dengan Google Analytics saja. Ini karena Google Analytics adalah tool analisis bisnis yang paling marak digunakan saat ini.
13. Kemampuan IT
Anda wajib memiliki kemampuan teknologi dasar agar bisa mengoperasikan bisnis online dengan benar. Tidak perlu sampai mempelajari sistem pemrograman alias coding; cukup cari tahu bagaimana cara mengoperasikan software-software bisnis seperti website, aplikasi ecommerce, dan tools-tools marketing. Anda dapat belajar secara otodidak dari internet atau mengambil kelas bootcamp pelatihan skill IT.
14. Kemampuan Media Sosial Marketing
Adakah brand yang tidak menekuni sosial media marketing saat ini? Faktanya, hampir 90% bisnis kekinian menggencarkan sosmed marketing untuk menggaet konsumen baru setiap hari. Jadi tidak heran kalau keterampilan sosmed marketing menjadi hal yang penting sekarang.
Menariknya, media sosial marketing terbagi-bagi ke beragam jenis. Misalnya seperti Facebook marketing, Instagram marketing, Twitter marketing, TikTok marketing, YouTube, dan lain-lain.
Anda pun bebas memilih mau menekuni ilmu pemasaran mana saja, asal sesuai passion, minat dan target peluang usaha. Contohnya jika target konsumen lebih banyak berdatangan dari komunitas Facebook, maka otomatis Anda harus memperdalam ilmu FB marketing.
15. Kemampuan Membuat Konten Marketing
Keterampilan pemasaran terakhir yang penting untuk dikuasai adalah kemampuan membuat konten pemasaran (content creation). Keterampilan ini mulai banyak dicari semenjak merebaknya strategi konten marketing di sosmed.
Namun skill content creation tidak sesederhana membuat konten saja. Anda harus tahu juga bagaimana cara meriset dan memilih ide, menyusun rancangan konten, lalu memproduksinya. Tak jarang pula seorang content creator turut ikut campur dalam proses editing konten sebelum publikasi.
5 Cara Mudah Meningkatkan Marketing Skill, Ayo Coba!
Masih bingung bagaimana cara memaksimalkan keterampilan marketing dalam diri sendiri? Anda dapat memantapkan potensi bisnis dengan mengikuti 5 strategi simpel di bawah ini:
1. Berlatih Berbicara di Depan Kaca
Apakah Anda masih merasa kurang percaya diri saat berbicara di depan publik? Nah, ada siasat jitu yang sederhana untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan berlatih berbicara di depan kaca!
Berbicara di depan cermin dapat memperlihatkan langsung bagaimana sorot mata, mimik wajah serta gestur Anda saat menyampaikan pesan-pesan penting. Dari sini pun Anda bisa melakukan evaluasi mandiri dan mencari cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang meyakinkan.
2. Mengikuti Bootcamp dan Sertifikasi Marketing
Kelas-kelas online bootcamp kini sedang menjadi trend tersendiri di kalangan pekerja marketing. Ini karena bootcamp menyediakan pembelajaran skill marketing intensif bersama mentor profesional, plus sertifikat keahlian yang bisa menunjang karir.
Jadi tidak ada salahnya untuk menambah ilmu melalui kelas-kelas marketing yang tersedia di internet ataupun yang ada di kantor Anda sendiri.
3. Rajin Mengikuti Update Berita Dunia Marketing
Strategi mudah untuk meningkatkan skill marketing berikutnya adalah rajin-rajin membaca update berita terkait dunia marketing. Dari sini Anda bisa mengetahui perubahan kebutuhan masyarakat, tren-tren dan strategi marketing yang relevan.
Selain itu, Anda juga sebaiknya turut mencari tahu jenis-jenis tools marketing yang tengah ramai dipakai perusahaan kekinian. Ini karena perubahan tren dan strategi marketing sering memengaruhi jenis tools yang cocok digunakan.
4. Bertanya Kepada Mentor
Pernah mengalami masalah atau punya pertanyaan mendalam terkait pengembangan skill marketing? Tidak perlu risau, Anda dapat mengatasinya dengan langsung bertanya kepada mentor.
Fungsi mentor di sini sama halnya seperti guru. Mereka akan membimbing Anda hingga berhasil mencapai target pengembangan skill yang diincar. Namun jika Anda kesulitan mencari mentor, Anda dapat bertanya ke referensi lain seperti buku-buku atau komunitas self development.
5. Lakukan Evaluasi Diri
Tips terakhir yang tak kalah penting adalah rutin melakukan evaluasi diri. Evaluasi akan memberitahu Anda sudah sejauh mana progres belajar dilakukan, berapa nilainya, serta hal-hal yang masih perlu ditingkatkan. Jadi jangan pernah melewati tahapan ini kalau Anda ingin bertumbuh ke arah yang lebih baik.
Itulah dia aneka skill marketing dasar untuk dikuasai. Apakah masih ada keterampilan bisnis yang belum Anda miliki? Tenang saja, masih belum terlambat untuk segera belajar dan mengasah kemampuan Anda. Tetaplah semangat dan pantang menyerah, ya!
Anda juga bisa memperluas wawasan marketing digital bersama MARKEY. Dapatkan lebih banyak berita, tips dan strategi bisnis online terbaru di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan Appstore). Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.