6.3 C
Munich

Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Arti Pemasaran : Pengertian dan Definisi Pemasaran (Lengkap)

Arti Pemasaran : Pengertian dan Definisi Pemasaran (Lengkap)

-

Arti pemasaran banyak sekali didefinisikan oleh beberapa pakar dan sumber namun meski berbeda-beda memiliki inti yang sama. Pemasaran itu sendiri sebenarnya bermula dari pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian berkembang menjadi keinginan manusia. Kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa sangatlah penting, sebab kemajuan atau kemunduran sebuah bisnis atau usaha tergantung dari kinerja tim pemasaran.

Pada masyarakat awam pemasaran itu sendiri berarti identik dengan proses pengenalan produk atau jasa kepada calon konsumen. Tanpa pemasaran yang jelas dan terarah kita juga sangat sulit menentukan masa depan bisnis kita. Sehingga banyak yang mengartikan bahasa pemasaran adalah ujung tombaknya sebuah perusahaan.

Meski kinerja tim pemasaran didukung oleh tim–tim lain yang juga tidak kalah pentingnya namun semuanya tetap ditangan pemasaran. Dalam sebuah perusahaan tugas utama pemasaran adalah membuat strategi–strategi penjualan yang jitu sehingga mampu memaksimalkan keuntungan untuk menutup biaya produksi.

Mereka dituntut mampu memahami pasar dan melihat banyak aspek dalam beriklan, mampu mengkoordinir permintaan pasar agar bisa membuat produk memiliki nilai jual, mampu berkomunikasi dengan baik dengan calon konsumen untuk membantu mensukseskan target penjualan yang ditetapkan perusahaan.

Pengertian Pemasaran Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

PEMASARAN1

Meski pemasaran memiliki tugas yang sangat penting di dalam kelangsungan sebuah perusahaan, masih banyak sekali yang belum mengerti dengan jelas apa sebenarnya arti pemasaran. Untuk melihat lebih jelas mengenai definisi dan arti pemasaran kami akan membahas dalam ulasan kali ini. Kami akan membahas secara rinci dan lengkap menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan beberapa pakar. Berikut penjabarannya.

Pemasaran adalah sebuah aktivitas (kegiatan), yang dilakukan oleh perusahaan, baik itu perusahaan barang ataupun jasa untuk menyampaikan, mengomunikasikan, serta menukarkan tawaran yang bernilai kepada pelanggan, mitra, klien, sebagai proses untuk bisa mendapatkan penjualan maksimal. Pemasaran bukan lagi tentang memenuhi kebutuhan manusia tapi sudah lebih digunakan untuk memenuhi keinginan manusia.

Pemasaran dituntut mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia dengan konsep-konsep pemasaran jitu. Strategi pemasaran itu sendiri meliputi pemenuhan produk, penetapan harga, pengiriman barang, serta mengiklankan barang.  untuk mencapai semua tujuan utama pemasaran serta memenuhi keinginan konsumen yang dituju sebaiknya seorang pemasar memiliki pengetahuan dalam konsep serta prinsip pemasaran yang baik.

Selain pengertian pemasaran di atas kami memiliki beberapa arti pemasaran menurut beberapa pakar seperti berikut.

John Westwood

Pengertian pemasaran yang pertama menurut John Westwood adalah sebuah usaha terpadu yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta memberi keuntungan bagi perusahaan.

Tung Desem Waringin

Pengertian pemasaran yang kedua adalah sebagai media berkomunikasi dengan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

Philip Kotler

Pengertian pemasaran selanjutnya menurut Philip Kotler adalah kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dibuat oleh perorangan atau sekelompok orang yang bertujuan untuk memperoleh tujuan mereka dengan cara membuat produk serta menukarkannya besaran angka tertentu ke pihak lain.

Jay Abraham

Jay Abraham berpendapat arti pemasaran adalah sebuah media untuk mendapatkan kesuksesan dengan cara memberikan jasa atau pelayanan terbaik kepada konsumen

William J. Stanton

Pengertian pemasaran berikutnya menurut para pakar adalah keseluruhan sistem mulai dari berbagai kegiatan bisnis dan usaha dengan tujuan untuk merencanakan, mempromosikan, menentukan harga barang atau jasa, mendistribusikan, serta memuaskan konsumen.

Basu dan Hani

Pengertian pemasaran menurut pakar yang terakhir adalah segala proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang atau jasa, menetapkan harga  produk barang atau jasa, serta proses promosi serta pendistribusiannya, dimana semua proses pemasaran memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan serta memperoleh laba.

Artikel terkait  Digital Marketer Adalah? | Memahami Peran Sebagai Digital Marketer

 

Strategi Pemasaran

PEMASARAN

Dalam dunia pemasaran yang bertujuan mendapatkan keuntungan yang maksimal guna menutupi biaya produksi serta mempertahankan kemajuan sebuah perusahaan hal penting yang perlu diketahui adalah strategi pasar yang paling tepat.  Sebab semakin banyak orang mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan maka potensi penjualan juga semakin meningkat. Kemudian sebenarnya apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?

Strategi pemasaran adalah seluruh rencana besar yang memperlihatkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi demi mencapai tujuan. Dengan begitu dalam menjalankan suatu usaha khususnya usaha kecil sangat membutuhkan adanya pengmbangan mlalui starategi pemasaran. Sebab yang nantinya mampu memberikan pertumbuhan kepada pendapatan masyarakat adalah usaha kecil-kecilan.

Pemasaran sendiri sebenarnya dimulai dari memenuhi keinginan konsumen dan akhirnya memiliki tujuan seperti berikut.

  • Konsumen potensial dimana pemasar dituntut untuk menyediakan semua permintaan konsumen atas produk yang dihasilkan serta konsumen mengetahui secara detail produk yang dihasilkan.
  • Perusahaan diharapkan mampu menjelaskan secara rinci mengenai seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen dengan baik, hingga ke proses pengiriman produk agar sampai kepada konsumen dengan cepat dan sesuai dengan pesanan konsumen.
  • Untuk bisa mencapai penjualan yang ditargetkan sangat penting mengenal serta memahami konsumen sehingga produk cocok dengan keinginan konsumen.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebagai penjual dalam melakukan pemasaran, diantaranya:

  • Pemilihan tempat yang cocok dan strategis.
  • Menawarkan produk yang terjamin kualitasnya.
  • Menawarkan harga yang sesuai dengan kualitas barang atau biasa disebut harga yang kompetitif.
  • Jangan hanya melakukan beberapa kali promosi saa namun lakukan promosi dengan gencar.
  • Merekrut sumber daya manusia yang handal dalam melakukan pemasaran.
  • Proses serta aktivitas bisnis yang baik.
  • Bukti fisik perusahaan agar tidak terjadi salah paham antara satu pihak dengan pihak lainnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen dalam menentukan barang yang ingin dimiliki, diantaranya:

  • Kebutuhan serta keinginan konsumen.
  • Biaya yang sekiranya dimiliki konsumen.
  • Kenyamanan bertransaksi.
  • Membangun komunikasi yang baik.

Pemasaran yang berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis dipengaruhi oleh dua faktor, diantaranya:

  • Faktor mikro : merupakan perantara pemasaran, distributor, pesaing, serta konsumen.
  • Faktor makro : merupakan ekonomi, politik, teknologi, serta sosial budaya.

Artikel terkait  Cara Menjual Barang (Produk) Melalui Media Internet

Beberapa Fungsi Pemasaran Pada Perusahaan

IMAGES

Arti pemasaran yang sudah kami jelaskan secara jelas seperti diatas pastinya sudah membuat anda cukup paham dan mengerti. Setelah itu ada beberapa hal yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran, salah satunya adalah fungsi dari sebuah pemasaran untuk perusahaan. Diantaranya:

Fungsi Pertukaran

Fungsi pemasaran yang pertama adalah sebagai media pertukaran, baik pertukaran informasi mengenai suatu produk, serta membeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Beberapa cara pertukaran yang sering dilakukan adalah dengan cara menukar produk dengan uang ataupun menukar barang dengan barang, yang selanjutnya barang tersebut bisa digunakan sendiri atau dijual kembali dengan target keuntungan yang lebih tinggi.

Artikel terkait  5 Jenis Pemasaran Produk yang Masih Efektif Untuk Bisnis

 

Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi pemasaran yang kedua adalah sebagai distribusi fisik untuk sebuah produk. Distribusi ini sendiri dilakukan dengan cara mengangkut barang tersebut atau menyimpannya. Untuk proses pengangkutan biasanya dilakukan dengan beberapa cara seperti melalui darat, air maupun udara. Sedangkan dalam proses penyimpanan biasanya dilakukan dengan cara menjaga pasokan produk supaya tetap tersedia ketika dibutuhkan.

Artikel terkait  Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran

Fungsi Perantara

Fungsi pemasaran yang terakhir adalah sebagai perantara penyampaian produk dari produsen ke tangan konsumen. Perantara ini biasanya dilakukan oleh tim marketing atau tim pemasaran yang terdiri dari satu orang atau lebih yang menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik.

Nah dalam proses perantara ini sendiri ini terdiri dari beberapa kegiatan seperti pembiayaan atau pembayaran, pencarian informasi, serta klasifikasi produk, dan masih banyak lagi.

Artikel terkait  Marketing Adalah ? (Pengertian dan Dasar-Dasarnya)

Beberapa Tugas Pemasaran Secara Umum

Hal berikutnya yang perlu kita ketahui mengenai pemasaran adalah tugas–tugas umum pemasaran. Sebenarnya tugas pemasaran sudah bisa kita lihat dari arti pemasaran. Namun untuk lebih jelasnya kami akan menjabarkannya berikut ini:

Memperkenalkan Produk

Tugas utama tim pemasaran atau tim marketing adalah untuk mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan, sebab tingkat penjualan akan sangat berpengaruh dari seberapa banyak konsumen mengetahui produk yang ditawarkan.

Artikel terkait  Pengertian Marketing dan Pengenalan Web Marketing

Mencapai Target Penjualan

Biasanya sebuah perusahaan membuat sebuah standar atau target penjualan perbulan atau per tahunnya kepada tim pemasaran. Nah disinilah peran strategi pemasaran yang baik sangat dibutuhkan, agar tercapainya target penjualan salah satunya dengan cara selalu memperhatikan kebutuhan serta kegiatan pasar.

Artikel terkait  Rencana Pemasaran Produk | Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Memastikan Kepuasan Konsumen

Tugas pemasaran lainnya adalah memastikan kepuasan konsumen, sebab kepuasan konsumen adalah salah satu keberhasilan yang baik. Ketika konsumen merasa puas dengan barang atau jasa yang anda jual maka bisa saja konsumen tersebut menjadi salah satu pelanggan setia anda. Maka hal ini bisa dianggap sebagai keberhasilan pemasaran.

Membuat Strategi Pemasaran Lanjutan

Jika strategi awal sudah dilakukan dengan cara melakukan pengiklanan baik secara online maupun offline, maka langkah selanjutnya adalah membuat strategi lanjutan, contohnya dengan memberikan diskon atau potongan harga, memberikan bonus barang seperti beli dua dapat tiga, serta masih banyak strategi lanjutan lainnya. Tujuan utama strategi lanjutan ini adalah untuk mendapatkan laba yang lebih besar dari strategi yang pertama.

Artikel terkait  4 Bauran Pemasaran | Pengertian, Komponen dan Konsepnya

Bekerjasama Dengan Mitra

Salah satu untuk mengoptimalkan penjualan adalah dengan bekerjasama dengan banyak mitra bisnis, dimana hal tersebut juga merupakan salah satu tanggung jawab dari tim pemasaran. Selain mencari mitra bisnis yang tepat, tim pemasaran juga harus mampu berinteraksi dengan baik kepada masyarakat, sebab masyarakat juga menjadi mitra dalam usaha anda.

Membuat Rekapitulasi Penjualan

Untuk bisa menghitung dengan jelas berapa penghasilan serta keuntungan yang jelas maka tim marketing harus membuat rekap data penjualan yang benar dan terstruktur. Selain itu rkap data uga dibuat sebagai pertanggungjawaban tim marketing kepada perusahaan.  Selain itu rekap pendapatan juga sangat dibutuhkan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran di masa mendatang.

Artikel terkait  Contoh Strategi Pemasaran yang Bisa Anda Coba

Jenis–Jenis Pemasaran

IMAGESPO

Dalam artikel kali ini yang membahas mengenai arti pemasaran dengan jelas kami juga menambahkan pengetahuan lain yang berhubungan dengan pemasaran, yaitu mengenai jenis–jenis pemasaran. Penjelasan mengenai jenis pemasaran ini bertujuan untuk mengefektifkan keuntungan dengan baik. Mari kita lihat beberapa jenis pemasaran seperti berikut:

Word Of Mouth Marketing

Jenis yang pertama diartikan sebagai berikut dimana calon konsumen bisa memperoleh informasi produk dari customer atau konsumen lain. Hal ini sama dengan pengiklanan yang dilakukan dari mulut ke mulut, maka dari menjaga kepuasan pelanggan dengan barang atau jasa serta pelayanan kita itu sangat penting agar terbangun citra positif dan mampu menjadi pengiklanan dari mulut k mulut yang baik.

Kebiasaan konsumen inilah yang perlu kita manfaatkan untuk promosi. Selain itu memang sudah menjadi kebiasaan konsumen ketika bertemu dengan calon konsumen lain untuk bercerita satu sama lain. Meski dalam pengiklanan ini tidak membutuhkan biaya namun cukup efektif menjaring konsumen.

Call to Action

Jenis pemasaran selanjutnya adalah beriklan dengan melakukan suatu usaha secara langsung, salah satu yang paling efektif diera digital ini adalah dengan membuat sebuah web bisnis atau web penjualan. Jika web yang anda buat mampu menjaring lebih banyak konsumen berarti web anda berhasil dengan baik dalam melakukan pemasaran produk. Anda bisa membuat web penjualan yang menggunakan text, video, gambar, grafik serta elemen web lainnya.

Kita harus menyadari dunia online saat ini lebih digilai dibanding dunia nyata jadi kita juga perlu membawa bisnis ke tempat yang lebih ramai yaitu cara online. Cara ini bisa memungkinkan barang atau jasa yang kita tawarkan dilihat oleh lebih banyak orang atau lebih luas sehingga potensi penjualan juga semakin tinggi. Maka tugas tim pemasaran membuat web yang berkualitas serta terus melakukan analisis pemasaran yang benar–benar spesifik.

Relationship Marketing

Cara efektif melakukan pemasaran adalah dengan melakukan relationship marketing yang tidak membutuhkan banyak biaya, sehingga dana yang dimiliki bisa digunakan dengan baik. Cara ini lebih dipilih karena mencari konsumen baru tidaklah mudah dan kadang mereka lebih loyal ketika peluncuran produk baru dimana masih banyak promo. Maka dari itu perusahaan lebih suka menggaet konsumen lama yang sudah jelas memiliki loyalitas kepada perusahaan.

Cloud Marketing

Jenis pemasaran berikutnya ini masih terbilang strategi pemasaran yang baru, dimana dilakukan dengan cara memasukkan semua sumber daya dan asetnya melalui cara online. Contoh cloud marketing yang dilakukan dan mendulang kesuksesan tinggi adalah affiliate program yang dilakukan oleh amazon. Kemudian amazon mempersilahkan associates untuk mengembangkan serta memodifikasi sumber daya tersebut. sehingga konsumen bisa mengakses buku, film melalui kindle fire.

PR Marketing

Public Relation merupakan salah satu jenis pemasaran yang cukup penting. Banyak sekali perusahaan yang memilih bekerjasama dengan media yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya produk mereka serta apa saja keuntungan yang didapatkan konsumen ketika memilih menggunakan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Mereka juga menganggap cara ini lebih efektif dan tidak membuang–buang waktu serta pengoptimalan modal.

Arti pemasaran yang kami jabarkan di atas serta semua hal yang berkaitan dengan pemasaran pastilah bisa menambah informasi, terutama bagi anda yang bergelut di dunia pemasaran atau marketing semoga bisa membantu masalah yang anda hadapi. Kurang dan lebih mohon maaf. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Sebagai sebuah ilmu, desain grafis juga memiliki sejumlah aturan untuk menyusun berbagai elemen desain hingga menjadi sebuah desain yang...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

15 Website Jurnal Gratis Terbaik

Menyusun sebuah jurnal bagi para cendekiawan ataupun para mahasiswa membutuhkan waktu yang tidak singkat. Seperti kita ketahui sampai detik...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Produksi Massal Adalah : Ciri, Keuntungan dan Tujuannya

Pernahkah Anda membayangkan atau memikirkan bagaimana suatu proses produksi dilakukan? Di mana seorang produsen menciptakan sebuah produk yang dapat...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjadikan suatu jasa sebagai produk utama perusahaannya. Bisa juga dikatakan sebagai perusahaan, yang...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya