Last Updated on June 2, 2022 by
Pemasaran jasa adalah kategori luas dari strategi pemasaran yang berfokus pada penjualan produk apa pun yang tidak memiliki bentuk fisik.
Pemasaran jasa ini mencakup mulai dari jasa pribadi seperti perawatan medis dan perawatan spa, hingga penyewaan kendaraan dan ruang, hingga pengalaman seperti konser dan kursus dansa.
Metode apa pun yang dapat mengomunikasikan daya tarik dan manfaat jasa kepada pelanggan adalah pendekatan yang valid, termasuk konten informasi, penawaran promosi, iklan, dan banyak jenis materi pemasaran lainnya.
Daftar Isi
Pihak yang Menggunakan Proses Pemasaran Jasa Adalah ?
Semua organisasi yang menyediakan jasa menggunakan strategi pemasaran jasa. Organisasi-organisasi ini bisa dibagi ke dalam dua kategori besar yaitu organisasi yang menyediakan jasa kepada individu (atau organisasi dengan konsep bisnis-ke-pelanggan, atau B2C), dan organisasi yang menyediakan jasa untuk organisasi lain (organisasi dengan konsep bisnis-ke-bisnis, atau B2B).
Pemasaran jasa adalah yang paling umum digunakan oleh perusahaan yang menjual jasa kepada individu. Mereka meneliti perilaku konsumen untuk membuat iklan yang menarik untuk demografi tertentu, memungkinkan perusahaan untuk mempersempit fokus pemasaran menjadi upaya yang terkonsentrasi.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang menyediakan jasa mengajar tari Bali akan menggunakan strategi pemasaran jasa untuk meneliti orang-orang seperti apa yang paling tertarik dengan tarian Bali, dan kemudian membuat bahan iklan dan promosi yang dirancang untuk menarik secara khusus untuk orang-orang seperti itu.
Organisasi yang menyediakan jasa untuk organisasi lain akan menerapkan teknik pemasaran ini dalam upaya pemasaran industri mereka – bidang yang didedikasikan untuk upaya pemasaran B2B. Ini biasanya memerlukan pendekatan yang melibatkan lebih banyak kontak ke orang-orang, karena perwakilan penjualan dari penyedia jasa perlu bernegosiasi dengan perwakilan dari bisnis klien.
Perusahaan yang menyediakan dukungan teknis untuk komputer perusahaan lain, misalnya, akan menggunakan pemasaran jasa untuk meyakinkan klien bahwa jasanya diperlukan atau merupakan investasi yang baik jika menggunakan jasa perusahaannya. Jasa-jasa ini bisa mencakup termasuk rapat, presentasi, dan negosiasi kontrak menggunakan komputer selain membuat materi iklan yang menarik bagi bisnis yang menggunakan komputer.
Baca juga : Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)
Strategi Pemasaran Jasa Adalah ?
Strategi pemasaran jasa adalah ketika perusahaan jasa memikirkan strategi pemasaran, mereka biasanya mempertimbangkan teknik outbound dan langsung yaitu pesan yang dikirim langsung ke calon pelanggan dan klien mereka. Tujuannya, dalam pendekatan ini, adalah untuk menjadi persuasif dan meyakinkan sehingga audiens memberikan respon dan terlibat dengan jasa yang ditawarkan.
Teknik-teknik ini tidak akan disangkal dalam mode pemasaran yang ada selama ini. Tetapi strategi pemasaran jasa telah berkembang selama bertahun-tahun, terutama setelah kedatangan pemasaran digital. Perilaku pembeli jasa telah berubah. Mereka lebih cenderung melakukan pencarian di internet untuk menemukan jasa pertanian, dan mungkin membaca ulasan klien untuk mengevaluasi jasa yang ditawarkan oleh penyedianya.
Ini, pada kenyataannya, telah memperluas berbagai strategi pemasaran jasa yang Anda inginkan. Tetap kompetitif di zaman ini berarti Anda siap mengambil keuntungan penuh dari berbagai strategi pemasaran jasa yang ada.
Tetapi di antara semua strategi pemasaran jasa yang tersedia di lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, mana yang akan menjadi yang terbaik untuk Anda? Mari kita lihat 10 strategi mendasar yang tidak hanya akan membantu perusahaan Anda tetap relevan, tetapi juga akan membantu Anda untuk terus maju dalam persaingan.
Strategi Pemasaran Jasa yang Tepat Bagi Perusahaan Jasa Adalah ?
Riset Pasar
Penelitian adalah landasan dari semua upaya pemasaran masa kini. Dari pasar ke riset merek, hingga studi ilmiah lengkap dapat membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat dalam melakukan pemasaran. hal ini akan memberi Anda dasar obyektif untuk pemasaran jasa dan juga memperluas baseline untuk mengukur hasil usaha Anda.
Penelitian membantu Anda untuk memahami pelanggan dengan lebih baik. Riset pasar memberi Anda wawasan tentang kinerja proses bisnis. Anda akan tahu apa yang perlu diperhitungkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan strategi pemasaran apa di sektor jasa yang perlu Anda kembangkan.
Dampak penelitian pasar jelas. Penelitian telah mengungkapkan bahwa perusahaan yang melakukan penelitian secara sistematis mengenai prospek mereka, pertumbuhan klien mereka 3 sampai 10 kali lebih cepat dan dua kali lebih menguntungkan daripada rekan yang tidak melakukan penelitian apa pun.
Strategi Niche
Salah satu pertimbangan bisnis yang paling penting untuk pemasaran jasa adalah penargetan niche dan spesialisasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa perusahaan jasa yang tumbuh paling cepat adalah spesialis dalam ceruk yang dipilih dengan cermat.
Ceruk harus merupakan sektor industri yang Anda pahami sepenuhnya, strategi ini adalah ruang di mana Anda bisa menjadi pemimpin dan pakar yang tak perlu dipersoalkan. Hal ini mendefinisikan apa yang Anda lakukan dengan tepat dan membedakan Anda di antara para pesaing. Spesialisasi adalah pembeda yang membuktikan dirinya.
Membuat suatu website dengan performa tinggi
Di pasar jasa profesional seperti sekarang ini, situs web perusahaan Anda akan menjadi salah satu aset terpenting. Alat pemasaran ini lebih dari sekadar papan iklan digital, seperti yang diyakini banyak perusahaan di masa lalu. Situs web yang baik adalah pusat kehadiran online dari penyedia jasa serta proyeksi infomasi yang penuh dengan daftar keahlian Anda dalam bidang tertentu.
Situs web adalah alat utama untuk membangun visibilitas merek. Selain itu calon klien biasanya mencari online untuk menyewa penyedia jasa. Anda harus memiliki situs web yang mudah dinavigasi di mana orang menemukan semua informasi yang mereka butuhkan dan Anda akan mendapatkan peluang yang lebih baik untuk memenangkan bisnis.
Ketika seorang pengunjung mendarat di situs web Anda, informasi yang kuat dan penawaran yang dirancang dengan hati-hati dapat mendorong prospek untuk terlibat lebih dekat.
Search Engine Optimization (SEO)
Setelah memiliki website dengan performa yang baik, strategi selanjutnya dari pemasaran jasa adalah menerapkan langkah-langkah SEO (optimalisasi situs web pada mesin pencari seperti Google, yahoo dll) ke dalam website tersebut sebagai salah satu strategi paling penting yang tersedia untuk mengarahkan lalu lintas ke dalam situs.
Adapun jenis-jenis penerapan SEO dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu.
Onsite SEO
Teknik ini menggunakan kata kunci yang ditargetkan untuk mengkomunikasikan konten situs web Anda yang akan menarik bagi audiens target Anda.
Fase kata kunci biasanya fokus pada jasa yang Anda tawarkan dan membantu mesin pencari untuk menghasilkan data yang lebih relevan bagi para pencari. Dan ketika audiens mencari beberapa wawasan tentang area jasa spesialisasi Anda, mereka akan mendarat di situs web Anda.
Offsite SEO
Ini mengambil bentuk tautan balik ke situs web Anda, lalu melalui artikel tamu di situs web lain, atau melalui keterlibatan pihak ketiga. Upaya ini meningkatkan otoritas situs web sebagai pemimpin yang diakui di bidang minat Anda.
Karena tautan situs web yang lebih relevan dan berkualitas tinggi ke situs Anda, mesin pencari populer akan memahami kredibilitas Anda, yang mengarah ke peringkat yang lebih tinggi.
Media sosial
Jika Anda memerlukan lebih banyak bukti tentang relevansi media sosial untuk jasa profesional, inilah beberapa info. Lebih dari 60% dari semua pembeli memeriksa penyedia jasa baru melalui media sosial yang menjadikannya salah satu sumber informasi yang paling umum digunakan daripada rekomendasi atau rujukan resmi.
Bahkan, sifat rujukan telah berubah dengan kedatangan media sosial. Sebuah studi pemasaran rujukan baru-baru ini menemukan bahwa hampir 17% dari semua rujukan berbasis keahlian dilakukan berdasarkan interaksi media sosial. Sederhananya, media sosial bertindak sebagai akselerator untuk mencapai keahlian, reputasi, dan konten Anda kepada pelanggan target Anda.
Iklan
Ada beberapa platform di mana Anda dapat mengiklankan perusahaan pemasaran jasa adalah termasuk hal-hal berikut ini:
- Situs web dan publikasi Industri Jasa
- Media sosial
- Google AdWords, pemasaran mesin pencari (SEM), Yahoo, Bing dan portal lainnya.
- Penargetan Ulang: Teknologi berbasis cookie yang menggunakan kode JavaScript untuk secara anonim mengikuti audiens Anda di internet dan menayangkan iklan yang relevan.
Iklan tidak hanya mempromosikan pemasaran jasa Anda. Ini juga memainkan peran utama untuk mendorong unduhan konten, sehingga meningkatkan visibilitas dan keahlian.
Pemasaran jasa rujukan
Alur rujukan jasa profesional telah banyak berubah selama bertahun-tahun. Hal ini telah memengaruhi strategi pemasaran jasa secara besar-besaran. Telah ditemukan bahwa lebih dari 81% penyedia jasa telah menerima rujukan dari orang-orang yang tidak pernah menjadi kliennya. Lalu dari mana semua rujukan ini berasal? Sebagian besar dari mereka berasal dari keahlian atau reputasi perusahaan.
Pemasaran konten dapat digunakan sehubungan dengan strategi rujukan yang disebutkan di atas. Dengan cara ini Anda dapat membangun reputasi baik untuk merek Anda dan mendapatkan reputasi luas untuk domain khusus Anda. Anda membangun daya ingat merek di antara audiens yang mungkin tidak bekerja dengan Anda. Ini, pada gilirannya, mengarah pada lebih banyak rujukan dan bisnis baru.
Otomatisasi Pemasaran, CRM, dan Lead Generation
Otomatisasi pemasaran
Ini menggantikan proses manual berulang berulang dan system otomatis yang lebih canggih. Pergantian ini didukung oleh teknologi. Otomasi menyatukan semua saluran pemasaran jasa online ke dalam satu sistem yang dikelola secara terpusat untuk membuat, mengelola, dan mengukur promosi dan program yang dimiliki perusahaan.
Seperti alat teknologi lainnya, penting bagi Anda untuk memilih perangkat lunak otomasi pemasaran jasa yang tepat yang paling cocok untuk perusahaan Anda. Kompleksitas, skalabilitas, dan ukuran solusi harus cocok dengan kebutuhan Anda.
CRM
Perangkat lunak lain yang berharga adalah sistem manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management/ CRM). Sejumlah besar perusahaan menggunakan CRM untuk melacak dan mengatur informasi klien dan mencari peluang. Modul CRM, singkatnya, dapat membantu Anda untuk tetap terhubung dan terorganisir, terlepas dari betapa rumitnya operasional perusahaan Anda.
Sistem CRM berfungsi sebagai basis data untuk semua informasi yang terhubung dengan klien dan peluang, termasuk catatan terperinci tentang interaksi. Informasi dapat dimasukkan, disimpan, dan diakses oleh staf sesuai kebutuhan. Ini mengarah pada sinkronisasi pekerjaan di berbagai departemen di perusahaan Anda.
Lead Generation
CRM bukan akhir mengantongi klien baru. Situs web adalah bagian penting dari teka-teki. Pemasaran email juga sama pentingnya. Kampanye pemasaran jasa email yang digerakkan oleh Analytics dan ditargetkan membantu Anda memberikan penawaran keras dan lunak untuk jenis pembeli tertentu, yang disesuaikan dengan permintaan mereka.
Kampanye dengan email blast, di sisi lain akan memungkinkan Anda untuk mengirim penawaran yang ditargetkan untuk segmen di audiens Anda selama periode waktu tertentu. Hal itu akan menempa keterlibatan yang lebih dekat antara penyedia jasa dan klien dan memberikan edukasi melalui penawaran dan konten yang relevan dan berturut-turut.
Pengujian dan optimalisasi
Pengujian dan pengoptimalan memungkinkan Anda untuk menjadwalkan upaya pemasaran dan mengambil keputusan berdasarkan fakta nyata dan bukan anggapan. Sementara penelitian menjadi dasar dari kegitana pemasaran, pengujian dan optimalisasi adalah tindakan berkelanjutan yang wajib dilakukan. Pengujian kampanye pemasaran tidak boleh berhenti. Tapi mereka bisa disesuaikan sesuai permintaan pasar.
- Pengujian A / B untuk halaman arahan dan email: Menggunakan alat A / B yang populer seperti Unbounce atau Optimizely, pelajari halaman atau email mana yang paling berhasil mengonversi pengguna dalam berbagai desain, bahasa, atau elemen lainnya.
- Rendering halaman arahan dan email: Menggunakan alat-alat seperti Email untuk menguji cara membawakan halaman pada berbagai platform dan perangkat, memastikan mereka berfungsi sebagaimana mestinya.
Analisa dan pelaporan
Selalu penting untuk melakukan analisa metrik yang tepat untuk mengukur hasil secara efektif. Tetapi Anda harus memiliki alat untuk mengumpulkan data yang akurat. Ini termasuk media sosial, situs web Anda, dan SEO.
Di antara yang lainnya, Google Analytics adalah alat penting untuk mengukur dan menganalisis lalu lintas di situs Anda. Anda dapat meningkatkan hasil SEO dengan MOZ, selain itu program seperti Hootsuite dan alat serupa dapat memberikan analisis media sosial yang terperinci.
Analisis dan pengujian secara teratur akan membantu Anda memahami apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Gunakanlah dengan bijak. Mereka akan membantu Anda mengubah upaya pemasaran jasa dari seni ke sains.
Tipe Pemasaran Jasa Adalah ?
Pemasaran jasa adalah berbeda dengan mempromosikan produk yang berwujud karena konsumen seringkali perlu dididik tentang suatu jasa. Pemasaran jasa sering memerlukan lebih banyak penjelasan tentang mengapa pelanggan membutuhkan produk jasa tersebut, cara kerjanya, dan mengapa Anda adalah entitas terbaik untuk memberikan jasa tersebut.
Jika Anda seorang wiraswasta tunggal, menjual keterampilan unik yang Anda miliki adalah hal yang bisa dilakukan. Dalam hal ini Anda bahkan lebih siap untuk menjelaskan apa yang Anda bisa lakukan. Menggunakan pendekatan pendidikan multi-cabang untuk memasarkan jasa akan menjadi taruhan terbaik Anda untuk meningkatkan penjualan.
Rujukan
Salah satu cara terbaik untuk memasarkan benda tak berwujud adalah melalui pemasaran dari mulut ke mulut. Pelanggan yang senang tidak akan menunggu untuk ditanyai tentang jasa dari teman dan akan sering ingin berbagi pengalamannya dan memberi tahu orang-orang mengapa dia menyukai jasa tersebut.
Beberapa penyedia jasa menggunakan program rujukan sebagai bagian integral dari pemasaran mereka. Anda dapat menawarkan bonus tunai kepada setiap klien untuk setiap rujukan yang mereka kirimkan kepada Anda, menawarkan mereka jasa gratis untuk setiap arahan atau menawarkan tarif jasa yang lebih rendah kepada teman-teman mereka jika mereka sudah menjadi pelanggan.
Edukasi
Tipe lain untuk pemasarkan jasa adalah dengan memberikan edukasi kepada pelanggan. Anda dapat melakukan ini dengan menawarkan seminar gratis, makan siang dan belajar atau pertemuan pendidikan lainnya. Anda dapat menulis artikel untuk majalah dan surat kabar dan memberikan ceramah di pameran dagang dan konferensi. Dengan strategi pemasaran edukatif, Anda tidak menekankan fitur atau harga produk Anda, tetapi manfaat menggunakan jasa Anda.
Misalnya, jika Anda memiliki bisnis perawatan anjing, Anda dapat menulis artikel untuk surat kabar lokal yang membahas efek kutu dan kutu hewan peliharaan terhadap kesehatan keluarga dan kesejahteraan hewan peliharaan, yang menunjukkan bagaimana perawatan rutin dapat mengatasi masalah ini.
Demikianlah tulisan saya tentang pemasaran jasa. Semoga dapat membantu Anda untuk semakin memperkaya wawasan yang Anda miliki. Sampai jumpa di tulisan-tulisan kami selanjutnya. Terima kasih.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.