Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya

-

Ketika duduk di bangku sekolah, Anda mungkin pernah mendengar soal seperti “Sebutkan ciri-ciri pasar persaingan sempurna!” Apakah sampai hari ini Anda masih mengingat ciri-ciri pasar persaingan sempurna tersebut?

Anda mungkin familiar dengan kata pasar dan persaingan. Pasar dikenal sebagai tempat di mana proses transaksi jual beli terjadi. Oleh karena itu, pasar juga akrab dengan aktivitas persaingan. Setiap pedagang di pasar tentunya selalu bersaing satu sama lain untuk dapat meraih keuntungan sebanyak-banyaknya.

Namun apakah yang dimaksud dengan “Pasar Persaingan Sempurna”? Istilah ini mungkin tidak familiar di telinga masyarakat awam, dan banyak pula orang yang kebingungan ketika disodori pertanyaan seperti “sebutkan ciri-ciri pasar persaingan sempurna” di atas tadi Anda juga salah satunya?

Lantas, seperti apakah ciri-ciri pasar persaingan sempurna? Berikut ini kami sajikan ulasan lengkapnya khusus untuk Anda.

Mengenal Pasar Persaingan Sempurna

pasar-sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah salah satu jenis pasar yang ada di masyarakat. Pasar persaingan sempurna dapat diartikan sebagai suatu pasar yang menjual produk-produk sejenis dengan tingginya jumlah pembeli dan penjual yang terlibat di dalamnya. Kunci utama dari ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah tipe produk sejenis yang dijual ke konsumen. Meski demikian, pasar persaingan sempurna dinilai sebagai jawaban terbaik untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dikarenakan tidak adanya dominasi pihak tertentu di dalamnya.

Berbeda dengan jenis pasar lainnya, harga-harga produk yang berlaku di pasar ini tidak dapat dipengaruhi oleh penjual dan pembeli. Harga produk dalam pasar persaingan sempurna merupakan 100% buah hasil interaksi berupa kesepakatan, permintaan dan penawaran. Permintaan merupakan keinginan dari konsumen, sedangkan penawaran adalah keinginan produsen atau penjual. Ketidakmampuan pembeli ataupun penjual untuk mengubah harga juga dikarenakan adanya “ikatan batin” serta pemahaman bahwa kedua belah pihak telah memahami struktur dan situasi dalam pasar.

Artikel terkait  Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran

 

5 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

pasar-persaingan-sempurna

Ada sejumlah ciri yang membedakan jenis pasar persaingan sempurna dengan pasar lainnya. Untuk memahaminya, Anda tentu akan dapat menjawab pertanyaan “Sebutkan ciri-ciri pasar persaingan sempurna,” yang disebutkan sebelumnya dengan mudah! Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.

1. Didominasi oleh Pedagang Kecil

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah banyaknya pedagang kecil yang terlibat di dalamnya. Banyaknya pedagang dan perusahaan kecil yang berjualan di pasar ini bertujuan agar tidak ada kendali kuasa oleh pihak tertentu dalam pasar. Adapun bentuk kendali yang dimaksud yaitu berupa harga dan kualitas produk. Hal ini tidak akan terwujud apabila terdapat perusahaan besar yang beroperasi di dalam pasar. Keberadaan perusahaan besar justru akan mengakibatkan dominansi pasar secara sepihak dan mematikan para pedagang kecil di sekitarnya.

2. Produk Sejenis atau Homogen

Anda dapat mengenali pasar persaingan sempurna dengan mudah hanya dengan menelah jenis produk yang dijual. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada bagian definisi, kunci utama yang membentuk pasar persaingan sempurna yaitu tipe produk yang dijual selalu sejenis atau serupa. Produk sejenis ini juga dikenal sebagai produk homogen.

Saat ini, mungkin Anda pernah mendapati sejumlah pedagang yang menjualkan produk-produk serupa. Semisal di suatu komplek pasar, terdapat belasan atau puluhan pedagang yang menjual baju dari bahan katun. Setiap toko menjual produk yang mirip mulai dari segi bahan, variasi warna, kualitas jahitan, hingga harganya.

Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda selaku konsumen. Sebab, Anda bisa mendapatkan produk yang sama persis dari pedagang manapun yang Anda kunjungi di pasar persaingan sempurna. Anda pun tidak kesusahan dalam mencari dan mendapatkan produk yang sama semisal telah kehabisan stok di salah satu toko.

Artikel terkait  Pengertian Bauran Pemasaran 7P dan 4P

 

3. Tingginya Jumlah Pedagang dan Konsumen

Tingginya jumlah pedagang dan konsumen yang terlibat dalam aktivitas pasar persaingan sempurna membentuk ciri khusus berikutnya dari pasar ini. Banyaknya jumlah pedagang dan konsumen dalam pasar persaingan sempurna menyebabkan ketidakmampuan mereka untuk memengaruhi situasi pasar. Tak seperti pasar jenis lainnya, unsur pedagang dan pembeli hanyalah segelintir kecil dari keseluruhan sistem pasar persaingan sempurna.

Ingat! Dalam pasar persaingan sempurna, para pedagang dan pembeli tidak bisa menentukan harga produk. Masih tetap terjadi interaksi di antara kedua belah pihak dalam pasar. Namun, interaksi tersebut hanyalah suatu aksi price taker alias “pengikut harga”. Aksi price taker ini pulalah yang mengakibatkan harga pasar bersifat datum. Sifat harga datum adalah harga yang besarannya tetap atau konstan, tak peduli berapapun jumlah yang laku terjual.

4. Setiap Orang Mempunyai Wawasan tentang Pasar

pasar sempurna

Ciri selanjutnya dari pasar persaingan sempurna adalah setiap orang yang berperan di dalamnya telah memiliki pengetahuan serta wawasan tentang keadaan pasar. Setiap orang yang dimaksud adalah penjual serta pembeli yang beraktivitas di dalam pasar. Mereka selalu mengetahui situasi pasar, termasuk perubahan yang terjadi, dan besar harga produk yang berlaku kala itu.

Nyatanya, wawasan terkait kondisi pasar memegang peranan penting dalam aktivitas pasar persaingan sempurna. Sejumlah keuntungan yang dirasakan oleh para penjual dan pembeli berkat pengetahuan ini antara lain:

  • Setiap konsumen membeli barang dengan harga sama. Tidak ada konsumen yang rugi dikarenakan membeli barang yang lebih mahal daripada harga pasar.
  • Begitu juga dengan para penjual, tidak ada yang mendapatkan keuntungan lebih besar atau lebih sedikit daripada yang lain. Sebab tak seorangpun penjual menawarkan barangnya jauh lebih tinggi atau lebih rendah dari harga pasar.
  • Alokasi sumber daya yang dimiliki oleh para pedagang secara totalitas didedikasikan untuk meraih keuntungan. Para pedagang sudah jelas tidak bisa mengandalkan harga produk sebagai alat bersaing. Oleh karena itu, mereka berfokus pada kualitas produk untuk menarik minat konsumen. Semakin baik kualitas produk yang ditawarkan, maka konsumen pun akan berdatangan.

Artikel terkait  6 Cara Membujuk Pengguna untuk Meningkatkan Konversi

5. Free Entry and Free Exit untuk Pedagang

Dalam pasar persaingan sempurna, setiap pedagang bebas untuk membuka ataupun menutup lapaknya. Dibandingkan dengan pasar lainnya, pasar persaingan sempurna tidak memberikan suatu kontrak atau perjanjian kepada para pedagang yang ingin berjualan atau berhenti. Istilah ini dikenal dengan free entry and free exit.

Ciri ini memberikan keuntungan bagi setiap pedagang, sebab tidak ada yang akan menghambat mereka ketika hendak membuka lapak atau menutupnya. Pedagang akan membuka dagangan di pasar persaingan sempurna jika prospek pasar dianggap dapat memberi keuntungan. Para pedagang yang bertahan biasanya karena mereka mampu menjual produk berkualitas tinggi dengan harga sesuai pasar. Dalam sistem pasar persaingan sempurna, konsumen cenderung melihat kualitas produk. Harga sudah tidak terlalu menjadi faktor pertimbangan saat belanja, sebab semua pedagang menawarkan produk dengan harga yang sama.

Begitu pula sebaliknya. Para pedagang bisa memilih menutup usaha dan berhenti jika aktivitas perekonomian di pasar persaingan sempurna justru membuat mereka rugi. Kerugian pedagang dapat diakibatkan oleh sejumlah faktor. Seperti misalnya, pedagang tersebut memiliki kualitas produk yang buruk, tidak dapat bersaing, atau produk tidak memenuhi kriteria yang berlaku di pasar.

Itu dia ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna. Apakah sekarang Anda ingin mencoba pasar persaingan sempurna ini? Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan Anda, ya!

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya