Media Bisnis Online | by APPKEY

News Bisnis Mengapa Experiential Marketing Lebih Dari Sekadar Aktivasi Yang Memicu...

Mengapa Experiential Marketing Lebih Dari Sekadar Aktivasi Yang Memicu FOMO

-

FOMO merupakan akronim dari Fear Of Missing Out, istilah ini biasa digunakan untuk menjelaskan pola perilaku anak muda yang selalu merasa khawatir secara berlebihan ketinggalan trend yang sedang hits.

Sebuah artikel dari Age advertising yang dirilis sebelum pandemi menyarankan bahwa experiential marketing mungkin telah mencapai puncaknya. Experiential marketing atau pemasaran keterlibatan adalah strategi pemasaran yang mengundang audiens untuk berinteraksi dengan bisnis dalam situasi dunia nyata.

Dengan menggunakan materi pencitraan merek yang partisipatif, langsung, dan berwujud, bisnis dapat menunjukkan kepada pelanggannya tidak hanya apa yang ditawarkan perusahaan, tetapi juga apa artinya.

Experiential marketing tidak boleh direduksi hanya sebagai alat pemasaran saja. Sebaliknya, ini adalah disiplin strategis dan cara yang ampuh untuk membangun hubungan emosional antara konsumen dan merek. Ini bukan hanya tentang keterlibatan dalam sosial media dan ketakutan akan ketinggalan zaman.

Ini tentang menempatkan konsumen di pusat merek, memahami pola pikir mereka, dan menciptakan pengalaman yang menunjukkan titik diferensiasi merek dan mengapa itu relevan bagi konsumen. Gigabyte, misalnya langsung mencari cara baru ketika mengetahui bahwa salah satu acara pameran terpentingnya dibatalkan karena COVID-19.

Dengan menawarkan tur stan digital yang dapat diklik memandu pengunjung melalui perkembangan terbaru mereka dalam 5G, perusahaan perangkat keras komputer tersebut bertemu dengan mitra, pelanggan, dan pengguna di mana mereka berada (online).

Pengalaman tangkas ini diciptakan secara strategis untuk memberikan nilai yang sama dengan yang diharapkan peserta dari acara yang dilakukan secara langsung.

Mitos Media Sosial

Pengalaman merek pada awalnya tidak dirancang untuk menciptakan rute tercepat untuk mendarat di umpan sosial. Meskipun penguatan sosial merupakan aspek penting dari pemasaran berdasarkan pengalaman, itu bukan satu-satunya tujuan.

Pemasar berpengalaman perlu keluar dari dunia media sosial dan fokus pada waktu yang dihabiskan bersama konsumen. Tentu saja, pemasaran konten harus menjadi komponen yang terintegrasi secara mulus dan strategis.

Seharusnya tidak hanya bergantung pada saham konsumen, dukungan media bisa menjadi cara yang jauh lebih autentik untuk menangkap pengalaman. Kampanye yang dibuat dengan baik harus dirancang dengan mempertimbangkan influencer, pembuatan konten merek, keterlibatan sosial, dan amplifikasi berbayar.

Merek perlu mengambil risiko dalam mengukur keberhasilan pemasaran berdasarkan pengalaman dengan berpikir jangka panjang dan menciptakan “kesan yang berat” melalui produksi berkualitas tinggi daripada sekadar meletakkan tanggung jawab pada kesan sosial jangka pendek.

Dari Milenial Hingga Gen Z

Experiential marketing adalah tentang membangun kecintaan merek, bukan mendorong tayangan. Ini adalah investasi dalam hubungan jangka panjang dengan konsumen, dan merupakan cara terbaik untuk mendekati Generasi Z.

Generasi Z menyumbang 32% dari populasi dunia. Sebagai kelompok, mereka mengkonsumsi media secara berbeda dengan generasi yang datang sebelum mereka. Mereka juga lebih sedikit menonton TV dan mereka lebih dipengaruhi oleh influencer.

Interaksi manusia dan pengalaman otentik mendorong konsumsi Gen Z, jadi merek perlu memberikan peluang semacam itu secara online. 99% Gen Z yang luar biasa berbelanja di toko-toko secara teratur sebelum pandemi, dan toko pop-up sangat dihargai.

Generasi Z ini mengharapkan merek bertindak seperti manusia dan mengekspresikan empati. Dan pemasaran berdasarkan pengalaman adalah saluran terbaik untuk melakukan hal itu.

Experiential marketing telah disalahartikan sebagai media sosial dan fenomena FOMO, tetapi inilah saatnya untuk melampaui tayangan dan kembali ke tujuan sebenarnya, membangun hubungan otentik dengan konsumen.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya