Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 74

Cara Terbaik Mencari Kata Kunci untuk Toko Online Anda

0
051

Pernahkah Anda merasa jika bisnis online Anda tidak berkembang? Atau merasa jika website Anda sulit untuk ditemukan di mesin pencari populer seperti Google dan Bing? Yuk ditelaah lagi, bisa jadi Anda belum memasukkan atau salah mencantumkan kata kunci pada konten web Anda.Masih banyak pebisnis online awam yang tidak memahami pentingnya penggunaan kata kunci dalam setiap postingan mereka.

Memposting konten secara berkala memang akan meningkatkan kualitas website, akan tetapi, mengabaikan kata kunci yang tepat juga dapat berujung pada kesia-siaan. Sesuai dengan namanya, sebuah kata kunci menjadi “kunci masuk” dari para konsumen untuk bisa mendatangi toko Anda. Jadi tanpa menggunakan kata kunci yang tepat, mustahil bagi konsumen untuk dapat menemukan website Anda dari ribuan website kompetitor lainnya.

Apa itu kata kunci? Bagaimana cara kerjanya untuk meningkatkan bisnis? Lebih penting lagi, bagaimana cara terbaik untuk membuat kata kunci yang tepat bagi laman perusahaan Anda? Mari simak artikel berikut ini untuk memahami lebih jauh terkait seluk-beluk kata kunci untuk mendongkrak traffic website bisnis Anda.

Apa Itu Keyword?

keywords-1

Sebelum melompat ke cara-cara merumuskan kata kunci, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu kata kunci. Dalam Bahasa Inggris, istilah ini dinamai sebagai keyword. Umumnya, kita menggunakan keyword saat hendak mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google.

Semisal kita hendak mencari daftar nama hewan langka di Indonesia. Agar mendapatkan hasil pencarian yang sesuai, tentunya Anda akan mengetik “daftar nama hewan langka di Indonesia,” bukan? Saat keyword tersebut dimasukkan, Anda otomatis akan disuguhi beragam judul artikel dan laman website yang dapat Anda kunjungi.

Itulah sistem kerja dari sebuah keyword. Keyword adalah sebuah rangkaian kata yang digunakan untuk mendapatkan hasil pencarian di search engine internet. Oleh sebab itulah, kata kunci memegang peranan penting agar website Anda dapat ditemukan oleh calon konsumen.

Dalam dunia digital marketing pun, keyword sering disebar dalam isi konten agar laman konten dapat lebih mudah muncul saat dicari. Semakin banyak orang yang berhasil menemukan dan mengunjungi website Anda, maka traffic web perusahaan akan semakin meningkat.

6 Teknik Menemukan Kata Kunci Terbaik untuk Bisnis Anda

Kata kunci memegang peranan penting agar toko online Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh masyarakat. Ilustrasi sederhananya adalah seperti ini: bayangkan Anda memiliki sebuah website toko buku online yang menawarkan harga murah. Calon konsumen yang hendak berbelanja buku online secara murah tentunya akan memasukkan keyword seperti “toko buku online murah” di laman Google. Jika postingan di website Anda menggunakan keyword yang sama, maka otomatis halaman website Anda akan muncul di kolom hasil pencarian konsumen.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menggunakan keyword terbaik sekaligus paling pas untuk setiap postingan di laman website usaha Anda. Keyword yang pas akan otomatis mengantarkan calon konsumen ke gerbang toko Anda. Ada begitu banyak kombinasi serta ragam keyword yang dapat dibuat oleh seseorang. Lantas apa saja cara-cara untuk mendapatkan keyword terbaik bagi toko Anda?

Cara perumusan keyword termudah untuk seorang pemula adalah dengan metode brainstorming. Dengan metode ini, Anda dapat menggali sebanyak-banyaknya inspirasi keyword yang sesuai dengan perusahaan Anda. Anda bisa menuliskan apa saja ide yang muncul dalam pikiran untuk dijadikan keyword.

Semisal Anda memiliki kedai kopi dan ingin mempromosikan usaha di media sosial, maka Anda merumuskan sejumlah keyword yang berkaitan dengan kopi seperti : kedai kopi baru, kopi latte, espresso, es kopi kekinian, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, apakah teknik brainstorming ini saja sudah cukup? Bagaimana jika otak Anda benar-benar “buntu” dan kekurangan inspirasi kata kunci? Pertanyaan kedua merefleksikan kejadian yang sering menghampiri serta mengganggu banyak orang kala merumuskan keyword. Bukan tidak mungkin jika Anda juga mengalami kebuntuan mendadak saat hendak menuliskan keyword terbaik untuk usaha.

Selain itu, para pemula juga cenderung kesulitan dalam merumuskan keyword yang spesifik. Membuat keyword yang terlalu umum maupun terlalu spesifik juga tidak akan membawa efek baik bagi traffic website perusahaan.

Keyword yang terlalu umum biasanya bersifat lemah sehingga website Anda akan “tenggelam” dalam lautan website lain milik para pesaing. Begitupun keyword yang terlalu spesifik akan mengakibatkan website Anda susah ditemukan pengguna karena terlalu sulit untuk dicocokkan dengan keyword pencarian.

Namun jangan khawatir! Berikut ini kami mempunyai 6 teknik terbaik untuk menemukan keyword untuk toko online Anda. Dengan menerapkan teknik-teknik ini, dijamin toko online Anda akan naik peringkat di SEO.

1) Menggunakan Tren

Teknik pembuatan keyword yang pertama adalah menggunakan tren saat ini. Cara ini dijamin ampuh untuk meningkatkan toko online dalam hasil pencarian SEO.

Mengapa? Sebab, keyword yang mengikuti tren biasanya akan masuk ke kategori pencarian populer. Traffic konten Anda akan cepat naik jika menggunakan keyword dari tren yang sedang viral dan banyak dicari. Alhasil dengan memanfaatkan cara ini, toko Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan masyarakat.

Namun teknik ini memiliki tantangannya tersendiri, sebab tren di masyarakat selalu berubah-ubah setiap saat. Jadi, bagaimana caranya untuk mengetahui tren terbaru di masyarakat? Jawabannya adalah dengan melakukan riset serta pengamatan langsung.

Cari tahu hal-hal apa yang sedang viral saat ini di masyarakat. Jika Anda masih menemukan kesulitan, gunakanlah alat bantu seperti Google Trends yang memiliki update terkait tren terbaru. Lalu segeralah mencari tren yang cocok untuk mendongkrak konten Anda dan masukkan selaku keyword.

2) Mengamati Pesaing

seo-keywords (1)

Teknik selanjutnya adalah mengamati pesaing. Banyak orang melakukan kekeliruan dengan memusuhi pesaing bisnis mereka. Padahal, Anda bisa memanfaatkan para kompetitor ini untuk mendapatkan inspirasi keyword yang pas untuk mendongkrak platform online Anda di mesin pencari. Caranya?

Ada cukup banyak cara mudah untuk mengamati para kompetitor ini. Anda bisa memulai dengan mengamati dan membandingkan website atau laman media sosial milik perusahaan Anda dan milik pesaing. Lewat teknik ini, Anda bisa melihat perbedaan, keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing website.

Cara berikutnya adalah dengan memperhatikan gerak-gerik dari para pesaing. Cari tahu bagaimana cara mereka memasarkan dan mempromosikan produk, jenis produk yang dibuat, hingga keyword-keyword apa saja yang berhasil mendongkrak usaha mereka.

Pelajari dan pahami hingga sejauh mana keyword yang digunakan kompetitor mampu membawa laman perusahaannya dalam hasil pencarian internet. Langkah ini bisa menjadi pedoman Anda untuk menentukan keyword yang pas untuk konten sendiri.

Namun bagaimana kalau Anda tidak tahu cara menggali informasi dari website pesaing? Tenang saja, saat ini Anda bisa mengorek informasi tersebut dengan alat bantu seperti keyword research tool. Di samping itu, Anda juga bisa menghubungi jasa-jasa SEO berpengalaman untuk membantu. Mudah dan praktis!

3) Menerapkan Sistem Long-Tail Keyword

Sistem long-tail keyword adalah trik keyword yang juga sukses di pasaran. Sesungguhnya, terdapat 2 jenis keyword yang umum dipakai oleh perusahaan dalam konten mereka yakni short-tail keyword dan long-tail keyword.Short-tail keyword dikenal sebagai keyword pendek. Umumnya, keyword ini bersifat general, tidak spesifik, dan hanya memiliki panjang 1 sampai 2 kata saja. Contohnya: toko online.

Sementara long-tail keyword adalah keyword panjang. Keyword tipe ini merupakan penjabaran lebih spesifik dari short-tail keyword. Ia bersifat lebih spesifik, terdiri dari 3 hingga 5 kata, dan cocok dipakai jika pengguna menginginkan hasil pencarian yang lebih tepat sasaran. Contohnya: toko online Bali, toko online makanan, toko online COD Bali, dan masih banyak lagi.

Penggunaan long-tail keyword dapat menjadi solusi untuk menaikkan traffic konten Anda di dunia maya. Sebab, long-tail keyword dinilai sebagai tipe keyword yang berkualitas. Selain itu, jika Anda menggunakan long-tail keyword maka Anda tidak perlu mencantumkan keyword terlalu banyak. Alhasil Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan keyword atau mencantumkannya hingga melebihi kapasitas konten.

4) Memakai Aplikasi Keyword Tool

Ingin membuat keyword yang lebih praktis? Gunakan aplikasi Keyword Tool saja, yuk!

Aplikasi Keyword Tool banyak digunakan oleh pebisnis yang ingin merumuskan keyword secara praktis sekaligus banyak. Dalam satu kali prosesnya, aplikasi ini bisa menghasilkan sampai 750 saran keyword yang dapat dicantumkan dalam konten.

Alat ini bekerja dengan sistem Google Autocomplete sehingga mampu bekerja dalam 83 bahasa dan 129 domain dalam Google. Alhasil, keyword yang disajikan akan memberi peluang besar untuk laman Anda ditemukan lebih banyak orang.

Aplikasi yang sangat user friendly ini sangat cocok untuk Anda yang baru pemula dalam merumuskan keyword untuk postingan. Lebih jauh lagi, aplikasi Keyword Tool juga bisa memberikan saran frasa maupun kata berdasarkan jenis keyword yang Anda inginkan. Sangat simpel, praktis dan bermanfaat bukan? Tertarik untuk mencoba aplikasi ini?

5) Membuat Kelompok Keyword

Cara berikutnya yang juga akan mempermudah proses perumusan keyword untuk konten Anda adalah dengan membuat kelompok keyword. Saat mengggali inspirasi keyword, bisa jadi Anda justru merasa kebingungan karena setiap keyword bertebaran begitu saja dalam benak. Jadi untuk mempermudah kerja, cobalah mengelompokkan setiap keyword mulai dari yang paling umum hingga ke yang paling spesifik.

Sebagian orang menilai kegiatan pengelompokkan ini sangat melelahkan dan memakan waktu karena harus dilakukan satu demi satu. Belum lagi Anda bisa terjebak kebingungan menentukan tingkat kespesifikan dari suatu keyword. Anda bisa memanfaatkan peralatan bantu dari SEO untuk lebih memudahkan kerja. Saat ini sejumlah peralatan SEO telah dilengkapi dengan fitur pengelompokkan keyword.

6) Mendata Saran Keyword dari Kolom Pencarian Google

keywords-2

Pernahkah Anda melakukan pencarian di Google dan mendapatkan sejumlah saran keyword pencarian lainnya yang terkait? Kumpulan keyword tersebut juga dapat digunakan untuk menaikkan traffic laman website perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan kumpulan keyword spesifik dengan metode ini.

Semisal Anda telah memiliki daftar keyword general yang hendak digunakan. Langkah selanjutnya tentu merumuskan keyword yang lebih spesifik sebelum memakainya pada laman konten. Kalau Anda tidak memiliki inspirasi, cobalah untuk mengecek saran keyword pencarian di kolom Google.

Caranya sangat mudah. Cukup masukkan keyword general yang Anda rumuskan di kolom pencarian Google. Klik “Cari”, lalu tunggu selama beberapa saat. Nantinya, Anda akan mendapatkan halaman berisi hasil pencarian serta saran keyword lain yang masih berkaitan dengan keyword general Anda tadi. Bagian saran keyword ini umumnya terletak di bagian akhir halaman pencarian. Setelah mendapatkannya, Anda tinggal memasukkan beragam saran keyword baru tersebut ke laman website dan selesai sudah!

Sebagai contoh, Anda memasukkan keyword general ke Google : toko online. Selanjutnya, hasil saran keyword lain dan spesifik yang dapat Anda temukan di akhir halaman antara lain :

  • toko online terlengkap,
  • toko online terbaik di Indonesia,
  • toko online terbaik di Indonesia 2020,
  • belanja online murah,
  • situs jual beli online
  • toko online asli Indonesia, dan masih banyak lagi.

Menambahkan keyword “rekomendasi” Google ini dapat turut serta meningkatkan traffic laman website perusahaan Anda. Tertarik untuk mulai mencoba?

Demikianlah artikel kali ini terkait cara-cara mencari keyword untuk toko online Anda. Ingatlah bahwa keyword memegang peranan penting agar toko online Anda dapat sukses dalam persaingan di masyarakat.

Menggunakan keyword yang random dan tidak tepat sasaran hanya akan membuang-buang waktu dan tidak akan memberikan hasil yang optimal. Calon pengunjung juga tidak akan dapat menemukan toko Anda apabila Anda menggunakan keyword pencarian yang keliru.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk membantu Anda mencari keyword terbaik bagi toko online Anda, ya! Jangan lupa juga untuk mengecek beragam artikel informatif lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca, have a nice day!

 

Mengenal Algoritma Google Pagerank dan Efek SEO

0
100

Page rank adalah indeks di mana mesin pencari Google mengukur pentingnya sebuah halaman web, dan ditentukan oleh jumlah backlink dan kualitasnya. Page Rank dibagi menjadi 11 level dari 0 hingga 10, dan semakin tinggi angkanya, semakin tinggi peringkat dari mesin pencari.

Sebelumnya, Anda dapat memeriksa peringkat halaman setiap halaman web menggunakan Google Toolbar, dll, Tetapi Google mengumumkan peringkat halaman tersebut pada bulan April 2016. Namun, juru bicara Google mengatakan itu digunakan sebagai bagian dari algoritma internal di Google.

Indeks ini adalah salah satu indeks yang menunjukkan pentingnya halaman web, yang dikembangkan oleh Google berdasarkan gagasan bahwa “halaman web dengan lebih banyak link lebih penting”. Google memandang link sebagai “suara yang mendukung”.

Ada kriteria bahwa semakin populer situs, semakin populer dan penting situs tersebut, dan metrik halaman adalah indikator numerik. Ini juga salah satu algoritme karakteristik Google, tetapi sekarang peringkat laman memiliki dampak “langsung” yang tidak terlalu langsung pada peringkat.

Dengan memasang Google Toolbar di browser, kami dapat mengetahui peringkat halaman beranda kami. “Toolbar Page Rank (TBPR)” yang ditampilkan di toolbar ini ditampilkan sebagai nilai integer dari 0 hingga 10 dan diperbarui hanya sekali setiap beberapa bulan, tetapi sebenarnya berubah setiap hari secara real time. Kredibilitas nomor pada toolbar tidak terlalu tinggi, jadi tingkat referensi sudah cukup.

Baca juga : Update Website Anda dengan 8 Algoritma Google Terbaru Ini

Sejarah Singkat Google PageRank

sejarah-google-rank

The paten PageRank pertama diajukan pada tanggal 1 September 1998, dan menjadi algoritma asli yang Google gunakan untuk menghitung pentingnya sebuah halaman web dan peringkat ini.  Singkatnya, Google secara harfiah dibentuk berdasarkan gagasan Sergey Brin bahwa informasi di web dapat diberi peringkat berdasarkan popularitas tautan halaman.

Bahwa semakin banyak tautan mengarah ke suatu halaman, semakin tinggi peringkatnya dan jika kita melihat makalah yang memperkenalkan Google, kita dapat dengan jelas melihat Page Rank direferensikan saat menjelaskan fitur mesin pencari:

Mesin pencari Google memiliki dua fitur penting yang membantunya menghasilkan hasil presisi tinggi. Pertama, ini memanfaatkan struktur tautan Web untuk menghitung peringkat kualitas untuk setiap halaman web.

Pengenalan dari Google Toolbar

Pada tahun 2000, Google memperkenalkan toolbar yang sekarang kita semua ingat sebagai cara kita dapat melihat skor PageRank situs kita (dan pesaing kita). Akibatnya, SEO mulai terpaku hanya pada peningkatan PageRank sebagai metrik untuk meningkatkan peringkat, sebagian besar didorong oleh pemahaman algoritma yang disederhanakan yang menyarankan bahwa halaman web dengan jumlah tautan tertinggi harus mendapat peringkat tertinggi.

Penjelasan sederhana tentang pendekatan ini oleh banyak orang di awal tahun 2000-an adalah bahwa tujuan mereka adalah mendapatkan link sebanyak mungkin dari halaman web dengan PageRank setinggi mungkin. Ini, tentu saja membuat Page Rank dimanipulasi, dengan uang berpindah tangan untuk tautan serta apa yang banyak dari kita akan ingat sebagai kumpulan tautan.

Jalur cepat hampir 15 tahun, dan Google akan berhenti memperbarui bilah alat yang dapat dilihat oleh publik ini pada tahun 2014 (dengan pembaruan terkonfirmasi terakhir pada Desember 2013) dan menghentikannya sepenuhnya pada tahun 2016.  Tentu saja, ini tidak berarti bahwa Google berhenti menggunakan PageRank sebagai bagian dari algoritme, hanya saja Google berhenti menjadi metrik yang dihadapi publik.

Apa Perbedaan antara Page Rank dan Toolbar Page Rank?

google-page-rank-dan-toolbar (1)

Seobook- toolbar- page rank adalah kebingungan utama tentang Page Rank. Sebagaimana diukur oleh Google dalam menilai popularitas link halaman web Anda, dan kemudian Page Rank Toolbar. Page Rank, seperti yang digunakan dalam algoritma Google, adalah nilai yang mengukur popularitas link dan ekuitas halaman web Anda secara real time.

Tidak mungkin untuk mengetahui nilai sebenarnya dari ekuitas tautan Peringkat Halaman Anda menurut Google (meskipun Anda dapat menggunakan alat lain seperti OpenSiteExplorer.org  yang menunjukkan Domain relatif dan Otoritas Halaman).

Toolbar Page Rank, di sisi lain, adalah toolbar yang dapat Anda pasang di browser Anda yang dianggap menampilkan snapshot dari Page Rank Anda (jumlah link ke situs Anda) dari update Toolbar Page Rank terakhir. Umumnya, Google hanya memperbarui Peringkat Halaman Toolbar 2-3 kali per tahun. Google sangat enggan tentang cara penghitungan Peringkat Halaman Toolbar.

Cara Kerja Algoritma Page Rank Google dalam Praktek

Prosesnya dimulai dengan “Bot Google” yang merayapi seluruh web dan menghitung tautan ke setiap laman web. Google kemudian mengunduh semua informasi ini ke server besar mereka, memproses informasi di komputer mereka, dan kemudian menggunakan algoritma mesin pencari untuk memberi peringkat halaman web dalam indeks mesin pencari mereka.

Daripada hanya menghitung jumlah backlink langsung ke setiap halaman web, Page Rank juga menggunakan rumus ekuitas tautan tentang bagaimana nilai lulus tautan. Misalnya, jika halaman web memiliki X jumlah backlink tetapi kemudian link keluar di halaman itu sendiri maka ekuitas link halaman itu akan diencerkan melalui link eksternal.

Ini karena Page Rank atau aliran tautan melewati setiap tautan. Beberapa tautan dari domain berbeda juga bernilai lebih dari jumlah tautan yang sama dari satu domain. Ini karena Google menggunakan faktor peredam untuk tautan dari domain yang sama.

Arsitektur tautan internal yang baik di situs web memastikan bahwa aliran Peringkat Halaman didistribusikan bahkan di seluruh situs Anda untuk membantu menentukan peringkat halaman individual.

Arti Peringkat Halaman dalam SEO

page-rank-dalam-seo

Seperti yang saya tulis di awal, ini hanya salah satu dari lebih dari 200 algoritme peringkat, dan bukan hal yang mudah bahwa peringkat halaman naik karena peringkat halamannya tinggi. Ini adalah indeks yang menunjukkan “berapa banyak tautan yang dikumpulkan”.

Namun, meski tidak langsung ditautkan ke ranking, tentu bermakna ada banyak tautan , dan alangkah baiknya memiliki peringkat halaman yang tinggi . Namun, menaikkan peringkat halaman dan menaikkan peringkat dengan SEO tidak selalu cocok, jadi tidak perlu terlalu sadar atau terlalu memperhatikan.

Bagaimana Cara Memeriksa Peringkat Halaman di Luar Google?

Selain peringkat halaman Google, Anda dapat memeriksa indikator peringkat yang mirip dengan peringkat halaman dengan alat pihak ketiga seperti “Moz” dan “Ahrefs”.

Moz

Moz: https://moz.com/free-seo-tools

Alat SEO Gratis Moz dapat digunakan secara gratis. Dengan mencari domain situs yang ingin Anda periksa, Anda dapat memeriksa peringkat “otoritas domain” di unit domain dan peringkat “otoritas halaman” dari halaman yang lebih tinggi di situs.

Ahrefs

Ahrefs: https://ahrefs.com/

Ahrefs adalah alat berbayar. Anda juga dapat memeriksa peringkat berdasarkan domain dan halaman situs yang ingin Anda periksa. Peringkat unit domain adalah “peringkat domain (DR)” dan peringkat unit URL adalah “peringkat URL (UR)”. Menunjukkan “popularitas link” relatif dari situs / halaman dalam jumlah hingga 100 poin (semakin tinggi maka akan semakin kuat).

Apa itu Iklan Bing? Manfaat Iklan Bing Untuk Pemasaran

0
049

Pemanfaatan teknologi menjadi jalan terbaik untuk memaksimalkan bisnis serta penjualan produk di masyarakat. Peranan teknologi dan internet tak hanya digunakan untuk memfasilitasi transaksi sehingga lebih mudah dan praktis. Kini, Anda bisa turut menjaring konsumen dari beragam kalangan dengan beriklan secara digital.

Proses periklanan secara digital ini dikenal dengan Search Engine Marketing (SEM). Dengan metode SEM, website perusahaan Anda akan diiklankan guna menaikkan traffic serta visibilitasnya di mesin pencari. Alhasil, kapanpun masyarakat memasukkan kata kunci yang sesuai dengan konten website Anda, maka mereka akan diarahkan pada konten perusahaan Anda. Jadi, beriklan dengan SEM juga dapat meningkatkan PPC atau daftar bayar per klik untuk iklan.

Selain menggunakan SEM, Anda juga bisa beriklan di dunia maya dengan layanan Bing Ads yang jauh lebih praktis. Jasa layanan ini juga mampu memberikan manfaat iklan yang luar biasa bagi perusahaan Anda. Dengan beriklan di Bing Ads, konten produk Anda akan lebih cepat dikenal di masyarakat luas.

Ingin tahu lebih banyak seputar Bing Ads serta manfaat iklan online untuk mendongkrak perusahaan? Yuk lanjut membaca bagian selanjutnya dari artikel edisi kali ini!

Mengapa Beriklan di Bing Ads?

iklan-digital

Perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi internet seperti Google, Bing dan Yahoo ternyata membuka platform khusus untuk mendukung usaha para pebisnis. Melalui sistem layanan iklan online, platform-platform ini menyediakan jasa sekaligus manfaat iklan guna mendongkrak penjualan produk. Jika Anda juga tertarik untuk memasarkan produk lewat iklan online, maka Anda bisa memulai dengan Bing Ads.

Selain Google Ads yang dikenal banyak orang dewasa ini, Bing Ads adalah jasa advertising online milik Yahoo dan Microsoft dengan segudang manfaat iklan untuk mengembangkan perusahaan di dalamnya. Persis seperti Google Ads, Bing Ads merupakan jasa layanan iklan berbayar. Namun banyak orang menilai manfaat iklan Bing Ads lebih besar dibandingkan Google Ads sebab iklan yang Anda pasang akan muncul di layanan mesin pencari Yahoo dan Microsoft selaku pemilik layanan.

Iklan jenis apa yang bisa dipasang di Bing Ads? Tentunya layanan ini memperbolehkan semua jenis konten iklan untuk ditayangkan. Lebih bagus lagi, iklan Anda akan dipasang pada semua media yang berafiliasi dengan Bing, Yahoo dan Microsoft. Alhasil, akan ada lebih banyak orang yang bisa menemukan iklan produk atau perusahaan Anda di internet. Efektif sekali untuk pemasaran, bukan?

Manfaat iklan online Bing juga semakin terasa dengan cara pengunggahan konten iklannya yang sangat gampang dilakukan. Jika Anda tadinya adalah pengguna iklan AdWords, cukup impor saja iklan Anda ke Bing Ads.

Selanjutnya, Bing Ads akan memprosesnya secara otomatis, mulai dari membuatkan catatan laporan statistik iklan hingga menyediakan update untuk pengiklan. Penasaran apa saja manfaat iklan lainnya yang dapat Anda nikmati dari Bing Ads? Let’s keep scrolling untuk menyimak penjelasan selanjutnya.

4 Keunggulan Bing Ads untuk Perusahaan

Umumnya, manfaat iklan adalah untuk menggaet lebih banyak pembeli guna meningkatkan penjualan. Namun keuntungan yang dapat Anda raih dengan beriklan di Bing Ads tak hanya sebatas menarik minat konsumen saja. Ada 4 keunggulan dari Bing Ads untuk kemajuan perusahaan, antara lain:

Super Powerful

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Bing Ads dibentuk oleh 2 perusahaan raksasa ternama yaitu Yahoo dan Microsoft. Alhasil, beriklan di Bing Ads akan menjadikan iklan Anda “super powerful” dan memiliki gaung yang dua kali lipat lebih besar di pasaran. Iklan Anda akan muncul otomatis saat masyarakat melakukan pencarian di Microsoft ataupun Yahoo. Super efektif untuk menjaring calon konsumen, bukan?

Harga Murah

Keunggulan Bing Ads selanjutnya adalah harga pemasangan iklan yang murah dibandingkan jasa iklan online atau AdWords lain yang cenderung mahal. Tarif paket Bing Ads yang ekonomis menjadikan banyak pengusaha menggunakan layanan advertising yang satu ini. Bahkan meskipun harganya jauh lebih murah, layanan Bing Ads mirip dan sama dengan layanan AdWords!

Mudah Disinkronisasi

Keunggulan Bing Ads yang ketiga adalah mudah untuk disinkronisasi dan terintegrasi dengan platform lain seperti Google AdWords. Jika Anda dulunya menggunakan layanan iklan AdWords dan ingin beralih ke Bing, Anda cukup melakukan proses importing data saja dengan editorial tool yang telah disediakan. Jadi, Anda tidak perlu melakukan proses pengaturan atau pemasangan dari nol.

Pelayanan Customer Terbaik

Kelebihan terakhir yang dapat Anda temukan di Bing Ads adalah pelayanan customernya yang terbaik. Banyak customer menilai servis dan pelayanan Bing Ads jauh lebih cekatan dan baik dibandingkan para pesaingnya.

Para staf Bing Ads akan segera membantu Anda dengan sigap jika terjadi gangguan dalam proses periklanan. Alhasil, tak mengherankan jika Bing Ads lebih diminati oleh para pengusaha, khususnya yang masih awam dengan sistem periklanan daring.

Sebelum Beriklan, Pahami Cara Kerja Bing Ads

digital-iklan-2

Layanan iklan online berbayar seperti Bing Ads merupakan bagian dari Search Engine Management alias SEM. Agar tidak kebingungan saat mencoba beriklan secara online, ada baiknya Anda memahami bagaimana cara kerja iklan dan SEM bekerja untuk memasarkan produk, brand, atau jasa dari perusahaan Anda.

Sederhananya, tata cara kerja Search Engine Management dapat dirangkum, sebagai berikut:

Registrasi

Tahap paling awal agar bisa beriklan di Bing Ads adalah dengan melakukan registrasi atau pendaftaran pada jasa layanan tersebut. Saat sistem registrasi inilah Anda bisa memasukkan sejumlah informasi berguna untuk memaksimalkan aktivitas periklanan kelak, seperti kata kunci target atau yang sesuai dengan jenis konten iklan, anggaran dana perusahaan untuk iklan, lokasi target pasar atau calon konsumen, dan masih banyak lagi. Nantinya, data-data tersebut akan digunakan oleh sistem Bing Ads untuk menentukan periklanan yang paling tepat serta sesuai untuk Anda.

Bid (Pelelangan)

Bing Ads bekerja dengan cara bid alias pelelangan. Setelah memasukkan serangkaian informasi terkait data-data untuk pendaftaran, khususnya di bagian kata kunci sasaran, search engine Yahoo dan Microsoft akan “melelang” para pemasang iklan yang mencantumkan kata kunci target yang sama. Mesin akan mulai melakukan pemilahan serta perankingan iklan berdasarkan besaran informasi dana yang dicantumkan oleh pengiklan.

Menampilkan Hasil

Buah hasil proses bid di tahap kedua akan ditampilkan pada tahap ketiga. Para “pemenang” dari sistem bid akan ditampilkan pada halaman pencarian di search engine. Jadi, agar iklan Anda dapat dimuat dengan baik oleh search engine, Anda perlu menyiapkan anggaran dana yang mumpuni. Biasanya, semakin besar anggaran untuk proses pengiklanan, maka peluang untuk iklan Anda muncul di kolom teratas Bing Ads akan semakin tinggi.

Reporting (Pelaporan)

Tahap terakhir adalah reporting alias pelaporan hasil dari aktivitas pengiklanan. Setelah iklan berjalan di mesin pencari selama kurun waktu tertentu, Anda akan disuguhkan laporan kinerja iklan di dunia maya seperti jangkauan iklan, jumlah audiens yang melihat, jumlah klik pada iklan dan lainnya. Kemudian dari laporan ini, khususnya di bagian jumlah klik, Anda dapat melakukan pembayaran sebesar jumlah klik yang didapatkan dari iklan saja.

Sistem pembayaran via klik ini dikenal juga sebagai skema Cost Per Click (CPC). Bing Ads menerapkan sistem ini untuk menghindari kerugian semisal iklan Anda tidak berhasil beredar dengan baik. Jadi, Anda hanya akan diminta untuk membayar jasa advertising jika iklan Anda diklik oleh pengguna saja. Begitupun sebaliknya, jika iklan Anda gagal mendapat klik dari masyarakat, maka tidak perlu cemas memikirkan jumlah tagihan yang menanti. Sebab, Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun oleh Bing Ads.

Bagaimana, menarik sekali bukan pembahasan kali ini? Tertarik untuk mencoba memasang iklan di Bing Ads? Yuk jangan ragu lagi untuk mencoba memaksimalkan pertumbuhan perusahaan dan bisnis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Salah satunya tentu saja dengan beriklan di Bing Ads untuk menjangkau lebih banyak konsumen potensial terhadap produk atau jasa perusahaan.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda terkait Bing Ads dan manfaat iklan online ya! Sampai bertemu di artikel informatif plus menarik lainnya dari kami. 

Gratis Download Template Iklan Instagram | Berikut Ulasannya!

0
template iklan

Template iklan di Instagram menjadi salah satu alternatif terbaik bagi Anda yang ingin mempromosikan bisnis. belakangan ini, Instagram menjadi salah satu media sosial paling populer yang banyak diminati.

Hampir setiap saat dan waktu, keinginan untuk mengupdate kegiatannya membuat setiap orang jadi tidak bisa lepas dari media sosial terutama Instagram, Baik dari pagi, siang, malam, sampai pagi lagi.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa visual lebih mudah diterima oleh masyarakat daripada tulisan atau juga audio.

Kemudahan dalam menampilkan sebuah gambar tampilan visual yang menarik dengan tujuan untuk mendapat perhatian, membuat media sosial menjadi primadona bagi para pelaku bisnis untuk memasang iklan saat ini.

Para pemilik bisnis saat ini sangat dimudahkan dengan adanya media social terutama Instagram ini. Hal tersebut dikarenakan oleh jumlah pengguna yang baru bergabung di Instagram semakin hari semakin banyak, yang mana besarnya pengguna Instagram tersebut akan menjadi salah satu alternatif pasar yang sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis.

Media sosial Instagram dapat digunakan dengan mudah oleh berbagai kalangan tanpa adanya batasan umur.  Hal itu membuat siapapun bisa menggunakan Instagram sebagai media promosi yang murah, mudah, dan efektif. Berikut template iklan Instagram yang bisa Anda download secara gratis.

Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”

Template iklan Untuk Bisnis

Instagram004 (2)

Perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi ini mempermudah para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk yang dimiliki. Media yang paling masif digunakan adalah media sosial. Karena memang pengguna dari media sosial ini sangatlah tinggi, dan terus berkembang seiring bertambahnya waktu.

Penggunaan Template iklan menjadi pilihan yang sangat diminati oleh setiap pelaku bisnis. Dikarenakan secara desain grafis, Template pastinya memiliki tampilan yang lebih menarik, dan juga Template ini tidak lagi dalam bentuk selebaran yang dicetak sehingga tidak memakan banyak biaya. Selain dapat ditampilkan ke berbagai media social, Template iklan juga bahkan bisa ditampilkan ke blog atau website.

Perkembangan template ini juga sejalan dengan perkembangan desain grafis. Dimana dengan semakin berkembangnya desain grafis, semakin banyak pula pilihan dapat digunakan sesuai dengan keinginan peminatnya.

Beberapa media sosial yang sangat populer dengan pengguna yang sangat besar akan menjadi media yang sangat efektif untuk menampilkan template iklan ini. Beberapa media tersebut adalah Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp.

Ada beberapa template desain grafis yang umum digunakan dan pastinya akan sangat efektif untuk ditampilkan di dalam berbagai media yang telah disebutkan sebelumnya, terutama di Instagram yang mempunyai kelebihan dalam hal visual.

Berikut beberapa bentuk template iklan yang biasa digunakan untuk mempromosikan bisnis.

Material Style

Bentuk dari template ini sangat populer di kalangan agensi, web programmer, dan bentuk agensi kreatif lainnya. Dimana template iklan ini dibuat layaknya kartu informasi digital yang berisi informasi terkait dengan berbagai macam layanan yang disediakan. Sehingga seseorang bisa memilih layanan tersebut lebih mudah.

Biasanya template ini ditampilkan secara dinamik, sehingga setiap orang bisa memilihnya dengan langsung mengklik isi di dalam template tersebut.

Company Flyer

Jenis template ini berisi tentang bagaimana profil dari sebuah bisnis. Profil tersebut biasanya menunjukan hal apa saja yang menarik dari perusahaan. Sehingga setiap orang yang membacanya akan melihat hal-hal yang menarik terkait dengan profil perusahaan tersebut.

Aplikasi Promosi Mobile

Bentuk dari template ini digunakan untuk mempromosikan sebuah aplikasi mobile. Template ini dibuat dengan desain yang disesuaikan, dan tata letak yang pastinya mempunyai komposisi menarik yang akan membuat banyak orang memilih mengunakan aplikasi yang Anda miliki.

Marketing Flyer

Template jenis ini digunakan untuk mempromosikan produk tertentu. Di dalam template tersebut, fokus utamanya adalah produk yang dipromosikan. Sehingga akan sangat menarik bagi pelaku bisnis dalam menjual produk tersebut.

Business Corporate Flyer

Jenis template seperti ini biasanya digunakan untuk kampanye iklan tertentu. Dengan template ini Anda bisa mengarahkan fokus pada kata-kata yang menarik yang bisa digunakan menjadi slogan, sehingga lebih mudah diingat oleh para pembaca.

Data Sheet Flyer

Template ini dihadirkan beserta beberapa data, harga, dan informasi yang terkait dengan produk tersebut. Sehingga siapapun yang membaca akan mudah membandingkan berbagai produk dari data serta harga yang dimilikinya.

Dua Bentuk Iklan di Instagram

Instagram003

Template iklan Postingan Instagram

Bentuk template ini bisa Anda gunakan untuk postingan-postingan di Instagram. Anda bisa mengupload Template ini secara rutin di Instagram sesuai dengan waktu yang sudah Anda tentukan dan kapanpun yang Anda inginkan. Template ini akan membuat Anda bisa melihat kapan waktu terbaik dalam mengupload iklan.

Waktu terbaik untuk memasang iklan biasanya adalah pada saat jam istirahat kerja, pulang kerja, saat santai, dan malam hari. Karena disaat-saat itulah akan ada banyak sekali orang yang membuka dan melihat-lihat berbagai macam postingan yang ada media sosial, contohnya Instagram.

Dengan memahami waktu terbaik dalam mengupload juga akan menambah efektifitas dari iklan yang Anda posting. Sehingga semakin banyak orang yang akan melihat iklan Anda, dan semakin hal itu tentunya semakin menambah peluang untuk mendapatkan orang yang tertarik pada iklan Anda.

Bentuk iklan postingan di Instagram ini layaknya sebuah pamflet yang tentunya perlu memuat hal-hal  penting yang anda ditampilkan ke dalam postingan. Jadi Template bisa anda jadikan sarana untuk membantu anda menampilkan hal-hal yang ingin anda sampaikan, dengan desain yang beragam yang pastinya akan membuat postingan anda menarik untuk dilihat.

Dari template iklan yang sudah Anda miliki, Anda bisa dengan mudah memilih berbagai macam tampilan sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk mendapatkannya, cukup dengan download template instagram berikut. Setelahnya anda tinggal menggantinya dengan informasi yang penting dari bisnis milik Anda, yang kemudian bisa segera anda post.

Template iklan di Insta Story

Insta story merupakan salah satu fitur yang banyak diminati di dalam Instagram. Meski hanya dapat digunakan dalam waktu sehari saja, namun ternyata memiliki banyak peminat. Sehingga siapapun bisa memanfaatkannya menjadi salah satu media dalam mempromosikan bisnis.

Di dalam Instagram, banyak orang ternyata akan melihat sebuah insta story terlebih dahulu daripada melihat postingan yang ditampilkan. Jadi kita dapat memanfaatkan insta story tersebut bisa menjadi alternatif tambahan yang menarik untuk dibuat promosi bisnis.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam memasang iklan di Insta story ini. misalnya dalam bentuk story telling, tutorial, pengenalan produk, dan lain sebagainya. Sehingga isi dari iklan yang akan dipromosikan bisnis semakin lebih menarik meskipun dilakukan dalam waktu terbatas.

Jadi tidak heran, jika banyak orang akan merasa tertarik dengan insta story. Meski tidak bisa dilihat dalam waktu yang lama, namun mempunyai konten yang kreatif. Semakin kreatif isi dari sebuah konten di insta story, akan membawa banyak pelanggan baru yang antusias dengan bisnis Anda.

Anda juga bisa menggunakan template iklan saat memanfaatkan insta story tersebut. Iklan di Instagram yang memiliki sebuah template ini menunjukkan bahwa pemilik akun merupakan orang yang sangat kreatif, mempunyai banyak hal penting yang bisa dibagikan, dan pastinya juga sangat bermanfaat.

Memilih media sosial, terutama instagram sebagai sebuah media promosi sangatlah efektif. Karena memasang iklan di instagram itu gratis dan tidak membutuhkan biaya yang besar dalam hal promosi. Modalnya cukup dengan memanfaatkan kreatifitas yang Anda miliki.

Anda juga bisa download Template iklan dengan mudah dan mempunyai nilai kreatifitas yang sangat tinggi. Yang mana template-template menarik tersebut bisa Anda gunakan untuk di upload instagram Anda. Baik untuk postingan, maupun untuk insta story yang pastinya akan membuat banyak orang memilih produk Anda.

Jenis-Jenis Template iklan di Instagram

02-20191119-003

Story Telling

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam menyampaikan sebuah promosi. Selain hanya menampilkan beberapa foto produk yang ingin dipromosikan saja, anda juga bisa menampilkan hal-hal kreatif lainnya. Seperti story telling, yaitu dengan menunjukkan promo lewat kegiatan yang dilakukan.

Story telling menjadi pilihan yang pas di Instagram, karena dapat kita menunjukkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan produk yang ingin dijual. Contohnya ketika Anda menjual sebuah produk dari restoran, mungkin anda bisa menampilkan bagaimana seorang koki mengolah bahan makanan, mengolahnya, kemudian menyajikannya dengan baik.

Atau juga ketika Anda menjual produk fashion, anda bisa menunjukkan kegiatan Anda mendesain sebuah produk. Mulai dari mendesain, menjahit, dan menampilkannya. Cara tersebut akan membuat banyak orang tertarik untuk menonton, yang akhirnya bisa diarahkan untuk membeli produk tersebut. Story Telling ini sudah banyak dilakukan oleh para konten kreator yang ada di Instagram. Karena terbukti sangat efektif untuk menarik para pelanggan yang ada.

Tutorial

Jika ingin memasarkan produk, Tentunya harus Anda memberikan tutorial yang berkaitan dengan produk yang ingin dipasarkan. Karena melalui tutorial ini, Anda bisa memberikan informasi yang lengkap dan juga menunjukkan bagaimana cara kerja produk tersebut.

Semakin menarik cara-cara anda dalam menunjukan penggunaan produk yang ingin dikenalkan kepada para pengguna Konten, hal tersebut akan membuat produk anda memiliki banyak peminat. Tidak hanya itu saja, tutorial yang menarik juga akan membuat Anda mendapatkan banyak follower baru di media sosial tempat anda memasarkan produk, contohnya Instagram.

Promosi Blog atau Website

Instagram merupakan sebuah media sosial yang terbatas pada kontennya. Karena itu, jika anda ingin mepromosikan produk lebih detail lagi, Anda bisa mempromosikan blog atau website yang Anda miliki Dengan memilih template yang berisi tentang pengenalan blog atau website tersebut di instagram. Yang mana bisa membuat pengunjung blog atau website Anda semakin bertambah.

Konten Listing

Template konten listing ini bisa menjadi salah satu daya tarik jika ditampilkan di postingan Instagram Anda atau insta story. Listing tersebut bisa dibuat dalam bentuk harga, tips dan trik, dan berbagai macam bentuk artikel listing lainnya. Dengan template konten listing ini, orang-orang akan lebih mudah menerima apa yang ingin Anda sampaikan.

Promo Batas Waktu

Promo harian yang pastinya akan sangat dinantikan oleh banyak orang yang menginginkan promo menarik dari toko, atau produk yang Anda jual di hari yang sama. Biasanya promo batas waktu ini sangat efektif untuk penjualan khusus di hari itu saja.

Untuk promo batas waktu ini sangat tepat jika ditempatkan dalam fitur insta story di Instagram Anda. Karena instastory sendiri memang mempunyai batas waktu 24 jam saja. Sehingga promo tersebut dapat berakhir tanpa perlu harus mengubah informasi.

Kupon dan Giveaway

Anda bisa memberikan promo dalam bentuk kupon dan giveaway di Insta story. Karena dibatasi waktu. Orang-orang yang kebetulan melihat insta story Anda, pastinya dengan cepat akan langsung mengunjungi instagram Anda. Dengan begitu akan ada lonjakan pengunjung di Instagram Anda.

Data Penelitian

Anda bisa menampilkan beberapa data penelitian yang menarik terkait dengan produk yang Anda iklankan. Karena pada dasarnya banyak orang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan fakta, pengetahuan umum, dan hal-hal lainnya yang menggugah rasa penasaran.

Quote

Quotes merupakan kata-kata inspiratif yang bisa didapatkan dari berbagai macam pernyataan dari tokoh-tokoh terkenal. Hal itu bisa kita gunakan untuk ditampilkan dalam postingan atau juga insta story.

Kata-kata inspiratif ini sangat disukai oleh banyak orang karena mempunyai nilai yang positif, mampu menggugah semangat, dan kesadaran tertentu. Menampilkan quotes tentunya akan membuat postingan Anda menjadi perhatian bagi banyak pengguna Instagram. dan postingan anda tersebut bisa menjadi strategi promosi yang sangat efektif.

Mengenalkan Produk Baru

Produk baru bisa dikenalkan di postingan instagram atau juga insta story. selain mudah, promosi di insta story juga tidak mengeluarkan banyak biaya. Bahkan Akan lebih bagus lagi jika kita menampilkannya dengan template iklan yang sangat menarik.

Banyak sekali template iklan yang bisa Anda dapatkan dan didownload secara gratis. Sehingga Anda tinggal mengganti foto atau gambar, nama produk, dan lain sebagainya.

Live Berita

Ini adalah fitur khusus di insta story, dimana dengan fitur ini Anda bisa melakukan siaran secara langsung di Instagram. Dengan fitur live, Anda bisa mengupdate berbagai macam kegiatan seperti ketika mengikuti sebuah event tertentu, atau juga ketika Anda sedang mengadakan sebuah event.

Dengan adanya live streaming lewat insta story, semakin banyak orang yang akan tertarik dengan apa yang ada di dalam konten-konten instagram Anda. Sehingga promosi yang Anda lakukan akan langsung mengarah ke para pengguna Instagram yang besarnya sangat luar biasa.

 

Pelanggan adalah : Perbedaan Pelanggan dengan Konsumen

0
91

Ada berbagai kata yang digunakan untuk memanggil pelanggan seperti “pelanggan”, “konsumen”, dan “klien”. Namun, secara mengejutkan hanya sedikit orang yang mengetahui arti dan definisi pelanggan. Dalam dunia bisnis, cara Anda bekerja sering kali diubah hanya dengan merevisi kata-kata yang Anda gunakan secara tidak sadar.

Oleh karena itu, penting untuk meninjau kembali kata-kata yang digunakan secara umum. Dengan membaca artikel ini, Anda akan mempelajari apa sebenarnya arti “pelanggan” dan cara memperlakukannya dengan baik. Mari perhatikan dasar-dasar kata yang digunakan dalam dunia bisnis.

Apa Arti Asli dari “Pelanggan”?

arti-asli-pelanggan

Pelanggan adalah “review” + “customer”. Oleh karena itu, pelanggan adalah istilah yang mencakup tidak hanya mereka yang membeli produk dan jasa tetapi juga pelanggan tetap yang membeli lagi. Selain itu, calon pelanggan yang mungkin membeli produk dan layanan kita mulai sekarang juga bisa disebut sebagai “pelanggan”.

Penting untuk menyertakan tidak hanya pelanggan yang telah membeli, tetapi juga berbagai potensi pembelian. Pelanggan tidak terbatas pada individu, tetapi mungkin perusahaan, distributor, atau lembaga pemerintah.

Selain itu, kelompok pelanggan seperti itu disebut pasar, dan diklasifikasikan ke dalam pasar barang konsumsi, pasar barang produksi, pasar sekunder, dan pasar pemerintah tergantung pada pelanggan sasaran.

Sedangkan “konsumen” umumnya mengacu pada pandangan pertama (orang yang mengunjungi toko hanya sekali, orang yang tidak berulang), konsumen yang berulang kali menggunakan toko atau layanan tersebut dapat dinyatakan sebagai “pelanggan”.

Perbedaan Makna Antara Pelanggan dan Konsumen

Perbedaan arti dari pelanggan dan konsumen bergantung pada bagaimana mereka didefinisikan dan dipahami. Misalnya, jika Anda menjalankan restoran dan “pelanggan yang baru pertama kali berkunjung” disebut “konsumen”.

Di sisi lain, konsumen yang beberapa kali datang ke restoran tersebut disebut  “pelanggan”. Jika Anda ingat bahwa ada berbagai cara untuk menggunakannya, Anda akan dapat memahami pelanggan dengan lebih cermat.

Dalam pemasaran, istilah “konsumen” digunakan secara terpisah dari “pelanggan”. Konsumen adalah subjek yang mengkonsumsi barang dan jasa. Dengan kata lain, jika Anda adalah orang yang mengonsumsi (menggunakan, makan, dll.) barang dan jasa, itu adalah kata yang berlaku bahkan jika Anda tidak membeli produk atau layanan Anda sendiri.

Di sisi lain, pelanggan adalah hanya berlaku jika sesuai dengan “saya membeli produk / layanan saya sendiri untuk pertama kalinya / membeli lagi / ada kemungkinan untuk membeli lagi”.

“Pelanggan”? Jenis / Kategori

kategori-pelanggan

Pelanggan adalah mengacu pada orang yang menjadi sasaran produk dan layanan perusahaan. Pelanggan berulang dan calon pelanggan yang mungkin membeli produk dan layanan mereka di masa mendatang juga disebut “pelanggan”.

Namun, pelanggan secara garis besar dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Ada kata-kata yang familiar dalam penjualan dan pemasaran, tapi mari kita periksa lagi di sini.

Pelanggan Baru

Pelanggan baru adalah “pelanggan baru” yang belum membeli atau menggunakan produk atau layanan mereka. Ini juga bisa disebut sebagai “pengguna baru”. Penjual menggunakan berbagai cara seperti pameran, seminar, sesi pengarahan, dan perkenalan untuk membuat janji dengan pelanggan baru dan terlibat dalam negosiasi bisnis untuk pembelian aktual. Pelanggan saat ini disebut “pelanggan baru”.

Calon Pelanggan

Calon pelanggan adalah pelanggan baru yang memiliki ketertarikan pada produk dan layanan perusahaan dan tertarik pada mereka. Ini juga dapat mencakup kemampuan membayar untuk membeli produk dan layanan. Artinya, calon pelanggan adalah pelanggan baru yang kemungkinan besar akan membeli produk dan layanan perusahaan Anda.

Pelanggan yang Sudah Ada

Pelanggan yang telah membeli atau menggunakan produk atau layanan mereka lebih dari sekali disebut “pelanggan yang sudah ada”. Menjangkau pelanggan yang sudah ada relatif mudah dan menjadikan mereka pelanggan utama untuk keberlanjutan keuntungan perusahaan.

Hal ini penting dilakukan untuk melakukan tindak lanjut dan kegiatan pemasaran agar pelanggan lama dapat mempercayai perusahaan, seperti distribusi e-mail newsletter, transmisi DM (direct mail), dan tindak lanjut purna jual setelah pembelian produk. Dengan demikian, pelanggan lama akan membeli produk dan layanan mereka lagi.

Hubungan Antara “Pasar” dan “Pelanggan”

hubungan-pelanggan-dengan-pemasaran

Kita sudah melihat definisi dan arti dari “pelanggan”. Namun, agar pelanggan dapat membeli produk / layanan dari pelanggan, produk / layanan itu sendiri diperlukan. Selain itu, perlu diperhatikan ada berapa banyak pelanggan di dunia yang akan membeli produk dan jasa yang dibuat oleh perusahaan?

Misalnya, jika Anda memiliki layanan yang membuat satu orang bahagia, tetapi semua orang menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak Anda butuhkan, maka perusahaan Anda menawarkan layanan yang tidak sesuai dengan biayanya. Oleh karena itu, pertama-tama, penting untuk memperjelas “pasar” yang mengelilingi pelanggan.

Definisi Pasar

Dalam “pasar”, ada dua jenis pelanggan, “pembeli sehat” dan “pembeli potensial” produk dan jasa. Bagaimana Anda menemukan kedua jenis pelanggan ini dapat berdampak besar pada strategi bisnis Anda. Pasar dapat dibagi menjadi lima kategori berikut.

Pasar Potensial

Pasar potensial adalah pasar dimana banyak pelanggan merasakan kebutuhan (needs) akan produk dan jasa yang mereka jual, namun pada tahap ini belum ada perusahaan yang dapat menyediakan produk dan jasa secara memuaskan, atau pasar teknologi. Ini adalah pasar yang belum berkembang sepenuhnya karena tidak mungkin untuk memasarkannya.

Pasar Efektif

Ini adalah pasar yang memiliki konsumen yang memiliki koneksi untuk membeli dari perusahaan, dengan asumsi bahwa mereka adalah pasar potensial.

Pasar Efektif Berkualitas

Dengan asumsi item 1 dan 2, ini mengacu pada pasar di mana terdapat konsumen yang dapat membeli produk dan layanan yang memerlukan kualifikasi dan standar untuk membeli. Istilah “kualifikasi” yang digunakan di sini mengacu pada kriteria pembelian, seperti usia di mana obat dapat digunakan dan usia di mana tembakau / alkohol dapat dibeli.

Pasar Penetrasi

Pasar penetrasi mengacu pada pasar dengan konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk dari perusahaan di masa lalu.

Pasar Sasaran (Sasaran Pasar)

Pasar sasaran adalah pasar yang dibidik oleh perusahaan sebagai calon konsumen berdasarkan asumsi 1 sampai 4. Ketika sebuah perusahaan melakukan aktivitas pemasaran, “pasar sasaran” ini perlu diidentifikasi dan dilakukan strategi pemasarannya.

Selain itu, mempersempit dan membedakan antara pasar sasaran disebut “segmentasi”. Dengan cara ini, untuk menemukan dan mendekati pelanggan yang sangat diperlukan untuk kegiatan bisnis, perlu dilakukan pendefinisian pasar.

Untuk mengidentifikasi pasar dan menciptakan mekanisme untuk mengirimkan produk dan layanan kita kepada pelanggan, perlu dilakukan analisis tentang kebutuhan apa yang dimiliki pelanggan di pasar dan apa yang mereka pikirkan.

Selain itu, untuk mengukur pasar dengan benar, penting untuk tidak hanya membedakan pasar, tetapi juga mempertimbangkan berbagai faktor seperti kekuatan pesaing dan perusahaan, serta memberikan hasil analisis. Proses ini disebut “analisis 3C” dalam pemasaran.

Pemasaran “Analisis 3C” Diperlukan untuk Menentukan Pelanggan dan Pasar

Pengetahuan tentang bidang pemasaran sangat penting untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang arti “pelanggan”. Kami tidak dapat memperkenalkan metode analisis di sini, tetapi mari kita ketahui dasar-dasar analisis 3C.

Apa Itu “Analisis 3C”?

Analisis 3C adalah kerangka kerja yang menemukan KSF dari analisis pasar lingkungan eksternal dan persaingan, dan menggunakannya dalam strategi Anda sendiri. 3C adalah singkatan dari Customer (pelanggan), Competitor (pesaing), dan Company (perusahaan).

Pahami calon pelanggan yang bersedia dan mampu membeli produk dan layanan mereka. Dengan menganalisis ketiganya, Anda dapat mengetahui persyaratan untuk produk dan layanan yang Anda coba sediakan secara internal.

Analisis pelanggan (pasar): Analisis ukuran / pertumbuhan pasar, kebutuhan (permintaan), dan perilaku pembelian. Analisis pesaing: Oligopoli (jumlah pesaing), hambatan masuk, kekuatan dan kelemahan sendiri.

Analisis perusahaan: Analisis kapabilitas teknis perusahaan sendiri, kekuatan penjualan, merek, penjualan / profitabilitas / saham, keterampilan sumber daya manusia / organisasi, nilai tambah, dan penggerak biaya.

Dari analisis 3C, analisis Pelanggan (pasar) diperlukan untuk menghitung perilaku pembelian dan ukuran pasar pelanggan. Oleh karena itu, perlu untuk menggunakan sepenuhnya metode analisis seperti “analisis desil” dan “analisis RFM”.

Sejauh ini, dari definisi pelanggan, kami telah memastikan bagaimana pelanggan dan pasar di sekitarnya didefinisikan dan dianalisis di bidang bisnis melalui dasar analisis 3C. Pelaku bisnis yang bekerja di tempat dapat memperluas cara berpikir dan wawasan mereka ketika mereka memahami bahwa produk dan layanan mereka sebenarnya dibeli dan dijual setelah menjalani metode analisis tersebut.

Kesimpulan

Selain menjelaskan arti dan definisi asli dari “pelanggan,” kami juga menjelaskan hubungan antara pelanggan dan pasar, serta hubungan dengan pemasaran. Kata pelanggan adalah salah satu kata yang kita anggap biasa, tetapi mengetahui arti dan perbedaan nuansa memberi kita kesempatan untuk berpikir lebih dalam tentang “pelanggan” dalam bisnis kita.

Temukan lebih banyak artikel belajar copywriting maupun tips digital marketing lainnya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau baca gratis di MARKEY APP (Playstore & AppStore). Sampai bertemu lagi!

Apa itu Blog? Pengertian Blogger dan Penerapan SEO Blog

0
BUAT BLOG

Aktivitas blogging bisa sangat berarti untuk banyak orang karena berbagai alasan. Blogging dianggap memiliki berbagai manfaat. Misalnya, dalam kemampuan menulis, blog dianggap dapat mengasah dalam kemampuan menulis.

Di sini, kita bebas menulis sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, banyak orang menjadikan blog sebagai sarana ekspresi diri. Akan tetapi pada perkembangannya, blog tidak hanya menjadi tempat ekspresi diri.

Saat ini, blog dimanfaatkan untuk media publikasi, bukti profesionalitas, sarana branding, dan lain-lain. Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita memahami pengertian blog terlebih dahulu.

Baca juga : Yuk Kenali SEO Blog untuk Pemasaran di Blog Anda!

Apa itu Blog?

003-1

Sebelum melangkah ke pembahasan lebih jauh tentang blog, mungkin ada di antara kita yang belum tahu apa itu blog itu. Nah, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja.

Berangkat dari pengertian tersebut, kita dapat menyimpulkan tentang pengertian blog, bahwa blog adalah salah satu jenis website  catatan atau jurnal yang dapat diakses siapa pun di internet. Blog umumnya berisi tulisan atau artikel dengan topik tertentu yang ditulis pemilik blog.

Topik yang ditulis dapat berupa hal-hal yang sifatnya pribadi. Tulisan ini bisa berupa pengalaman pribadi, aktivitas, observasi, dan opini dari penulis sendiri.

Selain bentuk tulisan, blog pun kadang dilengkapi dengan video, foto, gambar, podcast, atau link ke website lain yang disediakan penulis blog. Dengan demikian, pengertian blog adalah sebuah website jurnal online yang berisi beragam informasi.

Di dalam blog, tulisan yang diposting bisa diurutkan secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama). Jika tulisan di blog menarik dan bermanfaat, tulisan tersebut dapat muncul di hasil pencarian google sehingga orang- orang pun dapat membacanya.

Pada perkembangannya, blog tidak hanya dimanfaatkan untuk keperluan pribadi. Blog pun menjadi alat yang bisa dipakai untuk bermacam tujuan. Bahkan, blog pun dapat menjadi ladang bisnis dan menghasilkan uang.

Ada berbagai jenis blog yang dikelola, di antaranya blog pribadi, blog profesional, dan blog bisnis.

Apa itu blog pribadi?

Blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi pada awal kemunculannya. Mayoritas orang memakai blog untuk menulis cerita-cerita pribadi yang dapat diakses secara online. Blog pun sering pula disebut sebagai jurnal online karena memungkinkan pemakainya mencatat “buku harian” secara online.

Apa itu Blog Profesional?

Blog profesional berbeda dengan blog pribadi. Blog profesional mempunyai batasan tertentu dalam konten yang diterbitkan. Blog profesional umumnya berisi konten-konten yang bisa menunjukkan profesionalitas pemilik blog dalam suatu bidang.

Apa itu Blog Bisnis (Content Marketing)?

Blog tidak hanya dapat dipakai untuk tujuan pribadi, tetapi blog juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan trafik bagi website perusahaan atau toko online. Dengan memanfaatkan blog, kita dapat mendatangkan pengunjung dengan keyword yang sering dicari oleh calon konsumen.

Apa itu Website? Apa itu Blog? Pembahasan Perbedaan Antara Website dan Blog

Mungkin kita masih kebingungan tentang perbedaan antara website dan blog sehingga menganggap keduanya sama saja. Padahal, ada perbedaan di antara keduanya. Untuk memahaminya, kita dapat membedakannya dari dua pengertian sederhana berikut.

  • Website adalah sejumlah halaman yang bersifat online yang terhubung di dalam satu domain, sebuah web biasanya dikelola oleh perusahaan, individu, organisasi, institusi, maupun pemerintah.
  • Sementara blog adalah singkatan dari web log yang di dalamnya terdapat konten seperti opini, pengalaman, atau aktivitas yang dilakukan oleh penulisnya.

Secara sederhana, website merupakan istilah umum yang dipakai untuk menyebut semua situs web yang terdapat di internet. Contohnya adalah www.google.com, www.google.co.id, www.facebook.com, www.wordpress.com, dan www.blogspot.com. Blog atau web log adalah salah satu tipe situs web yang paling populer karena cara pengelolaannya yang sederhana, bahkan bisa dikatakan cukup mudah untuk orang yang masih awam. Blog sering pula disebut sebagai website pribadi.

Apa saja perbedaan antara website dan blog yang perlu untuk kita ketahui? Setidaknya ada tujuh perbedaan mendasar antara website dan blog yang dapat diidentifikasi dengan mudah.

Konten

Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari sisi konten. Adapun konten website umumnya berisi informasi penting tentang produk atau layanan.

Website-nya bisa memuat pula tentang sejarah, alamat, produk, kontak perusahaan, dan lain-lain. Selain itu, website dapat digunakan untuk kebutuhan organisasi, sekolah, lembaga pendidikan, toko online, lembaga pemerintah, dan lain-lain.

Konten blog biasanya berisi artikel, video, foto, gambar, atau podcast tentang satu atau beberapa tema yang diminati pemilik blog. Selain itu, konten blog kebanyakan adalah pengalaman, aktivitas, opini dari pemilik blog, seperti definisi blog yang telah diulas sebelumnya.

Update

Perbedaan yang kedua bisa dilihat dari sisi update. Dari sisi update, website dan konten blog pun terdapat perbedaan. Konten  website kebanyakan isinya tentang informasi produk atau layanan.

Update dilakukan hanya pada terjadi perubahan informasi produk atau layanan yang ada. Dengan demikian, konten website disebut statis karena tidak selalu membutuhkan update.

Adapun konten blog lebih sering diperbarui secara berkala. Update tersebut bisa dilakukan setiap hari, dua hari sekali, atau seminggu sekali. Setiap blog mempunyai jadwal update kontennya masing-masing. Dengan demikian, konten di blog sifatnya dinamis karena selalu update dalam kurun waktu tertentu. Update konten merupakan hal penting untuk blog karena konten adalah nyawa dari blog.

Arah Komunikasi

Perbedaan yang ketiga bisa dilihat dari sisi arah komunikasi. Arah komunikasi di website lebih bersifat satu arah karena tidak semua website menyediakan kolom komentar di kontennya. Adapun arah komunikasi di blog sifatnya interaktif karena pembaca blog dapat meninggalkan komentar di setiap artikel atau konten yang terdapat di blog.

Subscribe

Perbedaan yang keempat bisa dilihat dari sisi subscribe. Sejumlah website menyediakan opsi subscribe. Akan tetapi, berbeda dengan blog yang mengirimkan pemberitahuan update konten baru, website biasanya mengirimkan newsletter yang isinya tentang produk atau layanan baru.

Adapun blog, supaya pembaca tidak ketinggalan update konten yang paling baru, blog biasanya menyediakan tombol subscribe. Dengan demikian, pembaca dapat berlangganan di blog supaya mendapatkan pemberitahuan setiap terdapat konten yang baru.

Gaya Bahasa

Perbedaan yang kelima bisa dilihat dari sisi gaya bahasa. Gaya bahasa yang dipakai website umumnya lebih profesional dan formal karena mayoritas dipakai untuk tujuan formal, seperti lembaga pendidikan, organisasi, dan  perusahaan.

Adapun dalam blog gaya bahasanya variatif. Tidak terdapat batasan tertentu dalam hal gaya bahasa di blog. Ada yang memakai gaya bahasa informal, ada pula yang memakai gaya bahasa formal.

Meskipun demikian, blog biasanya menggunakan kata ganti kedua, seperti kamu, lu, dan Anda. Tujuannya adalah untuk menciptakan konten supaya lebih personal. Blog memakai gaya bahasa yang lebih personal supaya pembaca merasa tidak bosan saat membaca artikel yang terdapat di blog.

Pengelola

Perbedaan yang keenam bisa dilihat dari sisi pengelola. Blog biasanya dikelola oleh pemilik blog. Ada pula blog yang dikelola oleh beberapa orang penulis. Pemilik blog umumnya mengelola blognya secara mandiri. Adapun website dikelola oleh tim ahli atau perusahaan.

Pembagian Konten

Perbedaan yang ketujuh bisa dilihat dari sisi pembagian konten. Pembagian konten di website umumnya didasarkan pada produk atau layanan perusahaan tawarkan. Adapun pembagian konten di blog umumnya didasarkan pada tag dan kategori.

Apa itu Blogger?

blog-2-1

Blogger merupakan orang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta sudut pandang mereka kepada audience secara online, baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Ada beragam topik yang dibahas.

Sebagian orang menjadikan kegiatan blogging sebagai pekerjaan sampingan, namun sebagian orang menganggap kegiatan blogging dapat dijadikan sebagai pekerjaan utama mereka.

Ada pula yang menjadikan aktivitas menulis di blog sekadar untuk menyalurkan hobi atau mengekspresikan pendapat. Ada banyak tutorial blogger yang bisa menjadi referensi jika kalian ingin serius menjadi blogger, baik melalui artikel maupun video yang tersedia di internet.

Apa itu Blog yang Menerapkan SEO? Bagaimana Penerapan/Cara SEO Blog?

Ingin menjadi blogger profesional? Jangan lupa menerapkan SEO blog. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menguasai SEO blog. Ada sejumlah cara SEO blog atau menerapkan SEO di blog, di antaranya sebagai berikut.

Tentukan tema atau topik blog

Sebelum kita membuat suatu blog, tentukanlah topik utama yang nantinya akan kita usung. Kenapa hal ini penting dilakukan? Karena topik utama yang kita usung akan menjadi judul blog, lalu dijabarkan menjadi deskripsi blog.

Riset kata kunci/keyword (KW)

Saat akan menulis di blog, sebaiknya jangan terlalu berambisi untuk mengejar keyword yang memiliki potensi trafiknya besar. Ada baiknya Anda mulai dari yang kata kunci dengan potensi trafiknya kecil, dan yang penting adalah kita harus memahami tentang prinsip kerjanya.

Jika telah bisa muncul di hasil pencarian melalui keyword yang ringan, kita baru bisa meningkatnnya dengan memakai keyword yang tingkat persaingannya berat. Prinsip awal yang harus dipegang adalah muncul di hasil pencarian dulu, menggunakan keyword yang ringan pun bukan masalah.

Posting yang relevan dan buatlah konten yang berkualitas

Buatlah konten yang unik dan memiliki manfaat, namun tidak boleh keluar dari topik utama di blog. Kemudian, buatlah link antarhalaman sehingga antarhalaman saling mempromosikan. Jika banyak halaman yang dibaca oleh pengunjung maka blog tersebut dianggap memiliki kualitas yang bagus.

Persiapkan SEO ONPAGE

Contohnya seperti melakukan optimalisasi dalam menggunakan keyword di bagian Meta Title, Meta Deskripsi, dst, sesuai hasil dengan analisisi kata kunci atau keyword.

Indexing

Sambil menunggu postingan masuk ke Google, kita dapat berbagi ke media sosial agar postingan itu lebih cepat terindex Google.

Lakukan SEO OFFPAGE

Contohnya dapat memakai pola backlink commenting, backlink wheel/piramida, submit ke social bookmark, dan seterusnya.

Tantangan dalam SEO blog adalah di persoalan menulis artikel yang menarik dan menjual, sekaligus “Google Friendly” agar mudah ditemukan oleh Google.

Apa itu Blog dengan Domain Gratis?

blog-1

Jika baru memulai menulis di blog, kita kadang ingin memiliki blog yang nama domainnya yang mudah di ingat dan dan mudah dicari di seacrh engine. Apabila seseorang telah lama di dunia blog dan memiliki pendapatan umumnya akan membeli domain.

Akan tetapi, apabila kita baru bergabung di dunia blog dan belum memiliki pendapatan maka tidak usah khawatir karena kita bisa mendapatkan domain gratis untuk blogger. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan domain gratis, di antaranya sebagai berikut.

Dot.cf

Dot.cf adalah website yang pertama kali menyediakan domain gratis seumur hidup. Tujuannya adalah untuk mempermudah pemakainya dalam menciptakan sebuah blog/website. Ada banyak sekali orang yang telah memakai website ini.

Freedomain.pro

Freedomain.pro pun menyediakan domain gratis seumur hidup. Di antara kita mungkin belum banyak yang mengetahui freedomain.pro karena website ini belum banyak yang memakainya.

Dot.tk

Website dot.tk menyediakan domain yang berakhiran.tk, namun jangan dianggap remeh karena sudah banyak yang memakai domain tersebut.

My.ga

Domain yang berakhiran .ga memang bukanlah hal asing lagi di telinga kita karena domain .ga sudah sangat banyak yang memakainya.

Freenom.com

Freenom merupakan website yang sudah sangat banyak digunakan. Selain menyediakan domain secara gratis, freenom pun menyediakan domain yang berbayar. Jika domain yang kita pakai termasuk kategori spesial, kita tidak dapat memakainya secara gratis, artinya termasuk berbayar.  Akan tetapi, jika domain kita tidak masuk kategori spesial, kita dapat memakainya secara gratis. Ada satu lagi catatan, jika kita ingin memakai domain di freenom, kita harus memakai VPN terlebih dulu.

Biz.nf

Website Biz.Nf termasuk yang menyediakan domain gratis. Website ini dapat dikatakan jarang yang memakainya, mungkin karena dianggap terlalu “ribet” memakainya.

Dominio.gq

Nama domain yang tersedia di website dominio.gq adalah yang berakhiran .gq. Domain berakhiran .gq memang masih jarang terdengar di telinga kita. Akan tetapi, apabila memerlukan domain .gq maka bisa memakainya di website ini.

Point.ml

Point.ml merupakan website yang menyediakan domain gratis seumur. Nama domainnya berakhiran .ml.

Freesubdomain.org

Freesubdomain merupakan website yang menyediakan domain gratis dengan akhiran nama domain yang banyak. Ada sangat banyak fasilitas yang ditawarkan website freesubdomain.org.

Maksimalkan Bisnis Toko Anda dengan Rekomendasi 10 Aplikasi Kasir Ini | Cek Fitur Keunggulannya

0
048

Salah satu cara terbaik mengelola bisnis adalah rutin mencatat transaksi di kasir. Dengan mengetahui jelas laporan transaksi, Anda dapat mengelola bisnis dengan mudah seperti menghitung laba, omset, hingga stok modal.

Saat ini, pengelolaan kasir telah berkembang dari manual ke digital. Kasir digital hadir untuk mempermudah Anda melakukan input transaksi sekaligus meminimalisir kerugian akibat kesalahan proses input. Untuk Anda yang masih menggunakan kasir tradisional, yuk segera beralih ke kasir digital! Mari cari tahu rekomendasi aplikasi kasir digital terbaik untuk mendukung perkembangan toko Anda di ulasan berikut ini.

10 Aplikasi Kasir Android Terbaik untuk Melancarkan Transaksi

Kebanjiran pesanan merupakan hal yang diinginkan oleh semua pemilik toko. Namun, peristiwa ini akan menjadi bencana jika toko Anda masih mengandalkan sistem pencatatan transaksi manual. Pencatatan kasir manual memiliki resiko tersendiri seperti eror penghitungan hingga kewalahan saat mencatat rincian transaksi. Alhasil, pelayanan toko Anda akan menjadi sangat lamban.

Daripada ribet, yuk gunakan aplikasi kasir online! Berikut ini adalah 10 rekomendasi aplikasi pengelola kasir untuk mempermudah pengelolaan toko Anda.

Moka POS

MOKA-POS

Rekomendasi aplikasi kasir online pertama adalah Moka POS. Moka POS adalah aplikasi kasir Android berbasis cloud yang dapat diakses dimanapun serta kapanpun. Dari segi fitur, Moka POS memiliki fitur fungsional yang lengkap dan beragam untuk memudahkan pengelolaan transaksi toko Anda.

Fitur andalan Moka POS adalah Moka Back Office. Moka Back Office memungkinkan pemilik toko untuk melihat rekapan total seluruh penjualan dari beberapa toko yang ia miliki. Fitur inilah yang menjadikan Moka POS sebagai aplikasi kasir Android pilihan pebisnis khususnya yang memiliki banyak cabang usaha. Aplikasi Moka juga dapat digunakan untuk semua jenis usaha mulai dari spa, retail, restoran, café, salon, toko busana dan lain-lain.

Hanya saja, setiap pengguna baru Moka hanya diberikan masa penggunaan gratis selama 14 hari. Selebihnya, Anda harus berlangganan agar tetap bisa menggunakan Moka POS. Meskipun berbayar, aplikasi kasir satu ini masih memiliki harga terjangkau dengan kualitas yang sepadan dengan harganya.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mokapos.android

Pawoon

pawoon

Pawoon merupakan aplikasi kasir toko yang juga bisa dipakai untuk memonitor transaksi banyak toko sekaligus. Semua transaksi yang masuk ke dalam akun pemilik dicatat secara real time melalui basis cloud. Alhasil, Anda bisa memantau aktivitas perdagangan di semua toko Anda secara langsung.

Pawoon juga memungkinkan Anda untuk mencetak laporan rekapan transaksi di toko Anda dengan mudah. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sistem pembuatan laporan harian otomatis dan koneksi printer thermal. Cukup hubungkan Pawoon dari gadget ke printer via Bluetooth atau LAN, lalu laporan transaksi toko siap untuk dicetak. Lebih bagus lagi, Pawoon dapat digunakan secara online ataupun offline! Bagaimana, tertarik untuk mencoba Pawoon?

Link dwonload aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pawoon.pos

 iReap POS Lite

ireap-post-lite

Rekomendasi aplikasi kasir toko berikutnya adalah iReap POS Lite. Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, iReap POS Lite bersifat offline dan tanpa iklan di hampir semua pengoperasiannya. Kecuali kalau Anda ingin mengirim laporan via e-mail atau untuk melakukan backup data, barulah Anda akan memerlukan koneksi internet. Jadi, aplikasi iReap POS Lite sangat cocok dipakai untuk Anda yang tokonya masih belum memiliki fasilitas Wi-Fi.

Masih sama dengan aplikasi sebelumnya, iReap POS Lite menggunakan sistem penyimpanan data cloud, sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir terkait kapasitas ruang penyimpanan. Aplikasi ini pun sangat direkomendasikan untuk kios-kios, food truck, apotek, bengkel, pameran, hingga online shop. Yuk segera unduh iReap POS Lite di Google Play Store.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sterling.ireap

Olsera Poin of Sale

olsera

Aplikasi selanjutnya adalah Olsera Poin of Sale. Olsera Poin of Sale menawarkan fitur pendukung untuk transaksi pencatatan penjualan, pemasukan dana, dan pengeluaran modal harian. Semua data yang diinput dalam Olsera Poin of Sale akan terbackup otomatis via online di cloud, jadi Anda bisa mengaksesnya kapanpun dimanapun.

Kelebihan dari Olsera Poin of Sale adalah bisa dipakai secara offline. Semua data yang terekam saat mode offline akan terupdate otomatis ke cloud begitu perangkat terkoneksi dengan internet. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data. Sayangnya, Olsera Poin of Sale hanya memberikan masa gratis coba (free trial) selama 2 minggu. Untuk bisa menggunakan Olsera Poin of Sale seterusnya, Anda harus membeli paket langganan.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.olserapratama.pos

Kasir Pintar

kasir-pintar

Ingin mencari aplikasi kasir toko yang gratis? Kasir Pintar bisa jadi jawaban yang tepat untuk Anda. Aplikasi Android ini sepenuhnya gratis mulai dari pengunduhan hingga pengoperasian. Fitur-fitur yang disediakan pun mudah dan praktis digunakan, sehingga siapapun bisa memanajemen transaksi usaha mereka dengan baik.

Kasir Pintar juga menggunakan basis sistem cloud serta dapat dipakai secara offline dan online. Kelebihan dari aplikasi satu ini adalah memiliki fitur scan barcode. Fitur scan barcode akan memungkinkan Anda untuk menetapkan harga setiap item. Penggunaannya pun sangat mudah! Cukup tampilkan barcode setiap produk lalu scan menggunakan kamera gadget/smartphone. Setelah itu, pembayaran akan otomatis terkonfirmasi.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=org.owline.kasirpintar

Cazh POS

cazh-pos

Ada juga aplikasi Cazh POS yang dirilis oleh CAZH. Cazh POS tersedia dalam bentuk gratis dan premium yang sama-sama dapat bebas digunakan masyarakat. Cazh POS memiliki user interface sederhana dengan tujuan mempermudah siapa saja untuk mengelola bisnisnya. Aplikasi ini sudah sangat terkenal digunakan dalam berbagai jenis bisnis seperti toko kelontong, laundry, kantin, pedagang kaki lima, restoran, salon, dan masih banyak lagi.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.cazh.pos.android

Smartlink

smartlink

Berbeda dengan semua aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi Smartlink ditujukan khusus untuk usaha laundry. Fitur-fitur dalam Smartlik didesain khusus untuk mendukung pengelolaan transaksi laundry, mulai dari transaksi deposit dan regular, pembayaran via e-money, cetak nota transaksi, hingga pengelolaan pelanggan dan kurir antar jemput pakaian. Cukup dengan 1 aplikasi untuk mengelola semua kegiatan di bisnis laundry Anda. Smartlink dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sinadme.kasirsinadme

Kasir Bengkel Plus Keuangan

kasir-bengkel

Setelah aplikasi khusus laundry, kini juga ada aplikasi untuk kasir bengkel. Sampai hari ini, masih banyak pemilik bengkel kendaraan yang mengelola transaksi menggunakan sistem manual. Apakah Anda juga salah satunya?

Sebenarnya boleh-boleh saja untuk mengelola transaksi bengkel menggunakan cara manual. Akan tetapi cara tersebut sudah tidak efektif, plus akan menyulitkan jika bengkel Anda sedang ramai pengunjung.

Daripada kewalahan mengurus rekapan transaksi, yuk coba pakai Kasir Bengkel Plus Keuangan saja! Aplikasi pengelolaan kasir via smartphone ini sudah difasilitasi lengkap untuk mengelola aktivitas di bengkel Anda. Mulai dari kegiatan transaksi, jumlah penjualan, hingga membuat dan mencetak laporan rekapan per harinya. Praktis sekali, ‘kan?

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.komputerkit.probengkelpluskeuangan

Vend

Vend merupakan aplikasi pengelola kasir ternama selanjutnya. Aplikasi Vend diproduksi di Inggris dan sudah mendunia. Tak hanya di Indonesia, Vend sudah dipakai lebih dari 20 ribu retailer bisnis di seluruh dunia. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang mayoritas berbasis Android, Vend dapat diakses di sistem iOS serta Windows.

Semua data Vend tersinkronisasi dalam sistem cloud. Bahkan jika Anda menggunakan Vend secara offline, data-data akan terupdate otomatis begitu mendapatkan akses online. Dari segi fitur pun, Vend sudah tergolong lengkap seperti fitur pembayaran, point of sale, inventory dan laporan keuangan harian. Tertarik mencoba beragam fitur ini? Yuk unduh Vend di app store sekarang!

Touch Bistro

touch-bistro

Rekomendasi aplikasi kasir yang terakhir adalah Touch Bistro. Aplikasi ini juga sudah terkenal mendunia seperti Vend, bedanya, Touch Bistro lebih dikhususkan untuk food trucks, restoran dan bar. Fitur unggulan Touch Bistro yang tidak ada di aplikasi lainnya adalah mobile menu management. Fitur ini memungkinkan para pegawai untuk menawarkan menu ke pelanggan via gadget. Setelahnya, para koki akan mendapat notifikasi menu pilihan untuk mulai dimasak. Jadi, pelanggan dapat memesan melalui jarak jauh dan segera mendapatkan makanan begitu tiba di restoran. Canggih!

Ingin mencoba Touch Bistro? Jangan khawatir, sebab aplikasi ini juga sudah dapat diakses di Indonesia.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.touchbistro.reportstogo

Belum Menemukan Aplikasi Terbaik? Appkey Solusinya!

Setiap aplikasi kasir online memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Alhasil, Anda harus jeli dalam memilih aplikasi terbaik untuk mendukung bisnis. Namun bagaimana jika Anda belum berhasil menemukan aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan toko? Daripada bingung, yuk buat aplikasi sendiri di Appkey.

Appkey adalah developer pengembang aplikasi ternama sekaligus berpengalaman. Appkey menyediakan layanan pembuatan beragam aplikasi bisnis, seperti aplikasi kasir online. Harga yang ditawarkan pun terjangkau untuk fasilitas super lengkap. Anda cukup memaparkan kebutuhan, lalu para staf profesional Appkey akan memproses aplikasi Anda hingga membantu mengunggah aplikasi ke Play Store.

Tunggu apa lagi? Yuk segera akses appkey.co.id untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan paket pengembangan aplikasi harga super terjangkau sekarang!

Sukses Jadi YouTuber dengan 10 Aplikasi Editing Suara Gratis Terbaik Ini

0

iApakah Anda suka menonton video-video TikTok atau YouTube? Menonton video adalah bentuk hiburan yang banyak diminati masyarakat di tahun ini, terutama saat berada di rumah saja untuk menekan penyebaran virus Corona. Rasa suntuk dan bosan di rumah bisa diusir dengan menikmati aneka video lucu yang bertebaran di media sosial.

Atau Anda justru hobi membuat video? Momen di rumah saja juga menjadi waktu terbaik untuk Anda yang hobi membuat video dengan menjadi YouTuber. Namun untuk bisa menjadi YouTuber sukses, Anda harus membuat video dengan kualitas suara jernih serta merdu. Bagaimana caranya?

Kini ada banyak aplikasi editing audio gratis sekaligus mudah dipakai, lho! Mari cari tahu rekomendasinya di artikel kali ini.

Top 10 Aplikasi Editing Suara Terbaik: Bikin Karir YouTube-mu Sukses!

editor-audio

Saat menonton sebuah video atau film, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara si pembuat video mengedit filmnya dengan apik dan menarik? Sekarang sudah terkuak bahwa salah satu kunci kesuksesan video ala YouTube atau TikTok terletak pada kualitas suara video.

Mengapa audio yang baik itu penting? Saat menonton video, kita pasti menikmati suara serta gambar yang ditampilkan, bukan? Kita tidak mungkin bisa menikmati sebuah video dengan suara yang tidak jernih, pecah, atau bahkan tidak kedengaran. Mau sebagus apapun visual yang ditampilkan sebuah video, jika kualitas audionya buruk maka penonton otomatis akan membenci video Anda.

Sayangnya, ada banyak faktor yang menjadikan kualitas suara kurang baik saat membuat video, seperti mikrofon rusak atau suasana yang ribut saat pengambilan gambar. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jawabannya adalah mengedit suara video dengan aplikasi editing suara terbaik!

Selayaknya foto dan video, suara juga bisa diedit dengan sejumlah aplikasi editing suara di Android ataupun PC. Nantinya, Anda bisa memasukkan beragam efek suara yang menjadikan video Anda lebih seru ditonton. Yuk, langsung simak rekomendasi aplikasi editing suara terbaik berikut ini, lengkap dengan link download gratis!

WavePad Audio Editor-Free

Untuk Anda yang gemar melakukan editing video di laptop atau komputer, Anda bisa menggunakan aplikasi editing suara PC bernama WavePad Audio Editor-Free buatan NCH Software.

Meski gratis, kualitas dari WavePad tidak main-main. Aplikasi editing suara PC ini memiliki fitur dan tampilan yang setara dengan Adobe Audition, salah satu aplikasi editing audio profesional ternama.

WavePad Audio Editor-Free juga diminati oleh banyak video creator karena menawarkan fitur rekaman dan editing efek suara. Dengan WavePad, Anda bisa memasukkan banyak efek suara untuk mempercantik audio video Anda. Beberapa jenis efek yang tersedia seperti Reverb, Echo, Chorus, Vibrato, Flanger, dan lain-lain.

Kabar gembira, WavePad sekarang sudah tersedia untuk smartphone Android dengan ukuran 15MB saja! Unduh segera WavePad Audio Editor-Free di link Google Play Store:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nchsoftware.pocketwavepad_free

Lexis Audio Editor

Aplikasi editing suara PC dan Android selanjutnya adalah Lexis Audio Editor rilisan Pamsys. Lexis Audio Editor tak kalah populer dibanding WavePad, lho! Aplikasi editing audio ini sukses mendapat rating 4,4 bintang dan telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store.

Lexis Audio Editor memiliki tampilan antarmuka yang elegan ala profesional, namun tetap mudah dipakai untuk editor pemula. Salah satu fitur unggulan Lexis adalah sepuluh jenis equalizer untuk mengedit suara hasil rekaman lagu. Selain itu ada pula fitur rekam secara live dan import lagu dari perangkat untuk diedit.

Semua fitur pada Lexis Audio Editor bersifat gratis dan siap pakai. Lexis juga mendukung beragam format audio, seperti MP3, WMA, M4A, MAV, FLAC hingga ACC. Tunggu apa lagi, langsung unduh dan coba Lexis Audio Editor di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pamsys.lexisaudioeditor

Timbre

Rekomendasi aplikasi editing suara di Android berikutnya adalah Timbre. Timbre adalah aplikasi primadona bagi para video creator di smartphone sebab menyediakan paket lengkap fitur editing canggih setara software audio untuk PC.

Timbre dilengkapi dengan beragam kemudahan editing audio. Anda bisa berkreasi sesuka hati mulai dari memasukkan sound effect, membalik suara, hingga memotong dan menggabungkan beragam audio.

Timbre juga menjamin kualitas hasil editing suara di video Anda. Banyak user telah membuktikan kualitas suara video hasil editing Timbre tetap terjaga dengan baik.

Namun kecanggihan Timbre tak hanya terbatas pada editing suara saja. Aplikasi rilisan developer Xeus ini telah berkembang menjadi editor video secara keseluruhan. Anda bisa membuat GIF, mengubah rasio video, hingga menambahkan watermark pada video. Keren sekali, bukan?

Unduh Timbre secara gratis di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=xeus.timbre

Audio MP3 Cutter Mix Converter & Ringtone Maker

editor-audio-1 (1)

Bosan dengan nada ringtone smartphone yang itu-itu saja? Yuk buat sendiri ringtone smartphone unik dengan aplikasi editing suara di Android: Audio MP3 Cutter Mix Converter & Ringtone Maker.

Cutter Mix and Ringtone Maker dibuat oleh Appz Cloud Technologies dan sukses memperoleh rating 4,1 bintang di Google Play. Di aplikasi ini, Anda bisa mengeksplorasi banyak fitur editing suara seperti converter, mixing, marge, tag audio, dan masih banyak lainnya.

Hebatnya lagi, Cutter Mix and Ringtone Maker bisa digunakan untuk mengompresi ukuran file audio tanpa menghancurkan atau menurunkan kejernihan suara. Penasaran ingin mencoba langsung aplikasi keren satu ini? Unduh segera aplikasinya secara gratis di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.appzcloud.audioeditor

Adobe Audition

Kita telah membahas banyak aplikasi pengedit suara untuk Android. Kini mari beralih sejenak ke aplikasi audio editor unggulan untuk Windows dan MacOS bernama Adobe Audition.

Adobe Audition adalah salah satu software resmi milik Adobe yang dikhususkan untuk editing dan mixing suara. Didukung oleh fitur-fitur unggulan dan daya tahan kerja yang kuat serta stabil, Adobe Audition membebaskan Anda berkreasi mengedit suara pada video ataupun file lagu.

Fitur canggih Audition yang tak dimiliki aplikasi lainnya adalah audio ducking. Fitur ini dilengkapi kecerdasan AI yang siap membantu Anda menemukan titik-titik terbaik mengedit suara. Sangat praktis!

Tertarik untuk mencoba Adobe Audition? Jika iya, segera unduh Adobe Audition di laman: https://www.adobe.com/products/audition/free-trial-download.html. Sebagai catatan, Anda akan mendapatkan masa gratis uji coba aplikasi selama 7 hari. Selebihnya, Anda bisa berlangganan versi premium melalui akun resmi Adobe.

Video Sound Editor

Ingin menggunakan aplikasi editor suara dan video yang ringan untuk smartphone? Anda bisa mencoba aplikasi Android Video Sound Editor buatan AndroTechMania. Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil yakni 11MB dan mampu bekerja dengan baik sekaligus ringan. Dijamin anti lelet untuk smartphone!

Dengan Video Sound Editor, Anda bisa menambahkan musik ke video, mixing audio, dan membisukan audio sesuka hati. Sedangkan dari segi antarmuka, Video Sound Editor memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Download aplikasinya secara gratis sekarang di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.appzcloud.audioeditor

BandLab – Social Music Maker and Recording Studio

Sekarang kita bisa membuat lagu ala grup band tanpa menggunakan alat-alat musik band atau studio musik, lho! Bagaimana caranya?

Sambutlah versi baru dari PocketBand yang bernama BandLab-Social Music Maker and Recording Studio. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat lagu khas band hanya dengan berbekalkan smartphone. Super canggih!

Melalui fitur audio mixing, Anda bisa menemukan banyak efek instrumen band seperti gitar, drum, dan bass untuk melengkapi iringan lagu yang Anda ciptakan. Tak hanya itu, BandLab juga menghadirkan fitur AutoPitch yang bisa digunakan untuk mengedit suara agar terdengar lebih merdu dan sesuai dengan melodi.

Yuk unduh aplikasi BandLab dan buat lagu sendiri secara gratis di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bandlab.bandlab

Audacity

Audacity adalah aplikasi pengedit suara terpopuler lainnya. Berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, Audacity bersifat open source, gratis dan tersedia untuk banyak platform.

Audacity sangat direkomendasikan untuk Anda yang baru coba-coba terjun di dunia editing suara. Aplikasi ini menghadirkan beragam fitur mudah untuk memotong, menggabungkan hingga menambah dan menghapus suara dalam file audio. Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk menjernihkan suara sebab memiliki banyak plugin tambahan dan sound effect.

Hanya saja sampai saat ini Audacity cuma bisa digunakan di PC atau komputer. Mengingat sifatnya yang open source, maka ada banyak link download Audacity yang dapat Anda gunakan seperti:

https://audacity.id.uptodown.com/windows atau https://www.audacityteam.org/download/

VirtualDJ (Virtual FLDJ Studio – DJing & Mix Your Music)

Siapa penggemar genre musik EDM? Untuk Anda yang ingin mengkreasikan musik EDM dan belajar menjadi DJ profesional, yuk coba Virtual FLDJ Studio – DJing & Mix Your Music!

Aplikasi ini tersedia untuk Windows, MacOS, dan juga smartphone Android. Aplikasi VirtualDJ telah sukses mendapat rating 4,4 bintang di Google Play Store dan diunduh oleh 117 juta pengguna dari berbagai negara.

Beragam sound effect khas genre EDM tersedia dan siap digunakan dengan VirtualDJ. Sayangnya terdapat perbedaan fasilitas pada versi gratis dan berbayar dari aplikasi ini. Untuk mengakses semua fitur premium, Anda bisa mengunduh VirtualDJ Business atau VirtualDJ Pro.

Namun untuk mengunduh aplikasi versi gratis, Anda cukup mengklik link berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sdappstudio.seratodj

Reaper

Rekomendasi aplikasi pengedit audio terakhir bernama Reaper. Software ini dapat dijalankan pada PC dengan sistem operasi Linux, Windows dan MacOS. Reaper terkenal akan kekuatan dan kestabilitasan kerjanya, sekaligus kekayaan fitur-fitur pengeditan suara di dalamnya.

Dengan Reaper, Anda bisa merekam audio ke mono, stereo, atau menggunakan file audio multikanal. Sayangnya, banyak user mengeluhkan tampilan antarmuka Reaper yang tidak serapi dan secantik software editing suara untuk PC lainnya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Reaper, download segera aplikasinya gratis di:

https://www.reaper.fm/download.php

Demikianlah ulasan terkait 10 aplikasi pengedit suara terbaik untuk PC dan juga smartphone Android. Anda boleh mencoba setiap aplikasi di atas guna menemukan yang terbaik untuk kebutuhan editing video Anda. Jangan lupa mengecek artikel informatif lainnya tentang dunia IT dari kami ya. Selamat berkreasi!