Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 73

Bisnis Internasional : Konsep dan Perbedaannya dengan Bisnis Domestik

0
003

Jika membahas mengenai negara berkembang, Indonesia akan termasuk ke dalamnya. Begitu pula dengan keadaan ekonomi nya, namun dimulai dalam beberapa tahun lalu ekonomi Indonesia sudah mengalami pertumbuhan ke arah yang lebih baik dan sedang terus bertumbuh.

Pada tahun 2020 ini, Indonesia sudah memiliki 5 startup Unicorn yaitu Ovo, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak dan JD.ID dan 1 startup yang sudah bergelar Decacorn yaitu Gojek.

Hal ini cukup membanggakan bagi Indonesia yang pasalnya untuk meraih gelar Unicorn tersebut, sebuah perusahaan harus memiliki nilai ekonomi atau valuasi sebesar $1 Miliar Amerika Serikat. Diikuti dengan gelar Decacorn yang merupakan the next level dari Unicorn, dimana sebuah perusahaan harus memiliki valuasi sebesar $10 Miliar Amerika Serikat.

Hal ini tentunya selalu terkait dengan bisnis apa yang startup ataupun yang suatu perusahaan pilih. Pasar yang dipilih pun menjadi salah satu faktor sukses atau tidaknya sebuah perusahaan. Seorang pebisnis harus menentukan pasar yang dituju terlebih dahulu, sebelum akhirnya terjun melakukan transaksi bisnis.

Semakin luas pasar yang bisa dicapai maka semakin banyak profit yang bisa diraih oleh suatu perusahaan. Bagi para calon pebisnis, mungkin untuk langsung bergabung ke dalam pasar internasional saat Anda baru saja merintis usaha kelihatannya agak sulit.

Anda harus mendapatkan kepercayaan publik terhadap barang maupun jasa yang Anda jual terlebih dahulu untuk bisa melakukan ekspansi pasar yang lebih luas.

Tetapi untuk para pebisnis yang sudah lama berada di pasar lokal atau domestik, lebih baik sekarang Anda juga mulai untuk mempertimbangkan masuk ke dalam pasar internasional. Kenapa hal ini perlu di pertimbangkan? memangnya apa saja konsep dan perbedaan dari bisnis domestik dan internasional?

Perbedaan Bisnis Internasional dan Bisnis Domestik

bisnis-internasional-2

Mari kita awali dengan pengertian bisnis internasional terlebih dahulu. Konsepnya, bisnis internasional adalah bisnis yang kegiatan-kegiatan komersialnya melewati batas-batas negara, bisa dilakukan oleh dua negara ataupun lebih dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan suatu organisasi ataupun individu.

Sedangkan bisnis domestik merupakan kegiatan bisnis yang aktivitas bisnisnya hanya di lingkup dalam negeri saja. Banyak bisnis domestik atau lokal yang tetap mempertahankan aktivitas bisnisnya hanya di lingkup dalam negeri karena menghindari tantangan untuk masuk kepasar internasional serta berbagai resikonya.

Seperti, adanya batas perdagangan dan tarif bea cukai, perbedaan perundang-undangan, perbedaan bahasa dan budaya serta beberapa faktor lainnya. Dilihat dari daya beli masyarakat, perbedaan yang ada juga cukup signifikan. Pasar domestik hanya mengandalkan daya beli dari masyarakat lokal saja.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara berkembang jadi untuk daya belinya masih belum sepesat negara maju. Walaupun masih ada beberapa perusahaan yang pasarnya merupakan negara berkembang, tetapi jika dibandingkan dengan kurs mata uang di Indonesia memang negara-negara tersebut memiliki kurs yang lebih tinggi sehingga menciptakan daya beli yang lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat lokal. Seperti Malaysia, Thailand, Brunei dan negara lainnya.

Bisnis internasional bukanlah sebuah hal baru di Indonesia. Penyebaran agama yang ada di Indonesia pun merupakan salah satu dampak dari adanya perdagangan secara internasional.

Nusantara ini awalnya menganut kepercayaan animisme yaitu, percaya terhadap adanya roh, seperti roh leluhur. Lambat laun kepercayaan ini pun berubah saat perdagangan internasional terjadi.

Seperti masuknya Agama Hindu sekitar abad ke-4 Masehi yang dibawa oleh para pedagang dari India, Agama Islam yang dibawa oleh pedagang Arab, Agama Kristen Katholik yang dibawa oleh bangsa Portugis dan bangsa-bangsa lainnya yang membawa ajaran agama mereka ke Indonesia sambil melakukan perdagangan dengan rakyat setempat.

Hal tersebut kemudian terus menerus berkembang, tidak lagi fokus pada penyebaran agama namun perdagangan internasional sekarang ini lebih mempengaruhi selera, kultur, pola pikir dan masih banyak lagi.  Hal lain yang mendorong terjadinya bisnis internasional adalah tidak semua negara memiliki sumber daya alam yang negara tersebut dibutuhkan, sehingga terjadi kegiatan impor dan ekspor.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh banyak pihak, tidak hanya terpaku pada satu golongan saja. Mulai dari antar pihak pemerintahan, pihak swasta ataupun gabungan kerjasama antara pemerintahaan dan pihak swasta.

Tentu saja untuk pihak swasta, melakukan bisnis secara internasional pastinya dengan tujuan kuat yaitu untuk meraih laba semaksimal mungkin. Berbeda dengan perusahaan milik pemerintah, perusahaan melakukan bisnis secara internasional tidak terfokus untuk meraih laba yang tinggi tetapi untuk kemajuan dan kepentingan negara.

Tipe-Tipe Bisnis Internasional

Ada 4 tipe bisnis Internasional yang umumnya digunakan, seperti :

Foreign Trade

Foreign trade adalah aktivitas bisnis internasional yang kerap digunakan oleh sebagian besar negara. Jenis kegiatan bisnis internasional ini cenderung serupa dengan aktivitas impor ekspor. Pada kegiatan impor ekspor, objek barang yang sering digunakan adalah visible physical goods (barang yang fisiknya terlihat) dan komoditas.

Trade in Service

Trade in services  adalah aktivitas bisnis internasional yang objek barangnya juga berupa tangible goods (barang berwujud). Objek tersebut seperti asuransi, hotel, perbankan, konsultan, biro perjalanan transportasi dan masih banyak contoh lainnya.

Portfolio Investment

Portfolio Investment adalah aktivitas bisnis internasional dalam wujud investasi keuangan yang dilakukan di negara lain. Umumnya investor akan memberikannya dalam bentuk modal atau hutang.

Direct Investment

Direct Investment adalah aktivitas bisnis internasional yang dibedakan dari tahap pengawasan suatu proyek antara perusahaan dengan investor. Umumnya tahapan pengawasannya dapat bervariasi, mulai dari tingkat pengawasan sebagian sampai dengan pengawasan secara penuh.

Perusahaan yang sudah menjalankan bisnis internasional cenderung lebih bisa bertahan dalam kondisi sulit karena modal pendanaan mereka tidak hanya berasal dari lokal tetapi juga berasal dari luar negeri dengan menerapkan direct ataupun portofolio investment.

Sehingga bisnis tetap bisa berjalan dan ada kesempatan untuk segera pulih. Perusahaan yang tidak mampu bersaing di pasar global namun kinerjanya baik maka akan ada potensi untuk diakuisisi oleh perusahaan internasional yang dinamis dan dapat mengikuti perubahan kondisi.

Contoh Bisnis Internasional

bisnis-internasional-3

Salah satu contoh mudahnya, yaitu dalam bisnis akomodasi. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kekayaan alam yang beragam merupakan salah satu daya tarik sebagai destinasi wisata. Ada banyak sekali akomodasi yang tersedia, mulai dari brand lokal sampai dengan internasional.

Tentu saja hal ini akan mempengaruhi terjadinya persaingan yang ketat dalam mendapatkan tamu untuk mengisi hunian hotel. Memang saat memasuki dunia digital, mencari informasi tidaklah sesulit saat internet belum menjadi hal yang lumrah. Akomodasi yang bermain dalam bisnis domestik hanya akan menarik tamu yang berasal dari masyarakat lokal, bahkan ada kemungkinan masyarakat di luar pulau tersebut tidak mengetahui bahwa brand lokal tersebut ada, karena brand tersebut hanya cukup tenar di pulau itu saja.

Memang tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan tamu internasional untuk akomodasi tersebut, namun peluangnya akan lebih sedikit jika bersaing dengan akomodasi internasional. Seperti namanya “Internasional” maka brand tersebut akan dikenal secara luas, cabangnya pun tidak hanya terdapat pada satu negara saja, tetapi banyak negara. Saat orang memilih sesuatu untuk diri mereka di suatu tempat baru, pastinya orang-orang akan cenderung memilih brand yang mereka kenal.

Hal ini dikarenakan mereka sudah tahu kualitas brand tersebut, jadi tidak perlu mengira-ngira akan seperti apakah kualitas layanan yang diberikan. Ini juga didukung dengan adanya pemasaran dalam cakupan domestik dan luar negeri yang merupakan salah satu tahap memasuki bisnis internasional.

Daya beli masyarakat internasional juga cenderung lebih besar dibandingkan dengan masyarakat lokal sehingga menciptakan potensi meraup profit yang lebih tinggi dibandingkan hanya bermain di pasar lokal saja.

Melakukan ekspansi bisnis dari domestik ke level internasional tentu saja akan membawa dampak baik pada brand Anda. Selain brand Anda akan dikenal secara global tidak menutup kemungkinan untuk mendominasi pasar lokal, daya beli pun akan naik dan profit pun akan meningkat.

Meraih status startup Unicorn ataupun Decacorn juga memerlukan investasi dari luar, mengingat nominal $1 Miliar Amerika Serikat cukup besar jika di convert ke mata uang kita.

Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download aplikasinya di Google Play Store dan AppStore. Ada ratusan artikel informatif terupdate menanti Anda di sini!

Uji Kecepatan Internet di Rumah dengan Cepat Pake Cara Ini!

0
005

Hampir keseluruhan masyarakat di Indonesia selalu dalam keadaan online di setiap harinya. Mungkin masih ada beberapa persen untuk orang-orang yang belum bisa berada pada situasi tersebut, karena masih terhalang sinyal.

Kemungkinan, mereka masih hidup di daerah yang sangat pedesaan ataupun berada di daerah-daerah terpencil. Seperti daerah yang belum banyak bisa dijangkau oleh pihak telekomunikasi untuk pemasangan tower pemancar sinyal.

Lalu kenapa banyak orang yang selalu dalam keadaan online di setiap harinya? Tentu saja jawabannya yaitu, karena mereka ingin memperoleh sebuah kemudahan. Adanya internet benar-benar menciptakan kemudahan dalam berkomunikasi dan juga kecepatan dalam memperoleh sebuah informasi maupun data.

Saat ini, posisi layanan SMS sebagai layanan untuk berkirim pesan sudah digantikan dengan aplikasi online seperti Whatsapp, LINE, Kakaotalk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu saja harganya lebih murah jika dibandingkan memakai layanan SMS. Sekali membeli kuota internet, Anda benar-benar bisa melakukan banyak hal. Mulai dari berkirim pesan, bermain game, menggunakan media sosial, streaming video maupun lagu ataupun hanya sekedar mencari informasi dan referensi dalam mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan Anda.

Fenomena Penggunaan Wi-Fi Semakin Meningkat

internet

Untuk dapat menikmati layanan internet, banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari membeli kuota internet sendiri, menggunakan fasilitas Wi-Fi kantor maupun sekolah, datang ke tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis dan bisa juga memasang Wi-Fi sendiri di rumah. Tidak jarang, jika Anda pergi ke sebuah cafe, Anda akan menemukan beberapa orang membawa laptop dan sedang mengerjakan pekerjaannya sambil menikmati pesanannya.

Orang yang melakukan hal tersebut pun beragam, mulai dari siswa, mahasiswa, freelancer sampai dengan pegawai pun masih ada yang pergi ke cafe untuk mendapatkan fasilitas Wi-Fi tersebut.

Namun terkadang hal ini juga tidak terlalu nyaman. Ada beberapa hal yang membuat mengerjakan tugas dengan memanfaatkan Wi-Fi di cafe terasa kurang nyaman. Yang pertama, karena tidak semua cafe beroperasi 24 jam. Beberapa dari pengguna Wi-Fi tentunya memiliki waktu yang berbeda-beda untuk mengerjakan tugasnya.

Kedua, tidak nyaman hanya membeli satu atau dua buah items yang di jual di cafe padahal kita menggunakan fasilitas Wi-Fi nya secara berjam-jam. Terkadang ada di beberapa tempat, yang pelayannya langsung menghampiri meja si pengguna Wi-Fi untuk menanyakan pesanan berikutnya karena sudah diam terlalu lama dan pesanan pertama juga sudah lama habis.

Ketiga, karena menggunakan Wi-Fi umum maka keamanannya juga sangat rentan. Ada beberapa kasus dimana data pribadi si pengguna diambil oleh  si peretas melalui  jaringan Wi-Fi umum dan beberapa faktor-faktor lainnya yang menimbulkan ketidaknyamanan saat menggunakan Wi-Fi umum.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memasang jaringan Wi-Fi dirumah, untuk kenyamanan browsing dan lebih baik daripada hanya mengandalkan kuota internet hp untuk kegiatan yang cukup banyak dengan internet.

Sekarang sudah banyak provider internet yang menawarkan fasilitas untuk pemasangan Wi-Fi dirumah, untuk mempermudah segala mobilitas bagi pekerjaan Anda dan juga mempermudah anak Anda dalam belajar dan menyelesaikan tugas rumah, jika Anda sudah berkeluarga.

Semuanya bisa dilakukan dirumah tanpa harus pergi lagi ke tempat-tempat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi ataupun takut kuota internet habis saat mencari informasi di internet. Namun terkadang, kecepatan internet dengan Wi-Fi yang dipasang dirumah bisa saja tiba-tiba melambat, bahkan belum digunakan untuk sebulan. Tentu saja hal tersebut dirasa cukup mengganggu.

Ada bisa melakukan tes kecepatan internet saat dirumah untuk mengukur kecepatan internet. Apakah benar lebih lambat daripada sebelumnya? Jika iya, tentunya hal ini bisa dilaporkan dan juga dicari apa penyebabnya.

Uji kecepatan internet umumnya disebut dengan speed test dalam lingkungan IT. Speed test sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kecepatan koneksi dan performa internet yang Anda gunakan. Singkatnya speed test adalah pengukur kecepatan internet baik untuk kecepatan internet di handphone ataupun Wi-Fi.

Cara Mengecek Kecepatan Internet

speed-test-internet

Cara cek kecepatan internet biasanya bisa dilihat dari beberapa faktor, seperti download speed, upload speed dan ping. Speed test mengukur soal download speed yaitu, seberapa cepatkah data yang bisa ditarik dari dari server menuju ke perangkat Anda. Download speed diukur dalam satuan megabit per second atau yang sering dikenal dengan Mbps.

Selain itu, speed test juga mengukur upload speed yang bisa mengukur seberapa cepat data bisa dikirim ke server dari perangkat Anda. Satuan untuk mengukur upload speed juga sama, yaitu Mbps. Ada juga yang dinamakan ping. Ping atau yang kadang disebut juga dengan latency merupakan reaksi seberapa cepat Anda mendapatkan respon setelah mengirimkan permintaan dan respon pun kembali lagi ke perangkat.

Ini seperti mengetes reaksi dari koneksi Anda. Ping biasanya diukur dalam milisecond (ms) atau milidetik dalam Bahasa Indonesianya. Semakin rendah nilai ping maka semakin baik koneksi Anda.

Namun hasil speed test tidak selalu menunjukan angka yang sama dan juga bersifat mutlak. Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi dalam pengukuran koneksi internet dengan menggunakan aplikasi speed test.

Jarak

Jarak Anda dengan modem Wi-Fi atau handphone yang berbagi koneksi Wi-Fi dengan Anda akan mempengaruhi hasil. Semakin jauh jarak Anda dengan sumber jaringan internet maka semakin kurang akurat hasilnya.

Hindari Kegiatan Download Maupun Upload

Saat menggunakan speed test, usahakan untuk menghentikan kegiatan upload maupun download agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dua kegiatan tersebut jika masih aktif akan mengurangi kecepatan internet saat dilakukannya speed test.

Restart Perangkat

Ada baiknya sebelum melakukan speed test, Anda me-restart terlebih dahulu untuk modem ataupun handphone yang akan diukur kecepatannya. Agar kondisinya prima kembali dan tidak terbebani

Frekuensi Elektronik Lain

Adanya frekuensi elektronik lain di sekitar modem ataupun handphone Anda bisa mengganggu keakuratan hasilnya. Usahakan untuk menjauhkan barang-barang yang memiliki gelombang elektronik saat melakukan speed test.

Jangan di Gunakan Berbanyak

Usahakan saat mengukur kecepatan dengan aplikasi speed test, jaringan Wi-Fi atau handphone Anda belum terbagi atau tidak digunakan siapapun. Hasilnya tentunya akan berbeda saat tidak digunakan dan saat digunakan oleh banyak orang. Semakin banyak yang menggunakan sebuah jaringan, maka kecepatannya akan semakin melambat.

Cek Kondisi Kabel

Untuk pengguna modem, kerusakan pada kabel modem akan mempengaruhi kecepatan jaringan. Baiknya, jika internet Anda melambat pastikan dulu kondisi kabel modem Anda dalam kondisi bagus. Tidak jarang ada kasus jaringan Wi-Fi sangat lambat atau tiba-tiba tidak berfungsi karena kabelnya terputus akibat digigit tikus.

Speed test ini pun bisa di download dimana saja, tidak terbatas hanya pada perangkat handphone saja. Tetapi juga bisa digunakan pada PC dan laptop bahkan bisa juga digunakan pada ekstensi browser Anda. Anda juga bisa melakukan speed test pada Wi-Fi dirumah teman Anda untuk mengetahui apakah koneksi internet dari provider tersebut bagus atau tidak.

Hal ini tentunya bisa membantu menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda memasang Wi-Fi dirumah Anda. Anda juga tentunya bisa meminta teman Anda yang berkunjung ke rumah Anda dengan provider kartu seluler yang berbeda untuk melakukan speed test.

Jadi Anda bisa tahu provider mana yang koneksi internetnya cepat dan stabil jika digunakan dirumah Anda ataupun area-area yang ingin Anda ketahui kecepatan koneksi internetnya.

Nah, jadi melakukan pengecekan speed test bisa dilakukan secara berkala untuk memantau kualitas jaringan Anda ataupun hanya sekedar ingin tau kualitas koneksi dari jaringan internet Anda. Hasil dari speed test ini akan memberikan gambaran kasar mengenai seberapa baik kualitas jaringan koneksi Anda. Aplikasi speed test bisa di download ataupun langsung melakukan pengetesan dengan menggunakan browser.

Yuk ikuti terus MARKEY di https://markey.id/ supaya tidak ketinggalan info, tips dan inovasi menarik untuk mengembangkan bisnis online. Baca gratis langsung dari web atau via app MARKEY (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!

Membangun Personal Branding yang Kuat | Meraih Sukses di Era Digital

0
001

Semua orang tentunya ingin sukses dalam berkarir. Persaingan dalam karir merupakan hal yang wajar, asal tetap dilakukan secara sehat. Untuk mewujudkannya, Anda perlu menerapkan strategi-strategi bersaing yang sehat pula. Salah satu bentuk strategi tersebut adalah membangun personal branding.

Apa itu personal branding? Bagaimana caranya sukses berkarir dengan strategi ini? Tunggu apa lagi, mari simak artikel berikut tentang apa itu personal branding, plus kiat-kiat sukses membangun branding personal di dunia kerja.

Mengenal Strategi Jitu Berkarir Personal Branding

personal-branding-2

Apa itu personal branding? Istilah yang satu ini cukup sering terdengar di dunia karir dan pekerjaan. Membangun sebuah brand personal nyatanya memiliki banyak manfaat untuk memperlancar jalan karir bagi para pencari kerja, freelancer, entrepreneur, hingga karyawan kantoran.

Sesuai namanya, personal branding adalah cara-cara mempromosikan diri sendiri ke masyarakat umum. Seperti layaknya promosi produk atau jasa, paket promosi diri ini mencakup segala kelebihan Anda seperti prestasi, skill, dan portofolio terbaik. Otomatis, personal branding adalah langkah terbaik untuk membangun citra diri ke masyarakat.

Di era digital saat ini pun, personal branding adalah hal yang wajib dimiliki jika ingin menduduki puncak karir dengan mudah. Seseorang umumnya membangun dan mempromosikan citra diri mereka di beragam platform dunia maya, seperti blog, website dan media sosial, hingga siapapun dapat mencari serta melihat siapa mereka.

Brand personal ini dapat dibangun siapa saja, mulai dari pekerja kantor, pengusaha, politikus, public figure, programmer, bahkan mahasiswa dan freshgraduate sekalipun. Untuk para pekerja, promosi diri yang baik akan mempermulus jalan karir mereka di masyarakat. Bagi para politikus, membangun brand personal adalah cara untuk memenangkan posisi pejabat yang baik. Sedangkan bagi mahasiswa, brand diri yang bagus serta berkualitas akan memberinya kesempatan besar untuk diterima bekerja di perusahaan pasca ia lulus nantinya.

Lebih jauh lagi, brand personal dapat turut menguntungkan pihak perusahaan. Citra diri yang dipunyai seorang pemilik perusahaan akan memengaruhi masyarakat untuk menggunakan barang atau jasa yang ia jual lewat bisnisnya. Semisal ada seorang artis berprestasi yang memiliki sebuah bisnis. Ia akan menggunakan citra dirinya yang baik plus sudah terkenal di masyarakat untuk mempromosikan bisnisnya. Nilai positif akan dirinya itulah yang sukses menggaet rasa penasaran dan kepercayaan masyarakat untuk berbelanja di tokonya.

Adapun manfaat lainnya dari memiliki brand personal yang baik adalah:

  1. Memudahkan diri Anda dikenali oleh orang lain, baik secara profesional maupun personal.
  2. Meningkatkan kredibilitas diri sendiri di mata publik.
  3. Menambah kenalan dan jaringan relasi.
  4. Memperbesar kesempatan untuk direkrut perusahaan, terpilih dalam internship, atau digunakan jasanya oleh konsumen baru.

Cara Ampuh Membuat Branding Diri Sendiri untuk Pemula

Memiliki brand personal mampu memberikan Anda banyak manfaat. Jadi tunggu apa lagi? Anda pun bisa membangun brand personal mulai dari hari ini! Untuk bisa memulainya, Anda harus memahami terlebih dahulu cara-cara ampuh membangun branding diri sendiri. Berikut tips dan trik jitunya!

Kenali Dulu Siapa Diri Anda

Membangun branding diri sendiri memang umumnya dilakukan dengan cara menampilkan profil serta portofolio yang baik. Namun sebelum melangkah ke sana, Anda harus mampu mengenali terlebih dahulu siapa diri Anda sesungguhnya. Siapa Anda? Apa keahlian dan keunggulan yang Anda miliki?

Memahami diri sendiri akan membantu kelancaran proses promosi diri Anda ke masyarakat. Ibaratnya mempromosikan produk, bagaimana Anda bisa meyakinkan calon konsumen untuk mencoba produk jika Anda sendiri tidak mengenali produk tersebut dengan baik?

Proses mengenali diri sendiri ini bisa menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang, namun ingatlah untuk senantiasa bersikap jujur. Jangan sampai Anda tergoda berpura-pura menjadi orang lain demi menutupi kelemahan diri sendiri. Cara ini hanya akan menimbulkan masalah di kemudian hari seperti kelelahan berpura-pura, ekspektasi masyarakat yang tidak sesuai realita, hingga kehilangan kepercayaan dari klien atau partner kerja.

Membangun Jaringan Relasi

Langkah selanjutnya adalah mulai membangun jaringan relasi. Jaringan relasi akan sangat membantu dalam menyukseskan branding personal yang Anda lakukan. Semakin banyak relasi, maka hasilnya biasanya akan semakin baik. Bisa jadi melalui jaringan relasi ini, Anda dipertemukan dengan teman baru, calon klien, investor, hingga mentor atau partner kerja yang baru. Nantinya, Anda bisa saling sharing informasi dan pengetahuan satu sama lain.

Saat ini membangun jaringan relasi sudah dapat dilakukan dengan mudah menggunakan media sosial. Anda bisa menggunakan beragam media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Instagram untuk bergabung dengan komunitas khusus yang Anda minati. Barulah dari sana Anda mulai membangun jaringan relasi baru!

Membuat Portofolio

Portofolio akan mempertegas kredibilitas dan keprofesionalitasan Anda di benak masyarakat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencantumkan portofolio saat membangun brand personal. Biasanya portofolio dapat diposting di LinkedIn, namun tak menutup kemungkinan juga untuk mengunggah portofolio Anda di website, blog ataupun media sosial lainnya.

Portofolio yang baik umumnya memuat citra diri yang terbaik sekaligus sesuai dengan kenyataan. Kejujuran masih menjadi aspek penting dalam membuat portofolio, sebab publikasi yang berlandaskan atas kebohongan kelak akan menimbulkan masalah dan mencoreng citra Anda. Sebisa mungkin buatlah portofolio yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman Anda, entah itu sebagai penulis, desainer grafis, developer web, content creator, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membagikan portofolio begitu selesai dibuat, ya!

Melakukan Kolaborasi

Agar branding diri tidak stuck di titik tertentu, cobalah untuk melakukan kolaborasi konten dengan orang-orang yang berpotensi serta memiliki visi-misi sama dengan Anda. Pun inilah kesempatan bagi Anda untuk menggunakan relasi yang dimiliki sekaligus mempererat hubungan. Melalui kolaborasi, Anda juga bisa memperoleh inspirasi baru untuk membangun branding serta mempelajari lebih banyak hal baru.

Contoh Personal Branding dari Tokoh Ternama

personal-branding

Anda sudah mempelajari definisi, manfaat dan cara-cara membangun promosi diri yang baik di masyarakat. Namun seperti apa contoh personal branding yang baik? Pada dasarnya, ada banyak tipe branding diri yang dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Semisal Susi Pudjiastuti yang terkenal sebagai menteri wanita yang tangguh dan berkualitas; Najwa Shihab terkenal sebagai jurnalis senior yang kritis dan tidak kenal takut; hingga Reza Rahadian yang dikenal sebagai aktor serba bisa.

Ingin tahu lebih banyak perihal contoh personal branding? Beberapa contoh berikut ini mungkin bisa menjadi gambaran bagi Anda terkait membangun branding diri yang baik:

Kendra Schaefer, Blog Creator

Tokoh pertama yang sukses membangun branding dirinya adalah Kendra Schaefer, seorang penulis blog sekaligus content creator di bidang teknologi dan travelling. Kendra membangun branding personal-nya menggunakan blog dan media sosial. Di sana, ia memposting seluruh tulisan artikel dan portofolio terbaiknya.

Gary Sheng, Website Developer

Contoh branding personal selanjutnya datang dari seorang website developer dan software engineering bernama Gary Sheng. Gary mempromosikan portofolio, identitas dan riwayat pendidikan, dan keahliannya melalui website ciptaannya. Dengan rutin memamerkan hasil karyanya, Gary bisa mendapatkan banyak calon klien baru yang tertarik menggunakan jasanya.

B.J. Habibie, Presiden dan Ahli Pesawat

Tokoh ketiga datang dari dalam negeri, yakni B.J. Habibie. Beliau terkenal sebagai Presiden Indonesia ke-3 sekaligus ahli pesawat, yang mana menjadi ciri khasnya dari tokoh-tokoh nasional Indonesia lain.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait personal branding. Semoga artikel kali ini menambah pengetahuan Anda terkait cara membangun personal branding, ya! Good luck!

Semua orang tentunya ingin sukses dalam berkarir. Persaingan dalam karir merupakan hal yang wajar, asal tetap dilakukan secara sehat. Untuk mewujudkannya, Anda perlu menerapkan strategi-strategi bersaing yang sehat pula. Salah satu bentuk strategi tersebut adalah membangun personal branding.

6 Metode Promosi Aplikasi Yang Efektif Berikut Contohnya

0
056

Di era digital seperti saat ini penggunaan aplikasi sudah semakin tersebar luas. Banyak sekali aplikasi yang begitu memudahkan para pengguna dalam kesehariannya. Seperti misalnya aplikasi yang menyediakan kendaraan, makanan, ataupun lain sebagainya. Hampir semua telepon pintar memanfaatkan aplikasi yang di downloadnya di app store.

Sedangkan bagi para developer, tantangan yang akan ditemui para pengembang aplikasi setelah membuat aplikasinya adalah bagaimana agar aplikasi tersebut dikenal banyak orang. Tentunya hal yang pertama yang dilakukan adalah memasangnya di App Store. Namun, rasanya itu belum cukup untuk mempromosikan.

Ada banyak yang harus dilakukan oleh para developer ini dalam memviralkan aplikasi yang dibuatnya. Harus ada langkah lain sebagai bentuk usaha selain memasangnya di appstore lalu membiarkan pengguna menemukannya sendiri. Membuat dan mempromosikan ini menjadi dua hal yang seharusnya diusahakan sebaik mungkin oleh para developer tadi.

Contoh Aplikasi Yang Sukses Berkat Promosi

android-app023

Di Indonesia sendiri banyak sekali aplikasi yang bahkan merajai halaman pencarian app store. Tentunya kesuksesan dari aplikasi ini dikarenakan manfaat yang besar dan juga promosi melalui berbagai berbagai macam media. Tentunya impact dari promosi membuat aplikasi-aplikasi ini mendulang kepopularitasan. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut daftarnya.

Ruang Guru

Ruang guru menjadi salah satu aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak. Aplikasi belajar online ini memang menjadi platform belajar yang banyak digunakan oleh para pelajar. Melalui promosi influencer dan juga media, aplikasi ini mendulang traffic yang besar.

Grab

Tak hanya platform untuk belajar saja, salah satu aplikasi yang juga dipakai oleh banyak orang adalah grab. Aplikasi yang dipromosikan melalui iklan dan layanan masyarakat ini juga sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu alternatif transportasi.

Shoppee

Aplikasi marketplace juga sudah mengambil tempat di hati masyarakat Indonesia. Kemudahan berbelanja yang ditawarkannya membuat aplikasi ini paling banyak di unduh. Promosinya pun tak tanggung-tanggung, media televisi hampir setiap hari menjadikannya iklan.

Mengapa Promosi Aplikasi Menjadi Sangat Penting?

android-app020-2

Jika ada pertanyaan mengapa mempromosikan aplikasi setelah dibuat menjadi sangat penting? Jawabannya satu, pastinya aplikasi yang dibuat ingin dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas bukan? Untuk itulah penting melakukan promosi. Bayangkan jika aplikasi yang dibuat hanya terpajang di appstore tanpa pernah ada yang mengunduhnya. Sangat miris bukan?

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara dan metode, baik itu melalui online maupun offline. Pastinya semua itu kembali kepada para pengembang dalam mengusahakan yang terbaik untuk eksistensi aplikasi yang dibuatnya. Tentunya semua itu memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit.

Kunci dari kesuksesan promosi adalah ketekunan. Namun dibalik itu yang terpenting adalah memastikan bahwa aplikasi yang kita punya benar-benar layak digunakan oleh masyarakat luas. Berikan daya tarik dan ciri khas sendiri kepada aplikasi yang dibuat. Sebisa mungkin hindari membuat aplikasi yang sama persis fungsinya dengan aplikasi sebelumnya.

Apa Saja Metode Promosi Aplikasi Paling Efektif?

android-app017 (1)

Setelah mengetahui seberapa penting mempromosikan aplikasi tersebut kepada masyarakat, tentunya para developer ingin tahu bagaimana cara mempromosikan aplikasi secara efektif bukan? Nah, di bawah ini beberapa metode yang dijamin akan efektif dalam memasarkan aplikasi yang sudah dibuat, berikut penjelasannya secara lengkap :

App Store Optimization (ASO)

Metode yang paling efektif untuk digunakan pertama adalah dengan mengoptimasi aplikasi pada app store. Tindakan ini merupakan langkah yang ditempuh melalui beberapa teknik agar aplikasi bisa berada di rangking teratas pencarian. Selain itu, dengan menerapkan metode ASO ini bisa mendatangkan banyak traffic ke halaman aplikasi di app store para develover.

Sama seperti SEO atau search engine optimization, ASO ini bisa menggiring lebih banyak pengguna datang mengunjungi halaman aplikasi dan meningkatkan unduhan. ASO ini sendiri dalam penerapannya dilakukan banyak langkah-langkah konkrit seperti mendesain ikon aplikasi, memberi deskripsi tentang aplikasi, memberi kata kunci, dan memberi nama pada aplikasi.

Melalui Influencer

Influencer merupakan istilah yang diberikan untuk mereka yang bergelut di bidang tertentu dalam sosial media, baik itu sebagai content creator, selebgram, atau semacamanya. Para influencer ini biasanya memanfaatkan sosial media sebagai ladang penghasilan. Untuk itu melakukan promosi aplikasi melalui lara influencer ini diyakini menjadi metode yang efektif.

Biasanya para pengguna sosial media yang jumlah tidak sedikit itu selalu terpengaruh dan cenderung menggunakan apa yang digunakan influencer kesukaan mereka. Jadi, tugas para pengembang aplikasi adalah merekrut beberapa influencer terkenal untuk ikut mempromosikan aplikasi yang telah dibuat melalui akun sosial media yang mereka punya.

Memasang Iklan Web

Tidak bisa dipungkiri bahwa website adalah sesuatu yang paling sering dibuka oleh orang-orang. Peluang dari memasang iklan di web ini memang sangat menjanjikan, peminatnya lebih besar. Untuk itu para develover yang akan memasarkan aplikasi di sini tidaklah sembarangan. Aplikasinya harus dipastikan memiliki nilai guna yang besar untuk masyarakat dan aktivitasnya.

Memasang iklan di web memang lumayan merogoh kocek, tapi jika itu ampuh mendatangkan lebih banyak traffic? Kenapa tidak. Metode satu diyakini ampuh dalam membantu memasarkan aplikasi mobile dan mandatangkan lebih banyak orang untuk mengunduhnya di aplikasi app store seperti google playstore.

Buat Situs Sendiri

Mungkin cara satu ini lebih lama prosesnya dibandingkan metode-metode promosi yang lainnya. Namun, jika membuat situs khusus untuk aplikasi yang telah dikembangkan dan menggunakan teknik SEO, juga tak kalah efektif sebenarnya. Bayangkan jika para pengguna sudah mengetahui bahwa aplikasi yang dimiliki mempunyai situs sendiri, informasi akan lebih mudah didapat oleh para pengguna.

Situs ini bisa berupa blog atau semacamnya, lalu aplikasi yang dibuat ditonjolkan dalam situs tadi, maka akan mengundang penasaran para pengguna untuk memakainya. Jika hal tersebut telah terjadi maka jumlah unduhan akan semakin meningkat. Traffic pada halaman juga akan semakin naik dan menguntungkan para developer nantinya.

Rajin Mengikuti Event

Menghadiri sebuah event atau bahkan menjadi sponsor akan membuat promosi aplikasi semakin menyebar. Bayangkan saja jika aplikasi yang dibuat diiklankan dalam suatu event besar yang diikuti oleh banyak orang dari berbagai kalangan, tentunya sangat baik bukan? Untuk itu mulailah dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tertentu.

Cara yang juga bisa dilakukan selain menjado sponsor dalam sebuah acara tertentu adalah dengan membuka stand sendiri. Buatlah stand yang menarik perhatian pengunjung, atau bisa juga dengan melakukan pendekatan secara langsung kepada pengunjung. Metode satu ini juga sangat efektif untuk meningkatkan jumlah traffic pada halaman aplikasi nantinya.

Memasang Iklan di Televisi dan Majalah

Sama seperti produk-produk yang lain, aplikasi juga dapat dipromosikan melalui media audio-visual seperti televisi, youtube, radio, maupun majalah. Memasang iklan dalam media satu ini juga berpeluang besar untuk membuat aplikasi diminati banyak orang. Terlebih lagi jika yang menjadi brand-ambasadornya seorang artis terkenal, dijamin akan laku di pasaran.

Untuk harga sendiri memang pastinya lebih besar, tetapi jika peluang keuntungan juga besar apa salahnya untuk berkorban di awal bukan? Sebelum itu, pastikan aplikasi yang dibuat itu benar-benar bermanfaat untuk kehidupan. Menjadi sesuatu yang percuma bukan jila sudah promosi besar-besaran namun aplikasi itu sendiri tidak memiliki daya tarik.

Jadi, selain membuat aplikasi benar-benar berkualitas dan memiliki nilai manfaat yang tinggi, hal harus dilakukan selanjutnya adalah mempromosikannya. Memang membutuhkan waktu, tenaga, dan juga uang yang tak sedikit. Namun, itu semua akan terbalaskan jika promosi dan aplikasi sudah dimanfaatkan dengan baik oleh banyak pihak.

Untuk para developer jangan menyerah dalam mempromosikan aplikasinya. Ingat tidak ada kesuksesan yang terjadi dalam waktu semalam saja. Semua butuh proses yang tidak sebentar. Sekian artikel kali yang membahas tentang pentingnya mempromosikan beserta metode promosi aplikasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber informasi yang mengedukasi semua pembaca.

5 Cara Pemasaran Seluler Untuk Smartphone Era Pertama?

0
055

Sejauh ini cara pemasaran produk / jasa tidak lepas dari kegiatan memasang iklan di internet, melakukan promosi melalui situs web, menggunakan teknik SEO dan lain sebagainya.

Apakah cara tersebut salah? Tentu saja tidak. Hanya saja di era digital seperti sekarang ini, pengguna perangkat smartphone semakin meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat kita.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menciptakan sebuah inovasi baru dalam hal pemasaran produk, terutama dalam hal mobile marketing. Bukan hanya dibutuhkan strategi khusus dalam melakukan pemasaran, karena ada banyak hal yang perlu dipahami sebelum mulai menerapkan sebuah pemasaran digital melalui teknologi seluler.

Tingkat persaingan bisnis di era digital seperti ini, tentu saja terasa sulit dijangkau, terlebih lagi bagi para perusahaan pemula atau yang baru saja merintis. Namun, jika Anda mampu mengenal lebih jauh tentang hal-hal yang berhubungan dengan pemasaran online / seluler, maka Anda akan mampu dalam menciptakan inovasi pemasaran dengan hasil yang sesuai harapan.

Apa itu pemasaran seluler?

AAA1000 (3)

Berdasarkan definisi yang dituliskna di dalam “Praktik Dasar Periklanan Internet (Daftar Istilah Dasar Periklanan Internet) Edisi tahun 2016”, pemasaran seluler merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman produk / jasa yang ditawarkan kepada konsumen melalui perangkat seluler.

Istilah seluler yang dimaksudkan di sini, adalah penggunaan smartphone / telepon pintar, tablet, PC, laptop, notebook dan lain-lainnya. Intinya adalah, istilah ‘seluler’ digunakan sebagai penyebutan nama-nama atau jenis-jenis perangkat yang dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi.

Perbedaan Antara Pemasaran Web dan Pemasaran Digital

ONLINE-SHOP09090

Dalam dunia pemasaran online atau pemasaran seluler, ada dua hal yang harus dibedakan dengan baik, yakni antara pemasaran web dan pemasaran digital. Lantas, apa perbedaan pemasaran web dengan pemasaran digital?

Pemasaran web merupakan teknik pemasaran online yang dilakukan dengan menggunakan teks, gambar, audio dan video untuk mengumumkan produk dan layanan pada situs web perusahaan. Yang mana, situs web tersebut dapat difungsikan sebagai perantara untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari konsumen atau pengunjung web.

Bukan hanya itu saja, pemasaran web juga dilakukan untuk mengirimkan informasi secara kolektif, mulai dari untuk menjelaskan detail jasa / produk yang ditawarkan, menjelaskan mengenai cara mekanisme pembelian hingga dapat digunakan untuk menghubungkan pembeli ke aplikasi belanja yang dapat digunakan untuk memudahkan proses transaksi pembelian.

Sementara untuk pemasaran digital, memiliki jangkauan yang lebih luas. Namun, pelaksanaanya tetap tidak bisa terlepas dari penggunaan internet. Dimana, penerapan pemasaran digital dilakukan dengan media internet untuk melakukan penjualan, mulai dari pemanfaatan media sosial, pemanfaatan iklan online , pemanfaatan aplikasi mobile dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, baik pemasaran web maupun pemasaran digital. Keduanya, merupakan cara terbaik yang bisa Anda pilih. Sebab, semakin banyak cara yang diterapkan untuk memasarkan produk / jasa, maka konsumen pun menjadi lebih mengenal tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

5 Cara Pemasaran Seluler

IPHONE-1

Selain penggunaan iklan, apa saja cara pemasaran seluler yang bisa diterapkan? Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah, lima metode khas yang biasa dilakukan dalam melakukan pemasaran seluler.

Aplikasi

Apabila membahas tentang pemasaran seluler, maka aplikasi adalah media yang memiliki peran utama. Pasalnya, dalam penggunaan smartphone memang tidak terlepas dengan pemakaian aplikasi. Hal ini disebabkan karena kehadiran aplikasi sudah menjadi pola kebutuhan bagi para pengguna smartphone.

Keberadaan aplikasi tersebut bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pemasaran bagi perusahaan Anda. Sebab, aplikasi tersebut juga bisa memberikan penghasilan tersendiri, yakni melalui iklan-iklan yang ada di dalamnya, yang tidak sengaja / sengaja dibuka oleh para pengguna aplikasi.

Email / SMS

Baik melalui email atau SMS, keduanya merupakan salah satu media pemasaran seluler terbaik. Dengan mengirimkan layanan pesan singkat / pesan elektronik yang diberitahukan lewat email atau nomor telepon, maka akan memungkinkan perusahaan Anda untuk melakukan pemasaran dengan peluang dan jangkauan yang lebih akurat. Sebab, sangat jelas adanya, jika pesan tersebut akan sampai kepada penerima dan kemungkinan besar pesan tersebut akan terbaca. Jika mereka merasa tertarik, maka besar kemungkinan mereka akan mencari tahu tentang perusahaan Anda. Untuk itu, sangat penting dalam mencantumkan link website dalam informasi pesan yang dikirimkan.

Fungsi Bluetooth ・ iBeacon

Salah satu upaya yang dapat dilakukan selangkah lebih maju dalam hal pemasaran seluler, yakni dengan menggunakan menggunakan layanan informasi lokasi dan fungsi Bluetooth dan iBeacon. Apa itu? Bluetooth dan iBeacon merupakan cara yang bisa digunakan untuk mengetahui dimana lokasi bisnis Anda dan kapan waktu buka – tutup perusahaan Anda. Yang mana, media Bluetooth dan iBeacon ini dapat memudahkan pelanggan dan calon pembeli untuk mendapatkan informasi yang relevan terkait perusahaan / toko Anda.

Kode QR

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan fungsi kamera dari smartphone untuk melakukan pemindai kode QR. Pasalnya, cara pemasaran menggunakan kode QR juga dapat digunakan, yakni untuk meningkatkan kemauan pembeli dalam melakukan transaksi pembelian, untuk meningkatkan kepercayaan pembeli dan untuk menarik perhatian pembeli agar tertarik dengan produk / jasa yang Anda tawarkan.

Hal ini disebabkan karena, penggunaan kode QR dapat meningkatkan dan memudahkan pelanggan serta calon pembeli dalam membaca informasi keterangan dari produk / jasa yang Anda tawarkan dengan lebih terperinci.

Media Sosial

Perangkat seluler memiliki akses yang lebih cepat untuk terhubung dalam berbagai media sosial dalam satu waktu. Pasalnya, hanya dengan berbekal satu perangkat, Anda bisa membuka banyak sosial media sekaligus dalam waktu yang bersamaan, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebaainya. Nah, hal ini tentunya bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran bagi perusahaan / toko Anda.

Kelima cara pemasaran tersebut akan memberikan hasil yang lebih efektif jika dioptimalkan bersama-sama. Maksudnya, jangan hanya memilih dan menerapkan salah satu diantaranya saja, karena jika menginginkan metode pemasaran dengan hasil yang sesuai harapan, maka Anda harus menerapkan semuanya.

Kendati demikian, keberadaan aplikasi tetaplah menjadi primadona. Oleh karena itu, setidaknya saat ini, Anda sudah harus memiliki sebuah aplikasi dengan kemampuan dan performa terbaik. Pasalnya, aplikasi merupakan media yang paling tepat untuk memperkenalkan produk / jasa Anda ke khalayak publik.

Terlebih lagi, dengan hadirnya sebuah aplikasi, perusahaan / toko Anda akan dianggap lebih profesional dan lebih berkualitas, sehingga tak akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari para pelanggan. Untuk itu, penting untuk selalu meningkatkan kualitas aplikasi bisnis Anda.

Tujuannya adalah, agar para pengguna dan pelanggan Anda merasa betah serta nyaman dalam menggunakannya. Jika aplikasi tersebut mampu memenuhi segala kebutuhan para konsumen, maka mereka pun tak segan dalam memberikan rating dan ulasan terbaik untuk perusahaan / toko Anda.

Ikuti terus update tips dan trik sukses bisnis online simpel hanya dari MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore) sekarang juga. Sampai bertemu di artikel kaya wawasan lainnya!

Apa Itu ASO : Maksimalkan Pencarian Aplikasi Anda di Store!

0
aso, aso adalah, apa itu aso

Apakah Anda semua tahu ASO? Pengembang dan pemasar aplikasi mungkin sudah mengetahuinya dengan baik. Kami ingin memperkenalkannya kepada pemasaran aplikasi pemula dan mereka yang tidak tahu mengenai strategi ini.

Apa Itu ASO?

aso, aso adalah, apa itu aso

Langkah-langkah dan yang menjadi subjek ini yaitu ASO adalah singkatan dari App Store Optimization. Di toko aplikasi Apple Store dan Google Play Store, ini adalah ukuran untuk memaksimalkan jumlah pengguna pencarian yang diinstal.

Tentu saja, ini adalah dasar untuk meningkatkan jumlah pengguna aplikasi, jadi jika Anda belum mengetahuinya, silahkan periksa konten berikut.

ASO secara kasar dapat diuraikan menjadi tiga elemen berikut.

  • Memaksimalkan jumlah tampilan (tayangan) dengan pencarian aplikasi
  • Memaksimalkan laju transisi (RKT) ke halaman produk aplikasi
  • Memaksimalkan laju pemasangan (CVR) aplikasi

Sementara menyesuaikan masing-masing dari tiga KPI di atas, kami bertujuan untuk memaksimalkan jumlah pengguna pencarian yang diinstal.

Anda mungkin lebih terbiasa dengan halaman web SEO* dan LPO daripada dengan aplikasi ASO. Memaksimalkan tampilan pencarian adalah SEO pada halaman web, dan langkah-langkah dari halaman produk ke instalasi adalah LPO* dan CRO*.

*SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization
*LPO adalah singkatan dari Landing Page Optimization
*CRO adalah singkatan dari Conversion Rate Optimization

Konsep ASO Untuk Mengembangkan Aplikasi Anda

Dalam ranah digital saat ini, kompetisi antara aplikasi di toko aplikasi semakin meningkat. Oleh karena itu, ASO (App Store Optimization) menjadi salah satu kunci utama untuk sukses dalam bisnis aplikasi. Mari kita bahas lebih lanjut.

Manfaat ASO untuk Pengembang Aplikasi

  • Biaya yang Lebih Rendah: Salah satu keuntungan terbesar dari ASO adalah meningkatkan visibilitas aplikasi tanpa biaya iklan. Ini adalah solusi yang tepat bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas.
  • Pengguna Berkualitas Tinggi: Strategi ini membantu menargetkan pengguna yang aktif mencari aplikasi dalam kategori tertentu. Hal ini meningkatkan kemungkinan mereka menggunakan aplikasi setelah menginstal.
  • Keberlanjutan: Dibandingkan dengan iklan berbayar yang menghabiskan biaya setiap kali ada klik, Strategi ini memberikan hasil jangka panjang. Setelah Anda mengoptimalkan aplikasi Anda, Anda akan terus mendapatkan trafik dari pencarian organik.

Mengapa ASO Bukan Hanya Tentang Kata Kunci

Banyak orang berpikir bahwa ASO hanya tentang menemukan kata kunci yang tepat. Meskipun ini penting, ada lebih banyak aspek dalam strategi ini.

  • Desain Ikon: Ikon aplikasi Anda adalah hal pertama yang dilihat pengguna. Desain yang menarik dan relevan dengan fungsi aplikasi akan meningkatkan tingkat klik.
  • Screenshot & Video: Pengguna sering melihat screenshot dan video sebelum memutuskan untuk mengunduh. Menampilkan fitur terbaik aplikasi Anda melalui media visual ini penting.
  • Ulasan & Rating: Ulasan positif dan rating tinggi meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas aplikasi Anda. Respons yang baik terhadap feedback pengguna juga meningkatkan reputasi aplikasi.

Kesalahan Umum dalam ASO

  • Mengabaikan Update: Dunia aplikasi berubah cepat. Apa yang relevan sebulan yang lalu mungkin sudah usang sekarang. Menganalisis dan memperbarui strategi Anda secara berkala sangat penting.
  • Menggunakan Kata Kunci yang Sama: Penggunaan kata kunci yang sama dengan kompetitor dapat membuat aplikasi Anda tenggelam dalam hasil pencarian. Cari kata kunci unik yang relevan dengan aplikasi Anda.
  • Mengabaikan Lokalisasi: Setiap pasar memiliki karakteristik uniknya sendiri. Mengadaptasi deskripsi, kata kunci, dan elemen lain untuk pasar lokal dapat meningkatkan visibilitas Anda.

Strategi Optimalisasi Aplikasi Lanjutan

Sementara konsep-konsep dasar ASO telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa strategi lanjutan yang dapat membantu aplikasi Anda benar-benar menonjol di toko aplikasi:

  • A/B Testing: Sebelum menentukan desain ikon, screenshot, atau deskripsi aplikasi Anda, lakukan A/B testing. Ini memungkinkan Anda untuk membandingkan dua versi konten dan melihat mana yang lebih efektif dalam mendorong pengguna untuk mengunduh.
  • Analisis Kompetisi: Selalu perhatikan apa yang dilakukan kompetitor Anda. Jika mereka mendominasi toko dengan kata kunci tertentu atau strategi tertentu, pertimbangkan pendekatan unik Anda sendiri untuk berbeda dan menonjol.
  • Perhatikan Trend: Pasar aplikasi selalu berubah. Apa yang populer sekarang mungkin tidak lagi populer dalam beberapa bulan. Selalu perhatikan tren dan pertimbangkan bagaimana Anda dapat menyesuaikan aplikasi Anda agar tetap relevan.
  • Integrasi Media Sosial: Dengan mengintegrasikan fitur berbagi media sosial, Anda memudahkan pengguna untuk mempromosikan aplikasi Anda kepada teman dan keluarga mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan jumlah unduhan.
  • Optimalisasi Lokal (Local SEO): Selain lokalifikasi bahasa, Anda juga perlu mempertimbangkan kata kunci lokal dan frasa populer yang mungkin dicari oleh pengguna dalam pasar tertentu.

Pentingnya Search User dari Pencarian

aso, aso adalah, apa itu aso

Sejauh ini, strategi ini telah dijelaskan sebagai langkah yang ditujukan untuk “memaksimalkan instalasi pengguna pencarian”. Berapa banyak orang yang memasang aplikasi dari “pencarian”? Apakah ada banyak? Mengapa pengguna pencarian sangat fokus?

Sebenarnya, Apple telah secara resmi merilis data berikut.

  • Lebih dari 70% pengguna menggunakan fungsi pencarian aplikasi
  • 65% aplikasi yang ditampilkan dengan pencarian dipasang apa adanya

Anda dapat membayangkan bahwa pengguna yang mencari aplikasi menggunakan fungsi pencarian sangat termotivasi untuk mencari aplikasi, dan memiliki tingkat aktivitas yang tinggi setelah instalasi. Apakah Anda mengerti mengapa ada banyak pengguna yang mencari aplikasi, bahwa pengguna pencarian masih aktif setelah instalasi, dan mengapa ASO fokus pada ini?

Haruskah ASO Dilakukan oleh Orang-Orang dengan Anggaran Iklan Kecil?

aso, aso adalah, apa itu aso

Kesimpulannya, ini tidak pernah terjadi. Misalkan Anda telah bekerja keras untuk mengembangkan aplikasi dan melepaskannya ke toko. Jadi, bagaimana Anda mendapatkan banyak pengguna untuk menggunakannya? Tidak semua orang memiliki banyak anggaran iklan. Dan jika Anda berpikir Anda akan melakukan lebih banyak pemasangan tanpa melakukan apa pun, itu mungkin agak ceroboh. Toko aplikasi adalah sesuatu yang besar dan luas.

Di sisi lain, bahkan jika anggaran iklan banyak, jika Anda tidak menerapkan langkah-langkah ASO, itu mungkin seperti membuang-buang air di ember berlubang. Itu tentu saja akan membuang-buang anggaran iklan Anda.

Seberapa Besar Sebenarnya ASO Meningkatkan Jumlah Instalasi?

Jadi, jika Anda fokus pada ASO, berapa banyak jumlah instalasi akan meningkat? Kami akan menunjukkan kepada Anda contoh betapa berbedanya hal ini.

  • Sebelum fokus / Jumlah instalasi: 50/hari, 1.500/bulan
  • Setelah fokus / Jumlah instalasi: 120/hari, 3.600/bulan

*Jumlah pemasangan telah meningkat 2.100 per bulan!

Jumlah instalasi telah meningkat sangat banyak hanya dengan meninjau judul dan kata kunci. Jika Anda menolak, kami tidak memiliki catatan publikasi yang baik.

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat meningkatkan jumlah instalasi pencarian jika Anda menggunakan pengetahuan yang benar dan tindakan yang benar untuk aplikasi yang belum mengetahui strategi ini.

Kesimpulan

Kami berharap artikel ini akan membantu Anda memperdalam pemahaman dan minat Anda pada ASO. Strategi ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah instalasi yang dapat dimulai tanpa mengeluarkan uang. Ini juga memainkan peran yang sangat penting ketika penempatan iklan dilakukan agar tidak menyia-nyiakan anggaran iklan.

Cara Terbaik Mencari Kata Kunci untuk Toko Online Anda

0
051

Pernahkah Anda merasa jika bisnis online Anda tidak berkembang? Atau merasa jika website Anda sulit untuk ditemukan di mesin pencari populer seperti Google dan Bing? Yuk ditelaah lagi, bisa jadi Anda belum memasukkan atau salah mencantumkan kata kunci pada konten web Anda.Masih banyak pebisnis online awam yang tidak memahami pentingnya penggunaan kata kunci dalam setiap postingan mereka.

Memposting konten secara berkala memang akan meningkatkan kualitas website, akan tetapi, mengabaikan kata kunci yang tepat juga dapat berujung pada kesia-siaan. Sesuai dengan namanya, sebuah kata kunci menjadi “kunci masuk” dari para konsumen untuk bisa mendatangi toko Anda. Jadi tanpa menggunakan kata kunci yang tepat, mustahil bagi konsumen untuk dapat menemukan website Anda dari ribuan website kompetitor lainnya.

Apa itu kata kunci? Bagaimana cara kerjanya untuk meningkatkan bisnis? Lebih penting lagi, bagaimana cara terbaik untuk membuat kata kunci yang tepat bagi laman perusahaan Anda? Mari simak artikel berikut ini untuk memahami lebih jauh terkait seluk-beluk kata kunci untuk mendongkrak traffic website bisnis Anda.

Apa Itu Keyword?

keywords-1

Sebelum melompat ke cara-cara merumuskan kata kunci, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu kata kunci. Dalam Bahasa Inggris, istilah ini dinamai sebagai keyword. Umumnya, kita menggunakan keyword saat hendak mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google.

Semisal kita hendak mencari daftar nama hewan langka di Indonesia. Agar mendapatkan hasil pencarian yang sesuai, tentunya Anda akan mengetik “daftar nama hewan langka di Indonesia,” bukan? Saat keyword tersebut dimasukkan, Anda otomatis akan disuguhi beragam judul artikel dan laman website yang dapat Anda kunjungi.

Itulah sistem kerja dari sebuah keyword. Keyword adalah sebuah rangkaian kata yang digunakan untuk mendapatkan hasil pencarian di search engine internet. Oleh sebab itulah, kata kunci memegang peranan penting agar website Anda dapat ditemukan oleh calon konsumen.

Dalam dunia digital marketing pun, keyword sering disebar dalam isi konten agar laman konten dapat lebih mudah muncul saat dicari. Semakin banyak orang yang berhasil menemukan dan mengunjungi website Anda, maka traffic web perusahaan akan semakin meningkat.

6 Teknik Menemukan Kata Kunci Terbaik untuk Bisnis Anda

Kata kunci memegang peranan penting agar toko online Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh masyarakat. Ilustrasi sederhananya adalah seperti ini: bayangkan Anda memiliki sebuah website toko buku online yang menawarkan harga murah. Calon konsumen yang hendak berbelanja buku online secara murah tentunya akan memasukkan keyword seperti “toko buku online murah” di laman Google. Jika postingan di website Anda menggunakan keyword yang sama, maka otomatis halaman website Anda akan muncul di kolom hasil pencarian konsumen.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menggunakan keyword terbaik sekaligus paling pas untuk setiap postingan di laman website usaha Anda. Keyword yang pas akan otomatis mengantarkan calon konsumen ke gerbang toko Anda. Ada begitu banyak kombinasi serta ragam keyword yang dapat dibuat oleh seseorang. Lantas apa saja cara-cara untuk mendapatkan keyword terbaik bagi toko Anda?

Cara perumusan keyword termudah untuk seorang pemula adalah dengan metode brainstorming. Dengan metode ini, Anda dapat menggali sebanyak-banyaknya inspirasi keyword yang sesuai dengan perusahaan Anda. Anda bisa menuliskan apa saja ide yang muncul dalam pikiran untuk dijadikan keyword.

Semisal Anda memiliki kedai kopi dan ingin mempromosikan usaha di media sosial, maka Anda merumuskan sejumlah keyword yang berkaitan dengan kopi seperti : kedai kopi baru, kopi latte, espresso, es kopi kekinian, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, apakah teknik brainstorming ini saja sudah cukup? Bagaimana jika otak Anda benar-benar “buntu” dan kekurangan inspirasi kata kunci? Pertanyaan kedua merefleksikan kejadian yang sering menghampiri serta mengganggu banyak orang kala merumuskan keyword. Bukan tidak mungkin jika Anda juga mengalami kebuntuan mendadak saat hendak menuliskan keyword terbaik untuk usaha.

Selain itu, para pemula juga cenderung kesulitan dalam merumuskan keyword yang spesifik. Membuat keyword yang terlalu umum maupun terlalu spesifik juga tidak akan membawa efek baik bagi traffic website perusahaan.

Keyword yang terlalu umum biasanya bersifat lemah sehingga website Anda akan “tenggelam” dalam lautan website lain milik para pesaing. Begitupun keyword yang terlalu spesifik akan mengakibatkan website Anda susah ditemukan pengguna karena terlalu sulit untuk dicocokkan dengan keyword pencarian.

Namun jangan khawatir! Berikut ini kami mempunyai 6 teknik terbaik untuk menemukan keyword untuk toko online Anda. Dengan menerapkan teknik-teknik ini, dijamin toko online Anda akan naik peringkat di SEO.

1) Menggunakan Tren

Teknik pembuatan keyword yang pertama adalah menggunakan tren saat ini. Cara ini dijamin ampuh untuk meningkatkan toko online dalam hasil pencarian SEO.

Mengapa? Sebab, keyword yang mengikuti tren biasanya akan masuk ke kategori pencarian populer. Traffic konten Anda akan cepat naik jika menggunakan keyword dari tren yang sedang viral dan banyak dicari. Alhasil dengan memanfaatkan cara ini, toko Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan masyarakat.

Namun teknik ini memiliki tantangannya tersendiri, sebab tren di masyarakat selalu berubah-ubah setiap saat. Jadi, bagaimana caranya untuk mengetahui tren terbaru di masyarakat? Jawabannya adalah dengan melakukan riset serta pengamatan langsung.

Cari tahu hal-hal apa yang sedang viral saat ini di masyarakat. Jika Anda masih menemukan kesulitan, gunakanlah alat bantu seperti Google Trends yang memiliki update terkait tren terbaru. Lalu segeralah mencari tren yang cocok untuk mendongkrak konten Anda dan masukkan selaku keyword.

2) Mengamati Pesaing

seo-keywords (1)

Teknik selanjutnya adalah mengamati pesaing. Banyak orang melakukan kekeliruan dengan memusuhi pesaing bisnis mereka. Padahal, Anda bisa memanfaatkan para kompetitor ini untuk mendapatkan inspirasi keyword yang pas untuk mendongkrak platform online Anda di mesin pencari. Caranya?

Ada cukup banyak cara mudah untuk mengamati para kompetitor ini. Anda bisa memulai dengan mengamati dan membandingkan website atau laman media sosial milik perusahaan Anda dan milik pesaing. Lewat teknik ini, Anda bisa melihat perbedaan, keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing website.

Cara berikutnya adalah dengan memperhatikan gerak-gerik dari para pesaing. Cari tahu bagaimana cara mereka memasarkan dan mempromosikan produk, jenis produk yang dibuat, hingga keyword-keyword apa saja yang berhasil mendongkrak usaha mereka.

Pelajari dan pahami hingga sejauh mana keyword yang digunakan kompetitor mampu membawa laman perusahaannya dalam hasil pencarian internet. Langkah ini bisa menjadi pedoman Anda untuk menentukan keyword yang pas untuk konten sendiri.

Namun bagaimana kalau Anda tidak tahu cara menggali informasi dari website pesaing? Tenang saja, saat ini Anda bisa mengorek informasi tersebut dengan alat bantu seperti keyword research tool. Di samping itu, Anda juga bisa menghubungi jasa-jasa SEO berpengalaman untuk membantu. Mudah dan praktis!

3) Menerapkan Sistem Long-Tail Keyword

Sistem long-tail keyword adalah trik keyword yang juga sukses di pasaran. Sesungguhnya, terdapat 2 jenis keyword yang umum dipakai oleh perusahaan dalam konten mereka yakni short-tail keyword dan long-tail keyword.Short-tail keyword dikenal sebagai keyword pendek. Umumnya, keyword ini bersifat general, tidak spesifik, dan hanya memiliki panjang 1 sampai 2 kata saja. Contohnya: toko online.

Sementara long-tail keyword adalah keyword panjang. Keyword tipe ini merupakan penjabaran lebih spesifik dari short-tail keyword. Ia bersifat lebih spesifik, terdiri dari 3 hingga 5 kata, dan cocok dipakai jika pengguna menginginkan hasil pencarian yang lebih tepat sasaran. Contohnya: toko online Bali, toko online makanan, toko online COD Bali, dan masih banyak lagi.

Penggunaan long-tail keyword dapat menjadi solusi untuk menaikkan traffic konten Anda di dunia maya. Sebab, long-tail keyword dinilai sebagai tipe keyword yang berkualitas. Selain itu, jika Anda menggunakan long-tail keyword maka Anda tidak perlu mencantumkan keyword terlalu banyak. Alhasil Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan keyword atau mencantumkannya hingga melebihi kapasitas konten.

4) Memakai Aplikasi Keyword Tool

Ingin membuat keyword yang lebih praktis? Gunakan aplikasi Keyword Tool saja, yuk!

Aplikasi Keyword Tool banyak digunakan oleh pebisnis yang ingin merumuskan keyword secara praktis sekaligus banyak. Dalam satu kali prosesnya, aplikasi ini bisa menghasilkan sampai 750 saran keyword yang dapat dicantumkan dalam konten.

Alat ini bekerja dengan sistem Google Autocomplete sehingga mampu bekerja dalam 83 bahasa dan 129 domain dalam Google. Alhasil, keyword yang disajikan akan memberi peluang besar untuk laman Anda ditemukan lebih banyak orang.

Aplikasi yang sangat user friendly ini sangat cocok untuk Anda yang baru pemula dalam merumuskan keyword untuk postingan. Lebih jauh lagi, aplikasi Keyword Tool juga bisa memberikan saran frasa maupun kata berdasarkan jenis keyword yang Anda inginkan. Sangat simpel, praktis dan bermanfaat bukan? Tertarik untuk mencoba aplikasi ini?

5) Membuat Kelompok Keyword

Cara berikutnya yang juga akan mempermudah proses perumusan keyword untuk konten Anda adalah dengan membuat kelompok keyword. Saat mengggali inspirasi keyword, bisa jadi Anda justru merasa kebingungan karena setiap keyword bertebaran begitu saja dalam benak. Jadi untuk mempermudah kerja, cobalah mengelompokkan setiap keyword mulai dari yang paling umum hingga ke yang paling spesifik.

Sebagian orang menilai kegiatan pengelompokkan ini sangat melelahkan dan memakan waktu karena harus dilakukan satu demi satu. Belum lagi Anda bisa terjebak kebingungan menentukan tingkat kespesifikan dari suatu keyword. Anda bisa memanfaatkan peralatan bantu dari SEO untuk lebih memudahkan kerja. Saat ini sejumlah peralatan SEO telah dilengkapi dengan fitur pengelompokkan keyword.

6) Mendata Saran Keyword dari Kolom Pencarian Google

keywords-2

Pernahkah Anda melakukan pencarian di Google dan mendapatkan sejumlah saran keyword pencarian lainnya yang terkait? Kumpulan keyword tersebut juga dapat digunakan untuk menaikkan traffic laman website perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan kumpulan keyword spesifik dengan metode ini.

Semisal Anda telah memiliki daftar keyword general yang hendak digunakan. Langkah selanjutnya tentu merumuskan keyword yang lebih spesifik sebelum memakainya pada laman konten. Kalau Anda tidak memiliki inspirasi, cobalah untuk mengecek saran keyword pencarian di kolom Google.

Caranya sangat mudah. Cukup masukkan keyword general yang Anda rumuskan di kolom pencarian Google. Klik “Cari”, lalu tunggu selama beberapa saat. Nantinya, Anda akan mendapatkan halaman berisi hasil pencarian serta saran keyword lain yang masih berkaitan dengan keyword general Anda tadi. Bagian saran keyword ini umumnya terletak di bagian akhir halaman pencarian. Setelah mendapatkannya, Anda tinggal memasukkan beragam saran keyword baru tersebut ke laman website dan selesai sudah!

Sebagai contoh, Anda memasukkan keyword general ke Google : toko online. Selanjutnya, hasil saran keyword lain dan spesifik yang dapat Anda temukan di akhir halaman antara lain :

  • toko online terlengkap,
  • toko online terbaik di Indonesia,
  • toko online terbaik di Indonesia 2020,
  • belanja online murah,
  • situs jual beli online
  • toko online asli Indonesia, dan masih banyak lagi.

Menambahkan keyword “rekomendasi” Google ini dapat turut serta meningkatkan traffic laman website perusahaan Anda. Tertarik untuk mulai mencoba?

Demikianlah artikel kali ini terkait cara-cara mencari keyword untuk toko online Anda. Ingatlah bahwa keyword memegang peranan penting agar toko online Anda dapat sukses dalam persaingan di masyarakat.

Menggunakan keyword yang random dan tidak tepat sasaran hanya akan membuang-buang waktu dan tidak akan memberikan hasil yang optimal. Calon pengunjung juga tidak akan dapat menemukan toko Anda apabila Anda menggunakan keyword pencarian yang keliru.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk membantu Anda mencari keyword terbaik bagi toko online Anda, ya! Jangan lupa juga untuk mengecek beragam artikel informatif lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca, have a nice day!

 

Mengenal Algoritma Google Pagerank dan Efek SEO

0
100

Page rank adalah indeks di mana mesin pencari Google mengukur pentingnya sebuah halaman web, dan ditentukan oleh jumlah backlink dan kualitasnya. Page Rank dibagi menjadi 11 level dari 0 hingga 10, dan semakin tinggi angkanya, semakin tinggi peringkat dari mesin pencari.

Sebelumnya, Anda dapat memeriksa peringkat halaman setiap halaman web menggunakan Google Toolbar, dll, Tetapi Google mengumumkan peringkat halaman tersebut pada bulan April 2016. Namun, juru bicara Google mengatakan itu digunakan sebagai bagian dari algoritma internal di Google.

Indeks ini adalah salah satu indeks yang menunjukkan pentingnya halaman web, yang dikembangkan oleh Google berdasarkan gagasan bahwa “halaman web dengan lebih banyak link lebih penting”. Google memandang link sebagai “suara yang mendukung”.

Ada kriteria bahwa semakin populer situs, semakin populer dan penting situs tersebut, dan metrik halaman adalah indikator numerik. Ini juga salah satu algoritme karakteristik Google, tetapi sekarang peringkat laman memiliki dampak “langsung” yang tidak terlalu langsung pada peringkat.

Dengan memasang Google Toolbar di browser, kami dapat mengetahui peringkat halaman beranda kami. “Toolbar Page Rank (TBPR)” yang ditampilkan di toolbar ini ditampilkan sebagai nilai integer dari 0 hingga 10 dan diperbarui hanya sekali setiap beberapa bulan, tetapi sebenarnya berubah setiap hari secara real time. Kredibilitas nomor pada toolbar tidak terlalu tinggi, jadi tingkat referensi sudah cukup.

Baca juga : Update Website Anda dengan 8 Algoritma Google Terbaru Ini

Sejarah Singkat Google PageRank

sejarah-google-rank

The paten PageRank pertama diajukan pada tanggal 1 September 1998, dan menjadi algoritma asli yang Google gunakan untuk menghitung pentingnya sebuah halaman web dan peringkat ini.  Singkatnya, Google secara harfiah dibentuk berdasarkan gagasan Sergey Brin bahwa informasi di web dapat diberi peringkat berdasarkan popularitas tautan halaman.

Bahwa semakin banyak tautan mengarah ke suatu halaman, semakin tinggi peringkatnya dan jika kita melihat makalah yang memperkenalkan Google, kita dapat dengan jelas melihat Page Rank direferensikan saat menjelaskan fitur mesin pencari:

Mesin pencari Google memiliki dua fitur penting yang membantunya menghasilkan hasil presisi tinggi. Pertama, ini memanfaatkan struktur tautan Web untuk menghitung peringkat kualitas untuk setiap halaman web.

Pengenalan dari Google Toolbar

Pada tahun 2000, Google memperkenalkan toolbar yang sekarang kita semua ingat sebagai cara kita dapat melihat skor PageRank situs kita (dan pesaing kita). Akibatnya, SEO mulai terpaku hanya pada peningkatan PageRank sebagai metrik untuk meningkatkan peringkat, sebagian besar didorong oleh pemahaman algoritma yang disederhanakan yang menyarankan bahwa halaman web dengan jumlah tautan tertinggi harus mendapat peringkat tertinggi.

Penjelasan sederhana tentang pendekatan ini oleh banyak orang di awal tahun 2000-an adalah bahwa tujuan mereka adalah mendapatkan link sebanyak mungkin dari halaman web dengan PageRank setinggi mungkin. Ini, tentu saja membuat Page Rank dimanipulasi, dengan uang berpindah tangan untuk tautan serta apa yang banyak dari kita akan ingat sebagai kumpulan tautan.

Jalur cepat hampir 15 tahun, dan Google akan berhenti memperbarui bilah alat yang dapat dilihat oleh publik ini pada tahun 2014 (dengan pembaruan terkonfirmasi terakhir pada Desember 2013) dan menghentikannya sepenuhnya pada tahun 2016.  Tentu saja, ini tidak berarti bahwa Google berhenti menggunakan PageRank sebagai bagian dari algoritme, hanya saja Google berhenti menjadi metrik yang dihadapi publik.

Apa Perbedaan antara Page Rank dan Toolbar Page Rank?

google-page-rank-dan-toolbar (1)

Seobook- toolbar- page rank adalah kebingungan utama tentang Page Rank. Sebagaimana diukur oleh Google dalam menilai popularitas link halaman web Anda, dan kemudian Page Rank Toolbar. Page Rank, seperti yang digunakan dalam algoritma Google, adalah nilai yang mengukur popularitas link dan ekuitas halaman web Anda secara real time.

Tidak mungkin untuk mengetahui nilai sebenarnya dari ekuitas tautan Peringkat Halaman Anda menurut Google (meskipun Anda dapat menggunakan alat lain seperti OpenSiteExplorer.org  yang menunjukkan Domain relatif dan Otoritas Halaman).

Toolbar Page Rank, di sisi lain, adalah toolbar yang dapat Anda pasang di browser Anda yang dianggap menampilkan snapshot dari Page Rank Anda (jumlah link ke situs Anda) dari update Toolbar Page Rank terakhir. Umumnya, Google hanya memperbarui Peringkat Halaman Toolbar 2-3 kali per tahun. Google sangat enggan tentang cara penghitungan Peringkat Halaman Toolbar.

Cara Kerja Algoritma Page Rank Google dalam Praktek

Prosesnya dimulai dengan “Bot Google” yang merayapi seluruh web dan menghitung tautan ke setiap laman web. Google kemudian mengunduh semua informasi ini ke server besar mereka, memproses informasi di komputer mereka, dan kemudian menggunakan algoritma mesin pencari untuk memberi peringkat halaman web dalam indeks mesin pencari mereka.

Daripada hanya menghitung jumlah backlink langsung ke setiap halaman web, Page Rank juga menggunakan rumus ekuitas tautan tentang bagaimana nilai lulus tautan. Misalnya, jika halaman web memiliki X jumlah backlink tetapi kemudian link keluar di halaman itu sendiri maka ekuitas link halaman itu akan diencerkan melalui link eksternal.

Ini karena Page Rank atau aliran tautan melewati setiap tautan. Beberapa tautan dari domain berbeda juga bernilai lebih dari jumlah tautan yang sama dari satu domain. Ini karena Google menggunakan faktor peredam untuk tautan dari domain yang sama.

Arsitektur tautan internal yang baik di situs web memastikan bahwa aliran Peringkat Halaman didistribusikan bahkan di seluruh situs Anda untuk membantu menentukan peringkat halaman individual.

Arti Peringkat Halaman dalam SEO

page-rank-dalam-seo

Seperti yang saya tulis di awal, ini hanya salah satu dari lebih dari 200 algoritme peringkat, dan bukan hal yang mudah bahwa peringkat halaman naik karena peringkat halamannya tinggi. Ini adalah indeks yang menunjukkan “berapa banyak tautan yang dikumpulkan”.

Namun, meski tidak langsung ditautkan ke ranking, tentu bermakna ada banyak tautan , dan alangkah baiknya memiliki peringkat halaman yang tinggi . Namun, menaikkan peringkat halaman dan menaikkan peringkat dengan SEO tidak selalu cocok, jadi tidak perlu terlalu sadar atau terlalu memperhatikan.

Bagaimana Cara Memeriksa Peringkat Halaman di Luar Google?

Selain peringkat halaman Google, Anda dapat memeriksa indikator peringkat yang mirip dengan peringkat halaman dengan alat pihak ketiga seperti “Moz” dan “Ahrefs”.

Moz

Moz: https://moz.com/free-seo-tools

Alat SEO Gratis Moz dapat digunakan secara gratis. Dengan mencari domain situs yang ingin Anda periksa, Anda dapat memeriksa peringkat “otoritas domain” di unit domain dan peringkat “otoritas halaman” dari halaman yang lebih tinggi di situs.

Ahrefs

Ahrefs: https://ahrefs.com/

Ahrefs adalah alat berbayar. Anda juga dapat memeriksa peringkat berdasarkan domain dan halaman situs yang ingin Anda periksa. Peringkat unit domain adalah “peringkat domain (DR)” dan peringkat unit URL adalah “peringkat URL (UR)”. Menunjukkan “popularitas link” relatif dari situs / halaman dalam jumlah hingga 100 poin (semakin tinggi maka akan semakin kuat).