Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranSEOPelanggan adalah : Perbedaan Pelanggan dengan Konsumen

Pelanggan adalah : Perbedaan Pelanggan dengan Konsumen

-

Last Updated on April 30, 2022 by

Ada berbagai kata yang digunakan untuk memanggil pelanggan seperti “pelanggan”, “konsumen”, dan “klien”. Namun, secara mengejutkan hanya sedikit orang yang mengetahui arti dan definisi pelanggan. Dalam dunia bisnis, cara Anda bekerja sering kali diubah hanya dengan merevisi kata-kata yang Anda gunakan secara tidak sadar.

Oleh karena itu, penting untuk meninjau kembali kata-kata yang digunakan secara umum. Dengan membaca artikel ini, Anda akan mempelajari apa sebenarnya arti “pelanggan” dan cara memperlakukannya dengan baik. Mari perhatikan dasar-dasar kata yang digunakan dalam dunia bisnis.

Artikel terkait  19 Rekomendasi Tools untuk Cek Backlink Gratis 2023

Apa Arti Asli dari “Pelanggan”?

arti-asli-pelanggan

Pelanggan adalah “review” + “customer”. Oleh karena itu, pelanggan adalah istilah yang mencakup tidak hanya mereka yang membeli produk dan jasa tetapi juga pelanggan tetap yang membeli lagi. Selain itu, calon pelanggan yang mungkin membeli produk dan layanan kita mulai sekarang juga bisa disebut sebagai “pelanggan”.

Penting untuk menyertakan tidak hanya pelanggan yang telah membeli, tetapi juga berbagai potensi pembelian. Pelanggan tidak terbatas pada individu, tetapi mungkin perusahaan, distributor, atau lembaga pemerintah.

Selain itu, kelompok pelanggan seperti itu disebut pasar, dan diklasifikasikan ke dalam pasar barang konsumsi, pasar barang produksi, pasar sekunder, dan pasar pemerintah tergantung pada pelanggan sasaran.

Sedangkan “konsumen” umumnya mengacu pada pandangan pertama (orang yang mengunjungi toko hanya sekali, orang yang tidak berulang), konsumen yang berulang kali menggunakan toko atau layanan tersebut dapat dinyatakan sebagai “pelanggan”.

Perbedaan Makna Antara Pelanggan dan Konsumen

Perbedaan arti dari pelanggan dan konsumen bergantung pada bagaimana mereka didefinisikan dan dipahami. Misalnya, jika Anda menjalankan restoran dan “pelanggan yang baru pertama kali berkunjung” disebut “konsumen”.

Di sisi lain, konsumen yang beberapa kali datang ke restoran tersebut disebut  “pelanggan”. Jika Anda ingat bahwa ada berbagai cara untuk menggunakannya, Anda akan dapat memahami pelanggan dengan lebih cermat.

Dalam pemasaran, istilah “konsumen” digunakan secara terpisah dari “pelanggan”. Konsumen adalah subjek yang mengkonsumsi barang dan jasa. Dengan kata lain, jika Anda adalah orang yang mengonsumsi (menggunakan, makan, dll.) barang dan jasa, itu adalah kata yang berlaku bahkan jika Anda tidak membeli produk atau layanan Anda sendiri.

Di sisi lain, pelanggan adalah hanya berlaku jika sesuai dengan “saya membeli produk / layanan saya sendiri untuk pertama kalinya / membeli lagi / ada kemungkinan untuk membeli lagi”.

“Pelanggan”? Jenis / Kategori

kategori-pelanggan

Pelanggan adalah mengacu pada orang yang menjadi sasaran produk dan layanan perusahaan. Pelanggan berulang dan calon pelanggan yang mungkin membeli produk dan layanan mereka di masa mendatang juga disebut “pelanggan”.

Namun, pelanggan secara garis besar dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Ada kata-kata yang familiar dalam penjualan dan pemasaran, tapi mari kita periksa lagi di sini.

Artikel terkait  SEO Specialist | Cara Menjadi Seorang Pakar SEO

Pelanggan Baru

Pelanggan baru adalah “pelanggan baru” yang belum membeli atau menggunakan produk atau layanan mereka. Ini juga bisa disebut sebagai “pengguna baru”. Penjual menggunakan berbagai cara seperti pameran, seminar, sesi pengarahan, dan perkenalan untuk membuat janji dengan pelanggan baru dan terlibat dalam negosiasi bisnis untuk pembelian aktual. Pelanggan saat ini disebut “pelanggan baru”.

Calon Pelanggan

Calon pelanggan adalah pelanggan baru yang memiliki ketertarikan pada produk dan layanan perusahaan dan tertarik pada mereka. Ini juga dapat mencakup kemampuan membayar untuk membeli produk dan layanan. Artinya, calon pelanggan adalah pelanggan baru yang kemungkinan besar akan membeli produk dan layanan perusahaan Anda.

Pelanggan yang Sudah Ada

Pelanggan yang telah membeli atau menggunakan produk atau layanan mereka lebih dari sekali disebut “pelanggan yang sudah ada”. Menjangkau pelanggan yang sudah ada relatif mudah dan menjadikan mereka pelanggan utama untuk keberlanjutan keuntungan perusahaan.

Hal ini penting dilakukan untuk melakukan tindak lanjut dan kegiatan pemasaran agar pelanggan lama dapat mempercayai perusahaan, seperti distribusi e-mail newsletter, transmisi DM (direct mail), dan tindak lanjut purna jual setelah pembelian produk. Dengan demikian, pelanggan lama akan membeli produk dan layanan mereka lagi.

Hubungan Antara “Pasar” dan “Pelanggan”

hubungan-pelanggan-dengan-pemasaran

Kita sudah melihat definisi dan arti dari “pelanggan”. Namun, agar pelanggan dapat membeli produk / layanan dari pelanggan, produk / layanan itu sendiri diperlukan. Selain itu, perlu diperhatikan ada berapa banyak pelanggan di dunia yang akan membeli produk dan jasa yang dibuat oleh perusahaan?

Misalnya, jika Anda memiliki layanan yang membuat satu orang bahagia, tetapi semua orang menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak Anda butuhkan, maka perusahaan Anda menawarkan layanan yang tidak sesuai dengan biayanya. Oleh karena itu, pertama-tama, penting untuk memperjelas “pasar” yang mengelilingi pelanggan.

Definisi Pasar

Dalam “pasar”, ada dua jenis pelanggan, “pembeli sehat” dan “pembeli potensial” produk dan jasa. Bagaimana Anda menemukan kedua jenis pelanggan ini dapat berdampak besar pada strategi bisnis Anda. Pasar dapat dibagi menjadi lima kategori berikut.

Pasar Potensial

Pasar potensial adalah pasar dimana banyak pelanggan merasakan kebutuhan (needs) akan produk dan jasa yang mereka jual, namun pada tahap ini belum ada perusahaan yang dapat menyediakan produk dan jasa secara memuaskan, atau pasar teknologi. Ini adalah pasar yang belum berkembang sepenuhnya karena tidak mungkin untuk memasarkannya.

Artikel terkait  PBN adalah : Pengertian, Manfaat dan Langkah-Langkah Menggunakannya!

Pasar Efektif

Ini adalah pasar yang memiliki konsumen yang memiliki koneksi untuk membeli dari perusahaan, dengan asumsi bahwa mereka adalah pasar potensial.

Pasar Efektif Berkualitas

Dengan asumsi item 1 dan 2, ini mengacu pada pasar di mana terdapat konsumen yang dapat membeli produk dan layanan yang memerlukan kualifikasi dan standar untuk membeli. Istilah “kualifikasi” yang digunakan di sini mengacu pada kriteria pembelian, seperti usia di mana obat dapat digunakan dan usia di mana tembakau / alkohol dapat dibeli.

Pasar Penetrasi

Pasar penetrasi mengacu pada pasar dengan konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk dari perusahaan di masa lalu.

Pasar Sasaran (Sasaran Pasar)

Pasar sasaran adalah pasar yang dibidik oleh perusahaan sebagai calon konsumen berdasarkan asumsi 1 sampai 4. Ketika sebuah perusahaan melakukan aktivitas pemasaran, “pasar sasaran” ini perlu diidentifikasi dan dilakukan strategi pemasarannya.

Selain itu, mempersempit dan membedakan antara pasar sasaran disebut “segmentasi”. Dengan cara ini, untuk menemukan dan mendekati pelanggan yang sangat diperlukan untuk kegiatan bisnis, perlu dilakukan pendefinisian pasar.

Untuk mengidentifikasi pasar dan menciptakan mekanisme untuk mengirimkan produk dan layanan kita kepada pelanggan, perlu dilakukan analisis tentang kebutuhan apa yang dimiliki pelanggan di pasar dan apa yang mereka pikirkan.

Selain itu, untuk mengukur pasar dengan benar, penting untuk tidak hanya membedakan pasar, tetapi juga mempertimbangkan berbagai faktor seperti kekuatan pesaing dan perusahaan, serta memberikan hasil analisis. Proses ini disebut “analisis 3C” dalam pemasaran.

Pemasaran “Analisis 3C” Diperlukan untuk Menentukan Pelanggan dan Pasar

Pengetahuan tentang bidang pemasaran sangat penting untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang arti “pelanggan”. Kami tidak dapat memperkenalkan metode analisis di sini, tetapi mari kita ketahui dasar-dasar analisis 3C.

Apa Itu “Analisis 3C”?

Analisis 3C adalah kerangka kerja yang menemukan KSF dari analisis pasar lingkungan eksternal dan persaingan, dan menggunakannya dalam strategi Anda sendiri. 3C adalah singkatan dari Customer (pelanggan), Competitor (pesaing), dan Company (perusahaan).

Pahami calon pelanggan yang bersedia dan mampu membeli produk dan layanan mereka. Dengan menganalisis ketiganya, Anda dapat mengetahui persyaratan untuk produk dan layanan yang Anda coba sediakan secara internal.

Analisis pelanggan (pasar): Analisis ukuran / pertumbuhan pasar, kebutuhan (permintaan), dan perilaku pembelian. Analisis pesaing: Oligopoli (jumlah pesaing), hambatan masuk, kekuatan dan kelemahan sendiri.

Artikel terkait  SEO Lokal : Cara Membidik Tampilan Teratas dalam Pencarian Regional

Analisis perusahaan: Analisis kapabilitas teknis perusahaan sendiri, kekuatan penjualan, merek, penjualan / profitabilitas / saham, keterampilan sumber daya manusia / organisasi, nilai tambah, dan penggerak biaya.

Dari analisis 3C, analisis Pelanggan (pasar) diperlukan untuk menghitung perilaku pembelian dan ukuran pasar pelanggan. Oleh karena itu, perlu untuk menggunakan sepenuhnya metode analisis seperti “analisis desil” dan “analisis RFM”.

Sejauh ini, dari definisi pelanggan, kami telah memastikan bagaimana pelanggan dan pasar di sekitarnya didefinisikan dan dianalisis di bidang bisnis melalui dasar analisis 3C. Pelaku bisnis yang bekerja di tempat dapat memperluas cara berpikir dan wawasan mereka ketika mereka memahami bahwa produk dan layanan mereka sebenarnya dibeli dan dijual setelah menjalani metode analisis tersebut.

Kesimpulan

Selain menjelaskan arti dan definisi asli dari “pelanggan,” kami juga menjelaskan hubungan antara pelanggan dan pasar, serta hubungan dengan pemasaran. Kata pelanggan adalah salah satu kata yang kita anggap biasa, tetapi mengetahui arti dan perbedaan nuansa memberi kita kesempatan untuk berpikir lebih dalam tentang “pelanggan” dalam bisnis kita.

Temukan lebih banyak artikel belajar copywriting maupun tips digital marketing lainnya di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau baca gratis di MARKEY APP (Playstore & AppStore). Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya