Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 181

Apa itu Konsultan IT dan Bagaimana Pekerjaan Konsultan IT?

0
Apa itu Konsultan IT dan Bagaimana Pekerjaan Konsultan IT?

Konsultan IT merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab di berbagai bidang untuk membantu memecahkan permasalahan dalam manajemen perusahaan, mulai dari memberikan usulan-usulan terhadap tindakan yang perlu dilakukan hingga mencari solusi untuk keberlangsungan pengembangan sistem.

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang memerlukan tingkat kemampuan yang tinggi tergantung pada ukuran bisnis yang dilakukan dan jumlah pendapatan yang diperoleh.

Pekerjaan Seorang Konsultan IT

Sistem dan alur kerja seorang konsultan IT bervariasi tergantung pada kasus dan klien yang dihadapi, seperti misalnya, mengusulkan pengembangan sistem berdasarkan strategi IT yang juga sejalan dengan kebijakan manajemen perusahaan, atau meningkatkan manajemen perusahaan melalui pengoptimalan sistem.

Jika diminta untuk memperkenalkan sistem, hal tersebut merupakan tugas seorang konsultan IT untuk terlibat dalam segala hal mulai dari desain hingga pengembangan serta verifikasi terhadap sistem.

Tentu saja, bukan berarti seluruh pengerjaan sistem dikerjakan oleh satu (1) orang konsultan IT tersebut. Konsultan IT bekerja sama dengan tim di masing-masing bidang untuk mencapai tujuan dalam melakukan bisnis.

Karena mereka bekerja dikelilingi dengan orang-orang profesional di berbagai bidang, hal tersebut membuat seorang konsultan IT dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik seorang konsultan IT.

Peran Seorang Konsultan IT

Konsultan IT bertanggung jawab untuk menyiapkan solusi dengan memanfaatkan ‘IT’ untuk memecahkan masalah dalam manajemen perusahaan. Beberapa tahun terakhir, pentingnya peran IT dalam berbagai bidang semakin meningkat sehingga perusahan dan pengelolaan sistem tidak dapat dicapai tanpa IT. Selain itu, konsultasi mengenai project seperti peningkatan bisnis dan reorganisasi organisasi menggunakan sistem IT menjadi sangat meningkat.

Pekerjaan konsultan IT dibagi menjadi beberapa alur berikut.

■ Konsultan yang bertanggung jawab perumusan strategi dalam bidang IT, organisasi IT, perencanaan dan strategi IT.
■ Digital Consultant yang membuat perencanaan untuk meningkatkan bisnis dengan menggunakan Big Data, Web Marketing dan aplikasi mobile.
■ Konsultan PMO (Project Management Office) untuk PJT yang termasuk implementasi ERP dan dukungan untuk pengenalan sistem SCM & CRM.
■ Konsultan yang bertanggung jawab terhadap infrastruktur, outsourcing, manajemen aset dalam bidang IT.
■ Konsultan yang bertanggung jawab terhadap kebijakan keamanan dan manajemen terhadap risiko yang mungkin terjadi yang berkaitan di bidang IT.

 

3 Jenis Penempatan Kerja Konsultan IT

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai pembagian penempatan kerja seorang konsultan IT yang dibagi menjadi 3 sesuai dengan isi pekerjaannya.

Business Analyst (BA)

Analis Bisnis atau Business Analyst biasa juga disebut sebagai manajemen di bidang IT. Pada umumnya, tugas mereka adalah menganalisis secara profesional pengoperasian sistem, seperti strategi manajemen, pelatihan kerja sama, dan memberikan proposal/perencanaan yang jelas yang memenuhi kebutuhan klien.

Konsultan Pengenalan

Konsultan akan menyiapkan syarat dan ketentuan, memastikan kemajuan rencana pengembangan dan memeriksa spesifikasi yang telah disiapkan oleh analis. Sebagai tambahan, tugas paling penting seorang konsultan adalah memastikan penyesuaian yang diinginkan oleh klien.

Project Management Office (PMO)

PMO seringkali mengacu pada divisi manajemen pendukung project (proyek), divisi audit untuk proyek, atau project support department, dll yang merupakan salah satu sistem pengoperasian yang berorientasi pada efektivitas biaya.

Kemampuan yang Diperlukan Sebagai Seorang Konsultan IT

Konsultan IT bertindak sebagai seorang pemimpin (leader) terhadap masing-masing project.

Oleh karena itu, selain harus menguasai pengetahuan teknis terhadap staf di masing-masing bidang, kemampuan seperti daya berpikir logis yang kuat untuk menyelesaikan permasalahan juga diperlukan. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan untuk dapat bekerja-sama untuk menyatukan sejumlah besar teknisi dalam satu tim.

Karena akan sering bernegosiasi dengan banyak klien, selain memiliki kemampuan secara fisik maupun ketekunan, penting juga untuk memiliki kemampuan presentasi sekaligus memecahkan masalah secara eksternal.

Selain itu, konsultan IT tidak hanya perlu memiliki kemampuan IT yang tinggi, tetapi juga perlu memiliki kemauan yang kuat untuk terus mencoba berbagai tantangan untuk menyelesaikan masalah dan tidak cepat puas terhadap keadaan saat ini.

Perbedaan Konsultan IT dengan SE (System Engineer).

Meskipun seorang SE dan konsultan IT bekerja pada project pengenalan sistem yang sama, keduanya memiliki perbedaan besar dalam ruang lingkup pekerjaan dan kemampuan yang dibutuhkan. Secara garis besar, perbedaan tersebut dibagi menjadi 3, berikut pemaparannya.

Terlibat dalam fase yang berbeda

System Engineer merupakan seseorang yang terlibat dalam pengembangan/perbaikan dan sebagai seorang profesional dalam perancangan sistem, sedangkan konsultan IT menggunakan IT sebagai bukti untuk menyelesaikan permasalahan serta menyiapkan solusi untuk menyelesaikan tugas-tugas sekaligus memberikan dukungan dalam implementasi sistem.

Perbedaan utama dalam fase-fase yang terlibat, terutama dalam menentukan apakah akan melakukan tahap perencanaan atau tidak. Karena konsultan IT bertugas untuk menyelesaikan masalah dalam manajemen dan tugas bisnis yang dipegang oleh klien, setelah mengetahui situasi dan kebutuhan klien, maka perlu beberapa pertimbangan dalam melakukan perencanaan seperti misalnya; “apa perlu merombak organisasi IT?”, “apakah perlu memanfaatkan IT untuk menyelesaikan masalah dalam strategi manajemen?”, “meninjau kembali persayaratan bisnis”, “sistem seperti apa yang perlu diterapkan?”, dsb.

Perbedaan posisi kerja

Meskipun SE dan konsultan IT terlibat dalam fase pengembangan sistem yang sama, namun mereka memiliki posisi kerja yang berbeda.

Konsultan IT terlibat secara langsung dalam project dari sisi user (pengguna), sedangkan SE tentu saja terlibat dalam project sebagai vendor.

Perbedaan dalam posisi kerja tersebut akan muncul terutama sebagai perbedaan dalam fase keterlibatan project seperti yang dijelaskan di atas, tetapi, meskipun terlibat dalam pengembangan sistem yang sama, misi yang dilakukan akan sangat bervariasi.

Sementara SE memiliki misi untuk membuat anggaran dan pengiriman untuk produk yang telah jadi, konsultan IT mengelola project dari sudut pandang klien dan bertanggung jawab untuk merangkum permasalahan di awal dan menyediakan solusi. Misinya adalah membuat penilaian project yang tepat.

Kemampuan yang Diperlukan Sebagai Seorang Konsultan IT

Kemampuan yang diperlukan seorang konsultan IT berbeda-beda tergantung pada project dan isi pekerjaan. Meskipun tidak perlu mencakup semuanya, ada bagian di mana informasi dan pengalaman yang dimiliki dapat menjadi sebuah ‘senjata’, sehingga semakin banyak kemampuan yang dimiliki maka semakin mudah juga untuk memperoleh pengakuan.

Pengalaman berharga.

Meskipun bukan seseorang yang berpengalaman ataupun hanya memiliki pengalaman yang sedikit, apabila di awal memiliki pengalaman sebagai support team di konsultan IT, maka hal tersebut dapat menjadi pengalaman berharga. Seorang konsultan IT yang sering menghadapi tantangan dari berbagai perusahaan dan project serta bertanggung jawab atas sejumlah tugas lebih sering diperlukan karena memiliki harapan bahwa mereka dapat menyelesaikan masalah meskipun tidak teratur.

Pengetahuan khusus

Terdapat beberapa situasi di mana pertukaran informasi dengan pelanggan dilakukan untuk manajemen strategi sehingga keahlian dalam bidang manajemen juga sangat penting. Selain itu, karena hanya dapat digunakan dalam bidang khusus seperti keahlian pada ERP dan CRM, maka sangat penting untuk mempelajarinya lebih dalam.

Kemampuan memecahkan masalah

Sangat penting untuk mengidentifikasi masalah dalam manajemen bisnis dan juga bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu, penting untuk berpikir secara logis terhadap berbagai hal dan bukan hanya dalam situasi darurat saja tetapi juga memiliki kemampuan untuk berkembang secara mendasar.

Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk mengelola operasi bisnis seperti bekerja sama dengan tim, anggota pengembangan, dan anggota lainnya dari berbagai divisi, sama halnya juga saat berinteraksi dengan klien ketika memecahkan permasalahan. Teknik untuk menyampaikan informasi secara akurat merupakan kemampuan berkomunikasi yang juga diperlukan.

Pengalaman dalam mengembangkan project

Untuk dapat menjalankan project dengan lancar, sangat penting untuk memiliki kemampuan untuk memeriksa pengembangan dan mendukung dalam proses uji-coba atau memeriksa spesifikasi dan desain dokumen untuk mengklarifikasi masalah yang tidak dapat diselesaikan sebelumnya, akan sangat mudah bagi mereka untuk mendapatkan pengakuan apabila berhasil dalam melakukan pengembangan dan proses uji-coba tersebut.

Namun, yang paling diutamakan kemungkinan adalah orang-orang yang dulunya memiliki pengalaman dan telah memahami alur serta pengembangan sistem. Semoga informasi ini berguna ya!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Facebook Ads Manager dan Cara Penggunaannya

0
acebook ads manager dan cara penggunaannya

Dalam artikel ini kita akan membahas “Ads Manager” yang merupakan alat untuk mengelola iklan pada Facebook.

Tool ini memungkinkan kita untuk mengatur iklan seperti target, anggaran dan mengoperasikan iklan berdasarkan data seperti volume distribusi dan jumlah klik. Dengan kata lain Facebook Ads Manager membuat proses pengelolaan iklan menjadi lebih efektif.

Apa itu ads manager?

Facebook ads manager adalah alat Pengelola iklan yang disediakan secara gratis oleh Facebook. Dengan tool ini kita bisa melakukan tindakan pengelolaan iklan sebagai berikut:

– Membuat dan  memposting iklan.
– Melakukan pengaturan target iklan.
– Menetapkan anggaran.
– Mengkonfirmasi efek iklan secara real time.
– Mengkonfirmasi ringkasan tagihan, Riwayat pembayaran, serta Metode pembayaran.

Hubungan antara Pengelola Iklan dan Business Manager

Ketika kita akan mulai beriklan di Facebook, terlebih dahulu  kita harus mendaftar pada Business manager. Business Manager adalah akun bisnis yang dapat mengatur kampanye (promosi), iklan / aplikasi, dan otoritas administratif dari halaman Facebook milik perusahaan.

Mendaftar pada Business Manager memungkinkan kita untuk mengelola hak akses setiap orang ketika mengelola halaman. Banyak orang bisa mendapatkan akses ke halaman serta akun iklan tanpa harus menjadi teman di Facebook.

Alur pembuatan dan pengiriman iklan oleh Facebook Ads Manager

Langkah 1: Memilih tujuan iklan dari daftar

Di sini “Kesedaran merek” sudah menjadi pilihan default, namun kita masih dapat melakukan penyesuaian dengan tujuan iklan yang akan dibuat. Kita dapat tetap menggunakan pilihan default atau menggantinya dengan tujuan lainnya . Kemudian klik “Buat akun iklan”.

Facsbook AD 01

Langkah 2: Masukkan informasi tentang akun (seperti: negara, mata uang, zona waktu) lalu klik “Berikutnya”.

Facsbook AD 02

Langkah 3: Mempersiapkan iklan.

 Facsbook AD 03

Nama set iklan: Tidak masalah jika kita tetap menggunakan default, tetapi akan lebih baik memberikan nama dengan jelas.

Audience: Di sini kita harus menentukan target iklan. Target dikelompokkan berdasarkan wilayah, usia, jenis kelamin, bahasa, dll.

Pengaturan target detail: Kita dapat memilih kategori lapisan target dari daftar.

Facsbook AD 04

 

Penempatan: Di sini kita bisa memilih menggunakan penempatan otomatis atau tidak. Kita bisa mengedit apakah ingin menempatkan iklan di Facebook saja atau Instagram saja.

Anggaran dan periode posting: Kita dapat memilih apakah anggaran Kita adalah anggaran harian atau total anggaran. Anda dapat melakukan pengaturan setelah memutuskan periode untuk posting.

Kemudian klik “Next” di bagian bawah halaman ini.

Langkah 4: Mempersiapkan Kreatif Iklan

Facsbook AD 05

Mengatur format iklan, teks iklan, bahan yang akan digunakan (gambar, film, tampilan slide).

Setelah selesai, klik “Konfirmasi pesanan”.

Cara mengelola iklan menggunakan Facebook Ads Manager

Tampilan layar  pengelola iklan kurang lebih dibagi menjadi beberapa elemen sebagai berikut :

– Kampanye
– Kumpulan iklan
– Iklan
– Halaman Pencarian
– Filter
– Membuat Iklan

 

Berikut ini adalah cara untuk melihat setiap komponen, cara menggunakannya, dan poin-poin yang harus diperhatikan.

Kampanye

Kampanye

Sudut Pandang

Kita dapat memeriksa status pengiriman iklan dalam daftar.

Selama pengoprasian ini, kita wajib memeriksa apakah kampanye aktif atau tidak.

Cara Penggunaan

Setelah login ke Ads Manager, layar kampanye akan terbuka.

Poin penting yang harus diperhatikan

Iklan bisa saja tidak bisa aktif jika gagal dalam proses pengulasan.

Selama pengiriman, periksalah setiap saat apakah iklan aktif atau tidak untuk mencegah hilangnya peluang karena tidak berhasil mengirim iklan.

Set Iklan

Set Iklan

Cara pandang

Dengan memeriksa set iklan yang merupakan komponen kampanye, Kita dapat mengetahui biaya yang diperlukan untuk iklan.

Bagaimana cara menggunakannya

Saat mengklik kampanye, Kita akan melihat daftar iklan yang ditetapkan untuk kampanye itu sendiri.

Poin penting yang harus diperhatikan

Jika terdapat beberapa set iklan, bahkan jika ada set iklan yang gagal dan aktif, maka yang aktif akan ditampilkan sebagai di kampanye. Karena itu, penting untuk memeriksa tidak hanya kampanye, tetapi juga set iklan, untuk mencegah hilangnya peluang.

Iklan

Iklan

Perspektif / Cara pandang

Dengan memeriksa “iklan” dalam kumpulan iklan, kita dapat memeriksa efektivitas biaya dengan materi iklan. Dengan menghentikan efek buruk pada materi iklan atau melakukan tes AB pada materi iklan baru, set iklan serta kampanye bisa lebih efisien.

Cara penggunaan

Ketika Kita mengklik satu set iklan, Kita akan melihat daftar iklan untuk set iklan Kita. Kita dapat memeriksa status pengiriman, skor relevansi *, CTR, dll.

※Apa itu skor relevansi?

Ini adalah nilai numerik yang memprediksi efek yang diperoleh dari target iklan. Dengan beriklan kita tentunya berharap mendapat banyak reaksi positif dari pengguna memiliki skor lebih tinggi. Skor ini ditunjukkan dengan angka dari 1 hingga 10, angka akan diperbarui dari waktu ke waktu sebagai tanggapan dan umpan balik untuk iklan (klik, pemasangan aplikasi, pemutaran video, dll.)

 

Poin penting yang harus diperhatikan

Harap berhati-hati untuk tidak mematikannya secara tidak sengaja karena pengiriman menggunakan tombol on / off dapat diubah dengan 1 klik.

 Halaman Pencarian

Halaman Pencarian

Perspektif / Sudut pandang

Kita dapat mencari kampanye tertentu dan memeriksa ketersediaannya

Cara penggunaan

Klik tab “Cari” di layar administrasi, maka akan menampilkan list sebagai berikut:

Jika Kita memilih tab “apa yang ingin Kita cari di sini”, halaman pencarian akan ditampilkan. Jika Kita ingin menemukan kampanye iklan yang disebut “distribusi serupa”, Kita dapat mencari dengan mengetik “distribusi serupa” di jendela pencarian.

Halaman Pencarian 02

Poin penting yang harus diperhatikan

Sebagai contoh, jika ada dua kampanye “distribusi serupa” dan “pemasaran ulang”, Kita tidak dapat mencari nama kampanye “pemasaran ulang” sambil membuka layar “distribusi serupa”.

Oleh karena itu, ketika mencari kampanye baru, perlu sesekali kembali ke layar pengelola.

Filter

Filter

Perspektif / Sudut pandang

Penyaring iklan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Misalnya, Kita dapat menetapkan filter seperti “Aktif, BPA kurang dari 5.000 yen”.

Cara penggunaan

Klik tab filter pada layar pengelola, maka akan menampilkan list seperti di bawah ini. Pilih item list tersebut untuk membuat filter.

Filter 02

Poin penting yang harus diperhatikan

Item yang difilter tidak dihapus secara otomatis, namun item akan ditambahkan ke layar pengelola sebagai data.

Jika kita ingin membuat filter baru, Kita perlu menghapus semua item penyaringan setelah penyaringan selesai.

Membuat Iklan

Membuat Iklan

Perspektif / Sudut pandang

Setelah memasang ads manager, kita dapat mengatur pengiriman untuk iklan baru di layar admin kapan saja.

Penting untuk meningkatkan efektivitas biaya iklan Facebook dengan menetapkan dan menayangkan iklan baru satu demi satu berdasarkan hasil dari iklan yang sudah didistribusikan.

Cara penggunaan

Kita dapat membuat iklan menggunakan tombol hijau di kanan atas layar administrasi.

Poin penting yang harus diperhatikan

Ketika pembuatan iklan terganggu, tempat yang sebelumnya ditetapkan secara otomatis disimpan. Ketika beberapa administrator mengoperasikan layar pengelola, berhati-hatilah untuk tidak menghapus iklan yang dibuat secara tidak sengaja.

 

Kesimpulan

Demikianlah informasi dasar mengenai “Facebook Ads Manager” untuk dipahami ketika ingin memulai Iklan Facebook.

Seperti pada iklan Facebook, dimana orang-orang cenderung memperhatikan cara memilih materi Iklan dan kebijakan operasi yang mana dilakukan setelah membuka akun. Dalam artikel ini, kami merangkum cara menggunakan “Facebook Ads Manager”,  berdasarkan tujuan, tindakan pencegahan, dan sebagainya.

Karena ini adalah informasi yang tidak merugikan sama sekali, akan sangat membahagiakan jika informasi ini dapat membantu meskipun dalam ruang lingkup yang terbatas.

Mari temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sayonara!

Pendapatan Aplikasi Android Penghasil Uang

0
Pendapatan Aplikasi Android Penghasil Uang

Artikel berikut ini akan membahas tentang pengembangan aplikasi Android untuk smartphone yang telah menjadi topik utama dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak hanya untuk mengunduh game, sebagian besar orang mengunduh aplikasi Android melalui smartphone mereka. Selain itu, dikatakan bahwa saat ini, semua orang pasti pernah mengunduh aplikasi Android.

Aplikasi Android terbaru terus bermunculan dan sebagian besar dari aplikasi tersebut adalah aplikasi yang menarik.

Hal itu akan membuat Anda berpikir apakah pengembangan aplikasi Android benar-benar menguntungkan. Oleh sebab itu, aplikasi Android penghasil uang juga mulai bermunculan.

Bagaimana situasi yang sebenarnya?

3 Cara Utama Mengembangkan Aplikasi Android Penghasil Uang.

Penjualan aplikasi Android berbayar.

Penagihan dalam aplikasi Android (in-app billing atau in-app purchase).

Pendapatan melalui iklan.

Penjelasan terhadap masing-masing cara akan dijelaskan secara rinci berikut ini.

Aplikasi berbayar dengan harga satuan untuk aplikasi Android itu sendiri.

Cara yang pertama adalah mengembangkan dan menjual aplikasi Android berbayar.

Cara ini merupakan cara termudah yang dapat dibayangkan oleh siapa pun.

Intinya, apa yang dijual di bagian berbayar Google Play adalah aplikasi berbayar.

Harga satuan aplikasi Android itu sendiri sepenuhnya tidak diperoleh sebagai keuntungan pengembang.

70% dari keuntungan akan menjadi pendapatan pengembang sebenarnya (developer) dan 15% sisanya akan diberikan kepada platform Google.

Misalnya, jika Anda menjual 100 aplikasi berbayar dengan harga Rp 50.000, maka :

85% dari Rp 50.000, yaitu, Rp 42.500 × 100 aplikasi = Rp 4.250.000 akan menjadi keuntungan pengembang (developer).

Jika jumlah total unduhan adalah 100.000, keuntungan yang diperoleh dari harga unit aplikasi saja dengan perhitungan sederhana adalah sebagai berikut :

42.500 × 100.000 aplikasi = Rp 4.250.000.000, ini akan menjadi jumlah uang yang banyak.

Keuntungan yang realistis jika mengembangkan aplikasi Android dengan harga satuan Rp 10.000 dan diunduh sebanyak 100 kali adalah sebagai berikut :

Rp 10.000 × 100 aplikasi × 0,85 (berbagi saham pengembang) = Rp 850.000

Dengan jumlah biaya tersebut, Anda akan sulit untuk berhenti dari pekerjaan utama dan hanya mengembangkan aplikasi Android.

Jika memperoleh 1.000 unduhan per bulan, maka keuntungan yang didapat adalah sebesar Rp 8.500.000.

Dengan begitu, bisa jadi Anda tidak perlu bekerja di perusahaan jika dapat terus memperoleh penghasilan bulanan seperti itu.

Pertama-tama, mungkin sebaiknya perlu untuk mempertimbangkan dari sisi lainnya seperti, apakah Anda dapat membuat aplikasi berbayar yang di dapat diunduh hingga melebihi 1.000 unduhan.

Tagihan dalam aplikasi Android (in-app billing atau in-app purchase).

Cara berikutnya adalah penagihan dalam aplikasi Android (in-app billing atau in-app purchase).

Ini merupakan metode penagihan utama untuk aplikasi game terutama aplikasi native.

Cara ini juga mudah dimengerti.

Metode ini mendatangkan keuntungan ketika pengguna (user) membeli senjata yang kuat melalui aplikasi game atau misalnya seperti membeli ‘hati’ dan ‘wortel’ dengan aplikasi yang khusus diperuntukkan untuk wanita.

Ada beberapa orang yang awalnya mengunduh banyak aplikasi dan di antara mereka akan ada beberapa persen yang mengeluarkan biaya untuk membeli aplikasi tersebut. Oleh karena itu, orang-orang yang berpikir bahwa mereka dapat memperoleh keuntungan dengan hanya mengembangkan sebuah aplikasi tampaknya jarang untuk mencoba metode ini kecuali jika mereka merupakan perusahaan modal besar.

Penghasilan melalui iklan di aplikasi Android.

Cara yang terakhir adalah metode pengiriman iklan pada aplikasi Android gratis.

Singkatnya, pendapatan berasal dari iklan yang ditampilkan di layar smartphone Anda melihat aplikasi Android gratis.

Beberapa orang mendapatkan keuntungan dari biaya tagihan dalam aplikasi, tetapi penghasilan programmer pengembang aplikasi sebagian besar berasal dari pendapatan iklan.

Jika Anda melakukan penayangan iklan di aplikasi, pendapatan iklan bulanan berupa 1 klik Rp 1.000, maka apabila Anda mendapat 500 klik per hari, pendapatan Anda bisa mencapai Rp 100.000 per hari.

Jika itu terus berulang, Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan perhitungan sebagai berikut.

Bulan ke-I           : Rp 3.000.000 (Rp. 100.000/hari).
Bulan ke-II          : Rp. 4.500.000 (Rp. 150.000/hari).
Bulan ke-III        : Rp. 6.750.000 (Rp. 225.000/hari).

 

*Perhitungan setiap bulan meningkat 1.5 kali lipat.Meskipun pengiriman iklan sepintas hanya terlihat memiliki keuntungan, sebenarnya juga memiliki kerugian.

Keuntungan
Penghasilan tetap akan terus muncul.
Menjadi awal pengembangan kontrak.
Kerugian
Jumlah diunduh jauh lebih rendah dari yang diharapkan.
Peninjauan pengiriman iklan terkadang memerlukan waktu, sehingga Anda harus menunggu dengan sabar.

Pengembangan aplikasi Android penghasil uang dapat menguntungkan jika aplikasi tersebut populer dan banyak digunakan orang. Akan tetapi, secara realistis, kemungkinan besar pengembangan aplikasi hanya akan berakhir sebagai penghasilan tambahan untuk uang saku.

Dapat dikatakan bahwa sangat sulit untuk menjadikannya sebagai sebuah profesi atau pekerjaan utama.

Tetapi, ada harapan yang dapat diwujudkan melalui aplikasi.

Karena itu, akan lebih baik jika pengembangan aplikasi dilakukan dengan memanfaatkan waktu luang.

Bagaimana jenis-jenis pengembangan aplikasi Android?

Sebenarnya terdapat berbagai macam jenis pengembangan aplikasi Android khususnya aplikasi Android penghasil uang.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengetahuan dan sistem pengembangan aplikasi memiliki peluang untuk berhubungan dengan hampir semua bidang bisnis.

Di antaranya, berikut akan dijelaskan mengenai industri pengembangan aplikasi dari sudut pandang seseorang yang bekerja sebagai programmer/engineer.

Pengembangan aplikasi game media sosial.

Sepertinya dapat dikatakan bahwa industri ini adalah industri yang paling mudah untuk dibayangkan.

Salah satu contoh game media sosial yang terkenal adalah Puzzle & Dragons.

Terlepas dari seperti game Puzzle & Dragons tersebut, sebagian besar pengembangan game di industri game pada umumnya membutuhkan banyak biaya pengembangan.

Karena itu, jika game yang Anda kembangkan menjadi terkenal, hasil yang diperoleh juga akan lebih baik dari yang Anda bayangkan, tetapi begitu juga sebaliknya.

Industri pengembangan game ini memiliki kenaikan dan penurunan yang drastis.

Pengembangan aplikasi media sosial.

Selain aplikasi game yang disebutkan sebelumnya, aplikasi media sosial juga sedang banyak digunakan dari hari ke hari.

Dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi Instagram yang populer di kalangan remaja berusia 10 s/d 20 tahun dan menjadi momentum dalam pengembangan aplikasi media sosial untuk smartphone.

Aplikasi Android memiliki struktur yang dapat digunakan untuk pertama kalinya oleh sejumlah besar target tertentu.

Dengan arti lain, meskipun dikatakan bahwa membutuhkan waktu untuk melakukan monetisasi, jenis aplikasi ini yang memiliki kelas target, cenderung akan mengalami peningkatan yang luar biasa dibandingkan dengan jenis aplikasi sebelumnya, jumlah aplikasi serupa yang berkembang pesat pun juga meningkat.

Pengembangan aplikasi EC (e-commerce).

Aplikasi yang memiliki popularitas tinggi belakangan ini adalah aplikasi EC (e-commerce) seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Presentase perkembangan aplikasi ini juga tinggi dan pengadaan dana di dalam aplikasi juga berjalan dengan lancar.

Selain itu, meskipun fakta bahwa Amazon adalah layanan yang sangat kuat dalam dunia EC tidak berubah, kesan bahwa layanan yang telah menyiapkan mekanisme untuk lebih menarik kelas target tertentu dengan produk yang memiliki cerita khas juga semakin meningkat.

Jika Anda menyediakan produk yang hanya dapat dibeli di tempat Anda dan mempresentasikan produk tersebut dengan artikel yang istimewa, Anda dapat menonjolkan keberadaan dari produk tersebut.

Pengembangan aplikasi Android pada industri lainnya.

Di industri lain pun perkembangan web/IT mengalami kemajuan pesat dan dapat dikatakan bahwa permintaan untuk programmer dan engineer hampir ada di semua industri.

Meskipun masih ada beberapa industri yang tidak memiliki jumlah lowongan pekerjaan yang banyak, saat ini merupakan masa-masa pengembangan IT akan berlangsung dengan pesat.

FinTech (sistem keuangan), AdTech (sistem periklanan), EdTech (sistem pendidikan), RealestateTech (sistem real estate), dan lain-lain dapat disebut sebagai contoh startup yang mengalami perkembangan cepat dalam dunia IT di berbagai industri saat ini.

Bahkan jika industri lain tertinggal dari IT, industri tersebut akan memiliki banyak ruang untuk pengembangan IT dan kemungkinan dapat menarik banyak perhatian.

Perkembangan internet di masa yang akan datang juga akan meningkat secara pesat dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Meskipun pengembangan aplikasi Android yang bervariasi untuk masing-masing industri, akan tetapi akan sangat mudah untuk membayangkan seperti apa bentuk aplikasi yang diinginkan berdasarkan project yang sebenarnya.

Selain itu, jika Anda mencari project, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membedakan project yang dapat menghasilkan keuntungan untuk Anda!

Tahukah Anda bagaimana cara membedakan project pengembangan aplikasi yang dapat menghasilkan keuntungan?

Sebelumnya telah dijelaskan tentang cara memperoleh keuntungan dan berapa banyak yang bisa didapatkan dari pengembangan aplikasi Android, tetapi selain pada project di bidang game, project pengembangan aplikasi yang dapat menghasilkan keuntungan dalam jumlah besar cenderung masih terbatas.

Tentu saja masih ada kemungkinan yang tinggi bahwa aplikasi akan terus tumbuh di masa mendatang, dan sepertinya jumlah project pengembangan aplikasi yang menguntungkan di bidang non-game juga akan meningkat, tetapi kenyataannya adalah jumlah pengembangan ini masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pengembangan website.

Siapa pun akan berpikir untuk mencari project pengembangan aplikasi yang dapat menghasilkan uang lebih banyak di antara pengembangan-pengembangan aplikasi tersebut.

Tetapi, sulit untuk menilai project dan perusahaan manajemen aplikasi yang memiliki sisi baik dan buruk di pasar aplikasi yang masih merupakan pasar baru.

Meskipun mungkin ada metode untuk memeriksa jumlah pemasangan di App Store dengan mudah, tetapi ada juga bagian yang tidak dapat dikatakan bahwa jumlah instalasi yang banyak = menguntungkan.

Dalam aplikasi non-game, hal yang paling dapat dilakukan adalah memanfaatkan pendapatan iklan melalui jaringan iklan. Tetapi hal ini tidak bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang sangat banyak.

Hal yang perlu dilakukan untuk membuat aplikasi Android penghasil uang.

Dengan kata lain, keuntungan tidak bisa didapatkan hanya dengan aplikasi saja, tetapi dengan kerja-sama antara aplikasi Android dan industri atau bisnis secara nyata. Dengan begitu, industri atau perusahaan yang mendapat keuntungan dari aplikasi yang dimanfaatkan oleh industri atau perusahaan memperoleh keuntungan dari sisi bisnis yang dilakukan secara nyata.

Oleh karena itu, Anda perlu menilai dengan benar manajemen dan pengembangan bisnis aplikasi seperti itu untuk mencari dan mendapatkan kontrak project.

Meskipun demikian, ada batasan untuk seorang individu yang ingin mendapatkan informasi khusus dari sebuah perusahaan.

Aplikasi Android penghasil uang seperti apa yang dapat dikembangkan di perusahaan kami?

Kami memiliki kebanggan dapat menilai kemungkinan project pengembangan aplikasi Anda berdasarkan prestasi dan pengetahuan yang kami miliki.

Bagi Anda yang ingin memperoleh keuntungan dengan tepat dalam project pengembangan aplikasi, silahkan datang ke PT APPKEY untuk mencoba berkonsultasi satu kali secara gratis.

[application-about]

Hosting Indonesia Terbaik | Ulasan Hosting Terbaik

0
Hosting Indonesia terbaik | Ulasan hosting terbaik

Untuk mempublikasikan sebuah homepage di Internet, kita perlu untuk menyiapkan server Web, jalur koneksi ke Internet, dan pengaturan keamanan.

“Hosting” adalah layanan yang menyediakan semua hal tersebut dengan harga yang terjangkau. Namun, di Indonesia ada begitu banyak layanan dan perusahaan hosting, yang membuat kita sulit untuk memilih yang terbaik.

Karena itu, kali ini, kami mencoba mengulas beberapa perusahaan hosting di Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk peringkat.

Kami juga akan memberikan tips untuk memilih hosting yang baik, jadi silakan temukan sendiri server sewaan yang cocok untuk Anda.

 

※ Referensi data ulasan (https://id.hostadvice.com/marketshare/id/)

5 Peringkat terbaik rasio pangsa pasar

Masterweb

Masterweb

https://masterweb.com/konten/

Rasio Pangsa Pasar: 15,28%

Rumahweb

Rumahweb

https://www.rumahweb.com/

Rasio Pangsa Pasar: 11,55%

Idwebhost

Idwebhost

https://idwebhost.com/

Rasio Pangsa Pasar: 8,52%

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Rasio Pangsa Pasar: 6,39%

Niagahoster

Niagahoster

https://www.niagahoster.co.id/

Rasio Pangsa Pasar: 6, 39%

Reliabilitas peringkat terbaik 5

※ Hasil dari peringkat 5 di sini disesuaikan dengan keandalan yang berada di peringkat 5 terbaik.

Qwords

Qwords

https://www.qwords.com/

Peringkat pengguna: 10.0

Dewaweb

Dewaweb

https://www.dewaweb.com/

Peringkat pengguna: 10.0

Ardeta Media

Ardeta Media

https://ardetamedia.com/

Peringkat pengguna: 10.0

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna: 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna: 10.0

Peringkat Harga Terbaik 5

IndoWebsite

IndoWebsite

https://www.indowebsite.id/

Peringkat pengguna: 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna: 10.0

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna: 9.6

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna: 9.5

Ardhosting

Ardhosting

https://www.ardhosting.com/

Peringkat pengguna 9.3

Peringkat Kemudahan Penggunaan

Dewaweb

Dewaweb

https://www.dewaweb.com/

Peringkat pengguna: 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna: 10.0

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna 9.6

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna 9.6

Jetorbit

Jetorbit

https://www.jetorbit.com/

Peringkat pengguna 9.2

Peringkat dukungan

Qwords

Qwords

https://www.qwords.com/

Peringkat pengguna 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna 10.0

Dewaweb

Dewaweb

https://www.dewaweb.com/

Peringkat pengguna 10.0

Ardeta Media

Ardeta Media

https://ardetamedia.com/

Peringkat pengguna 10.0

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna 9.9

Peringkat fitur

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna 10.0

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna 9.7

Idwebhost

Idwebhost

https://idwebhost.com/

Peringkat pengguna 9.6

Qwords

Qwords

https://www.qwords.com/

Peringkat pengguna 9.0

Peringkat Keseluruhan

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna 10.0

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna 9.76

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna 9.68

Idwebhost

Idwebhost

https://idwebhost.com/

Peringkat pengguna 9.12

Qwords

Qwords

https://www.qwords.com/

Peringkat pengguna 9.2

 

Terakhir saya akan memperkenalkan layanan hosting yang memiliki keandalan fungsi super tinggi.

Untuk server luar negeri (misal Jepang) dengan spec tinggi, kami menyarankan menggunakan ini.

Menawarkan layanan penyewaan server dengan CPU 20 core terbaru berkinerja tinggi dengan RAM 192 GB.

[website-about]

Konten Marketing Adalah? | Pengetahuan Dasar & Praktiknya

0
Konten marketing adalah? – Pengetahuan dasar dan praktiknya

Konten marketing adalah

Konten marketing adalah praktek pemasaran yang bertujuan untuk memperoleh pendapatan tinggi dengan menarik pengguna dan mempertahankan  menggunakan konten.

Dengan terus menyediakan konten yang berguna bagi pengguna, maka akan menciptakan keterlibatan antara perusahaan dengan pengguna.

Istilah pemasaran ini mungkin terdengar baru di telinga kita, namun sebenarnya metode konten marketing ini sudah ada selama lebih dari 10 tahun yang konsepnya pertama kali lahir dan diterapkan di Amerika.

Dalam penerapannya, untuk menjadikan para pengguna menggemari dan terus mengunjungi situs kita, kita harus terus menyediakan konten dimana user ingin melihatnya kemudian merasa beruntung karena telah melihat konten-konten tersebut.

Konten yang berharga dan menarik bagi pengguna akan menciptakan keyakinan mereka terhadap situs kita. Terus menerus menyediakan konten seperti itu menjadi poin penting dalam pelaksanaan konten marketing ini.

Mengapa konten marketing banyak digunakan?

Mengapa tehnik pemasaran yang sudah ada lebih dari 100 tahun ini baru menjadi topik pembicaraan belakangan ini?

Hal itu akan kita bahas dalam 5 hal berikut ini

 

Pengguna sudah lelah melakukan pemasaran dengan iklan.
Review Google menjadi fokus pada konten yang berkualitas.
Konten menjadi aset
Konten marketing bisa dimulai dengan anggaran yang murah
Cloud sourcing telah menjadi hal umum

 

Mari kita simak penjelasan dari masing-masing poin tersebut di bawah ini.

Pengguna sudah lelah melakukan pemasaran dengan iklan

 Di era ledakan informasi seperti sekarang ini, pengguna sudah mulai lelah dengan  iklan tipe push yang dikirimkan dari pengiklan kepada pengguna, dan sebagian besar dari pengguna pasti melewatkan iklan tersebut.

Hal ini karena informasi yang dikirimkan sebagian besar mengajak pengguna untuk membeli produk barang atau jasa dari pengiklan.

Hal ini mulai mengubah perilaku pengguna sehingga mereka mulai mencari informasi yang menarik kemudian mengaransemen ulang informasi tersebut untuk disajikan kembali dalam bentuk konten di dalam situs untuk membantu pengguna lain yang membutuhkan.

Dengan demikian orang-orang yang menyukai konten tersebut akan terus berada di dalam situs. Dengan kata lain, iklan yang biasanya dikirimkan dalam bentuk push notifikasi, diubah menjadi konten yang menarik bagi pengguna.

Dalam proses ini, kepuasan konsumen akan meningkat jika kita mampu menyediakan konten yang dapat menjawab pertanyaan mereka.

Sebagai tindak lanjutnya, perusahaan harus terus memproduksi konten untuk dapat menjalin kontak dengan pengguna.

Review Google mulai fokus pada konten yang berkualitas.

Google memiliki konsep untuk “menampilkan konten berkualitas pada peringkat yang lebih tinggi untuk meningkatkan kepuasan pengguna”.

Karena itu, jika kita mampu membuat dan mendistribusikan konten berkualitas dan disukai pengguna, situs perusahaan kita akan terus berada pada peringkat yang tinggi.

Sampai pada beberapa waktu lalu, penerapan SEO untuk mendapatkan link eksternal masih dilakukan untuk memperoleh peringkat yang tinggi di mesin pencari.

Namun, dengan algoritma Google, tindakan ilegal semacam itu telah dihentikan satu persatu, yang akhirnya menghasilkan tren untuk membuat konten dan membuat situs mengumpulkan traffic dengan sendirinya.

Konten menjadi aset

Selama ini, kita selalu menganggap bahwa biaya yang kita perlukan untuk marketing adalah sebuah pengeluaran.

Misalnya, membuat landing page dan menyebarkan iklan baris.

Ketika waktu penayangan iklan habis, di sanalah promosi kita berakahir.

Namun, jika kita menyebarkan konten (informasi), semakin banyak yang kita buat dan sebarkan, konten tersebut akan terakumulasi di dalam situs dan lama kelamaan akan menjadi asset untuk situs tersebut.

Artikel yang berkualitas baik  akan disukai oleh pengguna dan akan bisa ditampilkan di  peringkat atas halaman hasil pencarian, sehingga akan menjadi mesin konten yang akan terus menarik pelanggan.

Konten marketing bisa dimulai dengan anggaran yang murah

Tidak seperti iklan, membuat dan mengirimkan konten tidaklah mahal.

Jika bisa menulis pengetahuan yang kita miliki dengan cara yang mudah dipahami untuk memenuhi kebutuhan pengguna, kita bisa melakukannya dengan biaya yang sama dengan gaji 1 orang pegawai.

Hanya saja, cara ini tidak bisa menghasilkan dengan segera layaknya iklan.

Selain itu, kita juga tidak bisa menjamin hasilnya akan memuaskan.

Inilah yang harus kita pahami sebagai resiko/kekurangannya.

Cloud sourcing telah menjadi hal umum

Banyak perusahaan yang masih ragu-ragu dalam menjalankan tehnik pemasaran ini karena waktu, biaya, dan tenaga kerja yang diperlukan untuk pembuatan konten.

Namun dengan meluasnya cloud sourcing dari waktu ke waktu, bisa dibilang biaya dan tenaga yang dibutuhkan untuk pembuatan konten dapat dikurangi, sehingga tren pembuatan konten dan konten marketing menjadi mudah untuk diterapkan.

Akan tetapi, konten yang tidak memakan waktu dan biaya dalam pembuatannya, biasanya cenderung memiliki kualitas yang lebih rendah.

Kita harus memikirkan bagaimana perasaan pengguna yang melihat konten yang berkualitas rendah.

Untuk menjangkau pengguna, konten tidak hanya memerlukan kuantitas namun juga kualitas dan mampu menjawab kebutuhan pengguna.

Konten yang baik mudah menyebar

Kegiatan membagikan konten (melalui SNS) kini sudah menjadi hal yang wajar.

Jika kita dapat membuat konten yang bagus, kita bisa mendapatkan keterlibatan yang luar biasa dari pengguna.

Konten marketing dan ukuran pasarnya

Ukuran pasar konten marketing Amerika

Untuk sebuah negara yang 10 tahun lebih maju dari Indonesia, bagaimana sebenarnya ukuran pasar konten marketing Amerika?

Menurut survei yang dilakukan oleh Custom Content Council pada tahun 2012, ukuran pasar di AS akan mencapai 43,9 miliar dolar.

At Nearly $44 Billion, New Survey Shows Rise in Content Marketing Budgets

Selain itu, menurut survei yang dilakukan oleh Content Marketing Institute, 77% perusahaan BtoC di negara itu menggunakan tehnik konten marketing. Sementara perusahaan BtoB sebesar 86%.

Mempertimbangkan bahwa sebagian besar perusahaan di negara maju seperti Amerika menggunakan tehnik konten marketing dalam menjalankan bisnisnya, dapat diperkirakan bahwa pasar Indonesia akan tumbuh lebih maju lagi dari sekarang jika kita mampu menerapkan tehnik konten marketing tersebut.

marketing

Diagram yang merangkum metode konten marketing

Diagram yang merangkum metode konten marketing

Sumber:B2B Content Marketing – 10 Fantastic Examples

Meskipun ini adalah metode yang digunakan dalam konten marketing, ada diagram yang sangat mudah dipahami dalam artikel asing.

Berikut adalah cara membaca diagram tersebut:

 

■ Awareness adalah bagian kesadaran pertama dari perilaku konsumsi
■ Purchase adalah bagian dari pembelian terakhir perilaku konsumsi
■ Emotional adalah tingkat perasaan
■ Rational adalah rasional
■ ENTERTAIN adalah konten yang menarik emosi/minghibur
■ INSPIRE adalah konten yang mendorong dari belakang/menginspirasi
■ EDUCATE adalah konten pengetahuan/konten yang mendidik
■ CONVINCE adalah konten yang meyakinkan

 

Silahkan dijadikan sebagai referensi.

 

Konten yang menarik emosi

① Konten viral

Viral berarti virulen, konten yang mudah menyebar secara eksplosif disebut konten yang viral.

Karena itu, penting untuk membuat konten yang mudah  menyebar. Jadi konten seperti apa yang harus kita buat agar mudah viral?

② Kuis

Konten format kuis mudah untuk dibuat empati.

Dengan menjadikan hal yang masih dipertanyakan oleh pengguna sebagai kuis, kita dapat menciptakan empati dari pengguna untuk menarik keterlibatan mereka dalam situs kita.

③ Video

Walaupun pembuatan video membutuhkan waktu dan biaya produksi, cara ini mudah untuk menghasilkan konten yang menarik emosi audiens, karena jumlah informasi yang dapat disebarkan dan rentang ekspresi yang tersampaikan jauh lebih luas dibandingkan informasi dalam bentuk teks.

Konten rasional

④ Konten yang memanfaatkan selebriti

Memanfaatkan otoritas selebritas dan orang terkenal akan meningkatkan kekuatan persuasif dari konten itu sendiri.

Konten yang masuk jenis ini misalnya, konten yang didukung atau diawasi oleh selebritas atau orang terkenal.

⑤ Komunitas / Forum

Proses bertukar pendapat dan pertanyaan tentang produk pada situs komunitas atau forum secara aktif, akan menjadi konten yang bermanfaat bagi pengguna lain yang melihatnya pertanyaan dan jawaban di dalam forum tersebut.

⑥ Review/ulasan

Ulasan dari pengguna biasanya dipenuhi dengan daya tarik produk yang tidak semuanya dapat disampaikan oleh pihak manajemen.

Selain itu, bukan hanya pendapat yang baik yang akan diperoleh, sebagai pemilik produk, kita bahkan bisa menghasilkan produk yang lebih baik di masa depan dengan menangani poin-poin ulasan yang kita dapat, dengan kata lain mengubah gagasan yang didapat meningkatkan produk.

Konten pengetahuan

⑦ Artikel

Konten artikel menggunakan blog dll. Paling mudah untuk dimulai karena tidak begitu sulit untuk membuat atau melakukan pendaftarannya.

▼ Jenis konten emosional

Dalam hal ini kita bisa benar-benar menarik pengguna dengan konten yang mengguncang emosi.

Misalnya, konten yang mengesankan dan konten cerita lucu, konten yang berkesan WAH! Konten semacam ini akan banyak diminati oleh pengguna.

Kita anggap konten ini tidak akan ada artinya jika tidak dikunjungi oleh pengguna, maka itu kita harus menyiapkan konten yang disukai dan menarik bagi pengguna.

▼  Jenis konten yang berguna

Dengan memberikan informasi yang diperlukan oleh pengguna target melalui artikel, memungkinkan kita untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna target yang pada akhirnya bertujuan untuk menarik pengguna tersebut.

▼ Konten SEO

Intinya, kita perlu merilis banyak artikel, dan memoles kualitas konten yang memiliki peringkat tinggi.

Meskipun dengan munculnya crowdsourcing, meskipun terkenal kualitas konten cenderung rendah, biasanya akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna.

⑧ Info Grafik

Infografis adalah menyediakan banyak informasi melalui sebuah dengan desain, sehingga mudah dilihat dan difahami.

Ini merupakan konten yang dapat menarik banyak perhatian tergantung pada bagaimana cara kita menampilkannya.

⑨ EBOOK / Whitepaper

Whitepaper, kini telah memudahkan kita  untuk mengunduh data survei dan data lainnya.

Konten ini ditujukan bagi orang-orang yang tertarik tetapi masih dalam pertimbangan dalam membeli suatu produk, contohnya seperti data survei dan contoh produk.

Konten yang meyakinkan

⑩ Konten demo

Bagi pengguna yang ingin mencoba produk, konten demo/sample adalah konten paling umum harus disediakan.

⑪ Webinar

Webinar adalah seminar yang diadakan di dalam situs web. Karena seminar ini bisa dilakukan secara online dan real time, seminar ini bisa diikuti oleh siapa saja, bahkan kalua lokasinya berada di daerah terpencil. Ini adalah metode konten marketing yang telah banyak menarik perhatian pengguna saat ini.

⑫ Contoh

Penyediaan contoh atau sample akan membantu pengguna yang ingin membeli produk untuk mengetahui informasi seperti bagaimana manfaat penggunaan produk, dan informasi lainnya.

⑬ Ulasan

Ulasan dari orang-orang yang sudah terlebih dahulu membeli produk, biasanya jauh lebih meyakinkan daripada penjelasan yang diberikan oleh pihak manajemen.

Jika kita bisa memberikan produk yang baik, maka kita akan mendapatkan ulasan yang baik. Hal ini akan melahirkan sirkulasi yang baik dimana kita bisa menjual produk lebih banyak lagi.

Kalaupun kita mendapatkan ulasan yang buruk, kita bisa menerimanya sebagai ulasan yang membangun, untuk meningkatkan kualitas produk di masa depan.

Contoh konten marketing

Karena konten marketing secara harfiah merupakan metode pemasaran khusus untuk konten, bentuknya dapat beragam.

Hal ini tergantung pada jenis komunikasi yang akan kita lakukan, kita bisa menggunakan konten seperti Media Sendiri (owned media), Audio, Film dll, dan masing-masing jenis konten itu berbeda tergantung pada metode penyebarannya.

Tipe metode yang dapat kita gunakan adalah seperti di bawah ini.

Konten Video

Konten yang populer dalam penerapan konten marketing di Amerika adalah konten video.

Mengapai demikian? Karena di dalam sebuah video kita dapat memasukkan informasi dan memperoleh manfaat yang lebih banyak daripada konten teks, selain itu konten jenis ini juga dapat dibagikan langsung dan memiliki efisiensi yang tinggi.

Owned media

Apa itu owned media? Untuk lebih mudah memahami, Anda bisa melihat blog MARKEY ini. Ini adalah salah satu jenis “owned media” dalam tehnik pemasaran “konten marketing”.

Ini adalah blog yang dikelola oleh PT APPKEY sebagai alat promosi dan memperluas pengetahuan, bisnis, dan layanannya di bidang “pengembangan aplikasi mobile, system web, hingga marketing”.

Kesimpulan

Di Indonesia, konten SEO berbasis artikel seperti = sudah menjadi seperti konten marketing, namun  di luar negeri orang-orang sudah menggunakan tehnik konten marketing dengan kerangka kerja yang lebih besar.

Konten yang kita sajikan dalam penerapan tehnik ini tidak harus berupa artikel.

Dalam metode pemasaran jenis ini, penting bagi kita untuk memikirkan perubahan apa yang kita harapkan dari perilaku pengguna layanan/produk yang kita jual.

Dan setiap metode memiliki efek yang berbeda. Oleh karena itu, kita harus menyediakan konten yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna target.

Cara Menghasilkan Uang | 44 Website untuk Bisnis

0
Cara Menghasilkan Uang | 44 Website Resmi Untuk Bisnis

Artikel ini akan memaparkan situs website yang terkenal di seluruh dunia sebagai cara menghasilkan uang secara online.

Jika Anda adalah seorang pekerja paruh waktu (freelancer) atau seorang ibu rumah tangga, bagaimana jika Anda menjadi sebuah ‘antena’ dan bekerja untuk orang-orang dari seluruh dunia?

Temukanlah situs website yang tepat untuk pekerjaan Anda yang sama sekali tidak berkaitan dengan tempat tinggal Anda.

Peroleh penghasilan dari menulis!

Textbroker

https://www.textbroker.com/

Salah satu situs untuk mencoba cara menghasilkan uang secara online. Anda dapat mengakses ribuan project (pekerjaan yang berkaitan dengan menulis) serta dapat menukarkan kemampuan menulis Anda dengan bayaran berupa sejumlah uang.

Scripted

https://dashboard.scripted.com/

Anda dapat memilih hal-hal yang sesuai dengan minat Anda ketika mencoba cara menghasilkan uang melalui situs ini. Keuntungan juga dapat diperoleh secara berkala.

TextMaster

https://www.textmaster.com/

Pekerjaan ini dapat dilakukan di manapun, baik itu membuat artikel maupun situs website.

Peroleh penghasilan dari gambar/video!

Shutterstock

http://submit.shutterstock.com/

Salah satu cara menghasilkan uang adalah menjual ilustrasi berupa gambar, video dan Vector secara gratis melalui situs ini.

123RF

http://www.123rf.com/

Situs ini memungkinkan Anda untuk dapat menjual video dan ilustrasi Vector dan gambar original.

Alamy

http://www.alamy.com/

Dapat menjual gambar, Vector, dan video pada situs.

FreeDigitalPhotos

https://www.freedigitalphotos.net/

Situs untuk dapat menjual ilustrasi digital dan gambar.

iStock

http://www.istockphoto.com/

Menjual gambar, ilustrasi, video dan juga audio.

Bigstock

https://maqtoob.com/

Situs untuk dapat menjual gambar dan ilustrasi.

500px

https://support.500px.com/

Anda dapat mengikuti komunitas fotografi yang memiliki kurang lebih 5 juta orang fotografer dan mulai menjual hasil gambar tersebut di website ini.

Snapwire

https://www.snapwi.re/

Anda dapat memperoleh penghasilan melalui gambar.

Stockimo

https://itunes.apple.com/

Dengan mengunggah gambar dari iPhone, dan gambar tersebut dapat ditukarkan dengan uang tunai.

Lobster

https://lobster.media/

Anda dapat menjual konten media sosial baik itu konten yang berasal dari kalangan amatir maupun profesional.

Fotolia

https://us.fotolia.com/

Anda dapat mengirim gambar dan menjualnya melalui platform Adobe.

ImageBrief

http://www.imagebrief.com/

Dengan mengatur portofolio, Anda dapat menjual pekerjaan.

VideoBlocks

https://contribute.videoblocks.com/

Anda dapat menjual konten video yang telah di-stok.

Dissolve

http://contributors.dissolve.com/

Anda dapat memperoleh penghasilan dengan membuat video-clip.

Pivotshare

https://www.pivotshare.com/

Anda dapat membuat channel milik Anda sendiri, kemudian mengunggah video untuk dapat memperoleh upah setiap bulannya.

Semua jenis pekerjaan.

Guru

http://www.guru.com/

Anda dapat mencari lebih dari ribuan pekerjaan berdasarkan berbagai jenis kategori sebagai salah satu cara menghasilkan uang melalui internet.

Fiverr

Dalam lebih dari 100 kategori, Anda dapat melakukan pengaturan harga mulai dari $5 (sekitar Rp. 70 ribu) dan menjual sebuah pekerjaan.

We Work Remotely

https://weworkremotely.com/

Anda dapat menemukan pekerjaan tanpa terbatas pada kondisi wilayah secara geografis.

Remote OK

https://remoteok.io/

Dapat menemukan pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja.

PeoplePerHour

http://www.peopleperhour.com/

Anda dapat menjual layanan Anda sendiri seperti desain, konten, sales, marketing (pemasaran), audio, video dan lain sebagainya.

Upwork

https://www.upwork.com/

Anda dapat menemukan berbagai jenis profesi pekerjaan dan bekerja sebagai seorang freelancer.

Freelancer

https://www.freelancer.com/

Anda dapat menemukan pekerjaan berdasarkan kemampuan yang Anda miliki, kemudian langsung mengajukan pekerjaan tersebut.

Nabbesh

https://www.nabbesh.com/

Anda dapat mencari klien melalui bisnis terkenal seperti MENA.

Peroleh penghasilan melalui pengetahuan dan saran-saran!

Clarity

https://clarity.fm/

Anda dapat mengatur jumlah biaya panggilan dalam hitungan menit untuk membagikan saran Anda dengan calon wirausahawan dan orang-orang muda.

Curious

https://curious.com/

Anda dapat membuat online lessons (materi secara online) untuk memperoleh penghasilan, biaya referensi, dan tips.

Savvy

https://www.savvy.is/

Anda dapat mendengar maupun bertanya mengenai pembelajaran secara online dengan menggunakan video chat.

Udemy

https://www.akiradrive.com/udemy

Anda dapat mengajarkan mata pelajaran yang Anda sukai dan membuat kursus sendiri secara online melalui situs ini sebagai salah satu cara menghasilkan uang.

Coach.me

https://www.coach.me/

Anda dapat memperoleh pendapatan positif dengan menjadi coach (instruktur) online.

Skillshare

https://www.skillshare.com/

Anda dapat merancang sendiri pembelajaran Anda, kemudian memperoleh keuntungan berdasarkan royalti.

Peroleh penghasilan melalui pekerjaan kecil!

Mechanical Turk

https://www.mturk.com/

Anda dapat bekerja dan memperoleh tugas-tugas sederhana yang memerlukan pengetahuan terhadap mesin yang digunakan.

Spare5

https://app.spare5.com/

Anda dapat menggunakan waktu tambahan untuk menyelesaikan tugas-tugas kecil hanya dengan melalui website dan aplikasi mobile. Dibayar menggunakan PayPal.

Supahands

http://www.supahands.com/

Anda dapat memperoleh penghasilan sebagai asisten pribadi virtual.

Peroleh penghasilan dengan coding atau desain!

YouWorkForThem

https://www.youworkforthem.com/

Anda dapat menjual font yang telah dibuat sebelumnya dan juga menyediakan art design.

99Designers

http://99designs.com/

Melakukan browsing terhadap konten terbuka (open content), mengirim proposal desain dan Anda akan memperoleh keuntungan jika proposal Anda terpilih.

Codementor

https://www.codementor.io/

Anda dapat mengatur sendiri biaya dan membantu rekan kerja Anda.

Envato Tuts

http://tutsplus.com/

Pada situs ini memungkinkan Anda untuk mengajarkan hal-hal seperti code, desain, ilustrasi, gambar, dan web design.

Envato Studio

https://studiosupport.envato.com/

Anda dapat mengikuti komunitas freelance designer  dan developers yang memiliki kemampuan hebat.

Crew

https://studiosupport.envato.com/

Anda dapat mengakses project  yang telah disempurnakan sebelumnya dengan kualitas tinggi.

Toptal

https://www.toptal.com/

Seorang developer freelance yang terkenal dapat bergabung dalam jaringan desainer eksklusif.

Simplilearn

https://www.simplilearn.com/

Anda dapat mengajarkan hal-hal seperti programming, Big Data, analisis, dan digital marketing pada situs ini.

48hourslogo

http://www.48hourslogo.com/

Anda dapat memeriksa setiap konten digital, dan terhubung dengan pemilik bisnis yang membutuhkan logo-logo terbaru, website serta bahan-bahan terbaru.

Ubah kemampuan Anda dengan uang!

Bagaimana menurut Anda?

Di dunia ini ada banyak hal yang dapat digantikan dengan uang.

Saat ini, merupakan masa-masa dimana pekerjaan dari seluruh dunia dapat dilakukan meskipun Anda tinggal di pedesaan atau pulau terpencil.

Ayo terhubung dengan seluruh dunia!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Youtube Monetization dan Perkiraan Pendapatan YouTuber

0
Youtube Monetization dan Perkiraan Pendapatan YouTuber

Artikel ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengetahui alur-alur cara menghasilkan uang melalui YouTube dan YouTube Monetization. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan hal-hal berkaitan mengenai :

Cara melakukan YouTube Monetization dan berapa banyak penghasilan sebagai seorang YouTuber serta 10 YouTuber terkenal dari Indonesia.

Cara Melakukan YouTube Monetization

Berikut ini akan dipaparkan 5 alur bagaimana cara melakukan YouTube Monetization.

Penghasilan tidak hanya dapat diperoleh dengan ‘melakukan iklan’ saja. Karena ada kemungkinan Anda akan kehilangan peluang, sehingga bacalah artikel ini untuk referensi Anda!

Baca juga : Monetize Adalah ? | Monetisasi Blog dan Youtube

Iklan AdSense (Iklan dalam Video)

Penjelasan berikut bagi sebagian orang mungkin tidak lagi dibutuhkan, namun cara pertama untuk memperoleh penghasilan dari YouTube adalah melalui iklan AdSense.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang bertanya ‘apa itu AdSense?’. Secara singkat, iklan AdSense adalah iklan yang muncul dalam video di YouTube.

Sebagian dari pendapatan iklan akan dibayarkan ke channel Anda apabila iklan yang muncul pada video tersebut di-klik oleh user.

Anda pasti berpikir berapa banyak penghasilan yang dapat diperoleh dari iklan tersebut. Penghasilan rata-rata yang diperoleh berkisar 1 klik = Rp. 1,000 Dengan kata lain, apabila memperoleh 10.000 klik, totalnya kira-kira Rp. 100 ribu.

Walaupun video tidak terlalu bagus, namun jika durasi video melebihi 10 menit iklan yang dapat ditampilkan mungkin bisa berjumlah lebih dari 1 iklan, sehingga jika 1 kali klik seharga Rp. 20 maka Anda dapat melampaui margin.

Semakin banyak jumlah subscribers Anda, maka semakin besar pula pendapatan yang dapat diperoleh. Akan tetapi, sumber utama penghasilan dari YouTube adalah ‘corporate project’ (pihak yang bertanggung jawab atas konten-konten yang ada di YouTube) yang akan dijelaskan selanjutnya.


Corporate Project (PR Layanan dan Product)

Corporate Project’ merupakan sebuah video yang dibuat ketika bekerja-sama dengan sebuah perusahaan. Anda dapat mempromosikan produk dari sebuah perusahaan dan mendapatkan imbalan langsung dari perusahaan tersebut. Hal ini lebih dikenal sebagai video ‘paid-promote’.

Afiliasi

Anda akan memperoleh penghasilan apabila produk yang dikenalkan di video kemudian dibeli oleh pengguna (pengguna melakukan tahap transaksi). Hal ini biasa disebut sebagai ‘afiliasi’.

Apakah Anda pernah melihat link Amazon yang tertera pada video YouTube? Apabila user/penonton meng-klik link tersebut dan melakukan pembelian produk, maka YouTuber akan mendapatkan pembayaran pertamanya.

Biaya yang dibayarkan adalah 2% s/d 8% dari harga produk apabila untuk Amazon. Untuk situs lainnya seperti Rakuten, biayanya sebesar 1% dari harga produk.

Super Chat

Super Chat adalah tawaran/bayaran langsung yang Anda peroleh dari viewers ketika melakukan streaming video pada YouTube.

Layanan ini adalah layanan untuk beramah-tamah antara para pembuat konten YouTube dan viewers yang didapatkan langsung ketika streaming video dilakukan.

Membuat Produk dan Video Acara/Event

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyiapkan produk atau membuat video event untuk para penggemar Anda jika penggemar Anda pada channel Anda terus meningkat.

Jika hanya dengan iklan AdSense di YouTube, Anda mungkin mendapat untung besar jika harga iklan Anda mengalami penuruan atau video tidak lagi diputar.

Jika penjualan produk dan event berjalan baik, maka Anda dapat mengurangi risiko yang mungkin terjadi.

Pengelola Komunitas Online (Salon, Fan Club)

Ini merupakan cara terbaru untuk memperoleh penghasilan, namun akhir-akhir ini komunitas online telah menjadi perhatian untuk beberapa orang. Secara umum misalnya, fans club, salon, dan sebagainya.

Fans club menjadi tidak realistis kecuali terdapat sejumlah besar pendaftar. Namun, salon dapat melakukan YouTube Monetization hingga batas tertentu jika penggemar-penggemar tersebut sangat fanatik.

Misalnya, komunitas online juga dapat menjadi pilar untuk memperoleh penghasilan, namun, akan lebih baik jika Anda meningkatkan jumlah pendaftar dan subcribers dan memperoleh keuntungan dari iklan AdSense serta paid-promote.


Perkiraan Pendapatan YouTuber

Berikut akan diperkenalkan situs untuk dapat memeriksa berapa banyak pendapatan yang dihasilkan oleh seorang YouTuber dan dapat diakses oleh siapapun.

SocialBlade:http://socialblade.com/

Pendapatan Per Bulan 10 YouTuber Terkenal di Indonesia

10. Atta Halilintar

https://socialblade.com/youtube/channel/UCaKLg1ELiX0zTJ6Je3c5esA

Uploads 375
Subs 9,772,747
Video Views 741,146,665
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $21.1K – $336.8K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $252.6K – $4M

9. Rans Entertainment

https://socialblade.com/youtube/channel/UCvA9_f5Lwk-poMynabtrZPg

Uploads 419
Subs 4,298,567
Video Views 518,243,590
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $25.4K – $406.6K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $304.9K – $4.9M

8. Ini Talk Show

https://socialblade.com/youtube/user/initalkshow

Uploads 4,380
Subs 3,492,217
Video Views 1,685,554,641
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $29.4K – $471K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $353.2K – $5.7M

7. Ricis Official

https://socialblade.com/youtube/channel/UC4tS4Q_Cno5JVcIUXxQOOpA

Uploads 438
Subs 9,519,354
Video Views 1,090,797,998
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $33.8K – $541.1K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $405.8K – $6.5M

6. TRANS7 OFFICIAL

https://socialblade.com/youtube/user/trans7indonesia

Uploads 37,732
Subs 3,798,132
Video Views 1,575,791,973
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $42K – $671.6K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $503.7K – $8.1M

5. TRANS TV Official

https://socialblade.com/youtube/user/transtvofficial

Uploads 28,956
Subs 4,037,706
Video Views 2,212,998,520
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $36.3K – $580.7K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $435.6K – $7M

4. Surya Citra Televisi (SCTV)

https://socialblade.com/youtube/user/sctvindonesia

Uploads 20,515
Subs 3,829,728
Video Views 1,999,567,844
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $46.1K – $738.3K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $553.7K – $8.9M

3. RCTI – LAYAR DRAMA INDONESIA

https://socialblade.com/youtube/channel/UCzTsWuCdVP_vehWyGwPcS3Q

Uploads 30,878
Subs 4,028,361
Video Views 3,329,141,767
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $47.4K – $759K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $569.3K – $9.1M

 2. MNCTV Official

https://socialblade.com/youtube/user/mnctvofficial

Uploads 16,911
Subs 3,553,040
Video Views 2,017,319,501
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $44.1K – $706.3K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $529.7K – $8.5M

1. Indosiar

https://socialblade.com/youtube/user/newafi2013

Uploads 22,144
Subs 5,263,149
Video Views 3,154,311,514
ESTIMATED MONTHLY EARNINGS $62K – $992.1K
ESTIMATED YEARLY EARNINGS $744.1K – $11.9M

 

Berikut ini merupakan YouTuber dengan penghasilan terbanyak di dunia!

Anda juga dapat mengetahui peringkat YouTuber berdasarkan ‘Top List’ yang tertera pada menu bar SOCIAL BLADE.

Jika melihat list-list peringkat YouTuber, yang paling terkenal di seluruh dunia saat ini mungkin adalah ‘DC Toys Collector’.

youtube

 

Jika dilihat dari videonya, video tersebut berisi video tentang mainan anak-anak. Di Jepang pun, video yang menjelaskan tentang mainan anak-anak sangat populer dan mungkin saja video seperti itu juga populer di seluruh dunia.

Jika Anda ingin memastikan lebih jauh mengenai YouTube Monetization, Anda dapat memastikannya langsung dengan YouTuber yang ada di sekitar Anda!

Material Icon Gratis untuk Aplikasi dan Website!

0
Material Icon Gratis Untuk Aplikasi dan Website!

Artikel berikut ditujukan bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk membuat icon dari awal saat mendesain website. Selain itu, artikel ini berisi situs-situs yang dapat dijadikan referensi/acuan bagi Anda yang ingin membuat icon.

Telah dirangkum sekitar 42 situs yang menyediakan icon gratis dan dapat digunakan secara komersial.

Temukanlah icon menarik yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan website Anda.

Icon sederhana yang mudah digunakan.

Pixiconz

Pixiconz

Situs yang digunakan untuk dapat mengunduh material icon secara gratis. Dilengkapi dengan unit-unit material icon.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file SVG
Pixiconz

Metrize Icons

Metrize Icons

Situs penyedia material icon gratis untuk website maupun aplikasi. Icon sederhana berwarna putih dan abu-abu dapat diunduh melalui situs ini.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file PSD, AI, EPS, SVG, PDF
Metrize Icons

linearicons

linearicons

Situs yang menyediakan icon yang digambar seperti garis dan dapat diunduh secara gratis. Terdapat sekitar 170 icon yang dapat diunduh gratis.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file WOFF、TTF、SVG、EOT
linearicons

alexpeattie

alexpeattie

Situs yang menyediakan icon sederhana untuk media sosial dan dapat diunduh secara gratis. Terdiri dari beberapa icon yang biasanya digunakan pada Facebook, Twitter, Dropbox, dll.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file SVG, PNG
alexpeattie

FLATICON

FLATICON

Situs yang digunakan untuk dapat mencari icon menarik dari material yang berasal dari Vector dan berjumlah sekitar 600 ribu lebih icon. Set icon diunggah dalam jumlah yang banyak dan dapat unit-unit icon yang menarik dapat diunduh.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Ada
Bentuk file Tergantung pada icon
FLATICON

ICON WANTED

ICON WANTED

Situs material icon dari luar negeri yang digunakan untuk dapat mencari icon. Apabila logo yang diinginkan tidak tersedia, Anda dapat melakukan pengajuan pembuatan icon atau membuat icon sendiri untuk website dan aplikasi.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Ada
Bentuk file GIF, PNG, JPG
ICON WANTED

Free Icons Web

Free Icons Web

Situs yang digunakan untuk dapat mengunduh icon yang berjumlah lebih dari 1.600 icon dan dapat digunakan secara komersial. Disediakan juga set untuk icon. Icon dapat dipilih secara intuitif berdasarkan warna.

 

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file AI
Free Icons Web

Picons Social

Picons Social

Situs yang berisi material icon untuk media sosial dan dapat diunduh secara gratis. Icon media sosial yang sederhana berwarna putih dan hitam serta mudah digunakan.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file AI, EPS, PDF, CSH, PNG, SVG, EMF
Picons Social

100 Free IOS Icons

100 Free IOS Icons

Material icon gratis yang digunakan untuk IOS. Menyediakan 100 icon menarik dan sederhana yang digambar dengan garis.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file PNG, AI, EPS, SVG, PDF
100 Free IOS Icons

9search

9search

Situs yang mengunggah dan menyediakan material icon gratis untuk desain website. Situs ini mudah digunakan dan seluruh icon dapat digunakan secara komersial tanpa memerlukan notasi kredit.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file PS, AI, FW, OT
9search

Free Icons Download

Free Icons Download

Situs material icon yang digunakan untuk mengunduh icon menarik berupa huruf dan garis panah. Ketersediaan penggunaan icon secara komersial bervariasi, disarankan untuk terlebih dahulu memeriksa ketersediaan tersebut berdasarkan icon.

Penggunaan secara komersial Tergantung pada setiap icon
Notasi kredit Tergantung pada setiap icon
Bentuk file ICO, PNG, GIF, BMP
Free Icons Download

Icon Archive

Icon Archive

Situs yang menyediakan material icon gratis yang dapat digunakan dalam berbisnis seperti pada komputer, file dan penggunaan secara global.

Penggunaan secara komersial Tergantung pada setiap icon
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file ICO, ICNS, PNG
Icon Archive

Pixeden

Pixeden

Pixeden merupakan situs untuk membuat grafik dan desain website secara gratis sekaligus mengunggahnya langsung. Icon juga dapat diunduh secara gratis.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file AI, EPS
Pixeden

fordesigner.com

fordesigner.com

Situs material website dari luar negeri yang memungkinkan Anda untuk mengunduh material Vector dan icon-icon gratis. Dengan berbagai desain yang menarik, sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin membuat icon sendiri.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file PNG, PSD
fordesigner.com

ICON HOIHOI

ICON HOIHOI

Situs yang menyediakan icon berbentuk benda-benda langit dan icon berwarna secara gratis. Tidak hanya desain website, namun berbagai ilustrasi untuk presentasi juga dapat dibuat.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file PNG
ICON HOIHOI

Material icon gratis yang sering digunakan ketika membuat brosur atau situs website.

Material icon gratis yang sering digunakan ketika membuat brosur atau situs website.

Situs ini menyediakan icon monochrome secara gratis. Banyak icon yang biasanya sering dilihat dalam kegiatan sehari-hari, seperti icon binatang, bangunan, alat transportasi, dsb.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file PNG

 

Material icon gratis yang sering digunakan ketika membuat brosur atau situs website.

orin Icon Library

orin Icon Library

Situs yang menyediakan icon Vector sejumlah lebih dari 4.000 icon. Situs ini mengunggah banyak icon sederhana yang digambar dengan garis-garis.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tersedia
Bentuk file SVG, PNG
orin Icon Library

veryicon.com

veryicon.com

Situs yang menyediakan material icon ‘klik’ untuk website. Terdiri dari beberapa icon menarik yang mudah digunakan.

Penggunaan secara komersial Tergantung pada setiap icon
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file ICO, PNG
veryicon.com

Space Travelers

Space Travelers

Situs ini lebih mengutamakan icon-icon yang menggambarkan seorang astronot. Karena hanya mengutamakan icon astronot, ikon lain yang tidak tersedia juga bisa didapatkan.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file SVG
Space Travelers

ICONFINDER

ICONFINDER

Situs yang mengunggah material icon lebih dari 2 juta icon. Tersedia juga versi berbayar, namun, icon yang disediakan secara gratis juga memiliki kualitas tinggi dan mudah digunakan.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file SVG, PNG, CSH, AI, ICO, ICNS
ICONFINDER

FLAT ICON DESIGN

FLAT ICON DESIGN

Situs material icon yang digunakan untuk mendesain dan mengunggah icon sederhana. Memiliki fitur penuh warna yang sangat menarik mata dalam sekali lihat, dan direkomendasikan untuk digunakan pada landing page website, dsb.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file PNG, AI, JPG, EPS, SVG
FLAT ICON DESIGN

Font Awesome

Font Awesome

Situs material icon dan font serta menyediakan icon monochrome dengan ukuran yang berbeda-beda.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file Kode
Font Awesome

Tech & All

Tech & All

Situs yang memperkenalkan kumpulan material untuk desain website. Karena sering disediakan dalam bentuk satu set, situs ini cocok untuk mereka yang ingin icon tetap (tidak berubah-ubah).

Penggunaan secara komersial Tergantung pada setiap icon
Notasi kredit Tergantung pada setiap icon
Bentuk file PSD
Tech & All

jp365

jp365

Situs yang menyediakan kumpulan material desain dalam bentuk PSD yang dapat di-edit. Ketersediaan untuk penggunaan secara komersial berbeda-beda, sehingga perlu untuk memastikannya terlebih dahulu.

Penggunaan secara komersial Tergantung pada setiap icon
Notasi kredit Tergantung pada setiap icon
Bentuk file PSD
jp365

IconsPedia

IconsPedia

Situs yang menunggah material icon gratis. Menyediakan banyak icon yang berkaitan dengan bisnis seperti penanda pencarian, files, kalkulator, dsb.

Penggunaan secara komersial Tergantung pada setiap icon
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file ICO, PNG
IconsPedia

Icon8

Icon8

Situs material icon dari luar negeri yang menyediakan icon gratis. Terdapat 60.000 lebih icon yang dapat dilihat di situs dan icon-icon yang disukai dapat diunduh secara gratis.

Penggunaan secara komersial Tergantung pada setiap icon
Notasi kredit Tergantung pada setiap icon
Bentuk file PNG
Icon8

Massicons – 600+ Simple Massive Icon Pack

Massicons – 600+ Simple Massive Icon Pack

Terdapat sekitar 600 jenis icon yang disediakan oleh situs penyedia source untuk desainer FRD. Desain sederhana dan terpadu yang menarik.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file EPS, SVG, AI
Massicons – 600+ Simple Massive Icon Pack

you the designer

you the designer

Media untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat untuk para creator. Terdiri dari berbagai kumpulan icon dengan sense yang menarik dan juga dapat diunduh secara gratis.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tergantung pada setiap icon
Bentuk file AI, PSD, JPG, ODF
you the designer 

Modern UI Icons

Modern UI Icons

Situs material icon yang dibuat dengan menggabungkan style dari UI (User Interface). Icon-icon tersebut disejajarkan dengan style UI yang modern.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file PNG
Modern UI Icons

ICONS etc.

ICONS etc.

Situs yang dapat digunakan untuk mengunduh icon secara gratis. Dilengkapi dengan satu set icon monochrome yang juga dapat diunduh untuk website dan aplikasi Anda.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tergantung pada setiap icon
Bentuk file PNG, SVG
ICONS etc.

iconPot

iconPot

Situs untuk mengunduh icon gratis. Banyak icon yang real dan colorful. Karena memiliki jumlah yang banyak, icon dapat dipilih dari berbagai jenis icon yang tersedia.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tergantung pada setiap icon
Bentuk file PNG, SVG, EPS, AI
iconPot

iconSweets2

iconSweets2

Situs yang dipersembahkan untuk orang-orang yang bekerja dalam desain. Anda dapat mengunduh icon kesukaan Anda dari berbagai macam icon gratis yang tersedia dan berjumlah lebih dari 1.000 icon.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tergantung pada setiap icon
Bentuk file PNG, PSD, CSH
iconSweets

iconsDB.com

iconsDB.com

Situs material yang mempublikasikan icon-icon sederhana untuk aplikasi maupun website. Anda dapat memilih icon favorit Anda sendiri diantara banyak icon yang berjumlah hingga 4.000 lebih icon.

Penggunaan secara komersial Dimungkinkan
Notasi kredit Tidak ada
Bentuk file ico, gif, jpg, png
iconsDB.com

Bagaimana menurut Anda?

Apakah Anda sudah menemukan material icon yang dapat dijadikan referensi untuk website dan aplikasi Anda?

Ketika mengunduh icon-icon tersebut, pahamilah terlebih dahulu syarat-syarat penggunaan (Terms of Use) sebelum Anda menggunakan icon-icon tersebut.