Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 182

Layanan Domain Gratis Tanpa Biaya (FREE)

0
Layanah Domain gratis Tanpa Biaya (FREE)

Domain gratis artinya sama dengan arti kalimat itu sendiri, kita bisa mendapatkan domain itu secara gratis.

Domain unik adalah domain yang menggunakan string karakter yang sesuai dengan keinginan Anda. Perusahaan seringkali memperoleh domain situs yang mereka kelola sesuai dengan nama perusahaan atau nama layanan yang ditawarkan.

Domain gratis dapat digunakan persis seperti nama domain lainnya. Anda dapat menggunakannya untuk situs web, blog, akun surat, dll!

Hanya saja, domain gratis memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menggunakannya.

Kelebihan Domain Gratis

Gratis tanpa biaya

Domain unik biasanya memerlukan biaya pada saat mendapatkan dan pada saat pembaruannya. Namun, domain gratis bisa didapatkan tanpa biaya dan perpanjangannya juga free.

Bisa membuat domain satu-satunya di dunia

Domain unik itu layaknya alamat rumah kita di internet. Untuk itu, sebuah domain yang sudah diambil oleh seseorang, tidak akan bisa kita ambil selama yang bersangkutan terus membayar biaya pembaruannya.

Domain dengan penamaan yang populer, tidak sedikit yang sudah diakuisisi oleh orang lain. Namun karena banyak item yang tidak biasa pada domain gratis seperti “dip.jp” atau “tk”, kemungkinan kita untuk memperoleh kata kunci yang populerpun tinggi.

Bisa mendapatkan domain yang tidak dipakai siapapun

Domain yang unik biasanya akan menarik perhatian. Anda juga dapat membuat URL yang menarik dengan kata kunci tertentu, seperti “man.ga” dengan “man” “.ga”.


Kekurangan domain gratis

Domain gratis biasanya memiliki ketentuan penggunaan khusus

Ketentuan penggunaan sebuah domain berbeda-berbeda tergantung pada perusahaan penyedianya. Ada perusahaan yang memiliki tenggat waktu perpanjangan satu tahun atau layanan yang secara otomatis dihentikan jika kita tidak login ke dalam domain tersebut selama beberapa waktu.

Kepercayaan terhadap domain sulit didapatkan

Jika Anda menggunakan domain yang terlalu langka, situs Anda bisa saja dianggap sebagai situs asing, dan pengguna mungkin saja akan takut untuk mengunjungi situs Anda. Jika Anda ingin membuat situs web perusahaan dengan tujuan meningkatkan kelayakan kredit perusahaan, lebih baik menggunakan domain bisnis seperti “com, id, jp dan lain-lain”.

Situs penyedia layanan tiba-tiba menghentikan layanan

Ada risiko bahwa domain yang dibuat secara independen oleh perusahaan pengelolanya dapat menjadi tidak dapat digunakan secara tiba-tiba saat layanan yang disediakannya berakhir.

Daftar Layanan Penyedia Domain Gratis

Berikut ini adalah situs yang menyediakan layanan domain gratis.

Dot TK

http://www.dot.tk/id/index.html

Anda bisa mendapatkan domain gratis  dari perusahaan ccTLD yang berada di pulau bernama Trakew di Selandia Baru. Namun jika situs yang Anda buat dengan domain tersebut tidak memiliki akses 25 kali dalam 90 hari, domain Anda akan dinonaktifkan secara otomatis, dan setelah 12 bulan sejak akuisisi, Anda perlu memperbarui domain Anda.

 Dot TK Layanan Domain Gratis: Dot TK

”.tk” adalah salah satu domain tingkat atas dari negara ini (ccTLD).
Domain tersebut sama dengan domain “.id” jika di Indonesia.

Pada dasarnya siapa pun dapat memperolehnya secara gratis, ini merupakan salah cara negara itu mempromosikan kepulauan Tokelau.

Namun, ada juga ketentuan khusus untuk domain tertentu, seperti nama domain dengan tiga karakter atau kurang akan dikenakan biaya.

Catatan untuk domain Dot TK!

Situs yang tidak mendapatkan kunjungan sebanyak 25 kali dalam 90 hari berturut-turut tampaknya dinonaktifkan secara otomatis.

Tidak akan ada masalah jika situs kita mendapat  kunjungan setiap 3 hari sekali. Bahkan, bisa dibilang tidak ada artinya kita memiliki situs dengan kualitas seperti itu.


Freenom

https://www.freenom.com/id/index.html

Di situs ini, kita bisa mendapatkan domain dengan extensi “Tk” “ml” “ga” “cf” “gq”. Namun Anda akan diminta melakukan pembaharuan 2 minggu sebelum masa aktifnya habis.

Freenom Layanan domain gratis: Freenom

Ini adalah layanan di luar negeri yang memungkinkan Anda memperoleh domain secara gratis.

Karena gratis, di sini kita hanya bisa mendapatkan domain berikut.

.tk
.ml
.ga
.cf
.gq

Dalam kasus .com, dll., banyak kasus dimana domain-domain tersebut sudah diakuisisi, namun untuk domain-domain di atas, sebagian besar masih belum ada yang memiliki, dan bisa didapatkan di Freenom

Namun, meskipun gratis, domain langka (missal domain yang terdiri dari 1,2, 3 huruf, atau kata-kata sederhana, dll.) biasanya dianggap sebagai domain khusus dan akan dikenakan biaya.

Catatan  untuk menggunakan Freenom!

Untuk sebuah domain regular, di Freenom kita bisa mendapatkan domain untuk dapat periode panjang sampai dengan 10 tahun pada saat pendaftaran. Namun untuk domain gratis Freenom memberikan batas maksimal 12 bulan.

Pembaruan domain juga bisa dilakukan di sini. Namun, pembaruan harus dilakukan dalam kurun waktu 15 hari setelah periode 12 bulan tersebut berakhir. Jadi, pastikan Anda untuk mencatat pada kalender dan pengingat smartphone agar jangan sampai terlupakan.

Kesimpulan

Domain gratis dapat digunakan untuk membuat lingkungan pengujian atau untuk digunakan dalam proyek jangka pendek.

Namun, kita juga harus memperhatikan risiko menggunakan domain gratis ini karena layanannya bisa saja tiba-tiba dihentikan, dan domain yang tidak terkenal dan tidak menguntungkan biasanya sulit untuk mendapatkan kepercayaan pengguna.

[marketing-about]

Baca juga

Google AdSense (Cara Daftar, Monetisasi Blog, TOS)

0
Google Adsense | Penjelasan lengkap tentang cara daftar, login hingga mendapatkan pengasilan.

Cara termudah untuk memonetisasi sebuah blog adalah dengan menggunakan Google Adsense. Anda tidak akan bisa menghasilkan uang dengan baik hanya dengan membiarkan begitu blog/website yang sudah Anda buat.

Oleh karena itu, Pertama-tama, penting untuk mengetahui apa itu Google Adsense dan bagaimana cara mendapatkan penghasilan menggunakan ini.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dengan Google Adsense serta mereka yang ingin mendapatkan lebih banyak keuntungan, disini kita akan membahas mulai dari dasar-dasar Google Adsense dan bagian mana yang harus Anda fokuskan agar bisa mendapatkan penghasilan yang optimal.

Google Adsense adalah…

Google Adsense ini dapat digunakan secara gratis karena iklannya sudah diposting di banyak situs. Bagi Anda yang aktif mengakses internet pastinya sudah tidak asing lagi dengan hal ini, namun untuk lebih jelasnya berikut adalah tampilan iklan yang biasa terlihat di internet.

Contoh iklan yang sering muncul di Internet

 【Situs resmi】⇒Google Adsense

Google Adsense

Google Adsense

Google Adsense

Semua ini adalah iklan dari Google.

Meskipun disebut sebagai Iklan Google, namun iklan ini bukanlah untuk mempromosikan google.

Google menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan, dan pendapatannya berasal dari iklan dari perusahaan yang tempelkan di halaman Web.

Pemasang Iklan

Pihak yang memasang iklan di Google Adsense adalah pemilik blog dan situs web.

Siapa pun dapat menggunakan Google Adsense jika mendapat persetujuan dari Google dan diizinkan untuk beriklan. (Metode pendaftaran dan ulasan akan kita bahas secara rinci nanti.)

Orang yang beriklan

Pengiklan yang dimaksud  adalah individu (terutama perusahaan) yang membayar biaya iklan ke Google untuk menjual produk mereka.

Orang yang menggunakan Internet secara eksplosif meningkat dibandingkan dengan masa lalu. Karena itu, Google Adsense dapat dikatakan sebagai iklan paling efektif di zaman sekarang.

Orang yang menginginkan produk serta layanan mereka diketahui oleh masyarakat luas akan meminta Google untuk mengiklankan produk mereka.

Apa bedanya dengan Google Ads (Google Adwords)

Untuk lebih memahami Google Adsense, terlebih dahulu kita perlu tahu tentang Google Ads.

Google Adwords adalah manajemen iklan dan layanan operasional yang disediakan oleh Google.

Keuntungan sebesar 90% dihasilkan Google dari biaya iklan Google AdWords ini.

Individu atau perusahaan yang ingin menyebarkan produk dan layanan mereka rata-rata ingin menggunakan website besar yang banyak penggunanya, maka itu mereka membayar biaya iklan.

2 jenis iklan AdWords

Selanjutnya kita akan membahas dua jenis iklan yang dapat digunakan dengan membayar uang ke AdWords.

 Iklan ditampilkan di hasil pencarian

Iklan ditampilkan di hasil pencarian

Yang pertama adalah iklan yang ditampilkan di hasil pencarian.  Pada saat melakukan pencarian, Anda tentunya pernah menemukan hasil yang menampilkan iklan pada pencarian tersebut?

Google Adsense

Yang kedua adalah Google Adsense yang ditampilkan dalam artikel.  Orang yang melihat konten web atau blog tersebut akan secara otomatis melihat iklan yang ditampilkan.

Penjelasan singkat tentang cara mendapatkan penghasilan melalui Google Adsense

Mekanisme untuk mendapatkan penghasilan melalui Google Adsense cukup sederhana. Bagaimana konsep yang digunakan dapat Anda lihat melalui diagram di bawah ini.

Google Adsense

Secara garis besar begitulah alurnya. Anda bisa berfokus pada masing-masing langkah di dalam diagram tersebut.

Langkah ① Perusahaan dan AdWords

Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan bisa mendaftar & registrasi ke Google AdWords untuk mendapatkan iklan. Pada saat itu, perusahaan membayar biaya iklan kepada Google.

Langkah ② Pemilik situs dan Adsense

Pemilik situs (blogger,dll) akan mendaftar & registrasi ke Google Adsense untuk memonetisasi situs. Namun Google hanya akan dibayar ketika iklan dalam artikel yang terdapat pada situs tersebut di-klik.

Langkah ③ Pengguna meng-klik iklan

Google akan membayar pemilik  situs sejak pertama kali pengunjung situs mengklik iklan yang tertera di dalam konten situs

Rata-rata komisi per sekali klik adalah sekitar Rp1.000 (jumlah tersebut dapat berubah tergantung pada jenis iklan yang ditampilkan).

Pemilik situs dibayar menggunakan sebagian dari biaya yang diterima oleh Google dari pengiklan. Dan jika pengguna membeli produk / layanan dari perusahaan pengiklan, maka itu akan menjadi penjualan perusahaan.

Persentasi upah 68: 32 (Pemilik situs: 68%, Google :32%)

Untuk menyederhanakannya,  mari kita mengumpamakan di mana perusahaan pengiklan, mengiklankan seharga Rp.1.500 per klik.

 

Persentasi upah 68: 32 (Pemilik situs: 68%, Google :32%)

 

Mengapa Google Adsense di rekomendasikan untuk monetisasi blog

Google Adsense bukan satu-satunya program yang bisa digunakan untuk memasang iklan di situs web. Anda dapat beriklan ditempat lain semisal Facebook atau Instagram.

Namun di kalangan blogger, Google Adsense adalah yang paling populer. Mengapa seperti itu?

Alasan ① Google adalah yang terkuat dalam web

Layanan yang paling banyak digunakan di dunia adalah Google. Selain itu, Google memiliki banyak aset dan tidak mungkin bangkrut, membuatnya menjadi perusahaan yang dapat diandalkan.

Oleh karenanya, banyak perusahaan yang beriklan, dan banyak blogger mendaftar dengan Adsense. Dukungan yang diberikan juga sangat baik.

Alasan ② Biaya per-klik tinggi

Biaya per klik Google Adsense di Indonesia berbeda-beda tergantung pada genre iklan. Namun rata-rata biayanya sekitar Rp.1,000.

Biaya iklan ini sepertinya meningkat dari tahun ke tahun, karena pada tahun 2016 biaya iklan masih Rp.500 s/d 700 perklik.

Alasan ③ Hanya iklan dengan relevansi tinggi yang ditampilkan

Mesin pencari Google sangatlah luar biasa. Karena itu, iklan yang terkait dengan konten situs dan minat pengguna dikirimkan ke Google.

Sebagai contoh, banyak iklan sekolah pemrograman ditampilkan di situs pemrograman. Selain itu juga, orang-orang yang sering mencari tentang pemrograman juga menampilkan iklan yang berkaitan dengan pemrograman.

Ketika probabilitas klik meningkat, ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan pengiklan dan pemilik situs.

4 langkah cara untuk mendaftar Google Adsense.

Selanjutnya kita akan membahas  bagaimana cara mendaftar ke Google Adsense. Hanya dengan 4 langkah mudah berikut ini, Anda sudah bisa menggunakannya

1. Daftar Akun Google

4 langkah cara untuk mendaftar Google Adsense.

Jika Anda belum memiliki akun Google, mulailah untuk membuat satu akun . Anda dapat mendaftar dengan “Buat akun” dari halaman Gmail.

Jika Anda belum memiliki akun Google, mulailah untuk membuat satu akun . Anda dapat mendaftar dengan "Buat akun" dari halaman Gmail.

Cukup masukkan item yang diperlukan pada kolom yang tersedia, dan Anda hanya perlu 3 menit untuk menyelesaikannya.

Selanjutnya, pilih "Indonesia" di kolom Negara / Wilayah, setujui “Ketentuan Penggunaan”, dan klik "Buat Akun".

Selanjutnya, pilih “Indonesia” di kolom Negara / Wilayah, setujui “Ketentuan Penggunaan”, dan klik “Buat Akun”.

Silakan isi kolom dengan benar dan klik “Kirim”. Selanjutnya, Anda perlu mengkonfirmasi nomor telepon.

SMS direkomendasikan sebagai cara menerima kode konfirmasi karena prosesnya cukup mudah.

“Kode konfirmasi” akan dikirimkan ke ponsel yang nomornya sudah terdaftar. Setelah memasukkan kodenya di kolom kode konfirmasi, silakan klik “kirim”.

 

2. Daftar Google Adsense

Pertama-tama, kita beranjak ke homepage Google Adsense.

Pertama-tama, kita beranjak ke homepage Google Adsense.

Dengan mengklik “DAFTAR SEKARANG” Anda akan masuk ke “Formulir Pendaftara”.

Dengan mengklik "DAFTAR SEKARANG" Anda akan masuk ke "Formulir Pendaftara".

Silakan masukkan URL blog Anda di kolom URL situs. Di kolom alamat email, masukkan alamat Gmail yang Anda daftarkan sebelumnya.

Harap cek kembali apakah bersedia atau tidak untuk menerima informasi

Harap cek kembali apakah bersedia atau tidak untuk menerima informasi (pilih sesuai keinginan), kemudian klik “Simpan dan lanjutkan”. Selanjutnya, Buka Beranda, maka kode Adsense akan ditampilkan.

3.Paste code ke WordPress

Selanjutnya, Anda perlu melampirkan kode adsense ke WordPress.

Pertama-tama, salin kode dalam bingkai merah dari “Tautkan situs ke AdSense”. Paste code yang telah Anda salin di antara tag <head> HTML dan tag </ head>.

Jika yang Anda miliki adalah blog WordPress, anda bisa berbesar hati karena metodenya cukup sederhana.  Pertama, klik “Appearance” → “Edit Theme” dari dashboard WordPress.

Selanjutnya, klik “Header tema (header.php)” di sebelah kanan layar edit tema.

Paste code yang baru saja Anda salin ke bingkai biru antara <head> dan </ head>.

Selanjutnya, klik "Header tema (header.php)" di sebelah kanan layar edit tema.

Setelah disalin, kembali ke halaman “Tautkan situs ke AdSense”, centang “Tempel kode pada situs” dan klik “Selesai”.

Setelah disalin, kembali ke halaman "Tautkan situs ke AdSense", centang "Tempel kode pada situs" dan klik "Selesai".

 

4. Pemeriksaan Adsense

Setelah paste kode selesai, Google akan mulai melakukan peninjauan. Waktu yang diperlukan untuk peninjauan bervariasi, namun biasanya proses ini akan selesai dalam waktu sekitar 24 jam.

Setelah berhasil lulus pada tahap peninjauan, Anda akan dapat menggunakan iklan adsense.

Bagaimana cara mencegah gagalnya review adsense?

Jika kualitas artikel rendah, ada kemungkinan untuk Anda tidak lulus ulasan Adsense, karena belakangan ini proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Google sudah semakin ketat.

Persiapan dasar yang pelu dilakukan agar tidak mendapat penolakan dari Google adalah sebagai berikut.

Tulislah setidaknya 10 artikel.
Masing-masing artikel harus terdiri dari 2000 karakter lebih.
Harap untuk tidak menulis konten yang dilarang (mis. Istilah erotis)
Tulislah informasi yang berharga/ bermanfaat.

 

Maka itu, setidaknya Anda harus mematuhi aturan tersebut untuk dalam menulis artikel.

Lakukan pemeriksaan kembali setelah dua minggu.

Bahkan jika jika Anda mengirimkan permohonan untuk pertimbangan ulang dalam waktu 2 minggu sejak penolakan, Tampaknya Google akan memutuskan melakukan penolakan bahkan tanpa alasan.

Oleh karena itu , merupakan aturan keras agar Anda tidak mengirim pemeriksaan ulang selama dua minggu. Ada baiknya jika Anda mencaritahu mengapa sampai terjadi penolakan  dan berusahalah untuk  memperbaiki artikel yang sudah Anda buat.

5 tips untuk menghasilkan dengan adsense untuk pemula

Berikut adalah 5 tips untuk mendapatkan penghasilan menggunakan Google Adsense.

Tidak terburu-buru mendaftar pada Adsense (asumsi)

Kesalahan yang cenderung dilakukan oleh blogger pemula adalah terburu-buru daftar adsense karena ingin sesegera mungkin untuk menghasilkan uang.

Kemudian gagal pada tahap penilaian dan kehilangan waktu, selain itu karena sedikitnya akses ke dalam situs yang dikelola, hasilnya, malah tidak dapat menghasilkan uang sama sekali dan motivasi pun menghilang. Untuk itu, jangan terlalu terburu-buru untuk daftar adsense.

 Menulis Artikel Secara Terus-menerus

Menulis artikel secara berkelanjutan dengan kualitas yang bagus adalah hal yang sangat penting.

Untuk mendapatkan penghasilan dengan adsense, kita harus mengumpulkan banyak pengunjung ke blog/web yang kita kelola. Peningkatan jumlah akses adalah prioritas utama dalam hal ini.

Terus menulis artikel yang bagus akan membuat peringkat pencarian lebih mudah dan jumlah pengunjung akan meningkat secara bertahap. Mulailah menulis artikel sambil menyadari langkah-langkah terhadap SEO untuk meningkatkan jumlah page view.

Untuk detailnya silahkan kunjungi penjelasan pada artikel【Terbaru】7 Poin SEO Blog untuk Meningkatkan Pencarian pada Google

Menulis blog khusus

Untuk meningkatkan jumlah akses, Anda perlu menulis blog khusus.

Blog dengan spesialisasi khusus biasanya cenderung memiliki peringkat lebih tinggi.

Selain itu, ada juga spesialisasi tema dengan biaya per klik tinggi (real estat, keuangan, dll.)

Ketahui jenis iklan

Secara garis besar Google Adsense terdiri dari 4 jenis iklan, diantaranya:

Iklan teks dan display
Konten terkait
Iklan infeed
Iklan dalam artikel

 

Karena cara penampilan setiap jenis iklannya berbeda, kita akan membahas cara mudah untuk mengingat perbedaannya.

Iklan teks dan display

Ini adalah iklan banner yang menampilkan teks atau gambar. Ini adalah iklan yang paling umum digunakan.

Konten terkait

Menampilkan artikel terkait blog itu sendiri, sementara itu juga menampilkan iklan secara alami.

Misalnya, dalam blog terkait investasi, iklan seperti trading forex dan saham yang ditampilkan.

Iklan Infeed

Iklan yang ditampilkan di antara konten disebut “iklan infeed”. Di dalam sebuah blog, iklan ini biasanya akan muncul di bagian atas halaman.

Iklan dalam artikel

Iklan dalam artikel adalah iklan yang ditampilkan di antara teks utama.

Iklan yang ditampilkan bersifat random, sehingga rasio klik-tayang akan tinggi.

Menentukan tempat iklan muncul

Iklan Adsense dapat dimasukkan ke berbagai tempat sesuai keinginan Anda.

Tempat yang cocok untuk menaruh iklan pada setiap blog berbeda, jadi kita bisa menguji apakah jumlah klik akan berubah menurut penempatan iklan itu sendiri.

Terutama yang paling mudah untuk diklik adalah bagian bawah artikel. Saat Anda selesai membaca artikel, iklan di bawah artikel lebih cenderung diklik oleh pengguna.

【Perlu diperhatikan oleh pemula】 Hal yang dilarang dari Google Adsense

Google, dalam “policy guideline”nya menulis beberapa larangan yang harus diperhatikan dalam penggunaan adsense.

Jika Anda melanggar, Anda akan tidak dapat menggunakan iklan adsense selamanya.

Agar pemula tidak melakukannya, silahkan perhatikan hal-hal yang disebutkan di bawah ini.

Jangan meng-klik iklan sendiri & Jangan biarkan orang lain meng-klik

Anda tidak diperbolehkan untuk mengklik iklan yang Anda pasang sendiri. Selain itu juga, jangan biarkan orang lain mengklik iklan Anda dengan cara yang tidak tepat.

Awalnya Anda mungkin mendapatkan sedikit uang. Namun, Google itu cukup cerdas, sehingga dapat mengenali klik dari orang yang sama.

Karena Anda mungkin tidak dapat menggunakan akun Adsense selamanya, jangan pernah mengklik diri sendiri.

Jangan meminta klik pada iklan

Dilarang mengajak pengguna untuk mengklik iklan melalui text.

Ini bisa dianggap illegal, sehingga ada kemungkinan penangguhan akun juga.

Jadi sebutlah sebagai “Tautan Sponsor” atau “Iklan” untuk iklan yang Anda pasang.

Diperhatikan juga isinya

Dilarang untuk memasukkan konten dewasa ke dalam artikel.

Jika konten dewasa dimasukkan, tidak akan bisa melewati penilaian bahkan pada awal sekalipun.

Standar konten dewasa didasarkan pada kebijakan konten Google. Hal ini jelas diatur.

Singkatnya, boleh saja jika artikel itu menunjukkan konten secara dramatis kepada orang lain.

Selain itu, sangat dilarang untuk menempelkan tautan ke situs dewasa dalam link eksternal.

[Kesimpulan] Mulai dari Google Adsense.

Meskipun ada ulasan, Google Adsense adalah cara termudah untuk menghasilkan uang.

Bagi Anda yang menulis blog untuk pertama kalinya, semoga artikel ini bisa menjadi panduan awal untuk Anda.

16 Web Hosting Gratis dan Perbandingannya

0
Web hosting gratis dan perbandingannya

”Saya ingin mencoba memakai rental server, namun hanya sekedar ingin mencoba, oleh karena itu saya tidak ingin menghabiskan biaya”.

Pastinya banyak dari kita yang memiliki kebutuhan seperti itu.

Oleh karena itu, saya mencari tahu layanan hosting yang dapat kita gunakan secara gratis, dan akan kita bahas satu persatu di dalam artikel ini.

Rahasia gratisnya adalah karena iklan secara otomatis dimasukkan ke halaman yang homepage yang kita buat atau fungsinya dibatasi.

Jika Anda memerlukan server rental untuk membuat situs web pribadi, dengan web hosting gratis ini sebenarnya sudah cukup memadai.

Namun, mohon dicatat bahwa layanan web hosting gratis yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan di bawah ini mungkin saja sudah berakhir.

000webhost.com

000webhost.com

http://www.000webhost.com/

Diantara penyedia layanan web hosting gratis, perusahaan ini lumayan terkenal.

Ruang disk 1,5 GB, batas transfer 100 GB / bulan, kapasitas ini termasuk besar untuk sebuah server gratisan.

Bisa menggunakan PHP dan MySQL yang mutlak diperlukan dalam WordPress.

Anda dapat menggunakan domain Anda sendiri, 5 email, cron.

Harap diperhatikan bahwa hosting web ini dapat ditutup 3 hari sekali, jika Anda tidak memiliki akses setidaknya 10 kali dalam sebulan.


BIZ.NF

BIZ.NF

https://www.biz.nf/

Mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 250MB. Karena sangat simple, web hosting gratis ini sangat mudah digunakan.

Server ini memiliki kapasitas 1 GB, didukunng dengan PHP Perl / CGI – BIN Mail, dan tanpa iklan.

Dapat digunakan untuk 1 database dan Anda juga dapat menggunakan domain Anda sendiri.

Jumlah transfer bulanan 5 GB. Jumlah yang sangat layak untuk sebuah web hosting gratis.

awardspace

awardspace

https://www.awardspace.com/

awardspace memiliki kapasitas 1 GB, PHP Perl / CGI-BIN Mail OK, tanpa iklan.

Dapat digunakan untuk 1 database dan Anda juga dapat menggunakan domain pribadi.

Jumlah transfer bulanan 5 GB. Jumlah yang sangat layak untuk sebuah web hosting gratis.

Layanan ini memiliki spesifikasi yang sama dengan BIZ.NF di atas. Sedangkan PHPnya adalah PHP 5 dan PHP 7.

HelioHost

HelioHost

http://www.heliohost.org/home/

Kapasitas 250M CGI dan mendukung Perl, PHP, ASP, Python, Ruby, SSL, SSI, dan MySQL.

Email web, ML, analisis akses, manajer file, disk web, RoR, beberapa subdomain, beberapa alamat email dapat dikonfigurasi dalam layangan web hosting gratis ini. Selain itu, memungkinkan untuk setting cron.

Catatan: Peluang untuk mendapatkan akun ini rendah karena mereka memberikan layanan ini untuk 1 orang/hari.


Host-ed

Host-ed

http://host-ed.net/

Kapasitas 1G CGI, Perl, PHP, ASP.NET, Ruby, SSI, dukungan MySQL. .htaccess, sendmail, hingga Cron.

Kontrol panel, analisis akses, manajer file dll.

Tanpa iklan

Tekcities

Tekcities

http://www.tekcities.com/

Kapasitas 1G CGI, Perl, PHP, kompatibel dengan MySQL. sendmail, pengaturan cron juga memungkinkan.

Kontrol panel, analisis akses dll. Akun email tidak terbatas.

Ada fitur install otomatis untuk WordPress dan lain-lain.

freehostingeu

freehostingeu

http://www.freehostingeu.com/

Kapasitas 200M CGI, Perl, PHP, SSI, dukungan MySQL. .htaccess dan Cron.

Manajer file, control panel, Webmail, analisis akses (Webalizer, dll.)

Dilengkapi Fungsi mail list dll. Beberapa akun email, beberapa subdomain juga dapat dikonfigurasi.

1FreeHosting

1FreeHosting

http://www.1freehosting.com/

Berlokasi di Virginia, AS

Format subdomain web hosting gratis luar negeri

Mendukung cPanel, PHP, Curl, MySQL, SSH, .htaccess dan cron.

DISKSPACE: 10 GB, adddomain: 5, subdomain: 5, MySQL DB: 5

U Host Full

U Host Full

http://www.uhostfull.com/

Berlokasi di Arizona, AS

Format subdomain web hosting gratis luar negeri

Beranda sederhana, tetapi speknya sangat tinggi!

PHP.MySQL、SSH対応。sendmail、Cron可。Mendukung PHP, MySQL, SSH, sendmail, dan Cron.

Kontrol panel, manajer file, webmail, pembangun HP, termasuk editor zona DNS.

Backup, fungsi instalasi otomatis (Wp, Joomla, ZenCart, phpBB dll) dll.

DISKSPACE: unlimited, adddomain: unlimited, subdomain: unlimited, MySQL DB: unlimited

1-ws

1-ws

http://1-ws.com/

Berlokasi di Inggris

Format subdomain server gratis luar negeri

Mendukung PHP, MySQL, SSH, sendmail, Cron.

Kontrol panel, manajer file, webmail, pembangun HP, termasuk editor zona DNS.

Fungsi pencadangan, instalasi otomatis ((Wp, Nucleus, Drupal, Joomla, TikiWiki, dll.) Dll.

unlimited, adddomain: 6, subdomain: 6, MySQL DB: unlimited


Mzzhost

Mzzhost

http://www.mzzhost.com/

Berlokasi di Inggris

Format subdomain server gratis luar negeri

Mendukung PHP, MySQL, SSH, sendmail, Cron.

Kontrol panel, manajer file, pembangun HP, tanpa email.

Fungsi pencadangan, pengaturan DNS, fungsi instalasi otomatis (GeekLog, WP, Drupal, TikiWiki) Dll.

10 unit, subdomain: 10 unit, MySQL DB: 10 unit

Akun situs yang tidak memiliki akses akan dinonaktifkan dalam 30 hari.

AgilityHoster jpn

AgilityHoster jpn

http://www.agilityhoster.com/

Berlokasi di Texas, AS

Format subdomain web hosting gratis luar negeri. Alamat email gratis juga disediakan.

Mendukung Perl, PHP, SSI, MySQL. .htaccess bisa.

1domain、DISKSPACE:1000MB subdomain:3 MySQL Database:1 FTP:1

Setting cron berbayar.

Freehostia

Freehostia

https://www.freehostia.com/

Cokelat (paket gratis) gratis dan tidak ada iklan.

Anda dapat menggunakan domain Anda sendiri, merekam DNS dengan bebas, FTP juga tersedia.

Meski gratis, Anda juga dapat menginstal WordPress karena layanan ini juga menyediakan MySQL.

Sesuai dengan POP3 / IMAP.

Perhatian: hanya bisa membuat 3 akun dan kapasitasnya hanya 250 MB.

ByetHost

ByetHost

https://byet.host/

Karena MySQL dan PHP dapat digunakan, Anda tidak akan direpotkan karena Drupal atau CMS seperti WordPress dapat diinstal.

Kapasitas transfer: 50 GB / bulan, kapasitas disk: 1 GB,

MySQLDatabases:5 Tidak ada iklan, panel kontrol: Cpanel, Database MySQL: 5

Free Web Hosting Area

Free Web Hosting Area

https://www.freewebhostingarea.com/

Server gratis dalam format subdomain yang sesuai dengan domain asli.

Mendukung php, SSI, MySQL. Juga dilengkapi File Manager dan kontrol panel.

Instal otomatis PhpBBS, SMF, WP, Joomla dan lain-lain. Iklan dapat dipilih (tertanam / popup) dll.


HelioHost

HelioHost

https://www.heliohost.org/

Server gratis format subdomain yang kompatibel dengan domain unik

Mendukung Perl, PHP, ASP, Python, Ruby, SSL, SSI, MySQL, termasuk cPanel.

Dilengkapi dengan web mail, ML, analisis akses, manajer file, disk web, RoR, beberapa subdomain, pengaturan beberapa alamat email juga memungkinkan. Pengaturan cron juga tersedia.

Kesimpulan

Layanan pada web hosting gratis dapat diakhiri secara tiba-tiba oleh perusahaan penyedianya.

Anda mungkin akan mendapati bahwa layanan layanan di atas sudah tidak dapat digunakan lagi.

Oleh karena itu, saya sarankan agar Anda membuat website yang memang berkualitas untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut.

 

[marketing-about]

IT Adalah ? | Perbedaan ICT, IoT, dan Teknologi IT

0
IT Adalah ? | Perbedaan ICT, IoT, dan Teknologi IT

IT adalah hal yang seperti apa? Tahukah Anda bagaimana IT diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita? IT dikenal sebagai sesuatu hal yang dekat dengan keberadaan fungsi-fungsi pada sebuah produk seperti misalnya yang terdapat pada smartphone, komputer, teknologi AI, dsb.

IT technology

Namun, IT telah mendarah daging dalam kehidupan kita lebih dari yang telah diperkirakan selama ini dan hal tersebut menjadi sebuah hal yang tidak dapat dipisahkan. Berikut ini akan dijelaskan melalui ilustrasi mengenai bagaimana IT diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita dan bagaimana bentuk dari IT itu sendiri.

IT Adalah?

IT adalah kepanjangan dari Information Technology. IT memiliki arti yang lazim digunakan dalam teknologi informasi pada komputer maupun smartphone. IT tidak hanya sebuah kata yang merujuk pada komputer namun memiliki arti yang luas seperti sistem keamanan dan bagaimana sebuah informasi diproses.


Penggunaan Istilah Terkait IT yang Akhir-Akhir Ini menjadi Topik Pembicaraan.

Terdapat beberapa istilah seperti ICT dan IoT yang sering dianggap sama dengan istilah IT. Berikut ini akan dipaparkan mengenai perbedaan ICT dan IoT.

Apa itu ICT?

ICT adalah kepanjangan dari Information and Communication Technology. ICT hampir memiliki arti yang sama dengan IT namun, ICT tidak hanya merujuk pada teknologi informasi, tetapi lebih menekankan pada istilah ‘komunikasi’ untuk membagikan informasi dan teknologi.

Apa itu IoT?

IOT

IoT merupakan singkatan dari Internet of Things yang menunjukkan bagaimana segala sesuatu di sekitar Anda terhubung dengan internet. Sampai saat ini, hanya komputer dan smartphone yang dapat terhubung dengan internet.

Namun, saat ini semua hal yang ada di sekitar kita seperti televisi, AC, lemari es, dsb telah terhubung ke internet. Semua hal dapat melakukan ‘komunikasi’ satu sama lain, dan bahkan kita mampu mengenali, mengukur maupun mengendalikan sesuatu dari kejauhan.

Contoh Penggunaan IT

IT adalah penerapan di berbagai bidang dan memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan kita. Pada halaman ini akan dijelaskan metode penerapan IT dan bagaimana sebenarnya penerapan IT pada masing-masing bidang seperti pada bidang kesehatan, transportasi, pertanian, dan kendaraan.

Penerapan IT dalam bidang kendaraan bermobil.

Penerapan IT dalam bidang transportasi.

Sistem mengemudi secara otomatis merupakan salah satu contoh yang paling populer dalam penerapan IT pada industri otomotif.

Meskipun sistem teknologi pengemudi otomatis ini sedang dalam tahap pengembangan, diperkirakan akan terealisasi dalam kurun waktu yang dekat di masa mendatang. Ada banyak pabrik otomotif yang telah melakukan test-drive terhadap sistem pengemudi otomatis ini, dan ini merupakan sebuah sistem yang rencananya ingin segera dikembangkan oleh pihak terkait.

Beberapa mobil telah dilengkapi dengan fungsi Auto Brake System (rem otomatis) yang dapat dikatakan sebagai tahap awal sistem mengemudi otomatis dan Pro-Pilot Park yang merupakan sistem parkir secara otomatis hanya dengan mengoperasikan satu tombol. Dengan penerapan teknologi seperti ini dalam bidang otomotif, diharapkan perkembangan dalam bidang ini terus mengalami peningkatan.

Penerapan IT dalam bidang transportasi.

IC

Salah satu penerapan IT adalah penggunaan kartu IC (Integrated Circuit) dalam bidang transportasi yang mana kartu tersebut ditempelkan pada gerbang masuk saat menaiki bus atau kereta.

Dengan penggunaan kartu IC, kita tidak lagi perlu mengeluarkan waktu dan tenaga setiap kali membeli tiket dan kita dapat menggunakan transportasi dengan lancar. Selain itu, selain pada sistem transportasi umum, kartu IC juga dapat digunakan di berbagai jenis toko untuk menyelesaikan pembayaran dengan mudah.

Selain itu, pemanfaatan IT juga memungkinkan kita untuk dapat memahami informasi tentang transportasi menggunakan situs website.

Terutama informasi mengenai kedatangan bus yang lambat akibat adanya kemacetan atau situasi lalu lintas lainnya. Kita dapat mengetahui dengan tepat secara real-time berapa menit kemudian bus akan tiba dengan menggunakan website. Penggunaan transportasi umum menjadi lebih nyaman dengan penerapan IT.

Penerapan IT dalam bidang pertanian.

Penerapan IT dalam bidang pertanian

IT juga bahkan telah berkembang dalam bidang pertanian yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Penerapan IT dalam bidang pertanian biasanya digunakan sebagai tujuan untuk penghematan tenaga kerja, melakukan produksi dalam skala besar, dan peningkatan kualitas dengan menggunakan teknologi robot dan sebagainya.

Saat ini menurunnya jumlah tenaga kerja dalam bidang pertanian masih menjadi permasalahan, kemudian lahirlah sistem canggih dalam bidang pertanian untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja dalam bidang tersebut.

Dengan demikian, pekerjaan dalam bidang pertanian menjadi lebih efisien dan dapat diselesaikan meskipun dengan jumlah tenaga kerja yang sedikit.

Misalnya, beberapa waktu lalu penggunaan pestisida dilakukan dengan menggunakan tangan manusia, namun, saat ini dengan menggunakan drones yang dilengkapi dengan teknologi AI untuk menyemprotkan pestisida dari atas ke ladang dan juga menyemprotkan pestisida ke serangga yang hinggap pada tanaman secara otomatis.

Dengan menggunakan drone, tanaman dengan jumlah residu pestisida yang sedikit kemungkinan dapat dihasilkan tanpa memerlukan tenaga manusia.

Penerapan IT dalam bidang kesehatan.

Penerapan IT dalam bidang kesehatan.

Di bidang kesehatan/medis, IT diterapkan dalam bentuk perawatan medis (telemedis) jarak jauh untuk pasien yang sangat terbebani untuk pergi dari rumah ke klinik. Perawatan medis (telemedis) dapat dilakukan dengan memeriksa pasien menggunakan fitur video chat melalui komputer atau smartphone.

Perawatan jarak jauh ini mungkin hanya terbatas dalam hal pemeriksaan ulang, akan tetapi, perawatan medis dengan mudah dapat dilakukan dan dapat mengurangi beban lansia atau penderita cacat serta orang yang jarak rumahnya jauh dari rumah sakit.

Selain itu, saat ini tengah menyebarluas mengenai IoMT (Internet of Medical Things) dalam bidang medis. IoMT merupakan sistem IT untuk alat perawatan medis dan healthcare yang terhubung dengan internet, serta teknologi untuk analisis dan pengumpulan data secara real-time.

Dengan teknologi ini, data pasien dapat dikumpulkan dengan menggunakan alat perawatan medis, dan data tersebut dapat langsung terkirim secara otomatis ke pihak medis (seperti rumah sakit, klinik, dsb). Dengan demikian, petugas medis atau dokter dapat melakukan monitoring terhadap status pasien dan mendiagnosis penyakit secara akurat.


 Teknisi IT yang mendukung pengembangan sistem IT.

Teknisi IT yang mendukung pengembangan sistem IT.

Telah dipaparkan sebelumnya mengenai contoh-contoh penerapan IT dalam kehidupan sehari-hari. Berikutnya, akan dijelaskan mengenai pekerjaan sebagai teknisi di bidang IT yang memiliki peran penting dalam pengembangan sistem IT. Teknisi IT adalah orang-orang yang secara umum berkaitan dalam mengembangkan teknologi IT.

System Engineer (SE) dan programmer merupakan salah satu teknisi di bidang IT.

IT digunakan di berbagai macam bidang seperti yang sebelumnya telah dipaparkan.

Selain itu, banyak perusahaan yang berfokus pada pengembangan dalam teknologi IoT atau AI (kecerdasan buatan), sehingga diperkirakan permintaan terhadap teknisi IT akan terus meningkat mulai dari sekarang.

Teknisi IT tidak hanya harus berprofesi sebagai seseorang yang memiliki spesialisai tinggi dan beriorientasi pada bidang sains, namun, teknisi IT juga harus memiliki kemampuan dalam bidang humaniora. Misalnya, kemampuan berkomunikasi untuk membuat sistem yang diinginkan oleh klien dengan baik dan kemampuan dalam menyampaikan dengan baik apa yang ingin dibuat oleh klien menjadi sangat dibutuhkan.

Dengan demikian, orang yang bergelut di bidang sosial sejak awal juga dapat memperoleh kesempatan menjadi teknisi IT untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengembangkan IT.

Cara memperoleh pengetahuan sebagai teknisi IT.

Cara memperoleh pengetahuan sebagai teknisi IT

Bidang yang melakukan penerapan teknologi IT semakin meningkat dan kebutuhan akan pengetahuan untuk masing-masing bidang menjadi diperlukan.

Pengetahuan tersebut mungkin dapat dipelajari secara otodidak, namun terdapat beberapa kerugian jika melakukannya secara ototidak seperti misalnya perlu waktu yang lama untuk memahami hal-hal yang tidak dipahami dan tidak bisa bertanya kepada siapapun.

Selain itu, harus menunggu datangnya motivasi dari sendiri ketika ingin mempelajarinya sendiri. Terutama dalam hal pemrograman, akan menjadi sangat sulit ketika kita tidak dapat mengimplementasikan kode dengan tepat dan kesulitan dalam membedakan pengaturan-pengaturan kecil.

Oleh karena itu, bagi mereka yang bersungguh-sungguh ingin memiliki pengetahuan sebagai seorang teknisi IT, disarankan agar menambah pengetahuan tentang IT dengan bersekolah di jurusan IT.

Anda juga dapat mempelajari kemampuan terkini yang dapat diterapkan dalam situasi langsung, dan juga mempelajari cara pengoperasian setelah sistem dikembangkan. Salah satu hal penting dalam mengembangkan sistem adalah keberlangsungan program.

Setelah mempelajari pemrograman, hal tersebut bukanlah sebuah akhir, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan maintenance secara berkala. Anda dapat mempelajari lebih banyak tentang alur dan pengoperasian pengembangan sistem yang sulit dipelajari dengan otodidak.

Simpulan.

Pada kesempatan ini, telah dijelaskan mengenai istilah-istilah yang berhubungan dengan IT dan contoh penerapan IT dalam kehidupan sehari-hari.

IT telah diterapkan di banyak bidang diluar perkiraan kita dan bidang yang akan menerapkan IT juga akan terus berkembang. Oleh karena itu, memiliki kemampuan dalam bidang IT akan menjadi pengaruh besar di masa mendatang.

Deep Learning Adalah? (Bagian Pengantar)

0
Deep Learning adalah?

Belakangan ini, istilah Deep Learning sering muncul pada berita maupun artikel.

Bagaimana pengaruh deep learning dalam perusahaan, kini semakin banyak yang tertarik dan ingin menggunakan dalam usaha mereka, tapi sepertinya masih banyak orang yang belum mengerti apa sebenarnya deep learning itu.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang teknologi Deep Learning secara universal sehingga Anda dapat membayangkan kemudahan apa yang bisa didapat dicapai? Lalu apa bedanya dengan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML), dan di mana saja teknologi ini telah digunakan.

Deep Learning adalah..

Deep Learning (Pembelajaran mendalam) adalah salah satu metode pembelajaran mesin yang memungkinkan komputer untuk mempelajari tugas-tugas yang disesuaikan dengan sifat manusia.

Ini adalah teknologi yang mendukung perkembangan kecerdasan buatan (AI) dan kemajuannya telah memberikan kemajuan di berbagai bidang. Deep Learning juga merupakan kunci dalam kendaraan yang memiliki system kemudi otomatis dimana teknologi tersebut sedang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir.

Teknologi deep learning ini mampu mengenali tanda-tanda berhenti serta mampu membedakan antara tiang listrik dan manusia .

Selain itu juga, teknik lainnya adalah memainkan peran penting dalam pengenalan suara pada ponsel, tablet, televisi, speaker handsfree, dan sebagainya.

Ada alasan mengapa deep learning begitu menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir adalah karena teknologi ini telah mampu mencapai tingkat kinerja yang tidak mungkin dicapai dengan teknologi konvensional.
 

Benarkah sekarang ini deep learning begitu menarik perhatian?

Deep Learning mulai mencuri perhatian berbagai kalangan sejak tahun 2012, ketika Profesor Hinton dari Universitas Toronto memenangkan kompetisi kecerdasan buatan tingkat internasional dengan sistem Deep Learning.

Sampai pada saat itupun, “kecerdasan buatan” sudah berkembang sebanyak 2 kali, dan yang terjadi setelah tahun 2013 disebut sebagai book yang ketiga kalinya, maka tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa Deep Learninglah yang menyebabkan perkembangan pesat AI yang ketiga kalinya.

Sejauh ini, apa yang membedakan antara deep learning, kecerdasan buatan, dan pembelajaran mesin?

Mari kita lihat bagaimana deep learning menjadi teknologi yang sangat inovatif dan menakjubkan.

Perbedaan antara Deep Learning, Kecerdasan Buatan, dan pembelajaran mesin.

Sejauh ini kata-kata seperti kecerdasan buatan, pembelajaran mesin dan deep learning sangat sering kita dengar, tentunya banyak dari kita yang tidak memahami artinya, tapi sebenarnya kita tidak perlu berfikir terlalu jauh tentang istilah-istilah tersebut.

Hubungan diantara ketiga kata tersebut secara kasar  bisa kita gambarkan sebagai berikut : Kecerdasan buatan> pembelajaran mesing > deep learning.

Ketiganya bukanlah teknologi yang berbeda, tetapi ketika diilustrasikan akan menjadi diagram Venn seperti di bawah ini.

Kesalahpahaman yang perlu diperbaiki, Deep Learning itu sendiri bukan AI, ia adalah salah satu teknologi yang menjadi unsur dalam kecerdasan buatan.

Kecerdasan buatan (AI)

Sekarang setelah Anda mengetahui struktur kasarnya, mari kita menggali lebih dalam arti dari ketiga kata tersebut.

Kecerdasan Buatan / Artificial Intelligence (AI)

“AI” menjadi kata yang sering terdengar belakangan ini, tetapi yang cenderung digunakan di masyarakat adalah AI, definisinya sendiri berbeda-beda di antara para ahli.

Oleh karena itu, kali ini, kami ingin mengambil posisi yang bertujuan menyimpulkan secara tepat pengertian AI berdasarkan sejumlah besar data yang kami dapatkan.

AI secara garis besar dapat dibagi menjadi 2,

Kecerdasan buatan (AI)

■ AI Lemah

yang dapat menggantikan bagian dari kecerdasan manusia, yang tampaknya dapat menyelesaikan masalah intelektual terbatas

AI Khusus:

Adalah AI yang digunakan untuk mengerjakan tugas tetap yang sudah ditentukan (seperti AI yang digunakan pada permainan Igo)

Jenis AI umum:

adalah AI yang digunakan tidak terbatas pada tugas – tugas tertentu, ia memiliki kemampuan generalisasi yang sama/identik dengan manusia.

AI kuat

Memikirkan kecerdasan manusia dan prinsip-prinsip mental sambil menggabungkan ilmu otak dll, sehingga dapat mewujudkan pemrosesan intelektual generik yang setara dengan fungsi otak manusia. Pengembangan AI ini bahkan bisa memiliki kesadaran diri dan perasaan seperti manusia.

Apa yang sering muncul di berita adalah AI yang bersifat lemah, terutama AI tipe khusus.

Secara realistis dikatakan bahwa mewujudkan AI yang memiliki tujuan umum saat ini masih sulit.
 

Pembelajaran Mesin

Menurut Arthur Samuel, salah seorang pelopor pembelajaran mesin, pengertian dari Pembelajaran Mesin adalah bidang studi yang memberikan komputer kemampuan untuk belajar tanpa diprogram secara eksplisit.

Secara khusus, Pembelajaran mesin memiliki jenis metode pembelajaran sebagai berikut.

Pembelajaran mesin (ML)

Pembelajaran disertai pengajar:

Cara mengajarkan pada mesin data dengan jawaban yang benar (output yang benar)

Regresi:

Ketika data dimasukkan, sebagai outputnya adalah nilai numerik (prediksi)

Penggunaan: Prakiraan harga saham, dll.

Klasifikasi:

Ketika data dimasukkan, sebagai outputnya akan menampilkan atribut atau jenis data (pelabelan).

Penggunaan: Mendeteksi spam pada email, dll.

■ Metode Pembelajaran tanpa pengawasan:

Metode pembelajaran mesin dengan menurunkan struktur, tren, hukum, dll. Dari jumlah fitur secara otomatis dihitung dari data yang sangat besar tanpa memerlukan jawaban yang benar

Clustering:

Cara dimana ketika data dimasukkan, sebagai outputnya akan menampilkan grup data.

Pembelajaran kuat:

Cara untuk meningkatkan diri untuk mencapai tujuan langsung dengan memberikan penghargaan atas tindakan terbaik yang dilakukan dan belajar dari kesalahan sendiri.

Deep Learning (DL)

Seperti yang dinyatakan di awal, dengan jumlah data yang cukup, belajar menggunakan neural network dalam (DNN) di mana mesin secara otomatis mengekstraksi fitur dari data tanpa bantuan manusia, berarti salah satu elemen terkenologi ada di dalam kecerdasan buatan.

Meskipun disebut Deep Learning, algoritma yang dimilikinya beranekaragam dan spesifikasinya pun berbeda-beda, oleh karena itu ketika menggunakan teknologi deep learning dalam bisnis, kita perlu mempertimbangkan algoritma mana yang tepat untuk digunakan.

Kali ini saya hanya akan memperkenalkan 3 jenis deep learning yang umum digunakan, bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak, silakan kunjungi Deep Learning Tutorial – NYU Computer Science

Deep Learning

■DNN(Deep Neural Network)

Sebuah struktur algoritma berlapis-lapis dengan model sirkuit saraf kranial manusia dan hewan yang dirancang untuk mengenali pola yang disebut neural network (NN).

■CNN(Convolutional Neural Network)

Algoritma yang menggunakan neural network tipe propagasi maju dengan abstraksi informasi lokal dan universalitas posisi.

Dengan DNN yang disesuaikan dengan data 2 dimensi, menunjukkan kemampuan pengenalan pola yang tinggi untuk gambar.

Penggunaan utama: Pengenalan gambar

■RNN(Recurrent Neural Network)

Algoritma menggunakan neural network di mana sinyal dua arah disebarkan dengan struktur rekursif di lapisan tengah agar dapat menangani variabel data panjang seperti data suara dan gambar bergerak.

Hal ini sangat cocok dengan data berkelanjutan yang berubah seiring waktu dimana DNN dihubungkan secara horizontal, akan tetapi ini tidak cocok untuk data lama.

Baru-baru ini,  teknologi ini juga digunakan untuk pemrosesan bahasa alami seperti yang digunakan pada Google Translate.

Penggunaan utamanya adalah pada pengenalan suara, pengenalan gambar bergerak, dan pemrosesan bahasa alami

Ketika Anda ingin menggunakan teknologi ini pada bisnis, sebelum mempertimbangkan algoritma Deep Learning dan  hal lainnya, banyak hal mungkin akan berubah seperti apakah pembelajaran mesin lebih tepat atau apakah deep learning yang lebih tepat.

  • Mekanisme sederhana Deep Learning

Mekanisme sederhana Deep Learning

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, Deep Learning meningkatkan transmisi dan pemrosesan informasi interlayers, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan ketepatan dan keserbagunaan jumlah fitur dan meningkatkan akurasi prediksi.

Ketika sudah benar-benar menggunakannya dalam bisnis, jika Anda menggunakan model yang telah dipelajari, maka yang perlu dilakukan adalah pemrosesan inferensi saja, sehingga sumber daya komputasi yang besar tidak diperlukan.

Namun, jika Anda membuatnya dari pembuatan model pembelajaran, Anda tidak hanya membutuhkan sejumlah besar data, tetapi juga server yang dapat menampung sejumlah besar data, seperti waktu dan daya untuk memproses sejumlah besar data seperti GPU.

Selain itu, sebagai kelebihan dari deep learning, akurasinya terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah data mentah.

Sebaliknya, kelemahan dari Deep Learning yaitu jika hanya ada sedikit data yang diuji, makan akan sulit untuk menyelaraskan hasil identifikasinya.

Dalam Deep Learning, asal ada sejumlah besar data, kita dimungkinkan untuk memproses data yang rumit yang tidak dapat dilakukan dengan pembelajaran mesin konvensional dan lainnya.

Hal yang dapat dilakukan dengan Deep Learning

Berikut ini, mari kita lihat lebih jauh apa saja yang bisa dilakukan dengan Deep Learning.

Hal-hal tersebut dapat kita klasifikasikan seperti di bawah ini sesuai dengan tipe data input.

 Pengenalan Gambar

Ini adalah teknologi untuk mengenali dan mendeteksi fitur karakter(huruf) dan wajah dengan memasukkan gambar dan video.

Ia memisahkan dan mengekstrak fitur dari latar belakang, melakukan pencocokan dan konversi, mengidentifikasi dan mengenali fitur target.

Contohnya : Penandaan foto pada Facebook (otentikasi wajah), system kemudi otomatis, analisis emosi, dll.

Pengenalan Suara

Ini adalah teknologi untuk mengenali suara. Teknologi ini dapat mengenali suara manusia dan mengeluarkannya dalam bentuk teks, serta dapat mengidentifikasi orang yang berbicara berdasarkan karakteristik suara yang dikeluarkannya.

Contohnya : Input suara “Siri” pada Iphone dan lainnya.

Pemrosesan Bahasa Alami

Ini adalah teknologi dimana komputer dapat memproses dan memahami bahasa alami (bahasa tertulis dan bahasa lisan) yang digunakan oleh manusia sehari-hari.

Contohnya: Pertanyaan pada call center Bank, ringkasan dokumen, terjemahan mesin, dll

Deteksi Kelainan/ ketidaknormalan.

Ini adalah teknologi untuk merasakan tanda-tanda kelainan dari data deret waktu dari sensor yang terpasang pada peralatan industry

Contohnya: Pemantauan di pabrik (deteksi kerusakan atau operasi abnormal pada mesin) dll.

Masa depan Deep Learning

Yang diharapkan dari Deep Learning adalah untuk memungkinkan pemrosesan data yang rumit yang tidak dapat diproses oleh pembelajaran mesin biasa. Membuat pekerjaan menjadi efisien karena teknologi ini dapat menggantikan pekerjaan yang dilakukan manusia menggunakan mesin.

Tidak hanya itu, teknologi itu sendiri menjadi komoditas, dimana semua orang dapat menggunakan Deep Learning, tergantung pada bagaimana data yang digunakan, pengalaman baru akan berkembang di semua bidang dan teknologi yang akan mengubah struktur masyarakat itu sendiri. Hal itulah yang diharapkan.

Deep Learning juga akan digunakan dalam bidang yang lebih luas di masa depan.

Saat ini kita sudah ada di dunia cloud computing, kemudian dengan berkembangnya deep learning, mungkin saja device itu sendiri akan terkelompokkan dengan cerdas tanpa harus diupload ke cloud dan cukup dengan edge saja, sehingga cloud computing bisa berubah menjadi edge computing.

[marketing-about]

Startup Adalah | Strategi Manajemen Resiko

0
startup adalah

Startup adalah salah satu hal sedang menjadi perbincangan dan tren saat ini. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan sebuah usaha atau bisnis baru. Ini mulai menjamur seiring dengan perkembangan yang terjadi pada bidang teknologi. Hal ini akan mendatangkan banyak manfaat bagi semua orang. Salah satu hal yang terlihat adalah banyaknya bisnis baru yang membuka lapangan kerja baru.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan startup? Bagaimana karakteristiknya? Bagaimana SDM yang diperlukan? Jawaban untuk seluruh pertanyaan tersebut dapat Anda temukan disini. Kali ini kami akan memberikan penjelasan lengkap terkait startup yang perlu Anda ketahui. Jadi, langsung saja simak dibawah ini.

Arti dari Startup Adalah

startup adalah

Startup adalah merupakan gerakan atau konsep yang bertujuan untuk berinovasi, membuat model bisnis baru, dan menjelajahi pasar baru dalam waktu singkat. Startup tidak merujuk pada korporasi (perusahaan) itu sendiri, tetapi sebagai ‘pengusaha’ atau ‘memulai bisnis baru’.

Awalnya, ini merupakan fenomena yang umum ditemui di Silicon Valley, Amerika. Tetapi startup di Indonesia juga menarik perhatian investor individu (angel investor) dan venture capitalist (VC) sebagai investasi aktif.

Selain itu, peluncuran di industri IT atau internet yang cenderung mengurangi biaya SDM dan temporal banyak bermunculan. Pada umumnya, dengan menunjukkan hasil sampai batas tertentu, mereka akan masuk dalam proses pendanaan dari investor individu dan VC.

Kemudian, ini akan pindah ke fase seperti konstruksi layanan penuh atau perluasan kegiatan bisnis dan peningkatan laba. Ini adalah pola wirausaha yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Jenis pengusaha itu sendiri menjadi sangat beragam.


Karakteristik dari Startup Adalah

Startup cenderung memiliki fitur membangun model layanan dan bisnis baru dalam periode waktu yang relatif singkat. Berikut adalah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh startup.

Dasar utama adalah berinovasi

Salah satu karakteristik dari startup adalah adanya inovasi (konsep utama dalam teori pembangunan ekonomi seperti inovasi teknologi). Dalam beberapa tahun terakhir, startup yang berpusat pada industri IT telah lahir. Hal ini sangat mengubah gaya hidup pelanggan serta konsumen. Selain itu, ini juga memiliki pengaruh besar pada industri dan layanan yang ada.

Saat ini, sebagian besar perusahaan besar dari negara Barat yang sedang melakukan pengembangan globalisasi dikatakan mengawali semuanya dari startup. Orang-orang berbakat yang memiliki teknologi terbaru atau pengusaha yang tertarik dan berpikir untuk terlibat dalam peluncuran teknologi serta layanan yang mendukung inovasi cenderung dapat terkumpul dengan mudah.

Bertujuan sebagai kontribusi sosial

Banyak startup yang dibangun dengan tujuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk menyelesaikan masalah dan tantangan yang ada di dunia. Misalnya :

  • Ketika Anda ingin membuang barang yang tidak diperlukan di rumah dengan mudah.
  • Saat Anda ingin membuat mekanisme yang bisa mendukung para seniman pemula.
  • Apabila Anda ingin membuat dunia di mana setiap orang dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Startup dipilih untuk mengenali potensi kebutuhan atau tuntutan dunia seperti yang telah dipaparkan di atas dan juga berkontribusi kepada masyarakat dengan cepat. Karena alasan itu, pendiri dan wirausahawan yang ikut terlibat dalam startup berfokus pada kontribusi sosial.

Harapannya, hal ini dapat mewujudkan masyarakat di mana semua orang bahagia dan tidak mementingkan pendapatan telah bertambah banyak. Selain itu, pada saat yang sama hal ini menjadi faktor utama dari bertambahnya jumlah startup.

Terdiri dari personil yang siap bekerja

Startup sulit untuk mengumpulkan dana jika tidak mencapai hasil dalam periode waktu yang relatif singkat. Sehingga dapat dikatakan bahwa sumber daya manusia yang siap untuk segera bekerja akan lebih diperlukan.

Secara umum, startup terdiri dari pendiri atau pengusaha yang menunjukkan kepemimpinan yang kuat, para teknisi yang mendukung layanan, dan kreator yang memiliki pengetahuan khusus yang tinggi untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan konsumen.

Selain itu, ada kasus di mana manajer keuangan dan manajer penjualan yang telah berpengalaman juga dibutuhkan untuk menemukan mitra bisnis yang akan menjadi klien dan sumber pendanaan di masa depan.


Sumber Daya Manusia yang Diperlukan Startup Adalah

Karena startup perlu dilakukan dengan cepat, sehingga startup memerlukan orang-orang profesional yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang tinggi. Di antaranya, yang banyak diperlukan adalah pengetahuan tentang kecerdasan buatan (AI) dan rekayasa robotika yang menarik perhatian sebagai industri yang berkembang.

Selain itu, teknisi yang memiliki pengalaman tentang pengembangan iOS atau Android yang diperlukan untuk layanan smartphone, dan desainer UX atau IU untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah investor individu dan VC yang mendukung dari tahap startup telah meningkat. Tidak jarang dari mereka bergerak untuk mendapatkan sumber daya manusia langsung dengan tujuan ekspansi bisnis dan IPO (Initial Public Offering). Ada yang menawarkan penghasilan tahunan yang tinggi, tidak terpengaruh dengan usia, diperuntukkan bagi mahasiswa atau siswa yang sedang mencari pekerjaan.

Selain itu, ketidakpastian masa depan ekonomi Indonesia terus meningkat. Hal ini membuat peningkatan dalam jumlah orang yang ingin berpindah kerja atau mahasiswa yang mencari pekerjaan. Semuanya berpendapat bahwa mereka ingin berkembang cepat dan ingin terlibat dalam kerja praktek yang layak.

Inilah yang kemudian membuat mereka ingin berpartisipasi dalam startup. Pengalaman yang tidak dapat diperoleh dari perusahaan besar di masa lalu seperti ini dapat dikatakan sebagai daya tarik startup.

Sementara itu, kepedulian terhadap cita-cita (visi) dan layanan yang ingin dicapai oleh pendiri atau pengusaha juga diutamakan. Sumber daya manusia yang dapat memindahkan jalur karier mereka sendiri dengan jelas dan mandiri dapat dikatakan sebagai gambaran karakter yang diperlukan oleh perusahaan startup.

PT APPKEY juga menerima konsultasi tentang startup. Jika Anda mengalami masalah dengan startup, seperti pengembangan aplikasi, website, dan pemasaran, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami.


Cara Untuk Menyukseskan Startup Adalah

startup adalah

Sebagian besar startup didasarkan pada realisasi produk, layanan, dan model bisnis yang sebelumnya belum pernah ada di mana pun. Oleh karena itu, membangun startup memerlukan inovasi serta mulai merealisasikannya. Berikut ini akan dipaparkan poin-poin penting untuk menyukseskan startup.

Keterikatan terhadap layanan atau produk yang ditangani

Produk, layanan, dan model bisnis yang ditangani startup harus diatasi oleh anggota yang tergabung dalam startup yang memiliki keterikatan dan antusiasme lebih dari siapa pun. Mereka tidak dapat menjelaskan seberapa inovatif dan praktisnya produk serta layanan yang mereka bayangkan.

Hal ini membuat presentasi kepada investor individu dan VC yang perlu mereka lakukan selanjutnya tidak akan berhasil dan pembiayaan pun akan menjadi sulit. Selain itu, jika mereka mampu menjelaskan layanan atau produk yang mereka tangani, kemungkinan layanan atau produk itu dapat direalisasikan juga akan menjadi semakin tinggi.

Memiliki visi yang jelas dan anggota yang dapat bekerja keras

Realisasi barang atau layanan yang sebelumnya tidak pernah direalisasikan oleh siapa pun tidak akan dapat diwujudkan oleh upaya dan semangat yang biasa-biasa saja. Penting bagi semua anggota tim untuk memiliki kepercayaan diri dan prospek yang jelas. Sumber daya manusia yang mampu menunjukkan kepemimpinan yang kuat juga akan menjadi kekuatan utama.

Ini untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita atau visi yang ingin direalisasikan dalam memulai startup. Selain itu, hal yang juga dikatakan sangat diperlukan untuk keberhasilan startup adalah selalu memasukkan informasi terbaru. Jadi, terus hasilkan ide-ide yang dapat disesuaikan, dan sikap optimis dalam menghadapi setiap kesulitan.

Pemahaman terhadap Teori Difusi Inovasi

Pemahaman terhadap teori difusi inovasi juga diperlukan untuk membangkitkan inovasi dan menyebarluaskan produk atau layanan inovatif kepada dunia. Teori difusi inovasi adalah teori ekonomi yang merangkum ‘aliran produk atau layanan baru sampai menembus pasar’. Pemasukkan produk atau layanan baru ke pasar ditentukan oleh tingkat distribusi konsumen yang diklasifikasikan sebagai berikut.

Penemu hal baru : Inovator
Pengguna awal : Early Adaptor
Pengikut pertama : Early Majority
Pengikut kedua : Late Majority
Penunda penggunaan : Laggard

 

Inovator dan Early Adaptor didefinisikan sebagai konsumen penting dalam penyebaran inovasi dan dikatakan bahwa produk atau layanan baru akan menyebar secara luar biasa jika melebihi jumlah rasio kedua pasar.

Teori ini disebut ‘teori tingkat pemasukan 16%’ dan dianggap sebagai ukuran standar dari semua strategi manajemen dan kegiatan pemasaran. Oleh karena itu, startup harus memberi informasi kepada para Inovator dan Early Adaptor tentang kenyamanan dan fungsi produk atau layanan mereka dengan cara yang mudah dipahami.

Karena penyebaran smartphone dan media sosial dalam beberapa tahun terakhir ini, lingkungan yang membuat startup mudah untuk mendekati Inovator dan Early Adapter mulai terbentuk. Sementara itu, beberapa produk menunjukkan bahwa siklus hidup produk (periode dari pengenalan produk ke penurunan pasar) telah menjadi lebih singkat dan agak sulit untuk disebarluaskan.

Oleh karena itu, ketika membangun sebuah startup, diperlukan untuk memahami dengan kuat ‘teori tingkat pemasukan 16%’ dalam teori inovasi dan melakukan kegiatan pemasaran yang tepat.

Rangkuman

Startup adalah fase penting untuk membangun produk dan layanan baru untuk generasi berikutnya. Pada saat yang sama, startup juga diperlukan untuk memberikan hasil dalam jangka waktu yang singkat.

Selain itu, personel yang terlibat dalam perusahaan startup harus memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang tinggi. Selain itu, diperlukan cara berpikir dan sikap yang berpusat pada tujuan dan cita-cita yang telah ditetapkan oleh anggota yang berpartisipasi.

Di sisi lain, startup adalah peluang untuk mempercepat perkembangan sebagai pengusaha dan mewujudkan jalur karier yang dituju. Startup dianggap memainkan peran penting bahkan dalam ekonomi dunia yang mengglobal.

Perkembangan Transportasi Ojek Online di Indonesia

0
Perkembangan Pesat Transportasi Ojek Online di Indonesia

Ojek Online di Asia Tenggara

Kota-kota besar di Asia Tenggara selalu padat dengan kemacetan. Oleh karena itu, ‘ojek’ yang menggunakan sepeda motor sebagai taksi sudah umum sejak dulu dan sekarang pun masih banyak digunakan. Di Indonesia, Thailand, Filipina dan Vietnam, ojek menunggu pelanggan di jalan, menegosiasikan harga, lalu membonceng pelanggan di belakang sepeda motor sampai ke tujuan. Banyak orang menjadi pengemudi ojek sebagai pekerjaan sampingan.

Ojek adalah alat transportasi penting bagi penduduk setempat yang sudah tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Jakarta, ibukota Indonesia, yang mana sebagian besar keretanya tidak terawat, memiliki tingkat kemacetan lalu lintas yang luar biasa. Tidak hanya pada jam berangkat bekerja, jalan juga selalu macet pada waktu-waktu biasa. Ada juga banyak jalan satu arah yang terkadang diblokir karena kecelakaan dan lain-lain yang semakin meningkatkan terjadinya kemacetan lalu lintas. Anda dapat tiba lebih awal jika menggunakan sepeda motor bahkan di jalan yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk mobil karena kemacetan lalu lintas seperti itu.

Perkembangan Pesat GO-JEK dan Grab

Di Indonesia pun ojek sudah sering digunakan sejak lama, tetapi saat ini ojek online terbaru yang dapat dengan mudah dipanggil melalui smartphone sedang berkembang pesat.

Keadaan ojek di Indonesia telah berubah secara signifikan dalam tiga tahun terakhir. Pengendara motor dari perusahaan GO-JEK dan perusahaan Grab yang mengenakan jaket dan helm berwarna hijau menjadi mencolok di kota. Di Indonesia, sebagian besar wilayah dipenuhi oleh dua perusahaan kuat yaitu GO-JEK dan Grab. GO-JEK adalah perusahaan lokal, tetapi tidak hanya di Indonesia, Grab juga berkembang di negara-negara Asia Tenggara.

GO-JEK dan Grab merupakan ojek yang dapat dipanggil dengan mudah melalui smartphone oleh siapa saja dan dapat dikatakan seperti versi sepeda motor dari aplikasi pengiriman Uber. Daripada mencari di jalan atau melakukan reservasi melalui telepon, sekarang taksi lebih mudah untuk dipanggil dengan aplikasi smartphone sehingga pembayaran pun dapat dilakukan dengan mudah.
 

Ojek Online yang Dapat Dipanggil dengan Smartphone

Pengguna tidak perlu lagi pergi ke tempat ojek dan melakukan negosiasi seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Dengan aplikasi smartphone, pelanggan dapat menemukan ojek yang dekat, lalu meminta mereka datang ke tempat yang diperlukan, dan meminta mereka untuk mengantar sampai ke tujuan. Perusahaan GO-JEK maupun Grab memiliki biaya yang jelas dan pembayaran juga dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Pengemudi sepeda motor selalu memiliki smartphone di tangan mereka dan memeriksa apakah ada panggilan dari pelanggan, metode ini jauh lebih efisien daripada metode ojek sebelumnya. Di Indonesia smartphone cukup populer, di daerah perkotaan seperti Jakarta hampir semua orang memiliki smartphone, dari pelajar hingga orang dewasa. Selain itu, karena ojek itu sendiri adalah layanan yang telah dikenal sejak lama, sehingga jenis bisnis terbaru seperti ini juga menjadi berkembang dengan sangat pesat.

Ojek Online yang Praktis

Indonesia memiliki jalan tikus yang rumit seperti labirin. Meskipun begitu, pengemudi ojek online dari kedua perusahaan tersebut akan datang ke tempat pelanggan yang berada di jalan tikus sekalipun. Banyak orang-orang yang sudah menjadi pengemudi ojek sebelumnya, sekarang telah beralih menjadi pengemudi ojek online GO-JEK atau Grab. Jadi, ada banyak pengemudi yang sudah mengenal jalan dengan baik.

Selain itu, masyarakat di Indonesia sering makan di warung dan restoran, atau memesan secara delivery. GO-JEK mendapat reputasi yang baik karena pengemudi ojek akan membeli makanan setelah mendapatkan pesanan makanan yang diinginkan dari pelanggan dan mereka juga akan mengantarkannya ke rumah atau kantor pelanggan dengan sepeda motor. Mengenai bantuan berbelanja, GO-JEK juga memberikan layanan yang sangat baik kepada pelanggan, pengendara ojek akan pergi membeli produk yang dipesan pelanggan ke supermarket atau pasar dan mengantarkannya ke rumah mereka.

Baru-baru ini, tanda-tanda iklan mulai terlihat dan konflik pelanggan di kedua perusahaan semakin meningkat. Saat ini, ojek online yang lebih dominan di Jakarta adalah GO-JEK. Alasan kepopuleran GO-JEK adalah selain bekerja sebagai pengemudi ojek, mereka juga dapat melakukan pengiriman barang, membantu berbelanja, dan mengantarkan makanan.

Layanan Ojek Online yang Meningkat

Dibandingkan dengan sebelumnya, layanan ojek online saat ini telah meningkat pesat. Pelanggan dapat menggunakannya dengan tenang tanpa dikenakan biaya yang tidak jelas seperti dahulu. Kenyamanan juga meningkat karena saat ini pembayaran dengan kredit juga dapat dilakukan. Selain itu, dulu Anda tidak punya pilihan selain mengenakan helm yang Anda tidak tahu siapa yang telah menggunakannya, tetapi sekarang juga ada ojek yang menawarkan masker bersih dan penutup kepala.

Banyak wanita berpikir bahwa mengendarai sepeda motor itu berbahaya dan tidak bisa memperbaiki sendiri ketika mogok, sehingga banyak wanita yang tidak mau mengendarai sepeda motor sendiri. Ojek online menanggapi dengan baik kebutuhan perempuan yang seperti itu. Saat ini di Indonesia juga ada ‘Ladyjek’ yang khusus untuk wanita, pengemudinya adalah wanita, sehingga jika pelanggan tidak suka dengan pengemudi laki-laki, mereka lebih baik memanggil Ladyjek.

Selain itu, tablet untuk memanggil Grab dipasang di sekitar pintu masuk pusat perbelanjaan dan siapa saja dapat menggunakan tablet tersebut untuk memanggil pengemudi ojek terdekat. Tetapi, karena sebagian besar orang Indonesia yang mengunjungi mal telah memiliki smartphone, tablet ini tidak banyak digunakan karena mereka bisa memanggil ojek dengan smartphone mereka sendiri.
 

Bermitra dengan Startup Lokal

Dengan keadaan tersebut, di Indonesia, kenyamanan ojek meningkat dengan memanfaatkan smartphone yang dimiliki oleh semua orang. Pengembangan layanan baru muncul dengan berbagai latar belakang kebutuhan, kemitraan dan akuisisi dengan startup lokal pun bermunculan, dan layanan terus diperkuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna serta menyelesaikan masalah sosial.

Pada bulan November tahun 2016, GO-JEK memperkenalkan uang elektronik yang disebut Go-Pay. Setelah mendaftar Go-Pay pada aplikasi GO-JEK, pelanggan dapat menggunakannya untuk pembayaran, pembelian layanan, dan lain-lain. Jika Anda mengisinya secara prabayar, Anda dapat membayar dengan saldo Go-Pay dalam aplikasi, jadi pembayaran dapat dilakukan tanpa melakukan transaksi tunai dengan pengemudi. Pada bulan Maret tahun 2017, GO-JEK memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pelanggan mengirimkan Go-Pay kepada satu sama lain secara gratis.

Pada bulan April tahun 2017, Grab membeli perusahaan platform e-commerce lokal bernama Kubo. Kubo adalah perusahaan yang menawarkan layanan yang memungkinkan orang yang tidak memiliki kartu kredit dapat berbelanja online. Dengan mengakuisi Kubo, Grab berharap dapat meningkatkan kenyamanan pembayaran saat pelanggan memakai ojek di Indonesia, terutama untuk masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit.

Saat Ini Merupakan Era Berbagi Sepeda Motor

Di Asia Tenggara, banyak orang mulai menggunakan ojek melalui smartphone dan jumlah orang yang memiliki sepeda motor berkurang. Dahulu, kepemilikan sepeda motor seperti semacam simbol status, bahkan jika tidak memiliki uang yang cukup, orang membeli sepeda motor dengan angsuran bulanan. Masih banyak orang yang berpendapat bahwa sepeda motor adalah kebutuhan sehari-hari. Tetapi, baru-baru ini, masyarakat memiliki kecenderungan kuat untuk memilih membeli mobil daripada sepeda motor. Ketika mengendarai sepeda motor sendiri, kita bisa menemui masalah seperti kemacetan lalu lintas, pencurian, tempat parkir dan tidak bisa minum (minuman keras) dalam perjalanan kembali, jadi banyak yang memutuskan untuk menggunakan bus atau ojek untuk bepergian atau pergi ke sekolah.

Produsen sepeda motor pun mengakui bahwa saat ini bukan lagi era masyarakat memiliki sepeda motor, tetapi era dimana pengguna memanggil ojek saat diperlukan. Tidak diragukan lagi bahwa ‘sharing economy’ mulai bermunculan.

Konsep baru yang bernama sharing economy lahir dari Silicon Valley, Amerika. Daripada memiliki dan menggunakan barang atau layanan sendiri, berbagi informasi menggunakan internet merupakan sebuah konsep ekonomi terbaru yang memungkinkan orang untuk menggunakan barang atau jasa yang diperlukan di waktu yang sama saat mereka membutuhkannya. Sharing economy dapat dikatakan sebagai konsep terobosan yang dapat mengurangi biaya kepemilikan, seperti investasi awal (biaya pembelian) dan biaya pemeliharaan.

Contoh lain dari sharing economy yang terkenal adalah Airbnb yang menyediakan rumah dan properti yang dimiliki sebagai fasilitas akomodasi dan aplikasi pengiriman Uber yang telah disebutkan di atas.

Karena ojek online dari GO-JEK dan Grab menggunakan sepeda motor yang dimiliki oleh pengemudi itu sendiri, perusahaan tidak perlu memiliki aset tetap atas sepeda motor.

Industri Manufaktur yang Berubah Karena Sharing Economy

Berkurangnya kepemilikan individu atas sepeda motor karena meningkatnya jumlah pengemudi ojek berarti bahwa produsen sepeda motor tidak dapat hanya mengandalkan pada pembuatan dan penjualan sepeda motor selamanya. Oleh karena itu, berurusan dengan bisnis baru seperti kemitraan dengan Grab menjadi sangat penting.

Sharing economy diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar $335 miliar pada tahun 2025, meskipun ukuran pasarnya sekitar $15 miliar pada tahun 2013. Di dalamnya termasuk berbagai macam kategori bisnis. Saat ini produsen sepeda motor dan mobil mengutamakan untuk ‘membuat dan menjual’ produk mereka. Dasar perkembangan bagi perusahaan yang sebelumnya adalah ‘menghasilkan produk berkualitas tinggi dalam jumlah besar dan menjualnya di seluruh dunia’, namun hal tersebut saat ini mulai berubah dari awal.

Ketika sharing economy menjadi tren, masyarakat menjadi mudah untuk memanggil dan menggunakan sepeda motor kapan saja mereka ingin dan tingkat kenyamanannya pun juga meningkat. Sebaliknya, biaya kepemilikan sepeda motor jauh lebih mahal karena perbaikan, pemeliharaan rutin, biaya bensin, dan lain-lain, selain harus terus mengeluarkan biaya, kerugian pun menjadi terus meningkat.

Oleh karena itu, diperkirakan bahwa orang-orang tidak lagi memiliki manfaat untuk memiliki kendaraan pribadi dan hal ini akan berdampak buruk pada produsen kendaraan. Jika hal tersebut terjadi, sebagai produsen, pengurangan pendapatan yang sejauh ini dianggap ‘biasa’ seperti biaya pemeliharaan dan perbaikan, akan menjadi masalah dan mereka harus menghadapi situasi baru yang tidak dapat dibayangkan.

Dalam sharing economy, sumber pendapatan macam apa yang akan ditemukan dalam industri manufaktur dan apakah hal tersebut akan terus tumbuh sebagai sebuah perusahaan, gerakan tren dari perusahaan Honda menarik perhatian produsen di seluruh dunia.
[business-about]

Panduan Cara Membuat Website Perusahaan Mudah Untuk Anda

0
cara membuat website perusahaan, cara membuat website

Untuk cara membuat website perusahaan sendiri, umumnya kita hanya akan memerlukan biaya domain, hosting dan materi, jika membahas masalah biaya, kita bahkan bisa membuatnya dengan biaya sekitar Rp1 juta per tahun.

Namun, jika kita menyewa perusahaan pembuat web untuk melakukannya, biaya pengembangannya bisa berkisar antara Rp5 juta hingga puluhan juta Rupiah. Selain itu, banyak diantaranya akan menimbulkan biaya pemeliharaan setiap bulannya.

Namun, tergantung spesifikasi webnya, harga tersebut bisa dibilang tidak mahal karena mereka harus mempertimbangkan desain website yang akan dibuat, biaya meeting (konsultasi dengan klien) atau pemotretan (untuk penyediaan materi gambar), biaya editor gambar, hingga biaya tenaga kerja yang terlibat dan lainnya sehingga wajar harganya menjadi tinggi.

Jika ada permintaan pembuatan website, biasanya hanya sekali dan mereka harus membuatnya secara mendetail, jadi jika mereka tidak menghargainya minimal Rp10 Juta, pekerjaan ini tidak akan bisa dijadikan bisnis.

Namun, saya rasa banyak juga orang yang mengatakan bahwa cukup dengan membuat homepage yang simple dan hanya menampilkan informasi perusahaan dan tidak harus memiliki kualitas yang tinggi untuk website perusahaan yang ingin dibuatnya.

Dalam kasus seperti itu, kita akan bisa menekan biaya dengan cara membuat website perusahaan sendiri tanpa menyewa jasa perusahaan pengembang.

Cara Membuat Website Perusahaan Mudah dan Cepat

cara membuat website perusahaan, cara membuat website

Untuk membuat sebuah website perusahaan, terdapat beberapa langkah yang bisa diikuti untuk membuat website yang optimal untuk perusahaan. Berikut beberapa cara membuat website perusahaan dengan mudah dan cepat untuk Anda

Jenis Perusahaan yang Cocok Untuk Membuat Website Perusahaan Sendiri

Jika berbicara masalah perusahaan yang cocok untuk membuat websitenya sendiri, misalnya dalam kasus untuk membuat akun bank, maka memerlukan website perusahaan, atau untuk dapat membuat kartu nama, pemilik perusahaan membeli domain untuk dapat membuat email khusus.

Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat website perusahaan sendiri kelak anda akan menjadi pimpinan perusahaan. Pimpinan perusahaan yang baru berdiri dan belum memiliki jaminan apapun dan bahkan belum menerima bayaran atas apa yang dilakukannya, pasti akan membuat website perusahaannya sendiri.


Perusahaan yang cocok membuat websitenya sendiri

  • Perusahaan yang hanya mempublikasikan informasi umum perusahaan
  • Perusahaan yang memerlukan website untuk mendaftar akun bank
  • Perusahaan yang perlu email resmi untuk dicantumkan dalam kartu nama
  • Perusahaan yang tidak mengharapkan penghasilan melalui website
  • Perusahaan yang tidak memerlukan pendaftaran penggunanya melalui website
  • Perusahaan B to B yang tidak perlu melakukan pendekatan terhadap pengguna biasa
  • Perusahaan yang tidak perlu mencari pelanggan secara online, karena sudah memiliki pelanggan yang pasti
  • Perusahaan yang tidak memiliki permintaan dari konsumen umum

Di sisi lain, jika Anda perlu menjangkau konsumen menggunakan, seperti toko online, restoran, atau klinik, saya sarankan Anda membuat website yang terlihat bagus dengan meminta pada perusahaan pembuat website profesional.

Perusahaan yang perlu menggunakan jasa perusahaan pembuat website

  • Perusahaan yang menginginkan pelanggan dan hasil penjualan melalui website
  • Perusahaan yang perlu membuat branding dan diferensiasi dengan perusahaan lain
  • Perusahaan yang memiliki permintaan dari konsumen umum
  • Perusahaan yang menjalankan bisnis jenis B to C

Meskipun Anda menganggap tidak ada yang akan melihat website perusahaan, namun di luar dugaan website perusahaan justru sangat banyak dicari. Misalnya, selain kerabat atau teman, website ini bisa saja akan dikunjungi dan dinilai oleh perusahaan perusahaan pemasok dan industri, mitra bisnis, marketing asuransi dan perlengkapan perusahaan dan lain-lainnya.

Jika membuat website sendiri menjadikan desainnya kurang bagus sementara website tersebut harus ditampilkan untuk pengguna umum, maka saya sarankan pada untuk menggunakan jasa perusahaan pengembang yang profesional.

Poin Utama Cara Membuat Website Perusahaan 

Poin utama ketika kita membuat website sendiri, bukanlah membuat website gratis, namun ada pada poin dimana kita membuat web dan mendapatkan domain sendiri.

Cara membuat website perusahaan terbaik adalah dengan terlebih dahulu menentukan domain, contohnya: domain “co.id” untuk perusahaan komersial umum dan domain “or.id” untuk perusahaan nirlaba seperti institusi medis.

Harga domain untuk organisasi seperti ini memang agak mahal dibandingkan dengan domain biasa yaitu sekitar Rp300,000/tahun, karena domain ini hanya dapat diperoleh oleh organisasi perusahaan yang telah sah terdaftar. Oleh karena itu, kepemilikan atas domain ini juga menjadi bukti atas keandalan perusahaan Anda.

Namun, sekarang sudah memungkinkan bagi kita untuk mencari informasi yang terdaftar di internet, sehingga tidak perlu menyerahkan sertifikat seperti sebelumnya untuk mendapatkan domain ini. Untuk detail tentang cara mendapatkan domain unik ini, silakan lihat di sini.

Jika Anda telah memperoleh domain co.id, artinya perusahaan Anda sudah terdaftar, jadi Anda harusnya dapat membuka akun bank perusahaan dengan relatif mudah. Selain itu, bagus juga untuk membuat email untuk dicetak dalam kartu nama menggunakan domain “co.id” yang telah didapat.

Desain atau sistem web selalu dapat kita ubah kapanpun, bahkan setelah dipublikasikan, beda halnya dengan domain, kita tidak dapat sering mengubah nama domain hanya karena kita ingin.

Maka itu, sebagai salah satu cara membuat website perusahaan, saya sarankan agar Anda membeli domain “co.id”.


Pilih Platform Website Yang Tepat

Untuk membuat website perusahaan dengan cepat kita membutuhkan platform untuk membuat website tersebut. Sekarang sudah banyak terdapat platform pembuatan website dengan beragam jenis dan juga beragam fitur yang berbeda dan juga untuk kegunaanya. 

Beberapa contohnya ada WordPress, Wix, Shopify, atau bisa saja platform kustom. Maka sangat penting untuk anda menyesuaikan platform website dengan kebutuhan perusahaan anda atau anda sendiri.

Gunakan Server Khusus Untuk Website Instansi

Untuk situs web bisnis, menyewa server situs web bisnis khusus adalah pilihan terbaik.

Terutama dalam kasus situs e-commerce, utilisasi kapasitas sebesar 1% pun bisa mengakibatkan hilangnya penjualan selama 3 hari dalam 1 tahun, selain itu kemungkinan adanya  email spam yang terkirim dari situs instansi, hal ini akan sangat menghambat kinerja perusahaan.

Dalam artian, saya menyarankan Anda untuk menggunakan server rental untuk pengguna korporat yang memiliki tingkat utilisasi dan keamanan tinggi, tetapi jika Anda menggunakan situs web hanya untuk menampilkan informasi perusahaan, tidak akan ada masalah khusus bahkan jika Anda menggunakan server rental standar.

Otentikasi Jenis SSL Agar Lebih Optimal

Mengenai URL, baru-baru setiap website diwajibkan untuk memperoleh SSL dan membuat URLnya menjadi HTTPS.

Namun hal ini masih memiliki kendala apakah server yang disewa mendukung SSL atau tidak.

Karena merek SSL yang tersedia bisa berbeda tergantung pada server yang disewa, maka itu ada baiknya memikirkan untuk menyewa server sekaligus dengan SSLnya.

Pastikan Template Memuat Informasi Perusahaan

cara membuat website perusahaan, cara membuat website

Setelah Anda mendapatkan domain co.id di atas dan Anda juga mendaftar ke server rental, kami sarankan Anda membuat websitenya sendiri menggunakan template gratis sederhana, dll.

Jika dicari, di internet banyak terdapat template gratis untuk perusahaan. Mengenai konten informasi perusahaan, merupakan ide bagus untuk mengungkapkan rincian bisnis, lokasi, nama PIC, dll. Jika Anda memposting gambar di dalam perusahaan dan menjadikannya konten yang memahami realitas bisnis yang konkret, saya pikir tidak perlu lagi adanya peninjauan dari pihak bank dalam proses pembukaan akun perusahaan

Optimasi SEO

Agar konten anda lebih mudah dijangkau oleh user di google, anda dengan cara mengoptimasi SEO. Mengoptimasi SEO adalah proses untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web anda di mesin pencari seperti google, ada beberapa cara untuk mengoptimalkannya.

Pertama gunakan kata kunci yang relevan dengan konten anda, atau anda juga bisa menggunakan keyword planner atau ubersuggest untuk mendapatkan ide kata kunci. Kedua optimasi URL, buatlah url yang bersih deskriptif dan mengandung kata kunci. 

Cobalah untuk menghindari penggunaan karakter aneh atau angka yang tidak penting dalam URL. Ketiga dapatkan backlink berkualitas dari situs web otoritatif dan relevan, hindari backlink dari web spam. keempat pastikan situs web ada dimuat dengan cepat, kecepatan memuat halaman merupakan faktor penting dalam peningkatan seo.

Buat Konten yang Berkualitas

Demi kenyamanan pengunjung website anda maka buatlah konten yang berkualitas yang informatif dan relevan. Dibandingkan anda membuat konten yang mengandung unsur sara, berita hoax atau yang lainnya hanya demi membuat website anda dikenal. 

Tidak cukup segitu saja, untuk membuat website yang berkualitas. Pastikan juga  website anda dapat dibuka oleh banyak media elektronik, contohnya handphone, laptop, desktop dengan layar yang besar atau website yang responsive, semakin banyak jenis ukuran layar jika konten anda tidak diatur, konten anda akan menjadi berantakan dan menjadi kurang enak dilihat oleh pengunjung website anda.

Kenalkan Website Kepada Dunia

Setelah anda berhasil membuat website untuk perusahaan anda atau anda sendiri, tidak mungkin website yang anda buat sendiri untuk perusahaan hanya dilihat oleh sedikit orang? Di zaman yang maju sekarang sudah ada media sosial, dimana anda dapat mempromosikan website anda.

Dimana orang orang yang sedang mencari kebutuhan mereka bisa saja mendapatkan apa yang mereka inginkan di website anda, biasanya media sosial akan menampilkan konten yang berkaitan dengan user atau interaksi user. Misalnya saja anda sering berinteraksi dengan konten tentang properti rumah atau anda suka memodifikasi motor, maka di beranda media sosial anda akan ada konten tersebut.

Pemeliharaan Website

Seiring berjalannya waktu, website anda akan dikunjungi oleh orang orang dan teknologi tidak akan diam saja teknologi akan terus berkembang juga. Manfaatkan waktu anda untuk memantau teknologi yang baru agar teknologi website anda tidak tertinggal dengan website yang lainnya. 

Terserah dengan anda sendiri sebenarnya, tetapi tetap saja pantau teknologi terbaru bisa jadi anda mendapatkan inspirasi baru atau ada keinginan untuk memperbarui teknologi di website anda kan? peluang anda mendapatkan ilmu akan sangat besar begitu juga dengan website yang sudah anda buat agar teknologinya yang digunakan tidak tertinggal dari yang lainnya.

EIts itu saja belum cukup, anda juga harus memantau kinerja web anda seperti apa fitur yang tidak berguna seperti yang saya katakan di atas teknologi akan terus berubah akan ada beberapa fitur yang anda gunakan sekarang akan dihapus dan diganti di masa yang akan datang. Tentu juga akan ada pengguna yang akan menanggapi website anda, anda juga dapat menanggapi umpan balik pengguna.