Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 182

Startup Adalah | Strategi Manajemen Resiko

0
startup adalah

Startup adalah salah satu hal sedang menjadi perbincangan dan tren saat ini. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan sebuah usaha atau bisnis baru. Ini mulai menjamur seiring dengan perkembangan yang terjadi pada bidang teknologi. Hal ini akan mendatangkan banyak manfaat bagi semua orang. Salah satu hal yang terlihat adalah banyaknya bisnis baru yang membuka lapangan kerja baru.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan startup? Bagaimana karakteristiknya? Bagaimana SDM yang diperlukan? Jawaban untuk seluruh pertanyaan tersebut dapat Anda temukan disini. Kali ini kami akan memberikan penjelasan lengkap terkait startup yang perlu Anda ketahui. Jadi, langsung saja simak dibawah ini.

Arti dari Startup Adalah

startup adalah

Startup adalah merupakan gerakan atau konsep yang bertujuan untuk berinovasi, membuat model bisnis baru, dan menjelajahi pasar baru dalam waktu singkat. Startup tidak merujuk pada korporasi (perusahaan) itu sendiri, tetapi sebagai ‘pengusaha’ atau ‘memulai bisnis baru’.

Awalnya, ini merupakan fenomena yang umum ditemui di Silicon Valley, Amerika. Tetapi startup di Indonesia juga menarik perhatian investor individu (angel investor) dan venture capitalist (VC) sebagai investasi aktif.

Selain itu, peluncuran di industri IT atau internet yang cenderung mengurangi biaya SDM dan temporal banyak bermunculan. Pada umumnya, dengan menunjukkan hasil sampai batas tertentu, mereka akan masuk dalam proses pendanaan dari investor individu dan VC.

Kemudian, ini akan pindah ke fase seperti konstruksi layanan penuh atau perluasan kegiatan bisnis dan peningkatan laba. Ini adalah pola wirausaha yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Jenis pengusaha itu sendiri menjadi sangat beragam.


Karakteristik dari Startup Adalah

Startup cenderung memiliki fitur membangun model layanan dan bisnis baru dalam periode waktu yang relatif singkat. Berikut adalah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh startup.

Dasar utama adalah berinovasi

Salah satu karakteristik dari startup adalah adanya inovasi (konsep utama dalam teori pembangunan ekonomi seperti inovasi teknologi). Dalam beberapa tahun terakhir, startup yang berpusat pada industri IT telah lahir. Hal ini sangat mengubah gaya hidup pelanggan serta konsumen. Selain itu, ini juga memiliki pengaruh besar pada industri dan layanan yang ada.

Saat ini, sebagian besar perusahaan besar dari negara Barat yang sedang melakukan pengembangan globalisasi dikatakan mengawali semuanya dari startup. Orang-orang berbakat yang memiliki teknologi terbaru atau pengusaha yang tertarik dan berpikir untuk terlibat dalam peluncuran teknologi serta layanan yang mendukung inovasi cenderung dapat terkumpul dengan mudah.

Bertujuan sebagai kontribusi sosial

Banyak startup yang dibangun dengan tujuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk menyelesaikan masalah dan tantangan yang ada di dunia. Misalnya :

  • Ketika Anda ingin membuang barang yang tidak diperlukan di rumah dengan mudah.
  • Saat Anda ingin membuat mekanisme yang bisa mendukung para seniman pemula.
  • Apabila Anda ingin membuat dunia di mana setiap orang dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Startup dipilih untuk mengenali potensi kebutuhan atau tuntutan dunia seperti yang telah dipaparkan di atas dan juga berkontribusi kepada masyarakat dengan cepat. Karena alasan itu, pendiri dan wirausahawan yang ikut terlibat dalam startup berfokus pada kontribusi sosial.

Harapannya, hal ini dapat mewujudkan masyarakat di mana semua orang bahagia dan tidak mementingkan pendapatan telah bertambah banyak. Selain itu, pada saat yang sama hal ini menjadi faktor utama dari bertambahnya jumlah startup.

Terdiri dari personil yang siap bekerja

Startup sulit untuk mengumpulkan dana jika tidak mencapai hasil dalam periode waktu yang relatif singkat. Sehingga dapat dikatakan bahwa sumber daya manusia yang siap untuk segera bekerja akan lebih diperlukan.

Secara umum, startup terdiri dari pendiri atau pengusaha yang menunjukkan kepemimpinan yang kuat, para teknisi yang mendukung layanan, dan kreator yang memiliki pengetahuan khusus yang tinggi untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan konsumen.

Selain itu, ada kasus di mana manajer keuangan dan manajer penjualan yang telah berpengalaman juga dibutuhkan untuk menemukan mitra bisnis yang akan menjadi klien dan sumber pendanaan di masa depan.


Sumber Daya Manusia yang Diperlukan Startup Adalah

Karena startup perlu dilakukan dengan cepat, sehingga startup memerlukan orang-orang profesional yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang tinggi. Di antaranya, yang banyak diperlukan adalah pengetahuan tentang kecerdasan buatan (AI) dan rekayasa robotika yang menarik perhatian sebagai industri yang berkembang.

Selain itu, teknisi yang memiliki pengalaman tentang pengembangan iOS atau Android yang diperlukan untuk layanan smartphone, dan desainer UX atau IU untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah investor individu dan VC yang mendukung dari tahap startup telah meningkat. Tidak jarang dari mereka bergerak untuk mendapatkan sumber daya manusia langsung dengan tujuan ekspansi bisnis dan IPO (Initial Public Offering). Ada yang menawarkan penghasilan tahunan yang tinggi, tidak terpengaruh dengan usia, diperuntukkan bagi mahasiswa atau siswa yang sedang mencari pekerjaan.

Selain itu, ketidakpastian masa depan ekonomi Indonesia terus meningkat. Hal ini membuat peningkatan dalam jumlah orang yang ingin berpindah kerja atau mahasiswa yang mencari pekerjaan. Semuanya berpendapat bahwa mereka ingin berkembang cepat dan ingin terlibat dalam kerja praktek yang layak.

Inilah yang kemudian membuat mereka ingin berpartisipasi dalam startup. Pengalaman yang tidak dapat diperoleh dari perusahaan besar di masa lalu seperti ini dapat dikatakan sebagai daya tarik startup.

Sementara itu, kepedulian terhadap cita-cita (visi) dan layanan yang ingin dicapai oleh pendiri atau pengusaha juga diutamakan. Sumber daya manusia yang dapat memindahkan jalur karier mereka sendiri dengan jelas dan mandiri dapat dikatakan sebagai gambaran karakter yang diperlukan oleh perusahaan startup.

PT APPKEY juga menerima konsultasi tentang startup. Jika Anda mengalami masalah dengan startup, seperti pengembangan aplikasi, website, dan pemasaran, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami.


Cara Untuk Menyukseskan Startup Adalah

startup adalah

Sebagian besar startup didasarkan pada realisasi produk, layanan, dan model bisnis yang sebelumnya belum pernah ada di mana pun. Oleh karena itu, membangun startup memerlukan inovasi serta mulai merealisasikannya. Berikut ini akan dipaparkan poin-poin penting untuk menyukseskan startup.

Keterikatan terhadap layanan atau produk yang ditangani

Produk, layanan, dan model bisnis yang ditangani startup harus diatasi oleh anggota yang tergabung dalam startup yang memiliki keterikatan dan antusiasme lebih dari siapa pun. Mereka tidak dapat menjelaskan seberapa inovatif dan praktisnya produk serta layanan yang mereka bayangkan.

Hal ini membuat presentasi kepada investor individu dan VC yang perlu mereka lakukan selanjutnya tidak akan berhasil dan pembiayaan pun akan menjadi sulit. Selain itu, jika mereka mampu menjelaskan layanan atau produk yang mereka tangani, kemungkinan layanan atau produk itu dapat direalisasikan juga akan menjadi semakin tinggi.

Memiliki visi yang jelas dan anggota yang dapat bekerja keras

Realisasi barang atau layanan yang sebelumnya tidak pernah direalisasikan oleh siapa pun tidak akan dapat diwujudkan oleh upaya dan semangat yang biasa-biasa saja. Penting bagi semua anggota tim untuk memiliki kepercayaan diri dan prospek yang jelas. Sumber daya manusia yang mampu menunjukkan kepemimpinan yang kuat juga akan menjadi kekuatan utama.

Ini untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita atau visi yang ingin direalisasikan dalam memulai startup. Selain itu, hal yang juga dikatakan sangat diperlukan untuk keberhasilan startup adalah selalu memasukkan informasi terbaru. Jadi, terus hasilkan ide-ide yang dapat disesuaikan, dan sikap optimis dalam menghadapi setiap kesulitan.

Pemahaman terhadap Teori Difusi Inovasi

Pemahaman terhadap teori difusi inovasi juga diperlukan untuk membangkitkan inovasi dan menyebarluaskan produk atau layanan inovatif kepada dunia. Teori difusi inovasi adalah teori ekonomi yang merangkum ‘aliran produk atau layanan baru sampai menembus pasar’. Pemasukkan produk atau layanan baru ke pasar ditentukan oleh tingkat distribusi konsumen yang diklasifikasikan sebagai berikut.

Penemu hal baru : Inovator
Pengguna awal : Early Adaptor
Pengikut pertama : Early Majority
Pengikut kedua : Late Majority
Penunda penggunaan : Laggard

 

Inovator dan Early Adaptor didefinisikan sebagai konsumen penting dalam penyebaran inovasi dan dikatakan bahwa produk atau layanan baru akan menyebar secara luar biasa jika melebihi jumlah rasio kedua pasar.

Teori ini disebut ‘teori tingkat pemasukan 16%’ dan dianggap sebagai ukuran standar dari semua strategi manajemen dan kegiatan pemasaran. Oleh karena itu, startup harus memberi informasi kepada para Inovator dan Early Adaptor tentang kenyamanan dan fungsi produk atau layanan mereka dengan cara yang mudah dipahami.

Karena penyebaran smartphone dan media sosial dalam beberapa tahun terakhir ini, lingkungan yang membuat startup mudah untuk mendekati Inovator dan Early Adapter mulai terbentuk. Sementara itu, beberapa produk menunjukkan bahwa siklus hidup produk (periode dari pengenalan produk ke penurunan pasar) telah menjadi lebih singkat dan agak sulit untuk disebarluaskan.

Oleh karena itu, ketika membangun sebuah startup, diperlukan untuk memahami dengan kuat ‘teori tingkat pemasukan 16%’ dalam teori inovasi dan melakukan kegiatan pemasaran yang tepat.

Rangkuman

Startup adalah fase penting untuk membangun produk dan layanan baru untuk generasi berikutnya. Pada saat yang sama, startup juga diperlukan untuk memberikan hasil dalam jangka waktu yang singkat.

Selain itu, personel yang terlibat dalam perusahaan startup harus memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang tinggi. Selain itu, diperlukan cara berpikir dan sikap yang berpusat pada tujuan dan cita-cita yang telah ditetapkan oleh anggota yang berpartisipasi.

Di sisi lain, startup adalah peluang untuk mempercepat perkembangan sebagai pengusaha dan mewujudkan jalur karier yang dituju. Startup dianggap memainkan peran penting bahkan dalam ekonomi dunia yang mengglobal.

Perkembangan Transportasi Ojek Online di Indonesia

0
Perkembangan Pesat Transportasi Ojek Online di Indonesia

Ojek Online di Asia Tenggara

Kota-kota besar di Asia Tenggara selalu padat dengan kemacetan. Oleh karena itu, ‘ojek’ yang menggunakan sepeda motor sebagai taksi sudah umum sejak dulu dan sekarang pun masih banyak digunakan. Di Indonesia, Thailand, Filipina dan Vietnam, ojek menunggu pelanggan di jalan, menegosiasikan harga, lalu membonceng pelanggan di belakang sepeda motor sampai ke tujuan. Banyak orang menjadi pengemudi ojek sebagai pekerjaan sampingan.

Ojek adalah alat transportasi penting bagi penduduk setempat yang sudah tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Jakarta, ibukota Indonesia, yang mana sebagian besar keretanya tidak terawat, memiliki tingkat kemacetan lalu lintas yang luar biasa. Tidak hanya pada jam berangkat bekerja, jalan juga selalu macet pada waktu-waktu biasa. Ada juga banyak jalan satu arah yang terkadang diblokir karena kecelakaan dan lain-lain yang semakin meningkatkan terjadinya kemacetan lalu lintas. Anda dapat tiba lebih awal jika menggunakan sepeda motor bahkan di jalan yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk mobil karena kemacetan lalu lintas seperti itu.

Perkembangan Pesat GO-JEK dan Grab

Di Indonesia pun ojek sudah sering digunakan sejak lama, tetapi saat ini ojek online terbaru yang dapat dengan mudah dipanggil melalui smartphone sedang berkembang pesat.

Keadaan ojek di Indonesia telah berubah secara signifikan dalam tiga tahun terakhir. Pengendara motor dari perusahaan GO-JEK dan perusahaan Grab yang mengenakan jaket dan helm berwarna hijau menjadi mencolok di kota. Di Indonesia, sebagian besar wilayah dipenuhi oleh dua perusahaan kuat yaitu GO-JEK dan Grab. GO-JEK adalah perusahaan lokal, tetapi tidak hanya di Indonesia, Grab juga berkembang di negara-negara Asia Tenggara.

GO-JEK dan Grab merupakan ojek yang dapat dipanggil dengan mudah melalui smartphone oleh siapa saja dan dapat dikatakan seperti versi sepeda motor dari aplikasi pengiriman Uber. Daripada mencari di jalan atau melakukan reservasi melalui telepon, sekarang taksi lebih mudah untuk dipanggil dengan aplikasi smartphone sehingga pembayaran pun dapat dilakukan dengan mudah.
 

Ojek Online yang Dapat Dipanggil dengan Smartphone

Pengguna tidak perlu lagi pergi ke tempat ojek dan melakukan negosiasi seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Dengan aplikasi smartphone, pelanggan dapat menemukan ojek yang dekat, lalu meminta mereka datang ke tempat yang diperlukan, dan meminta mereka untuk mengantar sampai ke tujuan. Perusahaan GO-JEK maupun Grab memiliki biaya yang jelas dan pembayaran juga dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Pengemudi sepeda motor selalu memiliki smartphone di tangan mereka dan memeriksa apakah ada panggilan dari pelanggan, metode ini jauh lebih efisien daripada metode ojek sebelumnya. Di Indonesia smartphone cukup populer, di daerah perkotaan seperti Jakarta hampir semua orang memiliki smartphone, dari pelajar hingga orang dewasa. Selain itu, karena ojek itu sendiri adalah layanan yang telah dikenal sejak lama, sehingga jenis bisnis terbaru seperti ini juga menjadi berkembang dengan sangat pesat.

Ojek Online yang Praktis

Indonesia memiliki jalan tikus yang rumit seperti labirin. Meskipun begitu, pengemudi ojek online dari kedua perusahaan tersebut akan datang ke tempat pelanggan yang berada di jalan tikus sekalipun. Banyak orang-orang yang sudah menjadi pengemudi ojek sebelumnya, sekarang telah beralih menjadi pengemudi ojek online GO-JEK atau Grab. Jadi, ada banyak pengemudi yang sudah mengenal jalan dengan baik.

Selain itu, masyarakat di Indonesia sering makan di warung dan restoran, atau memesan secara delivery. GO-JEK mendapat reputasi yang baik karena pengemudi ojek akan membeli makanan setelah mendapatkan pesanan makanan yang diinginkan dari pelanggan dan mereka juga akan mengantarkannya ke rumah atau kantor pelanggan dengan sepeda motor. Mengenai bantuan berbelanja, GO-JEK juga memberikan layanan yang sangat baik kepada pelanggan, pengendara ojek akan pergi membeli produk yang dipesan pelanggan ke supermarket atau pasar dan mengantarkannya ke rumah mereka.

Baru-baru ini, tanda-tanda iklan mulai terlihat dan konflik pelanggan di kedua perusahaan semakin meningkat. Saat ini, ojek online yang lebih dominan di Jakarta adalah GO-JEK. Alasan kepopuleran GO-JEK adalah selain bekerja sebagai pengemudi ojek, mereka juga dapat melakukan pengiriman barang, membantu berbelanja, dan mengantarkan makanan.

Layanan Ojek Online yang Meningkat

Dibandingkan dengan sebelumnya, layanan ojek online saat ini telah meningkat pesat. Pelanggan dapat menggunakannya dengan tenang tanpa dikenakan biaya yang tidak jelas seperti dahulu. Kenyamanan juga meningkat karena saat ini pembayaran dengan kredit juga dapat dilakukan. Selain itu, dulu Anda tidak punya pilihan selain mengenakan helm yang Anda tidak tahu siapa yang telah menggunakannya, tetapi sekarang juga ada ojek yang menawarkan masker bersih dan penutup kepala.

Banyak wanita berpikir bahwa mengendarai sepeda motor itu berbahaya dan tidak bisa memperbaiki sendiri ketika mogok, sehingga banyak wanita yang tidak mau mengendarai sepeda motor sendiri. Ojek online menanggapi dengan baik kebutuhan perempuan yang seperti itu. Saat ini di Indonesia juga ada ‘Ladyjek’ yang khusus untuk wanita, pengemudinya adalah wanita, sehingga jika pelanggan tidak suka dengan pengemudi laki-laki, mereka lebih baik memanggil Ladyjek.

Selain itu, tablet untuk memanggil Grab dipasang di sekitar pintu masuk pusat perbelanjaan dan siapa saja dapat menggunakan tablet tersebut untuk memanggil pengemudi ojek terdekat. Tetapi, karena sebagian besar orang Indonesia yang mengunjungi mal telah memiliki smartphone, tablet ini tidak banyak digunakan karena mereka bisa memanggil ojek dengan smartphone mereka sendiri.
 

Bermitra dengan Startup Lokal

Dengan keadaan tersebut, di Indonesia, kenyamanan ojek meningkat dengan memanfaatkan smartphone yang dimiliki oleh semua orang. Pengembangan layanan baru muncul dengan berbagai latar belakang kebutuhan, kemitraan dan akuisisi dengan startup lokal pun bermunculan, dan layanan terus diperkuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna serta menyelesaikan masalah sosial.

Pada bulan November tahun 2016, GO-JEK memperkenalkan uang elektronik yang disebut Go-Pay. Setelah mendaftar Go-Pay pada aplikasi GO-JEK, pelanggan dapat menggunakannya untuk pembayaran, pembelian layanan, dan lain-lain. Jika Anda mengisinya secara prabayar, Anda dapat membayar dengan saldo Go-Pay dalam aplikasi, jadi pembayaran dapat dilakukan tanpa melakukan transaksi tunai dengan pengemudi. Pada bulan Maret tahun 2017, GO-JEK memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pelanggan mengirimkan Go-Pay kepada satu sama lain secara gratis.

Pada bulan April tahun 2017, Grab membeli perusahaan platform e-commerce lokal bernama Kubo. Kubo adalah perusahaan yang menawarkan layanan yang memungkinkan orang yang tidak memiliki kartu kredit dapat berbelanja online. Dengan mengakuisi Kubo, Grab berharap dapat meningkatkan kenyamanan pembayaran saat pelanggan memakai ojek di Indonesia, terutama untuk masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit.

Saat Ini Merupakan Era Berbagi Sepeda Motor

Di Asia Tenggara, banyak orang mulai menggunakan ojek melalui smartphone dan jumlah orang yang memiliki sepeda motor berkurang. Dahulu, kepemilikan sepeda motor seperti semacam simbol status, bahkan jika tidak memiliki uang yang cukup, orang membeli sepeda motor dengan angsuran bulanan. Masih banyak orang yang berpendapat bahwa sepeda motor adalah kebutuhan sehari-hari. Tetapi, baru-baru ini, masyarakat memiliki kecenderungan kuat untuk memilih membeli mobil daripada sepeda motor. Ketika mengendarai sepeda motor sendiri, kita bisa menemui masalah seperti kemacetan lalu lintas, pencurian, tempat parkir dan tidak bisa minum (minuman keras) dalam perjalanan kembali, jadi banyak yang memutuskan untuk menggunakan bus atau ojek untuk bepergian atau pergi ke sekolah.

Produsen sepeda motor pun mengakui bahwa saat ini bukan lagi era masyarakat memiliki sepeda motor, tetapi era dimana pengguna memanggil ojek saat diperlukan. Tidak diragukan lagi bahwa ‘sharing economy’ mulai bermunculan.

Konsep baru yang bernama sharing economy lahir dari Silicon Valley, Amerika. Daripada memiliki dan menggunakan barang atau layanan sendiri, berbagi informasi menggunakan internet merupakan sebuah konsep ekonomi terbaru yang memungkinkan orang untuk menggunakan barang atau jasa yang diperlukan di waktu yang sama saat mereka membutuhkannya. Sharing economy dapat dikatakan sebagai konsep terobosan yang dapat mengurangi biaya kepemilikan, seperti investasi awal (biaya pembelian) dan biaya pemeliharaan.

Contoh lain dari sharing economy yang terkenal adalah Airbnb yang menyediakan rumah dan properti yang dimiliki sebagai fasilitas akomodasi dan aplikasi pengiriman Uber yang telah disebutkan di atas.

Karena ojek online dari GO-JEK dan Grab menggunakan sepeda motor yang dimiliki oleh pengemudi itu sendiri, perusahaan tidak perlu memiliki aset tetap atas sepeda motor.

Industri Manufaktur yang Berubah Karena Sharing Economy

Berkurangnya kepemilikan individu atas sepeda motor karena meningkatnya jumlah pengemudi ojek berarti bahwa produsen sepeda motor tidak dapat hanya mengandalkan pada pembuatan dan penjualan sepeda motor selamanya. Oleh karena itu, berurusan dengan bisnis baru seperti kemitraan dengan Grab menjadi sangat penting.

Sharing economy diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar $335 miliar pada tahun 2025, meskipun ukuran pasarnya sekitar $15 miliar pada tahun 2013. Di dalamnya termasuk berbagai macam kategori bisnis. Saat ini produsen sepeda motor dan mobil mengutamakan untuk ‘membuat dan menjual’ produk mereka. Dasar perkembangan bagi perusahaan yang sebelumnya adalah ‘menghasilkan produk berkualitas tinggi dalam jumlah besar dan menjualnya di seluruh dunia’, namun hal tersebut saat ini mulai berubah dari awal.

Ketika sharing economy menjadi tren, masyarakat menjadi mudah untuk memanggil dan menggunakan sepeda motor kapan saja mereka ingin dan tingkat kenyamanannya pun juga meningkat. Sebaliknya, biaya kepemilikan sepeda motor jauh lebih mahal karena perbaikan, pemeliharaan rutin, biaya bensin, dan lain-lain, selain harus terus mengeluarkan biaya, kerugian pun menjadi terus meningkat.

Oleh karena itu, diperkirakan bahwa orang-orang tidak lagi memiliki manfaat untuk memiliki kendaraan pribadi dan hal ini akan berdampak buruk pada produsen kendaraan. Jika hal tersebut terjadi, sebagai produsen, pengurangan pendapatan yang sejauh ini dianggap ‘biasa’ seperti biaya pemeliharaan dan perbaikan, akan menjadi masalah dan mereka harus menghadapi situasi baru yang tidak dapat dibayangkan.

Dalam sharing economy, sumber pendapatan macam apa yang akan ditemukan dalam industri manufaktur dan apakah hal tersebut akan terus tumbuh sebagai sebuah perusahaan, gerakan tren dari perusahaan Honda menarik perhatian produsen di seluruh dunia.
[business-about]

Panduan Cara Membuat Website Perusahaan Mudah Untuk Anda

0
cara membuat website perusahaan, cara membuat website

Untuk cara membuat website perusahaan sendiri, umumnya kita hanya akan memerlukan biaya domain, hosting dan materi, jika membahas masalah biaya, kita bahkan bisa membuatnya dengan biaya sekitar Rp1 juta per tahun.

Namun, jika kita menyewa perusahaan pembuat web untuk melakukannya, biaya pengembangannya bisa berkisar antara Rp5 juta hingga puluhan juta Rupiah. Selain itu, banyak diantaranya akan menimbulkan biaya pemeliharaan setiap bulannya.

Namun, tergantung spesifikasi webnya, harga tersebut bisa dibilang tidak mahal karena mereka harus mempertimbangkan desain website yang akan dibuat, biaya meeting (konsultasi dengan klien) atau pemotretan (untuk penyediaan materi gambar), biaya editor gambar, hingga biaya tenaga kerja yang terlibat dan lainnya sehingga wajar harganya menjadi tinggi.

Jika ada permintaan pembuatan website, biasanya hanya sekali dan mereka harus membuatnya secara mendetail, jadi jika mereka tidak menghargainya minimal Rp10 Juta, pekerjaan ini tidak akan bisa dijadikan bisnis.

Namun, saya rasa banyak juga orang yang mengatakan bahwa cukup dengan membuat homepage yang simple dan hanya menampilkan informasi perusahaan dan tidak harus memiliki kualitas yang tinggi untuk website perusahaan yang ingin dibuatnya.

Dalam kasus seperti itu, kita akan bisa menekan biaya dengan cara membuat website perusahaan sendiri tanpa menyewa jasa perusahaan pengembang.

Cara Membuat Website Perusahaan Mudah dan Cepat

cara membuat website perusahaan, cara membuat website

Untuk membuat sebuah website perusahaan, terdapat beberapa langkah yang bisa diikuti untuk membuat website yang optimal untuk perusahaan. Berikut beberapa cara membuat website perusahaan dengan mudah dan cepat untuk Anda

Jenis Perusahaan yang Cocok Untuk Membuat Website Perusahaan Sendiri

Jika berbicara masalah perusahaan yang cocok untuk membuat websitenya sendiri, misalnya dalam kasus untuk membuat akun bank, maka memerlukan website perusahaan, atau untuk dapat membuat kartu nama, pemilik perusahaan membeli domain untuk dapat membuat email khusus.

Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat website perusahaan sendiri kelak anda akan menjadi pimpinan perusahaan. Pimpinan perusahaan yang baru berdiri dan belum memiliki jaminan apapun dan bahkan belum menerima bayaran atas apa yang dilakukannya, pasti akan membuat website perusahaannya sendiri.


Perusahaan yang cocok membuat websitenya sendiri

  • Perusahaan yang hanya mempublikasikan informasi umum perusahaan
  • Perusahaan yang memerlukan website untuk mendaftar akun bank
  • Perusahaan yang perlu email resmi untuk dicantumkan dalam kartu nama
  • Perusahaan yang tidak mengharapkan penghasilan melalui website
  • Perusahaan yang tidak memerlukan pendaftaran penggunanya melalui website
  • Perusahaan B to B yang tidak perlu melakukan pendekatan terhadap pengguna biasa
  • Perusahaan yang tidak perlu mencari pelanggan secara online, karena sudah memiliki pelanggan yang pasti
  • Perusahaan yang tidak memiliki permintaan dari konsumen umum

Di sisi lain, jika Anda perlu menjangkau konsumen menggunakan, seperti toko online, restoran, atau klinik, saya sarankan Anda membuat website yang terlihat bagus dengan meminta pada perusahaan pembuat website profesional.

Perusahaan yang perlu menggunakan jasa perusahaan pembuat website

  • Perusahaan yang menginginkan pelanggan dan hasil penjualan melalui website
  • Perusahaan yang perlu membuat branding dan diferensiasi dengan perusahaan lain
  • Perusahaan yang memiliki permintaan dari konsumen umum
  • Perusahaan yang menjalankan bisnis jenis B to C

Meskipun Anda menganggap tidak ada yang akan melihat website perusahaan, namun di luar dugaan website perusahaan justru sangat banyak dicari. Misalnya, selain kerabat atau teman, website ini bisa saja akan dikunjungi dan dinilai oleh perusahaan perusahaan pemasok dan industri, mitra bisnis, marketing asuransi dan perlengkapan perusahaan dan lain-lainnya.

Jika membuat website sendiri menjadikan desainnya kurang bagus sementara website tersebut harus ditampilkan untuk pengguna umum, maka saya sarankan pada untuk menggunakan jasa perusahaan pengembang yang profesional.

Poin Utama Cara Membuat Website Perusahaan 

Poin utama ketika kita membuat website sendiri, bukanlah membuat website gratis, namun ada pada poin dimana kita membuat web dan mendapatkan domain sendiri.

Cara membuat website perusahaan terbaik adalah dengan terlebih dahulu menentukan domain, contohnya: domain “co.id” untuk perusahaan komersial umum dan domain “or.id” untuk perusahaan nirlaba seperti institusi medis.

Harga domain untuk organisasi seperti ini memang agak mahal dibandingkan dengan domain biasa yaitu sekitar Rp300,000/tahun, karena domain ini hanya dapat diperoleh oleh organisasi perusahaan yang telah sah terdaftar. Oleh karena itu, kepemilikan atas domain ini juga menjadi bukti atas keandalan perusahaan Anda.

Namun, sekarang sudah memungkinkan bagi kita untuk mencari informasi yang terdaftar di internet, sehingga tidak perlu menyerahkan sertifikat seperti sebelumnya untuk mendapatkan domain ini. Untuk detail tentang cara mendapatkan domain unik ini, silakan lihat di sini.

Jika Anda telah memperoleh domain co.id, artinya perusahaan Anda sudah terdaftar, jadi Anda harusnya dapat membuka akun bank perusahaan dengan relatif mudah. Selain itu, bagus juga untuk membuat email untuk dicetak dalam kartu nama menggunakan domain “co.id” yang telah didapat.

Desain atau sistem web selalu dapat kita ubah kapanpun, bahkan setelah dipublikasikan, beda halnya dengan domain, kita tidak dapat sering mengubah nama domain hanya karena kita ingin.

Maka itu, sebagai salah satu cara membuat website perusahaan, saya sarankan agar Anda membeli domain “co.id”.


Pilih Platform Website Yang Tepat

Untuk membuat website perusahaan dengan cepat kita membutuhkan platform untuk membuat website tersebut. Sekarang sudah banyak terdapat platform pembuatan website dengan beragam jenis dan juga beragam fitur yang berbeda dan juga untuk kegunaanya. 

Beberapa contohnya ada WordPress, Wix, Shopify, atau bisa saja platform kustom. Maka sangat penting untuk anda menyesuaikan platform website dengan kebutuhan perusahaan anda atau anda sendiri.

Gunakan Server Khusus Untuk Website Instansi

Untuk situs web bisnis, menyewa server situs web bisnis khusus adalah pilihan terbaik.

Terutama dalam kasus situs e-commerce, utilisasi kapasitas sebesar 1% pun bisa mengakibatkan hilangnya penjualan selama 3 hari dalam 1 tahun, selain itu kemungkinan adanya  email spam yang terkirim dari situs instansi, hal ini akan sangat menghambat kinerja perusahaan.

Dalam artian, saya menyarankan Anda untuk menggunakan server rental untuk pengguna korporat yang memiliki tingkat utilisasi dan keamanan tinggi, tetapi jika Anda menggunakan situs web hanya untuk menampilkan informasi perusahaan, tidak akan ada masalah khusus bahkan jika Anda menggunakan server rental standar.

Otentikasi Jenis SSL Agar Lebih Optimal

Mengenai URL, baru-baru setiap website diwajibkan untuk memperoleh SSL dan membuat URLnya menjadi HTTPS.

Namun hal ini masih memiliki kendala apakah server yang disewa mendukung SSL atau tidak.

Karena merek SSL yang tersedia bisa berbeda tergantung pada server yang disewa, maka itu ada baiknya memikirkan untuk menyewa server sekaligus dengan SSLnya.

Pastikan Template Memuat Informasi Perusahaan

cara membuat website perusahaan, cara membuat website

Setelah Anda mendapatkan domain co.id di atas dan Anda juga mendaftar ke server rental, kami sarankan Anda membuat websitenya sendiri menggunakan template gratis sederhana, dll.

Jika dicari, di internet banyak terdapat template gratis untuk perusahaan. Mengenai konten informasi perusahaan, merupakan ide bagus untuk mengungkapkan rincian bisnis, lokasi, nama PIC, dll. Jika Anda memposting gambar di dalam perusahaan dan menjadikannya konten yang memahami realitas bisnis yang konkret, saya pikir tidak perlu lagi adanya peninjauan dari pihak bank dalam proses pembukaan akun perusahaan

Optimasi SEO

Agar konten anda lebih mudah dijangkau oleh user di google, anda dengan cara mengoptimasi SEO. Mengoptimasi SEO adalah proses untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web anda di mesin pencari seperti google, ada beberapa cara untuk mengoptimalkannya.

Pertama gunakan kata kunci yang relevan dengan konten anda, atau anda juga bisa menggunakan keyword planner atau ubersuggest untuk mendapatkan ide kata kunci. Kedua optimasi URL, buatlah url yang bersih deskriptif dan mengandung kata kunci. 

Cobalah untuk menghindari penggunaan karakter aneh atau angka yang tidak penting dalam URL. Ketiga dapatkan backlink berkualitas dari situs web otoritatif dan relevan, hindari backlink dari web spam. keempat pastikan situs web ada dimuat dengan cepat, kecepatan memuat halaman merupakan faktor penting dalam peningkatan seo.

Buat Konten yang Berkualitas

Demi kenyamanan pengunjung website anda maka buatlah konten yang berkualitas yang informatif dan relevan. Dibandingkan anda membuat konten yang mengandung unsur sara, berita hoax atau yang lainnya hanya demi membuat website anda dikenal. 

Tidak cukup segitu saja, untuk membuat website yang berkualitas. Pastikan juga  website anda dapat dibuka oleh banyak media elektronik, contohnya handphone, laptop, desktop dengan layar yang besar atau website yang responsive, semakin banyak jenis ukuran layar jika konten anda tidak diatur, konten anda akan menjadi berantakan dan menjadi kurang enak dilihat oleh pengunjung website anda.

Kenalkan Website Kepada Dunia

Setelah anda berhasil membuat website untuk perusahaan anda atau anda sendiri, tidak mungkin website yang anda buat sendiri untuk perusahaan hanya dilihat oleh sedikit orang? Di zaman yang maju sekarang sudah ada media sosial, dimana anda dapat mempromosikan website anda.

Dimana orang orang yang sedang mencari kebutuhan mereka bisa saja mendapatkan apa yang mereka inginkan di website anda, biasanya media sosial akan menampilkan konten yang berkaitan dengan user atau interaksi user. Misalnya saja anda sering berinteraksi dengan konten tentang properti rumah atau anda suka memodifikasi motor, maka di beranda media sosial anda akan ada konten tersebut.

Pemeliharaan Website

Seiring berjalannya waktu, website anda akan dikunjungi oleh orang orang dan teknologi tidak akan diam saja teknologi akan terus berkembang juga. Manfaatkan waktu anda untuk memantau teknologi yang baru agar teknologi website anda tidak tertinggal dengan website yang lainnya. 

Terserah dengan anda sendiri sebenarnya, tetapi tetap saja pantau teknologi terbaru bisa jadi anda mendapatkan inspirasi baru atau ada keinginan untuk memperbarui teknologi di website anda kan? peluang anda mendapatkan ilmu akan sangat besar begitu juga dengan website yang sudah anda buat agar teknologinya yang digunakan tidak tertinggal dari yang lainnya.

EIts itu saja belum cukup, anda juga harus memantau kinerja web anda seperti apa fitur yang tidak berguna seperti yang saya katakan di atas teknologi akan terus berubah akan ada beberapa fitur yang anda gunakan sekarang akan dihapus dan diganti di masa yang akan datang. Tentu juga akan ada pengguna yang akan menanggapi website anda, anda juga dapat menanggapi umpan balik pengguna.

Bagaimana Cara Menggunakan Google AdWords

0
Cara Menggunakan Google Ads (AdWords) Indonesia Bagi Pemula

Google Ads (AdWords) merupakan halaman hasil pencarian dari mesin pencari seperti Google yang menyediakan tampilan iklan berbayar terkait dengan kata kunci yang dicari.

Google Ads (AdWords) dapat disebut juga sebagai iklan yang berkaitan dengan kata kunci atau iklan yang berkaitan dengan pencarian, karena iklan tersebut ditampilkan berdasarkan hasil pencarian oleh pengguna.

Artikel ini akan dijelaskan mengenai Google Ads (AdWords) Indonesia dari pengertian dasar hingga bagaimana cara pengaplikasiannya.

1. Pengertian Google Ads (AdWords) Indonesia

Google Ads (AdWords) adalah iklan yang ditampilkan berdasarkan hasil pencarian ketika pengguna mencari kata kunci tertentu di mesin pencari. Iklan tersebut ditampilkan seperti pada contoh gambar berikut.

Google Ads (AdWords) indonesia

1-1. Iklan ditampilkan berdasarkan kata kunci, sehingga sangat efektif dalam menarik minat pengunjung dengan cepat.

Google Ads (AdWords) akan ditampilkan bersamaan dengan kata kunci yang dicari pada mesin pencari. Oleh karena itu, biasa disebut sebagai ‘iklan yang berkaitan dengan pencarian’ dan pengguna ingin mendapatkan informasi tentang kata kunci terkait dengan hal yang mereka cari. Selain itu, jika ingin mendapatkan meskipun hanya 1% dari total pengguna untuk mengunjungi situs website Anda, maka menggunakan layanan Google Ads (AdWords) adalah pilihan yang tepat.

Karena Google Ads (AdWords) merupakan iklan berbasis kata kunci, Anda dapat menargetkan minat pengguna berdasarkan kata kunci yang mereka masukan. Anda dapat menarik pengguna untuk berkunjung ke situs Anda dengan memanfaatkan Google Ads (AdWords) setelah mempertimbangkan kebutuhan pengguna yang mencari sebuah kata kunci.

Baca juga : Cara Iklan di Google Ads Terbaru | Tingkatkan Penjualan Anda

1-2. Google sebagai media publikasi utama.

Media utama sebagai tempat dimana Google Ads (AdWords) dipublikasikan adalah Google Ads (AdWords) oleh Google. Pertama-tama, pahamilah mengenai media tersebut.

◆GoogleAdWords

Google Ads (AdWords) akan muncul pertama kali pada halaman hasil pencarian melalui mesin pencari seperti Google dan mesin pencari lainnya.

Memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia.

90%-nya berasal dari mesin pencari yang digunakan di Indonesia.

1-3. Berbeda dengan SEO, Google Ads (AdWords) mudah dikelola.

SEO memiliki fungi yang serupa dengan Google Ads (AdWords) yaitu menuntun pengguna agar mengunjungi situs website berdasarkan hasil pencarian yang diinginkan setelah memasukkan kata kunci tertentu.

Ketika menampilkan hasil pencarian, terkadang Google Ads (AdWords) dan SEO memiliki suatu kecenderungan melakukan kekeliruannya masing-masing. Kira-kira apa saja perbandingan dari keduanya?

 Perbedaan yang paling besar adalah kemungkinan untuk mengelola tampilan.

Peringkat pencarian pada Google Ads (AdWords) diurutkan berdasarkan kata kunci yang ditawarkan dan kualitas iklan, sehingga Anda dapat menampilkannya di bagian teratas hasil pencarian berdasarkan biaya yang Anda keluarkan untuk iklan tersebut. Pengaturan sistemanya pun tidak memerlukan banyak waktu, sehingga Anda dapat dengan segera memperoleh hasilnya.

Di sisi lain, karena sistem pada SEO bekerja berdasarkan tingkat hasil pencarian yang ditentukan berdasarkan algoritme mesin pencari, sehingga dibutuhkan banyak waktu, usaha serta biaya untuk memunculkan situs website Anda di halaman pertama hasil pencarian.

Penting untuk memperoleh persetujuan dari mesin pencari yang menyediakan informasi yang paling dibutuhkan oleh pengguna untuk ditampilkan pada urutan teratas.

Baik Google Ads (AdWords) maupun SEO merupakan pilihan yang tepat untuk menarik minat pengguna agar mengunjungi situs website Anda. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan Google Ads (AdWords) sebagai tahap permulaan untuk beriklan.

1-4. Hal-hal lain yang dapat dikelola melalui Google Ads (AdWords)

Dapat menentukan sendiri dengan bebas penawaran harga.

Dapat memulai Google AdsWord dengan biaya yang rendah.

Peringkat tampilan dapat dikelola dalam jangka waktu tertentu tergantung dari biaya yang dikeluarkan.

Dapat mengatur tautan iklan sendiri

Tidak memakan terlalu banyak waktu untuk memasang iklan

Iklan dapat diatur untuk ditampilkan/tidak ditampilkan


2. Sistem Pembiayaan Google Ads (AdWords) Indonesia

Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai sistem pembiayaan pada Google Ads (AdWords).

2-1. Sistem PPC (Pay Per Click)

Google Ads (AdWords) memiliki sistem penetapan biaya yang disebut cost-per-click. Hal ini berarti jika iklan tidak di-klik, maka keuntungan tidak akan bisa diperoleh dari iklan tersebut. Ada juga beberapa kasus dimana Anda perlu membayar iklan tersebut tanpa perlu melakukan klik, seperti pada iklan banner, namun Anda tidak perlu khawatir jika meng-klik iklan berdasarkan cost-per-click tersebut.

Google Ads (AdWords) disebut juga sebagai iklan PPC (Pay Per Click) karena biaya yang dikenakan bukan karena iklan tersebut ditampilkan melainkan karena di-klik.

Biaya iklan akan muncul apabila iklan di-klik berdasarkan harga setiap kliknya dan kualitas dari iklan itu sendiri. Sistem perhitungan dari iklan cost-per-click ini adalah (harga per klik X jumlah klik).

2-2. Biaya iklan ditentukan berdasarkan penawaran

Biaya sebuah iklan ditentukan berdasarkan penawaran.

Iklan ditampilkan setelah memberikan penawaran dengan harga minimal (penawaran berkisar dari Rp. 100 hingga Rp. 1 juta/kata kunci, kualitas iklan dan jumlah penawar). Biasanya, semakin sering kata kunci dicari, maka penawaran yang ditawarkan juga bisa semakin besar.

2-3. Penempatan iklan ditentukan dari ‘penawaran harga’ X ‘kualitas iklan’

Apabila terdapat beberapa penawaran untuk satu kata kunci, maka penempatan iklan Anda ditentukan berdasarkan ‘peringkat iklan’ yang berasal dari ‘penawaran harga’ X ‘kualitas iklan’ (jumlah klik, dll).

Iklan yang ditampilkan dari peringkat tertinggi.

Sebagai contoh, anggaplah bahwa perusahaan A menawarkan biaya sebesar Rp 20.000-, untuk sebuah kata kunci dan perusahaan B menawarkan biaya sebesar Rp 30.000-, untuk satu kata kunci.

Nama Perusahaan Perusahaan A Perusahaan B
Biaya maksimal per klik Rp. 20.000,- Rp.30.000,-
Nilai kualitas 8 4
Peringkat iklan Rp. 20.000×8 = Rp. 160.000 Rp. 30.000×4= Rp. 120.000
Posisi tampilan Pertama Kedua

Berdasarkan pada tabel di atas, karena kualitas yang dimiliki perusahaan A memiliki nilai 8, peringkat iklan yang diperoleh berada di posisi pertama dengan biaya Rp. 160.000,-. Sedangkan, perusahaan B memiliki nilai 4, sehingga peringkat iklannya berada di posisi kedua dengan biaya Rp. 120.000,-.


3. Hal-Hal yang Dapat Dilakukan dengan Google Ads (AdWords) Indonesia

Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai hal-hal yang dapat dilakukan ketika menggunakan Google Ads (AdWords).

3-1. Membuat teks iklan

Anda dapat membuat teks iklan sendiri untuk beriklan melalui Google Ads (AdWords). Gunakanlah kata kunci yang paling sering dicari untuk beriklan serta tulislah kalimat yang menunjukkan rasa rasa simpati dan empati Anda agar dapat menarik minat pengunjung.

Teks iklan tersebut memiliki batasan karakter untuk setiap bagiannya.

Judul : 15 karakter

Penjelasan : 19 karakter x 2 paragraf

Tampilan URL : 29 karakter

Tautan URL : 1024 karakter

Sebagai tambahan, terdapat beberapa batasan dalam menggunakan beberapa karakter atau simbol khusus.

Oleh karena itu, periksalah informasi terbaru dari masing-masing website resmi.

3-2. Menganalisis dan memperbaiki data

Google Ads (AdWords) memiliki kemampuan untuk menganalisis data secara efektif karena Google Ads (AdWords) mampu mengumpulkan data dan mengukur efektivitas dari jumlah iklan yang ditampilkan, di-klik, serta perhitungan biaya, dll.

3-3. Menambah efisiensi dengan mengacu pada middle word dan small word

Kata kunci pencarian dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu big word, middle word, dan small word. Big word merupakan kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak. Di sisi lain, jika posisi big word ditukar menjadi small word maka tingkat konversi akan semakin tinggi.

Jenis Contoh keyword Rata-rata pencarian dalam sebulan
Big keyword makanan 100,000~1,000,000
Middle keyword warung 10,000~100,000
small keyword warung bali 100~10000


4. Poin-Poin yang Perlu Diperhatikan dalam Google Ads (AdWords) Indonesia

4-1. Menggunakan kata kunci yang digunakan oleh banyak pesaing, maka akan memerlukan biaya tinggi.

Google Ads (AdWords) bekerja dengan sistem penawaran, jadi kata kunci yang sering dipakai dengan tingkat konversi yang tinggi tentunya memiliki biaya yang sangat mahal.

Sebagai contoh, kata kunci seperti ‘situs cari kerja online’ yang memiliki tingkat konversi sangat jelas sehingga memiliki biaya Rp. 300.000 per klik.

Meskipun Anda berniat untuk menggunakan kata kunci yang mudah digunakan, akan sangat sulit memberikan efek apabila ada perusahaan besar yang telah dikenal masyarakat luas menggunakan kata kunci tersebut.

 4-2. Pengoperasiannya membutuhkan tenaga dan waktu

Listing juga termasuk iklan operasional, sehingga saat Anda mulai menggunakannya, Anda akan membutuhkan usaha untuk mengoperasikannya. Mengukur efeknya secara langsung merupakan keuntungan tersendiri dan di sisi lain, Anda juga dapat mengubah isinya secara langsung walaupun memerlukan waktu dan tenaga.

Untuk memahami hal tersebut, memang diperlukan sedikit pengetahuan. Anda harus mengetahui beberapa hal seperti; cara mengoperasikan manajemen admin serta mempelajari kriteria penawaran.

5. Perusahaan yang Memiliki Spesialis di Bidang Google Ads (AdWords) Indonesia

Beberapa perusahaan memiliki spesialis di bidang Google Ads (AdWords) Indonesia.

Jika biaya yang Anda miliki berada di bawah kisaran Rp. 5 juta, kami sarankan untuk Anda mempelajari sendiri mengenai Google Ads (AdWords).

Jika lebih daripada itu, tidak ada salahnya juga mempekerjakan tenaga profesional untuk mengurangi banyak resiko karena langsung dioperasikan oleh ahlinya.

 

Rangkuman

Bagaimana menurut Anda?

Jika saat ini seseorang menanyakan “Apa itu Google Ads (AdWords)?” kepada Anda, Anda pasti bisa menjawabnya.

Teknik Pemasaran | 7 Teknik Analisis Pemasaran

0
Teknik Pemasaran | 7 Teknik Analisis yang Bermanfaat

Banyak dari orang yang baru pertama kali melakukan bisnis pemasaran dan sebagian orang yang baru-baru ini menjadi penanggung jawab bagian pemasaran tidak tahu harus memulai dari mana.

Sebelum membuat strategi dan taktik untuk membeli barang atau layanan, pertama-tama Anda perlu menganalisis situasi lingkungan sekitar perusahaan Anda.

Pada kesempatan ini, kami telah merangkum 7 teknik analisis yang sangat diperlukan dalam bisnis pemasaran.

Analisis PEST

Analisis PEST adalah teknik pemasaran untuk menganalisis pengaruh lingkungan makro dari empat perspektif.

PEST terdiri dari empat huruf awal dari empat hal di bawah ini.

  • Politics (aspek politik)
  • Economy (aspek ekonomi)
  • Society (aspek sosial atau gaya hidup)
  • Technology (aspek teknologi)

 

Dengan menganalisis dari keempat perspektif di atas, Anda dapat menyaring berita dan informasi yang berguna untuk strategi pemasaran yang tepat dari berita dan informasi yang berdatangan setiap hari.

Baca juga : Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)

Analisis 5 Force

Analisis 5 Force adalah teknik pemasaran untuk mengukur tingkat keuntungan dengan menganalisis lingkungan kompetitif dan faktor-faktor industri di sekitar perusahaan.

Kami akan menganalisis faktor-faktor yang menciptakan lingkungan kompetitif ke dalam lima kategori berikut.

  • Hubungan pertentangan antara perusahaan yang bersaing
  • Ancaman pendatang baru
  • Ancaman produk dan layanan alternatif
  • Kemampuan menawar pembeli
  • Kemampuan menawar perusahaan pemasok

 

Misalnya, KFC yang terkenal dalam industri makanan cepat saji, ada fitur yang menyulitkan untuk membedakan produk di antara perusahaan yang sama, sehingga persaingan di antara perusahaan yang sama menjadi semakin ketat. Karena ada banyak pesaing yang dapat menggantikan produk seperti hamburger dan kentang, perusahaan selalu perlu untuk mengawasi ancaman dari produk dan layanan alternatif.

Analisis Value Chain

Analisis Value Chain adalah teknik pemasaran untuk menganalisis setiap proses hingga melahirkan nilai-nilai untuk produk dan layanan perusahaan.

Pertama, kami mengklasifikasikan faktor-faktor yang secara langsung berkontribusi untuk menghasilkan nilai tersebut menjadi lima faktor sebagai berikut.

  • Pembelian logistik
  • Manufaktur
  • Pengiriman logistik
  • Penjualan/pemasaran
  • Layanan

 

Kemudian, kami mengklasifikasikan faktor-faktor yang secara tidak langsung berkontribusi untuk menghasilkan nilai tersebut menjadi empat faktor sebagai berikut.

  • Administrasi umum
  • Manajemen sumber daya manusia/tenaga kerja
  • Pengembangan teknologi
  • Kegiatan pemasokan

 

Analisis Value Chain dilakukan dengan melewati seluruh 9 proses di atas.
 

Analisis Value Chain akan membantu perusahaan menemukan bagian-bagian yang dapat menghemat biaya dalam kegiatan pemasaran dan mengidentifikasi bagian-bagian yang menghasilkan nilai tinggi.

Analisis 3C

Analisis 3C adalah teknik pemasaran berupa kerangka kerja yang berguna untuk menganalisis lingkungan tempat produk dan layanan digunakan.

Teknik pemasaran ini disebut sebagai analisis 3C karena diambil dari tiga huruf C pertama kata di bawah ini.

  • Customer (pelanggan)
  • Competitor (pesaing)
  • Company (perusahaan)

 

Misalnya, toserba memiliki banyak kasus di mana ada pesaing di sekitarnya atau ada pesaing baru membuka toko di sekitarnya, jadi mereka perlu selalu menganalisis pelanggan yang pergi ke toko mereka dan menganalisis toko pesaing untuk membuat strategi toko mereka.

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah teknik pemasaran untuk menganalisis lingkungan pasar dengan empat kategori berikut.

  • Strengths (kekuatan)
  • Weaknesses (kelemahan)
  • Opportunities (peluang)
  • Threats (ancaman)

 

Dengan menganalisis empat kombinasi di atas saat melakukan pengembangan strategi pemasaran, hal tersebut akan mengarahkan perusahaan pada penemuan peluang baru dan potensi risiko.
 

Analisis STP

Analisis STP adalah teknik pemasaran untuk mempersempit kategori pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dengan analisis lingkungan.

Sebutan STP diambil dari huruf pertama tiga kata di bawah ini.

  • Segmentation (segmentasi)
  • Targeting (target)
  • Positioning (posisi)

 

Daripada menargetkan pelanggan di pasar secara keseluruhan, Anda dapat memanfaatkan 3 celah untuk mempersempit target yang akan membantu Anda menemukan pelanggan terbaik untuk perusahaan Anda.

Analisis 4P

Analisis 4P adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menentukan konten pemasaran dasar dan terdiri dari empat huruf pertama di bawah ini.

  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (lokasi)
  • Promotion (promosi)

 

4P tidak berdiri sendiri, penggunaan kombinasi 4P akan membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang mengarah ke peningkatan penjualan dan akuisisi pelanggan.
 

Rangkuman

Pemasaran dimulai dengan memahami lingkungan di sekitar perusahaan Anda dengan memanfaatkan teknik analisis yang telah dipaparkan pada kesempatan ini.

Setelah menentukan target berdasarkan hasil analisis, Anda perlu membuat strategi dan taktik. Daripada memikirkan strategi dan taktik secara tiba-tiba, lebih penting bagi pemasaran untuk melakukan proses secara berurutan.

Mari lakukan analisis terlebih dahulu, kemudian rencanakan strategi dan taktik yang tepat.

Cara Mengecek SEO Ranking Website Paling Mudah

0
Alat yang Bermanfaat untuk Tracking Check SEO Ranking| Daftar Lengkap

Advanced Web Ranking

Advanced Web Ranking

Alat ini menggabungkan fungsi penelitian kata kunci dan pelacakan peringkat pencarian. Anda juga dimungkinkan untuk memeriksa faktor internal dan membuat laporan.

Website resmi (berbayar) : https://www.advancedwebranking.com/

AMZ Tracker

AMZ Tracker

Karena AMZ Tracker dapat memeriksa peringkat di Amazon, alat ini cocok untuk mereka yang menjual barang di Amazon. Anda dapat mengukur nilai atau peringkat halaman produk Anda berdasarkan informasi seperti ulasan yang memiliki dampak besar pada peringkat Amazon.

Website resmi (berbayar) : https://www.amztracker.com/

Authority Labs

Authority Labs

Dengan alat ini Anda dapat melacak peringkat lokal Google+ serta peringkat pencarian pada pencarian alami Google. Alat ini sangat nyaman digunakan ketika mengerjakan SEO lokal yang khusus untuk menarik pelanggan di area tertentu.

Website resmi (berbayar) : http://authoritylabs.com/

CuteRank

CuteRank

Ini adalah software bebas jenis instalasi yang dapat secara otomatis memantau peringkat oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Ask, dan lain-lain. Ada juga fitur saran satu titik untuk meningkatkan peringkat.

Website resmi (gratis) : http://cuterank.net/

GeoRanker

GeoRanker

GeoRanker memiliki fungsi pelacakan untuk SEO lokal. Dengan memasukkan kata kunci dan nama tempat, Anda dapat memeriksa peringkat pada pencarian lokal.

Website resmi (freemium) : https://www.georanker.com/

Microsite Masters

Microsite Masters

Master Microsite memiliki fungsi pelacakan kata kunci sederhana. Alat ini memiliki fungsi untuk memberi tahu kata kunci yang memiliki perubahan peringkat yang tinggi. Selain itu, Anda juga dapat mengukur bagaimana strategi membentuk tautan akan memengaruhi peringkat.

Website resmi (freemium) : http://www.micrositemasters.com/

MozCast

MozCast

MozCast menampilkan perubahan peringkat oleh algoritme Google dalam bentuk seperti perkiraan cuaca. Semakin meningkatnya suhu mengartikan bahwa telah terjadi perubahan peringkat pencarian yang ekstrem.

Website resmi (gratis) : http://mozcast.com/

Pro Rank Tracker

Pro Rank Tracker

Pro Rank Tracker memiliki kemudahaan dalam penggunaan interface dan fungsi pelaporan yang sangat baik. Fungsi untuk mengelola kata kunci secara efisien dapat ditemukan di mana-mana.

Website resmi (freemium) : http://proranktracker.com/


Rank Checker

Rank Checker

Ini adalah fungsi ekstensi Firefox yang memungkinkan Anda untuk memeriksa peringkat Google dengan mudah. Dengan alat ini Anda dapat memeriksa peringkat pencarian dengan santai.

Website resmi (gratis) : http://tools.seobook.com/firefox/rank-checker/

Rank Ranger

Rank Ranger

Fungsi utamanya adalah pelacakan kata kunci, tetapi alat ini juga memiliki fungsi pemeriksaan kata kunci dan pemeriksaan terhadap persaingan. Manajemen klien dapat dilakukan secara online dan Anda dapat membangun situs laporan khusus untuk klien di subdomain.
Contoh : reports.your-domain.com

Website resmi (berbayar) : https://www.rankranger.com/

Rival IQ

Rival IQ

Rival IQ menampilkan dan membandingkan situs website Anda dengan pesaing Anda dari sudut pandang SEO dan media sosial. Dengan membandingkan peringkat dan jumlah share media sosial, Anda dapat memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan. Alat ini memantau dan memberi tahu Anda kapan saja ketika ada tindakan seperti saat situs pesaing mengunggah konten.

Website resmi (berbayar) : https://www.rivaliq.com/

Search Latte

Search Latte

Search Latte dapat menampilkan hasil pencarian yang dikembangkan oleh Google di lebih dari 150 negara. Ketika Anda memilih kata kunci atau negara, URL hasil pencarian yang sesuai akan muncul setelah Anda mengklik tombol. Alat ini berguna untuk perusahaan yang mengembangkan bisnis di berbagai negara.

Website resmi (gratis) : http://searchlatte.com/


SEO Rank Monitor

SEO Rank Monitor

SEO Rank Monitor melacak dan membandingkan peringkat Anda dan peringkat pesaing Anda. Anda dapat bersaing dengan satu lawan satu.

Website resmi (berbayar) : http://www.seorankmonitor.com/

SERanking

SERanking

SERanking adalah alat yang menggabungkan fungsi-fungsi tambahan seperti manajemen situs dan penelitian kata kunci. Anda juga dapat memeriksa peringkat pencarian seluler dan Google Maps.

Website resmi (berbayar) : http://seranking.com/

SerpBook

SerpBook

Alat ini akan memeriksa peringkat pencarian 12 kali sehari. Dengan menghubungkannya dengan Google Analytics, Anda dapat membuat laporan dengan informasi yang hebat. Anda dapat membuat laporan dalam bentuk PDF atau Excel untuk klien.

Website resmi (berbayar) : https://serpbook.com/

Serpfox

Serpfox

Serpfox adalah layanan pelacakan yang unggul dalam ‘kesederhanaan’-nya. Serpfox menjadi alat yang sangat mudah digunakan bagi mereka yang hanya ingin melacak kata kunci secara otomatis. Alat ini akan memberikan pemberitahuan ketika ada perubahan peringkat.

Website resmi (freemium) : http://serpfox.com/


SERPs.com

SERPs.com

Alat ini memiliki fungsi pelacakan pada umumnya, tetapi juga memiliki fungsi langka yang disebut ‘test’. Misalnya, saat Anda mengubah judul konten, Anda dapat menyelidiki bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi peringkat pencarian.

Website resmi (berbayar) : https://serps.com/tools/keywords

Sistrix

Sistrix

Sistrix memiliki beberapa fungsi seperti pelacakan kata kunci, penelitian terkait, pemeriksaan kata kunci dan sebagainya. Semua fungsi memiliki kemampuan rata-rata, tetapi Anda dapat mengelola semuanya hanya dengan Sistrix.

Website resmi (berbayar) : https://www.sistrix.com/

WebCEO

WebCEO

WebCEO menggabungkan manajemen situs, penelitian kata kunci, pelacakan kata kunci dan sebagainya dalam level yang tinggi. Selain menunjukkan poin yang perlu diperbaiki, alat ini juga memiliki fungsi untuk menginstruksikan metode koreksi. Selain itu, Anda dapat memantau status tautan dari 10 situs persaingan dan mencuri peluang untuk mendapatkan tautan.

Website resmi (berbayar) : https://www.webceo.com/

Wincher

Wincher

Ini adalah layanan pelacakan yang sangat murah. Layanan ini memiliki paket yang dapat digunakan kurang dari setengah harga layanan pelacakan pada umumnya. Jadi, layanan ini menjadikan harga sebagai keunggulannya.

Website resmi (freemium) : https://www.wincher.com/

WordTail

WordTail

Jika dibandingkan dengan layanan lain, layanan ini tidak memiliki fitur yang jauh berbeda. Hal yang dapat dikatakan sebagai perbedaannya adalah layanan ini memiliki semua fungsi yang disukai sebagai opsi layanan pelacakan. Layanan ini memiliki hal yang diinginkan pengguna.

Website resmi (berbayar) : http://wordtail.com/

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

3 Cara Menentukan Tujuan Pemasaran (Marketing)

0
3 Cara Menentukan Tujuan Pemasaran (Marketing)

Meskipun telah menentukan tujuan pemasaran, terdapat beberapa kasus ketika tujuan tersebut tidak bisa dicapai. Dalam cara menetapkan tujuan pemasaran, diperlukan jug acara-cara untuk menghindari kegagalan-kegagalan yang mungkin saja terjadi seperti penjelasan berikut ini. Untuk dapat melakukan hal tersebut, pertama, kesalahan dan kegagalan yang biasa terjadi dalam pemasaran.

Ambiguitas dari angka yang telah ditetapkan

Meskipun telah menetapkan tujuan pemasaran, kita tidak dapat mengetahui apakah kita akan mampu mencapai atau tidak tujuan tersebut jika angka atau target pencapaian tidak dapat diketahui dengan jelas. Untuk dapat mencapai tujuan pemasaran yang telah ditentukan, kita harus mengetahui angka aktual dari tujuan yang hendak kita capai.

Tidak mengetahui situasi atau kondisi dari market saat ini

Selain itu, kasus yang sering terjadi ketika menentukan tujuan pemasaran adalah tidak mengetahui perbedaan dari situasi terkini hingga ketika tujuan pemasaran tersebut ditetapkan. Tentu saja sangat penting untuk menentukan nilai/angka, namun untuk menentukan layak/tidaknya hal tersebut harus didasarkan pada situasi terkini. Dalam merancang tujuan pemasaran, harus diketahui dengan jelas target angka dalam situasi terkini sampai tujuan tersebut ditargetkan untuk tercapai.

Tidak memiliki kemampuan dalam perencanaan

Baca juga : Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)
Selain dari 2 alasan yang telah disebutkan di atas, ketika berpikir mengenai tujuan pemasaran, mustahil untuk mengabaikan ‘kemampuan perencanaan’. Dalam merancang tujuan pemasaran, penting juga untuk memiliki kemampuan menganalisis dengan cara apa dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Perhatikanlah 3 hal di atas dalam menetapkan tujuan pemasaran

Dalam cara-cara merancang tujuan pemasaran, perhatikanlah hal-hal yang telah disebutkan di atas. Baik angka yang konkret maupun kemampuan perencanaan, keduanya adalah hal yang penting dalam tujuan pemasaran. Pastikan Anda bekerja dengan memperhatikan hal-hal tersebut.

Tujuan pemasaran didasarkan pada angka untuk merumuskan strategi

Apa itu tujuan pemasaran? Tujuan pemasaran dilakukan untuk menentukan arah dari aktivitas pemasaran, serta menentukan hasil dari angka yang telah ditetapkan. Dalam strategi bisnis dan strategi pemasaran, menentukan tujuan untuk merancang strategi adalah hal yang mendasar yang harus dilakukan. Strategi yang akan dilakukan akan berbeda berdasarkan target yang telah ditentukan.

Komponen atau objek dari pemasaran sangat beragam, hal tersebut berdasarkan perusahaan dan bisnis yang dijalankan, namun secara umum adalah seperti berikut ini.  Target pemasaran yang menunjukan keuntungan dari bisnis seperti ROI (Return on Investment) atau keuntungan dan Cash Flow (Arus Kas), target pemasaran yang menunjukkan pertumbuhan bisnis seperti penjualan dan pangsa pasar, kepuasan pelanggan, rasio produk baru, brand/image adalah komponen dari pemasaran itu sendiri.

Kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam bisnis

Jika berbicara mengenai pemasaran, bagian/department yang berhubungan dengan hal ini adalah marketing. Namun, dalam sales (penjualan), dibutuhkan pula kemampuan untuk dapat merancang tujuan pemasaran. Terlebih lagi, berdasarkan skala dari perusahaan, terdapat perusahaan yang tidak memiliki Marketing Department di dalamnya. Dalam keadaan seperti itu, sales harus bisa secara aktif mengatur target pemasaran.

Selanjutnya, Smarketing (Sales x Marketing) akan menjadi hal penting

SMarketing merupakan kata kombinasi untuk Sales dan Marketing. Baik sales (penjualan) maupun marketing (pemasaran) memiliki tujuan yang sama yaitu menaikkan pertumbuhan bisnis dan menambah keuntungan. Lebih jauh lagi, tujuan pemasaran merupakan hal penting dalam bisnis dan harus disebarkan di seluruh perusahaan. Orang-orang di departemen selain marketing, sebagaimana di departemen marketing itu sendiri, harus mengetahui bagaimana cara membuat tujuan pemasaran.

Caranya sangat sederhana! Perhatikan 3 hal berikut!

Terdapat 3 hal mendasar sebagai cara menetapkan tujuan pemasaran. Meskipun hal itu akan bertambah rumit sesuai dengan perusahaan atau industri yang dijalankan, namun 3 hal ini harus selalu dipikirkan. 3 hal tersebut akan dijabarkan sebagai berikut.

Cara menentukan tujuan pemasaran no. 1 : mulailah dengan mengetahui situasi terkini dari market Anda!

Dalam dunia bisnis, target diperlukan untuk penjualan dan pemasaran. Namun, tidak mudah untuk menetapkan tujuan pemasaran dengan benar jika hal tersebut belum pernah dilakukan. Kali ini, akan dijelaskan mengenai perusahaan yang memanfaatkan website untuk penjualan, serta menentukan target pada pelanggan dengan tipe BtoB (Business to Business). Ayo lihat lebih jauh mengenai cara menetapkan tujuan pemasaran!

Cara menentukan tujuan pemasaran : memastikan keadaan saat ini, index manajemen, dan kemungkinan tercapainya target.

Pertama, masukkanlah angka yang ada pada saat ini. Angka yang dimasukkan pada saat ini, didasarkan pada data yang diterima pada satu tahun terakhir. Kemudian, hitung kembali indikator manajemen dan kalkulasikan angka yang dibutuhkan.

Hitung kembali target penjualan dan target negosiasi, kemudian isi angka pada data tersebut. Saat itu, mengacu pada angka yang keluar, akan berdampak baik jika Anda bisa memperbaiki tempat-tempat yang mana bisa diperbaiki. Terakhir, periksa kembali kemungkinan target tersebut untuk bisa tercapai.

Cara menentukan tujuan pemasaran no. 2 : menentukan target dengan ‘SMART’ Goal Set!

Dalam tujuan pemasaran, untuk sebuah lead (lead: perolehan bisnis baru), Anda harus sukses dalam inbound marketing campaign. (Inbound Marketing adalah sebuah cara pemasaran, dengan ‘menarik’ pelanggan masuk melalui branding dan usaha menjadikan situs/sosial media perusahaan teratas dalam search engine dan menarik pelanggan untuk melihat-lihat sehingga terdapat kesempatan untuk mendapatkan lead). Dengan adanya target, bisa dipastikan apakah cara tersebut efektif dan Anda bisa fokus pada tugas-tugas yang harus dilakukan serta melakukan improvisasi. Sebuah target tidak akan ada artinya jika target tersebut tidak realistis.

Silahkan meninjau kembali ‘Smart’ target Anda dengan melihat inbound marketing di HubSpot.

Cara menetapkan target dengan ‘SMART’.

Specific : Spesifik (jelas). Tentukan tanggal yang realistis dan konten yang konkret, dan buatlah dengan ringkas.

Measurable : Terukur (buatlah angka yang terukur jelas). Buatlah angka yang spesifik dan tidak ambigu.

Attainable : Dapat dicapai. Buatlah target yang bisa diraih, menantang, namun tetap realistis.

Relevant : Relevan. Buatlah tujuan pemasaran yang relevan dengan bisnis yang Anda kelola.

Timebound : Timebound. Tentukan deadline.

Jangan menunda dengan bertanya, ‘kapankah hal ini dapat tercapai?’.

Cara menentukan tujuan pemasaran no. 3 : menyelesaikan langkah demi langkah untuk mencapai target penjualan!

Anda telah memutuskan untuk mencapai target dalam Marketing Department, namun belum mengetahui tujuan seperti apa yang hendak ditentukan.

Apakah mungkin untuk melakukan branding dan menaikkan CS? Berikut adalah bagaimana cara menetapkan tujuan pemasaran secara spesifik.

Hal terpenting adalah ‘visualisasi’! Berusaha setiap hari penting untuk meraih hasil.

・Tentukan tujuan pemasaran dengan memperhatikan kondisi.

・Pastikan tujuan pemasaran mungkin untuk tercapai setiap harinya.

・Bekerjalah sebagai individu yang optimis.

 

Perhatikanlah tiga poin tersebut untuk menentukan tujuan pemasaran.

Berpeganglah pada tiga poin tersebut untuk mencapai hasil!

Pada kesempatan ini kita telah belajar bagaimana cara untuk menentukan tujuan pemasaran dan contoh-contoh kesalahan yang mungkin terjadi dalam pemasaran. Pengetahuan ini dibutuhkan untuk menjadi seorang sales person di masa depan.

Penting untuk selalu mengingat 3 cara ini ketika menentukan tujuan pemasaran dan kaitkanlah dengan hasilnya. Dengan mempertimbangkan orang-orang yang terlibat dalam pemasaran, juga orang yang terlibat dalam penjualan, lihatlah bagaimana metode ini bekerja untuk mereka.

Keyword Tool yang Bagus untuk Riset Kata Kunci SEO

0
Keywordtool yang Berguna untuk Pemilihan Kata Kunci SEO | List Lengkap

Berikut dirangkum keywordtool (alat pemilihan kata kunci) yang digunakan untuk SEO. Pemilihan keyword sangat penting dalam SEO. Tingkat kesulitan SEO dijadikan referensi untuk mengetahui daya saing dan panduan untuk menilai tingkat kemudahan keyword untuk ditingkatkan.

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner

Hal yang hebat dari Google Keyword Planner adalah ini merupakan satu-satunya alat yang memungkinkan Anda memperoleh data-data seperti ‘rata-rata volume pencarian bulanan’, ‘data kompetitor’ dan ‘rekomendasi tawaran’ secara langsung dari Google.
Dalam pemilihan kata kunci menggunakan Google Keyword Planner, mata cenderung mengarah ke volume pencarian. Tetapi, informasi tentang harga tawaran yang disarankan dan persaingan sangat berguna untuk menemukan kata kunci yang dapat membawa keuntungan.

Baca juga : Keyword adalah : Tips Riset Keyword yang Baik untuk SEO

Website resmi (gratis) : https://adwords.google.com/KeywordPlanner

Google Trend

Google Trend

Dengan Keywordtool ini Anda dapat memeriksa apakah jumlah pencarian kata kunci meningkat atau menurun. Jika kata kunci utama dari konten cenderung menurun, mungkin Anda lebih baik melakukan pemeriksaan ulang terhadap kata kunci terkait. Selain itu, karena kata kunci terkait juga ditampilkan, kemungkinan Anda juga dapat menemukan kata kunci yang sedang populer.

Website resmi (gratis) : https://www.google.com/trends/

AdWord & SEO Keyword Permutation Generator

AdWord & SEO Keyword Permutation Generator

Menggabungkan 3 kata kunci dan menghasilkan kata kunci untuk pencarian dengan Google Keyword Planner. Cara ini sering digunakan dalam penelitian kata kunci tipe lama (old type).

Website resmi (gratis) : http://seo.danzambonini.com/

 

Answer The Public

Answer The Public

Saat mencari kata kunci, Anda dapat menggunakan fitur saran Google untuk menampilkan kata kunci dalam jumlah besar. Keywordtool juga memiliki menu menarik yang dapat menghasilkan kata kunci dalam bentuk pertanyaan yang kemungkinan akan dicari target pengguna.

Website resmi (gratis) : http://answerthepublic.com/

FAQfox

FAQfox

Dengan Keywordtool ini, Anda dapat mencari beberapa situs internet sekaligus. Misalnya, jika Anda memasukkan tema dan situs internet yang sangat banyak digunakan oleh target Anda ke dalam pencarian, Anda dapat mencari tahu halaman yang terkait dengan tema dan situs tersebut.

Website resmi [gratis]: http://www.webpagefx.com/seo-tools/faqfox/

Google Correlate

Google Correlate

Saat Anda mencari kata kunci, kata kunci yang cenderung dicari bersamaan dengan kata kunci tersebut akan ditampilkan. Meskipun fitur ini yang sangat sederhana, tetapi ini adalah fitur yang luar biasa karena dapat memanfaatkan data Google.

Website resmi (gratis) : http://www.google.com/trends/correlate


HitTail

HitTail

Keywordtool ini akan merekemondasikan long tail keyword untuk meningkatkan lalu lintas situs internet Anda. Ada banyak kata kunci yang tidak dapat ditemukan oleh layanan lain dan efektif untuk strategi long tail keyword. Keywordtool ini cocok untuk mereka yang mencari kata kunci dengan konversi tinggi walaupun jumlah pencariannya rendah.

Website resmi (berbayar) : https://www.hittail.com/

Imforsmb.com’s Bulk Keyword Generator

Imforsmb.com’s Bulk Keyword Generator

Keywordtool ini memiliki kemampuan tinggi dalam pemilihan kata kunci SEO lokal. Saat Anda memilih kata kunci, jenis bisnis, atau nama tempat, maka akan ditampilkan gagasan berupa kata kunci yang kemungkinan akan ditelusuri oleh pengguna di Google.

Website resmi (gratis) : http://www.imforsmb.com/tools/bulk-keyword-generator/

Jaaxy

Jaaxy

Keywordtool ini khusus dalam menghasilkan kata kunci dalam jumlah besar yang sangat relevan dengan kata kunci yang dicari. Anda juga dapat menemukan kata kunci yang efektif dari situs pesaing.

Website resmi (freemium) : http://www.jaaxy.com/

 

Keyword Combiner

Keyword Combiner

Keywordtool ini menggabungkan kata kunci dan menghasilkan daftar kata kunci untuk dicari menggunakan Keyword Planner. Awalnya ini digunakan untuk iklan AdWords, namun sekarang dapat digunakan untuk mencari ide kata kunci.
Catatan : Tautan telah terputus sejak bulan Juni tahun 2016. Alat gratis lainnya yang disediakan oleh Toolstud.io masih tersedia.

Website resmi (gratis) : http://web.forret.com/tools/adwords.asp

Keyword Eye

Keyword Eye

Keywordtool ini memiliki fungsi menarik yang menggambarkan tingkat keuntungan dan volume pencarian kata kunci dengan ukuran dan warna huruf. Untuk kata kunci yang memiliki jumlah pencarian yang banyak ditampilkan dengan huruf yang lebih besar dan kata kunci yang memiliki tingkat keuntungan tinggi ditampilkan dengan warna merah. Keywordtool ini juga memiliki fungsi dimana Anda dapat memahami keraguan apa yang dimiliki pengguna di bidang Anda.

Website resmi (freemium) : http://www.keywordeye.com/

Keyword Revealer

Keyword Revealer

Keywordtool ini menampilkan gagasan kata kunci dalam bentuk pohon logika. Dengan mengklik pada titik percabangan, maka akan menampilkan ide kata kunci baru. Selain itu, Keywordtool juga memiliki fungsi pemeriksaan untuk mencari kata kunci dengan tingkat persaingan yang rendah dan menampilkan tingkat kesulitan untuk ditampilkan pada posisi atas dalam bentuk angka.

Website resmi (freemium) : http://www.keywordrevealer.com/


Keyword Researcher

Keyword Researcher

Kelebihan Keywordtool ini adalah pemeriksaan tentang long tail keyword yang memiliki tingkat keuntungan tinggi dari informasi tentang Google Autocomplete, dan lain-lain. Keywordtool ini memiliki banyak fungsi yang menarik.

Website resmi (freemium) : https://clevergizmos.com/keyword-researcher/

Keyword Snatcher

Keyword Snatcher

Keywordtool ini menghasilkan banyak gagasan kata kunci dari berbagai sumber seperti Amazon dan Yahoo!. Meskipun Keywordtool ini berada pada tingkat atas dalam jumlah kata kunci yang akan dihasilkan, Keywordtool ini hanya menampilkan daftar kata kunci, jadi Anda harus menggunakan Google Keyword Planner untuk mengetahui jumlah pencarian dan persaingan dari kata kunci tersebut.

Website resmi (berbayar) : http://keywordsnatcher.com/

Keyword Tool Dominator

Keyword Tool Dominator


Dengan Keywordtool ini Anda dapat mengambil kata kunci dari fitur saran kata kunci seperti Google, Bing, Amazon, YouTube dan lain-lain. Alat yang hanya dapat mencari satu media juga dijual secara terpisah. (Seperti misalnya pencarian hanya dengan menggunakan Google).

Website resmi (berbayar) : http://www.keywordtooldominator.com/

KeywordSpy

KeywordSpy

Keywordtool ini memiliki fungsi kompatibel yang lebih rendah dari SEMRush. Ketika Anda mencari berdasarkan nama domain, Keywordtool ini akan menampilkan daftar kata kunci yang mendatangkan lalu lintas pada situs tersebut dengan informasi seperti volume pencarian.

Website resmi (freemium) : http://www.keywordspy.com/

KeywordTool.io

KeywordTool.io

KeywordTool.io dapat memperoleh informasi Google Autocomplete yang aksesnya seharusnya dibatasi. Anda dapat mengetahui jenis kata kunci apa yang sebenarnya dicari oleh target pengguna. Dengan menggunakan kata kunci ini sebagai tema blog, Anda dapat membuat konten yang memenuhi kebutuhan pengguna.

Website resmi (freemium) : http://keywordtool.io/

kwfinder.com

kwfinder.com

Keywordtool ini sangat mirip dengan Google Keyword Planner, Anda bisa mendapatkan informasi seperti volume pencarian kata kunci dan harga tawaran yang disarankan. Hal yang berbeda adalah Anda dapat mengukur tingkat persaingan halaman pertama hasil pencarian Google, sehingga pekerjaan pemilihan kata kunci menjadi lebih mudah.

Website resmi (freemium) : https://kwfinder.com/

 

Long Tail Pro

Long Tail Pro

Long Tail Pro memiliki fungsi seperti Google Keyword Planner yang memiliki filter berperforma tinggi. Anda dapat menentukan kondisi seperti volume pencarian, jumlah karakter dan harga penawaran yang disarankan. Anda juga dapat memperoleh informasi terperinci tentang 10 situs teratas Google untuk kata kunci.

Website resmi (berbayar) : http://www.longtailpro.com/

Power Suggest Pro

Power Suggest Pro

Dengan keywordtool ini Anda dapat menghasilkan gagasan kata kunci tidak hanya dari Google tetapi juga dari mesin pencari seperti Wikipedia. Power Suggest Pro memiliki fungsi untuk menampilkan kombinasi kata kunci yang mudah dicari bersama dengan kata kunci pencarian.

Website resmi (berbayar) : https://www.powersuggestpro.com/

SECockpit

SECockpit

SECockpit memiliki fungsi level atas untuk menghasilkan kata kunci yang sangat relevan dengan kata kunci pencarian. Keywordtool ini memiliki fungsi untuk menampilkan tingkat persaingan pada halaman pertama hasil pencarian Google dan fungsi yang hebat untuk menyarankan kata kunci yang lebih mudah untuk ditampilkan di bagian atas halaman Google.

Website resmi (berbayar) : http://secockpit.com/


Seed Keywords

Seed Keywords

Dengan keywordtool ini Anda bisa tahu kata kunci pencarian seperti apa yang sebenarnya digunakan pengguna. Misalnya, dalam skenario (pertanyaan) ‘bagaimana melakukan pencarian di Google saat ingin memperbaiki komputer yang rusak?’, Anda bisa tahu kata kunci seperti apa yang sebenarnya dicari pengguna.

Website resmi (gratis) : http://www.seedkeywords.com/

SEMrush

SEMrush

Dengan memasukkan URL dari situs pesaing, SEMrush dapat melihat kata kunci seperti apa yang ditampilkan oleh situs tersebut dan berapa banyak lalu lintas yang diperolehnya. SEMrush adalah alat yang masih belum banyak digunakan dan hanya memiliki beberapa layanan. Alat ini berguna untuk membuat konten dengan kata kunci yang memiliki persaingan tinggi dalam metode Everest. Cara penggunaan SEMrush secara detail dapat dilihat di sini.

Website resmi (freemium) : https://www.semrush.com/

Catatan : Fungsi untuk mendapatkan informasi tentang kata kunci dari situs pesaing yang tampil pada bagian atas halaman pencarian juga dipasang pada Ahrefs. Oleh karena itu, hanya ada sedikit perbedaan fungsional antara alat-alat seperti Ahrefs, Moz dan SEMrush.

SEO Book’s Free SEO Tools

SEO Book’s Free SEO Tools

Berbagai layanan SEO memberikan kupon diskon secara pribadi dan untungnya buku SEO memberikan banyak alat dan perangkat tambahan gratis. Semuanya merupakan perangkat yang sederhana, tetapi untuk ‘Keyword Suggestion’ dan lain-lain, disarankan untuk menggunakan penelitian kata kunci sederhana.

Website resmi (gratis) : http://tools.seobook.com/


serpIQ

serpIQ

SerpIQ telah membangun sistem mereka sendiri karena sering memiliki hasil pencarian yang berbeda dari layanan penelitian kata kunci lainnya. Selain itu, alat ini juga dapat menganalisis situs pesaing yang ditampilkan pada bagian atas halaman pencarian dan mengeksplorasi faktor-faktor untuk mencapai tampilan tingkat atas.

Website resmi (berbayar) : https://serpiq.com/

Soovle

Soovle

Soovle dapat menampilkan banyak ide kata kunci dari Google, YouTube, Wikipedia, dan lain-lain. Alat ini sepertinya perlu digunakan bersama dengan Google Keyword Planner.

Website resmi (gratis) : http://www.soovle.com/

SpyFu

SpyFu

SpyFu memiliki fungsi yang sangat baik untuk melakukan analisis persaingan. Keywordtool ini akan mencari kata kunci yang memiliki keuntungan tinggi yang ditampilkan pada posisi atas oleh pesaing dan memberikan informasi untuk digunakan dalam iklan web dan SEO. Karena ini awalnya dibuat untuk iklan listing, alat ini memiliki banyak fungsi terkait PPC.

Website resmi (freemium) : http://www.spyfu.com/

 

Suggestion Keyword Finder

Suggestion Keyword Finder

Dengan keywordtool ini, Anda dapat menampilkan gagasan kata kunci dengan 3 level tingkatan. Semakin tinggi levelnya, kemungkinan bahwa kata kunci menarik yang dapat dibuat akan semakin besar.

Website resmi [gratis]: http://tools.seochat.com/tools/related-keywords-tool/

TermExplorer

TermExplorer

TermExplorer dapat menampilkan item untuk menilai ide kata kunci dan tingkat persaingan kata kunci tersebut dalam sebuah tabel. Terdapat 10 tingkatan skor yang menunjukkan tingkat kesulitan untuk ditampilkan pada posisi atas halaman pencarian. Karena hasil analisis kata kunci yang diselidiki dapat disimpan sebagai laporan, Anda dapat mengakumulasikan hasil penelitian kata kunci sebagai aset.

Website resmi (gratis) : http://termexplorer.com/Public/

Wordstream’s Free Keyword Tools

Wordstream’s Free Keyword Tools

Awalnya alat ini dibuat untuk iklan AdWords, tetapi pemeriksaan kata kunci pada alat ini dapat menampilkan gagasan kata kunci yang menarik/unik.

Website resmi (gratis) : http://www.wordstream.com/free-keyword-tools

WordTracker

WordTracker

WordTracker pandai menemukan long tail keyword dan kata kunci menguntungkan yang tidak dapat ditemukan dengan Google Keyword Planner. Selain itu, alat ini juga memiliki fungsi untuk mengukur tingkat persaingan kata kunci secara akurat dan menampilkan tingkat persaingan dalam bentuk angka.

Website resmi (berbayar) : http://www.wordtracker.com/

Wordtracker Scout

Wordtracker Scout

Scout Wordtracker adalah fitur ekstensi dari chrome. Anda dapat mengaktifkan ekstensi ini saat melihat konten untuk menunjukkan gagasan kata kunci yang terkait dengan konten itu dalam jumlah besar.

Website resmi (gratis) : http://www.wordtracker.com/scout