Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 183

Dasar-Dasar Strategi Promosi dan Jenis-Jenisnya

0
Dasar-Dasar Strategi Promosi dan Jenis-Jenisnya

Strategi promosi merupakan langkah-langkah yang perlu diperhitungkan dalam melakukan kegiatan manajemen pemasaran. Berikut merupakan penjelasan mengenai dasar-dasar strategi promosi beserta jenis-jenisnya dan terbagi dalam 4 poin.

Mempelajari Dasar-Dasar Strategi Promosi

Di dalam istilah pemasaran, terdapat beberapa hal yang mungkin tidak dapat Anda uraikan dengan baik ketika Anda diminta untuk menjelaskan istilah tersebut, meskipun Anda sedikit memahami tentang isitilah-istilah asing di dalamnya.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai strategi promosi yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran.

Metode Promosi Pada Umumnya

Metode promosi pada umumnya adalah berupa kegiatan periklanan, pengiriman promosi melalui e-mail kepada pelanggan menggunakan internet, panduan ke sebuah situs website, kegiatan PR (Public Relation), dan sebagainya. Kegiatan promosi memiliki peranan untuk menarik perhatian orang-orang agar terdorong untuk membeli produk yang dijual oleh suatu perusahaan.

Promosi merupakan salah satu tujuan dari sebuah perusahaan, namun, perlu adanya komunikasi yang baik di dalamnya agar promosi yang dilakukan dapat dengan mudah dipahami.

Misalnya, ada kemungkinan diperlukannya komunikasi dengan para pelanggan melalui sebuah email untuk tujuan promosi.

Perlahan-lahan mulai muncul kebutuhan untuk melakukan promosi melalui media sosial seperti Twitter sehingga komunikasi dengan pelanggan dapat dilakukan dengan mudah.

Hal yang paling penting dari apapun adalah bahwa sangat sulit untuk memperoleh sebuah produk agar dibeli oleh pelanggan.

Sangat penting untuk mengetahui apa yang paling dicari oleh pelanggan, apakah hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan perlu diketahui bahwa apakah orang-orang ada di dalam dua kondisi tersebut.

Karena beberapa poin yang disebutkan di atas, dapat dikatakan bahwa kegiatan promosi dan komunikasi merupakan dua hal penting yang dianggap sebagai seperangkat sarana dalam strategi pemasaran.

Penjualan yang dilakukan kemungkinan akan mengalami peningkatan tergantung pada penggabungan dua hal tersebut saat melakukan strategi promosi.

Pengertian Strategi Promosi

Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar istilah tentang strategi promosi? Secara sederhana, strategi promosi mengacu pada perencanaan mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan sebuah produk agar sampai ke tangan para pelanggan.

Untuk membuat produk dan layanan menjadi dikenal oleh masyrakat luas, ‘komunikasi dalam pemasaran’ merupakan hal yang sangat efektif untuk hal tersebut, namun, tidak banyak hasil yang dapat diharapkan jika melakukannya secara asal dan tanpa perencanaan sebelumnya.

Dalam strategi promosi, perlu direncanakan secara rinci mengenai bagaimana, kapan, kepada siapa, dan waktu seperti apa yang tepat untuk melakukan pemasaran atau promosi terhadap sebuah produk/layanan. Strategi pemasaran memang sangat penting untuk sebuah perusahaan, namun strategi promosi lebih penting daripada hal tersebut.

Tentang Komunikasi dalam Pemasaran

Kegiatan pemasaran dibagi menjadi ke dalam empat (4) kerangka kerja, diantaranya, Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Komunikasi dalam pemasaran terdapat diantara salah satu dari empat kerangka kerja pemasaran tersebut. Kerangka kerja yang mengacu pada komunikasi dalam pemasaran adalah Promotion (Promosi).

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap perusahaan memiliki sebuah strategi pemasaran untuk produk-produk dan layanan yang mereka miliki dan hal tersebut berdasarkan dari cara komunikasi yang dilakukan dalam pemasaran. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran juga dibagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing dari mereka akan disesuaikan dengan strategi promosi dan akan digabungkan agar secara efektif dapat membuat produk menjadi lebih menarik.

Jenis-Jenis Strategi Promosi

Setiap perusahaan berusaha mengembangkan produk yang dapat memuaskan pelanggan dan mempersiapkan strategi promosi untuk membuat pelanggan mengetahui produk mereka yang telah jadi. Strategi promosi sangat penting agar pelanggan dapat mengetahui keberadaan dan kualitas dari sebuah produk, dan kegiatan promosi tersebut akan meningkatkan penjualan.

Terdapat berbagai jenis komunikasi dalam pemasaran. Secara garis besar terbagi menjadi empat (4), yaitu iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat (public relation).

1. Iklan

Iklan merupakan promosi yang dilakukan melalui media seperti televisi, radio, koran, majalah, brosur dan selebaran, atau langsung melalui e-mail. Media tersebut digunakan agar produk dapat diketahui oleh masyarakat luas, meningkatkan merk atau brand, dan lainnya yang dapat mengesankan masyarakat luas terhadap suatu produk.

2. Penjualan Perorangan (Personal Selling)

Personal Selling merupakan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi langsung (tatap muka), layanan customer service dan follow-up service. Tenaga personal selling ini melakukan hal-hal seperti misalnya, melayani pelanggan yang ingin melakukan konsultasi di bagian cosmetic counter, sehingga pelanggan membeli produk kosmetik tersebut. Keuntungan diperoleh ketika para tenaga personal selling ini mampu mendengar dan membantu secara langsung para pelanggan mereka. Selain itu, ada kemungkinan pelanggan setia akan terus datang dan membeli suatu produk/layanan dengan adanya layanan konsultasi di bagian depan kantor/perusahaan karena pengaruh dari tenaga personal selling ini.

3. Promosi Penjualan

Pada promosi penjualan, hal ini merupakan cara agar produk dapat diketahui oleh khalayak umum dengan melakukan start-up seperti uji coba terhadap produk, memberikan hadiah atau tiket kupon untuk setiap pembelian produk, diskon produk, dan lain-lain. Biasanya uji coba atau pengambilan sampel terhadap produk dilakukan di jalan-jalan. Dibandingkan dengan beriklan, hal ini dikatakan lebih sebagai kegiatan promosi penjualan.

4. PR (Public Relation)

Hal umum yang berkaitan dengan ini biasanya adalah siaran pers atau press release. Selain itu, PR juga memiliki tujuan untuk meningkatkan popularitas perusahaan dan produk melalui sponsorship serta untuk meningkatkan keandalan dan ketertarikan terhadap suatu produk. Tujuan penyebaran informasi ke publik dibagi secara terpisah karena tujuan dan metode yang dimiliki berbeda-beda, seperti iklan dengan menggunakan media seperti TV dan berbagai media lainnya.

Dengan cara ini, maka terdapat berbagai jenis dan metode komunikasi pemasaran. Tidak dapat dikatakan mana metode dan cara yang terbaik dan tidak baik untuk digunakan karena hal tersebut tergantung pada karakteristik barang dan jasa, citra perusahaan, dan sebagainya.

Tentu saja, cara dan metode tersebut dapat digabungkan agar dapat meningkatkan ketertarikan terhadap suatu produk secara efektif. Semua hal di atas dapat dilakukan dengan strategi promosi yang dilakukan secara hati-hati dan terencana. Kegiatan promosi yang didasarkan pada strategi yang terencana dengan pasti akan menghasilkan respon yang positif.

 

Proposal Usaha dan Model Usaha Internet Lengkap

0
Bagaimana Cara Menghasilkan Pendapatan dengan Layanan Internet? 5 Proposal Usaha Internet

Saat ini, teknologi TI berkembang pesat, berbagai layanan internet telah muncul dengan titik monetization mereka masing-masing. Titik monetization berbeda-beda sesuai dengan masing-masing layanan, dan sekarang yang mana model usaha baru muncul satu demi satu, ada kemungkinan bahwa usaha dalam bidang apapun dapat melakukan monetization di internet.

Di bagian berikut ini, akan dijelaskan model usaha utama dan proposal usaha yang menggunakan internet.

Anda perlu menyiapkan dan memastikan proposal usaha terlebih dahulu, jika Anda berencana untuk memulai usaha menggunakan internet tetapi tidak tahu cara menghasilkan pendapatan di internet.

Proposal atau model usaha internet secara garis besar dibagi menjadi 5 poin

5 tren model atau proposal usaha yang dilakukan melalui internet saat ini adalah sebagai berikut.
  • Model pendapatan penjualan toko online
  • Model layanan (biaya) pencocokkan
  • Model pendapatan iklan
  • Model penagihan ISP/Operator Jaringan Seluler
  • Model penagihan layanan/konten

Di bawah ini kami akan menjelaskan setiap model usaha dengan mencontohkan perusahaan terkait.

(Mengenai layanan yang memiliki beberapa model usaha, kami akan fokus pada poin-poin yang dianggap sebagai poros utama).

 

1. Model Pendapatan Penjualan Toko Online

Ini adalah model yang menghasilkan pendapatan dengan menjual barang di internet.

Bentuk penjualannya dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu membuka toko online perusahaan Anda dan menggunakan platform toko online seperti Amazon untuk melakukan penjualan secara pribadi.

Meskipun lebih mudah bagi pelanggan untuk menarik minat pelanggan dengan membuka toko di Amazon karena memiliki jalur yang banyak, tetapi hal itu memerlukan biaya tambahan dan perlu memikirkan solusi untuk menghadapi perbedaan dengan pesaing lainnya, sedangkan toko online pribadi tidak memerlukan biaya tambahan, tetapi harus menarik minat pelanggan melalui sistem kenalan. Setiap jenis proposal usaha ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Saat membuka toko online, Anda perlu memilih platform setelah mempertimbangkan berbagai faktor seperti kisaran harga produk dan target pengguna.

2. Model Layanan (Biaya) Pencocokkan

Ini adalah model yang menghasilkan pendapatan dari sisi penerbit dengan mencocokan B2C, B2B, C2C, dan lain-lain.

Poin pendapatan model pencocokkan dibagi menjadi dua.

  • Berdasarkan basis pelanggan (panduan situs, permintaan informasi, formulir pertanyaan, pertanyaan dari dial eksklusif, dan lain-lain).
  • Berdasarkan basis kontrak (persetujuan perdagangan barang dan lain-lain).

Situs perbandingan produk dan lain-lain dibuat berdasarkan basis pelanggan, sedangkan platform seperti Mercury dan Frill akan mendapatkan bayaran saat persetujuan perdagangan dibentuk.

Program afiliasi yang dapat dilakukan secara individu juga dapat dikatakan sebagai model pencocokkan berdasarkan basis pelanggan.

 

3. Model Pendapatan Iklan

Ini adalah model yang menghasilkan pendapatan dari pemilik iklan dengan mengumpulkan pengguna dan memasang iklan.

Model bisnis yang digunakan di berbagai media internet seperti situs portal dan media curation memiliki biaya yang berbeda tergantung pada volume jual-beli dan ketepatan target pengguna, selain itu biaya penerbitan dapat menjadi lebih tinggi jika menggunakan media yang sangat berpengaruh.

Hingga saat ini, bentuk periklanan yang umum adalah iklan seperti spanduk dan iklan dalam halaman internet, tetapi ‘iklan native’ yang didistribusikan dalam bentuk yang dapat beradaptasi dengan konten media akan menjadi populer.

4. Model Penagihan ISP/Operator Jaringan Seluler

Ini adalah model usaha yang melakukan penagihan dari penggunaan dan sambungan saluran itu sendiri.

Ada dua jenis penagihan, yaitu berbasis penggunaan dan berbasis tarif tetap, penagihan dibagi berdasarkan jumlah data yang digunakan pengguna.

Dibandingkan dengan model atau proposal usaha lainnya, pasar usaha ini memiliki rintangan yang lebih tinggi untuk dimulai oleh pengusaha baru karena sudah ada banyak perusahaan yang memiliki infrastruktur seperti operator jaringan seluler dan layanan penyedia internet.

 

5. Model Penagihan Layanan/Konten

Sama seperti surat kabar dan majalah, yang disebut dengan penagihan konten adalah pengguna dibebankan biaya untuk konten itu sendiri, sedangkan model penagihan layanan itu adalah biaya yang perlu dibayar untuk layanan itu sendiri.

Penagihan konten dan penagihan layanan dapat digunakan secara gratis sampai batas waktu tertentu, pengguna akan dikenakan biaya dengan model premium jika ingin menggunakan lebih banyak fungsi.

Konten dan layanan berkualitas tinggi yang ingin Anda gunakan bahkan jika Anda membayar uang sangat diperlukan jika Anda menempatkannya pada poin monetisasi di website yang merupakan hal dasar bahwa Anda dapat menggunakan sebagian besar layanan dan konten secara gratis.

Jika Anda ingin membuat titik monetization di internet yang sudah umum menyediakan sebagian besar konten atau layanan secara gratis ini, Anda memerlukan konten atau layanan yang memiliki kualitas tinggi dan dapat membuat pengguna ingin menggunakannya walaupun harus mengeluarkan uang.

Dibutuhkan waktu lama untuk mendapatkan pelanggan tetap, tetapi ini adalah model usaha yang mudah untuk mengamankan pendapatan yang stabil jika jumlah pengguna meningkat.
 

Rangkuman

5 model usaha atau proposal usaha yang tercantum di atas adalah tren model atau proposal usaha utama, dan setiap pemilik usaha mengembangkan satu atau lebih model bisnis sesuai dengan layanan mereka sendiri.

Tidak semua usaha sesuai dengan kerangka ini.

Titik monetization pada internet dapat dibentuk sesuai dengan ide masing-masing.

Pertama-tama, Anda perlu memahami model usaha yang saat ini menjadi tren utama, dan mempertimbangkan pendekatan seperti apa yang dapat dilakukan untuk perusahaan Anda.

 
[business-about]
 

Google Ads Indonesia : Ulasan Lengkap Platform Iklan Google

0
google ads indonesia, google ads adalah

Google Ads Indonesia adalah halaman hasil pencarian dari mesin pencari seperti Google yang menyediakan tampilan iklan berbayar terkait dengan kata kunci yang dicari.

dapat disebut juga sebagai iklan yang berkaitan dengan kata kunci atau iklan yang berkaitan dengan pencarian, karena iklan tersebut ditampilkan berdasarkan hasil pencarian oleh pengguna.

Artikel ini akan dijelaskan mengenai Google Iklan Indonesia dari pengertian dasar hingga bagaimana cara pengaplikasiannya.

Google Ads Indonesia Adalah

google ads indonesia, google ads adalah

Google Ads adalah Layanan Iklan Google yang ditampilkan berdasarkan hasil pencarian ketika pengguna mencari kata kunci tertentu di mesin pencari, seperti Google. Iklan-iklan ini muncul di bagian atas atau bagian bawah hasil pencarian organik dan sering memiliki label “Iklan” untuk membedakannya. Mereka muncul berdasarkan kata kunci yang Anda pilih dan pembayaran yang Anda terapkan dalam kampanye iklan Anda.

Pentingnya terletak pada kemampuannya untuk mencapai audiens yang tepat pada waktu yang tepat. Dengan menggunakan kata kunci yang relevan dan menarik, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang benar-benar mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Hal ini membuat Iklan Google menjadi alat pemasaran yang sangat efektif dalam mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi ke situs web atau bisnis Anda.

google ads indonesia, google ads adalah

Iklan Berdasarkan Kata Kunci

Google ads adalah iklan yang ditampilkan bersamaan dengan kata kunci yang dicari pada mesin pencari. Oleh karena itu, biasa disebut sebagai ‘iklan yang berkaitan dengan pencarian’ dan pengguna ingin mendapatkan informasi tentang kata kunci terkait dengan hal yang mereka cari.

Selain itu, jika ingin mendapatkan meskipun hanya 1% dari total pengguna untuk mengunjungi situs website Anda, maka menggunakan layanan Iklan adalah pilihan yang tepat.

Karena merupakan iklan berbasis kata kunci, Anda dapat menargetkan minat pengguna berdasarkan kata kunci yang mereka masukan. Anda dapat menarik pengguna untuk berkunjung ke situs Anda dengan memanfaatkan setelah mempertimbangkan kebutuhan pengguna yang mencari sebuah kata kunci.

Baca juga : Cara Iklan di Google Ads Terbaru | Tingkatkan Penjualan Anda

Google sebagai media publikasi utama

Media utama sebagai tempat dimana Iklan dipublikasikan adalah Google. Pertama-tama, pahamilah mengenai media tersebut.

Google AdWords

Google AdWords akan muncul pertama kali pada halaman hasil pencarian melalui mesin pencari seperti Google dan mesin pencari lainnya.

Memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia.

90%-nya berasal dari mesin pencari yang digunakan di Indonesia.

Perbedaannya Dengan SEO

Meskipun SEO dan Google Ads Indonesia memiliki tujuan serupa dalam menarik pengunjung melalui hasil pencarian, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam cara mereka beroperasi. Salah satu perbedaan utama adalah bahwa SEO adalah upaya yang lebih organik dan memerlukan waktu untuk membangun peringkat yang kuat dalam hasil pencarian. 

Ini mencakup pemahaman mendalam tentang algoritma mesin pencari dan strategi konten yang efektif untuk meningkatkan peringkat Anda secara alami. Disisi lain, Penggunaan Iklan Google adalah solusi berbayar yang lebih cepat dalam memberikan hasil yang instan, tetapi memerlukan alokasi anggaran yang sesuai.

Selain itu, SEO memiliki potensi untuk memberikan hasil jangka panjang yang berkelanjutan, sedangkan Google Ad Indonesia memberikan hasil yang lebih instan namun memerlukan anggaran berkelanjutan untuk mempertahankan kampanye iklan Anda. Dengan memahami perbedaan-perbedaan ini, Anda dapat memutuskan bagaimana memanfaatkan keduanya dalam strategi pemasaran Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Perbedaan yang paling besar adalah kemungkinan untuk mengelola tampilan.

Peringkat pencarian pada Google Ads Indonesia diurutkan berdasarkan kata kunci yang ditawarkan dan kualitas iklan, sehingga Anda dapat menampilkannya di bagian teratas hasil pencarian berdasarkan biaya yang Anda keluarkan untuk iklan tersebut. Pengaturan sistem nya pun tidak memerlukan banyak waktu, sehingga Anda dapat dengan segera memperoleh hasilnya.

Di sisi lain, karena sistem pada SEO bekerja berdasarkan tingkat hasil pencarian yang ditentukan berdasarkan algoritma mesin pencari, sehingga dibutuhkan banyak waktu, usaha serta biaya untuk memunculkan situs website Anda di halaman pertama hasil pencarian.

Penting untuk memperoleh persetujuan dari mesin pencari yang menyediakan informasi yang paling dibutuhkan oleh pengguna untuk ditampilkan pada urutan teratas.

Baik penggunaan Ads maupun SEO merupakan pilihan yang tepat untuk menarik minat pengguna agar mengunjungi situs website Anda. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan Google Ad Indonesia sebagai tahap permulaan untuk beriklan.

Hal-hal lain yang dapat dikelola melalui Google Ads Indonesia

Google Ads Indonesia memberikan fleksibilitas yang tinggi kepada pengiklan. Anda dapat menentukan sendiri dengan bebas penawaran harga yang sesuai dengan anggaran Anda. Selain itu, Anda dapat memulai kampanye iklan dengan biaya yang relatif rendah, sehingga cocok untuk bisnis kecil dan menengah yang mungkin memiliki anggaran terbatas. 

Hal ini memungkinkan berbagai jenis bisnis untuk mengakses platform periklanan online yang efektif. Selain itu, Anda memiliki kendali penuh atas peringkat tampilan iklan Anda dalam jangka waktu tertentu, yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan biaya yang Anda alokasikan.

Anda juga dapat mengatur tautan iklan Anda sendiri dan menentukan apakah iklan tersebut akan ditampilkan atau tidak. Semua ini membuat Iklan Google menjadi layanan iklan yang sangat terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran pemasaran Anda.


Sistem Pembayaran Google Ads Indonesia

Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai sistem pembayaran.

Sistem PPC (Pay Per Click)

Google Ads Indonesia memiliki sistem penetapan biaya yang disebut cost-per-click. Hal ini berarti jika iklan tidak diklik, maka keuntungan tidak akan bisa diperoleh dari iklan tersebut. Ada juga beberapa kasus dimana Anda perlu membayar iklan tersebut tanpa perlu melakukan klik, seperti pada iklan banner, namun Anda tidak perlu khawatir jika meng-klik iklan berdasarkan cost-per-click tersebut.

Google Ads adalah iklan PPC (Pay Per Click) yang berarti biaya yang dikenakan bukan karena iklan tersebut ditampilkan melainkan karena di-klik.

Biaya iklan akan muncul apabila iklan di-klik berdasarkan harga setiap kliknya dan kualitas dari iklan itu sendiri. Sistem perhitungan dari iklan cost-per-click ini adalah (harga per klik X jumlah klik).

Biaya Iklan

Biaya sebuah iklan di Google Ad ditentukan berdasarkan sistem penawaran yang berlaku. Pengiklan akan menentukan berapa banyak mereka bersedia membayar untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengguna pada iklan mereka. 

Penawaran ini berkisar mulai dari Rp. 100 hingga lebih dari Rp. 1 juta per kata kunci, tergantung pada kualitas iklan, persaingan kata kunci, dan jumlah penawar. Ini berarti bahwa pengiklan memiliki kendali penuh atas seberapa besar biaya yang akan mereka keluarkan untuk kampanye iklan mereka.

Selain itu, biaya penawaran dapat dipengaruhi oleh seberapa sering kata kunci yang dipilih dicari oleh pengguna. Kata kunci yang lebih populer dan sering dicari biasanya akan memiliki persaingan yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan penawaran yang lebih tinggi untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian. 

Oleh karena itu, pengiklan harus mempertimbangkan dengan cermat kata kunci yang mereka pilih dan anggaran yang mereka alokasikan untuk memaksimalkan efektivitas kampanye iklan mereka di Google Ad.

Penempatan Iklan

Penempatan Iklan di Google Ads adalah hal yang penting. Apabila terdapat beberapa penawaran untuk satu kata kunci, maka penempatan iklan Anda ditentukan berdasarkan ‘peringkat iklan’ yang berasal dari ‘penawaran harga’ X ‘kualitas iklan’ (jumlah klik, dll).

Iklan yang ditampilkan dari peringkat tertinggi.

Sebagai contoh, anggaplah bahwa perusahaan A menawarkan biaya sebesar Rp 20.000-, untuk sebuah kata kunci dan perusahaan B menawarkan biaya sebesar Rp 30.000-, untuk satu kata kunci.

Nama Perusahaan Perusahaan A Perusahaan B
Biaya maksimal per klik Rp. 20.000,- Rp.30.000,-
Nilai kualitas 8 4
Peringkat iklan Rp. 20.000×8 = Rp. 160.000 Rp. 30.000×4= Rp. 120.000
Posisi tampilan Pertama Kedua

Berdasarkan pada tabel di atas, karena kualitas yang dimiliki perusahaan A memiliki nilai 8, peringkat iklan yang diperoleh berada di posisi pertama dengan biaya Rp. 160.000,-. Sedangkan, perusahaan B memiliki nilai 4, sehingga peringkat iklannya berada di posisi kedua dengan biaya Rp. 120.000,-.

Hal-Hal yang Dapat Dilakukan dengan Google Ads Indonesia

google ads indonesia, google ads adalah

Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai hal-hal yang dapat dilakukan ketika menggunakan Google Ad Indonesia.

Membuat teks iklan

Google Ad merupakan alat yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda di lingkungan online yang kompetitif. Untuk mengoptimalkan hasilnya, penting untuk menggunakan kata kunci yang paling sering dicari oleh pengguna. Dengan memilih kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda, Anda dapat meningkatkan peluang iklan Anda muncul di depan audiens yang tepat. 

Selain itu, menulis kalimat yang mencerminkan rasa simpati dan empati Anda terhadap kebutuhan pelanggan potensial dapat membantu Anda memikat minat mereka. Dalam dunia iklan online yang cepat berubah, memahami cara memanfaatkan Google Ad dengan baik dapat menjadi kunci kesuksesan pemasaran bisnis Anda.

Teks iklan tersebut memiliki batasan karakter untuk setiap bagiannya.

Judul : 15 karakter

Penjelasan : 19 karakter x 2 paragraf

Tampilan URL : 29 karakter

Tautan URL : 1024 karakter

Sebagai tambahan, terdapat beberapa batasan dalam menggunakan beberapa karakter atau simbol khusus.

Oleh karena itu, periksalah informasi terbaru dari masing-masing website resmi.

Menganalisis dan memperbaiki data

Google Ads Indonesia memiliki kemampuan analisis data yang sangat efektif karena platform ini dapat mengumpulkan data yang luas dan mengukur berbagai metrik, termasuk jumlah iklan yang ditampilkan, tingkat klik, dan biaya kampanye, serta banyak faktor lainnya.

Dengan memiliki akses ke data yang mendalam ini, pengiklan dapat memantau dan mengevaluasi kinerja kampanye mereka dengan lebih baik, serta membuat perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan hasil iklan mereka. Dalam dunia pemasaran digital yang sangat kompetitif, kemampuan untuk menganalisis data dengan tepat adalah aset berharga untuk meningkatkan efektivitas kampanye iklan Anda.

Menambah efisiensi dengan mengacu pada middle word dan small word

Kata kunci pencarian dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu big word, middle word, dan small word. Big word merupakan kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak. Disisi lain, jika posisi big word ditukar menjadi small word maka tingkat konversi akan semakin tinggi.

Jenis Contoh keyword Rata-rata pencarian dalam sebulan
Big keyword makanan 100,000~1,000,000
Middle keyword warung 10,000~100,000
small keyword warung bali 100~10000

Poin-Poin yang Perlu Diperhatikan dalam Google Ads Indonesia

Menggunakan kata kunci yang digunakan oleh banyak pesaing, maka akan memerlukan biaya tinggi.

Google Ad bekerja dengan sistem penawaran, jadi kata kunci yang sering dipakai dengan tingkat konversi yang tinggi tentunya memiliki biaya yang sangat mahal.

Sebagai contoh, kata kunci seperti ‘situs cari kerja online’ yang memiliki tingkat konversi sangat jelas sehingga memiliki biaya Rp. 300.000 per klik.

Meskipun Anda berniat untuk menggunakan kata kunci yang mudah digunakan, akan sangat sulit memberikan efek apabila ada perusahaan besar yang telah dikenal masyarakat luas menggunakan kata kunci tersebut.

Pengoperasiannya membutuhkan tenaga dan waktu

Listing juga termasuk iklan operasional, sehingga saat Anda mulai menggunakannya, Anda akan membutuhkan usaha untuk mengoperasikannya.

Mengukur efeknya secara langsung merupakan keuntungan tersendiri dan di sisi lain, Anda juga dapat mengubah isinya secara langsung walaupun memerlukan waktu dan tenaga.

Untuk memahami hal tersebut, memang diperlukan sedikit pengetahuan. Anda harus mengetahui beberapa hal seperti; cara mengoperasikan manajemen admin serta mempelajari kriteria penawaran.

Perusahaan yang Memiliki Spesialis di Bidang Google Ads Indonesia

Sebagian perusahaan memiliki tim spesialis untuk mengelola Google Ad Indonesia. Dengan anggaran di bawah Rp. 5 juta, Anda dapat mempelajari dan mengelola sendiri kampanye Anda dengan pemahaman yang tepat tentang platform ini untuk mengoptimalkan hasil iklan Anda. 

Namun, dengan anggaran lebih besar, pertimbangkan mempekerjakan profesional berpengalaman dalam mengoperasikan Google Ads Indonesia. Ini mengurangi risiko dan memastikan kampanye Anda dikelola dengan efektif oleh ahlinya, yang akan membantu mencapai tujuan pemasaran Anda dengan efisien.

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

Cara Kerja Ojek Online (Mekanisme Go-jek dan Grab)

0
6 Elemen yang menjadi kekuatan bisnis ojek online seperti Go-jek dan Grab dan 2 hal yang melatar belakanginya

Cara kerja Go-jek dan Grab: Wawasan model bisnis dan pendapatan

Gojek and Grab adalah On Demand Transfer Service yang merevolusi industri taksi di Indonesia. Model bisnis Gojek dan Grab memudahkan orang untuk memanggil taksi secepat mungkin ke tempat pelanggan menggunakan smartphone mereka.

Aplikasi ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat karena kehadirannya hampir bersamaan dengan meningkatnya popularitas smartphone. Apa sih rahasia layanan ojek online ini hingga menarik perhatian masyarakat.

Mekanisme monetisasi Gojek dan Grab sangat sederhana

Pertama, Gojek dan Grab memberikan pengalaman penggunaan yang luar biasa. Gojek dan Grab dapat memberikan layanan taksi atau ojek secara online kepada pengguna  hanya dengan 2 ketukan dari smartphone.

Jika kita memesan mobil favorit Anda menggunakan aplikasi, mobil akan menjemput Anda pada waktu dan tempat yang tepat. Dengan menggunakan fungsi GPS (informasi lokasi) pada smartphone, kita dapat menemukan taksi di peta yang lokasinya terdekat dengan lokasi real time kita.

Setelah memesan, kita juga akan mendapatkan pemberitahuan tentang perkiraan waktu kedatangan taxi dan perkiraan ongkosnya. Selain pembayaran tunai, sistem ojek online ini juga menyediakan sistem pembayaran online dengan kartu kredit, sehingga bagi kita yang sedang terburu-buru tidak perlu repot menyiapkan uang tunai saat turun dari ojek. Pembayaran menggunakan kartu kredit ini disediakan bukan hanya untuk kenyamanan pelanggan. Layanan ojek online ini telah menciptakan sistem yang dapat menghindari terjadinya transaksi langsung antara driver ojek dan penumpang, dengan demikian perusahaannya dapat memperoleh keuntungan.

Selain itu Go-jek dan Grab juga dilengkapi dengan fitur dimana penumpang dapat mengevaluasi pengemudi dan pelayanannya setelah naik ojek online ini. Di satu sisi, pengemudi juga dapat mengambil penumpang berdasarkan informasi pelanggan yang sudah dinilai oleh pengemudi lain sebelumnya. Dengan cara ini, mereka secara konsisten dapat mengelola layanan, transaksi hingga evaluasi yang diterima sehubungan dengan layanan yang mereka sediakan serta terus meningkatkan kualitas layanan untuk kepuasan pelanggan.

6 Faktor yang menjadi kekuatan bisnis ojek online

Jika hal-hal berikut ini dapat dilakukan dengan maksimal, maka kita bisa membuat model bisnis yang dapat bersaing. Gojek dan Grab dapat tumbuh secara eksplosif sebagai startupp dengan memasukkan 6 elemen ini dengan baik ke dalam bisnis mereka.

・1.Margin tinggi
・2.Sumber daya yang melimpah
・3.Pelanggan tetap
・4.Skala diperbesar
・5.Bisa mendukung banyak tempat
・6.Cakupan pemasaran luas

Ongkos taksi yang tinggi mungkin sudah umum, tetapi Gojek dan Grab dapat memperoleh lebih banyak manfaat karena mereka memberikan layanan menggunakan kendaraan pribadi si pengemudi, hal inilah yang membedakannya dengan perusahaan taksi pada umumnya. Dalam layanan ini, pengemudi tidak diharuskan memiliki motor atau mobil dari Go-jek/Grab, namun dapat menggunakan kendaraan pribadi. Karena banyaknya keperluan mobilisasi, menjadikan banyak orang menggunakan layanan ini. Bisnis ini dapat tumbuh dengan pesat karena penggunanya bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan jumlah investasi yang terjangkau. Dengan model yang sama, jenis layanan ini bahkan dapat digunakan di bidang lain. Besarnya pangsa pasar taksi online karena banyaknya pengguna layanan ini.

Pengguna dapat menghindari ketidaknyamanan ketika menggunakan taksi biasa, karena dalam menggunakan ojek online ini kita hanya menekan 1 tombol, tidak ada cancel, tidak perlu bernegosiasi dan banyak lagi kenyamanan lainnya. Ketika jumlah driver meningkat, penumpang akan dapat menemukan mobil lebih cepat, karena jumlah penumpang bertambah, efek jaringan yang dikumpulkan oleh pengendara juga bekerja, demikianlah layanan taksi dan ojek online tumbuh dalam waktu singkat dan menghancurkan industri taksi.

2 latar belakang yang menjadikan bisnis ojek online kuat

2-1. Populer di era sharing economy, apa itu model layanan ride sharing?

Faktor kedua yang membuat model bisnis Gojek dan Grab berhasil adalah tren era ekspansi ekonomi berbagi.

Gojek dan Grab adalah layanan “Gerakan Ekonomi Berbagi” yang cocok dengan pengguna yang ingin bepergian lebih efisien dengan mobil dan pengemudi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan menggunakan mobil dalam waktu yang bersamaan.

Ekonomi berbagi didefinisikan sebagai “mekanisme ekonomi pasar yang ditetapkan dengan berbagi pengguna dan layanan yang dimiliki oleh penyedia.” Meminjam barang dan layanan saat pemilik tidak menggunakan akan menguntungkan baik pemilik maupun pengguna. Pemilik dapat memperoleh uang dari biaya penggunaan, dan pengguna dapat mengoptimalkan anggaran dengan membayar sebanyak yang mereka perlukan.

Dalam hal ini, layanan yang sangat khas adalah layanan yang mengangkut penumpang menggunakan mobil pribadi. Ini adalah “Ride Sharing” yang lahir dari tren ekonomi berbagi, yaitu untuk menyediakan layanan berkendara bersama penumpang. Tidak seperti taksi pada umumnya, bentuk dari layanan ini adalah menjadikan warga sipil sebagai pengemudi dan kendaraan pribadinya sebagai armada.

2-2. Perkembangan smartphone sebagai latar belakang lahirnya layanan ojek online

Salah satu alasan berkembangnya bisnis Go-jek dan Grab adalah bisa dibilang karena banyaknya orang yang merasa “percuma membeli kendaraan pribadi jika tidak begitu sering digunakan”.

Dan lahirnya sistem ekonomi berbagi ini adalah karena berkembangnya teknologi smartphone. Model peminjaman seperti ini sebenarnya sudah lama ada, namun masih memiliki ruang lingkup yang terbatas. Namun, dengan menggunakan smartphone dan media sosial, menjadi mungkin untuk berbagi informasi dengan banyak orang secara real time. Kini perkembangan teknologi tersebut telah mempermudah komunikasi antara orang yang ingin meminjamkan atau menjual barang dan orang yang memerlukannya.

Menuju dunia yang bisa menggerakan produk dan layanan melalu smartphone

Kekuatan terbesar yang dimiliki Gojek dan Grab adalah “membangun jaringan transportasi”. Ada banyak kendaraan yang bergabung dengan mereka. Jika situasi seperti itu dapat terwujud, Gojek dan Grab dapat menangani tidak hanya pekerjaan taksi tetapi juga transportasi perkotaan dan infrastruktur logistik seperti layanan pengiriman ke rumah-rumah penduduk.

Kini bisnis Go-jek dan Grab sudah tidak terbatas pada pengiriman angkutan saja. Visi mereka jauh melampaui itu, yaitu untuk membangun infrastruktur yang menangani permasalahan transportasi semua orang dan barang, dengan membangun mekanisme pengiriman yang cepat.


Rangkuman

Layaknya layanan berbagi tumpangan dari Go-jek dan Grab, berbagi barang melalui alat IT seperti smartphone adalah kesempatan yang baik untuk merevitalisasi ekonomi pasar.

Biaya yang rendah, tingkat kebutuhan dan kenyamanan yang tinggi, diperkirakan layanan berbagi ini akan menjadi lebih populer di masa depan. Akibatnya, perubahan waktu dan struktur industri akan menjadi lebih kuat, industri yang ada akan dihilangkan, dan model bisnis baru yang tidak pernah ada dapat dikembangkan.

 

Apakah Anda ingin mengembangkan aplikasi seperti Go-jek atau Grab?(keyword : cara membuat aplikasi seperti gojek)

Di PT APPKEY, kami menjual dengan harga murah paket aplikasi seperti Go-jek dan Grab.

Mulai dari aplikasi untuk driver dan pengguna, back end admin, server, dapat Anda diskusikan di sini walaupun Anda tidak begitu paham IT.

Bagi Anda yang mempertimbangkan model bisnis seperti ini, silahkan berkonsultasi dengan APPKEY.

 

[business-about]

Alur dan Peran Layanan Jasa Pembuatan Website

0
Orang-Orang yang Terlibat dalam Jasa Pembuatan Website

Pada kesempatan ini, akan dipaparkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti; apa yang dilakukan seorang Web Designer untuk mengatasi permasalahan dalam memberikan layanan jasa pembuatan website? Atau pertanyaan seperti; pada umumnya, apa yang dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai Web Designer?

Orang-Orang yang Terlibat dalam Jasa Pembuatan Website

Sebelum berbicara mengenai profesi seorang Web Designer, mari coba perhatikan orang-orang seperti apa yang terlibat dengan jasa pembuatan website selain daripada seorang Web Designer. Diperkirakan terdapat 4 jenis tipe orang yang bekerja dalam proses pembuatan website.

Jenis Pekerjaan yang Terkait dengan Jasa Pembuatan Website

Web Director
Web Designer
Front End Engineer
Back End Engineer

Tergantung dari volume pekerjaan/proyek, ada banyak jenis pekerjaan seperti misalnya manajer proyek, perencana, dan art director untuk membuat pekerjaan menjadi lebih terorganisir dan dikerjakan sesuai dengan spesialisasi masing-masing. Namun, ada juga kasus ketika proyek yang dikerjakan berskala kecil hingga menengah, sehingga seorang Web Director merangkap juga sebagai seorang Web Designer atau Front End Engineer yang secara bersamaan juga mengambil alih pekerjaan sebagai Back End Engineer.

Penjelasan mengenai cara kerja orang-orang yang berkaitan dengan proyek pembuatan website.


Web Director

Web Director berasal dari kata ‘direction’, merupakan seseorang yang mengatur dan mengelola pengembangan pembuatan website secara keseluruhan. Apabila proyek yang dikerjakan berskala kecil, Web Director yang akan berinteraksi kepada pelanggan sekaligus mengelola seluruh jadwal proyek. Profesi ini secara sederhana dapat diungkapkan sebagai orang yang berperan dalam mengelola semua hal yang berkaitan dengan orang-orang, barang, maupun keuangan dalam proyek.

Sebelum menerima pesanan, hal-hal yang menjadi utama adalah opini dari masyarakat luas, penawaran harga, jadwal, dan pembuatan proposal untuk sebuah proyek. Setelah menerima pesanan, akan dilakukan proses pembuatan wireframes dan kantor umum mulai beroperasi termasuk untuk klien dan mitra luar, serta pengembangan dan seluruh pengelolaan terhadap kualitas sebelum website dirilis.

Pekerjaan dengan jenis pekerjaan paling beragam.

Front End Engineer

Merupakan seseorang yang ahli terutama dalam PHP, HTML, CSS, JavaScript dan membuat tampilan yang dibuat oleh desainer dalam bentuk yang dapat ditampilkan pada browser website.

Pekerjaan seorang Front End Engineer adalah mengimplementasikan animasi saat menggerakkan kursor mouse, mengatur fungsi pull-down dan modal windows, serta membuat tampilan layar yang dinamis dan interaktif.

Front’ berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti ‘bagian depan’ dan ‘reception’, namun, hal tersebut merujuk pada seluruh tempat dimana pengguna menggunakan situs website tersebut.

Back End Engineer

Sesuai dengan kata ‘back’ yang merujuk pada seseorang yang membuat mekanisme dan bekerja untuk bagian belakang sebuah website. Misalnya, setelah menulis dan mengirimkan konten melalui formulir e-mail, merupakan pekerjaan seorang Back End Engineer untuk mengimplementasikan bagian yang mengirim pesan ke alamat e-mail yang telah tercantum.

Oleh karena itu, banyak sistem operasi yang akan diperlukan jika membuat halaman membership dengan mypage atau membuat layanan website terbaru. Selain itu, mempertimbangkan rancangan sistem dan syarat yang diperlukan untuk menyediakan server juga merupakan tugas dari Back End Engineer.

Alur dari Layanan Jasa Pembuatan Website

Mendengarkan permintaan pelanggan

Mendengarkan secara detail dan memahami permintaan yang datang dari klien (pelanggan).

Kemudian, pastikan tujuan dari membuat sebuah situs seperti misalnya untuk apa situs tersebut dan dibuat dan target apa yang ingin dicapai jika situs tersebut selesai dibuat.

Survei dan analisis terhadap pasar

Untuk mencapai target yang diinginkan klien, perlu untuk melakukan analisis dan survei terhadap pasar dari berbagai sudut untuk memeriksa apa yang harus dibedakan dari pesaing dan mengetahui apa yang paling menarik khususnya bagi pelanggan.

Saat melakukan survei dan analisis menggunakan sarana yang ada, anggota proyek mengumpulkan dan meninjau informasi yang diperoleh dari klien.

Proposal

Menentukan konsep untuk situs yang akan dibuat berdasarkan permintaan pelanggan dan informasi yang diperoleh dari hasil survei dan analisis terhadap pasar.

Saat mengumpulkan bahan-bahan untuk menentukan konsep sebuah situs, perlu mempertimbangkan hal-hal seperti apa yang menjadi daya tarik perusahaan Anda atau perusahaan seperti apa yang diinginkan oleh pengunjung website Anda.

Untuk itu, sangat penting untuk menentukan konsep berdasarkan apa jenis industri yang sedang dikelola oleh pelanggan saat ini dan apa daya tarik dari perusahaan lain dalam industri yang sama. Mengetahui dan membandingkan daya tarik perusahaan lain, sehingga akan mengarah ke daya tarik klien yang lebih spesifik.

Selain itu, meskipun dalam waktu yang terbatas, penting untuk berdiskusi dengan klien mengenai tujuan dibuatnya website dan memperdalam pemahaman mereka tentang bagaimana meningkatkan daya tarik untuk sebuah website. Untuk dapat mengembangkan konsep yang meyakinkan, lebih baik jika berkonsultasi langsung dengan bagian director.

Kami akan mempertimbangkan bagan untuk situs website sesuai dengan konsep, dan mengusulkannya kepada klien. Ada 2 jenis konten yang diusulkan untuk konsep yaitu, syarat dan ketentuan serta desain tampilan.

Syarat dan Ketentuan

Merupakan bagian untuk menentukan fungsi pada website dan sejauh mana sebuah website dapat dikembangkan. Misalnya, semua konten berikut merupakan ketentuan syarat yang diperlukan.

Jumlah halaman dan isi

Memperoleh naskah dari pihak klien.

Naskah ditulis oleh anggota pembuat naskah.

Mengedit ulang situs konten saat ini

Terhubung dengan media sosial

・Menambahkan fungsi tombol ‘share’

・Mencantumkan timeline media sosial

・Menampilkan gambar yang diposting pada media sosial di situs website

Gambar yang akan digunakan pada situs website

・Membeli dari situs yang menyediakan material-material gambar

・Desainer yang berperan sebagai fotografer untuk mengambil gambar

・Meminta fotografer professional untuk mengambil gambar

Penggabungan sistem

Apa yang dapat dilakukan dengan menggabungkan sistem?

Informasi apa yang dihasilkan secara dinamis oleh sistem?

 

Tampilan Desain

Bagian ini biasa disebut dengan wireframe. Menyesuaikan draft desain gambar sebelum melakukan desain untuk digunakan sebagai unsur-unsur yang akan ditampilkan pada tampilan website (reaksi yang berikan kepada pengguna ketika melakukan sebuah tindakan di website).

Misalnya, jika terdapat tombol bertuliskan ‘Lihat selengkapnya’ di bagian bawah artikel pada sebuah situs berita, maka besar kemungkinan pengunjung website akan menekan tombol tersebut.

・Transisi ke halaman lain

・Memuat pada halaman yang sama (halaman melebar ke bawah)

・Perlu login

・Login cepat melalui modal window

・Transisi ke halaman login

Untuk memungkinkan pengguna agar dapat memahami apa yang terjadi apabila tombol diklik/ditekan, maka terdapat beberapa fungsi pilihan tombol seperti ketika memilih sejumlah teks dan beberapa daftar artikel. Sebaliknya, menurut konsep situs, ada kejadian dimana lebih baik membuat pengunjung penasaran mengenai apa yang terjadi saat tombol-tombol pilihan tersebut diklik/ditekan.

Hal-hal tersebut merupakan yang harus dipikirkan saat mendesain konsep tampilan situs.

Alat seperti prototyping dapat digunakan agar pengguna dapat melihat tampilan yang sebenarnya pada situs website, namun sarana yang paling banyak digunakan adalah wireframe karena memiliki tampilan yang sederhana.

Pembuatan desain

Pada dasarnya, pembuatan desain akan dilanjutkan berdasarkan desain tampilan (wireframe). Desain ditentukan berdasarkan konsep dari situs website. Selanjutnya, membuat top page atau halaman utama, lalu membentuk tone dan manner (citra atau kepribadian dari sebuah produk).

Berikut adalah contoh-contoh yang dibuat oleh seorang desainer.

  • Desain dasar (bagian utama)
  • Lower page design atau desain untuk bagian paling bawah
  • Logo
  • Ikon
  • Ilustrasi
  • Dan lain-lain

 

Pengembangan Sistem

Secara garis besar, pengembangan sistem dibagi ke dalam kategori berikut.

  • Pengembangan sistem Front End
  • Pengembangan sistem Back End

Front End

Dalam pengembangan sistem Front End, dilakukan implementasi terhadap fitur-fitur yang dilihat oleh pengguna, termasuk desain, pembuatan mark-up berupa HTML/CSS dan implementasi JavaScript. Terutama pada bagian animasi dalam jasa pembuatan situs website, Front End Engineer dan Designer perlu bekerja sama dalam hal ini. Dalam beberapa tahun terakhir, seorang designer dan front end engineer memang melakukan pekerjaan sesuai spesialisasi masing-masing, namun, terkadang seorang designer juga bekerja sebagai front end engineer untuk proyek-proyek kecil ataupun perusahaan.

Back End

Dalam pengembangan sistem Back End, sistem yang dikembangan akan menjadi bagian dasar yang tidak dapat dilihat. Meskipun hal ini merupakan hal yang tidak dapat dijangkau oleh seorang desainer, namun, jika memiliki sebuah situs dengan sistem yang digunakan untuk menambah serta membagikan informasi, maka perlu diperhatikan bahwa volume pekerjaan yang dilakukan pada Back End akan berubah tergantung pada desain proposal yang diberikan oleh klien.

Verifikasi

Pastikan untuk memverifikasi sebelum melakukan pengiriman. Periksa dengan beberapa orang apakah persyaratan yang diperlukan sudah berfungsi dengan baik dan pastikan bahwa tidak terdapat masalah meskipun telah dicoba melalui beberapa browser.

Setelah situs website yang didesain dapat benar-benar ditampilkan pada browser, kemudian cobalah memastikan tampilan serta sistem pengoperasiannya dengan menggunakan berbagai browser. Hal ini merupakan langkah untuk menjamin agar situs website dapat ditampilkan sesuai desain dan animasi dapat berjalan dengan baik. Apabila situs website dibuat responsif, karena lebar layar juga mempengaruhi banyaknya jumlah pola yang tidak dapat diikuti, maka perlu diperiksa melalui berbagai jenis perangkat.

 
[website-about]
 

Jiwa Usaha dan Kebiasaan Wirausaha Sukses

0
3 Jiwa wirausaha yang dilakukan oleh orang-orang sukses dan 11 kebiasaan yang pantang untuk dilakukan jika ingin sukses

1. Bagaimana memperoleh kebiasaan orang sukses??

Mungkin sering terbersit di pikiran kita, “apa sih yang dilakukan orang itu  hingga bisa sukses?”. Apa bedanya kebiasaanku dengannya, hingga kami mendapatkan hasil yang berbeda?”. Seperti dua sisi mata uang, disaat ada orang yang berhasil, disaat yang bersamaan juga ada orang yang gagal.

Sebenarnya, kegagalan itu sendiri mengarah pada pada suatu kesuksesan, seperti kata pepatah, “kegagalan adalah awal dari kesuksesan”. Namun ada kalanya kita gagal karena merasa telah sukses melakukan suatu usaha, tetapi pada kenyataanya usaha itu belum benar-benar rampung untuk disebut sukses.

Dalam artikel ini kita akan membahas kebiasaan yang dilakukan oleh orang sukses dan kebiasaan yang tidak boleh dilakukan jika ingin berhasil dalam berwirausaha.

Jika Anda ingin berhasil dalam wirausaha maupun dalam hal lainnya, silakan luangkan sedikit waktu Anda untuk membaca artikel ini.

Karena kita akan membahas 3 jiwa kewirausahaan yang dilakukan oleh orang-orang sukses.

 

2. 3 semangat wirausaha yang dilakukan orang sukses

2-1.  Bertanggung jawab

Orang-orang sukses bertanggung jawab ketika mereka gagal. Tanggung jawab itu tidak mereka limpahkan kepada orang lain. Suatu kesalahan akan mereka renungkan, bahkan ketika orang-orang mereka gagal, kegagalan itu adalah kesalahan mereka.

Daripada menyerahkan tanggung jawab kepada bawahan, mereka akan membenahi keterampilan manajemennya sendiri. Mereka yang berada di posisi masih di bawah juga tidak melemparkan tanggung jawab pada atasan, mereka menyadari bahwa mereka tidak memiliki kekuatan untuk memengaruhi atasannya.

Mereka yang bisa memikirkan hal-hal seperti itu, adalah orang-orang luar biasa yang akan melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk masyarakat.

2-2.  Menghargai orang yang membantunya

Orang-orang sukses menghargai orang-orang yang mendukungnya. Baik itu anggota keluarga, teman, guru, maupun rekan satu tim.

Hal ini membuktikan bahwa tidak perlu untuk memamerkan apa yang kita lakukan, kita hanya perlu bekerja dengan kekuatan kita sendiri. Karena semakin kita berusaha untuk memuaskan keinginan agar mendapatkan pengakuan, kekuatan kita akan berkurang.

Jangan lupa juga untuk berterima kasih, karena seseorang yang dapat mengatakan “Terima kasih” adalah penerus nyata dan meninggalkan nama dalam sejarah.

2-3. Bersemangat

Orang yang sukses memiliki gairah dan semangat serta berbicara tentang visi besar. Namun, banyak orang melupakan hal yang benar-benar diinginkannya dan memilih untuk melakukan saja pekerjaan yang diinginkannya.

“Saya ingin bekerja di bawah orang ini”, orang yang merasa seperti itu adalah orang yang termotivasi dari ejekan lawan bisnis mereka. Hal ini menjelaskan dari struktur pemikiran manusia bahwa pemikiran seperti ini sangatlah penting.

 

3. Apa itu 11 pantangan agar bisa meraih sukses?

Berikut ini adalah kebiasaan yang pantang untuk dilakukan oleh orang-orang sukses. Apa saja itu? Mari kita lanjutkan membaca.

3-1. Membuat alasan

Orang yang sukses tidak akan pernah membuat alasan. Daripada membuat alasan, mereka akan mencoba memperbaiki dan menganalisis masalah yang ada. Mereka akan menganalisis masalah menjadi penyebab kegagalan..

Kebanyakan orang cenderung terlalu percaya pada kekuatan mereka, jadi ketika mereka gagal, mereka pasti akan ingin menyalahkan orang lain di sekitar mereka. Bahkan berusaha membuat suatu alasan, mengapa usaha mereka tidak berhasil.

Agar berhasil, Anda perlu mengubah PDCA agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

3-2. Memiliki tujuan yang ambigu

Orang yang sukses tidak ragu-ragu, ia akan tegas memutuskan antara  “Ya” dan “Tidak”. Saya pernah bertemu seorang WNA asal Jepang. Menurutnya, dalam bisnis orang Jepang cenderung membuat kejelasan fakta sebagai kebiasaan budaya mereka dan merasa harus menegaskan antara Ya atau Tidak.

Karena memberikan instruksi ambigu kepada bawahan akan menyebabkan kesalahan besar nantinya, apalagi jika bawahan tidak dapat melakukan tugas dengan benar.

3-3. Membanggakan kekuatan sendiri

Orang-orang sukses tidak membanggakan kekuatan mereka sendiri. Ketika kekuatan kita tidak diakui oleh orang lain, kita mungkin saja akan menjadi arogan dengan kekuatan yang kita miliki.

Baru-baru ini ada banyak sistem yang memenuhi keinginan kita untuk mendapatkan pengakuan. Contoh umum adalah SNS seperti Twitter dan Facebook. Dengan segala cara, kita berusaha agar banyak yang menyukai postingan kita, tapi ini hanya akan membuat kita terbelunggu didalamnya.

Jika kita adalah orang yang benar-benar sukses, kita tidak perlu repot-repot memposting ke SNS, karena orang lain yang akan memposting tentang kita sebagai gantinya.

3-4. Berpikiran negative

Orang-orang sukses tidak berpikiran negatif. Mereka memiliki keyakinan bahwa semuanya benar-benar akan berjalan dengan baik. Sangat penting bagi kita untuk tidak berpikiran buruk kepada sesuatu yang sedang kita lakukan. Sangatlah penting untuk mengatakan bahwa semuanya akan berjalan dengan baik.

Contohnya adalah pada saat melakukan penjualan. Dalam persaingan untuk menjual produk yang sama, orang dengan pemikiran negative akan mengatakan “Barang ini tidak dapat dijual” dan orang yang positif mengatakan “Produk ini luar biasa”.  Percaya atau tidak, pemikiran kita akan mempengaruhi keputusan pembeli terhadap barang dagangan kita.

Jika mereka membeli, saya pikir banyak orang akan membeli barang dari orang yang positif.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk sesuatu yang kita tahu jelas akan gagal. Oleh karena itu, rencana yang matang juga diperlukan.

3-5. Terperangkap di masa lalu

Orang-orang sukses dalam wirausaha tidak terjebak di masa lalu. Sebagai contoh, mereka tidak akan membanggakan kesuksesan secara berlebihan dan melarikan diri dari pengalaman akan kegagalan.

Masa lalu adalah masa lalu. Dan, kita wajib membentuk diri kita dengan pengalaman di masa lalu.

Jika kita terjebak di masa lalu, apakah akan berpengaruh buruk terhadap di masa depan? Ya, benar.

Yang dapat kita lakukan adalah menerima kenyataan di masa lalu, dan mengubah masa depan. Cara berpikir yang berorientasi pada masa depan akan sangat penting bagi masyarakat di masa mendatang.

 

3-6. Menghindari kegagalan

Orang yang sukses selalu mengalami kegagalan. Ukurannya bervariasi untuk setiap orang, tidak ada yang tidak  pernah mengalami kegagalan. Saya tidak bisa berhasil jika takut gagal.

Pernahkah Anda berlatih untuk mengendarai sepeda? Dan pasti pernah jatuh, bukan? tidak akan ada orang yang bisa naik sepeda dari awal tanpa pernah terjatuh. Kemudian, orang tua juga tidak boleh mengatakan bahwa anak mereka tidak boleh mengendarai sepeda karena mereka masih dapat berlari daripada berusaha belajar mengendarai sepeda dengan resiko akan jatuh.

Apa yang dapat Anda lihat dari contoh ini adalah bahwa kegagalan adalah sumber kesuksesan. Tentu saja, tidak masuk akal untuk terus gagal. Penting untuk berpikir tentang bagaimana untuk berhasil.

3-7. Tertekan karena gagal

Orang-orang sukses tidak pernah merasa tertekan karena mereka gagal. Karena itu lebih baik bagi kita untuk menerapkan langkah-langkah baru agar berhasil jika kita punya waktu untuk merasa tertekan.

Di sini kita banyak menggunakan sepeda sebagai contoh. Pada saat berlatih, banyak orang berusaha mematahkan semangat kita sehingga membuat kita tertekan. Namun kita tidak  menyerah untuk berusaha mengendarainya. Dengan kata lain, keinginan kita untuk menguasainya di masa depan membuat kita tidak menyerah untuk berusaha.

Hal ini dapat kita jadikan contoh dalam kegiatan wirausaha. Jika memiliki waktu untuk jatuh pada kegagalan, lebih baik kita gunakan waktu itu untuk memikirkan tentang sesuatu yang baru atau tantangan baru lagi.

Karena berpikir positif itu penting dalam segala hal.

3-8. Takut bertindak

Orang yang sukses dalam wirausaha tidak takut bertindak. Kita tidak perlu memikirkan apakah ide-ide kita akan berguna pada dunia bisnis atau tidak, kita hanya perlu berusaha. Karena sekecil apapun usaha kita tetap akan mendatangkan hasil di kemudian hari.

Selain itu Juga, memiliki psikologi yang menarik menentukan kebahagiaan. Di antara faktor-faktor yang menentukan kebahagiaan seseorang, 50% adalah DNA, 40% adalah perilaku, dan 10% adalah lingkungan.

Dengan kata lain, jika Anda menginginkan kebahagiaan, mengubah prilaku adalah pilihan yang tepat. DNA tidak dapat diubah dengan mudah, dan dibutuhkan banyak biaya dan waktu untuk mengubah lingkungan.

Aksi tidak hanya terkait langsung dengan hasil, namun ini  juga merupakan faktor terbesar untuk membuat Anda bahagia.

 

3-9. Berorientasi pada stabilitas

Orang yang berhasil dalam wirausaha tidak mencari stabilitas. Mereka akan bertindak untuk mengubah sesuatu. Karena bagi mereka perubahan terjadi seiring berjalannya waktu.

Banyak orang menginginkan stabilitas pada jenjang karir mereka, tetapi banyak orang yang berhasil memulai bisnis tidak pernah mengambil pekerjaan. Bahkan jika mereka mendapatkan pekerjaanpun, mereka biasanya cenderung tidak cocok dengan  stabilitas, kemudian meninggalkan perusahaan dan kemudian mulai membuat startup bisnis mereka sendiri.

Banyak perusahaan besar Jepang kini menjadi berorientasi pada stabilitas, namun Akibatnya, akan dikalahkan oleh gelombang baru seperti Cina, Korea Selatan dan bahkan India yang selalu mencoba tantangan baru. Peralatan rumah tangga adalah ciri khas mereka.

Memang penting untuk melindungi bagian terkuat dari usaha kita. Namun, tidak ada gunanya melindungi semuanya. Jika kita tidak terus menghasilkan sesuatu yang baru, popularitas kita akan ditelan oleh gelombang era baru yang akan datang berikutnya.

3-10. Tidak berani mengambil resiko

Orang yang sukses dalam bisnis berani mengambil resiko. Dalam beberapa kasus mungkin kita tidak perlu mengambil resiko. Namun, jika sama sekali tidak mengambil resiko, kita tidak akan pernah berhasil.

Kita tidak akan dapat maju jika kita hanya melakukan hal-hal yang hanya biasa kita lakukan saja. Ini tidak berarti kita bisa nekat mempertaruhkan apapun, kita hanya perlu mengambil resiko yang masuk akal, namun tidak jauh dari zona aman.

Selain itu juga, orang yang sukses juga memikirkan tentang apa yang mungkin atau tidak mungkin, mereka tidak memikirkan sesuatu tanpa memikirkan bagaimana cara mencapainya.

Dengan mengambil resiko dan bertindak untuk mencapai tujuan, kita  bisa lebih dekat dengan kesuksesan.

3-11. Mengabaikan studi

Orang yang berhasil dalan usaha adalah orang yang terus belajar.

Membaca adalah contoh yang bagus. Pengetahuan adalah apa yang menentukan arah perilaku dan memaksimalkan perilaku. Jika tidak ada kecerdasan, Anda dapat melangkah satu langkah ke arah yang salah atau satu langkah ke arah yang lebih kecil.

Sebenarnya pemilik Microsoft, Bill Gates juga senang membaca selama 1 jam setiap hari. Pengetahuan dapat diperoleh dari buku-buku dll. Mungkin banyak dari kita menganggap bahwa belajar tidak lagi diperlukan setelah seseorang terjun ke masyarakat. Namun, hal itu adalah hal yang keliru. Karena sebagian besar pengusaha yang aktif di dunia adalah pekerja keras dan orang-orang yang rajin belajar.

Yang penting adalah belajar dan tidak menunda-nunda untuk berusaha.

Jiwa Wirausaha : Karakteristik dan Strateginya

0
jiwa wirausaha

Pemikiran untuk memulai suatu usaha bisnis dapat muncul secara tiba-tiba, tetapi ada banyak kasus dimana pemikiran tersebut dipengaruhi lingkungan masa kecil dan bagaimana seseorang dibesarkan. Jiwa wirausaha sangat penting dan bukan hanya untuk membangun dan menjalankan wirausaha, tetapi juga memiliki berbagai pengaruh lainnya.

Nah, kali ini kami telah merangkum secara lengkap tentang pengertian jiwa wirausaha dan beberapa karakteristiknya. Ingin tahu lengkapnya seperti apa? Tunggu apa lagi, langsung saja simak ulasannya dibawah ini!

Apa itu Jiwa Wirausaha?

jiwa wirausaha

Semangat wirausaha dalam bahasa Inggris disebut dengan entrepreneurship dan dikatakan sebagai “semangat untuk membuka bidang bisnis baru”. Misalnya, saat membangun usaha baru, pada umumnya para pengusaha awalnya menggunakan ide-ide kecil mereka sendiri, meminimalkan biaya awal, menghabiskan waktu pada proyek dan berusaha untuk menjalankannya secepat mungkin.

Namun, dalam beberapa kasus seperti sebuah usaha yang memiliki potensi besar dan ingin menjadikan ide bisnisnya sebagai sebuah peluang bisnis yang sukses, bisa jadi akan mengalami kesulitan saat melakukannya sendiri. Pada saat seperti itu, Anda perlu untuk mendapat dukungan dari investor dan melakukan banyak kerjasama dengan pihak-pihak tertentu.

Hal yang sama pada kedua hal tersebut adalah pentingnya untuk tidak berhenti di tengah jalan dalam mencapai suatu tujuan, mengatasi kesulitan dalam keadaan apapun, memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk membuka jalan yang lebih lebar. Itulah yang disebut dengan jiwa wirausaha.

Mengapa Jiwa Wirausaha itu Penting?

Dunia terus mengalami banyak perubahan karena perkembangan arus globalisasi dan teknologi. Hal yang dibutuhkan dalam perubahan zaman yang tidak dapat diperkirakan adalah memiliki jiwa wirausaha untuk mampu berpikir dan bersikap seperti layaknya seorang wirausahawan.

Misalnya seperti, segera melakukan sesuatu hal yang sebelumnya telah Anda pikirkan, memperoleh hasilnya, melakukan analisis, melakukan evaluasi dan memanfaatkan hal itu untuk hal selanjutnya.

Anda tidak akan dapat mengikuti perkembangan masyarakat yang selalu berubah dengan cepat jika Anda tidak melakukan sesuatu dan melangkah perlahan-lahan dengan terus melakukan hal tersebut.

Jika Anda tidak melakukan tindakan apapun, Anda tidak akan mengetahui apa yang dapat Anda lakukan dan apa yang tidak dapat Anda lakukan. Kemudian, sebuah tindakan pasti akan menjadi suatu bentuk untuk Anda dapat memahami kenyataan.

Untuk dapat bertahan hidup di era modern seperti saat ini, memiliki jiwa wirausaha itu penting agar Anda dapat berjalan dengan hati-hati dan agresif di setiap peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, terlepas dari apakah Anda memulai sebuah bisnis atau tidak.

5 Karakteristik Orang yang Memiliki Jiwa Wirausaha

jiwa wirausaha

Banyak tanda yang mencerminkan karakteristik dari jiwa berwirausaha. Berikut ini adalah 5 karakteristik dari mereka yang memiliki jiwa wirausaha.

1. Mandiri

Jika ada masalah, selalu berusaha untuk menyelesaikannya sendiri. Seberapa besar pun permasalahannya, orang-orang yang mandiri dapat melangkah setelah memikirkan apa yang harus dilakukan.

Penting untuk mengandalkan potensi yang ada pada diri sendiri tanpa berharap terlalu banyak terhadap perubahan situasi dan lingkungan sekitar. Selain itu, juga sangat penting untuk mencoba berbagai gagasan yang muncul tanpa rasa takut.

2. Menjaga diri sendiri

Seorang wirausahawan akan menjaga dirinya sendiri agar selalu dalam kondisi paling baik untuk dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki sebaik mungkin. Contoh yang mudah dipahami, seperti menjaga kondisi fisik dan mengontrol motivasi.

Saat baru memulai wirausaha, tidak jarang pekerjaan akan terus dilakukan 24 jam selama 365 hari. Fisik dari seorang wirausahawan adalah modal yang paling penting saat itu. Mereka harus selalu sadar untuk menjaga diri setiap hari.

3. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri

Seorang wirausahawan selalu berpikir bahwa masalah seperti apapun, penyebabnya ada pada diri sendiri. Ketika mengalami kegagalan, hal tersebut tidak berhubungan dengan perubahan atau peningkatkan kinerja dari mereka sendiri jika hanya menyalahkan orang lain atau lingkungan sekitar.

Seorang wirausaha harus bercermin pada perilaku diri sendiri dan memikirkan bagaimana sesuatu dapat bekerja dengan baik. Hal ini akan dapat mengubah sikap dan cara berpikir seorang wirausahawan sehingga dapat mencapai kesuksesan.

4. Harga diri

Seorang wirausahawan selalu berusaha untuk mencapai situasi yang tidak hanya diterima oleh diri mereka sendiri, tetapi juga melihat penilaian dari orang lain. Penting untuk memiliki rasa bersaing tidak hanya kepada orang lain, tetapi juga kepada diri sendiri.

5. Percaya pada orang lain

Indikator terakhir adalah selalu mempercayai orang lain. Selain itu, jika ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk orang itu, Anda bisa bekerja sama dan memberikan dukungan. Mereka yang memiliki jiwa wirausaha dapat dikatakan memiliki persamaan, yaitu keras dengan diri mereka sendiri tetapi lembut dengan orang lain.

Tentu saja, pengelolaan terhadap suatu hal tidak akan berjalan baik hanya dengan bersikap lembut. Sebagai wirausaha, ini merupakan hal yang penting agar karyawan dapat mengikuti mereka.

Selain itu, saat mereka tidak dapat melakukan sesuatu sendiri, mereka harus bergantung pada para ahli dan profesional di bidang itu. Pada saat seperti itu, mereka harus mempercayai orang lain dan mengumpulkan orang-orang yang dapat diajak bekerja sama.

Bagaimana Cara Menumbuhkan Jiwa Wirausaha?

Jiwa wirausaha dapat dilatih dan ada dua jenis pelatihan kewirausahaan. Yang pertama yakni, pelatihan manajemen pengelolaan perusahaan. Yang kedua, pelatihan semangat untuk berani menghadapi risiko, kemampuan berpikir dan meningkatkan kreativitas, serta keterampilan dalam pemecahan masalah yang termasuk dalam jiwa kewirausahaan.

Penting untuk mendukung orang yang ingin mencoba untuk memulai wirausaha dengan mendekati para calon pengusaha dan mendidik mereka terlepas dari apakah mereka akan memulai wirausaha atau tidak.

Pelatihan yang pertama, pelatihan manajemen pengelolaan perusahaan dapat diperoleh dengan mengikuti seminar atau kuliah umum setelah menjadi bagian dari masyarakat atau seorang mahasiswa.

Sementara, Pelatihan yang kedua yang berfokus pada jiwa berwirausaha sendiri tidak mudah dipelajari dalam waktu singkat karena membutuhkan waktu lebih lama agar dapat membentuk mereka menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

Mulai sekarang, diharapkan penerapan pendidikan jiwa wirausaha di sekolah akan meningkat secara alami. Dengan begitu, jumlah orang yang memilih untuk melakukan wirausaha juga akan meningkat.

Diharapkan akan terlahir lebih banyak wirausahawan dari berbagai belahan dunia dapat mencapai keberhasilan dengan mengetahui ide-ide dasar dan hal-hal yang umum bagi pengusaha sukses.

Itu dia ulasan lengkap kami mengenai jiwa wirausaha. Jiwa berwirausaha ini sangat penting untuk dimiliki oleh para anak muda saat ini. Dengan memiliki jiwa berwirausaha, Anda dapat membuat usaha baru dan membantu masyarakat untuk meraih sebuah pekerjaan. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Jasa Pembuatan Website Murah dan Berkualitas

0
CARA PEMBUATAN WEBSITE MURAH, BAHKAN BAGI YANG AMATIR SEKALIPUN.

Perkenalkan saya Darni dari PT APPKEY, saya bertanggung jawab di bagian pemasaran di perusahaan ini. Kadang-kadang, ada pelanggan yang mengatakan “ Saya tidak memiliki anggaran, namun saya ingin membuat sebuah website yang hebat ”. Dalam kasus ini, jika pelanggan menginginkan hal seperti itu, untuk menjawab permintaan tersebut, perusahaan kami menawarkan jasa pembuatan website murah kepada customer kami

Tentu saja, biaya yang diperlukan berbeda-beda tergantung pada isi web serta waktu pengerjaan web itu sendiri, biaya akan melambung tinggi jika dikerjakan oleh beberapa orang programmer. Namun jika klien bisa menyediakan data pendukung yang dibutuhkan, maka saat itu biaya akan mengalami penurunan.

JASA PEMBUATAN WEBSITE MURAH

Jika anda ingin membuat sebuah website yang murah, perhatikanlah hal-hal berikut ini dan bicarakan juga tentang bagaimana kinerja membuatnya sehingga harga bisa dinegosiasikan.

Untuk membuat website murah, pada dasarnya kita bisa mempercayakan kepada perusahaan  jasa pembuatan website murah yang sesuai dengan kondisi kantong. Ketika meminta penawaran, Anda mungkin akan ditawarkan harga sekitar 10 juta Rupiah atau lebih dengan rincian yang mengikutinya.

Contoh:
Biaya development : OO Juta (pengerjaan selama 2 bulan)
Biaya desain/ perencanaan : O Juta
Biaya desain situs : O Juta
Biaya pengkodean situs : O Juta
Biaya Responsif :O Juta
Biaya Implementasi CMS : O Juta
Biaya kontrak server awal : O Juta

* Meskipun belum begitu terperinci, ini sudah bisa memberi Anda gambaran biaya yang mungkin diperlukan.

Alur dalam pembuatan website

Dalan membuat website, sulit untuk menilai item mana yang dapat dilakukan sendiri tanpa mengetahui alur keseluruhan. Detail permintaan mungkin saja berbeda, tergantung pada perusahaan website itu akan digunakan. Tetapi umumnya pembuatan situs web akan menggunakan alur berikut,


1. Memenuhi tujuan dan nomor halaman website

Hal ini sebenarnya adalah bagian utama dalam pembuatan website. Perusahaan developer sebelumnya akan meminta informasi rinci tentang apa yang pelanggan inginkan. Apabila kami belum mengetahui situs apa yang akan dibuat. Maka kami akan memerlukan banyak waktu untuk merangkum keinginan pelanggan. Tidak jarang hal ini menyebabkan terjadinya deficit anggaran di sisi pelanggan. Oleh karena itu, saya sarankan agar Anda terlebih dahulu membuat konsep yang jelas sehingga memudahkan pihak developer untuk menjawab kebutuhan Anda. Bahkan hal ini akan mempermudah Anda mendapatkan harga yang terjangkau.

Sementara, jika Anda mengabaikan hal ini, biaya development akan melambung, dan saya yakin akan Anda sesali nantinya. Dan tentu saja, kami akan melakukan penyesuaian  sehingga tidak akan melebihi biaya yang telah Anda angggarkan.

2. Konfirmasi desain dasar website

Sebelum memasuki proses development yang sesungguhnya, biasanya developer akan membuat perencanaan desain untuk setiap halaman website yang akan dibuat. Hal ini disebut penciptaan kerangka dasar dalam industry ini. Di sini kami akan membuat maket foto, informasi text, fungsi yang akan dipakai. Setelah desain desair disetujui oleh klien akan dilanjutkan ke tahap pembuatan desain.

3. Desain

Pada tahap ini kami akan membuat desain konkret berdasarkan desain yang telah ditentukan pada desain dasar. Desainer kami akan memberikan saran yang sesuai seperti masalah warna atau gambar yang akan digunakan. Untuk mempermudah desainer memberikan saran yang tepat guna, sangat dianjurkan agar pelanggan bersedia berbagi konsepnya sedetail mungkin dengan kami. Dengan demikian konsep dan tujuan pelanggan akan lebih jelas, sehingga kedepannya proses developmentpun akan menjadi lebih mudah. Dalam keadaan tertentu, kami bisa menyerahkan proses ini kepada klien yang bersangkutan. Namun untuk penyesuaian detail desain seperti ukuran yang kurang renponsif maka akan kami kirim kembali ke klien untuk dibuat ulang.

4. Konfirmasi desain

Pada tahap ini pelanggan perlu mengonfirmasi desain yang telah dibuat oleh desainer kami. Hal-hal yang kurang sesuai dapat disampaikan kembali pada kami di sini. Karena sudah umum terjadi hal-hal seperti ketidaksesuaian gambar dll.

Namun, jika Anda meminta perubahan yang besar pada session ini, maka Anda mungkin akan dikenakan biaya tambahan

5. Coding

Ini adalah proses development situs yang dilakukan menggunakan Bahasa program dan dilihat dengan menggunakan alat yang disebut browser. Proses Ini akan membutuhkan banyak pengetahuan para ahli di bidang pemrograman website.

6. Penggabungan sistem (jika diperlukan)

Dalam kasus situs di mana Anda harus menggunakan database seperti pada pembuatan situs EC, proses coding di atas akan bertambah. Juga, jika Anda perlu melakukan pembaruan yang berkelanjutan atas konten website tersebut, maka kami perlu menerapkan mekanisme CMS (Content Management System) seperti yang diterapkan dalam blog.

Item CMS ini biasanya akan memicu melambungnya biaya pembuatan suatu website.

7. Pengoperasian dan Pemeliharaan

Jika Anda membuat suatu website, tidak ada yang akan dapat melihatnya kecuali Anda memiliki tempat untuk mempublikasikan. Anda perlu memiliki mekanisme untuk mempublikasikan website dengan menggunakan sebuah server. Anda bisa meminta developer yang Anda sewa untuk melakukan ini karena biasanya mereka akan menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia server. Atau, Anda juga bisa bekerjasama langsung dengan perusahaan server tersebut secara individual.

Banyak perusahaan yang menyewakan server dengan harga murah, Anda bahkan dapat meminjam server dengan harga sekitar Rp. 50,000 per bulan. Namun, banyak juga server Indonesia yang mahal namun spesifikasinya rendah, jadi jika Anda ingin beriklan menggunakan SEO atau Anda ingin sering melakukan pembaharuan, Anda lebih baik mengggunakan server yang dapat memberi Anda manfaat yang lebih baik.

Selain itu, Anda juga akan memerlukan yang namanya domain, yang dapat kita miliki dengan membayar sebesar Rp. 100.000 ~ Rp. 300.000 pertahun.


Poin yang harus diingat dan ditangani sendiri

Memisahkan hal-hal yang dilakukan per item adalah sebagai berikut.

Memenuhi tujuan dan nomor halaman website
Tentukan tujuan website

Menggunakan situs sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

※ Mempersempit tujuan menjadi satu. Tidak hanya menyampaikan apa yang Anda inginkan tetapi juga biaya yang diperlukan.

Putuskan siapa targetnya
Ada banyak pelanggan, tetapi tentukanlah target utama Anda.

Pemilihan perangkat yang sesuai

Jika target sering mengakses dengan smartphone atau tablet, anda bisa berasumsi bahwa anda harus membuat situs terlihat cantik untuk smartphone dan tablet.

Biaya yang diperlukan akan lebih tinggi dibandingkan dengan website yang dibuat untuk PC saja. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan karena akan mempengaruhi biaya development, namun jika fitur ini ditambahkan belakangan, ada kemungkinan akan menurunkan performa website yang Anda miliki.

Perjelas kekuatan perusahaan dengan melakukan perbandingan dengan perusahaan lain/ pesaing.

Meskipun ada banyak website, alasan akan diperlukan agar pengguna dapat melihat perbedaan website Anda dengan yang lain. Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi seperti harga, konten layanan serta kualitas produk itu sendiri apakah bagus atau tidak.  Jika ada yang kurang dipahami, akan lebih baik jika ditanyakan secara langsung.

Adalah suatu kesalahan jika Anda berpikir bahwa tujuan Anda akan tercapa jika Anda menempatkan informasinya di website. Pengguna hanya akan bereaksi ketika mereka menemukan informasi yang diinginkan dan tidak menanggapi informasi yang tidak diinginkan. Dengan mencari tahu kekuatan perusahaan, kita akan mampu memberikan keyakinan kepada pengguna situs. Tujuannya akan tercapai ketika hal ini sesuai dengan kepada siapa target yang diinginkan, lalu apa yang pengguna inginkan.

Mengatur informasi untuk diposting

Jika usaha Anda adalah sebuah restoran, Anda dapat menentukan berapa banyak halaman yang dapat anda posting secara alami, seperti alamat dan nomor telepon, menu dan informasi acara. Dan informasi-informasi lainnya.

Pembaruan situs

Proses ini tidak berakhir pada pembuatan website saja. Pembaruan hampir pasti diperlukan. Jadi Anda perlu memutuskan bagaimana frekuensi pembaruan, di mana anda ingin memperbarui. Hal ini mungkin akan telihat ambigu, jadi perlu dilakukan pertimbangan yang matang.

Selain itu, kita juga perlu memikirkan cara menarik pelanggan dan mempromosikan situs. Apakah itu melalui iklan, blog, atau bahkan SNS atau bagaimana mengetahui situs ini harus dipertimbangkan dari awal. Hanya dengan mempublikasikan situs, tidak akan menarik pelanggan untuk berkunjung.

Selain itu juga, jika langkah-langkah SEO meta tag tidak dilakukan sama sekali, pengguna akan tetap dalam keadaan seperti itu saja. Pengguna tidak akan mampu menemukan situs Anda kecuali dengan menerapkan SEO melalui penambahan meta tag.

Karenanya, sebelum masalah seperti itu terjadi, metode untuk menarik pelanggan menjadi sangat penting untuk direncanakan.

Jika memungkinkan, Anda harus dapat memilih kata kunci juga, tetapi karena memerlukan pengetahuan khusus, lebih baik untuk berkonsultasi dengan perusahaan pembuat web untuk menentukan kata kunci yang tepat

Konfirmasi desain dasar

Berdasarkan peta situs di atas, kami memutuskan apa yang akan dimasukkan ke halaman ini. Ini adalah bagian yang penting, agar kelemahan perusahaan tidak begitu terlihat oleh pesaing.

Untuk hal ini, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan perusahaan jasa pembuatan website yang Anda sewa.

Pengkodean desain

Pada dasarnya, pada tahap ini, pengetahuan seorang Ahli sangat diperlukan sehingga sulit bagi orang yang tidak berpengalaman untuk proses pembuatan website. Namun, ada opsi untuk membeli desain dalam bentuk template code.

Jika Anda membuatnya menggunakan template yang dibeli, Anda dapat secara signifikan menurunkan biaya. Karena ini adalah template yang sudah selesai, pengecekan koding desain juga minim. Perusahaan yang menawarkan harga murah, pada umumnya menggunakan template untuk desainnya.

Namun jika Anda membutuhkan desain khusus, Anda mungkin akan memerlukan biaya lebih untuk membuat yang sesuai dengan keinginan Anda.

Operasi dan pemeliharaan

Proses ini membutuhkan pengetahuan khusus tentang server dan domain, tetapi ada perusahaan server yang dengan hati-hati menulis metode kontrak dan ada tempat untuk menyediakan support windows yang tidak begitu tinggi.

Hal ini seperti gambaran meninggalkan asuransi pada saat pembelian mobil atau sepeda motor ke dealer atau melakukannya dengan murah oleh diri sendiri. Dalam kasus kebimbangan ini, saya pikir itu baik untuk mendengarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendelegasikan kontrak domain server ke perusahaan produksi web.


Ringkasan

Ini adalah situs produksi setelah membuat website. Untuk mempersiapkan kesuksesan dalam produksi, persiapan hingga saat itu sangat penting. Sebelum mengatakan ” Tolong dibuat dengan murah “, saya akan senang jika hal-hal yang dapat saya lakukan banyak ditransmisikan. Jika Anda hanya membuatnya lebih murah dari perkiraan, Anda mungkin dapat menemukan sesuatu yang kurang sesuaidi tempat yang tidak terlihat, jadi saya pikir akan lebih baik untuk dapat membuat website dengan hubungan yang baik. Lebih dari segalanya, lampiran datang ke situs yang saya buat dengan usaha. Situs akan diperbaharui denga sukacita. Orang mudah berkumpul di situs yang konsep targetnya jelas.

Karena menjadi murah, bukan berarti anda bertanggung jawab. Hal ini dibuat lebih mudah dan untuk membuatnya sukses dengan berpikir serta membuat web anda sendiri. Ini juga merupakan usaha yang baik untuk menanggung biaya pembaruan karena tidak memerlukan biaya terlebih dahulu.

[website-about]