Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 183

Panduan Cara Membuat Website Perusahaan Mudah Untuk Anda

0
cara membuat website perusahaan, cara membuat website

Untuk cara membuat website perusahaan sendiri, umumnya kita hanya akan memerlukan biaya domain, hosting dan materi, jika membahas masalah biaya, kita bahkan bisa membuatnya dengan biaya sekitar Rp1 juta per tahun.

Namun, jika kita menyewa perusahaan pembuat web untuk melakukannya, biaya pengembangannya bisa berkisar antara Rp5 juta hingga puluhan juta Rupiah. Selain itu, banyak diantaranya akan menimbulkan biaya pemeliharaan setiap bulannya.

Namun, tergantung spesifikasi webnya, harga tersebut bisa dibilang tidak mahal karena mereka harus mempertimbangkan desain website yang akan dibuat, biaya meeting (konsultasi dengan klien) atau pemotretan (untuk penyediaan materi gambar), biaya editor gambar, hingga biaya tenaga kerja yang terlibat dan lainnya sehingga wajar harganya menjadi tinggi.

Jika ada permintaan pembuatan website, biasanya hanya sekali dan mereka harus membuatnya secara mendetail, jadi jika mereka tidak menghargainya minimal Rp10 Juta, pekerjaan ini tidak akan bisa dijadikan bisnis.

Namun, saya rasa banyak juga orang yang mengatakan bahwa cukup dengan membuat homepage yang simple dan hanya menampilkan informasi perusahaan dan tidak harus memiliki kualitas yang tinggi untuk website perusahaan yang ingin dibuatnya.

Dalam kasus seperti itu, kita akan bisa menekan biaya dengan cara membuat website perusahaan sendiri tanpa menyewa jasa perusahaan pengembang.

Cara Membuat Website Perusahaan Mudah dan Cepat

cara membuat website perusahaan, cara membuat website

Untuk membuat sebuah website perusahaan, terdapat beberapa langkah yang bisa diikuti untuk membuat website yang optimal untuk perusahaan. Berikut beberapa cara membuat website perusahaan dengan mudah dan cepat untuk Anda

Jenis Perusahaan yang Cocok Untuk Membuat Website Perusahaan Sendiri

Jika berbicara masalah perusahaan yang cocok untuk membuat websitenya sendiri, misalnya dalam kasus untuk membuat akun bank, maka memerlukan website perusahaan, atau untuk dapat membuat kartu nama, pemilik perusahaan membeli domain untuk dapat membuat email khusus.

Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat website perusahaan sendiri kelak anda akan menjadi pimpinan perusahaan. Pimpinan perusahaan yang baru berdiri dan belum memiliki jaminan apapun dan bahkan belum menerima bayaran atas apa yang dilakukannya, pasti akan membuat website perusahaannya sendiri.


Perusahaan yang cocok membuat websitenya sendiri

  • Perusahaan yang hanya mempublikasikan informasi umum perusahaan
  • Perusahaan yang memerlukan website untuk mendaftar akun bank
  • Perusahaan yang perlu email resmi untuk dicantumkan dalam kartu nama
  • Perusahaan yang tidak mengharapkan penghasilan melalui website
  • Perusahaan yang tidak memerlukan pendaftaran penggunanya melalui website
  • Perusahaan B to B yang tidak perlu melakukan pendekatan terhadap pengguna biasa
  • Perusahaan yang tidak perlu mencari pelanggan secara online, karena sudah memiliki pelanggan yang pasti
  • Perusahaan yang tidak memiliki permintaan dari konsumen umum

Di sisi lain, jika Anda perlu menjangkau konsumen menggunakan, seperti toko online, restoran, atau klinik, saya sarankan Anda membuat website yang terlihat bagus dengan meminta pada perusahaan pembuat website profesional.

Perusahaan yang perlu menggunakan jasa perusahaan pembuat website

  • Perusahaan yang menginginkan pelanggan dan hasil penjualan melalui website
  • Perusahaan yang perlu membuat branding dan diferensiasi dengan perusahaan lain
  • Perusahaan yang memiliki permintaan dari konsumen umum
  • Perusahaan yang menjalankan bisnis jenis B to C

Meskipun Anda menganggap tidak ada yang akan melihat website perusahaan, namun di luar dugaan website perusahaan justru sangat banyak dicari. Misalnya, selain kerabat atau teman, website ini bisa saja akan dikunjungi dan dinilai oleh perusahaan perusahaan pemasok dan industri, mitra bisnis, marketing asuransi dan perlengkapan perusahaan dan lain-lainnya.

Jika membuat website sendiri menjadikan desainnya kurang bagus sementara website tersebut harus ditampilkan untuk pengguna umum, maka saya sarankan pada untuk menggunakan jasa perusahaan pengembang yang profesional.

Poin Utama Cara Membuat Website Perusahaan 

Poin utama ketika kita membuat website sendiri, bukanlah membuat website gratis, namun ada pada poin dimana kita membuat web dan mendapatkan domain sendiri.

Cara membuat website perusahaan terbaik adalah dengan terlebih dahulu menentukan domain, contohnya: domain “co.id” untuk perusahaan komersial umum dan domain “or.id” untuk perusahaan nirlaba seperti institusi medis.

Harga domain untuk organisasi seperti ini memang agak mahal dibandingkan dengan domain biasa yaitu sekitar Rp300,000/tahun, karena domain ini hanya dapat diperoleh oleh organisasi perusahaan yang telah sah terdaftar. Oleh karena itu, kepemilikan atas domain ini juga menjadi bukti atas keandalan perusahaan Anda.

Namun, sekarang sudah memungkinkan bagi kita untuk mencari informasi yang terdaftar di internet, sehingga tidak perlu menyerahkan sertifikat seperti sebelumnya untuk mendapatkan domain ini. Untuk detail tentang cara mendapatkan domain unik ini, silakan lihat di sini.

Jika Anda telah memperoleh domain co.id, artinya perusahaan Anda sudah terdaftar, jadi Anda harusnya dapat membuka akun bank perusahaan dengan relatif mudah. Selain itu, bagus juga untuk membuat email untuk dicetak dalam kartu nama menggunakan domain “co.id” yang telah didapat.

Desain atau sistem web selalu dapat kita ubah kapanpun, bahkan setelah dipublikasikan, beda halnya dengan domain, kita tidak dapat sering mengubah nama domain hanya karena kita ingin.

Maka itu, sebagai salah satu cara membuat website perusahaan, saya sarankan agar Anda membeli domain “co.id”.


Pilih Platform Website Yang Tepat

Untuk membuat website perusahaan dengan cepat kita membutuhkan platform untuk membuat website tersebut. Sekarang sudah banyak terdapat platform pembuatan website dengan beragam jenis dan juga beragam fitur yang berbeda dan juga untuk kegunaanya. 

Beberapa contohnya ada WordPress, Wix, Shopify, atau bisa saja platform kustom. Maka sangat penting untuk anda menyesuaikan platform website dengan kebutuhan perusahaan anda atau anda sendiri.

Gunakan Server Khusus Untuk Website Instansi

Untuk situs web bisnis, menyewa server situs web bisnis khusus adalah pilihan terbaik.

Terutama dalam kasus situs e-commerce, utilisasi kapasitas sebesar 1% pun bisa mengakibatkan hilangnya penjualan selama 3 hari dalam 1 tahun, selain itu kemungkinan adanya  email spam yang terkirim dari situs instansi, hal ini akan sangat menghambat kinerja perusahaan.

Dalam artian, saya menyarankan Anda untuk menggunakan server rental untuk pengguna korporat yang memiliki tingkat utilisasi dan keamanan tinggi, tetapi jika Anda menggunakan situs web hanya untuk menampilkan informasi perusahaan, tidak akan ada masalah khusus bahkan jika Anda menggunakan server rental standar.

Otentikasi Jenis SSL Agar Lebih Optimal

Mengenai URL, baru-baru setiap website diwajibkan untuk memperoleh SSL dan membuat URLnya menjadi HTTPS.

Namun hal ini masih memiliki kendala apakah server yang disewa mendukung SSL atau tidak.

Karena merek SSL yang tersedia bisa berbeda tergantung pada server yang disewa, maka itu ada baiknya memikirkan untuk menyewa server sekaligus dengan SSLnya.

Pastikan Template Memuat Informasi Perusahaan

cara membuat website perusahaan, cara membuat website

Setelah Anda mendapatkan domain co.id di atas dan Anda juga mendaftar ke server rental, kami sarankan Anda membuat websitenya sendiri menggunakan template gratis sederhana, dll.

Jika dicari, di internet banyak terdapat template gratis untuk perusahaan. Mengenai konten informasi perusahaan, merupakan ide bagus untuk mengungkapkan rincian bisnis, lokasi, nama PIC, dll. Jika Anda memposting gambar di dalam perusahaan dan menjadikannya konten yang memahami realitas bisnis yang konkret, saya pikir tidak perlu lagi adanya peninjauan dari pihak bank dalam proses pembukaan akun perusahaan

Optimasi SEO

Agar konten anda lebih mudah dijangkau oleh user di google, anda dengan cara mengoptimasi SEO. Mengoptimasi SEO adalah proses untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web anda di mesin pencari seperti google, ada beberapa cara untuk mengoptimalkannya.

Pertama gunakan kata kunci yang relevan dengan konten anda, atau anda juga bisa menggunakan keyword planner atau ubersuggest untuk mendapatkan ide kata kunci. Kedua optimasi URL, buatlah url yang bersih deskriptif dan mengandung kata kunci. 

Cobalah untuk menghindari penggunaan karakter aneh atau angka yang tidak penting dalam URL. Ketiga dapatkan backlink berkualitas dari situs web otoritatif dan relevan, hindari backlink dari web spam. keempat pastikan situs web ada dimuat dengan cepat, kecepatan memuat halaman merupakan faktor penting dalam peningkatan seo.

Buat Konten yang Berkualitas

Demi kenyamanan pengunjung website anda maka buatlah konten yang berkualitas yang informatif dan relevan. Dibandingkan anda membuat konten yang mengandung unsur sara, berita hoax atau yang lainnya hanya demi membuat website anda dikenal. 

Tidak cukup segitu saja, untuk membuat website yang berkualitas. Pastikan juga  website anda dapat dibuka oleh banyak media elektronik, contohnya handphone, laptop, desktop dengan layar yang besar atau website yang responsive, semakin banyak jenis ukuran layar jika konten anda tidak diatur, konten anda akan menjadi berantakan dan menjadi kurang enak dilihat oleh pengunjung website anda.

Kenalkan Website Kepada Dunia

Setelah anda berhasil membuat website untuk perusahaan anda atau anda sendiri, tidak mungkin website yang anda buat sendiri untuk perusahaan hanya dilihat oleh sedikit orang? Di zaman yang maju sekarang sudah ada media sosial, dimana anda dapat mempromosikan website anda.

Dimana orang orang yang sedang mencari kebutuhan mereka bisa saja mendapatkan apa yang mereka inginkan di website anda, biasanya media sosial akan menampilkan konten yang berkaitan dengan user atau interaksi user. Misalnya saja anda sering berinteraksi dengan konten tentang properti rumah atau anda suka memodifikasi motor, maka di beranda media sosial anda akan ada konten tersebut.

Pemeliharaan Website

Seiring berjalannya waktu, website anda akan dikunjungi oleh orang orang dan teknologi tidak akan diam saja teknologi akan terus berkembang juga. Manfaatkan waktu anda untuk memantau teknologi yang baru agar teknologi website anda tidak tertinggal dengan website yang lainnya. 

Terserah dengan anda sendiri sebenarnya, tetapi tetap saja pantau teknologi terbaru bisa jadi anda mendapatkan inspirasi baru atau ada keinginan untuk memperbarui teknologi di website anda kan? peluang anda mendapatkan ilmu akan sangat besar begitu juga dengan website yang sudah anda buat agar teknologinya yang digunakan tidak tertinggal dari yang lainnya.

EIts itu saja belum cukup, anda juga harus memantau kinerja web anda seperti apa fitur yang tidak berguna seperti yang saya katakan di atas teknologi akan terus berubah akan ada beberapa fitur yang anda gunakan sekarang akan dihapus dan diganti di masa yang akan datang. Tentu juga akan ada pengguna yang akan menanggapi website anda, anda juga dapat menanggapi umpan balik pengguna.

Bagaimana Cara Menggunakan Google AdWords

0
Cara Menggunakan Google Ads (AdWords) Indonesia Bagi Pemula

Google Ads (AdWords) merupakan halaman hasil pencarian dari mesin pencari seperti Google yang menyediakan tampilan iklan berbayar terkait dengan kata kunci yang dicari.

Google Ads (AdWords) dapat disebut juga sebagai iklan yang berkaitan dengan kata kunci atau iklan yang berkaitan dengan pencarian, karena iklan tersebut ditampilkan berdasarkan hasil pencarian oleh pengguna.

Artikel ini akan dijelaskan mengenai Google Ads (AdWords) Indonesia dari pengertian dasar hingga bagaimana cara pengaplikasiannya.

1. Pengertian Google Ads (AdWords) Indonesia

Google Ads (AdWords) adalah iklan yang ditampilkan berdasarkan hasil pencarian ketika pengguna mencari kata kunci tertentu di mesin pencari. Iklan tersebut ditampilkan seperti pada contoh gambar berikut.

Google Ads (AdWords) indonesia

1-1. Iklan ditampilkan berdasarkan kata kunci, sehingga sangat efektif dalam menarik minat pengunjung dengan cepat.

Google Ads (AdWords) akan ditampilkan bersamaan dengan kata kunci yang dicari pada mesin pencari. Oleh karena itu, biasa disebut sebagai ‘iklan yang berkaitan dengan pencarian’ dan pengguna ingin mendapatkan informasi tentang kata kunci terkait dengan hal yang mereka cari. Selain itu, jika ingin mendapatkan meskipun hanya 1% dari total pengguna untuk mengunjungi situs website Anda, maka menggunakan layanan Google Ads (AdWords) adalah pilihan yang tepat.

Karena Google Ads (AdWords) merupakan iklan berbasis kata kunci, Anda dapat menargetkan minat pengguna berdasarkan kata kunci yang mereka masukan. Anda dapat menarik pengguna untuk berkunjung ke situs Anda dengan memanfaatkan Google Ads (AdWords) setelah mempertimbangkan kebutuhan pengguna yang mencari sebuah kata kunci.

Baca juga : Cara Iklan di Google Ads Terbaru | Tingkatkan Penjualan Anda

1-2. Google sebagai media publikasi utama.

Media utama sebagai tempat dimana Google Ads (AdWords) dipublikasikan adalah Google Ads (AdWords) oleh Google. Pertama-tama, pahamilah mengenai media tersebut.

◆GoogleAdWords

Google Ads (AdWords) akan muncul pertama kali pada halaman hasil pencarian melalui mesin pencari seperti Google dan mesin pencari lainnya.

Memiliki jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia.

90%-nya berasal dari mesin pencari yang digunakan di Indonesia.

1-3. Berbeda dengan SEO, Google Ads (AdWords) mudah dikelola.

SEO memiliki fungi yang serupa dengan Google Ads (AdWords) yaitu menuntun pengguna agar mengunjungi situs website berdasarkan hasil pencarian yang diinginkan setelah memasukkan kata kunci tertentu.

Ketika menampilkan hasil pencarian, terkadang Google Ads (AdWords) dan SEO memiliki suatu kecenderungan melakukan kekeliruannya masing-masing. Kira-kira apa saja perbandingan dari keduanya?

 Perbedaan yang paling besar adalah kemungkinan untuk mengelola tampilan.

Peringkat pencarian pada Google Ads (AdWords) diurutkan berdasarkan kata kunci yang ditawarkan dan kualitas iklan, sehingga Anda dapat menampilkannya di bagian teratas hasil pencarian berdasarkan biaya yang Anda keluarkan untuk iklan tersebut. Pengaturan sistemanya pun tidak memerlukan banyak waktu, sehingga Anda dapat dengan segera memperoleh hasilnya.

Di sisi lain, karena sistem pada SEO bekerja berdasarkan tingkat hasil pencarian yang ditentukan berdasarkan algoritme mesin pencari, sehingga dibutuhkan banyak waktu, usaha serta biaya untuk memunculkan situs website Anda di halaman pertama hasil pencarian.

Penting untuk memperoleh persetujuan dari mesin pencari yang menyediakan informasi yang paling dibutuhkan oleh pengguna untuk ditampilkan pada urutan teratas.

Baik Google Ads (AdWords) maupun SEO merupakan pilihan yang tepat untuk menarik minat pengguna agar mengunjungi situs website Anda. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan Google Ads (AdWords) sebagai tahap permulaan untuk beriklan.

1-4. Hal-hal lain yang dapat dikelola melalui Google Ads (AdWords)

Dapat menentukan sendiri dengan bebas penawaran harga.

Dapat memulai Google AdsWord dengan biaya yang rendah.

Peringkat tampilan dapat dikelola dalam jangka waktu tertentu tergantung dari biaya yang dikeluarkan.

Dapat mengatur tautan iklan sendiri

Tidak memakan terlalu banyak waktu untuk memasang iklan

Iklan dapat diatur untuk ditampilkan/tidak ditampilkan


2. Sistem Pembiayaan Google Ads (AdWords) Indonesia

Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai sistem pembiayaan pada Google Ads (AdWords).

2-1. Sistem PPC (Pay Per Click)

Google Ads (AdWords) memiliki sistem penetapan biaya yang disebut cost-per-click. Hal ini berarti jika iklan tidak di-klik, maka keuntungan tidak akan bisa diperoleh dari iklan tersebut. Ada juga beberapa kasus dimana Anda perlu membayar iklan tersebut tanpa perlu melakukan klik, seperti pada iklan banner, namun Anda tidak perlu khawatir jika meng-klik iklan berdasarkan cost-per-click tersebut.

Google Ads (AdWords) disebut juga sebagai iklan PPC (Pay Per Click) karena biaya yang dikenakan bukan karena iklan tersebut ditampilkan melainkan karena di-klik.

Biaya iklan akan muncul apabila iklan di-klik berdasarkan harga setiap kliknya dan kualitas dari iklan itu sendiri. Sistem perhitungan dari iklan cost-per-click ini adalah (harga per klik X jumlah klik).

2-2. Biaya iklan ditentukan berdasarkan penawaran

Biaya sebuah iklan ditentukan berdasarkan penawaran.

Iklan ditampilkan setelah memberikan penawaran dengan harga minimal (penawaran berkisar dari Rp. 100 hingga Rp. 1 juta/kata kunci, kualitas iklan dan jumlah penawar). Biasanya, semakin sering kata kunci dicari, maka penawaran yang ditawarkan juga bisa semakin besar.

2-3. Penempatan iklan ditentukan dari ‘penawaran harga’ X ‘kualitas iklan’

Apabila terdapat beberapa penawaran untuk satu kata kunci, maka penempatan iklan Anda ditentukan berdasarkan ‘peringkat iklan’ yang berasal dari ‘penawaran harga’ X ‘kualitas iklan’ (jumlah klik, dll).

Iklan yang ditampilkan dari peringkat tertinggi.

Sebagai contoh, anggaplah bahwa perusahaan A menawarkan biaya sebesar Rp 20.000-, untuk sebuah kata kunci dan perusahaan B menawarkan biaya sebesar Rp 30.000-, untuk satu kata kunci.

Nama Perusahaan Perusahaan A Perusahaan B
Biaya maksimal per klik Rp. 20.000,- Rp.30.000,-
Nilai kualitas 8 4
Peringkat iklan Rp. 20.000×8 = Rp. 160.000 Rp. 30.000×4= Rp. 120.000
Posisi tampilan Pertama Kedua

Berdasarkan pada tabel di atas, karena kualitas yang dimiliki perusahaan A memiliki nilai 8, peringkat iklan yang diperoleh berada di posisi pertama dengan biaya Rp. 160.000,-. Sedangkan, perusahaan B memiliki nilai 4, sehingga peringkat iklannya berada di posisi kedua dengan biaya Rp. 120.000,-.


3. Hal-Hal yang Dapat Dilakukan dengan Google Ads (AdWords) Indonesia

Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai hal-hal yang dapat dilakukan ketika menggunakan Google Ads (AdWords).

3-1. Membuat teks iklan

Anda dapat membuat teks iklan sendiri untuk beriklan melalui Google Ads (AdWords). Gunakanlah kata kunci yang paling sering dicari untuk beriklan serta tulislah kalimat yang menunjukkan rasa rasa simpati dan empati Anda agar dapat menarik minat pengunjung.

Teks iklan tersebut memiliki batasan karakter untuk setiap bagiannya.

Judul : 15 karakter

Penjelasan : 19 karakter x 2 paragraf

Tampilan URL : 29 karakter

Tautan URL : 1024 karakter

Sebagai tambahan, terdapat beberapa batasan dalam menggunakan beberapa karakter atau simbol khusus.

Oleh karena itu, periksalah informasi terbaru dari masing-masing website resmi.

3-2. Menganalisis dan memperbaiki data

Google Ads (AdWords) memiliki kemampuan untuk menganalisis data secara efektif karena Google Ads (AdWords) mampu mengumpulkan data dan mengukur efektivitas dari jumlah iklan yang ditampilkan, di-klik, serta perhitungan biaya, dll.

3-3. Menambah efisiensi dengan mengacu pada middle word dan small word

Kata kunci pencarian dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu big word, middle word, dan small word. Big word merupakan kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak. Di sisi lain, jika posisi big word ditukar menjadi small word maka tingkat konversi akan semakin tinggi.

Jenis Contoh keyword Rata-rata pencarian dalam sebulan
Big keyword makanan 100,000~1,000,000
Middle keyword warung 10,000~100,000
small keyword warung bali 100~10000


4. Poin-Poin yang Perlu Diperhatikan dalam Google Ads (AdWords) Indonesia

4-1. Menggunakan kata kunci yang digunakan oleh banyak pesaing, maka akan memerlukan biaya tinggi.

Google Ads (AdWords) bekerja dengan sistem penawaran, jadi kata kunci yang sering dipakai dengan tingkat konversi yang tinggi tentunya memiliki biaya yang sangat mahal.

Sebagai contoh, kata kunci seperti ‘situs cari kerja online’ yang memiliki tingkat konversi sangat jelas sehingga memiliki biaya Rp. 300.000 per klik.

Meskipun Anda berniat untuk menggunakan kata kunci yang mudah digunakan, akan sangat sulit memberikan efek apabila ada perusahaan besar yang telah dikenal masyarakat luas menggunakan kata kunci tersebut.

 4-2. Pengoperasiannya membutuhkan tenaga dan waktu

Listing juga termasuk iklan operasional, sehingga saat Anda mulai menggunakannya, Anda akan membutuhkan usaha untuk mengoperasikannya. Mengukur efeknya secara langsung merupakan keuntungan tersendiri dan di sisi lain, Anda juga dapat mengubah isinya secara langsung walaupun memerlukan waktu dan tenaga.

Untuk memahami hal tersebut, memang diperlukan sedikit pengetahuan. Anda harus mengetahui beberapa hal seperti; cara mengoperasikan manajemen admin serta mempelajari kriteria penawaran.

5. Perusahaan yang Memiliki Spesialis di Bidang Google Ads (AdWords) Indonesia

Beberapa perusahaan memiliki spesialis di bidang Google Ads (AdWords) Indonesia.

Jika biaya yang Anda miliki berada di bawah kisaran Rp. 5 juta, kami sarankan untuk Anda mempelajari sendiri mengenai Google Ads (AdWords).

Jika lebih daripada itu, tidak ada salahnya juga mempekerjakan tenaga profesional untuk mengurangi banyak resiko karena langsung dioperasikan oleh ahlinya.

 

Rangkuman

Bagaimana menurut Anda?

Jika saat ini seseorang menanyakan “Apa itu Google Ads (AdWords)?” kepada Anda, Anda pasti bisa menjawabnya.

Teknik Pemasaran | 7 Teknik Analisis Pemasaran

0
Teknik Pemasaran | 7 Teknik Analisis yang Bermanfaat

Banyak dari orang yang baru pertama kali melakukan bisnis pemasaran dan sebagian orang yang baru-baru ini menjadi penanggung jawab bagian pemasaran tidak tahu harus memulai dari mana.

Sebelum membuat strategi dan taktik untuk membeli barang atau layanan, pertama-tama Anda perlu menganalisis situasi lingkungan sekitar perusahaan Anda.

Pada kesempatan ini, kami telah merangkum 7 teknik analisis yang sangat diperlukan dalam bisnis pemasaran.

Analisis PEST

Analisis PEST adalah teknik pemasaran untuk menganalisis pengaruh lingkungan makro dari empat perspektif.

PEST terdiri dari empat huruf awal dari empat hal di bawah ini.

  • Politics (aspek politik)
  • Economy (aspek ekonomi)
  • Society (aspek sosial atau gaya hidup)
  • Technology (aspek teknologi)

 

Dengan menganalisis dari keempat perspektif di atas, Anda dapat menyaring berita dan informasi yang berguna untuk strategi pemasaran yang tepat dari berita dan informasi yang berdatangan setiap hari.

Baca juga : Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)

Analisis 5 Force

Analisis 5 Force adalah teknik pemasaran untuk mengukur tingkat keuntungan dengan menganalisis lingkungan kompetitif dan faktor-faktor industri di sekitar perusahaan.

Kami akan menganalisis faktor-faktor yang menciptakan lingkungan kompetitif ke dalam lima kategori berikut.

  • Hubungan pertentangan antara perusahaan yang bersaing
  • Ancaman pendatang baru
  • Ancaman produk dan layanan alternatif
  • Kemampuan menawar pembeli
  • Kemampuan menawar perusahaan pemasok

 

Misalnya, KFC yang terkenal dalam industri makanan cepat saji, ada fitur yang menyulitkan untuk membedakan produk di antara perusahaan yang sama, sehingga persaingan di antara perusahaan yang sama menjadi semakin ketat. Karena ada banyak pesaing yang dapat menggantikan produk seperti hamburger dan kentang, perusahaan selalu perlu untuk mengawasi ancaman dari produk dan layanan alternatif.

Analisis Value Chain

Analisis Value Chain adalah teknik pemasaran untuk menganalisis setiap proses hingga melahirkan nilai-nilai untuk produk dan layanan perusahaan.

Pertama, kami mengklasifikasikan faktor-faktor yang secara langsung berkontribusi untuk menghasilkan nilai tersebut menjadi lima faktor sebagai berikut.

  • Pembelian logistik
  • Manufaktur
  • Pengiriman logistik
  • Penjualan/pemasaran
  • Layanan

 

Kemudian, kami mengklasifikasikan faktor-faktor yang secara tidak langsung berkontribusi untuk menghasilkan nilai tersebut menjadi empat faktor sebagai berikut.

  • Administrasi umum
  • Manajemen sumber daya manusia/tenaga kerja
  • Pengembangan teknologi
  • Kegiatan pemasokan

 

Analisis Value Chain dilakukan dengan melewati seluruh 9 proses di atas.
 

Analisis Value Chain akan membantu perusahaan menemukan bagian-bagian yang dapat menghemat biaya dalam kegiatan pemasaran dan mengidentifikasi bagian-bagian yang menghasilkan nilai tinggi.

Analisis 3C

Analisis 3C adalah teknik pemasaran berupa kerangka kerja yang berguna untuk menganalisis lingkungan tempat produk dan layanan digunakan.

Teknik pemasaran ini disebut sebagai analisis 3C karena diambil dari tiga huruf C pertama kata di bawah ini.

  • Customer (pelanggan)
  • Competitor (pesaing)
  • Company (perusahaan)

 

Misalnya, toserba memiliki banyak kasus di mana ada pesaing di sekitarnya atau ada pesaing baru membuka toko di sekitarnya, jadi mereka perlu selalu menganalisis pelanggan yang pergi ke toko mereka dan menganalisis toko pesaing untuk membuat strategi toko mereka.

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah teknik pemasaran untuk menganalisis lingkungan pasar dengan empat kategori berikut.

  • Strengths (kekuatan)
  • Weaknesses (kelemahan)
  • Opportunities (peluang)
  • Threats (ancaman)

 

Dengan menganalisis empat kombinasi di atas saat melakukan pengembangan strategi pemasaran, hal tersebut akan mengarahkan perusahaan pada penemuan peluang baru dan potensi risiko.
 

Analisis STP

Analisis STP adalah teknik pemasaran untuk mempersempit kategori pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dengan analisis lingkungan.

Sebutan STP diambil dari huruf pertama tiga kata di bawah ini.

  • Segmentation (segmentasi)
  • Targeting (target)
  • Positioning (posisi)

 

Daripada menargetkan pelanggan di pasar secara keseluruhan, Anda dapat memanfaatkan 3 celah untuk mempersempit target yang akan membantu Anda menemukan pelanggan terbaik untuk perusahaan Anda.

Analisis 4P

Analisis 4P adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menentukan konten pemasaran dasar dan terdiri dari empat huruf pertama di bawah ini.

  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (lokasi)
  • Promotion (promosi)

 

4P tidak berdiri sendiri, penggunaan kombinasi 4P akan membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang mengarah ke peningkatan penjualan dan akuisisi pelanggan.
 

Rangkuman

Pemasaran dimulai dengan memahami lingkungan di sekitar perusahaan Anda dengan memanfaatkan teknik analisis yang telah dipaparkan pada kesempatan ini.

Setelah menentukan target berdasarkan hasil analisis, Anda perlu membuat strategi dan taktik. Daripada memikirkan strategi dan taktik secara tiba-tiba, lebih penting bagi pemasaran untuk melakukan proses secara berurutan.

Mari lakukan analisis terlebih dahulu, kemudian rencanakan strategi dan taktik yang tepat.

Cara Mengecek SEO Ranking Website Paling Mudah

0
Alat yang Bermanfaat untuk Tracking Check SEO Ranking| Daftar Lengkap

Advanced Web Ranking

Advanced Web Ranking

Alat ini menggabungkan fungsi penelitian kata kunci dan pelacakan peringkat pencarian. Anda juga dimungkinkan untuk memeriksa faktor internal dan membuat laporan.

Website resmi (berbayar) : https://www.advancedwebranking.com/

AMZ Tracker

AMZ Tracker

Karena AMZ Tracker dapat memeriksa peringkat di Amazon, alat ini cocok untuk mereka yang menjual barang di Amazon. Anda dapat mengukur nilai atau peringkat halaman produk Anda berdasarkan informasi seperti ulasan yang memiliki dampak besar pada peringkat Amazon.

Website resmi (berbayar) : https://www.amztracker.com/

Authority Labs

Authority Labs

Dengan alat ini Anda dapat melacak peringkat lokal Google+ serta peringkat pencarian pada pencarian alami Google. Alat ini sangat nyaman digunakan ketika mengerjakan SEO lokal yang khusus untuk menarik pelanggan di area tertentu.

Website resmi (berbayar) : http://authoritylabs.com/

CuteRank

CuteRank

Ini adalah software bebas jenis instalasi yang dapat secara otomatis memantau peringkat oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Ask, dan lain-lain. Ada juga fitur saran satu titik untuk meningkatkan peringkat.

Website resmi (gratis) : http://cuterank.net/

GeoRanker

GeoRanker

GeoRanker memiliki fungsi pelacakan untuk SEO lokal. Dengan memasukkan kata kunci dan nama tempat, Anda dapat memeriksa peringkat pada pencarian lokal.

Website resmi (freemium) : https://www.georanker.com/

Microsite Masters

Microsite Masters

Master Microsite memiliki fungsi pelacakan kata kunci sederhana. Alat ini memiliki fungsi untuk memberi tahu kata kunci yang memiliki perubahan peringkat yang tinggi. Selain itu, Anda juga dapat mengukur bagaimana strategi membentuk tautan akan memengaruhi peringkat.

Website resmi (freemium) : http://www.micrositemasters.com/

MozCast

MozCast

MozCast menampilkan perubahan peringkat oleh algoritme Google dalam bentuk seperti perkiraan cuaca. Semakin meningkatnya suhu mengartikan bahwa telah terjadi perubahan peringkat pencarian yang ekstrem.

Website resmi (gratis) : http://mozcast.com/

Pro Rank Tracker

Pro Rank Tracker

Pro Rank Tracker memiliki kemudahaan dalam penggunaan interface dan fungsi pelaporan yang sangat baik. Fungsi untuk mengelola kata kunci secara efisien dapat ditemukan di mana-mana.

Website resmi (freemium) : http://proranktracker.com/


Rank Checker

Rank Checker

Ini adalah fungsi ekstensi Firefox yang memungkinkan Anda untuk memeriksa peringkat Google dengan mudah. Dengan alat ini Anda dapat memeriksa peringkat pencarian dengan santai.

Website resmi (gratis) : http://tools.seobook.com/firefox/rank-checker/

Rank Ranger

Rank Ranger

Fungsi utamanya adalah pelacakan kata kunci, tetapi alat ini juga memiliki fungsi pemeriksaan kata kunci dan pemeriksaan terhadap persaingan. Manajemen klien dapat dilakukan secara online dan Anda dapat membangun situs laporan khusus untuk klien di subdomain.
Contoh : reports.your-domain.com

Website resmi (berbayar) : https://www.rankranger.com/

Rival IQ

Rival IQ

Rival IQ menampilkan dan membandingkan situs website Anda dengan pesaing Anda dari sudut pandang SEO dan media sosial. Dengan membandingkan peringkat dan jumlah share media sosial, Anda dapat memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan. Alat ini memantau dan memberi tahu Anda kapan saja ketika ada tindakan seperti saat situs pesaing mengunggah konten.

Website resmi (berbayar) : https://www.rivaliq.com/

Search Latte

Search Latte

Search Latte dapat menampilkan hasil pencarian yang dikembangkan oleh Google di lebih dari 150 negara. Ketika Anda memilih kata kunci atau negara, URL hasil pencarian yang sesuai akan muncul setelah Anda mengklik tombol. Alat ini berguna untuk perusahaan yang mengembangkan bisnis di berbagai negara.

Website resmi (gratis) : http://searchlatte.com/


SEO Rank Monitor

SEO Rank Monitor

SEO Rank Monitor melacak dan membandingkan peringkat Anda dan peringkat pesaing Anda. Anda dapat bersaing dengan satu lawan satu.

Website resmi (berbayar) : http://www.seorankmonitor.com/

SERanking

SERanking

SERanking adalah alat yang menggabungkan fungsi-fungsi tambahan seperti manajemen situs dan penelitian kata kunci. Anda juga dapat memeriksa peringkat pencarian seluler dan Google Maps.

Website resmi (berbayar) : http://seranking.com/

SerpBook

SerpBook

Alat ini akan memeriksa peringkat pencarian 12 kali sehari. Dengan menghubungkannya dengan Google Analytics, Anda dapat membuat laporan dengan informasi yang hebat. Anda dapat membuat laporan dalam bentuk PDF atau Excel untuk klien.

Website resmi (berbayar) : https://serpbook.com/

Serpfox

Serpfox

Serpfox adalah layanan pelacakan yang unggul dalam ‘kesederhanaan’-nya. Serpfox menjadi alat yang sangat mudah digunakan bagi mereka yang hanya ingin melacak kata kunci secara otomatis. Alat ini akan memberikan pemberitahuan ketika ada perubahan peringkat.

Website resmi (freemium) : http://serpfox.com/


SERPs.com

SERPs.com

Alat ini memiliki fungsi pelacakan pada umumnya, tetapi juga memiliki fungsi langka yang disebut ‘test’. Misalnya, saat Anda mengubah judul konten, Anda dapat menyelidiki bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi peringkat pencarian.

Website resmi (berbayar) : https://serps.com/tools/keywords

Sistrix

Sistrix

Sistrix memiliki beberapa fungsi seperti pelacakan kata kunci, penelitian terkait, pemeriksaan kata kunci dan sebagainya. Semua fungsi memiliki kemampuan rata-rata, tetapi Anda dapat mengelola semuanya hanya dengan Sistrix.

Website resmi (berbayar) : https://www.sistrix.com/

WebCEO

WebCEO

WebCEO menggabungkan manajemen situs, penelitian kata kunci, pelacakan kata kunci dan sebagainya dalam level yang tinggi. Selain menunjukkan poin yang perlu diperbaiki, alat ini juga memiliki fungsi untuk menginstruksikan metode koreksi. Selain itu, Anda dapat memantau status tautan dari 10 situs persaingan dan mencuri peluang untuk mendapatkan tautan.

Website resmi (berbayar) : https://www.webceo.com/

Wincher

Wincher

Ini adalah layanan pelacakan yang sangat murah. Layanan ini memiliki paket yang dapat digunakan kurang dari setengah harga layanan pelacakan pada umumnya. Jadi, layanan ini menjadikan harga sebagai keunggulannya.

Website resmi (freemium) : https://www.wincher.com/

WordTail

WordTail

Jika dibandingkan dengan layanan lain, layanan ini tidak memiliki fitur yang jauh berbeda. Hal yang dapat dikatakan sebagai perbedaannya adalah layanan ini memiliki semua fungsi yang disukai sebagai opsi layanan pelacakan. Layanan ini memiliki hal yang diinginkan pengguna.

Website resmi (berbayar) : http://wordtail.com/

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

3 Cara Menentukan Tujuan Pemasaran (Marketing)

0
3 Cara Menentukan Tujuan Pemasaran (Marketing)

Meskipun telah menentukan tujuan pemasaran, terdapat beberapa kasus ketika tujuan tersebut tidak bisa dicapai. Dalam cara menetapkan tujuan pemasaran, diperlukan jug acara-cara untuk menghindari kegagalan-kegagalan yang mungkin saja terjadi seperti penjelasan berikut ini. Untuk dapat melakukan hal tersebut, pertama, kesalahan dan kegagalan yang biasa terjadi dalam pemasaran.

Ambiguitas dari angka yang telah ditetapkan

Meskipun telah menetapkan tujuan pemasaran, kita tidak dapat mengetahui apakah kita akan mampu mencapai atau tidak tujuan tersebut jika angka atau target pencapaian tidak dapat diketahui dengan jelas. Untuk dapat mencapai tujuan pemasaran yang telah ditentukan, kita harus mengetahui angka aktual dari tujuan yang hendak kita capai.

Tidak mengetahui situasi atau kondisi dari market saat ini

Selain itu, kasus yang sering terjadi ketika menentukan tujuan pemasaran adalah tidak mengetahui perbedaan dari situasi terkini hingga ketika tujuan pemasaran tersebut ditetapkan. Tentu saja sangat penting untuk menentukan nilai/angka, namun untuk menentukan layak/tidaknya hal tersebut harus didasarkan pada situasi terkini. Dalam merancang tujuan pemasaran, harus diketahui dengan jelas target angka dalam situasi terkini sampai tujuan tersebut ditargetkan untuk tercapai.

Tidak memiliki kemampuan dalam perencanaan

Baca juga : Pengertian Pemasaran (Dasar, Karakter, Konsep)
Selain dari 2 alasan yang telah disebutkan di atas, ketika berpikir mengenai tujuan pemasaran, mustahil untuk mengabaikan ‘kemampuan perencanaan’. Dalam merancang tujuan pemasaran, penting juga untuk memiliki kemampuan menganalisis dengan cara apa dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Perhatikanlah 3 hal di atas dalam menetapkan tujuan pemasaran

Dalam cara-cara merancang tujuan pemasaran, perhatikanlah hal-hal yang telah disebutkan di atas. Baik angka yang konkret maupun kemampuan perencanaan, keduanya adalah hal yang penting dalam tujuan pemasaran. Pastikan Anda bekerja dengan memperhatikan hal-hal tersebut.

Tujuan pemasaran didasarkan pada angka untuk merumuskan strategi

Apa itu tujuan pemasaran? Tujuan pemasaran dilakukan untuk menentukan arah dari aktivitas pemasaran, serta menentukan hasil dari angka yang telah ditetapkan. Dalam strategi bisnis dan strategi pemasaran, menentukan tujuan untuk merancang strategi adalah hal yang mendasar yang harus dilakukan. Strategi yang akan dilakukan akan berbeda berdasarkan target yang telah ditentukan.

Komponen atau objek dari pemasaran sangat beragam, hal tersebut berdasarkan perusahaan dan bisnis yang dijalankan, namun secara umum adalah seperti berikut ini.  Target pemasaran yang menunjukan keuntungan dari bisnis seperti ROI (Return on Investment) atau keuntungan dan Cash Flow (Arus Kas), target pemasaran yang menunjukkan pertumbuhan bisnis seperti penjualan dan pangsa pasar, kepuasan pelanggan, rasio produk baru, brand/image adalah komponen dari pemasaran itu sendiri.

Kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam bisnis

Jika berbicara mengenai pemasaran, bagian/department yang berhubungan dengan hal ini adalah marketing. Namun, dalam sales (penjualan), dibutuhkan pula kemampuan untuk dapat merancang tujuan pemasaran. Terlebih lagi, berdasarkan skala dari perusahaan, terdapat perusahaan yang tidak memiliki Marketing Department di dalamnya. Dalam keadaan seperti itu, sales harus bisa secara aktif mengatur target pemasaran.

Selanjutnya, Smarketing (Sales x Marketing) akan menjadi hal penting

SMarketing merupakan kata kombinasi untuk Sales dan Marketing. Baik sales (penjualan) maupun marketing (pemasaran) memiliki tujuan yang sama yaitu menaikkan pertumbuhan bisnis dan menambah keuntungan. Lebih jauh lagi, tujuan pemasaran merupakan hal penting dalam bisnis dan harus disebarkan di seluruh perusahaan. Orang-orang di departemen selain marketing, sebagaimana di departemen marketing itu sendiri, harus mengetahui bagaimana cara membuat tujuan pemasaran.

Caranya sangat sederhana! Perhatikan 3 hal berikut!

Terdapat 3 hal mendasar sebagai cara menetapkan tujuan pemasaran. Meskipun hal itu akan bertambah rumit sesuai dengan perusahaan atau industri yang dijalankan, namun 3 hal ini harus selalu dipikirkan. 3 hal tersebut akan dijabarkan sebagai berikut.

Cara menentukan tujuan pemasaran no. 1 : mulailah dengan mengetahui situasi terkini dari market Anda!

Dalam dunia bisnis, target diperlukan untuk penjualan dan pemasaran. Namun, tidak mudah untuk menetapkan tujuan pemasaran dengan benar jika hal tersebut belum pernah dilakukan. Kali ini, akan dijelaskan mengenai perusahaan yang memanfaatkan website untuk penjualan, serta menentukan target pada pelanggan dengan tipe BtoB (Business to Business). Ayo lihat lebih jauh mengenai cara menetapkan tujuan pemasaran!

Cara menentukan tujuan pemasaran : memastikan keadaan saat ini, index manajemen, dan kemungkinan tercapainya target.

Pertama, masukkanlah angka yang ada pada saat ini. Angka yang dimasukkan pada saat ini, didasarkan pada data yang diterima pada satu tahun terakhir. Kemudian, hitung kembali indikator manajemen dan kalkulasikan angka yang dibutuhkan.

Hitung kembali target penjualan dan target negosiasi, kemudian isi angka pada data tersebut. Saat itu, mengacu pada angka yang keluar, akan berdampak baik jika Anda bisa memperbaiki tempat-tempat yang mana bisa diperbaiki. Terakhir, periksa kembali kemungkinan target tersebut untuk bisa tercapai.

Cara menentukan tujuan pemasaran no. 2 : menentukan target dengan ‘SMART’ Goal Set!

Dalam tujuan pemasaran, untuk sebuah lead (lead: perolehan bisnis baru), Anda harus sukses dalam inbound marketing campaign. (Inbound Marketing adalah sebuah cara pemasaran, dengan ‘menarik’ pelanggan masuk melalui branding dan usaha menjadikan situs/sosial media perusahaan teratas dalam search engine dan menarik pelanggan untuk melihat-lihat sehingga terdapat kesempatan untuk mendapatkan lead). Dengan adanya target, bisa dipastikan apakah cara tersebut efektif dan Anda bisa fokus pada tugas-tugas yang harus dilakukan serta melakukan improvisasi. Sebuah target tidak akan ada artinya jika target tersebut tidak realistis.

Silahkan meninjau kembali ‘Smart’ target Anda dengan melihat inbound marketing di HubSpot.

Cara menetapkan target dengan ‘SMART’.

Specific : Spesifik (jelas). Tentukan tanggal yang realistis dan konten yang konkret, dan buatlah dengan ringkas.

Measurable : Terukur (buatlah angka yang terukur jelas). Buatlah angka yang spesifik dan tidak ambigu.

Attainable : Dapat dicapai. Buatlah target yang bisa diraih, menantang, namun tetap realistis.

Relevant : Relevan. Buatlah tujuan pemasaran yang relevan dengan bisnis yang Anda kelola.

Timebound : Timebound. Tentukan deadline.

Jangan menunda dengan bertanya, ‘kapankah hal ini dapat tercapai?’.

Cara menentukan tujuan pemasaran no. 3 : menyelesaikan langkah demi langkah untuk mencapai target penjualan!

Anda telah memutuskan untuk mencapai target dalam Marketing Department, namun belum mengetahui tujuan seperti apa yang hendak ditentukan.

Apakah mungkin untuk melakukan branding dan menaikkan CS? Berikut adalah bagaimana cara menetapkan tujuan pemasaran secara spesifik.

Hal terpenting adalah ‘visualisasi’! Berusaha setiap hari penting untuk meraih hasil.

・Tentukan tujuan pemasaran dengan memperhatikan kondisi.

・Pastikan tujuan pemasaran mungkin untuk tercapai setiap harinya.

・Bekerjalah sebagai individu yang optimis.

 

Perhatikanlah tiga poin tersebut untuk menentukan tujuan pemasaran.

Berpeganglah pada tiga poin tersebut untuk mencapai hasil!

Pada kesempatan ini kita telah belajar bagaimana cara untuk menentukan tujuan pemasaran dan contoh-contoh kesalahan yang mungkin terjadi dalam pemasaran. Pengetahuan ini dibutuhkan untuk menjadi seorang sales person di masa depan.

Penting untuk selalu mengingat 3 cara ini ketika menentukan tujuan pemasaran dan kaitkanlah dengan hasilnya. Dengan mempertimbangkan orang-orang yang terlibat dalam pemasaran, juga orang yang terlibat dalam penjualan, lihatlah bagaimana metode ini bekerja untuk mereka.

Keyword Tool yang Bagus untuk Riset Kata Kunci SEO

0
Keywordtool yang Berguna untuk Pemilihan Kata Kunci SEO | List Lengkap

Berikut dirangkum keywordtool (alat pemilihan kata kunci) yang digunakan untuk SEO. Pemilihan keyword sangat penting dalam SEO. Tingkat kesulitan SEO dijadikan referensi untuk mengetahui daya saing dan panduan untuk menilai tingkat kemudahan keyword untuk ditingkatkan.

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner

Hal yang hebat dari Google Keyword Planner adalah ini merupakan satu-satunya alat yang memungkinkan Anda memperoleh data-data seperti ‘rata-rata volume pencarian bulanan’, ‘data kompetitor’ dan ‘rekomendasi tawaran’ secara langsung dari Google.
Dalam pemilihan kata kunci menggunakan Google Keyword Planner, mata cenderung mengarah ke volume pencarian. Tetapi, informasi tentang harga tawaran yang disarankan dan persaingan sangat berguna untuk menemukan kata kunci yang dapat membawa keuntungan.

Baca juga : Keyword adalah : Tips Riset Keyword yang Baik untuk SEO

Website resmi (gratis) : https://adwords.google.com/KeywordPlanner

Google Trend

Google Trend

Dengan Keywordtool ini Anda dapat memeriksa apakah jumlah pencarian kata kunci meningkat atau menurun. Jika kata kunci utama dari konten cenderung menurun, mungkin Anda lebih baik melakukan pemeriksaan ulang terhadap kata kunci terkait. Selain itu, karena kata kunci terkait juga ditampilkan, kemungkinan Anda juga dapat menemukan kata kunci yang sedang populer.

Website resmi (gratis) : https://www.google.com/trends/

AdWord & SEO Keyword Permutation Generator

AdWord & SEO Keyword Permutation Generator

Menggabungkan 3 kata kunci dan menghasilkan kata kunci untuk pencarian dengan Google Keyword Planner. Cara ini sering digunakan dalam penelitian kata kunci tipe lama (old type).

Website resmi (gratis) : http://seo.danzambonini.com/

 

Answer The Public

Answer The Public

Saat mencari kata kunci, Anda dapat menggunakan fitur saran Google untuk menampilkan kata kunci dalam jumlah besar. Keywordtool juga memiliki menu menarik yang dapat menghasilkan kata kunci dalam bentuk pertanyaan yang kemungkinan akan dicari target pengguna.

Website resmi (gratis) : http://answerthepublic.com/

FAQfox

FAQfox

Dengan Keywordtool ini, Anda dapat mencari beberapa situs internet sekaligus. Misalnya, jika Anda memasukkan tema dan situs internet yang sangat banyak digunakan oleh target Anda ke dalam pencarian, Anda dapat mencari tahu halaman yang terkait dengan tema dan situs tersebut.

Website resmi [gratis]: http://www.webpagefx.com/seo-tools/faqfox/

Google Correlate

Google Correlate

Saat Anda mencari kata kunci, kata kunci yang cenderung dicari bersamaan dengan kata kunci tersebut akan ditampilkan. Meskipun fitur ini yang sangat sederhana, tetapi ini adalah fitur yang luar biasa karena dapat memanfaatkan data Google.

Website resmi (gratis) : http://www.google.com/trends/correlate


HitTail

HitTail

Keywordtool ini akan merekemondasikan long tail keyword untuk meningkatkan lalu lintas situs internet Anda. Ada banyak kata kunci yang tidak dapat ditemukan oleh layanan lain dan efektif untuk strategi long tail keyword. Keywordtool ini cocok untuk mereka yang mencari kata kunci dengan konversi tinggi walaupun jumlah pencariannya rendah.

Website resmi (berbayar) : https://www.hittail.com/

Imforsmb.com’s Bulk Keyword Generator

Imforsmb.com’s Bulk Keyword Generator

Keywordtool ini memiliki kemampuan tinggi dalam pemilihan kata kunci SEO lokal. Saat Anda memilih kata kunci, jenis bisnis, atau nama tempat, maka akan ditampilkan gagasan berupa kata kunci yang kemungkinan akan ditelusuri oleh pengguna di Google.

Website resmi (gratis) : http://www.imforsmb.com/tools/bulk-keyword-generator/

Jaaxy

Jaaxy

Keywordtool ini khusus dalam menghasilkan kata kunci dalam jumlah besar yang sangat relevan dengan kata kunci yang dicari. Anda juga dapat menemukan kata kunci yang efektif dari situs pesaing.

Website resmi (freemium) : http://www.jaaxy.com/

 

Keyword Combiner

Keyword Combiner

Keywordtool ini menggabungkan kata kunci dan menghasilkan daftar kata kunci untuk dicari menggunakan Keyword Planner. Awalnya ini digunakan untuk iklan AdWords, namun sekarang dapat digunakan untuk mencari ide kata kunci.
Catatan : Tautan telah terputus sejak bulan Juni tahun 2016. Alat gratis lainnya yang disediakan oleh Toolstud.io masih tersedia.

Website resmi (gratis) : http://web.forret.com/tools/adwords.asp

Keyword Eye

Keyword Eye

Keywordtool ini memiliki fungsi menarik yang menggambarkan tingkat keuntungan dan volume pencarian kata kunci dengan ukuran dan warna huruf. Untuk kata kunci yang memiliki jumlah pencarian yang banyak ditampilkan dengan huruf yang lebih besar dan kata kunci yang memiliki tingkat keuntungan tinggi ditampilkan dengan warna merah. Keywordtool ini juga memiliki fungsi dimana Anda dapat memahami keraguan apa yang dimiliki pengguna di bidang Anda.

Website resmi (freemium) : http://www.keywordeye.com/

Keyword Revealer

Keyword Revealer

Keywordtool ini menampilkan gagasan kata kunci dalam bentuk pohon logika. Dengan mengklik pada titik percabangan, maka akan menampilkan ide kata kunci baru. Selain itu, Keywordtool juga memiliki fungsi pemeriksaan untuk mencari kata kunci dengan tingkat persaingan yang rendah dan menampilkan tingkat kesulitan untuk ditampilkan pada posisi atas dalam bentuk angka.

Website resmi (freemium) : http://www.keywordrevealer.com/


Keyword Researcher

Keyword Researcher

Kelebihan Keywordtool ini adalah pemeriksaan tentang long tail keyword yang memiliki tingkat keuntungan tinggi dari informasi tentang Google Autocomplete, dan lain-lain. Keywordtool ini memiliki banyak fungsi yang menarik.

Website resmi (freemium) : https://clevergizmos.com/keyword-researcher/

Keyword Snatcher

Keyword Snatcher

Keywordtool ini menghasilkan banyak gagasan kata kunci dari berbagai sumber seperti Amazon dan Yahoo!. Meskipun Keywordtool ini berada pada tingkat atas dalam jumlah kata kunci yang akan dihasilkan, Keywordtool ini hanya menampilkan daftar kata kunci, jadi Anda harus menggunakan Google Keyword Planner untuk mengetahui jumlah pencarian dan persaingan dari kata kunci tersebut.

Website resmi (berbayar) : http://keywordsnatcher.com/

Keyword Tool Dominator

Keyword Tool Dominator


Dengan Keywordtool ini Anda dapat mengambil kata kunci dari fitur saran kata kunci seperti Google, Bing, Amazon, YouTube dan lain-lain. Alat yang hanya dapat mencari satu media juga dijual secara terpisah. (Seperti misalnya pencarian hanya dengan menggunakan Google).

Website resmi (berbayar) : http://www.keywordtooldominator.com/

KeywordSpy

KeywordSpy

Keywordtool ini memiliki fungsi kompatibel yang lebih rendah dari SEMRush. Ketika Anda mencari berdasarkan nama domain, Keywordtool ini akan menampilkan daftar kata kunci yang mendatangkan lalu lintas pada situs tersebut dengan informasi seperti volume pencarian.

Website resmi (freemium) : http://www.keywordspy.com/

KeywordTool.io

KeywordTool.io

KeywordTool.io dapat memperoleh informasi Google Autocomplete yang aksesnya seharusnya dibatasi. Anda dapat mengetahui jenis kata kunci apa yang sebenarnya dicari oleh target pengguna. Dengan menggunakan kata kunci ini sebagai tema blog, Anda dapat membuat konten yang memenuhi kebutuhan pengguna.

Website resmi (freemium) : http://keywordtool.io/

kwfinder.com

kwfinder.com

Keywordtool ini sangat mirip dengan Google Keyword Planner, Anda bisa mendapatkan informasi seperti volume pencarian kata kunci dan harga tawaran yang disarankan. Hal yang berbeda adalah Anda dapat mengukur tingkat persaingan halaman pertama hasil pencarian Google, sehingga pekerjaan pemilihan kata kunci menjadi lebih mudah.

Website resmi (freemium) : https://kwfinder.com/

 

Long Tail Pro

Long Tail Pro

Long Tail Pro memiliki fungsi seperti Google Keyword Planner yang memiliki filter berperforma tinggi. Anda dapat menentukan kondisi seperti volume pencarian, jumlah karakter dan harga penawaran yang disarankan. Anda juga dapat memperoleh informasi terperinci tentang 10 situs teratas Google untuk kata kunci.

Website resmi (berbayar) : http://www.longtailpro.com/

Power Suggest Pro

Power Suggest Pro

Dengan keywordtool ini Anda dapat menghasilkan gagasan kata kunci tidak hanya dari Google tetapi juga dari mesin pencari seperti Wikipedia. Power Suggest Pro memiliki fungsi untuk menampilkan kombinasi kata kunci yang mudah dicari bersama dengan kata kunci pencarian.

Website resmi (berbayar) : https://www.powersuggestpro.com/

SECockpit

SECockpit

SECockpit memiliki fungsi level atas untuk menghasilkan kata kunci yang sangat relevan dengan kata kunci pencarian. Keywordtool ini memiliki fungsi untuk menampilkan tingkat persaingan pada halaman pertama hasil pencarian Google dan fungsi yang hebat untuk menyarankan kata kunci yang lebih mudah untuk ditampilkan di bagian atas halaman Google.

Website resmi (berbayar) : http://secockpit.com/


Seed Keywords

Seed Keywords

Dengan keywordtool ini Anda bisa tahu kata kunci pencarian seperti apa yang sebenarnya digunakan pengguna. Misalnya, dalam skenario (pertanyaan) ‘bagaimana melakukan pencarian di Google saat ingin memperbaiki komputer yang rusak?’, Anda bisa tahu kata kunci seperti apa yang sebenarnya dicari pengguna.

Website resmi (gratis) : http://www.seedkeywords.com/

SEMrush

SEMrush

Dengan memasukkan URL dari situs pesaing, SEMrush dapat melihat kata kunci seperti apa yang ditampilkan oleh situs tersebut dan berapa banyak lalu lintas yang diperolehnya. SEMrush adalah alat yang masih belum banyak digunakan dan hanya memiliki beberapa layanan. Alat ini berguna untuk membuat konten dengan kata kunci yang memiliki persaingan tinggi dalam metode Everest. Cara penggunaan SEMrush secara detail dapat dilihat di sini.

Website resmi (freemium) : https://www.semrush.com/

Catatan : Fungsi untuk mendapatkan informasi tentang kata kunci dari situs pesaing yang tampil pada bagian atas halaman pencarian juga dipasang pada Ahrefs. Oleh karena itu, hanya ada sedikit perbedaan fungsional antara alat-alat seperti Ahrefs, Moz dan SEMrush.

SEO Book’s Free SEO Tools

SEO Book’s Free SEO Tools

Berbagai layanan SEO memberikan kupon diskon secara pribadi dan untungnya buku SEO memberikan banyak alat dan perangkat tambahan gratis. Semuanya merupakan perangkat yang sederhana, tetapi untuk ‘Keyword Suggestion’ dan lain-lain, disarankan untuk menggunakan penelitian kata kunci sederhana.

Website resmi (gratis) : http://tools.seobook.com/


serpIQ

serpIQ

SerpIQ telah membangun sistem mereka sendiri karena sering memiliki hasil pencarian yang berbeda dari layanan penelitian kata kunci lainnya. Selain itu, alat ini juga dapat menganalisis situs pesaing yang ditampilkan pada bagian atas halaman pencarian dan mengeksplorasi faktor-faktor untuk mencapai tampilan tingkat atas.

Website resmi (berbayar) : https://serpiq.com/

Soovle

Soovle

Soovle dapat menampilkan banyak ide kata kunci dari Google, YouTube, Wikipedia, dan lain-lain. Alat ini sepertinya perlu digunakan bersama dengan Google Keyword Planner.

Website resmi (gratis) : http://www.soovle.com/

SpyFu

SpyFu

SpyFu memiliki fungsi yang sangat baik untuk melakukan analisis persaingan. Keywordtool ini akan mencari kata kunci yang memiliki keuntungan tinggi yang ditampilkan pada posisi atas oleh pesaing dan memberikan informasi untuk digunakan dalam iklan web dan SEO. Karena ini awalnya dibuat untuk iklan listing, alat ini memiliki banyak fungsi terkait PPC.

Website resmi (freemium) : http://www.spyfu.com/

 

Suggestion Keyword Finder

Suggestion Keyword Finder

Dengan keywordtool ini, Anda dapat menampilkan gagasan kata kunci dengan 3 level tingkatan. Semakin tinggi levelnya, kemungkinan bahwa kata kunci menarik yang dapat dibuat akan semakin besar.

Website resmi [gratis]: http://tools.seochat.com/tools/related-keywords-tool/

TermExplorer

TermExplorer

TermExplorer dapat menampilkan item untuk menilai ide kata kunci dan tingkat persaingan kata kunci tersebut dalam sebuah tabel. Terdapat 10 tingkatan skor yang menunjukkan tingkat kesulitan untuk ditampilkan pada posisi atas halaman pencarian. Karena hasil analisis kata kunci yang diselidiki dapat disimpan sebagai laporan, Anda dapat mengakumulasikan hasil penelitian kata kunci sebagai aset.

Website resmi (gratis) : http://termexplorer.com/Public/

Wordstream’s Free Keyword Tools

Wordstream’s Free Keyword Tools

Awalnya alat ini dibuat untuk iklan AdWords, tetapi pemeriksaan kata kunci pada alat ini dapat menampilkan gagasan kata kunci yang menarik/unik.

Website resmi (gratis) : http://www.wordstream.com/free-keyword-tools

WordTracker

WordTracker

WordTracker pandai menemukan long tail keyword dan kata kunci menguntungkan yang tidak dapat ditemukan dengan Google Keyword Planner. Selain itu, alat ini juga memiliki fungsi untuk mengukur tingkat persaingan kata kunci secara akurat dan menampilkan tingkat persaingan dalam bentuk angka.

Website resmi (berbayar) : http://www.wordtracker.com/

Wordtracker Scout

Wordtracker Scout

Scout Wordtracker adalah fitur ekstensi dari chrome. Anda dapat mengaktifkan ekstensi ini saat melihat konten untuk menunjukkan gagasan kata kunci yang terkait dengan konten itu dalam jumlah besar.

Website resmi (gratis) : http://www.wordtracker.com/scout

 

Cara Membuat Aplikasi Android Bagi Pemula

0
Prosedur dalam Membuat Aplikasi Android bagi Pemula

Pada kesempatan ini akan dijelaskan cara membuat aplikasi Android bagi pemula, dimulai dari dasar hingga pengaplikasiannya. Selain itu, akan dipaparkan juga tentang bagaimana prosedur pengembangan dan alat yang berguna dalam membuat aplikasi Android bagi pemula.

Pertama, akan dijelaskan prosedur pembuatan aplikasi Android dari awal.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat aplikasi Android dengan mudah, bahkan untuk orang yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Akan hadir pula dua orang karakter yang akan menjelaskan pengembangan aplikasi Android.

Berikut ini juga akan dibahas secara rinci pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal penting apa saja yang diperlukan dalam membuat aplikasi Android ataupun cara membuat dan merilis aplikasi Android sendiri, dan sebagainya.

Mari lihat prosedur pengembangan aplikasi Android berikut ini!

Hal-Hal Penting dalam Membuat Aplikasi Android

■Komputer (Mac/Windows/Linux)
■Android Studio
■Java

 

Tiga hal yang disebutkan di atas sangat penting dalam pembuatan aplikasi android.

Walaupun ada kemungkinan untuk mengembangkan aplikasi Android melalui environment yang disebut Eclipse, namun banyak orang yang membuatnya menggunakan Android Studio.

Selain itu, terdapat beberapa tools yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android, namun, bagi mereka yang ingin membuat aplikasi dengan kemampuan mereka sendiri perlu memahami bahasa pemrograman Java.

Jika komputer telah disiapkan, selanjutnya perhatikan cara menginstal Android Studio.


Cobalah Membuat Aplikasi Android

Jika Anda ingin membuat aplikasi Android, langkah-langkah yang biasa dilakukan adalah ‘persiapan – desain – pengembangan’.

Perencanaan

Jika Anda bermaksud untuk membuat sebuah aplikasi, buatlah persiapn secara spesifik.

Jika aplikasi yang dibuat digunakan untuk diri sendiri, tidak terlalu penting unutk memutuskan ide secara rinci. Sembari membuat, akan banyak terpikirkan fungsi-fungsi yang diinginkan untuk aplikasi tersebut.

■Aplikasi seperti apa?
■Siapa yang akan menggunakan aplikasi tersebut?
■Fitur dan tampilan seperti apa yang penting?
■Di bagian manakah dari aplikasi tersebut yang dapat akan menghasilkan keuntungan? (jika Anda ingin membuat aplikasi untuk menghasilkan uang)

 

Akan lebih baik memutuskan hal-hal tersebut sebagai bagian dari perencanaan.

 Desain

Dalam desain, buatlah dokumentasi tampilan atau mock-up dari aplikasi tersebut. Untuk pemula, direkomendasikan untuk menggunakan tools seperti Cacoo dan Prott yang mudah untuk digunakan.

Pengembangan

Setelah Anda membuat mock-up untuk tampilan aplikasi yang diinginkan, sekarang saatnya mulai mengembangkan aplikasi tersebut.

Pengembangan

Aplikasi Android dibuat dengan menggunakan Andoid Studio untuk pembuatan tampilan serta fungsi-fungsi pada aplikasi. Terutama, ketika kita membuat tampilan menggunakan XML, dengan menuliskan source code maka pengoperasian secara normal dapat dilakukan.

Pengembangan

Misalnya, dalam fungsi ‘login’, Anda setidaknya membutuhkan tampilan login dan tampilan setelah login berhasil dilakukan.

  • Login dengan menggunakan username dan password
  • Ketika login sukses, login dan pergi ke halaman utama

Sangat penting untuk menuliskan kode untuk fungsi nomor ① dan ② agar kedua kode tersebut dapat bekerja maksimal. Anda juga perlu menyiapkan tampilan dan kode ketika login gagal dilakukan.

Jika Ingin Merilis Aplikasi

Ketika merilis aplikasi Android, hal yang umum dilakukan adalah mempublikasikannya ke Google Play Store.

Untuk mempublikasikan aplikasi, perlu menggunakan Google Play Developer Console dan tool publikasi. Selain itu, untuk menggunakan tool tersebut, Anda juga perlu mendaftarkan akun Google Anda sebagai developer.

Ingatlah bahwa terdapat biaya registrasi sebesar $25 (jika sudah membayar sekali, akun dapat digunakan seumur hidup).

Prosedur Publikasi Aplikasi

Meskipun pengembangan terhadap aplikasi telah selesai dilakukan, bukan berarti perilisan dapat dilakukan. Jika Anda mempublikasikannya di Google Play, banyak orang dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut.


Langkah-Langkah Merilis Aplikasi Android

Untuk merilis aplikasi Android yang telah Anda buat di Google Play, Anda bisa mengikuti tiga langkah di bawah ini.

■Buatlah akun Google Developer
■Persiapkan file dalam bentuk APK
■Registrasikan aplikasi ke Google Play

Selanjutnya akan dijelaskan mengenai prosedur.

Cara Membuat Akun Google Developer

Jika Anda ingin mendaftarkan aplikasi di Google Play Store, sangat penting untuk membuat akun developer (langkah ini tidak diperlukan jika Anda adalah developer yang sudah teregistrasi).

Dalam membuat akun, biaya yang diperlukan adalah sebesar $25. Persiapkanlah kartu kredit yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran.

Selain itu, diperlukan waktu 48 jam untuk menyelesaikan proses registrasi Google Developer Console, sehingga jika Anda ingin merilis aplikasi, lakukanlah registrasi terlebih dahulu.

Jika Anda tidak memiliki akun Google, Anda dapat mengakses URL ini untuk memperoleh akun.

Kemudian, lakukan akses menggunakan URL berikut ini dan buatlah akun developer untuk dapat menggunakan Google Play.

Google Play Developer Distribution Agreement English

 

Anda akan diminta untuk menyetujui Persetujuan Distribusi Google Play Developer dan melakukan proses pembayaran, kemudian ikuti instruksi yang tertera di layar dan lakukan masukkan data-data yang diperlukan.

Mempersiapkan Digital File (File APK)

Untuk dapat melakukan registrasi aplikasi di Google Play, hal yang penting adalah membuat file dengan format .apk. Pembuatan file dapat dilakukan di Eclipse.

Pada Eclipse Package Explorer, pilih nama project dan klik kanan.

Pilih [Android Tools] – [Export Signing Application Package] pada Menu. Masukkan informasi yang dibutuhkan yang ada pada tampilan Wizard.

Pertama, pastikan bahwa project yang ingin dirilis dapat ditampilkan.

Pada ‘Keystore Selection’ berikut, untuk membuat sebuah file package pertama kali, pilih ‘Create New Keystore’. Perhatikan untuk tidak menghilangkan keystore yang telah dibuat di sini karena keystore ini akan terus digunakan ketika ingin memperbarui aplikasi, dan lain sebagainya.

Keystore selection

Tahun validitas dari ‘Key Creation’ adalah tahun kadaluarsa dari key tersebut. Direkomendasikan untuk mengisinya lebih dari 25 tahun.

Terakhir, tentukanlah secara spesifik lokasi penyimpanan dari file APK dan klik ‘Finish’ untuk menyimpan file APK di lokasi penyimpanan tersebut.

Dengan ini, file APK telah selesai dibuat.


Merilis Aplikasi di Google Play

Selanjutnya adalah bagian registrasi. Untuk merilis aplikasi, 3 langkah berikut sangat penting untuk dilakukan.

■APK File yang telah dibuat sebelumnya
Screenshoot dari aplikasi yang telah dibuat (2 atau lebih)
■Ikon dengan resolusi tinggi (512 pixel x 512 pixel)

 

Screenshoot diperlukan untuk ditampilkan di Google Play Store. Oleh karena itu, pilihlah salah satu konten yang dapat menggambarkan aplikasi yang telah Anda buat. Selain itu, jumlah orang yang mengunduh aplikasi dapat berubah sesuai dengan ikon, sehingga berhati-hatilah saat memilih ikon untuk aplikasi.

Jika persiapan telah selesai dilakukan, lakukan akses ke Google Play Developer Console melalui URL berikut.

Klik ‘+Add New Application’.

Googleplay

Isilah judul/nama aplikasi (tidak lebih dari 30 karakter), kemudian klik ‘Upload APK’.

Setelah mengunggah file APK, isilah informasi penting mengenai aplikasi Anda di daftar informasi yang terdapat di Store. Setelah Anda mengisi semua yang dibutuhkan, klik tombol simpan di pojok kanan atas.

APK

Pada Google Play Developer Console ‘All Applications’, pastikanlah bahwa status aplikasi yang Anda rilis adalah terpublikasi.

Dengan ini, proses perilisan aplikasi Android Anda telah selesai.

Setelah aplikasi dipublikasikan, diperlukan waktu 2–3 jam hingga prosedur ini selesai dan aplikasi benar-benar terpublikasi di Google Play. Perlu diingat bahwa terdapat jeda waktu hingga aplikasi benar-benar terpublikasi. Tidak ada biaya untuk melakukan publikasi di Google Play.

Memperoleh Keuntungan dengan Aplikasi

Terdapat 3 cara untuk dapat memperoleh keuntungan dengan aplikasi Android yang telah Anda buat, diantaranya sebagai berikut.

■Unduhan berbayar
■Iklan
■Pembayaran dalam aplikasi

Unduhan berbayar digunakan untuk menjual aplikasi tersebut. Orang membayar sejumlah uang untuk dapat mengunduh aplikasi yang Anda buat. Aplikasi games biasanya memiliki kecenderungan besar untuk dibeli.

Iklan akan menghasilkan uang jika Anda memperlihatkan iklan tersebut di dalam aplikasi. Aplikasi dapat digunakan secara gratis dan penghasilan akan diperoleh jika iklan muncul dalam aplikasi tersebut.

Pembayaran dalam aplikasi banyak digunakan dalam aplikasi game. Uang dapat diperoleh dengan menjual item dalam game tersebut.

Jika Anda menggunakan cara-cara tersebut (iklan, dll), meskipun Anda membuat aplikasi Android buatan sendiri, Anda tetap dapat memperoleh penghasilan.


Ulasan

■Anda bisa menggunakan Android Studio dan Java untuk membuat aplikasi Android!

■Dalam membuat aplikasi Android, lakukan tiga langkah ini : Persiapan – Desain – Pengembangan.

■Rilis aplikasi memerlukan registrasi Google Play Developer Console!

■Terdapat 3 cara untuk menghasilkan uang dengan aplikasi yang sudah Anda buat!

Di beberapa negara, iPhone lebih banyak digunakan dibandingkan dengan smartphone, namun di Indonesia, Android lebih banyak digunakan. Jika memikirkan kebutuhan orang Indonesia, maka membuat aplikasi Android akan lebih menguntungkan.

Karena siapapun dapat membuat aplikasi Android bisa, hal ini menjadi sebuah tantangan yang patut untuk dicoba. Selamat mencoba!
[application-about]

Modal Ventura Adalah : Ulasan Pengertian Hingga Mekanismenya

0
modal ventura adalah

Investasi sudah menjadi sebuah keharusan saat ini. Sebagai perusahaan, pengumpulan dana untuk melakukan pendaftaran saham untuk investasi sangatlah sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, modal ventura adalah solusi yang dapat Anda gunakan karena mereka adalah kelonpok dengan tujuan untuk meraih keuntungan melalui saham.

Modal ventura dapat membantu perusahaan anda untuk bisa segera mendaftarkan saham dan membuat manajemen perusahaan Anda menjadi lebih baik dalam hal pendanaan. Kali ini kami akan membahas pengertian modal ventura, peran, kelebihan dan kekurangannya serta cara untuk berkenalan dengan mereka untuk Anda. Yuk langsing simak dibwah ini!

Modal Ventura adalah?

modal ventura adalah

Modal ventura adalah kelompok yang bertujuan untuk memperoleh capital gain (perbedaan antara jumlah investasi awal dengan jumlah yang dijual setelah rilis) melalui investasi dengan menerima saham dan lainnya dari perusahaan ventura yang kemudian dijual setelah dirilis oleh perusahaan tersebut.

Modal ventura umumnya akan berinvestasi di perusahaan dan melakukan manajemen konsultasi disaat yang sama untuk meningkatkan nilai perusahaan. Modal ventura memperoleh keuntungan dari kenaikan harga yang besar dengan cara memperoleh saham pada saat belum terdaftar dan menjualnya pada saat sudah terdaftar.

Tetapi, ada juga kasus dimana mondal ventura tidak dapat mengambil modal kembali karena saham dari salah satu perusahaan tersebut tidak berhasil didaftarkan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa modal ventura berinvestasi pada perusahaan dengan tingkat risiko dan pengembalian yang tinggi. Beberapa poin investasi dalam modal ventura adalah sebagai berikut.

  • Melakukan investasi pada perusahaan yang bertujuan untuk mendaftarkan saham sebagai prinsip
  • Membatasi penggunaan dana dengan kontrak dan digunakan sesuai dengan batas penggunaannya
  • Investasi pada dasarnya berasal dari Investasi Perusahaan Rekanan (fund). (Fund adalah investasi profesional yang mengelola dana yang dikumpulkan dari investor besar dan orang kaya)

 

Sebagian besar bisnis ventura yang baru didirikan tidak dapat memperoleh pinjaman dana yang cukup untuk melakukan bisnis dari bank karena tidak memiliki jaminan yang cukup.

Investasi yang diterima dari modal ventura akan diputuskan berdasarkan kemungkinan keberhasilan perusahaan tersebut seperti konten bisnis. Tidak seperti pinjaman pada umumnya, investasi ini tidak ada kewajiban untuk membayar kembali, tetapi perusahaan diharapkan untuk memberikan pengembalian sesuai dengan investasi yang telah dilakukan modal ventura.


Bisnis Modal Ventura adalah?

Modal ventura tidak hanya menginvestasikan dana untuk perusahaan baru dan perusahaan ventura, tetapi juga mengirimkan sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan tersebut dan bertindak sebagai perantara dengan pelanggan yang diperlukan.

Selain itu, jika Anda adalah perusahaan modal ventura dari cabang perusahaan besar, Anda dapat membantu perusahaan target untuk mendaftar dan membantu proses dari berbagai aspek hingga mencapai pembelian saham oleh M&A, seperti memberikan intruksi manajemen yang didapatkan dari grup.

Dengan kata lain, modal ventura adalah investasi agresif dengan risiko dan pengembalian tinggi, sehingga akan mendapatkan kerugian jika nilai perusahaan yang diinvestasikan tidak membaik atau terdaftar. Di sisi lain, jika perusahaan target terdaftar atau dibeli dan nilai perusahaan meningkat, Anda dapat memperoleh keuntungan dari kenaikan tersebut.

Oleh karena itu, modal ventura berinvestasi setelah memeriksa apakah perusahaan target memiliki kemungkinan untuk berkembang di masa depan, mendukung proses pendaftaran serta pembelian perusahaan tersebut.

Peran Modal Ventura

Modal ventura memiliki beberapa peran dalam perusahaan yang telah dipilih untuk dilakukan investasi pada perusahaan tersebut. Berikut delapan peran yang dimiliki oleh modal ventura dalam perusahaan yang telah dipilih.

Penyusunan Fund

Modal ventura disini berperan dalam menyusun dan mengelola fund untuk melakukan investasi pada perusahaan ventura

Pendanaan

Pendanaan tersebut akan dilakukan oleh mereka yang menyetujui investasi melalui fund. Dengan ini, dana yang diperlukan untuk investasi akan diamankan.

Kontak dan Peninjauan Perusahaan Ventura

Modal ventura akan mendekati perusahaan ventura dengan berbagai jalan dan menilai apakah layak untuk diinvestasikan.

Melakukan Investasi

Melakukan investasi dengan perusahaan ventura yang lulus penilaian dengan dana yang terkumpul dalam fund.

Dukungan Pelatihan & Penyediaan Informasi

Pada dasarnya, modal ventura juga akan memberikan pelatihan kepada perusahaan ventura sebagai tempat berinvestasi. Dalam prosesnya, informasi akan diberikan dari perusahaan tempat berinvestasi ke modal ventura dan modal ventura kepada anggota fund.

Exit

Jika perusahaan ventura yang diinvestasikan berhasil mendaftarkan saham dan lainnya, modal ventura akan menjual saham yang dimiliki oleh fund. Istilah ini disebut dengan Exit (pintu keluar).

Pengumpulan Dana

Fund akan melakukan pengumpulan dana dengan menjual saham dan lain-lain.

Distribusi

Fund mendistribusikan dana yang dikumpulkan kepada investor dan kemudian fund akan dikosongkan. Modal ventura akan menjadi ‘fund manager’ dan diperlukan untuk memaksimalkan pengembalian fund.

Jika perusahaan yang telah diinvestasikan tidak dapat didaftarkan atau fund mendekati batas waktu, maka perlu untuk menjual saham perusahaan tersebut yang dimiliki oleh fund kepada pihak ketiga seperti perusahaan penerbit, tim manajemen, dan lain-lain untuk mengumpulkan dana.

Saat mengumpulkan dana melalui modal ventura, perlu diingat bahwa jika tidak berhasil mendaftar, maka beban yang didapatkan akan cukup besar.


Keuntungan Menerima Investasi dari Modal Ventura

modal ventura adalah

Modal ventura akan memberikan keuntungan kepada perusahaan ventura yang akan diinvestasikan. Lalu, apa keuntungan mengumpulkan dana dari modal ventura? Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan.

Dana menjadi lebih mudah untuk didapatkan

Keuntungan terbesar yang akan diterima jika menerima investasi modal ventura adalah perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan dana setelah itu. Begitu VC masuk dan perusahaan telah dievaluasi oleh VC, Anda akan lebih mudah untuk melakukan investasi tambahan.

Untuk perusahaan yang ingin melakukan pendaftaran lebih lanjut dan jika pencatatan saham dapat direalisasikan, maka setelahnya dana akan didapatkan dengan lebih mudah. Karena itu, jika VC memenuhi fungsi sebagai lembaga evaluasi, pengadaan VC akan dianggap cukup bermanfaat.

Dapat diperkenalkan dengan mitra bisnis

Dengan menggunakan VC, kemungkinan Anda untuk diperkenalkan dengan mitra bisnis akan lebih besar. VC juga berinvestasi di beberapa perusahaan, dan Anda pasti pernah berpikir bahwa bisnis akan berjalan dengan baik jika terhubung dengan suatu perusahaan dari salah satu perusahaan yang diinvestasikan tersebut.

Dengan begitu, VC akan memudahkan dalam pengumpulan dana yang akan disediakan dan ada kemungkinan VC akan menjadi inisiator untuk menumbuhkan bisnis di antara perusahaan-perusahaan yang diinvestasikan. Oleh karena itu, VC juga memainkan peran penting selain dalam bidang pembiayaan.

Dapat menerima bantuan manajemen secara langsung

Ketika Anda menerima investasi dari VC, Anda juga bisa mendapatkan beberapa staf eksekutif dan lain-lain serta menerima dukungan manajemen dari VC. Dengan berpartisipasi dalam VC, VC dapat memberikan pengetahuan dan metode yang dimiliki untuk membuat Anda lebih mudah untuk merevisi langkah-langkah dalam berbisnis.

Walaupun tim manajemen terlalu muda dan tidak memiliki pengalaman yang cukup dalam industri tersebut, dengan berpartisipasi dalam VC akan memungkinkan manajemen berhasil.

Apabila proyek gagal, kerugian yang ditanggung hanya sedikit

Karena melakukan pinjaman dari lembaga keuangan, Anda memiliki kewajiban untuk mengembalikan uang beserta suku bunga yang dilampirkan, Tetapi, karena pinjaman dari modal ventura berbentuk investasi, Anda tidak perlu membayar kembali dana tersebut. Karena itu, Anda tidak perlu terus mengembalikan pinjaman bahkan jika bisnis tiba-tiba gagal.

Kerugian Menerima Investasi dari Modal Ventura

Menggunakan modal ventura mungkin tampak seperti cara ajaib untuk mendapatkan uang tanpa kerugian. Tetapi, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan saat menggunakan modal ventura. Berikut beberapa diantaranya.

Sulit untuk melakukan manajemen secara bebas

Karena modal ventura akan memasuki perusahaan yang telah diinvestasikan serta melakukan konsultasi manajemen dan lain-lain, ada kemungkinan bahwa manajemen tidak dapat dilakukan seperti yang diinginkan oleh pemilik perusahaan. Dari sisi modal ventura, mereka juga mengambil risiko, sehingga mereka akan membantu Anda sebanyak mungkin agar tidak terjadi kegagalan.

Namun, ada juga kemungkinan untuk mengalami pertentangan pendapat. Oleh karena itu, bagi manajemen yang ingin beroperasi secara bebas, dukungan manajemen dari modal ventura mungkin agak menyusahkan.

Dana akan ditarik lebih awal ketika manajemen berhenti beroperasi

Kerugian yang paling sering terjadi dengan adanya modal ventura adalah penarikan dana dapat dilakukan lebih awal jika rencana manajemen tidak berjalan dengan baik.

VC memberikan dana kepada perusahaan-perusahaan dengan potensi yang menjanjikan, dan jika suatu perusahaan dinilai tidak dapat menghasilkan uang, mereka akan berinvestasi di perusahaan-perusahaan menjanjikan lainnya. Jadi, akan sulit untuk melanjutkan proyek jika penarikan dana dilakukan secara tiba-tiba.

Banyak memerlukan biaya tidak langsung

Jika Anda tergesa-gesa dalam mendaftarkan saham untuk mempercepat pengadaan dana, maka akan ada kemungkinan Anda membutuhkan banyak biaya dan membuat manajemen tidak dapat dilanjutkan. Dengan kata lain, menerima modal dari VC memerlukan biaya tertentu untuk mempersiapkan pendaftaran dan pemeliharaan setelah pendaftaran.

Oleh karena itu, untuk masuk VC dan melakukan pendaftaran tanpa memiliki cukup kekuatan dari perusahaan sangatlah sulit.

Ada juga kerugian untuk saham yang terdaftar

Dengan mendaftarkan saham, saham akan dijual secara bebas, sehingga ada risiko diambilalih melalui penawaran tender saham oleh pesaing atau fund. Selain itu, karena jumlah pemegang saham perusahaan meningkat, akan menjadi sulit untuk mencerminkan 100% keinginan manajer ke dalam manajemen perusahaan.

Dari sudut pandang kebebasan manajemen, kemudahan serta fleksibilitas, pendaftaran saham mungkin akan menjadi kerugian besar. Selain itu, ketika kewajiban pengungkapan informasi muncul atau biaya untuk melanjutkan pendaftaran diperlukan, Anda perlu memiliki kekuatan perusahaan yang cukup untuk menahan beban ini.

Bahkan informasi yang tidak menguntungkan perusahaan pun perlu diungkapkan kepada investor dan pemegang saham secara tepat waktu dengan laporan surat berharga, laporan bisnis, dan lain-lain yang berisi tentang hasil bisnis perusahaan dan informasi terkait manajemen.


Bagaimana Cara Berkenalan dengan Modal Ventura (VC)?

Jadi, bagaimana cara agar bisa memiliki hubungan dengan VC? Berikut beberapa cara ampuh untuk berkenalan dengan modal ventura yang bisa Anda ikuti.

Diperkenalkan oleh pihak ketiga

Metode pertama yang bisa dilakukan untuk menghubungi VC adalah dengan pengantar dari pihak ketiga. Sebagai contoh, Anda bisa menerima dukungan melalui perkenalan dari berbagai orang, seperti mereka yang telah menerima kontribusi atau memiliki hubungan dengan VC selain berinvestasi.

Dengan cara ini, pembicaraan akan lebih lancar dibandingkan dengan mencoba memulai pembicaraan sendiri. Tetapi, harap hindari perilaku atau tindakan yang dapat membuat penilaian dari pihak ketiga menurun.

Melakukan sesuatu yang bertujuan untuk menarik perhatian modal ventura

Cara untuk berkenalan dengan VC bukan hanya secara aktif menghubungi VC melalui pihak Anda sendiri. Jika Anda mengirim informasi secara teratur dari perusahaan Anda atau memanfaatkan media luar, VC dapat menghubungi Anda. Oleh karena itu, ini adalah salah satu cara untuk secara aktif menyebarkan informasi dan mempromosikan daya tarik perusahaan Anda sendiri.

Mencoba bergabung dari diri sendiri

Terakhir, cara untuk bergabung ke modal ventura adalah melalui diri Anda sendiri. Hal ini menjadi cara termudah dengan bergabung lewat kemauan sendiri. Anda bisa membawa dokumen perencanaan bisnis dan meminta mereka untuk bernegosiasi langsung, tetapi ada kemungkinan bahwa mereka tidak akan mau menjadi lawan bicara jika Anda tiba-tiba bergabung.

Sebagai contoh, akan lebih mudah untuk melakukan pembicaraan dengan membaca tanda kemenangan dalam kontes rencana bisnis.


Rangkuman

Modal ventura adalah cara yang sangat bagus untuk mengumpulkan dana bagi perusahaan yang bertujuan untuk mendaftarkan saham. Namun, jika Anda tidak membuat rencana dan sistem bisnis yang baik, hal tersebut akan menjadi risiko besar saat Anda mengumpulkan dana untuk pengadaan dana, sehingga sangat penting untuk tetap berhati-hati.

Penempatan akuntan pajak akan menjadi hal yang sangat penting untuk menyiapkan sistem manajemen untuk pertumbuhan perusahaan. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk Anda dan sampai jumpa lagi.