Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 180

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

0
Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Berbicara masalah bahan membuat icon aplikasi, logo, favicon, spanduk/banner, dll. Ternyata ada banyak situs yang memperbolehkan kita mengunduh material icon secara gratis di dunia ini, namun ada banyak situs yang pendaftarannya bermasalah atau yang langsung mengarahkan kita kepada materi yang berbayar.

Kabar baiknya, ternyata masih ada situs yang menyediakan materi icon aplikasi yang memungkinkan kita untuk  mencari dan mengunduh materi yang kita inginkan tanpa harus melakukan pendaftaran.

Selain dua jenis materi icon utama dalam format ico dan png, yang dapat diunduh diantaranya materi dengan format seperti JPEG, GIF, PSD, dan AI (termasuk materi vektor) yang dapat dikategorikan ke berbagai jenis icon, seperti icon berbentuk binatang, icon untuk bisnis maupun icon dengan desain yang lucu.

Situs yang menyediakan bahan icon aplikasi.

Di sini kita akan membahas 8 situs materi icon aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Meskipun umumnya icon yang dihasilkan dalam format ico dan format png, namun ternyata ada juga format lainnya yang bisa kita dapatkan, dan Anda dapat mencoba mencari materi icon aplikasi yang sesuai kebutuhan Anda.

1. FIND ICONS

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Selain ukuran icon, Anda juga dapat menentukan background yang digunakan, menentukan lisensi dan menentukan warnanya, sehingga Anda dapat dengan cepat membuat icon aplikasi yang Anda perlukan.

Cukup dengan memasukkan kata kunci (dalam bahasa Inggris) pada kolom pencarian, kemudian tekan tombol pencarian.

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

 

Seperti pada ilustrasi gambar di atas, kita dapat melakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci “book“, kemudian bisa ditambahkan kata “cute” dan kita akan menemukan icon aplikasi yang sesuai dengan definisi tersebut.

Pada Januari 2019, Anda dapat menemukan 1196 paket icon dan 38.746 material icon lainnya. Bergantung pada icon aplikasinya sendiri, tersedia file dalam format ICNS, BMP, GIF, JPEG, PSD, TGA, TIFF, EPS, SVG sebagai material yang dapat diunduh.

2. ICON WANTED

 

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Selanjutnya, yaitu ada ICON WANTED yang juga merupakan situs yang memperkenalkan layanan yang mempermudah kita untuk menemukan material icon aplikasi secara gratis.

Di sini kita bisa mendapatkan lebih dari 38.746 icon aplikasi dan kita dapat mengunduh 1196 set icon. Pencarian di sini juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci dalam bahasa Inggris pada kolom pencarian.

(Hasil pencarian akan ditampilkan di sini)

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Situs ini sangat praktis karena kita bisa  menentukan berbagai pilihan format icon aplikasi seperti GIF, PNG, dan JPEG. Selain itu juga, kelebihan dari situs ini kita bisa menentukan urutan icon dari ukuran terkecil atau dari ukuran terbesar.

3. Free Icons Web

 

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Ini merupakan situs dimana kita dapat menemukan 1.600 icon aplikasi gratis dan beberapa icon berkualitas tinggi. Icon yang diunduh dikemas dalam satu set, sehingga kita bebas menggunakannya setelah diunduh.

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Seperti contoh di atas, kita bisa melakukan pencarian icon aplikasi berbentuk hewan, icon aplikasi bisnis, hingga tombol berdasarkan warna yang kita sukai.

4. 9search

9search adalah layanan web yang memudahkan Anda menemukan material icon aplikasi dalam format PS, Ai, Fw, dan Ot.

Anda juga dapat menemukan format seperti EPS dan SVG dalam kategori kecil. Hanya saja situs web menggunakan bahasa Jepang sehingga akan sedikit menyulitkan kita yang tidak mengerti Bahasa Jepang.

5. ICON FINDER

ICON FINDER dikenal sebagai layanan pencarian untuk material icon aplikasi gratis berlisensi.

Jika Anda mencentang tombol FREE yang terdapat di bagian kiri hasil pencarian, hasil pencarian Anda akan dipersempit dan hanya akan menampilkan icon aplikasi gratis saja. Anda juga dapat menentukan untuk penggunaan warna latar belakang, lisensi, ukuran icon aplikasi, serta apakah itu materi vektor atau tidak.

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Jumlah pencarian ditampilkan hanya dengan mouse pada kategori “Filter Menu”, selain itu menu ini merupakan fitur unggulan dari situs ini yang memungkinkan kita untuk mengetahui jumlah hasil sebelum pencarian dilakukan.

6. Iconspedia

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Iconspedia adalah situs material tempat icon aplikasi dapat diunduh secara bebas. Selain icon biasa, situs ini juga menyediakan banyak material icon aplikasi dalam format 3D, sehingga situs ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menambahkan kesan lebih pada aplikasi yang dibuat.

Anda juga dapat menentukan lisensi dari hasil pencarian, dan Anda dapat mengunduh material dalam format ico, png (32 × 32, 48 × 48, 64 × 64, 128 × 128, 256 × 256) sebagai jenis icon aplikasi.

Meskipun lisensi dapat ditentukan, cara menggunakan icon yang kita dapatkan di sini sangat beragam tergantung pada iconnya sendiri, jadi kita harus memastikan kembali syarat dan ketentuan penggunaannya.

7. Very icon.com

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Very icon.com adalah situs yang memudahkan  Anda untuk menemukan material icon aplikasi gratis dari layar pencarian sederhana seperti Google. Anda dapat menemukan icon aplikasi yang Anda inginkan dari lebih dari 500.000 material icon yang ada.

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Anda dapat dengan mudah mencari material dari kategori yang mudah dipahami seperti seni, bisnis, anak-anak, dll. Ada atau tidaknya background, Anda dapat menentukan ukuran icon dan kembali melakukan pencarian.

8. iconmonstr

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Iconmonstr adalah situs yang memudahkan anda untuk mendapatkan lebih dari 3.341 materi vektor dan materi icon aplikasi.

Anda dapat dengan mudah menentukan format materi yang Anda inginkan, seperti AI, PSD, PNG, JPG dan Anda dapat mengunduhnya dengan mudah. Karena desain situsnya yang sederhana, Anda tidak akan kesulitan dalam menggunakannya.

Bingung Membuat Icon Aplikasi? Gunakan Situs Berikut Ini!

Ketika Anda ingin menggunakan icon aplikasi kecil dalam suatu aplikasi atau materi presentasi, situs inilah yang merupakan salah satu situs yang bisa Anda kunjungi dan bebas digunakan.

Kesimpulan

Apakah tulisan ini bermanfaat?

Semoga tulisan ini dapat membantu Anda dalam menemukan dan membuat icon  aplikasi dalam berbagai format yang Anda butuhkan.

Dengan kumpulan situs-situs tersebut, semoga Anda bisa mendapatkan icon dengan mudah tanpa diberatkan oleh proses registrasi yang rumit atau biaya yang mahal.

[application-about]

Cara Memilih Perusahaan Jasa SEO yang Bermanfaat

0
Cara Memilih Perusahaan Jasa SEO yang Bermanfaat

Jasa SEO Berbahaya

Perusahaan jasa SEO sudah seharusnya memiliki profesionalisme sesuai dengan bidangnya.

Akan tetapi, gelar keprofesionalan ini dapat dimiliki oleh siapapun meskipun mereka tidak memiliki kualifikasi, pengalaman, atau pengetahuan.

Contoh yang paling ekstrem adalah ketika mereka yang tidak memiliki pengalaman apapun itu memulai jasa SEO saat ini juga dengan mempromosikan diri dan layanan mereka sendiri ke banyak orang.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa kata jasa SEO terkadang memiliki unsur yang mencurigakan.

Baca juga : Apa Itu Jasa SEO? Layanan Jasa SEO Murah dan Profesional di Indonesia

Mungkin saja orang-orang tersebut adalah orang dengan gelar terkait yang pandai berbicara untuk menyembunyikan kurangnya pengalaman mereka.

Selain itu, masih terdapat satu alasan lain mengapa hal tersebut tidak mudah untuk dapat dipercaya.

Mereka akan memberikan saran mengenai SEO. Namun, mereka tidak bertanggung jawab jika hasilnya berjalan baik ataupun tidak.

Perusahaan jasa SEO tidak bertanggung jawab bahkan jika manajemen perusahaan menurun atau bangkrut setelah mengikuti saran mereka.

Bahkan jika perusahaan Anda gagal, mereka akan tetap meminta bayaran. Sikap tidak bertanggung jawab semacam ini disembunyikan dengan gelar keprofesionalan palsu yang dimiliki oleh mereka.

Situasi Perusahaan Jasa SEO yang Sebenarnya

layanan-seo

SEO itu sendiri sulit dipahami dan penerapan sebenarnya pun akan sulit untuk dipahami.

Tidak ada jawaban yang pasti, implementasi terhadap kinerja konten juga tidak dapat diketahui apakah dapat bekerja dengan baik atau tidak.

Tidak ada cara-cara seperti pemerolehan peringkat di situs pencari dan mudahnya menarik pelanggan hanya dengan melakukan hal-hal yang disarankan.

Dengan kata lain, tidak ada indicator secara objektif yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan penanggung jawab SEO.

Hanya ada sedikit jumlah konsultan SEO yang asli

Kenyataan yang sebenarnya adalah jumlah penanggung jawab SEO yang memiliki kemampuan dan wawasan mengenai SEO yang tepat hanya ada sedikit.

Penting untuk memiliki kepekaan tertentu khususnya pada SEO, tetapi kepekaan ini tidak mudah untuk dipelajari.

Tentunya buku-buku mengenai SEO yang akurat telah dipublikasikan dan jika Anda membacanya dengan teliti, Anda dapat mempelajarinya sebagai sebuah pengetahuan.

Tetapi, hanya dengan mengetahuinya sebagai sebuah pengetahuan tidak akan cukup untuk mempraktikkan SEO secara langsung.

Berbagai kendala seperti anggaran, anggota, pembatasan fungsi sistem manajemen konten, dan lain-lain selalu terkait dengan penerapan SEO.

Dari keseimbangan tersebut, hal apa yang harus dipentingkan untuk diterapkan. Sangat sulit untuk memutuskan hal ini karena bukan hanya pengetahuan tentang SEO, Anda juga membutuhkan berbagai pengetahuan sekitarnya yang berkaitan dengan SEO.

Situasi di mana peringkat menurun atau jumlah kunjungan melalui mesin pencari menurun secara drastis juga sering terjadi.

Menemukan solusi untuk mengatasi situasi sulit ini seperti menemukan cahaya redup atau cahaya bintang yang jauh di jalan yang gelap. Oleh karena itu, dukungan berupa pengalaman yang lebih akan menjadi sangat berarti nantinya.

Masih banyak hal lain selain yang disebutkan di atas, tetapi melakukan saran tentang hal-hal tersebut secara akurat yang dikatakan sebagai poin sebenarnya dari tugas konsultan SEO.

Tetapi, jumlah konsultan SEO yang dapat melakukan hal-hal seperti itu pada kenyataannya hanya ada sedikit.

Kebanyakan konsultan SEO hanyalah seorang sales

Dalam menjual hal-hal yang tidak pasti dan tanpa bentuk seperti SEO, pihak penjual perlu mendapatkan kepercayaan dari pihak klien.

“Anda tidak akan salah jika mempercayai saya.”

Mereka akan mengatakan hal seperti itu dan membuat Anda percaya dengan kata-kata tersebut.

Karena itu, ungkapan sebagai seorang ‘konsultan SEO’ akan lebih menguntungkan mereka daripada hanya ungkapan ‘penanggung jawab sales’.

Akibatnya, kenyataannya banyak penanggung jawab sales yang mengaku sebagai konsultan SEO.

Apa Akibat yang Ditimbulkan Apabila Memilih Jasa SEO Abal-Abal?

Kemampuan situs untuk menarik pelanggan menjadi semakin buruk.

Dalam SEO, sama sekali tidak ada jawaban yang benar bahwa peringkat akan naik setelah melakukan hal ini. (Tidak termasuk hal yang dapat dilakukan siapa pun seperti memasukkan kata kunci dengan benar karena kata kunci tidak termasuk dalam judul).

Tetapi, adanya jawaban salah yang terlihat seperti jawaban yang benar tak terhitung jumlahnya.

Dan langkah-langkah sederhana yang mudah diterapkan sebagian besar adalah jawaban yang salah.

Konsultan dengan level kemampuan yang rendah selalu ingin mengambil jalan yang lebih mudah dengan memberikan jawaban yang salah untuk diterapkan.

Dengan mengumpulkan jawaban yang salah, sebaliknya peringkat dapat menurun secara drastis atau daya tarik situs melalui mesin pencari dapat hilang sepenuhnya.

Sudah banyak diketahui bahwa tidak asing lagi perusahaan akan cenderung mengikuti saran orang yang merupakan konsultan manajemen.

Konsultan SEO juga sama, yang menderita kerugian karena mengikuti saran yang salah adalah Anda sendiri.

Selalu menginginkan bayaran meskipun tidak melakukan apa-apa.

Peringkat pencarian adalah peringkat yang dapat naik atau turun tanpa perlu melakukan apa pun.

Bahkan tanpa melakukan apa pun, ada beberapa ‘konsultan SEO’ yang berusaha mendapatkan bayaran ketika peringkat situs web klien mereka naik.

Selain itu, jika staf yang bertanggung jawab atas operasi situs website terus bekerja keras, peringkat pencarian pasti akan meningkat dalam jangka panjang walaupun konsultan SEO tidak melakukan apa pun.

Mereka mungkin akan mengambil hasil kerja keras tersebut dan berasumsi bahwa mereka telah bekerja keras.

Jasa SEO yang Menyediakan Blacklink Pasti Berbahaya!

Masih ada perusahaan di Indonesia yang menjual backlink.

Mengejutkan bahwa banyak perusahaan SEO di Indonesia masih membeli dan menjual backlink.

Ini sedikit menyimpang dari topik, tetapi perusahaan SEO di luar negeri cukup terkejut saat mengetahui tindakan blacklink yang ada di Indonesia.

SEO di negara-negara berbahasa Inggris, Jepang dan lain-lain SEO seperti yang dijelaskan di atas disebut sebagai Black Hat SEO yang merupakan pembelian backlink dan salah satu SEO yang berbahaya dan hampir tidak dilakukan lagi oleh semua orang.

Jika Anda telah membeli backlink dan telah menautkannya ke situs Anda, disarankan agar Anda segera menghapus backlink tersebut.

Metode blacklink yang berbahaya.

Ciri khas selanjutnya dari vendor jasa SEO adalah mereka membeli domain bekas untuk klien, membuat situs manajemen yang mengambil alih otoritas domain, dan kemudian menginstal backlink di sana.

Konten susunan backlink adalah membuat satu situs backlink khusus untuk setiap klien untuk mengunduh backlink atau mengunduh backlink dari situs backlink yang digunakan oleh banyak klien.

Karena situs backlink bersama digunakan bersama dengan perusahaan lain, harganya adalah setengah dari harga pembuatan situs backlink khusus.

Tentu saja ini juga termasuk dalam Black Hat SEO karena kebijakan eksternal di sini juga berlaku untuk tindakan membeli link.

Jasa SEO yang Meningkatkan Produksi Halaman dengan Copy-Paste

Anda juga perlu berhati-hati ketika perusahaan SEO mengusulkan untuk menambah jumlah halaman situs.

Karena menulis kalimat dari awal itu sulit, ada vendor yang membuat artikel dengan copy-paste dan hanya mengganti sebagian dari teks untuk mengusulkannya kembali sebagai penanggulangan SEO.

Sepintas mereka terlihat seperti melakukan hal yang menguntungkan untuk SEO. Kemudian, artikel yang sebenarnya dibuat melalui copy-paste juga termasuk Black Hat SEO.

Artikel yang dibuat melalui copy-paste memang dapat meningkatkan peringkat, tetapi dalam kebanyakan kasus kenaikan peringkat hanya terjadi sementara atau tidak mendapat peringkat sama sekali.

Ketika Anda menerima penanggulangan manual ini, tidak hanya permintaan pencarian dan halaman tertentu, tetapi evaluasi situs secara keseluruhan juga akan menurun drastis, hal ini kemudian akan berhubungan dengan penurunan peringkat secara drastis.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil dengan SEO, buatlah konten asli (original) dengan proses yang benar.

Akan sangat berbahaya jika Anda menggunakan tindakan SEO seperti ini, Anda bisa menjadi target ‘pinalti’ karena metode ini termasuk dalam Black Hat SEO.

Jika Anda melakukan kesalahan, tidak hanya kenaikan peringkat, Anda bahkan tidak akan dapat melihat efeknya. Dan kemungkinan terburuk adalah Anda akan mendapat hukuman dari Google.

Black Hat SEO

Black Hat SEO mengacu pada tindakan yang bertentangan dengan pedoman Google dan secara tidak wajar menaikkan peringkat dengan mengambil keuntungan dari algoritma Google secara terbalik.

Jika Anda mengambil tindakan yang termasuk dalam Black Hat SEO, peringkat situs Anda dari Google akan menurun, peringkatnya dalam hasil pencarian juga akan turun secara drastis, atau situs Anda akan dihapus dari indeks pencarian.

Setelah Anda menerima pinalti, Anda akan sulit untuk mendapatkan kembali situs tersebut.

Agar tidak membuat risiko yang tidak disadari, Anda perlu mengetahui metode spesifik Black Hat SEO dan terapkanlah SEO dengan metode yang tepat.

Perencanaan SEO terbaru lebih mengutamakan White Hat SEO. Masih ada berbagai macam metode lain yang termasuk dalam Black Hat SEO dan tentu saja langkah-langkah SEO abu-abu yang efektif juga ada.

Tetapi, Anda lebih baik tidak meminta tolong kepada perusahaan SEO yang hanya merekomendasikan Black Hat SEO dan bukan White Hat SEO, karena Black Hat SEO berbahaya.

Cara Membedakan Jasa SEO Asli dan Palsu

Pastikan jangka waktu dalam kerja praktek SEO.

Meskipun SEO dapat dipahami sebagai pengetahuan, pengalaman diperlukan untuk diterapkan dalam praktek SEO yang sebenarnya. Setelah melewati keberhasilan atau kegagalan, pengetahuan akan berubah menjadi sebuah pengalaman.

Untuk itu, kami pikir seorang konsultan SEO setidaknya harus memiliki pengalaman selama kurang lebih 3 tahun.

Jangan hanya mengandalkan hasil dari tampilan teratas.

Jika penanggung jawab penjualan dari perusahaan jasa SEO mengaku sebagai seorang konsultan SEO, mereka cenderung akan menekankan hal ini karena tidak memiliki daya tarik yang lain.

Selain itu, banyak kebohongan yang dibuat ketika menampilkan hasil tampilan teratas, sehingga sangat sulit untuk menemukan kebohongan tersebut.

“Operasi kosmetik telah menjadi kata kunci super besar yang berada pada peringkat ke-3!”

Sebelum bertanya kepada operator situs yang menempati peringkat 3 mengenai perusahaan SEO mana yang digunakan, pelanggan tidak akan dapat mengetahui bahwa hal tersebut adalah kebohongan.

Biasanya mereka tidak akan memberi tahu walaupun Anda menanyakannya, jadi hal ini tidak mungkin untuk diketahui.

Mintalah penjelasan mengenai perbedaan situs yang tampil maupun yang tidak tampil di bagian teratas.

Untuk menyelidiki kemampuan mereka, Anda dapat meminta penjelasan perbedaan antara situs Anda dan beberapa situs yang ditampilkan pada tingkat atas berdasarkan kata kunci yang Anda targetkan.

(Jika memungkinkan, Anda lebih baik membandingkan dengan situs yang memiliki ruang lingkup yang dekat dengan perusahaan Anda, bukan situs portal).

Jika mereka hanya penanggung jawab sales yang mengaku sebagai konsultan SEO, seharusnya mereka akan panik.

Jika mereka tidak bisa menjelaskan hal ini, ada kemungkinan tinggi bahwa tampilan tingkat atas tidak akan jelas akan tercapai atau tidak.

Jika konsultan itu hanya penanggung jawab sales, mereka mungkin sudah mempelajari dan membandingkannya dengan situs Anda.

Anda lebih baik menyajikan secara langsung kata kunci yang berbeda dari target perusahaan Anda sendiri dan meminta mereka untuk menganalisis lebih jauh.

Cari berdasarkan nama perusahaan di internet dan periksalah reputasinya.

Meskipun mungkin Anda tidak dapat mengetahui reputasi konsultan itu sendiri, ini adalah salah satu cara untuk memeriksa reputasi perusahaan tempat konsultan tersebut berada dengan memeriksanya di internet.

Jika reputasi perusahaan tidak baik, susunan perusahaan juga akan cenderung buruk.

Konsultan yang bekerja di dalamnya tidak selalu buruk, tetapi Anda akan lebih aman untuk menghindari meminta bantuan konsultan milik perusahaan seperti itu.

Walaupun kemampuan dan moral konsultan itu sendiri sangat tinggi, ada beberapa kasus di mana kebijakan bisnis perusahaan yang hanya mementingkan keuntungan.

Dalam kasus seperti itu, bahkan jika konsultan itu kompeten, normal jika mereka tidak dapat menunjukkan kemampuan yang dimilikinya.

Menanyakan reputasi perusahaan melalui rekan-rekan SEO.

Konsultan SEO kelas satu biasanya sibuk dengan pekerjaan mereka dan tidak memiliki waktu luang untuk melakukan proyek baru.

Jika seorang konsultan yang menganggapnya sebagai peluang untuk penjualan, mungkin ia bukan konsultan yang bagus.

(Tentu saja, ada saat-saat ketika mereka memiliki waktu luang ketika mereka kebetulan sudah menyelesaikan proyek besar).

Pertama-tama, Anda bisa bertanya apakah mereka sedang sibuk atau tidak sambil berbincang tentang berbagai hal.

Lebih aman bagi Anda untuk melewatkan konsultan yang terlihat banyak memiliki waktu luang. Anda juga perlu menjaga jarak dengan konsultan yang sepertinya akan membahas tentang bisnis.

Apakah pembicaraannya dapat dipahami?

Ketika Anda tidak percaya diri dengan pengetahuan Anda, mereka akan mencoba untuk menipu dengan menggunakan istilah yang sulit.

Terutama semakin mereka mengingat pengetahuan SEO, mereka akan semakin cenderung untuk ingin menggunakan kata-kata sulit.

Satu lagi alasan mengapa pembicaraan menjadi sulit adalah kesalahpahaman bahwa jika tidak berbicara menggunakan istilah khusus, lawan bicara tidak akan percaya bahwa mereka adalah seorang ahli.

Jika mereka memiliki kepercayaan pada kemampuan mereka sendiri, mereka sama sekali tidak akan terpikirkan untuk melakukan hal ini.

Dengan kata lain, pembicaraan yang sulit dimengerti adalah bukti bahwa mereka juga tidak begitu memahaminya.

Sebaliknya, jasa SEO yang akan menjelaskan dengan sangat jelas juga ada.

Berbicara tentang hal-hal yang sulit dengan mudah dan jelas tidak dapat dilakukan tanpa memiliki pemahaman yang mendalam.

Ada kemungkinan bahwa tingkat kemampuan konsultan SEO yang dapat melakukan pembicaraan yang mudah dimengerti cukup tinggi.

Atau, karena mereka tidak tahu jawabannya ketika ditanya oleh klien, mungkin mereka mencoba menipu dengan istilah khusus untuk mengelabui klien.

Sejauh yang telah diketahui, ketika seorang konsultan SEO yang bagus diajukan pertanyaan yang tidak mereka ketahui, mereka akan mengatakan dengan jelas :

“Saya tidak tahu itu,”

Alasan di balik kata itu adalah “Saya tidak bekerja sama dengan seseorang yang dapat menjawab pertanyaan ini dengan benar”.

Jika mereka tidak memiliki kepercayaan diri, mereka pasti akan khawatir apabila tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka kemampuan mereka sebagai konsultan akan diragukan.

Bagaimanapun, seorang konsultan yang tidak dapat menjelaskan dengan mudah dimengerti adalah bukti bahwa kemampuannya meragukan.

Simpulan

Cukup sulit untuk membedakan antara yang asli dan yang palsu.

Mintalah penjelasan sampai Anda puas.

Dan ada satu hal yang penting.

Yaitu memiliki perasaan ‘tidak cocok’ terhadap suatu hal.

Jika Anda merasakan ini, mungkin Anda sedang tertipu.

Manusia akan melakukan suatu reaksi jika ada sesuatu yang menyebabkan mereka merasa sakit. Mereka akan tiba-tiba menjadi banyak bicara, ketakutan, atau terus mengeluarkan istilah-istilah khusus.

Perasaan ingin percaya dapat menangkal perasaan tidak cocok, tetapi intuisi semacam ini sangatlah penting.

Jika Anda merasakan perasaan aneh/tidak cocok, Anda lebih baik menghindari meminta tolong pada perusahaan SEO tersebut.

Artificial Intelligence & 7 Contoh Penggunaannya Dalam Industri

0
Artificial intelligence dan 7 contoh penggunaannya dalam industri

Kini penggunaan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) telah menyebar di berbagai industri. Bagaimana bidang industri akan berubah dengan adanya teknologi AI ini? Kemudian, bidang pekerjaan apa sih yang cocok memanfaatkan teknologi ini?

Di sini kita akan membahas penyebaran penggunaan Artificial Intelligence di bidang industri.

Ada banyak contoh pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) di bidang industri.

Karena kemajuan teknologi AI yang begitu pesat, tidak jarang kita menggunakan produk dan layanan tanpa sadar bahwa teknologi yang kita gunakan tersebut adalah AI.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh kasus penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) di berbagai industry yang popular.

Teknologi Artificial Intelligence di bidang medis untuk meningkatkan efek pengobatan

Teknologi Artificial Intelligence di bidang medis untuk meningkatkan efek pengobatan

Banyak kasus penggunaan Artificial Intelligence lahir di bidang medis.

Sebagai contoh, sistem pesan yang menggunakan teknologi AI juga telah menjadi  hal yang sangat umum hingga kurang kita sadari keberadaannya.

Salah satu contoh penggunaannya di bidang medis antara lain seperti untuk pengecekan reservasi konsultasi pasien dan catatan konsultasi untuk kemudahan penggunaan oleh pasien.

Contoh lainnya, ada Flagler Hospitas yang merupakan institusi medis yang menggunakan perangkat lunak pembelajaran mesin untuk mengobati pneumonia dan penyakit lainnya.

Rumah Sakit Flagler menggunakan informasi yang berasal dari perangkat lunak pembelajaran mesin dan membuat peta untuk rawat jalan. Sebagai hasilnya, mereka dapat mengurangi tingkat rawat inap pasien pneumonia dari 2,9% menjadi 0,4%.

Contoh pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence di situs medis tersebut hanya sebagian kecil dari keseluruhan penggunaannya.

Penerapan teknologi Artificial Intelligence di bidang medis dapat berevolusi ke semua hal yang digunakan di bidang medis, seperti alat manajemen rekam medis dan lain-lain.

Teknologi artificial intelligence dalam jurnalisme

Teknologi artificial intelligence dalam jurnalisme

Pemanfaatan teknologi AI dalam jurnalisme telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagai media yang terkenal, Washington Post memanfaatkan reporter robot. Perusahaan ini memulai debut reporter robot “Heliograf”nya di Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro pada tahun 2016.

Kabarnya Pada saat itu, Heliograf secara otonom telah mengirimkan lebih dari 800 artikel berita.

Seiring dengan kemajuan penelitiannya, pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence dalam jurnalismepun belakangan ini semakin berkembang.

Selain itu, teknologi pengenalan gambar juga telah mencapai titik di mana ia dapat mendeteksi gambar yang diproses dan menentukan keakuratan objek, orang, dan tempat.

 

Perbaikan mobil menggunakan AR (Augmented Reality)

menggunakan AR (Augmented Reality)

Bentuk lain dari tekonologi kecerdasan buatan adalah Augmented reality. Di bengkel Volkswagen di Inggris, AR (augmented reality) digunakan dalam pekerjaan perbaikan mobil.

Permasalahan rumit yang dihadapi oleh teknisi yang terlibat dalam pembuatan mobil Wagon dapat diatasi berkat adanya AI. Teknologi artificial intelligence di sini didukung oleh perangkat headset AR yang berfungsi sebagai mata dan telinga.

Dengan ini, seorang teknisi kepala yang sedang berada di lokasi terpencil dapat memberikan bantuan kepada para teknisi di bengkel melalui pesan suara melalui headset AR untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Headset AR yang dikendalikan menggunakan suara ini dilengkapi dengan kamera, mike dan speaker berkualitas tinggi.

Dengan demikian, tanpa harus berdekatan para teknisi ini dapat merasa bahwa chief engineer mereka ada di dekat mereka untuk memberikan rasa aman.

Selain itu, jika dilihat dari segi biaya, adanya teknologi AI dan AR ini bisa menghemat waktu dan biaya kerena teknisi di lokasi kerja dapat berkomunikasi langsung dengan kepala teknisi, tanpa harus menempuh perjalanan jauh.

Showroom mobil virtual

Di luar negeri, AR ternyata juga digunakan di showroom dealer mobil.

Menggunakan kamera, sensor, dan terminal kios, gambar mobil dapat ditampilkan secara nyata dari semua sudut. Pengunjung berencana membeli dapat membuat simulasi mobil virtual dengan menentukan berbagai warna dan fungsi sesuai keinginan sebelum memutuskan untuk membeli.

Berikut adalah video yang memperkenalkan showroom virtual Volvo yang menggunakan Mount display hololens AR yang dikembangkan oleh Microsoft.

Showroom virtual memungkinkan untuk membuat dealer mobil di ruangan yang kecil namun tetap dapat menjelaskan kepada pelanggan fungsi dan bagian dalam mobil.

https://www.youtube.com/watch?v=DilzwF90vec&feature=youtu.be

Contoh penerapan AI pada industri jasa seperti perjalanan

penerapan AI pada industri jasa seperti perjalanan

Pembicara pintar Amazon.com “Amazon Echo” memiliki model “Alexa for Hospitality” yang disesuaikan untuk hotel.

Di sini ditawarkan asisten suara untuk semua jenis fasilitas akomodasi seperti jaringan hotel dan penyewaan liburan.

Sistem ini dapat disesuaikan untuk memasukkan informasi utama fasilitas akomodasi seperti waktu check-out atau waktu pembukaan kolam renang.

Para tamu dapat meminta layanan pembersihan kamar dan layanan kamar lainnya.

Tentu saja tamu hotel dapat mengatur pengoperasian fitur kamar hotel “pintar” seperti penyesuaian suhu AC dan tirai terbuka, atau misalnya, atas sebagai perwakilan layanan pelanggan, bot obrolan dapat disetting untuk dapat menjawab pertanyaan pelanggan.

Selain itu, pemanfaat teknologi AI juga dapat dilihat pada tahap awal perencanaan perjalanan pelanggan. Sebagai contoh, teknologi AI digunakan untuk proses pemesanan tiket dan rencana akomodasi sesuai dengan kondisi di situs web.

Mendukung proses perekrutan karyawan

Mendukung proses perekrutan karyawan

Proses wawancara kerja dan perekrutan karyawan merupakan hal yang menyulitkan bukan hanya bagi pencari kerja namun juga bagi perusahaan.

Dalam urusan kepegawaian, teknologi AI membantu Divisi HRD untuk menemukan kandidat potensial dan merealisasikan kegiatan perekrutan yang wajar.

Misalnya, menggunakan teknologi AI, perusahaan dapat lebih efisien mengumpulkan informasi tentang orang-orang berbakat yang berkaitan dengan kategori pekerjaan tertentu. Dan kita dapat mempersempit kandidat dan mencari tahu siapa yang paling cocok untuk kebutuhan tersebut. Keuntungan lain menggunakan teknologi AI pada HRD adalah bisa menghilangkan pandangan subjective dari pewawancara.

Ketika seorang pewawancara mewawancarai seorang pencari kerja, kadang secara tidak sadar ia merasa tidak nyaman dengan lawan bicara, misalnya karena mengingatkan terhadap kenangan kenangan buruk di masa lalu, atau perasaan lainnya. Jika Anda adalah robot yang berspesialisasi dalam sumber daya manusia, Anda tidak akan memiliki alasan pribadi seperti memiliki hobi yang sama dengan lawan Anda, atau dari universitas yang sama untuk penilaian lulus / gagalnya proses wawancara tersebut.

Peningkatan kepuasan dengan layanan pelanggan

Peningkatan kepuasan dengan layanan pelanggan

Teknologi AI yang digunakan dalam layanan pelanggan telah muncul dalam berbagai bentuk seperti asisten virtual dan chat bot.

Perusahaan telah memperkenalkan teknologi AI seperti analisis wicara, analisis emosi, analisis karakter, dan pemrosesan bahasa alami ke dalam layanan pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Dengan memasukkan analisis suara ke call center, PIC dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan dan menilai bagaimana pelanggan menerimanya. Ini juga membantu untuk mendapatkan keluhan pelanggan tentang produk tertentu.

Google baru-baru ini memasuki pasar layanan pelanggan menggunakan teknologi AI. Hal ini diterapkan pada “Contact Center AI”  Google Cloud yang memiliki fungsi agen virtual dan analisis panggilan. Kemudian Cisco Systems dan Genesys juga telah memperkenalkan Contact Center AI serupa. Agen virtual memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan umum dari pelanggan.

Sistem pendukung agen memindai basis pengetahuan dan memiliki fungsi pendukung bagi staf manusia untuk dengan cepat menemukan konten jawaban kepada pelanggan.

Contoh industri perbankan mengarah pada investasi yang kuat

Contoh industri perbankan mengarah pada investasi yang kuat

 

Bahkan dalam industri perbankan kasus penggunaan teknologi AI semakin meningkat. Orang yang melakukan transaksi keuangan sederhana di internet dapat dilayani menggunakan chat bot. Dalam industry perbankan, chat bot ini juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan informasi tentang produk dan layanan baru kepada pelanggan.

 

Pemanfaatan teknologi artificial intelligence di bank telah menyebar bahkan sampai ke luar lingkup layanan pelanggan.

Misalnya, DBS Bank di Singapura menggunakan teknologi AI untuk menyaring pencari kerja yang bertanggung jawab atas manajemen aset.

Ada juga bank yang menggunakan teknologi AI untuk menilai kedisiplinan nasabah, yang biasanya digunakan untuk melakukan penilaian dalam memberikan pinjaman, dalam hal ini Bank memanfaatkan teknologi AI untuk mengumpulkan lebih banyak data.
[business-about]

Apa itu Konsultan IT dan Bagaimana Pekerjaan Konsultan IT?

0
Apa itu Konsultan IT dan Bagaimana Pekerjaan Konsultan IT?

Konsultan IT merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab di berbagai bidang untuk membantu memecahkan permasalahan dalam manajemen perusahaan, mulai dari memberikan usulan-usulan terhadap tindakan yang perlu dilakukan hingga mencari solusi untuk keberlangsungan pengembangan sistem.

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang memerlukan tingkat kemampuan yang tinggi tergantung pada ukuran bisnis yang dilakukan dan jumlah pendapatan yang diperoleh.

Pekerjaan Seorang Konsultan IT

Sistem dan alur kerja seorang konsultan IT bervariasi tergantung pada kasus dan klien yang dihadapi, seperti misalnya, mengusulkan pengembangan sistem berdasarkan strategi IT yang juga sejalan dengan kebijakan manajemen perusahaan, atau meningkatkan manajemen perusahaan melalui pengoptimalan sistem.

Jika diminta untuk memperkenalkan sistem, hal tersebut merupakan tugas seorang konsultan IT untuk terlibat dalam segala hal mulai dari desain hingga pengembangan serta verifikasi terhadap sistem.

Tentu saja, bukan berarti seluruh pengerjaan sistem dikerjakan oleh satu (1) orang konsultan IT tersebut. Konsultan IT bekerja sama dengan tim di masing-masing bidang untuk mencapai tujuan dalam melakukan bisnis.

Karena mereka bekerja dikelilingi dengan orang-orang profesional di berbagai bidang, hal tersebut membuat seorang konsultan IT dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik seorang konsultan IT.

Peran Seorang Konsultan IT

Konsultan IT bertanggung jawab untuk menyiapkan solusi dengan memanfaatkan ‘IT’ untuk memecahkan masalah dalam manajemen perusahaan. Beberapa tahun terakhir, pentingnya peran IT dalam berbagai bidang semakin meningkat sehingga perusahan dan pengelolaan sistem tidak dapat dicapai tanpa IT. Selain itu, konsultasi mengenai project seperti peningkatan bisnis dan reorganisasi organisasi menggunakan sistem IT menjadi sangat meningkat.

Pekerjaan konsultan IT dibagi menjadi beberapa alur berikut.

■ Konsultan yang bertanggung jawab perumusan strategi dalam bidang IT, organisasi IT, perencanaan dan strategi IT.
■ Digital Consultant yang membuat perencanaan untuk meningkatkan bisnis dengan menggunakan Big Data, Web Marketing dan aplikasi mobile.
■ Konsultan PMO (Project Management Office) untuk PJT yang termasuk implementasi ERP dan dukungan untuk pengenalan sistem SCM & CRM.
■ Konsultan yang bertanggung jawab terhadap infrastruktur, outsourcing, manajemen aset dalam bidang IT.
■ Konsultan yang bertanggung jawab terhadap kebijakan keamanan dan manajemen terhadap risiko yang mungkin terjadi yang berkaitan di bidang IT.

 

3 Jenis Penempatan Kerja Konsultan IT

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai pembagian penempatan kerja seorang konsultan IT yang dibagi menjadi 3 sesuai dengan isi pekerjaannya.

Business Analyst (BA)

Analis Bisnis atau Business Analyst biasa juga disebut sebagai manajemen di bidang IT. Pada umumnya, tugas mereka adalah menganalisis secara profesional pengoperasian sistem, seperti strategi manajemen, pelatihan kerja sama, dan memberikan proposal/perencanaan yang jelas yang memenuhi kebutuhan klien.

Konsultan Pengenalan

Konsultan akan menyiapkan syarat dan ketentuan, memastikan kemajuan rencana pengembangan dan memeriksa spesifikasi yang telah disiapkan oleh analis. Sebagai tambahan, tugas paling penting seorang konsultan adalah memastikan penyesuaian yang diinginkan oleh klien.

Project Management Office (PMO)

PMO seringkali mengacu pada divisi manajemen pendukung project (proyek), divisi audit untuk proyek, atau project support department, dll yang merupakan salah satu sistem pengoperasian yang berorientasi pada efektivitas biaya.

Kemampuan yang Diperlukan Sebagai Seorang Konsultan IT

Konsultan IT bertindak sebagai seorang pemimpin (leader) terhadap masing-masing project.

Oleh karena itu, selain harus menguasai pengetahuan teknis terhadap staf di masing-masing bidang, kemampuan seperti daya berpikir logis yang kuat untuk menyelesaikan permasalahan juga diperlukan. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan untuk dapat bekerja-sama untuk menyatukan sejumlah besar teknisi dalam satu tim.

Karena akan sering bernegosiasi dengan banyak klien, selain memiliki kemampuan secara fisik maupun ketekunan, penting juga untuk memiliki kemampuan presentasi sekaligus memecahkan masalah secara eksternal.

Selain itu, konsultan IT tidak hanya perlu memiliki kemampuan IT yang tinggi, tetapi juga perlu memiliki kemauan yang kuat untuk terus mencoba berbagai tantangan untuk menyelesaikan masalah dan tidak cepat puas terhadap keadaan saat ini.

Perbedaan Konsultan IT dengan SE (System Engineer).

Meskipun seorang SE dan konsultan IT bekerja pada project pengenalan sistem yang sama, keduanya memiliki perbedaan besar dalam ruang lingkup pekerjaan dan kemampuan yang dibutuhkan. Secara garis besar, perbedaan tersebut dibagi menjadi 3, berikut pemaparannya.

Terlibat dalam fase yang berbeda

System Engineer merupakan seseorang yang terlibat dalam pengembangan/perbaikan dan sebagai seorang profesional dalam perancangan sistem, sedangkan konsultan IT menggunakan IT sebagai bukti untuk menyelesaikan permasalahan serta menyiapkan solusi untuk menyelesaikan tugas-tugas sekaligus memberikan dukungan dalam implementasi sistem.

Perbedaan utama dalam fase-fase yang terlibat, terutama dalam menentukan apakah akan melakukan tahap perencanaan atau tidak. Karena konsultan IT bertugas untuk menyelesaikan masalah dalam manajemen dan tugas bisnis yang dipegang oleh klien, setelah mengetahui situasi dan kebutuhan klien, maka perlu beberapa pertimbangan dalam melakukan perencanaan seperti misalnya; “apa perlu merombak organisasi IT?”, “apakah perlu memanfaatkan IT untuk menyelesaikan masalah dalam strategi manajemen?”, “meninjau kembali persayaratan bisnis”, “sistem seperti apa yang perlu diterapkan?”, dsb.

Perbedaan posisi kerja

Meskipun SE dan konsultan IT terlibat dalam fase pengembangan sistem yang sama, namun mereka memiliki posisi kerja yang berbeda.

Konsultan IT terlibat secara langsung dalam project dari sisi user (pengguna), sedangkan SE tentu saja terlibat dalam project sebagai vendor.

Perbedaan dalam posisi kerja tersebut akan muncul terutama sebagai perbedaan dalam fase keterlibatan project seperti yang dijelaskan di atas, tetapi, meskipun terlibat dalam pengembangan sistem yang sama, misi yang dilakukan akan sangat bervariasi.

Sementara SE memiliki misi untuk membuat anggaran dan pengiriman untuk produk yang telah jadi, konsultan IT mengelola project dari sudut pandang klien dan bertanggung jawab untuk merangkum permasalahan di awal dan menyediakan solusi. Misinya adalah membuat penilaian project yang tepat.

Kemampuan yang Diperlukan Sebagai Seorang Konsultan IT

Kemampuan yang diperlukan seorang konsultan IT berbeda-beda tergantung pada project dan isi pekerjaan. Meskipun tidak perlu mencakup semuanya, ada bagian di mana informasi dan pengalaman yang dimiliki dapat menjadi sebuah ‘senjata’, sehingga semakin banyak kemampuan yang dimiliki maka semakin mudah juga untuk memperoleh pengakuan.

Pengalaman berharga.

Meskipun bukan seseorang yang berpengalaman ataupun hanya memiliki pengalaman yang sedikit, apabila di awal memiliki pengalaman sebagai support team di konsultan IT, maka hal tersebut dapat menjadi pengalaman berharga. Seorang konsultan IT yang sering menghadapi tantangan dari berbagai perusahaan dan project serta bertanggung jawab atas sejumlah tugas lebih sering diperlukan karena memiliki harapan bahwa mereka dapat menyelesaikan masalah meskipun tidak teratur.

Pengetahuan khusus

Terdapat beberapa situasi di mana pertukaran informasi dengan pelanggan dilakukan untuk manajemen strategi sehingga keahlian dalam bidang manajemen juga sangat penting. Selain itu, karena hanya dapat digunakan dalam bidang khusus seperti keahlian pada ERP dan CRM, maka sangat penting untuk mempelajarinya lebih dalam.

Kemampuan memecahkan masalah

Sangat penting untuk mengidentifikasi masalah dalam manajemen bisnis dan juga bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu, penting untuk berpikir secara logis terhadap berbagai hal dan bukan hanya dalam situasi darurat saja tetapi juga memiliki kemampuan untuk berkembang secara mendasar.

Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk mengelola operasi bisnis seperti bekerja sama dengan tim, anggota pengembangan, dan anggota lainnya dari berbagai divisi, sama halnya juga saat berinteraksi dengan klien ketika memecahkan permasalahan. Teknik untuk menyampaikan informasi secara akurat merupakan kemampuan berkomunikasi yang juga diperlukan.

Pengalaman dalam mengembangkan project

Untuk dapat menjalankan project dengan lancar, sangat penting untuk memiliki kemampuan untuk memeriksa pengembangan dan mendukung dalam proses uji-coba atau memeriksa spesifikasi dan desain dokumen untuk mengklarifikasi masalah yang tidak dapat diselesaikan sebelumnya, akan sangat mudah bagi mereka untuk mendapatkan pengakuan apabila berhasil dalam melakukan pengembangan dan proses uji-coba tersebut.

Namun, yang paling diutamakan kemungkinan adalah orang-orang yang dulunya memiliki pengalaman dan telah memahami alur serta pengembangan sistem. Semoga informasi ini berguna ya!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Facebook Ads Manager dan Cara Penggunaannya

0
acebook ads manager dan cara penggunaannya

Dalam artikel ini kita akan membahas “Ads Manager” yang merupakan alat untuk mengelola iklan pada Facebook.

Tool ini memungkinkan kita untuk mengatur iklan seperti target, anggaran dan mengoperasikan iklan berdasarkan data seperti volume distribusi dan jumlah klik. Dengan kata lain Facebook Ads Manager membuat proses pengelolaan iklan menjadi lebih efektif.

Apa itu ads manager?

Facebook ads manager adalah alat Pengelola iklan yang disediakan secara gratis oleh Facebook. Dengan tool ini kita bisa melakukan tindakan pengelolaan iklan sebagai berikut:

– Membuat dan  memposting iklan.
– Melakukan pengaturan target iklan.
– Menetapkan anggaran.
– Mengkonfirmasi efek iklan secara real time.
– Mengkonfirmasi ringkasan tagihan, Riwayat pembayaran, serta Metode pembayaran.

Hubungan antara Pengelola Iklan dan Business Manager

Ketika kita akan mulai beriklan di Facebook, terlebih dahulu  kita harus mendaftar pada Business manager. Business Manager adalah akun bisnis yang dapat mengatur kampanye (promosi), iklan / aplikasi, dan otoritas administratif dari halaman Facebook milik perusahaan.

Mendaftar pada Business Manager memungkinkan kita untuk mengelola hak akses setiap orang ketika mengelola halaman. Banyak orang bisa mendapatkan akses ke halaman serta akun iklan tanpa harus menjadi teman di Facebook.

Alur pembuatan dan pengiriman iklan oleh Facebook Ads Manager

Langkah 1: Memilih tujuan iklan dari daftar

Di sini “Kesedaran merek” sudah menjadi pilihan default, namun kita masih dapat melakukan penyesuaian dengan tujuan iklan yang akan dibuat. Kita dapat tetap menggunakan pilihan default atau menggantinya dengan tujuan lainnya . Kemudian klik “Buat akun iklan”.

Facsbook AD 01

Langkah 2: Masukkan informasi tentang akun (seperti: negara, mata uang, zona waktu) lalu klik “Berikutnya”.

Facsbook AD 02

Langkah 3: Mempersiapkan iklan.

 Facsbook AD 03

Nama set iklan: Tidak masalah jika kita tetap menggunakan default, tetapi akan lebih baik memberikan nama dengan jelas.

Audience: Di sini kita harus menentukan target iklan. Target dikelompokkan berdasarkan wilayah, usia, jenis kelamin, bahasa, dll.

Pengaturan target detail: Kita dapat memilih kategori lapisan target dari daftar.

Facsbook AD 04

 

Penempatan: Di sini kita bisa memilih menggunakan penempatan otomatis atau tidak. Kita bisa mengedit apakah ingin menempatkan iklan di Facebook saja atau Instagram saja.

Anggaran dan periode posting: Kita dapat memilih apakah anggaran Kita adalah anggaran harian atau total anggaran. Anda dapat melakukan pengaturan setelah memutuskan periode untuk posting.

Kemudian klik “Next” di bagian bawah halaman ini.

Langkah 4: Mempersiapkan Kreatif Iklan

Facsbook AD 05

Mengatur format iklan, teks iklan, bahan yang akan digunakan (gambar, film, tampilan slide).

Setelah selesai, klik “Konfirmasi pesanan”.

Cara mengelola iklan menggunakan Facebook Ads Manager

Tampilan layar  pengelola iklan kurang lebih dibagi menjadi beberapa elemen sebagai berikut :

– Kampanye
– Kumpulan iklan
– Iklan
– Halaman Pencarian
– Filter
– Membuat Iklan

 

Berikut ini adalah cara untuk melihat setiap komponen, cara menggunakannya, dan poin-poin yang harus diperhatikan.

Kampanye

Kampanye

Sudut Pandang

Kita dapat memeriksa status pengiriman iklan dalam daftar.

Selama pengoprasian ini, kita wajib memeriksa apakah kampanye aktif atau tidak.

Cara Penggunaan

Setelah login ke Ads Manager, layar kampanye akan terbuka.

Poin penting yang harus diperhatikan

Iklan bisa saja tidak bisa aktif jika gagal dalam proses pengulasan.

Selama pengiriman, periksalah setiap saat apakah iklan aktif atau tidak untuk mencegah hilangnya peluang karena tidak berhasil mengirim iklan.

Set Iklan

Set Iklan

Cara pandang

Dengan memeriksa set iklan yang merupakan komponen kampanye, Kita dapat mengetahui biaya yang diperlukan untuk iklan.

Bagaimana cara menggunakannya

Saat mengklik kampanye, Kita akan melihat daftar iklan yang ditetapkan untuk kampanye itu sendiri.

Poin penting yang harus diperhatikan

Jika terdapat beberapa set iklan, bahkan jika ada set iklan yang gagal dan aktif, maka yang aktif akan ditampilkan sebagai di kampanye. Karena itu, penting untuk memeriksa tidak hanya kampanye, tetapi juga set iklan, untuk mencegah hilangnya peluang.

Iklan

Iklan

Perspektif / Cara pandang

Dengan memeriksa “iklan” dalam kumpulan iklan, kita dapat memeriksa efektivitas biaya dengan materi iklan. Dengan menghentikan efek buruk pada materi iklan atau melakukan tes AB pada materi iklan baru, set iklan serta kampanye bisa lebih efisien.

Cara penggunaan

Ketika Kita mengklik satu set iklan, Kita akan melihat daftar iklan untuk set iklan Kita. Kita dapat memeriksa status pengiriman, skor relevansi *, CTR, dll.

※Apa itu skor relevansi?

Ini adalah nilai numerik yang memprediksi efek yang diperoleh dari target iklan. Dengan beriklan kita tentunya berharap mendapat banyak reaksi positif dari pengguna memiliki skor lebih tinggi. Skor ini ditunjukkan dengan angka dari 1 hingga 10, angka akan diperbarui dari waktu ke waktu sebagai tanggapan dan umpan balik untuk iklan (klik, pemasangan aplikasi, pemutaran video, dll.)

 

Poin penting yang harus diperhatikan

Harap berhati-hati untuk tidak mematikannya secara tidak sengaja karena pengiriman menggunakan tombol on / off dapat diubah dengan 1 klik.

 Halaman Pencarian

Halaman Pencarian

Perspektif / Sudut pandang

Kita dapat mencari kampanye tertentu dan memeriksa ketersediaannya

Cara penggunaan

Klik tab “Cari” di layar administrasi, maka akan menampilkan list sebagai berikut:

Jika Kita memilih tab “apa yang ingin Kita cari di sini”, halaman pencarian akan ditampilkan. Jika Kita ingin menemukan kampanye iklan yang disebut “distribusi serupa”, Kita dapat mencari dengan mengetik “distribusi serupa” di jendela pencarian.

Halaman Pencarian 02

Poin penting yang harus diperhatikan

Sebagai contoh, jika ada dua kampanye “distribusi serupa” dan “pemasaran ulang”, Kita tidak dapat mencari nama kampanye “pemasaran ulang” sambil membuka layar “distribusi serupa”.

Oleh karena itu, ketika mencari kampanye baru, perlu sesekali kembali ke layar pengelola.

Filter

Filter

Perspektif / Sudut pandang

Penyaring iklan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Misalnya, Kita dapat menetapkan filter seperti “Aktif, BPA kurang dari 5.000 yen”.

Cara penggunaan

Klik tab filter pada layar pengelola, maka akan menampilkan list seperti di bawah ini. Pilih item list tersebut untuk membuat filter.

Filter 02

Poin penting yang harus diperhatikan

Item yang difilter tidak dihapus secara otomatis, namun item akan ditambahkan ke layar pengelola sebagai data.

Jika kita ingin membuat filter baru, Kita perlu menghapus semua item penyaringan setelah penyaringan selesai.

Membuat Iklan

Membuat Iklan

Perspektif / Sudut pandang

Setelah memasang ads manager, kita dapat mengatur pengiriman untuk iklan baru di layar admin kapan saja.

Penting untuk meningkatkan efektivitas biaya iklan Facebook dengan menetapkan dan menayangkan iklan baru satu demi satu berdasarkan hasil dari iklan yang sudah didistribusikan.

Cara penggunaan

Kita dapat membuat iklan menggunakan tombol hijau di kanan atas layar administrasi.

Poin penting yang harus diperhatikan

Ketika pembuatan iklan terganggu, tempat yang sebelumnya ditetapkan secara otomatis disimpan. Ketika beberapa administrator mengoperasikan layar pengelola, berhati-hatilah untuk tidak menghapus iklan yang dibuat secara tidak sengaja.

 

Kesimpulan

Demikianlah informasi dasar mengenai “Facebook Ads Manager” untuk dipahami ketika ingin memulai Iklan Facebook.

Seperti pada iklan Facebook, dimana orang-orang cenderung memperhatikan cara memilih materi Iklan dan kebijakan operasi yang mana dilakukan setelah membuka akun. Dalam artikel ini, kami merangkum cara menggunakan “Facebook Ads Manager”,  berdasarkan tujuan, tindakan pencegahan, dan sebagainya.

Karena ini adalah informasi yang tidak merugikan sama sekali, akan sangat membahagiakan jika informasi ini dapat membantu meskipun dalam ruang lingkup yang terbatas.

Mari temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sayonara!

Pendapatan Aplikasi Android Penghasil Uang

0
Pendapatan Aplikasi Android Penghasil Uang

Artikel berikut ini akan membahas tentang pengembangan aplikasi Android untuk smartphone yang telah menjadi topik utama dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak hanya untuk mengunduh game, sebagian besar orang mengunduh aplikasi Android melalui smartphone mereka. Selain itu, dikatakan bahwa saat ini, semua orang pasti pernah mengunduh aplikasi Android.

Aplikasi Android terbaru terus bermunculan dan sebagian besar dari aplikasi tersebut adalah aplikasi yang menarik.

Hal itu akan membuat Anda berpikir apakah pengembangan aplikasi Android benar-benar menguntungkan. Oleh sebab itu, aplikasi Android penghasil uang juga mulai bermunculan.

Bagaimana situasi yang sebenarnya?

3 Cara Utama Mengembangkan Aplikasi Android Penghasil Uang.

Penjualan aplikasi Android berbayar.

Penagihan dalam aplikasi Android (in-app billing atau in-app purchase).

Pendapatan melalui iklan.

Penjelasan terhadap masing-masing cara akan dijelaskan secara rinci berikut ini.

Aplikasi berbayar dengan harga satuan untuk aplikasi Android itu sendiri.

Cara yang pertama adalah mengembangkan dan menjual aplikasi Android berbayar.

Cara ini merupakan cara termudah yang dapat dibayangkan oleh siapa pun.

Intinya, apa yang dijual di bagian berbayar Google Play adalah aplikasi berbayar.

Harga satuan aplikasi Android itu sendiri sepenuhnya tidak diperoleh sebagai keuntungan pengembang.

70% dari keuntungan akan menjadi pendapatan pengembang sebenarnya (developer) dan 15% sisanya akan diberikan kepada platform Google.

Misalnya, jika Anda menjual 100 aplikasi berbayar dengan harga Rp 50.000, maka :

85% dari Rp 50.000, yaitu, Rp 42.500 × 100 aplikasi = Rp 4.250.000 akan menjadi keuntungan pengembang (developer).

Jika jumlah total unduhan adalah 100.000, keuntungan yang diperoleh dari harga unit aplikasi saja dengan perhitungan sederhana adalah sebagai berikut :

42.500 × 100.000 aplikasi = Rp 4.250.000.000, ini akan menjadi jumlah uang yang banyak.

Keuntungan yang realistis jika mengembangkan aplikasi Android dengan harga satuan Rp 10.000 dan diunduh sebanyak 100 kali adalah sebagai berikut :

Rp 10.000 × 100 aplikasi × 0,85 (berbagi saham pengembang) = Rp 850.000

Dengan jumlah biaya tersebut, Anda akan sulit untuk berhenti dari pekerjaan utama dan hanya mengembangkan aplikasi Android.

Jika memperoleh 1.000 unduhan per bulan, maka keuntungan yang didapat adalah sebesar Rp 8.500.000.

Dengan begitu, bisa jadi Anda tidak perlu bekerja di perusahaan jika dapat terus memperoleh penghasilan bulanan seperti itu.

Pertama-tama, mungkin sebaiknya perlu untuk mempertimbangkan dari sisi lainnya seperti, apakah Anda dapat membuat aplikasi berbayar yang di dapat diunduh hingga melebihi 1.000 unduhan.

Tagihan dalam aplikasi Android (in-app billing atau in-app purchase).

Cara berikutnya adalah penagihan dalam aplikasi Android (in-app billing atau in-app purchase).

Ini merupakan metode penagihan utama untuk aplikasi game terutama aplikasi native.

Cara ini juga mudah dimengerti.

Metode ini mendatangkan keuntungan ketika pengguna (user) membeli senjata yang kuat melalui aplikasi game atau misalnya seperti membeli ‘hati’ dan ‘wortel’ dengan aplikasi yang khusus diperuntukkan untuk wanita.

Ada beberapa orang yang awalnya mengunduh banyak aplikasi dan di antara mereka akan ada beberapa persen yang mengeluarkan biaya untuk membeli aplikasi tersebut. Oleh karena itu, orang-orang yang berpikir bahwa mereka dapat memperoleh keuntungan dengan hanya mengembangkan sebuah aplikasi tampaknya jarang untuk mencoba metode ini kecuali jika mereka merupakan perusahaan modal besar.

Penghasilan melalui iklan di aplikasi Android.

Cara yang terakhir adalah metode pengiriman iklan pada aplikasi Android gratis.

Singkatnya, pendapatan berasal dari iklan yang ditampilkan di layar smartphone Anda melihat aplikasi Android gratis.

Beberapa orang mendapatkan keuntungan dari biaya tagihan dalam aplikasi, tetapi penghasilan programmer pengembang aplikasi sebagian besar berasal dari pendapatan iklan.

Jika Anda melakukan penayangan iklan di aplikasi, pendapatan iklan bulanan berupa 1 klik Rp 1.000, maka apabila Anda mendapat 500 klik per hari, pendapatan Anda bisa mencapai Rp 100.000 per hari.

Jika itu terus berulang, Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan perhitungan sebagai berikut.

Bulan ke-I           : Rp 3.000.000 (Rp. 100.000/hari).
Bulan ke-II          : Rp. 4.500.000 (Rp. 150.000/hari).
Bulan ke-III        : Rp. 6.750.000 (Rp. 225.000/hari).

 

*Perhitungan setiap bulan meningkat 1.5 kali lipat.Meskipun pengiriman iklan sepintas hanya terlihat memiliki keuntungan, sebenarnya juga memiliki kerugian.

Keuntungan
Penghasilan tetap akan terus muncul.
Menjadi awal pengembangan kontrak.
Kerugian
Jumlah diunduh jauh lebih rendah dari yang diharapkan.
Peninjauan pengiriman iklan terkadang memerlukan waktu, sehingga Anda harus menunggu dengan sabar.

Pengembangan aplikasi Android penghasil uang dapat menguntungkan jika aplikasi tersebut populer dan banyak digunakan orang. Akan tetapi, secara realistis, kemungkinan besar pengembangan aplikasi hanya akan berakhir sebagai penghasilan tambahan untuk uang saku.

Dapat dikatakan bahwa sangat sulit untuk menjadikannya sebagai sebuah profesi atau pekerjaan utama.

Tetapi, ada harapan yang dapat diwujudkan melalui aplikasi.

Karena itu, akan lebih baik jika pengembangan aplikasi dilakukan dengan memanfaatkan waktu luang.

Bagaimana jenis-jenis pengembangan aplikasi Android?

Sebenarnya terdapat berbagai macam jenis pengembangan aplikasi Android khususnya aplikasi Android penghasil uang.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengetahuan dan sistem pengembangan aplikasi memiliki peluang untuk berhubungan dengan hampir semua bidang bisnis.

Di antaranya, berikut akan dijelaskan mengenai industri pengembangan aplikasi dari sudut pandang seseorang yang bekerja sebagai programmer/engineer.

Pengembangan aplikasi game media sosial.

Sepertinya dapat dikatakan bahwa industri ini adalah industri yang paling mudah untuk dibayangkan.

Salah satu contoh game media sosial yang terkenal adalah Puzzle & Dragons.

Terlepas dari seperti game Puzzle & Dragons tersebut, sebagian besar pengembangan game di industri game pada umumnya membutuhkan banyak biaya pengembangan.

Karena itu, jika game yang Anda kembangkan menjadi terkenal, hasil yang diperoleh juga akan lebih baik dari yang Anda bayangkan, tetapi begitu juga sebaliknya.

Industri pengembangan game ini memiliki kenaikan dan penurunan yang drastis.

Pengembangan aplikasi media sosial.

Selain aplikasi game yang disebutkan sebelumnya, aplikasi media sosial juga sedang banyak digunakan dari hari ke hari.

Dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi Instagram yang populer di kalangan remaja berusia 10 s/d 20 tahun dan menjadi momentum dalam pengembangan aplikasi media sosial untuk smartphone.

Aplikasi Android memiliki struktur yang dapat digunakan untuk pertama kalinya oleh sejumlah besar target tertentu.

Dengan arti lain, meskipun dikatakan bahwa membutuhkan waktu untuk melakukan monetisasi, jenis aplikasi ini yang memiliki kelas target, cenderung akan mengalami peningkatan yang luar biasa dibandingkan dengan jenis aplikasi sebelumnya, jumlah aplikasi serupa yang berkembang pesat pun juga meningkat.

Pengembangan aplikasi EC (e-commerce).

Aplikasi yang memiliki popularitas tinggi belakangan ini adalah aplikasi EC (e-commerce) seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Presentase perkembangan aplikasi ini juga tinggi dan pengadaan dana di dalam aplikasi juga berjalan dengan lancar.

Selain itu, meskipun fakta bahwa Amazon adalah layanan yang sangat kuat dalam dunia EC tidak berubah, kesan bahwa layanan yang telah menyiapkan mekanisme untuk lebih menarik kelas target tertentu dengan produk yang memiliki cerita khas juga semakin meningkat.

Jika Anda menyediakan produk yang hanya dapat dibeli di tempat Anda dan mempresentasikan produk tersebut dengan artikel yang istimewa, Anda dapat menonjolkan keberadaan dari produk tersebut.

Pengembangan aplikasi Android pada industri lainnya.

Di industri lain pun perkembangan web/IT mengalami kemajuan pesat dan dapat dikatakan bahwa permintaan untuk programmer dan engineer hampir ada di semua industri.

Meskipun masih ada beberapa industri yang tidak memiliki jumlah lowongan pekerjaan yang banyak, saat ini merupakan masa-masa pengembangan IT akan berlangsung dengan pesat.

FinTech (sistem keuangan), AdTech (sistem periklanan), EdTech (sistem pendidikan), RealestateTech (sistem real estate), dan lain-lain dapat disebut sebagai contoh startup yang mengalami perkembangan cepat dalam dunia IT di berbagai industri saat ini.

Bahkan jika industri lain tertinggal dari IT, industri tersebut akan memiliki banyak ruang untuk pengembangan IT dan kemungkinan dapat menarik banyak perhatian.

Perkembangan internet di masa yang akan datang juga akan meningkat secara pesat dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Meskipun pengembangan aplikasi Android yang bervariasi untuk masing-masing industri, akan tetapi akan sangat mudah untuk membayangkan seperti apa bentuk aplikasi yang diinginkan berdasarkan project yang sebenarnya.

Selain itu, jika Anda mencari project, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membedakan project yang dapat menghasilkan keuntungan untuk Anda!

Tahukah Anda bagaimana cara membedakan project pengembangan aplikasi yang dapat menghasilkan keuntungan?

Sebelumnya telah dijelaskan tentang cara memperoleh keuntungan dan berapa banyak yang bisa didapatkan dari pengembangan aplikasi Android, tetapi selain pada project di bidang game, project pengembangan aplikasi yang dapat menghasilkan keuntungan dalam jumlah besar cenderung masih terbatas.

Tentu saja masih ada kemungkinan yang tinggi bahwa aplikasi akan terus tumbuh di masa mendatang, dan sepertinya jumlah project pengembangan aplikasi yang menguntungkan di bidang non-game juga akan meningkat, tetapi kenyataannya adalah jumlah pengembangan ini masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pengembangan website.

Siapa pun akan berpikir untuk mencari project pengembangan aplikasi yang dapat menghasilkan uang lebih banyak di antara pengembangan-pengembangan aplikasi tersebut.

Tetapi, sulit untuk menilai project dan perusahaan manajemen aplikasi yang memiliki sisi baik dan buruk di pasar aplikasi yang masih merupakan pasar baru.

Meskipun mungkin ada metode untuk memeriksa jumlah pemasangan di App Store dengan mudah, tetapi ada juga bagian yang tidak dapat dikatakan bahwa jumlah instalasi yang banyak = menguntungkan.

Dalam aplikasi non-game, hal yang paling dapat dilakukan adalah memanfaatkan pendapatan iklan melalui jaringan iklan. Tetapi hal ini tidak bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang sangat banyak.

Hal yang perlu dilakukan untuk membuat aplikasi Android penghasil uang.

Dengan kata lain, keuntungan tidak bisa didapatkan hanya dengan aplikasi saja, tetapi dengan kerja-sama antara aplikasi Android dan industri atau bisnis secara nyata. Dengan begitu, industri atau perusahaan yang mendapat keuntungan dari aplikasi yang dimanfaatkan oleh industri atau perusahaan memperoleh keuntungan dari sisi bisnis yang dilakukan secara nyata.

Oleh karena itu, Anda perlu menilai dengan benar manajemen dan pengembangan bisnis aplikasi seperti itu untuk mencari dan mendapatkan kontrak project.

Meskipun demikian, ada batasan untuk seorang individu yang ingin mendapatkan informasi khusus dari sebuah perusahaan.

Aplikasi Android penghasil uang seperti apa yang dapat dikembangkan di perusahaan kami?

Kami memiliki kebanggan dapat menilai kemungkinan project pengembangan aplikasi Anda berdasarkan prestasi dan pengetahuan yang kami miliki.

Bagi Anda yang ingin memperoleh keuntungan dengan tepat dalam project pengembangan aplikasi, silahkan datang ke PT APPKEY untuk mencoba berkonsultasi satu kali secara gratis.

[application-about]

Hosting Indonesia Terbaik | Ulasan Hosting Terbaik

0
Hosting Indonesia terbaik | Ulasan hosting terbaik

Untuk mempublikasikan sebuah homepage di Internet, kita perlu untuk menyiapkan server Web, jalur koneksi ke Internet, dan pengaturan keamanan.

“Hosting” adalah layanan yang menyediakan semua hal tersebut dengan harga yang terjangkau. Namun, di Indonesia ada begitu banyak layanan dan perusahaan hosting, yang membuat kita sulit untuk memilih yang terbaik.

Karena itu, kali ini, kami mencoba mengulas beberapa perusahaan hosting di Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk peringkat.

Kami juga akan memberikan tips untuk memilih hosting yang baik, jadi silakan temukan sendiri server sewaan yang cocok untuk Anda.

 

※ Referensi data ulasan (https://id.hostadvice.com/marketshare/id/)

5 Peringkat terbaik rasio pangsa pasar

Masterweb

Masterweb

https://masterweb.com/konten/

Rasio Pangsa Pasar: 15,28%

Rumahweb

Rumahweb

https://www.rumahweb.com/

Rasio Pangsa Pasar: 11,55%

Idwebhost

Idwebhost

https://idwebhost.com/

Rasio Pangsa Pasar: 8,52%

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Rasio Pangsa Pasar: 6,39%

Niagahoster

Niagahoster

https://www.niagahoster.co.id/

Rasio Pangsa Pasar: 6, 39%

Reliabilitas peringkat terbaik 5

※ Hasil dari peringkat 5 di sini disesuaikan dengan keandalan yang berada di peringkat 5 terbaik.

Qwords

Qwords

https://www.qwords.com/

Peringkat pengguna: 10.0

Dewaweb

Dewaweb

https://www.dewaweb.com/

Peringkat pengguna: 10.0

Ardeta Media

Ardeta Media

https://ardetamedia.com/

Peringkat pengguna: 10.0

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna: 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna: 10.0

Peringkat Harga Terbaik 5

IndoWebsite

IndoWebsite

https://www.indowebsite.id/

Peringkat pengguna: 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna: 10.0

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna: 9.6

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna: 9.5

Ardhosting

Ardhosting

https://www.ardhosting.com/

Peringkat pengguna 9.3

Peringkat Kemudahan Penggunaan

Dewaweb

Dewaweb

https://www.dewaweb.com/

Peringkat pengguna: 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna: 10.0

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna 9.6

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna 9.6

Jetorbit

Jetorbit

https://www.jetorbit.com/

Peringkat pengguna 9.2

Peringkat dukungan

Qwords

Qwords

https://www.qwords.com/

Peringkat pengguna 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna 10.0

Dewaweb

Dewaweb

https://www.dewaweb.com/

Peringkat pengguna 10.0

Ardeta Media

Ardeta Media

https://ardetamedia.com/

Peringkat pengguna 10.0

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna 9.9

Peringkat fitur

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna 10.0

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna 10.0

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna 9.7

Idwebhost

Idwebhost

https://idwebhost.com/

Peringkat pengguna 9.6

Qwords

Qwords

https://www.qwords.com/

Peringkat pengguna 9.0

Peringkat Keseluruhan

JagoanHosting

JagoanHosting

https://www.jagoanhosting.com/

Peringkat pengguna 10.0

ClouDNS

ClouDNS

https://www.cloudns.net/

Peringkat pengguna 9.76

Exabytes Indonesia

Exabytes Indonesia

https://www.exabytes.co.id/

Peringkat pengguna 9.68

Idwebhost

Idwebhost

https://idwebhost.com/

Peringkat pengguna 9.12

Qwords

Qwords

https://www.qwords.com/

Peringkat pengguna 9.2

 

Terakhir saya akan memperkenalkan layanan hosting yang memiliki keandalan fungsi super tinggi.

Untuk server luar negeri (misal Jepang) dengan spec tinggi, kami menyarankan menggunakan ini.

Menawarkan layanan penyewaan server dengan CPU 20 core terbaru berkinerja tinggi dengan RAM 192 GB.

[website-about]

Konten Marketing Adalah? | Pengetahuan Dasar & Praktiknya

0
Konten marketing adalah? – Pengetahuan dasar dan praktiknya

Konten marketing adalah

Konten marketing adalah praktek pemasaran yang bertujuan untuk memperoleh pendapatan tinggi dengan menarik pengguna dan mempertahankan  menggunakan konten.

Dengan terus menyediakan konten yang berguna bagi pengguna, maka akan menciptakan keterlibatan antara perusahaan dengan pengguna.

Istilah pemasaran ini mungkin terdengar baru di telinga kita, namun sebenarnya metode konten marketing ini sudah ada selama lebih dari 10 tahun yang konsepnya pertama kali lahir dan diterapkan di Amerika.

Dalam penerapannya, untuk menjadikan para pengguna menggemari dan terus mengunjungi situs kita, kita harus terus menyediakan konten dimana user ingin melihatnya kemudian merasa beruntung karena telah melihat konten-konten tersebut.

Konten yang berharga dan menarik bagi pengguna akan menciptakan keyakinan mereka terhadap situs kita. Terus menerus menyediakan konten seperti itu menjadi poin penting dalam pelaksanaan konten marketing ini.

Mengapa konten marketing banyak digunakan?

Mengapa tehnik pemasaran yang sudah ada lebih dari 100 tahun ini baru menjadi topik pembicaraan belakangan ini?

Hal itu akan kita bahas dalam 5 hal berikut ini

 

Pengguna sudah lelah melakukan pemasaran dengan iklan.
Review Google menjadi fokus pada konten yang berkualitas.
Konten menjadi aset
Konten marketing bisa dimulai dengan anggaran yang murah
Cloud sourcing telah menjadi hal umum

 

Mari kita simak penjelasan dari masing-masing poin tersebut di bawah ini.

Pengguna sudah lelah melakukan pemasaran dengan iklan

 Di era ledakan informasi seperti sekarang ini, pengguna sudah mulai lelah dengan  iklan tipe push yang dikirimkan dari pengiklan kepada pengguna, dan sebagian besar dari pengguna pasti melewatkan iklan tersebut.

Hal ini karena informasi yang dikirimkan sebagian besar mengajak pengguna untuk membeli produk barang atau jasa dari pengiklan.

Hal ini mulai mengubah perilaku pengguna sehingga mereka mulai mencari informasi yang menarik kemudian mengaransemen ulang informasi tersebut untuk disajikan kembali dalam bentuk konten di dalam situs untuk membantu pengguna lain yang membutuhkan.

Dengan demikian orang-orang yang menyukai konten tersebut akan terus berada di dalam situs. Dengan kata lain, iklan yang biasanya dikirimkan dalam bentuk push notifikasi, diubah menjadi konten yang menarik bagi pengguna.

Dalam proses ini, kepuasan konsumen akan meningkat jika kita mampu menyediakan konten yang dapat menjawab pertanyaan mereka.

Sebagai tindak lanjutnya, perusahaan harus terus memproduksi konten untuk dapat menjalin kontak dengan pengguna.

Review Google mulai fokus pada konten yang berkualitas.

Google memiliki konsep untuk “menampilkan konten berkualitas pada peringkat yang lebih tinggi untuk meningkatkan kepuasan pengguna”.

Karena itu, jika kita mampu membuat dan mendistribusikan konten berkualitas dan disukai pengguna, situs perusahaan kita akan terus berada pada peringkat yang tinggi.

Sampai pada beberapa waktu lalu, penerapan SEO untuk mendapatkan link eksternal masih dilakukan untuk memperoleh peringkat yang tinggi di mesin pencari.

Namun, dengan algoritma Google, tindakan ilegal semacam itu telah dihentikan satu persatu, yang akhirnya menghasilkan tren untuk membuat konten dan membuat situs mengumpulkan traffic dengan sendirinya.

Konten menjadi aset

Selama ini, kita selalu menganggap bahwa biaya yang kita perlukan untuk marketing adalah sebuah pengeluaran.

Misalnya, membuat landing page dan menyebarkan iklan baris.

Ketika waktu penayangan iklan habis, di sanalah promosi kita berakahir.

Namun, jika kita menyebarkan konten (informasi), semakin banyak yang kita buat dan sebarkan, konten tersebut akan terakumulasi di dalam situs dan lama kelamaan akan menjadi asset untuk situs tersebut.

Artikel yang berkualitas baik  akan disukai oleh pengguna dan akan bisa ditampilkan di  peringkat atas halaman hasil pencarian, sehingga akan menjadi mesin konten yang akan terus menarik pelanggan.

Konten marketing bisa dimulai dengan anggaran yang murah

Tidak seperti iklan, membuat dan mengirimkan konten tidaklah mahal.

Jika bisa menulis pengetahuan yang kita miliki dengan cara yang mudah dipahami untuk memenuhi kebutuhan pengguna, kita bisa melakukannya dengan biaya yang sama dengan gaji 1 orang pegawai.

Hanya saja, cara ini tidak bisa menghasilkan dengan segera layaknya iklan.

Selain itu, kita juga tidak bisa menjamin hasilnya akan memuaskan.

Inilah yang harus kita pahami sebagai resiko/kekurangannya.

Cloud sourcing telah menjadi hal umum

Banyak perusahaan yang masih ragu-ragu dalam menjalankan tehnik pemasaran ini karena waktu, biaya, dan tenaga kerja yang diperlukan untuk pembuatan konten.

Namun dengan meluasnya cloud sourcing dari waktu ke waktu, bisa dibilang biaya dan tenaga yang dibutuhkan untuk pembuatan konten dapat dikurangi, sehingga tren pembuatan konten dan konten marketing menjadi mudah untuk diterapkan.

Akan tetapi, konten yang tidak memakan waktu dan biaya dalam pembuatannya, biasanya cenderung memiliki kualitas yang lebih rendah.

Kita harus memikirkan bagaimana perasaan pengguna yang melihat konten yang berkualitas rendah.

Untuk menjangkau pengguna, konten tidak hanya memerlukan kuantitas namun juga kualitas dan mampu menjawab kebutuhan pengguna.

Konten yang baik mudah menyebar

Kegiatan membagikan konten (melalui SNS) kini sudah menjadi hal yang wajar.

Jika kita dapat membuat konten yang bagus, kita bisa mendapatkan keterlibatan yang luar biasa dari pengguna.

Konten marketing dan ukuran pasarnya

Ukuran pasar konten marketing Amerika

Untuk sebuah negara yang 10 tahun lebih maju dari Indonesia, bagaimana sebenarnya ukuran pasar konten marketing Amerika?

Menurut survei yang dilakukan oleh Custom Content Council pada tahun 2012, ukuran pasar di AS akan mencapai 43,9 miliar dolar.

At Nearly $44 Billion, New Survey Shows Rise in Content Marketing Budgets

Selain itu, menurut survei yang dilakukan oleh Content Marketing Institute, 77% perusahaan BtoC di negara itu menggunakan tehnik konten marketing. Sementara perusahaan BtoB sebesar 86%.

Mempertimbangkan bahwa sebagian besar perusahaan di negara maju seperti Amerika menggunakan tehnik konten marketing dalam menjalankan bisnisnya, dapat diperkirakan bahwa pasar Indonesia akan tumbuh lebih maju lagi dari sekarang jika kita mampu menerapkan tehnik konten marketing tersebut.

marketing

Diagram yang merangkum metode konten marketing

Diagram yang merangkum metode konten marketing

Sumber:B2B Content Marketing – 10 Fantastic Examples

Meskipun ini adalah metode yang digunakan dalam konten marketing, ada diagram yang sangat mudah dipahami dalam artikel asing.

Berikut adalah cara membaca diagram tersebut:

 

■ Awareness adalah bagian kesadaran pertama dari perilaku konsumsi
■ Purchase adalah bagian dari pembelian terakhir perilaku konsumsi
■ Emotional adalah tingkat perasaan
■ Rational adalah rasional
■ ENTERTAIN adalah konten yang menarik emosi/minghibur
■ INSPIRE adalah konten yang mendorong dari belakang/menginspirasi
■ EDUCATE adalah konten pengetahuan/konten yang mendidik
■ CONVINCE adalah konten yang meyakinkan

 

Silahkan dijadikan sebagai referensi.

 

Konten yang menarik emosi

① Konten viral

Viral berarti virulen, konten yang mudah menyebar secara eksplosif disebut konten yang viral.

Karena itu, penting untuk membuat konten yang mudah  menyebar. Jadi konten seperti apa yang harus kita buat agar mudah viral?

② Kuis

Konten format kuis mudah untuk dibuat empati.

Dengan menjadikan hal yang masih dipertanyakan oleh pengguna sebagai kuis, kita dapat menciptakan empati dari pengguna untuk menarik keterlibatan mereka dalam situs kita.

③ Video

Walaupun pembuatan video membutuhkan waktu dan biaya produksi, cara ini mudah untuk menghasilkan konten yang menarik emosi audiens, karena jumlah informasi yang dapat disebarkan dan rentang ekspresi yang tersampaikan jauh lebih luas dibandingkan informasi dalam bentuk teks.

Konten rasional

④ Konten yang memanfaatkan selebriti

Memanfaatkan otoritas selebritas dan orang terkenal akan meningkatkan kekuatan persuasif dari konten itu sendiri.

Konten yang masuk jenis ini misalnya, konten yang didukung atau diawasi oleh selebritas atau orang terkenal.

⑤ Komunitas / Forum

Proses bertukar pendapat dan pertanyaan tentang produk pada situs komunitas atau forum secara aktif, akan menjadi konten yang bermanfaat bagi pengguna lain yang melihatnya pertanyaan dan jawaban di dalam forum tersebut.

⑥ Review/ulasan

Ulasan dari pengguna biasanya dipenuhi dengan daya tarik produk yang tidak semuanya dapat disampaikan oleh pihak manajemen.

Selain itu, bukan hanya pendapat yang baik yang akan diperoleh, sebagai pemilik produk, kita bahkan bisa menghasilkan produk yang lebih baik di masa depan dengan menangani poin-poin ulasan yang kita dapat, dengan kata lain mengubah gagasan yang didapat meningkatkan produk.

Konten pengetahuan

⑦ Artikel

Konten artikel menggunakan blog dll. Paling mudah untuk dimulai karena tidak begitu sulit untuk membuat atau melakukan pendaftarannya.

▼ Jenis konten emosional

Dalam hal ini kita bisa benar-benar menarik pengguna dengan konten yang mengguncang emosi.

Misalnya, konten yang mengesankan dan konten cerita lucu, konten yang berkesan WAH! Konten semacam ini akan banyak diminati oleh pengguna.

Kita anggap konten ini tidak akan ada artinya jika tidak dikunjungi oleh pengguna, maka itu kita harus menyiapkan konten yang disukai dan menarik bagi pengguna.

▼  Jenis konten yang berguna

Dengan memberikan informasi yang diperlukan oleh pengguna target melalui artikel, memungkinkan kita untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna target yang pada akhirnya bertujuan untuk menarik pengguna tersebut.

▼ Konten SEO

Intinya, kita perlu merilis banyak artikel, dan memoles kualitas konten yang memiliki peringkat tinggi.

Meskipun dengan munculnya crowdsourcing, meskipun terkenal kualitas konten cenderung rendah, biasanya akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pengguna.

⑧ Info Grafik

Infografis adalah menyediakan banyak informasi melalui sebuah dengan desain, sehingga mudah dilihat dan difahami.

Ini merupakan konten yang dapat menarik banyak perhatian tergantung pada bagaimana cara kita menampilkannya.

⑨ EBOOK / Whitepaper

Whitepaper, kini telah memudahkan kita  untuk mengunduh data survei dan data lainnya.

Konten ini ditujukan bagi orang-orang yang tertarik tetapi masih dalam pertimbangan dalam membeli suatu produk, contohnya seperti data survei dan contoh produk.

Konten yang meyakinkan

⑩ Konten demo

Bagi pengguna yang ingin mencoba produk, konten demo/sample adalah konten paling umum harus disediakan.

⑪ Webinar

Webinar adalah seminar yang diadakan di dalam situs web. Karena seminar ini bisa dilakukan secara online dan real time, seminar ini bisa diikuti oleh siapa saja, bahkan kalua lokasinya berada di daerah terpencil. Ini adalah metode konten marketing yang telah banyak menarik perhatian pengguna saat ini.

⑫ Contoh

Penyediaan contoh atau sample akan membantu pengguna yang ingin membeli produk untuk mengetahui informasi seperti bagaimana manfaat penggunaan produk, dan informasi lainnya.

⑬ Ulasan

Ulasan dari orang-orang yang sudah terlebih dahulu membeli produk, biasanya jauh lebih meyakinkan daripada penjelasan yang diberikan oleh pihak manajemen.

Jika kita bisa memberikan produk yang baik, maka kita akan mendapatkan ulasan yang baik. Hal ini akan melahirkan sirkulasi yang baik dimana kita bisa menjual produk lebih banyak lagi.

Kalaupun kita mendapatkan ulasan yang buruk, kita bisa menerimanya sebagai ulasan yang membangun, untuk meningkatkan kualitas produk di masa depan.

Contoh konten marketing

Karena konten marketing secara harfiah merupakan metode pemasaran khusus untuk konten, bentuknya dapat beragam.

Hal ini tergantung pada jenis komunikasi yang akan kita lakukan, kita bisa menggunakan konten seperti Media Sendiri (owned media), Audio, Film dll, dan masing-masing jenis konten itu berbeda tergantung pada metode penyebarannya.

Tipe metode yang dapat kita gunakan adalah seperti di bawah ini.

Konten Video

Konten yang populer dalam penerapan konten marketing di Amerika adalah konten video.

Mengapai demikian? Karena di dalam sebuah video kita dapat memasukkan informasi dan memperoleh manfaat yang lebih banyak daripada konten teks, selain itu konten jenis ini juga dapat dibagikan langsung dan memiliki efisiensi yang tinggi.

Owned media

Apa itu owned media? Untuk lebih mudah memahami, Anda bisa melihat blog MARKEY ini. Ini adalah salah satu jenis “owned media” dalam tehnik pemasaran “konten marketing”.

Ini adalah blog yang dikelola oleh PT APPKEY sebagai alat promosi dan memperluas pengetahuan, bisnis, dan layanannya di bidang “pengembangan aplikasi mobile, system web, hingga marketing”.

Kesimpulan

Di Indonesia, konten SEO berbasis artikel seperti = sudah menjadi seperti konten marketing, namun  di luar negeri orang-orang sudah menggunakan tehnik konten marketing dengan kerangka kerja yang lebih besar.

Konten yang kita sajikan dalam penerapan tehnik ini tidak harus berupa artikel.

Dalam metode pemasaran jenis ini, penting bagi kita untuk memikirkan perubahan apa yang kita harapkan dari perilaku pengguna layanan/produk yang kita jual.

Dan setiap metode memiliki efek yang berbeda. Oleh karena itu, kita harus menyediakan konten yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna target.