Last Updated on March 30, 2019 by
Kini penggunaan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) telah menyebar di berbagai industri. Bagaimana bidang industri akan berubah dengan adanya teknologi AI ini? Kemudian, bidang pekerjaan apa sih yang cocok memanfaatkan teknologi ini?
Di sini kita akan membahas penyebaran penggunaan Artificial Intelligence di bidang industri.
Ada banyak contoh pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) di bidang industri.
Karena kemajuan teknologi AI yang begitu pesat, tidak jarang kita menggunakan produk dan layanan tanpa sadar bahwa teknologi yang kita gunakan tersebut adalah AI.
Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh kasus penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) di berbagai industry yang popular.
Daftar Isi
Teknologi Artificial Intelligence di bidang medis untuk meningkatkan efek pengobatan
Banyak kasus penggunaan Artificial Intelligence lahir di bidang medis.
Sebagai contoh, sistem pesan yang menggunakan teknologi AI juga telah menjadi hal yang sangat umum hingga kurang kita sadari keberadaannya.
Salah satu contoh penggunaannya di bidang medis antara lain seperti untuk pengecekan reservasi konsultasi pasien dan catatan konsultasi untuk kemudahan penggunaan oleh pasien.
Contoh lainnya, ada Flagler Hospitas yang merupakan institusi medis yang menggunakan perangkat lunak pembelajaran mesin untuk mengobati pneumonia dan penyakit lainnya.
Rumah Sakit Flagler menggunakan informasi yang berasal dari perangkat lunak pembelajaran mesin dan membuat peta untuk rawat jalan. Sebagai hasilnya, mereka dapat mengurangi tingkat rawat inap pasien pneumonia dari 2,9% menjadi 0,4%.
Contoh pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence di situs medis tersebut hanya sebagian kecil dari keseluruhan penggunaannya.
Penerapan teknologi Artificial Intelligence di bidang medis dapat berevolusi ke semua hal yang digunakan di bidang medis, seperti alat manajemen rekam medis dan lain-lain.
Teknologi artificial intelligence dalam jurnalisme
Pemanfaatan teknologi AI dalam jurnalisme telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir.
Sebagai media yang terkenal, Washington Post memanfaatkan reporter robot. Perusahaan ini memulai debut reporter robot “Heliograf”nya di Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro pada tahun 2016.
Kabarnya Pada saat itu, Heliograf secara otonom telah mengirimkan lebih dari 800 artikel berita.
Seiring dengan kemajuan penelitiannya, pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence dalam jurnalismepun belakangan ini semakin berkembang.
Selain itu, teknologi pengenalan gambar juga telah mencapai titik di mana ia dapat mendeteksi gambar yang diproses dan menentukan keakuratan objek, orang, dan tempat.
Perbaikan mobil menggunakan AR (Augmented Reality)
Bentuk lain dari tekonologi kecerdasan buatan adalah Augmented reality. Di bengkel Volkswagen di Inggris, AR (augmented reality) digunakan dalam pekerjaan perbaikan mobil.
Permasalahan rumit yang dihadapi oleh teknisi yang terlibat dalam pembuatan mobil Wagon dapat diatasi berkat adanya AI. Teknologi artificial intelligence di sini didukung oleh perangkat headset AR yang berfungsi sebagai mata dan telinga.
Dengan ini, seorang teknisi kepala yang sedang berada di lokasi terpencil dapat memberikan bantuan kepada para teknisi di bengkel melalui pesan suara melalui headset AR untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
Headset AR yang dikendalikan menggunakan suara ini dilengkapi dengan kamera, mike dan speaker berkualitas tinggi.
Dengan demikian, tanpa harus berdekatan para teknisi ini dapat merasa bahwa chief engineer mereka ada di dekat mereka untuk memberikan rasa aman.
Selain itu, jika dilihat dari segi biaya, adanya teknologi AI dan AR ini bisa menghemat waktu dan biaya kerena teknisi di lokasi kerja dapat berkomunikasi langsung dengan kepala teknisi, tanpa harus menempuh perjalanan jauh.
Showroom mobil virtual
Di luar negeri, AR ternyata juga digunakan di showroom dealer mobil.
Menggunakan kamera, sensor, dan terminal kios, gambar mobil dapat ditampilkan secara nyata dari semua sudut. Pengunjung berencana membeli dapat membuat simulasi mobil virtual dengan menentukan berbagai warna dan fungsi sesuai keinginan sebelum memutuskan untuk membeli.
Berikut adalah video yang memperkenalkan showroom virtual Volvo yang menggunakan Mount display hololens AR yang dikembangkan oleh Microsoft.
Showroom virtual memungkinkan untuk membuat dealer mobil di ruangan yang kecil namun tetap dapat menjelaskan kepada pelanggan fungsi dan bagian dalam mobil.
https://www.youtube.com/watch?v=DilzwF90vec&feature=youtu.be
Contoh penerapan AI pada industri jasa seperti perjalanan
Pembicara pintar Amazon.com “Amazon Echo” memiliki model “Alexa for Hospitality” yang disesuaikan untuk hotel.
Di sini ditawarkan asisten suara untuk semua jenis fasilitas akomodasi seperti jaringan hotel dan penyewaan liburan.
Sistem ini dapat disesuaikan untuk memasukkan informasi utama fasilitas akomodasi seperti waktu check-out atau waktu pembukaan kolam renang.
Para tamu dapat meminta layanan pembersihan kamar dan layanan kamar lainnya.
Tentu saja tamu hotel dapat mengatur pengoperasian fitur kamar hotel “pintar” seperti penyesuaian suhu AC dan tirai terbuka, atau misalnya, atas sebagai perwakilan layanan pelanggan, bot obrolan dapat disetting untuk dapat menjawab pertanyaan pelanggan.
Selain itu, pemanfaat teknologi AI juga dapat dilihat pada tahap awal perencanaan perjalanan pelanggan. Sebagai contoh, teknologi AI digunakan untuk proses pemesanan tiket dan rencana akomodasi sesuai dengan kondisi di situs web.
Mendukung proses perekrutan karyawan
Proses wawancara kerja dan perekrutan karyawan merupakan hal yang menyulitkan bukan hanya bagi pencari kerja namun juga bagi perusahaan.
Dalam urusan kepegawaian, teknologi AI membantu Divisi HRD untuk menemukan kandidat potensial dan merealisasikan kegiatan perekrutan yang wajar.
Misalnya, menggunakan teknologi AI, perusahaan dapat lebih efisien mengumpulkan informasi tentang orang-orang berbakat yang berkaitan dengan kategori pekerjaan tertentu. Dan kita dapat mempersempit kandidat dan mencari tahu siapa yang paling cocok untuk kebutuhan tersebut. Keuntungan lain menggunakan teknologi AI pada HRD adalah bisa menghilangkan pandangan subjective dari pewawancara.
Ketika seorang pewawancara mewawancarai seorang pencari kerja, kadang secara tidak sadar ia merasa tidak nyaman dengan lawan bicara, misalnya karena mengingatkan terhadap kenangan kenangan buruk di masa lalu, atau perasaan lainnya. Jika Anda adalah robot yang berspesialisasi dalam sumber daya manusia, Anda tidak akan memiliki alasan pribadi seperti memiliki hobi yang sama dengan lawan Anda, atau dari universitas yang sama untuk penilaian lulus / gagalnya proses wawancara tersebut.
Peningkatan kepuasan dengan layanan pelanggan
Teknologi AI yang digunakan dalam layanan pelanggan telah muncul dalam berbagai bentuk seperti asisten virtual dan chat bot.
Perusahaan telah memperkenalkan teknologi AI seperti analisis wicara, analisis emosi, analisis karakter, dan pemrosesan bahasa alami ke dalam layanan pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.
Dengan memasukkan analisis suara ke call center, PIC dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan dan menilai bagaimana pelanggan menerimanya. Ini juga membantu untuk mendapatkan keluhan pelanggan tentang produk tertentu.
Google baru-baru ini memasuki pasar layanan pelanggan menggunakan teknologi AI. Hal ini diterapkan pada “Contact Center AI” Google Cloud yang memiliki fungsi agen virtual dan analisis panggilan. Kemudian Cisco Systems dan Genesys juga telah memperkenalkan Contact Center AI serupa. Agen virtual memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan umum dari pelanggan.
Sistem pendukung agen memindai basis pengetahuan dan memiliki fungsi pendukung bagi staf manusia untuk dengan cepat menemukan konten jawaban kepada pelanggan.
Contoh industri perbankan mengarah pada investasi yang kuat
Bahkan dalam industri perbankan kasus penggunaan teknologi AI semakin meningkat. Orang yang melakukan transaksi keuangan sederhana di internet dapat dilayani menggunakan chat bot. Dalam industry perbankan, chat bot ini juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan informasi tentang produk dan layanan baru kepada pelanggan.
Pemanfaatan teknologi artificial intelligence di bank telah menyebar bahkan sampai ke luar lingkup layanan pelanggan.
Misalnya, DBS Bank di Singapura menggunakan teknologi AI untuk menyaring pencari kerja yang bertanggung jawab atas manajemen aset.
Ada juga bank yang menggunakan teknologi AI untuk menilai kedisiplinan nasabah, yang biasanya digunakan untuk melakukan penilaian dalam memberikan pinjaman, dalam hal ini Bank memanfaatkan teknologi AI untuk mengumpulkan lebih banyak data.
[business-about]
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.