Last Updated on November 10, 2022 by
Eksposur (atau exposure; pemaparan) adalah efek popularitas yang diterima seseorang/sesuatu berkat bantuan influencer. Promosi dengan exposure kini tengah menjadi tren karena terbukti dua kali lipat lebih efektif dalam memperkenalkan produk. Bagaimana cara kerjanya?
Anda mungkin sudah cukup akrab dengan strategi endorse ala influencer di sosial media. Nah, salah satu efek samping dari taktik marketing tersebut dikenal dengan istilah ‘exposure’. Dengan exposure, bisnis bisa lebih mudah dan luas dikenal banyak orang.
Namun memperkenalkan usaha lewat paparan exposure tentu tidak bisa sembarangan. Ada kiat-kiat khusus supaya hasil pemasaran via influencer jadi lebih maksimal. Apa sajakah? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, yuk!
Daftar Isi
Apa Itu Eksposur? Pengertian Exposure
Eksposur adalah nilai ketenaran yang diterima suatu pihak usai dipromosikan oleh orang berpengaruh, seperti influencer dan artis. Pihak yang menerima exposure bisa beraneka ragam jenisnya, mulai dari produk, identitas brand, jasa ataupun individu (perorangan).
Biasanya kekuatan exposure ikut ditentukan oleh besar-kecilnya pengaruh sang promotor. Bisnis yang diendorse oleh selebriti kancah nasional tentu akan lebih cepat populer dibandingkan influencer kabupaten, misalnya.
Jenis-Jenis Eksposur
Exposure endorsement merupakan jenis exposure yang paling dikenal masyarakat. Namun lebih jauh lagi ada 3 tipe pemaparan yang hadir di masyarakat, yakni:
Marketing Exposure
Pemaparan marketing adalah ruang-ruang pemasaran bisnis yang bisa mendatangkan hasil nyata berupa keuntungan perusahaan (uang). Contoh exposure ini adalah media-media iklan seperti sosial media, website ads, reklame, televisi, dan sejenisnya.
Economic Exposure
Sedangkan exposure ekonomi berarti dampak perubahan mata uang asing terhadap nilai serta keberlangsungan perusahaan di sebuah negara. Paparan nilai valuta sangat memengaruhi naik-turunnya laju bisnis.
Business Exposure
Inilah tipe eksposur yang kita kenal selama ini. Bisnis dapat menjalin kerjasama spesial dengan para influencer atau konten kreator untuk mempromosikan sebuah produk/jasa. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan brand awareness sekaligus menarik konsumen baru.
4 Manfaat Eksposur Bagi Pertumbuhan Bisnis Online
Mengapa olshop kita sebaiknya diperkenalkan oleh orang-orang yang berpengaruh? Setidaknya ada 4 manfaat exposure bagi pertumbuhan usaha masa kini, yaitu:
Mempercepat Pertumbuhan Brand Awareness
Pertama, exposure selebriti dapat mempercepat pertumbuhan brand awareness. Nama produk/jasa Anda akan sering disebut dalam konten-konten influencer, sehingga bisa menarik minat pemirsa untuk menggali info lebih lanjut.
Mempermudah Mendapat Pengakuan dari Audiens
Manfaat lainnya adalah mempermudah bisnis meraih pengakuan dari audiens. Bisnis online yang baru dirintis sering tidak dilirik dan diragukan kualitasnya. Namun toko Anda justru dapat lebih mudah dipercaya berkat bantuan ‘rekomendasi’ influencer.
Menjaring Lebih Banyak Konsumen
Paparan endorse yang kuat akan memancing lebih banyak konsumen berdatangan ke lapak Anda. Kekuatan brand awareness yang muncul berkat exposure akan menarik pembeli-pembeli baru yang mau mencoba produk atau jasa Anda.
Menambah Omset Penjualan
Terakhir, exposure endorsement juga dapat menambah omset penjualan Anda secara signifikan. Semakin banyak konsumen yang datang otomatis semakin besar pula pemasukan bisnis Anda.
3 Langkah Cerdas Berpromosi dengan Eksposur Influencer
Inilah bagian yang paling ditunggu-tunggu! Setelah mengetahui apa itu exposure beserta manfaatnya bagi bisnis, kini ada strategi jitu memajukan usaha lewat pengaruh influencer. Seperti apa caranya?
Exposure memang merupakan “jalan pintas” terbaik untuk menambah popularitas brand. Untungnya, strategi ini dapat dilancarkan dengan mudah lewat tiga cara sederhana:
Mulai dengan Riset Customer Persona
Lakukan riset karakteristik target konsumen sebelum memilih influencer dan merancang konten endorse. Langkah ini sebaiknya dilakukan paling awal supaya kampanye marketing berjalan lancar dan memperoleh exposure sesuai ekspektasi.
Hasil riset ini dapat memberitahu Anda banyak hal terkait kebutuhan iklan. Mulai dari permasalahan konsumen, minat produk, ekspektasi terhadap produk, dan ide-ide konten yang sesuai selera mereka.
Riset customer persona pun hendaknya dilakukan pada dua kelompok, yaitu target konsumen dan followers milik influencer. Usahakan bekerja sama dengan selebriti yang mempunyai pengaruh kuat di kalangan target pembeli Anda, ya.
Misalnya Anda menjual produk kecantikan dengan target pembeli wanita remaja dan dewasa. Otomatis carilah influencer di bidang beauty and skin agar karakteristik followersnya sesuai incaran.
Screening Portofolio Influencer
Langkah kedua adalah melakukan screening atau pengecekan portofolio influencer. Terdapat beberapa hal penting yang wajib dipastikan sebelum menjalin kerja sama seperti:
- Tingkat reputasi.
- Kekuatan pengaruh (exposure).
- Track record
- Riwayat kerja sama brand dengan influencer tersebut.
- Kualitas konten yang dibuat.
- Kesesuaian influencer dengan niche bisnis.
- Kecocokan tarif endorsement dengan jumlah engagement.
Tahapan ini tidak boleh dilompati sekalipun selebriti pilihan Anda sudah mempunyai nama yang besar. Proses screening dapat membantu menyelamatkan Anda dari beragam kerugian tak terduga, seperti penipuan, scam, dan kualitas asli konten yang buruk.
Maksimalkan Kualitas Konten
Jangan lupa untuk memaksimalkan kualitas konten promosi Anda. Exposure tidak akan berhasil jika isi konten masih buruk, seperti tidak jelas maksud pesannya atau tampilan foto/video beresolusi rendah. Akibatnya, penonton akan men-skip iklan Anda.
Jadi buatlah konten yang menarik dan bagus dengan influencer yang Anda ajak kerjasama. Anda boleh melakukan review dan revisi postingan sebelum diunggah untuk memastikan isinya sudah pas sesuai rencana pemasaran.
4 Contoh Promosi Unik untuk Mendapat Eksposur Gratis
Mendapatkan exposure tidak melulu harus dengan bantuan influencer, apalagi jika perusahaan Anda masih baru dan belum punya cukup modal. Sebagai gantinya, berikut ada 4 contoh promosi unik gratis untuk mendulang lebih banyak viewers di sosial media:
Join Komunitas Sesuai Niche Bisnis
Lakukanlah promosi halus di komunitas-komunitas online sesuai niche bisnis Anda. Grup-grup sosmed adalah ladang exposure gratis karena diikuti oleh ribuan member dari berbagai asal daerah.
Semisal bisnis Anda bergerak di bidang teknologi. Jadi, bergabunglah ke komunitas-komunitas IT agar konten menyasar target pembaca yang sesuai. Ingatlah juga untuk mengikuti pedoman grup supaya Anda tidak dianggap spamming konten lalu berakhir dikeluarkan.
Merilis Press Release
Banyak brand mendapat exposure cuma-cuma dengan cara merilis kabar pers (press release) saja. Press release adalah rangkuman singkat dalam satu halaman terkait event penting dari bisnis Anda. Contohnya seperti momen launching produk baru, kolaborasi atau ekspansi.
Press release yang baik dapat menarik perhatian awak berita dengan mudah. Para wartawan akan mempublikasikan tulisan Anda ke platform mereka dan exposure dapat diraih.
Mengadakan Giveaway yang Seru
Bagi-bagi hadiah gratis alias ‘giveaway’ juga efektif menambah ketenaran brand, khususnya di kalangan pengguna sosial media. Sudah menjadi rahasia umum bahwa konten giveaway selalu sukses meraih engagement tinggi.
Audiens yang berminat mengikuti giveaway akan terdorong melakukan berbagai interaksi terhadap konten. Misalnya memberi likes, comment dan share postingan ke lebih banyak teman. Dari sinilah exposure dan awareness brand akan terbentuk.
Mengadakan Acara Sosial
Strategi memperoleh promosi gratis yang terakhir adalah dengan mengadakan acara sosial yang bermanfaat. Contohnya seperti bakti sosial, seminar edukasi, atau sekadar aksi gerak jalan santai.
Brand yang sering berinteraksi dengan masyarakat secara langsung umumnya lebih cepat terkenal. Ini karena orang-orang menganggap bisnis Anda punya rasa kepedulian sosial yang tinggi, alhasil citra bisnis juga menjadi lebih positif.
Demikianlah ulasan komplit mengenai eksposur bisnis mulai dari pengertian, manfaat, contoh hingga strategi penggunaannya yang tepat. Inilah kesempatan baik bagi bisnis Anda untuk terus bertumbuh lewat exposure yang intens!
Dapatkan lebih banyak tips dan trik bisnis online mujarab di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan Appstore), lalu langsung baca ratusan artikel kaya wawasannya setiap hari secara gratis. Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.