Last Updated on September 26, 2022 by
Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai apa itu marketing mix? Marketing mix biasanya dikenal juga sebagai strategi yang digunakan dalam proses eksekusi pemasaran yang juga disebut “4P”.
4P merupakan akronim untuk produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion). Pada artikel kali ini, saya ingin memperkenalkan marketing mix, komponen bauran pemasaran, dan poin-poin untuk menggunakan bauran pemasaran.
Daftar Isi
Apa Itu Marketing Mix?
Marketing mix adalah Istilah yang pertama kali oleh Neil Borden yang terinspirasi dari gagasan James Cullington. Gagasannya adalah bahwa seorang eksekutif bisnis berperan sebagai ‘mixer of ingredients’. Borden juga menyusun daftar elemen marketing mix yang terdiri atas 12 aspek.Daftar tersebut kemudian disederhanakan dan dipopulerkan oleh Jerome McCarthy ke dalam empat aspek pokok: Product, Price, Place, dan Promotion, yang kemudian dikenal dengan istilah 4P dengan mengambil inisial elemen penyusun.
Seiring berjalannya waktu marketing mix telah banyak berubah, sama seperti teori-teori dari ilmu pengetahuan lainnya yang semakin berkembang. Apalagi ilmu di bidang ekonomi dan sosial memang bersifat fleksibel, mengikuti perubahan zaman atau tantangan zaman yang terjadi di sekitar Anda. Merupakan sekumpulan variabel–variabel marketing, yang digunakan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan pada suatu perusahaan.
Selain itu, marketing mix merupakan strategi eksekusi dalam pemasaran. Strategi pemasaran dibangun dalam serangkaian aliran. Marketing mix adalah “strategi eksekusi” dalam strategi pemasaran secara keseluruhan.
Alur Strategi Pemasaran
Analisis Lingkungan
Temukan peluang pemasaran Anda dengan menganalisis lingkungan pemasaran Anda dari perspektif pasar, pesaing Anda, dan perusahaan Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui produk apa saja yang sedang diminati/diganrungi pasar, hal-hal apa saja yang dilakukan oleh pesaing dan menganalisis perusahaan Anda.
Strategi Dasar (Analisis STP)
Berdasarkan hasil analisis lingkungan, kami akan menganalisis pasar secara lebih rinci untuk menentukan arah di mana merek/ brand kami harus menuju dan merumuskan strategi dasar.
Pengembangan strategi dasar dilakukan melalui proses berikut:
Segmentasi (Segmentasi Pasar)
Pasar tersegmentasi untuk membagi pelanggan menjadi unit (segmen) yang memiliki kebutuhan yang sama. Hal ini bertujuan agar perusahaan bias lebih terarah dalam mengarahkan dana serta usahanya ke pasar yang lebih menguntungkan.
Penargetan (Penentuan Target Pasar)
Dari berbagai segmen, pilih segmen target untuk pengembangan bisnis Anda.
Positioning
Putuskan bagaimana membedakan produk atau layanan Anda dari produk atau layanan yang bersaing di segmen target. Buatlah produk Anda menjadi berbeda alias ‘unik’ dari competitor/pesaing Anda.
Strategi pemasaran dasar juga disebut “strategi STP”, yang merupakan singkatan dari Segmentation, Targeting and Positioning.
Strategi Pelaksanaan (Marketing Mix)
Berdasarkan strategi dasar yang telah ditetapkan, kami merumuskan strategi eksekusi yang secara khusus menentukan cara mendekati segmen target. Marketing mix adalah strategi pelaksanaan karena dianggap campuran-campuran dari beberapa komponen terbaik.
Implementasi dan Evaluasi Tindakan
Kami akan menerapkan langkah-langkah yang dirumuskan oleh marketing mix dan mengevaluasi hasilnya. Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda harapkan, maka Anda perlu menganalisis apa yang salah dan meninjau strategi pemasaran Anda. Ini juga disebut “4P” dengan mengambil inisial elemen penyusun.
Komponen dari marketing mix adalah
- Produk
- Harga
- Distribusi (Tempat)
- Promosi
Secara umum dikatakan empat. Untuk alasan ini, bauran pemasaran kadang-kadang disebut “4P”. Yang secara lengkapnya dapat Anda baca pada link https://marketing.appkey.co.id/blog/marketing-mix-4p/
Komponen Marketing Mix
Mari kita lihat lebih dekat setiap komponen bauran pemasaran.
Produk
Komponen pertama dari bauran pemasaran adalah “produk.” Dengan menciptakan “konsep produk” yang mempertimbangkan nilai seperti apa yang akan diberikan kepada segmen target, dan dengan memperbaiki layanan seperti teknologi, metode produksi, paket, dan dukungan untuk mewujudkannya, sebenarnya Kami akan menyelesaikannya sebagai “produk”. Strategi produk adalah komponen terpenting dari bauran pemasaran.
Harga
Harga merupakan pertimbangan yang dibayarkan oleh pelanggan untuk suatu produk, terkait langsung dengan penjualan. Strategi penetapan harga dirumuskan dari perspektif berikut.
Biaya
Penting untuk memahami titik impas produk dari biaya variabel dan biaya tetap.
Pandangan Nilai Pelanggan
Memahami harga yang menurut pelanggan adalah “harga pasar” untuk produk yang ditawarkan. Untuk bias mengetahui berapa perkiraan pelanggan unutuk suatu produk Anda dapat meminta pelanggan untuk mengisi survei kuesioner.
Membandingkan dengan Saingan
Pikirkan bagaimana Anda akan bertarung melawan saingan di segmen target dalam hal harga.
Dua opsi tersebut adalah membuat harga secara drastis rendah untuk menembus produk ke pasar, dan menetapkan harga yang relatif tinggi untuk memulihkan biaya pengembangan dan biaya investasi modal.
Branding
Tergantung pada strategi merek, harga tinggi memiliki efek membuat Anda merasa “bernilai tinggi”.
Distribusi
Strategi distribusi yang menentukan saluran yang menghubungkan produk dan pelanggan memiliki opsi berikut.
- Secara luas mendistribusikan saluran tanpa batasan.
- Batasi saluran dan distribusikan.
- Berikan hak pemasaran eksklusif ke saluran tertentu.
- Gunakan beberapa saluran tergantung pada situasinya.
Promosi
Ada beberapa opsi berikut untuk strategi promosi yang menciptakan kebutuhan dengan mengkomunikasikan keberadaan, fungsi, dan nilai produk secara efektif kepada pelanggan dan distributor.
- Ciptakan kebutuhan baru dengan PR strategis
- Memenuhi kebutuhan informasi pelanggan melalui media yang dimiliki, dll.
- Tingkatkan kesadaran merek melalui iklan massal
- Ciptakan insentif bagi pelanggan untuk membeli melalui iklan yang canggih
- Penjualan mendorong bagian belakang pembelian yang tidak direncanakan
Poin untuk memanfaatkan bauran pemasaran
Agar dapat memanfaatkan marketing mix adalah dengan merumuskan masing-masing strategi 4P dan pertimbangkan konsistensi di antara 4P. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:
- Apakah ada kontradiksi antara masing-masing 4P?
- Apakah saldo 4P sesuai?
- Apakah 4P mampu menghasilkan efek sinergis?
Manfaat & Kekurangan Marketing Mix
Dengan elemen yang kompleks, tentu saja marketing mix memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis.
Manfaat Marketing Mix
Alokasi Sumber Daya yang Bijaksana
Sumber daya biasanya bersifat terbatas sehingga harus digunakan seefektif mungkin. Dengan adanya marketing mix, pemilik bisnis mampu mengetahui seluruh elemen dalam pemasaran sehingga sumber daya yang digunakan menyesuaikan elemen lainnya.
Sederhana
Melalui konsep ini dapat dilakukan penyederhanaan dan penyatuan berbagai kegiatan pemasaran menjadi satu, agar pemasaran lebih mudah untuk dilakukan dan dikelola.
Alokasi Tanggung Jawab
Marketing mix akan membuat pemilik bisnis belajar untuk membagi tugas pemasaran yang sesuai dan seimbang. Walaupun dalam usaha membutuhkan tim yang solid dan satu, akan tetapi manajer perlu untuk mengalokasikan tanggung jawab kepada tiap orang sesuai dengan jobdesk dan kemampuan yang dimiliki.
Mampu Menganalisa Keuangan
Pemilik bisnis harus mengetahui bagaimana arus biaya dan pendapatan sesuai dengan situasi yang terjadi. Semakin banyak elemen pemasaran yang dijalankan, maka pemilik bisnis akan lebih pintar dalam pengalokasian keuangan. Sehingga dapat membiayai banyak kebutuhan dan tetap menghasilkan keuntungan.
Kekurangan Marketing mix
Dibalik berbagai manfaat yang diperoleh oleh perusahaan, marketing mix pun juga memiliki beberapa kekurangan, yakni:
- Tidak membahas hal yang berhubungan dengan konsumen dan brand experience.
- Menganggap konsumen sebagai pihak pasif yang tidak memungkinkan untuk melakukan interaksi Lebih berorientasi pada internal bisnis sehingga tidak mempertimbangkan perilaku konsumen.
Kesimpulan
Seiring berjalannya waktu Marketing mix telah banyak berubah, sama halnya seperti teori-teori dari ilmu pengetahuan lainnya yang semakin berkembang. Apalagi ilmu di bidang ekonomi dan sosial memang bersifat fleksibel, mengikuti perubahan zaman atau tantangan zaman yang terjadi di sekitar Anda.
Secara singkat marketing mix adalah strategi pelaksanaan dalam pemasaran. Ini juga sering disebut dengan 4P merupakan akronim untuk produk, harga, tempat, dan promosi, yang merupakan komponen-komponennya.
Terdapat beberapa alur strategi pemasaran dasar yang selanjutnya disebut dengan “strategi STP”, yang merupakan singkatan dari Segmentation, Targeting and Positioning.
Terdapat beberapa manfaat dan kekurangan dalam menerapkan konsep ini yakni: Alokasi sumber daya yang bijaksana, sederhana, alokasi tanggung jawab, Mampu menganalisa keuangan dan keuntungannya adalah Tidak membahas brand experience serta Menganggap konsumen sebagai pihak yang pasif.
Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP untuk langsung memperoleh ratusan ilmu digital marketing terbaru. Sampai bertemu lagi di ulasan selanjutnya, ya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.