Proses Pemasaran : Tahapan dan Perilaku Konsumen

Sponsor Link

 

Banyaknya perusahaan yang mulai bermunculan membuat persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Dengan persaingan yang semakin ketat dari hari ke hari sebuah perusahaan harus terus melakukan sebuah inovasi dari segi kualitas produk yang dimiliki, layanan kepada konsumen, pemilihan sarana dan prasarana yang digunakan dan lain-lain. Persaingan yang semakin ketat akan membuat banyak sekali hambatan mungkin muncul. Namun dengan persiapan dan tim pendukung yang memiliki kreatifitas yang tinggi, memungkinkan Anda untuk bisa selalu bertahan dalam segala situasi apapun.

Proses pemasaran atau yang biasa orang sebut dengan marketing adalah sebuah kegiatan yang harus diimbangi dengan tim pendukung yang siap dalam bekerja keras untuk menarik minat masyarakat agar terpengaruh. Masyarakat diajak dan dipengaruhi untuk memakai atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Juga lekat kaitannya dengan sebuah strategi untuk menginformasikan sebuah produk kepada pembeli.

Pembeli yang belum mengetahui secara gamblang mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, kemudian mengerti dan secara tidak langsung akan tertarik. Ketertarikan pada pembeli akan menghasilkan sebuah pertukaran antara perusahaan dan pembeli. Perusahan akan mendapatkan sebuah laba dan pendapatan yang secara tidak langsung akan mendukung perekonomian perusahaan.

Pembeli akan mendapatkan barang atau jasa yang memiliki kualitas yang tinggi. Pertukaran inilah yang menjadi bagian dari terselenggaranya kegiatan marketing pada perusahaan dan pembeli sebagai seorang konsumen. Konsumen memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah kegiatan pemasaran.

Pengertian Pemasaran

Menurut W. Y. Stanson menjelaskan pengertian pemasaran sebagai suatu keseluruhan sistem yang bertujuan untuk melakukan perencanaan dan menentukan harga produk/jasa hingga proses promosi serta pendistribusian produk yang dapat memuaskan pembeli.

Proses pemasaran atau marketing merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh sebuah tim yang sudah dibentuk oleh sebuah perusahaan untuk menginformasikan produk mereka kepada konsumen. Produk tersebut bisa berkaitan dengan barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tertentu.

Pemasaran merupakan suatu kegiatan akhir setelah proses produksi telah usai. Tujuan dari kegiatan pemasaran atau marketing itu sendiri adalah untuk mempengaruhi konsumen agar membeli atau memakai produk yang mereka tawarkan.

Kegiatan pemasaran akan menghasilkan sebuah keuntungan apabila dijalankan dengan baik oleh perusahaan. Maka dari itu sebuah kegiatan pemasaran memerlukan sebuah tahapan demi tahapan dengan visi dan misi yang penuh. Hal ini dijalankan agar visi dan misi yang telah diciptakan oleh perusahaan tersebut tercapai dengan hasil berupa pendapatan yang dihasilkan dari proses pertukaran dengan konsumen.

 

Jasa Pembuatan Aplikasi

Tahapan Proses Pemasaran

Proses pemasaran memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Perusahaan harus memiliki sebuah ide dan strategi sebelum proses pemasaran dijalankan. Hasil yang akan diberikan dalam sebuah kegiatan pemasaran tentunya akan membawa dampak yang baik bagi sebuah perusahaan. Tahapannya tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Memahami nilai dan kepuasan terhadap konsumen

Setiap perusahaan atau pelaku usaha memiliki visi yang dipegang teguh. Masing-masing memegang teguh sebuah visi yang dibuat dan dilakukan secara hati-hati dari awal hingga berlangsungnya kegiatan yang menguntungkan untuk sebuah usaha. Nilai visi manajemen merupakan salah satu faktor bepengaruh dalam pemasaran terpadu.

Perbedaan visi manajemen pada setiap perusahaan atau pelaku usaha membuat nilai yang diemban pada setiap perusahaan atau pelaku usaha terkait juga berbeda-beda. Nilai visi menentukan seberapa kuat, tangguh dan bagaimana pemilik usaha memiliki sebuah tanggung jawab besar untuk membuat usahanya berkembang secara luas dan menghasilkan banyak keuntungan.

Pada sebuah kegiatan marketing, nilai dan kepuasan adalah faktor penentu keberhasilan pemasaran Anda. Konsumen akan menilai seberapa baik kualitas dan pelayanan yang perusahaan lakukan kepada seorang konsumen. Hal ini akan berimbas pada indeks kepuasan yang akan mempengaruhi seorang konsumen. Maka dari itu, sebuah pemasaran atau strategi marketing yang baik akan berpengaruh kepada konsumen dalam menerima dan melihat informasi yang diberikan oleh seorang pemasar.

Proses tersebut adalah ketika memasarkan suatu produk kita harus menjadi seorang pebisnis yang mengedepankan etika yang baik kepada seorang konsumen. Dalam menjalankan sebuah strategi marketing, perusahaan akan membuat setiap konsumen merasa puas dengan apa yang mereka jual. Seorang pembeli pasti ingin diperlakukan dengan sebaik mungkin. Hal ini karena mereka sedang memberikan uang mereka untuk ditukar dengan produk yang mereka inginkan, maka dari itu setiap pembeli ingin mendapatkan pelayanan yang baik.

Tidak hanya memberikan pelayanan yang baik, dalam pemasaran sangat penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Berhasilnya atau tidaknya suatu pemasaran salah satunya ditentukan oleh keberhasilan seorang pemasar dalam mengidentifikasi apa yang paling dibutuhkan ataupun dinginkan oleh konsumen. Dengan mengindentifikasi kebutuhan / keinginan pelanggan, hal tersebut bisa lebih mudah bagi konsumen untuk lebih mudah menerima dan menyukai produk Anda.

Sponsor Link

Pengaruh Lingkungan

Lingkungan Internal

Lingkungan internal menjadi salah satu proses yang berpengaruh dalam melakukan pemasaran. Proses pemasaran membutuhkan dukungan dari lingkungan internal. Lingkungan internal merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pemasaran dan jangkaunnya hanya berada di dalam perusahaan itu sendiri.

Perusahaan berupaya untuk menghadirkan tim-tim yang mampu bekerjasama dengan baik antara satu orang dengan yang lain untuk mencapai kesejahteraan dan pendapatan tertinggi dalam sebuah perusahaan.

Lingkungan Eksternal

Lingkungan eksternal pada merupakan sebuah timbal balik yang diperoleh setelah terjadi sebuah proses atau kegiatan produksi. Penawaran dan permintaan konsumen merupakan salah satu bagian dari lingkungan eksternal yang mempengaruhi pemasaran terpadu. Keduanya dapat mempengaruhi provit atau laba yang didapatkan oleh produsen.

Lingkungan eksternal sendiri berkaitan dengan bagaimana tindakan atau respon yang diberikan oleh seorang konsumen. Konsumen menjadi salah satu penentu bagaimana lingkungan eksternal dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan.

Strategi Pemasaran dan Lingkungan Pemasaran

Pada pembuatan sebuah strategi pemasaran yang baik akan berakibat dan berdampak pada perusahaan yang sedang dikelola. Maka dari itu, strategi pemasaran yang harus dilakukan dalam sebuah proses pemasaran antara lain sebagai berikut.

Melakukan iklan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen

Iklan adalah salah satu sarana dalam mengedukasi masyarakat terhadap suatu jenis barang dan jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Apalagi jika Anda mampu melihat strategi beriklan yang baik, maka Anda akan mendapatkan timbal balik yang menguntungkan dari proses beriklan.

Perkembangan globalisasi menyebabkan kemajuan teknologi berkembang sedemikian pesatnya. Kemajuan teknologi juga membuat semakin beragamnya media yang bisa Anda jadikan sebagai platform untuk melakukan iklan.

Pelayanan dari tim perusahaan kepada konsumen

Pelayanan adalah salah satu poin yang paling penting yang harus dimiliki oleh  perusahaan dalam menciptakan pelanggan. Untuk menciptakan pelayanan yang baik, Anda perlu memiliki karakter sikap yang baik, sopan dan santun ketika menghadapi konsumen.

Perusahaan juga sebaiknya memiliki empati yang mana diharapkan dapat mehamami permasalahan pelanggan serta memberi perhatian secara personal kepada konsumen dan kualitas jam operasi yang nyaman.

Pelayanan yang baik tidak hanya mencakup pada kualitas sumber daya manusia, namun juga bagaimana kualitas fisik produk, jaminan serta tanggung jawab dari perusahaan.

Mengadakan promo, bazar dan pameran

Setiap perusahaan harus memiliki strategi bisnis yang menguntungkan. Gunakan strategi promosi ini dengan memberikan sebuah hadiah atau kupon belanja yang bisa ditukarkan saat membeli produk Anda. Setiap konsumen akan merasa senang ketika Anda secara tidak langsung menawarkan sebuah hadiah atas pembeliannya. Anda bisa memanfaatkan promosi dengan cara memberikan diskon-diskon khusus pada pembeli.

Selain itu, Anda bisa mengikut beberapa kegiatan seperti bazar dan pameran untuk memperluas jangakuan promosi produk Anda. Dengan demikian, Anda dapat memperluas jaringan usaha Anda maupun memperkenalkan produk-produk terbaru Anda dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Menawarkan garansi produk

Garansi adalah salah satu hal yang bisa Anda berikan kepada konsumen. Konsumen diberikan sebuah kesepakatan untuk bisa menukar produk apabila produk tersebut tidak sama seperti apa yang dikatakan pada saat perusahaan melakukan promosi produk. Apabila Anda berani memberikan harga yang mahal untuk produk atau jasa milik Anda, tentunya Anda juga harus memiliki sebuah keberanian untuk memberikan sebuah jaminan mutu yang baik kepada konsumen Anda.

Pemberian garansi kepada konsumen adalah sebuah bentuk tanggung jawab Anda kepada produk atau jasa Anda kepada konsumen. Selain itu, hal ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda. Sehingga kedepannya, pelanggan akan terus menggunakan produk Anda secara berkelanjutan.

Riset dan Metode Pemasaran

Melakukan sebuah riset adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Menganalisa persaingan dilakukan sebagai langkah awal bagi Anda untuk melihat respon pasar dan kemungkinan-kemungkinan terjadinya sebuah persaingan yang bisa terjadi pada bisnis Anda.

Sikap menganalisa persaingan harus dimiliki, kita sebagai seorang pebisnis tidak boleh lengah dan gampang menerima. Perlu ada sebuah pembaruan-pembaruan yang membuat bisnis terus berjalan. Persaingan antara satu pebisnis dan lainnya mungkin bisa terjadi dalam hal positif maupun negatif. Namun hal ini akan Anda lewati ketika sebelumnya Anda telah melakukan analisa terhadap persaingan yang mungkin terjadi.

Ketika Anda mampu melakukan analisa persaingan yang ada di dalam lingkup usaha Anda, Anda akan siap dengan strategi dan siasat-siasat baru yang segar dan mungkin bisa Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda tetap berjalan dengan baik dan tak terganggu walaupun terjadi persaingan sengit sekalipun pada bisnis Anda.

Lakukan analisis SWOT dengan memperhitungkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin terjadi pada bisnis yang Anda geluti. Melakukan analisa tersebut dapat membuat banyak sekali kemungkinan kecil strategi pemasaran yang akan Anda buat tidak berhasil. Hal ini karena Anda telah melakukan banyak sekali analisa dan riset sehingga Anda telah memiliki banyak data yang bisa digunakan untuk menghadapi lawan dalam sebuah riset.

Perilaku Konsumen dalam Proses Pemasaran

Dalam memahami setiap perilaku konsumen, sebuah perusahaan harus memperhitungkan hal ini dengan beberapa tim yang ahli dalam melakukan sebuah analisa tentang perilaku konsumen.

Untuk mengetahui perilaku konsumen, peran dari seorang sosiolog dan psikolog sangat besar dalam memberikan sumbangsih pemikiran mereka tentang perilaku konsumen. Perilaku konsumen tentang bagaimana cara mereka memutuskan untuk membeli sesuatu dan bagaimana perilaku konsumen yang lainnya bisa menjadi perhitungan yang menguntungkan bagi sebuah perusahaan.

Pengaruh Perilaku Konsumen

Mempelajari dan mengetahui tentang bagaimana perilaku konsumen dapat memberikan sebuah prediksi perilaku konsumen di masa depan sehingga perusahaan bisa mempersiapkan dengan sedini mungkin apa saja faktor yang akan menjadi hambatan. Beberapa pengaruh perilaku konsumen sendiri, diantaranya berikut ini.

Pengaruh Psikologis

Pengaruh psikologis berkaitan erat dengan motivasi individu dan presepsi dari individu itu sendiri. Setiap individu biasanya memiliki gaya hidupnya masing-masing. Gaya hidup pada setiap orang tentunya tidak bisa disama-ratakan.

Biasanya gaya hidup berkaitan dengan kemampuan ekonomi pada setiap orang. Setiap orang bisa jadi memiliki gaya hidup mewah karena dia memiliki banyak uang. Sedangkan ada orang yang memiliki gaya hidup sederhana karena memiliki uang yang jumlahnya tidak sebanyak dengan yang dimiliki oleh orang lain.

Pengaruh Sosial

Pegaruh sosial bisa terjadi karena pengaruh teman dan keluarga atau orang terdekat. Biasanya orang terdekat kita bisa mempengaruhi kita dalam melakukan sebuah tindakan konsumerisme. Biasanya banyak sekali imbuhan yang melebih-lebihkan suatu produk tertentu sehingga orang yang diajak sebagai lawan bicaranya akan merasa bahwa dia juga menginginkan produk yang sama dengan yang dimiliki oleh orang tersebut.

Pengaruh Budaya

Pengaruh budaya juga sangat mempengaruhi. Pengaruh budaya berkaitan dengan budaya, subkultur, dan kelas sosial.

Sponsor Link

Proses Pembelian yang Dilakukan Oleh Konsumen

Seorang pembeli adalah konsumen yang memiliki karakter sehingga untuk menangani satu konsumen dengan konsumen lain perusahaan harus memiliki kreatifitasnya masing-masing. Pada saat membahas sebuah perencanaan maka topik ini harus diangkat. Perusahaan harus tahu tata cara berkomunikasi yang baik terlebih dahulu pada pembeli. Hal ini tentunya akan memudahkan penjual karena pembeli akan merasa nyaman.

Sebagai seorang penjual Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada pembeli. Pembeli diistilahkan sebagai seorang raja, maka dari itu tugas dari penjual adalah melayani pembeli dengan sebaik-baiknya. Komunikasi dari perusahaan sebagai penyedia produk merupakan sebuah kalimat ajakan yang memiliki nada ramah yang membuat pembeli segan dan merasakan bahwa penjual sangat sopan dalam melayani pembeli. Komunikasi harus berjalan dua arah, Anda sebagai penjual harus dapat membuat nyaman pembeli Anda saat sedang berkomunikasi.

Demikian ulasan mengenai proses pemasaran, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang baru memulai usaha atau bisnis.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol