Pengertian Marketing dan Pengenalan Terhadap Web Marketing

 

Pengertian marketing atau pemasaran merupakan usaha untuk menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan yang memiliki target pasar yang telah ditentukan. Berikut dijelaskan mengenai marketing secara lebih rinci.
Pengertian Web Marketing

Web Marketing adalah sebuah cara untuk menarik perhatian dan minat konsumen maupun pelanggan melalui website. Komunikasi mainstream seperti komunikasi antar muka, telah menyebar luas melalui website. Web Marketing lebih mudah dipahami untuk kepentingan berbisnis dibandingkan dengan pengertian marketing itu sendiri.

Pahami Metode dan Karakteristik Web Marketing

Dalam pengertian marketing dan Web Marketing, terdapat beberapa metode yang perlu diketahui sebelumnya.

Pengertian Web Marketing

Web Marketing adalah sebuah cara untuk menarik perhatian dan minat konsumen maupun pelanggan melalui website. Komunikasi mainstream seperti komunikasi antar muka, telah menyebar luas melalui website. Web Marketing lebih mudah dipahami untuk kepentingan berbisnis dibandingkan dengan memahami istilah dari marketing itu sendiri.

Bisnis Web Marketing sangat bervariasi dan informasi terbaru selalu muncul setiap harinya.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian marketing, apa itu Web Marketing, pentingnya Web Marketing, langkah-langkah dalam Web Marketing, serta rekomendasi informasi penting mengenai Web Marketing.

 


Sponsor Link

Tujuan Web Marketing adalah untuk ‘membuat’ pelanggan

Web Marketing merupakan sebuah pemasaran yang berfokus melalui website. Salah satu pakar pemasaran yang terkenal yaitu Theodore Levitt mengatakan “ pengertian marketing adalah proses ‘membuat’ pelanggan’. Levitt juga mengatakan bahwa istilah marketing sebagai “ membuat sistem agar dapat menjual barang-barang ”.

Sedangkan, Web Marketing mengacu pada cara ‘membuat’ pelanggan atau menarik perhatian pelanggan melalui website.

Web Marketing tidak hanya berfokus dengan iklan melalui website ataupun dengan menggunakan langkah-langkah SEO. Beberapa hal yang Anda butuhkan untuk ‘membuat’ atau menarik minat pelanggan melalui website, diantaranya analisis akses, pemasaran melalui e-mail, A/B testing, dan sebagainya.

Sejarah Web Marketing

Awal Mula Internet (Tahun 1994-1999)

Saat ini adalah waktu dimana internet mulai menyebar luas di seluruh dunia.

Sebuah organisasi di Eropa yaitu CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir), hypertext dubuat oleh para peneliti dari seluruh dunia untuk membaca standar masing-masing dari sebuah riset. Dikatakan bahwa hal ini merupakan asal mula sebuah homepage dan pada tahun inilah mekanisme tautan atau link mulai bermunculan.

Saat internet dibuka untuk kalangan pribadi dan non-pemerintah, kemudian internet mulai menyebar luas dengan pesat pada awal tahun 90. Setelah itu, Mac (saat ini disebut Macintosh) dan Windows 95 mulai meluas di seluruh penjuru dunia dalam kurun waktu yang lama. Bisnis-bisnis seperti pembuatan website, mencari pekerjaan, berjualan melalui internet, bisnis-bisnis tersebut mulai ada sejak pertengahan tahun 90.

Layanan telekomunikasi dengan perhitungan tarif biaya mulai menyebar di seluruh dunia dan bisnis pembuatan website mulai banyak ditempatkan pada industri di bidang IT. Dengan membuat sebuah website yang telah didaftarkan dengan akun Yahoo!, maka website tersebut dapat ditelusuri melalui mesin pencarian.

Namun, cara utama untuk membuka sebuah website adalah melalui informasi dari media yang tersedia, terutama pada majalah. Dengan kata lain, sangat penting untuk menyebarkan informasi melalui siaran pers, TV dan majalah.

Kemunculan Blog dan Pertumbuhan Situs EC (Tahun 2000-2004)

Pada tahun 2000, segala jenis permasalahan dapat diatasi, saat ini mulai tersebar luas penggunaan komputer di kantor maupun dalam rumah tangga.

Permasalahan di tahun 2000 adalah komputer yang memproses data saat tahun dengan dua digit terakhir dikhawatirkan memiliki kesalahan dalam sistem pengurutan pada database seperti 99→00. Mulai muncul keluhan-keluhan terhadap apa yang menyebabkan permasalahan tersebut terjadi. Karena mulai komputer dan internet mulai menyebar luas, hal ini juga menjadi permasalahan sosial dalam masyarakat.

Ketika permasalahan tersebut dapat diatasi, maka akan segera menjadi sebuah ladang bisnis baru.

Pada tahun 90-an, online shopping mengalami kesuksesan dan menjadi sebuah layanan yang telah dikenal oleh semua orang. Penerapan website dengan versi memanjang secara vertikal mulai menyebar luas. Pada masa ini, Majalah email (E-Zine) juga mulai banyak dibaca (E-Zine diperkenalkan oleh mantan Perdana Menteri Koizumi).

Selain itu, blog juga mulai bermunculan saat itu, kemudian website dengan jumlah yang sangat banyak juga mulai bermunculan.

Sejak saat itu, blog dikenal sebagai owned media dan digunakan sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi serta kebijakan-kebijakan terhadap hal tersebut pun mulai meningkat.

Kemunculan Media Sosial dan Kemajuan SEO (Tahun 2005-2009)

Berbagai macam penggunaan internet dimulai pada masa ini.

Hal selanjutnya yang mulai bermunculan setelah blog adalah media sosial.

Di Indonesia, penggunaan Twitter telah tersebar di kalangan orang-orang yang tertarik pada perkembangan terhadap teknologi terkini. Selain itu, pada masa ini juga telepon genggam yang dapat dilipat (flip phone) mulai tersebar sebagai ajang bisnis. Saat itu adalah masa dimana Twitter tidak hanya diakses melalui komputer pribadi saja, namun banyak diakses melalui flip phone tersebut.

Namun, masih di waktu yang sama, tetap saja masih belum bisa menjalankan bisnis melalui media sosial.

Daripada itu, pada masa ini juga tren mempercepat pengeluaran anggaran biaya untuk Web Marketing, seperti penggunaan iklan listing, iklan melalui E-Zine, iklan banner dan strategi SEO mulai meningkat.

Perusahaan Apple merilis sebuah music player bernama iPod. Penyebarluasannya mulai terlihat secara bertahap dan ini menjadi awal kemunculan smartphone atau ponsel pintar.

Munculnya Aplikasi Mobile dan Persaingan Website (Tahun 2010-sekarang)

Ini adalah saat dimana tidak hanya website tetapi aplikasi dan juga penggunaan smartphone mulai meningkat, dan informasi mulai disebarluaskan melalui berbagai media.

Smartphone mulai digemari, muncul berbagai layanan internet, dan mulai banyak diminati pengguna.

Dengan menyebarluasnya penggunaan aplikasi, pengguna aktif media sosial juga meningkat, dan kesuksesan menggunakan media sosial sebagai media bisnis dimulai.

Lingkungan terhadap komunikasi juga ditingkatkan, dan standar data seluler dengan kecepatan paling tinggi yaitu LTE mulai ditingkatkan untuk mendukung penggunaan smartphone. Oleh karena itu, perangkat komunikasi seperti Android, tablet, dsb, juga terus meningkat secara drastis.

Untuk dapat menampilkan korespondensi website pada smartphone, penggunaan desain website yang responsif mulai menyebarluas, dan desain yang dimiliki pun beragam.

Amazon telah melakukan pengembangan terhadap logistik, namun, saat ini, metode cetak 3D dan drones (helikopter berukuran kecil), dan berbagai bisnis baru lainnya akan terus mulai berkembang.

 


Sponsor Link

Pentingnya Web Marketing

Pentingnya Web Marketing adalah berpusat pada peningkatan jumlah perusahaan dan online shops agar menjual produk-produk menarik melalui internet, dan meningkatkan jumlah pebisnis untuk melakukan bisnis melalui internet.

Dalam beberapa tahun terakhir, dengan terhubungnya perusahaan dan pelanggan di internet, penggunaan media sosial yang telah tersebar cepat baru-baru ini, bukanlah hal yang biasa untuk perusahaan dan pelanggan dapat berkomunikasi lebih dekat.

Ketahui Metode dan Karakteristik Web Marketing

Mari lihat lebih lanjut mengenai isi dari metode yang perlu diketahui lebih lanjut dalam Web Marketing.

Pahami terlebih dahulu pengertian marketing dan langkah-langkah dalam Web Marketing sehingga Anda dapat memilih langkah pemasaran yang tepat untuk perusahaan Anda.

Jenis-Jenis Web Marketing

Setelah mengetahui pengertian marketing, maka perlu untuk mengetahui jenis-jenisnya. Jika sebuah perusahaan tidak mengetahui jenis-jenis Web Marketing, maka tidak akan dapat memilih metode apa yang tepat untuk digunakan dalam Web Marketing.

Berikut akan dijelaskan hal-hal dasar mengenai Web Marketing.

SEO (Pengoptimalan Mesin Telusur)

Strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah akses melalui hasil pencarian dari mesin pencari seperti Yahoo! dan Google. Google hanya mengakui penggunanya dan cenderung lebih menyorot halaman website yang seringkali meningkatkan kepuasan pengunjung. Karakteristik dari SEO adalah membutuhkan waktu untuk menempatkannya pada posisi paling atas mesin pencari dan tidak mudah untuk ditampilkan.

Listing Ads atau Iklan Listing

Sama seperti strategi SEO, iklan listing ditampilkan dalam hasil pencarian, tetapi ini merupakan iklan yang akan dikenakan biaya setiap kali iklan ini diklik.

Bedanya dengan SEO, karakteristik dari iklan listing adalah iklan dapat dipublikasikan secara langsung setelah mengalami proses uji coba. Iklan ini bisa dijadikan pertimbangan ketika Anda ingin memperoleh hasilnya dalam waktu singkat. Tetapi, karena iklan ini merupakan iklan berbayar yang dihitung dengan tarif per klik, maka hal tersebut akan menjadi sebuah kerugian jika tidak memperoleh penjualan.

Iklan Media Sosial

Iklan media sosial memungkinkan Anda untuk melakukan promosi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Merupakan fitur iklan segmentasi dengan presisi tinggi karena disegmentasikan melalui data demografi. Iklan ini tidak hanya ditargetkan berdasarkan umur dan jenis kelamin saja, melainkan juga melalui pengguna yang pernah mengunjungi situs Anda.

Affiliate Ads atau Iklan Afiliasi

Affliate ads atau iklan afiliasi merupakan suatu hal yang memerlukan biaya jika bisnis yang Anda lakukan berhasil memperoleh pencapaian berupa poin. Iklan afiliasi biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti rewards dan sangat populer digunakan untuk beriklan karena tidak terlalu memiliki resiko. Hanya saja, kekurangannya adalah kualitas yang rendah karena tidak ditunjukkan hasil pelanggan seperti apa yang menerima iklan tersebut.

Iklan Target Ulang

Merupakan iklan penargetan ulang dimana pengguna yang mengakses halaman sekali dapat beriklan bahkan ketika masuk ke halaman lainnya.

Karena Re berarti ‘ulang’ dan Targeting berarti ‘target’ sehingga biasa disebut sebagai retargeting ads atau iklan target ulang.

Iklan ini kemungkinan akan mengirimkan Cookie ke browser. Iklan hanya akan terkirimkan kepada pengguna yang memiliki Cookie ketika mengakses halaman.

Pemasaran melalui E-mail

Pemasaran melalui e-mail merupakan sebuah cara untuk meningkatkan jumlah akses ke sebuah website dengan men-segmentasikan alamat e-mail pelanggan yang telah dimiliki oleh perusahaan, mengubah isi e-mail dan waktu pengiriman. E-Zine (mail magazine) yang dikirimkan melalui pemasaran e-mail memiliki keuntungan seperti dapat dengan mudah dicari dibandingkan dengan iklan media sosial, karena terakumulasi melalui kotak masuk e-mail pembaca.

Namun kekurangannya adalah apabila e-mail yang dikirimkan tidak dibuka dan dibiarkan begitu saja, hasil dari iklan tersebut tidak dapat diperoleh.

 


Rangkuman

Seiring dengan penyebarluasan internet, perusahaan yang telah memilki hubungan erat dengan pelanggannya masing-masing telah meningkatkan penjualan mereka terlepas dari itu merupakan perusahaan kecil atau besar. Banyak perusahaan yang mulai mengambil langkah untuk mengembangkan bisnis mereka agar diperlihatkan kepada seluruh dunia. Mulailah sadar akan betapa pentingnya Web Marketing untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Pemasaran melalui internet akan terus berlanjut dan diperkirakan tren ini akan terus berkembang secara pesat. Pahami teknik dan fitur Web Marketing yang telah dijelaskan kali ini, sehingga Anda dapat mengimplementasikan metode ini dalam usaha Anda.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.
Tentang Kami Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan Kontak Kami
Sponsor Link
Tell Us What You Think
2Like0Love0Haha1Wow0Sad0Angry

0 Comments

Leave a comment