Media Bisnis Online | by APPKEY

Layanan Layanan Online Icon yang Ada di Office Button | Pengertian dan...

Icon yang Ada di Office Button | Pengertian dan Fungsinya

-

Apakah ini pertama kalinya Anda belajar komputer? Lantas, bagian mana yang ingin Anda pelajari terlebih dahulu?

Seperti yang kita ketahui, ada banyak hal yang bisa dipelajari di dalam komputer, mulai dari untuk kebutuhan pekerjaan, membuat presentasi, membuat laporan, menyimpan file, mengakses internet dan lain sebagainya.

Namun pada umumnya, mereka yang memutuskan untuk belajar komputer merupakan orang-orang yang dapat menggunakan dan mengoperasikan lembar kerja Microsoft Word. Di dalam lembar kerja Microsoft Word terdapat banyak icon-icon, salah satunya adalah icon yang ada di office button.

Menggunakan lembar kerja Microsoft Word bukan hanya difungsikan untuk mengetik atau membuat tulisan saja, karena jika Anda ingin tampilan tulisan tersebut menjadi rapi, beraturan dan enak untuk dibaca, maka Anda harus mengaturnya dengan menggunakan icon-icon yang tersedia di dalamnya.

Dari sekian banyak icon yang ada, yang memiliki peran cukup dominan karena memang banyak digunakan, yaitu icon yang ada di office button. Lantas apa itu?

Icon yang Ada Di Office Button dan Penjelasannya

Office Button merupakan icon yang berada di bagian pojok kiri atas di dalam lembar Microsoft Word. Office Button memiliki dua area, yakni di sisi kiri dan sisi kanan. Di sisi kiri terdapat perintah yang terdiri dari: New, Open, Save, Save As, Prepare, Print, Send, Publish, dan Close. Yang mana setiap perintah tersebut memiliki fungsi masing-masing, sehingga Anda hanya tinggal menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian, di sisi kanan merupakan jalan pintas file dokumen yang baru-baru ini telah Anda buka. Jadi, jika Anda ingin membuka kembali file-file dokumen tersebut, Anda tinggal klik tanpa perlu mencarinya di bagian dokumen penyimpanan.

Artikel terkait  Sistem Informasi Manajemen : Fungsi dan Manfaatnya

 

Icon yang Ada Di Office Button dan Fungsinya

Sebagai pemula atau orang yang baru belajar komputer, pasti Anda merasa kebingungan dengan fungsi setiap menu icon yang ada di Office Button. Agar bisa mempelajari dan menggunakannya, maka Anda harus mengenali fungsinya terlebih dahulu.

NEW

Dalam bahasa Indonesia, New artinya ‘baru’, maka dengan menggunakan atau mengklik menu NEW Anda akan membuka lembar kerja Microsoft Word baru yang masih kosong. Untuk cara lain, Anda juga bisa membuka lembar kerja baru Microsoft Word dengan menekan Ctrl + N pada keyboard.

OPEN

Jika hendak membuka dan melihat file dokumen yang telah tersimpan, Anda bisa memilih menu OPEN, karena fungsinya memang digunakan untuk membuka file dokumen yang telah berhasil disimpan.

SAVE

Agar lembar kerja Microsoft Word yang telah Anda kerjakan tidak hilang, Anda harus menyimpannya dengan menu Save. Cara lain, Anda bisa menyimpan dengan memilih icon berbentuk disket ataupun dengan menekan CTRL + S pada keyboard.

Artikel terkait  Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

SAVE AS

Apa bedanya menu Save dengan Save As? Save artinya ‘simpan’, sedangkan Save As artinya ‘simpan sebagai’. Dari arti namanya, Anda pasti dapat menyimpulkan fungsinya, yakni untuk menyimpan file dokumen dalam format tertentu yang sesuai dengan keinginan Anda, karena di dalam menu Save As terdapat pemilihan format yang berbeda-beda.

PRINT

Fungsi icon yang ada di office button selanjutnya adalah Print, yakni digunakan untuk mencetak lembar dokumen yang sedang aktif atau yang sedang Anda buka saat ini untuk dicetak ke dalam mesin printer.

PREPARE

Icon prepare digunakan untuk menerapkan properti khusus terhadap file dokumen aktif (lembar kerja dokumen yang sedang dibuka), sehingga Anda tinggal pilih mana yang dianggap sesuai dengan kebutuhan.

SEND

Seperti yang telah Anda ketahui, arti Send berarti “kirim”. Yang jelas fungsinya memang digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif melalui email maupun lewat faximile, sehingga proses pengiriman bisa dijalankan jauh lebih cepat.

PUBLISH

Di bawah Send, terdapat Publish / Publikasi. Yang mana, fungsinya adalah untuk menerbitkan file dokumen aktif langsung ke website, blog dan lain sebagainya.

CLOSE

Digunakan untuk menutup file dokumen aktif. Namun jika file dokumen tersebut penting adanya, sebaiknya disimpan terlebih dahulu sebelum Anda memilih “Close”.

Setelah Anda mengetahui satu per satu fungsi icon yang ada di office Button, tentu saja Anda tidak lagi kebingungan dalam mengoperasikannya, sehingga Anda pun dapat mengatur file dokumen Anda sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait  Apa itu Kriptografi? Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

Icon yang Ada di Office Button dan Kelebihannya

Selain memiliki fungsi masing-masing, keberadaan setiap icon di Office Button memiliki kelebihan. Yang mana, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Dapat dengan mudah mengelola file dokumen
  • Dapat mencetak hingga mengirimkan file dokumen dengan cepat
  • Dapat mengatur file dokumen sesuai dengan properti yang diinginkan, karena setiap opsi sudah disediakan secara lengkap, sehingga Anda tinggal memilihnya sesuai dengan kebutuhan
  • Fungsi atau kegunaan dari masing-masing icon mudah untuk diingat

Sebagai seorang pemula, mungkin Anda akan bertanya tentang, “di sebelah icon yang ada di office button sebenarnya adalah icon apa?”

Oh, maksud Anda adalah ketika icon save (berbentuk disket) redo dan undo (arah panah memutar ke kiri dan kanan). Jika benar, maka itulah yang dinamakan “Quick Access Toolbar”.

Custom Quick Access Toolbar

Sebagaimana yang telah diketahui, Quick Acces Toolbar berada di sebelah kanan dari icon yang ada di Office Button. Namun, Quick Access Toolbar ini memiliki tombol Custom yang merupakan tanda panah bawah. Di dalam Custom Quick Access Toolbar, Anda bisa menambahkan pilihan icon yang muncul, caranya sangatlah mudah, yakni:

Menambahkan Tombol Icon

Dalam keadaan standar, terdapat tiga tombol yang ada di Quick Access Toolbar (di sebelah icon yang ada di office button), yakni tombol save, undo dan redo. Cara untuk menambahkan tombol, Anda hanya tinggal klik tombol kanan bawah, kemudian centang icon yang hendak ditampilkan, maka pilihan yang Anda tambahkan (yang dicentang) akan muncul dalam urutan Quick Access Toolbar.

Menambahkan Command

Apabila Anda ingin melihat tampilan command dengan lebih lengkap, maka Anda tinggal pilih ‘More Command’ yang ada di tanda panah bawah pada Quick Access Toolbar. Cara lainnya, Anda juga bisa menambahkan command dengan cara pilih Office Button > Word Options, kemudian pilih tombol Customize di panel kiri jendela Word Options.

Jika sudah, maka tekan OK untuk menerapkan hasil penambahan command. Kemudian, tampilan pada Quick Access Toolbar akan mengalami perubahan, karena akan ada banyak tombol yang bertambah.

Nah, selain icon yang ada di office button, lantas icon atau tombol apa lagi yang Anda tanyakan di dalam lembar kerja file dokumen Microsoft Word?

Sebagai orang yang hendak belajar komputer, khususnya dalam menggunakan dan mengoperasikan Microsoft Word, pasti Anda merasa kebingungan dengan banyaknya icon-icon yang ditampilkan di dalamnya. Terlebih lagi Microsoft Word hadir dalam beberapa versi, yang mana setiap icon memiliki tampilan dan peletakan yang berbeda.

Cobalah lihat antara Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2013 hingga pada Microsoft Word 2017. Sangat terlihat jelas bahwa dalam setiap versi, tampilan setiap icon dan tombol-tombolnya peletakannya mengalami perubahan. Kendati demikian, itu bukanlah sebuah masalah besar selama Anda telah mengetahui setiap fungsi dari icon dan tombol-tombol tersebut, sehingga Anda hanya perlu sedikit penyesuaian untuk menggunakan Microsoft Word dalam berbagai versi.

Artikel terkait  Android Oreo : 14 Fitur dan Kelebihannya

Icon yang Ada di Office Button dan Menu Home

Dalam keadaan standar, menu home selalu tampil di awal. Menu home memiliki banyak icon dan tombol yang biasanya penggunanya sangat dominan dalam pengerjaan file dokumen Microsoft Word. Untuk itu, Anda harus memahami masing-masing fungsinya dengan baik.

Sebagai contoh penjelasan kali ini, di sini akan dijabarkan mengenai masing-masing fungsi setiap tombol pada menu home dalam versi Microsoft Word 2007. Mengapa yang dipilih adalah Microsoft Word 2017? Sebab, dibandingkan dengan versi lainnya, Microsoft Word 2007 lebih banyak digunakan oleh mereka yang berprofesi sebagai seorang penulis, karena dianggap lebih mudah dioperasikan dibandingkan dengan versi lainnya.

Cut

Tombol Cut berfungsi untuk menghapus dan memindahkan teks maupun objek ke dalam clipboard. Dalam keyboard Anda bisa menggunakan tombol Cut dengan cara menekan CTRL + X.

Copy

Copy digunakan untuk menyalin teks maupun objek yang telah dipilih ke dalam clipboard. Apabila ingin menggunakannya dengan keyboard, maka Anda bisa tekan CTRL + C.

Paste

Tombol paste tepat berada di bawah icon yang ada di office button. Paste terdiri dari tiga jenis, diantaranya adalah:

Artikel terkait  DHCP Server : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi DHCP Server dalam Jaringan Komputer

 

Paste (CTRL + V)

Digunakan untuk menempatkan / memindahkan objek maupun teks di dalam clipboard untuk disisipkan pada bagian yang diinginkan.

Paste Special (ALT + CTRL +V)

Digunakan untuk menempatkan / memindahkan objek maupun tes di dalam clipboard untuk disisipkan pada format yang berbeda.

Paste As Hyperlink

Digunakan untuk menempatkan / memindahkan objek maupun teks sebagai hyperlink (berbentuk URL).

Format Painter

Format Painter difungsikan untuk menyalin format pada Clipboard agar dapat diletakkan pada posisi yang diinginkan.

Font (CTRL+SHIFT+F)

Untuk mendapatkan hasil file dokumen Microsoft Word yang rapi, maka selain menggunakan icon yang ada di office button sebagai hasil akhir, maka Anda juga perlu menyempurnakannya dengan menggunakan setiap tombol yang ada di dalam icon font, yakni diantaranya, meliputi:

Artikel terkait  Apa itu Pingler? Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Fonts Huruf

Dalam tampilan standar pada file dokumen Microsoft 2007, tampilan font hurufnya adalah Calibri (body). Namun, Anda bisa mengubahnya, sesuai dengan pilihan font huruf yang diinginkan pada teks, yakni tinggal menekan jenis-jenis yang ada di tanah panah ke bawah.

Font Size

Di sebelah font huruf terdapat pilihan font size, yakni berupa angka yang dapat dipilih sebagai ukuran huruf pada penulisan teks di dalam clipboard.

Grow Font (CTRL +>)

Grow Font disimbolkan dalam icon A besar (kapital). Fungsinya adalah untuk memperbesar teks font secara instan.

Shrink Font (CTRL +<)

Kebalikan dari Grow Font, Shrink Font disimbolkan dalam icon huruf A dengan ukuran yang lebih kecil. Yang mana, fungsinya adalah untuk memperkecil ukuran fonts secara instan.

Clear Formatting

Tepat di sebelah Shrink Font terdapat tombol Clear Formatting yang fungsinya, adalah untuk menghapus format teks yang telah dipilih.

Bold (CTRL +B)

Bold difungsikan untuk mempertebal teks yang telah Anda pilih (biasanya sering digunakan dalam penulisan heading).

Italic (CTRL +I)

Italic difungsikan untuk memiringkan teks yang telah dipilih (biasanya digunakan untuk menandai bahasa asing maupun kata serapan).

Artikel terkait  Apa itu JRE? Mengenal Istilah Java Runtime Enviroment

Underline (CTRL +U)

Underline difungsikan untuk memberikan garis bawah pada teks yang telah dipilih (biasanya untuk menekankan / memperjelas deskripsi teks). Jenis garis pada underline bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa mengaturnya dengan memilih arah panah ke bawah tepat di sebelah Underline (simbol huruf U dengan garis bawah).

Strikethrough

Strikethrough difungsikan untuk memberikan garis tengah atau garis coretan pada teks yang telah dipilih.

Subscript (CTRL +=)

Subscript difungsikan untuk mengetikkan karakter pemangkatan atau pangkat (huruf berukuran lebih kecil di bawah huruf sebelumnya).

Superscript (CTRL +SHIFT ++)

Superscript difungsikan untuk mengetikkan karakter pemangkatan atau pangkat (huruf berukuran lebih kecil di atas huruf sebelumnya)

Change Case (SHIFT F3)

Change Case difungsikan untuk mengubah status huruf kapital – huruf kecil atau besar kecil pada teks maupun kata yang telah dipilih.

Text Highlight Color

Text Highlight Color difungsikan untuk memberikan latar belakang warna pada text yang telah dipilih.

Font Color

Font Color difungsikan untuk memberi warna teks pada bagian teks / kata yang telah dipilih.

Artikel terkait  Pengertian DBMS Adalah? Fungsi, Manfaat dan Contohnya

Paragraph

Berikutnya adalah icon-icon yang dapat mengatur paragraph teks, agar penulisan dalam clipboard lembar file dokumen dapat tersusun lebih rapi dan lebih menarik untuk dibaca, sebelum Anda menyimpannya dengan menggunakan icon yang ada di office button. Adapun beberapa icon dan tombol yang dapat mengatur paragraf adalah sebagai berikut:

Bullets

Bullets difungsikan untuk memberikan atau menghilangkan tanda bullet (simbol) di tiap paragraf yang telah dipilih.

Numbering

Numbering difungsikan untuk memberikan atau menghilangkan format penomoran pada paragraf yang telah dipilih.

Multilevel List

Multilevel List difungsikan untuk membuat posisi penomoran berupa angka atau nomor urut dalam paragraf yang telah dipilih.

Decrease Indent

Decrease Indent difungsikan untuk menghapus atau menurunkan posisi paragraf ke arah kiri.

Increase Indent

Increase Indent difungsikan untuk menambahkan atau memberi posisi paragraph ke arah kanan.

Artikel terkait  Apa itu Rendering? Bagaimana Teknik Rendering Video yang Tepat?

Sort

Sort difungsikan untuk mengurutkan data atau teks pada sebuah tabel.

Show/ Hide¶ (CTRL +*)

Show/ Hide ¶ difungsikan untuk menampilkan dan menyembunyikan koreksi paragraf yang telah dibuat.

Align Text Left (CTRL+L)

Align Text Left difungsikan untuk mengatur perataan teks / paragraf ke arah kiri (rata kiri).

Center (CTRL+E)

Center difungsikan untuk mengatur teks / paragraf untuk rata tengah.

Align Text Right (CTRL+R)

Align Text Right difungsikan untuk mengatur teks / paragraf ke arah kanan (rata kanan).

Justify (CTRL+J)

Justify difungsikan untuk mengatur perataan teks / paragraf ke kanan

Line Spacing

Line Spacing difungsikan untuk mengatur jarak antar baris teks atau paragraf. Yang mana Anda bisa mengaturnya sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Shading

Shading difungsikan untuk memberikan latar belakang warna pada teks atau paragraf yang telah dipilih.

Artikel terkait  Apa itu Solvabilitas? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Bottom Border

Bottom Border difungsikan untuk memberikan garis tepi pada teks atau paragraf yang terpilih. Dan, bisa juga digunakan untuk membuat tabel.

Styles

Pilihan berikutnya yang ada di dalam menu Home adalah style, yakni berupa pilihan untuk mengatur teks atau paragraf menjadi lebih rapi dan berurutan sebelum disimpan ke dalam icon yang ada di office button. Adapun fungsinya, adalah sebagai berikut:

Heading Style

Heading Style digunakan untuk memberikan style (sentuhan desain) pada teks, Anda dapat menggunakan beberapa jenis format style diantaranya: Title, Heading 1, ¶ No Spacing, ¶ Normal, Subtitle, Subtle Emphasis, Emphasis, dan lain-lain sebagainya. Jadi, sesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda.

Change Styles

Change Styles disimbolkan dalam icon huruf AA yang saling berdekatan satu sama lain. Change Style difungsikan untuk mengubah style paragraph yang sedang aktif. Jadi, Anda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan.

Editing

Bagian terakhir yang ada di dalam menu Home adalah icon ‘Editing’. Di dalamnya terdapat beberapa icon dan tombol yang memiliki fungsi sebagai berikut:

Artikel terkait  Android Oreo : 14 Fitur dan Kelebihannya

Find (CTRL +F)

Find difungsikan untuk mencari (search) kata yang ada pada setiap halaman tersebut.

Replace (CTRL +H)

Replace difungsikan untuk mengubah kata yang ada pada halaman dengan kata yang Anda diinginkan.

Select

Select difungsikan untuk melakukan seleksi teks, paragraph atau gambar yang ada pada halaman tersebut.

Setelah Anda mengetahui setiap fungsi dan kegunaan icon yang ada di office button, tentu Anda dapat mengoperasikan Microsoft Word dengan baik. Namun, Anda tidak perlu menghafalkanya satu persatu, dengan Anda sering belajar menggunakan setiap icon dan tombol yang ada dalam menu yang telah disediakan, maka Anda pun dapat mengingat setiap fungsi dan kegunaannya dengan sendirinya.
[online-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya