Last Updated on December 29, 2023 by APPKEY-HERI
Materi strategi pemasaran merupakan segala jenis langkah dan upaya untuk memasarkan, memperkenalkan dan menghasilkan penjualan produk. Produk dapat merupakan berbagai macam jenis dari barang maupun jasa. Strategi marketing dilakukan dengan teknik dan strategi tersusun agar penjualan produk sesuai hingga melampaui target yang diharapkan.
Strategi marketing perlu dilakukan karena perusahaan atau organisasi akan membutuhkan target penjualan atas produk yang mereka tawarkan. Masuknya pendapatan dari pemasaran ini kemudian digunakan sebagai kas operasional perusahaan. Tanpa strategi yang baik maka penjualan akan sulit dioptimalkan dan pemasukan kas akan berkurang.
Strategi ini merupakan rangkaian usaha yang dilakukan perusahaan agar dapat mencapai target dan tujuan yang diharapkan. Selain itu, produk akan lebih mudah terjual kepada pihak yang membutuhkan produk dan memiliki informasi atas produk. Sehingga diperlukan strategi marketing yang efektif dan efisien untuk memperoleh penjualan produk yang baik.
Baik perusahaan yang menawarkan produk barang maupun jasa akan membutuhkan strategi pemasaran. Ini karena strategi ini merupakan aspek penting yang akan menentukan nilai ekonomis sebuah perusahaan dan produk yang ditawarkan.
Hal yang menentukan nilai produk terdiri dari produksi produk tersebut, cara memasarkan produk tersebut, dan cara produk dikonsumsi. Aspek pemasaran memiliki peran penghubung dari tahap produksi hingga mampu dikonsumsi oleh konsumen.
Daftar Isi
Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
Philip Kotler
Ia mengemukakan materi strategi pemasaran adalah bentuk pola pikir pemasaran untuk dipakai dalam memperoleh tujuan pemasaran. Di dalam strategi marketing terdapat strategi yang faktual dan terperinci mengenai sasaran pasar yang ingin dicapai, penetapan posisi produk dan perusahaan dimata pasar, bauran pemasaran, dan anggaran untuk melakukan pemasaran.
Kotler dan Amstrong
Beliau menjelaskan strategi marketing merupakan logika dalam menjalankan pemasaran. Sehingga setiap unit-unit bisnis dapat menciptakan dan memberikan nilai serta memperoleh keuntungan dari hubungan yang dibangun dengan konsumen. Hubungan yang dibangun dengan konsumen dilakukan dalam bentuk menyalurkan nilai produk dari tahap produksi hingga produk dapat dikonsumsi atau digunakan untuk kebutuhan konsumen.
Stanton
Dirinya berpendapat bahwa materi strategi pemasaran merupakan segala hal yang mencakup semua sistem berjalan. Ini juga berhubungan dengan tujuan dalam perencanaan hingga penetapan harga. Selain itu, sistem juga mencakup tujuan mempromosikan dan mendistribusikan produk barang maupun jasa yang dapat membantu memenuhi kebutuhan konsumen.
Kurtz
Dia Menjelaskan bahwa strategi marketing merupakan keseluruhan sistem maupun program perusahaan atau organisasi dalam menentukan target pasar hingga pada tahapan memuaskan konsumen. Sistem atau program tersebut dilakukan dengan menciptakan kombinasi elemen bauran pemasaran, produk yang dihasilkan, pendistribusian produk, promosi yang dilakukan, serta harga.
Tjiptono
Yang bersangkutan berpendapat bahwa strategi marketing adalah alat penting dan paling mendasar yang dirancang dalam mencapai tujuan perusahaan. Caranya adalah mengembangkan keunggulan daya saing di dalam pasar yang menjadi target pasar dengan menciptakan nilai produk dan perusahaan dimata pasar. Serta program pemasaran untuk melayani target pasar tersebut.
Tujuan Strategi Pemasaran
Tujuan strategi marketing dapat diklasifikasikan menjadi empat bagian yaitu.
- Pertama yakni untuk peningkatan kualitas koordinasi atau komunikasi antar individu dalam tim pemasaran dan unit-unit perusahaan yang menciptakan nilai dalam produk. Hal ini dilakukan agar produk dapat dioptimalkan dalam diberlakukannya strategi marketing.
- Kedua adalah strategi marketing dapat digunakan sebagai alat ukur atas pencapaian pemasaran dan efisiensi produk dalam membantu kebutuhan konsumen. Dengan saling mengkomunikasikan, maka dapat ditemukan data meliputi efisiensi kinerja perusahaan. Strategi pemasaran dapat digunakan sebagai bahan evaluasi perusahaan.
- Ketiga yakni sebagai landasan logis dalam mengambil keputusan pemasaran dari data yang dihasilkan melalui implementasi strategi marketing. Perusahaan dapat mengambil kebijakan dan keputusan terbaik untuk mencapai target perusahaan atas produk atau jasa yang ditawarkan.
- Keempat adalah strategi marketing juga merupakan langkah efektif dalam menyikapi perkembangan dan perubahan dunia pemasaran yang fluktuatif. Dengan mengimplementasikan strategi marketing, maka perusahaan dapat menghadapi perubahan dengan tenang dan mengambil langkah strategis. Melihat perubahan sebagai sebuah peluang baru dan menciptakan positioning yang tepat dimata pasar yang dituju.
Fungsi Strategi Pemasaran
Pada umumnya fungsi materi strategi marketing terdiri dari empat aspek besar yaitu.
- Pertama yaitu strategi marketing dapat memberikan motivasi manajerial perusahaan untuk melihat atau melakukan persepsi masa yang akan datang dengan lebih optimis dan berbeda. Sehingga, setiap unit dan team di dalam perusahaan dapat saling menjaga keberlangsungan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.
- Kedua adalah menciptakan koordinasi pemasaran yang efektif dan efisien. Strategi marketing berguna dalam mengatur jalannya perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif. Setiap perusahaan memiliki strategi marketing tersendiri yang menjadikannya lebih unggul dari perusahaan lain. Namun dengan menjalankan strategi marketing yang baik dan optimal, maka strategi marketing akan lebih efektif.
- Ketiga yakni perumusan tujuan perusahaan. Perusahan yang baik dan optimal memiliki tujuan dan target perusahaan yang jelas serta tercantum dalam visi misi perusahaan. Dengan strategi pemasaran, perusahaan akan terbantu dalam menciptakan visi dan misi dan menjalankannya dengan optimal. Strategi perusahaan dalam jangka pendek maupun panjang akan menentukan tercapainya tujuan perusahaan tersebut atau tidak.
- Keempat adalah dengan adanya strategi marketing, maka perusahaan memiliki alat pengawasan kinerja dan standar pengukuran prestasi pekerjaan karyawannya. Pengawasan kegiatan anggota perusahaan akan lebih mudah, efektif dan efisien dipantau untuk mendapatkan mutu dan kualitas kerja terbaik.
Konsep Strategi Pemasaran
Konsep strategi marketing terdiri dari lima aspek penting yaitu :
Segmentasi
Segmentasi pasar atau memilah-milah pasar kedalam golongan yang sudah dirumuskan. Setiap pasar memiliki berbagai jenis konsumen dengan kebutuhan yang berbeda dimana perusahaan tidak mungkin memenuhi semua kebutuhan pembeli. Sehingga perusahaan harus mengelompokkan pasar kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.
Positioning
Positioning atau menempatkan perusahaan di dalam pasar yang sudah dikelompokkan tersebut. Prinsip strategi pemasaran yang kedua adalah memberikan kesempatan optimal bagi perusahaan untuk mendapatkan kedudukan yang kuat atas produk barang maupun jasa yang mereka tawarkan. Perusahaan harus memilih segmen pasar yang memberikan penjualan dan pendapatan paling besar.
Strategi Perusahaan
Strategi perusahaan untuk memasuki segmen yang dituju. Untuk memasuki suatu segmen pasar dapat dilakukan dengan beberapa cara umum. Pertama dengan membeli perusahaan lain. Hal ini dilakukan agar perusahaan secepat mungkin dapat memasuki segmen pasar yang dikuasai perusahaan yang dibeli.
Membeli perusahaan dapat juga dilakukan disaat kondisi perusahaan menghadapi berbagai macam gangguan dalam memasuki segmen pasar yang dituju baik karena perkembangan internal seperti patent, skala perusahaan, saluran distribusi yang sulit dimasuki, biaya promosional yang mahal hingga faktor kesulitan bahan baku.
Selain membeli, proses memasuki segmen pasar juga bisa dilakukan dengan menjalankan perkembangan internal perusahaan yang baik. Melalui penelitian dan perkembangan perusahaan meskipun memakan waktu yang relatif lama langkah ini merupakan tahapan dinamis dalam memasuki segmen pasar tertentu.
Selain itu, pelaku bisnis juga dapat melakukan kerjasama berkesinambungan dengan perusahaan lain yang sudah memasuki dan menjajaki segmen pasar yang dituju. Cara-cara yang disebutkan diatas dapat dicoba untuk memkasimalkan keuntungan bisnis.
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran yang terdiri dari kumpulan variabel-variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh dan mempengaruhi persepsi konsumen atas produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Variabel-variabel yang dapat mempengaruhi pembeli adalah produk, harga, tempat, promosi, partisipasi, proses, dan orang-orang sebagai bukti fisik akan produk barang maupun jasa yang ditawarkan.
Penentuan Waktu
Penentuan waktu berkaitan dengan penentuan saat yang tepat dalam memasarkan barang. Disaat perusahaan melihat adanya kesempatan dalam penetapan dan penyusunan strategi marketing, bukan berarti perusahaan dapat langsung memulai kegiatan pemasaran. Perusahaan perlu melakukan persiapan matang terkait sektor produksi hingga produk sampai ke tangan konsumen nantinya.
Strategi marketing memiliki kaitan yang penting dalam usaha-usaha pemasaran dimana akan sangat menentukan hasil akhir dari keseluruhan proses operasional perusahaan. Dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang dinamis diperlukan strategi marketing yang jelas dan terperinci untuk mencapai tujuan perusahaan.
Sebelum menciptakan dan merumuskan strategi marketing diperlukan observasi situasi dan kondisi pasar serta menilai posisinya di pasar terlebih dahulu. Dengan memahami kondisi riil di lapangan maka perusahaan dapat mengambil langkah strategis untuk mencapai tujuan dan target perusahaan.
Jenis Strategi Pemasaran
Dalam menjalankan strategi marketing yang optimal ada berbagai macam langkah strategis yang bisa diambil untuk mengoptimalkan strategi marketing yang telah disusun. langkah tersebut seperti menjalankan partnership pemasaran melalui kerjasama dapat dilakukan dengan berkolaborasi bersama pihak lain yang dinilai strategis dan mampu membantu penguatan posisi perusahaan di dalam target pasar.
Kerjasama dengan perusahaan yang sudah lebih dahulu memperoleh posisi di pasar juga akan lebih mempermudah dalam memasuki pasar dan memperkenalkan produk ke dalam pasar. Tujuan utama dari kerjasama kolaborasi adalah memperoleh pengenalan produk dan perusahaan dimata target pasar.
Selanjutnya, Anda juga dapat menjalankan materi strategi pemasaran kerjasama dengan tokoh masyarakat atau influencer. Tokoh dan influencer dengan rentang pengikut dengan jumlah banyak akan meningkatkan nilai produk dan pengenalan produk yang lebih efisien di mata para calon pembeli potensial.
Para tokoh atau influencer ini dapat secara sederhana memperkenalkan produk perusahaan namun jangkauan promosi yang diperoleh terbilang sudah cukup setara dengan promosi media massa tergantung nilai popularitas dan pengikut influencer tersebut. Kolaborasi kreatif juga termasuk salah satu langkah dalam menggaet target pasar potensial.
Dengan melakukan kerjasama yang menghasilkan produk dengan bentuk unik atau tampilan unik, akan lebih meningkatkan rasa penasaran calon konsumen dan mencoba produk-produk yang dinilai lebih unik dari varian sama lainnya.
Selain peningkatan kualitas dan nilai produk, karyawan juga dapat dilibatkan dalam promosi. Dengan menjalankan promosi unik dengan bantuan karyawan, maka promosi dan penjualan produk dapat dioptimalkan.
Karyawan dapat dilibatkan dalam promosional secara langsung maupun tidak langsung namun dengan hasil yang cukup signifikan. Setelah memperoleh sejumlah pelanggan atau pembeli yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.
Hal ini dilakukan untuk mempertahankan sejumlah pelanggan yang sudah masuk dan mempercayakan kebutuhan mereka kepada perusahaan. Konsistensi dan mutu produk akan sangat membantu mempertahankan pelanggan. Pelayanan yang baik dan optimal juga lebih membantu mengoptimalkan mempertahankan pelanggan.
Perbedaan Strategi Pemasaran dan Marketing Plan
Materi strategi pemasaran dan marketing plan merupakan dua hal yang berbeda dalam implementasinya. Meskipun orientasi, tujuan, dan landasan keduanya dibuat adalah sama-sama untuk tujuan kepentingan pencapaian tujuan perusahaan. Namun, dalam pelaksanaan keduanya merupakan dua aspek yang berbeda.
Strategi Marketing
Strategi marketing berisi rincian penjelasan poin-poin goals atau tujuan yang perlu perusahaan capai dengan usaha yang dijalankan. Skema marketing berupa rumusan tertulis tentang langkah dan strategi yang akan diambil meliputi aspek tujuan, fungsi, konsep hingga implementasinya.
Data-data strategi marketing selain digunakan sebagai pendoman dalam menjalankan pemasaran namun juga digunakan oleh sektor lain sebagai pedoman untuk bahan evaluasi dan peningkatan mutu.
Sedangkan, marketing plan atau perencanaan pemasaran adalah sejumlah langkah yang hendak diambil untuk mencapai target pemasaran yang sudah diatur dalam strategi marketing. Marketing plan berisi langkah konkrit atau praktis dalam melaksanakan strategi marketing.
Marketing Plan
Rencana pemasaran berisi poin-poin yang dinilai strategis dalam menjajaki pasar dan memperoleh posisi di dalam pasar. Rancangan yang tercantum dalam rencana pemasaran kemudian dilaksanakan pada saat pemasaran berlangsung. Dalam menjalankan keduanya memiliki kesinambungan satu sama lain namun dengan fungsi yang dibuat berbeda.
Jika strategi marketing merupakan landasan rumusan dalam menjalankan pemasaran agar mencapai target pemasaran maka rancangan pemasaran merupakan langkah yang diambil agar strategi marketing dapat berjalan optimal.
Dalam membuat marketing plan juga terdiri dari berbagai komponen penting yang perlu diperhatikan. Pertama adalah pesan pemasaran eksternal agar informasi dan maksud produk yang ditawarkan dapat sampai dengan benar kepada calon konsumen.
Kedua adalah penetapan tujuan sasaran agar pesan dan informasi yang disusun atas produk dapat sampai kepada konsumen dari segmen pasar yang benar. Ketiga dengan merumuskan rencana sasaran pemasaran jangka pendek dan yang keempat adalah perumusan sasaran jangka panjangnya.
Setelah melakukan analisa dan perencanaan dasar dari perencanaan pemasaran. Perusahaan juga harus menganalisa kompetitor sebagai bentuk implementasi materi strategi pemasaran segi peluang.
Dengan analisa kompetitor, maka dihasilkan rumusan kelebihan dan kekurangan perusahaan dibandingkan kompetitor yang kemudian hal tersebut harus diantisipasi dan dioptimalkan segi kelebihan serta dikurangi dari aspek kekurangan agar mampu menggaet target pasar yang lebih baik dari kompetitor.
Dengan mempelajari dari analisa kompetitor, maka bisa dipelajari pula karakteristik target pasar yang dituju dan kecenderungan konsumsi mereka. Memanfaatkan hasil analisa kompetitor akan sangat membantu dalam mengoptimalkan efisiensi dan efektifitas dalam memperkenalkan dan memasuki target pasar yang akan dituju dengan lebih mudah.
Selain itu, analisa juga dapat mengantisipasi produk yang berupa barang atau jasa ini akan kalah bersaing dengan kompetitor. Dari segi persaingan dan perubahan pasar yang dinamis, analisa kompetitor perlu dilakukan secara reguler seperti halnya dalam menganalisa kondisi pasar.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.