Materi Strategi Pemasaran : Tujuan, Fungsi dan Jenisnya

Materi strategi pemasaran merupakan segala jenis langkah dan upaya untuk memasarkan, memperkenalkan dan menghasilkan penjualan produk. Produk dapat merupakan berbagai macam jenis dari barang maupun jasa. Strategi pemasaran dilakukan dengan teknik dan strategi tersusun agar penjualan produk dapat sesuai target hingga melampaui target yang diharapkan.

Perlu dilakukan strategi pemasaran karena perusahaan atau organisasi akan membutuhkan target penjualan atas produk yang mereka tawarkan. Masuknya pendapatan dari pemasaran ini kemudian digunakan sebagai kas operasional perusahaan. Tanpa strategi yang baik maka penjualan akan sulit dioptimalkan dan pemasukan kas akan berkurang.

Strategi pemasaran merupakan rangkaian usaha yang dilakukan perusahaan agar dapat mencapai target dan tujuan yang diharapkan, produk akan lebih mudah terjual kepada pihak yang membutuhkan produk dan memiliki informasi atas produ,  sehingga diperlukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk memperoleh penjualan produk yang baik.

Baik perusahaan yang menawarkan produk barang maupun jasa akan membutuhkan strategi pemasaran karena strategi pemasaran merupakan aspek penting yang akan menentukan nilai ekonomis sebuah perusahaan dan produk yang ditawarkan. Yang menentukan nilai produk terdiri dari produksi produk tersebut, cara memasarkan produk tersebut, dan cara produk dikonsumsi. Aspek pemasaran memiliki peran penghubung dari tahap produksi hingga mampu dikonsumsi oleh konsumen.

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

test

Philip Kotler

Mengemukakan materi strategi pemasaran adalah bentuk pola pikir pemasaran untuk dipakai dalam memperoleh tujuan pemasaran. Di dalam strategi pemasaran terdapat strategi yang faktual dan terperinci mengenai sasaran pasar yang ingin dicapai, penetapan posisi produk dan perusahaan dimata pasar, bauran pemasaran, dan anggaran untuk melakukan pemasaran.

Kotler dan Amstrong

Menjelaskan strategi pemasaran merupakan logika dalam menjalankan pemasaran sehingga setiap unit-unit bisnis dapat menciptakan dan memberikan nilai serta memperoleh keuntungan dari hubungan yang dibangun dengan konsumen. Hubungan yang dibangun dengan konsumen dilakukan dalam bentuk menyalurkan nilai produk dari tahap produksi hingga produk dapat dikonsumsi atau digunakan untuk kebutuhan konsumen.

Stanton

Berpendapat bahwa materi strategi pemasaran merupakan segala hal yang mencakup semua sistem berjalan dan berhubungan dengan tujuan dalam perencanaan hingga penetapan harga. Selain itu sistem juga mencakup tujuan mempromosikan dan mendistribusikan produk barang maupun jasa yang dapat membantu memenuhi kebutuhan konsumen.

Kurtz

Menjelaskan bahwa strategi pemasaran merupakan keseluruhan sistem maupun program perusahaan atau organisasi dalam menentukan target pasar hingga pada tahapan memuaskan konsumen. Sistem atau program tersebut dilakukan dengan menciptakan kombinasi elemen bauran pemasaran, produk yang dihasilkan, pendistribusian produk, promosi yang dilakukan, serta harga.

Tjiptono

Berpendapat strategi pemasaran adalah alat penting dan paling mendasar yang dirancang dalam mencapai tujuan perusahaan. Dengan cara mengembangkan keunggulan daya saing di dalam pasar yang menjadi target pasar dengan menciptakan nilai produk dan perusahaan dimata pasar. Serta program pemasaran untuk melayani target pasar tersebut.

Tujuan Strategi Pemasaran

tujuan strategi pemasaran

Tujuan strategi pemasaran dapat diklasifikasikan menjadi empat bagian yaitu.

  • Pertama yakni untuk peningkatan kualitas koordinasi atau komunikasi antar individu dalam tim pemasaran dan unit-unit perusahaan yang menciptakan nilai dalam produk. Hal ini dilakukan agar produk dapat dioptimalkan dalam diberlakukannya strategi pemasaran.
  • Kedua strategi pemasaran dapat digunakan sebagai alat ukur atas pencapaian pemasaran dan efisiensi produk dalam membantu kebutuhan konsumen. Dengan saling mengkomunikasikan maka dapat ditemukan data meliputi efisiensi kinerja perusahaan. Strategi pemasaran dapat digunakan sebagai bahan evaluasi perusahaan.
  • Ketiga yakni sebagai landasan logis dalam mengambil keputusan pemasaran. Dari data yang dihasilkan melalui implementasi strategi pemasaran. Perusahaan dapat mengambil kebijakan dan keputusan terbaik untuk mencapai target perusahaan atas produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Keempat strategi pemasaran juga merupakan langkah efektif dalam menyikapi perkembangan dan perubahan dunia pemasaran yang fluktuatif. Dengan mengimplementasikan strategi pemasaran maka perusahaan dapat menghadapi perubahan dengan tenang dan mengambil langkah strategis. Melihat perubahan sebagai sebuah peluang baru dan menciptakan positioning yang tepat dimata pasar yang dituju.

Fungsi Strategi Pemasaran

fungsi strategi pemasaran

Pada umumnya fungsi materi strategi pemasaran terdiri dari empat aspek besar yaitu.

  • Pertama strategi pemasaran dapat memberikan motivasi manajerial perusahaan untuk melihat atau melakukan persepsi masa yang akan datang dengan lebih optimis dan berbeda. Sehingga setiap unit dan team di dalam perusahaan dapat saling menjaga keberlangsungan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Kedua adalah menciptakan koordinasi pemasaran yang efektif dan efisien. Strategi pemasaran berguna dalam mengatur jalannya perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan tepat sasaran. Setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran tersendiri yang menjadikan satu perusahaan lebih unggul dari perusahaan lainnya dalam suatu target pasar. Namun dengan menjalankan strategi pemasaran yang baik dan jelas serta selalu dioptimalkan maka dapat dihasilkan strategi pemasaran yang efektif.
  • Ketiga perumusan tujuan perusahaan. Perusahan yang baik dan optimal memiliki tujuan dan target perusahaan yang jelas serta tercantum dalam visi misi perusahaan. Dengan strategi pemasaran perusahaan akan terbantu dalam menciptakan visi dan misi dan menjalankannya dengan optimal. Strategi perusahaan dalam jangka pendek maupun panjang akan sangat menentukan tercapainya tujuan perusahaan tersebut atau tidak.
  • Keempat dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan memiliki alat pengawasan kinerja dan standar pengukuran prestasi pekerjaan karyawannya. Pengawasan kegiatan anggota perusahaan akan lebih mudah, efektif dan efisien dipantau untuk mendapatkan mutu dan kualitas kerja terbaik.

Konsep Strategi Pemasaran

konsep

Konsep strategi pemasaran terdiri dari lima aspek penting yaitu :

Segmentasi

Segmentasi pasar atau memilah-milah pasar kedalam golongan yang sudah dirumuskan. Setiap pasar memiliki berbagai jenis konsumen dengan kebutuhan yang berbeda dimana perusahaan tidak mungkin memenuhi semua kebutuhan pembeli. Sehingga perusahaan harus mengelompokkan pasar kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.

Positioning

Positioning atau menempatkan diri perusahaan di dalam pasar yang sudah dikelompokkan tersebut. Prinsip strategi pemasaran yang kedua adalah memberikan kesempatan optimal bagi perusahaan untuk mendapatkan kedudukan yang kuat atas produk barang maupun jasa yang mereka tawarkan. Perusahaan harus memilih segmen pasar yang memberikan penjualan dan pendapatan paling besar.

Strategi Perusahaan

Strategi perusahaan untuk memasuki segmen yang dituju. Strategi memasuki suatu segmen pasar dapat dilakukan dengan beberapa cara yang secara umum antara lain. Pertama dengan membeli perusahaan lain. Hal ini dilakukan agar perusahaan secepat mungkin dapat memasuki segmen pasar yang dikuasai perusahaan yang dibeli.

Membeli perusahaan dapat juga dilakukan disaat kondisi perusahaan menghadapi berbagai macam gangguan dalam memasuki segmen pasar yang dituju baik karena perkembangan internal seperti patent, skala perusahaan, saluran distribusi yang sulit dimasuki, biaya promosional yang mahal hingga faktor kesulitan bahan baku.

Selain membeli proses memasuki segmen pasar juga bisa dilakukan dengan menjalankan perkembangan internal perusahaan yang baik. Melalui penelitian dan perkembangan perusahaan meskipun memakan waktu yang relatif lama langkah ini merupakan tahapan dinamis dalam memasuki segmen pasar tertentu. Atau dapat juga dengan melakukan kerjasama berkesinambungan dengan perusahaan lain yang sudah memasuki dan menjajaki segmen pasar yang dituju.

Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran yang terdiri dari kumpulan variabel-variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh dan mempengaruhi persepsi konsumen atas  produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Variabel-variabel yang dapat mempengaruhi pembeli adalah produk, harga, tempat, promosi, partisipasi, proses, dan orang-orang sebagai bukti fisik akan produk barang maupun jasa yang ditawarkan.

Penentuan Waktu

Penentuan waktu berkaitan dengan penentuan saat yang tepat dalam memasarkan barang. Disaat perusahaan melihat adanya kesempatan dalam penetapan dan penyusunan strategi pemasaran, bukan berarti perusahaan dapat langsung memulai kegiatan pemasaran. Perusahaan perlu melakukan persiapan matang terkait sektor produksi hingga produk sampai ketangan konsumen nantinya.

Strategi pemasaran memiliki kaitan yang penting dalam usaha-usaha pemasaran dimana akan sangat menentukan hasil akhir dari keseluruhan proses operasional perusahaan.

Dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang dinamis diperlukan strategi pemasaran yang jelas dan terperinci untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam menciptakan dan merumuskan strategi pemasaran diperlukan terlebih dahulu observasi  situasi dan kondisi pasar serta menilai posisinya di pasar. Dengan memahami kondisi riil di lapangan maka perusahaan dapat mengambil langkah strategis untuk mencapai tujuan dan target perusahaan.

Jenis Strategi Pemasaran

jenis startegi pemasaran

Dalam menjalankan strategi pemasaran yang optimal ada berbagai macam langkah strategis yang bisa diambil untuk mengoptimalkan strategi pemasaran yang telah disusun antara lain. Dengan menjalankan partnership pemasaran melalui kerjasama dapat dilakukan dengan berkolaborasi dengan pihak lain yang dinilai strategis dan mampu membantu penguatan posisi perusahaan di  dalam target pasar.

Kerjasama dengan perusahaan yang sudah lebih dahulu memperoleh posisi di pasar juga akan lebih mempermudah dalam memasuki target pasar dan memperkenalkan produk ke dalam pasar. Tujuan utama dari kerjasama kolaborasi adalah memperoleh pengenalan produk dan perusahaan dimata target pasar.

Selanjutnya dapat juga dengan menjalankan materi strategi pemasaran kerjasama dengan tokoh masyarakat atau influencer. Tokoh dan influencer dengan rentang pengikut dengan jumlah strategis akan meningkatkan nilai produk dan pengenalan produk yang lebih efisien di mata para calon pembeli potensial.

Para tokoh atau influencer ini dapat secara sederhana memperkenalkan produk perusahaan namun jangkauan promosi yang diperoleh terbilang sudah cukup setara dengan promosi media massa tergantung nilai popularitas dan pengikut influencer tersebut. Kolaborasi kreatif juga termasuk salah satu langkah dalam menggaet target pasar potensial. Dengan melakukan kerjasama yang menghasilkan produk dengan bentuk unik atau tampilan unik akan lebih meningkatkan rasa penasaran calon konsumen dan mencoba produk-produk yang dinilai lebih unik dari varian sama lainnya.

Selain peningkatan kualitas dan nilai produk karyawan juga dapat dilibatkan dalam promosi. Dengan menjalankan promosi unik dengan bantuan karyawan maka promosi dan penjualan produk dapat dioptimalkan. Karyawan dapat dilibatkan dalam promosional secara langsung maupun tidak langsung namun dengan hasil yang cukup signifikan. Setelah memperoleh sejumlah pelanggan atau pembeli yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.

Hal ini dilakukan untuk mempertahankan sejumlah pelanggan yang sudah masuk dan mempercayakan kebutuhan mereka kepada perusahaan.Konsistensi dan mutu produk akan sangat membantu mempertahankan pelanggan. Pelayanan yang baik dan optimal juga lebih membantu mengoptimalkan mempertahankan pelanggan.

Perbedaan Strategi Pemasaran dan Marketing Plan

perbedaan

Materi strategi pemasaran dan marketing plan merupakan dua hal yang berbeda dalam implementasinya. Meskipun orientasi tujuan dan landasan keduanya dibuat adalah sama-sama untuk tujuan kepentingan pencapaian tujuan perusahaan. Namun dalam pelaksanaan keduanya merupakan dua aspek yang berbeda.

Strategi pemasaran berisi rincian penjelasan poin-poin goals atau tujuan yang perlu perusahaan capai dengan usaha yang dijalankan. Strategi pemasaran berupa rumusan tertulis tentang langkah dan strategi yang akan diambil meliputi aspek tujuan, fungsi, konsep hingga implementasinya.

Data-data strategi pemasaran selain digunakan sebagai pendoman dalam menjalankan pemasaran namun juga digunakan oleh sektor lain sebagai pedoman untuk bahan evaluasi dan peningkatan mutu. Sedangkan marketing plan atau perencanaan pemasaran adalah sejumlah langkah yang hendak diambil untuk mencapai target pemasaran yang sudah diatur dalam strategi pemasaran. Marketing plan berisi langkah konkrit atau praktis dalam melaksanakan strategi pemasaran.

Rencana pemasaran berisi poin-poin yang dinilai strategis dalam menjajaki pasar dan memperoleh posisi di dalam pasar. Rancangan yang tercantum dalam rencana pemasaran kemudian dilaksanakan pada saat pemasaran berlangsung.Dalam menjalankan keduanya memiliki kesinambungan satu sama lain namun dengan fungsi yang dibuat berbeda.

Jika strategi pemasaran merupakan landasan rumusan dalam menjalankan pemasaran agar mencapai target pemasaran maka rancangan pemasaran merupakan langkah yang diambil agar strategi pemasaran dapat berjalan optimal. Dalam membuat marketing plan juga terdiri dari berbagai komponen penting yang perlu diperhatikan meliputi aspek-aspek berikut ini ; Pertama adalah pesan pemasaran eksternal agar informasi dan maksud produk yang ditawarkan dapat sampai dengan benar kepada calon konsumen.

Kedua adalah penetapan tujuan sasaran agar pesan dan informasi yang disusun atas produk dapat sampai kepada konsumen dari segmen pasar yang benar. Ketiga dengan merumuskan rencana sasaran pemasaran jangka pendek dan yang keempat adalah perumusan sasaran jangka panjangnya.

Setelah melakukan analisa dan perencanaan dasar dari perencanaan pemasaran. Perusahaan juga harus menganalisa kompetitor sebagai bentuk implementasi materi strategi pemasaran segi peluang. Dengan analisa kompetitor maka dihasilkan rumusan kelebihan dan kekurangan perusahaan dibandingkan kompetitor yang kemudian hal tersebut harus diantisipasi dan dioptimalkan segi kelebihan serta dikurangi dari aspek kekurangan agar mampu menggaet target pasar yang lebih baik dari kompetitor.

Dengan mempelajari dari analisa kompetitor maka bisa dipelajari pula karakteristik target pasar yang dituju dan kecenderungan konsumsi mereka. Memanfaatkan hasil analisa kompetitor akan sangat membantu dalam mengoptimalkan efisiensi dan efektifitas dalam memperkenalkan dan memasuki target pasar yang akan dituju dengan lebih mudah.

Selain itu analisa juga dapat mengantisipasi produk yang berupa barang atau jasa ini akan kalah bersaing dengan kompetitor. Dari segi persaingan dan perubahan pasar yang dinamis analisa kompetitor perlu dilakukan secara reguler seperti halnya dalam menganalisa kondisi pasar.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol