Last Updated on November 23, 2023 by APPKEY-YOGI
Anda pasti sering melihat beberapa produk atau barang yang sejenis beredar di pasaran bukan? Seperti mobil, yang diproduksi tidak hanya dari satu brand saja namun ada banyak brand-brand mobil yang bertebaran. Diantara banyaknya mobil yang ada di pasaran, pasti hanya ada beberapa brand yang memiliki “nama” di masyarakat ‘bukan? Hal ini berkaitan dengan salah satu strategi dalam pemasaran yaitu market positioning. Penasaran? Yuk simak selengkapnya!
Daftar Isi
Apa Itu Market Positioning?
Market positioning adalah kemampuan dari suatu perusahaan untuk membuat persepsi pelanggan tentang produk yang dimiliki perusahaan yang sama dengan kompetitor. Atau lebih mudahnya bagaimana suatu perusahaan dapat membuat identitas dari produk mereka sehingga bisa bersaing dengan kompetitor yang memiliki produk serupa.
Dengan memakai strategi ini, akan membantu sebuah perusahaan untuk memiliki produk yang kualitasnya bisa mengalahkan kompetitor. Kemenangan itu bisa dicapai dengan meneliti tren di pasaran secara kontinu.
Contoh dari market positioning ini adalah seperti air Le Minerale yang membangun citra sebagai air yang kaya akan mineral, ditandai dengan rasa air yang ada manis-manisnya. Atau seperti produk smartphone Xiaomi yang membangun citra sebagai smartphone murah merakyat dengan kualitas setara dengan smartphone mahal.
Contoh lainnya lagi yaitu Apple yang memposisikan produk-produknya sebagai produk yang inovatif dan stylish. Nike memposisikan produk-produknya sebagai produk yang sporty, fashionable dan unggul. Mercedes-Benz yang membangun citra pada produknya sebagai produk yang mewah dan elegan.
Manfaat Market Positioning
Market Positioning dilakukan dengan tujuan memberikan kesan kepada masyarakat terhadap produk yang dijual. Berikut adalah beberapa manfaat dari market positioning.
- Menyampaikan Manfaat
Dengan market positioning, perusahaan dapat dan memiliki kesempatan untuk menyampaikan manfaat apa yang dimiliki pada jasa atau produk perusahaan.
- Komunikasi Efektif
Perusahaan dapat dengan mudah mendorong komunikasi yang efektif dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
- Target Pasar Lebih Jelas
Strategi ini memungkinkan untuk menentukan target pasar yang jelas karena ada beberapa manfaat yang dapat dinikmati pelanggan dari produk yang ditawarkan perusahaan. Dengan begitu perusahaan dapat dengan mudah untuk memfokuskan produk atau layanannya pada target pasar secara khusus.
- Meningkatkan Penjualan
Dengan membangun citra tertentu, membuat pelanggan akan semakin yakin pada produk dari perusaahaan Anda. Orang yang bingung untuk memilih pun akan terdorong untuk mencoba produk Anda atas citra yang telah terbentuk tersebut sehingga Anda akan mendapat pelanggan baru. Tentu ini akan meningkatkan penjualan.
- Perusahaan Menjadi Unggul
Dengan membangun citra yang bagus, perusahaan dapat menjadi lebih unggul dan produknya akan dicintai dan dibutuhkan oleh pasar secara kontinu.
Cara Kerja Market Positioning
Setelah Anda mengetahui manfaatnya, mungkin Anda akan bertanya-tanya bagaimana cara kerja dari market positioning. Yuk simak dibawah ini!
- Identifikasi Keunggulan dari Kompetitor
Agar Anda bisa membuat produk yang lebih unggul dari kompetitor, cari tahu lebih dahulu apa saja keunggulan dari kompetitor tersebut. Tidak mungkin ‘kan Anda ingin membuat produk yang lebih unggul tapi Anda sendiri tidak tahu apa saja keunggulan produk yang dimiliki kompetitor. Oleh karena itu Anda harus bisa mengidentifikasi dengan cermat.
- Analisis Posisi
Tahapan ini sangat dibutuhkan karena akan membantu untuk mendapatkan informasi terkait tren pasar, kompetitor, pergeseran ekonomi dan kecenderungan pembelian para pelanggan di luar sana. Manfaat dari analisis ini adalah dapat membantu perusahaan untuk menetapkan keputusan yang tepat.
- Analisis Kompetitor
Anda perlu menganalisis posisi kompetitor dalam pasar. Ini penting karena akan membantu perusahaan dalam menemukan kekuatan dan kelemahan kompetitor di pasar. Dengan cara ini perusahaan akan dapat menemukan lubang yang belum ditempati oleh perusahaan lain sehingga dapat diisi oleh perusahaan Anda.
- Buat Strategi dan Tentukan Apa yang Pelanggan Butuhkan
Langkah ini dapat dilakukan dengan mengembangkan strategi setelah mendapatkan informasi tentang posisi, kekuatan dan peluang dari perusahaan. Memahami kebutuhan pelanggan adalah salah satu langkah cerdas agar proses membentuk citra perusahaan menjadi mudah.
Kesalahan yang Biasa Terjadi
Namanya belajar pasti akan ada saja kesalahan yang tidak dapat diprediksi atau mungkin tidak mengetahui bahwa yang sedang dilakukan itu merupakan kesalahan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang biasa terjadi pada saat menerapkan strategi bisnis ini.
- Belum Membangun Citra yang Baik
Terkadang ada beberapa orang yang ingin cepat-cepat untuk memasarkan produknya tanpa meneliti lebih jelas kondisi pasar sehingga produk yang ditawarkan belum terbangun citranya dengan baik. Anda harus benar-benar melakukan riset agar tidak salah langkah.
- Cakupan yang Sempit
Perusahaan malah membangun citra produk pada ruang lingkup yang sempit sehingga membuat pelanggan menjadi kurang berminat walaupun pelanggan tersebut masuk ke dalam kategori target pasar.
- Tidak Didukung dengan Bukti
Salah satu hal yang dapat membuat produk Anda dipercaya adalah adanya pembuktian. Misalnya Anda membangun produk detergen dengan citra “dapat membunuh kuman dan menghilangkan noda dengan cepat”. Anda harus dapat membuktikannya pada produk Anda agar tidak meninggalkan kesan meragukan.
Jangan pula terlalu dilebih-lebihkan atau menambah atribut tertentu pada produk, itu justru akan menimbulkan pertanyaan dan membuat pelanggan bertanya-tanya “masa hanya dengan produk itu saja bisa sih”, bukannya dipercaya malah justru diragukan dan akhirnya tidak ada yang akan mencoba membeli produk Anda.
Kesimpulan
Menjadikan bisnis sukses adalah suatu hal yang tidak bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan. Apalagi ketika kita akan menciptakan suatu produk baru. Terkadang kita akan berlabuh pada produk yang tentunya sebenarnya sudah ada tapi ingin menciptakan produk sama dengan kualitas yang berbeda. Barang dengan merk baru tentu saja tidak langsung mendapat hati dari pelanggan, apalagi jika belum ada yang mencobanya. Ibarat ketika kita bertemu dengan teman baru, kita tidak akan secepat itu percaya dengannya ‘bukan?
Untuk membuat barang atau jasa Anda menjadi dikenal banyak orang, Anda perlu membangun citra yang baik pada produk atau jasa. Anda dapat menerapkan market positioning untuk itu. Market positioning adalah kemampuan dari suatu perusahaan untuk membuat persepsi pelanggan tentang produk yang dimiliki perusahaan yang sama dengan kompetitor.
Manfaat dari market positioning adalah perusahaan dapat menyampaikan manfaat produk atau jasa, membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, target pasar lebih jelas, meningkatkan penjualan dan perusahaan menjadi unggul. Cara kerjanya ada empat yaitu mengindentifikasi keunggulan dari kompetitor, analisis posisi, analisis kompetitor, buat strategi dan tentukan apa yang pelanggan butuhkan.
Dalam menjalankannya ada beberapa kesalahan yang biasa terjadi, diantaranya adalah belum membangun citra yang baik, cakupan yang sempit dan keunggulan produk tidak didukung dengan bukti.
Ingin tahu lebih banyak strategi jitu berbisnis online? Ikuti terus MARKEY karena kami punya ratusan update tips dan trik bisnis menarik khusus untuk Anda! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore sekarang juga. Sampai bertemu lagi!
Thumbnail by Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.