Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 95

Contoh Tagline Keren dan Tips Cara Membuat Tagline yang Menarik

0
tag line

Tag line telah melakukan keajaiban bagi pemasaran, dan mereka tidak sendirian. Ratusan perusahaan, dari Apple ke Microsoft hingga Nike, telah menggunakan tagline untuk menambah pemasaran mereka dan membuat pelanggan mengaitkan pesan dengan merek mereka. Seperti “Gak Ada Loe Gak Rame”. Mungkin frasa ini sering Anda dengar dan lihat.

Banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa yang sering mengucapkan kata-kata ini. Dan seperti yang kita tahu, “Gak Ada Loe Gak Rame” merupakan tagline dari sebuah perusahaan rokok yang terkenal, Sampoerna Hijau. Dalam tayangan iklan maupun iklan di berbagai media, kata-kata ini begitu melekat.

Di sisi lain, sebagai sebuah perusahaan rokok, pesan layanan masyarakat yang ditampilkan memang tidak bisa divisualkan secara langsung. Oleh karenanya, mereka menampilkan pesan melalui sebuah tagline perusahaan agar melekat di masyarakat

Ada fenomena psikologis yang disebut efek paparan belaka, di mana kita cenderung mengembangkan preferensi untuk hal-hal semata-mata karena kita mengenalnya. Inilah sebabnya mengapa tagline perusahaan bekerja dengan sangat baik. Mereka mudah diingat bagi pelanggan Anda dan membukanya hanya untuk efek paparan.

Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”

Apa Itu Tagline?

tagline

Ketika datang ke pemasaran, tagline adalah mantra bisnis Anda. Itu memberi tahu orang-orang siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan dalam beberapa kata singkat. Tujuan dari tagline adalah untuk menciptakan frase positif dan mudah diingat yang melekat di kepala pelanggan Anda dan membantu mereka mengidentifikasi merek dan pesan pemasaran Anda.

Tagline adalah sebuah kalimat pendek yang digunakan untuk promosi sebuah brand atau produk dagang suatu perusahaan. Bisa dibilang jika tagline adalah sebuah logo, namun berbentuk verbal.  Tagline biasanya tersusun tidak lebih dari 7 kata yang disertakan dalam logo suatu produk. Ini dibutuhkan oleh sebuah bisnis apa pun itu, baik online maupun offline marketing. Simak informasi selengkapnya!

Cara Membuat Tagline Iklan dan Contohnya

Dalam contoh tag line dari Sampoerna Hijau, bisa kita lihat sangat sederhana. Membuat satu frasa, namun gampang diingat bukan merupakan perkara yang mudah. Akan tetapi, Anda juga bisa mencoba membuat tagline keren sendiri. Dan di sini, akan dijelaskan cara membuat contoh tag line yang menarik, namun mudah.

Kenali target konsumen

Jenis produk dan jasa apa yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen? Siapa saja target yang ditujukan untuk produk maupun jasa yang Anda miliki? Ini perlu digarisbawahi sebelum memulai untuk membuat sebuah tagline keren. Kenali target konsumen Anda, dan pikirkan tagline keren dengan kata-kata sederhana, namun konsumen bisa merasa diistimewakan.

“Teman Bermain dan Belajar” jadi pilihan tagline untuk majalah Bobo. Target konsumennya sudah terlihat di sana. Yaitu untuk anak-anak yang ingin bermain sekaligus belajar. Ini juga sederhana dan mudah diingat. Juga, bisa digunakan untuk lebih menyaring target konsumen yang ingin ditujukan.

Ketahui keunggulan produk

Mengapa konsumen harus menggunakan produk maupun jasa yang Anda miliki? Keunggulan apa yang dimiliki oleh produk atau jasa Anda dibandingkan yang lain? Ketahui dan gali lebih dalam tentang produk Anda. Tentu saja, banyak pesaing di luar sana yang memiliki produk sama dengan yang Anda tawarkan. Ini adalah cara jitu untuk membuat tagline keren.

“Bukan Cuma Ayam” dari CFC merupakan tagline perusahaan yang menunjukkan keunggulan dari produk. CFC tentu saja memiliki menu ayam, namun mereka juga menawarkan berbagai menu selain ayam yang bisa Anda temukan di sana. Panasonic memiliki tagline “Ideas for Life”. Ini menyiratkan jika Panasonic sangat ideal untuk hidup Anda.

Tampilkan manfaat produk

Dengan menampilkan dan menonjolkan manfaat dari produk Anda di tag line, banyak konsumen yang akan mencari sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini juga bisa digunakan untuk menyaring konsumen, seperti pada tag line untuk target konsumen.

Tagline keren dari OLX, “Cara Tepat Jual Cepat” bisa menjadi contoh untuk tag line yang menampilkan manfaat produk. “Connecting People” milik Nokia juga merupakan tagline perusahaan yang menampilkan manfaat untuk bisa menghubungkan setiap orang.

Perjelas produk yang ditawarkan

Tagline yang sederhana, namun jelas apa yang Anda tawarkan juga bisa menjadi perhatian. Khusus untuk toko online, tagline ini bisa dijadikan identitas bisnis yang Anda lakukan. Anda bisa mencantumkan penawaran produk atau jasa yang Anda miliki. Livaza.com memiliki tagline “#1 Marketplace Furniture Indonesia”.

Sudah jelas jika situs web tersebut menawarkan barang-barang furnitur sebagai produk yang diunggulkan. Ada juga oke.com dengan tagline-nya “Toko Handphone Online Indonesia”. Sesuai dengan tagline mereka, tentu saja produk yang ditawarkan adalah kebutuhan untuk ponsel Anda.


Deskripsikan misi

Misi apa yang kalian ingin lakukan untuk produk yang Anda jual saat ini? Adakah manfaat misi dari usaha yang ditawarkan? Jika Anda memiliki usaha, tentu akan ada misi yang ingin dicapai, bukan? Misi usaha ini juga bisa menjadi ide untuk Anda membuat tag line yang tepat dan mudah diingat. Coba untuk memasukkan misi usaha Anda dalam sebuah frasa untuk menciptakan tagline keren.

“Memang Beda” dari tvOne menjadi tagline perusahaan yang mengedepankan misi. Tag line dari Pegadaian yang berupa “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”, juga merupakan contoh tag line yang menunjukkan misi usaha.

Memprovokasi

Pancingan atau provokasi bisa juga menjadi salah satu ide untuk tagline. Buat agar konsumen merasa jika produk lain bukan saingan dari produk Anda. Seperti obat nyamuk Tiga Roda dengan tagline “Nyamuk Sini Cuma Takut Tiga Roda”. Ada juga “Orang Pintar Minum Tolak Angin” yang menjadi tagline dari Tolak Angin.

Jadikan yang paling unggul

Tentu saja, ini bisa merupakan contoh tag line yang bisa Anda pakai. Dengan mengunggulkan produk atau jasa Anda, tentu konsumen akan merasa terjamin. Mereka bisa tahu jika mendapatkan produk yang terbaik. Tagline dari Teh Botol Sosro yang terkenal, “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro” merupakan salah satu tagline yang mengunggulkan diri. Juga “Jaminan Mutu” dari Baygon adalah salah satunya.

Kriteria Tagline yang Efektif

tagline

Dari beberapa metode yang bisa dilakukan, dan beberapa tagline perusahaan terkenal yang dicantumkan, sudahkah Anda mencoba untuk membuat tagline Anda sendiri? Dan apakah ini sudah cukup efektif untuk bisa menarik pelanggan? Untuk menambahkan, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan untuk membuatnya. Ini bisa menjadikan tag line Anda lebih indah, lebih lucu, atau bahkan bisa lebih unik. Berikut beberapa kriteria yang harus dipenuhi:

Mengandung makna yang jelas

Tak hanya sekedar sederhana dan enak didengar, namun harus memiliki makna yang jelas. Dari beberapa kata yang digunakan, ini telah menjelaskan target, produk, manfaat, misi dan keunggulan. Jangan coba untuk membuat konsumen bertanya-tanya tentang produk Anda. Intinya, to the point! Buat agar tag line Anda mudah diingat dan melekat.

Spesifik

Hindari untuk membuat tag line yang terlalu umum. Pastikan ini mengarahkan agar konsumen tertarik untuk produk Anda.

Mudah diingat

Dengan sedikit kata-kata, tagline harus menjadi hal yang bisa membuat produk Anda diingat. Jika mudah diingat, konsumen akan terus terngiang dengan produk Anda ke depannya. Ini bisa mengarahkan mereka untuk mencoba produk Anda.

Hindari konotasi negatif

Pilih kata yang memiliki konotasi positif. Dengan energi positif yang dikirimkan melalui tag line produk Anda, ini tidak akan memicu kesalahpahaman. Juga, lebih baik hindari membuat ambigu dalam kata yang dipilih.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada sesi ini semoga artikel dari Markey selalu bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda!

Mengenal Potensi Real Estate dan Keuntungannya

0
real estate

Menjadi seorang pengembang real estate merupakan langkah bisnis sekaligus investasi yang menguntungkan. Bisnis dibidang properti ini memang sudah tak diragukan lagi dapat mendatangkan omset hingga miliaran rupiah.

Bisnis properti pun tidak akan pernah mati dipasaran, sebab masyarakat akan selalu membutuhkan bangunan untuk hunian, kantor, atau tempat usaha pribadi. Berbisnis jual beli properti menjadi hal yang cocok untuk dilakukan, terutama jika Anda ingin memiliki bisnis sampingan tetapi tidak memiliki begitu banyak waktu luang.

Membuka bisnis dibidang aset gedung dan tanah akan menarik minat banyak investor untuk berinvestasi pada usaha Anda. Terlebih di Indonesia sendiri, masih terdapat ribuan hingga jutaan orang yang selalu membutuhkan aset bangunan. Bahkan, harga aset properti di Indonesia selalu naik disetiap tahunnya.

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan menjadi miliarder. Ingin tahu bagaimana memulai investasi dibidang properti? Simak pembahasan artikel kali ini terkait seluk beluk dunia perdagangan dan investasi properti!

Menyelami Potensi Real Estate Indonesia

real estate

Bisnis properti atau real estate artinya sebuah aktivitas perdagangan yang bergerak khusus dibidang hunian. Secara lebih rinci, bisnis properti artinya berdagang rumah, apartemen, villa, gedung kantor lengkap dengan aset tanah dan surat-suratnya.

Jadi, pebisnis properti umumnya menjual paket lengkap gedung dan tanah kepada konsumen, atau hanya tanah saja berdasarkan kebutuhan dan permintaan konsumen. Bisnis real estate Indonesia masih menjadi pilihan cukup banyak orang, sebab bisnis yang satu ini selalu berkembang dengan baik dari tahun ke tahun.

Harga real estate Indonesia pun selalu meningkat setiap tahun dan lebih stabil ketimbang bentuk investasi atau bisnis lain seperti saham dan emas. Anda juga bisa memilih investasi hunian sebagai opsi meraih pendapatan pasif guna menambah penghasilan.

Tipe Real Estate Menurut Jenis Konsumern

Terdapat 2 tipe hunian yang umum dijual oleh para real estate developer menurut jenis konsumen atau penggunanya. Kedua tipe tersebut adalah residential property dan commercial property. Perbedaan dari kedua ini adalah sebagai berikut:

Residential Property

Tipe properti pertama adalah residential atau hunian tempat tinggal. Residential property merupakan suatu kawasan yang kegunaannya ditujukan sebagai hunian seseorang atau pembelinya. Residential property tergolong kedalam properti non komersial.

Dalam suatu kawasan residential property, umumnya juga terdapat sejumlah bisnis kecil seperti toko, warung, minimarket, dan lainnya. Adapun contoh dari residential property adalah perumahan, apartemen, rumah susun, hingga suatu bangunan rumah biasa.

Commercial Property

Tipe properti kedua adalah kebalikan dari yang pertama, yakni commercial property. Sesuai namanya, jenis properti commercial adalah aktivitas jual beli properti untuk memenuhi kebutuhan komersil pembelinya.

Selain membutuhkan bangunan untuk hunian, manusia juga memerlukan bangunan untuk tempat usaha. Alhasil, seseorang bisa membeli sebuah gedung berposisi strategis untuk membuka usaha, lalu mendapatkan keuntungan dari usaha yang ia lakukan dalam gedung tersebut. Contoh properti commercial antara lain hotel, restoran, gedung-gedung kantor dan gedung-gedung toko kelontong.

Mengapa Investasi Real Estate? 3 Keuntungannya untuk Anda!

investasi, real estate

Bisnis properti juga merupakan suatu bentuk investasi, atau dikenal juga sebagai real estate investment. Ada 3 keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjalani investasi properti. Apa sajakah? Berikut jawabannya:

Nilai Investasi Selalu Meningkat

Dibandingkan investasi lain yang nilainya selalu naik turun, investasi properti menawarkan kestabilitasan nilai yang jauh lebih kuat. Nilai investasi properti selalu naik dari tahun ke tahun sebab pasar akan selalu membutuhkan hunian.

Seiring berjalannya waktu, jumlah lahan kosong akan menipis sedangkan kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal selalu bertambah. Hal inilah yang menjadikan nilai investasi properti selalu kuat dimasyarakat.

Investasi yang Berada Sepenuhnya dalam Kendali

Keunggulan selanjutnya adalah Anda bisa mengendalikan investasi properti secara sepenuhnya. Pada investasi properti, Anda bisa menentukan tindakan sendiri untuk mengembangkan bisnis, mulai dari jenis properti, biaya sewa atau jual, biaya perawatan, hingga kapan serta bagaimana melakukan promosi properti kepada masyarakat. Semuanya bisa Anda atur dan sesuaikan dengan kemampuan diri.

Tidak Terpengaruh Inflasi

Harga bisnis properti umumnya tidak terpengaruh oleh situasi inflasi. Tidak peduli seperti apa kondisi perekonomian disuatu negara, harga properti akan tetap sama atau bahkan meningkat dari sebelumnya. Inilah mengapa mulai ada banyak orang yang beralih pada investasi properti sebab harganya yang tidak pernah jatuh meskipun situasi ekonomi sedang naik turun.

Tips Sukses Menjadi Pengembang Real Estate

real estate

Siapapun kini bisa menjadi seorang pebisnis properti yang sukses. Namun mewujudkan cita-cita tersebut juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Menjadi pebisnis sukses real estate artinya Anda harus siap meluangkan waktu untuk berusaha, belajar dan menerapkan strategi yang tepat untuk memaksimalkan hasil. Jangan risau, Kami sudah menyiapkan sejumlah tips sukses dalam berbisnis properti yakni:

Rajin Memposting Konten yang Menarik

Selayaknya berbisnis pada umumnya, kiat sukses berbisnis properti adalah dengan rajin “unjuk diri” dihadapan calon konsumen Anda. Agar konsumen tertarik dengan usaha Anda, cobalah untuk rajin memposting konten terkait bisnis diakun media sosial atau website khusus untuk bisnis.

Rajin memposting konten menarik dapat membangun brand dan kredibilitas perusahaan dimata masyarakat. Anda bisa mencoba memposting konten seperti informasi umum terkait dunia properti, cara memilih properti yang baik, atau menjawab pertanyaan yang sering membingungkan masyarakat terkait properti.

Sambil membuat informasi yang bermanfaat, Anda bisa sekalian menyisipkan promosi dari perusahaan. Semakin banyak Anda menunjukan diri pada konsumen, maka usaha akan semakin besar dan sukses.

Bekerjasama dengan Usaha Lokal

Tips selanjutnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan usaha lokal disekitar lokasi properti Anda. Tips ini sering diterapkan agar bisnis properti cepat berkembang. Semisal, Anda bekerjasama dengan tour guide untuk mengajak wisatawan menginap dihotel atau villa Anda. Anda juga bisa menyewakan gedung kepada pemilik usaha franchise dengan harga yang lebih rendah.

Memaksimalkan Kontak dengan Konsumen

Nilai perusahaan akan naik dimata konsumen dan juga calon konsumen dengan cara memaksimalkan kontak dengan mereka. Selalu tanggapi keluhan dan pertanyaan dari konsumen terkait properti Anda.

Gunakan juga saran dan masukan konsumen untuk meningkatkan kualitas bisnis. Anda juga bisa sering mengontak konsumen seperti memberikan pemberitahuan terkait cara merawat properti, pembayaran, dan penawaran layanan lain yang dapat meningkatkan kenyamanan konsumen selama menempati properti Anda.

Meningkatkan Kenyamanan dan Keamanan

Umumnya, konsumen selalu mempertimbangkan 3 aspek sebelum membeli sebuah properti keamanan, kenyamanan dan kecantikan properti. Konsumen akan langsung setuju untuk membeli hunian yang memberi rasa aman, nyaman sekaligus memiliki desain interior yang cantik.

Oleh sebab itu, selalu pastikan properti Anda berada dilingkungan yang aman atau memiliki satpam dan pos keamanan. Selain itu, selalu cek dan perbaiki komponen dalam properti seperti perabotan, atap, ketersediaan listrik dan air, dan lainnya. Menjaga kebersihan properti juga sangat dianjurkan agar hunian yang Anda jual tetap terlihat baik di mata calon konsumen.

Memiliki Logo Resmi Real Estate

Membuat sebuah real estate logo yang resmi akan menjadikan perusahaan Anda terkesan profesional sekaligus terpercaya oleh konsumen. Gunakan nama perusahaan yang singkat dan mudah diingat.

Kemudian, cobalah untuk membuat sebuah logo real estate yang sesuai menggambarkan citra perusahaan Anda. Selanjutnya, daftarkan bisnis Anda kepada lembaga hukum agar konsumen semakin merasa nyaman dan aman untuk berbelanja properti ditempat Anda. Selamat mencoba!

Pentingnya Menumbuhkan Sikap Profesional dalam Bekerja dan Berbisnis

0
arti profesional

Dizaman ini, tentunya mencari pekerjaan adalah hal yang sulit. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, misal minimnya pengalaman pekerjaan sekaligus kurang pengetahuan dalam dunia kerja.

Bahkan, saat seseorang sudah memiliki pekerjaan, mereka harus bisa mempertahankan pekerjaan tersebut, dengan cara mempertahankan profesionalisme dalam bekerja. Dan hal ini tentulah tidak mudah!

Seseorang harus beradaptasi dalam dunia kerja sekaligus memiliki kemampuan yang bagus, fokus dengan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki. Selain itu, sembari mempertahankan hal-hal tersebut, tentunya sikap profesional sangat dibutuhkan, seperti menjaga hubungan dengan relasi atau rekan kerja.

Demikianlah arti profesional dalam bekerja! Dan hal yang sama pun dibutuhkan dalam dunia bisnis, tapi dengan cara sekaligus tingkatan yang berbeda pula!

Lalu bagaimana ciri seseorang yang mampu memahami arti profesional? Berikut ini akan dibahas arti profesional beserta kiat-kiatnya, yang disusul dengan keuntungan dari memiliki profesionalisme!

Arti Profesional dan Kiat-Kiat Menjaga Profesionalisme

Arti-Profesional

Sikap profesional adalah syarat wajib yang harus dimiliki oleh seseorang saat bekerja disuatu perusahaan atau bahkan dalam dunia bisnis, dalam setiap kondisi. Seseorang dikatakan memiliki arti profesional didalam dirinya, apabila ia mampu memberikan yang terbaik dalam hal pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Mampu beradaptasi hampir disetiap kondisi, tetap fokus dan konsisten dengan pekerjaan. Dan yang tidak kalah penting adalah mampu memahami hubungan dengan relasi atau rekan kerja. Dengan memahami arti profesional didalam diri, tentu seseorang mampu memberikan dampak yang positif kepada perusahaan sekaligus kepada dirinya sendiri.

Berikut ini kiat-kiat menumbuhkan sekaligus menjaga profesionalisme dalam bekerja, yang tentunya berbeda dengan kiat-kiat untuk menumbuhkan dan menjaga profesionalisme dalam berbisnis! Kiat-kiat ini akan menuntun Anda untuk memiliki sekaligus menjaga arti profesional  dalam bekerja dibenak Anda.

Memiliki Bahasa yang Baik dan Tidak Bergosip

Perusahaan tempat Anda bekerja adalah lingkungan profesional, karena itu usahakan untuk memiliki tutur kata yang baik, agar tidak memicu aura negatif disekitar Anda. Seberapa lama pun Anda bekerja disuatu perusahaan, Anda tidak berhak mengeluarkan kata kasar. Tipsnya adalah jangan sampai Anda tergelincir dalam obrolan yang menggunakan kata kasar, bahkan sampai membicarakan rekan lain alias bergosip. Sebab hal ini membuat Anda terlihat buruk dimata rekan kerja Anda.

Apabila Anda masuk kedunia dimana gosip adalah hal yang wajar, usahakan untuk menjadi pendengar saja. Dengan menahan diri agar tidak berkata kasar apalagi bergosip berarti Anda sudah menghargai rekan kerja Anda dan hal ini termasuk profesionalitas kerja.

Anda sudah memasuki tahap awal untuk memiliki arti profesional dalam bekerja dengan menjalankan hal yang satu ini, karena berhubungan dengan pengendalian diri Anda dihadapan rekan Anda!

Memiliki Nilai Tambah

Saat Anda diterima disuatu perusahaan, tentunya artinya Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tetapi apabila Anda memiliki keterampilan lain, tentunya hal ini akan menjadi nilai tambah.

Saat perusahaan membutuhkan sesuatu untuk suatu peran, Anda sudah siap untuk melakukan tugas tersebut, dikarenakan sudah memiliki keterampilan yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda memiliki nilai plus dimata rekan Anda dan hal ini bagus untuk karir Anda kedepannya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk bisa meningkatkan kualitas diri melalui pengembangan keterampilan dan pengetahuan. Karena kualitas diri dalam hal peningkatan keterampilan, pengetahuan dan wawasan adalah faktor utama meningkatnya profesionalisme di dalam diri seseorang.

Memiliki Tujuan Dalam Bekerja

Dalam bekerja, selain memiliki tujuan untuk memajukan perusahaan tempat Anda bekerja, Anda juga harus memiliki tujuan pribadi. Anda harus terus memotivasi diri Anda untuk mencapai tujuan pribadi tersebut.

Hal ini bisa jadi, peningkatan kemampuan, mempelajari hal baru atau bahkan mencapai sesuatu yang diidamkan. Melalui ini, Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan sungguh-sungguh sekaligus dapat menjadi pekerja yang handal.

Dengan melakukannya, tentu Anda akan dapat memiliki arti profesional dalam bekerja yang sebenarnya. Sebab berhubungan dengan peningkatan kualitas diri seperti yang telah dipaparkan diatas.

Menghindari Mengeluh di Depan Tim Kerja

Menghindari hal semacam ini tentu membuat Anda juga memiliki arti profesional dalam diri Anda. Tidak semua hari akan menyenangkan, tetapi tidak juga semua hari akan terus kelabu.

Apabila mendapatkan hal buruk, sebisa mungkin jangan pernah membuat hal tersebut menurunkan semangat Anda dan pastikan semuanya selesai sebelum memasuki wilayah kantor. Tentunya hal ini akan membuat Anda terhindar dari emosi depan rekan kerja Anda.

Memiliki Integritas Sekaligus Kejujuran

Integrity

Menumbuhkan karakter ini, tentu tidak akan pernah merugikan Anda, dimanapun Anda bekerja. Integritas menyangkut soal hati nurani yang meliputi, pertama ketulusan dan yang kedua adalah komitmen.

Orang yang berintegritas pasti memiliki kejujuran sekaligus karakter yang kuat. Apa saja ciri orang yang berintegritas? Apabila Anda sudah dapat konsisten dalam melaksanakan suatu tindakan, sikap, nilai sekaligus ekspektasi, berarti Anda adalah orang yang berintegritas.

Apabila karakter ini Anda tumbuhkan terus, maka Anda akan memiliki arti profesional di dalam diri Anda. Demikian kiat-kiat untuk menumbuhkan sekaligus menjaga profesionalisme dalam diri Anda yang tentunya jika Anda praktekkan dalam kehidupan bekerja akan menumbuhkan arti profesional dalam diri.

Tentunya kiat ini akan berbeda dalam hal menumbuhkan profesionalisme diri Anda dalam kegiatan berbisnis. Sebagai contoh, dalam menumbuhkan arti profesional dalam kegiatan berbisnis, hal pertama yang harus Anda lakukan, membangun sistem yang melibatkan banyak sistem kompleks.

Sebagai contoh, sistem pembukuan, sistem supply bahan baku, pelayanan dan sistem lainnya. Sistem yang bagus akan membuat Anda merasa nyaman, akibat sebuah sistem yang terstruktur dan rapi sejak awal. Sementara sistem yang direncanakan dengan tidak matang, akan menciptakan kegagalan.

Apalagi  bisnis Anda melibatkan mitra bisnis sekaligus konsumen besar, tentu profesionalisme dalam bisnis akan membuat mereka lebih percaya pada bisnis Anda. Oleh karena itu, menumbuhkan sikap profesional didalam diri adalah hal penting dalam diri Anda dan jalan yang dilalui tidak mudah. Adapun manfaat dari menumbuhkan profesionalisme adalah sebagai berikut.

Manfaat Menumbuhkan Arti Profesional

manfaat

Manfaat bagi Kesehatan

Sikap profesional sekaligus positif bukan hanya tersenyum didepan publik. Semua akan percuma jika Anda sudah melakukan pekerjaan semaksimal mungkin tetapi terus mengeluh didepan umum. Itu semua hanya memperburuk keadaan.

Oleh karena itu, sikap profesional dan positif akan menjauhkan Anda dari stress yang tentunya buruk untuk kesehatan.

Menjadi Role Model atau Panutan

Sikap profesional Anda tentu akan memberikan kenyamanan kepada rekan kerja Anda, terutama saat mengajukan pertanyaan atau saran. Hal ini akan membuat Anda menjadi sekutu atau panutan bagi rekan kerja Anda. Andapun akan dipandang sebagai pekerja berkualitas di mata atasan.

Mendapatkan Kesempatan untuk Memimpin

Saat Anda menjadi panutan dalam tim, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya pada poin kedua, Anda akan dianggap manajemen sebagai pekerja yang memiliki kualitas kepemimpinan untuk memimpin suatu proyek kedepannya. Anggota tim Anda pun dapat langsung merespon kepemimpinan Anda dengan baik. Anda pun memiliki peluang untuk mendapatkan tanggung jawab tambahan sekaligus naik jabatan.

Demikian informasi mengenai kiat-kiat menjaga sekaligus menumbuhkan profesionalisme dalam diri Anda. Tentunya dengan profesionalisme dalam diri Anda selama ini, Anda bisa menjadi aset penting bagi perusahaan dan pada akhirnya berdampak pada karir Anda untuk menjadi semakin cemerlang!

[business-about]

Ulasan Perusahaan Go Public serta Manfaat dan Keuntungannya

0
perusahaan go public

Persaingan dalam dunia bisnis memang tidak akan pernah berakhir dan menuntut perusahaan membuat strategi agar dapat terus bersaing. Salah satu hal yang paling krusial adalah masalah keuangan atau modal. Sehingga perusahaan harus memikirkan cara agar mendapatkan pendanaan yang memadai. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah mengubah status perusahaan dari terbuka menjadi perusahaan go public.

Ada berbagai cara lainnya yang dapat dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk menyelesaikan permasalahan satu ini. Namun, cara satu ini adalah yang terbaik karena dapat membuat perusahaan Anda mendapatkan pendanaan yang memadai melalui saham akibat perubahan status perusahaan tersebut.

Apa sih perusahaan go public? Apa saja keuntungan yang akan didapatkan dengan mengubah status perusahaan menjadi terbuka? Untuk menemukan jawabannya, simak informasi dalam artikel ini hingga akhir ya!

Perusahaan Go Public adalah?

perusahaan go public

Perusahaan Go-public adalah perusahaan yang melakukan kegiatan penawaran saham atau efek kepada masyarakat (public) dengan tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaanya.

Perusahaan yang telah menyatakan diri sebagai perusahaan go public akan disebut dengan perusahaan Initial Public Offering (IPO), artinya perusahaan tersebut telah melakukan penawaran pasar perdananya kepada public atau masyarakat. Dengan begitu maka Bursa Efek Indonesia akan mencatatkan saham perusahaan tersebut.

Ada banyak sekali perusahaan yang telah melakukan perubahan status dari tertutup menjadi terbuka ini. Salah satu contohnya ialah Facebook dalam taraf internasional yang telah menjual sahamnya sejak tahun 2012 lalu.

Di Indonesia sendiri, beberapa contohnya ialah  PT Berkah Prima Perkasa (BLUE), PT MNC Vision Networks (IPTV), dan PT Envy Technologies Indonesia (ENVY). Ada banyak manfaat serta keuntungan yang akan didapatkan perusahaan setelah mengubah statusnya menjadi go public, diluar keuntungan dalam hal pendanaan. Apa sajakah itu?

Manfaat dan Keuntungan Perusahaan Go Public

perusahaan go public

Mendapat Pendanaan Baru Tak Terbatas

Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk merubah statusnya dari tertutup menjadi terbuka, maka keuntungan serta manfaat pertama yang akan didapatkan ialah mendapatkan sumber pendanaan baru yang tidak terbatas.

Hal ini karena, dengan melakukan penjualan saham kepada masyarakat umum, maka perusahaan otomatis akan mendapatkan modal tambahan untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan yang akan meningkatkan kapasitas dari perusahaan tersebut.

Di sisi lain, manfaat yang akan dirasakan perusahaan go public adalah meningkatnya nilai ekuitasnya dari perusahaan dan juga akses untuk mengeluarkan surat utang akan lebih mudah untuk dilakukan.

Meningkatkan Nilai Perusahaan

Dengan menjadi perusahaan go public, maka masyarakat atau public akan mendapatkan akses untuk memantau setiap data mengenai pergerakan nilai perusahaan. Artinya, kondisi keuangan perusahaan dapat diamati dan diketahui masyarakat luas.

Apabila terjadi peningkatan kinerja dalam operasional maupun keuangan perusahaan maka akan berdampak pada harga saham. Apabila terjadi peningkatan kinerja maka hal tersebut juga akan dilihat oleh masyarakat. Dengan begitu, value atau nilai perusahaan juga akan meningkat di mata publik.

Peningkatan nilai perusahaan di mata masyarakat secara langsung akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam hal penerbitan surat utang. Baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang, tentunya dengan tingkat bunga yang jauh lebih baik persaingannya.

Meningkatkan Citra Perusahaan

Manfaat selanjutnya yang akan dirasakan oleh perusahaan go public adalah meningkatnya citra perusahaan di mata public. Sebab perusahaan yang telah dimiliki secara umum atau public akan mendorong perusahaan memberikan keterbukaan dan transparansi untuk mengakses berbagai informasi yang diperlukan masyarakat.

Dengan keterbukaan tersebut, perusahaan dapat mengenalkan produk yang dijualnya secara luas. Produk yang dijual tersebut akan memiliki peluang yang cukup besar diterima masyarakat dan akan sangat membantu keberlangsungan bisnis perusahaan.

Keterbukaan informasi ini juga akan menguntungkan investor atau pemilik modal untuk menentukan perusahaan terbaik sebagai tempat melakukan investasi. Perubahan ini tidak memandang ukuran perusahaan, setiap perusahaan baik kecil maupun besar dapat mengubah statusnya.

Ini artinya, baik itu perusahaan besar atau perusahaan kecil dapat merasakan manfaat yang sama dalam hal memperdagangkan sahamnya di bursa efek. Ini juga berarti perusahaan kecil akan memiliki citra yang sama dengan perusahaan besar dan berpengalaman.

Meningkatkan Loyalitas Karyawan

loyalitas perusahaan, perusahaan go public

Keuntungan selanjutnya yang akan diperoleh perusahaan go public adalah meningkatnya loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Mengapa demikian? karena dengan diperdagangkannya saham di bursa efek, karyawakan perusahaan akan mendapat insentif, salah satu contohnya berupa saham.

Dengan melibatkan karyawan secara langsung dalam proses pertumbuhan serta perkembangan perusahaan, maka karyawan tersebut akan mempunyai “rasa memiliki” terhadap perusahaan.

Dengan memiliki ikatan emosional tersebut, maka karyawan akan bekerja dengan lebih baik dan professional. Sebab mereka akan sadar bahwa kinerja yang baik serta sikap professional akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dan secara tidak langsung bagi mereka sendiri.

Keberlangsungan Perusahaan

Manfaat dan keuntungan menjadi perusahaan go public berikutnya adalah kesempatan untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan menjadi lebih besar. Selain itu, ketika perusahaan mendapat masalah, persoalan itu tidak lagi menjadi tanggung jawab perusahaan sepenuhnya, melainkan melibatkan investor dan pihak pemegang saham.

Misalnya, ketika sebuah perusahaan dinyatakan bangkrut karena tidak mampu membayar hutangnya, maka seorang kreditur dapat melakukan upaya mengkonversi utang menjadi saham sebagai solusi. Kemudian, saham tersebut dapat diperdagangkan di bursa kepada publik dengan mekanisme perdagangan saham yang berlaku.

Bagi pemegang saham pendiri yang mungkin tidak begitu kompeten dalam menjalankan bisnis, dapat tetap menjalankan bisnis dengan mempercayakan pengelolaan perusahaan kepada pihak lain yang kompeten dan professional. Pemegang saham juga tidak akan kesulitan dalam mengawasi perkembangan perusahaan melalui laporan keuangan dan informasi lainnya yang memang bersifat terbuka dan transparan.

Insentif Pajak

Keuntungan sekaligus manfaat terakhir yang akan diperoleh perusahaan go public adalah penurunan insentif pajak. Hal ini merujuk pada PP No. 56 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah  No.77 Tahun 2013 mengenai Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Bagi Wajib Pajak Badan Dalam Negerti Yang Berbentuk Perseroan Terbuka.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa Wajib Pajak bagi perusahaan atau perseroan terbuka akan mendapatkan penurunan tarif pajak penghasilan atau PPh lebih rendah hingga sebesar 5%. Dengan catatan 40% saham yang telah dicatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah pemegang sahamnya minimal 300 investor.

Di sisi lain, dengan semakin banyaknya perusahaan yang memutuskan untuk go public, akan menguntungkan juga bagi perekonomian negara. Termasuk juga di Indonesia, sebab penerimaan pajak negara akan turut mengalami peningkatan sejalan dengan perkembangan pasar modal domestik.

Nah, sampai di sini pembahasan kami mengenai manfaat sekaligus keuntungan yang akan didapatkan oleh mereka yang mengubah status perusahaan, dari perusahaan terbatas menjadi perusahaan dengan status go public atau perusahaan terbuka.

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari perusahaan go public, tidak hanya dalam ranah keuangan tapi juga untuk citra dan nilai perusahaan di mata masyarakat. Mau dapat informasi menarik lainnya? Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog Markey. Sampai berjumpa di artikel berikutnya, semoga membantu!

Wireless LAN adalah : Pengertian, Fungsi dan Jenis Wireless LAN Card

0
wireless LAN

Kita hidup di zaman di mana kemajuan teknologi berada pada puncaknya. Khususnya, ada elemen penting dari transmisi jaringan di dunia teknologi. Ada transmisi jaringan yang biasa kita sebut dengan Wireless LAN adalah singkatan dari Wireless Local Area Network.

Pada catatan ini, Wireless LAN adalah nirkabel yang menunjukkan transmisi area lokal dengan menggunakan internet di mana transmisi melalui gelombang radio. Khususnya, distribusi Wireless LAN adalah melalui gelombang frekuensi radio yang memiliki titik akses di internet.

Pada Artikel kali ini akan dibahas mengenai Wireless LAN yang terdiri dari pengertian, fungsi, dan jenis LAN Card serta beberapa aspek penting pada Wireless LAN.

Pengertian Wireless LAN

LAN-2 
wireless LAN adalah

Wireless LAN adalah jaringan yang memungkinkan perangkat untuk terhubung dan berkomunikasi secara nirkabel. Berbeda dengan LAN yang menggunakan kabel secara tradisonal, di mana biasanya perangkat berkomunikasi melalui kabel Ethernet, sementara perangkat pada Wireless LAN mengakses jaringan dengan WIFI

Wireless LAN adalah ekstensi ke jaringan kabel saat ini atau alternatifnya. Wireless LAN memiliki kecepatan transfer data mulai dari 1 hingga 54 Mbps, dengan beberapa perusahaan menawarkan solusi 108Mbps.

Sinyal Wireless LAN dapat disiarkan untuk mencakup area dengan ukuran mulai dari kantor kecil hingga kampus besar. Paling umum, jalur akses Wireless LAN menyediakan akses dalam radius 65 hingga 300 kaki. Perlu dicatat bahwa IEEE 802.11 adalah standar yang menjadi dasar sebagian besar LAN nirkabel modern.

 Karena perangkat nirkabel semakin populer, begitu pula Wireless LAN. Router nirkabel berfungsi sebagai stasiun pangkalan, yang menyediakan koneksi nirkabel ke perangkat apa pun yang mendukung Wi-Fi dalam jangkauan sinyal nirkabel router.

Perangkat ini termasuk laptop, smartphone, perangkat nirkabel, televisi, maupun smart house lainnya. Router nirkabel sering menyambungkan ke modem kabel atau perangkat lain yang terhubung ke internet untuk menyediakan akses internet ke perangkat yang terhubung.

Cara Kerja Wireless LAN

LAN-3 
wireless LAN adalah

Wireless LAN mencakup klien yang berbeda yang dapat berupa jalur akses atau klien nirkabel tergantung pada pengaturan. Stasiun klien dapat berupa apa saja mulai dari laptop hingga desktop atau seluruh stasiun kerja yang digunakan oleh pengguna di jaringan area lokal.

Titik akses nirkabel aps yang juga disebut sebagai router nirkabel adalah titik yang menerima sinyal dan mentransmisikan gelombang radio yang sama. Penting untuk dicatat bahwa perangkat seperti ponsel dan telepon IP dapat menjadi bagian dari jaringan klien. Jalur akses memastikan bahwa individu dapat mengirim data melalui jaringan nirkabel, baik melalui infrastruktur atau mode ad hoc. Dengan ad hoc, unit melakukan transmisi data melalui sistem peer to peer secara langsung.

Jalur akses telah disebut sebagai hub komunikasi di mana para pengguna LAN dapat berkomunikasi dengan jaringan distribusi kabel. Titik akses yang penting terus memberikan keamanan pada gelombang radio yang ditransmisikan menggunakan internet.  Pada catatan dokumen iklan, unit non-statis melakukan transmisi data mereka langsung dari peer to peer. Itu juga dilambangkan sebagai P2P.

Di sisi lain, mode yang dicatat sebagai infrastruktur melakukan transmisi data di antara perangkat seluler melalui titik akses yang sangat berfungsi sebagai perantara atau jembatan ke jaringan lain. Di kluster P2P Wi-Fi, pemilik kluster berfungsi sebagai titik masuk, dan setiap gadget lainnya adalah pelanggan.

Ada dua strategi mendasar untuk mengatur pemilik cluster di Wi-Fi Direct cluster. Dalam satu pendekatan, client mengatur pemilik agregat P2P secara fisik. Teknik ini disebut Autonomous Group Owner (GO yang memerintah sendiri). Dalam strategi kedua, juga disebut pembuatan cluster berdasarkan pengaturan, dua gadget bersaing dalam terang harga tujuan pemilik cluster.

Gadget dengan penghargaan tujuan yang lebih tinggi berubah menjadi pemilik kluster dan gadget kedua berubah menjadi pelanggan. Harga tujuan pemilik kluster dapat bergantung pada apakah gadget jarak jauh memainkan hubungan silang antara manfaat Wireless LAN yayasan dan gugus P2P, kekuatan yang tersisa dalam gadget jarak jauh, terlepas dari apakah unit jarak jauh seperti yang sekarang menjadi pemilik gugus di gugus lain serta kualitas flag yang didapat dari gadget remote primer.

Mode komunikasi nirkabel menggunakan media yang terbuka dan kurang pribadi, dan informasi ini dapat diakses oleh pihak ketiga yang tidak dimaksudkan dengan mudah. Pada catatan ini, para perancang Wireless LAN telah memasukkan metode untuk mengenkripsi transfer data.

Ini tidak terjadi pada LAN kabel karena keamanan sangat ditingkatkan mengingat bahwa media tidak terbuka. Metode enkripsi utama yang digunakan adalah privasi setara kabel, dan tujuan utamanya adalah untuk mengamankan jaringan nirkabel komputer. Menggunakan enkripsi, menjadi sulit bagi pihak ketiga yang mencoba mengakses jaringan.

Fungsi Wireless LAN & Wireless LAN Card

LAN-1 
wireless LAN adalah

Fungsi dari Wireless LAN adalah untuk digunakan mengakses jaringan berdasarkan jangkauan wilayah LAN atau yang dikenal dengan area lokal dengan menggunakan jaringan tanpa kabel (nirkabel) dengan frekuensi radio. Fungsi Wireless LAN Card adalah untuk membuat koneksi fisik ke jaringan- untuk menyediakan ‘pintu’ yang terbuka. Interface pertama yang didukung oleh Wireless LAN adalah Interface fisik melalui mana kabel dihubungkan ke kartu.

Interface didefinisikan dengan baik dalam dokumentasi teknis, itulah sebabnya kabel jaringan standar cocok dengan sebagian besar Wireless LAN Card standar.  Fungsi kedua Wireless LAN Card adalah untuk menyediakan tautan data. Dalam jaringan komputer terdapat model data yang biasa disebut dengan Open Systems Interconnection (OSI). Model ini, atau cara menjelaskan jaringan, mencakup tujuh lapisan.

Dua lapisan pertama adalah lapisan fisik dan tautan data. Setiap lapisan model OSI memungkinkan lapisan lain untuk independen. Memutakhirkan atau mengubah satu lapisan tidak memengaruhi yang lain. Ini berarti bahwa jika plugin berubah untuk semua Wireless LAN Card, elemen lain, seperti protokol, tidak perlu berubah.

Jenis Wireless LAN

Jenis Wireless LAN adalah sebagai berikut:

  • Wireless LAN rumah pribadi atau bisnis kecil: Wireless LAN rumah atau bisnis menggunakan satu atau dua titik akses untuk menyiarkan sinyal di sekitar radius 100 hingga 200 kaki. Anda dapat menemukan peralatan untuk memasang Wireless LAN rumah di banyak toko ritel.
  • Wireless LAN kelas perusahaan: Wireless LAN kelas perusahaan menggunakan sejumlah besar titik akses individu untuk menyiarkan sinyal ke area yang luas. Jalur akses memiliki lebih banyak fitur daripada peralatan Wireless LAN di rumah atau kantor kecil, seperti keamanan yang lebih baik, otentikasi, manajemen jarak jauh.

Jenis Wireless LAN Card

Jenis Wireless LAN Card adalah sebagai berikut:

PCI (Peripheral Component)

PCI merupakan perangkat Wireless yang memiliki bentuk kartu PCI yang tertanam di dalam sebuah PC, sehingga tidak memiliki perangkat embedded Wireless pada PC. PCI memiliki jangkauan sinyal yang kecil sehingga pengguna terkadang menggunakan antenna tambahan untuk menangkap sinyal

PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)

PCMCIA adalah perangkat yang biasanya dijumpai pada komputer maupun laptop jaman dulu dimana belum ada perangkat Wireless adapter yang telah terintegrasi seperti komputer ataupun laptop di jaman sekarang. PCMCIA hanya bisa digunakan pada laptop maupun netbook, sementara untuk penggunaan komputer membutuhkan tambahan hardware yang disebut holding

Wireless USB

Wireless USB mudah diperoleh di pasaran. Karena Wireless USB memiliki sifat mobile sehingga dapat langsung dipasang pada slot USB, dan tidak perlu lagi membongkar komputer maupun laptop Anda.

Jangan lupa temukan lebih banyak artikel menarik, informatif dan kaya wawasan lainnya hanya dari Markey, ya. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Ciri-Ciri Profesional | Perusahaan yang Profesional

0
profesional

Kata profesional sering diucapkan dan didengar dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, istilah profesional juga memberikan kesan dengan prestise tinggi bagi orang yang menyandangnya. Namun apa sesungguhnya arti kata profesional?

Profesional merupakan seseorang dengan keahlian khusus atau karir yang baik dibidang profesinya masing-masing. Jika Anda mampu menguasai bidang keilmuan yang Anda geluti atau memiliki jenjang karir yang baik, maka Anda sudah dinyatakan sebagai seorang profesional.

Seseorang yang profesional selalu dipercaya oleh banyak orang serta dijadikan sosok panutan untuk ditiru dan teladani. Salah satu miskonsepsi terhadap istilah profesional adalah banyak orang menyematkan gelar ini untuk orang dengan jabatan atau profesi berkelas seperti dokter, tentara, polisi, dan lainnya.

Sesungguhnya, istilah profesional dapat disandang oleh siapa saja, asalkan orang tersebut memang berkompeten dibidang yang digeluti. Oleh sebab itu, profesi kecil seperti seorang pedagang toko kelontong, guru bimbel, atau barista minuman pun dapat dikatakan profesional jika mereka memang memiliki skill, pengetahuan yang baik disetiap bidangnya.

Jadi, Anda pun dapat menjadi sosok yang profesional mulai hari ini! Sudahkah Anda atau perusahaan bersikap selayaknya profesional kepada masyarakat? Mari simak artikel kali ini tentang ciri-ciri profesionalisme ditempat kerja.

Ciri-Ciri Profesional untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Kualitas-Diri

Siapa yang tidak ingin menjadi sosok profesional dan disegani oleh banyak orang? Menjadi sosok yang profesional memang akan menambah nilai diri Anda dimata orang lain, termasuk ditempat kerja.

Dengan menjadi seorang pegawai yang profesional, Anda akan disegani oleh rekan kerja ataupun atasan. Selain itu, Anda juga akan berpotensi untuk naik jabatan lebih cepat dibanding karyawan lain yang dinilai kurang profesional.

Jangan khawatir jika Anda masih merasa diri belum profesional. Anda bisa meningkatkan kualitas diri dengan berlatih agar bisa profesional. Ada sejumlah ciri-ciri profesional yang dapat Anda tiru dan teladani seperti:

Bertanggung Jawab

Sikap profesional pertama adalah bertanggung jawab. Cobalah untuk mulai bertanggung jawab dari hal kecil pada diri Anda seperti bangun tepat waktu, tidak bermain ponsel saat harus menyelesaikan pekerjaan, dan memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk beristirahat diluar jam kerja.

Berpengetahuan Luas

Selanjutnya adalah menambah pengetahuan Anda sendiri. Seseorang yang profesional umumnya memiliki pengetahuan luas, baik itu tentang hal yang dikuasainya ataupun hal general. Semakin banyak hal yang Anda ketahui, maka kualitas diri Anda juga akan semakin baik.

Berjiwa Loyal dan Menjunjung Tinggi Kode Etik

Ciri dari seorang profesional selanjutnya adalah memiliki jiwa yang loyal terhadap komunitas, organisasi, perusahaan hingga masyarakat disekitarnya. Orang profesional selalu rela berbakti dan mengabdi kepada masyarakat luas untuk memenuhi kebutuhan bersama. Selain itu, seseorang yang profesional selalu menjunjung tinggi kode etik dari apapun profesi yang dijalankannya seperti dokter, pegawai negeri, polisi, guru, dan lainnya.

Disiplin

Sikap seorang profesional yang keempat adalah bersikap disiplin dalam hampir semua hal. Sesungguhnya, sikap disiplin membawa banyak manfaat dalam kehidupan seperti bisa bekerja dengan efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi, menerapkan sikap disiplin dapat mendatangkan manfaat lebih dibandingkan sekadar tampak profesional saja. Jika Anda sudah bisa menerapkan gaya hidup disiplin, niscaya orang juga akan segan serta menjadikan Anda sosok panutan.

Memiliki Skill dan Attitude yang Baik

Ciri terakhir untuk membangun sikap profesional yang baik adalah dengan memiliki skill sekaligus attitude yang baik. Anda tidak bisa menjadi seorang profesional jika hanya berbekal pengetahuan luas saja.

Sebab, pengetahuan teoritis yang luas tidak akan berarti jika tidak dibarengi dengan skill serta attitude yang baik. Kesalahan banyak orang adalah menganggap diri mereka profesional dan “lebih tinggi” dibandingkan orang lain.

Sikap ini justru tidak baik sebab hanya akan menumbuhkan rasa arogan dan menjadikan Anda pribadi yang sombong.

3 Ciri-Ciri Profesionalisme Perusahaan dalam Melayani Konsumen

perusahaan

Mempertahankan rasa loyalitas konsumen menjadi sebuah hal yang harus dilakoni jika Anda ingin perusahaan senantiasa sukses. Cara termudah untuk mempertahankan konsumen adalah dengan melayani mereka secara profesional.

Untuk bisa mempraktekkan sikap profesional kepada konsumen, Anda perlu memahami 3 ciri-ciri profesionalisme perusahaan dalam melayani konsumen. Berikut pembahasannya:

Pelayanan yang Efektif, Mudah dan Sederhana

Keprofesionalitasan perusahaan dapat dilihat paling mudah dari mekanisme pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Pelayanan yang profesional dan disukai oleh mayoritas konsumen umumnya bersifat efektif, mudah sekaligus sederhana.

Konsumen tidak menyukai pelayanan yang rumit, melelahkan dan berbelit-belit. Jadi, penting bagi perusahaan Anda untuk selalu mengedepankan sistem pelayanan yang cepat, efektif, dan mudah untuk dilaksanakan demi memaksimalkan kenyamanan konsumen saat meraih tujuan mereka untuk berbelanja atau menggunakan jasa perusahaan.

Prosedur yang Jelas dan Transparan

Tips sukses bersikap profesional terhadap konsumen adalah dengan memberikan prosedur yang jelas serta transparan dari segi persyaratan, ketentuan, hingga garansi dan pertanggung jawaban pelayanan atau produk terhadap konsumen. Prosedur yang jelas dan transparan akan menumbuhkan rasa percaya dan aman dari konsumen bahwa perusahaan Anda memang profesional dan terpercaya.

Anda bisa mempertimbangkan untuk menampilkan hal berikut ini saat membuat rincian prosedur pelayanan perusahaan terhadap konsumen:

  • Penanggung jawab atas layanan yang diberikan, sehingga konsumen tahu kepada siapa harus mengadu jika pelayanan tidak sesuai standar.
  • Prosedur rinci tata cara pelayanan, termasuk syarat dan kebutuhan didalamnya.
  • Rincian waktu pelayanan, seperti hari dan jam operasional perusahaan.
  • Harga layanan dan jasa yang jelas, tujuannya agar setiap konsumen dapat mencocokkan jika harga yang ditawarkan telah sesuai dengan kualitas produk atau jasa.

Disiplin dan Tepat Waktu

Ciri pelayanan yang baik selanjutnya adalah bersifat tepat waktu. Konsumen akan merasa tidak puas dan mengecap perusahaan tidak profesional jika pelayanan dilakukan terlalu bertele-tele memakan waktu.

Agar citra perusahaan senantiasa baik, maka usahakan melayani konsumen secara cepat dan sesuai waktu yang memang dibutuhkan. Hindari sikap menunda pekerjaan karena akan memberikan dampak buruk juga terhadap bisnis seperti pekerjaan yang “membludak” untuk dibereskan, konsumen yang komplain, hingga pembatalan transaksi.

Konsumen akan lebih menyukai pelayanan yang cepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Contoh Sikap Profesional di Dunia Kerja

contoh

Anda telah melihat ciri-ciri profesional didunia kerja baik untuk pegawai ataupun perusahaan. Lantas seperti apa contoh sikap profesional dalam dunia kerja itu sendiri? Berikut kami punya beberapa contoh penerapan sikap dan ciri-ciri profesional didunia kerja yang bisa Anda tiru.

  • Seseorang pegawai profesional yang tidak membuang-buang waktu saat mengerjakan pekerjaannya. Ia akan menuntaskan semua kewajibannya dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab.
  • Seorang atasan yang tegas menghukum bawahan untuk kesalahan yang dibuat. Selain itu ia juga memberikan apresiasi kepada bawahan yang berprestasi dikantor. Sikap ini akan menumbuhkan nuansa keadilan pada kantor.
  • Seorang pekerja yang disiplin sekaligus dapat membagi waktu dengan baik untuk menyelesaikan satu pekerjaan dengan kepentingan yang lain. Ia tidak akan membiarkan gangguan tidak penting diluar pekerjaan (seperti kebiasaan bermain handphone) untuk mengganggu pekerjaan.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait ciri-ciri profesional ditempat kerja. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda sekaligus menjadi pedoman agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih profesional, ya. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa diartikel menarik lainnya dari kami!

 

Karir Adalah : Tips Perencanaan Karir yang Baik dan Tertata

0
karir adalah

Setiap orang pasti ingin memiliki sebuah pekerjaan yang baik dari hobi atau hal yang disukai. Namun, tidak sedikit orang yang kemudian bekerja tetapi pada bidang yang tidak disukainya dengan terpaksa karena tidak mendapatkan kesempatan. Maka dari itu, perencanaan karir adalah hal yg sangat penting.

Banyak orang yang kemudian mengalami stress karena pekerjaan mereka. Hal seperti ini harus dihadapi sebaik mungkin, dengan cara mempersiapkan diri, terutama bagi Anda, kamu anak milenial.

Anda harus mampu memahami diri Anda, lingkungan sekitar, dan juga kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk menyiapkan karir Anda. Yuk terus ikuti artikel yang satu ini hingga akhir untuk menemukan informasi seputar karir!

Pengertian Karir Adalah

karir adalah

Karir adalah suatu rangkaian perilaku yang memiliki keterkaitan dengan pengalaman atau aktivitas kerja dalam rentang waktu kehidupan seseorang dan juga rangkaian aktivitas kerja dengan sifat berkelanjutan. Dalam definisi lain, pengertian karir merupakan semua jabatan ataupun pekerjaan yang dipegang atau dimiliki selama masa kehidupan kerja seseorang.

Karir dapat menjadi hal yang menunjukkan peningkatan status kepegawaian Anda dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan sesuai pekerjaan yang telah ditentukan dalam organisasi atau perusahaan tersebut.

Dengan begitu, karir dapat menunjukkan perkembangan karir seseorang atau individu pada jenjang yang telah diraih selama bekerja pada sebuah organisasi. Untuk mendapatkan perkembangan karir yang baik, tentunya Anda harus memiliki perencanaan karir yang matang.

Perencanaan karir adalah sebuah perencanaan yang dibuat seseorang terkait kemungkinan untuk melalui proses kenaikan pangkat ataupun jabatan sesuai dengan syarat serta kemampuan yang dimiliki.

Mengapa Perencanaan Karir Penting?

Perencanaan karir merupakan hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan karena akan berpengaruh pada perkembangan karir Anda nantinya. Perkembangan karir adalah peningkatan pribadi yang dilakukan seorang individu untuk meraih suatu peningkatan dari departemen dan meraih sebuah rencana kerja sesuai dengan jalur atau jenjang pada suatu organisasi.

Dengan memiliki rencana karir yang matang, maka Anda telah memiliki peta yang akan membawa Anda untuk mencapai perkembangan karir yang telah Anda rencanakan. Memiliki perencanaan karir yang matang juga akan menjadikan Anda termotivasi dalam bekerja untuk melakukan yang terbaik, sebab Anda telah memiliki target yang harus segera diwujudkan.

5 Tips Menemukan Karir yang Tepat

karir adalah

Memilih dan menentukan pekerjaan yang tepat memang merupakan hal paling mendasar dan merupakan langkah pertama untuk membuat perencanaan karir. Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menemukan karir yang tepat.

Pelajari Pilihan Karir

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menemukan karir adalah dengan berinisiatif untuk mencari berbagai hal terkait pekerjaan yang Anda minati dan menjadi pilihan Anda. Temukan dan tentukan beberapa pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda dan juga besaran gaji yang akan Anda terima untuk pekerjaan tersebut.

Anda juga dapat mengeksplor lebih jauh mengenai pekerjaan yang menjadi incaran Anda dengan mengikuti magang ataupun paruh waktu. Semakin banyak perencanaan karir yang Anda lakukan, semakin baik persiapan Anda menemukan pekerjaan pertama.

Prioritaskan Karir yang Akan Anda Lakukan

Setelah Anda melakukan tips pertama, maka Anda telah memiliki beberapa preferensi untuk pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Penting untuk mengetahui dan memahami diri sendiri, dengan begitu Anda dapat menentukan pekerjaan apa yang paling cocok untuk Anda dan membuat pekerjaan tersebut mudah dijalankan.

Pertimbangkan Hobi

Berhubungan dengan tips sebelumnya yaitu memahami diri Anda, hobi merupakan pertimbangan yang tidak boleh Anda abaikan. Tulislah berbagai hobi yang senang Anda lakukan, buatlah catatan apa yang membuat Anda senang melakukan hobi tersebut.

Hubungkan dengan Mimpi Anda

Setiap orang memiliki mimpi untuk masa depan dan ingin diwujudkan. Coba ingat kembali mimpi Anda, apa yang Anda sukai dan ingin Anda wujudkan suatu hari nanti dapat menjadi motivasi tersendiri bagi Anda dalam menjalankan sebuah pekerjaan.

Keluar dari Zona Nyaman

Cobalah untuk keluar dari zona nyaman Anda dan mulailah mencoba hal baru. Merasa tidak nyaman adalah proses untuk sebuah pertumbuhan yang harus Anda coba.

Anda tidak akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik jika terus berada pada zona nyaman. Tantanglah diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang tidak pernah Anda lakukan sebelumnya.

Jika sebelumnya Anda selalu memperdulikan kritikan orang lain, cobalah untuk membuat keputusan sendiri dan menjalankannya tanpa harus terpengaruh oleh orang lain dan berbagai hal lainnya.

Membuat Perencanaan Jenjang Karir yang Baik

karir adalah

Berikut berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk mulai membuat perencanaan jenjang karir Anda.

Tentukan Visi Anda

Langkah awal perencanaan jenjang karir adalah dengan menentukan visi Anda. Jika belum, coba tanyakan kepada diri Anda apa yang Anda ingin capai di masa mendatang. Bayangkan akan menjadi apa diri Anda 5 tahun, 10 tahun, atau 20 tahun kedepan. Setelah mengetahui visi tersebut, ujilah dengan cara bertanya pada diri sendiri, apakah Anda serius menginginkannya?

Kenali Kelebihan dan Kelemahan diri

Langkah berikutnya dalam perencanaan jenjang karir adalah mengenal diri Anda, terutama kelebihan dan kelemahan Anda. Mungkin mudah untuk mengetahui kelebihan diri, namun akan sulit untuk mengetahui kekurangan diri. Anda dapat mengatasinya dengan bertanya kepada beberapa orang terdekat Anda untuk mendapatkan penilaian objektif.

Review Pencapaian Anda

Terkadang orang lupa untuk mencatat prestasi yang pernah mereka raih. Padahal mencatat dan menyimpan catatan tersebut tidak hanya berguna pada saat membuat CV nantinya, tapi juga untuk pencapaian karir Anda. Ini akan menjadi gambaran masa lalu dan masa sekarang yang akan berguna untuk membuat perencanaan masa depan Anda.

Catat Keterampilan Anda

Rangkumlah apa saja keterampilan yang Anda miliki. Dengan memiliki rangkuman tersebut, Anda tidak harus fokus pada satu jenis pekerjaan saja, Anda dapat memilih pekerjaan lain sesuai kemampuan Anda. Jadi tidak perlu terus melamar dan ditolak pada satu jenis pekerjaan, sementara ada pekerjaan lain yang peluangnya lebih besar.

Analisa Tren dan Peluang

Meski telah memiliki keterampilan baik dan CV yang menarik, tetap saja Anda harus mencari lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan memiliki pengetahuan terkait tren dan peluang karir, maka Anda telah memulai langkah untuk mencapai kesuksesan.

Hal ini sangat penting untuk mengetahui pertumbuhan pekerjaan, terutama yang peminatnya sangat banyak. Ini juga sangat berguna agar Anda dapat menyesuaikan dan memperkuat posisi Anda dengan memiliki pengetahuan yang Anda butuhkan untuk pekerjaan tersebut.

Cerdas Merencanakan Karir

Langkah ini adalah poin utama, jika perencanaan jenjang karir adalah jangka pendek, maka buatlah rencana 2 sampai 3 tahun kedepan. Mulailah membuat rencana tahunan atau 6 bulanan Anda.

Gunakan kriteria SMART (specific, measurable, achievable, realistic, and time-bound) untuk setiap rencana yang Anda buat. Hal penting dari tahapan ini ialah melakukan atau bertindak sesuai dengan apa yang Anda rencanakan. Sebab tanpa eksekusi, sebagus apapun rencana Anda, itu hanyalah sekedar rencana, yang tidak berarti.

Evaluasi

Langkah terakhir dalam perencanaan jenjang karir adalah melakukan evaluasi perencanaan karir tersebut. Lakukanlah evaluasi setiap tahun secara rutin.

Ini sangat berguna untuk mengontrol dan memperbaiki berbagai hal yang mungkin terjadi diluar rencana Anda. Dengan melakukan evaluasi, Anda bisa menemukan cara baru yang lebih efektif untuk mewujudkan rencana Anda.

Misalnya dengan meningkatkan keterampilan dan pendidikan Anda. Dua hal ini merupakan hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan karena, karyawan yang berkualitas adalah kebutuhan untuk berbagai perusahaan. Lakukan evaluasi dan upgrade kualitas diri Anda. Sekian artikel kali ini, sampai berjumpa di artikel berikutnya. Semoga membantu!

Animasi Adalah : Tips Menghasilkan Animasi Berkualitas

0
animasi adalah

Animasi adalah salah satu bentuk konten yang dapat dinikmati masyarakat dari beragam kalangan. Tampilannya yang lucu dan menarik membuat animasi disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, animasi dapat dijadikan sarana iklan yang unik serta efektif.

Dewasa ini, banyak perusahaan menempuh teknik promosi dengan animasi. Strategi memperkenalkan produk melalui konten animasi dipilih sebab dapat disebarkan melalui beragam media. Contohnya seperti televisi, YouTube, dan media sosial lainnya.

Selain itu, beriklan dengan animasi memiliki keunggulannya tersendiri. Salah satunya di mana animasi tampak lebih menarik ketimbang tulisan-tulisan promosi saja. Alhasil, iklan Anda memiliki peluang besar untuk ditonton lebih banyak masyarakat.

Tertarik untuk mencoba berkarya dengan animasi? Yuk simak artikel kali ini lebih lanjut mulai dari apa itu animasi hingga cara membuat animasi sendiri dengan mudah. Semuanya telah kami kupas tuntas hanya untuk Anda.

Desain Animasi Adalah

animasi, animasi adalah

Animasi kerap kali diidentikkan dengan kartun. Animasi adalah sekumpulan gambar yang diatur serta disusun mengikuti suatu rangkaian pergerakan tertentu sehingga dapat “bergerak” ketika diberikan efek khusus. Pergerakan gambar ini juga terjadi menurut hitungan waktu tertentu.

Kata animasi diambil dari kata Bahasa Inggris “animate”. Animate berarti memberi jiwa atau menghidupkan benda mati sama seperti animasi. Saat membuat suatu animasi, Anda pastinya akan “menghidupkan” gambar-gambar tersebut agar dapat bergerak, bukan?

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa animasi adalah sebuah aransemen gambar yang ditampilkan menurut urutan waktu tertentu demi menciptakan kesan bahwa gambar tersebut bergerak. Ada 2 unsur penting yang membangun suatu animasi yaitu alur gerak dan objek gambar. Ingin tahu lebih banyak mengenai prinsip dan efek animasi? Mari beranjak ke pembahasan selanjutnya.

Prinsip Dasar Desain Animasi Adalah

animasi, animasi adalah

Bagaimana cara seseorang membuat atau mendesain suatu animasi? Terdapat beberapa prinsip dasar desain animasi yang harus Anda ketahui sebelum terjun ke proses penggarapan, yakni

Solid Drawing

Hal yang pertama dibutuhkan untuk membuat sebuah desain animasi adalah kemampuan menggambar alias solid drawing. Gambar yang bagus akan menjadikan hasil animasi terlihat bagus dan menarik. Prinsip solid drawing tak hanya sebatas membuat sebuah gambar yang bagus, tetapi juga melibatkan kemampuan mengatur gambar agar berada dalam komposisi yang pas.

Staging

Prinsip kedua animasi adalah menata gerak dan ekspresi objek dalam animasi agar lebih mudah dicerna oleh penonton. Di sini pula, Anda harus membuat objek animasi agar terlihat alami. Tujuannya tentu agar pergerakan animasi dapat terlihat lebih natural.

Slow In, Slow Out

Prinsip slow in, slow out merupakan bagian selanjutnya dari staging. Hanya saja, prinsip ini lebih mengatur waktu perpindahan antar scene dalam animasi.

Timing

Prinsip ini adalah prinsip untuk menentukan kemunculan waktu gerakan saat mendesain sebuah animasi.  Ini merupakan proses menentukan kapan objek diberikan suatu efek gerakan.

Archs

Prinsip terakhir dalam membuat sebuah animasi adalah archs, yakni proses pembuatan objek atau karakter terlihat lebih smooth dan natural. Tujuannya untuk menghasilkan gerakan animasi yang hidup sekaligus realistis.

Jenis-Jenis Animasi Menurut Teknik Pembuatannya

animasi, animasi adalah

Proses pembuatan animasi custom akan selalu bergantung pada efek tertentu agar dapat bergerak sesuai keinginan. Beberapa teknik dan efek animasi pada custom animasi adalah frame, cell, vektor, sprite, dan karakter. Penjelasan lebih lanjut terkait efek animasi pada custom animasi antara lain sebagai berikut:

Frame

Contoh efek animasi pada custom animasi adalah frame. Animasi frame merupakan rangkaian gambar yang ditampilkan bergantian. Animasi frame dikenal sebagai teknik dan efek animasi pertama sekaligus paling mendasar. Teknik ini akhirnya dikembangkan menjadi beragam metode lain dengan bantuan teknologi.

Penerapan metode animasi frame dapat Anda jumpai saat membuat suatu objek gambar dalam posisi berbeda-beda di beberapa halaman buku. Jika Anda membuka setiap halaman berisikan gambar secara cepat dengan jari, maka Anda akan menjumpai efek “bergerak” dari gambar tersebut.

Cell

Cell adalah cara membuat animasi yang populer dan sering digunakan banyak orang. Dalam sistem ini, setiap gambar atau “cell” merupakan lembaran-lembaran terpisah. Jadi, bagian-bagian ini akan digabungkan untuk bisa membentuk suatu animasi tunggal.

Melalui teknik pembuatan animasi ini, objek satu dan lainnya dalam animasi dapat dimungkinkan untuk bergerak bebas sendiri-sendiri sehingga animasi dapat menjadi lebih unik dan kreatif.

Vektor

Animasi vektor dibuat dengan menggunakan rumus matematika X dan Y dalam prosesnya. X untuk pergerakan ke samping (kiri-kanan), dan Y untuk pergerakan naik-turun.

Sprite

Cara kerja animasi sprite tampak mirip dengan vektor. Namun sistem sprite menggunakan latar belakang yang diam sedangkan objek digerakkan dari depan. Alhasil, teknik sprite banyak dipakai untuk membuat animasi yang terkesan bergerak secara mandiri seperti burung terbang, logo berputar, dan lainnya.

Karakter

Contoh teknik pembuatan animasi terakhir adalah karakter. Animasi karakter biasa kita jumpai dalam film animasi 3D dan juga kartun seperti Doraemon, Upin Ipin, dan Spongebob Squarepants. Teknik yang satu ini dinilai cukup rumit sebab semua bagian animasi bergerak bersamaan. Namun setiap objek juga bergerak dengan cara yang berbeda-beda.

3 Langkah Membuat Animasi Adalah

Ada beberapa rekomendasi software aplikasi yang dapat dipakai untuk membuat animasi di PC seperti Synfig Studio, Blender, dan Anime Studio. Selain itu, kini Anda pun bisa membuat animasi di Android dengan software rekomendasi seperti FlipaClip, Pencil2D Animation, OpenToonz, dan Draw Cartoons 2.

Apapun media yang Anda pilih untuk membuat animasi tidak akan mempengaruhi tahapan-tahapan pembuatan animasi itu sendiri. Ada 3 langkah sederhana untuk membuat animasi baik pada media PC ataupun smartphone, yakni

Memiliki Ide Cerita

Animasi yang baik selalu memiliki ide cerita dan pesan yang hendak disampaikan kepada penonton, termasuk animasi untuk iklan. Jadi, langkah paling pertama dalam proses pembuatan animasi adalah menentukan plot animasi.

Setelah mengetahui gambaran plot narasi yang hendak dijadikan animasi, segera tuangkan ide ke dalam storyboard. Storyboard berfungsi untuk memuat gambar dari setiap adegan dalam animasi secara berurutan.

Membuat Sketsa Gambar

Tahap selanjutnya adalah membuat sketsa gambar objek atau karakter dalam animasi. Sebuah karakter yang baik dalam animasi harus konsisten dari segi tampilan dalam setiap frame. Anda juga bisa menggambar objek dari beragam ekspresi dan sudut pandang. Selanjutnya, Anda harus mengupayakan agar transisi antar gambar dalam animasi dapat terjadi secara natural dan tidak kaku.

Mengecek Alur Gerakan Animasi

Setelah membuat sketsa gambar, mulailah untuk mengecek bagaimana alur gerakan animasi yang telah dibuat. Pastikan agar perpindahan setiap gambar berlangsung dengan mulus dan lancar. Jika animasi Anda masih berpindah dengan “patah-patah”, cobalah menggunakan efek lain untuk menghaluskan transisi gambar. Cobalah beragam efek hingga Anda menemukan efek yang paling sesuai untuk memperhalus animasi.

Setelahnya, Anda bisa melihat hasil animasi dengan mengggunakan kombinasi tombol keyboard. Kombinasi tombol keyboard untuk melihat hasil animasi adalah windows + tab dan F5. Kegunaan masing-masing kombinasi ini berbeda.

Jika animasi ditampilkan secara umum, kombinasi tombol keyboard untuk melihat hasil animasi yaitu windows + tab. Namun jika animasi ditampilkan pada Microsoft Power Point, maka kombinasi tombol keyboard untuk melihat hasil animasi yaitu F5.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait animasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan Anda, ya!