Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 95

15 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang untuk Android

0
aplikasi penghasil uang, rekomendasi aplikasi penghasil uang, dapat uang dari aplikasi, aplikasi penghasil uang terpercaya

Mau menghasilkan uang hanya dari bermain-main dengan Android Anda? Ada banyak aplikasi Android penghasil uang yang dapat Anda manfaatkan sebagai sumber pendapatan tambahan Anda. Meski memang jumlahnya tidak tetap bergantung pada Anda, namun jumlahnya tetap lumayan untuk membeli beberapa keperluan Anda.

Namun tentu saja tidak seinstan yang Anda bayangkan, sebab ada beberapa hal atau aturan yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan bayaran. Mulai dari survei, menonton iklan, mengunduh aplikasi, atau memainkan sebuah game. Setelah menyelesaikan berbagai tugas, Anda akan mendapatkan point untuk nantinya ditukarkan dalam mata uang dollar ketika telah memenuhi batas maksimum.

Anda dapat melakukan penukaran dengan aplikasi pembayaran virtual seperti Paypal dan Amazon Gift Card. Sudah tidak sabar mengetahui 15 aplikasi penghasil uang tercepat? Yuk langsung aja cek 15 aplikasi penghasil uang tercepat berikut ini!

15 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang untuk Android

aplikasi penghasil uang, rekomendasi aplikasi penghasil uang, dapat uang dari aplikasi, aplikasi penghasil uang terpercaya

1. Grab Points

Aplikasi Android penghasil uang dalam list pertama adalah Grab Point yang dapat diunduh pada smartphone Anda. Anda dapat menghasilkan uang melalui aplikasi ini dengan cara menyelesaikan berbagai tugas untuk mengisi survei dan menonton sebuah video.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan memberikan reward point kepada Anda jika berhasil mengajak teman Anda untuk ikut mengunduh aplikasi ini. Jika akumulasi point yang Anda hasilkan dari mengajak teman telah mencapai 100 point, Anda akan diberikan tambahan bonus 50 point.

Setelah menyelesaikan tugas tersebut, Anda akan diberikan point untuk nantinya Anda tukarkan dengan mata uang dollar. Semakin banyak point yang Anda dapatkan, tentu saja Anda akan memperoleh dollar semakin banyak. Selain dalam bentuk dollar, Anda juga dapat menukarkan point Anda ke dalam saldo akun pembayaran virtual.

Mulai dari Amazon, Starbucks, Paypal, hingga BestBuy, dan beragam metode pembayaran virtual lainnya. Namun, Anda harus menunggu 72 jam untuk mengkonversikannya, terhitung sejak waktu Anda melakukan penukaran point.

2. Cash Gift

aplikasi penghasil uang, rekomendasi aplikasi penghasil uang, dapat uang dari aplikasi, aplikasi penghasil uang terpercaya

Aplikasi Android penghasil uang tercepat berikutnya adalah Cash Gift. Yup, sama seperti sebelumnya, Anda juga harus menyelesaikan berbagai tugas seperti mengisi survei dan menonton iklan untuk mendapatkan point dan menghasilkan uang. Setelah menyelesaikan tugas baru Anda akan mendapatkan point yang jumlahnya berbeda, tergantung dari jenis tugas yang berhasil Anda selesaikan.

Cash Gift ini mengharuskan Anda mengumpulkan point dengan akumulasi 1000 point untuk menukarnya dengan 1 dollar. Sama seperti sebelumnya, untuk melakukan penarikan bisa dilakukan dengan pembayaran virtual yang Anda sukai. Untuk melakukan penukaran, Anda harus memiliki minimal 3000 point atau setara dengan 3 dollar.

3. Google Opinion Reward

Aplikasi Android penghasil uang tercepat satu ini adalah produk dari Google, jadi sudah pasti terpercaya. Anda hanya harus mengisi berbagai soal survei untuk menghasilkan uang. Jenis pertanyaan yang diberikanpun sangat sederhana dan mudah. Misalnya seputar rencana traveling Anda atau melakukan perbandingan logo yang menurut Anda paling menarik. Untuk menerima point, Anda harus sungguh-sungguh mengisi survei alias jangan asal jawab sebab jawaban Anda akan divalidasi pihak Google. Ketika jawaban Anda sudah tervalidasi maka Anda berhak menerima reward. Sayangnya, survei yang diberikan Google tidak selalu ada setiap hari, sehingga Anda harus bersabar.

4. Showbox

Berbeda dengan aplikasi Android penghasil uang sebelumnya, Showbox tidak meminta Anda mengisi survei, melainkan dengan memainkan sebuah game. Jadi untuk Anda yang memang senang bermain game, ini adalah pilihan terbaik. Dengan memainkan berbagai game pilihan, Anda akan mendapatkan reward sebesar 30-500 point lho! Setiap 1000 point yang telah Anda kumpulkan dapat ditukarkan dengan 1 dollar.

Untuk melakukan penarikan Anda harus memiliki point senilai 5 dollar dengan penarikan hanya melalui PayPal. Selain video, aplikasi satu ini juga menyediakan konten video untuk Anda tonton dan mendapatkan reward.

5. Whaff Rewards

aplikasi penghasil uang, rekomendasi aplikasi penghasil uang, dapat uang dari aplikasi, aplikasi penghasil uang terpercaya

Kalau aplikasi yang satu ini, termasuk jajaran aplikasi yang paling banyak diminati, terbukti dengan kenyataan game ini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play. Yang menjadi daya tarik aplikasi Android penghasil uang satu ini ialah rewardnya yang tidak menggunakan sistem point, melainkan langsung dengan dollar.

Jumlahnya bervariasi mulai dari 0.1 dollar sampai dengan 1 dollar. Namun tugas yang harus Anda lakukan bukanlah mengisi survei atau bermain game, namun mengunduh berbagai aplikasi yang ada di dalam Whaff lalu memainkannya.

6. Cash for Apps

aplikasi penghasil uang, rekomendasi aplikasi penghasil uang, dapat uang dari aplikasi, aplikasi penghasil uang terpercaya

Seperti Whaff Rewards, aplikasi Android penghasil uang satu ini juga mengharuskan Anda untuk mengunduh dan memainkan berbagai aplikasi yang disarankan Cash for Apps. Setelah menyelesaikan tugas, barulah Anda akan mendapatkan reward berupa point yang dapat ditukarkan dengan dollar. Point yang akan Anda dapatkan setelah menginstal dan memainkan sebuah aplikasi berkisar antara 50 – 400 point.

Namun berbeda dengan aplikasi lain yang rata-rata jumlah konversi dollar adalah 1000 point untuk satu dollar, dengan aplikasi satu ini Anda hanya membutuhkan 300 point untuk menukarnya dengan 1 dollar. Penukaran? Dapat dilakukan dengan berbagai pembayaran virtual seperti Paypal, Google Play, dan lain sebagainya.

7. Gift Wallet

aplikasi penghasil uang, rekomendasi aplikasi penghasil uang, dapat uang dari aplikasi, aplikasi penghasil uang terpercaya

Di aplikasi Android penghasil uang tercepat satu ini Anda harus memainkan game dan menonton iklan untuk mendapatan point. Biasanya Anda akan mendapat 5 point untuk sebuah permainan. Anda dapat mendapatkan point tambahan dengan merekomendaikan aplikasi ini melalui akun sosial media Anda. Namun dalam sehari batas maksimal point Anda ialah 90 point dengan minimal penarikan 1.510 point yang senilai 2 dollar. Penukaran dapat Anda lakukan dengan PayPal.

8. Baca Plus

Anda suka membaca? Aplikasi Android penghasil uang yang memiliki slogan “Baca berita terkini dan kumpulkan saldo setiap hari” ini pilihan terbaik Anda. Seperti namanya, Anda harus membaca artikel atau berita dan menyelesaikan misi tertentu untuk mendapatkan bayaran.

Di dalam aplikasi ini, disajikan lebih dari 250 sumber berita terpercaya dengan berita terupdate setiap harinya. Aplikasi ini juga mengklaim bahwa berita yang disajikan selalu up to date.

9. CashPop

aplikasi penghasil uang, rekomendasi aplikasi penghasil uang, dapat uang dari aplikasi, aplikasi penghasil uang terpercaya

Aplikasi satu ini tidak kalah menarik karena sistemnya yang tidak biasa. Jika sebelumnya Anda harus menyelesaikan berbagai tugas seperti survei atau bermain game, dengan aplikasi Android penghasil uang satu ini akan memberikan Anda reward untuk semua aktivitas yang Anda lakukan dengan ponsel Anda.

Anda akan mendapat reward hanya dengan chatting, mendengar music, browsing, dan aktivitas lain seperti biasanya pada ponsel Anda. Reward point yang Anda terima dapat Anda tukarkan dengan pulsa, kuota data, atau berbagai voucher belanja. Menarik sekali bukan?

10. Cashzine

aplikasi penghasil uang, rekomendasi aplikasi penghasil uang, dapat uang dari aplikasi, aplikasi penghasil uang terpercaya

Aplikasi Android penghasil uang tercepat terakhir ini memberikan reward kepada pengguna dengan membaca serta membagikan berita atau artikel yang ada. Dalam keterangannya di Play Store, aplikasi ini dirancang khusus bagi pengguna untuk melakukan berbagai tugas, membaca berita, untuk kemudian mendapatkan uang tunai. Opsi untuk penukaran sekaligus penarikan upah pun tidak harus menggunakan PayPal, cukup dengan rekening Anda saja, Anda sudah dapat melakukan penarikan. Lebih mudah bukan?

11. Fizzo Novel

Ingin mendapat uang dari aplikasi baca novel? Jika iya, maka Fizzo Novel adalah pilihan terbaik untuk Anda!

Fizzo Novel adalah aplikasi baca novel dan komik online gratis yang sedang viral karena terbukti membayar para penggunanya. Anda hanya perlu login dan membaca cerita yang disukai selama minimal 10 menit. Lalu Fizzo akan menghadiahi Anda sejumlah saldo rupiah secara otomatis.

Menariknya lagi, koin saldo Fizzo bisa langsung dicairkan ke e-wallet DANA kapan saja. Tersedia juga bonus sebesar 25 ribu rupiah jika berhasil mengundang teman sebagai pengguna baru Fizzo melalui kode referral.

12. Snack Video

Tidak lengkap rasanya jika membahas rekomendasi aplikasi penghasil uang tanpa menyebut Snack Video. Nama aplikasi penghasil uang terpercaya ini mulai populer sejak 2020 dan masih dipakai jutaan orang sampai sekarang.

Cukup instal Snack Video lalu tonton beragam koleksi video pendeknya untuk memperoleh bonus koin. Koin-koin inilah yang bisa Anda tukar nantinya dengan saldo Shopee maupun DANA. 

Pastikan untuk menonton video sebanyak mungkin karena hujan bonus koin biasanya terletak di hitungan video kelipatan 5 (video ke-5, 10, 15, dan seterusnya).

Namun cara tercepat untuk mendapat uang dari aplikasi Snack Video adalah melalui undangan kode referral. Setiap user akan diganjar 160 ribu rupiah per 1 orang yang berhasil ia ajak bergabung ke aplikasi. 

Bayangkan jika Anda berhasil mengajak 10 orang sehari. Maka Anda sudah bisa menghasilkan 1,6 juta hanya dari Snack Video!

13. Votee Apk

Ada juga Votee Apk yang sayang untuk dilewatkan. Berbeda dari aplikasi penghasil uang terpercaya lainnya, Votee menyediakan hadiah yang lebih besar berupa Dollar.

Cara main Votee Apk juga lumayan gampang. Anda bisa mengumpulkan Dollar melalui tugas-tugas kecil, seperti mengisi survey, menulis status, mengunggah foto, atau mempublikasikan kuesioner sendiri.

Namun tentunya Anda harus mempunyai akun PayPal untuk mempermudah penarikan sekaligus penukaran saldo Dollar ke Rupiah. 

14. NeoBank / Neo Plus

Tahukah Anda bahwa ada aplikasi bank online yang memberi banyak saldo gratis bagi nasabahnya? Ya, aplikasi unik tersebut benar-benar ada di Playstore bernama Neo Bank.

Neo Bank dulunya dikenal sebagai Neo Plus, yang juga merupakan salah satu aplikasi penghasil saldo DANA gratis. Anda bisa memilih Neo Bank sebagai sarana menabung sekaligus sumber cuan tambahan yang praktis.

Bagaimana cara pakainya? Pertama, Anda perlu mendownload dan mendaftar sebagai pengguna Neo Bank. Syaratnya hanya perlu KTP dan nomor telepon yang aktif saja.

Setelah punya akun, Anda bisa menggunakannya untuk menabung dan mengundang pengguna baru melalui kode referral. Ada bonus hingga 10 juta rupiah bagi pengguna Neo Bank yang rajin mempromosikan kodenya, lho

15. Helo

Rekomendasi aplikasi penghasil uang terbaik yang terakhir adalah Helo. Aplikasi penghasil uang terpercaya ini sudah diunduh lebih dari 10 juta orang di Playstore.

Mirip seperti aplikasi-aplikasi lainnya, kita bisa mendapat banyak uang melalui beragam strategi di Helo. Mulai dari melakukan registrasi pengguna baru, check in setiap hari ke app, bermain game, dan mengundang teman memakai kode referral.

Banyak orang sudah berhasil memperoleh hingga ratusan ribu rupiah dalam sebulan di Helo. Jadi mengapa tidak mencobanya juga? Selain saldo tunai, Anda juga bisa mendapat hadiah menarik lain seperti iPhone, voucher belanja dan cashback.

Itulah tadi ulasan terkait 15 rekomendasi aplikasi penghasil uang asli tercepat di smartphone Android yang bisa Anda coba. Tunggu apalagi? Segera tentukan aplikasi favorit Anda dan dapatkan uang tambahan dengan cara yang sangat mudah. Terima kasih telah membaca sampai akhir, sampai bertemu di artikel MARKEY lainnya. Semoga membantu!

Direct Marketing adalah : Konsep, Manfaat dan Tujuannya

0
direct marketing

Ada banyak cara untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, mulai dari menghubungi customer menggunakan telepon, mempromosikan dari pintu kepintu, hingga berkomunikasi secara langsung dengan para target pasar.

Lalu, apakah Anda sadar bahwa tipe promosi tersebut tergolong sebagai direct marketing atau pemasaran langsung? Tentunya Anda akan semakin penasaran dengan informasi yang satu ini bukan?

Berikut ini akan dibahas pengertian direct marketing officer adalah, serta konsep, manfaat sekaligus tujuan direct marketing. Tentu informasi dapat memperdalam wawasan Anda mengenai teknik marketing atau promosi!

Pengertian dan Konsep Direct Marketing

pengertian

Secara sederhana, pemasaran langsung atau direct marketing adalah suatu proses atau sistem pemasaran dimana orang atau organisasi melakukan kontak langsung dengan calon pelanggan atau calon pelanggan potensial untuk mengiklankan suatu produk atau jasa.

Sementara menurut opencolleges.edu.au, direct marketing officer adalah seseorang atau institusi yang dibayar untuk mempromosikan sebuah perusahaan atau produk klien atau layanan, sekaligus mengatur urusan stock atau inventory untuk periklanan.

Direct marketing officer juga memastikan bahwa brand yang mereka bawa konsisten dan kampanye mereka dibuat sesuai dengan petunjuk atau instruksi perusahaan yang membayar mereka.

Tentunya hal ini berbeda sekali dengan sifat iklan yang tidak fokus. Direct marketing adalah teknik yang dapat membuat pakar pemasaran atau pemasaran dapat mencapai tujuan secara lebih spesifik sekaligus menyampaikan pesan pribadi. Beberapa respon dari target konsumen yang dibidik agar dapat dihasilkan oleh direct marketing adalah, diantaranya:
Baca juga : Marketing Adalah ? (Pengertian dan Dasar-Dasarnya)

Penyelidikan (Inquiry)

Inqury adalah sebuah respon dari target konsumen yaitu memberikan informasi penting, untuk melakukan suatu observasi dan eksperimen demi menemukan solusi terhadap suatu masalah.

Dukungan (Support)

Dukungan atau support adalah respon berupa bentuk dukungan seorang konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Pembelian (Purchasing)

Pembelian atau purchasing adalah respon dari konsumen yang berminat dengan produk atau layanan yang diberikan dan kemudian melakukan pembelian.

Berdasarkan pemaparan diatas, tentu direct marketing adalah hal yang sangat berharga, dikarenakan dapat membidik calon pelanggan atau calon pelanggan pontensial secara langsung. Apabila hal ini dilakukan dengan benar, maka direct marketing adalah teknik yang dapat menghasilkan penjualan tinggi dengan biaya yang relatif rendah.

Kegiatan direct marketing adalah jenis kegiatan yang dapat dilakukan secara langsung tanpa adanya perantara sehingga dapat memangkas biaya promosi sekaligus menghasilkan keuntungan yang besar. Pentingnya direct marketing, tentu terdapat konsep yang berkaitan dengan hal ini yang dipaparkan oleh para ahli ekonomi dan pemasaran!

Pentingnya Direct Marketing Dipaparkan oleh Para Ahli Ekonomi

Para-Ahli-Ekonomi

Menurut Duncan, dalam Principle of Advertising & IMC

Menurut ahli yang satu ini, konsep direct marketing adalah jenis pemasaran dimana suatu perusahaan menjalin komunikasi secara langsung dengan konsumen.

Strategi berupa berkomunikasi secara langsung dianggap lebih efektif dikarenakan dapat berinteraksi sekaligus membuat database yang dapat dipergunakan untuk mengaktifkan komunikasi pemasaran dengan menggunakan berbagai media demi mendorong respon dari konsumen.

Menurut Kotler – Gary Amstrong, dalam Principles of Marketing

Pemasaran langsung adalah suatu sistem pemasaran yang menggunakan atau memanfaatkan berbagai media komunikasi dimasa kini sekaligus iklan untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen yang menjadi sasaran.

Pada umumnya, interaksi terjadi melalui telepon, email, atau bahkan bertemu konsumen secara langsung demi mendapatkan tanggapan secara langsung.

Menurut Suyanto, dalam Marketing Strategy

Direct marketing adalah, menurut ahli ini, suatu sistem pemasaran yang menggunakan atau memanfaatkan saluran langsung untuk menjangkau konsumen sekaligus menyediakan barang atau jasa kepada konsumen, tanpa menggunakan perantara untuk mendapatkan suatu tanggapan atau transaksi yang tentunya dapat diukur pada suatu tempat.

Manfaat Direct Marketing

Direct marketing tentunya memiliki beberapa manfaat. Manfaat tersebut dibagi menjadi beberapa macam, sesuai dengan jenis penggunanya. Manfaatnya direct marketing adalah sebagai berikut:

Manfaat Direct Marketing bagi Penjual

Manfaatnya adalah memberikan direct marketing officer kesempatan untuk memilih alternatif yang berbeda sekaligus tes pasar demi mendapatkan metode pemasaran paling efektif. Tidak hanya efektif, tetapi juga hemat.

Dengan menggunakan direct marketing, seorang direct marketing officer dapat memiliki tingkat fleksibilitas tinggi dalam hal memilih metode yang tepat, waktu sekaligus sarana yang tepat untuk menjangkau konsumen.

Hal ini juga bermanfaat untuk membantu seorang marketer dapat membuat penawaran sekaligus strategi yang sulit ditiru oleh pesaing lain.

Manfaat Direct Marketing bagi Pembeli atau Konsumen

Banyak sekali manfaat dari direct marketing, khususnya dalam hal pelayanan untuk memiliki suatu produk atau menikmati suatu layanan diantaranya:

  • Dapat memiliki kesempatan untuk terlebih dahulu mengetahui suatu spesifikasi produk, melalui katalog, email, dan sebagainya. Demi mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.
  • Merasa lega karena dapat mengenali sekaligus menemukan kelebihan dan kekurangan suatu produk.
  • Mendapatkan kenyamanan sekaligus kebebasan dikarenakan banyak pilihan dalam suatu katalog produk.
  • Merasa lega karena dapat membeli produk secara langsung dilokasi tanpa harus khawatirkan meninggalkan rumah mereka.

Manfaat direct marketing dapat dirasakan konsumen berdasarkan jenis produknya, yaitu produk eceran sekaligus produk industry.

Manfaat Direct Marketing bagi Konsumen Produk Eceran

  • Kegiatan belanja menjadi lebih mudah sekaligus hemat waktu karena dapat dilakukan dirumah.
  • Konsumen dapat melihat harga melalui katalog atau website sehingga dapat memiliki kebebasan dalam memilih barang sesuai dengan kebutuhan.
  • Konsumen dapat melakukan pembelian barang, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Manfaat Direct Marketing bagi Konsumen Produk Industri

Manfaat terakhir bagi konsumen produk industri adalah konsumen dapat mempelajari produk atau jasa yang ditawarkan secara lebih seksama. Hal ini membuat konsumen dapat menghemat waktu dikarenakan tidak perlu bertemu dengan para wiraniaga untuk menjelaskan produk yang dijual.

Adapun tujuan direct marketing khususnya bagi penjual adalah, adanya kemudahan dalam mengukur tanggapan atas promosi yang dilakukan, sekaligus dapat mengetahui jenis promosi yang paling efektif. Hal lainnya adalah, dapat mengkhususkan sekaligus menyesuaikan pesanan, sesuai dengan kebutuhan kelompok yang disasar.

Tujuan Direct Marketing

tujuan

Adapun tujuan direct marketing adalah, secara umum, memasarkan produk atau suatu layanan kepada konsumen dengan biaya pemasaran yang tentu lebih rendah. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena pemasaran langsung adalah proses pemasaran dengan menjalin kontak secara langsung kepada konsumen yang menjadi target sasaran.

Kontak ini tidak harus bersifat pribadi, tetapi dapat menggunakan media tertentu, tergantung dengan perkembangan teknologi. Sebagai contoh, email marketing, telemarketing, direct email atau catalog, dan lain sebagainya.Yang paling penting adalah, bagaimana Anda memilih media dan metode paling efektif dengan biaya efisien. Tentu penjelasan diatas akan menjawab mengapa harus menggunakan direct marketing.

Sebab, pemasaran langsung akan menciptakan respon pelanggan secara langsung (targeted customer). Hal ini membuat sebuah small business dapat memfokuskan sumber daya yang dimiliki yang sifatnya terbatas demi untuk dapat melakukan aktivitas pemasaran atau penjualan dengan hasil maksimal.

Strategi kampanye yang menggunakan strategi pemasaran langsung, menggunakan tindakan cepat, juga dapat mendongkrak penjualan sekaligus menciptakan pelanggan yang loyal. Selain itu dapat mempertahankan pelanggan lama dan mengenerate pelanggan baru.

Demikian informasi menarik mengenai direct marketing, yang dilengkapi dengan konsep dari para ahli, sekaligus manfaat dan tujuannya dalam marketing. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda untuk dapat mengembangkan teknik pemasaran produk atau layanan Anda.

Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.

Contoh Tagline Keren dan Tips Cara Membuat Tagline yang Menarik

0
tag line

Tag line telah melakukan keajaiban bagi pemasaran, dan mereka tidak sendirian. Ratusan perusahaan, dari Apple ke Microsoft hingga Nike, telah menggunakan tagline untuk menambah pemasaran mereka dan membuat pelanggan mengaitkan pesan dengan merek mereka. Seperti “Gak Ada Loe Gak Rame”. Mungkin frasa ini sering Anda dengar dan lihat.

Banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa yang sering mengucapkan kata-kata ini. Dan seperti yang kita tahu, “Gak Ada Loe Gak Rame” merupakan tagline dari sebuah perusahaan rokok yang terkenal, Sampoerna Hijau. Dalam tayangan iklan maupun iklan di berbagai media, kata-kata ini begitu melekat.

Di sisi lain, sebagai sebuah perusahaan rokok, pesan layanan masyarakat yang ditampilkan memang tidak bisa divisualkan secara langsung. Oleh karenanya, mereka menampilkan pesan melalui sebuah tagline perusahaan agar melekat di masyarakat

Ada fenomena psikologis yang disebut efek paparan belaka, di mana kita cenderung mengembangkan preferensi untuk hal-hal semata-mata karena kita mengenalnya. Inilah sebabnya mengapa tagline perusahaan bekerja dengan sangat baik. Mereka mudah diingat bagi pelanggan Anda dan membukanya hanya untuk efek paparan.

Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”

Apa Itu Tagline?

tagline

Ketika datang ke pemasaran, tagline adalah mantra bisnis Anda. Itu memberi tahu orang-orang siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan dalam beberapa kata singkat. Tujuan dari tagline adalah untuk menciptakan frase positif dan mudah diingat yang melekat di kepala pelanggan Anda dan membantu mereka mengidentifikasi merek dan pesan pemasaran Anda.

Tagline adalah sebuah kalimat pendek yang digunakan untuk promosi sebuah brand atau produk dagang suatu perusahaan. Bisa dibilang jika tagline adalah sebuah logo, namun berbentuk verbal.  Tagline biasanya tersusun tidak lebih dari 7 kata yang disertakan dalam logo suatu produk. Ini dibutuhkan oleh sebuah bisnis apa pun itu, baik online maupun offline marketing. Simak informasi selengkapnya!

Cara Membuat Tagline Iklan dan Contohnya

Dalam contoh tag line dari Sampoerna Hijau, bisa kita lihat sangat sederhana. Membuat satu frasa, namun gampang diingat bukan merupakan perkara yang mudah. Akan tetapi, Anda juga bisa mencoba membuat tagline keren sendiri. Dan di sini, akan dijelaskan cara membuat contoh tag line yang menarik, namun mudah.

Kenali target konsumen

Jenis produk dan jasa apa yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen? Siapa saja target yang ditujukan untuk produk maupun jasa yang Anda miliki? Ini perlu digarisbawahi sebelum memulai untuk membuat sebuah tagline keren. Kenali target konsumen Anda, dan pikirkan tagline keren dengan kata-kata sederhana, namun konsumen bisa merasa diistimewakan.

“Teman Bermain dan Belajar” jadi pilihan tagline untuk majalah Bobo. Target konsumennya sudah terlihat di sana. Yaitu untuk anak-anak yang ingin bermain sekaligus belajar. Ini juga sederhana dan mudah diingat. Juga, bisa digunakan untuk lebih menyaring target konsumen yang ingin ditujukan.

Ketahui keunggulan produk

Mengapa konsumen harus menggunakan produk maupun jasa yang Anda miliki? Keunggulan apa yang dimiliki oleh produk atau jasa Anda dibandingkan yang lain? Ketahui dan gali lebih dalam tentang produk Anda. Tentu saja, banyak pesaing di luar sana yang memiliki produk sama dengan yang Anda tawarkan. Ini adalah cara jitu untuk membuat tagline keren.

“Bukan Cuma Ayam” dari CFC merupakan tagline perusahaan yang menunjukkan keunggulan dari produk. CFC tentu saja memiliki menu ayam, namun mereka juga menawarkan berbagai menu selain ayam yang bisa Anda temukan di sana. Panasonic memiliki tagline “Ideas for Life”. Ini menyiratkan jika Panasonic sangat ideal untuk hidup Anda.

Tampilkan manfaat produk

Dengan menampilkan dan menonjolkan manfaat dari produk Anda di tag line, banyak konsumen yang akan mencari sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini juga bisa digunakan untuk menyaring konsumen, seperti pada tag line untuk target konsumen.

Tagline keren dari OLX, “Cara Tepat Jual Cepat” bisa menjadi contoh untuk tag line yang menampilkan manfaat produk. “Connecting People” milik Nokia juga merupakan tagline perusahaan yang menampilkan manfaat untuk bisa menghubungkan setiap orang.

Perjelas produk yang ditawarkan

Tagline yang sederhana, namun jelas apa yang Anda tawarkan juga bisa menjadi perhatian. Khusus untuk toko online, tagline ini bisa dijadikan identitas bisnis yang Anda lakukan. Anda bisa mencantumkan penawaran produk atau jasa yang Anda miliki. Livaza.com memiliki tagline “#1 Marketplace Furniture Indonesia”.

Sudah jelas jika situs web tersebut menawarkan barang-barang furnitur sebagai produk yang diunggulkan. Ada juga oke.com dengan tagline-nya “Toko Handphone Online Indonesia”. Sesuai dengan tagline mereka, tentu saja produk yang ditawarkan adalah kebutuhan untuk ponsel Anda.


Deskripsikan misi

Misi apa yang kalian ingin lakukan untuk produk yang Anda jual saat ini? Adakah manfaat misi dari usaha yang ditawarkan? Jika Anda memiliki usaha, tentu akan ada misi yang ingin dicapai, bukan? Misi usaha ini juga bisa menjadi ide untuk Anda membuat tag line yang tepat dan mudah diingat. Coba untuk memasukkan misi usaha Anda dalam sebuah frasa untuk menciptakan tagline keren.

“Memang Beda” dari tvOne menjadi tagline perusahaan yang mengedepankan misi. Tag line dari Pegadaian yang berupa “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”, juga merupakan contoh tag line yang menunjukkan misi usaha.

Memprovokasi

Pancingan atau provokasi bisa juga menjadi salah satu ide untuk tagline. Buat agar konsumen merasa jika produk lain bukan saingan dari produk Anda. Seperti obat nyamuk Tiga Roda dengan tagline “Nyamuk Sini Cuma Takut Tiga Roda”. Ada juga “Orang Pintar Minum Tolak Angin” yang menjadi tagline dari Tolak Angin.

Jadikan yang paling unggul

Tentu saja, ini bisa merupakan contoh tag line yang bisa Anda pakai. Dengan mengunggulkan produk atau jasa Anda, tentu konsumen akan merasa terjamin. Mereka bisa tahu jika mendapatkan produk yang terbaik. Tagline dari Teh Botol Sosro yang terkenal, “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro” merupakan salah satu tagline yang mengunggulkan diri. Juga “Jaminan Mutu” dari Baygon adalah salah satunya.

Kriteria Tagline yang Efektif

tagline

Dari beberapa metode yang bisa dilakukan, dan beberapa tagline perusahaan terkenal yang dicantumkan, sudahkah Anda mencoba untuk membuat tagline Anda sendiri? Dan apakah ini sudah cukup efektif untuk bisa menarik pelanggan? Untuk menambahkan, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan untuk membuatnya. Ini bisa menjadikan tag line Anda lebih indah, lebih lucu, atau bahkan bisa lebih unik. Berikut beberapa kriteria yang harus dipenuhi:

Mengandung makna yang jelas

Tak hanya sekedar sederhana dan enak didengar, namun harus memiliki makna yang jelas. Dari beberapa kata yang digunakan, ini telah menjelaskan target, produk, manfaat, misi dan keunggulan. Jangan coba untuk membuat konsumen bertanya-tanya tentang produk Anda. Intinya, to the point! Buat agar tag line Anda mudah diingat dan melekat.

Spesifik

Hindari untuk membuat tag line yang terlalu umum. Pastikan ini mengarahkan agar konsumen tertarik untuk produk Anda.

Mudah diingat

Dengan sedikit kata-kata, tagline harus menjadi hal yang bisa membuat produk Anda diingat. Jika mudah diingat, konsumen akan terus terngiang dengan produk Anda ke depannya. Ini bisa mengarahkan mereka untuk mencoba produk Anda.

Hindari konotasi negatif

Pilih kata yang memiliki konotasi positif. Dengan energi positif yang dikirimkan melalui tag line produk Anda, ini tidak akan memicu kesalahpahaman. Juga, lebih baik hindari membuat ambigu dalam kata yang dipilih.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada sesi ini semoga artikel dari Markey selalu bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda!

Mengenal Potensi Real Estate dan Keuntungannya

0
real estate

Menjadi seorang pengembang real estate merupakan langkah bisnis sekaligus investasi yang menguntungkan. Bisnis dibidang properti ini memang sudah tak diragukan lagi dapat mendatangkan omset hingga miliaran rupiah.

Bisnis properti pun tidak akan pernah mati dipasaran, sebab masyarakat akan selalu membutuhkan bangunan untuk hunian, kantor, atau tempat usaha pribadi. Berbisnis jual beli properti menjadi hal yang cocok untuk dilakukan, terutama jika Anda ingin memiliki bisnis sampingan tetapi tidak memiliki begitu banyak waktu luang.

Membuka bisnis dibidang aset gedung dan tanah akan menarik minat banyak investor untuk berinvestasi pada usaha Anda. Terlebih di Indonesia sendiri, masih terdapat ribuan hingga jutaan orang yang selalu membutuhkan aset bangunan. Bahkan, harga aset properti di Indonesia selalu naik disetiap tahunnya.

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan menjadi miliarder. Ingin tahu bagaimana memulai investasi dibidang properti? Simak pembahasan artikel kali ini terkait seluk beluk dunia perdagangan dan investasi properti!

Menyelami Potensi Real Estate Indonesia

real estate

Bisnis properti atau real estate artinya sebuah aktivitas perdagangan yang bergerak khusus dibidang hunian. Secara lebih rinci, bisnis properti artinya berdagang rumah, apartemen, villa, gedung kantor lengkap dengan aset tanah dan surat-suratnya.

Jadi, pebisnis properti umumnya menjual paket lengkap gedung dan tanah kepada konsumen, atau hanya tanah saja berdasarkan kebutuhan dan permintaan konsumen. Bisnis real estate Indonesia masih menjadi pilihan cukup banyak orang, sebab bisnis yang satu ini selalu berkembang dengan baik dari tahun ke tahun.

Harga real estate Indonesia pun selalu meningkat setiap tahun dan lebih stabil ketimbang bentuk investasi atau bisnis lain seperti saham dan emas. Anda juga bisa memilih investasi hunian sebagai opsi meraih pendapatan pasif guna menambah penghasilan.

Tipe Real Estate Menurut Jenis Konsumern

Terdapat 2 tipe hunian yang umum dijual oleh para real estate developer menurut jenis konsumen atau penggunanya. Kedua tipe tersebut adalah residential property dan commercial property. Perbedaan dari kedua ini adalah sebagai berikut:

Residential Property

Tipe properti pertama adalah residential atau hunian tempat tinggal. Residential property merupakan suatu kawasan yang kegunaannya ditujukan sebagai hunian seseorang atau pembelinya. Residential property tergolong kedalam properti non komersial.

Dalam suatu kawasan residential property, umumnya juga terdapat sejumlah bisnis kecil seperti toko, warung, minimarket, dan lainnya. Adapun contoh dari residential property adalah perumahan, apartemen, rumah susun, hingga suatu bangunan rumah biasa.

Commercial Property

Tipe properti kedua adalah kebalikan dari yang pertama, yakni commercial property. Sesuai namanya, jenis properti commercial adalah aktivitas jual beli properti untuk memenuhi kebutuhan komersil pembelinya.

Selain membutuhkan bangunan untuk hunian, manusia juga memerlukan bangunan untuk tempat usaha. Alhasil, seseorang bisa membeli sebuah gedung berposisi strategis untuk membuka usaha, lalu mendapatkan keuntungan dari usaha yang ia lakukan dalam gedung tersebut. Contoh properti commercial antara lain hotel, restoran, gedung-gedung kantor dan gedung-gedung toko kelontong.

Mengapa Investasi Real Estate? 3 Keuntungannya untuk Anda!

investasi, real estate

Bisnis properti juga merupakan suatu bentuk investasi, atau dikenal juga sebagai real estate investment. Ada 3 keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjalani investasi properti. Apa sajakah? Berikut jawabannya:

Nilai Investasi Selalu Meningkat

Dibandingkan investasi lain yang nilainya selalu naik turun, investasi properti menawarkan kestabilitasan nilai yang jauh lebih kuat. Nilai investasi properti selalu naik dari tahun ke tahun sebab pasar akan selalu membutuhkan hunian.

Seiring berjalannya waktu, jumlah lahan kosong akan menipis sedangkan kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal selalu bertambah. Hal inilah yang menjadikan nilai investasi properti selalu kuat dimasyarakat.

Investasi yang Berada Sepenuhnya dalam Kendali

Keunggulan selanjutnya adalah Anda bisa mengendalikan investasi properti secara sepenuhnya. Pada investasi properti, Anda bisa menentukan tindakan sendiri untuk mengembangkan bisnis, mulai dari jenis properti, biaya sewa atau jual, biaya perawatan, hingga kapan serta bagaimana melakukan promosi properti kepada masyarakat. Semuanya bisa Anda atur dan sesuaikan dengan kemampuan diri.

Tidak Terpengaruh Inflasi

Harga bisnis properti umumnya tidak terpengaruh oleh situasi inflasi. Tidak peduli seperti apa kondisi perekonomian disuatu negara, harga properti akan tetap sama atau bahkan meningkat dari sebelumnya. Inilah mengapa mulai ada banyak orang yang beralih pada investasi properti sebab harganya yang tidak pernah jatuh meskipun situasi ekonomi sedang naik turun.

Tips Sukses Menjadi Pengembang Real Estate

real estate

Siapapun kini bisa menjadi seorang pebisnis properti yang sukses. Namun mewujudkan cita-cita tersebut juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Menjadi pebisnis sukses real estate artinya Anda harus siap meluangkan waktu untuk berusaha, belajar dan menerapkan strategi yang tepat untuk memaksimalkan hasil. Jangan risau, Kami sudah menyiapkan sejumlah tips sukses dalam berbisnis properti yakni:

Rajin Memposting Konten yang Menarik

Selayaknya berbisnis pada umumnya, kiat sukses berbisnis properti adalah dengan rajin “unjuk diri” dihadapan calon konsumen Anda. Agar konsumen tertarik dengan usaha Anda, cobalah untuk rajin memposting konten terkait bisnis diakun media sosial atau website khusus untuk bisnis.

Rajin memposting konten menarik dapat membangun brand dan kredibilitas perusahaan dimata masyarakat. Anda bisa mencoba memposting konten seperti informasi umum terkait dunia properti, cara memilih properti yang baik, atau menjawab pertanyaan yang sering membingungkan masyarakat terkait properti.

Sambil membuat informasi yang bermanfaat, Anda bisa sekalian menyisipkan promosi dari perusahaan. Semakin banyak Anda menunjukan diri pada konsumen, maka usaha akan semakin besar dan sukses.

Bekerjasama dengan Usaha Lokal

Tips selanjutnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan usaha lokal disekitar lokasi properti Anda. Tips ini sering diterapkan agar bisnis properti cepat berkembang. Semisal, Anda bekerjasama dengan tour guide untuk mengajak wisatawan menginap dihotel atau villa Anda. Anda juga bisa menyewakan gedung kepada pemilik usaha franchise dengan harga yang lebih rendah.

Memaksimalkan Kontak dengan Konsumen

Nilai perusahaan akan naik dimata konsumen dan juga calon konsumen dengan cara memaksimalkan kontak dengan mereka. Selalu tanggapi keluhan dan pertanyaan dari konsumen terkait properti Anda.

Gunakan juga saran dan masukan konsumen untuk meningkatkan kualitas bisnis. Anda juga bisa sering mengontak konsumen seperti memberikan pemberitahuan terkait cara merawat properti, pembayaran, dan penawaran layanan lain yang dapat meningkatkan kenyamanan konsumen selama menempati properti Anda.

Meningkatkan Kenyamanan dan Keamanan

Umumnya, konsumen selalu mempertimbangkan 3 aspek sebelum membeli sebuah properti keamanan, kenyamanan dan kecantikan properti. Konsumen akan langsung setuju untuk membeli hunian yang memberi rasa aman, nyaman sekaligus memiliki desain interior yang cantik.

Oleh sebab itu, selalu pastikan properti Anda berada dilingkungan yang aman atau memiliki satpam dan pos keamanan. Selain itu, selalu cek dan perbaiki komponen dalam properti seperti perabotan, atap, ketersediaan listrik dan air, dan lainnya. Menjaga kebersihan properti juga sangat dianjurkan agar hunian yang Anda jual tetap terlihat baik di mata calon konsumen.

Memiliki Logo Resmi Real Estate

Membuat sebuah real estate logo yang resmi akan menjadikan perusahaan Anda terkesan profesional sekaligus terpercaya oleh konsumen. Gunakan nama perusahaan yang singkat dan mudah diingat.

Kemudian, cobalah untuk membuat sebuah logo real estate yang sesuai menggambarkan citra perusahaan Anda. Selanjutnya, daftarkan bisnis Anda kepada lembaga hukum agar konsumen semakin merasa nyaman dan aman untuk berbelanja properti ditempat Anda. Selamat mencoba!

Pentingnya Menumbuhkan Sikap Profesional dalam Bekerja dan Berbisnis

0
arti profesional

Dizaman ini, tentunya mencari pekerjaan adalah hal yang sulit. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, misal minimnya pengalaman pekerjaan sekaligus kurang pengetahuan dalam dunia kerja.

Bahkan, saat seseorang sudah memiliki pekerjaan, mereka harus bisa mempertahankan pekerjaan tersebut, dengan cara mempertahankan profesionalisme dalam bekerja. Dan hal ini tentulah tidak mudah!

Seseorang harus beradaptasi dalam dunia kerja sekaligus memiliki kemampuan yang bagus, fokus dengan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki. Selain itu, sembari mempertahankan hal-hal tersebut, tentunya sikap profesional sangat dibutuhkan, seperti menjaga hubungan dengan relasi atau rekan kerja.

Demikianlah arti profesional dalam bekerja! Dan hal yang sama pun dibutuhkan dalam dunia bisnis, tapi dengan cara sekaligus tingkatan yang berbeda pula!

Lalu bagaimana ciri seseorang yang mampu memahami arti profesional? Berikut ini akan dibahas arti profesional beserta kiat-kiatnya, yang disusul dengan keuntungan dari memiliki profesionalisme!

Arti Profesional dan Kiat-Kiat Menjaga Profesionalisme

Arti-Profesional

Sikap profesional adalah syarat wajib yang harus dimiliki oleh seseorang saat bekerja disuatu perusahaan atau bahkan dalam dunia bisnis, dalam setiap kondisi. Seseorang dikatakan memiliki arti profesional didalam dirinya, apabila ia mampu memberikan yang terbaik dalam hal pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Mampu beradaptasi hampir disetiap kondisi, tetap fokus dan konsisten dengan pekerjaan. Dan yang tidak kalah penting adalah mampu memahami hubungan dengan relasi atau rekan kerja. Dengan memahami arti profesional didalam diri, tentu seseorang mampu memberikan dampak yang positif kepada perusahaan sekaligus kepada dirinya sendiri.

Berikut ini kiat-kiat menumbuhkan sekaligus menjaga profesionalisme dalam bekerja, yang tentunya berbeda dengan kiat-kiat untuk menumbuhkan dan menjaga profesionalisme dalam berbisnis! Kiat-kiat ini akan menuntun Anda untuk memiliki sekaligus menjaga arti profesional  dalam bekerja dibenak Anda.

Memiliki Bahasa yang Baik dan Tidak Bergosip

Perusahaan tempat Anda bekerja adalah lingkungan profesional, karena itu usahakan untuk memiliki tutur kata yang baik, agar tidak memicu aura negatif disekitar Anda. Seberapa lama pun Anda bekerja disuatu perusahaan, Anda tidak berhak mengeluarkan kata kasar. Tipsnya adalah jangan sampai Anda tergelincir dalam obrolan yang menggunakan kata kasar, bahkan sampai membicarakan rekan lain alias bergosip. Sebab hal ini membuat Anda terlihat buruk dimata rekan kerja Anda.

Apabila Anda masuk kedunia dimana gosip adalah hal yang wajar, usahakan untuk menjadi pendengar saja. Dengan menahan diri agar tidak berkata kasar apalagi bergosip berarti Anda sudah menghargai rekan kerja Anda dan hal ini termasuk profesionalitas kerja.

Anda sudah memasuki tahap awal untuk memiliki arti profesional dalam bekerja dengan menjalankan hal yang satu ini, karena berhubungan dengan pengendalian diri Anda dihadapan rekan Anda!

Memiliki Nilai Tambah

Saat Anda diterima disuatu perusahaan, tentunya artinya Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tetapi apabila Anda memiliki keterampilan lain, tentunya hal ini akan menjadi nilai tambah.

Saat perusahaan membutuhkan sesuatu untuk suatu peran, Anda sudah siap untuk melakukan tugas tersebut, dikarenakan sudah memiliki keterampilan yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda memiliki nilai plus dimata rekan Anda dan hal ini bagus untuk karir Anda kedepannya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk bisa meningkatkan kualitas diri melalui pengembangan keterampilan dan pengetahuan. Karena kualitas diri dalam hal peningkatan keterampilan, pengetahuan dan wawasan adalah faktor utama meningkatnya profesionalisme di dalam diri seseorang.

Memiliki Tujuan Dalam Bekerja

Dalam bekerja, selain memiliki tujuan untuk memajukan perusahaan tempat Anda bekerja, Anda juga harus memiliki tujuan pribadi. Anda harus terus memotivasi diri Anda untuk mencapai tujuan pribadi tersebut.

Hal ini bisa jadi, peningkatan kemampuan, mempelajari hal baru atau bahkan mencapai sesuatu yang diidamkan. Melalui ini, Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan sungguh-sungguh sekaligus dapat menjadi pekerja yang handal.

Dengan melakukannya, tentu Anda akan dapat memiliki arti profesional dalam bekerja yang sebenarnya. Sebab berhubungan dengan peningkatan kualitas diri seperti yang telah dipaparkan diatas.

Menghindari Mengeluh di Depan Tim Kerja

Menghindari hal semacam ini tentu membuat Anda juga memiliki arti profesional dalam diri Anda. Tidak semua hari akan menyenangkan, tetapi tidak juga semua hari akan terus kelabu.

Apabila mendapatkan hal buruk, sebisa mungkin jangan pernah membuat hal tersebut menurunkan semangat Anda dan pastikan semuanya selesai sebelum memasuki wilayah kantor. Tentunya hal ini akan membuat Anda terhindar dari emosi depan rekan kerja Anda.

Memiliki Integritas Sekaligus Kejujuran

Integrity

Menumbuhkan karakter ini, tentu tidak akan pernah merugikan Anda, dimanapun Anda bekerja. Integritas menyangkut soal hati nurani yang meliputi, pertama ketulusan dan yang kedua adalah komitmen.

Orang yang berintegritas pasti memiliki kejujuran sekaligus karakter yang kuat. Apa saja ciri orang yang berintegritas? Apabila Anda sudah dapat konsisten dalam melaksanakan suatu tindakan, sikap, nilai sekaligus ekspektasi, berarti Anda adalah orang yang berintegritas.

Apabila karakter ini Anda tumbuhkan terus, maka Anda akan memiliki arti profesional di dalam diri Anda. Demikian kiat-kiat untuk menumbuhkan sekaligus menjaga profesionalisme dalam diri Anda yang tentunya jika Anda praktekkan dalam kehidupan bekerja akan menumbuhkan arti profesional dalam diri.

Tentunya kiat ini akan berbeda dalam hal menumbuhkan profesionalisme diri Anda dalam kegiatan berbisnis. Sebagai contoh, dalam menumbuhkan arti profesional dalam kegiatan berbisnis, hal pertama yang harus Anda lakukan, membangun sistem yang melibatkan banyak sistem kompleks.

Sebagai contoh, sistem pembukuan, sistem supply bahan baku, pelayanan dan sistem lainnya. Sistem yang bagus akan membuat Anda merasa nyaman, akibat sebuah sistem yang terstruktur dan rapi sejak awal. Sementara sistem yang direncanakan dengan tidak matang, akan menciptakan kegagalan.

Apalagi  bisnis Anda melibatkan mitra bisnis sekaligus konsumen besar, tentu profesionalisme dalam bisnis akan membuat mereka lebih percaya pada bisnis Anda. Oleh karena itu, menumbuhkan sikap profesional didalam diri adalah hal penting dalam diri Anda dan jalan yang dilalui tidak mudah. Adapun manfaat dari menumbuhkan profesionalisme adalah sebagai berikut.

Manfaat Menumbuhkan Arti Profesional

manfaat

Manfaat bagi Kesehatan

Sikap profesional sekaligus positif bukan hanya tersenyum didepan publik. Semua akan percuma jika Anda sudah melakukan pekerjaan semaksimal mungkin tetapi terus mengeluh didepan umum. Itu semua hanya memperburuk keadaan.

Oleh karena itu, sikap profesional dan positif akan menjauhkan Anda dari stress yang tentunya buruk untuk kesehatan.

Menjadi Role Model atau Panutan

Sikap profesional Anda tentu akan memberikan kenyamanan kepada rekan kerja Anda, terutama saat mengajukan pertanyaan atau saran. Hal ini akan membuat Anda menjadi sekutu atau panutan bagi rekan kerja Anda. Andapun akan dipandang sebagai pekerja berkualitas di mata atasan.

Mendapatkan Kesempatan untuk Memimpin

Saat Anda menjadi panutan dalam tim, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya pada poin kedua, Anda akan dianggap manajemen sebagai pekerja yang memiliki kualitas kepemimpinan untuk memimpin suatu proyek kedepannya. Anggota tim Anda pun dapat langsung merespon kepemimpinan Anda dengan baik. Anda pun memiliki peluang untuk mendapatkan tanggung jawab tambahan sekaligus naik jabatan.

Demikian informasi mengenai kiat-kiat menjaga sekaligus menumbuhkan profesionalisme dalam diri Anda. Tentunya dengan profesionalisme dalam diri Anda selama ini, Anda bisa menjadi aset penting bagi perusahaan dan pada akhirnya berdampak pada karir Anda untuk menjadi semakin cemerlang!

[business-about]

Ulasan Perusahaan Go Public serta Manfaat dan Keuntungannya

0
perusahaan go public

Persaingan dalam dunia bisnis memang tidak akan pernah berakhir dan menuntut perusahaan membuat strategi agar dapat terus bersaing. Salah satu hal yang paling krusial adalah masalah keuangan atau modal. Sehingga perusahaan harus memikirkan cara agar mendapatkan pendanaan yang memadai. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah mengubah status perusahaan dari terbuka menjadi perusahaan go public.

Ada berbagai cara lainnya yang dapat dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk menyelesaikan permasalahan satu ini. Namun, cara satu ini adalah yang terbaik karena dapat membuat perusahaan Anda mendapatkan pendanaan yang memadai melalui saham akibat perubahan status perusahaan tersebut.

Apa sih perusahaan go public? Apa saja keuntungan yang akan didapatkan dengan mengubah status perusahaan menjadi terbuka? Untuk menemukan jawabannya, simak informasi dalam artikel ini hingga akhir ya!

Perusahaan Go Public adalah?

perusahaan go public

Perusahaan Go-public adalah perusahaan yang melakukan kegiatan penawaran saham atau efek kepada masyarakat (public) dengan tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaanya.

Perusahaan yang telah menyatakan diri sebagai perusahaan go public akan disebut dengan perusahaan Initial Public Offering (IPO), artinya perusahaan tersebut telah melakukan penawaran pasar perdananya kepada public atau masyarakat. Dengan begitu maka Bursa Efek Indonesia akan mencatatkan saham perusahaan tersebut.

Ada banyak sekali perusahaan yang telah melakukan perubahan status dari tertutup menjadi terbuka ini. Salah satu contohnya ialah Facebook dalam taraf internasional yang telah menjual sahamnya sejak tahun 2012 lalu.

Di Indonesia sendiri, beberapa contohnya ialah  PT Berkah Prima Perkasa (BLUE), PT MNC Vision Networks (IPTV), dan PT Envy Technologies Indonesia (ENVY). Ada banyak manfaat serta keuntungan yang akan didapatkan perusahaan setelah mengubah statusnya menjadi go public, diluar keuntungan dalam hal pendanaan. Apa sajakah itu?

Manfaat dan Keuntungan Perusahaan Go Public

perusahaan go public

Mendapat Pendanaan Baru Tak Terbatas

Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk merubah statusnya dari tertutup menjadi terbuka, maka keuntungan serta manfaat pertama yang akan didapatkan ialah mendapatkan sumber pendanaan baru yang tidak terbatas.

Hal ini karena, dengan melakukan penjualan saham kepada masyarakat umum, maka perusahaan otomatis akan mendapatkan modal tambahan untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan yang akan meningkatkan kapasitas dari perusahaan tersebut.

Di sisi lain, manfaat yang akan dirasakan perusahaan go public adalah meningkatnya nilai ekuitasnya dari perusahaan dan juga akses untuk mengeluarkan surat utang akan lebih mudah untuk dilakukan.

Meningkatkan Nilai Perusahaan

Dengan menjadi perusahaan go public, maka masyarakat atau public akan mendapatkan akses untuk memantau setiap data mengenai pergerakan nilai perusahaan. Artinya, kondisi keuangan perusahaan dapat diamati dan diketahui masyarakat luas.

Apabila terjadi peningkatan kinerja dalam operasional maupun keuangan perusahaan maka akan berdampak pada harga saham. Apabila terjadi peningkatan kinerja maka hal tersebut juga akan dilihat oleh masyarakat. Dengan begitu, value atau nilai perusahaan juga akan meningkat di mata publik.

Peningkatan nilai perusahaan di mata masyarakat secara langsung akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam hal penerbitan surat utang. Baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang, tentunya dengan tingkat bunga yang jauh lebih baik persaingannya.

Meningkatkan Citra Perusahaan

Manfaat selanjutnya yang akan dirasakan oleh perusahaan go public adalah meningkatnya citra perusahaan di mata public. Sebab perusahaan yang telah dimiliki secara umum atau public akan mendorong perusahaan memberikan keterbukaan dan transparansi untuk mengakses berbagai informasi yang diperlukan masyarakat.

Dengan keterbukaan tersebut, perusahaan dapat mengenalkan produk yang dijualnya secara luas. Produk yang dijual tersebut akan memiliki peluang yang cukup besar diterima masyarakat dan akan sangat membantu keberlangsungan bisnis perusahaan.

Keterbukaan informasi ini juga akan menguntungkan investor atau pemilik modal untuk menentukan perusahaan terbaik sebagai tempat melakukan investasi. Perubahan ini tidak memandang ukuran perusahaan, setiap perusahaan baik kecil maupun besar dapat mengubah statusnya.

Ini artinya, baik itu perusahaan besar atau perusahaan kecil dapat merasakan manfaat yang sama dalam hal memperdagangkan sahamnya di bursa efek. Ini juga berarti perusahaan kecil akan memiliki citra yang sama dengan perusahaan besar dan berpengalaman.

Meningkatkan Loyalitas Karyawan

loyalitas perusahaan, perusahaan go public

Keuntungan selanjutnya yang akan diperoleh perusahaan go public adalah meningkatnya loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Mengapa demikian? karena dengan diperdagangkannya saham di bursa efek, karyawakan perusahaan akan mendapat insentif, salah satu contohnya berupa saham.

Dengan melibatkan karyawan secara langsung dalam proses pertumbuhan serta perkembangan perusahaan, maka karyawan tersebut akan mempunyai “rasa memiliki” terhadap perusahaan.

Dengan memiliki ikatan emosional tersebut, maka karyawan akan bekerja dengan lebih baik dan professional. Sebab mereka akan sadar bahwa kinerja yang baik serta sikap professional akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dan secara tidak langsung bagi mereka sendiri.

Keberlangsungan Perusahaan

Manfaat dan keuntungan menjadi perusahaan go public berikutnya adalah kesempatan untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan menjadi lebih besar. Selain itu, ketika perusahaan mendapat masalah, persoalan itu tidak lagi menjadi tanggung jawab perusahaan sepenuhnya, melainkan melibatkan investor dan pihak pemegang saham.

Misalnya, ketika sebuah perusahaan dinyatakan bangkrut karena tidak mampu membayar hutangnya, maka seorang kreditur dapat melakukan upaya mengkonversi utang menjadi saham sebagai solusi. Kemudian, saham tersebut dapat diperdagangkan di bursa kepada publik dengan mekanisme perdagangan saham yang berlaku.

Bagi pemegang saham pendiri yang mungkin tidak begitu kompeten dalam menjalankan bisnis, dapat tetap menjalankan bisnis dengan mempercayakan pengelolaan perusahaan kepada pihak lain yang kompeten dan professional. Pemegang saham juga tidak akan kesulitan dalam mengawasi perkembangan perusahaan melalui laporan keuangan dan informasi lainnya yang memang bersifat terbuka dan transparan.

Insentif Pajak

Keuntungan sekaligus manfaat terakhir yang akan diperoleh perusahaan go public adalah penurunan insentif pajak. Hal ini merujuk pada PP No. 56 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah  No.77 Tahun 2013 mengenai Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Bagi Wajib Pajak Badan Dalam Negerti Yang Berbentuk Perseroan Terbuka.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa Wajib Pajak bagi perusahaan atau perseroan terbuka akan mendapatkan penurunan tarif pajak penghasilan atau PPh lebih rendah hingga sebesar 5%. Dengan catatan 40% saham yang telah dicatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah pemegang sahamnya minimal 300 investor.

Di sisi lain, dengan semakin banyaknya perusahaan yang memutuskan untuk go public, akan menguntungkan juga bagi perekonomian negara. Termasuk juga di Indonesia, sebab penerimaan pajak negara akan turut mengalami peningkatan sejalan dengan perkembangan pasar modal domestik.

Nah, sampai di sini pembahasan kami mengenai manfaat sekaligus keuntungan yang akan didapatkan oleh mereka yang mengubah status perusahaan, dari perusahaan terbatas menjadi perusahaan dengan status go public atau perusahaan terbuka.

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari perusahaan go public, tidak hanya dalam ranah keuangan tapi juga untuk citra dan nilai perusahaan di mata masyarakat. Mau dapat informasi menarik lainnya? Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog Markey. Sampai berjumpa di artikel berikutnya, semoga membantu!

Wireless LAN adalah : Pengertian, Fungsi dan Jenis Wireless LAN Card

0
wireless LAN

Kita hidup di zaman di mana kemajuan teknologi berada pada puncaknya. Khususnya, ada elemen penting dari transmisi jaringan di dunia teknologi. Ada transmisi jaringan yang biasa kita sebut dengan Wireless LAN adalah singkatan dari Wireless Local Area Network.

Pada catatan ini, Wireless LAN adalah nirkabel yang menunjukkan transmisi area lokal dengan menggunakan internet di mana transmisi melalui gelombang radio. Khususnya, distribusi Wireless LAN adalah melalui gelombang frekuensi radio yang memiliki titik akses di internet.

Pada Artikel kali ini akan dibahas mengenai Wireless LAN yang terdiri dari pengertian, fungsi, dan jenis LAN Card serta beberapa aspek penting pada Wireless LAN.

Pengertian Wireless LAN

LAN-2 
wireless LAN adalah

Wireless LAN adalah jaringan yang memungkinkan perangkat untuk terhubung dan berkomunikasi secara nirkabel. Berbeda dengan LAN yang menggunakan kabel secara tradisonal, di mana biasanya perangkat berkomunikasi melalui kabel Ethernet, sementara perangkat pada Wireless LAN mengakses jaringan dengan WIFI

Wireless LAN adalah ekstensi ke jaringan kabel saat ini atau alternatifnya. Wireless LAN memiliki kecepatan transfer data mulai dari 1 hingga 54 Mbps, dengan beberapa perusahaan menawarkan solusi 108Mbps.

Sinyal Wireless LAN dapat disiarkan untuk mencakup area dengan ukuran mulai dari kantor kecil hingga kampus besar. Paling umum, jalur akses Wireless LAN menyediakan akses dalam radius 65 hingga 300 kaki. Perlu dicatat bahwa IEEE 802.11 adalah standar yang menjadi dasar sebagian besar LAN nirkabel modern.

 Karena perangkat nirkabel semakin populer, begitu pula Wireless LAN. Router nirkabel berfungsi sebagai stasiun pangkalan, yang menyediakan koneksi nirkabel ke perangkat apa pun yang mendukung Wi-Fi dalam jangkauan sinyal nirkabel router.

Perangkat ini termasuk laptop, smartphone, perangkat nirkabel, televisi, maupun smart house lainnya. Router nirkabel sering menyambungkan ke modem kabel atau perangkat lain yang terhubung ke internet untuk menyediakan akses internet ke perangkat yang terhubung.

Cara Kerja Wireless LAN

LAN-3 
wireless LAN adalah

Wireless LAN mencakup klien yang berbeda yang dapat berupa jalur akses atau klien nirkabel tergantung pada pengaturan. Stasiun klien dapat berupa apa saja mulai dari laptop hingga desktop atau seluruh stasiun kerja yang digunakan oleh pengguna di jaringan area lokal.

Titik akses nirkabel aps yang juga disebut sebagai router nirkabel adalah titik yang menerima sinyal dan mentransmisikan gelombang radio yang sama. Penting untuk dicatat bahwa perangkat seperti ponsel dan telepon IP dapat menjadi bagian dari jaringan klien. Jalur akses memastikan bahwa individu dapat mengirim data melalui jaringan nirkabel, baik melalui infrastruktur atau mode ad hoc. Dengan ad hoc, unit melakukan transmisi data melalui sistem peer to peer secara langsung.

Jalur akses telah disebut sebagai hub komunikasi di mana para pengguna LAN dapat berkomunikasi dengan jaringan distribusi kabel. Titik akses yang penting terus memberikan keamanan pada gelombang radio yang ditransmisikan menggunakan internet.  Pada catatan dokumen iklan, unit non-statis melakukan transmisi data mereka langsung dari peer to peer. Itu juga dilambangkan sebagai P2P.

Di sisi lain, mode yang dicatat sebagai infrastruktur melakukan transmisi data di antara perangkat seluler melalui titik akses yang sangat berfungsi sebagai perantara atau jembatan ke jaringan lain. Di kluster P2P Wi-Fi, pemilik kluster berfungsi sebagai titik masuk, dan setiap gadget lainnya adalah pelanggan.

Ada dua strategi mendasar untuk mengatur pemilik cluster di Wi-Fi Direct cluster. Dalam satu pendekatan, client mengatur pemilik agregat P2P secara fisik. Teknik ini disebut Autonomous Group Owner (GO yang memerintah sendiri). Dalam strategi kedua, juga disebut pembuatan cluster berdasarkan pengaturan, dua gadget bersaing dalam terang harga tujuan pemilik cluster.

Gadget dengan penghargaan tujuan yang lebih tinggi berubah menjadi pemilik kluster dan gadget kedua berubah menjadi pelanggan. Harga tujuan pemilik kluster dapat bergantung pada apakah gadget jarak jauh memainkan hubungan silang antara manfaat Wireless LAN yayasan dan gugus P2P, kekuatan yang tersisa dalam gadget jarak jauh, terlepas dari apakah unit jarak jauh seperti yang sekarang menjadi pemilik gugus di gugus lain serta kualitas flag yang didapat dari gadget remote primer.

Mode komunikasi nirkabel menggunakan media yang terbuka dan kurang pribadi, dan informasi ini dapat diakses oleh pihak ketiga yang tidak dimaksudkan dengan mudah. Pada catatan ini, para perancang Wireless LAN telah memasukkan metode untuk mengenkripsi transfer data.

Ini tidak terjadi pada LAN kabel karena keamanan sangat ditingkatkan mengingat bahwa media tidak terbuka. Metode enkripsi utama yang digunakan adalah privasi setara kabel, dan tujuan utamanya adalah untuk mengamankan jaringan nirkabel komputer. Menggunakan enkripsi, menjadi sulit bagi pihak ketiga yang mencoba mengakses jaringan.

Fungsi Wireless LAN & Wireless LAN Card

LAN-1 
wireless LAN adalah

Fungsi dari Wireless LAN adalah untuk digunakan mengakses jaringan berdasarkan jangkauan wilayah LAN atau yang dikenal dengan area lokal dengan menggunakan jaringan tanpa kabel (nirkabel) dengan frekuensi radio. Fungsi Wireless LAN Card adalah untuk membuat koneksi fisik ke jaringan- untuk menyediakan ‘pintu’ yang terbuka. Interface pertama yang didukung oleh Wireless LAN adalah Interface fisik melalui mana kabel dihubungkan ke kartu.

Interface didefinisikan dengan baik dalam dokumentasi teknis, itulah sebabnya kabel jaringan standar cocok dengan sebagian besar Wireless LAN Card standar.  Fungsi kedua Wireless LAN Card adalah untuk menyediakan tautan data. Dalam jaringan komputer terdapat model data yang biasa disebut dengan Open Systems Interconnection (OSI). Model ini, atau cara menjelaskan jaringan, mencakup tujuh lapisan.

Dua lapisan pertama adalah lapisan fisik dan tautan data. Setiap lapisan model OSI memungkinkan lapisan lain untuk independen. Memutakhirkan atau mengubah satu lapisan tidak memengaruhi yang lain. Ini berarti bahwa jika plugin berubah untuk semua Wireless LAN Card, elemen lain, seperti protokol, tidak perlu berubah.

Jenis Wireless LAN

Jenis Wireless LAN adalah sebagai berikut:

  • Wireless LAN rumah pribadi atau bisnis kecil: Wireless LAN rumah atau bisnis menggunakan satu atau dua titik akses untuk menyiarkan sinyal di sekitar radius 100 hingga 200 kaki. Anda dapat menemukan peralatan untuk memasang Wireless LAN rumah di banyak toko ritel.
  • Wireless LAN kelas perusahaan: Wireless LAN kelas perusahaan menggunakan sejumlah besar titik akses individu untuk menyiarkan sinyal ke area yang luas. Jalur akses memiliki lebih banyak fitur daripada peralatan Wireless LAN di rumah atau kantor kecil, seperti keamanan yang lebih baik, otentikasi, manajemen jarak jauh.

Jenis Wireless LAN Card

Jenis Wireless LAN Card adalah sebagai berikut:

PCI (Peripheral Component)

PCI merupakan perangkat Wireless yang memiliki bentuk kartu PCI yang tertanam di dalam sebuah PC, sehingga tidak memiliki perangkat embedded Wireless pada PC. PCI memiliki jangkauan sinyal yang kecil sehingga pengguna terkadang menggunakan antenna tambahan untuk menangkap sinyal

PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)

PCMCIA adalah perangkat yang biasanya dijumpai pada komputer maupun laptop jaman dulu dimana belum ada perangkat Wireless adapter yang telah terintegrasi seperti komputer ataupun laptop di jaman sekarang. PCMCIA hanya bisa digunakan pada laptop maupun netbook, sementara untuk penggunaan komputer membutuhkan tambahan hardware yang disebut holding

Wireless USB

Wireless USB mudah diperoleh di pasaran. Karena Wireless USB memiliki sifat mobile sehingga dapat langsung dipasang pada slot USB, dan tidak perlu lagi membongkar komputer maupun laptop Anda.

Jangan lupa temukan lebih banyak artikel menarik, informatif dan kaya wawasan lainnya hanya dari Markey, ya. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Ciri-Ciri Profesional | Perusahaan yang Profesional

0
profesional

Kata profesional sering diucapkan dan didengar dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, istilah profesional juga memberikan kesan dengan prestise tinggi bagi orang yang menyandangnya. Namun apa sesungguhnya arti kata profesional?

Profesional merupakan seseorang dengan keahlian khusus atau karir yang baik dibidang profesinya masing-masing. Jika Anda mampu menguasai bidang keilmuan yang Anda geluti atau memiliki jenjang karir yang baik, maka Anda sudah dinyatakan sebagai seorang profesional.

Seseorang yang profesional selalu dipercaya oleh banyak orang serta dijadikan sosok panutan untuk ditiru dan teladani. Salah satu miskonsepsi terhadap istilah profesional adalah banyak orang menyematkan gelar ini untuk orang dengan jabatan atau profesi berkelas seperti dokter, tentara, polisi, dan lainnya.

Sesungguhnya, istilah profesional dapat disandang oleh siapa saja, asalkan orang tersebut memang berkompeten dibidang yang digeluti. Oleh sebab itu, profesi kecil seperti seorang pedagang toko kelontong, guru bimbel, atau barista minuman pun dapat dikatakan profesional jika mereka memang memiliki skill, pengetahuan yang baik disetiap bidangnya.

Jadi, Anda pun dapat menjadi sosok yang profesional mulai hari ini! Sudahkah Anda atau perusahaan bersikap selayaknya profesional kepada masyarakat? Mari simak artikel kali ini tentang ciri-ciri profesionalisme ditempat kerja.

Ciri-Ciri Profesional untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Kualitas-Diri

Siapa yang tidak ingin menjadi sosok profesional dan disegani oleh banyak orang? Menjadi sosok yang profesional memang akan menambah nilai diri Anda dimata orang lain, termasuk ditempat kerja.

Dengan menjadi seorang pegawai yang profesional, Anda akan disegani oleh rekan kerja ataupun atasan. Selain itu, Anda juga akan berpotensi untuk naik jabatan lebih cepat dibanding karyawan lain yang dinilai kurang profesional.

Jangan khawatir jika Anda masih merasa diri belum profesional. Anda bisa meningkatkan kualitas diri dengan berlatih agar bisa profesional. Ada sejumlah ciri-ciri profesional yang dapat Anda tiru dan teladani seperti:

Bertanggung Jawab

Sikap profesional pertama adalah bertanggung jawab. Cobalah untuk mulai bertanggung jawab dari hal kecil pada diri Anda seperti bangun tepat waktu, tidak bermain ponsel saat harus menyelesaikan pekerjaan, dan memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk beristirahat diluar jam kerja.

Berpengetahuan Luas

Selanjutnya adalah menambah pengetahuan Anda sendiri. Seseorang yang profesional umumnya memiliki pengetahuan luas, baik itu tentang hal yang dikuasainya ataupun hal general. Semakin banyak hal yang Anda ketahui, maka kualitas diri Anda juga akan semakin baik.

Berjiwa Loyal dan Menjunjung Tinggi Kode Etik

Ciri dari seorang profesional selanjutnya adalah memiliki jiwa yang loyal terhadap komunitas, organisasi, perusahaan hingga masyarakat disekitarnya. Orang profesional selalu rela berbakti dan mengabdi kepada masyarakat luas untuk memenuhi kebutuhan bersama. Selain itu, seseorang yang profesional selalu menjunjung tinggi kode etik dari apapun profesi yang dijalankannya seperti dokter, pegawai negeri, polisi, guru, dan lainnya.

Disiplin

Sikap seorang profesional yang keempat adalah bersikap disiplin dalam hampir semua hal. Sesungguhnya, sikap disiplin membawa banyak manfaat dalam kehidupan seperti bisa bekerja dengan efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi, menerapkan sikap disiplin dapat mendatangkan manfaat lebih dibandingkan sekadar tampak profesional saja. Jika Anda sudah bisa menerapkan gaya hidup disiplin, niscaya orang juga akan segan serta menjadikan Anda sosok panutan.

Memiliki Skill dan Attitude yang Baik

Ciri terakhir untuk membangun sikap profesional yang baik adalah dengan memiliki skill sekaligus attitude yang baik. Anda tidak bisa menjadi seorang profesional jika hanya berbekal pengetahuan luas saja.

Sebab, pengetahuan teoritis yang luas tidak akan berarti jika tidak dibarengi dengan skill serta attitude yang baik. Kesalahan banyak orang adalah menganggap diri mereka profesional dan “lebih tinggi” dibandingkan orang lain.

Sikap ini justru tidak baik sebab hanya akan menumbuhkan rasa arogan dan menjadikan Anda pribadi yang sombong.

3 Ciri-Ciri Profesionalisme Perusahaan dalam Melayani Konsumen

perusahaan

Mempertahankan rasa loyalitas konsumen menjadi sebuah hal yang harus dilakoni jika Anda ingin perusahaan senantiasa sukses. Cara termudah untuk mempertahankan konsumen adalah dengan melayani mereka secara profesional.

Untuk bisa mempraktekkan sikap profesional kepada konsumen, Anda perlu memahami 3 ciri-ciri profesionalisme perusahaan dalam melayani konsumen. Berikut pembahasannya:

Pelayanan yang Efektif, Mudah dan Sederhana

Keprofesionalitasan perusahaan dapat dilihat paling mudah dari mekanisme pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Pelayanan yang profesional dan disukai oleh mayoritas konsumen umumnya bersifat efektif, mudah sekaligus sederhana.

Konsumen tidak menyukai pelayanan yang rumit, melelahkan dan berbelit-belit. Jadi, penting bagi perusahaan Anda untuk selalu mengedepankan sistem pelayanan yang cepat, efektif, dan mudah untuk dilaksanakan demi memaksimalkan kenyamanan konsumen saat meraih tujuan mereka untuk berbelanja atau menggunakan jasa perusahaan.

Prosedur yang Jelas dan Transparan

Tips sukses bersikap profesional terhadap konsumen adalah dengan memberikan prosedur yang jelas serta transparan dari segi persyaratan, ketentuan, hingga garansi dan pertanggung jawaban pelayanan atau produk terhadap konsumen. Prosedur yang jelas dan transparan akan menumbuhkan rasa percaya dan aman dari konsumen bahwa perusahaan Anda memang profesional dan terpercaya.

Anda bisa mempertimbangkan untuk menampilkan hal berikut ini saat membuat rincian prosedur pelayanan perusahaan terhadap konsumen:

  • Penanggung jawab atas layanan yang diberikan, sehingga konsumen tahu kepada siapa harus mengadu jika pelayanan tidak sesuai standar.
  • Prosedur rinci tata cara pelayanan, termasuk syarat dan kebutuhan didalamnya.
  • Rincian waktu pelayanan, seperti hari dan jam operasional perusahaan.
  • Harga layanan dan jasa yang jelas, tujuannya agar setiap konsumen dapat mencocokkan jika harga yang ditawarkan telah sesuai dengan kualitas produk atau jasa.

Disiplin dan Tepat Waktu

Ciri pelayanan yang baik selanjutnya adalah bersifat tepat waktu. Konsumen akan merasa tidak puas dan mengecap perusahaan tidak profesional jika pelayanan dilakukan terlalu bertele-tele memakan waktu.

Agar citra perusahaan senantiasa baik, maka usahakan melayani konsumen secara cepat dan sesuai waktu yang memang dibutuhkan. Hindari sikap menunda pekerjaan karena akan memberikan dampak buruk juga terhadap bisnis seperti pekerjaan yang “membludak” untuk dibereskan, konsumen yang komplain, hingga pembatalan transaksi.

Konsumen akan lebih menyukai pelayanan yang cepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Contoh Sikap Profesional di Dunia Kerja

contoh

Anda telah melihat ciri-ciri profesional didunia kerja baik untuk pegawai ataupun perusahaan. Lantas seperti apa contoh sikap profesional dalam dunia kerja itu sendiri? Berikut kami punya beberapa contoh penerapan sikap dan ciri-ciri profesional didunia kerja yang bisa Anda tiru.

  • Seseorang pegawai profesional yang tidak membuang-buang waktu saat mengerjakan pekerjaannya. Ia akan menuntaskan semua kewajibannya dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab.
  • Seorang atasan yang tegas menghukum bawahan untuk kesalahan yang dibuat. Selain itu ia juga memberikan apresiasi kepada bawahan yang berprestasi dikantor. Sikap ini akan menumbuhkan nuansa keadilan pada kantor.
  • Seorang pekerja yang disiplin sekaligus dapat membagi waktu dengan baik untuk menyelesaikan satu pekerjaan dengan kepentingan yang lain. Ia tidak akan membiarkan gangguan tidak penting diluar pekerjaan (seperti kebiasaan bermain handphone) untuk mengganggu pekerjaan.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait ciri-ciri profesional ditempat kerja. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda sekaligus menjadi pedoman agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih profesional, ya. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa diartikel menarik lainnya dari kami!