Last Updated on September 26, 2022 by
Kata profesional sering diucapkan dan didengar dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, istilah profesional juga memberikan kesan dengan prestise tinggi bagi orang yang menyandangnya. Namun apa sesungguhnya arti kata profesional?
Profesional merupakan seseorang dengan keahlian khusus atau karir yang baik dibidang profesinya masing-masing. Jika Anda mampu menguasai bidang keilmuan yang Anda geluti atau memiliki jenjang karir yang baik, maka Anda sudah dinyatakan sebagai seorang profesional.
Seseorang yang profesional selalu dipercaya oleh banyak orang serta dijadikan sosok panutan untuk ditiru dan teladani. Salah satu miskonsepsi terhadap istilah profesional adalah banyak orang menyematkan gelar ini untuk orang dengan jabatan atau profesi berkelas seperti dokter, tentara, polisi, dan lainnya.
Sesungguhnya, istilah profesional dapat disandang oleh siapa saja, asalkan orang tersebut memang berkompeten dibidang yang digeluti. Oleh sebab itu, profesi kecil seperti seorang pedagang toko kelontong, guru bimbel, atau barista minuman pun dapat dikatakan profesional jika mereka memang memiliki skill, pengetahuan yang baik disetiap bidangnya.
Jadi, Anda pun dapat menjadi sosok yang profesional mulai hari ini! Sudahkah Anda atau perusahaan bersikap selayaknya profesional kepada masyarakat? Mari simak artikel kali ini tentang ciri-ciri profesionalisme ditempat kerja.
Daftar Isi
Ciri-Ciri Profesional untuk Meningkatkan Kualitas Diri
Siapa yang tidak ingin menjadi sosok profesional dan disegani oleh banyak orang? Menjadi sosok yang profesional memang akan menambah nilai diri Anda dimata orang lain, termasuk ditempat kerja.
Dengan menjadi seorang pegawai yang profesional, Anda akan disegani oleh rekan kerja ataupun atasan. Selain itu, Anda juga akan berpotensi untuk naik jabatan lebih cepat dibanding karyawan lain yang dinilai kurang profesional.
Jangan khawatir jika Anda masih merasa diri belum profesional. Anda bisa meningkatkan kualitas diri dengan berlatih agar bisa profesional. Ada sejumlah ciri-ciri profesional yang dapat Anda tiru dan teladani seperti:
Bertanggung Jawab
Sikap profesional pertama adalah bertanggung jawab. Cobalah untuk mulai bertanggung jawab dari hal kecil pada diri Anda seperti bangun tepat waktu, tidak bermain ponsel saat harus menyelesaikan pekerjaan, dan memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk beristirahat diluar jam kerja.
Berpengetahuan Luas
Selanjutnya adalah menambah pengetahuan Anda sendiri. Seseorang yang profesional umumnya memiliki pengetahuan luas, baik itu tentang hal yang dikuasainya ataupun hal general. Semakin banyak hal yang Anda ketahui, maka kualitas diri Anda juga akan semakin baik.
Berjiwa Loyal dan Menjunjung Tinggi Kode Etik
Ciri dari seorang profesional selanjutnya adalah memiliki jiwa yang loyal terhadap komunitas, organisasi, perusahaan hingga masyarakat disekitarnya. Orang profesional selalu rela berbakti dan mengabdi kepada masyarakat luas untuk memenuhi kebutuhan bersama. Selain itu, seseorang yang profesional selalu menjunjung tinggi kode etik dari apapun profesi yang dijalankannya seperti dokter, pegawai negeri, polisi, guru, dan lainnya.
Disiplin
Sikap seorang profesional yang keempat adalah bersikap disiplin dalam hampir semua hal. Sesungguhnya, sikap disiplin membawa banyak manfaat dalam kehidupan seperti bisa bekerja dengan efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal.
Jadi, menerapkan sikap disiplin dapat mendatangkan manfaat lebih dibandingkan sekadar tampak profesional saja. Jika Anda sudah bisa menerapkan gaya hidup disiplin, niscaya orang juga akan segan serta menjadikan Anda sosok panutan.
Memiliki Skill dan Attitude yang Baik
Ciri terakhir untuk membangun sikap profesional yang baik adalah dengan memiliki skill sekaligus attitude yang baik. Anda tidak bisa menjadi seorang profesional jika hanya berbekal pengetahuan luas saja.
Sebab, pengetahuan teoritis yang luas tidak akan berarti jika tidak dibarengi dengan skill serta attitude yang baik. Kesalahan banyak orang adalah menganggap diri mereka profesional dan “lebih tinggi” dibandingkan orang lain.
Sikap ini justru tidak baik sebab hanya akan menumbuhkan rasa arogan dan menjadikan Anda pribadi yang sombong.
3 Ciri-Ciri Profesionalisme Perusahaan dalam Melayani Konsumen
Mempertahankan rasa loyalitas konsumen menjadi sebuah hal yang harus dilakoni jika Anda ingin perusahaan senantiasa sukses. Cara termudah untuk mempertahankan konsumen adalah dengan melayani mereka secara profesional.
Untuk bisa mempraktekkan sikap profesional kepada konsumen, Anda perlu memahami 3 ciri-ciri profesionalisme perusahaan dalam melayani konsumen. Berikut pembahasannya:
Pelayanan yang Efektif, Mudah dan Sederhana
Keprofesionalitasan perusahaan dapat dilihat paling mudah dari mekanisme pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Pelayanan yang profesional dan disukai oleh mayoritas konsumen umumnya bersifat efektif, mudah sekaligus sederhana.
Konsumen tidak menyukai pelayanan yang rumit, melelahkan dan berbelit-belit. Jadi, penting bagi perusahaan Anda untuk selalu mengedepankan sistem pelayanan yang cepat, efektif, dan mudah untuk dilaksanakan demi memaksimalkan kenyamanan konsumen saat meraih tujuan mereka untuk berbelanja atau menggunakan jasa perusahaan.
Prosedur yang Jelas dan Transparan
Tips sukses bersikap profesional terhadap konsumen adalah dengan memberikan prosedur yang jelas serta transparan dari segi persyaratan, ketentuan, hingga garansi dan pertanggung jawaban pelayanan atau produk terhadap konsumen. Prosedur yang jelas dan transparan akan menumbuhkan rasa percaya dan aman dari konsumen bahwa perusahaan Anda memang profesional dan terpercaya.
Anda bisa mempertimbangkan untuk menampilkan hal berikut ini saat membuat rincian prosedur pelayanan perusahaan terhadap konsumen:
- Penanggung jawab atas layanan yang diberikan, sehingga konsumen tahu kepada siapa harus mengadu jika pelayanan tidak sesuai standar.
- Prosedur rinci tata cara pelayanan, termasuk syarat dan kebutuhan didalamnya.
- Rincian waktu pelayanan, seperti hari dan jam operasional perusahaan.
- Harga layanan dan jasa yang jelas, tujuannya agar setiap konsumen dapat mencocokkan jika harga yang ditawarkan telah sesuai dengan kualitas produk atau jasa.
Disiplin dan Tepat Waktu
Ciri pelayanan yang baik selanjutnya adalah bersifat tepat waktu. Konsumen akan merasa tidak puas dan mengecap perusahaan tidak profesional jika pelayanan dilakukan terlalu bertele-tele memakan waktu.
Agar citra perusahaan senantiasa baik, maka usahakan melayani konsumen secara cepat dan sesuai waktu yang memang dibutuhkan. Hindari sikap menunda pekerjaan karena akan memberikan dampak buruk juga terhadap bisnis seperti pekerjaan yang “membludak” untuk dibereskan, konsumen yang komplain, hingga pembatalan transaksi.
Konsumen akan lebih menyukai pelayanan yang cepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Contoh Sikap Profesional di Dunia Kerja
Anda telah melihat ciri-ciri profesional didunia kerja baik untuk pegawai ataupun perusahaan. Lantas seperti apa contoh sikap profesional dalam dunia kerja itu sendiri? Berikut kami punya beberapa contoh penerapan sikap dan ciri-ciri profesional didunia kerja yang bisa Anda tiru.
- Seseorang pegawai profesional yang tidak membuang-buang waktu saat mengerjakan pekerjaannya. Ia akan menuntaskan semua kewajibannya dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab.
- Seorang atasan yang tegas menghukum bawahan untuk kesalahan yang dibuat. Selain itu ia juga memberikan apresiasi kepada bawahan yang berprestasi dikantor. Sikap ini akan menumbuhkan nuansa keadilan pada kantor.
- Seorang pekerja yang disiplin sekaligus dapat membagi waktu dengan baik untuk menyelesaikan satu pekerjaan dengan kepentingan yang lain. Ia tidak akan membiarkan gangguan tidak penting diluar pekerjaan (seperti kebiasaan bermain handphone) untuk mengganggu pekerjaan.
Demikianlah pembahasan kali ini terkait ciri-ciri profesional ditempat kerja. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda sekaligus menjadi pedoman agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih profesional, ya. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa diartikel menarik lainnya dari kami!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.