Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Ciri-Ciri Profesional | Perusahaan yang Profesional

Ciri-Ciri Profesional | Perusahaan yang Profesional

-

Kata profesional sering diucapkan dan didengar dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, istilah profesional juga memberikan kesan dengan prestise tinggi bagi orang yang menyandangnya. Namun apa sesungguhnya arti kata profesional?

Profesional merupakan seseorang dengan keahlian khusus atau karir yang baik dibidang profesinya masing-masing. Jika Anda mampu menguasai bidang keilmuan yang Anda geluti atau memiliki jenjang karir yang baik, maka Anda sudah dinyatakan sebagai seorang profesional.

Seseorang yang profesional selalu dipercaya oleh banyak orang serta dijadikan sosok panutan untuk ditiru dan teladani. Salah satu miskonsepsi terhadap istilah profesional adalah banyak orang menyematkan gelar ini untuk orang dengan jabatan atau profesi berkelas seperti dokter, tentara, polisi, dan lainnya.

Sesungguhnya, istilah profesional dapat disandang oleh siapa saja, asalkan orang tersebut memang berkompeten dibidang yang digeluti. Oleh sebab itu, profesi kecil seperti seorang pedagang toko kelontong, guru bimbel, atau barista minuman pun dapat dikatakan profesional jika mereka memang memiliki skill, pengetahuan yang baik disetiap bidangnya.

Jadi, Anda pun dapat menjadi sosok yang profesional mulai hari ini! Sudahkah Anda atau perusahaan bersikap selayaknya profesional kepada masyarakat? Mari simak artikel kali ini tentang ciri-ciri profesionalisme ditempat kerja.

Ciri-Ciri Profesional untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Kualitas-Diri

Siapa yang tidak ingin menjadi sosok profesional dan disegani oleh banyak orang? Menjadi sosok yang profesional memang akan menambah nilai diri Anda dimata orang lain, termasuk ditempat kerja.

Dengan menjadi seorang pegawai yang profesional, Anda akan disegani oleh rekan kerja ataupun atasan. Selain itu, Anda juga akan berpotensi untuk naik jabatan lebih cepat dibanding karyawan lain yang dinilai kurang profesional.

Jangan khawatir jika Anda masih merasa diri belum profesional. Anda bisa meningkatkan kualitas diri dengan berlatih agar bisa profesional. Ada sejumlah ciri-ciri profesional yang dapat Anda tiru dan teladani seperti:

Bertanggung Jawab

Sikap profesional pertama adalah bertanggung jawab. Cobalah untuk mulai bertanggung jawab dari hal kecil pada diri Anda seperti bangun tepat waktu, tidak bermain ponsel saat harus menyelesaikan pekerjaan, dan memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk beristirahat diluar jam kerja.

Berpengetahuan Luas

Selanjutnya adalah menambah pengetahuan Anda sendiri. Seseorang yang profesional umumnya memiliki pengetahuan luas, baik itu tentang hal yang dikuasainya ataupun hal general. Semakin banyak hal yang Anda ketahui, maka kualitas diri Anda juga akan semakin baik.

Artikel terkait  Motivasi Belajar Untuk Semangat Memulai Bisnis

 

Berjiwa Loyal dan Menjunjung Tinggi Kode Etik

Ciri dari seorang profesional selanjutnya adalah memiliki jiwa yang loyal terhadap komunitas, organisasi, perusahaan hingga masyarakat disekitarnya. Orang profesional selalu rela berbakti dan mengabdi kepada masyarakat luas untuk memenuhi kebutuhan bersama. Selain itu, seseorang yang profesional selalu menjunjung tinggi kode etik dari apapun profesi yang dijalankannya seperti dokter, pegawai negeri, polisi, guru, dan lainnya.

Disiplin

Sikap seorang profesional yang keempat adalah bersikap disiplin dalam hampir semua hal. Sesungguhnya, sikap disiplin membawa banyak manfaat dalam kehidupan seperti bisa bekerja dengan efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi, menerapkan sikap disiplin dapat mendatangkan manfaat lebih dibandingkan sekadar tampak profesional saja. Jika Anda sudah bisa menerapkan gaya hidup disiplin, niscaya orang juga akan segan serta menjadikan Anda sosok panutan.

Memiliki Skill dan Attitude yang Baik

Ciri terakhir untuk membangun sikap profesional yang baik adalah dengan memiliki skill sekaligus attitude yang baik. Anda tidak bisa menjadi seorang profesional jika hanya berbekal pengetahuan luas saja.

Sebab, pengetahuan teoritis yang luas tidak akan berarti jika tidak dibarengi dengan skill serta attitude yang baik. Kesalahan banyak orang adalah menganggap diri mereka profesional dan “lebih tinggi” dibandingkan orang lain.

Sikap ini justru tidak baik sebab hanya akan menumbuhkan rasa arogan dan menjadikan Anda pribadi yang sombong.

Artikel terkait  10 Sikap dan Prilaku Wirausahawan | Pemula Wajib Tahu!

 

3 Ciri-Ciri Profesionalisme Perusahaan dalam Melayani Konsumen

perusahaan

Mempertahankan rasa loyalitas konsumen menjadi sebuah hal yang harus dilakoni jika Anda ingin perusahaan senantiasa sukses. Cara termudah untuk mempertahankan konsumen adalah dengan melayani mereka secara profesional.

Untuk bisa mempraktekkan sikap profesional kepada konsumen, Anda perlu memahami 3 ciri-ciri profesionalisme perusahaan dalam melayani konsumen. Berikut pembahasannya:

Pelayanan yang Efektif, Mudah dan Sederhana

Keprofesionalitasan perusahaan dapat dilihat paling mudah dari mekanisme pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Pelayanan yang profesional dan disukai oleh mayoritas konsumen umumnya bersifat efektif, mudah sekaligus sederhana.

Konsumen tidak menyukai pelayanan yang rumit, melelahkan dan berbelit-belit. Jadi, penting bagi perusahaan Anda untuk selalu mengedepankan sistem pelayanan yang cepat, efektif, dan mudah untuk dilaksanakan demi memaksimalkan kenyamanan konsumen saat meraih tujuan mereka untuk berbelanja atau menggunakan jasa perusahaan.

Prosedur yang Jelas dan Transparan

Tips sukses bersikap profesional terhadap konsumen adalah dengan memberikan prosedur yang jelas serta transparan dari segi persyaratan, ketentuan, hingga garansi dan pertanggung jawaban pelayanan atau produk terhadap konsumen. Prosedur yang jelas dan transparan akan menumbuhkan rasa percaya dan aman dari konsumen bahwa perusahaan Anda memang profesional dan terpercaya.

Anda bisa mempertimbangkan untuk menampilkan hal berikut ini saat membuat rincian prosedur pelayanan perusahaan terhadap konsumen:

  • Penanggung jawab atas layanan yang diberikan, sehingga konsumen tahu kepada siapa harus mengadu jika pelayanan tidak sesuai standar.
  • Prosedur rinci tata cara pelayanan, termasuk syarat dan kebutuhan didalamnya.
  • Rincian waktu pelayanan, seperti hari dan jam operasional perusahaan.
  • Harga layanan dan jasa yang jelas, tujuannya agar setiap konsumen dapat mencocokkan jika harga yang ditawarkan telah sesuai dengan kualitas produk atau jasa.

Disiplin dan Tepat Waktu

Ciri pelayanan yang baik selanjutnya adalah bersifat tepat waktu. Konsumen akan merasa tidak puas dan mengecap perusahaan tidak profesional jika pelayanan dilakukan terlalu bertele-tele memakan waktu.

Agar citra perusahaan senantiasa baik, maka usahakan melayani konsumen secara cepat dan sesuai waktu yang memang dibutuhkan. Hindari sikap menunda pekerjaan karena akan memberikan dampak buruk juga terhadap bisnis seperti pekerjaan yang “membludak” untuk dibereskan, konsumen yang komplain, hingga pembatalan transaksi.

Konsumen akan lebih menyukai pelayanan yang cepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Artikel terkait  Jiwa Usaha dan Kebiasaan Orang-Orang Sukses

Contoh Sikap Profesional di Dunia Kerja

contoh

Anda telah melihat ciri-ciri profesional didunia kerja baik untuk pegawai ataupun perusahaan. Lantas seperti apa contoh sikap profesional dalam dunia kerja itu sendiri? Berikut kami punya beberapa contoh penerapan sikap dan ciri-ciri profesional didunia kerja yang bisa Anda tiru.

  • Seseorang pegawai profesional yang tidak membuang-buang waktu saat mengerjakan pekerjaannya. Ia akan menuntaskan semua kewajibannya dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab.
  • Seorang atasan yang tegas menghukum bawahan untuk kesalahan yang dibuat. Selain itu ia juga memberikan apresiasi kepada bawahan yang berprestasi dikantor. Sikap ini akan menumbuhkan nuansa keadilan pada kantor.
  • Seorang pekerja yang disiplin sekaligus dapat membagi waktu dengan baik untuk menyelesaikan satu pekerjaan dengan kepentingan yang lain. Ia tidak akan membiarkan gangguan tidak penting diluar pekerjaan (seperti kebiasaan bermain handphone) untuk mengganggu pekerjaan.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait ciri-ciri profesional ditempat kerja. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda sekaligus menjadi pedoman agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih profesional, ya. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa diartikel menarik lainnya dari kami!

 

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Sebagai sebuah ilmu, desain grafis juga memiliki sejumlah aturan untuk menyusun berbagai elemen desain hingga menjadi sebuah desain yang...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

15 Website Jurnal Gratis Terbaik

Menyusun sebuah jurnal bagi para cendekiawan ataupun para mahasiswa membutuhkan waktu yang tidak singkat. Seperti kita ketahui sampai detik...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjadikan suatu jasa sebagai produk utama perusahaannya. Bisa juga dikatakan sebagai perusahaan, yang...

Produksi Massal Adalah : Ciri, Keuntungan dan Tujuannya

Pernahkah Anda membayangkan atau memikirkan bagaimana suatu proses produksi dilakukan? Di mana seorang produsen menciptakan sebuah produk yang dapat...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya