Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 121

CMS Adalah? Pengertian, Jenis dan Fungsinya

0
cms adalah

CMS adalah aplikasi perangkat lunak atau serangkaian program terkait yang digunakan untuk membuat dan mengelola konten digital. CMS biasanya digunakan untuk Enterprise Content Management (ECM) dan Web Content Management (WCM).

ECM memfasilitasi dengan memadukan manajemen dokumen, aset digital, dan fungsionalitas penyimpanan catatan, serta memberikan pengguna akhir akses berbasis peran ke aset digital organisasi. WCM memfasilitasi penulisan kolaboratif untuk situs web.

Dalam istilah yang paling sederhana, Content Management Systems atau CMS dirancang untuk membantu pengguna membuat dan mengelola situs web mereka. CMS adalah sistem yang bisa membantu masterweb untuk mengelola sumber-sumber, tipe-tipe konten, serta berbagai data yang digunakan untuk membangun situs web modern.

Paling tidak, situs web modern menggunakan HTML, CSS, Javascript dan gambar (jpeg, gif, png …) untuk membuat konten web agar dibaca oleh pengunjung.

Inti dari setiap CMS adalah kemampuan untuk mengatur sumber daya ini dan menghasilkan konten yang valid yang dapat dibaca oleh browser web. Situs web yang lebih canggih memiliki komponen interaktif (bagian komentar, forum, e-commerce, dan lain sebagainya), yang memerlukan perangkat lunak server untuk memvalidasi dan menyimpan konten yang dikirimkan pengguna.

CMS Adalah? Fitur dan Komponen CMS

CMS

Semua CMS yang paling populer memiliki fitur bawaan atau tersedia untuk diunduh sebagai tambahan untuk semua fitur ini. Baik ECM dan sistem WCM memiliki dua komponen. Yaitu: Content Management Application (CMA) and Content Delivery Application (CDA).

CMA adalah antarmuka pengguna grafis (GUI) yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol desain, pembuatan, modifikasi dan penghapusan konten dari situs web tanpa perlu tahu apa-apa tentang HTML.

Sedangkan CDA akan memberikan layanan backend yang memberi dukungan untuk manajemen dan untuk melakukan pengiriman konten segera setelah konten dibuat dalam CMA.

Fitur dapat bervariasi di antara berbagai penawaran CMS, tetapi fungsi inti sering dianggap sebagai pengindeksan, pencarian dan pengambilan, manajemen format, kontrol revisi, dan penerbitan.

  • Fitur pengindeksan, pencarian, dan pengambilan intuitif mengindeks semua data untuk akses mudah melalui fungsi pencarian dan memungkinkan pengguna untuk mencari berdasarkan atribut seperti tanggal publikasi, kata kunci atau penulis.
  • Manajemen format memfasilitasi mengubah dokumen kertas yang dipindai dan dokumen elektronik lama menjadi dokumen HTML atau PDF.
  • Fitur revisi memungkinkan konten untuk diedit setelah publikasi awal.

CMS juga dapat menyediakan alat untuk one-to-one marketing. One-to-one marketing adalah kemampuan situs web untuk menyesuaikan konten dan iklannya dengan karakteristik khusus pengguna menggunakan informasi yang diberikan oleh pengguna atau dikumpulkan oleh situs. Misalnya, pola urutan halaman pengguna tertentu. Fitur populer CMS juga termasuk.

  • URL yang SEO-friendly
  • Bantuan terintegrasi dan online, termasuk papan diskusi
  •  Sistem izin berbasis kelompok
  •  Dukungan template lengkap dan template yang dapat disesuaikan
  • Prosedur pemasangan dan versi berdasarkan wizard yang mudah
  • Panel admin dengan dukungan banyak bahasa
  • Persyaratan server minimal
  • Pengelola file terintegrasi
  • Log audit terintegrasi

CMS Adalah? Jenis-Jenis CMS

CMS

CMS hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Masing-masing memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Anda perlu memahami berbagai jenis CMS untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Menerima manfaat CMS adalah untuk membantu Anda dan organisasi Anda.
Enterprise Content Management (ECM)

Jenis CMS ini adalah solusi komprehensif yang dapat memberikan CMS pada skala perusahaan, seperti melayani seluruh perusahaan atau organisasi besar lainnya. Solusi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi di mana sejumlah besar orang terlibat. Memungkinkan dokumen atau kasus untuk melewati siklus hidup bisnis terlepas dari ukuran bisnis.

Dengan membawa ECM ke tingkat pengguna, CMS jenis ini memiliki kemampuan untuk mengelola proses bisnis secara lebih efektif sambil tetap memastikan bahwa sejumlah individu dapat menyumbangkan ide mereka ke sistem secara keseluruhan.

ECM dapat menggabungkan fungsi bisnis seperti bahan sumber daya manusia, faktur, informasi pengiriman, hubungan pelanggan dan berbagai fungsi lainnya ke dalam CMS itu sendiri. Sebagian besar ECM memiliki kemampuan untuk disesuaikan untuk lebih jauh menjamin bahwa organisasi klien akan menerima apa yang mereka butuhkan dari solusi ini.

Jenis-jenis solusi CMS yang mampu beroperasi secara efektif pada skala perusahaan sebagian besar terdiri dari vendor perangkat lunak berpemilik, seperti Microsoft Sharepoint, IBM Enterprise Content Management, FileNet dan beberapa lainnya. Namun, ada teknologi open source seperti Alfresco yang memiliki beberapa solusi terkemuka industri untuk ECM.

Web Content Management (WCM)

content-management

WCM adalah jenis CMS lain yang terutama digunakan untuk pembuatan dan manajemen konten di web. Sama seperti dengan solusi CMS Perusahaan, sistem WCM dapat menggabungkan sejumlah fungsi dan manfaat.

Secara umum, WCM memungkinkan banyak pengguna untuk dapat berkontribusi konten ke situs web, yang dapat dikendalikan oleh Editor atau seseorang yang memoderasi apa yang sebenarnya diterbitkan di situs.

WCM juga membedakan diri dari jenis CMS lain karena pasar saat ini dipenuhi dengan opsi sumber terbuka yang layak. Opsi-opsi ini memungkinkan pengembang internal untuk mengendalikan sebagian besar modifikasi yang perlu dibuat untuk solusi.

Fungsi dari CMS Adalah Sebagai Berikut

Suatu fungsi dalam CMS adalah merangkum konten statis atau dinamis serta perilaku yang dapat digunakan kembali di beberapa tempat seperti konten XHTML atau XSLT di situs web.

Setiap fungsi adalah unit logis yang dapat Anda sisipkan pada halaman, dalam markup templat halaman atau fungsi lain, dan lain-lain. Untuk menggunakan fungsi, Anda tidak perlu tahu cara membuat fungsi atau jenis fungsi apa yang ada di CMS.
Namun, tinjauan singkat tentang aspek fungsi CMS ini mungkin membantu Anda menggunakan fungsi lebih efektif.

  • Mengelola Konten
    CMS dapat berupa sistem diskrit dari perangkat lunak yang Anda gunakan untuk mengelola konten Anda, atau kombinasi sistem. Baik perangkat lunak dan hanya prosedural. Keuntungan utama menggunakan CMS adalah bahwa masalah umum menyiapkan CMS sudah dipecahkan untuk Anda, dan Anda biasanya mendapatkan dukungan dan pekerjaan kustomisasi yang termasuk dalam harga pembelian. Tetapi Anda tentu dapat menggunakan beberapa alat yang sudah Anda miliki dan buat sendiri. CMS melakukan beberapa fungsi vital terkait konten Anda.
  • Kreasi
    CMS adalah tempat konten Anda dibuat. CMS yang baik mencakup alat penulisan yang tangguh, biasanya dengan alat khusus industri yang dibuat untuk membuat aspek-aspek tertentu dari kreasi menjadi lebih mudah. Ini bisa berupa widget atau makro yang dibuat untuk tindakan berulang otomatis, atau seluruh aplikasi dengan tujuan tertentu.
  • Kolaborasi
    Sistem CMS biasanya menyertakan alat kolaborasi sehingga setiap orang dapat bekerja pada konten tertentu secara bersamaan. CMS melacak setiap akses ke konten dan setiap perubahan yang dilakukan, sehingga orang dapat bekerja pada saat yang sama tanpa mengotori kontribusi masing-masing. Seorang administrator kemudian dapat melalui semua perubahan yang direkam dan memutuskan apa yang harus disimpan dan apa yang harus ditolak, akhirnya berakhir dengan versi akhir.
  • Memberi tag
    Sistem CMS di zaman modern harus dapat menandai konten. Penandaan ini bisa sangat ringan dan generik atau bisa sangat dalam dan terperinci. Hampir setiap sistem CMS modern akan menawarkan penandaan XML dasar, yang biasanya cukup fleksibel untuk diterjemahkan ke berbagai taget lain, termasuk HTML.

CMS sangat penting untuk bisnis apa pun yang ingin melihat kontennya di seluruh dunia. Anda harus menerima bahwa Anda akan semakin diminta untuk bekerja dalam batas-batas CMS di tahun-tahun mendatang.

Pedoman Lengkap Cara Promosi di Instagram Anti Gagal Tahun ini

0
cara promosi di ig

 

Dalam dunia bisnis, tentunya strategi promosi, strategi pemasaran, dan media untuk berpromosi sekaligus memasarkan produk-produk adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Namun saat ini Anda sudah beruntung karena promosi sudah bisa dilakukan secara mudah, praktis dan juga gratis berkat adanya sosial media.

Banyak social media yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan berpromosi, mulai dari Facebook dengan Marketplace, Twitter dengan Twitter Ads, hingga media yang populer saat ini adalah social media Instagram yang memanfaatkan media Instagram Ads.

Instagram Ads adalah salah satu cara promosi di Instagram dengan pengeluaran biaya yang kecil. Anda cukup mengeluarkan dengan budget minimum Rp. 10.000,- tetapi sudah dapat mempromosikan produk-produk Anda di antara pengguna Instagram lain yang mencapai lima ratus juta orang. Sehingga sangat disayangkan sekali jika Anda melewatkan kesempatan tersebut.

Ingin tahu bagaimana cara memasang promosi dengan praktis di Instagram? Jika iya, maka Anda wajib menuntaskan membaca artikel kali ini karena kami sudah menyajikan pedoman lengkap melakukan promosi di Instagram untuk olshop. Yuk langsung saja kita simak penjelasan lengkapnya bersama-sama!

Baca juga : Bagaimana Cara 3 Fitur Pemasaran Instagram dapat Membantu Peningkatan Penjualan?

Panduan Lengkap Promosi di Instagram yang Wajib Anda Coba

panduan instagram

Sebelum memulai Instagram Ads, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal supaya iklan yang Anda jalankan terarah dengan baik dan menghasilkan keuntungan secara efektif. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan siapkan antara lain: target audience, cara menulis iklan sendiri, dan tipe-tipe konten menarik yang bisa menarik perhatian target audience Anda.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kami paparkan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai Instagram Ads di akun Instagram bisnis milik usaha sendiri:

Langkah 1 : Log In ke Profil Instagram Bisnis

Sebelum memanfaatkan Instagram Ads, Anda harus membuat profil Bisnis Instagram sendiri. Anda tidak bisa menggunakan Instagram Ads dan berpromosi dengan akun pribadi. Selain itu, menggunakan akun pribadi juga akan menimbulkan tidak profesional pada bisnis di kalangan calon konsumen.

Membuat akun atau profil Instagram Bisnis tidak sulit. Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam membuat akun Instagram Bisnis Anda adalah sebagai berikut:

  1. Buat akun Instagram baru seperti biasa, menggunakan e-mail dan nomor telepon aktif.
  2. Log in ke akun Instagram Anda dan buka bagian Profile.
  3. Pilih Setting kemudian ubah menjadi profil bisnis.
  4. Kemudian Anda akan dihubungkan dengan Facebook Page. Lalu pilih kategori yang sesuai dengan profil yang Anda inginkan
  5. Anda harus melengkapi berbagai macam informasi Pengaturan Profil Bisnis dan usahakan agar Anda memilih kata-kata yang dapat memudahkan konsumen-konsumen Anda jika mereka ingin menghubungi Anda secara langsung.

Sebagai catatan, setelah semua langkah ini dilaksanakan maka akun Instagram Bisnis Anda tidak akan bisa di-private dan akun Instagram hanya bisa terhubung dengan akun Facebook Page milik bisnis Anda. Tidak memprivate akun Instagram Bisnis adalah hal yang penting, sebab bagaimana caranya konsumen bisa tertarik dan melihat-lihat toko Anda jika Anda “mengunci” akun dari publik?

Langkah 2 : Pilih Konten yang Akan Anda Bagikan

Berpromosi di Instagram ini akan semakin mudah jika Anda dapat memanfaatkan feed Instagram yang sudah Anda buat sebelumnya. Anda dapat memilih konten-konten terbaik yang pernah dipublikasikan sebelumnya untuk menarik perhatian audiens bisnis Anda.

Tak hanya mengandalkan foto terbaik, copywriting adalah hal yang tidak kalah penting dalam postingan Instagram. Kombinasi foto estetik dan copywriting memikat akan membuat audience atau orang yang baru mengetahui bisnis Anda menjadi tertarik untuk berinteraksi dengan profil toko Anda lebih lanjut.

Setelah Anda menentukan konten yang Anda ingin bagikan sebagai iklan toko, maka selanjutnya Anda dapat memilih pilihan menu “promosikan” yang terletak di bagian kanan bawah postingan.

Langkah 3: Tentukan Goals atau Target Promosi

panduan Instagram

Setelah menekan menu pilihan “promosikan”, Anda akan menemukan setting Instagram Ads yang pertama. Di sini terdapat tiga pilihan tempat yang dapat Anda gunakan untuk dapat menemukan target audience bisnis yaitu dengan menggunakan followers profil Instagram Bisnis, daftar subscribers situs web bisnis, mailing list, atau pun etalase promosi yang Anda ciptakan sendiri.

Langkah 4 : Lakukan Pengaturan Target Audience

Kemudian, jangan lupa untuk melakukan pengaturan target audience. Ini adalah langkah yang sangat penting sebab ini menentukan keberhasilan bisnis Anda juga di platform Instagram.

Anda akan diberikan dua pilihan target yaitu “Otomatis” dan “Buat Milik Sendiri”. Saat Anda memilih opsi “Otomatis”, maka akun Instagram Anda akan secara otomatis menargetkan iklan yang Anda buat kepada orang-orang dengan latar belakang serupa dengan follower akun Instagram Bisnis Anda. Anda pun tidak perlu repot menyusun target audience sendiri, semua sudah diproses oleh Instagram.

Tetapi jika Anda memilih opsi “Buat Milik Sendiri”, Anda akan diminta untuk melakukan setting. Anda harus memasukkan lokasi target audience Anda, minat Anda, usia sekaligus jenis kelamin secara manual. Oleh karena itu, saat Anda memutuskan untuk mengikuti langkah-langkah dalam artikel cara promosi di Instagram ini, Anda perlu untuk sudah memahami target pasar dan produk Anda terlebih dahulu.

Melakukan pemasaran yang sesuai antara kelebihan produk dengan target kelompok masyarakat yang membutuhkannya. Mempromosikan produk ke kelompok calon konsumen yang tepat memperbesar kemungkinan produk atau jasa laku terjual sebab mereka adalah masyarakat yang dipastikan membutuhkan produk Anda.

Baca juga : 12 Contoh Online Shop Bio IG untuk Jualan [Gratis Copas!]

Langkah 5 : Tentukan Biaya Iklan di Instagram Ads

Dalam berbisnis, apapun jenisnya, sudah pasti Anda akan menghabiskan sejumlah modal. Termasuk saat mempromosikan iklan Instagram. Oleh sebab itulah, Anda membutuhkan perhitungan modal biaya yang dapat Anda keluarkan untuk beriklan di Instagram Ads ini.

Namun tidak perlu cemas, sebab biaya Instagram Ads sangat murah! Untuk dapat menggunakan Instagram Ads, Anda dapat memulai dengan jumlah Rp. 10.000,- – Rp. 10.000.000,- per hari. Dan yang perlu Anda perhatikan adalah Anda juga perlu menentukan durasi penayangan iklan Anda, yang berkisar antara 1 hingga 30 hari.

Jumlah uang yang Anda keluarkan juga akan mempengaruhi jumlah audience yang dapat melihat iklan milik Anda. Sebagai contoh, saat Anda memutuskan untuk mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- per hari, maka total audience yang dapat Anda jangkau berkisar 1.300 – 3.400 orang. Tetapi, jika Anda ingin mendapatkan target audience berkisar antara 7.900 hingga 21.000 maka jumlah uang yang dikeluarkan pun terbilang sangat kecil, yaitu cukup Rp. 50.000,- .

Langkah 6 : Pencapaian Target Audience dengan Winning Ads

Untuk menyempurnakan langkah Anda dalam hal cara promosi di Instagram, maka tidak ada salahnya jika Anda memahami hal lainnya untuk dapat mendapatkan jumlah audience yang Anda inginkan, yakni mencapai target dengan winning ads. Apa itu?

Anda bisa memanfaatkan fitur winning campaign untuk mencapai target audience sesuai keinginan saat berpromosi dengan Instagram Ads. Winning campaign adalah sebuah fitur yang terletak di bagian setting di Instagram Ads, yang berfungsi untuk dapat membuat budget anggaran iklan Anda semakin besar. Dengan demikian, maka daya persebaran dan jangkauan iklan Instagram dapat menjadi semakin luas dan maksimal.

Langkah 7 : Melihat Preview Iklan

Hal menarik dari menggunakan Instagram Ads adalah Anda dapat memanfaatkan fasilitas preview iklan. Fungsi dari halaman preview iklan ini adalah untuk dapat menampilkan hasil setting iklan Anda secara detail sebelum proses publikasi, sekaligus Anda memilih metode pembayaran yang tepat dengan santai. Ada dua metode pembayaran yang dapat Anda pergunakan, yaitu menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Setelah Anda me-review iklan dan yakin bahwa inilah iklan yang Anda inginkan, Anda bisa langsung memilih “Buat Promosi”. Selanjutnya selesai sudah! Iklan Instagram Anda akan mulai disebarkan kepada audience yang targetkan sebelumnya.

Sebelum mempublikasikan iklan pun Anda dapat memilih tampilan konten iklan yang Anda ingin jalankan dengan cara memilih “Tampilan Contoh Promosi”. Ketika mengklik opsi tersebut, Anda akan diminta untuk memilih antara tampilan feeds / kabar berita atau Instagram story. Sekarang semuanya terserah pada Anda untuk menampilkan iklan pada menu beranda kabar berita, Instagram story ataupun keduanya sekaligus. Selamat mencoba!

6 Format Instagram Ads yang Paling Banyak Digunakan Saat Ini

panduan instagram 2

Sebenarnya, poin paling menarik dari Instagram Ads adalah tersedianya enam format Instagram Ads yang berbeda dan unik. Keenam format Instagram Ads tersebut adalah Single Image Ads (Photo Ads), Instagram Collection Ads, Instagram Carousel Ads, Instagram Video Ads, Instagram Explore Ads dan Instagram Stories Ads. Pilihan format iklan di Instagram inipun dinilai sebagai yang paling banyak dan beragam dibandingkan platform social media lainnya, lho.

Adapun fungsi dari format-format iklan ini adalah sebagai pilihan bagi Anda untuk dapat mempromosikan produk atau layanan Anda dengan berbagai macam gaya dan konten menarik yang Anda yakini dapat membuat produk atau layanan Anda semakin dikenal. Berikut adalah penjabaran lengkap dari masing-masing format Instagram:

1. Single Image Ads (Photo Ads)

Pertama adalah Single Image Ads yang merupakan promosi Instagram paling basic atau sederhana dalam format foto. Foto yang dipromosikan bisa dalam bentuk portrait maupun landscape. Bahkan saking sederhananya, Single Image Ads hanya memungkinkan Anda untuk menambahkan 1 foto dengan caption per 1 iklan.

Iklan ini cocok untuk Anda yang baru pertama kali ingin coba-coba mempromosikan toko online di Instagram. Single Image Ads bisa dijalankan dalam format stories maupun feeds, serta bisa diinput CTA (Call to Action) yang ditautkan ke website eksternal milik toko Anda.

2. Instagram Collection Ads

Selanjutnya ada Instagram Collection Ads yang ditujukan khusus untuk mempermudah calon konsumen mencari, menemukan dan membeli produk atau jasa via Instagram. Berbeda dari Single Ads, Collection IG Ads akan menampilkan gambar utama disertai tiga gambar kecil di bawah dalam susunan grid.

Nantinya hanya dengan mengklik foto tersebut, calon konsumen sudah bisa langsung diarahkan ke informasi detil produk dan tata cara checkout (instant experience).

Keunggulan Instagram Collection Ads adalah memungkinkan calon konsumen untuk menelusuri, mengklik hingga benar-benar membeli produk secara langsung dalam Instagram.

Dengan kata lain, konsumen bisa menggunakan Instagram selayaknya marketplace sungguhan! Iklan ini berpotensi menghasilkan conversion yang sangat tinggi karena kebanyakan konsumen paling senang untuk bisa berbelanja praktis tanpa perlu berpindah app.

3. Instagram Carousel Ads

Jenis Instagram Ads ketiga adalah Carousel Ads. Di Carousel Ads, Anda bisa menambahkan 2 sampai 10 foto dan video sekaligus. Carousel Ads sangat cocok untuk mempromosikan aneka katalog terbaik produk ke calon konsumen sekaligus.

Namun penggunaan Carousel Ads paling baik hanya untuk tampilan feeds atau kabar berita. Apabila Carousel Ads dibawa ke Stories, maka hasilnya justru akan menimbulkan spam karena Anda bisa menampilkan sampai 10 gambar dalam 1x posting.

4. Instagram Video Ads

Ingin berpromosi khusus video? Gunakan Instagram Video Ads sebagai pilihan terbaik Anda! Dengan fitur Video Ads IG, Anda bisa mempromosikan produk, jasa atau menceritakan profil bisnis memakai film pendek berdurasi 60 detik.

Format video untuk Instagram Video Ads juga bisa berupa landscape atau portrait. Supaya promosi dengan Instagram Video Ads semakin menarik dan efektif, cobalah untuk membuat isi video yang unik, kreatif dan beda dari biasanya, ya!

5. Instagram Explore Ads

Fitur iklan IG terbaru adalah Explore Ads. Sesuai namanya, ini adalah iklan IG khusus untuk menu explore. Iklan explore ini muncul dikarenakan belakangan ini, mulai banyak masyarakat yang tertarik untuk menelusuri konten-konten Instagram berdasarkan kategori tertentu di menu explore.

Menurut statistik IG sendiri, ada lebih dari 50% akun memakai feeds explore di setiap bulannya hanya untuk melihat berbagai foto terkait kategori tertentu. Menemukan bisnis juga paling mudah jika dilakukan di explore.

Biasanya, olshop yang mempromosikan kontennya menggunakan IG Explore Ads adalah olshop yang memiliki tujuan untuk meningkatkan awareness atau kesadaran masyarakat terhadap produk.

6. Instagram Stories Ads

Terakhir adalah IG Stories Ads yang memanfaatkan platform stories. Berbeda dengan jenis-jenis ads lainnya di IG yang kebanyakan muncul di beranda (feeds), Stories Ads muncul dalam deretan Stories pengguna.

Iklan Stories juga berpotensi besar untuk mendapatkan banyak view karena dewasa ini, kebanyakan pengguna IG cenderung mengklik stories ketika pertama kali mereka membuka IG.

Strategi pengaplikasian IG Stories Ads juga tergolong cerdik karena iklan muncul dan “disisipkan” di antara Instastory milik para following yang Anda sedang simak. IG Stories Ads biasanya muncul ketika Anda berpindah dari satu Instastory ke Instastory yang lainnya. Uniknya, IG Stories Ads juga memungkinkan Anda untuk mempromosikan konten foto, video, menyelipkan CTA, link eksternal dan swipe-up. Sangat lengkap! Tertarik untuk mencoba IG Stories Ads ini?

Demikian informasi menarik seputar cara promosi di Instagram yang tentunya akan sangat bermanfaat Anda dalam hal berpromosi dan strategi pemasaran produk atau layanan Anda.

Strategi pemasaran ini pun dapat Anda variasikan baik dalam hal konten yang Anda bagikan, format iklan yang Anda inginkan, hingga jumlah audience yang Anda targetkan dengan didasarkan pada budget iklan yang Anda persediakan untuk keluarkan. Selamat mencoba kumpulan tips di atas, ya!

Dapatkan ratusan informasi strategi bisnis online lainnya setiap hari dari MARKEY di https://markey.id/ , atau download aplikasinya di Play Store atau AppStore. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya!

Cara Setting DNS Tercepat di CloudFlare : 1.1.1.1 (Aman)

0
DNS tercepat

Internet membuat orang-orang di berbagai belahan dunia mampu terhubung satu sama lain. Jarak dan waktu bukan lagi sebuah isu yang menjadi kendala untuk berkomunikasi dan bertransaksi. Sebenarnya, dalam dunia internet yang saling berinteraksi adalah komputer. Komputer menghubungkan seseorang melalui alamat IP yang diterjemahkan oleh DNS (Domain Name System). Bayangkan, apabila browsing internet menggunakan layanan DNS tercepat, maka akses bisa langsung tanpa harus menunggu lama.

Layaknya seperti buku telefon, DNS menyimpan seluruh alamat IP yang pernah diakses supaya ke depannya bisa mengakses lebih cepat. Dengan menggunakan layanan DNS yang standar saja sudah mampu memotong beberapa detik proses, apalagi memakai DNS tercepat yang kini telah tersedia. Lebih dari itu, fungsi DNS pun memudahkan seseorang untuk mengakses internet tanpa harus menghafalkan alamat IP. Tinggal masukkan saja domain, seperti www.facebook.com, www.google.com, atau lainnya, maka bisa langsung ke sana. Walaupun alamat IP di balik domain tersebut berubah, DNS membantu siapa pun untuk tetap mengakses melalui domain yang sama.

Sekilas tentang CloudFlare : 1.1.1.1

Sekilas tentang CloudFlare : 1.1.1.1

Setelah domain dimasukkan, maka seseorang perlu tau server mana yang disasar untuk mengakses situs tersebut. Sebuah komputer tidak bisa begitu saja menuju server tanpa bantuan DNS resolver. Di sini lah peran DNS resolver dalam menerjemahkan alamat IP menjadi nama domain, kemudian informasi ini dikembalikan ke komputer sehingga bisa memunculkan informasi-informasi dalam alamat IP tersebut. CloudFlare adalah salah satu penyedia layanan ini yang responsif serta dilengkapi dengan keamanan yang canggih.

CloudFlare: 1.1.1.1 atau dikenal juga dengan 1.1.1.1 merupakan layanan DNS publik yang dikelola dan dimiliki oleh CloudFlare. Mereka bekerjasama dengan APNIC untuk memberikan layanan yang gratis kepada para penggunanya. Pada 01 April 2018, CloudFlare: 1.1.1.1 diluncurkan dan mengklaim mampu meresolusi nama domain seluruh host di internet. Baru lah pada 11 November 2018, mereka mengumumkan hasil pengembangannya bahwa layanan ini bisa diakses melalui ponsel iOS dan Android.

CloudFlare benar-benar menjanjikan sesuatu yang berbeda dibandingkan penyedia layanan DNS lainnya. Selain gratis, CloudFlare sangat menghormati privasi penggunanya. Beberapa penyedia layanan internet (ISP) yang sekaligus menyediakan layanan DNS cukup sering “mengintip” kebiasaan penggunanya. Hal ini tidak dilakukan oleh CloudFlare karena history aktivitas serta alamat IP pengguna tidak akan disimpan. Data log DNS ini akan dihapus dalam waktu 1×24 jam. Jadi, tidak ada ceritanya data history browsing atau data-data lainnya dipergunakan untuk hal-hal yang mungkin kurang berkenan.

CloudFlare : 1.1.1.1 sebagai DNS Tercepat

cloudfare

CloudFlare cukup populer di beberapa negara di dunia. Ada banyak hal yang membuat penyedia jasa ini disukai oleh pasar. Beberapa di atas telah disebutkan bahwa gratis, serta sistem keamanannya yang menjamin privasi pengguna. Sebenarnya lebih dari itu, CloudFlare: 1.1.1.1 pun diklaim sebagai DNS tercepat yang ada saat ini. Dengan response time hanya 14 milidetik, CloudFlare mampu menarik perhatian siapa pun.

Kecepatan 14 milidetik tersebut dicatat oleh dnsperf. Jika dibandingkan dengan OpenDNS, CloudFlare: 1.1.1.1 tetap lebih cepat 6 milidetik. Apalagi dihadapkan dengan Google DNS yang kecepatannya 34 milidetik. Maka wajar saja apabila CloudFlare menduduki peringkat pertama sebagai DNS tercepat pada bulan Mei 2019. Hingga saat ini lebih dari 6 juta website menggunakan layanan dari CloudFlare, misalnya Uber, Mobile Nations, dan lainnya. Infrastruktur yang tersebar di seluruh dunia serta tenaga yang handal membuat CloudFlare mampu melakukan pengembangan sejauh ini.

Langkah Setting DNS di CloudFlare : 1.1.1.1 Untuk Browsing yang Aman di Beberapa Perangkat

Langkah Setting DNS di CloudFlare

Fleksibilitas merupakan hal penting bagi semua orang saat ini. Semakin hari orang-orang punya banyak pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginannya, termasuk dalam perangkat yang akan digunakan serta operation system-nya. Sebagai penyedia layanan DNS tercepat, CloudFlare: 1.1.1.1 bisa ditambahkan ke Linux, Windows, MacOS, serta Android dan iPhone. Berikut adalah cara untuk melakukan setting-nya:

Linux

Pada Linux, konfigurasi DNS server di simpan dalam file: resolv.conf. Ini terdapat dalam folder /etc/resolv.conf. Sehingga hal yang harus dilakukan adalah menambahkan alamat IP CloudFlare: 1.1.1.1 ke dalam file tersebut. Mungkin butuh sedikit pemahaman mengenai command prompt di sini. Namun bagaimana pun caranya mudah, sebagai berikut:

  • Buka Terminal, lalu edit file resolv.conf.
  • Tambahkan baris dengan mengetik: nameserver 1.1.1.1
  • Jika sudah menambahkan baris tersebut di dalam file, simpan lah.
  • Kini konfigurasi baru sudah terbuat.
  • Untuk memastikannya, lakukan pengecekan lewat PING salah satu domain aktif.
  • Jika hasilnya bukan “unknown host”, maka pengaturan berhasil dilakukan.

Windows

Jika menggunakan Windows, setting DNS tercepat dari CloudFlare bisa lebih cepat karena tidak harus menggunakan command prompt. Seperti pada umumnya, Windows tidak membutuhkan hal-hal khusus demi kenyamanan penggunanya. Lewat pengaturan jaringan, alamat IP DNS CloudFlare bisa ditambahkan. Langkah-langkahnya mudah dan singkat, ikuti poin-poin berikut:

  • Masuk ke Control Panel, kemudian pilih Network and Sharing Center (Network and Internet). Klik Change Adapter Setting untuk masuk ke detail jaringan yang sedang digunakan.
  • Arahkan kursor ke Ethernet atau Wifi yang digunakan, lalu klik kanan dan pilih Properties.
  • Pilih protokol yang sedang digunakan, lalu klik Properties untuk menambahkan alamat IP dari DNS baru ini.
  • Jika IPv4 adalah yang sedang digunakan, maka tambahkan kolom DNS IP 1.1.1.1 dan 1.1.0.1. Namun jika IPv6 yang sedang digunakan, IP yang digunakan adalah 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  • Klik “OK” untuk menyimpan konfigurasi baru ini, kemudian restart koneksi internet serta browser.

MacOS

Bagi para pengguna MacOS pun bisa menikmati layanan DNS tercepat dari CloudFlare. Caranya tidak rumit, sedikit mirip dengan Windows, yakni hanya menambahkan di pengaturan Network saja. Untungnya tidak seperti beberapa hal lainnya yang pada MacOS sangat terbatas atau membutuhkan treatment tertentu. Begini langkah-langkahnya apabila ingin menambahkan DNS CloudFlare pada perangkat MacOS yang sedang digunakan:

  • Akses ke dalam System Preferences, lalu Network.
  • Pilih Ethernet atau Wifi yang digunakan, kemudian pilih Advance.
  • Klik DNS, kemudian klik tanda tambah untuk memasukkan DNS CloudFlare. Untuk menghapus DNS yang ada sebelumnya, klik tanda minus.
  • Jika sedang menggunakan IPv4, tambahkan alamat IP berikut: 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  • Jika sedang menggunakan IPv6, gunakan IP berikut: 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  • Klik “OK”, lalu klik “Apply”, kini konfigurasi terbaru selesai terpasang.

Android dan iPhone

Android dan iPhone

Untuk perangkat mobile caranya jauh lebih mudah. Cukup men-download lalu install aplikasi DNS CloudFlare, baik dari App Store maupun Google Play Store. Tidak usah set konfigurasi atau lainnya. Untuk aplikasinya sendiri pun gratis, baik versi Android maupun iPhone. Pastikan saja memory handphone yang tersedia mencukupi untuk mengunduh aplikasi DNS CloudFlare.

DNS tercepat lama kelamaan akan dibutuhkan oleh semua orang dengan berbagai tujuan. Tidak hanya bagi mereka yang bekerja di bagian IT saja, koneksi internet yang cepat didambakan oleh pengguna internet. Dengan adanya CloudFlare: 1.1.1.1, siapa pun bisa menikmati hal ini dengan bebas, tanpa harus keluar uang serta skill IT tertentu. Selain itu, akses data di internet pun menjadi lebih aman. Sehingga potensi kriminal dalam pertukaran data apa saja bisa diminimalisir.
[website-about]

BPM Adalah? Mengenal Pengertian dan Manfaat BPM

0

Setiap perusahaan atau sebuah bisnis, tentunya memiliki proses-proses yang dijalankan di dalamnya atau biasa disebut dengan proses bisnis. Proses bisnis digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan, yaitu mengendalikan sekaligus menggerakkan seluruh sumber daya milik perusahaan. Karena digunakan untuk menggerakkan seluruh sumber daya milik perusahaan, maka dikatakan proses bisnis adalah inti dari seluruh aktivitas dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Apa saja yang Anda ketahui mengenai proses bisnis? Contoh dari proses bisnis adalah proses penciptaan produk atau layanan baru, menjawab pertanyaan sekaligus feedback dari pelanggan, proses rekrutmen karyawan baru, dan banyak lagi aktivitas perusahaan yang digolongkan sebagai proses bisnis. Dan proses bisnis ini tentunya membutuhkan proses penganalisisan, perancangan proses baru, hingga pengoptimalan proses dan pada umumnya juga membutuhkan alat dan metodologi tertentu, dengan tujuan untuk mengoptimalkan proses bisnis itu sendiri.

Hal ini dikenal dengan nama Business Process Management (BPM). Tujuan dari BPM adalah untuk peningkatan kinerja, efisiensi dan efektivitas dari proses bisnis tersebut agar tidak bersifat kaku. Dikarenakan setiap proses bisnis pastinya membutuhkan perbaikan proses bisnis secara terus menerus.

BPM Adalah: Pengertian dan Manfaat BPM

bpm-1

BPM adalah salah satu aspek dari manajemen operasi yang dijalankan oleh perusahaan, yang digunakan untuk mengkaji peningkatan kinerja, efisiensi dan efektivitas proses bisnis untuk mengoptimalkan proses bisnis. Lalu, bagaimana cara BPM melakukan hal ini? Yaitu dengan cara membangun otomatisasi proses sekaligus kemampuan yang baik dalam mengelola perubahan.

Anda pasti sudah dapat memahami, jenis bisnis yang berbeda tentunya membutuhkan proses bisnis yang berbeda pula. Dan proses bisnis yang Anda kelola dan jalankan dengan baik, tentu saja akan menumbuhkan peluang-peluang bisnis yang bagus. Karena itulah, Anda pasti akan berusaha menciptakan prosedur bisnis dalam sebuah organisasi atau perusahaan, diciptakan se-ideal mungkin, agar perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin dapat memiliki nilai-nilai yang bersifat kompetitif.

Namun, terkadang setelah Anda berusaha untuk menciptakan prosedur bisnis yang ideal, Anda pun masih akan menghadapi kenyataan bahwa perealisasian di lapangan akan sangat berbeda dengan prosedur yang Anda rancang sebelumnya. Pada umumnya kesulitan dalam proses bisnis adalah ketidak efisienan, stagnansi, redundancy, dan tentunya berbagai kesulitan-kesulitan lainnya. Dan hal ini dapat membahayakan perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin, sebab dapat membuat Anda tidak dapat mencapai target-target yang Anda inginkan.

Dikarenakan tantangan inilah, BPM adalah solusi yang tepat untuk menjawab kesulitan-kesulitan Anda. Mengapa BPM adalah solusi yang tepat? Dikarenakan BPM adalah suatu sistem operasi yang dapat membantu Anda dalam hal pengawasan dan pengontrolan seluruh aspek yang terkandung dalam proses bisnis, dimulai dari workflow, pelanggan, pemasok, hingga karyawan. Selain itu, dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas proses bisnis Anda melalui pembuatan mekanisme feedback yang lebih baik, berkesinambungan, sekaligus realtime. Melalui mekanisme feedback yang baik, diharapkan Anda dapat mengidentifikasi potensi masalah sehingga dapat mengatasi masalah tersebut secara langsung sebelum berkembang menjadi lebih besar.

Manfaat Business Process Management (BPM)

bpm-2

Anda dapat menjalankan BPM dikarenakan berbagai alasan. Namun, sudah pasti alasan utama Anda untuk menjalankan BPM adalah agar Anda dapat terus menghadapi persaingan bisnis yang ketat dan kompetitif di masa yang akan datang. Selain itu, keuntungan lain jika Anda menjalankan BPM adalah Anda dapat lebih unggul dari pesaing-pesaing Anda, disamping itu dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya sekaligus meningkatkan proses bisnis organisasi atau perusahaan milik Anda.

Mengasah Kemampuan Berbisnis

Perubahan kondisi pasar, tentunya adalah hal pasti akan Anda hadapi saat menjalankan sebuah bisnis. Dan tentunya Anda akan lebih berusaha untuk mengembangkan proses bisnis Anda agar dapat mengimbangi perubahan tersebut. Apabila Anda dapat menjalankan BPM maka saat menghadapi perubahan kondisi pasar, organisasi atau perusahaan yang Anda pimpin dapat mengambil sebuah jeda, melakukan perubahan dalam proses bisnis, kemudian menjalankannya kembali. Hal tersebut adalah tindakan yang tepat dikarenakan selain Anda dapat memastikan bahwa proses bisnis berada pada jalur yang tepat, Anda pun dapat beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar.

Kemudian, apa lagi yang dapat Anda manfaatkan dalam penggunaan BPM? Perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin dapat lebih berkembang dikarenakan Anda dapat membaca peluang-peluang untuk mengembangkan proses bisnis Anda agar dapat bekerja lebih maksimal sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Efisiensi Biaya dan Peningkatan Keuntungan

bpm-4

Manfaat positif lain dalam penggunaan BPM Anda dapat mengurangi biaya yang berhubungan dengan proses bisnis, meningkatkan produktifitas dan kualitas kinerja para karyawan Anda. Dan pada akhirnya hal ini akan dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin atau miliki.

Peningkatan Efisiensi Proses Bisnis

Dikarenakan proses bisnis perusahaan atau organisasi tentunya akan terintegrasi dari awal hingga akhir, tentunya hal ini akan memudahkan Anda mendapatkan informasi mengenai sebuah proses serta pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam proses tersebut, dan tentunya Anda dapat melakukan pemantauan sekaligus pengendalian dengan cara yang lebih mudah. Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan tindakan antisipasi jika terjadi sesuatu dalam proses bisnis Anda.

Visibilitas yang Lebih Baik

Sistem BPM juga menggunakan program perangkat lunak yang bertujuan agar proses bisnis milik organisasi atau perusahaan Anda dapat diotomatisasi. Keuntungannya adalah Anda langsung menilai kinerja sebuah proses bisnis secara real time. Selain itu, karena proses bisnis yang sudah diotomatisasi dapat membuat Anda dapat menjalankan proses bisnis Anda tanpa memerlukan banyak tenaga kerja sekaligus dapat menciptakan sistem pengawasan yang intensif. Transparensi bisnis akan dapat ditingkatkan, sehingga berdampak pada pihak manajemen Anda yang dapat lebih memahami proses bisnis yang dijalankan dalam perusahaan atau organisasi Anda.

Peningkatan Ketaatan, Keselamatan dan Keamanan

bpm-3

Sebagai pemilik sebuah bisnis atau pemimpin di sebuah organisasi atau perusahaan, sudah pasti Anda paham apa itu laporan keuangan, undang-undang perburuhan serta aturan pemerintah lainnya yang harus ditaati. Dengan menggunakan BPM, Anda dapat memastikan bahwa bisnis, organisasi atau perusahaan yang Anda pimpin atau miliki sudah berada dalam koridor dan standar hukum yang tepat.

Selain itu, BPM adalah sistem yang mendukung penerapan standar keamanan sekaligus keselamatan kepada seluruh karyawan Anda. Dan tentunya ini akan semakin berfungsi dengan baik jika Anda memperkuatnya dengan kebijakan perusahaan dan pengawasan internal yang tentunya akan mendorong karyawan Anda menjaga aset-aset perusahaan, seperti aset-aset milik sendiri. Manfaat lainnya, juga dapat untuk menghindari penyalah gunaan dan pencurian informasi yang bersifat pribadi sekaligus sumber daya milik perusahaan atau organisasi Anda.

Berdasarkan pemaparan di atas, banyak sekali istilah proses bisnis disebutkan terkait pembahasan tentang BPM. Karena itulah, proses bisnis dianggap sangat penting dalam BPM agar organisasi atau perusahaan Anda dapat lebih dipahami, dikelola kemudian dikembangkan. Dan hal ini dapat membuat produk dan layanan Anda memiliki value-added sehingga dapat diberitahukan kepada calon klien atau pelanggan Anda, tentunya dengan menggunakan pendekatan dalam hal pembuatan kebijakan.

Pendekatan pembuatan kebijakan yang dimaksudkan adalah pendekatan pembuatan kebijakan untuk memberikan value-added kepada produk atau layanan Anda sehingga dapat diberitahukan kepada calon klien atau pelanggan Anda. Jika Anda paham mengenai manajemen kualitas total lainnya maka hal ini sangat mirip dengan pendekatan pembuatan kebijakan, digunakan sebagai metode untuk proses perbaikan yang bersifat berkelanjutan dan juga sebagai pendukung.

Selain itu, terdapat juga teknologi Manajemen Proses Bisnis atau BPM dan teknologi ini adalah solusi yang benar-benar ditunggu oleh kalangan pebisnis. Menurut Anda, mengapa hal ini sangat penting? Dulu banyak sekali perusahaan yang berusaha mengoptimasi proses bisnis-nya dengan menggunakan teknologi informasi. Sayangnya, solusi yang dikembangkan masih belum sempurna.

Permasalahannya adalah solusi yang diciptakan tersebut, masih berupa sistem yang terpisah-pisah, tidak dalam satu kesatuan utuh. Terkadang dalam bisnis membutuhkan kolaborasi atau pertukaran informasi antar proses bisnis untuk menyelesaikan rangkaian proses bisnis, tetapi dengan menggunakan solusi melalui Teknologi Informasi yang masih bersistem tersebut, permasalahan ini tidak dapat diatasi. Sehingga muncul lah teknologi BPM.

Dengan menggunakan teknologi BPM, solusi ini dianggap menggunakan pendekatan baru yang mampu membuat efisiensi meningkat sekaligus meningkatkan nilai kompetitif dari suatu bisnis. Sebab BPM dirancang agar mampu mengintegrasikan karyawan dan sistem informasi dengan melalui rangkai proses yang sudah terotomatisasi dan juga bersifat fleksibel. Selain itu, juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya respon perusahaan dengan keinginan pelanggan untuk setiap produk dan layanan yang dihasilkan.

Demikian informasi menarik dan bermanfaat yang berkaitan dengan BPM. Kesimpulannya, untuk menjalankan sekaligus memaksimalkan proses bisnis untuk organisasi atau perusahaan Anda, Anda dapat memanfaatkan BPM. Dan tentunya Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat lainnya seperti yang telah dijelaskan dalam pemaparan-pemaparan sebelumnya.

[business-about]

Server Google : Pengertian dan Cara Kerjanya

0

Anda pasti pernah melakukan pencarian untuk sebuah keyword melalui search engine seperti Google, Yahoo, Ask.com, dsb. Saat Anda mengklik salah satu link yang tersedia sebagai hasil dari pencarian di sebuah search engine, apakah Anda dapat mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi di belakang layar saat salah satu link hasil pencarian tersebut Anda pilih? Tentu saja selalu ada proses di belakang layar yang terjadi saat Anda memutuskan untuk memilih salah satu link untuk artikel yang menurut Anda menarik dan layak Anda baca.

Dibalik proses di belakang layar tersebut, tentunya terdapat bagian penting dari sebuah komputer yang menjalankan tugas penting demi membuat sebuah link dapat diakses dengan mudah oleh Anda. Bagian terpenting tersebut adalah server. Apakah tugas penting dari sebuah server?

Sebagai contoh, dalam kegiatan belanja online, tentunya terdapat proses untuk memastikan keamanan dan otentikasi, proses penagihan, proses pemesanan dan juga transaksi-transaksi penting lainnya. Semua aktivitas online yang Anda lakukan tentunya membutuhkan beberapa server untuk menangani aktivitas-aktivitas tersebut.

Semua website tentunya memiliki server untuk dapat menjalankan aktivitas-aktivitas penting terkait dengan website tersebut, bahkan Google sekalipun pasti memiliki beberapa server yang tersebar di beberapa lokasi sekaligus, yang sering disebut dengan server Google.

Berdasarkan pemaparan diatas, apakah yang dimaksud dengan server? Artikel ini akan membahas mengenai pengertian server, yang dilanjutkan dengan jenis-jenis server. Cara kerja server Google dalam melayani kebutuhan Anda.

Pengertian Server

Pengertian Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang didesain untuk dapat menyediakan proses permintaan data atau informasi ke sistem komputer lain melalui sebuah jaringan internet. Secara sederhana, dapat dikatakan server adalah alat yang digunakan untuk interaksi antara sistem komputer yang satu dengan sistem komputer yang lain untuk mempertukarkan data atau informasi melalui jaringan internet.

Jaringan-jaringan komputer yang terhubung satu sama lain ini pasti mendukung lebih dari satu server untuk menangani berbagai macam aktivitas-aktivitas terkait website, blog atau online shopping yang Anda kunjungi. Apabila jaringan komputer atau jumlah data yang harus dikirim dan diterima oleh server tersebut semakin besar, maka server tersebut akan memiliki beberapa peran penting untuk mendukung aktivitas-aktivitas terkait website, blog atau online shopping yang Anda kunjungi.

Contoh Nyata & Cara Kerja Server

Contoh Nyata & Cara Kerja Server

Apa contoh nyata dari cara kerja sebuah server? Contoh untuk membuat Anda lebih memahami cara kerja sebuah server adalah saat Anda melakukan kegiatan browsing melalui search engine, yang berarti, secara tidak langsung terjadi interaksi antara browser milik Anda dengan server web. Saat Anda mengklik salah satu link dari hasil pencarian di browser milik Anda, maka secara tidak langsung Anda meminta halaman sebuah web untuk segera ditampilkan ke layar smartphone atau laptop Anda. Kemudian permintaan ini akan disalurkan ke server website yang Anda klik.

Setelah itu, server akan menerima data atau informasi permintaan sekaligus menciptakan halaman web yang Anda inginkan kemudian mengirimkannya melalui protokol, sebagai contoh HTTP. Browser milik Anda akan menerima data, mengubah data atau informasi tersebut kemudian menampilkan halaman yang Anda inginkan.

Pada umumnya, sebuah server bekerja untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti memberikan perlindungan pada komputer yang mendukung komputer server¸ atau memberikan pelayanan terkait pertukaran data atau informasi pada komputer lain yang mendukung komputer server. Tentunya Anda harus paham bahwa jenis server yang berbeda akan melayani fungsi-fungsi yang berbeda juga.

Perangkat komputer yang dikhususkan untuk server tentunya dirancang secara berbeda dibandingkan komputer-komputer pendukung server lainnya. Komputer khusus server memiliki perbedaan dibandingkan komputer-komputer lain yang mendukung komputer server¸ yaitu dalam hal spesifikasi perangkat dan sistem operasi yang lebih tinggi.

Mengapa hal ini sangat dibutuhkan? Spesifikasi perangkat komputer yang lebih tinggi dikarenakan komputer untuk server harus menangani lalu lintas data yang cukup besar. Kemudian, untuk sistem operasinya perlu menggunakan sistem operasi yang dikhususkan untuk komputer server yaitu Windows Server, Linux Ubuntu Server atau Linuxt Mint Server.

Jika Anda tertarik untuk mengatur komputer Anda menjadi sebuah server, Anda perlu memiliki software-software yang dibutuhkan. Anda bisa memanfaatkan komputer biasa dan menggunakan sistem operasi Linux, meskipun Linux memiliki kekurangan tersendiri seperti sumber daya yang dibutuhkan cukup banyak, bahkan beberapa tidak memiliki user interface yang cukup grafis. Anda pun dapat menciptakan server web sendiri dengan budget yang cukup rendah, sebab Anda pun dapat memanfaatkan software yang sebagian besar bersifat open-source dan tentunya gratis. Jika Anda punya rencana untuk mempunyai traffic website yang luar biasa, seperti Google atau Amazon, Anda tidak perlu memiliki komputer baru, sebab komputer lama saja sudah cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Jenis-Jenis Server

Jenis-Jenis Server

Selain itu, server pun memiliki jenis-jenisnya sendiri, yaitu server database, server aplikasi, server e-mail dan server web. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan pemaparan mengenai masing-masing jenis-jenis server tersebut.

Server Database

Server database adalah program komputer yang digunakan untuk menjalankan sebuah program khusus server database. Pada umumnya digunakan untuk penyediaan layanan sekaligus koneksi yang dimanfaatkan untuk penyimpanan, pengaturan sekaligus pencarian data perusahaan.

Program komputer dengan menggunakan server database juga menetapkan model client server. Client-Server Model adalah sistem yang membedakan proses sistem menjadi dua yaitu, server yang digunakan untuk pengolahan database dan juga client untuk menjalankan aplikasi.

Server Aplikasi

Server aplikasi disebut juga dengan middleware, yaitu seperti sebuah perekat yang berfungsi untuk menyatukan sistem secara keseluruhan, melakukan penyediaan lingkungan runtime untuk sebuah aplikasi dan melakukan pengkoordinasian antara aplikasi dan database dengan baik. Penggunaan server aplikasi ini pada umumnya untuk menyimpan beragam aplikasi agar dapat diakses oleh komputer klien.

Server E-mail

Server jenis ini banyak digunakan untuk membuat sebuah e-mail dapat dikirimkan kepada para pengguna e-mail lainnya.

Server Web

Server Web adalah sejenis software yang memiliki peran sebagai penerima permintaan informasi atau data yang dikirimkan melalui sebuah browser kemudian memberikan tanggapan untuk hal tersebut dalam bentuk dokumen HTML atau biasa dikenal dengan nama halaman situs web.

Adapun jenis-jenis server lain yang paling banyak digunakan adalah server proxy, print servers, server file, server FTP, dan masih banyak lagi jenis-jenis server lainnya yang tentunya akan memberikan fungsi-fungsi yang berbeda. Sebab, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, jenis server yang berbeda sudah pasti akan memberikan fungsi-fungsi yang berbeda.

Dan jika sudah berbicara tentang server, tentunya akan lebih menarik jika membicarakan server Google, sebab perusahaan berbasis internet ini sudah pasti memiliki server milik sendiri untuk memudahkan proses operasional mereka. Sebab, untuk bisa mempertukarkan data atau informasi dalam jumlah besar, sudah pasti membutuhkan banyak server.

Berikut pemaparan mengenai server Google yang tentunya akan sangat disayangkan jika Anda lewatkan.

Server Google dan Cara Kerjanya

Server Google dan Cara Kerjanya

Seperti yang sudah Anda ketahui, Google adalah perusahaan berbasis internet yang terkemuka di dunia. Dan sudah pasti memiliki server mereka sendiri yang sering dikenal dengan nama server Google. Letak dari server Google ini sudah tersebar di seluruh dunia dan sudah pasti ada alasan kenapa server Google ini meletakkan server beserta data center-nya di berbagai lokasi.

Alasan diletakkannya server Google di lokasi yang berbeda-beda dikarenakan dua faktor yaitu untuk keamanan data dan juga untuk kecepatan akses. Pusat dari perusahaan internet raksasa Google bertempat di Silicon Valley. Jika terjadi sesuatu dengan server Google sementara Google meletakkan seluruh datanya di Silicon Valley maka sudah pasti Google akan kehilangan datanya. Karena itu, jika Google menyebarkan seluruh server-nya di tempat-tempat yang berbeda, secara tidak langsung Google sudah menjaga seluruh keamanan datanya agar data-data milik Google tidak rusak atau hilang. Jika terjadi terjadi sesuatu pada salah satu server Google¸ sudah jelas Google tidak perlu sampai kehilangan data dan juga informasi-informasi penting secara keseluruhan.

Alasan yang kedua server Google diletakkan di lokasi yang berbeda-beda adalah karena Google diakses oleh semua orang di dunia. Perbedaan jarak akan mempengaruhi waktu pengiriman data. Sebagai contoh, seandainya Anda mengakses suatu website melalui Google, posisi Anda ada di Indonesia sementara pusat website tersebut berasal dari California, sudah pasti akan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengakses website tersebut.

Tetapi jika server Google tersebar di berbagai lokasi di dunia maka pengguna Google di seluruh dunia sudah pasti dapat mengakses Google dimanapun dan kapanpun, dan tentunya lebih cepat. Dikarenakan jarak dari server ke tempat para pengguna Google tentunya akan mempengaruhi kecepatan akses pengguna terhadap suatu informasi yang dicari dari search engine Google. Dan yang perlu Anda ketahui adalah hingga saat ini, Google sudah mempunyai lima belas data center yang keseluruhannya sudah disebarkan ke Amerika, Asia dan juga Eropa.

Demikian informasi menarik dan bermanfaat yang dapat Anda nikmati mengenai server, cara kerja server dan juga cara kerja server Google. Kesimpulan yang dapat dipetik adalah server adalah suatu alat yang sangat penting yang dapat membuat komputer-komputer atau program-program komputer yang mendukung komputer server dapat berinteraksi satu sama lain untuk mempertukarkan data atau informasi.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Proxy Adalah? Pengertian, Jenis, Fungsi & Cara Kerjanya

0
711. proxy adalah

Di era digital yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, tak heran apabila terdapat istilah-istilah modern yang asing bagi Anda. Salah satu contohnya, adalah proxy. Apakah Anda sudah merasa familiar dengan istilah tersebut?

Proxy adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan suatu server yang dapat digunakan dalam mengakses melalui jaringan internet dengan menggunakan alamat IP yang berbeda. Yang mana, server tersebut akan membantu meneruskan permintaan user kepada server lainnya yang juga terdapat di internet.

Bagi orang-orang yang bergelut di bidang penggunaan komputer secara profesional, tentunya mereka sudah tidak asing lagi dengan proxy, mulai dari jenis, fungsi hingga cara kerjanya. Lantas, bagaimana dengan Anda?

Tak apa jika saat ini, Anda terlambat mengetahui tentang proxy. Sebab, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Untuk itu, dalam perjumpaan artikel kali ini, perkenankan kami dalam menyajikan informasi seputar proxy.

Pengertian Proxy Adalah

proxy

Sebelumnya, telah sedikit disinggung tentang pengertian proxy online atau proxy server. Yang mana, definisi proxy adalah, suatu server komputer yang berperan sebagai penyedia layanan untuk meneruskan permintaan user (pengguna) menuju server lain yang masih berada pada jaringan internet.Dengan adanya proxy server, maka sebuah komputer dapat dihubungkan dengan komputer lainnya melalui jaringan internet.

Secara umum, proxy digunakan sebagai sistem pengamanan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik. Jadi, dari jaringan proxy tersebut, maka biasanya akan diperoleh server yang peletakannya berada di antara aplikasi server dengan aplikasi client. Yang mana, aplikasi client adalah pihak yang berperan sebagai web browser, client FTP dan yang lainnya. Sementara aplikasi server sendiri berupa server FTP dan web server jaringan.

Jenis-jenis Proxy

server proxy

Berdasarkan jenisnya, proxy server dibedakan menjadi empat jenis. Adapun, jenis-jenis proxy adalah sebagai berikut.

Proxy Anonim / Anonymous Proxy

Proxy jenis ini merupakan server yang berperan dalam memberikan informasi seputar komputer pengguna. Ketika pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website tersebut tidak akan mengetahui alamat IP pribadi milik pengguna, karena yang diketahui nantinya adalah IP proxy nya saja.

High Anonymity Proxy

High anonymity proxy merupakan jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai bagian proxy server dan juga tidak berperan untuk menyediakan alamat IP original.

Proxy jenis ini, menggunakan hear REMOTE_ADDR dengan memakai sebuah alamat IP menuju ke bagian proxy server, sehingga dari pengguna hanya akan terlihat bahwa proxy servernya hanya menjalankan peran sebagai klien.

Proxy Transparan / Transparent Proxy

Proxy transparan merupakan jenis proxy yang berperan dalam melanjutkan permintaan pengguna ke sumber yang dikehendaki tanpa perlu mengungkap tentang informasi komputer penggunanya. Pada umumnya, proxy jenis ini telah banyak digunakan pada komputer yang ada di perkantoran.

Reverse Proxy

Reverse proxy adalah bagian yang digunakan untuk mencegah klien / pengguna agar tidak terhubung pada data maupun informasi yang bersifat sensitif. Pada saat, proses caching pada proxy jenis ini mulai diaktifkan, maka trafik jaringan akan menurun.

Fungsi dan Manfaat Proxy Server

server-3

Setelah mengenal dan mengetahui tentang jenis-jenis proxy. Maka, Anda pun harus mengetahui tentang fungsi dan manfaat proxy server. Adapan fungsi dan manfaat pemakaian proxy adalah sebagai berikut.

Fungsi Proxy

Sebagai Connection Sharing

Secara teknis, proxy berfungsi menjadi sebuah gateway, dimana perannya adalah untuk memberikan batasan penggunaan jaringan lokal dan jaringan luar, sehingga jaringan komputer perusahaan mampu mengakses sambungan gateway dari jaringan lokal ke jaringan jaringan internet dalam kurun waktu yang bersamaan.

Sebagai Filtering

Proxy bertindak seperti firewall, yakni sebagai media penyaring atau sistem filtering suatu jaringan internet, dimana setiap paket-paket data yang masuk akan ditransmisikan, discan dan di filter untuk mengurangi resiko kegagalan akses.

Selain itu, hal ini juga berguna untuk memberikan perlindungan pada jaringan lokal perusahaan terhadap serangan luar, seperti retasan / hack, malware maupun virus.

Sebagai Caching

Proxy server memiliki kemampuan untuk menyimpan objek berupa data atau informasi yang pernah diminta oleh user ketika melakukan browsing. Contohnya seperti ini, ketika Anda melakukan pencarian pada situs web tertentu, maka data-data tersebut akan tersimpan dalam bentuk cache.

Nantinya, semua data yang sudah diminta maupun data yang sudah diakses akan tersimpan di dalam proxy server, sehingga cara ini dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi dokumen-dokumen apa saja yang sering diakses oleh komputer perusahaan.

Manfaat Proxy

Menghemat Pemakaian Bandwidth

Penggunaan proxy server dapat dimanfaatkan untuk menghemat pemakaian bandwidth dari koneksi internet user. Hal ini disebabkan karena adanya proses caching yang dapat digunakan untuk menyimpan cookie dari situs-situs web yang pernah dikunjungi.

Mampu Meningkatkan Kinerja Internet

Proxy server bermanfaat untuk membantu meningkatkan kinerja jaringan internet user, karena adanya fungsi penghematan pada bandwith.

Dapat Memblokir Situs Tertentu

Proxy server memiliki kemampuan untuk memblokir situs-situs yang mengandung sara secara otomatis. Selain itu, situs-situs jenis lain yang memang tidak diinginkan juga dapat diblokir. Hal ini disebabkan karena adanya fitur filtering pada proxy server.

Sebagai Keamanan Jaringan Komputer

Pada dasarnya, proxy memiliki kemampuan sebagai sistem keamanan jaringan komputer, yakni dari serangan virus dan malware. Mempercepat Akses InternetProxy server memiliki kemampuan untuk mempercepat akses internet, sehingga para pengguna dapat mengakses internet dengan lebih cepat.

Cara Kerja Proxy

Setelah Anda memahami tentang proxy server, pastinya Anda juga merasa penasaran tentang prinsip cara kerjanya. Dari penjabaran definisi di atas, diketahui bahwa proxy adalah bagian yang berperan sebagai penghubung antar komputer dengan internet.

Dimana cara kerja program ini, berjalan ketika user mulai menggunakan layanan pada server proxy dan kemudian melakukan permintaan data atau file yang ada di dalam internet.

Tahap selanjutnya adalah, proxy akan meneruskan proses permintaan tersebut ke internet, dengan proses yang seolah-olah pihak server tersebut yang meminta dengan sendirinya. Ketika pengguna sudah memperoleh permintaan proxy, maka akan ia akan memberikan respon kepada user, dimana seolah dialah yang berperan sebagai public servernya. Pada intinya, server proxy bisa selalu mampu dalam menyembunyikan identitas alamat IP penggunanya, baik itu perorangan / individu maupun perusahaan.

Berbagai macam informasi tentang proxy sudah Anda ketahui dari sini. Berikutnya, tinggal Anda yang harus mengambil keputusan, apakah hendak menggunakan sistem proxy server pada perusahaan Anda ataupun tidak. Pada dasarnya, proxy adalah sistem server yang memang sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dunia hingga di Indonesia, karena memang terdapat fungsi dan manfaat yang menguntungkan dalam penggunaanya.

Bagaimana dengan perusahaan kecil? Apakah boleh menggunakan proxy server? Tentu saja sangat boleh sekali, bahkan dengan proxy server justru mampu meningkatkan kualitas perusahaan Anda dengan pengaksesan yang lebih aman dan nyaman.

[online-about]

Digital Marketer Adalah? | Memahami Peran Sebagai Digital Marketer

0
721. digital marketer adalah

Digital marketer. Apa yang langsung muncul dalam benak Anda saat mendengar dua kata tersebut? Sudah pasti berbeda satu sama lain, Anda pasti akan langsung memikirkan bahwa digital marketer adalah seseorang yang berkecimpung dalam dunia bisnis tetapi dalam aspek yang berbeda, yaitu terfokus untuk mengurus masalah pemasaran, promosi, pembuatan konten marketing, membuat iklan di social media, membangun website, menjalankan Search Engine Optimization (SEO). Dan tentunya banyak hal lainnya yang dapat dilakukan oleh seorang digital marketer.

Sebagai seorang digital marketer, Anda memiliki peran yang tidak kalah signifikan jika dibandingkan profesi-profesi di bidang lainnya. Mengapa Anda begitu penting? Sebab Anda yang menjalankan promosi sekaligus memperkenalkan suatu brand dengan tujuan agar dapat dikenal oleh orang lain secara luas. Kemudian peran Anda ini juga akan berkaitan dengan hal-hal penting lainnya, seperti persaingan pasar, kekuatan produk, kekuatan pesaing, dan tentunya strategi promosi dan pemasaran yang terbaik, sudah pasti Anda lah yang menentukan.

Kemudian, berdasarkan pemaparan di atas, apa sajakah peran Anda sebagai seorang digital marketer? Hal-hal positif apa yang dapat Anda miliki saat Anda menjalankan profesi sebagai seorang digital marketer? Berikut akan dibahas hal-hal seputar bagaimana peran seorang digital marketer dalam dunia bisnis online.

Digital Marketer adalah: Pengertian dan Peran Seorang Digital Marketer

digital-marketing 2

Sebelum memulai membicarakan topik digital marketer, alangkah baiknya Anda memahami dulu apa itu digital marketing. Digital marketing adalah kegiatan mempromosikan suatu brand, baik itu sebuah produk atau layanan dengan menggunakan media elektronik atau digital (internet). Dan digital marketer adalah orang yang melakukan aktivitas digital marketing tersebut.

Seperti dalam pemaparan dalam kalimat-kalimat pembuka sebelumnya, Anda sebagai seorang digital marketer memiliki tujuan yaitu untuk dapat memasarkan sebuah produk atau layanan yang berada di bawah bendera sebuah brand kepada para calon konsumen secara cepat dan juga tentunya tepat. Karena digital marketer adalah profesi yang berkecimpung dalam dunia digital atau internet, sudah pasti Anda akan akrab sekali dengan website dan social media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi social media lainnya.

Pada umumnya, seorang digital marketer akan bergabung dengan sebuah digital agency, yang berfungsi sebagai sebuah tools, memasarkan produk secara kreatif dan tentunya dengan cara-cara yang inovatif dengan menggunakan media digital ke seluruh dunia.

Peran Seorang Digital Marketer

digital-marketing

Kemudian, apa saja peran Anda sebagai seorang digital marketer? Peran utama dari digital marketer adalah memasarkan produk secara digital tentunya, namun peran utama ini pun dapat dibagi kembali ke dalam beberapa poin-poin penting, yang dapat membantu Anda memahami apa saja peran dari seorang digital marketer lainnya. Peran-peran dari seorang digital marketer adalah sebagai berikut.

Menganalisa Kebutuhan Klien

Sebagai seorang digital marketer yang bergabung dalam sebuah digital marketing agency, Anda pastinya memiliki klien dengan kebutuhan yang berbeda-beda, apakah klien Anda ingin membuat sebuah produk yang baru akan diluncurkan, mengembangkan produk milik mereka, atau ingin langsung menjual produk atau layanan tersebut. Permasalahan klien ini dianalisis oleh Anda sebagai seorang digital marketer kemudian akan dicarikan solusi pemasaran yang terbaik demi memasarkan produk atau layanan ke seluruh penjuru dunia.

Memberikan Rekomendasi dan Strategi Pemasaran

Setelah dilakukan analisa mengenai permasalahan dan tujuan yang diinginkan oleh seorang klien, maka Anda harus dapat memberikan strategi dan solusi pemasaran yang tepat agar keinginan Anda dan klien dapat segera tercapai yaitu memasarkan produk dan layanan milik klien Anda. Setelah suatu strategi dibuat, kemudian dilakukan pertemuan atau briefing dengan para klien, untuk mencapai suatu kesepakatan dan untuk memastikan bahwa strategi yang direncanakan dapat lebih efektif.

Merealisasikan Strategi Pemasaran

Saat strategi yang sudah disepakati bersama akan dijalankan, digital marketer akan mulai mengerahkan orang-orang di bagian yang berbeda-beda, mulai dari tim IT, tim media sosial, tim SEO, desain grafis, Pay-per-click dan bagian-bagian lain yang tidak kalah pentingnya seperti tim marketing melalui search engine.

Melakukan Website Improvement

Apabila klien Anda kebetulan memiliki sebuah website sebagai media promosi produk atau layanan dan ingin memperbaiki website tersebut agar lebih siap untuk diiklankan, maka Anda sebagai digital marketer pun dapat diminta untuk memberikan bantuan untuk perbaikan website tersebut.

Berdasarkan pemaparan di atas, peran seorang digital marketer adalah peran yang bersifat crucial dan tentunya bersifat menyeluruh, dimulai dari menganalisa kebutuhan klien dalam hal pemasaran sebuah produk atau layanan, membuat rekomendasi dan strategi pemasaran, merealisasikan strategi pemasaran yang sudah disepakati bersama, hingga melakukan website improvement dan ini adalah peran yang paling utama.

Karakter Positif yang Harus Dimiliki Seorang Digital Marketer

pemasar-2

Dikarenakan peran-perannya yang sangat strategi inilah, Anda sebagai seorang digital marketer memiliki hal-hal yang bersifat positif dan tentunya patut untuk dicontoh oleh para pebisnis lainnya. Apa sajakah hal-hal positif yang dapat Anda miliki sebagai seorang digital marketer?

Pola Pikir yang Strategis

Digital marketer adalah sebuah profesi yang tidak hanya memikirkan bagaimana caranya untuk dapat meningkatkan konversi sebuah iklan, tetapi juga memikirkan strategi pemasaran secara keseluruhan, sekaligus mengembangkan pandangan yang bersifat jangka panjang untuk mempromosikan brand milik klien.

Pola pikir yang strategis ini dapat digunakan untuk merancang cara-cara menjangkau audiens yang menjadi target pasar Anda. Kemudian pada umumnya, pola pikir yang strategis seperti ini menciptakan taktik-taktik jitu yang berorientasi pada aksi, dimulai dari membangun sebuah website untuk klien, melakukan taktik seo, content marketing, social media marketing hingga menciptakan iklan di Facebook. Oleh karena itu, digital marketer adalah profesi yang tidak hanya bertujuan untuk memasarkan produk atau layanan sebuah brand, tetapi juga menciptakan kesadaran merk atau brand awareness sekaligus menciptakan sebuah konversi.

Sikap yang Profesional

Dalam kehidupan sehari-hari, mendapatkan sebuah kritik yang tajam sampai kritik yang membangun adalah hal yang datang silih berganti. Bisa jadi saat Anda sedang mempresentasikan suatu strategi yang Anda pandang terbaik, tetapi bukan mendapatkan pujian dan keberhasilan, tetapi kritik mulai dari yang sifatnya profesional sampai yang tidak profesional. Intinya adalah, kekuatan mental dan kebesaran hati adalah kunci untuk menghadapi setiap rintangan dan kesulitan yang Anda hadapi saat mempersiapkan sebuah strategi hingga mempromosikan suatu produk atau layanan.

Upgrade Pengetahuan

Dalam bekerja sebagai seorang digital marketer Anda harus siap dihadapkan pada setiap kondisi yang menuntut Anda untuk selalu bekerja dan belajar dengan cepat, dan bahkan tidak jarang di waktu yang sama pula. Bukan hanya itu, kemampuan Anda dalam beradaptasi dengan segala situasi juga akan mempengaruhi pola pikir Anda, dan secara tidak langsung akan membuat pengetahuan Anda pun bertambah.

Menulis dengan Baik dan Mudah Dipahami

Berbicara tentang marketing atau digital marketing, maka Anda tidak akan jauh dari kata komunikasi. Sebagai contoh, seorang digital marketer akan sangat mahir membuat teks untuk iklan, dikarenakan mereka selalu dihadapkan pada situasi yang membuat mereka harus terus menulis dan hingga akhirnya pikiran mereka terus terlatih. Karena itu seorang digital marketer yang sukses sudah terlatih dalam hal berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata.

Data sebagai Dasar Pertimbangan

Sebagai seorang digital marketer, dalam menciptakan suatu iklan sebuah produk, Anda harus dapat berpatokan pada data-data, opsi-opsi dengan penawaran tingkat konversi terbaik, tentunya akan menjadi pilihan utama. Sebagai contoh, saat melihat laporan tentang iklan yang dipasang di Facebook, Anda hanya boleh memutuskan untuk apakah iklan tersebut dapat dilanjutkan atau tidak, dengan berdasarkan pada data yang akurat.

Memiliki Spesialisasi

Seorang digital marketer selalu berhadapan dengan banyak tantangan terkait pekerjaan. Karena ada banyak sekali media-media pemasaran yang dapat digali, maka sudah pasti Anda juga butuh spesialisasi yang menjadi kekuatan utama Anda. Sebagai contoh, Anda bisa sangat kuat di bidang social media marketing, e-mail marketing, konten marketing, atau bidang-bidang spesialisasi lainnya.

Berfokus pada Detail

Dalam membuat sebuah strategi digital marketing Anda harus tetap berfokus pada detail yaitu dengan memperhatikan pada seluruh rincian yang berada dalam sebuah analisis. Hal ini sangat menentukan apakah strategi digital marketing yang Anda rancang dapat berhasil atau tidak.

Sebagai contoh, dalam menciptakan iklan yang efektif, ada banyak data yang harus diperhatikan dan dikontrol, sebagai contoh seperti audience yang ditargetkan, waktu atau hari saat campaign itu berjalan, pertimbangan tingkat konversi untuk setiap channel, minat dan ketertarikan klien, dan banyak faktor-faktor lainnya.

Bagaimana? Menarik, bukan, profesi yang satu ini? Profesi digital marketing akan membuat Anda memiliki peran-peran penting dalam hal memasarkan produk atau layanan milik klien Anda. Dan secara tidak langsung, peran-peran yang Anda jalankan ini akan memberikan manfaat-manfaat dalam hal pola pikir, kemampuan atau skill, pengetahuan yang terus di-upgrade, dan tentunya banyak manfaat lainnya yang dapat Anda petik.

Selama Anda yakin dan terus menekuni profesi digital marketer, Anda pasti dapat menjalankan peran-peran penting dari seorang digital marketer sekaligus mendapatkan manfaat-manfaat yang berharga selama menjalankan profesi tersebut.

[marketing-about]

MySQL Adalah? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

0
mysql adalah

 

MySQL adalah salah satu teknologi yang paling dikenal dalam ekosistem big data modern. Sering disebut sebagai basis data paling populer saat ini. Dengan MySQL, bahkan mereka yang baru mengenal sistem relasional dapat segera membangun sistem penyimpanan data yang cepat, kuat, dan aman.

MySQL adalah sebuah Database Management System (DBMS) yang bersifat multialur dan multipengguna, implementasi dari sistem manajemen basis data relasional (RDBMS). MySQL dikembangkan oleh Oracle yang didasarkan pada bahasa query terstruktur (SQL). Database adalah kumpulan data yang terstruktur. Ini bisa berupa apa saja dari daftar belanja sederhana hingga galeri gambar atau tempat untuk menyimpan informasi dalam jumlah sangat besar dalam jaringan perusahaan.

Secara khusus, basis data relasional adalah toko digital yang mengumpulkan data dan mengaturnya sesuai dengan model relasional. Dalam model ini, tabel terdiri dari baris dan kolom, dan hubungan antara elemen data semuanya mengikuti struktur logis yang ketat. RDBMS hanyalah seperangkat alat perangkat lunak yang digunakan untuk benar-benar mengimplementasikan, mengelola, dan meminta basis data semacam itu.

MySQL adalah bagian integral dari banyak tumpukan perangkat lunak paling populer untuk membangun dan memelihara semuanya, mulai dari aplikasi web yang menghadap pelanggan hingga layanan B2B yang kuat dan digerakkan oleh data. Sifat sumber terbuka, stabilitas, dan rangkaian fitur yang kaya, dipasangkan dengan pengembangan yang berkelanjutan dan dukungan dari Oracle, berarti bahwa organisasi yang kritis terhadap internet seperti Facebook, Flickr, Twitter, Wikipedia, dan YouTube semuanya menggunakan backend MySQL.

Keunggulan MySQL

mysql-7

Karena MySQL penggunaannya paling banyak di industri, pengguna bisnis dari webmaster baru hingga manajer berpengalaman harus berusaha memahami karakteristik utamanya. Memutuskan apakah akan menggunakan teknologi ini, dan mengkomunikasikannya secara efektif. Semua dimulai dengan ulasan tentang ketersediaan, struktur, filosofi, dan kegunaan dasar MySQL. Berikut keunggulan dari penggunaan MySQL.

MySQL Sangat Kompatibel

Meskipun sering dikaitkan dengan aplikasi internet atau layanan web, MySQL dirancang agar kompatibel secara luas dengan teknologi dan arsitektur lainnya. RDBMS berjalan pada semua platform komputasi utama, termasuk sistem operasi berbasis Unix, seperti berbagai distribusi Linux atau Mac OS, dan Windows.

Arsitektur client-server MySQL berarti dapat mendukung berbagai backend, serta antarmuka pemrograman yang berbeda. Data dapat langsung dimigrasikan dari MySQL ke fork-nya (mis. MariaDB), serta sebagian besar RDBMS lainnya. Oracle dan alat migrasi pihak ketiga yang lebih jauh memungkinkan MySQL untuk memindahkan data dan dari sejumlah besar sistem penyimpanan umum, apakah ini dirancang untuk di tempat atau berbasis cloud.

MySQL dapat digunakan dalam lingkungan tervirtualisasi, didistribusikan atau dipusatkan, dan bahkan ada sebagai perpustakaan mandiri portabel untuk tujuan pembelajaran, pengujian, atau aplikasi kecil. Kompatibilitas MySQL yang luas dengan semua sistem dan perangkat lunak lain ini menjadikannya pilihan praktis RDBMS dalam kebanyakan situasi.

Database Mysql Adalah Bersifat Relasional

Faktor utama yang membedakan basis data relasional dari penyimpanan digital lainnya terletak pada bagaimana data diorganisasikan pada tingkat tinggi. Database seperti MySQL berisi catatan dalam beberapa tabel terpisah dan sangat dikodifikasikan, sebagai lawan dari repositori tunggal yang mencakup semua, atau koleksi dokumen semi atau tidak terstruktur.

Ini memungkinkan RDBMS untuk mengoptimalkan tindakan seperti pengambilan data, memperbarui informasi, atau tindakan yang lebih kompleks seperti agregasi. Model logis didefinisikan atas semua isi basis data, yang menggambarkan misalnya nilai yang diizinkan dalam kolom individual, karakteristik tabel dan tampilan, atau bagaimana indeks dari dua tabel terkait. Model relasional tetap populer karena beberapa alasan.

Mereka memberdayakan pengguna dengan bahasa pemrograman deklaratif yang intuitif. Pada dasarnya memberi tahu basis data hasil yang diinginkan dalam bahasa yang serupa atau setidaknya dipahami dalam bahasa Inggris, alih-alih dengan cermat mengkodekan setiap langkah prosedur yang mengarah ke hasil tersebut. Hal ini memindahkan banyak pekerjaan ke RDBMS dan mesin SQL, lebih baik menegakkan aturan logis dan menghemat sumber daya dan tenaga yang berharga.

Mysql Adalah Open-Source

Setiap individu atau perusahaan dapat secara bebas menggunakan, memodifikasi, menerbitkan, dan memperluas basis kode sumber terbuka dari Oracle. Perangkat lunak ini dirilis di bawah GNU General Public License (GPL). Untuk kode MySQL yang perlu diintegrasikan atau dimasukkan dalam aplikasi komersial, perusahaan dapat membeli versi berlisensi komersial dari Oracle.

Opsi ini memberikan fleksibilitas tambahan bagi organisasi jika memutuskan untuk bekerja dengan MySQL. Rilis open-source berbasis publik dan berbasis komunitas memperkaya dokumentasi MySQL dan budaya dukungan online, sementara juga memastikan bahwa kemampuan yang berkelanjutan atau yang baru dikembangkan tidak pernah menyimpang terlalu jauh dari kebutuhan pengguna saat ini.

Mysql Mudah Digunakan

Meskipun sifat relasional MySQL dan struktur penyimpanan mungkin tampak terbatas, paradigma tabular mungkin yang paling intuitif, dan akhirnya memungkinkan kegunaan yang lebih besar. Bahkan, MySQL membuat banyak konsesi untuk mendukung berbagai kemungkinan struktur data, dari tipe standar tetapi kaya logika, numerik, alfanumerik, tanggal, dan waktu, hingga JSON atau data geospatial yang lebih maju.

Selain tipe data belaka dan rangkaian fitur bawaan yang luas, ekosistem MySQL juga mencakup berbagai alat, memudahkan segalanya, mulai dari manajemen server hingga pelaporan dan analisis data. Terlepas dari arsitektur RDBMS yang menyeluruh, pengguna selalu dapat menemukan fitur MySQL yang memungkinkan mereka untuk memodelkan dan menyusun data sesuai keinginan mereka. MySQL adalah salah satu teknologi database paling mudah untuk dipelajari dan digunakan.

MySQL Adalah? Perbedaan Antara SQL vs MySQL

mysql-4

Model relasional pertama kali digambarkan dalam makalah tahun 1970 oleh Edgar F. Codd. Salah satu bahasa pemrograman komersial pertama yang terkait dengan model, SQL, dikembangkan tidak lama setelah itu di IBM. Untuk beberapa waktu, SQL adalah bahasa basis data yang paling banyak digunakan, diadopsi sebagai standar ANSI pada tahun 1986 dan dalam ISO setahun kemudian. SQL terdiri dari empat subtitle, masing-masing dengan cakupan yang berbeda.

  1. DQL: Data query language adalah yang paling akrab dan digunakan untuk menjalankan kueri pada basis data dan mengekstrak informasi dari data yang disimpan. Misalnya, memilih dan mengembalikan nilai maksimum dalam kolom.
  2. DDL: Data definition language digunakan untuk menyusun struktur dan skema khusus basis data. Membuat tabel atau mendefinisikan tipe data adalah contohnya.
  3. DCL: Data control language mendefinisikan akses, otorisasi, dan izin untuk pengguna dan proses mengakses database, termasuk memberikan hak administrator, atau membatasi pengguna hanya untuk read-only.
  4. DML: Data manipulation language digunakan untuk membuat modifikasi pada komponen database yang ada, seperti menyisipkan catatan, memperbarui nilai dalam sel, atau menghapus data.

Perusahaan Swedia MySQL AB pertama kali merilis MySQL pada tahun 1995. Seperti banyak perangkat lunak database yang mengikuti kebangkitan awal sistem relasional, MySQL hanyalah perpanjangan dari standar SQL asli, menambahkan lebih banyak fitur, dukungan, pemrograman prosedural, mekanisme aliran kontrol, dan lainnya.

Mysql Adalah? Cloud Dan Masa Depan Mysql

mysql-3

MySQL pada awalnya difungsikan untuk mengelola database besar, lebih cepat dari perangkat lunak database yang ada. Digunakan dalam tuntutan lingkungan operasional, transaksional, dan produksi selama beberapa dekade, MySQL berevolusi bersamaan dengan perpindahan komputasi dan penyimpanan ke cloud. Meskipun biasanya diinstal pada mesin individual, MySQL sekarang menyertakan dukungan mendalam untuk aplikasi terdistribusi dan inklusi di sebagian besar platform data cloud.

MySQL Adalah? MySQL Front, MySQL Yog dan MySQL Connector

mysql-1

MySQL Front secara resmi disebut SQL Front, adalah antarmuka front-end untuk database MySQL yang populer. Ini memungkinkan pengguna untuk mengelola basis data dari antarmuka Windows yang mudah digunakan, bukan melalui baris perintah. Karena MySQL Front adalah aplikasi nyata, ia dapat menawarkan antarmuka pengguna yang lebih halus daripada yang mungkin dengan sistem yang dibangun pada PHP dan HTML (misalnya phpMyAdmin).

Respons langsung, karena tidak ada penundaan memuat ulang laman HTML. Jika penyedia mengizinkannya, MySQL Front dapat melakukan kontak langsung dengan database. Karena antarmuka yang intuitif, struktur basis data dapat dibuat dengan mengklik dengan mouse. Namun, alat ini masih memungkinkan untuk menjalankan kueri secara manual dan semacamnya.

MySQL Yog adalah manajemen MySQL, solusi GUI paling lengkap untuk DBA & Devops dengan powertools seperti backup terjadwal, SSH dan tunneling HTTP. MySQL Yog adalah alat dalam kategori Database Tools. Berjalan di semua versi Windows dari Vista/2008 dan lebih tinggi serta sistem Windows Server dari generasi yang sama (Windows Server 2008 dan lebih tinggi). Bekerja dengan server MySQL versi  4.1 dan lebih tinggi dan semua server MariaDB.

MySQL Connector biasa disebut sebagai MySQL ODBC atau MyODBC. MySQL Connector adalah driver untuk menghubungkan ke server database MySQL melalui antarmuka program aplikasi Open Database Connectivity (ODBC), yang merupakan sarana standar untuk menghubungkan ke database apa pun.

Pengguna dapat terhubung dari dalam aplikasi umum dan lingkungan pemrograman, seperti Microsoft Access atau Excel atau Borland Delphi. MySQL Connector tersedia untuk sebagian besar sistem operasi utama, termasuk Windows, Unix, Linux, Solaris, AIX, dan OS X baik di bawah perangkat lunak bebassumber terbuka GNU General Public License (GPL) atau di bawah lisensi komersial. MySQL Connector juga merupakan software komputer dari Oracle Corporation.

[application-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!