Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 118

10 Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula dari Nol

0
cara memulai bisnis online, cara memulai bisnis online dari nol, cara memulai bisnis online rumahan

 

Internet dengan beragam virtual telah menjadi candu semua kalangan. Segala kemudahan bisa didapatkan dengan berselancar dalam internet ini. Segala aspek kehidupan baik dari segi pendidikan, kesehatan, dan juga ekonomi telah merasakan dampak dari pesatnya perkembangan teknologi. Tidak hanya itu beragam cara seperti cara memulai bisnis online untuk pemula, dan pengetahuan lain seputar kehidupan sudah disediakan lengkap oleh internet ini. Berbicara tentang bisnis online, pastinya semua setuju bila dikatakan sekarang ini hampir semua bisnis itu dijalankan dengan berbasis online. Setiap bisnis yang menggunakan internet dalam pengelolaannya bisa disebut dengan bisnis online. Pertanyaannya, apakah semua orang tau cara bisnis online bagi pemula? Jawabannya adalah tidak semua.

Mengapa saat ini banyak sekali pegiat bisnis yang beralih dari cara konvensional menjadi bisnis berbasis online? Tentunya ada alasan kuat dibaliknya. Selain karena tuntutan zaman yang terus memaksa adanya perubahan agar eksistensi bisnis tetap terjaga. Bisa dibayangkan jika bisnis yang digeluti menjadi satu-satunya bisnis yang tak memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosi. Ini akan membuat bisnis yang dirintis terbelakang.

Apa Peluang Berbisnis Online?

cara memulai bisnis online, cara memulai bisnis online dari nol, cara memulai bisnis online rumahan

Sebelum membahas tentang cara memulai bisnis online untuk pemula, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang apasih peluang dari menggeluti bisnis online ini. Ada beberapa keuntungan bisa didapatkan, dan tentunya peluang keberhasilan juga akan terbuka lebar. Hal utama yang paling menguntungkan ialah, produk yang dijual itu bisa dijangkau masyarakat tanpa batas geografis. Jaringan pemasaran yang dulunya hanya sebatas dalam kota saja, kini melalui marketplace semua produk bisa dijangkau dengan mudah oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya itu, bisnis online bisa dikerjakan oleh semua umur dari berbagai bidang pekerjaan. Banyak yang menjadikan usaha bisnis online ini sebagai penghasilan tambahan di samping gaji dari pekerjaan utamanya.

Berdasarkan hal itulah mengapa cara bisnis online bagi pemula ini sangat banyak mempelajarinya. Bahkan seminar-seminar nasional saat lebih banyak membahas bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula agar bisa sukses dan memberikan penghasilan yang menguntungkan. Berbeda dengan bisnis konvensinal lainnya, bisnis online cenderung lebih membutuhkan modal yang sedikit. Para pebisnis online sukses itu adalah mereka yang juga berasal dari seorang pemula. Pemula yang terus belajar baik secara ototdidak maupun melalui pendidikan. Tidak ada yang salah dari keduanya, yang salah itu apabila seseorang yang memiliki niat berbisnis tapi tak pernah benar-benar memulainya dengan serius.

10 Cara Simple Memulai Bisnis Online untuk Pemula

cara memulai bisnis online, cara memulai bisnis online dari nol, cara memulai bisnis online rumahan

Cara bisnis online untuk pemula itu sebenarnya bisa dimulai dari diri kita sendiri. Seperti pernyataan yang sebelumnya, bahwa tidak akan sukses orang apabila Ia tidak pernah benar-benar memulainya. 10 cara memulai bisnis online bagi pemula ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk memulai bisnis dan mendapat keuntungan dari sana.

1. Membulatkan Tekad dan Menanamkan Mindset Wirausaha yang Baik

Cara memulai bisnis online dari nol yang pertama adalah dengan membulatkan tekad dan menanamkan mindset wirausaha yang baik dalam diri. Tekad dan mindset wirausaha itu sangatlah penting dan menjadi modal utama dalam berbisnis selain modal uang tentunya. Pusatkan pikiran bahwa yang ingin dibangun ini adalah bisnis, di mana ada resiko dan juga peluang yang hadir di dalamnya. Luruskan niat dan milikilah mental wirausaha yang positif. 

Bagaimana mental pebisnis yang positif? Yaitu mereka yang terus mengembangkan bisnisnya dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Sedangkan untuk mindset sendiri adalah mereka yang tidak hanya berbisnis untuk kepentingan sendiri dan keuntungan pribadi, mindset mereka adalah bagaimana menciptakan produk yang mampu bermanfaat bagi banyak pihak.

Penentu kesuksesan dari apa yang dikerjakan itu tergantung dari kualitas dari pebisnis itu sendiri, selebihnya berasal dari hal-hal teknis lainnya. Kepercayaan pada diri sendiri dan mampu mengimbangi apa yang harus dijadikan prioritas dan yang tidak adalah contoh dari pemikiran yang positif. Kemampuan itu harus terus di upgrade agar bisnis bisa berkembang terus hingga nanti tidak peduli pergeseran zaman yang kian terasa.

2. Melakukan Riset Pasar

Kemudian, lakukan riset pasar Anda. Masih banyak bisnis-bisnis baru yang mengabaikan cara memulai bisnis online dari nol satu ini. Tak sedikit pula pebisnis awam yang menduga bahwa usaha kecil tidak memerlukan riset pasar; atau mengira semua orang adalah target market mereka.

Anggapan tersebut kurang tepat. Nyatanya, tidak semua orang bisa menjadi target bisnis Anda. Ini karena setiap orang mempunyai kebutuhan dan selera yang berbeda-beda. Alhasil, mempromosikan bisnis ke orang yang salah hanya akan membuang-buang tenaga dan biaya pemasaran.

Nah, riset pasar inilah yang berguna untuk mengetahui siapa saja orang-orang yang akan menjadi konsumen Anda. Begitu mengetahui target pasar yang tepat, maka barulah kita bisa merancang skema promosi dengan lebih efektif.

Riset pasar biasa mencakup sejumlah poin penting, di antaranya:

  • Kebutuhan, minat dan trend-trend yang berkembang di pasaran.
  • Gender.
  • Usia.
  • Domisili.
  • Latar belakang pendidikan.
  • Pekerjaan.
  • Penghasilan atau kelas ekonomi.
  • Ekspektasi konsumen terhadap produk, termasuk harga yang “rela” mereka bayarkan untuk produk Anda.
  • Gaya belanja, dll.

3. Menentukan Produk atau Jasa yang Akan Dijual

Tidak cuma meriset konsumen saja, menentukan produk atau jasa yang akan dijual juga semestinya dilakukan setiap pebisnis online. Apalagi saat ini ada banyak item yang laris-manis terjual dengan cara online. Jadi wajar saja apabila Anda kebingungan menentukan produk jualan terbaik.

Namun tidak perlu bingung. Ada banyak cara mudah menentukan barang dagangan terbaik yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Meriset kembali kebutuhan masyarakat.
  • Menyesuaikan dengan selera atau minat target konsumen.
  • Mengikuti perkembangan trend terkini.
  • Menciptakan inovasi dari permasalahan yang ada di masyarakat.
  • Mengikuti passion dan hobi Anda sendiri.

4. Menjalin Kerja Sama dengan Supplier

Cara memulai bisnis online rumahan selanjutnya adalah menjalin kerja sama dengan agen penyedia barang (supplier). Lakukan strategi ini jika Anda memilih untuk menjual produk yang tidak bisa diproduksi sendiri. Contohnya bisnis pakaian, jualan gadget, skincare, spare part motor, dropshipper, dan seterusnya.

Namun jangan sekadar bekerja sama dengan agen produk saja. Pastikan Anda memilih agen yang benar-benar berkualitas, dibuktikan dengan testimoni pelayanan, kualitas produk dan kejelasan aturan kerja sama bisnisnya. Agen-agen produk pun kini bisa ditemukan dengan mudah di ecommerce.

Sebenarnya tidak ada keharusan bagi bisnis online untuk mencari supplier, semuanya tergantung pada jenis barang atau jasa yang Anda sediakan. Banyak juga bisnis online rumahan yang turut memproduksi barang dagangannya sendiri. Contohnya bisnis makanan (catering atau kue), jasa pembuatan website, bisnis kerajinan tangan, bimbel, dll.

5. Merancang Strategi Pemasaran

Membicarakan cara memulai bisnis online dari nol tentunya tidak akan terlepas dari strategi pemasaran. Setiap bisnis perlu melakukan promosi rutin agar bisa mendapatkan pelanggan. Bagaimana cara mempromosikan bisnis online rumahan?

Anda tentunya bisa menggunakan aneka strategi digital marketing yang gratis namun efektif menjaring konsumen baru setiap hari. Contohnya seperti sosial media marketing, konten marketing, optimasi SEO website/blog, memasang iklan di ecommerce, hingga membuat vlog YouTube.

6. Membuka Lapak Online

cara memulai bisnis online, cara memulai bisnis online dari nol, cara memulai bisnis online rumahan

Membuka lapak atau toko di marketplace menjadi cara bisnis online untuk pemula yang tak kalah pentingnya. Berbeda dengan toko konvensional yang harus menyewa bangunan sebagai toko barang-barang yang dijual, bisnis online tidak. 

Anda bisa memasarkan produk ke berbagai kota di Indonesia maupun luar negeri secara gratis dengan membuat website bisnis sendiri; akun bisnis di sosmed; atau mendaftar sebagai Seller di marketplace (seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada).

Bisa dibilang inilah cara memulai bisnis online dari nol yang sesungguhnya. Hanya dengan bermodalkan perangkat keras seperti laptop atau smartphone, Anda sudah bisa membuka toko untuk brandnya sendiri. Katalog gambar produk yang sudah ditentukan bisa mulai diunggah di toko online ini.

7. Mulailah Berjualan (Go Live)

Setelah mempersiapkan poin-poin sebelumnya, kini Anda sudah siap untuk mulai berjualan! Segera upload katalog gambar produk Anda ke platform jualan untuk mendatangkan calon konsumen. 

Katalog tersebut bisa berupa foto atau video yang Anda buat sendiri. Pastikan juga untuk mendesain katalog semenarik mungkin, seperti menambahkan bingkai gambar, logo olshop, dan deskripsi produk yang detail.

Lalu seiring berjalannya waktu, Anda bisa mencoba menghadirkan beragam inovasi produk/layanan kepada konsumen. Berjualan secara online memang tidak menguras tenaga dan tidak memakai otot. Namun, dalam berjualan online itu yang paling diperlukan adalah bagaimana memutar otak dalam berinovasi. Setiap bisnis faktanya membutuhkan inovasi agar konsumen tetap merasa penasaran dan tertarik berkunjung.

8. Menggencarkan Promosi

Kita telah merancang strategi promosi di poin sebelumnya, bukan? Kini waktunya bertindak menggencarkan rencana tersebut!

Promosi adalah fondasi penting dalam cara-cara memulai bisnis online dari nol. Tentunya tak satupun usaha ada yang bisa bertahan tanpa promosi. Namun sayangnya masih banyak pebisnis yang justru minder, malu dan gengsi berinteraksi dengan masyarakat. Sikap-sikap tersebut harus segera disingkirkan atau bisnis Anda bisa terancam gulung tikar!

Pernah melihat penjual di pasar? Mereka rata-rata akan berteriak dalam mempromosikan barang dagangannya. Bagi yang tertarik atau memang membutuhkan barang tadi pasti akan mendatangi penjual tadi bukan? Hal ini membuktikan bahwa promosi itu sangatlah penting. Bagaimana orang bisa tau jualan kita, kalau pemiliknya saja tidak mempromosikan barangnya. Dalam dunia penjualan online sendiri, ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan, baik melalui influencer, atau melalui iklan-iklan yang biasa muncul di sosial media.

Untungnya, Mempromosikan barang secara online memang tidak perlu berteriak hingga pelanggan berdatangan. Cukup pasang dan gunakan kata-kata meyakinkan dan sifatnya persuasif. Sebisa mungkin buatlah calon pembeli yakin bahwa produk yang dijual berkualitas dan bermanfaat. Untuk di toko online seperti yang dipasang pada marketplace, jangan lupa sertakan deskripsi produk agar calon pembeli bisa tau apa yang dijual.

9. Memperluas Koneksi dan Relasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan akan sangat berpengaruh terhadap pribadi dan pencapaiannya seseorang dalam berkarir. Mereka yang dilingkungan positif pasti akan berubah menjadi positif pula. 

Begitupun dalam berbisnis, teman yang satu frekuensi akan lebih nyambung diajak berdiskusi dan berbagi pengalaman. Oleh karenanya, temukanlah teman satu frekuensi yang bisa menjadi teman berbagi pengalaman dan juga ilmu. 

Akan lebih baik lagi jika ternyata mereka memiliki bisnis dalam bidang yang sama. Peluang bekerja sama akan lebih luas tercipta. Tentunya cara bisnis online untuk pemula ini bisa didapatkan jika sudah menjalankan bisnis dengan serius.

10. Mengadakan Evaluasi secara Berkala

Cara memulai bisnis online rumahan yang terakhir adalah mengadakan evaluasi. Evaluasi wajib dilakukan secara berkala (semisal setiap 1 bulan, 3 atau 6 bulan sekali). Tujuan proses ini adalah mengetahui letak kekurangan dan sudah sejauh mana bisnis kita dalam mencapai target. Segera lakukan perbaikan jika ternyata masih ada hal-hal yang dirasa kurang memuaskan dari kampanye marketing.

Demikianlah tadi beberapa cara memulai bisnis online untuk pemula yang bisa menjadi insiprasi bagi siapapun yang ingin mulai berbisnis secara online. Semoga artikel ini bisa membantu dan menjadi bacaan yang bermanfaat untuk teman-teman semua.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Beacon Adalah? Pengertian Beacon dan Cara Penggunaanya

0
beacon adalah

Ada banyak hal saat kita melakukan interaksi setiap hari yang sepertinya tidak kita pertanyakan ketika berbicara tentang teknologi. Seperti misalnya lampu yang menyala menggunakan saklar, mobil yang menyala, sinyal WiFi yang secara instan memungkinkan kita untuk melakukan penjelajahan.

Saat ini, banyak dari hal-hal sederhana tersebut telah menjadi terhubung. Beberapa perangkat paling sederhana itu disebut Bluetooth Beacon, yang jika dikombinasikan dengan teknologi lain, mereka dapat memecahkan banyak masalah besar bagi pengguna.

Entah untuk melayani pelanggan di industri perjalanan, keramahtamahan, transportasi, berita, ritel, atau lainnya. Namun apa itu beacon? Beacon adalah teknologi Bluetooth Low-Energy yang dapat digunakan untuk melakukan push notification atau tracking ketika kita sudah berada di jangkauan sinyalnya.

Konsep beacon adalah sama seperti seperti mercusuar yang memandu kapal. Sesuatu yang menunjukkan dan memberikan informasi serta navigasi kepada pengguna ponsel cerdas. Beacon adalah teknologi yang memberikan konteks baru ke konsep lama. Teknologi beacon seperti yang kita kenal sekarang ini diperkenalkan oleh raksasa teknologi, Apple, yang disebut iBeacon, bersama dengan standar komunikasi khusus.

Kemudian diikuti oleh Google, yang dinamakan Eddystone. Beacon untuk lokasi, yang kira-kira dua kali ukuran bandara Wi-Fi router Apple adalah perangkat beacon pertama sejak 2013. Dalam waktu singkat, teknologi beacon melahirkan banyak startup dan tipe baru.

Tidak seperti teknologi baru lainnya seperti Augmented dan Virtual Reality, beacon langsung efektif dan memiliki harga yang tidak tinggi. Selain itu, mereka menyediakan cara baru yang menarik untuk melibatkan pelanggan dengan cara yang tidak mengganggu. Akibatnya, banyak perusahaan ritel yang mapan dengan cepat mengadopsi beacon dan mulai mendapatkan manfaat dari hal ini.

Cara Kerja Teknologi Beacon

Cara Kerja Teknologi Beacon

Perangkat beacon adalah pusat dari teknologi beacon. Kebanyakan beacon adalah komputer kecil yang kira-kira seukuran router Wi-Fi standar. Sebagai bagian dari sistem yang diposisikan di dalam dan luar ruangan dan jaringan Internet of Things (IoT), beacon menggunakan teknologi kedekatan untuk mendeteksi keberadaan manusia di dekatnya. Beacon kemudian memicu tindakan yang telah ditetapkan untuk memberikan pengalaman informasi, kontekstual, dan personal.

Ketika pengguna melewati area di mana sistem penentuan posisi atau jaringan IoT dengan beacon diatur, beacon terdekat mengirimkan kode dengan pesan ke perangkat seluler mereka. Kemudian, pesan tersebut muncul sebagai pemberitahuan di perangkat seluler pengguna dengan aplikasi seluler pihak ketiga.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk membuat sistem berbasis beacon ini berfungsi, yaitu setidaknya ada satu perangkat beacon lagi, aplikasi seluler dan tentunya izin pengguna. Untuk mengaktifkan dukungan beacon, ponsel cerdas harus memiliki iOS 7 atau lebih tinggi atau Android 4 atau lebih tinggi. Standar beacon Apple disebut iBeacon, sedangkan Google bernama Eddystone.

Adapun untuk izin pengguna, Anda membuat keputusan akhir tentang apakah mereka akan menerima pemberitahuan berbasis beacon dan menggunakan sistem penentuan posisi Anda. Teknologi beacon hanya berfungsi dengan smartphone dan aplikasi seluler, sehingga pengguna dapat memilih untuk mematikan Bluetooth. Ada juga orang yang menggunakan ponsel cerdas mereka tanpa harus menyalakan Bluetooth setiap saat.

Beacon Adalah? Fungsi dan Jenis Beacon

Teknologi beacon bergantung pada Bluetooth Low-Energy (BLE) untuk mengirim pesan secara berkala. BLE adalah teknologi Bluetooth hemat daya yang dikembangkan untuk aplikasi dan perangkat IoT seperti beacon.

Setiap beacon memiliki ID unik yang terbuat dari angka dan huruf serta informasi pengenal dipancarkan oleh Bluetooth beberapa kali setiap detik. Beacon adalah perangkat yang cukup sederhana dan hanya terdiri dari tiga bagian, yaitu baterai, CPU, dan radio. Semua beacon adalah BLE.

Ini sangat penting, karena penggunaan energi yang lebih sedikit berarti kemampuan beacon untuk digunakan secara aktif untuk periode waktu yang lebih lama, seringkali bertahun-tahun tanpa mengganti baterai.

Bahkan dengan BLE, beacon hanya membutuhkan satu baterai sel koin setiap tiga tahun, dan teknologinya 60 hingga 80 persen lebih murah daripada Bluetooth klasik. Jika Anda mendengar BLE tentang beacon Bluetooth, ketahuilah bahwa semua beacon terkait Bluetooth secara teknis dianggap beacon berenergi rendah.

Jenis Beacon

ID unik dipancarkan ke penerima/pengguna (seperti telepon) dan perangkat lunak pada receiver (seperti aplikasi) dapat mengirimkan konten yang disesuaikan dengan beacon tersebut. Misalnya, jika toko mengiklankan penjualan spesifik dari satu bagian toko, mereka dapat mengubah konten menjadi spesifik ke bagian toko tersebut. Misalnya, jika mereka memasang beacon di pintu masuk toko mereka, mereka dapat menampilkan informasi penjualan yang relevan untuk musim tertentu.

ID unik yang ditransmisikan tidak akan berubah, tetapi konten yang diberikan aplikasi (berdasarkan musim) akan berubah.  Ada banyak jenis beacon Bluetooth di luar sana. Tetapi konfigurasi yang paling populer adalah iBeacon atau Eddystone.

Di luar dari siapa yang menciptakan teknologi beacon ini, pembeda utama adalah ID unik yang dikirimkan dan bagaimana fitur keamanan mereka bekerja. ID Unik iBeacon memiliki satu paket iklan yang berisi tiga komponen berbeda dan Eddystone memiliki beberapa jenis paket iklan yang dapat berputar untuk memberikan keamanan lebih.

Ada beragam beacon yang tersedia untuk sistem penentuan posisi jenis dan skala apa pun. Mereka berbeda dalam ukuran, masa pakai baterai, kasus penggunaan, dan tingkat resistensi terhadap faktor eksogen. Berikut adalah jenis-jenis umum beacon.

Beacon Standar

Beacon standar adalah perangkat seukuran router Wi-Fi atau lebih kecil untuk solusi kedekatan dan pelacakan dalam ruangan.

Beacon Portabel/kecil

Ukurannya seperti kartu kredit atau stiker besar untuk pelacakan aset dan solusi kedekatan.

USB Beacon

Ukurannya kecil, portabel, cepat digunakan, yaitu beacon dengan ukuran flash drive untuk pelacakan aset dan solusi kedekatan.

Beacon Video

Perangkat yang dicolokkan ke bagian belakang layar untuk memberikan informasi visual kontekstual. Seperti contohnya pengguna mendekati tampilan dalam makanan bersama dan itu menunjukkan penawaran yang dipersonalisasi berdasarkan penggunaan aplikasi yang mengaktifkan beacon. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk tandatangan digital.

Beacon AI

Perangkat yang digerakkan oleh pembelajaran mesin yang dapat mendeteksi berbagai isyarat dan gerakan.

Beacon Stiker

Yaitu beacon terkecil, yang digunakan untuk pelacakan aset. Beacon parent (ukuran router Wi-Fi besar) digunakan untuk melacak suara lain, mengumpulkan data dan menyimpannya di cloud, dan banyak lagi.

Beacon Khusus

Perangkat yang tahan terhadap faktor-faktor luar seperti debu, air, penghancuran, antistatik, dan sinar ultraviolet. Digunakan untuk pelacakan di dalam ruangan dan solusi kedekatan di lingkungan yang keras.

Sebagian besar jenis beacon tersebut muncul pada tahun-tahun awal dimana teknologi beacon mengemuka untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis dari perusahaan yang berbeda. Sehingga yang akan muncul di masa depan, memberikan perusahaan pilihan baru untuk melibatkan pelanggan.

Postgresql Adalah? Mengenal Postgresql & Fitur Utamanya

0
postgresql adalah

Penggunaan piranti lunak untuk menunjang kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang teknologi tentu saja sudah banyak pengaplikasiannya. Hal ini sejalan dengan adanya Postgresql, adakah yang sudah cukup familiar dengan Postgresql? Postgresql adalah sebuah sistem berbasis data yang dapat digunakan secara bebas pada perjanjian lisensi BSD.
Penggunaan layanan berbasis data semacam ini sudah banyak dilakukan untuk mendukung perkembangan email dan pengiriman data. Postgresql adalah suatu layanan yang banyak menerima penghargaan dan tentunya banyak diaplikasikan oleh aplikasi lainnya. Sistem basis dari Postgresql sendiri memiliki fitur lengkap dan cukup populer.

Nah, karena banyaknya dan maraknya penggunaan dari Postgresql itu sendiri ada baiknya untuk menambah wawasan mengenai Postgresql. Ulasan ini akan membahas mengenai pengenalan lebih jauh mengenai fitur utama Postgresql. Berikut adalah ulasannya, mari simak bersama.

Pengertian Dasar Dari Postgresql

pengertian postgresql

Postgresql adalah sebuah sistem berbasis data yang dapat digunakan secara bebas atau open source.
Sistem dari Postgresql adalah sistem yang memiliki fitur lengkap dan populer tidak kalah dari MySQL ataupun Oracle. Postgresql juga merupakan suatu sistem berbasis data yang penggunaan sangat banyak digunakan pada era modern ini. Hal ini juga dikarenakan Postgresql adalah sistem database yang kuat pada kelasnya bahkan untuk urusan relasi.
Postgresql juga menyiadakan banyak fitur untuk mereplikasi data yang pengembangannya terus dilakukan sejak 15 tahun silam. Masalah akurasi data, integrasi data dan kemampuan data Postgresql sudah tidak diragukan lagi. Itulah pengertian dasar dari Postgresql berikut dengan sedikit ulasan kemampuannya.

Cara Kerja Dasar Postgresql

cara kerja

Untuk lebih bisa mengenal Postgresql, selain memahami apa itu Postgresql tentu saja perlu untuk memahami bagaimana cara kerja dari Postgresql itu sendiri. Ulasan mengenai cara kerja Postgresql mampu menjadi point yang cukup penting mengingat kata Postgresql masih cukup asing untuk didengarkan.
Meski sebenarnya sudah ada banyak sekali perusahaan yang mengembangkan Postgresql sebagai solusi permasalahan databasenya. Ada banyak pengguna dari Postgresql seperti Yahoo!, Myspace, OpenStreetmap, Afilias atau Sony Online. Selain itu ada beberapa pengguna perusahaan besar lainnya dari Postgresql seperti, BASF, Skype, Hi5.com, Sun xVM yang menggunakan Postgresql sebagai layanannya.
Cara kerja dari Postgresql ini sebenarnya cukup rumit karena berkaitan dengan database skala besar dan cukup menyita kemampuan. Meski pada dasarnya, cara Postgresql hanya pada pengelolaan database dengan memperhatikan sistem program yang ada. Namun ada beberapa tahapan dan point penting yang perlu diperhatikan.

Fitur-Fitur Utama Dari Postgresql

Fitur Utama Postgresql

Setelah mengetahui pengertian dari Postgresql adalah, dan beberapa ulasan dasar mengenai Postgresql. Selanjutnya adalah ulasan mengenai fitur-fitur utama dari Postgresql yang biasanya digunakan sebagai penunjang pengelolaan database, sebagai berikut.

Data Retrieval Menggunakan Select

Fitur data retrieval dengan menggunakan mode select memungkinkan untuk menganalisa rasionalitas database. Kemudian setelah data dapat dianalisa kemudian bisa membuat desaign model basis data secara dasar dengan model yang logis. Tentu saja data retrieval pada fitur select bisa diubah menjadi model fisik sesuai dengan perintah dan arahan pada Postgresql.
Anatomi, perintah dan pengajuan penggunaan pada Postgresql akan diolah dalam query data menggunakan database Postgresql juga pgAdmin3. Fitur pengelolaan database Postgresql merupakan pengelolaan yang paling umum dan data yang dihasilkan bisa digunakan pada app lain seperti MySQL. Umumnya sintaks pengelolaan dari Postgresql memiliki sintaks umum dan memiliki RDBMS yang sama.

Fitur Common Table Untuk Pengelolaan Data Hirarki

Bagi programmer atau yang berkonsentrasi dan bekerja dalam pengembangan sistem perkantoran yang banyak menggunakan database, fitur Postgresql solusinya. Pengembang dalam sistem perkantoran ini tentu sering atau pernah dihadapkan dengan data hirarki atau data rasional. Nah fitur pada Postgresql memiliki kemampuan untuk pengelolaan data tersebut.
Fitur Postgresql untuk pengelolaan data hirarki ada pada fitur common table untuk menyimpan data hirarki dan membuat relasi. Fitur common table ini memungkinkan adanya pengelolaan reaksi data pada SQL Query dengan mudah dan aman. Data perkiraan bisa dimasukan sebagai data uraian pada fitur common table untuk pemenuhan data akutansi.

Fitur Komunikasi Database

Betapa pentingnya pengelolaan database dan kebutuhan akan penyimpanan data pada era modern ini, inilah yang kemudian memunculkan adanya Postgresql. Mengapa demikian? Bisa dikatakan bahwa Postgresql memiliki fitur komunikasi bahasa dalam database. Fitur ini memungkinkan untuk masing-masing data dari bahasa pemrograman yang ada untuk saling berkolerasi.
Postgresql sendiri memiliki fitur pelengkap dalam pengelolaan database dan berbagai kumpulan data didalamnya. Fitur komunikasi ini memungkinkan untuk pengguna Postgresql saling terhubung jika ada pemenuhan data yang dibutuhkan. Sehingga jalannya perencanaan database menjadi lebih terarah dan mendapatkan hasil terbaik.

Fitur Pembuatan Model Basis Data

Seperti yang sudah dijelakan pada pengertian diatas bahwa Postgresql adalah sebuah sistem pengelolaan database. Oleh sebab itu fitur pembuatan berbagai model dengan basis data dihadirkan dalam Postgresql sesuai dengan cara kerjanya dalam pengolahan data. Pengolahan data ini termasuk dalam berbagai data tidak ada terkecuali, seperti data digit, nominal atau data analis.
Fitur ini kemudian memungkinkan untuk adanya pembuatan dan pengolahan data berbasis data dasar dan model umum. Barulah kemudian data tersebut dapat dikembangkan dalam bentuk-bentuk lainnya yang lebih kompleks. Semacam data analitik kalkulus, pemrogaman atau akutansi menjadi data lanjutan setelah adanya pembuatan model basis data.

Memiliki Fitur Untuk Perencanaan Data

fitur perencanaan

Sesuai dengan pengertian dari Postgresql adalah layanan berbasis data maka fitur guna perencanaan data tentu saja ada dan tersedia. Postgresql menyediakan pengelolaan database relasional yang dapat dipahami dengan mudah. Antara lain adalah normalisasi data dan relasi antar tabel dengan tujuan pengolahan data yang beragam.
Seperti yang sudah disinggung bahwa pada era globalisasi dan perkembangan sekarang ini sudah banyak sekali perusahaan yang membutuhkan pelayanan database. Berbagai fitur perencanaan data dari database diperlukan untuk berbagai sektor. Nah pada Postgresql sendiri ada fitur perencanaan data yang bisa digunakan untuk membuat design sebuah database.
Fitur perencanaan data ini bisa memungkinkan untuk normalisasi data, rudundasi dan duplikasi data sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan fitur perencanaan data ini juga memungkinkan untuk database menghindari duplikasi data yang tidak sesuai. Sehingga fitur perencanaan Postgresql untuk perencanaan data sangat memiliki manfaat untuk menunjang kebutuhan database bukan?

Bagaimana? apakah sudah cukup mengenal, mengetahui dan memahami akan Postgresql? Apalagi sudah mengikuti ulasan diatas. Jadi bagi yang membutuhkan pengelolaan data melalui database agaknya bisa mulai mempelajari lebih dalam mengenai Postgresql. Pastikan untuk selalu melakukan trial dan error ketika mulai belajar bahasa pemrogaman dan database, agar semakin mahir dan berkompeten!
[online-about]

Usability Adalah? Heuristic Usability Pada User Interface

0

Setiap alat yang diciptakan harus mampu lolos terhadap uji usability atau usability testing. Usability adalah sebuah kondisi ketika seseorang dapat dengan mudah menggunakan suatu alat atau objek tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Berikut ini akan kami bahas tentang 10 Heuristic Usability pada User Interface yang harus Anda ketahui.

Visibility of System Status

images

Visibility of system status dalam usability testing adalah bagian dari Heuristic Usability yang menunjukkan sebuah informasi tentang apa yang terjadi dalam user interface. Informasi yang disampaikan oleh user interface juga menunjukkan pada bagian mana hal tersebut terjadi. Sebagai contoh adalah saat memasukkan password, muncul kolom password dan kekuatan password.
Inilah yang disebut dengan Visibility of System Status. User dapat mengetahui lokasi tempatnya mengisi password dan mendapatkan informasi terkait kekuatan password yang dibuatnya. Sehingga dalam Visibility of System Status mengacu pada seberapa baik kondisi sistem yang ada itu disampaikan kepada User-nya. Sehingga User dapat memberikan umpan balik atas informasi dari sistem tersebut.

Match between System and The Real World

Agar mendapatkan tingkat Usability yang baik, sebuah sistem tidak hanya memberikan informasi saja, tetapi juga informasi yang disampaikan harus dapat dipahami oleh User. Oleh sebab itu, penggunaan bahasa dalam sistem menggunakan bahasa, kata-kata, hingga konsep yang lebih familiar dibanding dengan bahasa-bahasa sistem yang lebih teknikal.
Bahasa dalam Usability adalah sesuatu yang penting karena informasi yang disampaikan oleh sistem harus dapat dipahami oleh User. User Interface yang telah lolos dalam usability testing adalah user interface yang dapat memuat informasi yang sesuai antara sistem dengan dunia nyata. Serta menggunakan logika dalam memberikan pengetahuan pada user-nya.

User Control and Freedom

user control

Sebuah user interface yang baik dan lolos dari usability testing adalah user interface yang dapat memberikan kontrol dan kebebasan penggunanya dalam menggunakan interface tersebut. Agar lebih mudah dipahami, sebagai contoh saat menggunakan email dari google, user diberikan kebebasan untuk melakukan undo selepas melakukan sesuatu.
Kebebasan dan kontrol sepenuhnya dalam usability adalah hal yang penting agar sistem dapat diterima oleh user. Karena bukan tidak mungkin, user melakukan kesalahan sehingga memerlukan kondisi agar bisa mengulang dan memperbaiki kesalahannya tersebut. User juga harus ditunjukkan dengan jelas dan ringkas mengenai informasi perilakunya agar dapat memutuskan untuk melakukan undo atau tidak.

Consistency and Standards

Agar user semakin mendapatkan kemudahan dalam melakukan akses pada user interface, konsistensi dan standar menjadi sangat penting artinya dalam user interface. Dalam hal ini, salah satu konsistensi dan standar yang dimaksud dalam Usability adalah konsistensi dan standar terhadap pemakaian bahasa. Bahasa yang digunakan untuk setiap user interface harus konsisten.
Konsistensi dan standar juga berlaku bila user interface menggunakan ikon atau simbol tertentu. Hindari penggunaan bahasa, ikon, atau simbol yang sama untuk hal yang berbeda. Atau sebaliknya, menggunakan bahasa, ikon, atau simbol yang berbeda dengan maksud yang sama. User interface yang konsisten dan memiliki standar membuat user tidak ragu mengambil keputusan.

Error Prevention

error

Adanya error atau bug yang dilakukan oleh User mungkin sebuah hal yang wajar. Namun, bila error atau bug tersebut diketahui oleh user, maka user interface tersebut bisa dikatakan tidak lolos uji Usability. Karena error atau dalam usability adalah sesuatu yang harus dihilangkan atau disembunyikan. Sehingga sebisa mungkin pesan error tidak muncul.
Agar tercipta sebuah user interface yang baik, pesan error bisa dihindari dengan melakukan tindakan pencegahan. Pesan-pesan pencegahan bisa dimunculkan agar User tidak melakukan kesalahan yang menyebabkan nilai User Interface menjadi jelek dan dianggap tidak memenuhi kriteria Usability. Contohnya adalah saran yang sering muncul saat sedang melakukan pengetikan di Google untuk mencegah kesalahan penulisan.

Recognition Rather Than Recall

Salah satu yang menjadi penilaian penting dalam Usability adalah kemampuan untuk memudahkan User dalam mengingat tindakannya. User dapat melakukan pengoperasian dalam sebuah sistem tanpa perlu mengingat-ingat apa yang sudah dilakukan sebelumnya. Memaksa User untuk mengingat langkah sebelumnya sangat tidak memudahkan dan membuat User akan meninggalkan sistem tersebut.
Dalam contoh yang lebih mudah dapat dilihat pada beberapa aplikasi peramban atau website seperti Google. Google memberikan kemudahan User untuk mengingat kembali apa yang sudah dicari sebelumnya dengan memunculkan history pencariannya. Bahkan Google juga memberikan saran atau sugesti berdasarkan perilaku User sehingga pencarian yang dilakukan oleh User bisa tepat sasaran.

Flexibility and Efficiency of Use

User interface yang memenuhi tingkat Usability adalah user interface yang fleksibel dan efisien untuk digunakan. Setiap User yang baru, mereka diharuskan untuk mempelajari sistem tersebut terlebih dahulu. Sebuah sistem yang sangat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dipelajari oleh User. Sehingga dibutuhkan sistem yang fleksibel dan efisien saat digunakan.
Sistem yang fleksibel dan efisien akan memudahkan User untuk menggunakan dan mempelajari sistem tersebut. Sebagai contoh dalam aplikasi Microsoft Word yang memiliki banyak sistem, User dapat mempelajari cara-cara singkat dengan mempelajari shortcut dari perintah-perintahnya. Sehingga User tidak perlu mengingat lokasi ikon atau perintah dan cukup menggunakan shortcut tersebut.

Aestheteic and Minimalist Design

Selain user interface yang efisien dan fleksibel, sebaiknya desain user interface juga menggunakan desain yang unik dan menarik. Sebisa mungkin dalam melakukan desain untuk user interface menggunakan desain-desain yang tepat, proporsional, dan enak dilihat. Selain itu, desain sebaiknya dimunculkan sesimpel mungkin agar User tidak kebingungan dengan banyaknya ikon atau tulisan.
Agar dapat membuat desain yang baik dalam user interface bisa dengan menggunakan ikon-ikon dengan ukuran yang sama. Penggunaan warna dan font tulisan juga harus menjadi perhatian agar tidak saling tumpang tindih. Tidak hanya itu, pemilihan jarak antar elemen tersebut juga harus proporsional agar tidak terlihat acak-acakan dan tidak rapi.

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors

User interface yang baik juga harus menampilkan pesan error yang jelas agar User dapat melakukan langkah-langkah untuk mengatasi error tersebut sendiri. Pesan adanya error harus disampaikan dengan menggunakan bahasa yang jelas, bukan dengan kode yang membuat User kebingungan untuk mengidentifikasi error yang terjadi. Penyampaian pesan error harus disampaikan sejelas mungkin.
Sebuah user interface dan sistem yang memiliki nilai baik dalam Usability adalah user interface yang tak hanya memunculkan pesan error, tetapi juga memberikan saran untuk penyelesaiannya. Sebagai contoh, dalam aplikasi peramban Google Chrome akan memunculkan pesan error ketika tidak ada koneksi internet tersambung. Aplikasi tersebut juga memberikan pesan saran untuk menghubungkan perangkat dengan internet.

Help and Documentations

Dalam membuat sebuah user interface yang baik, pastikan memberikan simpanan dokumen atau berkas bantuan yang dapat diakses langsung oleh user. User tentu diharuskan untuk bisa menyelesaikan sendiri permasalahan yang muncul saat sedang mengakses sistem. Namun, tidak semua User bisa langsung memahami permasalahan adan solusi yang tepat.
Oleh sebab itu, sistem yang memiliki nilai yang baik dalam Usability adalah sistem yang memberikan fitur bantuan kepada User-nya. Sehingga User dapat melakukan identifikasi dan menemukan solusi yang tepat atas error yang terjadi. Adanya fitur bantuan ini harus mudah diakses dan mampu menjelaskan dengan tepat atas permasalahan yang terjadi.
[application-about]

Apa itu GUI (Graphical User Interface)?

0
GUI

Anda pasti pernah menggunakan komputer dan bertemu dengan macam-macam ikon di desktop Anda. Ikon-ikon ini tentunya sangat memudahkan pekerjaan Anda. Sebagai contoh, saat Anda ingin membuka Microsoft Word atau Microsoft Excel, Anda tidak perlu mengetikkan sejumlah perintah.

Cukup meng-click ikon kotak berbentuk kertas dan terdapat huruf W atau X di atasnya, dan Anda dapat langsung mengerjakan apapun yang Anda inginkan di program tersebut.

Tetapi, tahukah Anda bahwa ikon-ikon yang terdapat dalam dekstop tersebut dikenal dengan nama Graphical User Interface atau GUI? Lalu, apa yang dimaksud dengan Graphical User Interface (GUI)? Graphical User Interface (GUI) adalah seperangkat sistem yang digunakan untuk membuat Anda atau pengguna lain dapat berinteraksi dengan perangkat komputer yang digunakan.

Graphical User Interface (GUI) menggunakan tampilan berupa sebuah jendela, menu, tombol dan ikon-ikon yang didesain untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan Anda saat menggunakan sebuah sistem operasi atau sebuah aplikasi di Personal Computer (PC) atau laptop milik Anda.

Untuk dapat menggunakan sistem operasi atau aplikasi, Anda membutuhkan bermacam-macam alat input yang berfungsi sebagai alat pengendali sekaligus komunikasi dengan perangkat Personal Computer (PC) atau laptop milik Anda, seperti mouse, keyboard, bahkan bisa dalam bentuk touchscreen, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana teknologi yang sangat bermanfaat ini dapat berkembang hingga sekarang? Berikut ini akan dibahas sejarah dari teknologi ini!

Sejarah Graphical User Interface (GUI)

sejarah GUI

Sejarah Graphical User Interface (GUI) sebenarnya di mulai di masa-masa awal penciptaan komputer. Yaitu saat diciptakannya komputer bernama MARK 1, dan dikenal dengan istilah ENIVAC, yang memiliki cara operasi berupa pengetikan di layar komputer dengan menggunakan keyboard.

Cara operasi ini diberlakukan untuk semua program dan perintah tertentu, yang tentunya berhubungan dengan sistem informasi. Kekurangannya adalah hal ini tentunya tidak praktis dan sama sekali tidak canggih, dan lagi, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya.

Sejak itulah, dorongan untuk menciptakan sistem yang lebih baik lagi muncul, agar dapat digunakan oleh banyak orang dengan cara yang tentunya lebih praktis dan mudah dipahami.

Dikarenakan dorongan tersebut, lahirlah Graphical User Interface (GUI), yang berfungsi untuk menampilkan seluruh menu, ikon, dan alat penunjuk lainnya. Semua elemen ini berfungsi untuk menggantikan pengetikan perintah di shell tertentu.

Hal ini tentunya sangat memudahkan para pengguna perangkat komputer, sebab otak manusia lebih mudah untuk mengingat gambar-gambar dibandingkan tulisan-tulisan sebagai bentuk perintah untuk mengoperasikan program atau aplikasi tertentu.

Dikarenakan fakta tersebut juga, tentunya pembentukan ikon-ikon untuk mengoperasikan sebuah sistem operasi, akan lebih memudahkan pengoperasian perangkat komputer, dibandingkan harus mengingat sederet teks sebagai bentuk sebuah perintah pada sebuah shell tertentu.
Graphical User Interface (GUI) pertama kali digunakan oleh sistem operasi Machintosh, yang diproduksi oleh Steve Jobs. Kemudian diikuti oleh sistem operasi lainnya seperti Microsoft melalui Windows.

Di zaman sekarang, meskipun sistem operasi milik Machintosh dikenal sebagai pemilik teknologi Graphical User Interface (GUI) terbaik, tetapi mayoritas orang menggunakan Windows. Bahkan pengguna Machintos banyak yang meng-install Windows untuk untuk Machintos miliknya. Seiring berjalannya waktu, sistem ini banyak digunakan untuk beberapa jenis bidang usaha yang lebih spesifik, salah satunya contoh adalah ATM.

Sistem khusus untuk ATM sudah berbasis semi-Graphical User Interface. Yang dimaksud dengan semi-Graphical User Interface adalah meskipun berbasis teks, tetapi pengguna ATM tidak perlu lagi mengetikkan sederet perintah untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya untuk kebutuhan men-transfer uang.

Pengguna hanya perlu menekan tombol-tombol yang sejajar dengan menu-menu yang disediakan, atau menyentuh layar ATM secara langsung untuk dapat mengoperasikannya.
Kemudian, berikut ini akan disajikan contoh-contoh sistem operasi Graphical User Interface dan penjelasan bermanfaat lainnya.

WINDOWS

windows

Microsoft Windows adalah sistem operasi yang diproduksi dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Sistem operasi ini menggunakan tampilan yang berbasiskan Graphical User Interface atau tampilan antarmuka bergrafis.

UNIX

Khusus UNIX, sistem operasi-nya didesain bersifat portable, multi-tasking dan multi-user. Lebih menekankan pada workstation dan server, dikarenakan beberapa faktor seperti ketersediaan sekaligus kompatibilitas yang tinggi.

Karena ke dua faktor ini lah UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga dapat dikembangkan oleh banyak pihak. Sebagai informasi tambahan, dikarenakan ke dua faktor tersebut juga lah, UNIX memiliki banyak varian.

Kelebihan dari UNIX adalah memiliki satu atau lebih interface, yaitu interface baris perintah berbasis teks (Command Line Interface) dan interface pengguna grafis (Graphical User Interface). Sistem operasi UNIX diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, kemudian dikembangkan oleh AT&T Bell Labs.

LINUX

Sistem operasi LINUX dapat dikatakan merupakan kloningan dari MINIX, yang merupakan salah satu varian UNIX. Desain dari LINUX pada umumnya berasal dari desain dasar milik sistem operasi UNIX. Sistem operasi LINUX pun sama seperti sistem operasi UNIX, yaitu memiliki satu atau lebih interface, yaitu Command Line Interface dan Graphical User Interface.
Namun, LINUX memiliki Kernel Monolitik, yaitu Kernel Linux yang berfungsi untuk menangani pengontrolan khusus jaringan, proses, periferal, dan juga pengaksesan sistem berkas.

Demikian informasi mengenai contoh-contoh sistem operasi berbasis Graphical User Interface. Selanjutnya akan dibahas mengenai perbedaan antara Command Line Interface dan Graphical User Interface.

Perbedaan Command Line Interface dan Graphical User Interface

Secara umum, interface dibedakan menjadi dua yaitu, sistem operasi berbasis Graphical User Interface dan sistem operasi berbasis Command Line Interface. Jika Anda sudah memahami Graphical User Interface, lalu apakah yang dimaksud dengan Command Line Interface?

Command Line Interface

Command Line Interface adalah interface pada sebuah sistem operasi yang memerlukan baris perintah atau text agar pengguna dapat berinteraksi dengan sistem operasi, dengan hanya menggunakan keyboard dan mengetikkan deret perintah tertentu.

Karena itu CLI pada umumnya digunakan dalam sebuah computer server yang tentunya dikendalikan oleh seorang IT Administrator.Bagi seorang IT Administrator, penggunaan CLI membuat pekerjaan mereka lebih efisien dan cepat jika dibandingkan dengan menggunakan Graphical User Interface.

Contoh sistem operasi yang menggunakan Command Line Interface adalah LINUX berbasis teks, Mikrotik, Cisco IOS, dan DOS atau Command Prompt.

Namun, Command Line Interface tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan Graphical User Interface.

Kelebihan Command Line Interface

  1. Jika berkaitan dengan performa, Command Line Interface memiliki performa yang lebih tinggi
  2. Memiliki keefisienan dalam hal penggunaan
  3. Tidak membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang tinggi

Kekurangan Command Line Interface

  1. Bagi para pengguna awam, Command Line Interface kurang menarik sekaligus membosankan;
  2. Bagi para penggunanya harus mampu mengingat baris dan perintah.

Demikian informasi menarik mengenai Graphical User Interface, contoh-contoh sistem operasi yang menggunakan teknologi tersebut, dan juga perbandingannya dengan Command Line Interface dalam hal kelebihan dan kekurangannya.

Tentunya, apapun pilihan jenis interface yang Anda pilih, pastikan dapat memberikan kemudahan, kenyamanan dan keefisienan untuk pekerjaan yang Anda kerjakan.

SDK Adalah? Pengertian Software Development Kit

0
sdk adalah

SDK adalah singkatan dari “Software Development Kit”, yaitu sebuah tools yang digunakan oleh para programmer sebagai alat bantu dan API (Application Programming Interface). SDK adalah kumpulan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk perangkat atau sistem operasi tertentu. Contoh dari SDK termasuk Windows 7 SDK, Mac OS X SDK, dan iPhone SDK.

Definisi SDK adalah seperangkat alat yang dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi. Secara umum, SDK mengacu pada modul perangkat lunak lengkap yang mencakup semua yang Anda butuhkan untuk modul tertentu dalam suatu aplikasi. Mereka sering dibandingkan dengan code library, yang merupakan kumpulan sumber daya yang tidak mudah berubah yang digunakan oleh program komputer, sering kali untuk pengembangan perangkat lunak. Ini sering meliputi (mengimplementasikan secara penuh atau sebagian) suatu API dan menggunakan protokol komunikasi API dengan cara yang sesuai dan dimaksudkan. Ini termasuk contoh, dokumentasi dan, metodologi yang diperlukan untuk melakukan fungsi tertentu.

SDK adalah sesuatu yang diberikan kepada para pengembang yang dibutuhkan untuk menyediakan antarmuka yang unik dan terstandar kepada pengguna akhir dari suatu aplikasi. Pengembang juga tidak perlu menemukan kembali roda ketika datang ke fitur aplikasi standar. Seperti lokasi, penyimpanan data, geofencing, otorisasi pengguna, dll. Mereka memiliki serangkaian fungsi yang kuat, seperti penanganan kesalahan, kinerja yang konsisten, penggunaan kembali kode. Yang menghilangkan kerumitan bagi pengembang perangkat lunak. SDK memastikan bahwa setiap API yang disediakan diimplementasikan dengan benar, dapat dikaitkan dengan penerapan API. SDK adalah alat yang melangkah lebih jauh. Ini juga menyediakan fitur yang disempurnakan di atas API.

SDK Adalah Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak

sdk adalah

Kit SDK juga dikenal sebagai devkit. Ini adalah kombinasi alat pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi untuk berbagai penggunaan dan platform. Beberapa platform termasuk platform perangkat keras, kerangka kerja perangkat lunak, paket perangkat lunak, dan sistem operasi. Pengembang aplikasi menggunakan SDK tertentu untuk menambahkan fungsionalitas canggih, pemberitahuan push, dan iklan ke aplikasi. Pengembang aplikasi yang ingin mengembangkan aplikasi untuk platform Android atau iOS harus tahu bahwa SDK yang digunakan dalam proses tersebut sangat penting. Misalnya, kit pengembangan perangkat lunak untuk aplikasi android harus memiliki Java.

SDK yang digunakan untuk pengembangan aplikasi iOS memerlukan bahasa pemrograman Swift dan untuk Microsoft Windows harus memiliki .NET Framework SDK dengan .NET. Beberapa aplikasi memasang SDK di dalamnya untuk keperluan analitik dan mengambil data tentang kinerjanya. Contoh aplikasi ini termasuk Facebook, InMobi dan Google Apps. Ini bisa sesederhana menerapkan satu atau lebih API dalam bentuk antarmuka atau pustaka ke bahasa pemrograman tertentu. Selain itu, dapat dilakukan dengan mengintegrasikan perangkat keras yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan sistem yang dimasukkan tertentu. Fasilitas debugging dan utilitas lain adalah beberapa alat yang sering disajikan sebagai IDE gabungan.

Catatan teknis dan kode sampel pendukung juga termasuk dalam SDK. Juga, dokumentasi pendukung lainnya yang membantu dalam mengklarifikasi poin yang dibuat oleh bahan referensi utama dapat ditemukan di SDK. Juga, ada lisensi yang mengatur SDK. Beberapa lisensi membatasi penggunaan SDK dalam mengembangkan perangkat lunak yang seharusnya dikembangkan di bawah perangkat lunak yang tidak kompatibel.

API dan SDK adalah Dua Hal Yang Berbeda

perbedaan dengan api

Memahami perbedaan antara API dan SDK, dan mengetahui kapan harus menggunakannya, sangat penting untuk membina ekosistem pengembang. Dalam dasar pengembangan modern, kedua alat ini dan sinkronisasi antara keduanya adalah kekuatan pendorong di balik komunikasi web dan implementasi API pihak ketiga.

API sendiri hanyalah sebuah antarmuka yang memungkinkan perangkat lunak untuk berinteraksi dengan perangkat lunak lain. API tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Peramban yang kemungkinan akan digunakan pembaca untuk membaca dengan cermat menggunakan beragam set API untuk mengubah perintah pengguna menjadi fungsi yang dapat digunakan, meminta data dari server, membuat data menjadi format yang dapat dilihat oleh pengguna, dan memvalidasi kinerja dari permintaan mereka. Bahkan sesuatu yang sederhana, seperti menyalin dan menempel di komputer menggunakan API.

Menyalin teks mengubah keystroke menjadi perintah, data disimpan ke dalam RAM di clipboard menggunakan API, data kemudian dibawa dari satu aplikasi ke yang lain menggunakan API yang sama, dan akhirnya, data diberikan saat menempel menggunakan API lain.

Di website, API mengambil fungsi yang sedikit berbeda. API web memungkinkan interaksi antara sistem yang berbeda, seringkali untuk kasus penggunaan khusus. Misalnya, ketika pengguna berinteraksi di Twitter, mereka menggunakan API untuk berkomentar, menyimpan data, mengikuti pengguna, menghapus tweet, dan sebagainya. Pada akhirnya, API web hanyalah sekumpulan instruksi, seperti halnya API komputer pribadi, tetapi berbasis di ruang web.

Perbedaan antara API dan SDK adalah kenyataan bahwa SDK sering berisi API. SDK adalah kit yang mencakup instruksi yang memungkinkan pengembang membuat sistem dan mengembangkan aplikasi. API, di sisi lain, dibuat khusus untuk penggunaan kilat, untuk memungkinkan komunikasi antar aplikasi. Seharusnya tidak mengherankan bahwa ketika SDK digunakan untuk membuat aplikasi yang harus berkomunikasi dengan aplikasi lain, itu termasuk API untuk fungsi ini. Sebaliknya, API digunakan untuk komunikasi, tetapi tidak dapat digunakan hanya untuk membuat aplikasi baru.
Secara realistis, perbandingan antara API dan SDK seringkali membingungkan hanya karena seberapa jauh mereka tumpang tindih. Masalah menjadi rumit dengan penambahan metodologi baru untuk organisasi dan segmentasi.

Untuk menyederhanakan konsep, ingat yang berikut.

  • SDK biasanya mengandung API; tidak ada API yang mengandung SDK.
  • SDK memungkinkan pembuatan aplikasi.
  • API memungkinkan berfungsinya aplikasi dalam parameter yang ditentukan SDK.

SDK Adalah? Pertumbuhan Teknologi untuk Monitor dan Kontrol SDK

sdk adalah

Meskipun SDK ini mungkin tidak dimaksudkan untuk hal berbahaya yang dapat memengaruhi kinerja aplikasi, namun dapat membuat aplikasi dilarang dari Google Play atau iTunes. Pertumbuhan teknologi telah memungkinkan pengembang aplikasi untuk memonitor dan mengontrol SDK secara real time. Pengembang sistem target biasanya merekomendasikan SDK yang diinginkan kepada pengembang perangkat lunak. Juga, SDK dapat diunduh langsung melalui pasar SDK atau melalui internet. Banyak kit pengembangan perangkat lunak dapat diakses secara gratis.

Ini untuk mendorong pengembang perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman. SDK dapat digunakan sebagai alat pemasaran di waktu lain. Aplikasi juga dapat dimonetisasi dengan SDK gratis yang ditawarkan. SDK mengandalkan data pengguna yang dikumpulkan dari aplikasi, yang dapat sangat membantu pemain industri besar. Dimungkinkan untuk mengembangkan aplikasi yang tidak memerlukan instalasi tambahan yang membantu dalam memulai pada konfigurasi sistem.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting dan artikel terbaru? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

OS Adalah? Pengertian dan Macam-Macam Sistem Operasi

0
os adalah

Ponsel atau smartphone, desktop serta tablet adalah sesuatu yang sangat sering kita temui setiap harinya. Dan tidak bisa dipungkiri jika kegunaan alat-alat tersebut dapat sangat mempermudah pekerjaan manusia saat ini.

Karena memang ini dirancang memiliki sistem operasi yang berfungsi secara luar biasa. Sistem operasi, atau biasa disebut dengan OS, merupakan pusat atau otak dari alat-alat yang biasa digunakan ini.

Dan walaupun dalam pengucapannya ini sangat sederhana, struktur dari OS itu sendiri sangat sulit dimengerti, atau rumit. Struktur dari OS ini juga dibagi menjadi beberapa bagian. Namun, tidak semua alat digital memiliki struktur yang sama dalam setiap OS yang dimiliki.

Dan di sini, kita akan coba membahas tentang pengertian dari OS serta strukturnya. Selain itu, Anda juga akan dijelaskan tentang jenis-jenis OS yang ada saat ini, dan pernah digunakan sebelumnya.

OS bertindak sebagai jembatan komunikasi (antarmuka) antara pengguna dan perangkat keras komputer. Tujuan dari OS adalah menyediakan platform tempat pengguna dapat menjalankan program dengan cara yang nyaman dan efisien.

Contoh: Sama seperti atasan memberi perintah kepada karyawannya, dengan cara yang sama kita meminta atau meneruskan perintah kita ke Sistem Operasi. Tujuan utama Sistem Operasi adalah untuk membuat lingkungan komputer lebih nyaman digunakan dan tujuan kedua adalah menggunakan sumber daya dengan cara yang paling efisien.

Pengertian OS Adalah

OS

OS adalah perangkat lunak yang berkomunikasi dengan perangkat keras dan memungkinkan program lain berjalan. Ini bisa dibilang merupakan otak yang bekerja dari suatu sistem. Bentuknya terdiri dari sistem perangkat lunak, atau file fundamental yang dibutuhkan komputer Anda untuk boot dan berfungsi.

Biasa juga disebut dengan software. Setiap komputer desktop, tablet, dan ponsel cerdas menyertakan sistem operasi yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk perangkat tersebut. Software ini sendiri adalah sistem yang akan melakukan pengaturan terhadap segala pekerjaan dari perangkat lunak dan perangkat keras yang terdapat dalam alat digital tersebut.

Secara umum, OS untuk desktop meliputi Microsoft Windows, OS X milik Apple dan Linux. Kebanyakan OS tersebut menyediakan GUI atau antarmuka pengguna grafis yang memiliki kemampuan untuk pengelolaan file maupun folder, walaupun mereka berbeda satu sama lain.

Sistem operasi juga memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi. Windows dan Linux dapat diinstal pada perangkat keras PC standar, sedangkan OS X dirancang untuk berjalan pada sistem Apple. Oleh karena itu, perangkat keras yang Anda pilih memengaruhi sistem operasi apa yang dapat Anda jalankan.

Perangkat seluler, seperti tablet dan smartphone juga termasuk OS yang menyediakan GUI dan dapat menjalankan aplikasi. OS seluler umum termasuk Android, iOS, dan Windows Phone. OS ini dikembangkan secara khusus untuk perangkat portabel dan oleh karena itu dirancang dengan input layar sentuh.

Meskipun sistem operasi seluler awal tidak memiliki banyak fitur yang ditemukan di OS desktop, sekarang sistem tersebut menyertakan kemampuan lanjutan, seperti kemampuan untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Karena OS berfungsi sebagai antarmuka pengguna dasar komputer, ini secara signifikan memengaruhi cara Anda berinteraksi dengan perangkat. Oleh karena itu, banyak pengguna lebih memilih menggunakan sistem operasi tertentu.

Misalnya, satu pengguna mungkin lebih suka menggunakan komputer dengan OS X daripada PC berbasis Windows. Pengguna lain mungkin lebih memilih smartphone berbasis Android daripada iPhone, yang menjalankan iOS.

Ketika pengembang perangkat lunak membuat aplikasi, mereka harus menulis dan menyusunnya untuk sistem operasi tertentu. Ini karena setiap OS berkomunikasi dengan perangkat keras secara berbeda dan memiliki antarmuka program aplikasi tertentu, atau API, yang harus digunakan developer.

Meskipun banyak program populer bersifat lintas platform, artinya program tersebut telah dikembangkan untuk beberapa OS, beberapa hanya tersedia untuk satu sistem operasi. Oleh karena itu, saat memilih komputer, pastikan sistem operasi mendukung program yang ingin Anda jalankan.

Struktur OSF

operasi sistem

OS adalah konstruksi yang memungkinkan program aplikasi pengguna berinteraksi dengan perangkat keras sistem. Karena sistem operasi adalah struktur yang sangat kompleks dan rumit, maka sistem operasi harus dibuat dengan sangat hati-hati sehingga dapat digunakan dan dimodifikasi dengan mudah.

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat OS di beberapa bagian. Masing-masing bagian ini harus didefinisikan dengan baik dengan input, output, dan fungsi yang jelas. Berikut beberapa struktur OS:

Struktur Sederhana

Banyak OS yang mempunyai struktur sederhana. Ini dimulai sebagai sistem kecil dan dengan cepat berkembang lebih jauh dari cakupannya. Sesuai namanya, ini  struktur ini memiliki arus lebih sederhana. Contoh umum dari ini adalah MS-DOS. Ini dirancang hanya untuk jumlah tertentu bagi orang-orang. Tidak ada indikasi bahwa itu akan menjadi begitu populer.

Ketika DOS awalnya ditulis, para pengembangnya tidak tahu seberapa besar dan pentingnya itu nantinya. Itu ditulis oleh beberapa pemrogram dalam waktu yang relatif singkat, tanpa memanfaatkan teknik rekayasa perangkat lunak modern.

Dan kemudian secara bertahap tumbuh dari waktu ke waktu melebihi harapan aslinya. Itu tidak memecah sistem menjadi subsistem, dan tidak memiliki perbedaan antara mode pengguna dan kernel, memungkinkan semua program akses langsung ke perangkat keras yang mendasarinya.

Namun, struktur ini memiliki banyak kelemahan. Salah satunya adalah kesulitan apabila terjadi sebuah kesalahan. Disamping itu pengujian juga sulit dilakukan. Itu akan mengarah pada kontrol yang lebih besar atas sistem komputer dan berbagai aplikasinya. Struktur modular juga akan memungkinkan pemrogram untuk menyembunyikan informasi yang diperlukan dan menerapkan rutinitas internal sesuai keinginan mereka tanpa mengubah spesifikasi luar.

Sistem Berlapis

Sistem berlapis adalah sesuatu untuk mencapai modularitas dalam OS. Dalam hal ini, lapisan paling bawah adalah perangkat keras dan lapisan paling atas adalah antarmuka pengguna. Pendekatan lain adalah memecah OS menjadi beberapa lapisan yang lebih kecil, yang masing-masing bertumpu pada lapisan di bawahnya, dan hanya bergantung pada layanan yang disediakan oleh lapisan bawah berikutnya.

Sistem ini mengizinkan lapisan-lapisan yang ada untuk ditingkatkan dianalisis secara independen. Pendekatan berlapis juga dapat menjadi kurang efisien, karena permintaan layanan dari lapisan yang lebih tinggi harus menyaring melalui semua lapisan yang lebih rendah, kemungkinan dengan pemrosesan yang signifikan di setiap langkah.

Masalah yang biasanya muncul dengan struktur ini adalah memerlukan pendefinisian yang cermat lapisan per lapisan. Hal ini dibutuhkan karena lapisan yang ada di atasnya harus memanfaatkan kegunaan dai lapisan yang ada di bawahnya.

Kernel Mikro

Ide dasar dibalik kernel mikro adalah untuk menghapus semua layanan non-esensial dari kernel, dan mengimplementasikannya sebagai aplikasi sistem, sehingga membuat kernel sekecil dan seefisien mungkin.

Kebanyakan kernel mikro menyediakan proses dasar dan manajemen memori, dan pesan yang lewat di antara layanan lain, dan tidak lebih. Keamanan dan perlindungan dapat ditingkatkan, karena sebagian besar layanan dilakukan dalam mode pengguna, bukan mode kernel. Perluasan sistem juga bisa lebih mudah, karena hanya melibatkan penambahan lebih banyak aplikasi sistem, bukan membangun kembali kernel baru.

Mach adalah mikrokernel pertama dan paling banyak dikenal, dan sekarang merupakan komponen utama Mac OSX. Windows NT pada awalnya adalah mikrokernel, tetapi mengalami masalah kinerja relatif terhadap Windows 95. NT 4.0 meningkatkan kinerja dengan memindahkan lebih banyak layanan ke dalam kernel, dan sekarang XP kembali menjadi lebih monolitik. Contoh mikrokernel lainnya adalah QNX, OS real-time untuk sistem tertanam.

Modular

Struktur OS selanjutnya adalah modular. Pengembangan OS modern berorientasi objek, dengan inti kernel yang relatif kecil dan satu set modul yang dapat dihubungkan secara dinamis.

Modular mirip dengan lapisan di mana setiap subsistem memiliki tugas dan antarmuka yang didefinisikan dengan jelas. Tetapi setiap modular bebas untuk menghubungi modular lain, menghilangkan masalah melalui beberapa lapisan perantara.

Ini dianggap sebagai pendekatan terbaik untuk OS. Ini melibatkan perancangan kernel modular. Kernel hanya memiliki sekumpulan komponen inti dan layanan lain ditambahkan sebagai modul yang dapat dimuat secara dinamis ke kernel baik selama waktu proses atau waktu boot.

Ini menyerupai struktur berlapis karena fakta bahwa setiap kernel memiliki antarmuka yang ditentukan dan dilindungi tetapi lebih fleksibel daripada struktur berlapis karena modul dapat memanggil modul lain.

Kernel relatif kecil dalam arsitektur ini, mirip dengan kernel mikro, tetapi kernel tidak harus mengimplementasikan pengiriman pesan karena modular bebas untuk menghubungi satu sama lain secara langsung.

Mesin Maya atau Virtual

Ketika banyak pengguna ingin bekerja secara interaktif di terminal, IBM mulai mengerjakan sistem pembagian waktu. Ide mesin maya atau virtual sangat mudah. Mesin virtual dijalankan pada perangkat keras OS yang sedang diinstal.

Mesin virtual mengira ia memiliki disknya sendiri, dengan blok berjalan dari 0 hingga maksimum, sehingga monitor mesin virtual harus memelihara tabel untuk memetakan ulang alamat disk dan semua sumber daya lainnya.

Mesin virtual mengambil pendekatan berlapis untuk kesimpulan logisnya. Ini memperlakukan perangkat keras dan kernel seolah-olah semuanya adalah perangkat keras. Suatu OS dapat menciptakan ilusi bahwa suatu proses memiliki prosesornya sendiri dengan memori virtual sendiri.

Mesin virtual menyediakan antarmuka yang identik dengan perangkat keras yang mendasarinya. Solusi ini dapat mewakili fitur tambahan dari suatu proses, seperti panggilan sistem dan sistem file.

OS menciptakan ilusi beberapa proses, masing-masing mengeksekusi pada prosesornya sendiri dengan memori virtual sendiri. Sumber daya komputer fisik digunakan bersama untuk membuat mesin maya. Penjadwalan CPU dapat membuat tampilan bahwa pengguna memiliki prosesor sendiri.

Spooling dan sistem file dapat menyediakan pembaca kartu virtual dan printer garis virtual. Terminal berbagi waktu pengguna biasa berfungsi sebagai konsol operator mesin virtual. Perangkat lunak mesin virtual dapat berjalan dalam mode monitor, karena ini adalah sistem operasinya.

Mesin virtual itu sendiri hanya dapat dijalankan dalam mode pengguna. Akibatnya, kita harus memiliki mode pengguna virtual dan mode monitor virtual, yang keduanya berjalan dalam mode pengguna fisik.

Client-Server Model

Model client-server dalam sistem operasi adalah variasi dari sistem kernel mikro. Lapisan tengah dalam sistem kernel mikro adalah lapisan dengan server. Server ini menyediakan beberapa jenis layanan kepada klien. Ini membuat model client-server.

Komunikasi antara client dan server diperoleh melalui penyampaian pesan. Untuk menerima layanan, salah satu proses client membuat pesan yang mengatakan apa yang diinginkan dan mengirimkannya ke layanan yang sesuai. Layanan kemudian melakukannya dan mengirimkan kembali jawabannya.

Jika client dan server berada di mesin yang sama, maka beberapa pengoptimalan dimungkinkan. Tetapi secara umum, mereka berada di sistem yang berbeda dan terhubung melalui tautan jaringan seperti LAN atau WAN.

Sistem Berorientasi Objek

Sistem operasi berorientasi objek merupakan OS yang menggunakan prinsip-prinsip desain berorientasi objek. Sistem operasi berorientasi objek berbeda dengan antarmuka pengguna berorientasi objek atau kerangka kerja pemrograman, yang dapat dijalankan di atas sistem operasi berorientasi objek seperti DOS atau Unix.

Objek adalah turunan dari kelas, yang menyediakan sekumpulan fungsionalitas tertentu. Dua objek dapat dibedakan berdasarkan fungsionalitas (atau metode) yang didukungnya. Dalam konteks OS, objek dikaitkan dengan sumber daya. Secara historis, prinsip desain berorientasi objek digunakan dalam OS untuk menyediakan beberapa mekanisme perlindungan.

Mekanisme perlindungan dalam OS membantu dalam memberikan pemisahan yang jelas antara program pengguna yang berbeda. Ini juga melindungi sistem operasi dari perilaku program pengguna yang berbahaya. Misalnya, pertimbangkan kasus profil pengguna di sistem operasi.

Pengguna tidak boleh memiliki akses ke sumber daya pengguna lain. Model objek menangani masalah perlindungan ini dengan setiap sumber daya bertindak sebagai objek. Setiap objek hanya dapat melakukan serangkaian operasi. Dalam konteks profil pengguna, rangkaian operasi dibatasi oleh tingkat hak istimewa pengguna.

Sistem operasi masa kini menggunakan prinsip desain berorientasi objek untuk banyak komponen sistem, yang mencakup perlindungan.

Fungsi OS

Fungsi penting dari OS adalah sebagai berikut:

  1. OS menggunakan perlindungan kata sandi untuk melindungi data pengguna dan teknik serupa lainnya. Hal itu juga mencegah akses tidak sah ke program dan data pengguna.
  2. Kontrol atas kinerja sistem. Memantau kesehatan sistem secara keseluruhan untuk membantu meningkatkan kinerja. Juga mencatat waktu respons antara permintaan layanan dan respons sistem untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kesehatan sistem.
  3. OS melacak waktu dan sumber daya yang digunakan oleh berbagai tugas dan pengguna, informasi ini dapat digunakan untuk melacak penggunaan sumber daya untuk pengguna atau kelompok pengguna tertentu.
  4. Kesalahan mendeteksi bantuan. Secara konstan memonitor sistem untuk mendeteksi kesalahan dan menghindari kerusakan sistem komputer.
  5. Koordinasi antara perangkat lunak dan pengguna lain. Mengkoordinasikan dan menetapkan juru bahasa, penyusun, perakit, dan perangkat lunak lain ke berbagai pengguna sistem komputer.
  6. Manajemen memori. Mengelola memori utama. Memori utama merupakan penyimpanan yang cepat dan dapat diakses langsung oleh CPU. Untuk sebuah program yang akan dieksekusi, itu harus dimuat terlebih dahulu di memori utama.
  7. Manajemen Prosesor. OS memiliki kemampuan untuk menentukan urutan proses untuk akses ke prosesor. Juga, kemampuan untuk mengetahui waktu yang diperlukan untuk proses tersebut. Fungsi OS ini disebut penjadwalan proses. OS melakukan aktivitas berikut untuk manajemen prosesor.
  8. Manajemen perangkat. OS mengelola komunikasi perangkat melalui driver masing-masing. Itu melakukan aktivitas berikut untuk manajemen perangkat. Melacak semua perangkat yang terhubung ke sistem. OS juga akan menentukan program yang ditunjuk untuk bertugas sebagai kontrol input atau output. Menentukan proses mana yang mendapat akses ke perangkat tertentu dan untuk berapa lama. Mengalokasikan perangkat dengan cara yang efektif dan efisien. Batalkan alokasi perangkat saat tidak lagi diperlukan.
  9. Manajemen file. Struktur file dimanajemen dalam daftar agar lebih mudah dan tepat guna. Daftar ini bisa saja berisi daftar direktori maupun file yang lainnya. OS melakukan aktivitas manajemen file. Melacak di mana informasi disimpan, pengaturan akses pengguna dan status setiap file dan banyak lagi.

Jenis-jenis OS

Symbian OS

Symbian OS adalah sistem operasi yang dirancang untuk perangkat seluler. Symbian adalah platform ponsel pintar terkemuka dari tahun 2003 hingga 2010 (bahkan 2011 untuk Eropa). Setelah itu OS Android Google memimpin.

Core Symbian OS awalnya tidak menyediakan antarmuka pengguna. Alih-alih, ini digunakan sebagai basis yang mendasari dua platform UI ponsel cerdas utama. Ini dapat dianggap sebagai cabang pengembangan, masing-masing didukung oleh perusahaan yang berbeda.

Tidak seperti OS Android dengan UI yang berbeda, UI Symbian berjalan lebih dalam pada kode dan aplikasi yang ditulis untuk salah satu platform ini tidak kompatibel dengan yang lain secara langsung.

Idenya, bagaimanapun dibuang, dan untuk rilis berikutnya, Nokia menghilangkan kata Symbian sama sekali. Symbian sekarang disebut Nokia. Karenanya edisi berikutnya dinamai Nokia Belle, bukan Symbian Belle. Dari sana, Nokia menghentikan semua upaya pada pengembangan Symbian dan mengalihkan perhatian penuhnya ke lisensi Microsoft Windows Phone.

Android

ANDROID

Android adalah sistem operasi paling populer di dunia dilihat dari jumlah perangkat yang dipasang. Sebagian besar dikembangkan oleh Google, ini terutama digunakan pada ponsel cerdas dan tablet.

Tidak seperti iOS, ini dapat digunakan pada perangkat yang dibuat oleh berbagai produsen yang berbeda, dan pembuat tersebut dapat mengubah bagian antarmukanya agar sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri.

Pengguna dapat mengunduh versi kustom dari sistem operasi karena sebagian besar adalah open source, yang berarti siapa pun dapat secara legal memodifikasinya dan menerbitkannya sendiri. Namun, kebanyakan orang lebih memilih untuk tetap menggunakan versi yang disertakan pada perangkat mereka.

Android, seperti iOS, hadir dengan aplikasi dan toko media bernama Play Store yang dibuat oleh Google. Beberapa produsen telepon dan organisasi lain juga menawarkan toko mereka sendiri untuk menginstal perangkat lunak dan media.

iOS

iOS Apple adalah salah satu sistem operasi smartphone paling populer, nomor dua setelah Android. Ini berjalan pada perangkat keras Apple, termasuk iPhone, tablet iPad dan pemutar media iPod Touch.

Fitur khas iOS termasuk App Store tempat pengguna membeli aplikasi dan mengunduh perangkat lunak gratis, penekanan pada keamanan termasuk enkripsi yang kuat untuk membatasi apa yang dapat diekstrak oleh pengguna yang tidak sah dari ponsel, dan antarmuka yang sederhana dan efisien dengan tombol perangkat keras minimal.

Microsoft Windows

Microsoft Windows telah ada dalam satu bentuk atau lainnya sejak 1985, dan tetap menjadi sistem operasi paling populer untuk komputer rumah dan kantor. Versi terbarunya, termasuk Windows 10, juga digunakan pada beberapa tablet, dan OS digunakan pada beberapa web dan komputer server yang menghitung angka juga. Komputer dari berbagai produsen dapat menggunakan Windows.

Versi awal Windows bekerja dengan sistem operasi Microsoft sebelumnya yang disebut MS-DOS, menyediakan antarmuka grafis modern di atas perintah berbasis teks tradisional DOS.

Fitur khas dari antarmuka pengguna Microsoft Windows termasuk jendela itu sendiri – berbentuk persegi panjang, layar pada panel yang mewakili aplikasi individu. Menu Start Windows telah membantu beberapa generasi pengguna menemukan program dan file di perangkat mereka. Upaya untuk menggunakan versi OS Windows untuk smartphone kurang berhasil.

Linux

Kebanyakan OS dikuasai oleh satu perusahaan saja, tetapi itu tidak berlaku bagi Linux. OS ini dibuat oleh programmer Finlandia Linus Torvalds pada tahun 1991. Saat ini, programmer dari seluruh dunia berkolaborasi pada kode sumber terbuka dan mengirimkan perubahan ke perangkat lunak kernel pusat dan program lainnya.

Berbagai macam perangkat lunak komersial dan sumber terbuka tersedia untuk Linux, dan berbagai distribusi Linux menyediakan antarmuka pengguna dan alat khusus untuk menginstal perangkat lunak ke mesin yang menjalankan sistem operasi.

Menjadi favorit banyak programmer, Linux banyak digunakan di server korporat dan ilmiah, termasuk lingkungan komputasi awan. Linux dapat dijalankan pada berbagai macam perangkat keras dan tersedia gratis melalui internet.

BlackBerry OS

Dahulu kala, BlackBerry adalah kegilaan. Itu menawarkan sesuatu yang tidak dapat disentuh oleh semua pesaingnya. Bahkan jika Anda sendiri tidak memiliki BlackBerry, Anda dapat bertaruh bahwa Anda mengenal seseorang yang memilikinya, atau bahwa Anda setidaknya akan melihatnya di tangan orang lain secara teratur.

BlackBerry OS adalah sistem operasi seluler berpemilik yang dirancang khusus untuk perangkat BlackBerry Research In Motion (RIM). BlackBerry OS dirancang untuk lingkungan ponsel cerdas dan terkenal karena dukungannya yang kuat untuk email push Internet. Fungsionalitas email push ini dilakukan melalui BlackBerry Enterprise Server (BES) khusus. BlackBerry OS hanya dapat berjalan di ponsel BlackBerry. Ini mirip dengan iOS Apple dalam hal ini.

Secara tradisional, aplikasi BlackBerry ditulis menggunakan Java, khususnya platform Java Micro Edition (Java ME). Namun, RIM memperkenalkan platform pengembangan Web BlackBerry pada tahun 2010, yang menggunakan kit pengembangan perangkat lunak widget (SDK) untuk membuat aplikasi Web mandiri kecil yang terdiri dari kode HTML, CSS, dan JavaScript.

Unix

Unix adalah OS portabel, multitasking, multipengguna, time-sharing yang awalnya dikembangkan pada tahun 1969 oleh sekelompok karyawan di AT&T. Unix pertama kali diprogram dalam bahasa assembly tetapi diprogram ulang di C pada tahun 1973. Unix telah di-porting ke lebih banyak keluarga mesin daripada sistem operasi lainnya.

Akibatnya, ia diidentifikasikan dengan konsep sistem terbuka. Sistem operasi Unix sering  digunakan di PC, server, dan perangkat seluler. Lingkungan Unix juga merupakan elemen penting dalam pengembangan Internet dan jaringan.

Yuk ikuti terus website MARKEY di https://markey.id/ karena ada ratusan trik bisnis online paling manjur gratis setiap hari untuk Anda! Atau bisa juga download aplikasinya di Google Play dan Apple Store.

Torrent Adalah? Apa itu Torrent dan Bahaya Penggunaannya

0
torrent adalah

Torrent telah mendapatkan banyak popularitas dalam beberapa tahun terakhir bersama, namun tak lepas juga dengan ancaman. Torrent adalah sebuah media alternatif yang dapat digunakan untuk mendownload dan mengupload file berukuran besar melalui internet dengan proses yang lebih cepat menggunakan sistem Seed dan Peers. Torrent adalah media yang menggunakan teknik yang tersebar luas untuk mengunduh file yang dihosting secara global.

Torrent adalah sejenis teknologi berbagi file peer-to-peer (P2P) di mana sejumlah pengguna dapat terhubung dan berbagi file mereka daripada bergantung pada satu situs web atau sumber untuk mengunduh file. Seorang pengguna tidak hanya dapat mengunduh file dari sumber langsung tetapi juga dari pengguna lain dari torrent yang sama memfasilitasi transfer yang lebih lancar di antara para pengguna. Masing-masing rekan bertindak sebagai server mini dan secara signifikan mengurangi beban jaringan. Sekitar 3,35% dari total lalu lintas internet ditangani melalui BitTorrent. Membawa lebih dari 170 juta lebih pengguna. Digunakan untuk mengunduh file seperti film, buku, lagu, game, dan lainnya melalui klien torrent.

Torrent Adalah? Minat Terhadap Torrent

torrent-3

Untuk memahami proses P2P, penting untuk mengetahui beberapa istilah.

Peer

Semua pengguna yang terlibat dalam berbagi file melalui torrent berbagi P2P. Mereka dikatakan sebagai rekan selama mereka terus berbagi file di jaringan.

Seeders

Pengguna yang mengunduh file dari torrent dan secara bersamaan mengunggahnya untuk digunakan oleh pengguna lain.

Indexer

Situs web tertentu yang berfungsi sebagai mesin pencari untuk mengunduh file dan konten melalui torrent. Beberapa indexer terkenal adalah Piratebay, Extratorrent atau Torrentz yang banyak digunakan.

Tracker

Server yang bertindak sebagai jembatan antara rekan-rekan. Mengarahkan paket dari pengguna ke pengguna dan juga membantu menemukan rekan di jaringan untuk unduhan tertentu.

Swarms

Sejumlah rekan yang mengunduh atau mengunggah file torrent yang sama.

Leechers

Rekan yang mengunduh file tetapi membatasi pengunggahan dari server mereka atau menghentikan torrent segera setelah file mereka diunduh untuk mencegah unggahan. Tujuan mereka bukan untuk membantu teman lain mengunduh.

BitTorrent Client

Salah satu persyaratan utama untuk torrent adalah BitTorrent client. Biasanya, ‘uTorrent’ yang memungkinkan proses dengan menggabungkan fragmen dari banyak seeds, merakitnya dan mengelola unduhan.

Selalu banyak opsi untuk tugas tertentu. Ada beberapa opsi untuk mengunduh file dari internet, di antaranya mengunduh langsung dan torrent adalah cara yang digunakan. Saat memiliki opsi untuk mengunduh file dari sumber, kebanyakan lebih memilih torrent. Apa alasan utama orang memilih torrent dari pada opsi unduhan reguler?

Alasan paling menonjol untuk menggunakan torrent adalah karena gratis. Syaratnya hanya uTorrent dan pengunduhan dimulai tanpa biaya. Terlebih lagi, server unduhan tidak akan pernah turun. Karena file tidak sepenuhnya diunggah pada satu server, akan selalu ada server lain yang mendukung proses pengunduhan. Mengelola unduhan juga jauh lebih mudah dengan torrent karena dapat dihentikan dan dilanjutkan. Pengunduhan yang lebih cepat dimungkinkan melalui torrent yang lebih baik diunggulkan. Torrent juga bisa melakukan pengunduhan beberapa file sekaligus tanpa kerumitan dan memberi pengguna banyak kemudahan.

Torrent Adalah? Cara Menggunakan Torrent

torrent-2

  1. Unduh Klien Torrent. Langkah pertama menuju torrent adalah mengunduh klien torrent. Klien yang paling umum digunakan adalah uTorrent dan BitTorrent yang mudah digunakan dan juga gratis. Klien-klien ini memfasilitasi pengunduhan file torrent dengan menghubungkan ke rekan-rekan dan mengelola pengunggahan dan pengunduhan.
  2. Cari Torrent untuk Diunduh. Cari file yang perlu Anda unduh di situs web (indexer). Setelah menemukan file yang diinginkan pastikan memiliki banyak seeder asli dan ulasan bagus di situs web. Ini memastikan untuk tidak merusak file dan tidak membawa virus.
  3. Unduh File Torrent, klik tombol unduh atau ikon magnet di sebelahnya. Tombol magnet mempromosikan unduhan tanpa harus mengunduh file torrent.
  4. Tambahkan File Torrent ke Klien, Setelah file torrent diunduh, langkah selanjutnya adalah membuka file di klien torrent, tambahkan file, torrent ke klien dan pilih tujuan yang diinginkan untuk unduhan Anda. Ini akan memulai unduhan di klien.

uTorrent mencakup penghentian sementara dan pengunduhan bersama dengan menambahkan atau menghapus file torrent. Ini menampilkan informasi tentang jumlah rekan yang terhubung, seeder file dan kecepatan unggah dan unduh.

Torrent Adalah? Aman dan Tidaknya Torrent

torrent-1

Torrent adalah teknologi revolusioner untuk mentransfer file dan digunakan di seluruh dunia. File yang tersedia di internet bisa aman atau tidak aman. Namun, uTorrent bebas dari semua malware dan virus. Risiko torrent menjadi tidak aman terletak pada file yang diunduh. Penting untuk mengetahui file dan data yang dikandungnya. Beberapa file mungkin mengandung konten berbahaya yang dapat merusak. Ini juga bisa membagikan informasi dan alamat IP Anda ke rekan-rekan lain dan informasi pribadi Anda dapat dengan mudah dilacak.

Aspek hukum dari torrent juga tergantung pada file yang sedang diunduh. Jika file yang dibagikan tidak dibatasi atau dilindungi hak cipta, maka torrent itu legal. Namun pengunduhan file yang tidak disetujui dan dilindungi hak cipta adalah ilegal. Dengan demikian berbagi atau file semacam itu memiliki konsekuensi sendiri.

Dan karena torrent adalah hal yang mungkin riskan, sangat penting untuk melakukan torrent melalui jaringan pribadi Anda untuk menghindari informasi pribadi Anda dilacak oleh para troll hak cipta. VPN adalah metode paling mudah untuk melindungi informasi pribadi Anda. Ini dapat menyembunyikan alamat IP Anda yang sebenarnya dan mengubahnya ke alamat IP lain, yang tidak memungkinkan bagi troll hak cipta dan Internet Service Provider (ISP) untuk melacak Anda.

Cara lain di mana VPN terbaik beroperasi, sebagai solusi untuk masalah ini, adalah dengan mengenkripsi lalu lintas internet Anda sehingga Anda tidak dapat dilacak oleh peretas. Hal ini dapat melindungi semua aktivitas web Anda dan karenanya memberikan pengalaman internet yang aman dan pribadi.

Hindari konsekuensi dan masalah hukum dengan tidak mengunduh file dan materi yang dilindungi hak cipta dari torrent. Ini adalah file-file yang awalnya mungkin tidak dibagikan tanpa izin atau biaya tertentu tetapi torrent tetap menyediakannya. Karena itu, lebih baik menjauhkan diri dari mengunduh materi tersebut. Jika seandainya itu masih menjadi prioritas Anda, maka gunakan VPN untuk mengunduh torrent secara anonim karena itu akan menghindarkan Anda dari tertangkap oleh otoritas hukum.

Sangat penting mengetahui tempat di mana Anda mengunduh torrent. Tracker adalah tempat utama di mana peretas dan troll hak cipta ikut campur untuk mengganggu unduhan Anda atau untuk mendapatkan akses ke informasi Anda. Jika ini tracker publik, gunakan tracker yang terkenal dengan risiko lebih rendah atau daftarkan tracker pribadi yang bagus.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips dan artikel menarik? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!