Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 119

10 Rekomendasi Blockchain Game Terbaik

0
blockchain game

Di era digital sekarang ini, dimana teknologi internet semakin berkembang, Anda tidak hanya dapat memanfaatkan jaringan internet untuk mencari informasi menarik dan bermanfaat, tetapi juga bisa untuk menghibur diri Anda. Mulai dari mendengarkan musik, menonton video, hingga memainkan game online. Jika sudah berbicara mengenai game online, mengapa tidak mencoba untuk mengenal blockchain game?

Blockchain game dan crypto, dari waktu ke waktu, memiliki daya tarik yang memikat banyak orang dalam industry gaming. Yang dulunya hanya untuk penggunaan bitcoin yang dikhususkan untuk pembelian barang atau taruhan kompetisi eksport, sekarang semakin berkembang ke ranah industry game.

Hal ini disebabkan oleh para blockchain developer yang mulai mempergunakan blockchain untuk membangun perekonomian mereka melalui game, sekaligus mendapatkan keuntungan lainnya.

Barang-barang langka pada akhirnya memiliki nilai yang berharga dan pemain-pemain game blockchain dapat memiliki aset digital yang bisa mereka perjual belikan sesuka hati, untuk membeli barang langka tersebut. Dikarenakan hal menarik tersebut, tidak ada salahnya kan jika Anda mulai memainkan game blockchain? Berikut ini sepuluh blockchain game terbaik tahun ini yang dapat Anda coba mainkan!!

10 Blockchain Game Terbaik Tahun ini

Berbicara tentang game blockchain, terdapat banyak sekali game yang bisa Anda temukan. Namun, kali ini akan dibahas 10 game terbaik dari banyaknya game yang ada. Berikut 10 game blockchain terbaik untuk Anda mainkan tahun ini.

1. Gods Unchained

god unchained, blockchain game

Gods Unchained adalah blockchain game yang diciptakan oleh Immutable dan menjadi pembicaraan hangat pada November 2019. Selain itu, game ini telah mengalahkan penerbit game terkemuka yaitu Blizzard Entertainment.

Sentuhan blockchain game dalam game ini adalah tiap pemain game ini memiliki kartu milik sendiri yang bersifat permanen dan juga dapat memperdagangkannya di marketplace blockchain sesuka hati.

Layaknya permainan kartu dalam sebuah perdagangan nyata, beberapa kartu bersifat langka. Salah satu kartu dalam game Gods Unchained, Mythic Titans terjual seharga hampir 146,3 ETH. ETH adalah singkatan dari Ethereum, yaitu bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk aset uang kripto dan nilai satuannya adalah Ether (ETH).

Link website game :https://godsunchained.com/?refcode=.

2. Beyond The Void

Blockchain game yang satu ini adalah buatan B2Expand. Game ini hadir dengan konsep kombinasi antara Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) dengan real-time strategy atau RTS. Background yang diambil adalah ruang angkasa, bintang-bintang, dan permainan satu lawan satu. Dimana sentuhan blockchain untuk game yang satu ini?

Hal tersebut terlihat dari kepemilikan item yang bersifat nyata dan kemampuan untuk menggunakan item yang dimiliki di beberapa game sekaligus. Item tersebut bisa digunakan pada platform bernama Nexarium. Saat ini, perusahaan B2Expand sedang bekerja untuk permainan berbasis blockchain berikutnya yaitu Light Trail Rush.

3. CryptoKitties

crypto kitties, blockchain game

Game yang satu ini bersifat sederhana, yaitu Anda hanya harus memelihara kucing kemudian memastikan apakah kucing yang Anda pelihara berakhir dengan kucing khusus. Meskipun bersifat sederhana, Cryptokitties adalah game yang berhasil booming sejak pertama kali rilis di akhir tahun 2017.

Selain booming, gamu ini juga sukses memacetkan jaringan Etherium. Mengapa hal ini terjadi? Sebab pemain game ini dapat menghabiskan jutaan dollar hanya untuk menukarkan kucing digital dalam game satu ini.

Sentuhan blockchain game ini adalah Anda menggunakan ether untuk membeli seekor kucing. Tetapi, hal tersebut tentunya hanya berupa kartun lucu yang juga dilengkapi dengan berbagai atribut dan juga tingkat kelangkaan.

Kemudian Anda akan diminta untuk memelihara kucing pilihan, demi meneruskan sifat genetik-nya ke generasi lainnya, hingga menciptakan kucing jenis baru. Untuk dapat membeli dan membiakkan kucing pilihan Anda, Anda akan membutuhkan Ether. Tetapi, Anda dapat menjual kucing milik Anda kapanpun dan dimanapun.

Link website game : https://www.cryptokitties.co/

4. My Crypto Heroes

crypto heroes, blockchain game

Game ini mengambil karakter Jack The Ripper, Marie Antoinnete, dan Santa Claus. Game ini memang mengambil tokoh sejarah sekaligus karakter yang legendaris dan memberikan mereka peran yang berbeda-beda. Desain game ini tidak berlebihan dan memiliki gaya seni pixel yang apik.

Aspek kolektibilitas adalah aspek yang dominan dalam game blockchain ini. Sentuhan blockchain game dalam game ini adalah Anda dapat memperdagangkan pahlawan dan karya seni milik Anda dengan menggunakan mata uang GUM, yang dapat Anda beli dengan Ether.

Link website game :https://www.mycryptoheroes.net/

5. Spell of Genesis

Game ini adalah game yang bersifat mobile-style dan bertema permainan fantasi. Tantangan dari game ini adalah bagaimana caranya agar Anda dapat mengalahkan musuh Anda sebelum musuh-musuh Anda mendapatkan kesempatan untuk menyerang pertahanan Anda.

Sentuhan blockchain dalam game ini adalah Anda akan memiliki kartu-kartu dan dapat memperjual belikannya. Game ini sangat menarik dan menyenangkan, terutama jika Anda menyukai game yang bersifat fantasi.

6. HyperDragons

hyper dragons, blockchain game

Jika Anda menyukai game yang bersifat peperangan, maka blockchain game ini adalah game yang tepat untuk Anda. Terdapat lingkungan arena dimana peserta dan penonton dapat menerka siapa pemenangnya, dan jika terkaan yang Anda buat benar maka Anda berhak untuk memperoleh bonus sekaligus penghargaan.

Anda dapat membeli dan menjual atribut yang Anda miliki dalam game ini dengan menggunakan Ethereum. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, sesuai dengan keunikan, desain yang bersifat fisik, dan juga aspek-aspek lainnya.

Link website game : https://cryptoslate.com/products/hyperdragons/.

7. Ether Quest

Game ini bersifat fantasi, Anda diharuskan untuk mengumpulkan sekaligus melatih berbagai macam tingkatan prajurit. Untuk dapat mulai memainkan game ini, Anda diharuskan untuk membeli game ini terlebih dahulu, dan Anda dapat menggunakan Ether untuk membeli pahlawan atau hero pilihan Anda. Game ini hanya dapat dijalankan pada blockchain Ethereum, dan menggunakan Ether sebagai mata uangnya.

8. Cryptofarmer

crypto farmer, blockchain game

Game ini adalah salah satu game simulasi online pertama dengan basis blockchain. Anda akan membangun rig mining, dan diberi modal minimal dengan gratis. Modal ini digunakan untuk pembelian perangkat, daya listrik dan kartu grafis.

Yang harus Anda pahami adalah game ini unik sekali, sebab setiap koin yang Anda hasilkan dari penambangan yang Anda lakukan, dapat dijual dan menjadi uang fiat. Selain itu, hasilnya pun bisa ditransfer dalam bentuk cyrptocurrency bahkan dollar.

Link website game : https://cryptofarmer.com/

9. Fishbank

Game ini berbasis blockchain dan Anda diharuskan memelihara ikan. Blockchain game ini sangat mudah, Anda hanya harus memelihara ikan dan mengajarinya untuk memangsa ikan lainnya.

Setiap pertarungan yang Anda menangkan, ikan yang Anda miliki akan memiliki kekuatan yang lebih dan nilai jual ikan milik Anda akan semakin bertambah. Game ini menggunakan blockchain Ethereum yang bersifat smart contract dan berfungsi untuk mempermudah proses gaming.

10. Let’s Hunt Monster

Perusahaan pembuat game di Tiongkok Tencent, meluncurkan game berbasis blockchain ini, dengan menggabungkan konsep game Pokemon Go dan CryptoKitties. Game ini bersifat gratis dan paling banyak peminatnya sehingga banyak di-download di App Store di negeri Tiongkok.

Dalam game ini, Anda dapat menjelajahi jalan yang beragam sekaligus menangkap ratusan hewan yang bersifat virtual dan dapat menukarkan banyak kucing digital yang tersimpan dalam blockchain.

Dikarenakan penggabungan konsep tersebut, game Pokemon Go sekaligus CryptoKitties menjadi populer. Meskipun dirilis oleh perusahaan game asal Tiongkok, game tersebut tidak dapat dimainkan di negeri tersebut. Hal ini dikarenakan berbagai permasalahan seperti masalah lokasi dan juga masalah kebijakan pemerintah Tiongkok.

Demikian sepuluh blockchain game yang menarik dan berbasis blockchain yang dapat Anda mainkan demi menghibur diri Anda. Tidak hanya dapat digunakan untuk menghibur diri, melatih adrenalin dan kreatifitas, dan beberapa jenis game ini pun dapat digunakan sebagai passive income.

Selain itu, Anda dapat memperoleh sejumlah benefit seperti memahami jenis aset digital yang mulai digandrungi oleh banyak orang, seperti bitcoin, cryptocurrency, Ethereum, dan jenis-jenis aset digital lainnya. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memahami perkembangan zaman yang diikuti dengan perkembangan di bidang teknologi.

Ingin dapat lebih banyak tips dan trik sukses mengelola bisnis online gratis setiap hari? Ayo follow website MARKEY sekarang juga di https://markey.id/ ! Sampai bertemu lagi!

15 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan Paling Laris

0
bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Rutinitas pekerjaan kantoran sehari-hari mungkin bisa membuat Anda menjadi jenuh. Banyak orang yang kemudian memutuskan untuk memulai usaha kecil-kecilan untuk bisa keluar dari zona rutinitas pekerjaan tersebut. Dimulai dari usaha yang sesuai dengan passion, hingga usaha yang mungkin bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Pada era online seperti saat ini, dimana kemudahan bisa kita dapatkan dengan hanya menggunakan smartphone, Anda bisa mencoba untuk melakukan bisnis makanan secara online di rumah. Jika Anda ingin memulai bisnis kuliner online, 15 ide bisnis makanan online rumahan berikut bisa Anda coba. Bukan hanya dapat dipasarkan secara online, namun Anda juga bisa membuka outlet di rumah.

Untuk Anda yang memang ingin memanfaatkan peluang bisnis makanan lewat online, tentu saja Anda harus memiliki persiapan dan perencanaan yang matang. Riset dan analisa pasar juga harus dilakukan secara cermat. Namun, apapun usaha yang akhirnya Anda jalani, sudah pasti akan ada tantangan yang dihadapi saat pertama memulainya. Kesuksesan akan mengikuti Anda yang tidak pernah takut untuk mencoba. Banyak pelaku bisnis makanan online rumahan yang menjadi sukses, walaupun sebenarnya mereka tidak memiliki latar belakang maupun keterampilan di bidang tersebut.

Ide Bisnis Makanan Online Rumahan Terbaik

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Frozen Food atau Makanan Beku

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Frozen food bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Makanan beku yang biasa dijual adalah sosis, bakso, siomay, daging beku, ham, dan lain sebagainya. Banyak pilihan untuk makanan yang bisa dijual sebagai makanan beku. Kebanyakan orang lebih memilih makanan praktis namun juga awet.

Permen dan Coklat

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Makanan manis yang banyak disukai anak-anak hingga orang dewasa. Pilihan bisnis makanan online rumahan ini bisa sangat tepat. Ini bisa dipasarkan secara online dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Bisa juga disimpan di lemari pendingin sebagai makanan beku. Pilih kemasan yang tepat agar ketahanan permen maupun coklat bisa terjaga.

Catering

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Bisnis makanan online rumahan ini biasanya menjadi primadona. Pelaku usaha yang melakukan bisnis ini biasanya didorong oleh keuntungan yang besar. Tak hanya Catering untuk rumahan, bahkan untuk acara-acara kantor juga biasanya menggunakan Catering. Cocok untuk wilayah perkotaan, karena kebanyakan orang sibuk untuk bekerja dan tidak memiliki waktu untuk memasak.

Roti dan Cake

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Sudah banyak artis yang memulai usaha ini. Semakin banyaknya artis yang mencoba untuk merintis usaha ini, Anda juga bisa mencoba untuk memulainya. Bahkan, Anda bisa menjual beberapa merek kue khas daerah dengan menjadi reseller atau distributor. Atau, jika Anda memiliki keterampilan dan keahlian untuk membuat roti atau cake, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri dan menjualnya secara online.

Camilan dan Makanan Ringan

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Martabak manis, pukis, hingga kue cubit bisa menjadi ide untuk Anda. Buatlah variasi agar lebih menarik. Permintaan jajanan pinggir jalan ini lumayan tinggi, karena bisa menjadi camilan di kala waktu senggang. Selain itu, Anda juga bisa mencoba bisnis makanan online rumahan seperti mie ayam atau yang lainnya. Banyak resep bisa Anda dapatkan di internet, dan bisa Anda modifikasi sendiri.

Cookies dan Kue Kering

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Kue kering bisa menjadi alternatif jika roti atau cake dirasa tidak tahan lama. Kue kering memiliki kelebihan lebih awet dari roti atau cake. Mulai dari kastengel, putri salju, nastar, dan lain sebagainya bisa Anda coba. Momen hari raya besar seperti Idul Fitri dan Natal bisa menjadi lahan basah untuk bisnis makanan online rumahan ini. Pastikan Anda memastikan kemasan yang menarik!

Salad Buah

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Siapa yang tidak suka buah? Kemudahan untuk mencari pedagang buah bisa membuat Anda juga mudah untuk memulai bisnis ini. Potong buah kecil-kecil, tempatkan dalam kemasan yang menarik, beri siraman mayonaise, keju atau lainnya. Anda juga bisa mencari ide lain untuk buah. Misalnya, dengan membuatnya menjadi jus.

Makanan Sehat

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Dengan gaya hidup yang sangat sibuk saat ini, banyak orang juga ingin mencari catering makanan sehat. Semakin banyaknya orang yang ingin hidup sehat, membuat mereka juga tentu memilih makanan yang sehat pula. Biasanya, keuntungan yang diperoleh untuk makanan sehat bisa lebih tinggi, karena pasar yang ditargetkan biasanya lebih khusus.

Lauk Kering

Lauk atau makanan kering bisa menjadi alternatif untuk mereka yang tidak ingin repot untuk memasak. Mulai dari abon, kering tempe, rendang kering, keripik, hingga sambal cumi. Atau Anda juga bisa mulai memasarkan bandeng presto, maupun makanan kaleng. Anda bisa juga menjualnya hingga luar kota, karena lauk kering ini dipastikan akan lebih tahan lama.

Minuman Zaman Now

bisnis makanan online rumahan, bisnis makanan online yang laris, cara membuat bisnis makanan online

Bisnis ini juga tidak melulu tentang makanan. Es kepal milo pernah menjadi primadona untuk minuman kekinian. Saat ini, ada berbagai jenis minuman kekinian seperti kopi, thai tea, dan lainnya. Anda bisa mencoba mencari ide yang inovatif untuk membuat minuman kekinian. Omset yang bisa Anda dapatkan sangat menggiurkan. Dan tentu saja, kemasan yang menarik bisa menjadi nilai jual untuk bisnis ini.

Dessert Box

Masih belum menemukan bisnis makanan online rumahan yang Anda suka? Mungkin tidak ada salahnya mencoba berjualan dessert box yang lagi viral akhir-akhir ini.

Dessert box adalah santapan pencuci mulut berupa kue mini aneka rasa yang disajikan dalam kotak makan simpel. Namun tidak seperti bisnis kue pada umumnya, cara membuat bisnis makanan online dessert box sangatlah mudah dan murah, bahkan tanpa memerlukan oven.

Bagaimana caranya? Nah, Anda hanya perlu menata bahan-bahan kue seperti biskuit, oreo, selai, coklat dan whip cream ke box saja. Pun ada banyak resep dessert box simpel yang bisa Anda tiru di internet. Yang terpenting, dessert box harus disimpan kulkas agar tetap dingin dan nikmat sebelum disantap.

Aneka Varian Bakso

Warga Indonesia terkenal doyan ngemil bakso. Hal ini dibuktikan dari banyaknya orang yang kerap berburu berbagai jenis bakso, mulai dari bakso kuah, mie bakso, bakso bakar, cilok (bakso rujak/pentol), hingga bakso seblak dan aci. 

Jadi jangan lewatkan peluang bisnis makanan online yang laris satu ini! Anda dapat mulai berbisnis dengan menjajakan aneka varian bakso beku siap olah di ecommerce. Contohnya seperti bakso ayam, sapi, dan bakso keju dilengkapi aneka saus pendamping.

Namun bagi Anda yang kebetulan mempunyai modal lebih banyak, tidak ada salahnya mencoba membuka kedai bakso sendiri. Pastikan juga untuk mendaftarkan kedai ke jasa delivery online untuk melayani konsumen yang memilih pesan antar.

Puding Sehat Rumahan

Siapa yang tidak mau makan enak namun tetap sehat? Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, semua tentu ingin bebas ngemil tanpa perlu khawatir mengalami masalah kesehatan.

Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menjajakan puding sehat ala rumahan. Bisnis makanan online rumahan ini dijamin laris manis, apalagi kalau Anda menawarkan produk yang sehat, bebas pemanis buatan maupun pengawet.

Pun ada banyak cara membuat bisnis makanan online satu ini. Anda bebas berinovasi menciptakan aneka kreasi puding yang berdaya jual tinggi. Misalnya puding sayuran, puding kaya serat, dan puding lumer bersaus vla. 

Sambal Spesial

Ide bisnis makanan online yang laris berikutnya adalah kreasi sambal spesial. Usaha sambal selalu populer dan laku keras mengingat masyarakat Indonesia juga doyan makan pedas. Rasanya selalu ada yang kurang kalau bersantap tanpa sambal.

Bisnis ini juga kaya akan inovasi karena ada ratusan jenis sambal khas dari setiap daerah di Tanah Air. Contohnya seperti Sambal Matah (Bali), Sambal Bajak (Jawa) dan Sambal Dabu-Dabu (Manado). Belum lagi aneka kreasi baru sambal yang bisa Anda buat sendiri, semisal sambal mangga, embe, terasi, ijo, cumi dan seterusnya.

Seluruh sambal bisa Anda kemas memakai toples aneka ukuran dan dipasarkan di toko online. Namun pastikan untuk memperhitungkan kecepatan sekaligus jarak tempuh pengiriman karena sambal yang sudah matang biasanya harus segera dikonsumsi.

Kopi Dalgona

Rekomendasi bisnis makanan online yang laris terakhir adalah es kopi Dalgona. Minuman ini mulai viral sejak masa pandemi Covid. Orang-orang yang bosan berdiam diri di rumah akibat PSBB mulai membuat resep minuman unik yang diberi nama “Dalgona”.

Cara membuat bisnis makanan online Dalgona coffee tentunya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampur kopi dengan susu UHT lalu mengocoknya sampai muncul busa (foam) lembut. Setelah itu tuangkan es batu sesuai selera dan sajikan.

Meskipun pandemi Covid sudah berlalu, rupanya resep Dalgona masih banyak diminati masyarakat, lho. Banyak gerai kopi masih menyediakan menu satu ini karena rasanya yang nikmat, segar dan manis. Jadi bagaimana, apakah Anda juga tertarik mencoba berbisnis kopi Dalgona?

Kiat untuk Bisnis Makanan Online Rumahan

Rasa adalah hal utama yang harus diperhatikan. Ini adalah alasan utama untuk para konsumen mengingat bisnis makanan Anda. Dengan rasa yang sesuai, tidak ada alasan untuk para pelanggan tidak kembali kepada Anda. Sama seperti jika Anda membeli makanan dari tempat lain, namun rasanya tidak sesuai, Anda pasti akan merasa kecewa dan tentu saja menolak untuk membeli lagi. Pastikan rasa untuk bisnis makanan online rumahan Anda diperhatikan.

Selanjutnya, perhatikan tampilan makanan. Buat agar makanan tersebut tampak menggugah selera. Karena penjualan secara online, dimana pembeli hanya bisa melihat secara visual pada awalnya, maka tampilan makanan yang menarik bisa membuat pelanggan tertarik. Tentu saja, perhatikan rasa agar bisnis makanan online rumahan Anda bisa lebih berkembang.

Kemasan yang baik juga tidak kalah penting. Pastikan kemasan tidak rusak saat dikirim dari Anda hingga sampai ke tangan pembeli. Pastinya, Anda harus menggunakan jasa pengiriman yang bagus dan tepat waktu. Anda juga bisa mempekerjakan kurir yang profesional agar semua barang sampai tepat waktu dan tidak rusak.

Terakhir, sosial media bisa menjadi hal terbaik untuk memasarkan produk bisnis makanan online rumahan Anda. Instagram, Facebook, dan Twitter bisa menjadi media untuk pemasaran produk Anda. Upload foto produk makanan Anda, bisa di linimasa Anda maupun di grup kuliner. Jangan lupa juga tulis detail makanan Anda. Gunakan hashtag juga agar foto produk Anda lebih mudah ditemukan.

5 Alasan Knowledge Management Diperlukan Oleh Perusahaan

0
knowledge management

 

Untuk menciptakan organisasi perusahaan yang tangguh sehingga dapat memenangkan persaingan bisnis, tentunya Anda membutuhkan orang-orang yang unggul dalam hal pola pikir. Oleh karena itu, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik adalah yang sangat penting dalam suatu organisasi atau perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, peranan kemajuan teknologi tentunya akan mendukung peranan manajemen pengetahuan yang tentunya akan membantu pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), untuk tujuan organisasi atau perusahaan.

Dikarenakan pentingnya pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), maka Anda pasti membutuhkan manajemen pengetahuan yang diterapkan kepada seluruh unit bisnis sebuah organisasi atau perusahaan. Sebab, sistem manajemen pengetahuan atau knowledge management berfokus pada kemampuan karyawan untuk memahami informasi dan pengetahuan dalam suatu sistem yang terpusat, kemudian menggunakan praktik dan teknologi dalam perusahaan Anda, demi memanfaatkan pengetahuan yang terdapat dalam perusahaan Anda.

Pengertian Knowledge Management System

knowledge management system

Knowledgment Management System adalah suatu aktivitas dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, memberikan penjelasan dan membagikan pengetahuan dan informasi yang akan digunakan kembali, diketahui bersama dan dipelajari dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Yang dimaksud dengan aktivitas ini pada umumnya berkaitan dengan objektif organisasi, dan Anda dapat menggunakan aktivitas tersebut untuk mencapai hasil tertentu berkaitan dengan organisasi atau perusahaan Anda, seperti peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, pengetahuan bersama hingga tingkat inovasi yang lebih tinggi.

Dikarenakan tujuannya yang sangat penting, yaitu untuk mencapai hasil dengan memanfaatkan keunggulan-keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM), Anda harus memahami bahwa konsep knowledge management ini meliputi pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI). Tujuannya selalu berkaitan untuk memenangi persaingan bisnis dengan memanfaatkan sumber-sumber daya manusia yang unggul.

Demi terciptanya sumber-sumber daya manusia yang unggul, terdapat tiga jenis penerapan, yaitu tacit knowledge, personal knowledge, dan explicit knowledge. Ketiga jenis penerapan ini memiliki bentuk konsep dan keunggulan yang berbeda-beda, jika Anda tertarik untuk menerapkan manajemen pengetahuan di sebuah organisasi atau perusahaan.

Tacit Knowledge

Tacit knowledge, digolongkan sebagai personal knowledge, atau pengetahuan yang diperoleh secara individual atau perorangan. Jika Anda ingin menerapkan knowledge management dengan menggunakan metode tacit knowledge, maka tentunya sangat sulit. Mengapa? Karena penerapannya tidak dinyatakan dalam bentuk tulisan, tetapi tersimpan dalam pikiran orang yang bekerja dalam organisasi atau perusahaan Anda. Karena itu, penerapan knowledge management dengan menerapkan tacit knowledge ini sulit untuk difomulasikan dan dikomunikasikan.

Personal Knowledge

personal knowledge

Jika Anda ingin menerapkan knowledge management dengan memanfaatkan personal knowledge, maka Anda harus berfokus pada pengalaman. Serta nilai dari pengalaman ini jelas lebih tinggi, sebab mendapatkan pengetahuan dan informasi dengan cara melihat sekaligus melakukan banyak hal daripada hanya dengan belajar. Pengalaman dari satu individu ke individu lainnya berbeda satu sama lain, berdasarkan situasi dan kondisi yang tentunya tidak dapat diprediksi.

Jika sudah berbicara dalam ruang lingkup organisasi atau perusahaan, maka pengalaman ini merupakan gabungan dari berbagai hal, seperti informasi yang bersifat kontekstual, nilai-nilai, wawasan yang luas, hingga pengalaman itu sendiri. Unsur-unsur ini akan membuat Anda, atau pun orang lain, dapat memberikan evaluasi sekaligus menggabungkan pengalaman dengan informasi baru lainnya.

Explicit Knowledge

Jika Anda ingin menerapkan knowledge management dengan menerapkan explicit knowledge, tentunya ini lebih mudah. Sebab, sifat dari explicit knowledge bersifat formal dan sistematis, sehingga cara untuk menerapkan knowledge management ini juga lebih mudah. Pengetahuan dan informasi yang akan dibagikan, dapat diperoleh dalam bentuk tulisan dan dapat didokumentasikan, sehingga masing-masing karyawan Anda dapat mempelajarinya secara independent.

Dikarenakan konsep dari knowledge management itu sendiri dan tujuan dari penerapannya, tentunya akan semakin mendukung alasan-alasan agar Anda dapat menerapkan knowledge management yang bagus untuk organisasi atau perusahaan yang Anda pimpin.

Lima Alasan Mengapa Knowledge Management Diperlukan oleh Perusahaan

knowledge management diperlukan oleh perusahaan

Berikut ini, akan dipaparkan alasan-alasan yang akan dapat membuat Anda semakin mendukung penerapan knowledge management itu sendiri di organisasi atau perusahaan yang Anda pimpin, miliki, atau bergabung di dalamnya.

Percepatan Akses Informasi dan Pengetahuan

Penerapan knowledge management akan mempermudah pencarian informasi sekaligus orang yang memiliki informasi tersebut. Hal ini akan membantu meningkatkan efisiensi sekaligus produktivitas yang dapat membuat Anda dan orang-orang lainnya bekerja dengan lebih baik. Oleh karena itu, dapat digunakan untuk sebagai cara untuk meningkatkan aset pengetahuan.

Dikarenakan setiap orang di organisasi atau perusahaan Anda mendapatkan kemudahan untuk memanfaatkan aset pengetahuan tersebut, maka proses pemanfaatan pengetahuan di organisasi atau perusahaan ini akan semakin meningkat. Hal ini berdampak pada inovasi dan kreatifitas yang terdorong lebih kuat dan Anda maupun karyawan lain dapat meningkatkan kompetensi bersama-sama, tetapi sesuai dengan unit bisnis yang dijalankan masing-masing.

Meningkatkan Proses Pengambilan Keputusan

Karena dibukanya seluruh akses untuk mendapatkan informasi di perusahaan atau organisasi Anda, hal ini akan mempengaruhi kualitas dan kecepatan pengambilan keputusan juga. Seluruh fasiltias perusahaan atau organisasi Anda dapat mengakomodasi seluruh pendapat dan pengalaman orang-orang yang berbeda. Hal ini akan memberikan kontribusi berupa perspektif tambahan dikarenakan informasi dari pengalaman orang-orang yang berbeda.

Menciptakan Inovasi dan Perubahan

Dikarenakan adanya knowledge management, akan memudahkan juga untuk pembagian gagasan, kolaborasi dan juga akses terhadap informasi baru. Hal ini akan membuat masing-masing individu dapat melakukan inovasi dan perubahan demi mengembangkan organisasi atau perusahaan dikarenakan persaingan bisnis. Hal ini akan terjadi terus menerus dikarenakan situasi dan kondisi dari persaingan bisnis tersebut.

Meningkatkan Efisiensi untuk Tiap Unit Operasi & Proses Bisnis

Dengan adanya kebebasan dalam hal akses informasi dalam organisasi atau perusahaan Anda, maka seluruh bagian dari unit memiliki kemampuan untuk bertindak lebih cepat, baik dalam hal menjalankan unit bisnis masing-masing atau dalam hal pengambilan keputusan. Penggabungan antara penggunaan teknologi dan kolaborasi sosial ini menyebabkan adanya perbaikan dalam hal perbaikan proses bisnis dan kinerja organisasi secara umum, yang dilanjutkan dengan adanya penghematan dari segi waktu dan biaya, kemampuan beradaptasi, sekaligus peningkatan produktifitas.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dikarenakan adanya akses informasi yang cepat, maka sudah pasti Anda dapat saling berkomunikasi dengan lebih mudah, yang memberikan dampak berupa kemudahan dalam hal berbagi pengetahuan dan kolaborasi satu sama lain untuk melayani pelanggan.

Hal ini erat sekali kaitannya dengan kepuasan pelanggan, seperti memberikan respon yang lebih cepat terhadap pelanggan, sekaligus mempersingkat waktu untuk memperbaiki produk atau layanan sebagai tindak lanjut untuk kepuasan pelanggan. Tentunya akan memberikan dampak juga berupa kepercayaan pelanggan terhadap organisasi atau perusahaan yang Anda pimpin, miliki atau bergabung di dalamnya, yang selanjutnya akan berpengaruh pada tingkat income.

Demikian informasi-informasi penting mengenai knowledge management system, mulai dari pengertiannya, cara untuk menerapkan, hingga alasan-alasan kuat yang mengharuskan Anda menerapkannya ke dalam suatu organisasi atau perusahaan.
[business-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

13 Framework PHP Terbaik Untuk Web Developer

0
framework php, framework web, macam macam framework

Jika Anda adalah seorang web developer, maka Anda pasti paham bahwa untuk mengembangkan sebuah website atau aplikasi sangat membutuhkan pengembangan fungsionalitas. Tetapi, terkadang fungsionalitas yang sudah pernah dipakai, diulangi kembali demi memenuhi tuntutan pasar dan kebutuhan. Jika Anda tidak ingin melakukan pengulangan untuk sebuah fitur atau fungsionalitas yang akan Anda jalankan, maka Anda dapat menggunakan framework php. Software ini dapat menyediakan pondasi untuk membuat Anda dapat mewujudkan website atau aplikasi yang Anda inginkan menggunakan bahasa pemrograman php tanpa harus melakukan pengulangan atau repetition.

Lalu, apa yang dimaksud dengan framework? Dalam dunia pengembangan software, framework adalah tempat penyimpanan file yang berfungsi untuk memuat beberapa fungsi dasar sekaligus. Dalam menghadapi sebuah proyek, maka Anda sebagai seorang web developer diharuskan untuk dapat memprogramkan berbagai fungsi sekaligus. Karena itulah framework hadir, yaitu sebagai fondasi bagi seorang web developer, agar dapat mengembangkan sebuah proyek dengan lebih efisien.

13 Framework PHP Terbaik untuk Web Developer

framework php, framework web, macam macam framework

Apabila Anda ingin mengembangkan sebuah proyek dengan memanfaatkan PHP, Anda dapat memanfaatkan framework yang sudah memiliki fungsionalitas yang dibutuhkan dan dapat mempermudah Anda dalam menjalani proyek yang scalable, maintainable, dan tentunya juga testable. Berikut ini akan dibahas 13 framework PHP terbaik yang dapat Anda manfaatkan untuk pengembangan proyek milik Anda.

Laravel

Framework Laravel, adalah salah satu framework PHP yang sedang berada di atas angin, familiar di kalangan web developer, dan berada di urutan pertama dalam hal framework dari segi performa. Dan orang yang berada di belakang kesuksesan framework Laravel adalah Taylor Otwell. Ada beberapa keunggulan dari framework ini, yaitu memiliki syntax yang mudah untuk dipahami dan digunakan, karena itu proyek website dan aplikasi Anda dapat Anda kembangkan dalam waktu singkat.

Selain itu Anda tidak perlu lagi memikirkan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat dasar, dikarenakan framework Laravel ini menyediakan berbagai fungsi seperti otentifikasi oleh user, caching dan manajemen sesi. Secara sederhana, framework Laravel memberikan seluruh aspek fungsionalitas yang Anda butuhkan untuk dapat mengembangkan proyek aplikasi PHP modern.

Codeigniter

Framework Codeigniter pada awalnya dikembangkan oleh Rick Ellis, tetapi pada akhirnya dikembangkan oleh British Columbia Institute of Technology. Namun, saat ini berada di bawah kepemimpinan Lonie Ezell beserta seluruh tim-nya. Konsep dari framework Codeigniter adalah penggunaan komponen yang berbeda-beda untuk pengelolaan task development yang lebih spesifik.

Karena itu dapat dikatakan sangat ramah terhadap para web developer, sebab dapat menciptakan dan mengembangkan proyek aplikasi web yang mudah untuk diskalakan dan tidak menyita banyak ruang. Selain itu, framework Codeigniter memberikan informasi berupa bantuan dan tutorial yang lengkap, sehingga framework PHP ini sangat disarankan untuk seorang pemula, apalagi jika Anda ingin mengembangkan aplikasi yang bersifat ‘ringan’ dan hanya dijalankan sebuah server sederhana.

Symfony

Dari segi popularitas, framework Symfony merupakan framework PHP yang berada di urutan ketiga setelah framework Laravel dan framework Codeigniter, dalam hal popularitas. Kelebihan dari framework Symfony adalah memiliki bantuan dan tutorial yang dapat diandalkan sehingga framework Symfony memang sangat unggul dalam hal modularitas.

Sifatnya sangat fleksibel, sebab dalam framework ini mengandung sistem bundle dan sistem komponen yang dapat memudahkan Anda untuk memilih fungsi framework PHP. Apakah Anda ingin menggunakan keseluruhan framework, atau hanya fungsi PHP yang paling Anda butuhkan atau inginkan.

Phalcon

framework php, framework web, macam macam framework

Framework Phalcon adalah jenis framework yang akan sangat disukai oleh para web developer yang mengutamakan performa. Mengapa begitu? Karena framework ini merupakan salah satu framework tercepat, hemat sumber daya, dan memiliki performa yang baik, sehingga dapat memberikan hasil yang tidak hanya stabil tetapi juga berkualitas.

Digawangi oleh Andres Gutierrez dan rekannya yang lain, source code framework ini ditulis dalam bahasa C dalam web server, sehingga framework Phalcon merupakan ekstensi C untuk framework PHP. Setelah Anda meng-install framework ini, hampir sama sekali tidak ada file yang terkandung di dalamnya, Anda cukup menambahkan module dan library yang Anda inginkan hasilnya adalah pengembangan aplikasi web Anda yang rapi dan teroganisir.

CakePHP

PHP Framework MVC yang memiliki moto, “The Rapid Development Framework for PHP” ini, pertama kali diluncurkan di pasaran pada tahun 2000-an. Saat ini masih menjadi framework yang paling bagus sekaligus populer. Framework PHP ini memiliki fitur-fitur unggulan seperti associative data mapping, front cotroller dan arsitektur MVC dikarenakan framework ini adalah tipe PHP Framework MVC. Keunggulan utama dari framework ini adalah metode konvensi yang terletak dalam proses coding. Artinya, jika Anda sudah dapat memahami kumpulan konvensi-nya dengan benar, maka Anda dapat langsung fokus ke pengembangan saja dan sebagai hasilnya dapat menyelesaikan task lebih cepat.

Yii2

Framework memiliki moto “The Fast, Secure, and Professional PHP Framework dan dalam PHP Framework merupakan kompetetitor yang patut untuk diperhitungkan. Dari segi performa, sudah setara dengan framework Phalcon, dan keunggulan utamanya adalah kemudahan dalam hal set-up dan dapat di-kostumatisasi sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Selain itu, framework ini juga menawarkan standar keamanan tingkat tinggi pada website dan aplikasi yang sedang Anda kembangkan. Masih banyak lagi keunggulan lainnya yang dapat membuat pengembangan aplikasi web yang Anda tangani dapat lebih cepat. Meskipun begitu, kekurangan framework Yii adalah tidak dapat langsung dipahami dan dipelajari oleh para developer pemula.

Zend Framework

 Framework jenis ini tergolong sebagai framework yang unik dan dirilis oleh tim pengembang inti PHP. Keunggulan dari framework jenis ini adalah Anda memiliki alat-alat untuk mendukung kegiatan pengembangan aplikasi web Anda seperti Zend Studio, Zend Expressive, Apigility dan PHP 7 itu sendiri.

Jika Anda ingin menjadi profesional Zend Framework, maka Anda memerlukan sertifikasi resmi. Keunggulan lainnya adalah digunakan oleh kalangan interprise dikarenakan memberikan support langsung dari pengembangnya. Karena keunggulan-keunggulan tersebut lah framework jenis ini dikatakan memiliki keunikan tersendiri.

Lumen

Framework Lumen dikomando oleh Taylor Otwell, karena itu dikatakan sebagai anak dari framework Laravel, tetapi memiliki aspek yang berbeda dari framework Laravel. Framework Lumen adalah sebuah micro framework dengan sintaks khusus yang bersifat indah dan elegan. Selain itu, juga memiliki fitur milik framework Laravel dan tambahan fitur-fitur lainnya. Karena itu, dalam hal micro framework, sudah jelas framework Lumen lah yang paling diunggulkan.

Silex

framework php, framework web, macam macam framework

Jika framework Lumen dibangun di bawah nama framework Laravel, maka Framewok Silex dibangun dibawah nama framework Symfony. Fitur-fitur yang dimiliki hampir sama dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh framework Symfony, tetapi beberapa bagian tidak pergunakan dengan tujuan agar lebih fokus pada pembentukan API yang lebih cepat sekaligus hemat sumber daya.

Slim

Framework Slim termasuk ke dalam micro framework PHP yang dapat membuat Anda bekerja lebih cepat dalam mengembangkan aplikasi web dan sekaligus API yang unggul. Keunggulannya adalah kompatibel dengan PSR dan PHP unit, mempunyai sintaks Express.js yang khusus dipergunakan untuk Node.js.

FuelPHP

Framework jenis ini memiliki ambisi untuk menjadi framework yang tercepat dan teringan. Framework ini memiliki footprint yang minimalis sehingga pengembang framework ini yakin bahwa framework ini dapat populer di masyarakat luas. Dalam hal keunggulan, framework ini memiliki kompatibilitas dengan PSR dan Composer.

Yii

Jika sebelumnya ada framework PHP Yii2, maka kali ini ada versi pendahulunya yakni framework web Yii (Yii1). Mengingat Yii dirilis sebagai versi awal, maka tentu saja framework ini mempunyai fitur, kualitas dan kinerja yang tidak se-powerful Yii2.

Tetapi kualitas Yii masih cukup bersaing dengan macam macam framework PHP lainnya, terutama dari segi kecepatan performa. Tingkat keamanan Yii pun terbilang canggih dan ketat karena sudah dilengkapi beragam fitur pengaman seperti autentikasi, autorisasi dan enkripsi.

Lalu apa bedanya Yii dengan Yii2? Perbedaan paling mencolok dari kedua jenis framework PHP ini terletak pada fitur fungsionalnya. Yii2 mempunyai lebih banyak template framework level advance, halaman frontend, backend, serta framework berupa website yang setengah jadi. Alhasil Anda hanya perlu memodifikasi dan mengustomisasi kode-kode PHP-nya saja.

Namun tidak ada salahnya bagi pemula untuk mencoba framework Yii 1. Sebab di sini Anda dapat mempelajari dasar-dasar coding framework PHP dengan tools yang simpel, efisien sekaligus cepat.

Fat Free

Rekomendasi macam macam framework web PHP yang terakhir bernama Fat Free; disebut demikian karena codebase framework PHP ini berukuran super kecil yakni hanya 65kb saja.

Sepintas, Fat Free framework tampak mirip dari segi fitur dan desain dengan Slim framework karena keduanya sama-sama bersifat micro framework. Bedanya, Fat Free bisa digunakan secara spesifik pada menu tertentu saja karena sifatnya yang modular. Jadi pemakaiannya dijamin sangat ringan di perangkat jenis apapun.

Sampai saat ini pun banyak yang merekomendasikan Fat Free sebagai framework web PHP terbaik bagi pemula. Ini karena selain keunggulan di atas, framework PHP Fat Free masih memiliki beragam keuntungan lain dalam satu paket komplit, yaitu:

  • Gratis karena bersifat open source.
  • Legal dan aman sebab telah diketahui jelas siapa developernya, yakni Bong Cosca sejak tahun 2009.
  • Mudah dipelajari dengan penataan sistem yang simpel dan komponen struktural minimalis.
  • Menghasilkan aplikasi dan website berkualitas terbaik dengan menyeimbangkan tiga poin penting pemrograman: koding, performa dan produktivitas.
  • Tersedia banyak update dokumentasi dan fitur menarik secara berkala.
  • User friendly bagi programmer baru maupun profesional.

Demikian informasi-informasi menarik terkait framework PHP, beserta seluruh keunggulan-keunggulannya yang dapat membuat pekerjaan pengembangan aplikasi web Anda semakin dipermudah. Dan sebagai informasi tambahan, seluruh framework-framework yang dipaparkan sebelumnya berkaitan erat dengan framework tata kelola TI yang pada akhirnya berkaitan erat dengan tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance.

 

Pay Per Click Adalah? Panduan PPC Untuk Bisnis Online

0
ppc adalah

Kegiatan berbisnis tentunya tidak akan pernah terlepas dari strategi promosi dan periklanan, baik dengan memanfaatkan metode iklan konvensional atau metode iklan digital. Namun, di era yang semuanya serba canggih seperti sekarang ini, tentunya akan lebih memudahkan jika Anda memanfaatkan strategi promosi melalui kemampuan teknologi dan internet. Selain dapat menjangkau target audience yang luas, strategi promosi dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet. tentunya akan lebih efisien dan lebih efektif dibandingkan strategi promosi dengan memanfaatkan iklan konvensional.

Lalu apa contoh strategi promosi iklan yang cocok untuk bisnis Anda di era serba digital ini? Jawabannya adalah Pay Per Click atau biasa disingkat dengan PPC. Pay Per Click adalah salah satu strategi promosi iklan terbaik yang dapat Anda terapkan, dikarenakan kecanggihan jaringan internet yang sudah semakin meluas sehingga memudahkan Anda untuk menjangkau target audience yang lebih luas.

Untuk membuat pemahaman Anda semakin baik mengenai strategi promosi Pay Per Click, berikut ini akan diberikan penjelasan mengenai apa itu sebenarnya metode iklan Pay Per Click.

Pengertian Pay per Click

pengertian payperclick

Pay Per Click adalah salah satu metode internet marketing dimana seorang pemasang iklan atau pemilik bisnis melakukan pembayaran setiap kali iklan milik mereka di-click pengguna internet yang menjadi target audience, atau pengguna internet yang tidak sengaja berkunjung ke website atau blog milik mereka.

Dapat dikatakan Pay Per Click adalah metode yang digunakan untuk mendapatkan kunjungan ke blog atau website milik seorang pemilik bisnis atau pemasang iklan. Dan karena sifatnya tersebut dapat dikatakan Pay Per Click adalah salah satu strategi promosi di bidang internet marketing yang cukup banyak digunakan oleh para pemilik bisnis.

Ada banyak alasan mengapa seorang pemilik bisnis memutuskan untuk menggunakan Pay Per Click, dan alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut.

Pengaturan Target Audience

Dalam berbisnis, penentuan target audience adalah hal yang paling penting, dan jika Anda tertarik untuk dapat menentukan berapa jumlah target audience Anda, mempersempit ruang lingkup audience Anda, hingga menentukan target audience Anda dengan berdasarkan lokasi, maka metode Pay Per Click adalah media promosi yang paling tepat.

Pengaturan Jumlah Budget untuk Iklan

Budget

Jika Anda memiliki pengaturan mengenai jumlah dana yang dapat Anda keluarkan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, maka memilih menggunakan Pay Per Click adalah pilihan yang tepat. Mengapa Pay Per Click adalah sebuah pilihan yang tepat? Sebab Pay Per Click adalah sistem iklan digital yang memberikan kemudahan pada Anda untuk mengatur biaya untuk iklan agar sesuai dengan budget yang mampu Anda sediakan. Budget ini pun dapat Anda ubah dan sesuaikan lagi kapan saja Anda membutuhkannya. Saat Anda melihat hasil yang positif dari penghasilan Anda, Anda dapat menambahkan jumlah budget Anda khusus untuk biaya iklan. Semakin tinggi Anda menambahkan jumlah budget Anda, maka akan semakin sering iklan Anda muncul di pencarian target audience Anda.

Memberikan Pengaruh Positif untuk SEO

Anda pasti tahu apa itu Search Engine Optimization atau SEO. Aspek lain yang perlu Anda ketahui dari Search Engine Optimization atau SEO adalah aturan dari SEO selalu diubah-ubah, dikarenakan SEO selalu mengubah dan memperbaharui algoritma khusus. Tidak hanya SEO, sosial media seperti Facebook dan Instagram pun juga sering mengubah algoritma-nya dengan berdasarkan minat juga aktivitas dari penggunanya.

Tetapi jika Anda menggunakan Pay Per Click, maka Anda tidak akan terkena dampak yang dikarenakan algoritma organik, sebab Pay Per Click adalah metode iklan yang dapat membuat iklan Anda muncul di pencarian pertama dalam hasil pencarian di SEO. Berbeda dengan SEO organic yang tentunya membutuhkan waktu agar selalu bisa ditemukan di halaman pertama Google search engine.

Berdasarkan manfaat dari Pay Per Click yang telah dipaparkan sebelumnya, Anda pasti akan semakin yakin untuk segera menggunakan metode Pay Per Click sebagai strategi promosi Anda. Kemudian, apa saja langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk dapat segera menggunakan metode ini?

Panduan Pay Per Click untuk Bisnis Online

Saat ini, metode iklan Pay Per Click adalah metode internet marketing yang tidak hanya disediakan oleh Google saja, tetapi juga sosial-sosial media lain seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dikarenakan jenisnya yang bermacam-macam, Anda pun dapat menggunakannya secara bersamaan demi keuntungan Anda sendiri. Berikut penjelasan untuk dapat menggunakan Pay Per Click platform Google Ads.

Google Ads, juga dikenal dengan nama Google Adwords, merupakan metode iklan Pay Per Click yang digunakan oleh Google untuk menampilkan paid search atau iklan berbayar yang dihasilkan dari search engine Google. Google Adwords tergolong sebagai search advertising dan sangat disarankan bagi Anda yang baru pertama kali ingin melakukan Pay Per Click.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan menggunakan Google Ads adalah memiliki akun Google. Kemudian apalagi langkah-langkah selanjutnya? Berikut ini akan dibahas langkah-langkah untuk membuat Google Adwords hingga pembayaran Google Adwords.

Memilih Goal untuk Iklan Bisnis Anda

Memilih Goal

Setelah Anda membuka Google Ads dan memiliki akun Google, Anda akan diminta untuk memilih satu goal dari tiga goal yang paling cocok dengan bisnis milik Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis yang transaksi-nya mayoritas membutuhkan komunikasi dengan menggunakan telepon, maka Anda pasti akan memilih goal yang pertama. Goal yang ke dua adalah jenis bisnis yang mengharuskan pelanggan Anda mengunjungi lokasi bisnis Anda secara fisik, misalnya Anda memiliki bisnis restoran atau kafe. Goal yang ketiga atau terakhir menjadi pilihan Anda jika transaksi bisnis Anda mayoritas dilakukan melalui website bisnis Anda sendiri, sehingga pelanggan Anda hanya perlu mengunjungi website bisnis Anda.

Pilih Jangkauan Lokasi

Kemudian pilihlah jangkauan lokasi yang Anda targetkan, bisa di Indonesia atau di luar negeri, hingga mempersempit jangkauan lokasi Anda hingga ke kota atau provinsi.

Pilih Kategori Bisnis Anda

Kategori bisnis yang Anda pilih berfungsi untuk menentukan target audience untuk iklan bisnis milik Anda.

Buat Copy Iklan untuk Bisnis Anda

Yang dimaksud dengan copy iklan adalah kalimat-kalimat yang menjadi tubuh iklan yang akan diperlihatkan kepada target audience Anda, yang tentunya harus singkat, padat, jelas, juga menarik. Google Ads pun memberikan aturan-aturan seperti berapa karakter huruf yang dapat Anda tuliskan di headline dan isi iklan Anda, termasuk foto untuk menampilkan bisnis Anda.

Tentukan Budget dan Metode Pembayaran

Google Ads menerapkan sistem Pay Per Click, yaitu sistem yang membuat Anda hanya perlu membayar jika iklan milik Anda di-click oleh pengunjung website atau blog Anda. Oleh karena itu, Anda pun bisa menghemat biaya iklan. Anda pun bisa menetapkan estimasi biaya yang akan Anda keluarkan sekaligus mengevaluasi performa iklan milik Anda. Jika performa-nya cukup baik, Anda bisa menjangkau lebih banyak target audience. Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih metode pembayaran, baik dengan menggunakan kartu kredit atau transfer bank.
[business-about]

Telnet Adalah? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

0
telnet adalah

Perkembangan teknologi di era digital sekarang ini sangatlah menakjubkan. Teknologi bertindak seakan keajaiban yang berdasar alasan ilmiah. Karena hal itulah, pekerjaan manusia lebih efektif dan efisien karena bantuan teknologi. Dari banyaknya teknologi cerdas yang diciptakan, ada salah satu teknologi yang bernama Telnet.

Telnet adalah singkatan dari istilah Telecommunication Network. Artinya adalah suatu remote untuk login ke jaringan internet karena adanya sebuah service dari protokol jaringan. Protokol jaringan ini memberikan fasilitas untuk berkomunikasi dua arah dengan menggunakan koneksi virtual dari terminal.

Mudahnya, protokol jaringan ini akan memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses komputer satu dengan yang lainnya. Pengaksesan ini dilakukan dengan remote atau jarak jauh melalui suatu jaringan internet. Ingin tahu lebih lanjut informasi dasar yang harus diketahui dari Telnet? Yuk, simak informasi lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Pengertian Telnet Adalah?

telnet adalah

Seperti penjelasan di atas, Telnet adalah protokol jaringan yang berasal dari client ke server dan juga sebaliknya, server ke client. Protokol jaringan ini dapat memberikan akses jarak jauh atau remote untuk login ke komputer yang terhubung jaringan internet. Biasanya, protokol jaringan ini disingkat menjadi TN agar tidak sulit dalam penyebutannya.

Arti lain dari Telnet adalah sebuah virtualisasi dengan remote dengan menggunakan protokol agar dapat mengakses komputer yang dituju. Berdasarkan prinsipnya, protokol jaringan ini sama dengan sebuah perintah yang disampaikan server ke client dan juga sebaliknya. Karena hal inilah, banyak yang menyamakan protokol jaringan ini dengan SSH.

Keduanya memang sebuah perintah namun dalam definisi yang berbeda. Penggunaan protokol jaringan TN ini umumnya berada dalam jaringan wilayah LAN yang digunakan oleh komputer secara bersamaan. Dalam kerjanya, TN memberikan sebuah fasilitas untuk komunikasi berbasis teks.

Sedikit berbeda dengan protokol jaringan TN, SSH merupakan jaringan kriptografi yang menyediakan fasilitas untuk sebuah komunikasi data dengan keamanan yang tinggi. SSH ini memungkinkan pengguna untuk login dengan perintah eksekusi yang disampaikan dari jarak jauh.

Jadi, bisa dikatakan bahwa keduanya memiliki jenis perintah yang berbeda. Protokol jaringan TN memberikan perintah eksekusi yang bisa dilakukan dengan remote tanpa perlu melakukan enkripsi. Sedangkan SSH memberikan perintah untuk eksekusi yang bisa dilakukan dengan remote namun perlu adanya enkripsi.

Protokol jaringan TN dikembangkan sejak tahun 1969. Selain itu, protokol jaringan ini juga sudah memiliki standarisasi sebagai IETF STD 8. Standarisasi yang dimiliki protokol jaringan TN adalah standar internet yang pertama kali ada di dunia ini.

Fungsi dari Telnet Adalah?

telnet

Sudah diketahui bahwa Telnet adalah sebuah teknologi sempurna. Meskipun demikian, protokol jaringan ini juga mempunyai fungsi yang tidak boleh dianggap sebelah mata. Fungsi utama dari protokol jaringan TN ini adalah mengakses satu komputer atau lebih dengan remote atau jarak jauh dengan bantuan jaringan internet. Hal ini disebut sebagai remote access.

Selain hal tersebut, protokol jaringan TN juga memudahkan pengguna agar dapat melakukan login sebagai pengguna dan administrator. Kemudahan ini dibutuhkan saat akan menjalankan suatu program yang ada di komputer. Tentunya, kemudahan yang dirasakan pengguna ini akan sangat menguntungkan.

Adanya protokol jaringan TN ini sangat membantu komputer untuk dijadikan sebagai terminal server untuk komputer lainnya saat terhubung dengan internet. Dengan kemudahan remote access ini, banyak layanan dapat dijalankan dengan mudah. Bahkan, user interface yang digunakan protokol jaringan TN memiliki desain yang mudah.

Karena tampilan user interfacenya yang baik, maka muncul sebuah kesan bahwa pengguna seperti tidak mengakses komputer dengan remote. Pengguna akan mendapatkan pengalaman untuk mengakses komputer yang dituju langsung dari depan komputernya sendiri. Perintah untuk command line pun terasa sangat nyata. Intinya, pengguna akan merasakan fungsi nyata dari protokol jaringan TN.

Command dari Telnet

telnet

Command dari protokol jaringan TN merupakan perintah dari protokol jaringan yang terdiri dari berbagai jenis. Perintah ini digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan teknologi cerdas ini. Jenis-jenis command dari Telnet adalah sebagai berikut.

  • Close: untuk menutup koneksi yang dijalankan
  • Display: menunjukkan operating parameters
  • Logout: mengeluarkan pengguna dan menutup koneksinya dari jarak jauh
  • Open: mengkoneksikan ke sebuah website
  • Mode: mencoba character atau line mode
  •  Send: mencoba caharacter yang spesial
  •  Quit: keluar dari protokol jaringan
  •  Set: melakukan setting pada operating parameters
  •  Unset: unsetting operating parameters
  •  Z: melakukan suspend pada protokol jaringan
  •  Status: mencetak informasi status protokol jaringan
  •  Slc: menyiapkan treatment khusus untuk character yang spesial
  •  Toggle: melakukan peralihan pada operating parameters

Cara Kerja Telnet

Cara Kerja Telnet

Teknologi sempurna berupa protokol jaringan TN ini mempunyai dua program, yaitu server dan client. Keduanya berjalan sesuai alur dengan menyesuaikan posisi komputer. Cara kerja protokol jaringan Telnet adalah sebagai berikut.

Cara Kerja TN Server

Perlu diketahui bahwa server biasanya akan selalu memberikan informasi pada software jaringan. Informasi ini terkait dengan keadaan komputer pengguna yang sudah terkoneksi dengan internet. Selanjutnya, server akan menunggu permintaan client dalam format yang standar.
Setelah mendapat permintaan dari client, server akan mengirimkan jawaban untuk client dalam format standar. Tugas server selanjutnya hanya menunggu permintaan lain sambil mengendalikan permintaan secara jarak jauh. Sangat keren kan?

Cara Kerja TN Client

Cara kerja protokol jaringan client ini adalah dengan menghubungkan atau membuat jaringan di antara TCP dan server. Setelah itu, client akan memperoleh input yang isinya adalah meminta kode untuk ke server. Input ini didapatkan dari perngguna. Selanjutnya, client akan melakukan re-format input dengan mengubahnya ke dalam bentuk standar.
Setelah format kembali ke server. Client kemudian akan mendapat sebuah output dengan sebuah format standar. Output ini didapatkan dari server. Lalu, client mengubah output dengan format standar ini untuk ditampilkan dalam sebuah monitor.

Mode Keamanan Enkripsi

Salah satu hal yang kurang dari sempurnanya teknologi canggih Telnet adalah mode keamanannya. Protokol jaringan ini tidak menggunakan mode enkripsi untuk otentifikasi NTLM. Hal ini dapat mengakibatkan pembobolan sistem dari protokol jaringan. Dalam penggunaanya, bisa saja password dicuri oleh pihak tak bertanggung jawab.

Untuk mengantisipasi risiko ini, sebaiknya buatlah password yang susunannya acak dan sulit untuk ditebak. Tujuan utamanya bukan lain adalah untuk mengamankan protokol jaringan TN yang telah dirancang. Untuk bahan pertimbangan, bisa juga dengan menggunakan SSH yang ada pada Linux.

Itulah informasi lengkap tentang Telnet yang wajib diketahui. Mulai dari pengertian, fungsi, dan cara kerjanya sudah dikupas secara tuntas dalam artikel ini. Untuk memaksimalkan pengetahuan tentang protokol jaringan ini, sebaiknya diimbangi dengan praktik. Yuk, mulai operasikan protokol jaringan TN untuk suatu kepentingan dan jangan lupakan juga sistem proteksinya. Semoga bermanfaat!
[website-about]

Panduan Terlengkap Cara Iklan di IG (Instagram Ads) Terbaru Tahun ini

0
cara iklan di ig

Instagram adalah platform media sosial bagi sejuta umat. Semua orang pasti setuju bahwa Instagram adalah media sosial menyenangkan dan memiliki segudang kegunaan.

Tak hanya sebatas membagikan foto maupun video ke timeline dan stories saja, Instagram juga bisa berdampak signifikan dalam membangun branding dan berbisnis online, lho!

Menurut data riset statistik global, diperkirakan ada sekitar 1 miliar pengguna Instagram dari berbagai belahan dunia dengan lebih dari 63% pengguna aktif. Bahkan menurut data Tech In Asia, 45% user Instagram dari Indonesia terbukti sering membeli produk yang diiklankan di media sosial tersebut.

Fakta ini jelas sekali menunjukkan kepada Anda untuk tidak perlu ragu lagi kalau ingin menggunakan Instagram Ads untuk berbisnis. Peluang berbisnis di Instagram terbukti tergolong besar dan efektif untuk meningkatkan revenue penjualan.

Selain itu, beriklan di Instagram juga bisa membuat sebuah produk maupun jasa milik bisnis Anda menjadi lebih populer. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan karena Anda dapat mengembangkan dan memajukan bisnis dengan lebih mudah dan cepat.

Ingin tahu bagaimana cara beriklan di IG Ads (iklan khusus Instagram)? Anda beruntung karena sudah menemukan artikel yang tepat. Kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengupas tuntas aneka manfaat dan cara mudah beriklan di Instagram. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga : Bagaimana Cara 3 Fitur Pemasaran Instagram dapat Membantu Peningkatan Penjualan?

Pengertian Instagram Ads

instagram-Ads

Sesuai namanya, Instagram Ads adalah salah satu fitur iklan di Instagram yang berada di bawah naungan Facebook Ads Manager. Jadi, cara iklan di IG adalah sama seperti cara membuat Facebook Ads. Instagram Ads dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan traffic website dan brand exposure, serta menaikkan revenue penjualan online di media sosial Instagram.

Akan tetapi, kalau Anda ingin beriklan di Instagram Ads, pastikan ada postingan dari akun IG bisnis Anda yang memiliki visual bagus sekaligus menarik. Pasalnya, Instagram adalah platform yang menitikberatkan pada pada tampilan visual sebagai konten utamanya.

Semakin bagus tampilan dari konten yang Anda posting, maka akan semakin besar juga kekuatan dari konten Anda untuk menarik perhatian orang lain.

Setelah mengetahui apa itu Instagram Ads, mari simak ulasan berikutnya mengenai pentingnya beriklan di Instagram Ads bagi pelaku bisnis online.

Baca juga : 9 Rencana Pemasaran Produk Makanan Online yang Laris Manis

6 Alasan Pentingnya Beriklan di Instagram Ads

Bagi para pelaku bisnis online, memanfaatkan fitur Instagram Ads tentunya sangat menguntungkan. Pasalnya, pelaku bisnis bisa lebih mudah berpromosi yang tepat sasaran ke target pasar atau audience spesifik dan dalam jumlah yang besar. Selain itu, Instagram pun sudah sangat familiar digunakan oleh masyarakat Indonesia. Semua orang, mulai dari kaum milenial, anak muda, hingga orang dewasa menggunakan Instagram untuk keperluan personal maupun profesional.

Kemudian di bawah ini ada 6 alasan menarik sekaligus penting terkait beriklan di Instagram. Untuk Anda yang masih ragu-ragu memasang iklan di IG, yuk simak dulu keuntungan-keuntungan IG Ads berikut ini sembari menggali inspirasi cara promosi bisnis online yang fresh:

Platform Visual yang Super Eye-Catching

Instagram terbukti mampu mempermudah branding image dari sebuah perusahaan kepada target konsumennya melalui konten-konten visual yang terpajang. Hal ini berkorelasi dengan hasil studi ilmiah di mana 65% masyarakat merupakan visual learners (pembelajar visual). Artinya, ada lebih dari separuh masyarakat yang lebih mudah untuk didapatkan perhatian serta rasa penasarannya hanya dengan menggunakan konten visual saja.

Berpromosi di IG memang tidak rumit dan cocok untuk Anda yang tidak terlalu jago memainkan kata-kata unik persuasif selayaknya di dunia copywriting. Hanya dengan memposting foto-foto katalog di timeline atau Instagram stories saja, maka followers Anda sudah bisa mengetahui produk yang tengah dijual. Pun jika mereka tertarik, mereka pasti akan langsung menghubungi Anda via DM (direct messages).

Media Sosial yang Sangat Terkenal

Instagram006

Dibandingkan media sosial lainnya, Instagram menyediakan kesempatan menumbuhkan awareness di kalangan masyarakat yang lebih besar. Ini karena Instagram adalah media sosial yang sangat populer dengan jumlah akses dari pengguna yang sanggup menyentuh angka miliar dalam sebulan. Jadi, peluang bagi brand Anda untuk dikenal lebih banyak orang dari berbagai negara juga sangat besar.

Seorang pengguna Instagram juga bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengeksplor aneka ragam postingan yang lewat di feeds-nya ataupun stories. Kemudian, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mayoritas user IG selalu mem-follow akun-akun brand yang disukai.

Tak berhenti sampai di sana, semenjak IG meluncurkan fitur ‘stories’, sampai hari ini sudah ada lebih dari 500 juta pengguna IG Stories untuk berbagai keperluan setiap hari! Pun IG Stories terbilang cukup ampuh dalam memberikan informasi kepada audiens sekaligus mempengaruhi mereka untuk mencoba membeli produk.

Baca juga : 12 Contoh Online Shop Bio IG untuk Jualan [Gratis Copas!]

Mendukung Bisnis Lokal dengan Fitur Lokalisasi

Mirip seperti trik lokal SEO, Instagram rupanya turut mengadaptasi strategi tersebut dengan menghadirkan fitur lokasi geografi spesifik. Alhasil, Anda kini mendapatkan fasilitas terbaik IG untuk mengiklankan bisnis ke lokasi-lokasi yang spesifik dari target market.

Semisal konsumen potensial Anda berada di Pulau Jawa, maka Anda bisa mengatur agar iklan ditayangkan lebih banyak ke mereka yang ada di wilayah tersebut. Canggih, bukan?

Mengaktifkan fitur iklan lokal di IG ini juga sangat gampang, seperti empat langkah ini:

  1. Buat sebuah Facebook Page berisikan lokasi tempat toko atau bisnis Anda.
  2. Sambung atau tautkan halaman tersebut ke akun IG bisnis.
  3. Beri tag lokasi (tanda lokasi) Anda pada iklan serta gambar yang Anda posting. Jadi audiens bisa mengetahui di mana lokasi toko Anda, apakah jauh atau dekat dengan posisi mereka.
  4. Update setting lokasi Anda di IG menjadi mengizinkan untuk pelacakan lokasi toko Anda. Langkah yang satu ini tergolong penting sebab memungkinkan iklan IG Anda untuk dilihat oleh audiens yang mengaktifkan layanan lokasi atau mereka yang berada dalam satu domisili yang sama dengan Anda.

Sarana Praktis untuk Beriklan Kreatif

Instagram memungkinkan Anda untuk beriklan sekreatif mungkin baik melalui fitur stories maupun feeds. Dengan memanfaatkan aneka tool editor foto, video atau animasi seperti PicsArt, VSCO dan Photoshop, Anda bisa menghasilkan aneka konten visual menarik untuk dipublikasikan ke IG.

Supaya semakin unik dan khas, Anda bisa membubuhkan hashtag (#) dengan tagline spesial milik bisnis Anda pada caption. Hashtag pun akan mempermudah bagi audiens untuk menemukan bisnis. Semisal mereka lupa nama toko Anda atau ingin mencari postingan edisi khusus dari toko, maka mereka bisa melakukan penelusuran via hashtag.

Berdaya Jangkau Luas

Keuntungan menarik lainnya dari beriklan di IG tentu saja mempunyai daya jangkau luas. Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, pengguna IG sudah mencakup skala internasional dengan jumlah yang fantastis.

Namun Anda semakin beruntung karena Instagram kini telah memperbaharui fiturnya dan menambahkan fitur tab explore khusus untuk online shop. Fitur tab explore ini dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan bisnis online Anda menjadi lebih luas lagi hingga mencakup skala global. Impian Anda untuk bisa memiliki bisnis online internasional pun jelas sudah bukan sekadar angan-angan saja!

Agar promosi skala global ini bisa menjadi lebih maksimal, tidak ada salahnya juga untuk memfasilitasi pemesanan dari luar negeri dengan menggunakan website bisnis khusus. Jika Anda sudah punya website bisnis sendiri, yang perlu Anda lakukan sekarang hanyalah menautkan link website ke profil Instagram.

Namun kalau Anda belum punya website sendiri, tidak perlu khawatir! Segera hubungi APPKEY di https://appkey.co.id sekarang untuk mendapatkan paket pengembangan website bisnis profesional murah milik Anda sendiri. Anda juga bebas mengustomisasi website bisnis sesuka hati menggunakan icon / logo, nama perusahaan, fitur-fitur dan warna khas dari brand supaya tampilan website sesuai dengan karakteristik atau image bisnis.

Mudah Menjaga Loyalitas dan Hubungan dengan Konsumen

Alasan terakhir mengapa Anda harus mencoba cara iklan di IG adalah karena Instagram memudahkan Anda untuk membangun hubungan akrab dengan konsumen.

Dengan fitur-fitur Instagram bisnis, Anda bisa menjaga loyalitas konsumen dengan selalu menjaga komunikasi melalui konten-konten berhadiah kecil-kecilan.

Mungkin sebelumnya Anda pernah memerhatikan beberapa akun brand bisnis di Instagram senang mengadakan bagi-bagi hadiah alias giveaway? Nah, undian giveaway adalah salah satu bentuk pemanfaatan fitur IG untuk menjaga loyalitas konsumen sekaligus menarik perhatian audiens baru.

Selain giveaway, cara menarik lainnya untuk menarik perhatian audiens IG adalah dengan membagikan kode-kode kupon atau voucher di IG stories. Cukup lampirkan pamflet berisi keterangan kode kupon beserta cara pakainya, maka audiens yang melihat postingan stories Anda pasti akan langsung memanfaatkan voucher yang mereka terima.

Sebab, masa berlaku postingan stories hanya 24 jam sebelum hilang dengan sendirinya. Konsumen pasti tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan mendapat voucher dan langsung memilih menggunakannya sebelum postingan hilang.

10 Langkah Praktis Cara Memasang Iklan di Instagram

cara beriklan di instagram

Setelah mengetahui apa saja ragam keuntungan beriklan di Instagram, kini tiba waktunya untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah praktis memasang iklan di IG. Anda tidak boleh melewatkan tips dan triknya jika ingin cepat sukses menjuarai dunia bisnis online via media sosial. Yuk langsung dicatat tahap-tahapan beriklan di Instagram:

1. Membuka Facebook Ads Manager

Cara pertama yang harus dilakukan untuk membuat iklan di Instagram yaitu dengan membuka halaman Facebook Ads Manager. Setelah berhasil membuka Facebook Ads Manager, bukalah menu Kampanye dan pilih Buat Iklan.

Kemudian, akan ada dua dua pilihan pembuatan iklan yang bisa dipilih, yaitu pembuatan iklan cepat dan pembuatan iklan terpadu. Jika menginginkan iklan yang lebih spesifik, disarankan untuk memilih pembuatan iklan terpadu.

2. Menentukan Tujuan Beriklan

Langkah selanjutnya yaitu menentukan tujuan iklan yang ingin dicapai. Facebook Ads Manager sendiri menyediakan tiga kategori tujuan iklan. Tiga kategori tersebut yaitu, kesadaran, pertimbangan, dan juga konversi yang harus dipilih sesuai kebutuhan. Kategori kesadaran dapat membantu meningkatkan brand awareness dan bisa menjangkau konsumen potensial.

Sedangkan kategori pertimbangan yaitu bertujuan untuk meningkatkan jumlah traffic ke website atau mendapatkan pengguna potensial bagi suatu aplikasi yang diiklankan. Kemudian untuk kategori konversi yaitu berfungsi untuk meningkatkan jumlah konsumen yang membeli suatu produk pada website tertentu. Setelah mengetahui tujuan iklan yang sesuai dengan kebutuhan, klik tujuan iklan yang dipilih.

3. Memilih Jenis Iklan

Cara iklan di IG sangat mudah, salah satu caranya yaitu harus memilih jenis iklan yang ada di Facebook Ads Manager. Ada dua jenis iklan yang dapat dipilih, yaitu Pengotimalan Anggaran dan Uji Split. Pada jenis iklan pengoptimalan anggaran, maka pengguna akan menerbitkan iklan yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Oleh karena itu, hendaknya menentukan anggaran iklan yang ingin digunakan. Sedangkan pada uji split, pengguna bisa membuat dua iklan yang mirip dan target audience-nya dibagi menjadi dua. Jenis iklan ini menarik tetapi membutuhkan anggaran yang lebih banyak dibandingkan jenis iklan lainnya.

Setelah memilih jenis iklan, selanjutnya yaitu menuliskan nama iklan dan memilih tujuan trafik. Trafik bisa diarahkan ke website, sebuah aplikasi, WhatsApp, dan lain sebagainya.

4. Menentukan Target Audience

Instagram bisnis sangat menggiurkan karena pengguna bisa menentukan target audience secara spesifik. Pada langkah ini, pengguna bisa menentukan spesifikasi target audience yang ingin dijadikan sasaran. Oleh karena itu, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pemirsa khusus, lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, koneksi, dan penargetan terperinci.

5. Menetapkan Penempatan dan Jadwal Tampilan

Jika pengguna ingin menampilkan iklan di Facebook, Instagram dan semua aplikasi yang bersinergi dengan Facebook, pengguna bisa memilih penempatan otomatis. Namun, apabila pengguna hanya ingin menampilkan iklan hanya di Instagram, bisa klik Edit Penempatan dan klik Instagram. Setelah itu, tentukan kapan dan berapa lama iklan akan ditampilkan.

6. Menghubungkan dengan Akun Instagram

Langkah selanjutnya, pengguna bisa menambahkan aku Instagram yang ingin dihubungkan dengan halaman Facebook. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna menambahkan akun Instagram bisnis khusus untuk mempromosikan bisnisnya. Caranya mudah, klik Tambahkan Akun yang Ada, lakukan Log In dan klik Konfirmasi. Jika belum memiliki akun Instagram

7. Memilih Format Iklan

Cara iklan di IG selanjutnya yaitu memilih format iklan yang ditawarkan oleh Facebook Ads Manager. Ada 5 format iklan yang bisa dipilih, yaitu karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, dan juga koleksi. Karosel yaitu pengguna bisa menampilkan iklan dengan 2 atau lebih gambar maupun video yang bisa digeser.

Gambar dan video tunggal yaitu, iklan dengan menampilkan satu gambar atau video saja. Tayangan slide yaitu iklan dengan gambar atau video slide yang bisa mencakup sampai 10 gambar. Sedangkan koleksi yaitu iklan yang merupakan gabungan dari video dan juga gambar.

8. Membuat Teks dan Judul Iklan

Selanjutnya, pengguna bisa menuliskan deskripsi iklan yang singkat tetapi menarik bagi audience. Dengan memiliki judul iklan dan juga teks yang menarik, maka audience akan tertarik dan mengunjungi akun Instagram bisnis. Selain itu, audience juga akan paham tujuan Instagram Ads yang muncul pada feeds mereka.

9. Memilih Gambar dan Memasukkan Tautan

Pengguna bisa memilih gambar yang sesuai dengan judul, dan juga deksripsi iklan yang sudah ditulis. Namun, perhatikan ukuran gambarnya karena tiap format Facebook Ads memiliki ukuran gambar yang berbeda-beda. Setelah itu, masukkan link Instagram bisnis yang akan dituju.

10. Melakukan Pembayaran

Terakhir, pengguna bisa melalukan pembayaran, baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Setelah sukses melakukan pembayaran, pihak Facebook akan melakukan review terhadap iklan yang sudah di-submit, Jika sudah memenuhi semua syarat dan standar yang berlaku, iklan di IG-pun akan muncul segera. Selesai sudah!

Mudah bukan beriklan dengan Instagram Ads? Yuk tunggu apa lagi, segera manfaatkan peluang meraih kesuksesan melalui Instagram ads semasih ada 60 juta masyarakat Indonesia yang menjadi pengguna Instagram aktif!

Pastinya angka tersebut akan terus bertambah, jadi sangat penting bagi Anda selaku pebisnis online untuk segera mempraktekkan langkah-langkah beriklan yang telah dipaparkan di atas.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar Instagram ads. Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini, dan semoga artikel kali ini bermanfaat! Jangan lupa simak lebih banyak artikel menarik informatif lainnya seputar dunia digital marketing dari Markey.id, ya, sampai jumpa lagi.

Panduan Marketing Online Bagi Pemula & Cara Melakukannya

0
marketing online

Di zaman yang serba modern seperti ini, internet merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Pasalnya, setiap orang kini mengakses internet untuk memenuhi segala kebutuhan mereka. Hal ini menjadi angin segar bagi pelaku bisnis karena mereka bisa menerapkan marketing online.

Dengan menggunakan marketing online, pelaku bisnis akan lebih mudah mencapai tujuan bisnisnya. Selain itu, digital marketing juga cenderung mudah dilakukan, baik bagi pelaku bisnis pemula sekalipun. Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara menerapkannya, ketahui dulu apa itu digital marketing.

Apa Itu Marketing Online?

marketing online

Marketing online merupakan aktivitas maupun usaha pemasaran suatu produk maupun jasa yang menggunakan alat elektronik atau internet. Tentunya aktivitas ini sudah sering dilakukan oleh pelaku bisnis karena mayoritas penduduk Indonesia sendiri sudah menggunakan internet.

Oleh karena itu, ini adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan oleh setiap pelaku bisnis. Digital marketing sendiri menggunakan berbagai macam platform online, mulai dari marketing media sosial, website, email marketing, sampai dengan iklan PPC. Digital marketing ini kerap digunakan untuk membangun reputasi sebuah bisnis atau mengirimkan pesan citra dalam sebuah bisnis.

Selain itu, digital marketing juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk maupun jasa pada konsumen. Dengan banyaknya manfaat dari digital marketing itu sendiri, maka aktivitas tersebut sebaiknya diterapkan dalam sebuah bisnis. Jika masih penasaran apa saja pentingnya menerapkan digital marketing dalam sebuah bisnis, simak ulasannya berikut ini.

Pentingnya Menerapkan Marketing Online

marketing online

Kini hampir semua orang menggunakan internet sehingga pelaku bisnis hendaknya tidak melewatkan peluang ini. Dengan begitu, pelaku bisnis bisa menjadikan internet sebagai sarana dalam memasarkan produk maupun jasanya. Berikut ini adalah alasan betapa pentingnya menerapkan digital marketing dalam sebuah bisnis.

Lebih Mudah dan Efektif Dibandingkan Marketing Konvensional

Bisa dibayangkan berapa biaya yang dikeluarkan hanya untuk beriklan di media massa. Selain itu, besarnya biaya yang dikeluarkan untuk marketing konvensional belum tentu efektif. Pasalnya, marketing konvensional belum memiliki indikator yang pasti mengenai berapa banyak target pasar yang terpapar marketing konvensional pada berbagai media massa tersebut.

Berbeda dengan digital marketing yang lebih terukur dan murah. Hanya dengan berapa rupiah saja, pelaku bisnis dapat beriklan di internet melalui banyak platform. Selain itu, pelaku bisnis juga lebih mudah mengetahui jumlah target pasar yang terkena imbas dari marketing online yang dilakukan.

Bisa Menyasar Target Pasar yang Spesifik

Pada poin sebelumnya sudah disinggung bahwa betapa acaknya target pasar yang terpapar marketing konvensional. Sebagai pelaku bisnis, hal tersebut tidak begitu menguntungkan karena tidak bisa menyasar target pasar yang spesifik. Berbeda dengan digital marketing yang bisa membidik target pasar dengan spesifik.

Melalui digital marketing, pelaku bisnis dapat memperoleh data-data penting target pasarnya. Misalnya mulai dari usia, lokasi, gender, hingga hobby dari target pasar tersebut. Dengan begitu, pelaku bisnis akan lebih mudah menentukan kegiatan marketing seperti apa yang cocok bagi target pasar yang dituju.

Membangun Brand Awareness

Brand awareness sangat penting karena bisa menggiring konsumen untuk melakukan pembelian pada produk maupun jasa tertentu. Selain itu, brand awareness yang tinggi juga bisa menciptakan konsumen yang loyal.

Dengan begitu, adanya brand awareness yang baik, tentu akan berpengaruh pada renevue yang akan didapatkan dalam sebuah bisnis. Maka, digital marketing akan memudahkan pelaku bisnis dalam membangun brand awareness dengan mudah dan murah.

5 Cara Memulai Marketing Online Bagi Pemula

marketing bagi pemula, marketing online

Setelah mengetahui betapa pentingnya menerapkan digital marketing dalam sebuah bisnis, kini saatnya mengetahui cara memulainya. Cara-cara tersebut mudah dilakukan baik oleh pemula sekalipun. Berikut 5 cara memulai digital marketing bagi pemula yang mudah untuk diikuti.

Tentukan Tujuan Pemasaran

Cara pertama yang harus ditempuh yaitu menentukan tujuan pemasaran. Pasalnya, dengan mengetahui tujuan pemasaran, akan memudahkan dalam mengukur tingkat keberhasilan suatu aktivitas digital marketing. Maka, tentukanlah tujuan pemasaran yang sesuai dengan jenis bisnis yang akan dirintis.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam menentukan tujuan pemasaran. Salah satu metode yang bisa dipilih yaitu metode SMART Goal. Metode ini dapat menentukan tujuan secara spesifik, terukur, realistis untuk dicapai, relevan, dan juga sesuai periode tertentu.

Tetapkan Target Pasar

Setelah menentukan tujuan pemasaran, cara selanjutnya yaitu menetapkan target pasar. Target pasar akan memudahkan dalam melakukan aktivitas promosi, mengetahui jumlah kebutuhan anggaran, dan juga menentukan seberapa besar peningkatan penjualan yang harus dicapai.

Selain itu, dengan mengetahui target pasar yang akan dituju juga dapat memudahkan dalam mengetahui kebutuhan konsumen secara spesifik. Dengan begitu, pelaku bisnis akan mudah mengembangkan dan menciptakan suatu produk atau jasa yang sesuai target pasar.

Pilih Platform Marketing Online yang Sesuai

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika digital marketing memiliki berbagai macam platform yang bisa dipilih. Platform tersebut mulai dari media sosial, website, bahkan sampai dengan email. Namun, dari banyaknya platform tersebut, sebaiknya pilihlah platform yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu merangkul konsumen potensial.

Misalnya, apabila sasaran target pasarnya adalah anak muda, maka bisa memilih platform media sosial dan juga website. Semua aktivitas digital marketing dapat difokuskan menggunakan kedua platform tersebut. Cobalah untuk mengelola platform tersebut dengan baik, sehingga bisa menciptakan lingkungan yang baik untuk melakukan digital marketing.

Buat Konten yang Unik dan Menarik

Cara selanjutnya untuk memulai digital marketing bagi pemula yaitu membuat konten platform yang unik, menarik, bermanfaat dan dekat dengan target pasar. Pasalnya, setiap konsumen lebih suka melihat konten yang memanjakan mata ataupun memiliki cerita yang relevan dengan mereka.

Selain itu, perhatikan juga penayangan konten pada setiap platform. Hindari penayangan konten pada waktu-waktu yang sekiranya tidak banyak mengundang perhatian konsumen. Dengan begitu, suatu postingan pada platform tertentu memiliki engagement rate yang tinggi.

Tentukan Anggaran

Bisnis adalah soal uang, sehingga harus pintar-pintar menentukan anggaran untuk melakukan marketing online. Pasalnya, jika tidak ada anggaran yang ditentukan, adanya kecenderungan untuk menghabiskan banyak uang yang belum tentu efektif dan juga efisien. Untuk memudahkan, biasanya anggaran digital marketing diambil dari persentase total laba kotor atau omset yang dihasilkan.

Misalnya, untuk startup sekitar 5% sampai dengan 5% dari total omset. Sedangkan untuk bisnis yang sudah establish, presentasenya yaitu mulai dari 3% sampai dengan 4% dari total omset. Namun, persentase tersebut dapat disesuaikan dengan target pemasaran yang ingin dicapai dan juga jenis bisnisnya.

Marketing online penting diterapkan dalam dunia bisnis karena dapat memudahkan pelaku bisnis dalam mengembangkan dan juga memajukan bisnisnya. Selain itu, cara menerapkannya pun sangat mudah, bahkan pelaku bisnis pemula saja juga bisa melakukannya.

Maka, tunggu apalagi, siapkan diri untuk melakukan langkah-langkah mudah dalam menerapkan digital marketing dalam sebuah bisnis.

Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.