Usability Adalah? Heuristic Usability Pada User Interface

Setiap alat yang diciptakan harus mampu lolos terhadap uji usability atau usability testing. Usability adalah sebuah kondisi ketika seseorang dapat dengan mudah menggunakan suatu alat atau objek tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Berikut ini akan kami bahas tentang 10 Heuristic Usability pada User Interface yang harus Anda ketahui.

Visibility of System Status

images

Visibility of system status dalam usability testing adalah bagian dari Heuristic Usability yang menunjukkan sebuah informasi tentang apa yang terjadi dalam user interface. Informasi yang disampaikan oleh user interface juga menunjukkan pada bagian mana hal tersebut terjadi. Sebagai contoh adalah saat memasukkan password, muncul kolom password dan kekuatan password.
Inilah yang disebut dengan Visibility of System Status. User dapat mengetahui lokasi tempatnya mengisi password dan mendapatkan informasi terkait kekuatan password yang dibuatnya. Sehingga dalam Visibility of System Status mengacu pada seberapa baik kondisi sistem yang ada itu disampaikan kepada User-nya. Sehingga User dapat memberikan umpan balik atas informasi dari sistem tersebut.

Match between System and The Real World

Agar mendapatkan tingkat Usability yang baik, sebuah sistem tidak hanya memberikan informasi saja, tetapi juga informasi yang disampaikan harus dapat dipahami oleh User. Oleh sebab itu, penggunaan bahasa dalam sistem menggunakan bahasa, kata-kata, hingga konsep yang lebih familiar dibanding dengan bahasa-bahasa sistem yang lebih teknikal.
Bahasa dalam Usability adalah sesuatu yang penting karena informasi yang disampaikan oleh sistem harus dapat dipahami oleh User. User Interface yang telah lolos dalam usability testing adalah user interface yang dapat memuat informasi yang sesuai antara sistem dengan dunia nyata. Serta menggunakan logika dalam memberikan pengetahuan pada user-nya.

User Control and Freedom

user control

Sebuah user interface yang baik dan lolos dari usability testing adalah user interface yang dapat memberikan kontrol dan kebebasan penggunanya dalam menggunakan interface tersebut. Agar lebih mudah dipahami, sebagai contoh saat menggunakan email dari google, user diberikan kebebasan untuk melakukan undo selepas melakukan sesuatu.
Kebebasan dan kontrol sepenuhnya dalam usability adalah hal yang penting agar sistem dapat diterima oleh user. Karena bukan tidak mungkin, user melakukan kesalahan sehingga memerlukan kondisi agar bisa mengulang dan memperbaiki kesalahannya tersebut. User juga harus ditunjukkan dengan jelas dan ringkas mengenai informasi perilakunya agar dapat memutuskan untuk melakukan undo atau tidak.

Consistency and Standards

Agar user semakin mendapatkan kemudahan dalam melakukan akses pada user interface, konsistensi dan standar menjadi sangat penting artinya dalam user interface. Dalam hal ini, salah satu konsistensi dan standar yang dimaksud dalam Usability adalah konsistensi dan standar terhadap pemakaian bahasa. Bahasa yang digunakan untuk setiap user interface harus konsisten.
Konsistensi dan standar juga berlaku bila user interface menggunakan ikon atau simbol tertentu. Hindari penggunaan bahasa, ikon, atau simbol yang sama untuk hal yang berbeda. Atau sebaliknya, menggunakan bahasa, ikon, atau simbol yang berbeda dengan maksud yang sama. User interface yang konsisten dan memiliki standar membuat user tidak ragu mengambil keputusan.

Error Prevention

error

Adanya error atau bug yang dilakukan oleh User mungkin sebuah hal yang wajar. Namun, bila error atau bug tersebut diketahui oleh user, maka user interface tersebut bisa dikatakan tidak lolos uji Usability. Karena error atau dalam usability adalah sesuatu yang harus dihilangkan atau disembunyikan. Sehingga sebisa mungkin pesan error tidak muncul.
Agar tercipta sebuah user interface yang baik, pesan error bisa dihindari dengan melakukan tindakan pencegahan. Pesan-pesan pencegahan bisa dimunculkan agar User tidak melakukan kesalahan yang menyebabkan nilai User Interface menjadi jelek dan dianggap tidak memenuhi kriteria Usability. Contohnya adalah saran yang sering muncul saat sedang melakukan pengetikan di Google untuk mencegah kesalahan penulisan.

Recognition Rather Than Recall

Salah satu yang menjadi penilaian penting dalam Usability adalah kemampuan untuk memudahkan User dalam mengingat tindakannya. User dapat melakukan pengoperasian dalam sebuah sistem tanpa perlu mengingat-ingat apa yang sudah dilakukan sebelumnya. Memaksa User untuk mengingat langkah sebelumnya sangat tidak memudahkan dan membuat User akan meninggalkan sistem tersebut.
Dalam contoh yang lebih mudah dapat dilihat pada beberapa aplikasi peramban atau website seperti Google. Google memberikan kemudahan User untuk mengingat kembali apa yang sudah dicari sebelumnya dengan memunculkan history pencariannya. Bahkan Google juga memberikan saran atau sugesti berdasarkan perilaku User sehingga pencarian yang dilakukan oleh User bisa tepat sasaran.

Flexibility and Efficiency of Use

User interface yang memenuhi tingkat Usability adalah user interface yang fleksibel dan efisien untuk digunakan. Setiap User yang baru, mereka diharuskan untuk mempelajari sistem tersebut terlebih dahulu. Sebuah sistem yang sangat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dipelajari oleh User. Sehingga dibutuhkan sistem yang fleksibel dan efisien saat digunakan.
Sistem yang fleksibel dan efisien akan memudahkan User untuk menggunakan dan mempelajari sistem tersebut. Sebagai contoh dalam aplikasi Microsoft Word yang memiliki banyak sistem, User dapat mempelajari cara-cara singkat dengan mempelajari shortcut dari perintah-perintahnya. Sehingga User tidak perlu mengingat lokasi ikon atau perintah dan cukup menggunakan shortcut tersebut.

Aestheteic and Minimalist Design

Selain user interface yang efisien dan fleksibel, sebaiknya desain user interface juga menggunakan desain yang unik dan menarik. Sebisa mungkin dalam melakukan desain untuk user interface menggunakan desain-desain yang tepat, proporsional, dan enak dilihat. Selain itu, desain sebaiknya dimunculkan sesimpel mungkin agar User tidak kebingungan dengan banyaknya ikon atau tulisan.
Agar dapat membuat desain yang baik dalam user interface bisa dengan menggunakan ikon-ikon dengan ukuran yang sama. Penggunaan warna dan font tulisan juga harus menjadi perhatian agar tidak saling tumpang tindih. Tidak hanya itu, pemilihan jarak antar elemen tersebut juga harus proporsional agar tidak terlihat acak-acakan dan tidak rapi.

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors

User interface yang baik juga harus menampilkan pesan error yang jelas agar User dapat melakukan langkah-langkah untuk mengatasi error tersebut sendiri. Pesan adanya error harus disampaikan dengan menggunakan bahasa yang jelas, bukan dengan kode yang membuat User kebingungan untuk mengidentifikasi error yang terjadi. Penyampaian pesan error harus disampaikan sejelas mungkin.
Sebuah user interface dan sistem yang memiliki nilai baik dalam Usability adalah user interface yang tak hanya memunculkan pesan error, tetapi juga memberikan saran untuk penyelesaiannya. Sebagai contoh, dalam aplikasi peramban Google Chrome akan memunculkan pesan error ketika tidak ada koneksi internet tersambung. Aplikasi tersebut juga memberikan pesan saran untuk menghubungkan perangkat dengan internet.

Help and Documentations

Dalam membuat sebuah user interface yang baik, pastikan memberikan simpanan dokumen atau berkas bantuan yang dapat diakses langsung oleh user. User tentu diharuskan untuk bisa menyelesaikan sendiri permasalahan yang muncul saat sedang mengakses sistem. Namun, tidak semua User bisa langsung memahami permasalahan adan solusi yang tepat.
Oleh sebab itu, sistem yang memiliki nilai yang baik dalam Usability adalah sistem yang memberikan fitur bantuan kepada User-nya. Sehingga User dapat melakukan identifikasi dan menemukan solusi yang tepat atas error yang terjadi. Adanya fitur bantuan ini harus mudah diakses dan mampu menjelaskan dengan tepat atas permasalahan yang terjadi.

Apakah Anda memiliki masalah dalam mengelola dan mengembangkan aplikasi? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada pengembangan aplikasi, kami juga memiliki kemampuan dalam memperbaiki bug maupun eror pada aplikasi yang sedang dikembangkan sehingga dapat membantu menyelesaikan permalasahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol