Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 117

3 Cara Membuat Aplikasi Game Online dengan Mudah

0
membuat aplikasi game

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, semakin berkembang pula jenis permainan atau game online yang banyak dikenal. Sebut saja Clash of Clans, Mobile Legend, Slither.io, hingga Free Fire. Game online ini menjadi game yang banyak digandrungi oleh kebanyakan orang saat ini.

Perkembangan smartphone juga sangat menunjang para pengguna smartphone untuk bisa bermain lebih nyaman. Banyak jenis game online yang mudah Anda dapatkan di AppStore maupun Google Play Store.

Melihat begitu banyaknya game online yang bisa Anda pilih di smartphone Anda, pasti pernah terlintas untuk membuat game online sendiri. Apakah Anda mau buat game online sendiri tapi tidak bisa coding? Coba 3 cara membuat aplikasi game online berikut ini dan wujudkan ide Anda.

Dari ratusan jenis genre game yang ada, game berbasis Android memang masih menjadi game yang dimainkan oleh para pengguna. Ini berbanding lurus dengan pengguna smartphone Android yang memang lebih banyak. Pasar aplikasi game global juga menghasilkan pemasukan yang luar biasa.

Ini tentu saja akan memikat siapa pun untuk bertindak.Kini semakin banyak para developer game yang membuat game unik. Meskipun ada banyak motivasi untuk membangun aplikasi yang sensasional, penting untuk mengetahui rahasia tentang cara membuat Aplikasi game untuk Android.

Cara Membuat Aplikasi Game Online

cara-membuat-aplikasi-game-online

Perlu diketahui, game Anda akan berdiri melawan jutaan game di luar sana.  Untuk memberikan kesempatan untuk menonjol dari yang lain, Anda perlu menambahkan rasa dan jenis game yang kemungkinan akan dinikmati audiens. Jadi, mungkin tidak akan semudah itu. Namun jika Anda tetap berusaha, semua hal yang tidak mungkin akan menjadi mungkin.

Sebelum Anda mulai mengembangkan aplikasi game online untuk Android ini, pastikan untuk mengatur hal teknis Anda dengan benar. Anda juga harus menyiapkan laptop atau PC, dan juga mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman seperti Java, HTML, CSS, Kotlin, Dart, C++, C#, hingga Javascript. Jika Anda tahu mengetahuinya, itu bisa memberi Anda keunggulan. Tetapi jika Anda tidak, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih beberapa alat standar. Berikut cara untuk membuat aplikasi game online sederhana.

Android Studio

cara-membuat-aplikasi-game-online

Cara membuat aplikasi game online Android yang pertama dan paling disarankan adalah dengan menggunakan tools resmi yang dikeluarkan oleh Google, Android Studio. Android Studio ini juga sangat didukung penuh untuk bisa mengembankan aplikasi Android oleh pengembang mereka, Google, yang juga merupakan perusahaan yang memiliki OS Android.

Android Studio versi teranyar saat ini adalah versi 3.6 yang dirilis pada Februari 2020. Aplikasi ini memiliki fitur lengkao yang bisa digunakan untuk Anda mengembangkan aplikasi game online Android, seperti: Editor Code yang cerdas, Instant Run, game emulator yang lumayan cepat, serta berbagai fitur mengesankan lainnya. Anda juga bisa mendapatkan cara untuk mempelajari Android Studio agar bisa lebih paham tentang aplikasi ini.

Eclipse

Cara membuat aplikasi game online Android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Eclipse. Eclipse sendiri merupakan aplikasi yang sempat viral sebelum Android Studio muncul. Aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat aplikasi Android lain, selain game. Pihak Google kemudian menghentikan dukungan penuh mereka kepada Eclipse, segera setelah Android Studio muncul.

Kebanyakan pengguna Eclipse menggunakan aplikasi ini, karena Eclipse memerlukan spesifikasi laptop atau PC yang tidak terlalu tinggi. Karena dibandingkan Android Studio, Eclipse merupakan aplikasi yang lebih ringan. Tidak berbeda jauh dengan Android Studio, Anda juga harus melakukan langkah-langkah cara membuat aplikasi game onlinemenggunakan Eclipse, seperti Install Java JDK, Install Android Development Tools (ADT), Membuat Android Virtual Device, hingga yang lainnya.

Cara Membuat Aplikasi Game Online Android Tanpa Coding

cara-membuat-aplikasi-game-online

Ada salah satu cara lagi untuk membuat game android. Cara ini bisa Anda gunakan apabila belajar coding mungkin menjadi hal yang tidak ingin Anda lakukan. Atau mungkin Anda sudah mengerti tentang coding, namun ingin mencoba untuk mengetahui cara membuat aplikasi game online untuk Android tanpa coding.

Cara membuat aplikasi game online Android tanpa coding tentu saja memerlukan laptop atau PC. Anda harus mengkoneksikan laptop atau PC Anda dengan koneksi internet. Kemudian Anda bisa mulai mencari cara membuat aplikasi game online Android secara online. Situs yang bisa Anda gunakan seperti AppyPie, AppGesyer, Mit App Inventor, dan lainnya. Situs-situs ini merupakan App Builder, dimana kita Anda bisa membuat aplikasi game online Android hanya dengan melakukan drag and drop saja. Cukup mudah bukan.

Tips Cara Membuat Aplikasi Game Online

  1. Kembangkan Ide.
    Google Play Store penuh dengan aplikasi game, tetapi yang banyak dilupakan adalah kreativitas dan keunikan. Lakukan brainstorming dengan tim dan buat ide brilian yang akan membuat pengguna terpikat sepanjang waktu. Namun tentu saja, tidak semua ide bisa diraih hanya dalam waktu singkat. Terus berimprovisasi dengan ide, hingga Anda mencapai sesuatu yang brilian.
  2. Buat Cerita Anda Sendiri.
    Anda juga harus membuat cerita sendiri. Game seperti Clash of Clans memerlukan unduhan maksimal, karena game ini memiliki cerita sendiri. Hal ini adalah bagian termudah dari setiap strategi pengembangan game. Membuat cerita yang menarik yang membuat para pemain tergoda untuk mengetahui apa yang terjadi selanjutnya, tentu memainkan peran penting dalam popularitasnya.
  3. Sederhana dan Membuat Ketagihan.
    Game dengan kontrol sederhana sangat membantu ketika Anda merenungkan cara membuat aplikasi game untuk Android. Pastikan elemen kontrol harus mudah diakses sesuai ukuran layar. Agar para pemain tetap terpaku untuk memastikan permainan tidak terlalu lama, tingkat kesulitan akan meningkat dan setiap kali seorang pemain memenangkan permainan, dia membuka beberapa poin atau reward.
  4. Desain yang Apik.
    Saat mendesain game, perancang perlu menjaga karakter, cerita, seni, dan tampilan keseluruhan game. Membuat desain aplikasi game tentu saja jauh lebih rumit dibandingkan dengan membuat sebuah aplikasi. Grafik juga harus berjalan seiring dengan logika permainan.
  5. Bangun Strategi Monetisasi.
    Pengembangan game membutuhkan sumber daya, seperti tim dan hosting. Semua elemen ini datang dengan biaya. Jika Anda berencana untuk menghasilkan dari permainan Anda, Anda bisa mencoba untuk membuat game menjadi premium. Beberapa cara yang sangat populer untuk mencapai itu adalah dengan iklan maupun in-app purchase.
  6. Level yang Terbatas.
    Jika Anda sudah memiliki game yang membuat kecanduan, awali dengan model freemium. Biarkan pengguna menikmati permainan sampai beberapa level. Jika para pemain ingin terus bermain setelah level tertentu, mereka harus melakukan pembayaran.

Aplikasi game online adalah aplikasi paling populer yang diunduh di platform apa pun. Akan tetapi game seperti apa yang harus Anda kembangkan? Anda juga harus tahu siapa yang bermain dan apa yang mereka sukai untuk dimainkan. Beberapa pilihan bisa Anda coba seperti puzzle atau permainan kata, game kasual, game strategi hingga game arcade.

Yuk ikuti terus website dan sosial media MARKEY supaya Anda tidak ketinggalan update info, trend dan juga prediksi insight dunia bisnis online terbaru. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download versi aplikasi di Google Play dan Apple Store, ya.

Sampai bertemu lagi di pembahasan inspiratif lainnya dari MARKEY!

TCO Adalah? Cara Menggunakan Total Cost of Ownership

0
tco adalah

Bagi pemilik aset atau teknologi, tentunya sudah tidak asing dengan istilah TCO. TCO adalah singkatan dari “Total Cost of Ownership”, yaitu perkiraan semua biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan sebuah aset atau teknologi selama siklus hidupnya. TCO ini sangat bermanfaat untuk menentukan setiap nilai sebuah produk atau sistem.

Penjelasan Tentang TCO

penjelasan tco

Pada setiap investasi yang ditujukan untuk modal, terutama dalam bentuk aset, seorang calon pemilik pasti melakukan sebuah perhitungan untuk mengukur kelayakan aset tersebut.

Dalam melakukan perhitungan, pemilik melakukan suatu analisis yang mencakupi semua total biaya baik biaya beli, operasi, hingga gambaran keuntungan yang akan didapatkan. Analisis inilah yang disebut TCO.

Dalam industri teknologi, analisis TCO adalah sebuah metodologi yang menghitung semua biaya baik itu pada perangkat lunak, perangkat keras, dan pelatihan untuk menggunakan teknologi tersebut.

Pada tahun 1987, Gartner Group mulai mempopulerkan analisis TCO kepada publik meskipun sebetulnya konsep ini sudah dikenal, dibuktikan dengan berbagai metodologi untuk melakukan analisis TCO.

Komponen-Komponen dalam TCO

komponen tco

Dalam penerapannya untuk sebuah aset berupa teknologi, terdapat tiga komponen yang dianalisis dalam TCO. Tiga komponen yang diperhitungkan dan dianalisis dalam TCO adalah, Biaya Langsung, Biaya Operasional, dan Biaya Jangka Panjang.

Berikut adalah penjelasan tentang ketiga komponen dalam TCO tersebut.

Biaya Langsung

Yang disebut sebagai biaya langsung dalam TCO adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pembelian terhadap perangkat yang akan digunakan, baik itu perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware).

Biaya Langsung disebut juga dengan One Time Cost karena dikeluarkan sekali, yakni pada saat pembelian perangkat tersebut. Selain pembelian perangkat, kadang Biaya Langsung ini juga mencakup dengan biaya instalasi perangkat ke dalam sistem, jaminan, hingga pembelian atas jasa riset.

Bagaimanapun, perangkat yang dibeli merupakan hasil riset yang sulit sehingga ada biaya yang termasuk ke dalam perangkat tersebut. Beberapa perangkat juga hanya bisa diinstalasi oleh ahli dari pembuat perangkat tersebut.

Biaya Operasional

Setelah Biaya Langsung, dalam TCO untuk teknologi juga mencakup Biaya Operasional. Dalam hal ini, Biaya Operasional yang dikenal dalam analisis TCO adalah segala biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan perangkat yang sudah dibeli dan diinstalasi.

Untuk menghitung Biaya Operasional ini juga mencakup biaya yang dikeluarkan untuk pelatihan bagi karyawan yang akan mengoperasikan perangkat.

Dalam menjalankan perangkat yang sudah didatangkan, tentu karyawan harus dilatih hingga mahir menjalankan perangkat tersebut. Pelatihan mutlak diperlukan oleh pembuat perangkat kepada karyawan yang nantinya mengoperasikan perangkat.

Selain itu, Biaya Operasional juga mencakup setiap biaya termasuk biaya listrik hingga waktu yang dibutuhkan untuk belajar mengoperasikan perangkat yang dikonversikan dalam satuan uang.

Biaya Jangka Panjang

Setiap perangkat tentu memiliki masa aktif yang sudah ditentukan. Ketika sudah melewati masa aktif, perangkat tersebut akan mengalami degradasi kualitas. Akibatnya perangkat tersebut sudah tidak lagi kompatibel dengan kondisi saat ini.

Solusinya adalah dengan melakukan penggantian perangkat, pembaruan fitur perangkat, hingga melakukan penonaktifan terhadap perangkat yang sudah mengalami degradasi tersebut.

Untuk melakukan semua tersebut tentu ada biaya yang harus dikeluarkan. Semua biaya yang harus dikeluarkan tersebut dikenal sebagai Biaya Jangka Panjang.

Biaya Jangka Panjang yang dikenal pada TCO adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk melakukan penggantian, pembaruan, hingga penonaktifan perangkat pada masa depan, sehingga disebut sebagai Biaya Jangka Panjang.

Cara Menghitung TCO

cara menghitung tco

Untuk menghitung TCO tidaklah rumit, tetapi perlu suatu hal yang mendetail saat melakukan riset terhadap perangkat yang akan dibeli tersebut.

Tidak ada angka yang pasti dalam perhitungan analisis TCO, karena kebutuhan setiap calon pembeli tentu berbeda-beda, sesuai dengan urgensitasnya. Cara lengkap menghitung TCO adalah.

Buat Komponen dari Perangkat yang akan Dibeli

Dalam melakukan analisis perhitungan TCO, ketika akan membeli suatu perangkat, pertama lakukan pembedahan terhadap komponen yang ada dalam perangkat tersebut. Komponen-komponen tersebut bisa dibedah menjadi harga awal, biaya operasi, biaya perawatan, biaya kerugian selama masa perawatan, biaya produksi, dan masa pakai atau masa aktif perangkat yang dikonversikan dari waktu ke dalam satuan uang.

Harga awal yang dimaksud dalam TCO adalah harga pembelian yang terlihat dalam katalog. Biaya operasional adalah besaran yang harus dilakukan untuk melakukan instalasi, pengujian, juga pelatihan karyawan.

Biaya perawatan merupakan komponen biaya yang harus dikeluarkan ketika memasuki masa perawatan. Terakhir biaya kerugian merupakan adalah besaran kerugian selama perangkat tersebut ada pada masa perawatan.

Perhitungkan Nilai dari Masing-Masing Komponen

Setelah masing-masing komponen dari perangkat tersebut sudah dibedah, kemudian tentukan nilai dari masing-masing komponen. Nilai yang dimaksud dalam komponen TCO adalah prosentase dari masing-masing komponen terhadap nilai TCO secara total.

Nilai ini tidak memiliki angka yang mutlak karena setiap calon pembeli memiliki perhitungan nilai sendiri-sendiri.

Sebagai contoh, terdapat harga awal sebesar Rp 10.000.000, – untuk sebuah perangkat. Bagi seorang calon pembeli, harga tersebut adalah 40% dari total keseluruhan TCO, sementara yang lain mungkin hanya 20 atau 30% saja karena merasa harga awal bukanlah sesuatu yang terlalu diperhitungkan dalam TCO mereka.

Buat Formula dari Komponen Tersebut

Setelah komponen dibedah dan dibuat persentasi nilainya, kemudian buat formula yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan TCO. Formula dari TCO ini terdiri dari setiap komponen yang sudah dibuat sebelumnya.

Salah satu contoh formula yang bisa digunakan dalam perhitungan TCO adalah Harga Awal + Biaya Operasional + Biaya Perawatan + Biaya Kerugian – Masa Pakai.

Jika komponen terlalu mendetail, calon pembeli bisa menyederhanakan formula dengan hanya memperhitungkan Harga Awal + Biaya Perawatan + Biaya Operasional – Masa Pakai. Empat komponen tersebut lebih mudah untuk diperhitungkan untuk melakukan analisis TCO. 

Lakukan Perhitungan Berdasarkan Nilai Komponen menggunakan Formula yang Dibuat

Langkah terakhir kemudian ialah menghitung setiap nilai komponen yang sudah dibedah dengan menggunakan formula yang sudah dibuat. Sebagai contoh, terdapat perangkat A dan perangkat B dengan detail sebagai berikut.

  • Perangkat A memiliki detail, Harga Awal Rp 10.000.000, -, Biaya Perawatannya Rp 2.000.000, -, Biaya Operasionalnya Rp 5.000.000, -, dan nilainya akan turun menjadi Rp 2.000.000, – pada 5 tahun mendatang.
  • Perangkat B memiliki detail, Harga Awal Rp 20.000.000, -, Biaya Perawatan Rp 1.000.000, -, Biaya Operasionalnya Rp 5.000.000, -, dan nilainya akan turun menjadi Rp 10.000.000, – pada 5 tahun mendatangDengan formula yang sudah dibuat, maka TCO dari perangkat A adalah Rp 15.000.000, – sementara TCO untuk perangkat B adalah sebesar Rp 16.000.000, – Sehingga kesimpulannya adalah perangkat B memiliki nilai TCO lebih rendah meski harga awalnya dua kali lipat dari perangkat A. Perbandingannya yang hanya Rp 1.000.000, – tidaklah signifikan.

Manfaat Menghitung TCO

Melakukan perhitungan TCO dapat menjadi salah satu dari bahan untuk melakukan penawaran terhadap supplier perangkat. Ini hanyalah salah satu dari manfaat penghitungan TCO.

Manfaat lain dari penghitungan TCO adalah sebagai bagian dari peningkatan kinerja keuangan untuk jangka panjang dan perhitungan besarnya ROI (Return of Investment) yang dibutuhkan untuk perangkat tersebut.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

TLS Adalah? Mengenal SSL/TLS dan HTTPS

0
tls adalah

TLS adalah singkatan dari “Transport Layer Security”, yaitu protokol untuk mengamankan privasi data. Protokol ini menggunakan sertifikat X.509 untuk enkripsi datanya. Adanya TLS membuat transmisi setiap data yang ada di internet menjadi aman. Sehingga dengan adanya TLS ini dapat memberikan rasa aman kepada para pengguna komunikasi terutama melalui internet.

Sejarah Singkat Tentang TLS

sejarah tls

Transport Layer Security atau yang disingkat menjadi TLS adalah bentuk pengembangan dari SSL yang sudah lebih dahulu dikenal. Pengembangan ini bermula pada tahun 1999 ketika SSL berubah namanya menjadi TLS 1.0 yang menjadi awal mula penggunaan TLS di internet. Sebelumnya, TLS sudah mulai dikenalkan ke publik bersama sebuah peramban internet. Baik SSL maupun TLS sama-sama dikembangkan oleh sebuah badan bernama Netscape Communications Corporation. Ketika SSL 2.0 yang sudah dikembangkan ternyata dianggap kurang aman, Netscape kemudian mengembangkan pembarunya yakni SSL 3.0. SSL 3.0 inilah yang kemudian menjadi awal mula pengembangan dari TLS atau Transport Layer Security, sebuah protokol keamanan paling mutakhir.

Perbedaan TLS dan SSL

Perbedaan

TLS adalah sebuah pengembangan dari protokol enkripsi yang sudah dikenal sebelumnya bernama SSL atau Secure Socket Layer. Karena berangkat dari sebuah protokol yang sama, perbedaan TLS dan SSL tidak terlalu signifikan. Secara fungsi, keduanya sama-sama memberikan sebuah rasa aman bagi pengguna internet melalui protokol enkripsi data yang ditransmisikan selama mengakses internet. Perbedaan antara SSL dan TLS adalah pada bagaimana cara protokol keamanan masing-masing membuat enkripsi untuk mengamankan transmisi data. SSL menggunakan port untuk membuat koneksi yang disebut sebagai koneksi eksplisit. Sementara TLS kebalikannya, menggunakan koneksi melalui protokol yang ada atau yang bisa disebut dengan koneksi implisit.

Perbedaan TLS/SSL dan HTTPS

HTTPS adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan oleh peramban dan penyedia website untuk berkomunikasi dan bertukar informasi. Meski terkesan sama-sama sebuah protokol keamanan, tetapi TLS dan HTTPS adalah sesuatu yang berbeda. Seperti yang sudah dijelaskan, HTTPS merupakan sebuah protokol keamanan pada website yang dijalankan berdasarkan sebuah standar prosedur protokol.
Standar prosedur protokol yang menjadi dasar protokol keamanan pada HTTPS inilah yang disebut dengan TLS/SSL. Sehingga dengan pengertian ini, TLS adalah sebuah protokol keamanan yang menjadi salah satu bagian dari protokol keamanan HTTPS. HTTPS dalam membuat protokol keamanan tidak selamanya menggunakan TLS, bisa juga menggunakan SSL meski tidak direkomendasikan lagi.

Alasan Menggunakan TLS/SSL

Alasan Menggunakan

Sebagai sebuah protokol keamanan internet, TLS/SSL ini sangat penting untuk dipasang pada sebuah website. Website yang menggunakan TLS/SSL akan membuat pengaksesnya merasa nyaman dan aman. Selain itu ada beberapa alasan mengapa TLS/SSL ini penting untuk dipasang pada sebuah website antara lain.

Menghindarkan Pencurian dan Salah Kirim Data

Alasan pertama mengapa harus menggunakan TLS adalah karena TLS atau SSL dapat menjamin sebuah website memiliki perlindungan terhadap data pengaksesnya. Data-data yang bersifat privasi seperti password, nomor ktp, hingga nomor kartu kredit merupakan hal yang sensitif dan rawan untuk dicuri serta disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.
Sebagai sebuah protokol keamanan bagi sebuah website, TLS/SSL dapat berfungsi sebagai pelindung atas data-data yang dimiliki oleh pengakses sebuah website. Selain itu, kemampuan otentikasi yang dimiliki oleh TLS/SSL juga memberikan jaminan atas pengiriman data tidak salah tujuan. SSL/TLS melakukan enkripsi atas data yang hanya bisa dipecahkan oleh penerima yang tepat.

Meningkatkan Transfer Data di Website

Adanya SSL/TLS yang terdapat pada sebuah website yang memberikan proteksi terhadap transfer data pengguna membuat adanya peningkatan dalam transfer data pada website tersebut. Dengan data yang terproteksi dengan baik menggunakan sistem enkripsi, membuat pengguna merasa aman ketika mengakses website tersebut tanpa khawatir datanya dicuri dan disalahgunakan oleh pihak tak bertanggungjawab.
Transfer data yang terjadi di internet ini dienkripsi oleh SSL/TLS sehingga menjadi kode-kode rumit yang tak bisa terpecahkan oleh hacker. Kode-kode inilah yang kemudian ditransmisikan menuju server atau pengguna sesuai kebutuhan. Kemudian dengan kemampuannya, SSL/TLS membuka kode enkripsi tersebut jika sudah memenuhi berbagai “syarat-syarat” yang sesuai.

Meningkatkan Reputasi Website oleh Penggunanya

Berkat terjaminnya keamanan data-data pribadi pengguna atau pengakses membuat sebuah website yang menggunakan TLS/SSL dianggap memiliki reputasi yang lebih baik. Ibarat sebuah bank, nasabah akan memilih bank terpercaya yang dapat menyimpan uangnya dengan baik. Sama seperti sebuah website yang tentunya lebih dipercaya jika dapat menjamin keamanan data-data privasi penggunanya.
Untuk mengetahui website yang sudah menggunakan TLS/SSL juga sangat mudah, bahkan seorang awam juga bisa mengetahui ciri website yang sudah menggunakan TLS/SSL. Ciri sebuah website sudah menggunakan TLS/SSL adalah sebuah notifikasi berupa ikon gembok terkunci yang muncul oleh peramban seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome. Notifikasi tersebut terlihat jelas berada di bagian address bar.

Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari

Selain meningkatkan reputasi sebuah website bagi pengguna, adanya SSL atau TLS juga membuat website memiliki peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Algoritma mesin pencari, Google, sudah dibuat sedemikian rupa agar dapat mendeteksi website yang memiliki SSL atau TLS dan ditampilkan pada halaman pertama. Tentunya hal ini juga menguntungkan pemilik website.
Manfaat TLS adalah membuat pengakses merasa aman dan terlindungi selama mengakses sebuah website yang dapat dilihat dari jumlah pengakses websitenya. Hal ini bisa dihitung oleh Google untuk kemudian diberikan peringkat yang lebih baik pada halaman pencarian. Bahkan Google sendiri sudah memberikan peringatan bagi pengakses untuk tidak mengunjungi website yang tidak memiliki TLS/SSL.

Cara Kerja SSL/TLS

Cara Kerja

Agar lebih dapat mengetahui betapa pentingnya SSL/TLS pada sebuah website, setiap pemilik website sebaiknya mengetahui bagaimana cara kerja dari SSL/TLS. Cara kerja TLS adalah menggunakan dua buah kunci yang biasa disebut sebagai Private Key dan Public Key. Kedua kunci ini adalah gerbang masuk dan keluarnya data yang ditransfer selama mengakses internet.
Public Key merupakan gerbang keluar sebuah data dari website atau server yang bertujuan untuk mengubah data tersebut menjadi enkripsi kode-kode rumit. Kemudian kode-kode tersebut ditransfer melewati Private Key yang bertugas untuk mengubah kode tersebut agar dapat dibaca oleh server atau penggunanya. Pengamanan SSL/TLS ini membuat para hacker tidak dapat mencuri data tersebut.

Cara Memasang SSL/TLS

Mengingat betapa pentingnya SSL/TLS bagi sebuah website membuat para pembuat website harus memasang sertifikat SSL/TLS pada websitenya. Pemasangan SSL/TLS ini biasanya disediakan secara gratis, meski ada juga yang berbayar, oleh para penyedia hosting dan website. Hal ini karena pemasangan SSL/TLS pada website sangat mudah, terutama bagi para pemilik website berbasis WordPress.
Bagi para pemilik website berbasis WordPress, cara paling mudah memasang SSL atau TLS adalah dengan menggunakan plugin. Pemilik website berbasis WordPress cukup mencari plugin pada dashboard kemudian melakukan instalasi plugin-nya. Setelah proses instalasi, jangan lupa untuk mengaktivasi plugin tersebut, kemudian melakukan refresh agar dapat mengetahui proses instalasi sudah berjalan dengan sukses.
[website-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Omnichannel Adalah? Perbedaannya dengan Multichannel

0
omnichannel

Pasti banyak orang yang masih mempertanyakan apa itu Omnichannel. Omnichannel berasal dari kata Omnis yang artinya universal, semua atau umum. Omnichannel adalah perkembangan dari Multichannel. Nah pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih jauh mengenai Omnichannel dan Multichannel serta perbedaan keduanya.

Apa Itu Omnichannel?

Apa Itu Omnichannel

Omnichannel adalah pengembangan selanjutnya dari Multichannel, namun Omnichannel memiliki jangkauan yang lebih luas. Selain itu, Omnichannel juga sudah diperbarui secara real time kepada pengguna tidak seperti Multichannel. Omnichannel juga merupakan strategi yang digunakan oleh sebuah organisasi melalui lintas saluran yang meningkatkan customer journey.

Dalam dunia pemasaran, Omnichannel adalah lebih memfokuskan diri pada bagaimana pelanggan bisa mendapatkan sebuah pengalaman. Pengalaman tersebut merupakan pengalaman yang komprehensif dan konsisten di berbagai channel baik online maupun offline. Biasanya saat pengguna memutuskan ingin membeli, mereka akan mencari informasi tentang produk tersebut.

Pencarian ini dilakukan melalui berbagai channel yang berbeda sehingga mereka yakin dengan produk yang hendak dibeli. Itulah kenapa pengalaman pelanggan dalam kepuasan yang sama itu sangat penting meskipun dengan channel yang berbeda sekalipun.

Alih–alih bekerja parallel, Omnichannel merancang sumber daya pendukung dan saluran komunikasi untuk bekerja sama. Omnichannel juga menuntut adanya integrasi dan pengaturan terhadap saluran sehingga pengalaman pengguna lebih efisien.

Selain itu pelanggan juga diberikan pengalaman yang menyenangkan saat menggunakan Omnichannel daripada saluran tunggal secara terpisah lainnya.

Apa Itu Multichannel?

multichannel

Hampir serupa dengan Omnichannel, Multichannel juga menggunakan banyak channel untuk menarik pelanggan. Pemasaran Multichannel merujuk pada kondisi dimana sebuah perusahaan berhubungan dengan customer melalui berbagai channel, baik online maupun offline.

Melalui channel ini, perusahaan akan menjual produk barang dan jasanya. Multichannel sendiri mengkombinasikan dua praktik pemasaran yaitu inbond dan outbond agar perusahaan bisa menjangkau pelanggan pada channel berbeda.

Melalui strategi ini, proses pembelian akan lebih mudah dikontrol oleh pelanggan dibandingkan pasar offline. Pemasaran ini biasa dilakukan melalui channel seperti email, poster, katalog, papan iklan dan lain sebagainya.

Semakin hari teknologi semakin berkembang. Hal ini juga yang membuat channel pemasaran yang tersedia semakin banyak pula jumlahnya. Kondisi ini membuat pelanggan berpotensi memperluas jangkauannya ke penjualan yang bisa memenuhi apa yang mereka butuhkan. Pelanggan punya banyak alternative dalam memilih dan menemukan produk yang baru.

Oleh karena itu, perusahaan berlomba-lomba memasang iklan di berbagai tempat yang strategis untuk dilirik pelanggan. Multichannel mewakili kemampuan dalam berkomunikasi dengan pelanggan yang berpotensi untuk membeli produk melalui berbagai platform yang berbeda secara individual.

Hal ini menunjukkan bahwa Multichannel lebih memfokuskan diri pada bagian kecil dari Omnichannel adalah seperti iklan cetak, aktivitas ritel, acara promosi dan sebagainya. Sebagian besar perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran megandalkan Multichannel marketing.

Multichannel marketing akan meningkatkan penjualan perusahaan dalam waktu yang cepat. Bahkan perusahaan terkadang membentuk tim khusus untuk sosial media dan email untuk bekerja agar tujuan individu dapat tercapai.

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

perbedaan dari omni dan multi

Multichannel dan Omnichannel adalah kata sifat yang merujuk pada teknologi bisnis atau biasa dikenal dengan pendekatan operasional. Keduanya merupakan saluran komunikasi yang memiliki banyak channel yang menghubungkan antara perusahaan dan pelanggan potensial.

Multichannel yang usianya lebih tua merujuk pada kampanye pemasaran secara offline melalui iklan cetak, radio, televisi, bahkan beberapa panggilan telpon.
Popularitas saluran ini mengalami peningkatan dan penyusutan dalam beberapa waktu. Beberapa orang memperoleh manfaat yang baik namun yang lain tidak.

Hal inilah yang membuat orang – orang mulai beralih menggunakan pesan singkat, lebih sedikit menggunakan iklan radio dan media cetak. Hingga saat itu mulai banyak saluran digital yang bermunculan.

Pertama muncul email, kemudian datang pesan instan, lalu obrolan langsung, hingga media sosial. Peningkatan eksistensi saluran – saluran ini dalam beberapa tahun belakangan mengalami tumpeng tindih.

Hal ini dilihat dari perkembangan teknologi yang makin canggih seperti munculnya smartphone, gadget, tablet hingga Internet of Things. Omnichannel sendiri tidak mengubah sifat dasar yang dimiliki oleh Multichannel.

Justru Omnichannel memurnikan Multichannel. Jika Multichannel menggabungkan saluran diskrit dengan saluran mereka, maka Omnichannel bertujuan menciptakan pengalaman terpadu dan konsisten bagi pelanggannya.
Secara umum, perbedaan antara Omnichannel dan Multichannel dapat dilihat dari beberapa point seperti.

  • Omnichannel saling terintegrasi sedangkan tidak saling terintegrasi
  • Pada Omnichannel lebih berfokus pada costumer journey yang sama melalui banyak channel, kualitas pesan dan channel lebih dipentingkan
  • Multichannel lebih memanfaatkan channel sebanyak-banyaknya, sedangkan kuantitas channel yang digunakan lebih penting
  • Omnichannel lebih konsisten menyampaikan pesan dan image brand tidak peduli melalui channel manapun
  • Sedangkan Multichannel memastikan bahwa bisnis telah ada atau lebih memanfaatkan banyak channel
  • Omnichannel melibatkan data untuk membangun customer journey yang lebih baik
  • Multichannel lebih mempertimbangan banyak channel dimana kemungkinan pelanggan berada

Tips Memulai Omnichannel Dalam Bisnis

Tips Memulai Omnichannel

Dalam melakukan bisnis, sebuah perusahaan atau pebisnis membutuhkan suatu platform yang bisa memuaskan konsumen atau pelanggannya. Omnichannel yang bisa mengintegrasikan semua channel dalam satu produk bisa membuat konsumen dan perusahaan memperoleh kepuasan yang sama. Nah dalam bisnis, berikut tips untuk memulai Omnichannel.

  1. Memahami Costumer Journey
    Tips pertama dalam menerapkan Omnichannel dalam bisnis adalah dengan memahami costumer journey atau pengalaman pelanggan. Hal ini penting dilakukan sebelum memulai Omnichannel. Pebisnis harus paham kebiasaan berbelanja pelanggan mulai dari awal sampai akhir pada kegiatan belanja online maupun offline.
    Pengalaman belanja pelanggan harus diutamakan karena akan memberikan kesan yang baik pada pelanggan. Mereka akan dengan senang hati berbelanja di tempat anda jika pelayanan yang diberikan mampu memberikan kepuasan yang nyata.
  2. Pemilihan Teknologi yang Tepat
    Tips kedua dalam menjalankan bisnis dengan Omnichannel adalah pemilihan teknologi yang tepat. Pemilihan teknologi ini harus sesuai dengan kebutuhan dan pilihan berbelanja pelanggan. Misalnya seorang pebisnis sekedar membuat facebook page untuk berbisnis karena melihat banyak orang yang menggunakan facebook untuk berbisnis.
    Hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan. Meskipun pemasaran melalui facebook juga baik, namun jika hanya meniru orang lain tanpa ada tujuan yang jelas maka sama halnya kita tidak memiliki target yang ingin dicapai. Teknologi pemasaran ini harusnya bertujuan untuk memasarkan produk dan bisa memenuhi kebutuhan belanja para pelanggan.
  3. Mengintegrasikan Semua Teknologi
    Tips terakhir dalam menjalankan bisnis dengan Omnichannel adalah dengan mengintergrasikan semua pilihan teknologi yang ada. Pilihan teknologi ini dapat berupa teknologi yang berbasis internet maupun teknologi tatap muka atau offline. Semua teknologi ini dipadukan menjadi satu data tunggal yang tidak dapat dipisahkan.
    Melalui integrasi channel ini, pelanggan akan memperoleh pengalaman berbelanja yang tidak ada habisnya baik secara online maupun offline. Pengalaman berbelanja pelanggan tentu menjadi sebuah tolak ukur keberhasilan bisnis yang dijalankan.

Nah itulah ulasan mengenai Multichannel dan Omnichannel yang dibahas kali ini. Omnichannel adalah pengembangan dari Multichannel, namun perbedaan dari keduanya sangat terlihat khususnya dalam hal integrase channel. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.

MariaDB Adalah? Mengenal MariaDB & Bedanya dengan MySQL

0
mariadb adalah

Mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang salah satu database besar yaitu MariaDB. MariaDB adalah sebuah system manajemen database yang merupakan hasil pengembangan dari database sebelumnya yaitu MySQL. Pada arikel kali ini, kita akan mencoba mengulas tentang apa itu MariaDB dan Bedanya dengan MySQL.

MariaDB adalah – Database Pengganti MySQL

Database Pengganti MySQL

Seperti yang dijelaskan di atas, MariaDB adalah sebuah system manajemen database yang merupakan hasil pengembangan dari database sebelumnya yaitu MySQL. Awalnya MariaDB dikembangkan oleh komunitas pengembang yang juga pernah berkontribusi dalam pengembangan database MySQL. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah kenapa para pengembang ini membangun MariaDB? Salah satu alasan yang melatarbelakangi pembentukan MariaDB adalah karena MySQL sudah di ambil alih oleh Oracle. Dengan adanya pengakuan ini, maka MySQL menjadi produk yang berlisensi dan akan menjadi produk komersil nantinya.
Hal ini jugalah yang menyebabkan MySQL tidak leluasa lagi dalam pengembangan produknya. Ini menyebabkan pengembangan MySQL sebelumnya terhenti dan membuat produk baru yaitu MariaDB. Seperti MySQL, MariaDB masih mempertahankan kompatibilitas dan API seperti produknya sebelumnya. XtraDB pada MariaDB menjadi penyimpanan baru yang berkapasitas besar.

Pengembangan MariaDB dipegang oleh Michael “Monty” Wildenius yang juga merupakan pengembang dari MySQL AB dan Moty Program AB. Setelah megambil alih MySQL, Michael membangun system manajemen database terbaru yang diberi nama MariaDB. Penamaan system manajemen ini terinspirasi dari anak Michael yang bernama Maria, sama seperti penamaan MySQL yang juga anak Michael yaitu My.

Penomoran Versi MariaDB

Penomoran Versi MariaDB

Pada awalnya, Maria DB pada penomoran versinya mengikuti skema penomoran pada system sebelumnya yaitu MySQL dengan nomor 5.5. Setelah versi 5.5 diluncurkan, founder MariaDB memutuskan untuk melangkah lebih jauh dalam pemberian versi database mereka. Tidak tanggung – tanggung, MariaDB bahkan memberi nomor 10 untuk versi terbaru mereka. Bukan hanya penomoran versinya saja yang melambung jauh, fitur – fitur major juga dibuat dalam database MariaDB. Hingga saat ini, MariaDB memberikan performa terbaik mereka pada MariaDB versi 10.1 yang sudah stabil dalam penggunaannya. API dan protocol yang dimiliki MariaDB adalah sama bekerja seperti API dan protocol pada MySQL. Bukan hanya itu, MariaDB juga menambahkan fitur – fitur yang sudah mendukung native operasi non-blocking dan pelaporan progress yang semakin ditingkatkan performanya. Hal ini berarti semua connector, aplikasi, dan library pada MySQL juga bisa bekerja pada MariaDB.

Tools Klien Pada MariaDB

Pada system manajemen database diperlukan tools atau fitur – fitur yang dapat menunjang kinerja dari sebuah program. Sama seperti system manajemen database lainnya, MariaDB juga memiliki beberapa tools yang mampu bekerja sama dengannya. Berikut akan diulas mengenai tools klien pada MariaDB.

Database Workbench

Tools klien pada MariaDB yang pertama adalah Database Workbench. Database Workbench merupakan sebuah aplikasi yang digunakan dalam pengembangan dan administrasi database rasional pada MariaDB beserta database yang lain. Aplikasi ini bisa bekerja dengan baik pada database yang berbeda sekalipun.

DBEdit

Tools klien pada MariaDB selanjutnya adalah DBEdit. Sama seperti Database Workbench, DBEdit juga merupakan sebuah aplikasi yang digunakan dalam MariaDB. DBEdit adalah aplikasi administrasi dan manajemen database yang dimiliki oleh MariaDB dan beberapa database lain.

HeidiSQL

Tools klien yang ketiga adalah HeidiSQL. Fitur yang satu ini juga merupakan sebuah aplikasi yang bersifat open source atau bebas digunakan untuk system operasi pada windows. Meskipun namanya memiliki kata SQL, aplikasi ini juga ternyata mendukung system manajemen MariaDB. Fitur-fitur yang diberikan pun lebih spesifik seperti fitur Virtual Column.

Navicat

Tools klien pada MariaDB adalah yang keempat adalah Navicat. Fitur ini tidak hanya bisa digunakan pada MariaDB, namun juga bisa digunakan oleh berbagai manajemen database yang lain. Aplikasi Navicat sendiri merupakan aplikasi yang sudah cross-platform dengan proprietary yang sudah diakui.

PhpMyAdmin

Tools klien pada MariaDB yang kelima adalah phpMyAdmin. Sama seperti fitur atau tools – tools sebelumnya, phpMyAdmin juga merupakan sebuah software. Aplikasi ini merupakan aplikasi administrasi dan manajemen database yang berbasis web. Meskipun biasa digunakan untuk MySQL, aplikasi ini juga bisa dioperasikan pada MariaDB.

SQLyog

Tools klien terakhir yang dimiliki MariaDB adalah SQLyog. Software atau aplikasi ini merupakan software administrasi dan manajemen untuk system operasi Windows dan Linux. Untuk itu, tools yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang menggunakan system operasi Windows dan Linux.

Apa Itu MySQL?

Apa Itu MySQL

Sebelum dikembangkan menjadi MariaDB, MySQL dulunya merupakan system manajemen terbaik di kelasnya. MySQL sendiri merupakan system manajemen database model rasional dan open source pada software RDBMS. System ini digunakan dalam pengolahan sebuah data. Pengguna dapat dengan bebas menginstall dan menggunakan aplikasi yang satu ini. Selain itu, sifat Client server Model pada MySQL membuat penggunanya dapat mengakses berbagai data. Namun untuk bisa mengakses data, computer harus terkoneksi terlebih dahulu dengan server RDBMS. Aplikasi sekelas Google, Yahoo, Facebook, YouTube, dan Twitter memanfaatkan MySQL untuk menyimpan data.

Pada awalnya system manajemen database ini dibuat untuk penggunaan terbatas saja. Namun seiring perkembangannya, MySQL sudah bisa di akses menggunakan berbagai platform computing. Mulai dari macOS, Microsoft Windows, Linux hingga Ubuntu bisa menggunakan system manajemen yang satu ini.

Perbedaan MariaDB dan MySQL

Perbedaan

Bagi kalian yang bergelut dengan dunia computing pasti sudah tidak asing dengan kedua system manajemen database di atas. Kedua system manajemen database tersebut sebenarnya memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Apa yang dimiliki oleh MySQL hampir semua juga dimiliki oleh MariaDB. Fitur–fitur pada MySQL juga ada di MariaDB. Hal ini karena memang dari awal MariaDB sendiri merupakan pengembangan dari MySQL yang artinya versi terbaru. Selain itu, interface pada MySQL dan MariaDB juga mirip. Mesin API compatible yang memungkinkan system database ini bisa terhubung dan bekerja dengan semua connector, software dan library. Meskipun hampir mirip, ada beberapa hal yang membedakan kedua system manajemen database ini. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari klaim pengguna yang sudah menggunakan system manajemen database MySQL maupun MariaDB. Perbedaan – perbedaan tersebut seperti

  • MariaDB lebih cepat daripada MySQL
  • System manajemen database MariaDB memasukkan semua engine open source yang sudah populer dan mengganti InnoDB milik MySQL dengan XtraDB
  • Ada beberapa ekstensi open source baru yang ada di MariaMD dan tidak dimiliki oleh MySQL
  • Pada MariaDB terdapat beragam fitur yang berguna untuk penggunanya
  • MariaDB full free (open source) yang artinya bebas diinstal, digunakan, dan dimodifikasi oleh penggunanya, sedangkan MySQL masih bersifat premium. Hal ini berarti My SQL membatasi penggunanya dalam menggunakan beberapa fitur dan memberlakukan biaya pembayaran untuk beberapa fitur yang ingin digunakan.

Nah itulah ulasan mengenai MySQL dan MariaMD yang dibahas pada artikel kali ini. Karena MariaDB adalah pengembangan dari system sebelumnya yaitu MySQL maka tidak begitu banyak hal yang membedakan keduanya. Terlepas dari itu, tetap saja ada beberapa hal yang membedakan. Kalian bisa memilih salah satu database ini sesuai kebutuhan saja.
[application-about]

4 Cara Membuat Katalog Online paling Mudah

0
cara-membuat-katalog-online

Jika Anda memiliki bisnis yang sedang dijalankan, pastinya Anda memiliki berbagai macam strategi promosi dan pemasaran. Apabila itu toko offline, salah satu strategi yang paling jitu adalah memiliki katalog. Tetapi bagaimana jika Anda memiliki toko online? Tentunya katalog online adalah salah strategi jitu yang dapat Anda lakukan juga.

Dalam katalog online memuat informasi berharga mengenai gambar dan jenis produk, harga produk, keunggulan produk, serta informasi lainnya. Jika katalog online yang Anda miliki memang memiliki daya tarik, maka tentunya akan memberikan dampak terhadap brand awareness, tingkat kepercayaan terhadap produk atau layanan, dan pada akhirnya tingkat penghasilan bisnis milik Anda.

Dikarenakan pentingnya katalog online ini, maka tidak ada salahnya jika Anda mempelajari cara membuat katalog online sebagai salah satu strategi promosi dan pemasaran produk dari brand  milik Anda.

Empat Cara Membuat Katalog Online

cara-membuat-catalog-online

Cara membuat katalog online sebenarnya sangatlah mudah. Yang Anda perlukan hanyalah kamera DSLR yang canggih untuk dapat menghasilkan foto yang bagus dan tajam. Tetapi jika Anda hanya ingin menggunakan kamera biasa pun juga bisa, asalkan kamera milik Anda adalah kamera berpiksel tinggi. Sebab gambar yang bagus dan menarik adalah daya tarik utama dari sebuah katalog online.

Membuat aplikasi online shop yang mudah digunakan untuk promosi dan menjual produk.

Untuk menghasilkan katalog online ini Anda juga membutuhkan hal lainnya, seperti tools dan template khusus katalog online. Jika Anda dapat mengkombinasikan penggunaan berbagai peralatan yang sudah dipaparkan sebelumnya, seperti kamera, tools dalam situs online, dan template khusus katalog online, maka Anda dapat segera mengaplikasikan cara membuat katalog online ini.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara membuat katalog online untuk Anda! Dimulai dengan cara membuat katalog online melalui perangkat komputer atau laptop, kemudian melalui smartphone.

Ambil Gambar yang Menarik

Cara membuat katalog online diawali dengan mengambil gambar yang bagus, menarik dan super tajam. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut maka Anda memerlukan kamera dengan fitur-fitur yang canggih, sebagai contoh kamera DSLR.

Tetapi ada cara-cara lain yang dapat Anda lakukan, seperti memiliki kamera ponsel dengan pixel tinggi dan mengambil gambar di tempat dengan berpencahayaan bagus dan memiliki background yang menarik. Atau Anda dapat juga menyewa jasa fotografer yang handal untuk melakukan hal ini.

Selain itu, Anda perlu mempersiapkan informasi lain seperti harga produk, harga diskon, model, ukuran, dan sebagainya. Selain itu Anda pun dapat menyertakan juga daftar keunggulan produk Anda, informasi mengenai brand milik Anda, daftar pelanggan, hingga testimoni dari pelanggan Anda.

Semua foto dan informasi penting lainnya tentunya akan membantu pelanggan-pelanggan Anda dapat mendapatkan keputusan yang tepat berdasarkan informasi-informasi yang Anda berikan.

Tips: Jika Anda memiliki budget terbatas dan keahlian di bidang fotografi juga minim, Anda dapat mengatur kamera Anda untuk menghasilkan gambar dengan resolusi tertinggi. Saat mengatur produk sebagai objek untuk katalog online Anda, maka sangat disarankan untuk mengaturnya secara individu, bukan secara kelompok. Kemudian atur di tempat dengan latar yang bagus, dan jangan lupa lakukan pengeditan foto sesuai yang Anda inginkan.

Gunakan Software Online

Cara membuat katalog online yang kedua adalah menyusun desain katalog yang menarik dan sesuai dengan konsep e-commerce milik Anda. Untuk menyusun katalog online, Anda membutuhkan situs online yang memiliki tools yang tentunya dapat memberikan manfaat tersebut kepada Anda.

Tools dalam situs online tersebut juga dapat meng-konversi file PDF yang sudah Anda siapkan untuk menjadi sebuah katalog. Contoh dari situs online yang dapat bermanfaat untuk Anda adalah AnyFlip, Publitas, Flipsnack dan FlipHTML5. Situs online tersebut dapat membantu Anda untuk menciptakan desain katalog online yang eye-catching.

Perhatikan Desain Katalog Anda

Langkah selanjutnya adalah Anda juga perlu memperhatikan desain katalog online milik Anda demi aspek estetika, tidak hanya memasukkan gambar dan teks saja. Desain yang bagus dapat membuat pelanggan Anda merasa nyaman saat mempelajari produk milik Anda dan pada akhirnya dapat tertarik untuk membeli produk milik Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan sistem navigasi atau pun aspek-aspek lainnya yang dapat memudahkan pelanggan Anda untuk mempelajari informasi produk milik Anda.

Melihat Referensi Katalog Online

Saat Anda akan menyempurnakan cara membuat katalog online milik Anda sesuai dengan desain yang Anda inginkan, maka langkah terpenting adalah melihat referensi katalog online.

Anda dapat mendesainnya dengan berdasarkan referensi dari katalog online tertentu seperti Topshop, Simo Collective dan Lazy Oaf. Fungsinya adalah untuk memberikan gambaran mengenai desain katalog yang Anda inginkan untuk produk-produk yang Anda pasarkan.

Bagaimana? Cara membuat katalog online untuk Anda tentunya sangat mudah, bukan? Tidak hanya mudah, tetapi juga dapat mengasah kreatifitas Anda melalui situs online yang Anda gunakan untuk mendesain katalog online yang Anda lihat.

Anda pun dapat membuat katalog online dengan menggunakan smartphone Anda, tepatnya adalah dengan menggunakan aplikasi Quick Sell. Adapun cara membuat katalog online dengan memanfaatkan smartphone Anda adalah sebagai berikut.

  1. Download dan install aplikasi Quick Sell di smartphone Anda
  2. Anda dapat mengakses aplikasi Quick Sell dengan menggunakan akun Google atau Facebook milik Anda. Anda akan diminta untuk memasukkan nama brand milik Anda, jenis currency, serta nomor telepon untuk verifikasi.
  3. Anda akan diminta untuk memilih apakah Anda seorang reseller atau distributor, atau mungkin posisi lainnya. Lalu Anda harus memasukkan foto produk dari brand milik Anda dengan menggunakan menu Open Gallery.
  4. Setelah Anda memasukkan foto produk brand Anda maka selanjutnya click foto produk Anda kemudian tambahkan keterangan produk seperti model, harga, warna, atribut pelengkap, atau keterangan lainnya.
  5. Jika sudah selesai, click simbol checklist di bagian pojok kanan atas, lalu pilih share catalogue untuk memulai membagikan katalog online produk milik brand Anda.

Manfaat Katalog Online

cara-membuat-katalog-online

Manfaat menggunakan katalog online adalah Anda dapat menunjukkan seluruh produk milik Anda dengan cara yang lebih menarik, eksklusif dan tentunya juga lebih canggih. Mengapa lebih canggih? Dikarenakan calon pelanggan Anda dapat mengakses-nya melalui berbagai macam perangkat, seperti Personal Computer (PC), laptop, ataupun smartphone, tentunya dengan memanfaatkan jaringan internet.

Selain itu, Anda dapat juga langsung memberikan update terbaru produk Anda kepada pelanggan Anda dengan mudah. Dikarenakan menggunakan internet maka jangkauan customer pun pastinya lebih luas dan hal ini tentunya akan sangat berguna untuk ekspansi bisnis Anda juga. Selain itu akan lebih murah dalam hal biaya periklanan.

Jadi, strategi pemasaran dan promosi Anda tidak hanya menggunakan media iklan seperti Twitter Ads dan Instagram Ads atau media-media promosi lainnya, tapi dapat lebih bervariasi dan menarik. Hal ini akan berpengaruh juga pada tingkat kepercayaan pelanggan kepada produk milik Anda dan pada akhirnya juga kepada tingkat penghasilan bisnis Anda.

Demikian informasi mengenai empat cara membuat katalog online yang dapat Anda aplikasikan. Tentunya dengan menggunakan katalog online Anda dapat langsung memperkenalkan produk milik brand Anda lebih baik lagi, menarik perhatian pelanggan dan meraih penghasilan yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

8 Bisnis Online yang Laris Manis di Indonesia Saat Ini

0
bisnis online

Bisnis online adalah salah satu peluang bisnis yang paling banyak diminati saat ini. Tentunya dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti faktor permodalan. Bisnis jenis ini hampir tidak perlu mengeluarkan modal sepeser pun. Kemudian, kemudahan dalam memantau bisnis milik Anda hingga dapat membagikan konten-konten menarik yang Anda pun menyukainya juga.

Namun tidak semua jenis bisnis berbasis online yang Anda pilih untuk ditekuni dapat berkembang dengan pesat seperti yang Anda harapkan. Oleh karena itu, Anda harus dapat memilih salah satu atau beberapa bisnis online yang laris di pasaran. Bisnis yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang Anda miliki, demi mendapatkan penghasilan menggiurkan yang Anda harapkan.

8 Jenis Bisnis Online yang Laris Manis di Pasaran

online business, bisnis online

Jika Anda memutuskan untuk memilih salah satu bisnis berbasis online yang laris berikut ini, maka Anda hanya perlu memiliki laptop atau Personal Computer (PC) yang terhubung dengan jaringan internet. Berikut ini akan dipaparkan delapan bisnis online yang laris di pasar Indonesia saat ini.

Bisnis Online di Bidang Fashion

bisnis online

Bisnis berbasis online di bidang fashion adalah salah satu bisnis online yang laris. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lainnya. Hal ini karena, dengan menggunakan jaringan internet, target pasar Anda dapat ditujukan kepada siapapun di seluruh belahan dunia. Selain itu, berbagai jenis fashion yang ada dapat Anda kuasai semua atau pilih salah satu untuk fokus Anda.

Keuntungan lainnya adalah karena dijalankan secara online maka Anda tidak perlu menyewa tempat apalagi sampai mengeluarkan modal yang besar. Anda hanya perlu berjualan melalui social media atau dengan menjadi dropshipper. Dikarenakan kemudahan sekaligus kelebihannya tersebut, maka bisnis berbasis online di bidang fashion dapat digolongkan sebagai bisnis online yang laris.

Reseller atau Dropshipper

bisnis online

Reseller adalah salah satu bisnis online yang dapat Anda pilih jika tertarik untuk menjual kembali produk dari salah satu atau beberapa supplier. Dropshipper adalah orang yang menjual produk atau layanan milik satu atau beberapa supplier.

Dropshipper menjual barang dengan mengatas namakan milik toko online sendiri melalui akun pribadinya. Kedua jenis bisnis ini tentunya membuat Anda harus menentukan mark up harga untuk dapat menghasilkan keuntungan.

Bagaimana cara kerja dari dropshipper? Apabila Anda lebih tertarik untuk menjadi seorang dropshipper, Anda hanya perlu memiliki akun sosial media dan membuka toko online sendiri. Kemudian bekerja sama dengan satu atau beberapa supplier untuk memasarkan produk atau layanannya.

Anda akan menghasilkan keuntungan dari mark up harga. Kemudian, saat menerima pesanan, Anda hanya perlu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier Anda. Supplier Anda akan mengurus seluruh proses pemesananan, pembayaran hingga pengiriman barang ke konsumen, namun tetap menggunakan nama toko online Anda.

Influencer

bisnis online

Profesi sebagai influencer adalah salah satu bisnis online yang laris dan tentunya menjanjikan. Tetapi apakah yang dimaksud dengan influencer? Dapat dikatakan influencer adalah orang yang populer lewat perfilman, politik atau kegiatan sosial lainnya.

Seiring berjalannya waktu, siapapun kini dapat menjadi influencer, bahkan Anda pun dapat menjadi seorang influencer asal dapat memberikan pengaruh yang positif melalui konten-konten menarik dan bermanfaat di sosial media milik Anda.

Pada akhirnya, Anda dapat memiliki banyak followers yang akan memberikan apresiasi seperti like atau comment.  Ketika sudah menjadi seorang influencer, Anda dapat menjual jasa endorsement dengan tarif yang dapat Anda tentukan sendiri.

Youtuber

bisnis online

Menjadi seorang Youtuber tentunya dapat menjadi peluang bisnis berbasis online yang menjanjikan. Sebab melalui ide-ide kreatif yang Anda bagikan melalui video-video di Youtube, Anda dapat mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta per bulan. Ada banyak cara jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Youtuber, yaitu dengan memberikan pelatihan dan seminar berbayar atau dengan membagikan konten-konten menarik lainnya.

Kuncinya adalah dengan membagikan video-video yang berkualitas yang dapat menarik banyak subscriber dan viewer ke akun channel Youtube milik Anda. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan iklan adsense yang link-nya dapat Anda pasang di channel Youtube Anda.

Blogger

Blogger adalah bisnis berbasis online yang sangat cocok untuk Anda jika Anda gemar menulis. Blog memfasilitasi hobi Anda untuk membuat berbagai macam tulisan yang unik, menarik, bermanfaat, dengan tema apapun yang Anda inginkan. Mulai dari travelling, kuliner, teknologi, hingga politik. Melalui tulisan-tulisan tersebut Anda dapat menarik minat banyak orang untuk terus berkunjung ke blog milik Anda.

Jika blog milik Anda semakin berkembang, seperti memperoleh minat dan trafik yang bagus, maka Anda dapat bekerja sama dengan Google Adsense untuk mendapatkan passive income.

Freelance Writer

Masih sama dengan sebelumnya, jika Anda memiliki hobi di bidang tulis menulis, Anda dapat menjadi seorang penulis artikel SEO, copywriter, atau penulis konten tertentu. Anda hanya perlu memiliki modal berupa laptop atau Personal Computer (PC) dan tentunya juga jaringan internet.

Cukup dengan menggunakan kemampuan menulis Anda yang bagus serta keinginan mencari job-job freelance di website-website tertentu seperti Freelance Indonesia, sekalipun Anda belum memiliki client, Anda tetap dapat berpenghasilan juga.

Jasa Titip

Jasa titip adalah salah satu terobosan terbaru dalam dunia bisnis berbasis online tanpa modal, dimana Anda hanya perlu menawarkan jasa titip belanja. Anda bisa menaikkan harga atas barang yang diinginkan oleh pembeli Anda, atau meminta komisi atas jasa yang Anda tawarkan.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis jasa titip milik Anda adalah mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan di kota atau negara tempat Anda berada atau kunjungi, lalu memfoto barang-barang yang Anda pikir menarik, kemudian meng-upload-nya ke sosial media.

Bagaimana? Mudah kan? Bisnis jastip ini dapat menghasilkan keuntungan melimpah untuk Anda jika Anda sedang berada di luar negeri atau luar kota. Hal tersebut karena ada banyak orang yang menginginkan barang dari kota atau negara yang Anda kunjungi.

Vlogger

Profesi vlogger adalah salah satu bisnis online yang dapat Anda tekuni. Jika ditekuni dengan baik, maka Anda dapat mengantongi dua digit dalam satu bulan, hanya dengan sebuah konten video. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang vlogger, Anda harus membuat berbagai macam video dengan tema yang Anda inginkan, seperti kuliner, travelling, kehidupan pribadi dan tema-tema lainnya.

Anda hanya perlu memiliki kamera dengan tingkat resolusi yang bagus, meskipun banyak juga vlogger saat ini memanfaatkan kamera dari ponsel saja. Selain itu, sebuah laptop atau Personal Computer (PC) untuk mengedit video dan meng-upload-nya ke channel Youtube pribadinya atau platform lainnya adalah modal penting lainnya.

Keuntungan dari menjadi vlogger adalah sama seperti influencer, yaitu Anda dapat menawarkan jasa endorse untuk produk atau layanan brand dimana Anda melakukan kerja sama.

Demikian informasi menarik mengenai delapan jenis bisnis online yang laris di Indonesia dan tentunya dapat Anda pilih untuk tekuni juga. Apapun jenis bisnis berbasis online yang Anda tekuni, Anda pasti dapat menghasilkan penghasilan yang besar asalkan Anda menikmatinya dan bersedia untuk bekerja keras.

6 Aplikasi Desain Stiker Mobil Terbaik Untuk Android

0
aplikasi desain stiker mobil

 

Anda ingin mempercantik mobil Anda agar mobil Anda tampak lebih menarik? Mobil yang tampak berbeda dengan desain stiker mobil yang elegan dan keren bisa membuat si pemilik mobil bangga. Namun, tentu saja biaya yang dikeluarkan biasanya relatif mahal untuk memiliki desain stiker mobil yang tidak pasaran. Apalagi jika Anda tidak memiliki ide untuk desain stiker mobil Anda dan harus membayar lebih mahal untuk membuat sebuah konsep atau contoh bentuk stikernya. Lalu, apakah ada cara yang mudah untuk bisa mendesain stiker mobil sendiri? Jawabannya tentu saja. Anda bisa mencari aplikasi desain stiker mobil agar Anda bisa mengkonsep desain sesuai keinginan Anda tanpa harus membayar biata lebih mahal. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa aplikasi desain stiker mobil yang mudah digunakan untuk membuat banyak kreasi desain stiker yang menarik. Coba sekarang!

Desain stiker mobil dapat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan juga sangat bervariasi dalam warna dan desain. Desain stiker mobil sangat banyak digunakan saat dibutuhkan benda dengan kata atau ide. Stiker dapat juga biasanya dapat berupa produk untuk label produk perusahaan tertentu. Mereka juga dapat digunakan untuk menggambarkan karakteristik produk.

Aplikasi Desain Stiker Mobil untuk Mempermudah Anda

test

Ragam aplikasi desain stiker mobil tersedia di pasaran. Ini tersedia dalam berbagai jenis termasuk decal, custom, grafik dan stiker pelapis vinyl. Semua terserah dari si pemilik mobil yang mana yang ia inginkan dan di mana ia ingin tempatkan. Oleh karena itu, aplikasi desain stiker mobil terbaik bisa menjadi pilihan untuk Anda mendapatkan beberapa desain yang sesuai dengan pilihan Anda. Aplikasi desain stiker mobil juga bisa dibuat tergantung pada jenis stiker yang Anda inginkan pada mobil. Lebih mudah dengan desain yang beragam. Anda bisa memilih desain stiker mobil terbaik untuk mendapatkan gambaran tentang jenis stiker mobil apa yang cocok untuk mobil Anda.

Bagi Anda yang ingin membuat desain stiker mobil yang keren, kami sarankan menggunakan aplikasi desain stiker mobil untuk mencoba dan memilih berbagai ide dan inspirasi yang dapat Anda arahkan dan terapkan. Aplikasi ini dapat membantu Anda mewujudkan desain stiker mobil yang Anda impikan. Akan ada banyak koleksi ide desain stiker mobil untuk Anda!

Aplikasi Desain Stiker Mobil Mempercantik Tampilan Mobil Anda

Aplikasi Desain Stiker

Cutting stiker bisa menjadi salah satu cara untuk mempercantik tampilan eksterior atau eksterior mobil. Banyak pecinta otomotif yang menggunakan stiker sebagai salah satu cara melakukan variasi pada mobil. Tentunya kita akan merasa bosan dengan tampilan mobil yang terlihat biasa. Stiker dapat memberi sedikit sentuhan pada tampilan mobil. Di sini desain stiker mobil berperan sangat penting dalam meningkatkan kesan mentereng pada mobil. Anda bisa membuat desain mobil sesuai dengan yang diinginkan, seperti membuat mobil yang terlihat sporty, elegan, Japanese Style, atau bahkan yang lebih ekstrem. Cutting stiker dapat membantu Anda untuk mewujudkannya. Ini bisa menjadi tambahan selain faktor-faktor lain yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja dan penampilan mobil, seperti mengganti roda bawaan dengan roda lain yang lebih besar, mengganti ban balap yang lebih tipis, penambahan body kit, spoiler.

Untuk membuat stiker pemotongan mobil, diperlukan ketepatan dalam pemilihan desain yang sesuai dengan jenis mobil Anda. Karena bisa jadi stiker yang terlihat bagus di mobil lain ternyata setelah dipasang di mobil Anda akan terlihat jelek. Ini bisa jadi karena desain mobil dan dimensi mobil yang berbeda.

Berikut Beberapa Aplikasi Desain Stiker Mobil Terbaik untuk Android

Stiker Mobil Terbaik untuk Android

Car Sticker Design by fashionapps

Car Sticker Design by fashionapps menyediakan aplikasi desain stiker mobil yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan ide dan inspirasi sebelum membuat stiker mobil dan Anda dapat menerapkannya. Aplikasi yang user friendly, kualitas gambar tinggi, dapat menyimpan semua gambar ke sdcard, dapat membagikan semua gambar ke media sosial, dapat mengatur semua gambar sebagai wallpaper, mudah digunakan, dan memiliki opsi zoom-in dan zoom-out.
Latest Version: 1.2
Publish Date: 09-09-2019
Requirements: Android 4.1+

Car Sticker Design by salwadeveloper

Mungkin sulit bagi Anda untuk menentukan modif yang tepat untuk mobil yang Anda miliki. Terutama jika Anda tidak memiliki jiwa seni. Dengan Car Sticker Design by salwadeveloper, Anda tidak perlu repot mendesain bentuk eksterior mobil Anda sendiri.
Latest Version: 8.0
Publish Date: 22-09-2019
Requirements: Android 4.0.3+

Car sticker cutting design 2019 by HRN Studios

Temukan desain stiker mobil Anda di sini. Ada banyak kategori desain stiker mobil, katalog produk stiker mobil, desain stiker mobil minimalis, gambar stiker mobil keren, stiker mobil sedan keren, dan lain sebagainya.
Latest Version: 1.0.3
Publish Date: 06-06-2019
Requirements: Android 2.3.2+

Car Sticker Design Idea by Winda App Studio

Winda App Studio

Memiliki 101 desain stiker mobil keren, unik dan baru. Dalam aplikasi desain stiker mobil ini, Anda dapat melihat berbagai stiker mobil dengan desain yang keren, unik dan tentunya berbeda. Anda juga bisa simpan, bagikan, atau terapkan sebagai wallpaper di smartphone Anda.
Latest Version: 1.0
Publish Date: 04-12-2017
Requirements: Android 4.1+

Car Sticker Design by raisaquratu

Dalam menggunakan mobil, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan apakah kendaraan Anda cukup menarik dan elegan. Karena dengan penampilan kendaraan yang elegan Anda harus mendesainnya dengan baik. Dengan aplikasi desain stiker mobil yang ditawarkan oleh Car Sticker Design by raisaquratu ini, menyediakan banyak desain untuk membuat kendaraan Anda lebih keren dan terlihat lebih elegan. Akan ada banyak inspirasi yang akan Anda dapatkan sehingga Anda tidak perlu repot untuk memilih desain mana yang terbaik untuk kendaraan Anda.
Latest Version: 7.0
Publish Date: 13-12-2019
Requirements: Android 2.3.2+

Design Car Sticker Cutting by Rasidin Napi Studio

car design

Aplikasi desain stiker mobil dari developer ini memiliki kualitas full HD, desain yang bagus dan antarmuka pengguna yang intuitif, kecepatan aplikasi yang tinggi, beberapa kategori opsi yang dapat Anda nikmati kapan saja, tidak perlu internet, desain sederhana dan mudah digunakan, dan masih banyak lagi.
Latest Version: 1.0
Publish Date: 02-10-2018
Requirements: Android 2.3.2+

Tips yang Perlu Diperhatikan Setelah Menggunakan Aplikasi Desain Stiker Mobil

Jika Anda memiliki konsep desain yang menggunakan permainan gradasi warna bahkan foto, sebaiknya Anda menggunakan bahan stiker jenis Ritrama. Bahan stiker ini mempunyai pereka. Dan kelebihannya adalah memiliki permukaan dengan warna dasar putih. Ini akan mempermudah Anda untuk mencetaknya. Daya tahannya juga lumayan lama, sekitar 1 tahun atau bahkan lebih.

Berbeda lagi jika Anda ingin menggunakan konsep desain stiker mobil dengan stripping. Anda cukup menggunakan stiker berbahan Oracal. Stiker berbahan Oracal ini memiliki daya tahan yang cukup lama dibanding stiker yang berbahan Ritrama. Jenis stiker Oracal ini memiliki dua karakter, glossy (kilat) dan doff (kabut). Untuk desain stripping umumnya tidak di print melainkan dengan menggunakan mesin cutting stiker untuk membuat vector-vector yang menarik.
[application-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!