Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 117

Omnichannel Adalah? Perbedaannya dengan Multichannel

0
omnichannel

Pasti banyak orang yang masih mempertanyakan apa itu Omnichannel. Omnichannel berasal dari kata Omnis yang artinya universal, semua atau umum. Omnichannel adalah perkembangan dari Multichannel. Nah pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih jauh mengenai Omnichannel dan Multichannel serta perbedaan keduanya.

Apa Itu Omnichannel?

Apa Itu Omnichannel

Omnichannel adalah pengembangan selanjutnya dari Multichannel, namun Omnichannel memiliki jangkauan yang lebih luas. Selain itu, Omnichannel juga sudah diperbarui secara real time kepada pengguna tidak seperti Multichannel. Omnichannel juga merupakan strategi yang digunakan oleh sebuah organisasi melalui lintas saluran yang meningkatkan customer journey.

Dalam dunia pemasaran, Omnichannel adalah lebih memfokuskan diri pada bagaimana pelanggan bisa mendapatkan sebuah pengalaman. Pengalaman tersebut merupakan pengalaman yang komprehensif dan konsisten di berbagai channel baik online maupun offline. Biasanya saat pengguna memutuskan ingin membeli, mereka akan mencari informasi tentang produk tersebut.

Pencarian ini dilakukan melalui berbagai channel yang berbeda sehingga mereka yakin dengan produk yang hendak dibeli. Itulah kenapa pengalaman pelanggan dalam kepuasan yang sama itu sangat penting meskipun dengan channel yang berbeda sekalipun.

Alih–alih bekerja parallel, Omnichannel merancang sumber daya pendukung dan saluran komunikasi untuk bekerja sama. Omnichannel juga menuntut adanya integrasi dan pengaturan terhadap saluran sehingga pengalaman pengguna lebih efisien.

Selain itu pelanggan juga diberikan pengalaman yang menyenangkan saat menggunakan Omnichannel daripada saluran tunggal secara terpisah lainnya.

Apa Itu Multichannel?

multichannel

Hampir serupa dengan Omnichannel, Multichannel juga menggunakan banyak channel untuk menarik pelanggan. Pemasaran Multichannel merujuk pada kondisi dimana sebuah perusahaan berhubungan dengan customer melalui berbagai channel, baik online maupun offline.

Melalui channel ini, perusahaan akan menjual produk barang dan jasanya. Multichannel sendiri mengkombinasikan dua praktik pemasaran yaitu inbond dan outbond agar perusahaan bisa menjangkau pelanggan pada channel berbeda.

Melalui strategi ini, proses pembelian akan lebih mudah dikontrol oleh pelanggan dibandingkan pasar offline. Pemasaran ini biasa dilakukan melalui channel seperti email, poster, katalog, papan iklan dan lain sebagainya.

Semakin hari teknologi semakin berkembang. Hal ini juga yang membuat channel pemasaran yang tersedia semakin banyak pula jumlahnya. Kondisi ini membuat pelanggan berpotensi memperluas jangkauannya ke penjualan yang bisa memenuhi apa yang mereka butuhkan. Pelanggan punya banyak alternative dalam memilih dan menemukan produk yang baru.

Oleh karena itu, perusahaan berlomba-lomba memasang iklan di berbagai tempat yang strategis untuk dilirik pelanggan. Multichannel mewakili kemampuan dalam berkomunikasi dengan pelanggan yang berpotensi untuk membeli produk melalui berbagai platform yang berbeda secara individual.

Hal ini menunjukkan bahwa Multichannel lebih memfokuskan diri pada bagian kecil dari Omnichannel adalah seperti iklan cetak, aktivitas ritel, acara promosi dan sebagainya. Sebagian besar perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran megandalkan Multichannel marketing.

Multichannel marketing akan meningkatkan penjualan perusahaan dalam waktu yang cepat. Bahkan perusahaan terkadang membentuk tim khusus untuk sosial media dan email untuk bekerja agar tujuan individu dapat tercapai.

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

perbedaan dari omni dan multi

Multichannel dan Omnichannel adalah kata sifat yang merujuk pada teknologi bisnis atau biasa dikenal dengan pendekatan operasional. Keduanya merupakan saluran komunikasi yang memiliki banyak channel yang menghubungkan antara perusahaan dan pelanggan potensial.

Multichannel yang usianya lebih tua merujuk pada kampanye pemasaran secara offline melalui iklan cetak, radio, televisi, bahkan beberapa panggilan telpon.
Popularitas saluran ini mengalami peningkatan dan penyusutan dalam beberapa waktu. Beberapa orang memperoleh manfaat yang baik namun yang lain tidak.

Hal inilah yang membuat orang – orang mulai beralih menggunakan pesan singkat, lebih sedikit menggunakan iklan radio dan media cetak. Hingga saat itu mulai banyak saluran digital yang bermunculan.

Pertama muncul email, kemudian datang pesan instan, lalu obrolan langsung, hingga media sosial. Peningkatan eksistensi saluran – saluran ini dalam beberapa tahun belakangan mengalami tumpeng tindih.

Hal ini dilihat dari perkembangan teknologi yang makin canggih seperti munculnya smartphone, gadget, tablet hingga Internet of Things. Omnichannel sendiri tidak mengubah sifat dasar yang dimiliki oleh Multichannel.

Justru Omnichannel memurnikan Multichannel. Jika Multichannel menggabungkan saluran diskrit dengan saluran mereka, maka Omnichannel bertujuan menciptakan pengalaman terpadu dan konsisten bagi pelanggannya.
Secara umum, perbedaan antara Omnichannel dan Multichannel dapat dilihat dari beberapa point seperti.

  • Omnichannel saling terintegrasi sedangkan tidak saling terintegrasi
  • Pada Omnichannel lebih berfokus pada costumer journey yang sama melalui banyak channel, kualitas pesan dan channel lebih dipentingkan
  • Multichannel lebih memanfaatkan channel sebanyak-banyaknya, sedangkan kuantitas channel yang digunakan lebih penting
  • Omnichannel lebih konsisten menyampaikan pesan dan image brand tidak peduli melalui channel manapun
  • Sedangkan Multichannel memastikan bahwa bisnis telah ada atau lebih memanfaatkan banyak channel
  • Omnichannel melibatkan data untuk membangun customer journey yang lebih baik
  • Multichannel lebih mempertimbangan banyak channel dimana kemungkinan pelanggan berada

Tips Memulai Omnichannel Dalam Bisnis

Tips Memulai Omnichannel

Dalam melakukan bisnis, sebuah perusahaan atau pebisnis membutuhkan suatu platform yang bisa memuaskan konsumen atau pelanggannya. Omnichannel yang bisa mengintegrasikan semua channel dalam satu produk bisa membuat konsumen dan perusahaan memperoleh kepuasan yang sama. Nah dalam bisnis, berikut tips untuk memulai Omnichannel.

  1. Memahami Costumer Journey
    Tips pertama dalam menerapkan Omnichannel dalam bisnis adalah dengan memahami costumer journey atau pengalaman pelanggan. Hal ini penting dilakukan sebelum memulai Omnichannel. Pebisnis harus paham kebiasaan berbelanja pelanggan mulai dari awal sampai akhir pada kegiatan belanja online maupun offline.
    Pengalaman belanja pelanggan harus diutamakan karena akan memberikan kesan yang baik pada pelanggan. Mereka akan dengan senang hati berbelanja di tempat anda jika pelayanan yang diberikan mampu memberikan kepuasan yang nyata.
  2. Pemilihan Teknologi yang Tepat
    Tips kedua dalam menjalankan bisnis dengan Omnichannel adalah pemilihan teknologi yang tepat. Pemilihan teknologi ini harus sesuai dengan kebutuhan dan pilihan berbelanja pelanggan. Misalnya seorang pebisnis sekedar membuat facebook page untuk berbisnis karena melihat banyak orang yang menggunakan facebook untuk berbisnis.
    Hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan. Meskipun pemasaran melalui facebook juga baik, namun jika hanya meniru orang lain tanpa ada tujuan yang jelas maka sama halnya kita tidak memiliki target yang ingin dicapai. Teknologi pemasaran ini harusnya bertujuan untuk memasarkan produk dan bisa memenuhi kebutuhan belanja para pelanggan.
  3. Mengintegrasikan Semua Teknologi
    Tips terakhir dalam menjalankan bisnis dengan Omnichannel adalah dengan mengintergrasikan semua pilihan teknologi yang ada. Pilihan teknologi ini dapat berupa teknologi yang berbasis internet maupun teknologi tatap muka atau offline. Semua teknologi ini dipadukan menjadi satu data tunggal yang tidak dapat dipisahkan.
    Melalui integrasi channel ini, pelanggan akan memperoleh pengalaman berbelanja yang tidak ada habisnya baik secara online maupun offline. Pengalaman berbelanja pelanggan tentu menjadi sebuah tolak ukur keberhasilan bisnis yang dijalankan.

Nah itulah ulasan mengenai Multichannel dan Omnichannel yang dibahas kali ini. Omnichannel adalah pengembangan dari Multichannel, namun perbedaan dari keduanya sangat terlihat khususnya dalam hal integrase channel. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.

MariaDB Adalah? Mengenal MariaDB & Bedanya dengan MySQL

0
mariadb adalah

Mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang salah satu database besar yaitu MariaDB. MariaDB adalah sebuah system manajemen database yang merupakan hasil pengembangan dari database sebelumnya yaitu MySQL. Pada arikel kali ini, kita akan mencoba mengulas tentang apa itu MariaDB dan Bedanya dengan MySQL.

MariaDB adalah – Database Pengganti MySQL

Database Pengganti MySQL

Seperti yang dijelaskan di atas, MariaDB adalah sebuah system manajemen database yang merupakan hasil pengembangan dari database sebelumnya yaitu MySQL. Awalnya MariaDB dikembangkan oleh komunitas pengembang yang juga pernah berkontribusi dalam pengembangan database MySQL. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah kenapa para pengembang ini membangun MariaDB? Salah satu alasan yang melatarbelakangi pembentukan MariaDB adalah karena MySQL sudah di ambil alih oleh Oracle. Dengan adanya pengakuan ini, maka MySQL menjadi produk yang berlisensi dan akan menjadi produk komersil nantinya.
Hal ini jugalah yang menyebabkan MySQL tidak leluasa lagi dalam pengembangan produknya. Ini menyebabkan pengembangan MySQL sebelumnya terhenti dan membuat produk baru yaitu MariaDB. Seperti MySQL, MariaDB masih mempertahankan kompatibilitas dan API seperti produknya sebelumnya. XtraDB pada MariaDB menjadi penyimpanan baru yang berkapasitas besar.

Pengembangan MariaDB dipegang oleh Michael “Monty” Wildenius yang juga merupakan pengembang dari MySQL AB dan Moty Program AB. Setelah megambil alih MySQL, Michael membangun system manajemen database terbaru yang diberi nama MariaDB. Penamaan system manajemen ini terinspirasi dari anak Michael yang bernama Maria, sama seperti penamaan MySQL yang juga anak Michael yaitu My.

Penomoran Versi MariaDB

Penomoran Versi MariaDB

Pada awalnya, Maria DB pada penomoran versinya mengikuti skema penomoran pada system sebelumnya yaitu MySQL dengan nomor 5.5. Setelah versi 5.5 diluncurkan, founder MariaDB memutuskan untuk melangkah lebih jauh dalam pemberian versi database mereka. Tidak tanggung – tanggung, MariaDB bahkan memberi nomor 10 untuk versi terbaru mereka. Bukan hanya penomoran versinya saja yang melambung jauh, fitur – fitur major juga dibuat dalam database MariaDB. Hingga saat ini, MariaDB memberikan performa terbaik mereka pada MariaDB versi 10.1 yang sudah stabil dalam penggunaannya. API dan protocol yang dimiliki MariaDB adalah sama bekerja seperti API dan protocol pada MySQL. Bukan hanya itu, MariaDB juga menambahkan fitur – fitur yang sudah mendukung native operasi non-blocking dan pelaporan progress yang semakin ditingkatkan performanya. Hal ini berarti semua connector, aplikasi, dan library pada MySQL juga bisa bekerja pada MariaDB.

Tools Klien Pada MariaDB

Pada system manajemen database diperlukan tools atau fitur – fitur yang dapat menunjang kinerja dari sebuah program. Sama seperti system manajemen database lainnya, MariaDB juga memiliki beberapa tools yang mampu bekerja sama dengannya. Berikut akan diulas mengenai tools klien pada MariaDB.

Database Workbench

Tools klien pada MariaDB yang pertama adalah Database Workbench. Database Workbench merupakan sebuah aplikasi yang digunakan dalam pengembangan dan administrasi database rasional pada MariaDB beserta database yang lain. Aplikasi ini bisa bekerja dengan baik pada database yang berbeda sekalipun.

DBEdit

Tools klien pada MariaDB selanjutnya adalah DBEdit. Sama seperti Database Workbench, DBEdit juga merupakan sebuah aplikasi yang digunakan dalam MariaDB. DBEdit adalah aplikasi administrasi dan manajemen database yang dimiliki oleh MariaDB dan beberapa database lain.

HeidiSQL

Tools klien yang ketiga adalah HeidiSQL. Fitur yang satu ini juga merupakan sebuah aplikasi yang bersifat open source atau bebas digunakan untuk system operasi pada windows. Meskipun namanya memiliki kata SQL, aplikasi ini juga ternyata mendukung system manajemen MariaDB. Fitur-fitur yang diberikan pun lebih spesifik seperti fitur Virtual Column.

Navicat

Tools klien pada MariaDB adalah yang keempat adalah Navicat. Fitur ini tidak hanya bisa digunakan pada MariaDB, namun juga bisa digunakan oleh berbagai manajemen database yang lain. Aplikasi Navicat sendiri merupakan aplikasi yang sudah cross-platform dengan proprietary yang sudah diakui.

PhpMyAdmin

Tools klien pada MariaDB yang kelima adalah phpMyAdmin. Sama seperti fitur atau tools – tools sebelumnya, phpMyAdmin juga merupakan sebuah software. Aplikasi ini merupakan aplikasi administrasi dan manajemen database yang berbasis web. Meskipun biasa digunakan untuk MySQL, aplikasi ini juga bisa dioperasikan pada MariaDB.

SQLyog

Tools klien terakhir yang dimiliki MariaDB adalah SQLyog. Software atau aplikasi ini merupakan software administrasi dan manajemen untuk system operasi Windows dan Linux. Untuk itu, tools yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang menggunakan system operasi Windows dan Linux.

Apa Itu MySQL?

Apa Itu MySQL

Sebelum dikembangkan menjadi MariaDB, MySQL dulunya merupakan system manajemen terbaik di kelasnya. MySQL sendiri merupakan system manajemen database model rasional dan open source pada software RDBMS. System ini digunakan dalam pengolahan sebuah data. Pengguna dapat dengan bebas menginstall dan menggunakan aplikasi yang satu ini. Selain itu, sifat Client server Model pada MySQL membuat penggunanya dapat mengakses berbagai data. Namun untuk bisa mengakses data, computer harus terkoneksi terlebih dahulu dengan server RDBMS. Aplikasi sekelas Google, Yahoo, Facebook, YouTube, dan Twitter memanfaatkan MySQL untuk menyimpan data.

Pada awalnya system manajemen database ini dibuat untuk penggunaan terbatas saja. Namun seiring perkembangannya, MySQL sudah bisa di akses menggunakan berbagai platform computing. Mulai dari macOS, Microsoft Windows, Linux hingga Ubuntu bisa menggunakan system manajemen yang satu ini.

Perbedaan MariaDB dan MySQL

Perbedaan

Bagi kalian yang bergelut dengan dunia computing pasti sudah tidak asing dengan kedua system manajemen database di atas. Kedua system manajemen database tersebut sebenarnya memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Apa yang dimiliki oleh MySQL hampir semua juga dimiliki oleh MariaDB. Fitur–fitur pada MySQL juga ada di MariaDB. Hal ini karena memang dari awal MariaDB sendiri merupakan pengembangan dari MySQL yang artinya versi terbaru. Selain itu, interface pada MySQL dan MariaDB juga mirip. Mesin API compatible yang memungkinkan system database ini bisa terhubung dan bekerja dengan semua connector, software dan library. Meskipun hampir mirip, ada beberapa hal yang membedakan kedua system manajemen database ini. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari klaim pengguna yang sudah menggunakan system manajemen database MySQL maupun MariaDB. Perbedaan – perbedaan tersebut seperti

  • MariaDB lebih cepat daripada MySQL
  • System manajemen database MariaDB memasukkan semua engine open source yang sudah populer dan mengganti InnoDB milik MySQL dengan XtraDB
  • Ada beberapa ekstensi open source baru yang ada di MariaMD dan tidak dimiliki oleh MySQL
  • Pada MariaDB terdapat beragam fitur yang berguna untuk penggunanya
  • MariaDB full free (open source) yang artinya bebas diinstal, digunakan, dan dimodifikasi oleh penggunanya, sedangkan MySQL masih bersifat premium. Hal ini berarti My SQL membatasi penggunanya dalam menggunakan beberapa fitur dan memberlakukan biaya pembayaran untuk beberapa fitur yang ingin digunakan.

Nah itulah ulasan mengenai MySQL dan MariaMD yang dibahas pada artikel kali ini. Karena MariaDB adalah pengembangan dari system sebelumnya yaitu MySQL maka tidak begitu banyak hal yang membedakan keduanya. Terlepas dari itu, tetap saja ada beberapa hal yang membedakan. Kalian bisa memilih salah satu database ini sesuai kebutuhan saja.
[application-about]

4 Cara Membuat Katalog Online paling Mudah

0
cara-membuat-katalog-online

Jika Anda memiliki bisnis yang sedang dijalankan, pastinya Anda memiliki berbagai macam strategi promosi dan pemasaran. Apabila itu toko offline, salah satu strategi yang paling jitu adalah memiliki katalog. Tetapi bagaimana jika Anda memiliki toko online? Tentunya katalog online adalah salah strategi jitu yang dapat Anda lakukan juga.

Dalam katalog online memuat informasi berharga mengenai gambar dan jenis produk, harga produk, keunggulan produk, serta informasi lainnya. Jika katalog online yang Anda miliki memang memiliki daya tarik, maka tentunya akan memberikan dampak terhadap brand awareness, tingkat kepercayaan terhadap produk atau layanan, dan pada akhirnya tingkat penghasilan bisnis milik Anda.

Dikarenakan pentingnya katalog online ini, maka tidak ada salahnya jika Anda mempelajari cara membuat katalog online sebagai salah satu strategi promosi dan pemasaran produk dari brand  milik Anda.

Empat Cara Membuat Katalog Online

cara-membuat-catalog-online

Cara membuat katalog online sebenarnya sangatlah mudah. Yang Anda perlukan hanyalah kamera DSLR yang canggih untuk dapat menghasilkan foto yang bagus dan tajam. Tetapi jika Anda hanya ingin menggunakan kamera biasa pun juga bisa, asalkan kamera milik Anda adalah kamera berpiksel tinggi. Sebab gambar yang bagus dan menarik adalah daya tarik utama dari sebuah katalog online.

Membuat aplikasi online shop yang mudah digunakan untuk promosi dan menjual produk.

Untuk menghasilkan katalog online ini Anda juga membutuhkan hal lainnya, seperti tools dan template khusus katalog online. Jika Anda dapat mengkombinasikan penggunaan berbagai peralatan yang sudah dipaparkan sebelumnya, seperti kamera, tools dalam situs online, dan template khusus katalog online, maka Anda dapat segera mengaplikasikan cara membuat katalog online ini.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara membuat katalog online untuk Anda! Dimulai dengan cara membuat katalog online melalui perangkat komputer atau laptop, kemudian melalui smartphone.

Ambil Gambar yang Menarik

Cara membuat katalog online diawali dengan mengambil gambar yang bagus, menarik dan super tajam. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut maka Anda memerlukan kamera dengan fitur-fitur yang canggih, sebagai contoh kamera DSLR.

Tetapi ada cara-cara lain yang dapat Anda lakukan, seperti memiliki kamera ponsel dengan pixel tinggi dan mengambil gambar di tempat dengan berpencahayaan bagus dan memiliki background yang menarik. Atau Anda dapat juga menyewa jasa fotografer yang handal untuk melakukan hal ini.

Selain itu, Anda perlu mempersiapkan informasi lain seperti harga produk, harga diskon, model, ukuran, dan sebagainya. Selain itu Anda pun dapat menyertakan juga daftar keunggulan produk Anda, informasi mengenai brand milik Anda, daftar pelanggan, hingga testimoni dari pelanggan Anda.

Semua foto dan informasi penting lainnya tentunya akan membantu pelanggan-pelanggan Anda dapat mendapatkan keputusan yang tepat berdasarkan informasi-informasi yang Anda berikan.

Tips: Jika Anda memiliki budget terbatas dan keahlian di bidang fotografi juga minim, Anda dapat mengatur kamera Anda untuk menghasilkan gambar dengan resolusi tertinggi. Saat mengatur produk sebagai objek untuk katalog online Anda, maka sangat disarankan untuk mengaturnya secara individu, bukan secara kelompok. Kemudian atur di tempat dengan latar yang bagus, dan jangan lupa lakukan pengeditan foto sesuai yang Anda inginkan.

Gunakan Software Online

Cara membuat katalog online yang kedua adalah menyusun desain katalog yang menarik dan sesuai dengan konsep e-commerce milik Anda. Untuk menyusun katalog online, Anda membutuhkan situs online yang memiliki tools yang tentunya dapat memberikan manfaat tersebut kepada Anda.

Tools dalam situs online tersebut juga dapat meng-konversi file PDF yang sudah Anda siapkan untuk menjadi sebuah katalog. Contoh dari situs online yang dapat bermanfaat untuk Anda adalah AnyFlip, Publitas, Flipsnack dan FlipHTML5. Situs online tersebut dapat membantu Anda untuk menciptakan desain katalog online yang eye-catching.

Perhatikan Desain Katalog Anda

Langkah selanjutnya adalah Anda juga perlu memperhatikan desain katalog online milik Anda demi aspek estetika, tidak hanya memasukkan gambar dan teks saja. Desain yang bagus dapat membuat pelanggan Anda merasa nyaman saat mempelajari produk milik Anda dan pada akhirnya dapat tertarik untuk membeli produk milik Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan sistem navigasi atau pun aspek-aspek lainnya yang dapat memudahkan pelanggan Anda untuk mempelajari informasi produk milik Anda.

Melihat Referensi Katalog Online

Saat Anda akan menyempurnakan cara membuat katalog online milik Anda sesuai dengan desain yang Anda inginkan, maka langkah terpenting adalah melihat referensi katalog online.

Anda dapat mendesainnya dengan berdasarkan referensi dari katalog online tertentu seperti Topshop, Simo Collective dan Lazy Oaf. Fungsinya adalah untuk memberikan gambaran mengenai desain katalog yang Anda inginkan untuk produk-produk yang Anda pasarkan.

Bagaimana? Cara membuat katalog online untuk Anda tentunya sangat mudah, bukan? Tidak hanya mudah, tetapi juga dapat mengasah kreatifitas Anda melalui situs online yang Anda gunakan untuk mendesain katalog online yang Anda lihat.

Anda pun dapat membuat katalog online dengan menggunakan smartphone Anda, tepatnya adalah dengan menggunakan aplikasi Quick Sell. Adapun cara membuat katalog online dengan memanfaatkan smartphone Anda adalah sebagai berikut.

  1. Download dan install aplikasi Quick Sell di smartphone Anda
  2. Anda dapat mengakses aplikasi Quick Sell dengan menggunakan akun Google atau Facebook milik Anda. Anda akan diminta untuk memasukkan nama brand milik Anda, jenis currency, serta nomor telepon untuk verifikasi.
  3. Anda akan diminta untuk memilih apakah Anda seorang reseller atau distributor, atau mungkin posisi lainnya. Lalu Anda harus memasukkan foto produk dari brand milik Anda dengan menggunakan menu Open Gallery.
  4. Setelah Anda memasukkan foto produk brand Anda maka selanjutnya click foto produk Anda kemudian tambahkan keterangan produk seperti model, harga, warna, atribut pelengkap, atau keterangan lainnya.
  5. Jika sudah selesai, click simbol checklist di bagian pojok kanan atas, lalu pilih share catalogue untuk memulai membagikan katalog online produk milik brand Anda.

Manfaat Katalog Online

cara-membuat-katalog-online

Manfaat menggunakan katalog online adalah Anda dapat menunjukkan seluruh produk milik Anda dengan cara yang lebih menarik, eksklusif dan tentunya juga lebih canggih. Mengapa lebih canggih? Dikarenakan calon pelanggan Anda dapat mengakses-nya melalui berbagai macam perangkat, seperti Personal Computer (PC), laptop, ataupun smartphone, tentunya dengan memanfaatkan jaringan internet.

Selain itu, Anda dapat juga langsung memberikan update terbaru produk Anda kepada pelanggan Anda dengan mudah. Dikarenakan menggunakan internet maka jangkauan customer pun pastinya lebih luas dan hal ini tentunya akan sangat berguna untuk ekspansi bisnis Anda juga. Selain itu akan lebih murah dalam hal biaya periklanan.

Jadi, strategi pemasaran dan promosi Anda tidak hanya menggunakan media iklan seperti Twitter Ads dan Instagram Ads atau media-media promosi lainnya, tapi dapat lebih bervariasi dan menarik. Hal ini akan berpengaruh juga pada tingkat kepercayaan pelanggan kepada produk milik Anda dan pada akhirnya juga kepada tingkat penghasilan bisnis Anda.

Demikian informasi mengenai empat cara membuat katalog online yang dapat Anda aplikasikan. Tentunya dengan menggunakan katalog online Anda dapat langsung memperkenalkan produk milik brand Anda lebih baik lagi, menarik perhatian pelanggan dan meraih penghasilan yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 

8 Bisnis Online yang Laris Manis di Indonesia Saat Ini

0
bisnis online

Bisnis online adalah salah satu peluang bisnis yang paling banyak diminati saat ini. Tentunya dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti faktor permodalan. Bisnis jenis ini hampir tidak perlu mengeluarkan modal sepeser pun. Kemudian, kemudahan dalam memantau bisnis milik Anda hingga dapat membagikan konten-konten menarik yang Anda pun menyukainya juga.

Namun tidak semua jenis bisnis berbasis online yang Anda pilih untuk ditekuni dapat berkembang dengan pesat seperti yang Anda harapkan. Oleh karena itu, Anda harus dapat memilih salah satu atau beberapa bisnis online yang laris di pasaran. Bisnis yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang Anda miliki, demi mendapatkan penghasilan menggiurkan yang Anda harapkan.

8 Jenis Bisnis Online yang Laris Manis di Pasaran

online business, bisnis online

Jika Anda memutuskan untuk memilih salah satu bisnis berbasis online yang laris berikut ini, maka Anda hanya perlu memiliki laptop atau Personal Computer (PC) yang terhubung dengan jaringan internet. Berikut ini akan dipaparkan delapan bisnis online yang laris di pasar Indonesia saat ini.

Bisnis Online di Bidang Fashion

bisnis online

Bisnis berbasis online di bidang fashion adalah salah satu bisnis online yang laris. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lainnya. Hal ini karena, dengan menggunakan jaringan internet, target pasar Anda dapat ditujukan kepada siapapun di seluruh belahan dunia. Selain itu, berbagai jenis fashion yang ada dapat Anda kuasai semua atau pilih salah satu untuk fokus Anda.

Keuntungan lainnya adalah karena dijalankan secara online maka Anda tidak perlu menyewa tempat apalagi sampai mengeluarkan modal yang besar. Anda hanya perlu berjualan melalui social media atau dengan menjadi dropshipper. Dikarenakan kemudahan sekaligus kelebihannya tersebut, maka bisnis berbasis online di bidang fashion dapat digolongkan sebagai bisnis online yang laris.

Reseller atau Dropshipper

bisnis online

Reseller adalah salah satu bisnis online yang dapat Anda pilih jika tertarik untuk menjual kembali produk dari salah satu atau beberapa supplier. Dropshipper adalah orang yang menjual produk atau layanan milik satu atau beberapa supplier.

Dropshipper menjual barang dengan mengatas namakan milik toko online sendiri melalui akun pribadinya. Kedua jenis bisnis ini tentunya membuat Anda harus menentukan mark up harga untuk dapat menghasilkan keuntungan.

Bagaimana cara kerja dari dropshipper? Apabila Anda lebih tertarik untuk menjadi seorang dropshipper, Anda hanya perlu memiliki akun sosial media dan membuka toko online sendiri. Kemudian bekerja sama dengan satu atau beberapa supplier untuk memasarkan produk atau layanannya.

Anda akan menghasilkan keuntungan dari mark up harga. Kemudian, saat menerima pesanan, Anda hanya perlu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier Anda. Supplier Anda akan mengurus seluruh proses pemesananan, pembayaran hingga pengiriman barang ke konsumen, namun tetap menggunakan nama toko online Anda.

Influencer

bisnis online

Profesi sebagai influencer adalah salah satu bisnis online yang laris dan tentunya menjanjikan. Tetapi apakah yang dimaksud dengan influencer? Dapat dikatakan influencer adalah orang yang populer lewat perfilman, politik atau kegiatan sosial lainnya.

Seiring berjalannya waktu, siapapun kini dapat menjadi influencer, bahkan Anda pun dapat menjadi seorang influencer asal dapat memberikan pengaruh yang positif melalui konten-konten menarik dan bermanfaat di sosial media milik Anda.

Pada akhirnya, Anda dapat memiliki banyak followers yang akan memberikan apresiasi seperti like atau comment.  Ketika sudah menjadi seorang influencer, Anda dapat menjual jasa endorsement dengan tarif yang dapat Anda tentukan sendiri.

Youtuber

bisnis online

Menjadi seorang Youtuber tentunya dapat menjadi peluang bisnis berbasis online yang menjanjikan. Sebab melalui ide-ide kreatif yang Anda bagikan melalui video-video di Youtube, Anda dapat mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta per bulan. Ada banyak cara jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Youtuber, yaitu dengan memberikan pelatihan dan seminar berbayar atau dengan membagikan konten-konten menarik lainnya.

Kuncinya adalah dengan membagikan video-video yang berkualitas yang dapat menarik banyak subscriber dan viewer ke akun channel Youtube milik Anda. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan iklan adsense yang link-nya dapat Anda pasang di channel Youtube Anda.

Blogger

Blogger adalah bisnis berbasis online yang sangat cocok untuk Anda jika Anda gemar menulis. Blog memfasilitasi hobi Anda untuk membuat berbagai macam tulisan yang unik, menarik, bermanfaat, dengan tema apapun yang Anda inginkan. Mulai dari travelling, kuliner, teknologi, hingga politik. Melalui tulisan-tulisan tersebut Anda dapat menarik minat banyak orang untuk terus berkunjung ke blog milik Anda.

Jika blog milik Anda semakin berkembang, seperti memperoleh minat dan trafik yang bagus, maka Anda dapat bekerja sama dengan Google Adsense untuk mendapatkan passive income.

Freelance Writer

Masih sama dengan sebelumnya, jika Anda memiliki hobi di bidang tulis menulis, Anda dapat menjadi seorang penulis artikel SEO, copywriter, atau penulis konten tertentu. Anda hanya perlu memiliki modal berupa laptop atau Personal Computer (PC) dan tentunya juga jaringan internet.

Cukup dengan menggunakan kemampuan menulis Anda yang bagus serta keinginan mencari job-job freelance di website-website tertentu seperti Freelance Indonesia, sekalipun Anda belum memiliki client, Anda tetap dapat berpenghasilan juga.

Jasa Titip

Jasa titip adalah salah satu terobosan terbaru dalam dunia bisnis berbasis online tanpa modal, dimana Anda hanya perlu menawarkan jasa titip belanja. Anda bisa menaikkan harga atas barang yang diinginkan oleh pembeli Anda, atau meminta komisi atas jasa yang Anda tawarkan.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis jasa titip milik Anda adalah mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan di kota atau negara tempat Anda berada atau kunjungi, lalu memfoto barang-barang yang Anda pikir menarik, kemudian meng-upload-nya ke sosial media.

Bagaimana? Mudah kan? Bisnis jastip ini dapat menghasilkan keuntungan melimpah untuk Anda jika Anda sedang berada di luar negeri atau luar kota. Hal tersebut karena ada banyak orang yang menginginkan barang dari kota atau negara yang Anda kunjungi.

Vlogger

Profesi vlogger adalah salah satu bisnis online yang dapat Anda tekuni. Jika ditekuni dengan baik, maka Anda dapat mengantongi dua digit dalam satu bulan, hanya dengan sebuah konten video. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang vlogger, Anda harus membuat berbagai macam video dengan tema yang Anda inginkan, seperti kuliner, travelling, kehidupan pribadi dan tema-tema lainnya.

Anda hanya perlu memiliki kamera dengan tingkat resolusi yang bagus, meskipun banyak juga vlogger saat ini memanfaatkan kamera dari ponsel saja. Selain itu, sebuah laptop atau Personal Computer (PC) untuk mengedit video dan meng-upload-nya ke channel Youtube pribadinya atau platform lainnya adalah modal penting lainnya.

Keuntungan dari menjadi vlogger adalah sama seperti influencer, yaitu Anda dapat menawarkan jasa endorse untuk produk atau layanan brand dimana Anda melakukan kerja sama.

Demikian informasi menarik mengenai delapan jenis bisnis online yang laris di Indonesia dan tentunya dapat Anda pilih untuk tekuni juga. Apapun jenis bisnis berbasis online yang Anda tekuni, Anda pasti dapat menghasilkan penghasilan yang besar asalkan Anda menikmatinya dan bersedia untuk bekerja keras.

6 Aplikasi Desain Stiker Mobil Terbaik Untuk Android

0
aplikasi desain stiker mobil

 

Anda ingin mempercantik mobil Anda agar mobil Anda tampak lebih menarik? Mobil yang tampak berbeda dengan desain stiker mobil yang elegan dan keren bisa membuat si pemilik mobil bangga. Namun, tentu saja biaya yang dikeluarkan biasanya relatif mahal untuk memiliki desain stiker mobil yang tidak pasaran. Apalagi jika Anda tidak memiliki ide untuk desain stiker mobil Anda dan harus membayar lebih mahal untuk membuat sebuah konsep atau contoh bentuk stikernya. Lalu, apakah ada cara yang mudah untuk bisa mendesain stiker mobil sendiri? Jawabannya tentu saja. Anda bisa mencari aplikasi desain stiker mobil agar Anda bisa mengkonsep desain sesuai keinginan Anda tanpa harus membayar biata lebih mahal. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa aplikasi desain stiker mobil yang mudah digunakan untuk membuat banyak kreasi desain stiker yang menarik. Coba sekarang!

Desain stiker mobil dapat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan juga sangat bervariasi dalam warna dan desain. Desain stiker mobil sangat banyak digunakan saat dibutuhkan benda dengan kata atau ide. Stiker dapat juga biasanya dapat berupa produk untuk label produk perusahaan tertentu. Mereka juga dapat digunakan untuk menggambarkan karakteristik produk.

Aplikasi Desain Stiker Mobil untuk Mempermudah Anda

test

Ragam aplikasi desain stiker mobil tersedia di pasaran. Ini tersedia dalam berbagai jenis termasuk decal, custom, grafik dan stiker pelapis vinyl. Semua terserah dari si pemilik mobil yang mana yang ia inginkan dan di mana ia ingin tempatkan. Oleh karena itu, aplikasi desain stiker mobil terbaik bisa menjadi pilihan untuk Anda mendapatkan beberapa desain yang sesuai dengan pilihan Anda. Aplikasi desain stiker mobil juga bisa dibuat tergantung pada jenis stiker yang Anda inginkan pada mobil. Lebih mudah dengan desain yang beragam. Anda bisa memilih desain stiker mobil terbaik untuk mendapatkan gambaran tentang jenis stiker mobil apa yang cocok untuk mobil Anda.

Bagi Anda yang ingin membuat desain stiker mobil yang keren, kami sarankan menggunakan aplikasi desain stiker mobil untuk mencoba dan memilih berbagai ide dan inspirasi yang dapat Anda arahkan dan terapkan. Aplikasi ini dapat membantu Anda mewujudkan desain stiker mobil yang Anda impikan. Akan ada banyak koleksi ide desain stiker mobil untuk Anda!

Aplikasi Desain Stiker Mobil Mempercantik Tampilan Mobil Anda

Aplikasi Desain Stiker

Cutting stiker bisa menjadi salah satu cara untuk mempercantik tampilan eksterior atau eksterior mobil. Banyak pecinta otomotif yang menggunakan stiker sebagai salah satu cara melakukan variasi pada mobil. Tentunya kita akan merasa bosan dengan tampilan mobil yang terlihat biasa. Stiker dapat memberi sedikit sentuhan pada tampilan mobil. Di sini desain stiker mobil berperan sangat penting dalam meningkatkan kesan mentereng pada mobil. Anda bisa membuat desain mobil sesuai dengan yang diinginkan, seperti membuat mobil yang terlihat sporty, elegan, Japanese Style, atau bahkan yang lebih ekstrem. Cutting stiker dapat membantu Anda untuk mewujudkannya. Ini bisa menjadi tambahan selain faktor-faktor lain yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja dan penampilan mobil, seperti mengganti roda bawaan dengan roda lain yang lebih besar, mengganti ban balap yang lebih tipis, penambahan body kit, spoiler.

Untuk membuat stiker pemotongan mobil, diperlukan ketepatan dalam pemilihan desain yang sesuai dengan jenis mobil Anda. Karena bisa jadi stiker yang terlihat bagus di mobil lain ternyata setelah dipasang di mobil Anda akan terlihat jelek. Ini bisa jadi karena desain mobil dan dimensi mobil yang berbeda.

Berikut Beberapa Aplikasi Desain Stiker Mobil Terbaik untuk Android

Stiker Mobil Terbaik untuk Android

Car Sticker Design by fashionapps

Car Sticker Design by fashionapps menyediakan aplikasi desain stiker mobil yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan ide dan inspirasi sebelum membuat stiker mobil dan Anda dapat menerapkannya. Aplikasi yang user friendly, kualitas gambar tinggi, dapat menyimpan semua gambar ke sdcard, dapat membagikan semua gambar ke media sosial, dapat mengatur semua gambar sebagai wallpaper, mudah digunakan, dan memiliki opsi zoom-in dan zoom-out.
Latest Version: 1.2
Publish Date: 09-09-2019
Requirements: Android 4.1+

Car Sticker Design by salwadeveloper

Mungkin sulit bagi Anda untuk menentukan modif yang tepat untuk mobil yang Anda miliki. Terutama jika Anda tidak memiliki jiwa seni. Dengan Car Sticker Design by salwadeveloper, Anda tidak perlu repot mendesain bentuk eksterior mobil Anda sendiri.
Latest Version: 8.0
Publish Date: 22-09-2019
Requirements: Android 4.0.3+

Car sticker cutting design 2019 by HRN Studios

Temukan desain stiker mobil Anda di sini. Ada banyak kategori desain stiker mobil, katalog produk stiker mobil, desain stiker mobil minimalis, gambar stiker mobil keren, stiker mobil sedan keren, dan lain sebagainya.
Latest Version: 1.0.3
Publish Date: 06-06-2019
Requirements: Android 2.3.2+

Car Sticker Design Idea by Winda App Studio

Winda App Studio

Memiliki 101 desain stiker mobil keren, unik dan baru. Dalam aplikasi desain stiker mobil ini, Anda dapat melihat berbagai stiker mobil dengan desain yang keren, unik dan tentunya berbeda. Anda juga bisa simpan, bagikan, atau terapkan sebagai wallpaper di smartphone Anda.
Latest Version: 1.0
Publish Date: 04-12-2017
Requirements: Android 4.1+

Car Sticker Design by raisaquratu

Dalam menggunakan mobil, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan apakah kendaraan Anda cukup menarik dan elegan. Karena dengan penampilan kendaraan yang elegan Anda harus mendesainnya dengan baik. Dengan aplikasi desain stiker mobil yang ditawarkan oleh Car Sticker Design by raisaquratu ini, menyediakan banyak desain untuk membuat kendaraan Anda lebih keren dan terlihat lebih elegan. Akan ada banyak inspirasi yang akan Anda dapatkan sehingga Anda tidak perlu repot untuk memilih desain mana yang terbaik untuk kendaraan Anda.
Latest Version: 7.0
Publish Date: 13-12-2019
Requirements: Android 2.3.2+

Design Car Sticker Cutting by Rasidin Napi Studio

car design

Aplikasi desain stiker mobil dari developer ini memiliki kualitas full HD, desain yang bagus dan antarmuka pengguna yang intuitif, kecepatan aplikasi yang tinggi, beberapa kategori opsi yang dapat Anda nikmati kapan saja, tidak perlu internet, desain sederhana dan mudah digunakan, dan masih banyak lagi.
Latest Version: 1.0
Publish Date: 02-10-2018
Requirements: Android 2.3.2+

Tips yang Perlu Diperhatikan Setelah Menggunakan Aplikasi Desain Stiker Mobil

Jika Anda memiliki konsep desain yang menggunakan permainan gradasi warna bahkan foto, sebaiknya Anda menggunakan bahan stiker jenis Ritrama. Bahan stiker ini mempunyai pereka. Dan kelebihannya adalah memiliki permukaan dengan warna dasar putih. Ini akan mempermudah Anda untuk mencetaknya. Daya tahannya juga lumayan lama, sekitar 1 tahun atau bahkan lebih.

Berbeda lagi jika Anda ingin menggunakan konsep desain stiker mobil dengan stripping. Anda cukup menggunakan stiker berbahan Oracal. Stiker berbahan Oracal ini memiliki daya tahan yang cukup lama dibanding stiker yang berbahan Ritrama. Jenis stiker Oracal ini memiliki dua karakter, glossy (kilat) dan doff (kabut). Untuk desain stripping umumnya tidak di print melainkan dengan menggunakan mesin cutting stiker untuk membuat vector-vector yang menarik.
[application-about]

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Bisnis Game Online : Cara Memulai dan Peluang Kesuksesannya!

0
bisnis game online, game online

Dunia game telah berkembang pesat dalam dekade terakhir. Industri bisnis game online yang dulunya hanya mengandalkan konsol dan PC sekarang telah meluas ke ponsel pintar dan perangkat lainnya, menjadikannya salah satu sektor bisnis yang paling menguntungkan di dunia. Namun, seperti bisnis lainnya, industri game juga memiliki peluang dan tantangan tersendiri.

Game, yang sering dimainkan melalui jaringan internet, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Industri ini telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan berbagai jenis game yang tersedia, dari game strategi hingga game olahraga.

Salah satu aspek paling menarik dari industri game adalah bagaimana perusahaan-perusahaan ini menghasilkan pendapatan. Ada beberapa model monetisasi populer yang digunakan, antara lain:

  • Freemium: Seperti yang disebutkan sebelumnya, model ini memungkinkan pemain untuk bermain secara gratis tetapi menawarkan pembelian dalam aplikasi untuk item, fitur, atau peningkatan.
  • Iklan: Beberapa game menawarkan konten gratis tetapi disertai dengan iklan. Pemain sering diberi opsi untuk membeli versi tanpa iklan.
  • Langganan: Beberapa game, terutama MMORPG, mengenakan biaya langganan bulanan kepada pemainnya

Industri bisnis games online telah mendaftarkan pertumbuhan yang konsisten dalam beberapa tahun terakhir dengan semakin banyak operator yang memasuki dunia ini. Tidak hanya itu, inovasi dalam sektor ini telah membantu mendorong batas-batas apa yang sebelumnya dianggap mungkin. 

Kita pun juga dapat mengatakan dengan pasti bahwa hari ini, dengan bantuan tren teknologi yang mumpuni, operator dapat mengandalkan mitra teknologi mereka dan secara efektif memulai, membangun, dan mendorong pendapatan dari bisnis games online mereka.

Mengingat potensi yang ada, banyak investor pun mulai melirik industri ini sebagai ladang investasi yang menjanjikan. Bisnis ini memberikan dasar bagi teman, keluarga, dan orang asing untuk berinteraksi satu sama lain. Ini menciptakan jembatan komunikasi yang memungkinkan kolaborasi, kompetisi, dan pembentukan hubungan yang mungkin tidak akan terjadi di dunia nyata. 

Walaupun tiap kondisi memiliki perbedaannya dan tiap kelompok memiliki metodenya sendiri, pada dasarnya individu-individu saling terkait dari berbagai penjuru dunia. Seiring dengan munculnya berbagai platform dan teknologi baru, dunia gaming telah menjadi lebih inklusif dan aksesibel. 

Ketersediaan game di berbagai perangkat meningkatkan keterlibatan pengguna, orang-orang masih bermain game untuk terhubung satu sama lain, tetapi sekarang game telah mencapai titik di mana lebih dari itu. Dengan grafik yang lebih realistis, cerita yang mendalam, dan mekanik permainan yang kompleks, game sekarang menawarkan pengalaman yang lebih mendalam dan memuaskan.

Selain itu, penting untuk memahami perubahan perilaku konsumen. Pemain saat ini tidak hanya mencari game yang menghibur, tetapi juga game yang memberikan nilai tambah, seperti interaksi sosial, pembelajaran, atau bahkan peluang bisnis, seperti yang terlihat pada fenomena NFT (Non-Fungible Tokens) dan metaverse di mana aset digital di game dapat diperjualbelikan.

Untuk berhasil di industri game, bukan hanya kreativitas yang dibutuhkan, tetapi juga pemahaman bisnis yang mendalam, adaptasi cepat terhadap perubahan teknologi dan pasar, serta komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pemain.

Meskipun industri game berkembang pesat, ada beberapa tantangan yang dihadapinya. Isu-isu seperti kecanduan game, masalah privasi, dan kekhawatiran tentang dampak sosial dari game  sering menjadi perdebatan.

Dalam kesimpulannya, bisnis game online adalah medan yang penuh dengan peluang, tetapi juga tantangan. Bagi mereka yang berani menghadapinya dan terus berinovasi, keberhasilan dan kesuksesan pasti menanti.

Cara Memulai dan Peluang Kesuksesannya

bisnis game online, game online

Siapa sih yang tidak menyukai bermain game? Bagi sebagian orang mungkin merupakan sebuah aktivitas untuk bisa menghabiskan waktu luang mereka. Ini dilakukan biasanya saat akhir pekan, atau waktu senggang dan saat libur di tengah kesibukan mereka. Umumnya gamer-gamer ini datang dari latar belakang yang beragam, mulai dari yang muda sampai yang tua. 

Hal ini juga merupakan peluang untuk melakukan bisnis game bagi setiap pelaku usaha yang ingin mencoba melakukan usaha di bidang ini. Melihat maraknya warnet dan pusat permainan saat ini, Anda pun berkesempatan untuk memulai bisnis serupa.Tidak melulu dengan konsep warnet game yang kuno, tetapi dengan konsep terbaru agar bisa lebih menarik banyak pelanggan.

Dari persiapan dengan perangkat komputer yang canggih, akses internet yang cepat dan stabil, hingga mempersiapkan ruangan dan lokasi yang strategis.Meskipun potensinya besar, industri game juga sangat kompetitif.

Ratusan game baru diluncurkan setiap harinya, dan hanya sedikit yang berhasil mencapai puncak kepopuleran. Oleh karena itu, selain gameplay yang menarik, strategi pemasaran yang kuat dan pemahaman mendalam tentang perilaku pemain sangat penting.

Kiat Sukses untuk Memulai dan Menjalankan Bisnis Games Online

bisnis game online, game online

Di tengah era digital yang pesat, bisnis game telah berkembang menjadi salah satu industri yang paling menjanjikan. Dengan jutaan penggemar di seluruh dunia, peluang untuk menciptakan produk yang inovatif dan menarik semakin besar.

Bukan hanya soal hiburan, game kini menjadi medium komunikasi, edukasi, dan bahkan profesi bagi banyak orang. Dalam menjalankan bisnis ini, pemahaman terhadap tren pasar, teknologi terbaru, dan kebutuhan pemain menjadi kunci sukses. Investasi dalam riset dan pengembangan, serta membangun hubungan yang kuat dengan komunitas pemain, dapat meningkatkan retensi dan loyalitas pelanggan. 

Selain itu, strategi pemasaran yang tepat, kombinasi promosi dan diskon, serta layanan pelanggan yang responsif menjadi faktor pendukung kesuksesan bisnis. Di masa depan, potensi industri ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan inovasi teknologi dan kreativitas pengembang.

Dengan strategi yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari, Anda bisa memiliki peluang untuk menjalankan bisnis game online dengan baik. Menilai peluang dan tantangan, di era digital saat ini, pemahaman mendalam tentang tren pasar, perilaku konsumen, serta teknologi terbaru sangat penting untuk kesuksesan bisnis game. 

Dalam persaingan ketat, namun juga perlu diingat, bisnis games online tentu saja tidak selalu menjamin 100% kesuksesan jika semua tidak berjalan sesuai dengan strategi yang telah dipersiapkan. Setiap bisnis memiliki resiko nya sendiri, dan adaptasi cepat terhadap perubahan adalah kunci untuk bertahan. 

Untuk mempersiapkan strategi Anda, berikut beberapa faktor penting yang bisa diperhatikan untuk bisa menjalankan bisnis games online ini secara baik: Kenali target pasar Anda, lakukan riset kompetitor, optimalkan pemasaran digital, pastikan kualitas produk, dan terus berinovasi sesuai kebutuhan pasar.

  1. Untuk mendalami bisnis game online, siapkan komputer berperforma tinggi dengan prosesor terbaru, grafis berkualitas, dan RAM berkapasitas besar agar game berjalan lancar tanpa lag.
  2. Untuk mendalami bisnis game online, siapkan komputer berperforma tinggi dengan prosesor terbaru, grafis berkualitas, dan RAM berkapasitas besar agar game berjalan lancar tanpa lag.
  3. Selain spesifikasi komputer yang tinggi dan koneksi internet yang stabil, aksesoris khusus game seperti keyboard dan mouse adalah penting untuk kenyamanan pelanggan. Aksesoris ini memiliki fitur khusus untuk memudahkan dan meningkatkan pengalaman bermain gamer.
  4. Kenyamanan ruangan sangat penting untuk gamer. Pastikan ruangan ber-AC, sediakan tempat khusus untuk perokok dengan asbak, kursi yang nyaman, dan atur agar ruangan tidak sesak untuk kenyamanan optimal para gamer.
  5. Pilih lokasi bisnis game online yang strategis, seperti dekat sekolah atau kampus. Lokasi harus mudah dijangkau, memiliki parkir luas dan aman, serta dekat dengan fasilitas makanan dan minuman untuk nilai tambah bagi pelanggan.
  6. Para gamer sering bermain berjam-jam. Menyediakan makanan dan minuman ringan, seperti keripik, sandwich, jus, nasi goreng, dan mie goreng, akan meningkatkan keuntungan bisnis Anda dan memudahkan gamer tanpa perlu keluar dari lokasi.
  7. Promosikan tempat gaming Anda melalui media sosial, kerjasama dengan influencer, dan merchandise eksklusif. Adakan kompetisi game dari lokal hingga regional, libatkan sponsor ternama untuk meningkatkan kredibilitas. Pelayanan prima dan atmosfer nyaman adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan.

Sejak awal 2010-an, industri game berbasis online telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam hal pendapatan dan basis pengguna. Menurut data dari Newzoo, industri game global diperkirakan memiliki nilai lebih dari $160 miliar pada tahun 2020. Dari jumlah tersebut, sebagian besar berasal dari game dan game mobile.

Beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan ini meliputi:

  • Perangkat Mobile: Kemudahan akses game di perangkat mobile telah mendorong adopsi game oleh segmen populasi yang lebih luas.
  • Teknologi Cloud Gaming: Kemampuan untuk bermain game tanpa perlu mengunduh atau memiliki perangkat keras khusus.
  • Monetisasi: Pengembangan model bisnis seperti “freemium” dimana pemain dapat bermain gratis namun memiliki opsi untuk membeli barang virtual.

Di sisi lain, Anda mungkin bisa memberikan diskon atau potongan harga untuk para pelanggan rutin yang selalu bermain di tempat Anda. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan setia dapat memperkuat posisi bisnis game online Anda di pasar. Perhatikan juga keuntungan dan kerugian yang bisa Anda dapatkan dalam bisnis games online ini. 

Meski menghadapi tantangan, masa depan bisnis game online tampak cerah. Dengan teknologi seperti virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), pengalaman bermain game akan menjadi semakin realistis dan menarik.

Selain itu, model bisnis freemium, di mana pemain dapat memainkan game secara gratis tetapi memiliki opsi untuk membeli item atau fitur tambahan, terus mendapatkan popularitas. Ini memberikan peluang pendapatan tambahan bagi pengembang tanpa menghalangi pemain untuk mencoba game.

Kesimpulannya, bisnis game adalah industri yang terus berkembang dengan peluang dan tantangan yang datang silih berganti. Bagi mereka yang dapat beradaptasi dan inovatif, bisnis game menjanjikan peluang pendapatan yang besar di masa depan.

Analisis yang cermat akan membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat. Ingat, keuntungan tidak selalu sama setiap hari atau setiap bulannya. Mempertimbangkan fluktuasi pasar dan menyesuaikan strategi adalah kunci. Ada masa dimana tempat Anda juga akan ramai maupun sepi. Terus lakukan inovasi dan penyesuaian berdasarkan feedback pelanggan.

Bisnis game online, dengan semua dinamika dan potensinya, tetap menjadi salah satu sektor paling menarik di era digital saat ini. Bagi para pelaku industri, pemahaman akan tren pasar, inovasi yang konstan, dan pendekatan yang berfokus pada pemain adalah kunci untuk berhasil di dunia gaming yang selalu berubah ini.

Bisnis game online telah berkembang menjadi industri multi-miliar dolar yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Dengan pertumbuhan yang terus-menerus dan inovasi yang konstan, game akan terus memainkan peran penting dalam cara kita berinteraksi, bekerja, dan tentu saja, bermain.

Social Media Marketing Adalah? Pentingnya Untuk Bisnis

0
social media marketing adalah

Apa yang Anda pikirkan tentang social media? Untuk beberapa orang, social media adalah media untuk membagikan foto berharga, kehidupan sehari-hari, hingga berbelanja. Tetapi, jika Anda berasal dari kalangan pebisnis, social media tentunya dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi pemasaran dan promosi. Nah, social media marketing adalah salah satu solusinya.

Di era ini, banyak sekali bisnis yang dijalankan melalui akun sosial media, baik dalam skala kecil maupun besar. Bahkan, hanya sekedar online shop saja sudah banyak tersebar di Facebook dan Instagram. Mulai dari bidang produk fashion, makanan hingga obat-obatan. Hal ini juga dikenal dengan nama social media marketing.

Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan social media marketing? Berikut ini akan disajikan untuk Anda informasi menarik mengenai social media marketing.

Pengertian Social Media Marketing Adalah

social media marketing adalah

Social media marketing adalah salah satu bagian dari digital marketing dimana social media digunakan sebagai strategi untuk memasarkan produk atau layanan. Social media marketing merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Ini karena mayoritas orang adalah pengguna sosial media, mulai dari Instagram, Facebook, hingga Youtube.

Anda dapat menjaring banyak pelanggan melalui social media untuk produk atau layanan milik Anda. Untuk menarik perhatian banyak pelanggan, Anda pun dapat membagikan konten menarik secara teratur seperti foto, tulisan, video. Karena itulah social media marketing adalah media yang paling tepat untuk berpromosi.

Selain itu, kelebihan social media marketing adalah memiliki fitur paid advertising. Ini yang membuat konten yang Anda buat dapat disebarkan ke target audiens yang sudah Anda tetapkan.

Keuntungan Penggunaan Social Media Marketing Adalah

social media marketing adalah

Sebelum Anda memulai strategi social media marketing, Anda harus menentukan objektif Anda terkait social media marketing. Yang dimaksud dengan business objective adalah alasan Anda mengaktifkan social media. Apakah melalui Facebook atau Instagram dan hal ini adalah yang paling penting.

Business objective juga dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan sifat produk atau layanan milik Anda dengan social media yang Anda aktivasikan. Sebab, tidak semua produk atau layanan akan cocok dengan setiap strategi social media marketing yang ada.

Contohnya, akun sosial media dapat dibedakan menjadi beberapa macam, seperti akun sosial media khusus bisnis produk fashion. Akun sosial media khusus untuk produk kesehatan, dan banyak lagi macamnya. Penggunaan sosial media yang berbeda, demi memasarkan produk atau layanan yang berbeda. Ini akan menentukan jenis konten yang akan Anda bagikan, baik dalam bentuk gambar, tulisan maupun video.

Saat Anda sudah menetapkan business objective dengan cara menyesuaikan sifat produk atau layanan, mulailah mengaktivasikan social media yang Anda pilih. Setelahnya, penggunaan social media marketing dapat memberikan Anda keuntungan berupa.

Bersifat Gratis

Strategi social media marketing adalah strategi menguntungkan karena tidak akan memberatkan dalam hal biaya alias bersifat gratis. Sebagai gantinya, Anda harus dapat membagikan konten yang kreatif demi menarik perhatian pelanggan terhadap produk dan layanan Anda. Sehingga, bisnis Anda akan dapat berjalan lancar.

Fitur Paid Advertising

Social media marketing adalah strategi melalui social media, maka Anda akan sangat akrab dengan fitur yang berkaitan dengan strategi pemasaran dan promosi. Salah satunya adalah paid advertising yang ditawarkan oleh Facebook Ads. Manfaat paid advertising adalah dapat dijalankan kapanpun saat Anda membutuhkannya. Selain itu, Anda dapat menentukan budget sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

Pembagian Konten secara Teratur

Social media marketing adalah strategi promosi dan pemasaran melalui social media yang paling jitu. Ini tercapai saat Anda dapat memanfaatkan kekreatifitasan Anda melalui konten yang Anda bagikan. Bukan hanya itu saja, Anda pun harus dapat membagikan konten menarik secara teratur.

Jika dibandingkan dengan iklan melalui radio atau televisi, iklan melalui media tersebut hanya dapat dijalankan dalam satu script yang sudah disiapkan. Iklan ini pun akan ditayangkan secara berulang-ulang. Sementara, jika menggunakan social media, Anda dapat membagikan konten menarik yang berbeda setiap harinya.

Social Media Presence

Social media presence juga dapat digunakan sebagai strategi pembentukan brand awareness. Saat Anda secara teratur membagikan konten kreatif dan bermanfaat untuk mempromosikan produk atau layanan, maka akan semakin memperkuat brand awareness untuk produk atau layanan Anda.

Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk Anda sebab selain search engine, social media adalah media bagi para calon konsumen untuk mencari informasi mengenai suatu produk atau layanan.

Customer Relationship Management

Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang tidak pernah melupakan hubungan baik dengan para pelanggan. Seringkali suatu bisnis melupakan arti dari sebuah hubungan yang baik dengan para konsumen. Hal ini membuat konsumen dapat dengan mudah berpaling ke kompetitor lainnya.

Social media dapat menjadi media yang tepat untuk menampung ide, complain, hingga saran dari konsumen. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui kekurangan dalam bisnis Anda sehingga Anda dapat segera memperbaikinya. Ini juga akan memudahkan Anda saat ingin menjalankan strategi pengembangan produk baru.

Bagaimana pendapat Anda sekarang? Bukankah strategi social media marketing adalah strategi yang jitu untuk promosi dan pemasaran produk dan layanan Anda? Jika Anda semakin tertarik, berikut ini akan dipaparkan tips menjalankan social media marketing.

Tips Menjalankan Social Media Marketing Adalah

social media marketing adalah

Pembuatan Konten yang Tepat

Buatlah konten social media marketing yang menarik tetapi tetap sejalan dengan tujuan yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. Hal ini pada umumnya berkaitan dengan target audiens Anda. Contohnya, jika target audiens Anda berusia muda, tentunya Anda harus membagikan konten yang menarik dan fresh. Selain itu, hal ini pada umumnya juga berkaitan dengan tema konten dan jenis konten.

Konten dengan tema yang selalu up-to date sesuai dengan trend target audiens yang berusia muda akan membuat Anda dapat menarik perhatian calon pelanggan sesuai dengan target Anda. Selain itu, konten yang tepat akan menghasilkan conversion rate yang bagus dan maksimal.

Konsistensi

Selain perencanaan yang matang mengenai konten yang Anda bagikan, tentunya konsistensi juga dibutuhkan. Sebab, konsistensi berkaitan erat dengan komitmen untuk membangun brand awareness produk atau layanan Anda di social media. Apa yang terjadi jika Anda hanya membagikan post satu bulan sekali atau bahkan dua bulan sekali?

Maka brand milik Anda tidak akan dapat dikenal dengan cepat. Sementara, brand pesaing yang berkomitmen dalam hal brand awareness, dapat lebih cepat berkembang dibandingkan dengan brand Anda. Apalagi saat awal Anda memutuskan untuk berpromosi melalui sosial media, maka konsistensi adalah hal yang harus Anda perhatikan.

Berdasarkan pemaparan diatas, tentunya dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan social media adalah hal yang paling tepat sebagai media untuk berpromosi sekaligus memasarkan.

Demikian informasi menarik mengenai social media marketing¸ keuntungan dan tips untuk menjalankan social media marketing. Tentunya hal ini akan semakin menambah pengetahuan Anda mengenai pilihan strategi dalam hal promosi dan pemasaran. Ini juga sekaligus memperdalam wawasan Anda mengenai social media marketing.

10 Bisnis Online Tanpa Modal Terbaru, Yuk Coba Sekarang!

0
bisnis online tanpa modal, bisnis online tanpa modal untuk pelajar, bisnis online tanpa modal terbaru

Di dunia yang serba modern ini, siapa yang tidak tertarik dengan kegiatan berbisnis? Anda pun pastinya tertarik dengan kegiatan berbisnis, yang tentunya dapat memberikan banyak manfaat juga untuk Anda. Selain penghasilan besar yang menggiurkan, tetapi juga nama besar dan kepercayaan masyarakat kepada Anda. Jika sudah berkaitan dengan kata bisnis, tidak akan jauh dengan kata permodalan. Mayoritas orang akan mengalami kesulitan berkaitan dengan permodalan untuk bisnis, dan juga harus dihadapkan dengan jaminan kesuksesan dalam berbisnis. Dikarenakan alasan itu juga lah, mayoritas orang memilih untuk tidak berbisnis. Tetapi, jika Anda masih memiliki ketertarikan untuk berbisnis, sebagai pemula dalam hal berbisnis tentunya peluang bisnis terbaik adalah bisnis online tanpa modal.

Yang dimaksud tanpa modal disini adalah, bukanlah tidak mengeluarkan modal sepeserpun, tetapi tetapi tetap mengeluarkan modal, hanya saja dalam jumlah kecil. Bahkan hingga nyaris tidak mengeluarkan modal. Berikut ini akan dibahas 10 bisnis online tanpa modal, yang tentunya akan sangat membantu Anda untuk dapat mempertimbangkan jenis bisnis yang ingin Anda segera mulai!

10 Bisnis Online Tanpa Modal Terbaru

Reseller atau Dropshipper

reseller, bisnis online tanpa modal, bisnis online tanpa modal untuk pelajar, bisnis online tanpa modal terbaru

Reseller atau dropshipper adalah jenis bisnis online gratisan. Lalu apa perbedaannya antara reseller atau dropshipper? Reseller adalah bisnis dimana Anda memutuskan untuk menjual produk milik orang lain. Sementara dropshipper adalah bisnis yang hampir mirip dengan toko online, tetapi Anda sama sekali tidak perlu memiliki stock barang untuk dijual. Kemudian, bagaimana cara kerja dari dropshipper? Bisnis ini mengharuskan Anda memiliki tempat atau lapak dan menggunakan nama toko yang Anda inginkan, dan dijalankan secara online.

Anda dapat membuka berbagai macam akun sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan juga aplikasi khusus chatting seperti WhatsApp, Line dan sebagainya. Tentukan supplier yang Anda ingin ajak untuk bekerja sama dan pasarkan produk supplier Anda kepada calon konsumen melalui toko online yang Anda buat.

Tentunya, harga yang Anda tawarkan sudah Anda mark up. Jika ada pesanan pada toko online milik Anda, Anda hanya perlu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier yang Anda ajak bekerja sama. Serahkan seluruh proses pemesanan, pembayaran hingga proses pengiriman barang ke konsumen, ke tangan supplier Anda.

Dengan menjadi dropshipper, Anda pun dapat memiliki keuntungan lain selain mark up harga, yaitu nama dan kepercayaan kepada toko online milik Anda, dikarenakan pihak supplier tetap menggunakan nama toko Anda untuk memasarkan produk miliknya. Oleh karena jenis bisnis ini juga bersifat online dan memanfaatkan berbagai sosial media, maka dapat digolongkan juga sebagai bisnis online gratis lewat HP.

Writer

writer, bisnis online tanpa modal, bisnis online tanpa modal untuk pelajar, bisnis online tanpa modal terbaru

Jika Anda memiliki bakat di bidang tulis menulis, Anda pun dapat memanfaatkannya sebagai bisnis online gratisan milik Anda. Mengapa dengan menjadi writer Anda dapat memiliki bisnis online gratisan? Tentunya dikarenakan Anda hanya perlu memiliki laptop atau Personal Computer kemudian mulai menulis di program seperti Microsfot Word. Dengan memanfaatkan bakat milik Anda, Anda dapat menawarkan jasa menulis artikel atau copywriting untuk sebuah media online, yang tentunya memiliki banyak peminat.

Atau Anda dapat memanfaatkan kesempatan sebagai penulis konten di website-website seperti Freelancer Indonesia, Sribulancer, Project.co.id, atau website-website lowongan kerja lain yang tentunya membutuhkan jasa penulis konten. Kesempatan yang terakhir tentunya dapat Anda manfaatkan apabila Anda tidak memiliki client dan meskipun Anda tidak memiliki client Anda tetap dapat langsung memiliki bisnis online gratisan.

Blogger

blogger, bisnis online tanpa modal, bisnis online tanpa modal untuk pelajar, bisnis online tanpa modal terbaru

Jika Anda memiliki bakat di bidang tulis menulis, tentunya juga dapat memanfaatkannya untuk memiliki bisnis online gratisan di bidang blogging. Atau dengan kata lain Anda dapat menjadi seorang blogger. Dengan menjadi seorang blogger, Anda harus terus memperhatikan konsistensi dari blog milik Anda.

Caranya adalah dengan menulis konten blog sesuai dengan niche yang Anda sukai sekaligus kuasai. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menemukan ide untuk konten blog milik Anda. Selain itu, optimasi blog milik Anda juga perlu Anda perhatikan, yaitu dengan menggunakan teknik SEO.

Di samping itu, untuk optimasi blog milik Anda tentunya juga membutuhkan jumlah konten yang tidak sedikit, demi menarik minat pembaca konten blog. Jika Anda mampu menarik minat pembaca konten blog, maka Anda dapat bergabung dengan program Pay-Per-Click atau PPC. Pendapatan dari program Pay-Per-Click atau PPC dari Google Adsense dapat menjadi passive income untuk Anda.

Youtuber

youtuber, bisnis online tanpa modal, bisnis online tanpa modal untuk pelajar, bisnis online tanpa modal terbaru

Anda pasti tidak asing lagi dengan profesi sebagai seorang Youtuber, yang dapat meraup penghasilan hingga milyaran rupiah per bulannya. Tentunya fakta tersebut sangatlah menggiurkan dan dapat digolongkan sebagai bisnis online gratisan atau dengan modal sedikit.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda tertarik dengan bisnis online gratis yang satu ini? Tentunya dengan membuat akun Youtube terlebih dahulu yang diawali dengan memiliki akun Google. Dilanjutkan dengan mengaktifkan kanal Youtube dan memberinya nama yang unik dan mudah diingat, dengan tujuan agar dapat lebih mudah dicari dan dikenal.

Sebagai seorang Youtuber, Anda harus dapat langsung membagikan konsep dan ide yang menarik melalui video yang diunggah. Semakin kreatif konten milik Anda, tentunya akan lebih mudah disenangi oleh pengunjung channel Youtube milik Anda.

Selanjutnya pada akhirnya, bisnis online gratisan milik Anda sebagai seorang Youtuber, dapat lebih cepat berkembang dan memberikan hasil yang menggiurkan untuk Anda. Selain itu, Anda dapat selalu memantai channel Youtube milik Anda melalui smartphone sehingga juga dapat digolongkan sebagai bisnis online gratis lewat HP juga.

Affiliate Marketing

Profesi sebagai affiliate marketer, dalam dunia perbisnisan, identik dengan makelar barang dan merupakan salah satu peluang bisnis online gratisan yang paling menjanjikan. Konsep dari affiliate marketer dalam dunia offline adalah Anda hanya perlu memperkenalkan suatu produk kepada orang-orang yang Anda kenal, kemudian jika terjadi penjualan maka Anda dapat mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan milik Anda pemilik produk atau layanan sebelumnya.

Tetapi dalam dunia bisnis online gratis, Anda dapat memanfaatkan website atau blog milik Anda yang tentunya memiliki traffic pengunjung yang potensial. Anda dapat menghasilkan puluhan hingga ratusan juta rupiah dengan mencantumkan link affiliate. Anda dapat bekerja sama dengan toko-toko online seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya.

Translator

Apabila Anda memiliki kemampuan berbahasa asing seperti Inggris, China, Jepang atau bahasa asing lainnya, Anda dapat mendapatkan peluang untuk memiliki bisnis online gratisan. Apa jenis peluangnya? Tentunya dengan menjadi jasa translator atau jasa penerjemah.

Sebab masih banyak sekali orang-orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa translator untuk bahasa asing. Anda hanya perlu memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus sekaligus kemampuan berkomunikasi, kemudian cari peluang Anda melalui website-website khusus pekerjaan freelance untuk jasa translator.

Jualan Materi Edukasi (Ebook & Video Tutorial)

Pernahkah Anda tertarik untuk menjual materi-materi edukatif ke masyarakat? Para mahasiswa bisa mencoba ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang satu ini. Bisnis ini sangat simpel sekaligus bermanfaat bagi masyarakat, sehingga dijamin akan selalu laris-manis.

Saat ini, banyak orang memanfaatkan internet untuk mencari materi-materi edukasi online dan mempelajarinya sendiri (otodidak). Nah, Anda dapat memanfaatkan peluang dengan menciptakan ebook, video tutorial ataupun podcast edukasi yang bisa dijual dengan harga terjangkau.

Peminat ebook dan materi-materi belajar online pun jauh lebih tinggi ketimbang buku fisik atau kursus offline karena harganya yang lebih murah, mudah diakses dan tidak mungkin rusak/hilang filenya. 

Freelance

Rekomendasi bisnis online tanpa modal terbaru lainnya adalah freelance. Freelance adalah bisnis lepas dengan tarif beragam sesuai yang Anda kehendaki. Banyak orang membutuhkan jasa freelance di kehidupan sehari-hari mereka, misalnya jasa fotografi, videografi, content writer, make up artist (MUA), illustrator hingga desainer grafis.

Banyak orang tertarik menjadi freelancer untuk memperoleh side income ataupun menekuninya sebagai profesi utama. Bisnis online tanpa modal ini bisa sangat menguntungkan karena dapat dikerjakan pada waktu luang (fleksibel); tidak memakan banyak modal; serta bisa disesuaikan dengan hobi atau passion Anda.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis online terbaru freelance ini? Tentunya dengan memanfaatkan teknologi online canggih masa kini. Anda dapat melamar job di situs-situs freelancer gratis atau mempromosikan jasa di platform milik sendiri, semisal di web atau sosmed.

Jasa Website

Para mahasiswa ilmu komputer bisa mencoba menjalankan bisnis online berupa jasa pembuatan website. Ada banyak sekali keuntungan dari ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini, di antaranya:

  • Mengasah kemampuan dan ilmu pemrograman yang telah dikuasai.
  • Menambah portofolio untuk ditambahkan ke riwayat pengalaman di CV.
  • Memperdalam wawasan dengan mempelajari hal-hal baru.
  • Memperluas koneksi Anda dengan orang-orang baru yang berpotensi menjadi klien ataupun partner.
  • Mendapatkan uang tambahan dari hobi dan passion Anda.

Membuka jasa website juga tidak memakan banyak modal sama sekali. Untuk bisa bekerja, Anda hanya akan memerlukan laptop milik pribadi, kuota internet, dan skill coding yang dimiliki saja. Skill coding pun dapat dipelajari lagi dengan mengikuti course online atau tutorial pemrograman gratis yang ada di internet.

Admin Sosial Media

Rekomendasi terakhir tentang bisnis online tanpa modal terbaru adalah menjadi admin sosial media. Saat ini ada banyak layanan bisnis maupun individu yang berkembang di berbagai sosmed. Tentunya peluang menjadi tenaga bantuan admin pengelola sosmed pun muncul dan banyak dibutuhkan sana-sini.

Mengurus sosmed sejatinya tidak melelahkan; aktivitasnya sama saja seperti saat Anda memainkan akun sosmed pribadi. Menariknya lagi, Anda boleh memilih mau menjadi admin sosmed platform yang diminati, misalnya menjadi admin Instagram, TikTok, Facebook, WhatsApp atau Twitter.

Admin sosmed pun termasuk sebagai bisnis online tanpa modal untuk pelajar. Anda bisa mengerjakan tugas memposting konten atau membalas pesan masuk di sela-sela waktu luang sehari-hari. Modalnya juga tidak banyak, hanya ponsel dan kuota pribadi saja.

Lalu Anda akan dibayar hingga jutaan rupiah dalam sebulan mengingat upah (fee) admin sosmed biasanya dihitung per jam. Bagaimana, tertarik mencoba peluang bisnis online tanpa modal ini?

Demikian informasi mengenai 10 bisnis online tanpa modal yang dapat Anda pertimbangkan untuk mulai Anda kembangkan. Tentunya bisnis apapun yang Anda pilih, harus Anda tekuni dan upayakan dengan baik demi mendapatkan penghasilan besar yang Anda idam-idamkan.