Konsultan Marketing | Jenis Layanan dan Pekerjaannya

 

Konsultan marketing merupakan sebuah profesi yang membutuhkan dedikasi yang tinggi, sama sekali tidak mudah dan membutuhkan skill individu yang baik.

Nah, bagi Anda yang bercita-cita menjadi seorang konsultan dalam tulisan ini akan dibahas secara menyeluruh apa itu jenis layanan, peran dan manfaat konsultan penjualan. Yuk langsung saja disimak ulasannya.

Peran Jasa Konsultan Marketing

Jika Anda ingin perusahaan Anda terus berkembang secara dinamis, maka Anda harus paham bahwa jasa konsultan pemasaran bisa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perusahaan yang Anda miliki. Hal ini tetap berlaku meskipun Anda sudah mempunyai tim marketing internal dalam perusahaan Anda.

Mengapa jasa konsultan tetap Anda butuhkan? Hal ini karena seorang konsultan pemasaran yang kompeten akan memposisikan dirinya pada titik yang netral dalam perusahaan Anda.

Maksudnya adalah seorang konsultan pemasaran mampu berpikir secara objektif dan tidak akan memihak kepada salah satu unsur individu dalam perusahaan Anda. Jadi, dengan kode etiknya yang tidak memihak kepada siapapun seorang konsultan mampu memberikan sumbang asih yang positif demi kemajuan dan perkembangan perusahaan Anda.

Selain itu, seorang konsultan marketing yang telah malang melintang dalam dunia konsultasi marketing, tentunya mampu menghadapi segala macam klien yang berbeda dengan latar belakang yang berbeda pula.

Jadi seperti yang telah disebutkan di atas, meskipun Anda sudah membentuk tim marketing internal dalam perusahaan Anda, namun menggunakan jasa marketing konsultan tetap menjadi pilihan yang bijak dan sangat dianjurkan.

Karena kebijakan strategis yang dibuatnya dipastikan bisa mendongkrak kualitas perusahaan Anda menjadi lebih baik ke depannya. Berikut adalah beberapa poin utama akan peran seorang marketing konsultan.

Sponsor Link

Membuat strategi marketing

Peran yang diemban seorang konsultan pemasaran yang pertama adalah membuat strategi marketing atau pemasaran. Untuk bisa dieksekusi dengan maksimal segala sesuatu membutuhkan strategi yang jitu, tak terkecuali dalam pemasaran.

Jika Anda menghendaki target pemasaran selalu terlampaui, Anda harus mempunyai strategi pemasaran yang sesuai. Jika Anda seorang pebisnis namun tidak memiliki strategi, maka Anda Anda akan menghabiskan semua sumber daya semisal tenaga, waktu, biaya untuk hal yang sia-sia karena tidak sesuai dengan harapan.

Jadi peran seorang konsultan sangat penting di sini kalau Anda ingin perusahaan Anda selalu mencapai target pemasaran. Sebelum menentukan strategi pemasaran yang jitu, seorang konsultan pemasaran akan menganalisa bisnis Anda terlebih dahulu.

Misalnya saja perusahaan Anda merupakan perusahaan di bidang jasa maka seorang konsultan akan menganalisa perusahaan tersebut terkait dengan target pemasaran, biaya operasional dan seterusnya.

Nah, setelah selesai melakukan analisa terhadap bisnis Anda maka selanjutnya dibuatlah sebuah strategi pemasaran agar target penjualan yang Anda canangkan bisa tercapai dengan maksimal.

Jadi bisa disimpulkan dengan menyewa jasa seorang konsultan maka Anda bisa lebih menghemat waktu, biaya dan tenaga. Karena jika Anda ingin hasil penjualan yang maksimal maka serahkan saja pada tenaga profesional yaitu kepada marketing konsultan. Dijamin perusahaan Anda akan lebih terjamin eksistensinya di masa depan.

Menjalankan marketing plan

Peran selanjutnya dari seorang konsultan penjualan adalah menjalankan rencana pemasaran yang sudah dirumuskan dan disepakati oleh perusahaan terkait. Pada beberapa penyedia jasa konsultan, terkadang juga memiliki jasa pendukung yaitu sebagai eksekutor dari rencana pemasaran yang sudah dicanangkan.

Jadi tidak terbatas pada pembuatan strategi marketing saja, seorang konsultan juga dipastikan kompeten dalam menjalankan atau mengeksekusi plan atau rencana yang telah dirumuskan.

Nah, jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal dalam penjualan, maka untuk eksekusi rencana pemasaran bisa Anda serahkan kepada seorang konsultan. Hal ini karena tidak ada yang bisa menerapkan sebuah strategi atau rencana dengan baik kecuali seseorang yang telah membuat strategi atau rencana tersebut.

Mengaudit posisi brand

Peran seorang konsultan marketing berikutnya adalah sebagai pengaudit posisi brand. Anda harus paham dengan baik bahwa sebuah perusahaan yang ingin eksistensinya tetap langgeng di tengah kompetisi yang kuat serta bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal, maka perusahaan tersebut membutuhkan sebuah citra atau brand yang positif.

Jadi, sebagai pebisnis Anda harus tahu bagaimana citra perusahaan Anda di mata pelanggan atau konsumen. Jika perusahaan yang Anda miliki mempunyai citra yang positif tidak masalah, namun bagaimana jika malah sebaliknya?

Perusahaan dengan brand atau citra yang kuat akan memudahkan divisi pemasaran dalam menjual produksi serta meningkatkan pertumbuhan perusahaan tersebut. Bisa dibilang jika perusahaan Anda telah memiliki brand yang kuat di masyarakat, maka mencapai target pemasaran atau bahkan melampauinya merupakan pekerjaan yang mudah saja.

Sebaliknya, jika citra atau brand perusahaan Anda belum terlalu populer atau bahkan buruk di mata pelanggan, maka jangan harap target pemasaran akan selalu tercapai.

Oleh karena itu, tanamkan dalam benak Anda sebaik dan sesempurna apapun sebuah strategi pemasaran, namun jika Anda tidak terlalu peduli dalam membangun brand, maka jangan terlalu muluk-muluk dalam menargetkan penjualan.

Maka dari sinilah dirasa penting peran seorang konsultan pemasaran dalam membantu membangun citra perusahaan yang baik. Awalnya dia akan menganalisa secara mendetail dan objektif tentang posisi perusahaan Anda di mata pelanggan untuk selanjutnya membuat strategi untuk meningkatkan kekuatan brand perusahaan Anda.

Pemberi masukan kebijakan marketing

Sudah menjadi keharusan bagi seorang owner perusahaan untuk memahami tentang seluk beluk bisnis yang dikelolanya khususnya terkait dengan proses produksi, produk/jasa yang ditawarkan, kompetitor dan lain sebagainya.

Hal inilah yang terkadang menjadi faktor yang membuat pikiran seorang CEO atau owner perusahaan bercabang dan tidak fokus. Pikiran yang terpecah akan membuat seseorang kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama dalam memutuskan sesuatu.

Padahal seorang CEO atau owner perusahaan harus bisa memutuskan hal yang urgen dalam keadaan dan kondisi apapun. Keputusan-keputusan inilah yang nantinya bisa menentukan nasib sebuah perusahaan ke depannya.

Namun, karena fokus yang terpecah tersebut terkadang bisa membuat pemilik perusahaan salah dalam mengambil dan menentukan keputusan yang akan berimbas terhadap perkembangan perusahaan yang dikelolanya.

Untuk itulah dalam hal ini peran seorang konsultan dirasa sangat penting sekali. Konsultan akan berperan sebagai independent advisor atau penasihat independen yang akan membantu Anda dengan memberi masukan-masukan terkait masalah kebijakan marketing.

Nah, saran dari seorang yang terbukti profesional inilah yang akan membantu CEO atau owner perusahaan dalam mengambil keputusan-keputusan yang terbaik untuk perusahaan.

Manfaat Jasa Konsultan Marketing

Jika dilihat dari peran-peran jasa konsultasi marketing yang sangat urgen bagi perkembangan sebuah perusahaan, namun sampai sekarang masih banyak pemilik perusahaan yang enggan menggunakan jasa konsultasi marketing.

Hal ini bisa disebabkan karena para pemilik perusahaan masih belum merasa membutuhkan jasa konsultasi marketing atau faktor ketakutan akan biayanya yang mahal.

Namun jika ditelaah lebih jauh, harga yang mahal ini akan sebanding dengan manfaat yang diberikan jika Anda memutuskan untuk menyewa jasa konsultan pemasaran. Manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

Strategi marketing yang up to date

Di era teknologi yang berkembang secara cepat seperti yang kita rasakan saat ini, ditambah dengan semakin maraknya hal-hal yang berbasis internet tentu membuat perilaku masyarakat akan berubah secara dinamis.

Jika dulu untuk membeli sebuah produk Anda harus mendatangi seseorang yang menjual produk tersebut, namun sekarang Anda hanya harus menekan beberapa tombol di smartphone dan barang tersebut akan diantar ke rumah Anda.

Perubahan daya beli dan cara beli masyarakat inilah yang membutuhkan seorang pembuat strategi ulung untuk mengatasinya. Kalau dulu lokasi yang strategis adalah faktor utama untuk mendongkrak pemasaran namun berbarengan dengan perkembangan zaman, hal ini menjadi tidak relevan lagi. Apalagi maraknya market-market virtual yang bahkan tidak membutuhkan toko fisik untuk berjualan.

Untuk itulah Anda membutuhkan seorang konsultan penjualan untuk mengatasi problematika yang terus berubah dan membuat strategi pemasaran terkini yang jitu. Hal ini karena seorang marketing konsultan dijamin selangkah lebih maju dan update tentang perubahan-perubahan tersebut. Jadi dia mampu memberikan sebuah strategi pemasaran yang jitu dan cocok sesuai dengan zaman yang berlaku.

Mengurangi kesalahan

Manfaat selanjutnya jika Anda menyewa jasa seorang marketing konsultan adalah terminimalisir-nya kesalahan. Kesalahan yang dimaksud adalah segala macam kesalahan semisal kesalahan dalam menerapkan strategi, kesalahan dalam mengambil keputusan dan lain sebagainya.

Jadi meskipun terkesan mahal, namun dengan menyewa jasa konsultan pemasaran Anda bisa lebih banyak berhemat. Hal ini karena Anda tidak harus melakukan percobaan (trial dan error) yang pasti akan membuat Anda merugi dan mengeluarkan biaya yang lebih banyak daripada menyewa seorang konsultan marketer.

Dengan menyewa jasa konsultan, maka segala kesalahan terkait dengan perusahaan akan terminimalisir. Karena seorang konsultan adalah seorang yang telah berpengalaman dan banyak belajar dari kesalahannya di masa lalu. Sehingga segala bentuk kesalahan akan nihil dan perusahaan Anda bisa berkembang menjadi lebih baik nyaris tanpa hambatan.

Sponsor Link

Biaya marketing terkontrol

Manfaat selanjutnya jika Anda memutuskan untuk menyewa jasa konsultan marketing Anda akan terbantu dalam menganggar dan mengontrol biaya pemasaran. Masih sering terjadi dimana seorang owner perusahaan tidak bisa dan kesulitan dalam menentukan perencanaan biaya atau anggaran.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya saja kurang bisa memahami solusi marketing yang akan diterapkan, kurangnya analisa marketing dan kurang memahami calon vendor.

Namun, Anda tidak perlu panik dan khawatir karena dengan adanya jasa konsultan pemasaran masalah ini akan bisa teratasi. Hal ini karena seorang konsultan pemasaran akan melakukan analisis terlebih dahulu terkait estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membiayai pemasaran.

Dia juga akan melakukan pertimbangan yang mendalam yang nantinya bisa menjadi referensi atau pedoman buat Anda dalam mengatur budget marketing perusahaan yang Anda kelola. Dengan budget yang terkontrol, maka tidak akan ada istilah anggaran kurang atau berlebih, sehingga secara tidak langsung akan membantu kesehatan keuangan perusahaan Anda.

Lebih cepat mencapai target

Manfaat selanjutnya yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan jasa konsultan pemasaran adalah perusahaan Anda akan lebih cepat dalam mencapai target yang dicanangkan dari awal khususnya terkait dengan profit dan penjualan.

Jika diulangi dari atas, dengan strategi paling baru, kesalahan yang terminimalisir sehingga mengurangi waktu yang terbuang sia-sia maka gamblang bahwa seorang konsultan pemasaran akan membantu perusahaan Anda mencapai target keuntungan dan penjualan yang ditetapkan sejak awal.

Jadi konsultan tidak saja membantu perusahaan mencapai target yang direncanakan, namun mempercepat prosesnya sehingga secara langsung akan membantu mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik dengan cepat.

Hal inilah yang merupakan nilai tambah dari seorang marketing konsultan yang mana terbukti secara signifikan berkontribusi terhadap perkembangan bisnis Anda. Hal ini juga bisa dibilang menjadi pertaruhan bagi seorang marketing konsultan, karena jika dia gagal sekali saja maka nama baiknya lah yang akan dipertaruhkan.

Positifnya hal ini bisa menjadi motivasi ekstra baginya untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap klien. Bisa dibilang seorang konsultan marketing ibarat karyawan terbaik yang bekerja untuk Anda. Karena dia selalu fokus dan memberikan hanya yang terbaik.

Menciptakan pertumbuhan bisnis

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan jasa konsultan marketing adalah membantu Anda menjadi pebisnis yang terus tumbuh menjadi lebih baik.

Jadi tugas seorang konsultan marketer tidak hanya pada percepatan proses perusahaan dalam mencapai target namun berlanjut hingga membuat klien mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan. Singkatnya, seorang konsultan penjualan akan membantu Anda menjadi pebisnis yang lebih baik.

Jadi, tugas dan fungsi konsultan penjualan tidak terbatas pada perjanjian tertulis yang tertera di atas kontraknya. Namun, dia akan merasa lebih sukses jika mampu membawa dampak yang besar dalam mengembangkan iklim bisnis dalam perusahaan tersebut. Nantinya, perusahaan tersebut akan berkembang dan mendapatkan kepercayaan dari banyak calon-calon pelanggan yang lainnya.

Jenis Jasa Konsultan Marketing

Ada 4 jenis jasa yang bisa Anda dapatkan dari seorang konsultan marketing. Jenis-jenis jasa ini semuanya sangat urgen dan pasti Anda butuhkan jika Anda ingin usaha Anda bisa mencapai target pemasaran dengan tepat dan cepat. Jenis-jenis jasa konsultan penjualan adalah sebagai berikut.

Jasa pembuatan strategi marketing

Jenis jasa pertama yang disediakan oleh seorang konsultan penjualan adalah jasa pembuatan strategi marketing. Seorang konsultan penjualan bisa merencanakan strategi marketing yang tepat dan jitu bagi bisnis berkembang, bisnis baru maupun produk baru. Strategi marketing yang diberikan kepada klien juga up to date disesuaikan dengan perkembangan zaman yang berlaku saat itu.

Jasa analisa kompetitor

Untuk bisa sukses dalam berbisnis Anda juga harus memahami langkah dan manuver pesaing Anda. Dalam hal ini, seorang konsultan penjualan akan membantu Anda menganalisa strategi-strategi yang digunakan oleh pesaing sehingga Anda bisa mengantisipasinya.

Jasa analisa pasar

Jenis jasa selanjutnya adalah jasa analisa pasar. Untuk bisa melakukan penjualan Anda harus mempunyai target pasar yang tepat. Seorang konsultan penjualan akan menganalisa target pasar dan kondisinya sebelum Anda melakukan sebuah bisnis baru atau ingin mengembangkan bisnis Anda.

Sponsor Link

Jasa branding

Dalam hal ini konsultan penjualan akan memberikan klien jasa branding dimana dia akan menciptakan daya tarik kepada pelanggan dengan membuat citra perusahaan yang kuat dan positif. Perusahaan dengan brand yang kuat tidak akan menemui masalah dalam proses penjualan.

Demikianlah, ulasan tuntas tentang konsultan marketing, jenisnya, manfaatnya serta perannya bagi sebuah perusahaan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda nantinya dalam menjalankan sebuah bisnis.

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry