Last Updated on October 10, 2023 by appkey
Cara menggunakan google trend – Apakah Anda pernah mendengar Trend Google atau Google Trend? Trend Google adalah sebuah website layanan yang disediakan oleh Google dan dirilis pada tahun 2006, memiliki fungsi untuk menganalisis pencarian terbanyak dalam Google Search Engine, dan dapat disesuaikan berdasarkan area atau wilayah dan bahasa yang diinginkan.
Secara sederhana, Google Trend adalah website yang dapat digunakan untuk pencarian mengenai tren atau topik yang sedang hangat diperbincangkan di Google Search Engine. Meskipun dirilis pertama kali pada tahun 2006, Google Trend masih terus dikembangkan hingga saat ini.
Sebagai contoh, pada tahun 2008 Google memperkenalkan fitur Google Insight for Search yang berfungsi untuk pencarian tren dalam sebuah area geografi yang lebih spesifik. Fitur ini kemudian menjadi core part dari Google Trend. Selain memberikan layanan berupa pencarian tren atau topik yang sedang hangat diperbincangkan, Google Trend juga dapat dimanfaatkan untuk riset mengenai keyword yang sering digunakan dan juga melakukan perbandingan antar beberapa keyword sekaligus.
Selain itu, kelebihan lain dari Google Trend adalah tampilannya yang sederhana dan tidak rumit sehingga mudah untuk langsung dimengerti. Layanan inipun bersifat gratis sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan seperti masyarakat umum, kompetitor, blogger, produsen atau penyedia layanan, marketers, webmasters, hingga untuk kepentingan Google Adsense.
Lalu bagaimana cara menggunakan Google Trend untuk mencari trending topic di internet?
Daftar Isi
Cara Mengetahui Trending Topik Terkini dengan Trend Google
Ada banyak cara menggunakan Google Trend demi mendapatkan trending topic yang menarik dan sesuai dengan minat masing-masing pengguna. Orang-orang bisa menggunakan layanan ini sebagai alat untuk menganalisis suatu situasi, sebagai contoh yaitu penyedia layanan.
Salah satu cara menggunakan Google Trends untuk riset pasar yaitu Google Trend dapat digunakan untuk menganalisis audiens yang ditargetkan atau calon konsumen, sehingga marketers, produsen atau penyedia layanan dapat lebih mengenal minat konsumen dan menciptakan strategi bisnis, pemasaran atau promosi yang tepat. Pada umumnya, topik adalah hal utama yang dimiliki oleh pengguna layanan ini sebab penentuan topik akan membantu pengguna fokus dalam pencarian informasi yang dibutuhkan.
Saat melakukan pencarian informasi pengguna akan dibawa oleh Google Trend dari satu informasi ke informasi lainnya dan dari hal inilah informasi tersebut dianalisis untuk kepentingan yang berbeda-beda. Sebelum mengakses Trend Google, pengguna harus sudah memiliki akun Google terlebih dahulu sebelum dapat mengakses website ini.
Cara menggunakan Google Trends untuk riset produk dapat memberikan wawasan berharga tentang minat konsumen terhadap suatu produk atau kategori lainnya.
Cara Menggunakan Google Trend untuk Melihat Trending Topik
Pada saat membuka halaman Trend Google pertama kali, pengguna akan melihat tampilan berupa keyword-keyword tertentu dan peta dunia. Setiap keyword dilambangkan dengan warna tertentu dan peta dunia yang ditampilkan diberi warna yang berbeda sesuai dengan lambang dari masing-masing keyword. Hal ini menunjukkan ketertarikan yang berbeda terhadap keyword atau informasi oleh pengguna Trend Google di wilayah yang berbeda pula.
Sebagai contoh, terdapat dua keyword, yaitu Taylor Swift yang dilambangkan dengan warna ungu dan Kim Kardashian yang dilambangkan dengan warna biru tua. Kemudian di bawah kedua keyword tersebut terdapat peta USA yang terbagi berdasarkan wilayahnya dan wilayah yang berbeda diberi warna yang berbeda pula, yaitu ungu atau biru tua.
Wilayah yang diberi warna ungu diartikan bahwa pengguna Trend Google di wilayah tersebut banyak melakukan penelusuran terhadap keyword atau informasi tentang Taylor Swift. Hal yang sama pun dapat diartikan pada Kim Kardashian.
Di halaman yang sama jika di-scroll ke bawah, terdapat keyword atau topik-topik dalam Google Search Engine dengan tingkat penelusuran berbeda-beda. Trend Google memberikan informasi berapa kali topik-topik tersebut ditelusuri oleh pengguna lain.
Sebagai contoh 20 rb+ penelusuran. Selain itu, terdapat filter yang dapat digunakan untuk mencari topik dan topik tersebut dapat disesuaikan berdasarkan negara, waktu, kategori dan jenis penelusuran. Caranya dengan menuliskan sebuah keyword pada kolom Enter a Search Term or a Topic atau Add a Search Term.
Sebagai contoh, saat menuliskan topik Adam Levine di field tempat pencarian topik, maka Trend Google secara otomatis akan menampilkan informasi yang lengkap mengenai intensitas pengguna yang menelusuri informasi menggunakan keyword tersebut dan juga disediakan informasi dalam bentuk grafik.
Informasi dalam grafik tersebut disesuaikan berdasarkan lokasi pengguna, tetapi juga dapat disesuaikan berdasarkan negara, waktu topik tersebut diakses, kategori apa yang diinginkan berdasarkan keyword tersebut, dan terakhir, jenis penelusuran apa yang diinginkan seperti penelusuran berdasarkan gambar, berita, Google Shopping dan terakhir penelusuran berdasarkan Youtube. Semua informasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.
Hal menarik lainnya adalah peminat dari topik tersebut dapat dibandingkan berdasarkan sub wilayah dari suatu negara tertentu. Tampilannya seperti peta sebuah negara dan terdapat pembagian wilayah-wilayah. Setiap wilayah diberi warna biru atau biru muda atau tidak diberi warna.
Wilayah yang diberi warna biru menandakan penelusuran topik tersebut banyak dilakukan di wilayah tersebut, warna biru muda menandakan penelusuran topik yang lebih sedikit di wilayah tersebut, dan juga terdapat wilayah yang tidak diwarnai. Wilayah yang tidak diwarnai bukan berarti tidak terdapat penelusuran, tapi kemungkinan besar jumlah penelusurannya tidak signifikan.
Hal penting lainnya adalah angka (0-100). Angka ini bukan menunjukkan berapa jumlah pengguna yang menggunakan keywords tersebut tetapi angka perkiraan pengguna yang melakukan penelusuran dengan menggunakan keywords tersebut. Terdapat juga informasi mengenai topik-topik terkait Adam Levine dan juga tingkat ketertarikan terhadap topik tersebut, topik mana yang peminatnya meningkat dan topik mana yang menempati posisi teratas. Informasi ini dapat digunakan sebagai media untuk mengembangkan topik dan juga konten-konten yang menarik.
Jika kembali ke halaman awal, maka terdapat fitur berupa Daily Search. Fitur ini dapat diakses melalui icon Sidenav (≡) yang terletak di bagian pojok kiri atas, yaitu berupa lambang tiga garis horizontal yang disusun berurutan menjadi satu. Saat simbol ini dipilih, maka terdapat beberapa pilihan seperti Pelajari, Penelusuran Trending, Setahun Search, Langganan juga opsi lain seperti Bantuan dan Kirim Masukan.
Fitur Daily Search dapat diakses melalui opsi Penelusuran Trending dan secara otomatis Trend Google akan memberikan opsi berupa Tren Penelusuran Harian, Tren Penelusuran Real Time, dan juga penelusuran ini dapat disesuaikan berdasarkan negara.
Trend Google untuk Kebutuhan Spesifik
Selain untuk melihat trending topic di internet, website ini pun dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya yang lebih spesifik. Pada umumnya digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk mencapai tujuan tertentu, seperti content creator untuk kebutuhan pembuatan konten, marketer untuk kebutuhan strategi pemasaran dan promosi, dan sebagainya.
Perbandingan Keyword
Untuk mendapatkan keyword potensial dari Trend Google sangatlah mudah namun pengguna dapat membandingkan beberapa keyword sekaligus dengan menggunakan fitur Comparison. Maksimal keywords yang dapat dibandingkan adalah 5 keyword. Caranya cukup dengan menambahkan keyword lain yang sejenis dengan keyword yang ditetapkan sebelumnya. Misalnya, keyword pertama adalah Adam Levine, maka selanjutnya tambahkan nama penyanyi band asal Amerika lainnya.
Kemudian secara otomatis website ini akan memberikan informasi perbandingan antar keyword dalam bentuk grafik, peta wilayah dan kueri yang berkaitan. Dan fitur filter berdasarkan negara, waktu, kategori dan hal lainnya pun dapat dilakukan. Hal menarik lainnya adalah informasi tersebut dapat diunduh, embed dan dibagikan.
Opsi Pencarian Spesifik
Website ini juga tidak hanya dapat digunakan untuk menganalisis tingkat penelusuran di Google Search Engine¸ tetapi juga dapat menganalisis tingkat penelusuran di media lain seperti Youtube, Image Search, NewsSearch, dan Google Shopping. Meskipun posisi primadona masih dipegang oleh Youtube jika informasi dikaitkan dengan penelusuran melalui video.
Ketika penelusuran melalui Youtube dipilih, maka secara otomatis grafik yang muncul akan berdasarkan data menurut penelusuran di Youtube. Meskipun keyword yang digunakan sama, grafik yang dihasilkan dengan menggunakan penelusuran berdasarkan Google Search Engine dan Youtube, tentunya akan berbeda pula.
Prediksi Trend dan Siklus Trend
Berdasarkan pemaparan sebelumnya, website ini dapat dimanfaatkan untuk mencari topik hangat, keyword menarik dan apabila diteruskan dapat dimanfaatkan untuk membuat konten yang menarik. Tetapi tentu saja, bukan website inilah yang menyebabkan sebuah konten dapat menarik banyak peminat tetapi bagaimana pengguna website ini memandang data yang dihasilkan dan menganalisis data tersebut, untuk kemudian dibuat menjadi sebuah konten yang menarik.
Sebagai ilustrasi, pemakai website ini tentulah sangat banyak dan cakupannya pun luas, tetapi tidak semua orang dapat menggunakan data dan mendapatkan hasil analisis yang sama. Bisa jadi hal ini akan mempengaruhi konten yang diciptakan. Karena itulah website ini memberikan informasi berupa berapa banyak penelusuran dengan keyword tertentu, grafik, peta wilayah berdasarkan tingkat penelusuran dan lain sebagainya. Semua fitur-fitur tersebut jika dimanfaatkan dengan baik dapat dipergunakan untuk memprediksi sebuah trend.
Siklus trend merupakan, waktu-waktu tertentu disaat pengguna tertentu mencari informasi dengan menggunakan keyword tertentu yang berkaitan dengan waktu tersebut. Sebagai contoh, keyword “menu buka puasa” atau “natal”, pada umumnya akan mengalami peningkatan di waktu-waktu tertentu, yaitu di bulan Ramadhan dan juga menjelang Natal. Hal inilah yang dapat dipergunakan oleh produsen atau penyedia layanan untuk dapat menawarkan produk atau jasanya pada saat waktu tertentu tersebut.
Fitur-Fitur yang terdapat pada Google Trend
- Pencarian kata kunci: Dengan menggunakan fitur tersebut, pengguna akan lebih mudah untuk mencari topik yang diinginkan karena Google Trend akan memfilter konten-konten sesuai dengan kata kunci yang dimasukan oleh pengguna.
- Kategori: Pengguna dapat memilih kategori tertentu yang digemari atau ingin dicari seperti (hiburan, komedi, teknologi, kesehatan, dll).
- Peringkat terkini: Pengguna dapat melihat daftar peringkat terkini untuk kata kunci atau topik tertentu, yang menunjukan apa yang dicari oleh pengguna lainnya.
- Data histori: Pengguna dapat mengakses data histori dengan beberapa dekade ke belakang, yang dapat membantu pengguna untuk menganalisis topik trend jangka panjang.
- Visualisasi data Google: Google Trend menyajikan data dalam bentuk grafik garis yang mudah dibaca dan dapat diunduh untuk analisis lebih lanjut.
Demikian hal-hal menarik dan bermanfaat yang dapat dipaparkan dan tentunya saja layak untuk dipelajari dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang dapat disimpulkan terkait website ini adalah website ini tidak hanya dapat menjadi sebagai alat untuk mencari informasi dan hiburan, tetapi juga untuk kebutuhan profesional terkait pekerjaan dan bahkan alat analisis untuk peluang penghasilan.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.