Last Updated on August 25, 2022 by
Tahukah Anda bahwa bisnis transportasi online bisa mendatangkan keuntungan yang tak kalah menjanjikan daripada bisnis lainnya?
Dewasa ini, banyak orang mengandalkan sarana transportasi umum untuk bepergian, baik untuk pergi ke kantor, sekolah, mall, atau pulang ke rumah. Meskipun saat ini tampaknya hampir semua orang mempunyai kendaraan pribadi, namun hampir sebagian besar orang tetap lebih suka menggunakan jasa transportasi umum atau ojek karena lebih praktis.
Dengan menggunakan angkutan umum, seseorang tidak perlu repot membeli bensin, mencari tempat parkir, atau repot menservis kendaraan pribadi secara berkala. Beberapa orang juga merasa lebih nyaman menaiki kendaraan umum atau ojek karena berbagai alasan lain seperti sering merasa kelelahan kalau harus menyetir sendiri, sebal terkena macet jalanan, atau semata-mata tidak begitu mahir mengendarai kendaraan bermotor.
Jadi inilah kesempatan besar Anda untuk mengembangkan bisnis transportasi online sendiri. Namun, sebatas menemukan cara membuat aplikasi ojek online saja tidaklah cukup. Anda perlu mengetahui aneka cara promosi yang menarik untuk bisnis transportasi online demi meraih omset maksimal.
Kabar gembiranya, Anda beruntung karena kami sudah menyediakan 8 cara promosi yang menarik untuk bisnis transportasi online pada artikel edisi kali ini. Penasaran?
Daftar Isi
8 Cara Promosi yang Menarik untuk Bisnis Transportasi Online (Ojek Online & Taxi Online)
Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis transportasi online seperti ojek online atau taxi online? Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis Anda supaya jumlah pelanggan dan omset yang diraih maksimal, ya!
Nah, kalau Anda bingung bagaimana cara promosi yang bagus, menarik dan tepat untuk bisnis transportasi online, maka Anda bisa langsung mencoba 8 tips simpel berikut ini:
1. Mengaplikasikan Public Relation Strategy
Pertama, cobalah untuk mengaplikasikan public relation strategy. Public relation strategy merupakan taktik promosi khusus untuk melakukan branding perusahaan dan menghasilkan banyak publikasi positif yang mendukung branding. Sehingga, public relation strategy sangat cocok untuk meningkatkan awareness publik terhadap bisnis ojek online baru Anda.
Ada banyak contoh public relation strategy yang bisa digunakan dalam mempromosikan bisnis. Beberapa contoh yang terkenal adalah melakukan kolaborasi dengan acara besar lain (menjadi sponsor), mengadakan event, melakukan press rilis atau pemberitaan di media, dan lain-lain.
2. Memberikan e-Kupon atau e-Voucher Promo
Strategi promosi dengan kupon dan voucher memang terkesan kuno, namun jangan salah, trik pemberian voucher ini selalu berhasil untuk menggaet konsumen potensial.
Voucher dan kupon adalah strategi promosi yang sudah ada dan dilakukan sedari dulu sampai sekarang. Dengan menggunakan voucher, konsumen bisa mendapat potongan harga sesuai jumlah yang tertera di kupon. Semisal Anda berbelanja sebanyak 50 ribu dan menggunakan voucher diskon 30 ribu. Jadi, Anda hanya perlu membayar sisa 20 ribu saja. Lumayan menguntungkan, bukan?
Di era teknologi digital saat ini pun, voucher dan diskon bertransformasi dari bentuk fisik ke bentuk digital dengan nama e-voucher atau e-kupon. Namun metode penggunaannya sama saja. Konsumen bisa mengaplikasikan e-voucher yang mereka punya melalui aplikasi transportasi online ketika hendak memesan jasa antar-jemput.
E-voucher sudah terbukti menjadi metode ampuh untuk menggaet calon konsumen di bisnis jasa transportasi. Contohnya ada pada bisnis ojek online GoJek yang mengandalkan strategi pemberian e-voucher melalui aplikasinya.
3. Memberi Cashback
Selain voucher, Anda bisa memberikan cashback alias pengembalian sejumlah uang pasca konsumen menyelesaikan transaksi atau pemesanan jasa via app. Cashback bisa diberikan dalam nominal tertentu, dalam bentuk berupa poin atau koin, dan apabila konsumen memenuhi syarat yang ditentukan penjual.
Semisal untuk pemesanan jasa antar-jemput dengan minimal ongkos 30 ribu rupiah, konsumen bisa mendapat 10% cashback dalam bentuk poin loyalti. Nantinya, poin yang dikumpulkan bisa digunakan lagi untuk pembayaran pesanan jasa antar berikutnya. Dijamin, konsumen Anda akan jadi lebih senang menggunakan jasa transportasi milik Anda!
Trik cashback ini juga diaplikasikan oleh bisnis ojek online Grab melalui sistem OVO Points. Tidak ada salahnya untuk mencoba langkah serupa karena trik cashback terbukti sukses menarik minat konsumen. Tugas Anda sekarang adalah untuk memvariasikan jumlah cashback yang diberikan, semisal memberikan cashback hingga 50% untuk pengguna baru.
4. Dekati Konsumen dengan Email Marketing
Berpromosi dengan email marketing masih menjadi jalan efektif untuk mempromosikan jasa ke konsumen, termasuk jasa transportasi. GoJek Indonesia dan Grab pun sama-sama menggencarkan taktik email marketing guna membina komunikasi yang baik dengan konsumen.
Mungkin menurut Anda, media komunikasi email sudah terkenal “jadul”. Namun di dunia bisnis, ada banyak studi membuktikan bahwa email marketing sukses mendatangkan konsumen baru 40% lebih baik dibandingkan sarana promosi lainnya.
Email marketing masih banyak diminati karena mampu membangun penawaran serta komunikasi yang personal dengan setiap konsumen secara individu. Akan tetapi tentu saja, pelaksanaan email marketing dan konten-konten promosi di dalamnya harus disesuaikan dengan target market Anda.
Semisal konsumen Anda adalah pekerja kantoran yang selalu bepergian kemana-mana dan tidak ingin terjebak macet di jalanan. Melalui email marketing, Anda bisa menawarkan paket voucher transportasi hemat dengan jasa ojek sepeda motor supaya konsumen bisa bepergian dengan nyaman memakai jasa Anda. Dijamin konsumen akan tertarik mencoba jasa Anda karena apa yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka
5. Tawarkan Jasa di Media Sosial
Pastinya Anda sudah sering melihat banyak perusahaan yang senang melakukan promosi di media sosial. Promosi usaha transportasi online Anda juga cocok untuk dilakukan, terlebih jika target market Anda kebanyakan merupakan pengguna aktif media sosial seperti kaum milenial.
Berpromosi di media sosial bisa membawa banyak keuntungan untuk Anda, seperti bebas berpromosi kapan saja, gratis, dan mudah melancarkan aneka promosi kreatif menggunakan teks, media interaktif, video, animasi, atau gambar-gambar estetik.
Namun ingat, Anda perlu memastikan bahwa media sosial yang digunakan untuk berpromosi sudah sesuai dengan target. Sebelum memulai promosi di media sosial, ada baiknya Anda melakukan survey kecil-kecilan untuk mencari tahu platform medsos mana yang sedang ramai digunakan saat ini.
Selain itu, pastikan lagi kesesuaian sifat media sosial dan konten target. Semisal kalau Anda ingin mengutamakan promosi menggunakan video, maka utamakan platform seperti YouTube dan Tiktok.
6. Poin Rewards Loyalti
Salah satu cara terbaik untuk mempertahankan konsumen adalah dengan memberikan hadiah atau rewards loyalti. Jadi, konsumen setia yang sering menggunakan jasa transportasi Anda berkesempatan untuk mendapat hadiah khusus.
Semisal Anda memberikan poin rewards sebesar 10 poin untuk setiap kali konsumen menggunakan jasa transportasi Anda. Ketika poin terkumpul lumayan banyak, konsumen bisa mendapat lebih banyak promo, diskon, atau gratis antar jemput. Alhasil konsumen akan lebih senang menjadi pelanggan Anda dibandingkan brand lain. Mereka juga bisa mempromosikan app transportasi online Anda kepada rekan-rekan terdekat supaya bisa merasakan keuntungan yang sama.
7. Hujan Diskon Harga
Sudah menjadi rahasia umum juga bahwa setiap konsumen senang menerima diskon supaya bisa bertransaksi dengan harga yang lebih murah. Agar promosi jasa transportasi online Anda semakin gencar dan mudah, maka cobalah untuk sesering mungkin mengadakan diskon harga di aplikasi.
Untuk mengadakan diskon harga besar-besaran seperti ini, kami sarankan Anda untuk menggunakan aplikasi transportasi online milik sendiri. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi milik sendiri, Anda bisa lebih bebas dan leluasa menentukan diskon serta keuntungan yang didapat.
Anda tidak perlu pusing memikirkan bagi hasil dengan pemilik app sebagaimana yang sering dilakukan oleh pebisnis online yang berbisnis di aplikasi lain (e-commerce).
8. Pakai Aplikasi Bisnis Transportasi Online Terbaik
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, saran terakhir kami untuk mempromosikan usaha transportasi online adalah dengan menggunakan aplikasi khusus bisnis jasa transportasi terbaik.
Membangun usaha transportasi online menggunakan aplikasi sendiri merupakan opsi terbaik kalau Anda ingin berbisnis sekaligus membangun branding. Hal ini dikarenakan aplikasi transportasi online milik sendiri mampu menonjolkan logo, nama dan karakteristik brand. Sehingga, pengguna dapat mengingat brand Anda dengan lebih mudah.
Namun bagaimana cara membuat aplikasi ojek online sendiri? Bagi sebagian besar orang, mempraktekkan cara membuat aplikasi ojek online sendiri adalah hal yang sulit. Belum lagi kalau Anda tidak tahu fitur-fitur apa saja yang harus ada di aplikasi ojek online unggulan.
Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab sudah ada aplikasi Navi Ojek Online by APPKEY. Aplikasi Ojek Online by APPKEY ini menyediakan banyak fitur fungsional yang menarik dan menguntungkan baik bagi konsumen ataupun Anda selaku pengelola. Contohnya seperti:
- Price Checker: Fitur untuk mengecek harga tarif jasa antar jemput berdasar lokasi. Konsumen cukup menginput lokasi saat ini dengan tujuan di aplikasi.
- History Order: Fitur untuk mengetahui rincian riwayat pemesanan yang pernah dilakukan konsumen secara rinci.
- Sinkronisasi: Aplikasi bisa tersinkronisasi ke berbagai perangkat berbeda, seperti ke device milik driver dan konsumen demi kenyamanan komunikasi penjemputan.
- Login dan Register: Memudahkan siapa saja untuk membuat ID, password dan profil pengguna, jadi konsumen bisa mendapatkan loyalti reward dan banyak layanan voucher diskon.
- Titik Posisi Penjemputan: Menggunakan titik lokasi di GPS / maps, aplikasi bisa menampilkan posisi driver secara real time ke konsumen.
Tak berhenti sampai di situ, Anda bisa memperoleh lebih banyak keuntungan jika mengembangkan aplikasi ojek online di APPKEY yaitu:
- Proses pengembangan aplikasi yang murah, cepat, dan efisien. Anda bebas mengomunikasikan kepada tim APPKEY terkait kapan Anda akan merilis bisnis dan menggunakan aplikasi, kemudian, kami akan mengupayakan menyelesaikan app Anda secepat mungkin. Seluruh biaya pengembangan juga sudah termasuk ke dalam satu paket lengkap dari pengembangan sampai perbaikan dan update pasca rilis. Sangat murah!
- Aplikasi kaya akan beragam fitur praktis. Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa menambahkan lebih banyak fitur lain pada aplikasi. Cukup katakan saja apa kebutuhan Anda kepada kami.
- 100% berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, tim APPKEY selalu berupaya memberikan yang terbaik. Kami akan dengan sigap membantu serta memastikan Anda sukses mencapai tujuan dari bisnis. Kapanpun Anda punya pertanyaan atau permasalahan, jangan ragu untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan kami.
- Menggabungkan sistem admin dan user dalam aplikasi. APPKEY mengupayakan layanan all-in-one dengan sistem canggih terbaru yaitu menggabungkan sistem aplikasi admin dan user. Sehingga Anda bisa mengelola aktivitas driver dan konsumen secara praktis dari halaman pengelola.
Lengkap sekali bukan keuntungan paket pengembangan aplikasi dari APPKEY? Tunggu apa lagi, yuk segera kembangkan aplikasi ojek online Anda bersama kami di https://appshop.co.id/gpsnavi/! Kami tunggu kehadiran Anda ya, sampai jumpa!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.