Last Updated on December 2, 2023 by APPKEY-HERI
Bagi Anda pemilik usaha yang hari ini sedang mengalami kesedihan dan kekecewaan karena usaha yang sedang Anda tekuni kurang laku di pasaran, maka Anda wajib untuk membaca strategi promosi pemasaran berikut ini.
Selain itu, bagi Anda yang sudah dapat memasarkan produk dagangan Anda dengan baik, maka artikel ini juga layak untuk Anda baca guna menambah keberhasilan pemasaran usaha yang Anda miliki.
Daftar Isi
Apa itu Pemasaran?
Pemasaran merupakan suatu kegiatan akhir setelah proses produksi telah usai. Memasarkan suatu produk memang gampang-gampang susah. Gampang bagi mereka yang memiliki jiwa ulet, telaten, dan tekun.
Selain itu, bagi mereka yang sudah lama malang melintang, akan semakin mudah untuk melakukan proses pemasaran suatu produk. Ini karena sudah mengetahui bagaimana strategi promosi pemasaran untuk menyulap suatu dagangan atau produk agar cepat laku diserbu oleh pembeli.
Kegagalan atau kesusahan dalam memasarkan suatu produk akan dirasakan bagi mereka yang mudah sekali menyerah tanpa mau mencoba. Seseorang harus memiliki mental kuat sekuat baja terlebih dahulu agar tidak malu untuk berdagang atau memasarkan produk miliknya.
Strategi promosi pemasaran yang baik merupakan suatu iklan khusus yang disampaikan oleh produsen atau penjual kepada konsumen mereka. Secara tidak langsung produsen atau penjual menginginkan konsumen mengerti apa saja keunggulan yang dimiliki melalui promosi yang dilakukan terhadap jenis usahanya.
Namun, perlu di perhatikan lagi apakah pesan yang ingin disampaikan tersebut dapat secara langsung mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk yang ditawarkan?
Maka dari itu, sangat diperlukan suatu strategi promosi pemasaran yang jitu dalam menangani masalah ini. Strategi pemasaran sangat berpengaruh terhadap hasil untung rugi yang akan Anda dapatkan nantinya.
Apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan maksimal dari segala jenis usaha yang sedang Anda kelola, maka sebuah strategi pemasaran yang baik dan sudah terbukti berhasil haruslah Anda coba untuk kuasai.
Simak beberapa ulasan terkait strategi promosi pemasaran yang akan membantu Anda dalam menjalankan usaha atau bisnis yang sedang Anda kelola.
Jenis Strategi Promosi Pemasaran yang Perlu Anda Ketahui
Strategi untuk promosi bisa dilakukan dengan berbagai hal dan cara. Berikut beberapa jenis strategi untuk pemasaran yang harus Anda ketahui.
Strategi Promosi Pemasaran Melalui Merek
Strategi yang pertama yang akan kita bahas adalah Merek. Merek merupakan kunci untuk pengenalan pertama dari sebuah produk di masyarakat. Masyarakat pertama kali akan melihat sebuah produk dari merknya. Membuat merek atau nama yang mudah dikenal oleh masyarakat harus dilakukan untuk pertama kali.
Hal tersebut karena merek yang sudah terkenal akan membuat dagangan atau usaha yang Anda jalankan dicari-cari oleh banyak orang. Contohnya saja merek Bensu, pemiliknya merupakan artis terkenal ibu kota yaitu Ruben Onsu yang memiliki usaha dengan nama yang merupakan singkatan dari namanya yaitu Ruben Onsu.
Pemilihan merek tersebut tentunya sudah dipikirkan dengan sangat matang oleh Ruben Onsu selaku pemilik usaha. Ketenaran yang dimiliki dengan nama tersebut kemudian membawa Ruben sukses dalam bisnis yang tengah dia geluti. Bisnis tersebut mulai dari bisnis ayam geprek Bensu, Bensu drink, Bensu nugget.
Melalui contoh tersebut, Anda dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa sebuah merek atau nama dagang merupakan hal yang paling penting untuk Anda pikirkan di awal pembuatan produk usaha. Sekali merek yang Anda buat laku dan diterima dipasaran, maka dampaknya akan Anda rasakan secara langsung.
Keuntungan yang Anda peroleh pasti jumlahnya akan selalu meningkat. Hal tersebut bisa saja terjadi karena masyarakat sudah percaya akan merek Anda sehingga tidak ingin memakai atau mengkonsumsi merek yang lain.
Strategi Promosi Pemasaran Melalui Harga
Strategi yang kedua adalah harga. Harga biasanya sangat mempengaruhi keinginan konsumen dalam membeli suatu produk atau memakai jasa. Usahakan Anda sudah melakukan perincian secara matang dalam menentukan suatu harga yang mesti konsumen bayar.
Harga yang sedikit lebih mahal namun memiliki kualitas yang baik dan sesuai justru lebih baik daripada harga yang sedikit lebih mahal namun tidak memiliki kualitas yang sepadan.
Harga biasanya dijadikan patokan dalam membeli suatu barang atau jasa. Maka dari itu usahakan untuk menampilkan harga yang paling wajar. Mengambil keuntungan lebih sedikit namun dapat menjual dengan kuantitas yang banyak juga akan berpengaruh baik untuk usaha yang Anda geluti saat ini.
Strategi Promosi Pemasaran Melalui Komunikasi
Strategi yang ketiga yaitu komunikasi antara penjual dan pembeli. Sebagai seorang penjual Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada pembeli. Pembeli diistilahkan sebagai seorang raja, maka dari itu tugas dari penjual adalah melayani pembeli dengan sebaik-baiknya.
Komunikasi dari penjual merupakan sebuah kalimat ajakan yang memiliki nada ramah yang membuat pembeli segan dan merasakan bahwa penjual sangat sopan dalam melayani pembeli.
Anda juga harus membuat suatu isyarat seolah pembeli adalah orang yang sangat beruntung dan membutuhkan produk yang Anda jual. Komunikasi harus berjalan dua arah, Anda sebagai penjual harus dapat membuat nyaman pembeli Anda saat sedang berkomunikasi.
Ajaklah pembeli untuk merasakan sebuah euforia bahwa membeli produk Anda adalah suatu keberuntungan tersendiri. Contohnya adalah dengan mengatakan bahwa produk yang Anda jual sangat susah dicari di toko lain.
Selain itu, yang bisa Anda tawarkan adalah dengan mengatakan bahwa toko lain diluar sana menjual dengan harga tertinggi sedangkan Anda menjual dengan harga miring dan terjangkau serta bisa dibuktikan oleh pembeli.
Strategi Promosi Pemasaran Melalui Segmen Pasar
Strategi yang keempat adalah menentukan segmen pasar. Dalam melihat suatu produk barang atau jasa, Anda sudah harus mengetahui range harga dari barang atau jasa untuk orang yang Anda sasar sebagai konsumen produk Anda.
Hal itu berarti Anda harus memetakan terlebih dahulu dimana Anda harus membuat iklan, memasarkan produk, dan melihat konsumen yang akan tertarik dan membeli ketika Anda menjual produk barang atau jasa tersebut.
Lokasi penjualan produk juga harus disesuaikan dan dilihat, manakah yang sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai media dalam menjual produk yang Anda jual.
Hambatan yang Sering Dirasakan Penjual atau Pengusaha
Dalam praktiknya, promosi sendiri tentunya memiliki beberapa hambatan yang dirasakan oleh penjual maupun pengusaha. Hambatan ini harus diatasi agar pemasaran dapat berjalan dengan baik. Berikut beberapa hambatan yang dialamani penjual atau pengusaha yang harus Anda pahami.
Tidak Mengetahui Segmen Pasar Barang yang Dijual
Penjual harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan segmen pasar yang dia kehendaki. Seorang penjual harus mengetahui mana target yang harus disetujui. Tidak semua orang membutuhkan barang yang Anda jual. Maka dari itu, penentuan segmen pasar akan memudahkan Anda dalam menentukan siapa yang akan membeli barang yang Anda jual.
Misalkan baju untuk anak muda, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar terkait baju anak muda mana yang sedang hits dan kekinian. Barang berupa baju anak muda yang mana yang akan laku dan laris di pasaran. Selain itu, platform media sosial manakah yang bisa menarik hati konsumen Anda dan bisa dijadikan sebagai media untuk iklan juga harus Anda pikir secara matang.
Malu-Malu Ketika Mempromosikan atau Mengiklankan Barang Dagangannya
Bagi pengusaha yang baru merintis dagangannya biasanya akan malu-malu dalam mengiklankan produk mereka. Padahal, seharusnya hal tersebut tidak boleh berlaku. Anda harus bermuka tembok dalam menjajakan bisnis atau usaha Anda.
Strategi promosi pemasaran harus dilakukan kepada orang-orang yang dekat dengan Anda dan pasti mau membeli barang dagangan Anda terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bahwa saat ini Anda sedang melakukan pekerjaan berupa usaha yang Anda kelola saat ini.
Jualah produk yang Anda suka, sehingga apabila ada satu atau dua produk yang masih sisa Anda bisa memakainya sendiri. Produk tersebut bisa menjadi langkah sukses Anda dalam berbisnis. Anda akan ketagihan menjadi seorang pengusaha ketika Anda sudah merasakan nikmatnya mendapatkan keuntungan dan menjadi seorang wirausahawan.
Tidak Totalitas dalam Berjualan dan Berusaha
Jika Anda malu berdagang, maka sudah dipastikan Anda akan gagal. Hal tersebut justru membuktikan bahwa Anda tidak benar-benar totalitas dalam menjalankan usaha. Usaha yang sukses harus dilakukan secara total dan tidak main-main.
Maka dari itu, pikirkan secara matang apakah Anda sudah siap akan resiko yang akan Anda hadapi ketika menjadi seorang pengusaha yang baru merintis.
Kurang Ramah Pada Pembeli atau Tidak Sabaran dalam Menghadapi Pembeli
Keramah tamahan dari seorang penjual sangat diwajibkan untuk dilakukan. Hal tersebut juga merupakan salah satu strategi promosi pemasaran yang akan membuat pembeli segan untuk tidak membeli barang yang Anda jual atau barang yang Anda tawarkan.
Hambatan-hambatan tersebut terkadang membuat semangat Anda selaku pelaku usaha melemah. Semangat menjadi wirausahawan kemudian hilang dan pada akhirnya usaha yang sedang Anda rintis berhenti ditengah jalan atau mangkrak.
Panduan Strategi Promosi Pemasaran Jitu Agar Usaha Anda Meningkat Pesat
Untuk dapat memaksimalkan strategi dalam promosi, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Berikut panduan dalam membuat strategi untuk promosi yang harus Anda ketahui.
Melakukan Promosi Pemasaran Melalui Iklan
Pengaruh globalisasi menyebabkan kemajuan dalam IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) terjadi sedemikian pesatnya. Kemajuan teknologi juga membuat semakin beragamnya media yang bisa Anda jadikan sebagai platform untuk beriklan. Dalam beriklan, pilihlah iklan media sosial yang dapat membantu meningkatkan penjualan Anda.
Misalnya Anda bisa memasang iklan pada media sosial instagram. Buatlah nama akun instagram yang sekiranya unik dan mudah diingat. Setelah itu, mulai lakukan promote instagram ke akun instagram yang dimiliki oleh selebgram terkenal. Disana, Anda bisa mendapatkan tambahan followers yang banyak.
Dari followers tersebut, beberapa yang mengikuti instagram Anda bisa jadi tertarik untuk membeli barang dagangan Anda. Media sosial juga tidak hanya instagram, Anda bisa memanfaatkan facebook, whatsapp business, youtube, dan lain lain.
Kewiraniagaan dalam Berjualan
Dalam berdagang Anda diharuskan memiliki karakter yang baik. Pembeli melakukan penilaian pertama kali selain pada apa yang Anda jual dan mereka butuhkan adalah siapa penjualnya. Dalam menarik pembeli, Anda harus memperkenalkan dagangan Anda dengan ramah. Hal ini bisa jadi akan membuat pembeli merasa tertarik dengan apa yang Anda jual. Sebagai seorang penjual, mental ini harus Anda terapkan.
Apabila Anda berjualan secara langsung dan memiliki toko, usahakan untuk tersenyum dan mengajak pembeli Anda bercengkrama sembari mengobrol. Sisipkan kalimat-kalimat yang membuat pembeli Anda menilai diri Anda sebagai seorang penjual ramah dan sangat baik pada pembeli.
Ketika Anda bisa melakukan hal demikian, maka Anda akan berhasil dalam berdagang. Usahakan untuk menawarkan produk yang Anda jual kepada orang-orang tanpa mengenal kata malu. Hilangkan rasa malu yang melekat pada diri Anda ketika Anda ingin berhasil. Ingat bahwa Anda tidak melakukan kegiatan yang dilarang dan apa yang Anda sedang kerjakan adalah baik.
Promosi Pemasaran Secara Langsung dengan Menawarkan Hadiah
Setiap konsumen akan merasa senang ketika Anda secara tidak langsung menawarkan sebuah hadiah atas pembeliannya. Anda bisa memanfaatkan promosi dengan cara memberikan diskon-diskon khusus pada pembeli.
Lakukan permainan harga dan berikan sebuah hadiah kepada konsumen yang membeli barang dagangan Anda. Berikan harga jauh lebih tinggi terlebih dahulu sebelum Anda melakukan penurunan harga dengan memberikan sebuah diskon kepada pelanggan.
Berikan reward berupa voucher yang bisa ditukar dengan produk yang Anda jual. Sehingga yang akan terjadi adalah Anda akan mendapatkan keuntungan dua kali lipat. Anda mendapatkan keuntungan karena pembelian pertama, voucher yang Anda berikan akan kembali kepada Anda dan Anda akan mendapatkan keuntungan dari pembelian dengan menggunakan voucher tersebut.
Ikut Pameran-Pameran Untuk Mengenalkan Produk yang Anda Jual
Mengikuti pameran atau bazar adalah cara mempromosikan barang dagangan Anda untuk selanjutnya. Pilihlah pameran atau bazar yang didatangi oleh banyak orang. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu manakah pameran atau bazar yang harus Anda ikuti. Dengan mengikuti pameran atau bazar tersebut, banyak orang yang tidak tahu kemudian mulai melirik dagangan Anda.
Selain itu, usaha yang Anda kembangkan akan banyak mendapatkan pelanggan baru dan pastinya omset penjualan Anda akan naik. Biasanya, pameran atau bazar yang ada di mall-mall besar pasti menarik banyak sekali konsumen.
Orang yang hendak berjalan-jalan ke mall biasanya juga melihat-lihat produk yang ada di mall tersebut. Apalagi di mall sedang ada pameran atau bazar, maka akan banyak yang tertarik untuk melihat barang dagangan Anda. Jadi siapkan diri Anda untuk itu.
Promosi Melalui Hubungan Timbal Balik Antara Penjual dan Pembeli
Hubungan timbal balik antara penjual dan pembeli bukan seperti sistem barter, hal ini jelas sangat berbeda. Hubungan timbal balik yang terjadi antara penjual dan pembeli haruslah seimbang. Ketika pembeli mengeluarkan uang sebagai konsumen untuk membeli produk usaha Anda, usahakan untuk memberikan produk sesuai dengan harga yang Anda jual.
Usahakan barang yang Anda jual adalah produk berkualitas dan tidak menipu konsumen. Konsumen yang ditipu akan memberitahukan hal tersebut dari mulut ke mulut, secara otomatis lama kelamaan usaha Anda akan jatuh ditengah jalan akibat ulah Anda sendiri apabila tidak menjalankan usaha dengan baik.
Adanya Jaminan Mutu dan Servis
Penjaminan atas kualitas barang yang Anda jual harus diperhitungkan. Katakan atau beritahukan bahwa barang yang Anda jual sesuai dengan harga karena harga membawa kualitas. Selain itu, berikan service atau garansi khusus terkait produk yang Anda jual.
Berikan jangka waktu agar pembeli tidak seenaknya dalam meminta sebuah garansi. Apabila barang yang Anda jual berupa makanan cepat basi, usahakan membuat makanan tersebut dengan rasa dan berikan pelayanan sebaik mungkin pada pelanggan Anda. Jangka waktu sangat penting agar Anda tidak mengalami kerugian apabila Anda pembeli yang nakal dan ingin mencurangi Anda sebagai penjual.
Lakukan Penawaran dengan Metode yang Baik
Lakukan penawaran dengan baik dan tunjukan bahwa Anda bisa menjual barang yang kualitasnya sama atau lebih baik dengan harga yang lebih murah daripada usaha milik orang lain. Dalam melakukan sesi tawar menawar dengan pembeli, lakukan permainan harga sehingga Anda mendapatkan keuntungan walaupun barang dagangan Anda telah ditawar habis-habisan oleh pembeli. Selamat mencoba!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.