Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO SERP adalah: Arti, Fungsi dan Cara Kerjanya terhadap SEO

SERP adalah: Arti, Fungsi dan Cara Kerjanya terhadap SEO

-

SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page. Istilah ini mungkin sudah sering Anda jumpai ketika mengelola bisnis online dan SEO. Namun apa itu SERP dan bagaimana fungsinya?

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka bergantung pada SERP untuk menemukan informasi di internet. Fitur ini memungkinkan kita memperoleh rekomendasi jawaban sesuai keyword yang kita telusuri.

Dari sisi pebisnis, SERP jelas menguntungkan karena membantu konsumen menemukan web kita dengan mudah. Jadi ada baiknya bagi kita untuk menguasai cara kerja dan fitur-fitur SERP demi memaksimalkan ranking olshop di Google.

Yuk langsung saja kita simak penjelasan lebih lengkap terkait apa itu SERP selengkapnya di sini!

Pengertian SERP Adalah

serp adalah

Apa itu SERP? Buat Anda yang belum tahu, SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page—atau “Halaman hasil penelusuran di search engine”.

SERP memuat seluruh informasi yang Anda telusuri di internet. Misalnya Anda mengetik “toko kue” di Google dan memencet search. Tak lama kemudian, layar gadget Anda akan menampilkan sebuah halaman berisi list website toko kue terbaik. Inilah yang dimaksud SERP.

Namun jangan salah kaprah. SERP tidak hanya dimiliki oleh Google saja, melainkan semua jenis mesin pencari seperti Bing, Yahoo dan YouTube. Mereka semua mempunyai algoritma khusus yang bisa menampilkan list konten sesuai keyword user.

Artikel terkait  Update Website Anda dengan 8 Algoritma Google Terbaru Ini

Fungsi dan Cara Kerja SERP Adalah

Mengapa SERP penting di internet? Fungsi utama SERP adalah mendeteksi konten-konten yang relevan dengan keyword user, lalu merangkumnya sebagai list hasil penelusuran.

SERP sangat membantu kita untuk mendapatkan informasi terbaik dalam waktu hitungan detik. Proses ini pastinya akan sangat sulit dilakukan tanpanya, apalagi jika mengingat ada miliaran konten yang terunggah di dunia maya.

Adapun gambaran cara kerja sederhana dari SERP adalah:

  • User memasukkan keywordke mesin pencari.
  • Algoritma mesin pencari akan mulai bekerja mencocokkan keyworddengan pustaka konten yang dimiliki.
  • Mesin pencari turut mendeteksi elemen-elemen lain yang dianggap relevan dengan maksud penelusuran user. Misalnya riwayat pencarian terdahulu, posisi lokasi user, dan kualitas informasi menurut SEO.
  • Mesin pencari menampilkan listjawaban dalam urutan yang spesifik sesuai skor SEO-nya.

Artikel terkait  Bingung Mengecek YouTube Viewers? Gunakan +5 Tools Ini Yuk!

3 Jenis Utama SERP Adalah

serp adalah

Ternyata, Search Engine Result Page tidak hanya berupa halaman hasil pencarian biasa. Terdapat tiga kelompok utama SERP apabila mengacu pada cara-cara konten masuk ke list SERP itu sendiri, yakni:

Organic Results (Penelusuran Alami)

Jenis pertama SERP adalah organic results yang merupakan rekomendasi alami menurut algoritma dan index search engine. Hanya konten dengan skor SEO dan performa natural terbaik saja yang bisa masuk ke grup ini.

Grup SERP inilah yang menjadi target dari setiap bisnis online. Pasalnya, web-web yang berhasil menduduki ranking satu organic results berpeluang mendapat lebih banyak klik, impresi, serta calon konsumen potensial.

Keuntungan lain dari organic results adalah menjadi media pemasaran gratis jangka panjang. Namun Anda perlu menekuni optimalisasi SEO selama berbulan-bulan sebelum bisa melihat hasilnya.

Paid Results (Pencarian Berbayar)

Paid results adalah kebalikan dari organic result. Anda hanya perlu memasang iklan berbayar di search engine untuk “mempromosikan” website di posisi teratas SERP.

Proses paid results tentunya lebih singkat dibandingkan organic results, sehingga sangat cocok untuk promosi jangka pendek. Agar tidak membingungkan user, konten paid results biasanya disematkan tulisan “Iklan” atau “Ad” kecil di bagian kiri judul.

Beberapa contoh konten paid results adalah PPC (Pay Per Click) dan Shopping Results (laman khusus yang menampilkan produk jualan).

SERP Features

Jenis SERP terakhir adalah features. Konten-konten yang bisa masuk kelompok ini biasanya tergolong “istimewa” karena mendapat sorotan spesial dari search engine. Sejumlah pakar SEO menyebut konten SERP features menduduki peringkat paling tinggi, yaitu ranking 0.

Ada banyak jenis SERP features yang sering kita jumpai sehari-hari, contohnya:

  • Featured Snippet:Cuplikan dari konten terbaik di SERP berupa tabel, paragraf singkat, dan list bullet atau angka.
  • People Also Ask: List FAQ (Frequently Asked Question) yang terselip di halaman tengah SERP. Setiap pertanyaan sudah langsung memuat kutipan jawaban terbaik.
  • Google Knowledge Panel: Kolom khusus di sisi kanan SERP yang menampilkan rangkuman lengkap terkait sebuah profil bisnis, lokasi, penjelasan benda, istilah dan lain-lain.
  • Video Results: Koleksi snippet khusus untuk konten video. Anda bisa menemukan jajaran list rekomendasi video yang memuat informasi paling relevan sesuai keyword.
  • Image Packs: Memuat rekomendasi gambar terbaik sesuai keyword user. Menu ini hanya tersedia pada penelusuran Google Images.
  • Top Stories: Kutipan konten yang diambil langsung dari portal berita online. Namun web Anda harus sudah diverifikasi oleh Google News agar bisa masuk laman ini.
  • Local Packs: Fitur SERP yang berkaitan langsung dengan SEO lokal. Search engineakan memberi tahu list rekomendasi tempat atau profil bisnis di sekitar lokasi pengguna.
  • Direct Answer Box(Knowledge Card): Fitur yang menampilkan ringkasan jawaban terkait segala pertanyaan yang diberikan user. Alhasil Anda tidak perlu membuka halaman website manapun untuk membaca sebuah informasi.

Artikel terkait  Membuat Website yang Memenuhi Standar Pencarian Menggunakan Jasa SEO Berkualitas

Bagaimana Dampak SERP Terhadap SEO?

Janganlah sekali-kali mengabaikan pentingnya SERP jika Anda ingin memaksimalkan ranking website bisnis di Google. Ini karena SERP dan SEO sudah terbukti saling memengaruhi satu sama lain.

Mayoritas pengguna internet cenderung hanya menyimak konten di urutan pertama saja. Mengapa demikian? Jawabannya sederhana: website di posisi teratas sudah pasti merangkum seluruh informasi yang dibutuhkan user. Jadi pengguna tidak perlu repot jauh-jauh mencari informasi ke bawah, apalagi sampai ke halaman kedua SERP.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa posisi website Anda di SERP dipengaruhi langsung oleh keberhasilan implementasi SEO Anda. Jika SEO Anda bekerja dengan baik, otomatis situs akan memperoleh ranking teratas dengan mudah—begitupun sebaliknya.

Hubungan SEO dan SERP ini memang sengaja dirancang demikian untuk menjaga kepuasan pengguna search engine. Namun selain mengandalkan optimasi organik (SEO), posisi web di SERP kini juga bisa diatur secara anorganik (SEM).

Banyak iklan SEM kini menghiasi halaman pertama SERP, baik di posisi teratas maupun terbawah. Strategi ini cukup ampuh untuk memaksimalkan visibilitas web serta mendulang banyak klik secara instan.

Demikianlah penjelasan artikel kali ini terkait Search Engine Result Page alias SERP. Kini Anda bisa lebih mudah memaksimalkan strategi SEO bisnis setelah mengetahui apa itu SERP, fungsi dan dampaknya terhadap SEO. Selamat mencoba!

Baca juga aneka tips dan strategi ampuh memaksimalkan omset bisnis online terbaik hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore sekarang juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya