Last Updated on January 24, 2023 by
SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page. Istilah ini mungkin sudah sering Anda jumpai ketika mengelola bisnis online dan SEO. Namun apa itu SERP dan bagaimana fungsinya?
Banyak orang tidak sadar bahwa mereka bergantung pada SERP untuk menemukan informasi di internet. Fitur ini memungkinkan kita memperoleh rekomendasi jawaban sesuai keyword yang kita telusuri.
Dari sisi pebisnis, SERP jelas menguntungkan karena membantu konsumen menemukan web kita dengan mudah. Jadi ada baiknya bagi kita untuk menguasai cara kerja dan fitur-fitur SERP demi memaksimalkan ranking olshop di Google.
Yuk langsung saja kita simak penjelasan lebih lengkap terkait apa itu SERP selengkapnya di sini!
Daftar Isi
Pengertian SERP Adalah
Apa itu SERP? Buat Anda yang belum tahu, SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Page—atau “Halaman hasil penelusuran di search engine”.
SERP memuat seluruh informasi yang Anda telusuri di internet. Misalnya Anda mengetik “toko kue” di Google dan memencet search. Tak lama kemudian, layar gadget Anda akan menampilkan sebuah halaman berisi list website toko kue terbaik. Inilah yang dimaksud SERP.
Namun jangan salah kaprah. SERP tidak hanya dimiliki oleh Google saja, melainkan semua jenis mesin pencari seperti Bing, Yahoo dan YouTube. Mereka semua mempunyai algoritma khusus yang bisa menampilkan list konten sesuai keyword user.
Fungsi dan Cara Kerja SERP Adalah
Mengapa SERP penting di internet? Fungsi utama SERP adalah mendeteksi konten-konten yang relevan dengan keyword user, lalu merangkumnya sebagai list hasil penelusuran.
SERP sangat membantu kita untuk mendapatkan informasi terbaik dalam waktu hitungan detik. Proses ini pastinya akan sangat sulit dilakukan tanpanya, apalagi jika mengingat ada miliaran konten yang terunggah di dunia maya.
Adapun gambaran cara kerja sederhana dari SERP adalah:
- User memasukkan keywordke mesin pencari.
- Algoritma mesin pencari akan mulai bekerja mencocokkan keyworddengan pustaka konten yang dimiliki.
- Mesin pencari turut mendeteksi elemen-elemen lain yang dianggap relevan dengan maksud penelusuran user. Misalnya riwayat pencarian terdahulu, posisi lokasi user, dan kualitas informasi menurut SEO.
- Mesin pencari menampilkan listjawaban dalam urutan yang spesifik sesuai skor SEO-nya.
3 Jenis Utama SERP Adalah
Ternyata, Search Engine Result Page tidak hanya berupa halaman hasil pencarian biasa. Terdapat tiga kelompok utama SERP apabila mengacu pada cara-cara konten masuk ke list SERP itu sendiri, yakni:
Organic Results (Penelusuran Alami)
Jenis pertama SERP adalah organic results yang merupakan rekomendasi alami menurut algoritma dan index search engine. Hanya konten dengan skor SEO dan performa natural terbaik saja yang bisa masuk ke grup ini.
Grup SERP inilah yang menjadi target dari setiap bisnis online. Pasalnya, web-web yang berhasil menduduki ranking satu organic results berpeluang mendapat lebih banyak klik, impresi, serta calon konsumen potensial.
Keuntungan lain dari organic results adalah menjadi media pemasaran gratis jangka panjang. Namun Anda perlu menekuni optimalisasi SEO selama berbulan-bulan sebelum bisa melihat hasilnya.
Paid Results (Pencarian Berbayar)
Paid results adalah kebalikan dari organic result. Anda hanya perlu memasang iklan berbayar di search engine untuk “mempromosikan” website di posisi teratas SERP.
Proses paid results tentunya lebih singkat dibandingkan organic results, sehingga sangat cocok untuk promosi jangka pendek. Agar tidak membingungkan user, konten paid results biasanya disematkan tulisan “Iklan” atau “Ad” kecil di bagian kiri judul.
Beberapa contoh konten paid results adalah PPC (Pay Per Click) dan Shopping Results (laman khusus yang menampilkan produk jualan).
SERP Features
Jenis SERP terakhir adalah features. Konten-konten yang bisa masuk kelompok ini biasanya tergolong “istimewa” karena mendapat sorotan spesial dari search engine. Sejumlah pakar SEO menyebut konten SERP features menduduki peringkat paling tinggi, yaitu ranking 0.
Ada banyak jenis SERP features yang sering kita jumpai sehari-hari, contohnya:
- Featured Snippet:Cuplikan dari konten terbaik di SERP berupa tabel, paragraf singkat, dan list bullet atau angka.
- People Also Ask: List FAQ (Frequently Asked Question) yang terselip di halaman tengah SERP. Setiap pertanyaan sudah langsung memuat kutipan jawaban terbaik.
- Google Knowledge Panel: Kolom khusus di sisi kanan SERP yang menampilkan rangkuman lengkap terkait sebuah profil bisnis, lokasi, penjelasan benda, istilah dan lain-lain.
- Video Results: Koleksi snippet khusus untuk konten video. Anda bisa menemukan jajaran list rekomendasi video yang memuat informasi paling relevan sesuai keyword.
- Image Packs: Memuat rekomendasi gambar terbaik sesuai keyword user. Menu ini hanya tersedia pada penelusuran Google Images.
- Top Stories: Kutipan konten yang diambil langsung dari portal berita online. Namun web Anda harus sudah diverifikasi oleh Google News agar bisa masuk laman ini.
- Local Packs: Fitur SERP yang berkaitan langsung dengan SEO lokal. Search engineakan memberi tahu list rekomendasi tempat atau profil bisnis di sekitar lokasi pengguna.
- Direct Answer Box(Knowledge Card): Fitur yang menampilkan ringkasan jawaban terkait segala pertanyaan yang diberikan user. Alhasil Anda tidak perlu membuka halaman website manapun untuk membaca sebuah informasi.
Bagaimana Dampak SERP Terhadap SEO?
Janganlah sekali-kali mengabaikan pentingnya SERP jika Anda ingin memaksimalkan ranking website bisnis di Google. Ini karena SERP dan SEO sudah terbukti saling memengaruhi satu sama lain.
Mayoritas pengguna internet cenderung hanya menyimak konten di urutan pertama saja. Mengapa demikian? Jawabannya sederhana: website di posisi teratas sudah pasti merangkum seluruh informasi yang dibutuhkan user. Jadi pengguna tidak perlu repot jauh-jauh mencari informasi ke bawah, apalagi sampai ke halaman kedua SERP.
Dari sini dapat disimpulkan bahwa posisi website Anda di SERP dipengaruhi langsung oleh keberhasilan implementasi SEO Anda. Jika SEO Anda bekerja dengan baik, otomatis situs akan memperoleh ranking teratas dengan mudah—begitupun sebaliknya.
Hubungan SEO dan SERP ini memang sengaja dirancang demikian untuk menjaga kepuasan pengguna search engine. Namun selain mengandalkan optimasi organik (SEO), posisi web di SERP kini juga bisa diatur secara anorganik (SEM).
Banyak iklan SEM kini menghiasi halaman pertama SERP, baik di posisi teratas maupun terbawah. Strategi ini cukup ampuh untuk memaksimalkan visibilitas web serta mendulang banyak klik secara instan.
Demikianlah penjelasan artikel kali ini terkait Search Engine Result Page alias SERP. Kini Anda bisa lebih mudah memaksimalkan strategi SEO bisnis setelah mengetahui apa itu SERP, fungsi dan dampaknya terhadap SEO. Selamat mencoba!
Baca juga aneka tips dan strategi ampuh memaksimalkan omset bisnis online terbaik hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore sekarang juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.